ce k & bilyet giro

Download Ce k & bilyet giro

Post on 16-Apr-2017

115 views

Category:

Economy & Finance

5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

CeK & Bilyet giro

CeK & Bilyet giroKelompok 1 :SambadyaDimasHarris setyaAnnasMas m mirzaNDI

Setelah mengikuti mata kuliah ini para mahasiswa akan mampu untuk menjelaskan pengertian dan perbedaan cek dan bilyet giro, fungsi dan penggunaannya, serta syarat-syaratnya.Tujuan:

Pengertian Cek, Bilyet GiroGiro simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindahbukuan. (UU Perbakan Nomor 10 Tahun 1998)Simpanan adalah dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada bank dalam bentuk giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, dan tabungan.Penarikan adalah diambilnya uang tersebut dari rekening giro sehingga menyebabkan giro tersebut berkurang, yang ditarik secara tunai maupun secara non tunai (pemindahbukuan). Penarikan secara tunai dengan menggunakan cek sedangkan non tunai menggunakan bilyet giro

pengertianCEK yaitu surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasabah tersebut, untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebut di dalamnya atau kepada pemegang cek tersebut.BILYET GIRO yaitu surat perintah dari nasabah kepada bank yang memelihara giro nasabah tersebut, untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan kepada pihak penerima yang disebutkan namanya atau nomor rekening pada bank yang sama atau bank lainnya.

Fungsi cek Sebagai alat bukti atau surat perintah tanpa syarat dari bank, untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebutkan di dalamnya atau kepapda pemegang cek tersebut.

Fungsi Bilyet GiroSebagai alat pembayaran atau pemindahbukuan Sebagai alat untuk memindahkan hak tagih Sebagai surat bukti diri suatu hak tagih

Perbedaan cek dan bilyet giroCek dapat diuangkan langsung secara tunai sedangkan bilyet giro tidakPembayaran cek dapat dilakukan oleh bank tertentu sedangkan bilyet giro harus dilakukan langsung oleh pihak yang namanya terteraCek dikenakan bea materai sedangkan bilyet giro tidakCek mengenal istilah cek mundur yang disepakati kedua belah pihak, sedangkan bilyet giro mencantumkan tanggal efektif serta tanggal berlaku surat perintah bersangkutanBank tidak dapat menguangkan cek sebelumdiberikan tanggal penerbitan dari surat perintah yang bersangkutan, sedangkan bilyet giro dapat diserahkan bank sebelum tanggal efektif jika tanggal efektif lebih awal dari tanggal penerbitan bilyet giro tersebut.

Syarat CekSyarat hukum dan penggunaan cek sebagai alat pembayaran giral (KUHDagang pasal 178) :Pada surat cek tertulis perkataan CEK/CHEQUE dan nomor seriSurat harus berisi perintah tak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentuNama bank yang harus membayar (tertarik)Jumlah dana dalam angka dan hurufPenyebutan tanggal dan tempat cek dikeluarkanTanda tangan dan atau cap perusahaan.

7

ADMIN (A) - Tersedianya danaAdanya materai yang cukupJika ada coretan atau perubahan harus ditandatangani oleh si pemberi cekJumlah uang yang terbilang dan tersebut harus sama Memperlihatkan masa kadaluarsa cek yaitu 70 hari setelah dikeluarkannya cek tersebutTanda tangan atau cap perusahaan harus sama dengan speciment/contohTidak diblokir pihak berwenangEndorsment cek benar (jika ada)Kondisi cek sempurna Rekening belum ditutup Dan syarat-syarat lainnya.

Syarat yang ditentukan Bank

Contoh sebuah Cek

bilyet giro1. Nama "Bilyet Giro" dan nomor Bilyet Giro yang bersangkutan; 2. Nama tertarik; 3. Perintah yang jelas dan tanpa syarat untuk memindahbukukan dana atas beban rekening penarik; 4. Nama dan nomor rekening pemegang; 5. Nama bank penerima; 6. Jumlah dana yang dipindahkan baik dalam angka maupun dalam huruf selengkap-lengkapnya; 7. Tempat dan tanggal penarikan; 8. Tanda tangan, nama jelas dan atau dilengkapi dengan cap/stempel dengan persyaratan pembukaan rekening. Syarat-Syarat pada Bilyet Giro

Syarat Yang Ditentukan BankPada surat cek tertulis perkataan Bilyet Giro dan nomor seriSurat harus berisi perintah tak bersyarat untuk memindahbukukan sejumlah uang tertentu atas beban rekening yang bersangkutanNama bank yang harus membayar (tertarik)Nama penerima dana dan nomor rekeningNama bank penerima danaJumlah dana dalam angka dan hurufPenyebutan tanggal dan tempat cek dikeluarkan Tanda tangan dan atau cap perusahaan.

Contoh Bilyet Giro

Recommended

View more >