created by

Download Created by

Post on 12-Apr-2017

299 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Created by : umi nurhayati (A 510120125)

Created by :kelompok 7 FKIP-PGSDUniversitas Muhammadiyah Surakarta

Umi nurhayati A510120125yunita linda mayasari A5101201ariyana kusuma sari A5101201erma septiyana A5101201ayu setiowati A510120159

Assalamualaikum wr.wb.

kelas VI/IIStandar KompetensiMemahami matahari sebagai pusat tata surya dan kedudukan planet dalam sistem tata suryaKompetensi dasar: mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya. mendeskripsikan planet-planet dalam sistem tata suryaMendeskripsikan benda angkasa selain planet yang termasuk dalam susunan tata surya

Indikator 1. Mengidentifikasi kelompok benda langit sebagai angota tata surya.2. Mendeskripsikan sistim tata surya 3. Medeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya.4. Mendeskripsikan posisi benda langit selain planet.

tujuan1. Siswa dapat menyebutkan tata surya dengan benar.2. Siswa dapat menyebutkan 8 planet yang ada pada tata surya.3. Siswa dapat menyebutkan 3 benda langit selain planet.4. Mendeskripsikan sistim tata surya

Ilmu pengetahuan alamTata surya

Sesekali keluarlah dimalam hari yang cerah. Duduk dan pandangilah langit. Apa yang kalian lihat? Saat cuaca cerah, kalian bisa melihat bintang gemerlap menghiasi langit. Bintang merupakan salah satu dari ribuan benda langit. Jika beruntung, kalian dapat melihat bintang jatuh. Apakah bintang jatuh itu? Benarkah itu sebuah bintang? Mari kita temukan jawabanya pada bab ini.

Peta Materi

sistem tata surya adalah sistem yang tersusun oleh matahari sebagai pusat

dan benda-benda langit yang mengelilinginya yaitu planet-planet , komet, asteroid, meteoroid dan meteorit

Merkurius & venus

Merkurius adalah planet terdekat matahari yang berupa bola batu berkawah dengan diameter 4.875 km. Suhu permukaan merkurius bisa mencapai 425 oC dan -180 oC. Periode revolusi 87,97 hari dan periode rotasinya 59 hari.Venus adalah planet terpanas dalam tata surya.Diameter venus mencapai 12.119 km, suhunya mencapai 470 oC sedangkan periode revolusinya 224,7 hari dan periode rotasinya 243 hari. Venus sering disebut bintang kejora.

BUMIBumi merupakan satu satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Ini karena bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen dan tersedia cukup air. Bumi berjarak 150 juta kilometer dari matahari. Untuk sekali revolusi, bumi membutuhkan waktu 3651/4 hari, dan periode rotasinya selama 30 hari. Bumi berbentuk bulat yang agak pepat dibagian kutubnya sehingga diameter kutubnya sebesar 12.714 km, sedangkan daerah khatulistiwa 12.757 km.

MARS & YUPITERMars adalah planet yang sangat kering dan tertutup debu merah. Mars berjarak 288 juta km dari matahari dan diameternya mencapai 6.760 km. Planet ini membutuhkan waktu 678 hari untuk sekali revolusi dan sebulan untuk sekali rotasi. Nama lain dari mars adalah Marikh atau Anggar.Yupiter adalah planet terbesar dalam tata surya , diameternya 142.796 km. periode revolusi 11,9 tahun dan periode rotasi 9 jam 55 menit. Nama lain yupiter adalah Masturi atau Respati.

SATURNUSSaturnus merupakan planet terbesar kedua dalam tata surya. Diameter saturnus lebih dari 120.000 km. Saturnus memiliki lingkaran bercahaya yang mengelilinginya dan dinamakan cincin saturnus. Suhu maksimal saturnus -85 oC, memiliki periode revolusi sekitar 29,5 tahun dan periode rotasi 10,2 jam.

URANUS & NEPTUNUSSuhu uranus yaitu -183 oC. Diameternya 50.800 km, periode revolusinya 84,02 tahun dan periode rotasinya 10 jam 49 menit.

Neptunus adalah planet terluar dan karena jaraknya yang sangat jauh menyebabkan suhunya sangat dingin mencapai -250 oC. Diameternya sekitar 44.600 km sedangkan periode revolusinya 165 tahun dan periode rotasinya sekitar 16

KOMET & METEOROIDKomet sering juga disebut sebagai bintang berekor. Sebuah komet terdiri atas debu dan es. Saat mendekati matahari ekor komet berada di belakang dan saat menjauhi matahari ekor komet berada didepan. Komet paling terang dan terkenal adalah komet Halley yang muncul setiap 76 tahun sekali. Batuan kecil yang bergerak bebas di angkasa disebut meteoroid, karena bebas inilah meteoroid dapat menabrak bumi atau planet lain. Meteoroid yang sampai kepermukaan bumi disebut meteorit.

ASTEROIDAsteroid merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dan orbitnya ada diantara orbit mars dan yupiter. Diameter asteroid berkisar antara 1-750 km. Massa keseluruhan asteroid hanya sekitar 0,001 massa bumi. Asteroid yang besar antara lain Ceres, Pallas, Juno, Vesta, dan Eros. Selain diantara orbit mars dan yupiter asteroid juga ditemukan diantara saturnus dan uranus. Asteroid ini diberi nama Chiron.

SATELITSatelit adalah benda-benda yang berputar mengelilingi suatu planet. Beberapa satelit buatan dan kegunaannya antara lain:Satelit cuaca untuk membantu ahli perkiraan cuaca dalam memperkirakan cuacaSateli komunikasi untuk membawa program televisi dan pesan-pesan telepon ke penjuru duniaSatelit pengamat bumi yang mengawasi adanya polusi.

KESIMPULANSistem tata surya kita terdiri atas matahari sebgai pusat dan benda-benda langit yang mengelilinginya. Bneda-benda tersebut antara lain planet, komet, asteroid, meteoroid dan satelit.Urutan planet dari yang paling dekat dengan matahari adalah merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, neptunus.

EVALUASINama planet terbesar dalam tata surya kitaPlanet yang tidak memiliki permukaan padat, merupakan planet besar, dan terletak dekat dengan yupiterPlanet yang terletak antara merkurius dan bumiPusat tata surya kitaPlanet tempat kita tinggalPlanet yang sangat kering dan disebut juga planet merahPlanet yang paling dekat dengan matahariPlanet terkecil dalam tata surya. Sekarang tidak lagi disebut sebagai planet karena ukurannya terlalu kecilSatelit bumiPlanet yang terletak antara saturnus dan neptunus

ICE BREAKINGTata surya ku (lagu balonku)

Planetku ada delapanMerkurius venus bumiMars yupiter saturnusuranus dan neptunusAda benda angkasa lain dor.....Satelit asteroidKomet dan meteoroidSemuanya ada dilangit...

DAFTAR PUSTAKASuhartanti, Dwi dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Mikrodo, Gordo dkk. 2007. IPA SD untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta: Erlangga.

.

Wassalamualaikum wr.wb

Recommended

View more >