beranda its edisi 18 2015

5
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi PRESTASI ITS Edisi 18/April 2015 GALERI Pertamina Gandeng ITS untuk Kembangkan Bahan Bakar Alternatif Tingkatkan Aktivitas Ibadah, ITS Lakukan Perubahan Jam Kerja

Upload: majalah-its

Post on 22-Jul-2016

230 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Beranda its edisi 18 2015

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

PRESTASI ITS

Edisi 18/April 2015

GALERI

Pertamina Gandeng ITS untuk Kembangkan

Bahan Bakar Alternatif

Tingkatkan Aktivitas Ibadah, ITS Lakukan Perubahan Jam Kerja

Page 2: Beranda its edisi 18 2015

Guna memaksimalkan bahan bakar alternatif atau biofuel seperti biotermal, bioenergi, biodiesel dan lain sebagainya, PT Pertamina (Persero) menawarkan riset ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Indonesia, termasuk ITS salah satunya. Untuk itu, Memorandum of Understanding (MoU) antara Pertamina dengan ITS pun telah ditandatangani oleh Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Dr Dwi Soetjipto dan Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD pada 24 April 2015 lalu.

Dukungan riset kepada PTN terkemuka di Indonesia, salah satunya untuk ITS merupakan komitmen Pertamina saat ini. Harapannya, PTN bisa dilibatkan dalam menuntaskan misi Pertamina. Pertamina akan mengembangkan dan mendorong PTN untuk ikut berkontribusi kepada masyarakat.

Pertamina ingin bekerjasama dan mengembangkan riset bersama ITS, untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada. Misalnya riset mengenai bahan bakar. Tujuan jangka panjang penawaran riset ini adalah dapat mengetahui bagaimana

energi di masa depan nantinya.

Pertamina juga meminta dukungan ITS dan PTN lainnya untuk bersama-sama menghadapi permasalahan Blok Mahakam. Sehingga bisa sama-sama berbenah untuk persiapan yang perlu dilakukan menuju tahun 2017 ketika kontrak pengelolaan Blok Mahakam oleh perusahaan asing telah berakhir. Berbenah mulai dari infrastruktur, pengurangan impor dan reformasi di segala bidang. Sehingga diharapkan bisa membantu menuntaskan problem ekonomi.

Oleh karena itu, MoU pengembangan riset terkait bahan bakar alternatif ini diharapkan dapat berjalan dengan sukses, seiring dengan bersama-sama mencapai solusi untuk pengelolaan Blok Mahakam. Karena, dirasa Pertamina masih membutuhkan bantuan para intelektual muda khususnya untuk penyempurnaan dari sistem, data dan sebagainya. (*)

Pertamina Gandeng ITS untuk Kembangkan Bahan Bakar Alternatif

Pertamina Gandeng ITS untuk Kembangkan Bahan Bakar Alternatif

Page 3: Beranda its edisi 18 2015

Ada perubahan lagi terkait penerapan jam kerja di lingkungan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Perubahan yang rencananya diterapkan mulai 4 Mei 2015 mendatang tersebut ditujukan untuk meningkatkan aktivitas ibadah jamaah para karyawan di lingkungan ITS sesuai dengan waktunya.

Kesepakatan diterapkannya perubahan jam kerja tersebut berdasarkan hasil Rapat Pimpinan ITS pada tanggal 23 April 2015, yang selanjutnya dituangkan dalam Surat Edaran nomor 016144/IT2/TU.00.02/2015 tertanggal 27 April 2015 dan telah dikirimkan ke masing-masing unit kerja yang ada di lingkungan ITS.

Dari hasil rapat pimpinan tersebut, disepakati adanya perubahan jam kerja terutama untuk hari Jumat. Yakni untuk jam kerja hari Senin – Kamis pukul 07.30 – 16.00 WIB, dengan jam istirahat

mulai pukul 11.30 – 12.30 WIB. Sedangkan untuk jam kerja hari Jumat pukul 07.00 – 16.00 WIB, dengan jam istirahat mulai pukul 11.30 – 13.00 WIB.

Perbedaan dengan jam sebelumnya pada hari Senin – Kamis adalah pada jam istirahat yang sebelumnya adalah pukul 12.00 – 13.00 WIB, kini diubah menjadi pukul 11.30 – 12.30 WIB. Sedangkan untuk jam kerja hari Jumat yang sebelumnya dimulai pukul 07.30 – 16.30 WIB, kini diubah menjadi pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Sementara itu, untuk para tenaga pengajar (dosen) di masing-masing jurusan tetap dapat menyelenggarakan jam mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ada sebelumnya. Informasi perubahan jam kerja ini diharapkan sudah disosialisasikan ke masing-masing unit kerja yang ada di lingkungan ITS. (*)

Tingkatkan Aktivitas Ibadah, ITS Lakukan Perubahan

Jam Kerja

Page 4: Beranda its edisi 18 2015

PRESTASI ITS

- Tim Spectronics ITS berhasil memboyong tiga gelar juara sekaligus dalam helatan Indonesia Chem-E-Car Competition (ICECC) 2015 di Gedung Pusat Robotika, 25-26 April 2015 lalu. Tim Spectronics X ITS berhasil menyabet juara pertama dalam kompetisi tahunan gelaran Teknik Kimia ITS tersebut. Sedangkan untuk gelar Best Presentation dan Best Concept diraih oleh Spectronics IX ITS. Kompetisi ini tak hanya diikuti oleh perguruan tinggi di Indonesia, tapi juga dari mancanegara seperti Lodz University Polandia, UTP Malaysia, dan UiTM Malaysia.

- Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (JSI) Badrut Tamam Hikmawan, Manzilatul Rahmah dan Natanael Yabes Wirawan berhasil menyabet juara kedua lomba ide cipta Discovery yang aplikasi diadakan oleh program studi Sistem Informasi Universitas Jember, awal bulan Maret lalu. Mereka mengambil tema Smart City ini, yakni berupa Sistem Informasi (SIM) Barang Hilang. Aplikasi ini sebagai upaya membantu mencari kehilangan barang berharga yang sulit ditemukan. (*)

Page 5: Beranda its edisi 18 2015

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772Office : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected], Website: www.its.ac.id/beranda/en

GALERI ITS

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD menerima banyak kunjungan untuk

kepentingan kerjasama, antara lain dari British Council dan pertemuan dengan para Kepala

Jurusan dan jaringan yang ada di ITS.

ITS mendapatkan kunjungan dari British Council dan

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan

Timor Leste, dalam kunjungan tersebut diadakan

juga kuliah tamu yang memberikan materi tentang

potensi dan tantangan yang dihadapi Indonesia di

masa depan.

Tafif Azimudin sebagai keynote speakers di acara

workshop yang diadakan atas kerjasama ITS dengan

PT Pertamina dengan tema Overview of

Geothermal Bussiness in Indonesia PGE’S

Experiences di Rektorat ITS.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD berfoto

bersama Duta Besar Inggris, Moazzam Malik beserta

rekan-rekan, setelah melakukan diskusi penjajakan

kerjasama antara ITS dengan pemerintah Inggris ke

depannya.