beranda its edisi 45 2014

5
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 45/November 2014 GALERI ITS Perjelas Jabatan Fungsional Dosen ITS Tetapkan 13 Bakal Calon Rektor NAMA-NAMA BAKAL CALON REKTOR ITS PERIODE 2015 – 2019

Upload: majalah-its

Post on 06-Apr-2016

216 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Beranda its edisi 45 2014

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 45/November 2014

GALERI ITS

Perjelas Jabatan Fungsional Dosen

ITS Tetapkan 13 Bakal Calon Rektor

NAMA-NAMA BAKAL CALON REKTOR

ITS PERIODE 2015 – 2019

Page 2: Beranda its edisi 45 2014

Rumitnya prosesi kenaikan jabatan dalam karir dosen menjadi masalah bagi sebagian tenaga pendidik yang ada di Indonesia. Belum lagi adanya aturan birokrasi pemerintah yang banyak m e n g a l a m i p e r u b a h a n . D a l a m u p a y a menanggulangi hal tersebut, ITS telah melakukan sosialisasi jabatan fungsionalis dosen dan angka kreditnya.

Terdapat empat jenjang jabatan fungsionalis dosen. Keempat jabatan fungsionalis tersebut yakni asisten ahli, lektor, lektor kepala dan profesor. Jabatan itulah yang mempengaruhi besarnya jumlah tunjangan yang diterima oleh seorang dosen.

Dibutuhkan satu tahun pengalaman mengajar dengan angka kredit sebanyak 150 bagi dosen baru yang ingin mengajukkan kenaikan jabatan menjadi asisten ahli. Angka kredit sendiri merupakan satuan nilai dari tiap butir kegiatan yang berdasarkan Tridharma perguruan tinggi, yakni p en e l i t ian , p en ga j aran d an p en gab d ian masyarakat.

Sedangkan untuk kenaikkan jabatan dari asisten

ahli menjadi lektor, seorang dosen harus menjabat sebagai asisten ahli minimal selama dua tahun. Kemudia ia juga harus memenuhi angka kredit sebesar 200-399 dan memiliki karya tulis ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal nasional sebagai penulis pertama.

Sama halnya untuk jabatan lektor kepala, dosen tersebut harus menjabat sekurang-kurangnya selama dua tahun sebagai lektor dan memenuhi angka kredit sebanyak 400 hingga 849. Ia juga harus memiliki jurnal terakreditasi dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan jurnal internasional sebagai penulis pertama.

Sedangkan pada jenjang profesor, seorang lektor kepala harus memenuhi angka kredit minimal sebanyak 850. Ia juga harus menyandang gelar doktor minimal selama tiga tahun dan dua tahun menjabat sebagai lektor. Tek ketingalan, memiliki karya ilmiah yang terpublikasi dalam jurnal internasional bereputasi menjadi kualifikasi terakhir untuk jabatan tertinggi dalam dunia perdosenan itu. Semua persyaratan yang disebutkan di atas telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PermenPAN) no. 17 tahun 2013. (*)

Perjelas Jabatan Fungsional Dosen

Page 3: Beranda its edisi 45 2014

Setelah mempublikasikan 69 nama dosen yang dinyatakan memenuhi kriteria sebagai Bakal Calon Rektor (Bacarek), kini Senat ITS juga telah umumkan 13 nama Bacarek, pada 19 November 2014. Pengumuman tersebut termuat dalam Surat Keputusan Senat ITS No. 075113/IT2.V/HK.00.02/2014 tentang penetapan Bacarek ITS periode masa jabatan 2015-2019.

Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor (PPCR) ITS, Prof Ir Arif Djunaidy MSc PhD menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan formulir surat kesediaan menjadi Bacarek yang dikirim kepada 69 dosen pada awal November lalu. Selanjutnya terdapat 24 dosen yang telah mengembalikan formulir tersebut, di mana sebanyak 11 dosen tidak bersedia dan 13 dosen bersedia mencalonkan diri sebagai Bacarek.

Ke-13 nama tersebut berasal dari empat fakultas yang ada di ITS. Yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK). FMIPA diwakili oleh empat Bacarek yaitu Dr rer nat Triwikantoro MSc dari Jurusan Fisika, Prof Dr rer nat Irmina Kris Murwani dari Jurusan Kimia, Dr Enny Zulaikha MP dari Jurusan Biologi dan Prof

ITS Tetapkan 13 Bakal Calon RektorDrs Nur Iriawan MIKom PhD dari Jurusan Statistika.

Sedang Bacarek yang berasal dari FTI diwakili oleh Prof Dr Ing Ir Herman Sasongko dari Jurusan Teknik Mesin ITS, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT dari Jurusan Teknik Elektro, Dr Bambang Lelono Widjiantoro ST MT dari Jurusan Teknik Fisika, dan Prof Ir Budi Santosa MSc PhD dari Jurusan Teknik Industri.

Sedangkan Bacarek yang berasal dari FTK diwakili oleh Prof Ir Djauhar Manfaat MSc PhD dari Jurusan Teknik Perkapalan, Prof Ir Daniel Mohammad Rosyid PhD dan Prof Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD dari Jurusan Teknik Kelautan. Tak hanya itu, untuk FTSP diwakili oleh Dr Ing Ir Bambang Soemardiono dari Jurusan Arsitektur dan Prof Ir Joni Hermana MScES PhD dari Jurusan Teknik Lingkungan.

Selanjutnya, ke-13 nama Bacarek tersebut melakukan Technical Meeting (TM) pada tanggal 20 November 2014, guna persiapan dan pembekalan bagi para calon. TM ini dilaksanakan bersama Senat dan Dewan Pertimbangan Rektor untuk membahas isu-isu penting terkait ITS. Tak hanya itu, Bacarek juga dituntut untuk menyiapkan program mengenai Rencana Strategis (Renstra, red) ITS ke depan. (*)

Page 4: Beranda its edisi 45 2014

NAMA-NAMA BAKAL CALON REKTOR

ITS PERIODE 2015 – 2019

Adi Soeprijanto Prof.Dr.Ir. M.T.

TEKNIK ELEKTRO FTI

Bambang L. Widjiantoro Dr. S.T. M.T. TEKNIK FISIKA FTI

Bambang Soemardiono Dr.Ing. Ir ARSITEKTUR FTSP

Budi Santosa Prof. Ir. M.Sc Ph.D. TEKNIK INDUSTRI FTI

Daniel M. Rosyid Prof. Ir. Ph.DTEKNIK KELAUTAN FTK

Djauhar Manfaat Prof. Ir. M.Sc., Ph.D. T. PERKAPALAN FTK

Eko Budi Djatmiko Prof. Ir. M.Sc. Ph.D TEKNIK KELAUTAN FTK

Enny Zulaikha Dr. MP BIOLOGI FMIPA

Herman Sasongko Prof. Dr. Ing. Ir. TEKNIK MESIN FTI

Irmina Kris Murwani Prof. Dr. rer. nat. KIMIA FMIPA

Joni Hermana Prof. Ir. M.Sc.ES. Ph.D. T. LINGKUNGAN FTSP

Nur Iriawan Prof. Drs. M.IKom. Ph.D. STATISTIKA FMIPA

Triwikantoro Dr.rer.nat. M.Sc. FISIKA FMIPA

Page 5: Beranda its edisi 45 2014

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected]

GALERI ITS

ITS kembali memberikan kegiatan terkait dengan penjelasan Penilaian Beban Kerja Dosen (BKD), y a n g d i h a r a p k a n d a p a t m e n i n g k a t k a n profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik di lingkungan kampus ITS.

Taufan Sudrajat SE MSi dan Tuty Supartiyah SE Msi dari Biro Kepegawaain Kemeterian Kebudayaan dan Pendidikan memberikan materi pada acara Sosisl isasi Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditasi di ITS.

Yayasan Toyota & Astra (YTA) bekerjasama dengan ITS dan Persatuan Insinyur Indonesia (P I I) menyelenggarakan sarasehan nasional bertema "Meningkatkan Kemampuan Rekayasa Anak Bangsa” dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Kerjasama Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana, Mantan Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Indonesia Bersatu II Dr Ir H Mohammad Nuh DEA, Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr Ir A Hermanto Dardak MSc IPU, Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dr Ninok Leksono, dan Direktur Korporat dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Ir I Made Dana Tangkas.

Tim Audit Managemen S D M I TS Surabaya menyelenggarakan workshop dengan tema Proses dan Teknik Audit Berbasis Risiko bagi para tenaga keuangan di lingkungan ITS di Gedung Rektorat ITS.