beranda its edisi 16 2015

5
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi PRESTASI ITS Edisi 16/April 2015 Rektor Baru Siap Kembangkan ITS Lebih Baik GALERI Terbitkan Pedoman Pelaksanaan Kerjasama di Lingkungan ITS

Upload: majalah-its

Post on 21-Jul-2016

219 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Beranda its edisi 16 2015

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

PRESTASI ITS

Edisi 16/April 2015

Rektor Baru Siap Kembangkan ITS Lebih Baik

GALERI

Terbitkan Pedoman Pelaksanaan Kerjasama di Lingkungan ITS

Page 2: Beranda its edisi 16 2015

Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD secara resmi telah dilantik sebagai rektor ITS periode 2015-2019 pada 13 April 2015 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti), Prof H Mohamad Nasir PhD di Gedung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Jakarta.

Joni Hermana mengatakan bahwa jabatan sebagai orang nomor satu di ITS ini merupakan sebuah amanah yang berat. Hal ini bukanlah sekedar tugas negara yang diembannya selama satu periode menjabat. Ini merupakan tanggung jawab yang besar. “Bukan hanya saat dunia saja, tetapi juga di akhirat. Semoga saya bisa menjalankan amanah ini dengan lancar," ujarnya usai dilantik.

Selain ITS, terdapat pula beberapa rektor PTN lain yang dilantik bersamaan. Yakni dari Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Univeritas Cederawasih, Universitas Pendidikan Ganesha, Politeknik Lhokseumauwe, dan Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak.Dalam waktu dekat, Joni akan mempersiapkan ITS menjadi perguruan tinggi yang lebih baik lagi. Beberapa sistem kerja maupun kegiatan perkuliahan yang kurang baik akan segera ia perbaiki. Seperti dalam hal renumerasi, transparasi

kuliah, dan lainnya. ITS butuh suasana yang baru, membangun kepercayaan antara satu dengan yang lain. Intinya, memperbaiki sistem manajemen dan komunikasi.

ITS secara total akan mempersiapkan mahasiswa dan dosen dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun 2015. Nantinya, diharapkan setiap jurusan di ITS memiliki minimal satu kelas yang berstandar internasional. ITS akan terus mengadakan akreditasi internasional di setiap jurusan yang ada di ITS.

Tantangan ITS saat ini bukanlah bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di dalam negeri, melainkan dengan universitas yang ada di luar. Nantinya harus ditingkatkan lagi riset-riset yang ada di ITS, sehingga bisa bersaing dengan universitas luar.

Dengan demikian, diharapkan bisa membawa ITS menjadi PTN-Badan Hukum (BH) yang terbaik. Dua tahun awal menjabat, Joni akan memfokuskan pada proses transisi ITS dari PTN-Badan Layanan Umum (BLU) menjadi PTN BH. Sedangkan dua tahun selanjutnya ia akan menjadikan ITS sebagai PTN BH sebenarnya. (*)

Rektor Baru Siap Kembangkan ITS Lebih Baik

Page 3: Beranda its edisi 16 2015

Untuk lebih membantu meningkatkan pendapatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berasal dari sumber kerjasama, perlu dilakukan beberapa pembenahan peraturan dalam mengadakan kerjasama dengan sejumlah pihak. Untuk itu, ITS menetapkan pedoman pelaksanaan kerjasama di lingkungan ITS.

Pedoman pelaksanaan kerjasama di lingkungan ITS tersebut diterbitkan melalui Peraturan Rektor ITS Nomor 02 Tahun 2015 yang tertanggal 13 Maret 2015. Anggota pelaksana kegiatan kerjasama adalah perorangan sivitas ITS, kelompok, pusat studi, program studi, unit kerja, laboratorium, jurusan, fakultas, lembaga atau ITS sendiri sebagai institusi yang melaksanakan kegiatan kerjasama dan memiliki kompetensi yang sesuai untuk melaksanakan kegiatan kerjasama dengan baik bersama mitra kerjasama.

Ketua pelaksana kegiatan kerjasama adalah staf pengajar yang bertanggungjawab penuh kepada rektor dan mitra kerjasama terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Peraturan pedoman tersebut diterbitkan untuk menunjang pendapatan ITS yang penggunaannya diperuntukkan kepentingan pengembangan institusi ITS, peningkatan kesejahteraan sivitas ITS, dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.Ruang lingkup kerjasama yang dimaksud dalam pedoman pelaksanaan kerjasama tersebut adalah kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, profesional, pemanfaatan

aset ITS, dan bisnis atau usaha. Wewenang untuk menandatangani suatu nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerjasama dengan institusi mitra adalah rektor.

Wewenang untuk menandatangani MoU tersebut bisa dilimpahkan kepada wakil rektor bidang penelitian, inovasi dan kerjasama. Sedangkan wewenang untuk menandatangani perjanjian kerjasama dapat dilimpahkan kepada wakil rektor bidang akademik dan kemahasiswaan untuk kerjasama bidang pendidikan, ketua lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) dan atau ketua tim peneliti untuk kerjasama bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Begitu juga untuk kepada wakil rektor bidang akademik dan kemahasiswaan utnuk kerjasama bidang profesional. Sedangkan dilimpahkan ke wakil rektor bidang perencanaan, keuangan dan sarana prasarana atau wakil rektor bidang sumber daya manusia, organisasi dan teknologi sistem informasi untuk kerjasama bidang aset dan kerjasama bisnis atau usaha.

Mitra kerja yang akan bekerjasama dengan ITS harus memenuhi kriteria kelayakan antara lain berupa lembaga atau instansi pemerintah; badan usaha berbentuk CV, koperasi, yayasan, perhimpunan, PT (Perseroan Terbatas), dan lembaga lainnya baik di dalam dan luar negeri sesuai ketentuan peraturan perundangan; perseorangan; dan kelompok. (*)

Terbitkan Pedoman Pelaksanaan Kerjasama di Lingkungan ITS

Page 4: Beranda its edisi 16 2015

- Jurusan Fisika ITS kembali menelurkan seorang doktor baru, yakni Arifin yang telah lulus sidang doktoral pada 6 April 2015 di Gedung Teater B. Dengan mengangkat disertasi yang berjudul Pengembangan Sensor Regangan Dan Pergeseran Berbasis Serat Optik, Arifin pun berhasil meraih gelar doktor.

PRESTASI ITS

- Tidak hanya melahirkan engineer ataupun scientist, wirausahawan pun turut lahir dari kampus ITS ini. Dia adalah Muhammad Rizky Habibi, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (JTC) ITS. Pria yang baru saja mendapat gelar sarjana ini, berhasil memenangi kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) di Jakarta, 11 Maret 2015 lalu.

- Satu lagi mahasiswa ITS yang berhasil menorehkan tinta emas di kancah dunia. Dialah Andika Dwiparana Suherman Natawirya, mahasiswa Jurusan Teknik Fisika (JTF) ITS yang berhasil meraih juara pertama Social Venture Challenge (SVC). Pada kompetisi proyek sosial yang merupakan bagian dari ajang bergengsi Harvard World National Model United Nations (HWMUN) ini, Andika membawa angklung sebagai tema proyeknya.

Page 5: Beranda its edisi 16 2015

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772Office : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected], Website: www.its.ac.id/beranda/en

GALERI ITS

Rektor ITS periode 2011-2015 Prof Dr Ir Tri

Yogi Yuwono DEA memberikan selamat

kepada Rektor ITS baru periode 2015-2019

Prof Ir Joni Hermana MScES PhD usai

pelantikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan

Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti) Prof H

Mohamad Nasir PhD.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD

memberikan cinderamata berupa sketsa kepada

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal

dan Transmigrasi RI, H Marwan Ja'far SE SH MM

MSi usai menjadi keynote speaker di ITS dalam

acara Open Talk dengan mahasiswa bertema Dari

Desa untuk Bangsa.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD

mendengarkan pertanyaan dari elemen

mahasiswa yang tergabung dalam Badan

Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS untuk

membahas perkembangan PTN-BH ke depan.

Bekti Cahyo Hidayanto SSi Mkom sebagai

narasumber dari ITS memberikan informasi

seputar sistem pendidikan di kampus ITS kepada

para siswa SMA dan SMK dari berbagai daerah

yang bergilir berkunjung ke ITS.