beranda its edisi 35 2014

6
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 35/September 2014 GALERI ITS Ormawa Pun Harus Tertib Arsip PRESTASI ITS ITS Konsepkan Prioritas Pembangunan Kemaritiman

Upload: majalah-its

Post on 03-Apr-2016

219 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Beranda its edisi 35 2014

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 35/September 2014

GALERI ITS

Ormawa Pun Harus Tertib Arsip

PRESTASI ITS

ITS Konsepkan Prioritas Pembangunan Kemaritiman

Page 2: Beranda its edisi 35 2014

Pentingnya penyimpanan arsip tak hanya dirasakan oleh karyawan, namun juga mulai dirasakan p e n t i n g n y a o l e h k a l a n g a n o r g a n i s a s i kemahasiswaan. Dalam hal ini adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS. Karena itu, dalam rangka mempersiapkan kepengurusan selanjutnya, BEM ITS pun telah menyosialisasikan Sadar Arsip dengan memberikan pelatihan ke semua ormawa di lingkungan ITS.

Kegiatan semacam ini sebenarnya sering diadakan oleh ITS. Namun, untuk tataran ormawa, ini adalah yang pertama. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kesadaran arsip bagi pengurus ormawa. Apalagi, saat ini masih banyak ormawa yang belum memiliki sistem kearsipan yang baik. Harapannya, setiap ormawa mempunyai rekam kegiatannya masing-masing.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA), suatu gerakan penyadaran akan pentingnya arsip kepada masyarakat umum. BEM ITS mulai bergabung pada

Ormawa Pun Harus Tertib Arsip

forum ini sejak Mei lalu. Tercatat empat mahasiswa ITS yang menjadi anggota forum bentukan Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapursip) Jawa Timur ini.

Setelah diadakannya pelatihan ini, BEM ITS akan melakukan gerakan keterbukaan informasi. Namun, semua informasi harus diarsipkan sebelum dilakukan keterbukaan informasi. Saat ini, masih belum ada at u ra n m e n ge n a i a rs i p m a n a ya n g h a r u s dipublikasikan. Sebab, saat ini BEM ITS masih merapikan arsip yang dimiliki. Beberapa informasi yang rencananya dapat diinformasikan antara lain s u r a t m a s u k , s u r a t k e l u a r , l e m b a r pertanggungjawaban, dan data keuangan.

Diharapkan setelah diadakannya pelatihan ini, para peserta dapat mempraktikkannya di dalam masing-masing ormawa. Di masa mendatang akan ada pemantauan dari BEM ITS tentang kearsipan ormawa. Selain itu, juga akan memberikan reward bagi ormawa yang mampu mengelola arsipnya dengan baik. (*)

Page 3: Beranda its edisi 35 2014

Program andalan pemerintah baru untuk mengedepankan kemaritiman di Indonesia layak mendapat perhatian khusus. Karenanya, ITS mulai merapatkan barisan melalui lokakarya bertajuk Pers iapan Penyusunan Konsep Pr ior i tas Pembangunan Kemaritiman Nasional, Kamis (11/9) lalu.

Konsep ini merupakan petunjuk dari rektor. Untuk itu, dalam pelaksanaan lokakarya ini melibatkan seluruh jurusan agar bisa berpart is ipas i menyumbangkan ide-idenya sesuai bidang keilmuan masing-masing. Dari beragam pemikiran tersebut, konsep pembangunan maritim nasional dibuat dalam bentuk dokumen. Dokumen itulah yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden terpilih, Joko Widodo, sebelum dilantik.

Permasalahan yang dibahas sekarang ini, sudah ada sejak dulu. Banyak ide dari kalangan dosen

yang sangat bermanfaat. Oleh karena itu penting untuk menentukan ide mana yang menjadi prioritas utama. Masih banyak konsep yang perlu digodok nantinya. Salah satu bahasan adalah tentang adanya program Tol Laut. Maksud dari Tol Laut ini sendiri adalah Indonesia nantinya akan mempercepat distribusi lewat transportasi di laut. Untuk itu, Jurusan Transportasi Laut akan sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Selain pembicaraan teknis, ada pula pembicaraan terkait mindset masyarakat Indonesia sekarang. Terjadi pergeseran mindset yang disebabkan oleh sedikitnya orang-orang yang berpengalaman mengenai i lmu ke lautan. Rata-rata hanya membicarakan masalah maritim, tapi faktanya pembangunan di laut masih tak sepadan dengan di darat. Diharapkan ke depannya agar semua orang Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi untuk keadaan lautnya. (*)

ITS Konsepkan Prioritas Pembangunan Kemaritiman

Page 4: Beranda its edisi 35 2014

- Program Doktor Jurursan Kimia ITS telah mencatat sejarah baru. Setelah berjalan lima tahun, program tersebut berhasil meluluskan doktor pertamanya, Mohammad Holil, dengan disertasi berjudul Senyawa-senyawa Pewangi dan Perisa Baru Turunan 5-(2-Propenil)-1-3-Benzodioksola dari Minyak Lawang.

- Program Doktor Jurusan Teknik Elektro ITS kembali menelurkan seorang doktor. Yakni, Fatchul Arifin, yang lulus dengan disertasi berjudul Relasi Sinyal EMG Otot Leher dengan Suara Manusia untuk Perbaikan Intonasi Artificial Speechgenerator (Elektrolaryx).

- Program Doktor Jurusan Teknik Kimia ITS juga berhasil meluluskan lagi seorang doktoer, Sri Muljani, dengan disertasi yang berjudul Sintesis dan Karakteristik Silika Mesopori (Xerogel) Dari Geothermal Sludgem. Penelitian tersebut juga telah berhasil diterbitkan di jurnal internasional, Advanced Powder Technology.

- Jurusan Teknik Sistem Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) meluluskan seorang doktor baru, Eddy Setyo Koenhardono, berkat menganalisa pembangkit daya kapal cepat rudal Trimaran melalui disertasi berjudul Manajemen Pembangkitan Daya pada Kapal Patroli Trimaran dengan Sistem Propulsi Hybrid Shaft Generator (HSG) Berbasis Neural Network. (*)

PRESTASI ITS

Page 5: Beranda its edisi 35 2014

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected]

GALERI ITSSambutan oleh Managing Editor Bloomberg Businessweek Indonesia, Wisnu Wijaya, dalam diskusi tentang P e r a n I C T ( I n f o r m a t i o n A n d Communications Technology) dalam Infrastruktur Ekonomi dengan Zero Budget APBN di Rektorat ITS.

Wakil Rektor IV ITS Prof Dr Darminto MSc dan Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom, Siti Choiriana berjabat tangan dalam p e n a n d a t a n g a n a n P e r j a n j i a n Kerjasama (PKS) antara ITS dan PT Telkom Indonesia.

Bank Mandiri mengundang mahasiswa ITS untuk mengikuti Workshop Sehari yang bertajuk Mandiri Talent Scout ITS 2014, dalam rangka memberikan inspirasi kepada para mahasiswa mengenai potensi industri perbankan Indonesia dan informasi karir di dunia perbankan.

Page 6: Beranda its edisi 35 2014

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected]

GALERI ITSProf Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD, Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), memberikan penjelasan dalam R a p a t L o k a k a r y a P e r s i a p a n Pembangunan Maritim Nasional.

Kunjungan Rektor UTM (Universiti Teknologi Malaysia), Prof Datuk Ir Dr Wahid Bin Omar dengan Prof Dr Ir Tri Yogi tidak hanya membahas tentang perpanjangan kerjasama saja, tapi juga tawaran dari ITS tentang program kerjasama baru, yakni program double degree yang sudah tak asing di ITS.

Program Doktor Jurusan Kimia ITS telah mencatat sejarah baru, dengan b e r h a s i l m e l u l u s k a n d o k t o r pertamanya, Mohammad Holil, sang peracik bumbu minyak wangi, pada Sidang Doktor dengan mengangkat tema bahan penguji berjudul “Pewangi dan Perisa baru turunan.”