pmo management inventorytugas

Post on 07-Nov-2015

219 Views

Category:

Documents

3 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

PMO Management Inventorytugas

TRANSCRIPT

LANDASAN TEORIDefinisi Inventory: Inventori adalah persediaan suatu barang atau bahan yang disimpan untuk tujuan tertentu , diantaranya adalah untuk tujuan memenuhi kebutuhan proses produksi atau mungkin untuk dijual lagi. Inventori termasuk asset lancer karena mudah dirubah menjadi cash. Bentuk inventory dapat berupa barang jadi maupun barang yang sedang dalam proses. Perusahaan harus menentukan apakah barang diproduksi atau membeli barang tersebut. Setelah menentukan diproduksi maupun dibeli, perusahaan memperkirakan permintaan (demand) . Lalu perusahaan menentukan berapa banyak inventory yang diperlukan untuk memenuhi permintaan tersebut. Fungsi fungsi Inventory 1. Untuk melindungi kelangsungan produksi dari ketidakpastian pasokan (supply), permintaan (demand) dan waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan/order (lead time)2. Untuk mengantisipasi perubahan mendadak dari permintaan (demand) dan pasokan (supply)3. Mengambil keuntungan dari diskon kuantitas karena pembelian dalam jumlah besar dapat mengurangi biaya pengiriman barang4. Melindungi inventory terhadap inflasi dan kenaikan harga ( hedging)

Untuk mengakomodasi fungsi-fungsi persediaan tersebut, perusahaan harus memelihara empat jenis persediaan yaitu:1. Persediaan barang mentah (raw material inventory) , persediaan ini dapat digunakan untuk melakukan decouple (memisahkan ) pemasok dari proses produksi. Pendekatan yang dipilih adalah menghilangkan variabilitas pemasok akan kualiatas, kuantitas, atau waktu pengantaran sehingga tidak diperlukan pemisahan. 2. Persediaan barang setengah jadi (work in process-WIP inventory), adalah komponen komponen atau bahan mentah yang telah melewati beberapa proses perubahan,tetapi belum selesai. WIP adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu produk (disebut waktu siklus). mengurangi waktu siklus akan mengurangi persediaan 3. MRO (maintenance, repair, operating), persediaan persediaan yang disediakan untuk , pemeliharaan, perbaikan dan operasi yang dibutuhkan untuk menjaga agar mesin mesin dan proses proses tetap produktif. MRO ada karena kebutuhan serta waktu untuk pemeliharaan dan perbaikan dari beberapa perlengkapan tidak di ketahui4. Persediaan barang jadi, adalah produk ynag telah selesai dan tinggal menunggu pengiriman. Barang jadi dapat dimasukan ke persediaan karena permintaan pelanggan dimasa mendatang tidak diketahui.

Manajemen Persediaan

Manajemen Inventory (Persediaan) adalah suatu sistem pengelolaan terhadap inventory sehingga tidak terjadi masalah masalah terkait inventory seperti excess atau shortage inventory yang merugikan bagi perusahaan. Manajer Operasi membuat sistem sistem untuk mengelola persediaan. Ada dua unsur unsur dari sistem tersebut yaitu (1) bagaimana barang barang persediaan dapatdiklasifikasikan (analisis ABC) dan (2) seberapa akurat catatan persediaan dapat dijagaABC Analysis Analisis ABC membagi persediaan yang ada menjadi tiga klasifikasi dengan basis volume dolar tahunan. Analisis ABC adalah sebuah aplikasi persediaan dari prinsip pareto. Gagasannya adalah untuk membuat kebijakan kebijakan persediaan yang memfokuskan persediaan pada bagian-bagian persediaan kritis (yang jumlahnya sedikit) dan tidak terlalu focus pada inventory yang jumlahnya banyak namun tidak penting (sepele). Untuk menentukan volume dolar tahunan dari analisis ABC, kita mengukur permintaan tahunan dari setiap barang persediaan dikalikan biaya perunitnya. Akurasi Catatan ( Record Accuracy)Akurasi catatan sangat penting bagi manajemen untuk mengetahui persediaan yang tersedia. Akurasi catatan adalah sebuah unsur yang penting dalam sistem produksi dan persediaan. Akurasi catatan membuat manajemen fokus pada barang-barang yang dibutuhkan. Ketika sebuah organisasi dapat menentukan secara akurat apa yang dimilikinya sekarang, organisasi tersebut dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai pemesanan, penjadwalan, dan pengiriman. Penyimpanan catatan masuk dan keluar harus disimpan dalam sebuah ruang penyimpanan untuk menjamin akurasi catatan tersebut. yang tertata dengan baik akan memiliki akses yang terbatas, housekeeping yang baik, dan area penyimpanan yang menyimpan persediaan dalam jumlah yang tetap.

Cycle counting ( Penghitungan Siklus)

Penghitungan siklus adalah penghitungan terhadap inventory tertentu secara periodik. Perusahaan telah melakukan pencatatan pada persediaan nya namun harus dilakukan secara berkala. Perhitungan secara berkala adalah perhitungan siklus. Dengan prosedur prosedur penghitungan siklus,, barang-barang dihitung, catatan-catatan diverifikasi, dan ketidakakuratan didokumentasikan secara periodik. Kemudian, penyebab ketidakakuratan dilacak dan diambil tindakan perbaikan yang tepat untuk menjamin integritas sistem persediaannya.

Control Of Service Inventories

Kontrol terhadap Inventory serta Akurasi pencatatan Inventori sangat penting. Teknik teknik dalam control inventory adalah :

Pelatihan serta pemilihan personel dari suatu perusahaan

Kontrol yang ketat dari pengiriman barang yang datang : Tugas ini diselesaikan oleh banyak perusahaan melalui penggunaan barcode dan sistem radio frequency ID (RFID) yang membaca setiap pengiriman yang datang dan memeriksa jumlah hitungan terhadap pesanan pembelian secara otomatis

Holding, Ordering, and Setup CostsBiaya penyimpanan (holding cost) mencakup biaya dengan menyimpan persediaan selama waktu tertentu. Oleh karena itu, biaya penyimpanan juga mencakup biaya barang usang dan biaya yang terkait dengan penyimpanan, seperti asuransi, pegawai tambahan, dan pembayaran bunga.Banyak perusahaan yang tidak berhasil menyertakan semua biaya penyimpanan persediaan. Akibatnya, biaya penyimpanan persediaan sering ditetapkan kurang dari yang seharusnya.

Biaya pemesanan(ordering cost) mencakup biaya dari persediaan, formulir, proses pesanan, pembelian, dan seterusnyaBiaya penyetelan (setup cost) adalah biaya untuk mempersiapkan sebuah mesin atau proses untuk membuat sebuah pesanan. Ini menyertakan waktu dan tenaga kerja untuk membersihkan serta mengganti peralatan. Manajer operasi dapat menurunkan biaya pemesanan dengan mengurangi biaya penyetelan serta menggunakan prosedur yang efisien, seperti pemesanan dan pembayaran elektronik. EOQ MODEL ( Economic Order Quantity)

Economic Order Quantity adalah salah satu teknik control Inventory yang paling sering digunakan. Teknik ini mudah digunakan namun didasarkan pada beberapa asumsi :

1. Jumlah permintaan diketahui, konstan, dan independen2. Lead time diketahui3. Diskon membeli kuantitas dalam jumlah besar tidak tersedia4. Kehabisan persediaan dapat sepenuhnya dihindari jika pemesanan dilakukan pada waktu yang tepat.5. Biaya variabel hanya biaya untuk melakukan pemesanan dan biaya menyimpan persediaan dalam waktu tertentu. 6. Penerimaan persediaan bersifat instan dan selesai seluruhnya. Artinya adalah bahwa inventory yang dipesan dari supplier tiba sekaligus pada satu waktu tertentu.

Pada gambar diatas, Q mempresentasikan jumlah yang dipesan. Jika jumlah ini sebanyak X buah, maka sejumlah X buah itu tiba pada satu waktu (ketika pesanan diterima). Jadi, tingkat persediaan melompat dari 0 ke X buah dalam waktu sesaat. Secara umum, sebuah tingkat persediaan meningkat dari 0 ke Q unit ketika suatu pesanan tiba.

top related