102135963-ukdi-psikiatri

14
1. Seorang perempuan berusia 25 tahun datang ke Puskesmas meminta surat keterangan sehat untuk melamar pekerjaan. Pada waktu akan diperiksa fisik oleh dokter , perempuan tersebut menolak dengan alasan dirinya sehat. Dokter marah dan mengatakan “ kalau tidak mau diperiksa ya sudah, jangan minta surat keterangan sehat!”. Apakah permasalahan yang ditemukan pada kasus di atas dari sisi komunikasi dokter- pasien? A. Dokter menyadari dampak bahasa tubuh pasien B. Dokter menanggapi penolakan pasien C. Dokter bersikap wajar kepada pasien D. Dokter menghormati pasien E. Dokter kurang mampu mengendalikan emosi 2. Pasien seorang laki-laki 22 tahun dibawa ke UGD karena mengurung diri di kamar. Pada aloanamnesis diketahui pasien belum menikah, telah sebulan ini mudah marah, tidak mau mandi, mengurung diri dikamar. Pada pemeriksaan didapatkan keadaan umum nampak lusuh, memakai pakaian rangkap 6, membawa pisau dan linggis kecil tersembunyi dalam pakaiannya, pada wawancara pasien mengatakan bahwa ada yang membisikinya bahwa tetangganya akan membunuhnya. Pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan. Apakah keadaan yang paling mungkin untuk pasien tersebut, berdasarkan gejala-gejala yang didapatkan? A. Gambaran pasien gawat darurat dengan penyebab kondisi medik umum B. Gambaran pasien gawat darurat dengan penyebab penyalahgunaan zat C. Gambaran pasien gawat darurat dengan kecenderungan gaduh gelisah D. Gambaran pasien gawat darurat dengan kecenderungan bunuh diri E. Gambaran pasien gawat darurat dengan penyebab intoksikasi 3. Apakah kemungkinan diagnosis yang paling sesuai untuk kasus pada nomor diatas? A. Tentamen Suicide B. Gangguan Mania C. Gangguan Depresi

Upload: rrraw

Post on 14-Aug-2015

364 views

Category:

Documents


31 download

DESCRIPTION

ukdi soal

TRANSCRIPT

Page 1: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

1. Seorang perempuan berusia 25 tahun datang ke Puskesmas meminta surat keterangan sehat untuk melamar pekerjaan. Pada waktu akan diperiksa fisik oleh dokter , perempuan tersebut menolak dengan alasan dirinya sehat. Dokter marah dan mengatakan “ kalau tidak mau diperiksa ya sudah, jangan minta surat keterangan sehat!”. Apakah permasalahan yang ditemukan pada kasus di atas dari sisi komunikasi dokter-pasien?

A. Dokter menyadari dampak bahasa tubuh pasienB. Dokter menanggapi penolakan pasien C. Dokter bersikap wajar kepada pasien D. Dokter menghormati pasien E. Dokter kurang mampu mengendalikan emosi

2. Pasien seorang laki-laki 22 tahun dibawa ke UGD karena mengurung diri di kamar. Pada aloanamnesis diketahui pasien belum menikah, telah sebulan ini mudah marah, tidak mau mandi, mengurung diri dikamar. Pada pemeriksaan didapatkan keadaan umum nampak lusuh, memakai pakaian rangkap 6, membawa pisau dan linggis kecil tersembunyi dalam pakaiannya, pada wawancara pasien mengatakan bahwa ada yang membisikinya bahwa tetangganya akan membunuhnya. Pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan. Apakah keadaan yang paling mungkin untuk pasien tersebut, berdasarkan gejala-gejala yang didapatkan?

A. Gambaran pasien gawat darurat dengan penyebab kondisi medik umumB. Gambaran pasien gawat darurat dengan penyebab penyalahgunaan zatC. Gambaran pasien gawat darurat dengan kecenderungan gaduh gelisahD. Gambaran pasien gawat darurat dengan kecenderungan bunuh diriE. Gambaran pasien gawat darurat dengan penyebab intoksikasi

3. Apakah kemungkinan diagnosis yang paling sesuai untuk kasus pada nomor diatas?A. Tentamen SuicideB. Gangguan ManiaC. Gangguan DepresiD. Gangguan ParanoidE. Gangguan Skizofrenia

4. Seorang laki-laki usia 23 tahun, datang ke dokter dengan keluhan sulit tidur. Pada anamnesis diketahu pasien seorang mahasiswa. Sejak kecil menderita gagap, tetapi selalu lulus dalam setiap mata kuliah dan sering mendapat nilai A. Ia sangat teliti dan cermat bahkan pada hal-hal yang kecil, selalu mengulangi dan memeriksa apa yang telah ia kerjakan. Taat pada norma-norma dan aturan-aturan yang ada. Akhir-akhir ini ia merasa sulit tidur ketika malam hari. Ia merasa ketakutan akan terjadi gempa seperti terjadi di Yogyakarta. Gangguan kepribadian apakah yang dialami?

A. NarsistikB. HisteriaC. SkizoidD. AntisosialE. Obsesif kompulsif

5. Apakah yang terjadi jika pasien pada nomor diatas dilarang untuk memeriksa ulang apa yang sudah dikerjakan ?

Page 2: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

A. Jatuh kedalam psikosisB. Menjadi lekas sembuhC. Menjadi lebih cemasD. Menjadi percaya diriE. Menjadi skizofrenia

6. Seorang laki-laki usia 26 th dirawat dorumah sakit dengan agitasi akut dan diagnosis skizofrenia paranoid. Diberi obat injeksi oleh dokter untuk mengatasi agitasi akut pasien. Setelah dirawat selama satu minggu di rumah sakit, pasien mengeluh pada perawat bahwa badannya terasa kaku, dan bila berjalan seperti robot. Apakah yang dialami pasien dengan keluhannya tersebut ?

A. Sindroma Neuroleptik MalignaB. Sindroma ParkinsonismC. Sindroma AlzheimerD. Sindroma SerotoninE. Sindroma Capgras

7. Seorang laki-laki, berusia 24 tahun, dibawa keluarganya ke Puskesmas karena kerasukan. Sejak 5 hari yang lalu penderita mengalami perubahan tingkah laku berupa sulit tidur, sering bicara sendiri, mondar-mandir dan marah-marah tanpa sebab. Penderita merasa kerasukan arwah neneknya yang sudah meninggal, sehingga perbuatannya sering dikendalikan oleh arwah tersebut. Dari pemeriksaan status psikiatri didapatkan adanya waham kendali pikir, waham sisip pikir dan halusinasi dengar. Tidak ada riwayat gangguan jiwa sebelumnya. Apakah diagnosis yang paling mendekati untuk kasus di atas?

A. Gangguan AfektifB. Psikotik AkutC. SkizofreniaD. Gangguan Waham Menetap E. Gangguan Mental Organik

8. Seorang wanita berusia 37 tahun mengeluh sulit tidur, selalu merasa was-was, khawatir, dan gelisah. la selalu merasa cemas jangan-jangan akan terjadi sesuatu yang tidak baik terhadap dirinya atau keluarganya. Hal ini terjadi sejak anaknya mengalami kecelakaan lalu lintas dua hari yang lalu. Manakah diagnosis yang paling mungkin?

A. Reaksi stres akutB. Gangguan cemas menyeluruhC. Insomnia inorganikD. Gangguan penyesuaianE. Gangguan ansietas fobik

9. Seorang anak laki-laki berumur 6 tahun bersama ibunya untuk memeriksakan diri, dengan keluhan utama tidak bisa diam. Keluhan ini sudah diderita sejak umur 2 tahun. Prestasi akademisnya kurang. Saat hamil ibu sehat-sehat saja, teapi waktu bayinya lahir tidak menangis spontan. Apakah diagnosis yang paling mungkin dari kasus tersebut?

A. Autisme

Page 3: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

B. Cerebral palsyC. Gangguan pemusatan perhatianD. EpilepsyE. Retardasi mental

10. Seorang perempuan, berusia 76 tahun, dibawa ke Puskesmas karena mudah lupa dan mudah marah. Sejak 6 bulan yang lalu, penderita makin sering lupa terutama pada ingatan terhadap hal-hal yang baru terjadi. Penderita sering merasa belum diberi makan sehingga penderita marah-marah. Bahkan penderita pernah tidak bisa kembali pulang ketika sedang berjalan-jalan di gang sekitar rumahnya. Pemeriksaan status internus dan status neurologikus dalam batas normal. Tidak ada riwayat gangguan jiwa sebelumnya. Apakah diagnosis yang paling mendekati untuk kasus di atas?

A. Gangguan AfektifB. Gangguan PsikotikC. Reaksi Stress AkutD. DeliriumE. Demensia

11. Seorang mahasiswa, 24 tahun, dibawa ke RS oleh keluarganya karena tiba-tiba menyerang tetangganya. Menurut penderita, tetangga-tetangganya tersebut selalu membicarakan, melecehkan dan mengolok-olok dirinya, bahkan bersekongkol untuk membunuhnya. Penderita tidak mau makan makanan kecuali yang dimasak oleh ibunya karena orang lain membubuhkan racun dalam makanannya. Penderita sering mendengar suara-suara tanpa wujud dan apa yang ada dalam pikirannya sering bisa disadap oleh orang lain, sehingga ia merasa jengkel. Status internus dalam batas normal. Apakah kemungkinan diagnosis yang paling tepat pada pasien tersebut?

A. Skizofrenia B. Psikotik Akut C. SkizoafektifD. Waham MenetapE. Manik dengan Psikotik

12. Seorang laki-laki, 38 tahun, di bawa ke UGD karena mengamuk. Ia sudah sakit sejak usia 23 tahun. Pada tahun pertama kuliah, secara bertahap ia menjauhi teman-temannya, karena ia yakin semua temannya senantiasa mengejeknya dan mengatakan bahwa dia banci. Ia juga mengatakan bahwa ad zan yang terdengar selalu meneriaki dirinya dengan mengatakan dia banci begitu pula dengan penjaja makanan yang lewat depan rumahnya. Ia juga senantiasa mendengar suara-suara yang membisikkannya bahwa ia adalah seorang ahli arsitektur yang sangat terkenal ke seluruh pelosok dunia. Simptomatologi yang paling menonjol dari kasus di atas adalah

A. Waham kejarB. Waham bizarreC. Waham erotomaniaD. Waham of referenceE. Waham cemburu

Page 4: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

13. Seorang laki-laki berusia 42 tahun dibawa ke UGD RS karena mengamuk dan berlaku kasar kepada anak perempuannya. Ia baru bisa tenang setelah diberikan injeksi haloperidol. Pasien menceracau tidak jelas. Ia bercerita bahwa ia diutus oleh Nyi Roro Kidul untuk merebut kekuasaan dari anak perempuannya, dengan demikian ia dapat bersanding sejajar kekuatannya dengan Nyi Roro Kidul. Menurut pengakuan istrinya, pasien mulai berlaku aneh sejak dua bulan yang lalu, ketika ia di-PHK. Ia sering mendengar suara-suara yang menurutnya adalah suara Nyi Roro Kidul, dan menjadi sering termenung dan tidak merawat diri. Oleh dokter UGD ia didiagnosis skizofrenia. Apakah penyebab keluhan di atas ?

A. Thought broadcastingB. Thought echoC. Thought withdrawalD. Delution of passivityE. Delution of control

14. Seorang pemuda usia 20 tahun dibawa ke poli Jiwa oleh keluarganya karena bertingkah laku aneh. Pemuda tersebut sering mengatakan bahwa ia melihat dirinya sendiri di hadapannya. Gejala apakah yang ditunjukkan oleh pasien tersebut?

A. Halusinasi visualB. Halusinasi taktilC. Halusinasi kinestetikD. PhonemaE. Halusinasi austokopi

15. Seorang perempuan berusia 22 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan perubahan mood setiap 1 minggu sebelum menstruasi. Pasien merasa sedih, mudah tersinggung dan nafsu makan meningkat tanpa sebab yang jelas. Keluhan mulai dirasakan sejak 2 tahun yang lalu. Kali ini pasien hendak mengikuti wawancara untuk bekerja sehingga merasa perlu untuk mengatasi perubahan mood yang mungkin akan mempengaruhi proses wawancara. Apakah terapi yang paling tepat?

A. Golongan benzodiazepinB. Golongan trisiklikC. Golongan SSRID. Golongan tetrasiklikE. Golongan Barbiturat

16. Seorang perempuan berusia 28 tahun datang bersama suaminya ke dokter praktik umum dengan keluhan sering merasa cemas. Sejak 4 bulan yang lalu pasien tidak dapat keluar rumah tanpa ditemani. Ketika keluar rumah pasien merasa cemas dan takut sesuatu yang buruk akan terjadi dan tidak seorangpun akan menolongnya. Apakah diagnosis yang paling tepat?

A. Fobia sosial B. Agorafobia

Page 5: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

C. KlaustrofobiaD. Okholofobia E. Xenofobia

17. Seorang perempuan berusia 17 tahun datang bersama orang tuanya ke dokter praktik umum karena tidak percaya diri. Pasien mengeluh wajah memerah, dada berdebar-debar, seluruh tubuh gemetar dan kaku, serta merasa sangat bodoh jika ada yang memberikan pertanyaan kepadanya. Pasien lebih senang duduk di belakang dengan harapan tidak seorangpun mengajaknya bicara. Ia merasa teman-temannya menganggapnya bodoh dan tidak menarik. Apakah diagnosis yang paling tepat?

A. Fobia sosialB. Agorafobia C. Klaustrofobia D. Okholofobia E. Xenofobia

18. Seorang perempuan berusia 29 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan sakit jantung. Pasien mengeluh menderita sakit jantung parah karena setiap kali meraba nadi, pasien merasakan denyut jantungnya tidak teratur. Pasien juga pernah mengeluh sakit kanker saluran kencing karena jarang buang air kecil. Pasien telah berobat ke beberapa dokter sebelumnya tetapi tidak sembuh. Hasil pemeriksaan fisik tidak menunjukkan adanya kelainan. Apakah kelainan yang dialami pasien?

A. Gangguan kepribadian histrionikB. Gangguan somatisasiC. Gangguan konversiD. HipokondriasisE. Malingering

19. Seorang perempuan berusia 17 tahun dibawa ke dokter praktik umum dengan keluhan kebutaan. Pasien tiba-tiba kehilangan penglihatannya 2 jam yang lalu saat menyaksikan pertengkaran kedua orang tuanya. Saat dipapah orang tuanya, pasien tampak sesekali dapat menghindari benda-benda yang ada di depannya. Pasien kooperatif dengan pemeriksaan yang dilakukan. Pemeriksaan fisik mata menunjukkan hasil normal. Apakah kelainan yang dialami pasien?

A. Gangguan kepribadian histrionikB. Gangguan somatisasiC. Gangguan konversiD. HipokondriasisE. Malingering

20. Seorang laki-laki berusia 37 tahun datang ke poliklinik RS karena ingin berhenti minum alkohol. Pasien mulai minum alkohol 5 tahun yang lalu dengan minum segelas alkohol sebelum tidur.

Page 6: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

Kebiasaan ini meningkat menjadi 3 gelas pada sore dan malam hari. Dalam satu tahun terakhir pasien tidak mengikuti acara keluarga karena takut kehilangan kesempatan untuk minum alkohol. Sebenarnya pasien merasa malu dan berusaha untuk menghentikan kebiasaannya, tetapi tidak berhasil. Keadaan apakah yang dialami pasien?

A. Gangguan kepribadian akibat alkoholB. Gangguan mood akibat alkoholC. Penyalahgunaan alkoholD. Ketergantungan alkoholE. Toleransi alkohol

21. Seorang laki-laki berusia 34 tahun datang ke dokter praktik umum atas permintaan atasannya karena tidak dapat bekerja sama dengan baik. Pasien sering melemparkan tanggung jawab kepada orang lain dan memberikan alasan-alasan yang kadang tidak masuk akal untuk kesalahan yang telah dilakukannya. Pasien mengatakan bahwa bahwa dirinya sering menjadi bahan pembicaraan dan tertawaan teman kerja di belakangnya. Gangguan kepribadian apakah yang dialami oleh pasien?

A. Anankastik B. Histrionik C. Paranoid D. Narsistik E. Skizoid

22. Seorang perempuan berusia 26 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan kehilangan gairah hidup. Pasien mengeluh sering merasa kesepian. Pembicaraannya terdengar sangat impresionistik tetapi tidak terarah. Selama pemeriksaan, pasien tampak berusaha menarik perhatian dokter dan perawat. Pasien akan merasa sangat sedih jika tidak seorangpun memperhatikan dirinya dan tidak menyebutkan bahwa penampilannya cantik. Gangguan kepribadian apakah yang dialami pasien?

A. HistrionikB. NarsistikC. KompulsifD. ParanoidE. Skizoid

23. Seorang perempuan berusia 28 tahun datang ke dokter praktik umum atas perintah atasannya karena sering tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Pasien menyebutkan bahwa semua rekan kerjanya malas bekerja dan tidak dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan olehnya. Sehingga pasien sering bekerja sendiri. Pasien juga marah karena keterlambatan dokter selama tiga menit. Gangguan kepribadian apakah yang dialami pasien?

A. Anankastik B. Histrionik

Page 7: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

C. NarsistikD. ParanoidE. Skizoid

24. Seorang perempuan usia 30 tahun berkonsultasi dengan dokter didampingi suaminya. Dia mengeluh setiap hari merasa gelisah, sulit berkonsentrasi, otot-otot terasa pegal, malas bekerja. Dia juga mengeluh rasa khawatir terhadap sesuatu yang kurang jelas, jantung terkadang berdebar, sering berkeringat terutama di telapak tangan, gemetar pada lengan. Suaminya mengatakan bahwa pasien sering malas melayani suami dan anaknya.

Apakah diagnosis kasus diatas? A. Gangguan Panik B. Gangguan Fobia C. Gangguan stress pasca trauma D. Gangguan histeri dan konversi E. Gangguan Cemas Menyeluruh

25. Seorang laki-laki berusia 44 tahun dibawa ke unit gawat darurat dengan dipegangi oleh 4 orang. Dia mengamuk sejak 7 hari yang lalu. Sebelumnya tidak pernah seperti itu. Dia merasa tidak nyaman, marah, takut, dan mendengar suara-suara yang menyuruh dia membunuh istrinya. Dia mengalami sulit tidur dan sulit mengendalikan emosinya.

Apakah faktor yang dominan sebagai etiologi?A. Proses belajar B. Ekonomi C. GenetikD. Budaya E. Sosial

26. Seorang laki laki berusia 24 tahun, penderita gangguan Skizofrenia yang minum obat rutin, dibawa ke unit gawat darurat RS, dengan keluhan seluruh badan kaku, air liur berlebihan dan jalan seperti robot. Dalam pemeriksaan, terdapat tremor, distonia akut dan krisis okulomotorius. Tekanan darah 130/80 mmHg, denyut nadi 86 x per menit, frekuensi nafas 20 x per menit dan temperatur 37,2 °C.

Apakah diagnosis yang tepat? A. Ekstrapiramidal SindromB. Neuroleptik Malignan SindromC. Tardive dyskinesiaD. Huntington’s diseaseE. Parkinson’s iterat

27. Seorang laki-laki, berusia 38 tahun, dibawa ke UGD karena selalu merasa ketakutan. Sejak 2 minggu yang lalu, pasien mengatakan bahwa ada segerombolan sindikat yang sedang merencanakan untuk membunuhnya. Mereka bersekongkol untuk mengejar dan mencelakai dirinya. Dalam pemeriksaan status mental, pasien mengatakan pada pemeriksa, bahwa sindikat itu telah bekerjasama dengan banyak orang, sehingga setiap

Page 8: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

pasien melihat orang-orang yang sedang bercakap-cakap, pasien merasa mereka sedang membicarakan dan hendak mencelakainya, sehingga pasien ketakutan. Manakah terapi yang paling tepat untuk pasien tersebut?

A. Diazepam 2 x 2 mgB. Haloperidol 2 x 1,5 mgC. Carbamazepin 2 x 200 mgD. Trihexylpenidil 2 x 2 mgE. Amitriptilin 2 x 25 mg

28. Seorang laki-laki, berusia 16 tahun, datang untuk berkonsultasi karena sering mencuci tangan berulang-ulang terutama jika akan makan. Hal itu diawali karena kekhawatirannya terhadap kuman yang menempel di tangan sehingga akan ikut tertelan jika ia makan. Hal itu terjadi sejak 3 bulan yang lalu dan makin sering dilakukannya. Pengulangan dilakukan karena selalu muncul dorongan untuk berbuat demikian, yang berasal dari dirinya sendiri. Ia berusaha melawan/mengabaikan pikiran tersebut tetapi tidak bisa. Munculnya pengulangan dorongan-dorongan tersebut membuatnya tidak tenang/ gelisah dan merasa menderita. Apabila kegiatan-kegiatan tersebut tidak dilakukan secara berulang-ulang maka timbul kecemasan/kegelisahan.

Apakah diagnosis yang paling tepat?A. Gangguan AfektifB. Gangguan Cemas MenyeluruhC. Gangguan Obsesif KompulsifD. Gangguan Waham MenetapE. Stress paska trauma

29. Seorang laki-laki, berusia 24 tahun, dibawa keluarganya ke Puskesmas karena dikeluhkan mengamuk tanpa sebab. Sejak 2 bulan yang lalu, pasien mulai sering mengurung diridan tidak mau bergaul. Pasien sering sulit tidur, ketakutan dan mengatakan bahwa ada musuh yang mengejar- ngejar dan akan membunuhnya. Pasien sering mendengar bisikan-bisikan suara tanpa wujud dan sering melakukan sesuatu di luar kendali dirinya. Apakah diagnosis yang tepat?

A. Gangguan Psikotik Akut B. Gangguan SkizofreniaC. Gangguan Waham menetapD. Gangguan SkizoafektifE. Gangguan Stres Akut

Page 9: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

30. Seorang wanita, berusia 18 tahun, dibawa keluarganya ke Puskesmas karena dikeluhkan bicara kacau. Sejak 7 hari yang lalu penderita mulai demam, mengeluh nyeri kepala dan muntah. Dua hari yang lalu penderita tampak gelisah, bingung dan bicara kacau dan merasa ketakutan karena seperti didatangi bayangan makhluk yang hitam dan besar yang akan mengajaknya pergi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan GCS 9, temperatur39, kaku kuduk (+) dan meningeal sign (+). Tidak didapatkan riwayat gangguan jiwa sebelumnya.Apakah diagnosis yang tepat ?

1. Skizofrenia2. Amnesia3. Stress Akut4. Delirium5. Demensia

31. Seorang siswi SMU, 16 tahun, dibawa ke Puskesmas oleh gurunya, karena tiba-tiba berteriak-teriak, meronta-ronta saat sedang mengerjakan latihan ujian Nasional. Pasien berbicara dengan suara yang berat seperti suara laki-laki dewasa, mengatakan bahwa ia adalah makhluk penunggu sekolah dan memberikan nasehat-nasehat yang berkaitan dengan pembangunan gedung sekolah yang saat itu sedang direnovasi. Tidak ada riwayat gangguan jiwa sebelumnya. Namun diriwayatkan bahwa pasien merupakan anak yang pendiam dan mudah cemas.Apakah diagnosis yang tepat?

A. Gangguan Amnesia DissosiatifB. Gangguan Fugue DisosiatifC. Gangguan Trans DissosiatifD. Gangguan Konversi HisteriE. Gangguan Depersonalisasi

32. Seorang siswi SMA, usia 17 tahun, datang ke dokter untuk berkonsultasi tentang kekhawatirannya yang berlebihan jika melihat darah. Setiap melihat darah bahkan hanya gambar darah saja, ia akan merasakan berdebar-debar, keringat dingin dan seluruh badan tiba-tiba lemas dan mual-mual. Selama ini ia selalu berusaha untuk menghindarinya, namun sejak ayahnya menyarankan untuk masuk fakultas Kedokteran, ia menjadi ingin menghilangkan keluhannya tersebut, karena ia sadar, darah bukanlah sesuatu yang membahayakan.Apakah terapi yang paling tepat?

A. Terapi Aktivitas KelompokB. Terapi DesensitisasiC. Terapi KognitifD. Terapi GestaltE. Terapi Farmakologi

33. Seorang ibu rumah tangga usia 35 tahun datang ke puskesmas mengeluh sering sakit punggung. Hasil pemeriksaan fisik dan penunjang tidak ditemukan kelainan. Pada pemeriksaan psikiatris

Page 10: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

didapatkan bahwa perempuan ini mempunyai beban psikologis yang sangat berat namun semuanya ditanggung sendiri. Apakah terapi yang paling tepat?

A. Terapi kerja berkelompokB. Analgesik lokalC. AntidepresanD. AnxyoliticE. Ventilasi

34. Seorang perempuan berusia 42 tahun mengeluh nyeri dada, nyeri kepala, mual, muntah, haid tidak teratur, pandangan mata dobel, nyeri sendi dan sering anyang-anyangen sejak 20 tahun ini. Gejala tersebut tidak berlangsung serentak, mengakibatkan hampir seluruh kehidupannya terganggu. Pasien sering mondok namun tidak didapatkan penyebab spesifik. Sebagian besar waktunya dilalui dengan perasaan cemas. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

A. Suspect penyakit kardiovaskular B. Gangguan nyeri psikogenikC. Gangguan SomatisasiD. HipokondriasisE. Ganguan panik

35. Seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dibawa bapaknya ke Puskesmas karena mengalami perubahan perilaku yaitu menjadi pendiam dan kembali mengompol setelah ibunya meninggal dunia seminggu yang lalu. Padahal kebiasaan mengompol ini sudah berhenti sejak 1 tahun yang lalu. Apakah mekanisme pertahanan (defens mechanism) yang dipakai oleh pasien?

A. RegresiB. RepresiC. ProyeksiD. SublimasiE. Introyeksi

36. Seorang bayi laki-laki dilahirkan secara sectio caesaria dari seorang perempuan berusia 37 tahun G1P0A0 gravida 38 minggu dengan ketuban pecah dini 18 jam dan fetal distress. Bayi tersebut dilahirkan dalam keadaan tidak menangis. Setelah dilakukan langkah awal resusitasi, penilaian menunjukkan bayi tidak bernafas, tampak biru, lemah, denyut jantung 90 x/menit. Tindakan apakah yang harus dilakukan?

A. Memberikan rangsang taktilB. Melakukan kompresi jantungC. Melakukan ventilasi tekanan positifD. Memberikan natrium bikarbonat intravena E. Memberikan epinefrin injeksi intramuskuler

37. Seorang laki-laki berusia 21 tahun dibawa ke IGD RS dengan kedua tangannya dalam keadaan terikat. Alloanamnesis didapatkan pasien tidak dapat tidur sering teriak-teriak dan mengamuk sejak 1 minggu yang lalu. Tidak ditemukan adanya riwayat gangguan jiwa sebelumnya. Periksaan psikiatris

Page 11: 102135963-UKDI-PSIKIATRI

didapatkan pasien agresif secara fisik dan verbal, halusinasi akustik dengan tema yang tidak spesifik .Apakah diagnosis yang paling mungkin?

A. Gangguan panikB. Gangguan bipolar manikC. Gangguan psikotik akutD. Skizofrenia paranoidE. Gangguan waham