tseririt ± 15 km dari arah gilimanuk dapat … abdul qadir muhammad (the kwan lie atau the kwan...

S y e k h A b d u l Q a d i r M u h a m m a d ( T h e K w a n L i e a t a u T h e K w a n P a o - L i e ) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja dan sesudah Seririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat ditempuh dalam waktu ± 1,5 jam. T Rute : Dari arah Gilimanuk belok kiri dipertigaan Taman Nasional Bali Barat menuju arah Singaraja, lewat jalan Gilimanuk - Seririt sampai jalan Seririt- Singaraja. sebelah kiri jalan dari arah Seririt ke Singaraja. Makam tersebut berada di tepi Jalan Raya, KERAMAT KARANG RUPIT 1 Ziarah Wali Bali Lokasi Makam Syekh Abd. Qodir Pemandangan di depan Makam Jalan Seririt-Singaraja ZIARAH WALI 7 BALI

Upload: lenhan

Post on 11-Mar-2019

233 views

Category:

Documents

0 download

TRANSCRIPT

Page 1: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

Syekh Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie)

Rute :Dari arah Gilimanuk belok kiri dipertigaan Taman Nasional Bali Barat menuju arah Singaraja, lewat jalan Gilimanuk - Seririt → sampai jalan Seririt- Singaraja. sebelah kiri jalan dari arah Seririt ke Singaraja.

Makam tersebut berada di tepi Jalan Raya,

KERAMAT KARANG RUPIT

Lokasi MakamSyekh Abd. Qodir

Pemandangan di depan MakamJalan Seririt-Singaraja

ZIARAH WALI 7 BALI

Page 2: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

ari Temukus menuju Singaraja, kemudian menuju arah Bedugul ( Danau Bratan atau Pura

Ulundanu), selanjutnya mencari arah menuju Kebun Raya Eka Karya. Dengan waktu tempuh D± 1 jam dari Temukus (Makam Syekh Abd Qodir Muhammad).

Makam Keramat Bedugul terletak di puncak bukit yang lokasinya berada di dalam area kebun raya

Eka Karya Bedugul. Untuk mencapai lokasi makam sebelumnya kita harus menghubungi juru kunci

makam yang rumahnya terletak ± 500 m sebelum pintu masuk kebun raya Eka Karya (untuk informasi

juru kunci kita bisa menanyakan pada petugas loket kebun raya Eka Karya).

Untuk mencapai lokasi makam keramat Bedugul (Habib Umar bin Maulana Yusuf Al Maghribi)

harus mendaki bukit dengan medan yang sangat terjal, pendakian diawali dari kebun raya Eka Karya

dengan estimasi waktu tempuh ± 4 jam untuk mencapai puncak (lokasi makam). Untuk itu sangat

diperlukan persiapan stamina dan perbekalan yang memadai.

RUTE :

Kalau perjalanan dari Singaraja → Bedugul → Candi Kuning → Danau Bratan → Jl. Pancasari Baturiti

→ Perempatan Patung Jagung → Belok kanan ambil Jl. Kebun Raya Eka Karya → Kebun Raya Eka

Karya

Habib Umar bin Maulana Yusuf Al Maghribi

KERAMAT BEDUGUL

lanjutan ......... Keramat Karang Rupit

Pintu Masuk Makam Makam Syekh Abdul Qodir Muhammad

Juru Kunci Makam Habib Umarbin Maulana Yusuf Al MaghribiRumah Juru Kunci ± 500 m

sebelum Kebun Raya

Page 3: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

eramat ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan Keramat Kembar Karangasem, makam ini

terletak di lingkungan pemakaman muslim Karangsokong Desa Subagan Amlapura. KMakam tersebut dirawat oleh seorang juru kunci bernama Mbah Panut yang berdomisili di depan

pintu masuk area makam Syekh Maulana Yusuf Al Maghribi Al Bagdadi.

RUTE :

Tujuan Amlapura Karangasem, kalau dari arah Candi Dasa → Amlapura, setelah masuk Jl. A. Yani

Amlapura → Belok kiri masuk Jl. K.H Samanhudi → Belok kanan masuk Jl. Nenas

Makam Habib UmarMakam Murid Habib Umar

bin Maulana Yusuf

Jalan setapakKanan-kiri Jurang

Page 4: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

erletak di pemakaman keluargaTelagamas Jl. Nenas Bungaya Timur Ds. Subagan Kec.

Bebandem Karangasem, tdak jauh daripemakaman muslim Karangsokong ± 100 m.TRUTE :Sama seperti rute menuju makam Syekh Maulana Yusuf Al Maghribi Al Bagdadi, hanya saja kalau dari

arah Candi Dasa makam ini terletak sebelum makam muslim Karangsokong (Syekh Maulana Yusuf).

lanjutan ......... Keramat Karangsokong

Gerbang Makam Syekh Maulana Yusuf

Mbah PanutJuru Kunci

Gapura Masuk Area MakamSyekh Maulana Yusuf

Page 5: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

Lanjutan ......... Keramat Kusamba Sayyid Ali Al Hamid

ali lanjutan ......... Keramat Karangsokong

KERAMAT KUSAMBA

Sayyid Ali Al Hamid

erletak Diperkampungan Muslim Kusamba, daerah pesisir pantai dan tidak jauh dari selat yang

menghubungkan Klungkung dengan Nusapenida. dari Desa Subagan Karangasem ditempuh Tdalam waktu ± 1 jam.

RUTE :

Dari arah Karangasem Menuju Jl. Goa Lawah → Ada pertigaan by Pass belok kiri Jl. Raya

Kusamba → Pasar Kusamba → Belok kiri (kampung Islam Kusamba) ± 200 m ada Masjid → belok

kanan → lurus sampai pertigaan → lokasi makam sebelah kiri (ada patung kuda).

Pintu masuk makam Sayyid Ali Al Hamid Makam Sayyid Ali Al Hamid

Pintu Gerbang MakamSayyid Al Hamid

Patung Kuda di samping MakamSayyid Ali Al Hamid

Makam Sayyid Al HamidPintu Masuk MakamSayyid Ali Al Hamid

Makam Habib Ali binZainal Abidin Al IdrusKelambu Makam Habib AliKelambu Makam Habib Ali

Page 6: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

KERAMAT PAMECUTAN

erletak di samping Setra Tegal (Makam Tegal) Denpasar, kalau dari Kusamba Kita tempuh

dalam waktu ± 1,5 jam. Makam tersebut dirawat oleh seorang pemangku Hindu yang sudah Tturun-temurun.

RUTE :

Dari arah Kusamba Langsung menuju J. WR Supratman → Perempatan belok kiri Jl. Kamboja

(Jalur satu arah) → Pertigaan belok kanan (Jl. Hayam Wuruk) → Pertigaan ke 2 belok kiri Jl.

Sugianyar (Jalur satu arah) → J. Beliton → Belok kiri Jl. Sumatera → Prempatan belok kanan masuk

Jl. Gunung Batur → Prempatan 1 belok belok kiri (Jalan satu arah) → Jl. Bukit Tunggal Pamecutan

(Jalur satu arah) → Belok kanan masuk Jl. Imam Bonjol → (Sebelah kiri kuburan Tegal) ada pertigaan

belok kiri (Jl. Gunung Batukaru). ± 50 m dari pertigaan, kanan jalan adalah lokasi makam Raden Ayu

Siti Khotijah.

Raden Ayu Siti Khotijah

Juru Kunci MakamR.A KhotijahArea Makam R.A Siti Khotijah Pintu Gerbang Makam

Bagian samping MakamR.A Siti Khotijah

Bagian Dalam MakamR.A Siti Khotijah

Pintu depan MakamR.A Siti Khotijah

Bagian belakang MakamR.A Siti Khotijah

Page 7: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

Lanjutan ....... Keramat Pantai Seseh Syaikh Ahmad Hamdun Khoirussoleh (Pangeran Mas Sepuh)

KERAMAT PANTAI SESEH

Syaikh Ahmad Hamdun Khoirussoleh (Pangeran Mas Sepuh)

okasi makam kerama Pantai Seseh terletak di tepi pantai Seseh di samping Pendapa (Wantilan) Banjar Seseh Desa Munggu Kecamatan Mengwi Kabupaten Tabanan. Kalau dari Keramat LPemecutan untuk menuju pantai Seseh membutuh waktu ± 1 jam.

Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkurat, yang punya nama Bali, Ida Cokordo. Ia putra Raja Mengwi I yang menikah dengan seorang putri muslimah dari Kerajaan Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. Kini makam tersebut dirawat oleh seorang pemangku Hindu sebagai juru kunci.

RUTE :

Dari arah Pemecutan menuju Jl. Gatot Subroto → Pertigaan belok kiri Jln Raya Kerobokan Perempatan belok kanan → Jl. Raya Canggu, ada pertigaan sebelum by pass Canggu (pohon besar) → Belok kiri menuju Pantai Seseh (Munggu) → Cari Wantilan Banjar Seseh. Lokasi makam berada di sebelah kanan Wantilan Banjar Seseh (Tepi Pantai Seseh).

→ →

Pantai Seseh depan MakamPemandangan samping makam

Pangeran Mas SepuhTempat makam Pangeran Mas Sepuh

dilihat dari depan Wantilan BanjarTempat makam Pangeran Mas Sepuh

dilihat dari depan Wantilan Banjar

Makam Pangeran Mas Sepuhdilihat dari depan

Makam Pangeran Mas Sepuhdilihat dari samping

Pintu gerbang makamPangeran Mas Sepuh

Page 8: TSeririt ± 15 Km dari arah Gilimanuk dapat … Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie atau The Kwan Pao-Lie) erletak di Temukus tepatnya di Jalan Raya Seririt Singaraja, sebelum Singaraja

KERAMAT LOLOAN NEGARA

Habib Ali bin Umar bin Abu Bakar Bafaqih

okasi Makam terletak di area Yayasan Syamsul Huda Jl. Kedondong 1/34 Loloan Barat Negara Kabupaten Jembrana. dari keramat Pantai Seseh ke lokasi makam Habib Ali bin Umar bin Abu LBafaqih di tempuh dalam waktu ± 2 jam.

RUTE :

Dari Munggu masuk by pass Munggu → Pertigaan belok kanan menuju Buwit Masuk Jl. Raya Tanah Lot → Pertigaan belok kanan → Jl. Imam Bonjol (Kediri) → Perempatan belok kiri → Jl. Pulau Bawean → Pertigaan belok kiri → by pass Kediri → ambil arah Negara (Gilimanuk) → Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk → Negara → Lampu merah 1 Jl. A. Yani Negara (perempatan) belok kiri → Jl. Pahlawan → Sampai jembatan → Cari arah Jl. Kedondong atau Yayasan Syamsul Huda.