themagazine edisi nov 2013

36

Upload: a78ry

Post on 26-Dec-2015

51 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

umum

TRANSCRIPT

Page 1: TheMagazine Edisi Nov 2013
Page 2: TheMagazine Edisi Nov 2013
Page 3: TheMagazine Edisi Nov 2013

CONTENTSSportindo.com The Magz

Edisi 69 | November | 2013

sportindo.com | November | 03

COVER STORYOlympia Fitness &Performance Weekend 2013Untuk tahun kelima berturut-turut, Ultimate Nutrition kembali menjadi sponsor utama kejuaraan binaraga dan fitnes terbesar di dunia, Olympia Fitness & Performance Weekend 2013. Siapa saja yang berhasil meraih gelar Olympia tahun ini?

Anda mungkin tidak kenal namanya, namun foto-fotonya telah

membuatnya menjadi fenomenal di dunia maya. Berwajah laksana boneka cantik namun berotot ala

atlet angkat berat.

INSPIRATIONALWOMAN

Yulia Vins

FEATURED ARTICLEHal. 24 Slow Reps VS Fast RepsMana yang lebih efektif dan optimal dalam membentuk otot? Repetisi cepat atau repetisi lambat? Temukan jawabannya dilengkapi fakta dan bukti plus tanggapan atlet profesional di halaman 24.

MUSCLEHal. 26 Ayo Bentuk Perut Sixpack Dimana SajaDi gym, di rumah, atau dimana saja, latihan untuk membentuk perut agar menjadi sixpack bisa dilakukan dimana saja kok. Simak segera contoh-contoh gerakannya.

EXPERTSHal. 17 10 x 10 Workout Program Bagian 3 (Terakhir)Inilah bagian terakhir dari program latihan 30 hari untuk transformasi penampilan Anda menjadi baru dan lebih segar.

Hal. 18 Mengenal Kandungan dan Khasiat Daun TehSebenarnya apa saja kandungan yang ada di dalam daun teh sehingga meminumnya bisa menghasilkan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan?

Hal. 19 Mengenal Gejala Batu Ginjal dan PenanganannyaNyeri di daerah pinggang belakang atau nyeri saat buang air kecil? Hati-hati, bisa jadi gejala penyakit batu ginjal. Kenali lebih lengkap termasuk cara mengatasinya bersama dr. Pande.

TIPSHal. 10 Latihan dan Diet Ala Usain BoltDoyan lari sekaligus ingin membentuk tubuh berotot dan proporsional? Kalau begitu cobalah kiat latihan dan diet ala manusia tercepat di muka bumi, Usain Bolt.

Hal. 11 Kiat Tepat Memilih KarbohidratTahukah Anda? Karbohidrat dibagi menjadi cepat, sedang, dan lambat berdasarkan penyerapannya dalam tubuh. Pemilihan jenis dan waktu konsumsinya berpengaruh terhadap target Anda.

HEALTHY FOODHal. 12 Black Tea Oatmeal LatteJika Anda suka minum latte atau minum susu yang dicampur teh, maka resep minuman sehat dari Chef Arief yang satu ini sangat cocok untuk dicoba.

EVENTSHal. 28-31 UBC 2013 Bandung & SamarindaBandingkan siapa body contestant terbaik yang menjadi juara UBC 2013 di Kota Kembang, Bandung, dan Kota Tepian, Samarinda.

Hal. 33 adidas King of the Road 2013Indonesia sedang demam lari. Ajang tahunan adidas King of the Road pun dipenuhi 3500 pelari dari seluruh daerah bahkan dari luar negeri.

Hal. 22

Hal. 20

Page 4: TheMagazine Edisi Nov 2013

04 | sportindo.com | November

Editor’sLetter

Follow Denny Santoso on:SixReps:http://Sixreps.com/profile/dennysantosoFacebook:http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspageTwitter:http://twitter.com/dennysantoso

Model:Ultimate Nutrition presents OLYMPIA Fitness & Performance Weekend 2013

Tak terasa sudah tahun kelima berturut-turut, Ultimate Nutrition menjadi sponsor utama kejuaraan binaraga dan fitnes terbesar di dunia yang kali ini bernama Olympia Fitness

& Performance Weekend 2013. Kejuaraan bergengsi ini bertambah semakin besar saja setiap tahunnya. Selain pertandingannya sendiri, seminar dan ekspo beragam produk dari ratusan perusahaan yang bergerak di industri fitnes juga digelar di sekitar lokasi acara. Ultimate Nutrition sendiri membuka booth raksasa yang selain menampilkan rangkaian produk-produk terbaru juga mengadakan berbagai games berhadiah untuk para pengunjung. Keberhasilan Ultimate Nutrition sebagai sponsor utama ini juga berkat kesetiaan Anda kepada produk-produk Ultimate Nutrition. Karena itulah kami bagi kemeriahan acara tersebut dalam rubrik Cover Story edisi ini khusus untuk Anda. Selain event Olympia 2013, edisi November 2013 ini akan membahas mengenai perbandingan teknik gerakan latihan repetisi lambat dan repetisi cepat. Manakah diantara keduanya yang lebih efektif dan optimal dalam membangun massa otot. Dalam rubrik Tips juga kami sajikan kiat latihan dan diet ala pelari sprint tercepat di dunia, Usain Bolt, karena melihat semakin maraknya olahraga lari di tanah air. Sementara tip yang satunya akan berbagi info tentang memilih jenis karbohidrat yang tepat di waktu yang tepat pula untuk memaksimalkan target pembentukan tubuh yang Anda inginkan. Seperti biasanya pula tiga orang kontributor ahli Sportindo.com the Magz juga akan menampilkan 3 artikel pilihan yaitu bagian terakhir dari program latihan 30 hari untuk membentuk penampilan yang baru dan fresh, mengenal gejala penyakit batu ginjal dan penanganannya, serta mengetahui kandungan teh dan khasiatnya bagi kesehatan. Tak lupa juga liputan khusus dari rangkaian Ultimate Body Contest 2013 yang masih terus berlangsung. Kali ini giliran kami tampilkan hasil pertandingan seri Bandung dan Samarinda yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu. Selamat membaca dan salam sehat selalu!.......................................................................................

PEMIMPIN UMUM: L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., Cht. PENANGGUNG JAWAB: Sutiyoso TIM REDAKSI: George Hendra Santoso, SE., CSN., Andana Suparman, S.S., Noerdiana Adiatie, S. Gz., Dhany Dian Affandi, S.Ikom., Dini Mei Rasaningrum, S. Gz., Husni Maulana, S.IKom.ARTISTIK & DESAIN: Galihseto R.A, SST., Aditya Eka Saputra, S.Sn, Ahzim, S.Sn., Daniel Santio Dianiko, S.Sn, Walin Huda, S.SnPROMOSI & IKLAN: Redaksi Sportindo.com The MagzDISTRIBUSI: Mangapul F. Hutahaean, SE. WEBSITE: www.sportindo.com, www.duniafitnes.com, www.ultimatebodycontest.comE-Mail:[email protected]

REDAKSI HANYA AKAN MEMUAT TULISAN, KRITIK, SARAN, DAN PERTANYAAN DARI PEMBACA YANG MELAMPIRKAN BIODATA LENGKAP.

Page 5: TheMagazine Edisi Nov 2013
Page 6: TheMagazine Edisi Nov 2013

Dokter yang memiliki nama lengkap dr. Pande Made Wisnu Tirtayasa ini sedang mengambil residensi bedah urologi di FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), RSCM (Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo), Jakarta. Di DuniaFitnes.com, dr. Pande bertindak sebagai kontributor yang akan banyak berbagi informasi seputar kesehatan pria yang sangat berkaitan dengan ilmu urologi, seperti disfungsi ereksi, infertilitas, pembesaran prostat, penyakit batu saluran kemih, serta kesehatan seksual pria. Simak artikel dr. Pande di rubrik Experts.

dr. Pande MadeWisnu Tirtayasa

Denny Santoso adalah seorang ahli diet, fitnes, dan nutrisi yang aktif mengkampanyekan pola diet sehat dan cara berolahraga yang benar melalui www.DuniaFitnes.com, www.PanduanDiet.com, twitter @dennysantoso, dan berbagai media lainnya. Denny Santoso juga meluncurkan www.SixReps.com, satu-satunya jejaring sosial bagi para fitnes mania di Indonesia. Di Sportindo.com The Magz ini, selain bertindak sebagai pimpinan redaksi, Denny Santoso juga akan berbagi informasi di rubrik Experts.

L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

Seorang fitness and sport nutrition expert sekaligus menjabat sebagai Vice President PT Jaya Sportindo yang banyak terlibat langsung dengan berbagai kegiatan dan event di mana Ultimate Nutrition menjadi sponsornya. Erwin Santoso juga merupakan penggagas dari event bergengsi Ultimate Body Contest yang diselenggarakan hingga saat ini di seluruh Indonesia.

FX. Erwin Santoso, SE., MM.

Arief T. Nur Gomo saat ini menjabat sebagai Kepala Research and Development Department di PT. Bionic Natura, Healthy Food. Di www.DuniaFitnes.com dan Sportindo.com The Magz, pakar industri dan teknologi pangan dan kuliner ini banyak membagikan resep-resep sehat dengan citarasa lezat dalam rubrik Healthy Food.

Arief T. Nur Gomo, STP., MSi.

KONTRIBUTOR

06 | sportindo.com | November

SPORTINDO THE MAGZ KONTRIBUTOR

Page 7: TheMagazine Edisi Nov 2013
Page 8: TheMagazine Edisi Nov 2013

08 | sportindo.com | November

Testosteron Rendah Picu Sakit Jantung

Menurut hasil penelitian baru yang telah dipublikasikan oleh Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism baru-baru ini, pria dengan kadar testosteron rendah

kemungkinan berada pada risiko terkena penyakit kardiovaskular. Tim peneliti dari Ghent University Hospital di Belgia melakukan analisa ulang pada penelitian sebelumnya yang terkait dengan penyakit jantung dan testosteron antara tahun 1970 dan 2013. Hasil dari analisa tersebut menunjukan bukti kecil bahwa kadar testosteron rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung kardiovaskular. Penelitian yang dilakukan ini tidak mengesampingkan penyebab kadar testosteron rendah dan penyakit kardiovaskular secara keseluruhan, maka dari itu para peneliti memerlukan penelitian lebih lanjut yang lebih kompleks untuk mendapatkan bukti kuat antara hubungan dua kondisi tersebut. “Berdasarkan temuan ini, kita tidak bisa memungkiri bahwa terstosteron rendah dan penyakit jantung disebabkan juga oleh kesehatan yang buruk secara keseluruhan,” ungkap Dr Johannes Ruige selaku penulis penelitian. “Pada akhirnya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan secara akurat nilai terapi substitusi testosteron yang ternyata memiliki dampak pada kesehatan jantung pria,” sambung Ruige. (boy)

Alasan Mengapa Anda Harus Segera Melunasi Hutang

Hati-Hati, Salah Makan Bisa Picu Kegalauan

Hidup Melajang Bikin Jantung Tidak Sehat

Ini dia alasan untuk segara melunasi hutang pada kartu kredit atau teman Anda, karena studi baru menunjukan bahwa orang-orang yang memiliki hutang berisiko lebih tinggi terkena

gangguan kesehatan mental. Menurut para peneliti, kondisi psikologis seperti depresi dan neurosis jauh lebih umum di kalangan orang yang memiliki hutang daripada mereka yang tidak memiliki hutang, “Penelitian ini menunjukan hubungan yang kuat antara hutang dan kesehatan mental,” kata Dr. Thomas Richardson seorang psikologis dari University of Southampton,UK, yang melakukan penelitian ini. Hasil penelitian yang juga telah diterbitkan oleh jurnal Clinical Psychology Review menyatakan, bahwa hutang mungkin saja mengarah pada kesehatan mental yang buruk dan menyebabkan stres, atau sebaliknya kesehatan buruk lebih rentan untuk memiliki hutang, namun faktor lain seperti pekerjaan yang tidak menentu juga bisa memicu kesehatan mental yang buruk. “Orang yang mengalami depresi mungkin berjuang untuk mengatasi masalah finansial yang buruk dan memutuskan untuk berhutang, yang kemudian membawa mereka lebih dalam ke situasi depresi,” ujar Thomas. Adapun kesehatan mental yang terkait dengan hutang adalah bunuh diri, depresi, gangguan psikotik, ketergantungan obat, dan gangguna neurotik, meski demikian para peneliti tidak menemukan hubungan antara merokok dan hutang. So, segara lunasi hutang Anda ya!(boy)

Ternyata perasaan galau dan sedih yang sering dialami seseorang tidak selalu berhubungan dengan kondisi mental. Baru-baru ini sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa

kesedihan dan kegalauan seseorang bisa tiba-tiba muncul akibat salah makan. Pemilihan jenis makanan dapat mempengaruhi kondisi jiwa dan emosi seseorang. Memilih makanan yang menurut seseorang enak namun tidak sehat justru membuat seseorang mudah terkena depresi. Adalah tim peneliti dari University of Eastern Finland melakukan pengamatan kepada lebih dari 1.500 pria usia dewasa. Mereka mempelajari dan mencatat pola makan para partisipan dan menghubungkan dengan riwayat depresi yang pernah dialami partisipan. Studi tersebut menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi makanan sehat lebih jarang mengalami depresi. Partisipan yang memiliki berat badan ideal pun diketahui memilki risiko depresi yang lebih kecil. Sedangkan mereka yang sering mengonsumsi makanan tidak sehat (junkfood) dan memilki berat badan berlebih cenderung lebih gampang terkena depresi. Anu Ruusunen selaku penulis penelitian menyatakan, “Penelitian ini menegaskan hipotesis bahwa makanan yang sehat tidak cuma meredakan depresi, melainkan juga mencegahnya.” (dan)

Bagi para lajang yang sudah siap untuk menikah sebaiknya tidak menunda-nunda lagi melangsungkan pernikahan. Mengapa?

Baru-baru ini sebuah studi yang di gelar di Washington, AS, menemukan bahwa seseorang yang sudah menikah diketahui memiliki jantung yang lebih sehat ketimbang mereka yang belum menikah. Kesimpulan tersebut didapatkan setelah tim peneliti menganalisis riwayat kesehatan lebih dari 11.000 pasien jantung. Usia rata-rata pasien 64 tahun, dengan rasio 55 persen telah menikah dan 45 persen lainnya masih melajang. Dari pengamatan tersebut diketahui bahwa pasien yang melajang memiliki risiko 2 kali lebih besar untuk meninggal dan mengalami penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, atau stroke. dr Ron Waksman dari MedStar Washington Hospital Center, Washington, mengatakan,” Pasien dengan penyakit jantung membutuhkan banyak dukungan. Jika Anda tidak memiliki seseorang untuk merawat Anda, maka perawatan yang Anda dapatkan juga akan semakin berkurang.” Well, jika menikah itu sehat mengapa harus ditunda? (dan)

News

Page 9: TheMagazine Edisi Nov 2013

sportindo.com | November | 09

Aturan Konsumsi L-Carnitine yang Optimal

Lemak Berubah Menjadi Otot Karena Fitnes?

Bisakah Meratakan Perut dengan Sit Up?

Berhenti Fitnes Sebulan, Badan Kembali Gemuk?

Surat Pembaca

Saya ada beberapa pertanyaan,1. Saat ini kadar lemak tubuh saya 18%. Bisakah saya melakukan program cutting sekaligus muscle building secara bersamaan?2. Kapan dan berapa banyakkah konsumsi L-Carnitine yang dianjurkan untuk hasil yang optimal?3. Jika saya latihan kardio di pagi hari dan latihan angkat beban jam 6 sore, kapankah waktu yang tepat untuk konsumsi L-Carnitine?Terima kasih.Frits Christian ([email protected])

1. Sebaiknya bergantian melakukan program muscle building dan cutting. Jangan bersamaan. Coba saja untuk cutting dulu selama 1 bulan. Jika perkembangannya bagus, lanjutkan sampai 2 bulan. 2. Aturan konsumsi L-Carnitine yang dianjurkan adalah 2000 mg per serving pada 30-60 menit sebelum berolahraga.3. Disarankan pagi hari saja atau dibagi dua menjadi 1000 mg di pagi hari dan 1000 mg di sore hari.

Saya ibu rumah tangga dan masih menyusui. Dua bulan terakhir ini saya fitnes di gym untuk menurunkan berat badan. Berat badan saya sebelumnya 74 kg kini sudah turun menjadi 69 kg. Jika dilihat bentuk badan saya sudah lumayan oke dan lingkar pinggang sudah mengecil. Tetapi kenapa saya merasa badan berat sekali saat ditimbang? Apakah lemak tubuh saya sudah diubah menjadi massa otot?Terima kasih,Asy Syifa via Facebook DuniaFitnes.com

Lemak tidak bisa berubah menjadi otot. Selama latihan beban dan kardio, lemak akan terbakar dan massa otot akan terbentuk. Jadi mungkin lemak tubuh Anda terbakar dan massa otot bertambah sehingga mempengaruhi berat badan Anda. Untuk memastikannya, ukurlah kadar lemak tubuh Anda dengan alat fat monitor secara berkala agar dapat dihitung berapa persentase kadar lemak yang sudah berkurang dan massa otot telah yang bertambah.

Saya mau bertanya. Saat ini saya sedang fitnes dan fokus untuk mengecilkan perut dan kemudian meratakannya. Apakah saya harus dengan gerakan latihan otot perut seperti sit up saja untuk mencapai target saya tersebut?Terima kasih.Christian Ticoalu via YouTube Denny Santoso

Tidak bisa begitu. Untuk mendapatkan perut yang rata, Anda harus mengurangi kadar lemak tubuh terlebih dahulu. Jadi Anda harus melakukan gerakan latihan yang lengkap untuk seluruh bagian tubuh ditambah kardio. Jika kadar lemak dalam tubuh sudah rendah, otot perut Anda akan rata dengan sendirinya. Sit up saja tidak akan berpengaruh.

Saya juga ingin bertanya. Jika kita berhenti latihan fitnes selama sebulan, apakah otot tubuh kita yang tadinya sudah bagus bakal kembali seperti semula?Terima kasih.Mahendra Yana Sinatra via Facebook DuniaFitnes.com

Saat masih aktif fitnes, tubuh mendapat jumlah asupan kalori dan level pembakaran kalori yang tetap. Ketika berhenti fitnes, biasanya asupan kalori tetap sama namun pembakaran kalori berkurang. Akibatnya tubuh akan kelebihan asupan kalori sehingga kembali menimbun lemak dan mengembalikan bentuk tubuh seperti saat tidak fitnes.

Sportindo Mail

Page 10: TheMagazine Edisi Nov 2013

Lari jarak jauh memang sedang tren di Indonesia. Namun jika ditanya, Anda ingin punya tubuh seperti pelari marathon atau sprint? Jawabannya hampir pasti pilihan kedua.Salah satu pelari sprint terbaik di dunia adalah Usain Bolt. Tidak seperti umunya pelari sprint yang bertubuh pendek, Bolt bertinggi badan 198 cm. Dengan berat badan 94 kg, otot tubuh Bolt terlihat sangat proporsional dan ideal. Anda ingin bertubuh seperti manusia tercepat di dunia? Berikut adalah pola latihan dan diet ala Usain Bolt.

Kiat LatihanSebelumnya perlu Anda ketahui bahwa Bolt tidak hanya berlatih fitnes untuk mendukung performanya berlari saja melainkan juga untuk menjaga penampilannya. Bolt kerap berkata bahwa ia ingin tubuhnya terlihat indah di depan wanita.

• Hindari lari jarak jauh. Bolt tidak pernah berlari jarak jauh untuk mendukung performanya. Jarak terjauh latihan larinya adalah 350 meter, tidak lebih. Bolt juga latihan lari dengan pemberat yang diikat di tubuhnya.• Start secepat mungkin dan jangan terburu-buru berdiri tegak. Meski beberapa kali Bolt tertinggal saat start, namun ia selalu menyarankan untuk start secepat mungkin dan secara bertahap mengangkat tubuh sampai tegak lurus hingga jarak 30 meter pertama. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kecepatan tetap tinggi.• Latihan kekuatan otot inti. Bolt biasa berlatih hingga satu jam hanya untuk otot perut dan punggungnya selama 3 kali seminggu. Beberapa latihan otot inti yang ia lakukan adalah leg raise, oblique side sweep, reverse crunch, side plank clam, jackknife sit-up, Russian twist with medicine ball, supine knee raise, superman rotation, dan alternating active straight leg raise. Bolt melakukan gerakan latihan otot inti sebanyak 3 set kali 30 detik dengan 30 detik istirahat antar set.• Latihan otot bagian bawah. Beberapa foto dan video latihannya, Bolt juga terlihat berlatih rutin otot tubuh bagian bawah yang terdiri atas gerakan pendulum quadruped hip extension, hang clean, leg extension, calf raise, dan standing cable hip flexion. Latihan otot tubuh glute, thigh, leg, dan calf sudah jelas sangat membantu performa berlarinya.• Beberapa gerakan latihan lain yang dilakukan Usain Bolt adalah barbell incline bench press, dumbbell alternate bicep curl, barbell hang clean, dan sled work (menarik beban bermuatan plat barbel dengan tali atau mendorong rak bermuatan plat barbel).

Kiat DietBolt sangat terkenal menyukai nugget ayam dari restoran cepat saji. Bahkan Bolt terang-terangan mengakui biasa makan nugget ayam sebelum bertanding. Selain itu, salah satu rahasia diet Bolt adalah makan ubi kuning. Selain rendah kalori, ubi kuning juga kaya vitamin C (untuk pemulihan otot), vitamin B6 (pendongkrak energi), dan potasium (sumber elektrolit). Seperti yang sudah diketahui beberapa pelari sprint memilih pisang sebagai sumber potasium untuk pengganti elektrolit tubuh, namun Bolt lebih memilih ubi kuning.

• Sarapan: campuran buah Ackee dan ikan asin (makanan khas

Tip

10 | sportindo.com | November

Jamaika), kue bola (terbuat dari tepung, susu, mentega, dan air), dan ubi kuning kukus.• Makan siang: dada ayam panggang atau tuna panggang dengan nasi beras coklat atau roti gandum utuh atau pasta.• Makan malam: ayam panggang dengan kacang polong dan nasi beras coklat.

Selamat mencoba dan berlari! (aan)

LATIHANDAN DIeT ALA USAIN BOLT

Page 11: TheMagazine Edisi Nov 2013

sportindo.com | November | 11

Selain protein, memilih jenis karbohidrat yang tepat untuk dikonsumsi di saat yang tepat pula sangat menentukan dalam pembentukan massa otot sekaligus menjaga kadar lemak tubuh tetap rendah.

Tip

Untuk menerapkannya, ketahuilah jenis-jenis makanan yang termasuk karbohidrat cepat dan lambat serap serta kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Pilih yang Alami untuk Sumber Lambat SerapAgar energi tubuh tetap stabil dan konstan, asupan karbohidrat jenis lambat serap sangat disarankan. Dan yang termasuk lambat serap adalah makanan alami atau minim pemrosesan. Sayur mayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian termasuk sumber karbohidrat lambat serap yang baik. Sumber karbohidrat alami ini akan dicerna lebih lambat menjadi glukosa sehingga energi tubuh lebih stabil dan konstan.

Pilih yang Lambat Serap untuk CuttingSaat Anda mengonsumsi karbohidrat, tubuh merespon dengan melepaskan hormon insulin. Insulin membantu penyediaan sumber energi saat latihan dengan mengatur transfer glukosa dan bahkan protein ke dalam otot. Masalahnya, bagi fitness mania yang susah cutting otot atau susah untuk lean, naiknya level insulin ditambah asupan kalori yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh menimbun lemak. Solusinya, pilih karbohidrat yang lambat serap sehingga insulin dilepaskan sedikit demi sedikit sehingga penimpunan lemak bisa dikendalikan.

Pilih yang Cepat Serap untuk BulkingKenapa demikian? Saat bulking, dibutuhkan banyak asupan karbohidrat (tentunya juga protein dan lemak sehat) untuk menjaga kondisi tubuh tetap anabolik. Kondisi tubuh yang senantiasa anabolik akan mempermudah penambahan berat badan. Makanan jenis karbohidrat cepat serap seperti roti putih, nasi putih, jus buah, atau whey protein shake mampu membantu tubuh lebih cepat menyalurkan karbohidrat (glukosa) dalam aliran darah.

Pilih Sedang dan Lambat Serap Sebelum LatihanSaat latihan, tubuh akan craving karbohidrat. Otot akan sangat bergantung pada simpanan karbohidrat dalam otot yang disebut glikogen. Anda butuh energi cepat yang bisa segera dipakai untuk latihan tetapi juga harus menjaga jangan sampai energi habis. Karena itulah, asupan kombinasi karbohidrat jenis sedang dan lambat serap sebelum latihan sangat dianjurkan. Contoh karbohidrat penyerapan

sedang yang disarankan adalah pisang, kentang kukus, dan berbagai jenis buah-buahan. Namun hindari karbohidrat cepat serap sebelum latihan karena mudah sekali dibakar dan lebih cepat habis sehingga membuat Anda lemas sebelum waktunya.

Pilih Beragam Jenis Karbohidrat Usai LatihanMakanan sesudah latihan harus banyak mengandung berbagai jenis karbohidrat (selain protein cepat serap) karena membantu pengeluaran insulin saat kondisi otot masih sangat sensitif usai latihan. Naiknya insulin akan membantu mengubah kondisi tubuh dari katabolik menjadi anabolik sehingga massa otot tidak terbakar. Porsi karbohidrat dalam makanan sesudah latihan dianjurkan 2-3 kali lipat lebih banyak daripada porsi protein.

Pilih Lambat Serap untuk Tekan Nafsu MakanBeberapa fitness mania yang terobsesi untuk membentuk massa otot bebas lemak menghindari konsumsi karbohidrat. Padahal konsumsi karbohidrat jenis lambat serap justru mampu menekan nafsu makan. Karbohidrat lambat serap dan kaya serat akan dicerna dengan lambat sehingga membuat kenyang lebih lama dengan kalori yang rendah. Jadi sangat cocok untuk diet pembentukan massa otot yang lean.

Konsumsi Nutrisi Lain untuk Mengatur Penyerapan KarbohidratAsupan nutrisi lain seperti serat, lemak, dan protein memengaruhi penyerapan karbohidrat (glukosa) dalam aliran darah. Misalnya serat yang banyak terkandung dalam sayur, buah, kacang-kacangan, oatmeal, dan lain-lain, mampu memperlambat penyerapan karbohidrat (glukosa) ke dalam darah. Contoh sehari-hari, makan nasi putih dengan semangkuk sayur brokoli akan memperlambat penyerapan nasi putihnya. Lemak dari makanan juga mampu memperlambat penyerapan karbohidrat. Misalnya konsumsi daging ayam atau telur utuh dengan makanan kaya karbohidrat akan mengurangi kecepatan penyerapan karbohidratnya. Jika ingin massa otot yang lebih lean, tentunya lebih baik mencampur karbohidrat dengan sumber protein bebas lemak seperti putih telur rebus atau ikan.

Selamat mencoba fitness mania! (aan)

CePAT ATAU LAMBAT SerAP?KIAT TePAT MeMILIH KArBOHIDrAT

Page 12: TheMagazine Edisi Nov 2013

Healthy Food

Mengenai masalah meminum teh yang dicampur susu. Apakah hal tersebut dapat membawa efek yang merugikan buat tubuh? Apakah hal tersebut dapat

mengurangi manfaat teh yang berasal dari kandungan fitonutrisinya (katekin)? Minum teh yang dicampur dengan susu tidak membawa efek yang merugikan buat tubuh. Minum teh yang dicampur dengan susu masih tetap memberikan manfaat gizi buat tubuh. Mengenai berkurangnya manfaat teh yang dicampur dengan susu, hal ini masih menjadi kontroversial karena masih belum banyak penelitian yang mengkaji masalah ini. Resep minuman berikut, mungkin Anda tidak mendapatkan keseluruhan manfaat dari teh, akan tetapi minuman latte ini mengandung energi, karbohidrat, protein, lemak dan sejumlah serat pangan yang juga bermanfaat buat tubuh. Yuk, sekarang kita membuat black tea oatmeal latte.Bahan:• 150 ml air minum• 1 kantong teh hitam (Black Tea)• 2 sdm oatmeal instan• ¼ sdt kayu manis bubuk• 1/8 sdt jahe bubuk• 1/8 sdt pala bubuk• 160 ml susu rendah lemak• 1-2 sachet pemanis non kalori (tergantung selera)Cara Membuat:1. Seduh 1 kantong teh hitam dengan air panas selama kurang lebih 3 menit.2. Angkat kantongnya. Tambahkan kayu manis, jahe bubuk, pala bubuk.3. Pindahkan ke dalam panci. Tambahkan oatmeal dan susu. Aduk rata.4. Panaskan sambil diaduk sampai sedikit mengental.5. Angkat dan tambahkan pemanis. Sajikan.

Untuk 1 porsi

BLACK TeA OATMeAL LATTe

Nilai Gizi per Porsi:• Energi:112,3kkal• Lemak:2,5g• Karbohidrat:14,8g• Serat:1g• Protein:7,7g

Menu sehat kali ini yaitu black tea oatmeal latte. Teman-teman tentu sudah sering mendengar istilah “latte”. Iya, memang benar kalau menu sehat ini menggunakan campuran antara teh dan susu.

Arief T. Nur Gomo,

STP., MSi.Kepala research and Development

Department di PT. Bionic Natura,

Healthy Food

12 | sportindo.com | Oktober

Tip dan Saran:

• Anda bisa menggantikan jenis teh

yang digunakan dengan jenis teh

yang lain seperti green tea dan

oolong tea untuk mendapatkan citarasa yang berbeda.

• Untuk meningkatkan nilai gizinya, anda dapat juga

menambahkan bahan-bahan lain seperti rolled oat,

kacang almon, chia seed, atau flax seed.

• Untuk pemanis selain menggunakan pemanis rendah

kalori, Anda dapat juga menggunakan gula palem.

Page 13: TheMagazine Edisi Nov 2013

Justin Timberlake Biodata

Pecinta musik pop pasti akrab dengan penyanyi keren yang satu ini, Justin Timberlake. Memiliki nama lengkap Justin randall Timberlake, lahir di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat pada 31 Januari 1981.

Nama Asli : Justin randall TimberlakeTanggal lahir : 31 Januari 1981Tempat Lahir : Memphis, Tennessee, USATinggiBadan :185,5cmBagian Tubuh Favorit : ChestPekerjaan : Penyanyi, Aktor

INSPIRATIONALPEOPLE

sportindo.com | November | 13

Nama Justin Timberlake mulai menjadi perhatian kritikus musik dunia sejak ia bergabung dengan N’sync dan sekaligus menjadikan dirinya idola baru para ABG Amerika bahkan

dunia kala itu. Bergabung dengan N’Sync membuat hidup Justin benar-benar berubah. Ia mulai menjadi panutan baik dalam hal berbusana hingga model rambut keriting pirang yang ia miliki kala itu. Berkat gaya rambut (keriting pirang) itu pula ia sanggup menaklukkan hati sang diva pop Britney Spears dan dijuluki sebagai pasangan selebriti remaja paling romantis saat itu.

Mencoba Tantangan Baru dengan BeraktingTahun 2002, Justin mencoba peruntungan dengan bersolo karir. Ia mengeluarkan album berjudul ‘Justified’ yang terjual lebih dari 8 juta kopi di seluruh dunia. Pada 2004, ia memenangi Grammy Awards untuk kategori Album Terbaik dan Lagu Terbaik untuk lagu Cry Me A River. Tidak puas sampai di sini, Justin mencoba peruntungannya di dunia akting. Tawaran untuk bermain dalam film-film Hollywood tidak ia lepaskan begitu saja. Sebut saja The Alpha Dog, The Love Guru, In Time dan yang terbaru Runner, Runner.

Diet Ala Justin TimberlakeSebagai seorang penyanyi yang jago nge-dance dan aktor profesional, Justin wajib menjaga bentuk tubuhnya agar selalu tampil menawan.

Untuk mendapatkan tubuh idealnya, Justin menghindari karbohidrat olahan seperti kue, biskuit, roti dan lainnya. Bahkan, ia pun mulai mengurangi kegemarannya mengonsumsi bir agar tubuhnya tetap dalam bentuk terbaiknya. “Saya harus benar-benar menata pola makan dan minum untuk bisa dalam kondisi ini (tubuh ideal). Dan yang paling menantang adalah saya harus jauh-jauh dari bir,” ungkap suami aktris Jessica Biel.

Hobi Basket & Golf Sejak kecil Justin merupakan sosok yang aktif dan suka berolahraga. Kecintaannya pada olahraga basket turut membantunya mendapatkan tubuh ideal yang ia miliki sekarang. “Saya suka basket, golf, dance dan snowboarding. Jika ada waktu luang, jangan ditanya seberapa sering saya melakukannya. That’s my life!” ungkap Justin. Beberapa gerakan bodyweight training seperti pushup dan crunch juga kerap ia lakukan sebelum tampil di atas panggung atau di sela syuting film. “Tidak ada cara yang lebih baik selain menghilangkan rasa gugup dengan melakukan gerakan latihan sebelum Anda tampil di depan ribuan orang. Cobalah! tambah pria 32 tahun ini.(dan)

Miliki TuBuh ideal BerkaT

BaskeT & Golf

Justin Timberlake

Page 14: TheMagazine Edisi Nov 2013

01. Colour Wear Jaque BeanieSelain jaket untuk musim hujan yang dingin, produk yang satu ini juga nyaman dipakai saat musim penghujan tiba. Yup, Jaque Beanie adalah produk kupluk terbaru yang dikeluarkan oleh Colour Wear (CLWR), produsen outdoor clothing ternama asal Swedia. Dengan bahan 100% polyacrylic, Jaque Beanie ini berukuran fit di kepala dan sangat nyaman dipakai sehingga tepat menjadi pilihan pelindung kepala Anda dari cuaca dingin di musim hujan ini. Tersedia dengan 5 pilihan warna yaitu olive, navy, red, grey-melange, dan black selain itu terdapat juga logo CLWR pada bagian depan, dan tentu saja didukung dengan kualitas yang mumpuni. Bisa Anda dengan harga sekitar Rp.350.000,- di website resmi CLWR.

02. G-Star raw eger r Knit L/SBagi Anda yang ingin tetap bergaya saat bekerja di musim dingin, ini dia produk long sleeve terbaru dari G-Star Raw yaitu Eger R Knit L/S. Terinspirasi dari gaya marinir dan outdoor klasik dengan sentuhan rajutan, siluet, dan struktur yang modern menjadikan Eger R Knit L/S terlihat sangat fashionable namun macho. Dengan kerah leher bulat dan kancing penutup di bahu untuk memudahkan pemakaian. Untuk bahan, Eger R Knit memadukan 80% Breton wool stripe knit dan 20% polyamide yang mampu memberikan kenyamanan lebih. Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu mazarine blue dan wool white dengan ukuran body fit. Bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga 1,2 juta rupiah di website resmi G-Star Raw.

03. Nike Heritage DestroyerButuh jaket di musim hujan? Jangan khawatir karena produsen sporting goods Nike telah mengeluarkan jaket Heritage Destroyer. Produk teranyar dari Nike ini dilengkapi oleh teknologi Thermore® pada bagian dalam yang berfungsi menghangatkan tubuh sehingga melindungi dari hawa dingin. Jaket dengan desain varsity ini dilengkapi rib collar, cuff dan hem untuk memastikan ukuran yang pas di badan. Jaket ini terdiri atas bahan 65% wool dan 35% polyester untuk body, 100% kulit sapi untuk lengan, 100% polyester sintetis untuk bagian dalam, dan 100% nilon untuk lining-nya. Jaket yang hanya dikeluarkan satu warna dengan kombinasi merah, putih, dan hitam ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar £280 atau 5 juta rupiah di webstore resmi Nike.

04. Puma Future Suede Lite Tech Men’s SneakersSeri Suede ini sebenarnya sudah pernah dikeluarkan sebelumnya oleh Puma untuk mengenang jasa seorang atlet lari kulit hitam, Tommie Smith, yang berjuang membela hak warga kulit hitam di Amerika dengan memenangkan kejuaraan Olimpiade tahun 1968 untuk kategori lari 200 m di Meksiko. Namun kali ini Puma kembali mengeluarkan seri Future Suede Lite Tech Men’s Sneakers sebagai evolusi dari seri Suede Tommie Smith 1968. Future Suede Lite Tech Men’s Sneakers ini lebih ringan dan lebih kuat ditambah teknologi Ecoortholite® untuk memastikan ukuran yang pas dengan bentuk kaki sehingga memberi kenyamanan lebih saat dipakai. Tersedia dalam tiga pilihan kombinasi warna yaitu cherry tomato-grisaille-limestone gray-black, blue wing teal-blue grass-limestone gray, dan sparkling grape-blackberry cordial-white. Bisa Anda dapatkan dengan harga 7,9 juta rupiah di website resmi Puma.

05.RiverIslandGreyPaddedCasualGiletMungkin sebagian dari Anda belum mengenal River Island, salah satu produk fashion asal Inggris. River Island telah beroperasi di London sejak tahun 1948 dan banyak memberikan kemajuan dalam industri fashion di Inggris. Nah, bagi Anda yang mengaku melek gaya, wajib menjajal produk terbaru River Island ini yaitu Grey Padded Casual Gilet atau di Indonesia lebih dikenal sebagai rompi. Berbahan 65% katun dan 35% nilon (polyamide) akan memberikan rasa hangat dan nyaman dipakai. Ditambah hoodie sebagai pelindung kepala dengan tali yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran kepala dan dua saku di bagian samping sebagai tempat menyimpan gadget Anda. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 980.000 di website resmi River Island.(boy)

Fashion Stuff fashioN sTuff

14 | sportindo.com | November

01

05

02

03

04

Page 15: TheMagazine Edisi Nov 2013

01. adidas Knee SupportBagi Anda pecinta olahraga fitnes, lari, sepakbola, basket, baseball, atau yang hobi latihan skipping pastinya sangat berisiko mengalami cedera lutut seperti ligamen robek, cedera tulang rawan, atau cedera tulang patella karena arthritis. adidas Knee Support diciptakan untuk rehabilitasi area lutut yang sedang cedera sekaligus melindungi dan mendukung segala aktivitasnya. Terbuat dari bahan neoprene yang lentur, ringan, dan tahan di segala suhu sehingga sangat nyaman dan pas di kaki Anda. Lapisannya memiliki rongga pori agar sirkulasi udara tetap terjaga dan tidak khawatir lengket akibat keringat. Materialnya juga tidak membuat iritasi atau alergi kulit. Dapatkan segera di DuniaFitnes Store di alamat http://store.duniafitnes.com/products/knee-support.html

02. Ghost AMr Lector 2977Bagi Anda penggemar mountain bike, sudah saatnya menjajal salah satu sepeda terbaru asal pabrikan Jerman, Ghost, AMR Lector 2977. Dengan frame terbuat dari campuran karbon yang ringan namun kuat. Total berat AMR Lector 2977 ini hanya 12,4 kg. AMR Lector 2977 didukung oleh groupset Shimano XT 10 Speed, pelek Ghost Light AS 29 31.8 mm, suspensi FOX Float CTD 100 mm Boost Valve, ban Schwalbe Rocket Ron 2,25, cakram rem Shimano XT Disc 180 mm SMRT67, dan masih banyak lagi onderdil tangguh nan canggih lainnya. Tak heran sepeda ini mengusung moto full power. AMR Lector 2977 tersedia dalam dua pilihan kombinasi warna yaitu blue/black/blue dan black/grey/blue. Juga terdapat beberapa ukuran frame yaitu 40, 44, 48, 52, dan 56 cm yang bisa disesuaikan dengan ukuran badan Anda. Dijual dengan harga sekitar Rp 47.900.000 di website resmi Ghost Bikes.

03. adidas miCoach Smart runSlip it on and step it up itulah salah satu kalimat yang diberikan adidas untuk produk jam tangan terbarunya yaitu miCoach Smart Run. Sesuai dengan namanya, Micoach Smart Run memang disuguhkan bagi para pelari profesional agar bisa memaksimalkan program pelatihannya dengan baik dan tepat. Jam tangan super pintar ini dilengkapi berbagai macam teknologi canggih seperti heart rate monitor, GPS, bluetooth, wireless music player, dan WLAN. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan layar sentuh LCD 1,45” beresolusi 184 piksel. Ditambah memori internal sebesar 4 GB yang mampu menyimpan semua data termasuk file musik. Material tali terbuat dari silikon lembut yang nyaman dipakai, stainless steel bezel pada bagian kaitan dan detail kecilnya, serta magnesium sebagai plat penutup belakang. Dengan berat sekitar 2,8 ounce yang sangat ringan. Sayangnya, miCoach Smart Run hanya tersedia satu pilihan warna yaitu hitam. Dapatkan jam tangan keren nan pintar ini dengan harga 5,3 juta rupiah di webstore adidas.

04. reebok One Cushion TrailPara pecinta olahraga lari semakin mencari tantangan baru. Lari di medan aspal atau beton sudah dianggap biasa sehingga melahirkan tren baru yaitu cross country running, trail running, hill running, dan bahkan ultra running. Karena itulah Reebok merilis seri Trail dalam jajaran One Series-nya. Mengusung teknologi tiga zona yaitu Contact Zone, Midstance Zone, dan Propulsive Zone. Kalau sepatu lari lain dibuat dari beberapa bagian yang dijahit atau dilem menjadi satu, Reebok One Series dibuat dengan menyatukan beberapa komponen material menjadi satu bagian utuh sehingga saat dipakai akan terasa mulus. Seri Trail ini memiliki bagian sol yang anti selip namun agresif sehingga juga cocok dipakai trekking atau hiking. Warna yang cerah membuat terlihat jelas saat berlari di kegelapan sehingga bisa dipakai untuk night running. Dijual dengan harga 1,3 juta rupiah di Reebok Concept Store dan online store.

05.RoguePolyComboClimbingrope with rope ClampAlat latihan ini mungkin lebih banyak ditemui di pusat latihan militer daripada di gym. Padahal climbing rope sangat penting sebagai salah satu bagian functional training. Salah satu produk climbing rope terkini yang ada di pasaran adalah Rogue Climbing Rope ini. Terbuat dari bahan poly combo warna putih berdiameter 3,8 cm yang berasa halus di tangan namun sangat kuat dan anti retas sehingga bisa dipakai sehari-hari baik oleh atlet maupun fitness mania biasa baik indoor ataupun outdoor. Rogue Poly Combo Climbing Rope ini juga sudah dilengkapi rope clamp atau kepitan dari besi high-grade. Jadi tinggal dikaitkan dengan carabiner atau shackle saja. Tersedia dalam 5 jenis ukuran panjang, Rogue Poly Combo Climbing Rope dijual dengan harga 590.000 hingga 2.150.000 rupiah di webstore Rogue.(boy)

sportindo.com | November | 15

Gear Gear

05

01

02

03

04

Page 16: TheMagazine Edisi Nov 2013

16 | sportindo.com | November

Page 17: TheMagazine Edisi Nov 2013

FX. Erwin Santoso, SE., MM.

Sudah mencoba 10 x 10 Workout Program yang saya bagikan sebelumnya? Nah, itu masih 2 fase pertama dari program ini. Fase ketiga, yang merupakan fase terakhir dari program ini bisa Anda lihat di bawah ini!

Experts

sportindo.com | November | 17

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, 10 x 10 Workout Program terdiri dari 3 fase, dan masing-masing fase berlangsung selama 10 hari. Pilih beban yang cukup berat untuk Anda sehingga 10 repetisi failure bisa tercapai. Dan khusus

untuk fase 3 ini, gunakan teknik Rest Pause Principle*.

10 X 10 WOrKOUT PrOGrAMPHASe 3

Hari 1: Dada – Bicep – Perut - KardioIncline Dumbbell Press 100Two Arm Dumbbell Curl 100Basic Crunch 100Jumping Jacks 100

Hari 2: Punggung – Triceps – Perut - KardioLat Pulldown 100Rope Pressdown 100Lying Leg Raise 100Mountain Climber 100

Hari 3: Kaki, Bahu, Perut, KardioSide Dumbbell Squat 100Overhead Dumbbell Press 100Side Crunch 100Butt Kick 100

Hari 4: Kardio HIIT1 set = 3 menit jogging + 1 menit sprintUlangi sebanyak 5 set

Hari5:CircuitTrainingIncline Dumbbell Press 100Lat Pulldown 100Overhead Dumbbell Press 100Side Dumbbell Squat 100Rope Pressdown 100Two Arm Dumbbell Curl 100

Basic Crunch 100Lying Leg Raise 100

Hari 6: Dada – Bicep – Perut – KardioIncline Dumbbell Press 100Two Arm Dumbbell Curl 100Basic Crunch 100Jumping Jacks 100

Hari 7: Punggung – Triceps – Perut – Kardio Lat Pulldown 100Rope Pressdown 100Lying Leg Raise 100Mountain Climber 100

Hari 8: Kaki – Bahu – Perut - KardioSide Dumbbell Squat 100Overhead Dumbbell Press 100Side Crunch 100Butt Kick 100

Hari 9: Kardio HIIT1 set = 3 menit jogging + 1 menit sprintUlangi sebanyak 5 set

Hari 10: Circuit TrainingIncline Dumbbell Press 100Lat Pulldown 100Overhead Dumbbell Press 100Side Dumbbell Squat 100Rope Pressdown 100Two Arm Dumbbell Curl 100Basic Crunch 100Lying Leg Raise 100

Catatan: Panduan gerakan latihan bisa Anda lihat di rubrik Muscle.

Lakukan program ini dengan pengaturan makan dan suplementasi yang baik agar hasilnya maksimal. Let’s get ready for the fresh new look!

*Teknik rest Pause

Principle:Angkat beban, saat sudah

mencapai failure, taruhlah beban

dan istirahatlah sekitar 10 detik.

Setelah itu ambil beban yang

sama dan lakukan tambahan 1 – 2

ekstra repetisi (atau berapa pun

yang Anda kuat angkat). Ulangi

proses ini sekali lagi hingga

tuntaslah set Anda.

10 x 10WorkouT ProGraM30 days NoN sToP TraiNiNG for a fresh NeW looks(BaGiaN 3 - Terakhir)

Page 18: TheMagazine Edisi Nov 2013

Teh adalah minuman aromatik yang dibuat dengan cara menyeduh daun yang berasal dari tanaman teh dengan air panas. Berbagai jenis teh sebenarnya diperoleh dari jenis

proses pengolahan yang berbeda. Secara umum jenis teh dapat dibagi menjadi 6 jenis berdasarkan cara pengolahannya, yaitu white tea (teh putih), yellow tea (teh kuning), green tea (teh hijau), oolong (wulong) tea (teh ulung), black tea (teh hitam) (dikenal juga dengan sebutan red tea di China), dan post-fermented tea (teh pasca-fermentasi atau dikenal dengan sebutan black tea di China). Jenis teh yang umum ditemui di pasaran yaitu teh putih, teh hijau, teh ulung, dan teh hitam, sedangkan teh ulung tradisional, teh Pu-erh dan post-fermented tea biasanya digunakan dalam pengobatan herbal. Tanaman teh berasal dari wilayah Asia Timur dan Selatan. Minuman teh mulai dikonsumsi sebagai obat di China pada zaman Dinasti Shang (sekitar tahun 1766 – 1122 SM). Teh merupakan minuman yang umum ditemukan pada zaman Dinasti Qin dan kemudian menjadi terkenal pada zaman Dinasti Tang (18 Juni 618 – 1 Juni 907) seiring penyebarannya ke Korea, Jepang, dan Vietnam. Teh di India sudah dikonsumsi sebagai obat dalam waktu yang cukup lama, akan tetapi teh mulai dikonsumsi sebagai minuman setelah Inggris memperkenalkan minuman teh yang berasal dari China.

Ternyata tidak salah kalau minuman teh pada zaman dulu terkenal sebagai obat alami, karena penelitian-penilitian ilmiah modern telah membuktikan manfaat teh terhadap kesehatan tubuh manusia. Sejumlah senyawa fitokimia yang berpotensi sebagai senyawa bioaktif seperti flavonoid, flavanol (katekin), asam amino, vitamin, kafein dan beberapa jenis polisakarida telah diteliti manfaat kesehatannya. Teh hijau dan teh hitam memiliki manfaat sebagai antikanker karena kandungan katekin di dalamnya. Senyawa katekin pada teh hijau lebih efektif sebagai antikanker pada jenis kanker yang berkaitan dengan kegemukan seperti kanker hati dan kanker usus (kolorektal). Teh hijau dan teh hitam keduanya mempunyai manfaat mencegah penyakit kardiovaskular. Sejumlah penelitian menunjukkan pengaruh proteksi teh hijau yang signifikan terhadap kanker pada oral, faring, esofagus, prostat, pencernaan, saluran kencing, pankreas, kandung kemih, kulit, paru-paru, usus besar, payudara, dan hati serta menurunkan risiko untuk metastasis kanker dan kekambuhan. Hasil penelitian ini terdapat pada artikel yang berjudul Tea Polyphenol for Health Promotion yang dimuat di jurnal Life Sciences No 81 Vol. 7 tanggal 26 Juli 2007. Menurut Dr Milton Schiffenbauer yang merupakan peneliti dari Pace University New York bahwa es teh atau teh yang biasa diminum (dijual komersil) dapat menghancurkan atau menonaktifkan virus herpes dalam beberapa menit, demikian juga terhadap virus T1 (virus yang menyerang bakteri yang dapat memungkinkan timbulnya bakteri yang berbahaya). Nah, ayo nikmati sehar dan sehatnya teh yang resep kreasinya juga saya bagikan di rubrik Healthy Food! Semoga bermanfaat!

Teh merupakan minuman yang paling banyak diminum di dunia kedua setelah air. Minuman ini banyak diminati orang dan memiliki citarasa yang sejuk, sedikit pahit, dan sepat.

18 | sportindo.com | November

Experts

Arief T. Nur Gomo, STP., MSi.

Kepala research and Development Department di PT. Bionic Natura, Healthy Food

TeH, MINUMAN ArOMATIK yANG SeHAT &MeNyeGArKAN

Page 19: TheMagazine Edisi Nov 2013

sportindo.com | November | 19

Experts

Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang terletak di belakang rongga perut dan memiliki fungsi utama menyaring darah dan membuang sampah hasil metabolisme tubuh

dalam bentuk air seni.

MeNGeNal PeNyakiT BaTu GiNJalGinjal juga memiliki fungsi mengatur tekanan darah, mengatur

keseimbangan cairan dan elektrolit, serta menstimulasi produksi sel darah merah dalam tubuh. Produksi air seni yang

dihasilkan oleh ginjal tergantung dari aktivitas dan keadaan tubuh seseorang. Pada orang yang mengalami kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) yang disebabkan oleh kurangnya asupan cairan, aktivitas berat tanpa asupan cairan yang cukup, atau dalam keadaan sakit, maka ginjal akan bereaksi dengan cara menahan sebanyak mungkin cairan dan elektrolit dalam tubuh sehingga jumlah air seni yang dihasilkan akan sedikit dan berwarna pekat. Begitu pula sebaliknya, pada orang yang asupan cairan dalam tubuhnya cukup sehingga kondisi cairan dalam tubuh tidak kurang maka ginjal akan bereaksi dengan cara memproduksi air seni lebih banyak dan air seni akan berwarna bening. Beberapa penyakit dan gejala dapat muncul cepat atau lambat apabila kita terbiasa dengan pola hidup yang kurang memperhatikan asupan cairan dalam tubuh, salah satunya adalah penyakit batu ginjal dan saluran kemih. Beberapa kondisi tubuh yang disinyalir dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya batu ginjal adalah kurangnya asupan cairan, banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein, oksalat, dan kalsium; serta orang yang pekerjaannya banyak duduk dan kurang beraktivitas. Batu ginjal dan saluran kemih merupakan suatu gabungan kristal-kristal yang dalam keadaan tertentu akan mengadakan proses tarik menarik antara kristal satu dan lainnya sehingga akan membentuk suatu inti batu yang merupakan proses awal terbentuknya batu. Sebagian besar cikal bakal terbentuknya batu ginjal dan saluran kemih adalah kalsium. Untuk membentuk sebuah batu, kalsium tidak berdiri sendiri melainkan harus berikatan dengan bahan lainnya seperti oksalat. Batu jenis ini salah satunya ditemukan pada orang yang banyak mengonsumsi makanan yang kaya oksalat seperti teh, kopi, soft drink, kokoa, dan sayur bayam. Jenis batu lainnya adalah batu asam urat. Batu asam urat lebih tinggi

kemungkinannya diderita oleh orang dengan kegemukan, peminum alkohol, serta sering mengonsumsi makanan seperti daging serta jeroan. Gejala dan keluhan yang ditimbulkan salah satunya adalah tergantung di mana letak batu tersebut. Batu yang terletak pada daerah ginjal biasanya memberikan rasa nyeri ketok pada daerah pinggang belakang. Batu yang terletak di dekat kandung kencing biasanya dirasakan nyeri pada saat kencing. Penyakit batu ginjal dan saluran kemih yang sudah menimbulkan gejala dan masalah harus segera diatasi agar tidak jatuh ke dalam keadaan yang lebih parah seperti infeksi. Batu ginjal dan saluran kemih dapat dikeluarkan dengan berbagai cara. Beberapa caranya adalah dengan pemberian obat-obatan; memecah batu memakai gelombang kejut, serta pembedahan. Masing-masing cara tersebut ada syarat-syaratnya seperti letak batu dan besarnya batu yang akan dikeluarkan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari terjadinya batu ginjal dan saluran kemih adalah dengan mengubah gaya hidup kita seperti mengurangi asupan makanan pemicu terjadinya batu ginjal, mengonsumsi air putih yang cukup (8-10 gelas per hari), dan olahraga teratur.

dr. Pande MadeWisnu Tirtayasa

Urologic Surgery Resident of RSCM

Page 20: TheMagazine Edisi Nov 2013

Insp

Ira

tIo

na

l W

om

an

20 | sportindo.com | November

: yulia Viktorovna Vins: engels (rusia), 21 Mei 1996:onseason:54,8kg; off season: 60 kg:165cm: Bowling dan berenang

Nama lengkap Tempat, tanggal lahirBerat badan

Tinggi badanHobby

BIODATA

yulia VinsCantik Bak Boneka, Berotot Bak PowerlifterBeberapa waktu yang lalu, dunia maya dihebohkan dengan beredarnya foto-foto seorang gadis asal rusia yang memiliki wajah cantik bak boneka dengan otot tubuh bak atlet powerlifting.

Setelah ditelusuri, sosok luar biasa ini pun ditemukan. Perkenalkan Yulia Vins, seorang gadis pelajar SMU yang baru berusia 17 tahun asal Engels, Rusia. Bagaimana kisahnya gadis ini bisa memiliki otot

tubuh seperti ini?

Awalnya Yulia Vins berlatih angkat beban di gym agar fisiknya lebih kuat dan percaya diri. Pada 6 bulan pertama latihannya, ia belum mengikuti program latihan apapun. Sehingga meskipun hampir setiap hari latihan, bentuk otot maupun kekuatan fisiknya belum berkembang signifikan. Padahal saat itu ia sudah menghitung jumlah asupan kalori, protein, karbohidrat, dan lemak. Setelah mencari informasi diet untuk pembentukan tubuh yang benar di internet, Vins pun menemukan kesalahannya. Intensitas latihannya yang tinggi tidak diimbangi dengan kualitas dan jumlah asupan makanan yang cukup. Vins lalu mulai menambah porsi makan per hari dan memilih asupan nutrisi yang berkualitas. Makanan favoritnya adalah dada ayam sebagai sumber protein, nasi beras coklat, dan kacang panjang sebagai sumber karbohidrat dan serat. Vins menumisnya dengan sedikit minyak zaitun dan perasan air jeruk. Sementara untuk latihan, Vins lalu mencari pelatih yang bisa membantunya. Satu-satunya pelatih di sekolahnya menguasai powerlifting dan weightlifting. Vins pun memilih berlatih powerlifting karena ingin tubuhnya berkembang secara seimbang. Beberapa gerakan latihan favoritnya adalah deadlift, box squat, front squat, one-arm dumbbell row, alternate dumbbell curl, standing biceps cable curl, dan calf press on the leg press machine. Setelah setahun berlatih terprogram, tak disangka perkembangan ototnya luar biasa. Ukuran bicep mencapai 35 cm dan quadricep 60 cm. Statistik angkatannya untuk squat mencapai 130 kg, bench press 75 kg, dan jerk 140 kg. Vins pun memutuskan untuk menekuni powerlifting dan bertanding secara profesional di kelas 60 kg. Vins menekankan latihan yang cukup dan diet seimbang serta istirahat sebagai kunci pembentukan ototnya. Vins juga mengonsumsi suplemen dan salah satu yang menjadi favoritnya adalah Ultimate Nutrition Horse Power X yang ia sebut mampu menyuplai bahan bakar sebagai tenaga latihan yang lebih lama dengan rasa yang lezat. Vins juga menyebut pentingnya suplementasi protein shake setelah latihan dan multivitamin untuk membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh. Kita nantikan saja kiprah si cantik berotot ini di arena powerlifting. (aan)

Page 21: TheMagazine Edisi Nov 2013

BeFOre68 Kg

Success Story

sportindo.com | November | 21

Beberapa waktu lalu tim Sportindo The Magz mendapat kesempatan mewawancarai Ambar Dwi Wulandari, salah satu dari sekian banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan setelah mengikuti tips diet Denny Santoso melalui akun twitter @dennysantoso.

AMBAr DWI WULANDArI

LeBIH PeDe SeTeLAH TUrUN 18 KG

dengan mengikuti senam aerobik atau melakukan HIIT menggunakan tredmill/eliptical. Selain waktu saya untuk latihan beban dan cardio, saya gunakan waktu tersebut untuk recovery.

Bagaimana peran suplemen bagi keberhasilan Anda?Suplemen sangat membantu keberhasilan saya dalam melakukan pembentukan badan. BCAA 12000, suplemen yang saya gunakan saat ini, selain berfungsi untuk membantu pembentukan massa otot, BCAA juga dapat membantu mengurangi timbunan lemak di perut dengan cara membantu proses pembakaran lemak (itu menurut jurnal yang saya baca).

Selain BCAA, saya gunakan Whey Protein (saya menggunakan ISO Cool) untuk mempercepat recovery dan pembentukan massa otot.

Tips sukses Anda untuk para pembaca yang ingin mendapatkan tubuh ideal?Yang pasti harus ada niat dan motivasi terlebih dahulu. Jangan pernah merasa bosan dengan diet dan latihan yang Anda lakukan, karena dengan mengatur pola makan dan latihan merupakan cara paling aman untuk mendapatkan tubuh ideal. Selain itu jangan merasa puas dengan apa yang didapatkan saat ini, kalau bisa Anda harus selalu lebih baik ke depannya.(dan)

AFTer50Kg

Apa rahasia sukses Ambar menurunkan berat badan hingga 18 kg? Berikut petikan wawancara Ambar Dwi Wulandari bersama tim Sportindo The Magz seputar keberhasilannya

menurunkan berat badan.

Bagaimana awalnya Anda memutuskan untuk berdiet?Awal saya memutuskan berdiet karena sering mendapat ejekan dari teman-teman dan orang-orang terdekat karena saya obesitas. Selain itu saya merasa kurang percaya diri dan merasa kurang lincah dg berat badan yangberlebih.

Apa yang memotivasi untuk Anda untuk Berdiet?Motivasi saya awalnya hanya untuk menurunkan berat badan, karena saya merasa kurang percaya diri. Kini, saya berdiet bukan untuk membentuk tubuh saja, tetapi untuk investasi kesehatan saya di masa tua nanti.

Bagaimana pola makan dan aktivitas fisik sebelum menjalani diet?Sebelum saya mengikuti program pembentukan tubuh, saya suka sekali makanan junk food. Hampir tiap hari saya mengkonsumsi pizza, burger, kentang goreng, ayam goreng, minuman bersoda, dan makanan yang manis-manis. Sementara itu untuk aktifitas fisik minim sekali, kegiatan saya hanya duduk, tidur, dan bisa dikatakan tidak pernah olahraga sama sekali.

Dari mana Anda mengenal diet sehat?Saya mengenal diet sehat melalui akun twitter Denny Santoso. Saya selalu mengikuti kuliah beliau tentang cara berdiet yang benar, yaitu dengan makan lebih sering (5-6 kali sehari) dengan porsi kecil dan sarat gizi.

Sebelum mengenal Denny Santoso, saya pernah menjalani diet ngawur. Saya pernah dalam sehari hanya makan buah saja. Akan tetapi diet yang seperti itu malah membuat badan saya kekurangan nutrisi. Dan malah membuat diet saya gagal, karena ada keinginan makan lebih banyak lagi setelahnya.

Seperti apa pola makan atau diet yang Anda jalani?Pola makan yang saya jalani adalah dengan makan sehari 5-6 kali. Saya mengganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau outmeal. Buah, sayur, protein, juga selalu ada di makanan yang saya konsumsi setiap hari.

Selain itu, saya menambahkan konsumsi whey protein dan bcaa di antara jam makan saya untuk membantu pembentukan massa otot saya.

Berapa kali Anda berlatih dalam seminggu? Dalam seminggu saya latihan beban 2-3 kali dengan durasi 1-1,5 jam. Selain itu di antara latihan beban tersebut, saya melakukan kardio

Page 22: TheMagazine Edisi Nov 2013

Cover Story

22 | sportindo.com | November

Mr. Olympia yang ke 49 kembali digelar pada 26-29 September 2013 yang lalu di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Dan untuk tahun kelima berturut-turut, Ultimate Nutrition menjadi sponsor utama kejuaraan binaraga dan fitnes terbesar di dunia ini. Siapa saja yang menjadi jawara?

ULTIMATe NUTrITION KeMBALI JADI SPONSOr UTAMA

OLyMPIA FITNeSS & PerFOrMANCe WeeKeND 2013

Mr. Olympia

212 Showdown

Men’s Physique Ms. Olympia

Page 23: TheMagazine Edisi Nov 2013

Cover Story

Semua perhatian tertuju kepada Kai Greene dan Phil Heath dimana keduanya bersaing sangat ketat di tahun sebelumnya. Banyak fitness mania yang menjagokan Kai. Namun seiring

performa otot Kai membaik, otot Phil pun juga berkembang makin sempurna. Hasilnya, Phil Heath kembali ditetapkan menjadi Mr. Olympia 2013, gelarnya yang ketiga berturut-turut. Jay Cutler yang kembali bertanding setelah absen tahun 2012 harus puas di posisi keenam. Diluar perkiraan, Dennis Wolf akhirnya berhasil masuk 3 besar. Sebelumnya ia tak pernah sama sekali masuk 3 besar sejak 6 kali keikutsertaan. Di kelas 212 Showdown, James Flex Lewis asal Wales, Inggris, kembali bertarung ketat dengan David Henry. Akhirnya Flex yang baru berusia 29 tahun, berhasil menyabet gelar 212 yang kedua kalinya. Yang mengejutkan, jawara 202 tiga kali, Kevin English, kembali bertanding setelah absen tahun lalu dan menyabet posisi ketiga. Sementara itu, kelas perdana Men’s Physique juga berlangsung ketat. Para peserta harus memperlihatkan otot yang estetis, proporsional, definisi secukupnya, tanpa terlihat terlalu kering atau besar. Mirip dengan syarat kelas Ultimate Body pada UBC di Indonesia. Dengan tinggi badan 180 cm dan berat 80 kg, akhirnya Mark Anthony Wingson asal Trinidad Tobago berhasil meraih posisi pertama. Di kategori wanita, rekor dunia pecah setelah Iris Kyle menjadi atlet binaraga (pria maupun wanita) pertama dalam sejarah yang berhasil meraih gelar Olympia kesembilan kalinya! Sementara di kelas Fitness Olympia, Adela Garcia ternyata masih menjadi yang terbaik sehingga kembali meraih gelar Olympia yang ke delapan kalinya di usia 41 tahun. Untuk kelas Figure Olympia, Nicole Wilkins meraih gelar Olympia untuk ketiga kalinya setelah sebelumnya juara di tahun 2009 dan 2011 berselang-seling dengan Erin Stern yang juara tahun 2010

dan 2012. Kelas perdana Women’s Physique berhasil dimenangkan pertama kalinya oleh Dana Linn Bailey asal Pennsylvania, AS, yang berotot proporsional, tidak terlalu besar atau terdefinisi, namun juga tidak terlihat lembek sehingga muskularitasnya sangat baik. Terakhir, kelas Bikini Olympia sukses dimenangkan oleh Ashley Kaltwasser asal Ohio, AS, yang terlihat seksi dan sempurna dengan rambut panjang dan pinggul yang memesona. Juara tahun lalu, Nathalia Melo harus puas di urutan keempat. Selain, kejuaraan diatas, event ini juga mempertandingkan beragam pertandingan seperti Powerlifting, Grappling, Strongest Man, Sumo, dan berbagai jenis cabang beladiri. Selain itu juga digelar seminar dan ekspo ratusan produk industri fitnes. Booth Ultimate Nutrition yang luas menyajikan berbagai games berhadiah seperti simulasi rodeo, high striker (permainan palu godam), mesin adu panco, dan masih banyak lagi. Ribuan goody bag juga dibagi-bagikan kepada para pengunjung. Selamat kepada para juara dan sampai bertemu kembali di Olympia 2014! (aan)

3. Kevin english4. Jose raymond5.EduardoCorrea6. Sami Al Haddad

Men’s Physique :1. Mark Anthony Wingson2. Jeremy Buendia3. Matt Acton4. Sadik Hadzovic5.JasonPoston6. Tyler Anderson

Ms. Olympia :1. Iris Kyle2. Alina Popa3. Debi Laszewski4. yaxeni Oriquen5.BrigitaBrezovac6. Juanita Blaino

Figure Olympia :1. Nicole Wilkins2. erin Stern3. Candice Keene4. Heather Dees5.Mallory

Haldeman6. Ann Titone

Fitness Olympia :1. Adela Garcia2. Oksana Grishina3. Tanji Johnson4. Myriam Capes5.BethanyCisternino6. Trish Warren

Women’s Physique :1. Dana Linn Bailey

2. Tycie Coppett3. Sara Hurrle4. Toni West5.PatriciaMello6. Jillian reville

Bikini Olympia :1. Ashley Kaltwasser2. yeshaira robles3. Stacey Alexander4. Nathalia Melo5.IndiaPaulino6. Amanda Latona

Hasil Lengkap :

Mr. Olympia :1. Phil Heath2. Kai Greene3. Dennis Wolf4. Shawn rhoden5.DexterJackson6. Jay Cutler

212 Showdown :1. James Flex Lewis2. David Henry

sportindo.com | November | 23

Women’s Fitness

Figure Olympia

Women’s Physique

Bikini Olympia

UN Booth

Page 24: TheMagazine Edisi Nov 2013

Featured Article

Anda sudah latihan dengan benar dan rutin namun massa otot belum maksimal berkembang? Cobalah merubah tempo repetisi latihan Anda lebih lambat dan rasakan bedanya!

Sebelumnya memang ada anggapan bahwa mengangkat beban dengan gerakan yang cepat akan merangsang serat-serat otot tipe 2 yang paling banyak berperan dalam pertumbuhan otot.

Jadi ketika otot berkontraksi, unit gerak serat-serat otot juga akan dilibatkan karena tekanan yang dihasilkan oleh otot. Sebelumnya bahkan dipercaya bahwa kita harus mengangkat beban secepat mungkin agar massa otot tumbuh lebih besar.

Slower reps = More Protein SynthesisNamun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa waktu atau tempo yang dibutuhkan oleh otot untuk bekerja mampu merangsang sintesis protein otot yang lebih besar daripada mengangkat beban secara tradisional. Jadi kita harus fokus pada kerja kontraksi otot daripada sekedar menyelesaikan repetisi secepatnya. Para peneliti di Kanada telah melakukan penelitian dengan para subyek yang dibagi atas dua kelompok untuk melakukan leg extension. Kelompok pertama disuruh mengangkat dan menurunkan beban dalam tempo 6 detik sementara kelompok hanya 1 detik. Hasilnya, kelompok yang melakukan angkatan selama 6 detik untuk satu kali repetisi mampu mensintesis protein lebih besar dari kelompok kedua. Bahkan sintesis protein tak hanya berlangsung setelah latihan tetapi hingga 30 jam setelah latihan. Dapat disimpulkan bahwa kontraksi atau tekanan otot yang fokus, perlahan, dan terkontrol mampu merangsang sintesis

otot lebih besar sehingga lebih efektif untuk meningkatkan massa otot.

Slower reps = Lighter WeightBeberapa penelitian mengenai latihan angkat beban dan pengaruhnya terhadap sintesis protein telah menunjukkan bahwa mengangkat beban sebanyak beberapa repetisi sampai failure dengan berat beban 30% dari 1RM (Repetisi Maksimum) mampu meningkatkan sintesis protein sama banyaknya dengan yang mengangkat berat beban 90% dari 1RM. Artinya, berat beban yang absolut bukan merupakan faktor utama yang menentukan pertumbuhan massa otot. Atau dengan kata lain, justru berapa lama waktu otot Anda mengalami kontraksi lebih efektif merangsang sintesis protein otot. Dengan level sintesis protein yang tinggi artinya pertumbuhan massa otot juga akan lebih cepat.

Slower reps = Better FormRepetisi dengan tempo lebih lamban dapat menjaga eksekusi gerakan yang benar karena mencegah terjadinya momentum gerakan. Momentum gerakan biasanya dialami ketika repetisi dilakukan dengan cepat sehingga beban asal dipelantingkan saja. Repetisi yang terlalu cepat berisiko menyebabkan repetisi menjadi asal sehingga eksekusi gerakan menjadi salah. Gerakan yang salah akan membuat target otot yang dilatih tidak tercapai dan bahkan menyebabkan cedera. Repetisi dengan tempo yang lebih lambat mampu

24 | sportindo.com | November

SLOW rePS VerSUS

FAST rePS

MANA yANGLeBIH CePAT MeMBeNTUK OTOT?

Page 25: TheMagazine Edisi Nov 2013

Featured Article

mengisolasi bagian otot secara optimal sehingga merangsang pertumbuhan massa otot dengan maksimal pula.

Pendapat Atlet ProfesionalPhil Heath: Squeezing the muscleJuara Olympia tiga kali Phil Heath telah menyatakan mengenai pentingnya metode squeezing the muscle (mengontraksikan otot secara fokus, perlahan, dan terkontrol dengan gerakan yang benar) dalam setiap repetisi latihannya. Phil menghindari gerakan latihan dengan cara asal memelantingkan beban untuk menyelesaikan repetisi.

Jay Cutler: Work the muscle, not the weightMr. Olympia empat kali, Jay Cutler juga memberikan kiat mengenai mind-muscle connection. Cutler mengatakan, “Jangan berpikir hanya mengangkat dan menurunkankan beban saja. Visualisasikan otot Anda menegang dan terbakar saat melakukan kontraksi. Kemudian tahan dan perlama saat ekstensi gerakan Anda.” Jay juga menambahkan, “Untuk memperkuat

sportindo.com | November | 25

mind-muscle connection, saya bahkan melakukan posing otot yang akan saya latih diantara set. Lakukan gerakan dengan insting Anda. Eksekusilah gerakan dengan cara yang mampu memberi tekanan seoptimal mungkin pada bagian otot. Fokuslah pada ototnya, bukan bebannya.”

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan• Lakukan perubahan tempo repetisi secara bertahap. Jangan langsung seketika berubah ke tempo repetisi lambat. Kombinasikan dulu repetisi lambat dan cepat sebelum sepenuhnya berlatih dengan tempo repetisi yang lambat.• Untuk hasil terbaik, terapkan latihan dengan tempo repetisi yang lamban pada jenis latihan untuk isolated muscle. Latihan untuk compound muscle dapat tetap memakai repetisi yang cepat.• Jangan mengurangi berat beban terlalu banyak. Pastikan otot tetap failure di akhir repetisi meskipun memakai tempo repetisi yang lambat dan beban yang lebih ringan.• Repetisi latihan dengan tempo yang lambat sangat bermanfaat untuk membangun massa otot dengan cepat dan optimal. Namun, untuk membangun kekuatan otot, tetap gunakan repetisi latihan dengan tempo yang cepat (responsif).

Selamat berlatih dan mencoba! (aan)

Page 26: TheMagazine Edisi Nov 2013

04. Bicycle Crunch

A

A

A

C

B

D

A

B

B

B

03. Mountain Climber

02. Barbell Side Bend

01. Barbell Ab rollout

26 | sportindo.com | November

AyO MeMBeNTUK PerUT SIXPACK DI GyM & DI rUMAH!Latihan abs atau latihan untuk otot perut bisa dilakukan di mana saja. Baik saat Anda latihan gym atau bahkan saat Anda di rumah sekali pun.

Berikut ini ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan di gym dan di rumah untuk membentuk perut sixpack idaman Anda. Dan jangan hanya beranggapan bahwa latihan yang Anda lakukan

semata-mata hanya untuk mendapatkan perut sixpack. Lebih dari itu, semua latihan yang Anda lakukan akan memberikan manfaat kesehatan jangka panjang dan membuat hidup Anda lebih berarti. Selamat berlatih!

Menu Latihan di Gym

1. Barbell Ab rolloutTahapan Pelaksanaan:

• Siapkan sebuah barbell dan letakkan di bawah Anda• Bungkukkan badan dan genggam barbell dengan kedua tangan• Saat membungkuk kedua kaki tetap lurus• Dorong barbell ke depan hingga Anda berada dalam posisi push up• Kembali ke posisi semula• Ulangi

2. Barbell Side BendTahapan Pelaksanaan:

• Genggam barbell dan tempatkan di belakang kepala• Usahakan posisi badan tegap dan tidak membungkuk• Tekuk tubuh Anda ke samping kiri perlahan• Tahan beberapa saat kemudian kembali ke posisi semula• Lakukan bergantian untuk sebelah kiri dan kanan

3. Cable Crunch

4. Decline reverse Crunch

Menu Latihan di rumah

1. Hip extension

2. Mountain ClimberTahapan Pelaksanaan:

• Posisikan tubuh seperti gerakan push up• Kedua tangan bertumpu pada lantai dan kaki kanan ditekuk ke depan• Tukar posisi kaki kiri dan kanan dengan cepat sehingga kaki kanan lurus ke belakang dan kaki kiri ditekuk ke arah tubuh• Ulangi

3. Bicycle CrunchTahapan Pelaksanaan:

• Posisi berbaring di lantai dengan tubuh lurus menempel pada lantai• Kedua tangan ditempatkan di samping kepala• Angkat kedua kaki sedikit ke atas• Tekuk kaki kiri dan kanan secara bergantian seperti mengayuh sepeda• Angkat kepala dan tubuh bagian atas dan arahkan siku kanan ke lutut kiri secara bergantian

4. Hip raise

Muscle

Page 27: TheMagazine Edisi Nov 2013

VITAMIN C & e, KOMBINASI HeBAT UNTUK

SeHAT SeTIAP SAATVitamin C dan vitamin e. Keduanya dikenal sebagai antioksidan yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Penelitian membuktikan bahwa kombinasi keduanya akan memberi manfaat yang jauh lebih hebat.

sportindo.com | November | 27

kuat sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, sekaligus melindungi kesehatan kulit Anda. Vitamin E dari Ultimate Nutrition mengandung semua komponen tocopherol seperti d-alpha, d-beta, d-delta dan d-gamma tocopherol yang menjadikannya sebagai suplemen Vitamin E terlengkap dan terbaik yang ada.

• 400 IU Vitamin E untuk memenuhi kebutuhan Vitamin E Anda setiap hari• Meningkatkan kekebalan tubuh Anda• Mencegah kanker, penyakit jantung, katarak, glukoma, Alzheimer, dan Parkinson• Melindungi kesehatan kulit dan mengurangi bekas luka di kulit Anda

Manfaat Kombinasi Vitamin C & Vitamin e dari Ultimate Nutrition:

• Membantu mencukupi kebutuhan vitamin C dan vitamin E harian Anda• Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit• Mempercepat pemulihan Anda pasca olahraga intensif maupun selama masa penyembuhan• Membantu meningkatkan kualitas sperma Anda• Membantu tumbuh kembang janin dan mencegah komplikasi kehamilan• Mengoptimalkan perlindungan bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda

Anjuran Pemakaian Kombinasi Vitamin C & Vitamin e dari Ultimate Nutrition:Konsumsilah 1 kaplet Vitamin C dan 1 softgel Vitamin E masing-masing satu kali sehari, setelah makan. Well, kini saatnya Anda berikan tubuh Anda perlindungan ekstra agar Anda senantiasa bugar, fit, dan sehat sepanjang hari! (dee)

SU

PP

LE

ME

NT

Vitamin C adalah vitamin larut air yang memiliki fungsi untuk membantu membentuk jaringan ikat, menjaga kesehatan pembuluh darah dan gusi, membantu penyerapan zat besi, dan sebagainya. Sedangkan

vitamin E, yang merupakan vitamin larut lemak, berperan untuk mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat, melindungi sel dari kerusakan akibat kanker, dan lain-lain. Para ahli merekomendasikan kombinasi suplementasi vitamin C dan vitamin E ini bagi Anda yang ingin lebih bugar dan sehat. Bagi fitnes mania dan Anda yang aktif berolahraga, kombinasi ini sangat cocok untuk meningkatkan daya tahan dan mempercepat pemulihan Anda pasca latihan. Bagi Anda kaum pria, kombinasi kedua vitamin ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas sperma. Sedangkan bagi para wanita, selain akan membuat kulit Anda menjadi lebih cantik, sehat, dan awet muda, kedua vitamin ini juga penting bagi ibu hamil untuk perkembangan janin dan mencegah komplikasi kehamilan dan persalinan. Nah, untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin Anda tersebut, Ultimate Nutrition menghadirkan Vitamin C Plus Calcium dan Vitamin E.

VITAMIN CKebutuhan vitamin C bagi tubuh tiap orang sangatlah berbeda-beda, bergantung pada usia, kesehatan dan gaya hidup. Bagi Anda yang punya kesibukan padat, aktif berolahraga, merokok, atau sering terkena polusi, kebutuhan Vitamin C Anda lebih banyak daripada orang lain. Vitamin C dari Ultimate Nutrition mengandung 826 mg vitamin C di tiap kapletnya yang diperkaya dengan kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi Anda.

• Menjaga daya tahan tubuh Anda• Mempercepat pemulihan Anda• Mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, kanker, dan katarak• Membantu mengurangi racun di dalam hati (liver)

VITAMIN eVitamin E adalah salah satu vitamin yang dikenal sebagai antioksidan yang

Page 28: TheMagazine Edisi Nov 2013

Minggu, 22 September 2013 yang lalu, putaran ketujuh dari gelaran UBC Roadshow 2013 selesai digelar. Bertempat di Aula Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang terletak

di Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Bandung, UBC Roadshow 2013 Seri 7 ini berlangsung dengan sukses. Diikuti oleh total 397 orang peserta yang terdiri dari 77 peserta untuk kategori All Season, 153 peserta untuk kategori The Ultimate Body, dan 167 peserta untuk kategori New Beginning, acara ini dimulai sejak jam 7:00 dan berakhir pada jam 19:00. Selain menyaksikan penampilan para peserta di atas panggung UBC, para penonton yang hadir juga dihibur dengan tarian daerah kontemporer yang disuguhkan oleh UPI Bandung, ditambah dengan guest poser dari team Ultimate Nutrition yaitu Farid Anshori dan Edeng Sambas, serta dari team Kembar Gym Bandung. Selamat dan sukses untuk para pemenang! (dee)

Daftar Juara:Daftar Juara Kategori All Season:• Juara I : Didin Samsudin (Ernola Gym, Rancaekek)• Juara II : Huri (Lapendos Gym, Jember – Jawa Timur)• Juara III : Dancil (Sixpack Gym, Jakarta)• Juara IV : Teuku Candra (Bhanoa Banjarbaru, Kalimantan Selatan)• Juara V : Marwan (Dadap Fitness Center, Tangerang)• Harapan I : Zaen (Arjuna Gym, Nganjuk – Jawa Timur)• Harapan II : M. Rahmat (Sixpack Gym, Jakarta)• Harapan III : Salim (TC Gym, Cimahi)• Harapan IV : Iwan Hermawan (CCS Indonesia, Bandung)• Harapan V : Bambang (Rimba Gym, Cimahi)• The Best Abdominal : Bambang (Rimba Gym, Cimahi)

Daftar Juara Kategori The Ultimate Body:• Juara I : Adi (My Gym, Malang)• Juara II : Imam Ibas (Agil Fitness Club, Bandung)• Juara III : Yanto (Flash Gym, Malang)• Harapan I : Wahab Ali (Lapendos Gym, Jember – Jawa Timur)• Harapan II : Mulyadi Martin (Riv-Q Gym, Tangerang)

Sebanyak 397 orang tercatat menjadi peserta dari gelaran UBC roadshow 2013 Seri 7 yang diselenggarakan di Kota Kembang, Bandung. Siapa saja yang menjadi jawaranya?

SerI 7 KOTA BANDUNG• Harapan III : Amin Arifin (Bali Generation, Bali)• The Best Abdominal : Imam Ibas (Agil Fitness Club, Bandung)

Daftar Juara Kategori New Beginning:• Juara I : Enggar Pratama (Riv-Q Gym, Tangerang)• Juara II : Rivky (Fitness City, Bandung)• Juara III : Astian Bagus S. (Ernola Gym, Bandung)• Harapan I : Diky Kusmawan (Golden Gym, Pangandaran)• Harapan II : Dheni Aditya Saputra (Sixpack Gym, Jakarta)• Harapan III : Rahman Hidayat (Cahaya Fitness Centre, Probolinggo)• The Best Abdominal : Rahman Hidayat (Cahaya Fitness Centre, Probolinggo)

28| sportindo.com | November

Events

Technical Meeting oleh Bp. Yudha

Para Tamu VIP

Technical Meeting oleh Bp. Ancak

Page 29: TheMagazine Edisi Nov 2013

Events

sportindo.com | November | 29

Performance dance Tari Jaipong

Guest Poser: Tim Kembar GymGuest Poser: Tim Kembar Gym

Berfoto bersama para Juara Kategori New Beginning

Berfoto bersama para Juara Kategori The Ultimate Body

Berfoto bersama para Juara Kategori All SeasonBerfoto bersama Gym Partisipant

Guest Poser: Ronnie Omero

Guest Poser: Edeng Sambas

Guest Poser: Iwan Eden

Penonton yang memadati Aula Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Peserta Kategori New Beginning sedang berpose

Peserta Kategori New Beginning sedang berpose

Peserta Kategori The Ultimate Body sedang berpose

Peserta Kategori The Ultimate Body sedang berpose

Peserta Kategori All Season sedang berpose

Peserta Kategori All Season sedang berpose

Page 30: TheMagazine Edisi Nov 2013

Kota kedelapan dari total 12 kota yang akan dikunjungi UBC Roadshow 2013 kali ini memilih Gedung Balai Budaya Samarinda, Jl. Kemakmuran No. 12, Samarinda, sebagai

tempat diselenggarakannya acara. Diikuti oleh total 274 peserta yang terdiri dari 63 peserta untuk kategori All Season, 89 peserta kategori The Ultimate Body, dan 122 peserta untuk kategori New Beginning, kompetisi ini berlangsung meriah sejak dibukanya pendaftaran pada jam 7 pagi waktu setempat, bahkan hingga acara berakhir pada jam 17:30 waktu setempat. Para peserta tak hanya datang dari Samarinda, namun juga dari berbagai daerah terutama di Kalimantan, seperti Balikpapan, Tenggarong, Banjarmasin, dan sebagainya. Setelah melalui proses seleksi dan penjurian, akhirnya diumumkanlah Reynaldi dari Samarinda sebagai peraih gelar Juara I untuk kategori New Beginning, Utha dari Balikpapan sebagai Juara II untuk kategori The Ultimate Body, dan Imam Sukardi sebagai Juara I untuk kategori All Season. Salut kepada para pemenang! (dee)

Daftar JuaraDaftar Juara Kategori New Beginning:• Juara I : Reynaldi (Benk Gym, Samarinda)• Juara II : Septyan Dwi (HBG Fitness, Banjarbaru)• Juara III : M.Fajri (Hendra Fitness Center, Samarinda)• Harapan I : Hendra (KONI, Samarinda)• Harapan II : Andrey (Antasari Fitness, Samarinda)• Harapan III : Juhamsyah (Tammy Studio, Balikpapan)• The Best Abdominal : Septyan Dwi (HBG Fitness, Banjarbaru)

Daftar Juara Kategori The Ultimate Body:• Juara I : Utha (Nano Gym, Balikpapan)• Juara II : Saryanto (Kukar, Tenggarong)• Juara III : M.Taufik (Hendra Fitness Center, Samarinda)• Harapan I : Muchlisin (Hendra Fitness Center, Samarinda)• Harapan II : Eko Fajar (Hendra Fitness Center, Samarinda)• Harapan III : Sety (Body n Fit Gym, Tenggarong)• The Best Abdominal : M.Taufik (Hendra Fitness Center, Samarinda)

Daftar Juara Kategori All Season:• Juara I : Imam Sukardi (Rumah Besar, Tenggarong)• Juara II : Teuku Candra (Banoa, Banjarbaru)• Juara III : Rizman Pratama (Hendra Fitness Center, Samarinda)• Juara IV : Wendy (Zen Fitness, Balikpapan)• Juara V : Herman (Body n Soul, Samarinda)• Harapan I : Aris Setiawan (Body n Soul, Samarinda)

Setelah sempat absen pada tahun 2012, Samarinda kembali menjadi tuan rumah atas gelaran UBC roadshow di tahun ini, pada Minggu, 6 Oktober 2013 silam.

SerI 8 KOTA SAMArINDA• Harapan II : Kurniawan (Benk Gym, Samarinda)• Harapan III : Abdul Rahman (Fitness Solution, Samarinda)• Harapan IV : Noval (Zen Fitness, Balikpapan)• Harapan V : Samsul B (Hendra Fitness Center, Samarinda)• The Best Abdominal : Aris Setiawan (Body n Soul, Samarinda)

30 | sportindo.com | November

Events

Stand Pendaftaran peserta

Lokasi Event UBC 2013 kota Samarinda

Stand Ultimate Nutrition

Stand Pendaftaran peserta

Stand Pendaftaran peserta

Page 31: TheMagazine Edisi Nov 2013

Events

sportindo.com | November | 31

Technical Meeting oleh Bp. Yudha Penonton yang memadati Gedung Balai Budaya Samarinda

Games untuk para penonton

Berfoto bersama para Juara Kategori New Beginning

Berfoto bersama para Juara Kategori The Ultimate Body

Berfoto bersama para Juara Kategori All SeasonBerfoto bersama Gym Partisipant

Guest Poser: Cornelis Amo

Guest Poser: Ken Watanabe

Peserta Kategori New Beginning sedang berpose

Peserta Kategori New Beginning sedang berpose

Peserta Kategori The Ultimate Body sedang berpose

Peserta Kategori The Ultimate Body sedang berpose

Peserta Kategori All Season sedang berpose

Peserta Kategori All Season sedang berpose

Page 32: TheMagazine Edisi Nov 2013

Events

32 | sportindo.com | November

Minggu, 6 Oktober 2013, untuk pertama kalinya di Kota Wisata Batu, Jawa Timur, sebuah ajang body contest telah diselenggarakan dengan sukses.

event bertajuk Hotel Kusuma Agrowisata Body Contest Vol. 1 Powered By UBC Xpress ini merupakan hasil kerjasama antara UBC dengan Hotel Kusuma Agrowisata, yang

mempertandingkan 2 kategori UBC yaitu New Beginning dan The Ultimate Body. Sebanyak 51 peserta untuk kategori New Beginning dan 32 peserta untuk kategori The Ultimate Body tampil di hadapan para juri dan penonton yang memadati Hall Amarilis, Hotel Kusuma Agrowisata, Batu. Meski sempat membuat para juri sedikit kerepotan selama proses seleksi, persaingan yang ketat di antara para peserta akhirnya harus diakhiri dengan diumumkannya nama Abimata dari Flash Gym Malang sebagai Juara I untuk kategori New Beginning dan Gusty Tan dari My Gym Malang sebagai Juara I untuk kategori The Ultimate Body. Selamat kepada para pemenang! (dee)

Daftar Juara Kategori New Beginning:• Juara I : Abimata Dwi Wahyu (Flash Gym, Malang)• Juara II : Brownie (Profit Gym, Jember)• Juara III : Hendy Setiawan (Prayers, Malang)• Harapan I : M. Sholeh (Fitness Story, Malang)• Harapan II : Pungguh Sana Samudra (Flash Gym, Malang)• Harapan III : Syaiful Arif (Joffa Gym, Jember)• The Best Abdominal : M. Sholeh (Fitness Story, Malang)

Daftar Juara Kategori The Ultimate Body:• Juara I : Gusty Tan (My Gym, Malang)• Juara II : Adi (My Gym, Malang)• Juara III : Anas (My Gym, Malang)• Harapan I : Yulianto Dwi Permana (Kusuma Agro Gym, Batu)• Harapan II : Rieski Nurul Alim (Master Gym, Pamekasan)• Harapan III : Lihin CCS (CCS, Malang)• The Best Abdominal : Lihin CCS (CCS, Malang)

Page 33: TheMagazine Edisi Nov 2013

Kompetisi lari tahunan se-Asia Tenggara, adidas King of the Road (KOTR) telah digelar pada 29 September 2013 yang lalu. Sebanyak lebih dari 3.500 pelari membanjiri BSD Green

Office Park, Tangerang, untuk bertanding dalam 4 kelas utama dan 3 kelas tambahan. Sebelumnya, pendaftaran event ini telah habis terjual dalam 2 minggu saja. Dua pelari dari Kenya, Onesmus Muindi dan Aan Njihia, masing-masing berhasil meraih juara pertama untuk kelas 16,8 km terbuka pria dan wanita dengan catatan waktu 54,47 menit dan 63,01 menit. Sementara itu dua pemenang dari kategori 16,8km tertutup khusus WNI yaitu Agus Prayogo dengan catatan waktu 56,44 menit dan Novita Andriyani dengan catatan waktu 66,29 menit ikut serta dikirim bertanding di Grand Final adidas KOTR 2013 di Kuala Lumpur pada 20 Oktober 2013 yang diikuti 11 ribu pelari dari seluruh dunia. Hasilnya, Agus Prayogo harus puas di urutan tiga dengan catatan waktu 54,30 menit. (aan)

De Chef Culinary Center Bogor kembali mengadakan Healthy Cooking Class (HCC) pada 3 November 2013 yang lalu. Selama 4 jam diberikan materi mengenai Healthy Food

Concept, Weight Management, Menghitung Kebutuhan Kalori Harian, dan Menghitung Kandungan Gizi Pada Makanan. Para peserta diajarkan bagaimana menyusun menu sehat sehari-hari dan teknik memasak sehat, mudah, bergizi, dan enak. Menu kali ini yaitu chicken steamed with garlic sauce dan green beans saute with lime and honey. Peserta juga diajarkan membuat cake beras merah yaitu honey cappucino red rice steamed cake. Para peserta lalu mengolah bahan makanannya sendiri yang sudah disiapkan sesuai kebutuhan kalori dan porsi yang direkomendasikan. Setelah selesai, peserta menikmati masakannya bersama rainbow rice (campuran beras merah, hitam, coklat, dan putih) yang diperoleh di De Vieni Premium Rice, Tea & Coffee. Diharapkan para peserta dapat membuat makanan sehat untuk dirinya sendiri atau keluarga. Acara ini didukung oleh Duniafitnes.com, Sportindo.com the Magz, Healthy Bites, dan DeVieni Premium Rice, Tea & Coffee. Healthy Cooking Class berikutnya akan dilaksanakan pada 14 Desember 2014 dengan tema Diabetes. Bagi yang berminat dapat menghubungi [email protected]. Healthy Cooking Class. Understand Nutrition and Cook Your Own Healthy Food.(aan)

adidas kiNG of The road 2013

WeiGhT MaNaGeMeNT:Masak sehaT di healThy CookiNG Class V

sportindo.com | November | 33

Events

Page 34: TheMagazine Edisi Nov 2013

GymProfile

Dengan mengusung moto “Fit and fun, healthy and happy, clean and cheap”, Six Pack Gym menawarkan konsep pusat kebugaran untuk membentuk tubuh yang fit dengan suasanya

fun, membantu member tetap healthy dan happy di ruangan yang clean dengan biaya yang cheap. Gym milik Ibu Heny ini menyediakan kelas fitnes dengan peralatan latihan angkat beban dan kardio yang lengkap dan modern dengan dukungan personal trainer dan instruktur terlatih dan berpengalaman. Six Pack Gym juga menyediakan kelas senam aerobik, yoga, body language, tai chi, hypnotherapy, chi kung, tae kwon do, aikido, karate, dansa, balet, dan bahkan menggambar. Tersedia juga fasilitas kantin dengan makanan dan minuman sehat termasuk berbagai suplemen yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung olahraga fitnes. Biaya membership di Six Pack Gym sangat terjangkau. Cukup membayar 120 ribu rupiah untuk pelajar atau 150 ribu rupiah untuk umum serta uang pendaftaran 30 ribu rupiah, member sudah bisa berlatih selama sebulan penuh. Untuk jasa personal trainer cukup membayar 300 ribu rupiah untuk 5 kali pertemuan atau 500 ribu rupiah untuk 10 kali pertemuan. Jadi, segera kunjungi Six Pack Gym di Jl. Ceger Raya No. 49A, Pondok Aren, Tangerang Selatan, telepon (021) 7352040 atau (021) 99939696. Buka setiap Senin-Sabtu jam 07:00-22:00 dan Minggu/hari libur jam 08:00-20:00. (aan)

Siapa tak kenal Uus Muh Yusuf? Atlet binaraga nasional asal Tasikmalaya yang belum lama ini menyabet medali perak kejuaraan Mr. Asia 2013 di Vietnam. Demi mengembangkan

olahraga fitnes, Uus mendirikan Hercules Gym & Sport Center. Sebelumnya, ia sudah membuka gym di daerah Singaparna, namun gym baru yang dibuka sejak Januari 2010 ini lebih luas, lokasi lebih strategis, dan dekat dengan pemukiman penduduk. Hercules Gym menyediakan peralatan latihan angkat beban yang lengkap termasuk alat-alat latihan kardio seperti treadmill dan stationary bike. Dua orang personal trainer dan instruktur yaitu Sdr. Sunsun dan Itang siap memandu para member berlatih dengan benar dan efektif. Menurut Kang Uus, para member akan mendapat pelayanan yang memuaskan seperti konsultasi gratis kepada dirinya atau para instruktur. Bahkan member yang baru pertama kali latihan akan dipandu selama 1-3 hari pertama. Cukup membayar 60 ribu rupiah saja tanpa biaya pendaftaran alias gratis, Anda sudah bisa berlatih selama sebulan penuh di Hercules Gym. Untuk jasa personal trainer, member cukup membayar 250 ribu rupiah/bulan (3 kali seminggu). Jadi, tunggu apa lagi, segeralah bergabung dengan Hercules Gym yang berlokasi di Jl. Jl. Bebedilan, Gunung Koneng no. 27, Kota Tasikmalaya, telepon 081323291595. Buka setiap hari non stop dari jam 08:00-22:30 WIB. (aan)

34 | sportindo.com | November

six PaCk GyMPondok aren, Tangerang selatan

herCulesGyM & sPorT CeNTerkota Tasikmalaya

Page 35: TheMagazine Edisi Nov 2013
Page 36: TheMagazine Edisi Nov 2013