teknik mengajar speaking

Download Teknik Mengajar Speaking

Post on 31-Oct-2015

1.687 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Teknik Mengajar Speaking - What is It?

.Teknik mengajar speaking - what is it?ini diperkenalkan Nation, seorang professor ahli pengajaran bahasa Inggris. Teknik ini sangat cocok bagiguru bahasaInggris yang sedang mengajarkan materidescribing things.Biasanya, materi tersebut berbarengan dengan materireadingdanwritingdescriptive text.

Untuk membuat teknik ini sukses, tentu ada prosedur yang harus dijalankan oleh seorang guru. Agar lebih singkat, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan :

Guru menulis beberapa kalimat di papan tulis. Kalimat-kalimat tersebut harus menggambarkan seseorang atau suatu benda. Misalnya :

It isthin. It isblack. It hasmany teeth. It ismade of plastic. We can find itnear a mirror. It costsa dollar. Everybodyuses it. It is used forcombing your hair. What is it?

Setelah itu, guru meminta para siswa untuk mengubah kalimat-kalimat tersebut agar bisa menggambarkan / menjelaskan hal-hal lain. Saat seorang guru mengajarkan teknik ini, ia harus memiliki banyak cadangan kata benda yang bisa menjadi contoh. Misalnya memberikan contohjarum / a needle.

It is thin It is silver It has a sharp point. It is made of steel. We can find it in our house. It costs ten cents. (bisa diganti rupiah / mata uang lainnya) You need good eyes to use it. It is used for sewing things. What is it?

Setelah dirasa cukup, kemudian guru memberikan satu nama benda, misalnya sajaa pen = pena,lalu siswa disuruh menjelaskannya seperti contohrancangandi atas. Bila perlu, guru bisa menambahkandeskripsitambahan untuk kataa pentersebut agar siswa semakin mudah membuatnya.

Saat siswa sudah bisa mengikutirancanganini, teknik What is It ini bisa dijadikan sebuah permainan di dalam kelas. Satu siswa memberikan gambaran satu benda, dan yang lainnya menebak benda apakah itu?

Ketika semua siswa sudah sangat menguasai teknik ini, mereka bisa menambahkan beberapa kalimat tambahan yang belum tertera padabagandi atas.

Intinya,teknik What is it?ini memiliki fitur-fitur sebagai berikut :

1. Learners can be prepared for the activity by learning and practicing a small number of sentence patterns.2. Communication is important because the activity has an outcome that depends on successful communication.3. The learners can do the activity with each other in a form of pair and group work.4. Learners can make change to the activity so that the outcome is not completely predictable.

Mungkinandayang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris lebih tahu tentang membuat sebuah materi pelajaran semakin menarik. Namun, jika pelajaran speaking masih terasa membosankan, mungkin teknik ini bisa digunakan. Silahkan dicoba... :)

Referensi :

Nation, I.S.P and Newton, Jonathan. 2009.Teaching ESL/EFL Listening and Speaking.London and New York: Routledge.

BELAJAR SPEAKING YUCK!!!

Ada cara cepat Untuk berbicara mudah berbahasa Inggris, tidak ada yang instan.. semua ada proses nya. Beberapa waktu lalu saya diundang untuk memberikan presentasi tentang teknik pengajaran conversation di Indramayu. Hampir semua pesertanya adalah lulusan pare yang terkenal itu. Ketika saya berdialog bagamana cara belajar di kampung pare, saya sedikit tersenyum kenapa harus jauh-jauh ke Pare jika anda bisa membuatnya di sekolah anda? saya katakan kepada peserta pelatihan. Ikuti pelatihan saya, maka anda akan melihat siswa-siswi anda berbicara bahasa Inggris dengan baik dalam waktu yang tidak lama.

Benar saja, setelah pelatihan, hampir semua peserta terkejut.. dengan fakta bahwa yang mereka terima selama nyantren di pare hanya merupakan dasar teknik penguasaan, bagian terkecil dari materi pelatihan yang saya berikan. Akhirnya, mereka pun sharing banyak hal tentang pengajaran speaking khususnya yang berkaitan dengan conversation.

Teknik pertama guided speaking adalah dengan penekanan kepada pronunciation and limited speaking dengan clue-clue atau track yang telah direncanakan terlebih dahulu. Teknik kedua yaitu responsive speaking. ingat, kemampuan berbicara dapat distimulasi dari bacaan (berbahasa Inggris), dan bacaan sangat kaya dengan vocabualary dan struktur bahasa. Dalam teknik kedua ini, kemapuan berbicara siswa muncul dengan stimulasi bacaan ini. Teknik ketiga yaitu productive speaking. Berbicara dengan wacana yang luas dalam teknik ini merupakan tujuan utamanya, tapi, hanya dapat diperoleh apabila siswa telah menguasai kemampua speaking dari teknik pertama dan kedua telah dipamahami dan dikuasai dengan baik.Ketiga teknik pengajaran tersebut sangat sesuai dengan kondisi kelas kecil ataupun kelas besar, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengajarkan speaking untuk jumlah siswa dengan jumlah 40 dalam sebuah ruang kelas. Ketiga teknik tersebut merupakan hasil penelitian dan observasi yang saya lakukan semenjak tahun 2002, dan saya kembangkan ketika saya mulai mendalami teknik pengajaran speaking ketika mengajarkan mata kuliah TEFL di sebuah universitas di Jakarta. Hasil nya cukup memuaskan, dan rasa puas melihat siswa kita cas cis cus dalam bahasa Inggris.

PENILAIAN SPEAKINGKemampuan berbicara (speaking) dalam pelajaran bahasa Inggrismerupakan kemampuan yang hampir sama sulitnya dirasakan oleh sebagian besar siswa di sekolah.Kesulitan speaking biasanya disebabkan:

1. Sulitnya mengungkapkan ide secara lisan. Sehingga siswa bingung untuk berbicara.2. Terbatasnya kosakata (vocabulary), sehingga siswa sulit berbicara lancar dan lama.3. Terbatasnya kemampuan tata bahasa (grammar). Sehingga sulit berbicara dengan aturanyang benar.4. Terbatasnya melafalkan kata-kata (pronounciation). Sehingga sulit mengucapkan kata yangdiucapkannya dengan benar.5. Kurangnya keberanian untuk berbicara karena takut salah.

Tekhnis pelaksanaan speaking dapat mencoba sbb:a. Terlebih dahulu menerangkan semua hal yang berkaitan dengan drama. Mulai dari caramembuat naskah, setting panggung, dll.b. Membagi siswa dalam kelompok. Setiap kelompoknya terdiri atas 5-6 orang secaraheterogen berdasarkan kemampuan.c. Setiap kelompok di tugaskan membuat drama yang temanya bebas, dan durasi dramamaksimal 10 menit. Serta setiap anak dialognya minimal 5 dialog.Masing-masing kelompok setiap minggunya harus berkonsultasi tentang hasil tulisannya.Naskah yang sudah di konsultasikan dan diperiksa oleh guru, dikembalikan pada siswa untukdiperbaiki dan di tulis ulang.Penilaian speaking dilakukan secara individual dengan aspek-aspek penilaian:*. Intonasi (intonation)*. Pengucapan (pronounciation)*. Tata bahasa (grammer)*. Kelancaran bicara (fluency), dan*. Gaya bicara (diction).

*Memulai BalajarSpeaking*1. Mengadopsi Filosofi BayiBelajarspeakingpada dasarnya adalah kita belajar untuk berbicara. Seperti halnya bayi yang baru lahir kedunia, dia merasa asing tetapi memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tak kenal menyerah,tidakpunya rasa2. Belajar Tata Bahasa Adalah Urusan ke-99Masih berkaca pada bagaimana anak kecil yang memulai belajar berbicara. Ketika belajar berbicara, mereka berusaha agar bicaranya bisa di pahami oleh orang yang ada di sekiatarnya. mereka tidak tahu apa itugrammar,kata kerja, objek, pradikat, kalimat pasif, dll. Seperti itulah ketika kita mengawali belajarspeaking,Tata bahasa tidak perlu di permasalahkan secara berlebih, mulailah berbicaralah meskipun tata bahasanya lumayan kacau. Hal yang perlu ditekankan adalahbagaimana orang lain bisa mengerti bahasa inggris kita. kalau melakukan kesalahangrammaryang sangat fatal, maka orang di sakitar kita pasti akan mengorksinya.3. Memperbanyak Perbendaharaan KataSemua orang pasti setuju dengan cara ini. sabab kalau kosa kata kita kurang maka yang terjadi adalah kebingungan akan kata apa yang harus keluar dari mulut kita.dan akhirnya yang keluar adalah bahasa isyarat. Untuk memperbanyak perbendaharaan kata bisa dimulai dengan mengenal benda-benda disekitar kita. mulailah ucapkan segala benda yang ada di lingkungan rumah, kampus/sekolahan, terminal,stasiun, pasar, sawah,tegalan, dan lingkungan lain yang lebih jauh dari otak kita. setelah mengenali, selanjutnya ketika melihat sebuah benda cobalah untuk mengaitkan dengan benda-benda lainya. misal ketika kita melihat korden, pikirkan dan berbicaralah tentang bahan korden,alat yang digunakan untuk membuat korden, apa motif korden tersebut dan lain sebagainya.

4. Menonton Film dan Mendengarkan Lagu Berbahasa InggrisBagi pecinta film dan musik pasti senang akan kabar ini. Dengan menonton film dan mendengarkan musik berbahasa inggris secara tidak langsung kita pun belajarspeaking.asalkan melakukan ini disertai dengan usaha menerjemahkan isinya, sebenarnya kita mendapatkan pelajaran yang sangat banyak. kita bisa belajar logatnya dan dengan membandingkan percakapan antara pemainya dengan teks (subtitle) maka kitapun belajar menerjemahkan sesuai konteksnya,bukan menerjemahkan perkata.5. Buatlah English Area atau English Daykarena kita belajar Speaking, maka komunikasi verbal antar personal harus dilakukan. Buatlah kelompok bersama teman-teman dekat untuk berbicara dengan bahasa inggris. bisa di sepakati dimanapun itu, baik di kosan, kampus maupun di warkop.berbicaralah dengan tema bebas tanpa dibatasi. dan lakukan tanya jawab secara alamiah (seperti kasaharian).Yang perlu diperhatikan adalah usahakan dalam satu kelompuk tersebut tidak terlalu banyak personil (idealnya 4-6 orang), dengan ini maka semua orang didalamnya akan terlibat berbicara tanpa ada yang jadi penonton.6. Berbincang dengan Turis AsingInilah yang kita jadikan evaluasi belajarspeakingkita. sering-seringlah untuk ngobrol dengan Turis Asing yang kesehariannya memang menggunakan bahasa ingrris.OrangBuleini bisa banyak di jumpai di tempat-tempat wisata terkenal. Apabila turis tersebut memahami benar apa yang kita ucapkan bararti ini pertanda baik. dan selain untuk evaluasi perkembanganspeakingkita, secara tidak langsung kita juga belajar logat berbicaraEnglish

Teknik mengaja