rpp b inggris 2013-2014

25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : X/2 Mata Pelajaran : Bahasa Inggris-Wajib Topik : Waktu : 8 × 45 menit (4 Pertemuan) A. Kompetensi Inti SMA kelas X: 1.Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.. 4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. B. Kompetensi Dasar 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman. 2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya. Indikator:

Upload: juvrianto-chrissunday-jakob

Post on 16-Apr-2017

58 views

Category:

Education


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: RPP B inggris 2013-2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : X/2Mata Pelajaran : Bahasa Inggris-Wajib Topik : Waktu : 8 × 45 menit (4 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti SMA kelas X: 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong

royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi

dengan guru dan teman.2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam

melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif

sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.Indikator:1. Menjelaskan fungsi sosial teks deksriptif tentang orang, tempat wisata, dan

bangunan bersejarah terkenal.2. Menjelaskan struktur teks deksriptif tentang orang, tempat wisata, dan bangunan

bersejarah terkenal.3. Menjelaskan unsur kebahasaan teks deksriptif tentang orang, tempat wisata, dan

bangunan bersejarah terkenal.4.9 Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan

bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.Indikator:1. Menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana tentang seseorang yang dikenal.2. Menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata yang

dikenal.3. Menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara tentang bangunan

bersejarah yang dikenal.

Page 2: RPP B inggris 2013-2014

C. Tujuan PembelajaranMelalui kegiatan kelompok, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan sikap santun, jujur dan mandiri serta:1. Menjelaskan dengan santun dan percaya diri fungsi sosial teks deksriptif tentang

orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.2. Menjelaskan dengan santun dan percaya diri struktur teks deksriptif tentang orang,

tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.3. Menjelaskan dengan santun dan percaya diri unsur kebahasaan teks deksriptif

tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal khusunya penggunaan bentuk-bentuk kata benda, kata sifat, kata kerja dan keterangan serta bentuk kalimat nominal dan verbal sederhana dengan menggunakan pola kalimat present.

4. Menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara mandiri dan jujur tentang seseorang yang dikenal dengan menggunakan bentuk kata benda, sifat, kerja, keterangan dalam kalimat nominal dan verbal berbentuk present.

5. Menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara mandiri dan jujur tentang tempat wisata yang dikenal dengan menggunakan bentuk kata benda, sifat, kerja, keterangan dalam kalimat nominal dan verbal berbentuk present.

6. Menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara mandiri dan jujur tentang bangunan bersejarah yang dikenal dengan menggunakan bentuk kata benda, sifat, kerja, keterangan dalam kalimat nominal dan verbal berbentuk present.

D. Materi Pembelajaran 1. Contoh Teks Deskrptif

Panda

Because of its size and strength, a panda is a potentially frightful and awesome beast. But its clumsy and uncoordinated ways make it an awkward and defensive creature. It fumbles along, pigeon-toed, in an ungraceful, diagonal walk. It is rarely urged from this lumbering pace. Only a young panda, or a panda in desperate flight, will venture to climb a tree. And once it has reached the top, it becomes an even greater task to get down.

Despite its aloof manner and clumsiness, the giant panda has won a reputation as a loving and adorable creature. With its big, furry head, gentle, flat face, and dark-ringed, sad, eyes, the giant panda is irresistible. Its lopsided movements and its timidity have endeared it to countless friends and admirers at zoos around the world.

(Adapted from Lado English Series No.6, p.111)

Identification/Definition

Description (Habitat)

Description (Physical and Behaviour)

2. Bentuk-bentuk kataNoun Verb Adjective Adverb

NeighborMosqueClasroom Man

Work Get Study Provide

SmartCleanBigDiligent

HardHereThere

Page 3: RPP B inggris 2013-2014

3. Bentuk Kalimat- Kalimat Nominal (present)

Contoh:She is very diligent.My neighbor is a smart man.Rudi is in the classroom.The mosque is very big and clean.

- Kalimat Verbal (present)Contoh:She always works hard.My neighbor gets a certificate of honour from the university.Rudi studies English with his classmates in the classroom.The mosque provides many facilities.

E. Model/Metode Pembelajaran Pendekatan : Saintifik (scientific). Model : Pembelajaran koperatif (cooperative learning) Metode : Diskusi Kelompok Kecil

F. Alat/Media/Sumber Pembelajaran 1. Beberapa contoh teks deskriptif dalam buku atau lembar kerja (siswa) 2. Bahan tayang3. Lembar penilaian

G. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan ke-1

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu

Pendahuluan 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami bentuk dan fungsi teks deskriptif dan memberikan gambaran tentang penerapan dan penggunaan teks deskriptif dalam kehidupan sehari-hari.

2. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak untuk menggambarkan secara lisan keadaan lingkungan kelas atau salah satu obyek yang menarik dalam ruang kelas.

3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menjelaskan fungsi sosial teks berbentuk deskriptif serta menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara mandiri dan jujur tentang seseorang yang dikenal dengan menggunakan bentuk kata benda, sifat, kerja, keterangan dalam kalimat nominal dan verbal berbentuk present.

10 menit

Inti MENGAMATI 70 menit

Page 4: RPP B inggris 2013-2014

1. Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang.

2. Peserta didik membaca secara saksama dan teliti contoh teks deskriptif yang diberikan/ditayangkan.

3. Peserta didik secara berkelompok menentukan jenis kata yang terdapat dalam teks dimana setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing satu jenis kata (mis. Peserta didik A mencari kata khusus dengan jenis kata kerja)

MENANYA 4. Anggota kelompok yang kurang memahami cara

melaksanakan tugas dapat bertanya kepada anggota kelompoknya.

5. Setelah kelompok selesai dengan tugasnya, masing-masing anggota kelompok saling menjelaskan kepada masing-masing anggota kelompoknya tentang materi yang dikerjakan secara mandiri.

6. Anggota kelompok yang merasa ragu dapat bertanya kepada anggota kelompok lain yang memiliki tugas yang sama dengan tugasnya.

MENGUMPULKAN INFORMASI (MENGEKSPLORASI) 7. Setiap kelompok kemudian memperhatikan

kembali teks sumber dan membaca dengan teliti kata serta memahami penggunaan kata dalam konteks kalimat dalam teks yang diberikan.

8. Setiap peserta didik menuliskan kembali beberapa kalimat nominal sederhana dan beberapa kalimat verbal sederhana dari dalam teks

MENGASOSIASIKAN 9. Peserta didik menulis ungkapan kalimat lain

(verbal dan nominal) yang tidak bersumber dari teks tetapi menggunakan kata yang bersumber dari teks berdasarkan pola kalimat yang mereka peroleh.

10. Peserta didik secara mandiri menyusun paragraf sederhana yang terdiri dari 4 – 5 kalimat yang menggambarkan seseorang yang mereka kenal.

MENGKOMUNIKASIKAN 11. Hasil tulisan peserta didik dibacakan di depan

kelas yang dipilih secara acak.12. Kesalahan penggunaan kata dan struktur bahasa

dibahas secara bersama di dalam kelas.Penutup 1. Peserta didik secara bersama-sama membuat 10 menit

Page 5: RPP B inggris 2013-2014

kesimpulan terhadap materi yang dibahas. 2. Guru memberikan tugas PR dalam bentuk

menyusun karangan deskriptif yang menggambarkan seseorang dalam kelas atau keluarga peserta didik dengan menggunakan minimal 10 kalimat dan maksimal 20 kalimat.

3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

Pertemuan ke-2Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi

WaktuPendahuluan 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya

memahami bentuk dan fungsi teks deskriptif dan memberikan gambaran tentang penerapan dan penggunaan teks deskriptif dalam kehidupan sehari-hari.

2. Peserta didik dan guru membahas materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yang diambil dari tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik dan dikoresi oleh guru.

3. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak untuk menggambarkan secara lisan keadaan lingkungan lokal atau salah satu obyek yang menarik dalam ruang kelas.

4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menjelaskan dengan santun dan percaya diri struktur teks deksriptif tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara mandiri dan jujur tentang tempat wisata yang dikenal dengan menggunakan bentuk kata benda, sifat, kerja, keterangan dalam kalimat nominal dan verbal berbentuk present.

10 menit

Inti MENGAMATI 1. Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa

kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang.2. Peserta didik membaca secara saksama dan teliti

contoh teks deskriptif yang diberikan/ditayangkan dengan tema tempat wisata.

3. Peserta didik secara berkelompok menentukan jenis kata yang terdapat dalam teks dimana setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing satu jenis kata (mis. Peserta didik A mencari kata khusus dengan jenis kata kerja). Peserta didik yang pada pertemuan sebelumnya bertugas mencari jenis kata tertentu, harus mencari jenis kata yang lain

70 menit

Page 6: RPP B inggris 2013-2014

yang tidak sama dengan tugasnya pada pertemuan sebelumnya.

MENANYA 4. Anggota kelompok yang kurang memahami cara

melaksanakan tugas dapat bertanya kepada anggota kelompoknya.

5. Setelah kelompok selesai dengan tugasnya, masing-masing anggota kelompok saling menjelaskan kepada masing-masing anggota kelompoknya tentang materi yang dikerjakan secara mandiri.

6. Anggota kelompok yang merasa ragu dapat bertanya kepada anggota kelompok lain yang memiliki tugas yang sama dengan tugasnya.

MENGUMPULKAN INFORMASI (MENGEKSPLORASI) 7. Setiap kelompok kemudian memperhatikan

kembali teks sumber dan membaca dengan teliti kata serta memahami penggunaan kata dalam konteks kalimat dalam teks yang diberikan.

8. Setiap peserta didik menuliskan kembali beberapa kalimat nominal sederhana dan beberapa kalimat verbal sederhana dari dalam teks

MENGASOSIASIKAN 9. Peserta didik menulis ungkapan kalimat lain

(verbal dan nominal) yang tidak bersumber dari teks tetapi menggunakan kata yang bersumber dari teks berdasarkan pola kalimat yang mereka peroleh. Kalimat yang ditulis diupayakan merujuk pada tema tempat wisata.

10. Peserta didik secara mandiri menyusun paragraf sederhana yang terdiri dari 5 – 10 kalimat yang menggambarkan tentang sebuah tempat wisata yang mereka kenal atau pernah dikunjungi.

MENGKOMUNIKASIKAN 11. Hasil tulisan peserta didik dibacakan di depan

kelas yang dipilih secara acak.12. Kesalahan penggunaan kata dan struktur bahasa

dibahas secara bersama di dalam kelas.Penutup 1. Peserta didik secara bersama-sama membuat

kesimpulan terhadap materi yang dibahas. 2. Guru memberikan tugas PR dalam bentuk

menyusun karangan deskriptif yang menggambarkan seseorang dalam kelas atau keluarga peserta didik dengan menggunakan minimal 15 kalimat dan maksimal 25 kalimat.

10 menit

Page 7: RPP B inggris 2013-2014

3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

Pertemuan ke-3Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi

WaktuPendahuluan 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya

memahami bentuk dan fungsi teks deskriptif dan memberikan gambaran tentang penerapan dan penggunaan teks deskriptif dalam kehidupan sehari-hari.

2. Peserta didik dan guru membahas materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yang diambil dari tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik dan dikoresi oleh guru.

3. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak untuk menggambarkan secara lisan keadaan lingkungan lokal atau salah satu obyek yang menarik dalam ruang kelas.

4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menjelaskan dengan santun dan percaya diri unsur kebahasaan teks deksriptif tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal khusunya penggunaan bentuk-bentuk kata benda, kata sifat, kata kerja dan keterangan serta bentuk kalimat nominal dan verbal sederhana dengan menggunakan pola kalimat present serta menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara mandiri dan jujur tentang bangunan bersejarah yang dikenal dengan menggunakan bentuk kata benda, sifat, kerja, keterangan dalam kalimat nominal dan verbal berbentuk present.

10 menit

Inti MENGAMATI 1. Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa

kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang.2. Peserta didik membaca secara saksama dan teliti

contoh teks deskriptif yang diberikan/ditayangkan dengan tema bangunan bersejarah.

3. Peserta didik secara berkelompok menentukan jenis kata yang terdapat dalam teks dimana setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing satu jenis kata (mis. Peserta didik A mencari kata khusus dengan jenis kata kerja). Peserta didik yang pada pertemuan sebelumnya bertugas mencari jenis kata tertentu, harus mencari jenis kata yang lain yang tidak sama dengan tugasnya pada pertemuan

70 menit

Page 8: RPP B inggris 2013-2014

sebelumnya.

MENANYA 4. Anggota kelompok yang kurang memahami cara

melaksanakan tugas dapat bertanya kepada anggota kelompoknya.

5. Setelah kelompok selesai dengan tugasnya, masing-masing anggota kelompok saling menjelaskan kepada masing-masing anggota kelompoknya tentang materi yang dikerjakan secara mandiri.

6. Anggota kelompok yang merasa ragu dapat bertanya kepada anggota kelompok lain yang memiliki tugas yang sama dengan tugasnya.

MENGUMPULKAN INFORMASI (MENGEKSPLORASI) 7. Setiap kelompok kemudian memperhatikan

kembali teks sumber dan membaca dengan teliti kata serta memahami penggunaan kata dalam konteks kalimat dalam teks yang diberikan.

8. Setiap peserta didik menuliskan kembali beberapa kalimat nominal sederhana dan beberapa kalimat verbal sederhana dari dalam teks

MENGASOSIASIKAN 9. Peserta didik menulis ungkapan kalimat lain

(verbal dan nominal) yang tidak bersumber dari teks tetapi menggunakan kata yang bersumber dari teks berdasarkan pola kalimat yang mereka peroleh. Kalimat yang ditulis diupayakan merujuk pada tema tempat wisata.

10. Peserta didik secara mandiri menyusun paragraf sederhana yang terdiri dari 5 – 10 kalimat yang menggambarkan tentang sebuah bangunan bersejarah yang mereka kenal atau pernah dikunjungi.

MENGKOMUNIKASIKAN 11. Hasil tulisan peserta didik dibacakan di depan

kelas yang dipilih secara acak.12. Kesalahan penggunaan kata dan struktur bahasa

dibahas secara bersama di dalam kelas.Penutup 1. Peserta didik secara bersama-sama membuat

kesimpulan terhadap materi yang dibahas. 2. Guru memberikan tugas PR dalam bentuk

menyusun karangan deskriptif yang menggambarkan seseorang dalam kelas atau keluarga peserta didik dengan menggunakan minimal 15 kalimat dan maksimal 25 kalimat.

10 menit

Page 9: RPP B inggris 2013-2014

3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

Pertemuan ke-4Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi

WaktuPendahuluan 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya

memahami bentuk dan fungsi teks deskriptif dan memberikan gambaran tentang penerapan dan penggunaan teks deskriptif dalam kehidupan sehari-hari.

2. Peserta didik dan guru membahas materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yang diambil dari tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik dan dikoresi oleh guru.

3. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak untuk menggambarkan secara lisan keadaan lingkungan lokal atau salah satu obyek yang menarik dalam ruang kelas secara lisan.

4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menjelaskan dengan santun dan percaya diri unsur kebahasaan teks deksriptif tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal khusunya penggunaan bentuk-bentuk kata benda, kata sifat, kata kerja dan keterangan serta bentuk kalimat nominal dan verbal sederhana dengan menggunakan pola kalimat present serta menyusun dan menulis teks deskriptif sederhana secara mandiri dan jujur tentang bangunan bersejarah yang dikenal dengan menggunakan bentuk kata benda, sifat, kerja, keterangan dalam kalimat nominal dan verbal berbentuk present.

10 menit

Inti MENGAMATI 1. Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa

kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang.2. Peserta didik membaca secara saksama dan teliti

contoh teks deskriptif yang diberikan/ditayangkan dengan tema bangunan bersejarah.

3. Peserta didik secara berkelompok menentukan jenis kata yang terdapat dalam teks dimana setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing satu jenis kata (mis. Peserta didik A mencari kata khusus dengan jenis kata kerja). Peserta didik yang pada pertemuan sebelumnya bertugas mencari jenis kata tertentu, harus mencari jenis kata yang lain yang tidak sama dengan tugasnya pada pertemuan

70 menit

Page 10: RPP B inggris 2013-2014

sebelumnya.4. Dengan menggunakan kosa kata yang diperoleh,

peserta didik secara lisan dan bergilir dalam kelompoknya masing-masing mendemonstrasikan ungkapan yang mendeskripsikan orang, tempat wisata atau bangunan bersejarah sesuai dengan minat masing-masing.

MENANYA 5. Selama tahapan demonstrasi, peserta didik yang

lain dapat bertanya tentang ungkapan yang digunakan oleh temannya serta mencatat ungkapan-ungkapan baru yang belum dikenal atau diketahui.

6. Setelah kelompok selesai dengan tugasnya, masing-masing anggota kelompok saling menjelaskan kepada masing-masing anggota kelompoknya tentang materi yang dikerjakan secara mandiri.

7. Anggota kelompok yang merasa ragu dapat bertanya kepada anggota kelompok lain yang memiliki tugas yang sama dengan tugasnya.

MENGUMPULKAN INFORMASI (MENGEKSPLORASI) 8. Setiap kelompok kemudian memperhatikan

kembali teks sumber dan membaca dengan teliti kata serta memahami penggunaan kata dalam konteks kalimat dalam teks yang diberikan.

9. Setiap peserta didik secara lisan enyebutkan serta membandingkan ungkapan yang ereka produksi sesuai bentuk bahasa yang dibahas, mialnya kalimat nominal sederhana dan beberapa kalimat verbal sederhana dari dalam teks

MENGASOSIASIKAN 10. Peserta didik secara lisan mengungkapkan kepada

teman kelompoknya ungkapan kalimat lain (verbal dan nominal) yang tidak bersumber dari teks tetapi menggunakan kata yang bersumber dari teks berdasarkan pola kalimat yang mereka peroleh. Kalimat yang ditulis diupayakan merujuk pada tema tempat wisata.

11. Peserta didik secara mandiri dan lisan memperagakan deskripsi secara lengkap tentang seseorang, tempat wisata, atau bangunan bersejarah dengan menggunakan 5 – 10 ungkapan.

MENGKOMUNIKASIKAN 12. Hasil latihan lisan peserta didik diungkapkan di

Page 11: RPP B inggris 2013-2014

depan kelas yang dipilih secara acak.13. Kesalahan penggunaan kata dan struktur bahasa

dibahas secara bersama di dalam kelas.Penutup 1. Peserta didik secara bersama-sama membuat

kesimpulan terhadap materi yang dibahas. 2. Guru memberikan tugas PR dalam bentuk

menggambarkan secara lisan tentang seseorang, tempat wisata, atau bangunan bersejarah dalam lingkungan sehai-hari peserta didik sesuai minat mereka masing-masing dengan menggunakan minimal 15 ungkapan dan maksimal 25 ungkapan yang direkam menggunakan video recorder.

3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

10 menit

H. Penilaian Hasil Belajar 1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis, tes lisan2. Prosedur Penilaian:

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian1. Sikap

a. Terlibat aktif dalam pembelajaran.

b. Menggunakan waktu dengan efektif dan efisien.

c. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

d. Menggunakan ungkapan yang ramah dan santun dalam berkomunikasi

e. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi

2. Pengetahuana. Menjelaskan kembali

fungsi sosial teks deskriptif secara tepat, dan sistematis.

b. Menjelaskan urutan informasi dalam teks berbentuk dekriptif secara mandiri dan jujur.

c. Menjelaskan dan menggunakan ragam

Pengamatan dan tes

Pengamatan dan tes

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok

Penyelesaian tugas individu dan kelompok

Penyelesaian tugas individu dan kelompok

Page 12: RPP B inggris 2013-2014

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaianbentuk kata dan kalimat dalam konteks tertentu dengan teliti dan benar.

3. Keterampilana. Terampil

menulis/menyusun teks deskriptif sederhana dengan menggunakan kalimat verbal dan nominal secara jujur dan mandiri dengan tema seseorang yang telah dikenal.

b. Terampil menulis/menyusun teks deskriptif sederhana dengan menggunakan kalimat verbal dan nominal secara jujur dan mandiri dengan tema tempat wisata yang dikenal atau pernah dikunjungi.

c. Terampil menulis/menyusun teks deskriptif sederhana dengan menggunakan kalimat verbal dan nominal secara jujur dan mandiri dengan tema bangunan bersejarah yang dikenal atau pernah dikunjungi.

Pengamatan dan tes

Pengamatan dan tes

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi, serta melalui tugas mandiri di rumah.

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi, serta melalui tugas mandiri di rumah.

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi, serta melalui tugas mandiri di rumah.

3. Instrumen Penilaian Hasil belajar Tes tertulisPertemuan ke-11. Study the patterns of the sentences that you have written based on the book. Then

write 10 sentences by using the words that you found in the text. 2. Write a paragraph consisting of 4 – 5 sentences describing someone that you know

well.

Page 13: RPP B inggris 2013-2014

3. Write another different paragraph consisting of 10 – 20 sentences describing someone that you know well (either from your family or classmates).

Pertemuan ke-21. Study the patterns of the sentences that you have written based on the book. Then

write 10 sentences by using the words that you found in the text. 2. Write a paragraph consisting of 5 – 10 sentences describing a tourist spot that you

know well or ever visit.3. Write another different paragraph consisting of 15 – 25 sentences describing a tourist

spot that you know well or ever visit.

Pertemuan ke-31. Study the patterns of the sentences that you have written based on the book. Then

write 10 sentences by using the words that you found in the text. 2. Write a paragraph consisting of 5 – 10 sentences describing a historical building that

you know well or ever visit.3. Write another different paragraph consisting of 15 – 25 sentences describing a

historical building that you know well or ever visit.

Tes lisanPertemuan ke-41. Perform a short and simple monologue consisting of 5 – 10 expressions describing

someone, a tourist spot, or a historical building that you know well or ever visit.2. Perform nother short and simple monologue consisting of 15 – 25 expressions

describing someone, a tourist spot, or a historical building that you know well or ever visit.

4. Pedoman PenskoranTes tertulis

Uraian Skor

Menggunakan tata bahasa, pilihan kata, cara penulisan dengan benar dan tepat.

4

Menggunakan tata bahasa dan pilihan kata dengan benar, terdapat beberapa kesalahan cara penulisan.

3

Menggunakan tata bahasa dengan benar tetapi pilihan kata kurang/tidak tepat, dan atau terdapat banyak kesalahan cara penulisan

2

Jawaban salah sama sekali 1

Tidak merespon 0

Tes lisanFITUR

KOMPETENSI KRITERIA SKOR

Page 14: RPP B inggris 2013-2014

KELANCARAN

Merespon secara langsung dengan sempurna dan tepat Merespon dengan tepat tetapi sambil berfikirMerespon secara langsung tetapi tidak sempurnaMerespon sambil berfikir tetapi tidak sempurnaRespon salah atau tidak merespon

54321

KETEPATAN

Tidak ada kesalahan sama sekaliTerdapat satu kesalahan penggunaan kata Terdapat dua kesalahan penggunaan kataTerdapat tiga kesalahan penggunaan kataTerdapat lebih dari tiga kesalahan penggunaan kata

54321

ISI

Pesan/informasi yang disampaikan benar dan efektifPesan/informasi yang disampaikan benar tetapi kurang sistematisPesan/informasi yang disampaikan cukup benar dan terorganisir tetapi terbatas Pesan/informasi yang disampaikan cukup benar tetapi banyak detail yang hilang Pesan/informasi yang disampaikan tidak tepat/relevan/benar

54

3

2

1

PENGUCAPAN

Pengucapan yang sanagt baikPengucapan yang baikPengucapan yang cukup baikPengucapan yang kurang baikPengucapan yang sangat kurang

54321

Parepare, Januari 2014Guru Mata Pelajaran

___________________ NIP.

Page 15: RPP B inggris 2013-2014

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran : Bahasa InggrisKelas/Semester : X/2Tahun Pelajaran : 2013/2014Waktu Pengamatan :Indikator Sikap :a. Keaktifan

1 Kurang Baik : Menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran2 Cukup : Menunjukkan sangat sedikit usaha ambil bagian dalam

pembelajaran tetapi tidak ajeg/konsisten3 Baik : Menunjukkan lebih banyak usaha ambil bagian dalam

pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten4 Sangat Baik : Menunjukkan adanya usaha ambil bagian dalam pembelajaran

secara terus menerus dan ajeg/konsisten

b. Penggunaan Waktu1 Kurang Baik : Menunjukkan sama sekali tidak ada usaha menggunakan waktu

dengan baik2 Cukup : Menunjukkan sangat sedikit usaha menggunakan waktu dengan

baik tetapi tidak ajeg/konsisten3 Baik : Menunjukkan lebih banyak usaha menggunakan waktu dengan

baik tetapi masih belum ajeg/konsisten4 Sangat Baik : Menunjukkan adanya usaha mengguakan waktu dengan baik

secara terus menerus dan ajeg/konsisten

c. Kerjasama1 Kurang Baik : Menunjukkan sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam

kegiatan kelompok.2 Cukup : Menunjukkan sangat sedikit usaha untuk bekerjasama dalam

kegiatan kelompok tetapi tidak ajeg/konsisten.3 Baik : Menunjukkan lebih banyak usaha untuk bekerjasama dalam

kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.4 Sangat Baik : Menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan

kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten

d. Komunikasi1 Kurang Baik : Menunjukkan sama sekali tidak berusaha menggunakan bahasa

yang sopan dan santun.2 Cukup : Menunjukkan sangat sedikit usaha menggunakan bahasa yang

sopan dan santun dalam berkomunikasi tetapi tidak ajeg/konsisten.3 Baik : Menunjukkan lebih banyak usaha menggunakan bahasa yang

sopan dan santun dalam berkomunikasi tetapi masih belum ajeg/konsisten.

4 Sangat Baik : Menunjukkan usaha menggunakan bahasa yang sopan dan santun dalam berkomunikasi secara terus menerus dan konsisten.

e. Toleransi

Page 16: RPP B inggris 2013-2014

1 Kurang Baik : Sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2 Cukup : Menunjukkan sangat sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi tidak ajeg/konsisten.

3 Baik : Menunjukkan lebih banyak usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.

4 Sangat Baik : Menunjukkan usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Beri nilai (4) Sangat Baik; (3) Baik; (2) Cukup; atau (1) Kurang pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

NomorNama Peserta Didik

SIKAP

Urut NIS Keaktifan Penggunaan Waktu Kerjasama Komunikas

i Toleransi

1              2              3              4              5              6              7              8              9              

10              11              12              13              14              15              16              17              18              19              20              21              22              23              24              25              26              27              28              29              30              

Page 17: RPP B inggris 2013-2014

31              32              33              34              35