gadget star. bali post. 24 - 30 mei 2013

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 16-Mar-2016

262 views

Category:

Documents


18 download

DESCRIPTION

Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

Penerbit : PT Bali Post

Page 2: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

24 - 30 Mei 2013

APAKAH Anda sering men-gakses akun Facebook? Ada baiknya Anda lebih berhati-hati. Seperti dilaporkan news.cnet.com, Microsoft baru-baru ini telah mengeluarkan peringatan menge-nai malware baru yang menyamar sebagai ekstensi Google Chrome dan Firefox add-on yang dapat membajak akun Facebook.

Malware ini pertama kali terdeteksi di Brasil. Trojan:JS/Febipos.A, malware yang men-coba untuk update, seperti halnya ekstensi browser yang normal. Setelah di-download, Trojan akan

PENGUMUMAN mengejutkan disampaikan CEO BlackBerry, Thorsten Heins yang menyebut bahwa layanan andalan peru-sahaan Kanada itu, BlackBerry Messenger, bakal tersedia untuk platform lain, perangkat Android dan iOS Apple.

Pernyataan Heins itu langsung mengundang reaksi besar dari pengunjung yang hadir dalam BlackBerry Live 2013 di Orlando, belum lama ini.

Betapa tidak, layanan yang akrab disebut BBM itu selama ini disebut-sebut menjadi satu-satu-nya alasan sebagian konsumen

SONY kembali menggempur pasar ponsel pintar Android kelas menengah Indonesia dengan menghadirkan Xperia SP dan Xperia L mulai pekan ketiga April 2013.

“Xperia SP dapat disebut versi murah dari Xperia Z dengan fitur serupa tapi tingkatnya diturunkan sedikit,” kata Manajer Pe-masaran Sony Mobile Communication Indonesia, Ika Paramita, belum lama ini. Ika mengatakan sasaran pengguna Xperia SP adalah pekerja pemula (first jobbers), sedangkan Xperia L lebih menyasar anak muda secara umum.

Ponsel berlayar TFT 4,6 inci itu beresolusi 1280 x 720 piksel dan mampu menjangkau jaringan selular 4G (LTE) dengan ruang penyimpanan internal delapan giga bit.

Ponsel seharga Rp 3,999 juta itu menggunakan prosesor Qualcomm 1,7 GHz dan baterai berkapasitas 2300 mAh.

“Kalau Xperia L, itu kelanjutan dari Xperia J yang juga me-nyasar segmen menengah,” kata Ika tentang ponsel seharga Rp 2,999 juta itu. Berbeda dari SP, Xperia L berlayar TFT 4,3 inci dengan 854 x 480 piksel serta prosesor Qualcomm 1 GHz, namun Xperia L belum menjangkau jaringan selular 4G (LTE) selain baterai berdaya 1700 mAh.

Selain kedua ponsel itu, Sony Mobile Communication Indone-sia mempunyai jajaran ponsel Android yang menyasar segmen menengah untuk semester pertama 2013, yaitu Xperia V dan Xperia Tx. Rentang harga ponsel pintar Sony untuk segmen pasar menengah, menurut Ika, mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 4,5 juta. *ant

Hati-hati, Virus Trojan Baru bisa Membajak Akun Facebook

memantau apakah komputer yang terinfeksi login ke akun Face-book dan berupaya untuk men-download konfigurasi file yang mencakup daftar perintah untuk ekstensi browser.

Setelahnya malware dapat melakukan berbagai tindakan Facebook, termasuk like fan page, share, posting, bergabung dengan kelompok dan mengobrol dengan teman-teman. Beberapa jenis mal-ware menyertakan perintah untuk mengirim pesan provokatif yang ditulis dalam bahasa Portugis dan berisi link ke halaman Facebook

lainnya.Jumlah likes dan share pada

satu halaman akan bertambah, sementara ahli malware di Micro-soft sedang menganalisis Trojan, menunjukkan bahwa infeksi terus terjadi. Microsoft tidak menunjuk-kan bagaimana malware tersebut dapat meng-install sendiri atau berapa banyak infeksi yang mung-kin terjadi.

Menurut Microsoft, kemungki-nan akan ada lebih banyak anca-man daripada ini, karena malware dapat mengubah pesan, URL, halaman Facebook dan aktivitas

lainnya tiap saat. Meski saat ini malware menargetkan pengguna Brasil, di mana Portugis adalah bahasa yang cukup dominan,

namun Microsoft menyampaikan jika Trojan bisa dengan mudah di-modifikasi untuk target pengguna di negara lain. *

Samsung dan Android masih Kuasai Pasar ”Smartphone”DOMINASI Android di pasar smartphone kini tak

terbantahkan lagi. Seperti dikutip dari gopego, peru-sahaan riset teknologi, Gartner baru saja mengelu-arkan laporan terbaru mengenai penjualan smart-phone global untuk kuartal pertama tahun 2013. Dari laporan tersebut, Android dan Samsung tampil sebagai pemimpin di pasar masing-masing, dengan Android yang menyumbang 74,4 persen dari seluruh penjualan smartphone dan Samsung yang mengen-dalikan 30,8 persen dari pasar smartphone. Android terus menunjukkan peningkatan market share 17,5 persen dari tahun ke tahun, sementara sistem operasi smartphone utama lainnya men-galami kerugian, kecuali untuk Microsoft Windows Phone, meski peningkatan dari 1,9 persen menjadi 2,9 persen mungkin bukan hasil yang diharapkan perusahaan. Lantas bagaimana dengan pesaing utama Google? Apple iOS mengalami penurunan dari 22,5 persen menjadi 18,2 persen. Sementara BlackBerry yang sebelumnya dikenal sebagai RIM, menunjuk-kan penurunan setengah dari persentase tahun lalu. Samsung Bada dan Nokia Symbian makin terpuruk.

Penjualan smartphone meningkat dari 147 juta unit yang terjual di Q1 2012 menjadi 210 juta, meski semua pasar smartphone menunjukkan penurunan dengan pengecualian wilayah Asia/Pasifik yang tum-buh 6,4 persen dari tahun ke tahun. Total penjualan handset mencapai 426 juta unit di Q1 2013, menin-gkat 0,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Meski kali ini tidak memecahkan rekor, namun Samsung terus menunjukkan pertumbuhannya, dengan mengendalikan 30,8 persen dari pasar saat ini. Apple menyusul di tempat kedua dengan 18,2 persen dari pasar dan LG, mengekor di posisi ketiga dengan kesuk-sesan Nexus 4, Optimus G dan Optimus G Pro. Produsen Cina ZTE dan Huawei berhasil men-duduki posisi top 5, sementara Nokia, HTC, Lenovo dan Sony tidak tampak di posisi lima besar. Gartner juga mengklaim jika sistem operasi pemula sistem Tizen, Firefox OS dan Ubuntu tidak akan mempen-garuhi pasar smartphone dengan cukup signifikan. Tampaknya posisi puncak yang ditempati baik An-droid maupun Samsung masih belum akan berubah dalam waktu dekat.*

BBM-an bisa dari Android dan iOSmasih bertahan menggunakan BlackBerry di tengah pertumbu-han sporadis dan kelebihan yang ditawarkan perangkat Android dan iOS.

BlackBerry, dalam blog resmin-ya, dengan jelas beralasan bahwa langkah besarnya itu semata untuk menjadikan BBM sebagai standar layanan perpesanan mo-bile (mobile messaging).

“Setelah rilis layanan multi-platform BBM, Anda dapat memperluas koneksi real-time ke teman-teman dan rekan-rekan pada dukungan platform-platform mobile lainnya.

BlackBerry mendeklarasikan, BBM untuk perangkat Android dan iOS akan tersedia akhir tahun ini. “Kami akan membuat BBM terse-dia sebagai premier multi platform solusi IM di seluruh dunia,” kata Thorsten Heins di atas panggung saat menjadi pembicara kunci da-lam kegiatan tahunan BlackBerry itu. “Bahkan lebih baik, itu gratis,” tambah Heins dikutip venturebeat.com.

Menurut Heins, BBM sekarang ini sudah digunakan oleh lebih dari 60 juta pengguna dan lebih dari 10 miliar pesan dikirim setiap hari melalui layanan itu. *ant

Sony Gempur lagi Ponsel Segmen Menengah

Page 3: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

SEORANG wanita warga Florida bernama Debra Hilton telah mengajukan gugatan ke Apple sebagai perwakilan dari sebagian pengguna handset iPhone 4. Seperti dilaporkan Elec-tronista, gugatan ini dilakukan karena Apple diduga mengetahui ada kecacatan kabel fleksibel di handset

GUNA meningkatkan daya tarik layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM), BlackBerry men-genalkan sebuah platform sosial baru bernama BBM Channels. Seperti dilaporkan BlackBerry Blog, melalui Channels, pemanfaatan BBM diperluas tidak hanya sekadar bertukar pesan antar-kerabat saja, melainkan bisa ter-hubung langsung dengan artis favorit.

BBM Channels memungkinkan para selebriti, pebisnis, komunitas atau brand membuat akun resmi sebagai sarana penghubung ke fans-fansnya. Setiap pengguna bisa membuat Chan-nels yang kemudian terbuka untuk di-follow oleh pengguna lain. Para follower nantinya bisa melihat update status atau berita yang diposting pemilik

APAKAH Anda adalah seorang penggemar custom ROM, namun masih ragu untuk membeli HTC One? Jika ya, maka tak perlu ragu lagi untuk segera membelinya karena dukungan CyanogenMod 10.1 (berbasis Android 4.2 Jelly Bean) baru saja hadir untuk HTC One.

Seperti dilansir androidpolice, CyanogenMod 10.1 akan hadir untuk versi GSM dari HTC One, atau versi rilisan untuk Sprint di AS. ROM ini akan menghadirkan sejumlah opsi baru, termasuk system settings, themes settings, lock screen settings, launcher settings serta super-user settings. Semuanya bakal hadir dalam balutan fitur-fitur terbaru dalam Android 4.2.2 Jelly Bean.

Perlu dicatat bahwa build ini masih sangat baru, jadi ada baiknya Anda tak terlalu terburu-buru men-download-nya lalu menggunakan-nya dalam HTC One Anda. *

Apple Digugat atas Kecacatan Tombol Power di iPhone 4

Q5, Ponsel Teranyar BlackBerry DikenalkanPRODUSEN smartphone Kanada,

BlackBerry, mengenalkan ponsel pintar teranyarnya, BlackBerry Q5, dalam satu acara tahunan yang disebut BlackBerry Live 2013 di Orlando, Florida, Amerika Serikat, belum lama ini. Ponsel qwerty bersistem operasi BlackBerry 10 yang dike-nalkan CEO BlackBerry, Thorsten Heins itu memiliki desain keyboard klasik BlackBerry, akan membantu pengguna mengetik lebih cepat, akurat, dan mudah.

“BlackBerry Q5 memberi Anda yang terbaik dari semuanya dengan 10 fungsi mutakhir BlackBerry dan keyboard fisik qwerty. Ini untuk penggemar muda bergairah, percaya diri dan berani, dan itu membuat mudah bagi mereka untuk bersenang-senang, membuat, berbagi dan tetap terhubung,” kata Heins seperti dikutip blog resmi BlackBerry.

BlackBerry Q5 akan tersedia di pasar-pasar tertentu di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia (termasuk wilayah Asia Pasifik), dan Amerika Latin mulai Juli mendatang.

Beberapa fitur yang melengkapi smart-phone berlayar sentuh 3,1 inci itu antara lain, keyboard qwerty klasik, BlackBerry Time Shift mode dan Story Maker untuk mendukung kinerja kamera dalam mem-buat foto, video, dan musik.

Story Maker akan membantu pengguna dalam membuat foto-foto, video, dan musik menjadi sebuah film yang mempunyai kisah atau cerita. Kemudian BBM Video dengan Screen Share yang memung-kinkan pengguna secara instan beralih dari BBM chat ke perbincangan video BBM face-to-face.

Fitur lainnya, standar, BlackBerry Hub, ditambah dukungan ketersediaan aplikasi di BlackBerry World yang jumlahnya seka-rang lebih dari 100.000 aplikasi.

Selain mengenalkan BlackBerry Q5, BBM Channels, dan mengumumkan pengembangan BBM untuk perangkat Android serta iOS, Thorsten Heins juga mengungkap ketersediaan OS BlackBerry 10.1 untuk perangkat BlackBerry Z10. *ant

tersebut yang berefek langsung ke tombol power, tapi Apple diam saja dan tetap menjual handset tersebut tanpa memperbaikinya.

Pengacara Debra memiliki bukti

yang berasal dari thread di forum dukungan

Apple, begitu

juga sebuah video di YouTube yang mengklaim bahwa masalah ini memang penyakit bawaan iPhone 4.

Debra lebih jauh menduga bahwa masalah ini biasanya mulai terasa efeknya setelah garansi setahun dari Apple sudah habis, di mana memaksa pengguna untuk mengeluarkan biaya sekitar 149 dolar AS untuk memperbaikinya.

Apple digugat atas dasar un-dang-undang RICO dan hukum persaingan tidak adil Califor-nia, dengan sanksi mencapai lebih dari 5 juta dolar AS sebagai ganti rugi.

Gugatan ini memang terdengar agak telat karena Apple memang sudah sering diserang dengan gugatan iPhone sedari dulu, dan biasanya kasus guga-tan lebih mengarah ke perang-kat yang lebih baru sekarang ini. Handset iPhone 4 memang masih dijual hingga saat ini tapi debut smartphone terpopuler ini sudah sejak tahun 2010 lalu. *

Channels, Fitur Jejaring Sosial Baru Hadir di BlackBerry Messenger

HTC One Dapatkan Dukungan CyanogenMod 10.1

Channels. Selain itu, para follower bisa mengomentari atau menyukai posting tersebut, serta melakukan chat one-on-one ke pemilik Channels saat fitur chat private ini diaktifkan.

Fitur Utama BBM Channels:Create a channel: Membuat,

menyunting, dan menerbitkan dengan cepat. Jumlah follower tidak terbatas. Bisa dikelola melalui smartphone BlackBerry maupun website.

Discover channels: BBM Chan-nels membantu Anda menemukan channel-channel terbaru. Anda bisa mengundang teman untuk mengikuti channel tersebut melalui chat atau PIN/QR code.

View: Melihat profil BBM Channels yang akan di-follow.

Subscribe: Berlangganan chan-nel, memungkinkan pemilik channel mengirimkan update posting. Follower punya pilihan terima pesan baru atau tidak.

Participate: Follower bisa mengo-mentari dan menyukai posting yang dikirimkan. Pemilik channel bisa chat-ting one-on-one dengan follower.

Monitor Engagement: Alat yang memudahkan memantau interaksi dengan follower. Untuk saat ini, Chan-nels masih dalam tahap beta dan sudah bisa dicicipi melalui BlackBerry Beta Zone. Fitur tersebut bakal tersedia untuk platform BlackBerry 5 hingga BlackBerry 10. Fitur Channels ini juga dikatakan akan hadir di BBM untuk platform Android dan iOS. *

Page 4: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

BLACKBERRY Q10 akan mulai dirilis untuk negara-negara kawasan Asia pada akhir bulan Mei ini. Sembari menunggu ke-hadirannya di Indonesia, ada sebuah informasi penting mengenai BlackBerry Q10 seperti yang diungkap Direktur BlackBerry Sin-gapura, Charles Dufourcq.

Seperti dilaporkan asia.cnet/gopego, dalam sebuah sesi wawancara dengan media belum lama ini, Charles mengatakan bahwa Black-Berry Q10 versi non-kamera secara teknis sangat mungkin diwujudkan. Hal itu ia ungkap tak lepas dari sangat mudahnya melepas modul kamera di BlackBerry Q10. Namun, perlu dicatat bahwa modul kamera BlackBerry Q10 sangat mudah dilepas tetapi untuk memasangnya kembali harus dilaku-kan oleh pabrik. Melihat hal tersebut, apakah BlackBerry berencana merilis versi Q10 tanpa kamera?

Menurut Charles, hal itu akan bergantung pada permintaan opsel dan konsumen secara luas. Namun, untuk saat ini, Charles mengaku BlackBerry belum memiliki rencana merilis Q10 non-kamera.

Seperti Anda tahu, BlackBerry Q10 merupakan handset kedua yang rilis tahun ini dengan menjalankan BlackBerry OS 10. Berbeda dari Z10 yang telah rilis terlebih dahulu, Q10 meru-pakan handset touchscreen dan dilengkapi keyboard qwerty fisik di bawahnya. Penjualan Q10 di Inggris sangat mengagumkan sementara CEO Thorsten Heins bahkan meyakini Q10 akan terjual puluhan juta unit. *

BlackBerry Z10 dengan Ukuran Layar 5 Inci akan Hadir?

SAAT ini berita-berita sedang ramai membicarakan BlackBerry. Hal ini terjadi karena acara BlackBerry Live 2013 yang mereka adakan untuk mengumumkan rencana perusahaan ini ke depannya. Seperti dilansir Ubergizmo, kali ini akan diberitakan mengenai varian terbaru dari handset BlackBerry Z10 yang memiliki layar berukuran 5 inci dan dikatakan saat ini sudah dalam tahap percobaan oleh BlackBerry di Kanada. Dikatakan varian ini akan menggantikan posisi Z10 sebagai ponsel flagship high-end BlackBerry yang

berjalan di platform BB10.Dengan hadirnya rumor ini, jika benar

adanya maka BlackBerry akan memiliki perangkat ponsel yang memiliki proporsi layar sama dengan Samsung Galaxy S4. Oleh karena itu, secara langsung BlackBerry akan menjadi penantang baru yang berhadapan dengan Galaxy S4 dan HTC One, meski hanya menyaingi dalam hal ukuran layar. Kedua ponsel Android tersebut jelas memiliki spesifikasi hard-ware yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan prosesor dual-core dan RAM 2

GB milik Z10. Kemungkinan selain layar, Z10 varian terbaru ini akan dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lebih besar, kemung-kinan lain adalah sebuah prosesor baru seperti Snapdragon 600 atau yang baru-baru ini diumumkan, Snapdragon 800 dari Qualcomm. Perangkat Z10 terbaru ini dika-takan akan rilis dalam beberapa bulan ke depan. *

tara CEO Thorsten al puluhan juta unit *

o, dalam sebuah sesi a

k-

t

t0

eruerugkenj

uu-api jualan Q10

Akankah BlackBerry Rilis Q10 tanpa Kamera? Sony Siapkan Handset

Firefox OS Kelas Premium?SONY Mobile adalah salah satu ven-

dor yang akan meluncurkan handset entry-level bersistem operasi Firefox OS milik Mozilla. Untuk menunjukkan komitmennya, Sony bahkan telah meri-lis ROM Firefox OS versi beta untuk Xperia E. Selain perangkat kelas entry-level, Sony juga dilaporkan sedang menyiapkan handset Firefox OS kelas premium.

Seperti dikutip dari Computer World/teknoup, petinggi Mozilla mengonfirmasi rencana Sony untuk merilis handset Firefox OS kelas high-end. “Sony sudah terkenal da-lam hal kualitas dan pengalaman-nya. Jadi mereka menargetkan (produk) yang sangat high-end. Kami sudah mendiskusikan jenis perangkat tersebut,” kata Gong Li, Senior Vice President for Mobile Device Mozilla.

Menurut Gong, ketertari-kan Sony terhadap Firefox OS karena ia yakin OS ini akan menjadi tiga OS terbesar di dunia. “Saya bisa memberitahu Anda bahwa nanti akan ada tiga besar

OS mobile, dan salah satunya adalah kami. Kenapa kami? Itu karena kami adalah satu-satunya perusahaan yang mengambil pendekatan dengan murni. Kami sepenuhnya terbuka. Tidak hanya open source, tapi prosesnya juga dilakukan secara terbuka. Tidak ada harga,” kata Gong. *y juga dilaporkan sedang

an handset Firefox OS kelas t

dikutipp dari Computp er nounoup,p, petpetinginggigi MozMozillillaa masi rencana Sony untuk ndset Firefox OS kelas t“Sony sudah terkenal da-alitas dan pengalaman-meme krekreka ma menaenargergetktkatkann ang sangat high-end.

ah mendiskusikanngkat tersebut,”

Li Li, SenSeniorior Vi Vicece fofor Mr Mobiobilele DevDeviceice

t Gt Gongong k, keteetertartariri-terterhadhadapap FirFirefoefoxx aa ia ia ya yakinkin OS OS enjadi tiga OSi dunia. “Sayay bberieritahtahuu wa nantitiga besar

harga, kata Gong.

Aplikasi Instagram untuk BlackBerry akan segera Hadir?

INSTAGRAM diketahui memang meru-pakan salah satu aplikasi paling populer saat ini. Seperti dilaporkan ubergizmo/teknoup, sayangnya hingga saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia di Android dan iOS. Namun, bagi pengguna BlackBerry, ada kabar baik.

Karena berdasarkan sebuah postingan di Facebook, aplikasi ini akan segera terse-dia untuk Anda. Ya, tampaknya pertan-yaan pengguna mengenai kemungkinan hadirnya Instagram di BlackBerry sudah terjawab salah satu admin dari halaman Facebook resmi milik BlackBerry. Admin

BlackBerry mengatakan bahwa akan ada sebuah kabar lebih lanjut mengenai Instagram. Tentu saja kabar ini dikaitkan dengan acara Blackberry Live yang diada-kan saat ini, beberapa pihak berspekulasi bahwa aplikasi untuk pengguna BlackBerry akhirnya akan diungkap.

Bukan hanya di BlackBerry, sebelum-nya juga sudah terdengar rumor menge-nai kemungkinan pengumuman aplikasi Instagram di acara Nokia yang mengambil tempat di Inggris. Mungkinkah aplikasi ini akan hadir bersamaan di kedua platform tersebut? *

Page 5: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Page 6: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

HTC One, Penantang Jagoan Android

PASCA-kegagalan jajaran ponsel pintar One Series-nya pada 2012, HTC Corporation kembali ram-bah kompetisi perangkat-perangkat Android unggulan lewat HTC One yang dikenalkan Februari lalu.

Harapan produsen elektronika asal Taiwan untuk melariskan perangkat jagoannya begitu besar. Keyaki-nan itu tampak dari keputusan Peter Chou, CEO HTC Corporation, yang akan mundur jika HTC One gagal di pasaran.

HTC One pun menjadi buah bibir media-media teknologi di luar negeri yang kemudian dihadapkan dengan Sony Xperia Z dan Samsung Galaxy S4.

Namun, anak perusahaan VIA Group itu mengh-adapi persoalan pasokan komponen kamera sehingga rencana distribusi yang semestinya pada Maret untuk pasar global mundur ke April.

Ponsel berselimut bahan aluminium itu akhirnya diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada akhir April dan diperkirakan hadir di pasar ritel Indonesia pada Juni seharga Rp 7 juta-an.

DesainSekilas, desain tubuh HTC One sangat menyerupai

BlackBerry Z10. Jika Anda lebih dulu melihat Black-berry Z10 daripada HTC One, mungkin Anda akan keliru dan mengira ponsel Android berlayar 4,7 inci itu sebagai ponsel asal Kanada.

Lengkungan mulus aluminum di tubuh belakang ponsel berdimensi 13,7 x 6,8 centimeter itu terasa pas di telapak tangan saat digenggam.

Namun, ponsel seberat 143 gram tersebut akan terasa licin dalam genggaman manakala tangan peng-guna basah akibat keringat atau air.

Layar berlapis teknologi Gorilla Glass 2, di sisi depan, tampak kompak dengan duo speaker stereo di bagian atas dan bawah layar.

Berbeda dengan ponsel pintar Android lain yang punya tiga tombol navigasi, HTC justru membekali One dengan dua tombol, home dan back.

Sebagai gantinya, fungsi multitasking khas Android dapat diakses dengan menekan tombol home dua kali. Pengguna pemula tentu membutuhkan waktu untuk membiasakan pengalihan fungsi itu.

Sebagai konsekuensi cangkang aluminium utuh di tubuh belakang, baterai pada HTC One tidak dapat dilepas. Sementara tray untuk micro-SIM ada di sisi kiri serta tombol volume terletak di sisi kanan.

Uniknya, tombol power yang diletakkan di sisi kiri bagian atas ternyata sekaligus berfungsi sebagai pemancar sinyal infra-merah, sehingga HTC One bisa digunakan layaknya remote televisi merek apa pun di rumah Anda.

Dalam paket penjualan resmi, HTC melengkapi ponselnya dengan kabel data micro-USB, charger, headset, serta informasi standar keselamatan produk dan panduan pemakaian.

PerformaHTC One yang menyasar segmen pasar premium

itu dilengkapi prosesor Snapdragon 600 berinti empat (quad-core) dengan kecepatan 1,7 Ghz dan pemroses grafis terbaru Adreno seri 320.

Kedua komponen itu diimbangi RAM berkapasitas dua giga bit serta ruang penyimpanan data digital internal seluas 32 giga bit.

Meski tidak dilengkapi slot kartu micro-SD, HTC menawarkan varian ponsel dengan ruang penyim-panan 64 giga bit.

Selain itu, pemilik ponsel bersistem Android 4.1.2 (Jelly Bean) itu akan dibekali ruang penyimpanan komputasi awan (cloud) dari DropBox sebesar 25 giga bit. HTC, pada ponsel andalannya itu, menghadirkan inovasi tampilan yang menyerupai aplikasi FlipBoard bernama BlinkFeed.

Dalam penggunaan sehari-hari, fitur yang terinte-grasi Sense 5 itu cukup membantu untuk menyajikan kilasan isi aplikasi berita dan akun jejaring sosial Anda. Selama digunakan, perpindahan halaman pada HTC One berjalan mulus. Pengujian perangkat untuk memainkan permainan Asphalt 7 dan Real Racing 3 juga berjalan lancar.

Baterai berkapasitas 2600 mAh milik One mampu bertahan hampir sehari penuh dengan penggunaan

sedang seperti pengiriman pesan singkat (SMS), perambahan internet (browsing), melakukan pang-gilan, serta sesekali bermain permainan.

Baterai akan lebih cepat terkuras dan bertahan untuk setengah hari (8-9 jam) jika ponsel digu-nakan untuk mengakses fitur multimedia seperti menonton film atau bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Layar beresolusi 1920 x 1080 dan kerapatan 468 piksel per inci HTC One cukup nyaman untuk ditatap dalam waktu yang lama. Tingkat kecerahan layar Super LCD 3 milik HTC juga cenderung lebih baik dibanding layar AMOLED yang dikenal memiliki kontras mumpuni.

Meski demikian, sisi belakang HTC One akan terasa panas saat ponsel dipakai untuk berselancar di dunia maya dalam waktu yang lama, seperti halnya beberapa ponsel quad core lain di pasaran.

MultimediaHTC agaknya ingin menyampaikan pesan

jumlah piksel pada kamera tidak akan selalu diikuti kualitas gambar yang bagus dengan jalan mengusung kamera beresolusi hanya empat mega piksel.

Sebagai gantinya, sensor gambar Ultra-Pixel pada kamera utama pada HTC One diklaim mampu menghasilkan gambar lebih baik pada kondisi pencahayaan rendah sekalipun.

Hasil pengambilan gambar di beberapa tempat redup menunjukkan keandalan kam-era UltraPixel milik One dibanding beberapa kamera ponsel lain.

Lensa sudut lebar 28 mm dan diafragma f/2.0 turut membantu pengambilan gambar, baik di dalam ruangan maupun malam hari.

Sayang, keandalan kamera itu harus dibayar mahal ketika pengguna akan mengambil gambar siang hari dengan kondisi dengan cahaya berlebihan.

Gambar yang disajikan dalam mode auto tampak kelebihan cahaya (over-exposure) pada objek dengan pencahayaan sinar matahari langsung.

Meski dapat disiasati dengan mengatur besaran ISO pada menu kamera, pengaturan itu tidak praktis bagi penggunaan sehari-hari.

Selain mengusung UltraPixel, HTC One juga dilengkapi dengan fitur Zoe yang berupa perekaman video berdurasi tiga detik serta foto sebanyak 20 frame dengan hanya menekan tombol shutter pada menu kamera.

Hasilnya pun akan ditampilkan pada galeri mul-timedia yang menyajikan highlights unik. Jika sulit membayangkannya, maka coba Anda ingat-ingat bagaimana foto yang bergerak-gerak di surat kabar dalam film Harry Potter yang terkenal itu.

Hadirnya dua speaker stereo di HTC One seolah mempertegas bahwa fungsi multimedia sengaja diton-jolkan di ponsel pintar ini.

Dan benar saja, suara lantang dan jernih yang mengalun dari tweeter kembar serta bantuan piranti lunak BeatsAudio yang memberikan kesan bass yang punchy, begitu pula untuk mendengarkan musik atau-pun menonton film.

KonektivitasSecanggih apa pun, tetap saja sejatinya fungsi

utama ponsel adalah untuk menelepon. Demikian pula HTC One yang punya berbagai fungsi standar ponsel tradisional seperti panggilan, pengiriman pesan sing-kat, kalender, alarm, dan daftar kontak.

Ponsel yang berjalan pada jaringan UMTS/3G dan HSPA itu juga dilengkapi dengan berbagai fungsi konektivitas tercanggih saat ini seperti bluetooth, Wi-Fi, portable hotspot untuk delapan perangkat lainnya, dan near field communication (NFC).

Seperti halnya perangkat Android terkini, One juga dibekali fitur GPS agar Anda tidak tersesat di perjalan-an. Beberapa fitur dokumen seperti Word, Excel, dan Power Point juga dapat diakses dan diedit melalui ap-likasi Polaris Office yang sudah ada di dalam ponsel.

Pengguna juga dapat memantulkan tampilan layar

HTC One di televisi dengan koneksi kabel HDMI lewat perangkat dongle MHL Link produksi HTC.

Hal yang terkadang menyulitkan setelah pembelian ponsel baru adalah memindahkan data dari ponsel lama anda tanpa ada yang terlewat. Tapi, HTC One menawarkan fungsi tersebut hanya dengan satu ap-likasi HTC Transfer Tool yang tersedia di Google Play.

Aplikasi pemindah data lewat koneksi Wi-Fi itu mendukung hampir seluruh merek ponsel Android dengan sistem operasi Gingerbread (2.3) ke atas dan ponsel iPhone Apple.

KesimpulanPredikat sebagai salah satu ponsel terbaik pada

semester I 2013 rasanya cukup layak disandang HTC One. Dari sisi desain, HTC One berbalut aluminium dapat mengungguli beberapa pesaingnya yang terke-san tampil sewajarnya.

Sejumlah fitur unik dan inovatif seperti BlinkFeed, Zoe, UltraPixel dan speaker stereo BoomSound yang diusung HTC memperkaya tampilan “mahal” One.

Spesifikasi tangguhnya pun menempatkan ponsel cerdas ini berhadapan langsung dengan kompetitor seperti Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z, iPhone 5 dan Nokia Lumia 920.

Kekurangan terbesar tentunya pada sisi kamera yang ternyata tidak mampu berfungsi optimal dalam kondisi dengan pencahayaan sangat terang. Namun, HTC dikabarkan telah meluncurkan pembaruan piranti lunak kamera yang menyempurnakan pemrosesan gambar pada One.

Ketidaktersediaan ruang memori microSD juga cenderung menyulitkan sebagian pengguna yang membutuhkannya, walau ruang ekstra luas 32 giga bit sudah terasa cukup.

Persoalan utama pada HTC One adalah keterse-diaan produk di pasaran Indonesia, karena HTC me-masarkan One di pasar elektronika Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa pada pertengahan April lalu. Country Manager HTC Indonesia, Budi Janto, pada perkenalan One di Jakarta, April lalu, mengata-kan ponsel itu akan tersedia di pasar Tanah Air pada Juni. *ant

ebihan.mpak

One di televisi dengan koneksi kabel HDMI lewat k d l MHL Li k d k i HTC

kat (SMSkukan pak k

an.an bertahsel digu-

dia sepertam waktu

kerapatanamanTingkat

TC jugaAMOLEDni.Onei untuk tu yangquad

ltimediapesanselalungananya

Ultra-One

lebih h

rapa kam-

berapa

agma mbar, hari.s dibayarbil gamba

,S),ang-

han

tiu

n

r ar HTCH

Page 7: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Desain dan BodiSeperti dikutip dari TeknoUp, terdapat

perbedaan desain antara versi dual SIM dan single SIM. Untuk versi dual SIM LG memberikan desain yang lebih membulat di bagian sudut dan tombol fungsi yang seluruhnya berjenis kapasitif. Menurut penilaian kami, desain dari L5 II Dual ini terlihat kurang dibandingkan dengan versi single SIM. Handset yang memiliki dimensi 118,4 x 62,2 x 9,2 mm dan bobot 100 gram ini mirip seperti handset branding dari Cina, kehilangan desain signature Optimus L-series. Seluruh bodi terbuat dari plastik dengan aksen mengkilap di bezel sekelil-ing ponsel. Handset ini sangat nyaman untuk dibawa baik dimasukkan ke dalam saku maupun digenggam karena terbilang compact dan ringan.

Bagian muka terisi dengan sensor proximity, layar 4.0 inci, dan empat tombol fungsi Android berjenis kapasitif (back, home, menu, switch SIM). Sayangnya, keempat tombol ini tidak disertai backlight sehingga mungkin Anda akan mengalami kesulitan menggunakannya di area penca-hayaan kurang. Bagian belakang terisi den-gan kamera dan LED flash serta speaker di bagian bawah. Kedua slot kartu SIM den-gan desin menumpuk dan slot kartu memori microSD berada di balik cover belakang.

Sisi kiri ponsel hanya terisi dengan tom-bol lock/power, dan sisi kanan terisi tombol multifungsi dan tombol volume. Bagian atas diisi dengan port headset 3.5 mm dan mic, sedangkan bagian bawah terisi dengan port microUSB dan mic kedua.

Tombol multifungsi (Quick Button) ini merupakan jalan pintas ke fitur Quick Memo dalam kondisi default dan dapat diubah fungsinya ke aplikasi lain.

LG memberikan layar berjenis LCD IPS berukuran 4.0 inci dengan resolusi WVGA 480 x 800 piksel ~233ppi. Kualitas dari layar ini terlihat bagus, tajam, namun tidak terlalu natural, warna terlihat agak kemera-han.

AntarmukaL5 II Dual ini sudah meng-

gunakan Android 4.1 Jelly Bean dikombinasikan den-gan antarmuka khas LG yang berwarna dan banyak kust-omisasi. Pada lockscreen ditampilkan infor-masi jam,

Saudara Kembar tak Serupa dengan Fitur Tambahan

tanggal, nama kartu SIM. Dari lockscreen ini Anda juga dapat langsung mengakses jendela notifikasi yang berisi banyak jalan pintas ke menu konektivitas, pengaturan brightness layar dan lainnya yang dapat diatur secara manual.

Pada homescreen Anda, dapat menam-bah atau mengurangi jumlah halaman yang ada, maksimal 5 buah dan dapat ditentu-kan halaman mana yang dijadikan home default. Untuk melihat recent apps dapat dilakukan dengan menahan tombol home, di mana pada bagian ini juga terdapat jalan pintas ke aplikasi khusus Jelly Bean, Google Now.

Masuk ke drawer aplikasi Anda, akan disuguhkan jejeran ikon 5 x 4 per halaman yang dapat di-sort berdasarkan kategori tertentu atau mengaturnya secara manual. Dalam drawer aplikasi juga terbagi dalam tiga buah tab seperti apps untuk semua aplikasi yang ada, downloads untuk aplikasi selain default, dan widget untuk menampil-kan pilihan widget yang dapat ditaruh di homescreen. Di bagian kanan atas yang biasanya terisi jalan pintas ke Google Play diganti ke jalan pintas menu setting. Latar belakang halaman drawer aplikasi juga dapat ditentukan apakah menggunakan wallpaper yang disediakan atau hanya transparan putih.

Urusan pengetikan hanya terdapat pilihan LG keyboard dengan beragam pengaturan standar, dan penulisan da-lam bahasa Mandarin Pinyin. Keyboard ini memiliki tampilan mirip keyboard iOS dengan kombinasi warna putih dan abu-abu serta berjarak antara satu tombol dan lain-nya sehingga dapat mengurangi kesalahan penekanan.

Contacts dan MessagingLayaknya menu contact di Android lain,

menu ini berisi lima buah tab seperti dial, call logs, contacts, favorites, dan groups. Untuk tab contact akan ditampilkan semua record yang ada baik di memori ponsel,

kartu SIM 1 dan 2, atau dari akun online. Tampilannya

mudah diguna-kan dengan bar abjad di

sebelah kanan, kotak pencarian

dibagian atas dan tombol untuk me-

nambahkan contact baru di sebelahnya.

Untuk tampilan tab dial Anda akan diinformasi-

kan kartu SIM mana yang sedang digunakan dan Anda

dapat menggantinya dengan mudah hanya menekan tombol

switch terdedikasi.Menu messaging tampil basic

dengan tampilan threading chat dan tombol membuat pesan baru di kanan

atas. Tampilan editor SMS ini juga standar, dengan kehadiran tombol untuk melam-pirkan konten multimedia di mana akan otomatis mengubah pesan ke MMS.

KameraL5 II Dual hanya dibekali satu kamera

saja beresolusi 5 MP dengan kemam-puan autofokus dan dilengkapi LED flash. Antarmuka kamera ini cukup ramai dengan disediakannya cukup banyak fitur seperti shooting mode, brightness, flash, color ef-fect, timer, dan banyak lagi. Yang menarik adalah ditanamkannya fitur voice command untuk mengambil gambar dengan pilihan kata-kata yang disediakan, cukup memban-tu proses pengambilan gambar sehingga tidak perlu menyentuh handset.

Hasil pengambilan gambar dalam ruangan terlihat biasa saja, gambar terlihat sedikit pucat namun cukup tajam. Untuk luar ruangan sama, hasil gambar terlihat pucat dan cukup tajam tapi dengan tingkat fokus yang kurang seimbang untuk objek jauh dan dekat (terlihat saat mengambil objek pemandangan).

Perekaman VideoSayangnya, kamera di L5 II Dual ini

hanya mendukung perekaman video res-olusi VGA (640 x 480 piksel) saja. Terdapat beragam pilihan pengaturan juga yang sama, namun tidak sebanyak mode kam-era. Dalam melakukan perekaman kamera dapat melakukan fokus secara continuous tapi tidak touch-to-focus. Hasil perekaman akan disimpan dalam format MP4.

BrowserUntuk menjelajahi dunia maya, terdapat

browser stok Android yang mampu melaku-kan multitab hingga 16 tab sekaligus, tapi seiring banyaknya tab yang dibuka maka performa akan makin menurun. Browser ini sebenarnya mendukung konten flash namun saat kami mencoba dengan mem-buka video di situs YouTube versi desktop, browser tiba-tiba crash, dan begitu terus saat kami mencobanya lagi. Performa membuka dan menelusuri halaman web versi desktop cukup baik, meskipun masih ditemukan lag.

Daya Tahan BateraiL5 II Dual ini dibekali kapasitas bat-

erai yang besar melebihi standar handset sekelas lain yaitu baterai berjenis Lithium-Ion 1700 mAh. Dengan teknologi SiO+ LG menjanjikan bahwa baterai ini memiliki performa yang lebih baik dari pesaing lain. Ada benarnya, karena daya tahan baterai di ponsel ini terbilang baik, kami dapat meng-gambarkan dengan kedua kartu SIM ter-

LG pada tahun ini, berencana akan merilis generasi kedua dari jajaran Optimus L-series dimulai dari LG Optimus L 3 II, L5 II, L7 II dan duplikatnya dengan kemampuan dual SIM GSM on dengan tambahan nama Dual. Saat ini kami kedatangan seri tengah dari keluarga Optimus L-series yaitu LG Optimus L5 II Dual. L5 II Dual ini sangat pas bila dikatakan seri turunannya L7 II Dual, di mana memiliki beberapa peningkatan dari seri L5 sebelumnya seperti layar yang lebih tajam, clock prosesor lebih tinggi, dan Android 4.1 Jelly Bean. Bagaimana performa dari ponsel Rp 2,3 jutaan ini?

pasang, dan paket data aktif, dalam peng-gunaan normal baterai ini dapat menyokong kegiatan Anda hingga seharian penuh.

KesimpulanL5 II Dual merupakan ponsel kelanjutan

dari seri L5 sebelumnya yang memiliki pen-ingkatan performa dan spesifikasi, ditam-bah dengan kemampuan dual SIM GSM. Sayangnya, untuk versi dual SIM ini LG menghilangkan desain kaku yang elegan khas Optimus L-series, ditambah dengan desain tombol fungsi Android sejajar di bagian bawah terkesan penuh sehingga mengurangi nilai estetik ponsel, terlebih tombol ini tidak disertakan backlight. Jika dari segi performa, L5 II Dual memiliki performa yang baik dan dapat diandalkan, sudah menggunakan Android 4.1, dan didukung dengan kapasitas baterai yang mumpuni. Jika dilihat dari segi harga yang dibanderol, handset yang satu ini terasa sedikit overprice, karena sekarang dengan budget Rp 2,3 jutaan Anda bisa mendap-atkan handset Android lain yang memiliki spesifikasi atau desain yang lebih baik. *

LG Optimus L5 II Dual E455

Kelebihan:

Ukuran yang cukup tipis dan compactDual SIM GSMBaterai tahan lama

Kekurangan:

Desain kurang menarik Tidak ada backlight di tombol kapasitif fungsi Android

Spesifikasi Utama

Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (SIM 1& SIM 2)Quadband HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100Layar sentuh kapasitif IPS 4.0-inci (480x800 piksel) ~233 ppiMemori internal 4 GB, RAM 512 MBKamera Belakang 5 MP (2592 x 1944 piksel) autofokus, LED flashAndroid 4.1 Jelly BeanCPU single-core 1.0 GHz MTK 6575; GPU Power VR SGX 531Baterai Lithium-Ion 1700 mAh

Page 8: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

REVIEW 24 - 30 Mei 2013

XIAOMI Mi2S telah rilis pada awal April 2013, kini produsen smartphone asal Cina, Xiaomi

dilaporkan akan meluncurkan perangkat lainnya dengan harga murah, yaitu Red Rice. Seperti dilaporkan Androidauthority, Xiaomi Red Rice kabarnya akan diluncurkan di Cina dengan harga 130 dolar AS.

SAAT ini yang sedang menjadi tren perangkat tablet yang berasal dari Cina adalah hadir dengan meng-gunakan layar sentuh Apple iPad wannabe. Dan produk tablet yang saat ini se-dang membanjiri pasar tablet di Cina adalah perangkat tablet dengan layar sen-tuh berukuran 8 inci ala iPad Mini.

Seperti dilan-sir mobile88, namun, jika Anda merasa tablet An-droid dengan layar ala iPad Mini ini tampil kurang greget, Anda bisa memilih tablet An-droid terbaru yang bernama Aoson M33. Aoson M33 ini hadir dengan layar sentuh IPS berukuran 9,7 inci den-gan resolusi sebesar 2048 x 1536 piksel dan kerapatan piksel 264ppi, setara dengan layar Retina miliki iPad 4 yang juga memiliki resolusi sebesar 2048 x 1536 piksel

Xiaomi Red Rice

”Smartphone” Bertenaga, Harga MurahXiao Red Rice merupakan

handset Android Xiaomi den-gan ukuran terbesar selama ini (Xiaomi Mi2S memiliki layar 4,3 inci). Xiaomi Red Rice memiliki layar 4,7 inci dan di dalamnya bisa Anda temukan prosesor dual-core 1.2 GHz, yang diklaim sebagai Leadercore LC1810. Berdasar laporan sebelumnya, Xiaomi Red Rice menggunakan SoC quad-core

Mediatek MT6589.Spesifikasi lainnya, Xiaomi Red

Rice didukung RAM 1 GB, memori internal 8 GB, kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP, bat-erai 2.000 mAh, dan menggunakan MIUI v5. Dan oleh karena ditujukan untuk pangsa pasar berkembang, Xiaomi Red Rice memiliki dukun-gan dual-SIM dengan dual-standby (CDMA dan GSM). *

REVIEWWWWWWW

XXIAXIAXIAAOMIOMIMIOMawaawawwaaaw l AAAAApripriprilll 2smasmamaaaarrrtprtprtpr phhhonh

ddddididilddildd apapapaporpperperppp anaharararh gggRicRicR eeAAndAnARRedRedddidiluuhharh

Xiaomi Red Rice

ZTE Grand X2

”Smartphone” Android Terbaru ZTE dengan Prosesor Intel Atom

SUKSES dengan Grand X, kini ZTE meng-hadirkan Grand X2. ZTE Grand X2 baru saja diungkap di Kota Monaco, Prancis dan akan memulai debutnya di Eropa mulai musim gugur atau sekitar bulan Agustus sampai Oktober 2013.

Seperti dilaporkan Slashgear/gopego, ZTE Grand X2 menawar-kan spesifikasi seperti layar 4,5 inci dengan resolusi 1280 x 720, prosesor Intel Atom Z2580 berkecepatan 2 GHz, RAM 1 GB, memori internal 8 GB dan didukung microSD hingga 32 GB, baterai berkapasitas 2.000 mAh, dan berjalan pada Android Jelly Bean.

Selain spesifikasi menarik yang disebut-kan di atas, ZTE Grand X2 masih didukung spesifikasi yang tidak kalah menarik, seperti kamera belakang 8 MP dengan kemampuan video recording 1080p dan memiliki kemam-puan mengambil gambar 24 frame per detik. Ada juga smart scene, facial recognition, auto-focus, automatic flash, dan real-time x2 stabilizer serta dukungan kamera depan 1 MP untuk video chat-ting.

Sayangnya, saat ini ZTE tidak mengumumkan berapa harga dari Grand X2. Tidak jelas apakah ZTE Grand X2 juga akan diluncurkan secara global. *

sedandangananangkagkatt aal ddariar Cina agan mn meng-ntuuh Apple ann produk ni se-pasasar

aalah

--

mumun, n, t tablablet et AnAn-arar alaala iPaiPad d

PERUSAHAAN elektronik Jepang Sharp Corporation, be-lum lama ini meluncurkan pon-sel terbarunya, Sharp Aquos Phone Zeta SH-06E, di Jepang dan akan dipasarkan melalui operator terbesar di negara itu, NTT DoCoMo.

Mengutip laporan sejumlah blog teknologi, SH-06E berlayar Full HD 4,8 inci dan didukung prosesor quad-core Snapdrag-on 600 1.7 GHz, memori 2 GB, serta kapasitas penyimpanan internal 32 GB.

Ponsel dengan baterai 2600 mAh itu, menurut Phone Arena juga berfitur kamera 13 MP dengan f/1.9 seperti kamera pada Nokia Lumia 720.

Dan, dengan fitur optical im-age stabilization, berarti Sharp Aquos Phone SH-06E merupakan ponsel pintar ketiga yang berte-knologi OIS setelah Lumia seri 92 dan HTC One.

Layar IGZO (indi-um gallium zinc oxide) pada SH-06E dike-nal lebih efisien energi diband-ing IPS-LCDs yang dibuat dengan metode LTPS seperti yang ada pada iPhone 5.

Dengan teknologi IGZO, Sharp Aquos Zeta terbaru itu diklaim membuat daya baterai mampu bertahan

Aoson M33, Tablet Android dengan Layar Retina

dan kerapatan piksel 264 ppi.Untuk urusan kinerja pun

tablet Aoson M33 ini pun tidak main-main. Aoson M33 ditena-gai dengan prosesor quad core Rockhips RK188 1.6 GHz, GPU Mali 400 dan RAM sebesar 2 GB. Dan untuk mendukung semua fitur ini, Aoson M33 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 8.000 mAh yang menawarkan waktu penggu-naan hingga 8 jam non-stop.

Aoson M33 menggunakan

sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dan dilengkapi juga dengan kamera 2 megapiksel, kamera de-pan 2 megapiksel, memori internal 16 GB, Wi-Fi b/g/n, dan Bluetooth.

Aoson M33 dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,1 jutaan. Dan jika Anda tertarik ingin membeli tablet Aoson M33 ini, Anda bisa memesannya secara online salah satunya melalui situs LighTake yang menawarkan pengiriman gratis ke hampir semua negara. *

”Smartphone” Ketiga Berteknologi OIS

Aquos Phone Zeta SH-06E

SmetabadaadgunguniPiPatabtaddantabtabperperdendetuhtu 8 i8 inMinMin

Ssirsir mjikkaadrodMinMinAndAnddrodroAosAoshadhadIPSIPSgagang15153pikpikp slayayayayanseb

engan fitur optical im-lization, berarti Sharp hone SH-06Ean ponseligae-ISumiaan.

di-iim e)--

TPSang ada one 5.n teknologiarp Aquos Zeta

u diklaim membuaterai mampu bertahan

d

hingga dua hari penuh. SH-06E akan hadir tersedia di Jepang mulai pekan depan pada 24 Mei.

Selain mengenalkan Aquos Zeta SH-06E, Sharp sekaligus mengenalkan tablet Sharp Aquos Pad yang juga berprose-sor quad-core Snapdragon 600, 2 GB RAM, dan kapasitas pe-nyimpanan 32 GB, serta baterai berkapasitas 4200 mAh.

Sama seperti ponsel SH-06E, Aquos Pad berlayar IGZO berukuran 7 inci yang mampu menghasilkan tampilan gambar beresolusi 1920 x 1200 pixel. *ant

Page 9: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

SAATNYA telah tiba untuk per-bandingan antara produk terbaru BlackBerry yang cukup dinantikan pengguna BlackBerry di Indone-sia, yaitu Q10 dengan iPhone 5 keluaran Apple. Seperti di-kutip dari mobile88, iPhone 5 saat ini juga telah diklaim Apple sebagai produk ter-baik dengan ukuran terbe-sar serta berat teringan dari seri iPhone sebelumnya. Sementara Q10 pada dasarnya adalah Z10 yang “berkurang” tampilannya tapi memiliki keyboard qwerty.

Dari segi pe-nampilan, hampir tidak ada yang dapat meragukan iPhone 5. Dengan casing aluminium dan tampilan yang terkesan classy, iPhone 5 mampu menghadirkan kesan smartphone yang cu-kup sempurna. Jan-gan lupakan juga beratnya yang benar-benar rin-gan. Tidak keting-galan pula dari segi aplikasi (yang tentunya merupakan salah satu nilai jual utama dari produk Apple),

SSSAAA TNYYAA teelah titiba untuk per

BlackBerry Q10 vs iPhone 5bbbBpsss5k55AbsssSSdd“tataqq

nttdiPcdteteiPiPmmsskkgbbbggggammjuju

nnnganganga iPPhohononee SSSepepeertrtii dii--8,8, iPhiPhonone

ahah didikklaim m ododuk ter-anananan ttetete te brberberberbe---rini gananan da da dari uuumnynya.a.

ppadadada Z1Z10 y0 yanganililililannannanna ya yaya ya

board

nn

g

sansanannn cccu-

annna -

-egi tunyasatu nilaioduk Apple),

saat ini lebih dari 700.000 aplikasi telah tersedia di Apple Apps Store dan tentunya dapat diaplikasikan ke dalam iPhone 5.

Meski Q10 memiliki desain yang berbeda dari iPhone 5, tetapi untuk penggemar keyboard qwerty, desain Q10 terlihat cukup tegas dan kokoh.

Terutama apabila digunakan untuk mengetik. Meski saat ini OS BlackBerry 10 tengah mengejar ketertinggalan akan aplikasi. Apabila Anda masih merasa kesusahan menggu-

nakan Z10, Anda dapat mencoba untuk meng-gunakan Q10 dalam waktu dekat ini. Dan untuk iPhone 5, tunggu

sebentar lagi, karena Apple akan mem-

berikan kejutan lainnya di tahun

2013 ini. *

Perbandingan OS ”Smartphone” di Dunia

SAAT ini kami akan membandingkan OS smartphone yang populer di dunia. Sebuah perbandingan langsung antara iOS (Apple), Android, OS 10 (BlackBerry) dan Windows Phone 8. Apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan OS tersebut? Berikut ulasannya seperti diku-tip dari mobile88.

iOS Apple• Menyediakan tampilan yang user

friendly dan mudah bagi orang yang baru menggunakan smartphone.

• Hingga saat ini iOS masih terpilih menjadi OS yang paling bersahabat dan kompatibel dengan aplikasi smartphone. Ekosistem Apps Store dari Apple juga masih menjadi salah satu yang terbaik.

• Apple turun tangan langsung men-gontrol baik perangkat keras maupun perangkat lunak dari produknya sendiri serta memastikan mereka berjalan den-gan semestinya.

• Sayangnya salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja iOS malah justru dengan jailbreak.

Android• Kelebihan utama Android adalah

Anda dapat melakukan kustomisasi apap-un tanpa halangan.

• Salah satu OS terbesar yang dipakai smartphone dunia, jadi Anda dapat ber-bagi pengalaman dengan sesama peng-guna Android dengan mudah.

• Layanan Google terbukti mengopti-malkan performa dari Android.

• Sayangnya, untuk menguasai OS ini dengan sepenuhnya, Anda membutuhkan pengetahuan teknis.

• Beberapa smartphone masih terting-gal dari segi update OS.

OS 10 BlackBerry• OS 10 melesat dengan Z10 dan Q10

serta berusaha untuk merebut kembali tahta smartphone dunia.

• Performa untuk bisnis, manajemen dan tingkat keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

• Fitur Hub mengintegrasikan mes-sage, contact, calendar dan media sosial dengan luar biasa

• Meski demikian, OS 10 masih tergolong baru, sehingga aplikasi yang kompatibel dengan OS 10 masih jauh tertinggal dengan Apps Store Apple dan Google Play Store.

Windows Phone 8• Mudah untuk digunakan bagi orang

awam sekalipun.• Apabila Anda telah terbiasa meng-

gunakan Windows 8 versi PC desktop, maka Windows Phone 8 menawarkan versi yang mirip dengan versi PC.

• Tidak cukup menarik bagi pengguna smartphone yang gemar mengutak-atik smartphone-nya.

• Aplikasinya masih terbilang sedikit dan tertinggal jauh dari Apps Store Apple dan Google Play Store, tapi masih bersaing ketat dengan OS 10. Jadi, OS manakah yang sesuai dengan Anda? *

aaS inihkan

tingngg--

Q1Q 0aliali

eeen n

-oooosiasiasiaas lll

ngng ng nggngngh h hhddddan an an n

ang

g-p, n

una tik

kit

asih OS ? *

Page 10: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

PRODUSEN ponsel pintar lokal Cross Mobilephone berkolaborasi den-gan operator selular Indosat memasarkan 40 ribu ponsel pintar tipe A20 dan A25. “Untuk dua tipe itu, kami hanya menjual bersama (bundling) dengan Indosat. Jumlah 40 ribu untuk satu hingga dua bulan mendatang,” kata Direk-tur Pemasaran Cross Mobilephone, Janto Djojo, di Jakarta, belum lama ini.

Janto menyebut Cross A20 ditawarkan Rp 799 ribu/unit, sedangkan Cross A25 ditawarkan Rp 500 ribu/ unit

Cross Mobilephone, menurut Janto, masih menargetkan lebih dari satu juta unit ponsel terjual tiap bulan untuk semua jenis smartphone dan feature-phone (ponsel fitur).

“Ponsel Android Cross ada enam, tahun ini akan menjadi 10 tipe Android,” kata Janto tentang penambahan empat ponsel Android Cross mulai perten-gahan Juni hingga akhir 2013.

Meski akan menambah jajaran ponsel Android, Janto mengatakan Cross lebih menguasai pasar ponsel-ponsel fitur dengan harga sekitar Rp 300 ribu, seperti tipe Cross C5.

“Pasar featurephone kami masih didominasi wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” katanya.

Terkait kemungkinan Cross untuk memproduksi perangkat tablet, Janto mengakui rencana itu ada namun dia tidak waktu peluncurannya maupun segmen pasar tablet Cross tersebut. *ant

SETELAH tanya jawab den-gan CEO BlackBerry Thorsten Heins melalui konferensi Milken Institute di Los Angeles belum lama ini, saham BlackBerry naik ke level tertinggi dalam sebulan. Seperti dilaporkan Bloomberg, saham tersebut menguat lan-taran sang CEO yakin smart-phone BlackBerry terbaru Q10 mampu terjual puluhan juta unit.

“Kami sangat yakin dengan tanda-tanda baik yang sudah terlihat pasca-peluncurannya di Inggris,” kata Heins beberapa waktu lalu.

Peter Misek, analis Jefferies Group mengatakan, penjualan Q10 di retailer Selfridged dan Carphone House di Inggris cepat sekali sold out. Meski disebut sold out, tak disebutkan

Strategi Sony Meraih Posisi Ketiga di Pasar ”Smartphone”

SONY Mobile Communication Indonesia menargetkan posisi ketiga di pasar ponsel pintar (smartphone) Tanah Air pada April 2014 dengan mengerahkan berbagai perangkat-perangkat terbarunya.

“Proporsi produk-produk kami untuk pe-riode satu bulan harus selalu penuh, baik di segmen bawah, menengah, maupun atas,” kata Manajer Pemasaran Sony Mobile Communication Indonesia, Ika Paramita selepas peluncuran Xperia SP dan Xperia L di Jakarta, belum lama ini.

Ika menjelaskan, usia ponsel Android Xperia V dan Xperia Tx yang diluncurkan awal Februari lalu akan berakhir pertenga-han 2013 atau enam bulan nanti sebelum diganti seri terbaru untuk segmen yang sama.

“Kami lebih memilih punya sedikit porto-folio produk untuk satu segmen tapi dengan dukungan penuh dibanding meluncurkan banyak tapi dukungan pemasaran tidak penuh,” kata Ika.

Pangsa pasar dan pendapatan Sony Mo-bile Communication Indonesia, menurut Ika, mencapai dua kali lipat dibandingkan April

2012 meski tidak disebut nilai pendapatan atau persentase pangsa pasarnya.

“Kontribusi paling banyak berasal dari Xperia miro, tipo, dan J,” kata Ika tentang ponsel-ponsel Android Sony di kelas bawah dan menengah itu.

Terkait ponsel kedap air dan debu, Ika mengatakan ponsel pintar tersebut menjadi pembeda produsen asal Jepang itu dengan para pesaingnya.

“Kami belum dapat kepastian kehadiran Xperia ZR di Indonesia,” kata Ika tentang ponsel pintar anti air Sony setelah seri Xperia Z itu.

Sony Mobile Communication Indonesia mengklasifikasikan kelas ponselnya ke da-lam tiga segmen yaitu bawah dengan harga Rp 1,5 juta - Rp 2,5 juta, menengah (Rp 2,5 juta hingga Rp 4,5 juta), dan premium (lebih dari Rp 4,5 juta).

*ant

SETELAH beberapa waktu lalu menuai kritikan karena mengguna-kan penari seksi pada event peluncuran produk di Afrika Selatan, kini Samsung kembali melakukan hal serupa, meski minus penari seksi.

Seperti dilansir thenextweb, dengan membawakan lagu dari PSY Gangnam Style, Samsung mencoba mempromosikan Android smart-phone Galaxy S4 pada launching event di India.

Sebuah video yang telah diunggah ke YouTube oleh Films of India menampilkan aktor Ranveer Singh yang menari di atas panggung den-gan lirik yang dirancang untuk mempromosikan perangkat unggulan Samsung tersebut. Lantas bagaimana dengan hasilnya? Sayangnya, ide ini tidak lebih baik dari launching event di Afrika Selatan bulan lalu.

Samsung memang cukup dikenal memiliki anggaran marketing yang sangat tinggi, sehingga memungkinkan mereka untuk men-dominasi pasar Android dan bersaing dengan Apple selama 12 bulan terakhir. Beberapa kampanye perusahaan terbilang lebih berhasil dari yang lain, namun tampaknya tidak dengan yang satu ini. Bagaimana menurut Anda, apakah ide ini cukup jenius atau justru menjadi mimpi buruk? *

PRODUSEN ponsel pintar lokal Cross Mobilephone berkolaborasi den-

Cross Mobile-Indosat Pasarkan 40 Ribu ”Smartphone”

Promosikan Galaxy S4, Samsung Gandeng Aktor India untuk Menari Gangnam Style

Asus Indonesia Pasarkan FonepadASUS Indonesia mulai memasarkan perangkat

tablet tujuh inci berkemampuan menelepon, Fone-pad, di dalam negeri pada akhir Mei ini.

“Sebenarnya produk ini lebih mengarah ke pasar tablet. Dengan kemampuan menelepon, Fonepad bisa menggantikan satu dari dua pon-sel pintar yang seringkali dipakai orang,” kata Country Product & Marketing Manager Asus Indonesia, Juliana Chen, di Jakarta, belum lama ini.

Tablet bersistem operasi Android 4.1 itu menggunakan slot kartu micro SIM dengan prosesor Intel Atom Z242 1,2 GHz, ruang penyimpanan 8 giga bit dan 32 giga bit, serta RAM satu giga bit.

Asus Fonepad juga mengandalkan layar sentuh berteknologi IPS berpiksel 1280 x 800 yang dilengkapi baterai lithium polymer 4270 mAh.

Juliana menyebut Fonepad men-jadi perangkat tablet pertama Asus di Indonesia yang dapat dipakai menelepon dengan harga retail Rp 2,899 juta dan Rp 3,299 juta (untuk penyimpanan 32 giga bit).

Asus Indonesia tidak menyebut target penjualan untuk perangkat berkamera belakang tiga megapik-sel dan kamera depan 1,2 megapiksel itu. *ant

BlackBerry Yakin Q10 akan Terjual Puluhan Juta UnitPuluhan Juta Unit

berapa angka penjualan yang berhasil dicatat ponsel tersebut. Ia juga mencatat bahwa penjualan Z10 di Kanada, AS, dan Inggris tak ada isu pengembalian barang.

BlackBerry Q10 merupakan ponsel BlackBerry 10 pertama yang punya keyboard qwerty fisik dan layar sentuh 3,1 inci Super Amoled. Di dalamnya tersedia pe-nyimpanan 16 GB yang bisa diek-spansi hingga 64 GB menggu-nakan microSD. Disematkan mula kamera utama 8 MP di belakang dan 2 MP di depan, konektivitas Wi-Fi, bluetooth, dan NFC. *

Page 11: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Page 12: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Page 13: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Page 14: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Page 15: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Menyelamatkan Data dengan LazesoftAPAKAH Anda bingung dengan cara mengembali-

kan data yang hilang atau menyelamatkan data penting yang hilangnya dari partisi harddisk karena virus? Lupa password login ke Windows? Tak sengaja menghapus data?Atau pernah mengalami gagal booting? Anda bisa menggunakan Lazesoft Recovery Suite untuk menye-lamatkannya. Unduh aplikasinya di http://www.lazesoft.com/ dan Lazesoft ini ada versi gratis atau berbayar.

Dari pada mencari aplikasi yang berbeda-beda, ada baiknya Anda menggunakan satu aplikasi yang mampu melakukan itu semua dengan Lazesoft Recovery Suite. Membuat bootable melalui media CD atau flashdisk bisa dengan mudah dilakukan melalui aplikasi ini. Pilih menu Burn CD/USB Disk lalu pilih media bootable yang Anda inginkan, terdapat pilihan media CD/DVD, USB Flash atau berupa ISO Image.

Kini Anda masih bisa menjalankan komputer hanya dengan menggunakan media bootable tersebut.

Anda juga bisa melakukan recovery data yang hilang karena beberapa sebab, seperti terhapus tidak sengaja, kena virus hingga kemungkinan yang lain. Pilih menu Data Recovery di mana pada menu iniAnda dapat memu-lihkan data yang rusak pada harddisk, kartu memori atau flashdisk.

Masih banyak fungsi lainnya yang sangat berguna pada Windows dan komputer Anda, hanya dengan menggunakan satu aplikasi Lazesoft Recovery Suite. Itulah salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk menyelamatkan data Anda. *

Ni Luh RatniasihSTIKOM Bali

Twitter Ungkap Layanan ”Streaming” Musik

TWITTER terus mengem-bangkan lini bisnisnya. Setelah sukses menjadi situs microblog-ging terpopuler dan layanan video singkat melalui aplikasi Vine, Twitter memulai bisnis baru, yaitu layanan pencarian dan musik. Layanan yang disebut sebagai Twitter #Music ini untuk pertama kalinya diperkenalkan pada sebuah acara TV di Amerika Serikat, Good Morning America.

Dalam acara TV tersebut, Twitter mengumumkan #Music akan menja-di aplikasi terpisah dari Twitter, yang bisa diunduh secara gratis di Apple App Store untuk produk iPhone. Pihak Twitter mengatakan akan segera membawa aplikasi tersebut ke sistem operasi lainnya. Namun, apabila sudah tidak sabar ingin men-

coba layanan #Music, para peminat di negara tertentu bisa mengakses layanan tersebut melalui situs https://music.twitter.com. Untuk sementara, layanan ini baru bekerja di negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Ir-landia, Australia, dan Selandia Baru. Dukungan terhadap negara-negara lain akan segera ditambahkan.

Seperti dikutip dari The Verge, layanan ini mengizinkan penggu-nanya untuk streaming musik yang sedang populer di Twitter dan dari band atau musisi yang di-follow. Nantinya, di aplikasi #Music, akan terdapat 4 bagian yang bisa diakses dengan cara swipe atau menggeser layar. Ke-4 halaman tersebut terdiri dari Popular, Emerging, Suggested, dan Now Playing. Halaman Popular

akan menampilkan musik apa saja yang sedang banyak dibi-carakan di Twitter. Sementara Emerging akan menunjukkan musik dari talenta tersembunyi yang juga banyak dibicarakan di Twitter. Sementara untuk halaman Suggested, akan lebih banyak berfokus terhadap musisi yang di-follow dan yang disukai. Untuk halaman terakhir, Now Playing, akan menunjukkan lagu yang sedang didengar oleh teman dan musik yang sedang dibicarakan oleh teman melalui kicauan.

Untuk menghadirkan #Music, Twitter bekerja sama dengan berbagai layanan musik ternama, seperti Rdio, Spotify, dan iTunes. Melalui kerja sama ini pula, peng-guna dapat melakukan streaming musik langsung melalui aplikasi #Music, tanpa harus berpindah ke aplikasi lain. Para pengguna Spo-tify dan Rdio dapat log in ke akun masing-masing untuk mendengar-kan musik secara keseluruhan di Twitter #Music. Sayangnya, peng-guna iTunes hanya bisa mend-engarkan preview atau potongan dari sebuah lagu saja. Untuk ke depannya, Twitter berjanji untuk bekerja sama dengan lebih ban-yak layanan musik lagi. *

Dian PramanaSTIKOM Bali

MEMBATASI penggunaan aplika-si pihak ketiga akan meningkatkan keamanan workstation perusahaan dan meningkatkan efisiensi pegawai. Namun, 57 persen perusahaan tidak menggunakan tools khusus untuk mengontrol aplikasi. Hal ini merupakan temuan dari survai yang dilakukan Kaspersky Lab, yang bek-erja sama dengan B2B International, akhir tahun lalu.

Para penjahat cyber memiliki ban-yak cara untuk menginfeksi sistem. Salah satunya adalah dengan me-nyamarkan malware sebagai aplikasi populer dan ketika seorang pegawai menjalankan aplikasi tersebut, seluruh infrastruktur akan terinfeksi. Untuk mencegah kejadian seperti ini, perusahaan perlu mengembang-kan dan menerapkan kebijakan keamanan yang khusus menangani penginstalan dan peluncuran ap-likasi. Namun, ternyata tidak semua perusahaan melakukan ini.

Berdasarkan survai di atas, mayoritas perusahaan tidak memiliki tools pengontrol aplikasi dan 17 persen perusahaan tidak tertarik untuk menggunakan teknologi baru pengontrol aplikasi. Sebagian bahkan tidak tahu ada teknologi semacam ini. Hal yang sama bisa dilihat dalam hal perangkat eksternal dan data bergerak. Hanya 44 persen perusahaan yang memberi perhatian atas masalah ini dan menerapkan tools pengontrol perangkat, semen-tara 17 persen perusahaan tidak tahu adanya tools seperti ini atau tidak tertarik untuk menggunakan-

MEMBATASI penggunaan aplika-

57 Persen Perusahaan tak Kontrol Aplikasi yang Digunakan Karyawan

nya. Di sisi lain, malware yang dis-ebarkan melalui USB terus menebar ancaman.

Di tahun 2012 saja, solusi keamanan Kaspersky Lab mence-gah lebih dari 3 miliar usaha peng-infeksian lokal. Selain itu, memberi kebebasan penuh kepada karyawan untuk menghubungkan perangkat eksternal ke jaringan perusahaan meningkatkan kemungkinan keboc-oran data.

Penggunaan kontrol endpoint bisa sangat bermanfaat bagi peru-sahaan manapun dalam beberapa cara. Pertama, kontrol aplikasi memberikan perlindungan tambahan terhadap malware dan membatasi penggunaan aplikasi kurang penting seperti games dan torrent clients. Kedua, kontrol atas perangkat bergerak eksternal melarang koneksi tanpa izin, menurunkan kemungki-nan kebocoran data dan membantu mencegah penginfeksian worksta-tion dari perangkat yang tidak jelas. Terakhir, kontrol atas situs memung-kinkan baik larangan penuh atau pembatasan waktu untuk membuka situs tertentu. Hal ini bisa membuat pekerja tidak lagi menghabiskan waktu membuka situs-situs yang tidak berhubungan dengan peker-jaan, dan bisa memberi perlindun-gan tambahan terhadap malware dan situs-situs penipuan.

Platform Kaspersky Endpoint Security for Business meng-gabungkan ketiga teknologi kon-trol di atas dalam fitur Endpoint Controls. *yas

Page 16: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Jailbreak iPhone 4 via RedSn0w (iOS 6.1.3 - Windows)

TETHERED jailbreak untuk iPhone 4 telah bisa Anda lakukan menggunakan Redsn0w. Sebelum mengikuti langkah di bawah ini, pastikan iPhone 4 Anda telah men-jalankan iOS 6.1.3 dan jailbreak via komputer Windows.

Seperti dikutip dari Gopego, bagi Anda yang baru mengenal jailbreak, tethered jailbreak berarti Anda harus mengkoneksikan iPhone ke kom-puter setiap kali reboot. Jika iPhone 4 Anda masih menjalankan iOS 6.0 hingga iOS 6.1.2, pastikan Anda tidak update ke versi terbaru, tetapi langsung saja untethered jailbreak menggunakan Evasi0n.

1. Buatlah sebuah folder di desk-top dengan nama Pwnage.

- Download Redsn0w versi terbaru dan letakkan file yang telah ter-download ke folder Pwnage. Selain itu Anda juga perlu download firmware 6.0 dan 6.1.3 dan letakkan di folder Pwnage.

- Ekstrak file zip Redsn0w di dalam folder Pwnage.

2. Jika Anda belum update ke iOS 6.1.3 maka langsung jalankan iTunes untuk backup iPhone 4.

- Pilih iPhone Anda dari daftar device yang ada di sisi kiri lalu te-kan Shift dan klik tombol Restore.

- Arahkan ke folder Pwnage yang telah Anda buat di langkah #1 tadi. Pilih firmware 6.1.3 ipsw. Klik tombol Choose untuk melan-jutkan.

- iTunes akan melakukan tugasnya update iPhone 4 Anda dengan firmware terbaru.

3. Klik kanan atau control+klik Redsn0w app dari folder Redsn0w yang telah Anda ekstrak sebel-umnya. Pilih Run as administrator dari popup menu yang muncul.

4. Setelah redsn0s terbuka, pilih tombol Extras. Dari menu Extras, klik tombol Select IPSW.

5. Arahkan ke folder Pwnage yang ada di desktop lalu pilihlah iOS 6.0 IPSW. Klik Open.

6. Anda akan diberitahu bahwa iOS 6.0 IPSW akan dipakai untuk proses selanjutnya. Klik Ok.

7. Klik tombol Back, klik tombol jailbreak dan menu utama.

8. Redsn0w bersiap jailbreak data.

9. Pastikan install Cydia telah terpilih dari options menu. Klik Next.

10. Matikan iPhone 4 Anda lalu klik tombol Next.

11. Redsn0w akan memandu Anda ke proses menuju DFU mode.

Tekan bersamaan tombol Home dan Power selama 10 detik

Lepaskan jari Anda dari tombol Power sambil terus menekan tom-bol Home hingga Redsn0w bisa mendeteksi iPhone 4 Anda.

12. iPhone akan tereksploitasi limera1n.

13. Redsn0w akan reboot iPhone

14. Redsn0w akan upload sebuah RAM Disk dan Kernel baru.

15. Setelah semua telah leng-kap, Anda akan diberitahu bahwa RedSn0w telah selesai menjalank-an proses, artinya Anda berhasil menjalankan sebuah tethered jailbreak.

Boot Tethered - setelah iPhone 4 jailbroken, Anda perlu men-jalankan kembali redsn0w untuk booting tethered.

1. Dari menu utama redsn0w, klik tombol Extras.

2. Pilih Select IPSW dari menu Extras dan pilih iOS 6.0 IPSW. Selanjutnya, pilih just boot dari menu dan ikuti instruksi selanjut-nya untuk memposisikan iPhone ke DFU mode sekali lagi untuk booting. *

Page 17: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

APLIKASI24 - 30 Mei 2013

APAKAH Anda sudah mendapatkan An-droid smartphone terbaru Samsung Galaxy S4? Jika sudah, sekarang saatnya Anda memberanikan diri rooting Galaxy S4.

Seperti dikutip dari cultofandroid/gopego, cara rooting di bawah ini adalah untuk Gal-axy S4 versi internasional (I9500) dan versi Korea (SHV-E300S/K) yang menggunakan Exynos 5 Soc. 1. Download Samsung USB Drivers, ODIN, CWM recovery. Setelah itu, silakan install USB drivers dan ekstrak konten ODIN rar file ke desktop komputer Anda. Jangan lupa pula untuk ekstrak tar file di dalam CWM recovery zip file ke desktop.

Catatan: Anda tidak perlu install USB drivers jika telah ada Samsung KIES di komputer Anda.

2. Jalankan ODIN, klik pada tombol PDA lalu pilih tar file yang sebelumnya telah

BLACKBERRY Messenger Channels atau BBM Channel adalah sebuah layanan terbaru dari BlackBerry yang diumumkan bareng ketersediaan BBM for Android dan iOS beberapa hari lalu. Seperti dikutip dari N4BB/Gopego, berfungsi sebagai ekstensi ala Tumblr untuk BBM, BBM Channels memiliki banyak fitur menarik, seperti dijelaskan di bawah ini:

Channel ProfileAnda bisa menampilkan personalised

channel profile untuk masing-masing BBM Channel termasuk tambahan konten yang membantu membawa channel sesuai keinginan Anda, seperti sebuah welcome message, image, map, dll.

Receive PostAnda bisa terus ter-update berbagai

informasi yang datang dari berbagai chan-nel yang telah Anda daftar sebelumnya. Anda akan otomatis menerima notifikasi

Cara ”Rooting” Samsung Galaxy S4tersebut dengan cara menekan tombol Power, kemudian pilih opsi root your phone (new method).

8. Setelah proses rooting selesai, reboot Galaxy S4 dengan cara navigasi dan pilih opsi reboot system now. Jika karena sebab tertentu rooting tidak berhasil, silakan ulangi langkah #6 dan #7, namun untuk kali ini pilih opsi root your phone (old method) di CWM recovery. Perlu dicatat bahwa saat Anda telah ber-hasil rooting Galaxy S4, Anda tidak akan bisa menerima OTA update langsung dari Samsung. Anda kemungkinan juga akan mendapatkan sebuah peringatan yang mengatakan sistem software dalam Galaxy S4 Anda telah terkontaminiasi. Jika muncul warning seperti itu, jangan hiraukan. *

Anda ekstrak di desktop dari CWM recovery zip file. Jangan ubah apapun pada setting ODIN.

4. Koneksikan Galaxy S4 ke komputer, tunggu sampai ODIN bisa mendeteksinya. Saat ODIN telah mendeteksi S4 Anda, akan ditampilkan sebuah random COM NO di dalam sebuah kotak putih.

5. Tekan tombol Start dan tunggu ODIN flashing custom recovery ke Galaxy S4. Setelah recovery selesai ter-flash, Galaxy S4 akan otomatis reboot.

6. Matikan Galaxy S4 sekali lagi. Kali ini reboot ke Recovery mode dengan cara me-nekan tombol Volume UP + Home +Power secara bersamaan.

7. Saat Galaxy S4 ada dalam recov-ery mode, gunakan tombol volume untuk navigasi ke opsi root your phone. Pilih opsi 3. Matikan Galaxy S4, masukkan kem-

bali baterai. Nyalakan Galaxy S4 dalam download mode dengan cara menekan 3 tombol Volume DOWN + Home + Power secara bersamaan. Selanjutnya Anda akan disambut dengan sebuah peringatan mengenai sebuah custom OS. Lanjutkan dengan cara menekan tombol Volume UP.

24 - 300 Mei 2013

BBM Channels, Kenali Fiturnya dan ”Download” lewat BlackBerry Beta Zone

ketika ada postingan baru lalu bisa Anda pilih apakah Anda ingin menerima notifikasi lanjutan atau tidak.

Engagement OptionsAnda bisa bergabung dalam chatting

dengan komunitas favorit Anda. Caranya, tinggal berikan komentar dan like postingan yang ada di maing-masing channel yang telah Anda subscribe. Selain itu Anda juga bisa share postingan tersebut dengan BBM contacts.

ChatFitur ini belum tersedia di versi awal

BBM Channels tetapi nantinya Anda akan bisa menggunakannya untuk saling berkomunikasi antara subscriber via BBM. Dengan demikian, maka chat Anda dengan subscriber lain akan bisa lebih personal.

mua notifikasi yang ada di BBM Channel menggunakan tombol mute. Dengan tombol tersebut maka Anda akan bisa memilih secara tepat subscribed channel mana yang ingin Anda terima notifikasinya, mana yang tidak. *

DiscoveryFitur ini bisa Anda pakai untuk mencari

dan share komunitas favorit yang ada di BBM Channes. Undangan masing-masing channel bisa Anda share antar BBM contact atau add saja via PIN atau QR code. User Controls

Anda sepenuhnya bisa mengontrol se-

Page 18: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Tahap berikutnya adalah pada saat melakukan instalasi. Pastikan bahwa Anda meng-install Adobe Flash Player 11.1 sampai prosesnya selesai.

Untungnya, browser asli pada Jelly Bean masih men-dukung plug-in Flash Player tetapi ada pengaturan pada browser yang harus disesuaikan agar browser asli dapat menampilkan konten Flash yaitu dengan cara memberi-kan akses plug-in pada browser. Caranya bisa dilakukan sebagai berikut:

Buka browser asli Jelly Bean pada smartphone Anda. Lalu tekan Menu dan pilih Settings

Setelah itu pilih bagian AdvanceCari ”Enable plug-ins”Ubah pengaturan menjadi “Always On” atau bisa juga “On Demand”

Jika Anda kurang menyukai browser asli dari Jelly Bean, Anda bisa menggunakan browser pihak ketiga lainnya seperti Dolphin Browser atau Firefox. Sayangnya, Google Chrome sama sekali tidak mendukung plug-in, jadi tidak ada cara lain untuk bisa menampilkan konten Flash pada Google Chrome. (Dikutip dari : http://droidmagzid.com/cara-install-flash-player-11-di-jelly-bean.html)

I Gede Krisna Putra AndianaSMA Dwijendra Denpasar

Banyak yang berpendapat keunggulan Android kar-ena mendukung Flash pada website. Namun sayangnya, dukungan itu tidak berlangsung selamanya. Versi tera-khir Adobe Flash Player yang masih berjalan adalah di Ice Cream Sandwich. Cukup mengejutkan bahwa hal itu mampu bertahan begitu lama sejak Adobe mulai berpikir untuk menghentikan dukungan tersebut ketika Ice Cream Sandwich baru akan dirilis.

Jelly Bean sangat mirip dengan Ice Cream Sandwich. Meski demikian, pihak Adobe telah menghentikan semua dukungannya secara resmi. Namun jangan khawatir, mung-kin masih ada sedikit harapan.

Meski aplikasi peng-install Flash juga telah ditiadakan dari Google Play Store, Anda bisa men-download aplikasi Flash versi terakhir yang ditujukan untuk sistem operasi Ice Cream Sandwich.

Pertama download dahulu aplikasi peng-install Flash langsung dari smartphone Anda dari situs:

http://download.macromedia.com/pub/flashplayer/install-ers/archive/android/11.1.115.17/install_flash_player_ics.apk

Setelah di-donwload, lanjutkan dengan proses peng-install-an file tersebut yang bernama “install_flash_player_ics.apk”. Jangan lupa berikan tanda centang pada peng-aturan aplikasi di smartphone Anda.

Gunakan Mode ”Shooting & Scene” yang Berbeda BlackBerry Z10 memiliki banyak opsi yang mampu membantu Anda menciptakan foto sempurna kapanpun Anda membutuhkan-nya. Jadi, setelah mengaktifkan kamera, pastikan Anda mengerti semua opsi yang dihadapkan di screen BlackBerry Anda.

Tips BlackBerry 10: KameraSUDAHKAH Anda bermain-main dengan kamera di BlackBerry 10 hand-

set? Jika belum terlalu jauh menjelajahinya, kini saatnya Anda melakukan-nya dengan mencoba tips di bawah ini. Seperti dikutip dari gopego, tips ini ditulis Ty Willimas dari InsideBlackBerry, berisi 5 tips dan trik untuk peng-gunaan kamera BlackBerry 10. Apa saja?

Ubah Focus Box Kapan pun Anda menggunakan kamera di perangkat BlackBerry 10, Anda akan melihat sebuah kotak muncul di screen. Itu adalah focus box yang bisa Anda manfaat-kan untuk mengatur fokus. Caranya, drag atau pindahkan kotak tersebut sehingga akan bisa berpusat pada subjek yang ingin Anda jadikan fokus (bagian paling tajam dari foto).

Preview Cepat Selain tap pada thumbnail foto yang ada di bagian pojok kiri bawah untuk melihat tampilan sebuah foto, Anda bisa melaku-kannya dengan cara lain yang lebih cepat. Untuk mengecek pas tidaknya sebuah foto dengan keinginan Anda, Anda bisa touch & hold thumbnail foto yang Anda inginkan lalu ikuti dengan menggerakkan jempol Anda ke atas atau ke kanan. Saat Anda melakukan-nya, Anda akan bisa melihat ukuran thum-nail membesar sehingga Anda bisa melihat foto dengan lebih jelas.

Copy Foto ke Komputer Windows/Mac Menggunakan BlackBerry Link

Cara paling mudah dan cepat untuk mengakses, sinkronisasi, share dan mengatur semua foto, musik, video dan file lain baik menggunakan Wi-Fi atau USB adalah dengan memanfaatkan BlackBerry Link. Jika Anda telah install

software tersebut maka sekaranglah saatnya Anda memanfaatkannya untuk memudahkan mengatur file-file Anda yang tersimpan di perangkat BlackBerry 10. Selain untuk keperluan di atas, BlackBer-ry Link juga bisa Anda pakai untuk back-up BlackBerry. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan backup BlackBerry 10 handset paling tidak sebulan sekali. Yang tak kalah penting, Anda bisa me-makai BlackBerry Link untuk copy files dari/ke BlackBerry smartphone meng-gunakan koneksi Wi-Fi. Dengan cara itu maka mengakses dan mengatur seluruh file media akan terasa mudah.

Media Sharing Beragam file media (foto, musik, video) bisa Anda share wirelessly dari perangkat BlackBerry 10 ke perangkat yang memiliki dukungan DLNA, seperti komputer, televisi, dll. Untuk bisa melakukannya, silakan ikuti langkah di bawah ini:

- Tap Setting, pilih Media Sharing - Aktifkan Share Picture dengan memilih On

- Tap Device dan pilih checkbox yang ada di sebelah tiap perangkat yang ingin Anda berikan akses ke media files. Untuk menghentikan sharing, hilangkan centang di checkbox. - Tap Back untuk menyimpan peng aturan. *

Sebagai contoh, selain shooting mode Normal, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan shooting mode Stabiliza-tion dan Burst. Stabilization bisa Anda pilih jika Anda merasa tidak bisa cukup tenang saat memotret atau tangan yang kerapkali bergetar. Di sisi lain, Burst bisa Anda pakai untuk menangkap moment action, seperti

saat ada anjing berlari menangkap bola tenis, atau teman Anda yang tengah melompat ke kolam renang.

Selain shooting mode, Anda juga memiliki banyak opsi lain dalam Scene Mode, seperti Action, Whiteboard, Night and Beach dan Snow.

Untuk bisa men-gakses opsi di atas, tap pada ikon berbentuk 3 titik yang ada di bagian sudut kanan bawah dan ubah setting sesuai keinginan Anda.

FLASH merupakan salah satu dari banyak keuntun-gan pada Android, karena tidak ada sistem operasi mo-bile yang benar-benar memungkinkan konten Flash secara penuh pada perangkat mobile. Hal ini tentu saja, karena ada Flash versi Lite di smartphone tipe lama sep-erti perangkat Windows Mobile PDA atau Symbian, namun itu sesungguhnya kondisi itu jelas berbeda.

Page 19: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

PADA acara yang sama seperti pengumuman kehadiran BBM di iOS dan Android yaitu BlackBerry Live Event di Orlando, Florida, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengumumkan bahwa kini toko aplikasi BlackBerry World sudah

PANASONIC belum lama ini telah mengumumkan produk pem-baruan dari salah satu produk tablet miliknya yaitu Toughbook H2. Seperti dilansir Engadget, tablet dengan OS Windows 7 tersebut diperkuat, ditingkatkan kecepatan prosesornya, serta ditambah memorinya.

Toughbook H2 versi baru ini memakai chip Intel Core i5-3427U 2.8 GHz dan ditingkatkan kapasitas hard drive-nya dari 320 GB ke 500 GB dengan chasis campuran polikarbonat-magnesium. Tough-book 2 baru ini juga memiliki standar ketahanan MIL-STD-810G1 sehingga bisa tahan jika jatuh dari ketinggian 6 kaki serta tahan cuaca dengan sertifikasi IP651. Panasonic juga meningkatkan daya tahan baterainya menjadi hingga 7 jam

ditambah peningkatan koneksi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n bersama Bluetooth

4.1+EDR.Panasonic juga menyediakan

beberapa add-on, seperti scan-ner barcode, pembaca smart card, 3G dari Gobi, LTE,

hingga GPS. Bahkan, juga disediakan model yang memiliki sertifikasi MIL-STD-461F sehingga terproteksi dari gelom-bang elektromagnetik.

Untuk memilikinya, diperlukan budget sebesar

3.349 dolar AS untuk versi standar. Toughbook H2 ini memiliki garansi internasion-

al selama 3 tahun. *

DESAS-desus peluncuran smartphone terbaru Lenovo terjawab, setelah perusahaan Cina mengungkapkan merilis ponsel pintar terbarunya Lenovo K900.

Berita mengenai rencana peluncuran K900 itu dirilis blog teknologi GSM Dome, belum lama ini, mengutip banner baru yang dipublikasikan Lenovo di minisite K900.

Lenovo K900 menggunakan prosesor Intel Atom Z2580 Clo-ver Trail, dengan layar sentuh Full HD, dan dibalut cangkang metal yang cantik.

Dengan peluncuran Mei, berarti empat bulan setelah K900 pertama kali dikenalkan dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013 pada Januari lalu.

Lenovo K900 kemungkinan akan dijual seharga 500 dolar dan sejumlah kalangan menilai desainnya mirip dengan Asus PadFone Infinity.

Lenovo yang bermarkas di Beijing, sekarang mempekerja-kan lebih dari 27 ribu karyawan di lebih 60 negara dan me-layani konsumen di lebih 160 negara. *ant

BlackBerry World Jadi Rumah bagi 120.000 Aplikasi

memiliki koleksi 120.000 aplikasi yang terdiri atas aplikasi native BlackBerry 10 dan aplikasi porting dari Android.

Seperti dilaporkan BGR, platform ini terus melanjutkan perkembangan yang stabil, di

mana akhir-akhir ini telah berhasil menambahkan 20.000 aplikasi da-lam waktu kurang dari dua bulan.

Meski begitu BlackBerry 10 masih terbilang ketinggalan dari platform lain dalam hal aplikasi berkualitas. Berdasarkan laporan terakhir, aplikasi portingan Android telah mengisi sekitar 20 persen dari konten yang ditawarkan BlackBerry World, di mana konten lainnya dinilai sebagai aplikasi web berkualitas rendah. Aplikasi populer seperti Instagram bah-kan masih absen di platform ini. Faktanya, BlackBerry 10 hanya mampu memberikan 34 persen dari aplikasi-aplikasi populer yang ditemukan di Android dan iOS. *

Lenovo Luncurkan ”Smartphone” K900

Saingi Pesan Instan, Telkomsel Pertahankan Konten Musik

OPERATOR selular Telkomsel mengaku mem-pertahankan konten-konten dan aplikasi musik untuk menyaingi gempuran aplikasi pengiri-man pesan instan gratis di berbagai sistem operasi selular.

“Tren aplikasi saat ini memang lebih banyak pesan instan dan me-dia jejaring sosial, serta musik, film, dan permainan digital terutama dari para pengembang lokal,” kata Head of Digital Lifestyle Group Telkomsel, Marina Kacaribu, di Jakarta, belum lama ini.

Marina mengatakan, koleksi konten musik Telkomsel di layanan Langit Musik mencapai lebih dari 800 lagu yang bekerja sama dengan aplikasi musik Melon.

Selain konten dan aplikasi musik, Telkomsel juga melirik potensi konten lain seputar informasi lokal seperti

lokasi pariwisata dan wisata kuliner.“Untuk ponsel-ponsel berfitur (dengan

jaringan 2G) kami tetap sediakan konten berba-sis pesan singkat (SMS) dan konten berbasis portal WAP seperti gambar latar (wallpaper),” kata

Marina.Persentase pengguna produk kartu selular

Telkomsel pada kuartal pertama 2013 yaitu kartu AS 58 persen, Simpati 40 persen, dan Kartu Halo dua persen. *ant

ngaku memm -asi musik engiri-sssstemttemt

mama ini.n musikncapai lebih

lololokloklokokokoklokoko aasi pariwisata dan wiwiwiiiiisatsatsatsatatattttsattsatsatsatsatsatsasatsasatsaa a kka kka ka aaaaa kkuuuuliulinnneeerr.““Untuk ponsel-ponsel berfitutuur ((((r (r (r (r (rr (r ((((ddeendenndddddddd ggagan

jaaringngganaan n n 2222G) kami tetap sediakan konten berbabrba-sis pepeesssasan singkat (SMS) dan konten berbasis porortataltalal WAP seperti gambar latar (wallpaper),” kata rr

MarMarriinina.

Panasonic Toughbook H2 Diperbarui

Makin Tangguh dan Tambah Memori

cuaca dengan sertifikasi IP651. Panasonic jugdaya tahan baterainya m

ditambah penin802.11 a/b/g/

4.1+EDR.Panaso

beberapaner barcard, 3

hinggdismStb

diperl3.349 dolar A

Toughbook H2 ini memilal selama 3 tahun. *

Pelanggan Tiga Operator Selular bisa Kirim Uang Elektronik

TIGA operator selular di Tanah Air, yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berkolaborasi dengan inovasi layanan e-Money Interoperability atau pengiriman uang elektronik lintas operator yang diluncurkan di Gedung Thamrin, Bank Indonesia, Jakarta.

“Ke depan, diharapkan makin banyak operator selular dan bank yang mengikuti jejak untuk berinovasi sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat secara luas,” kata Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution saat peluncuran layanan

tersebut di Jakarta, belum lama ini.

Darmin mengatakan,

inovasi tersebut tidak saja

memberikan nilai tambah bagi kemajuan industri sistem pembayaran dan perbankan, tetapi juga mendukung per-ekonomian dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia.

Manfaat yang bisa dinikmati pengguna selular dengan layanan pengiriman uang elektronik lintas operator itu antara lain pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel.

Sebelumnya, ketiga operator selular itu sudah memi-liki layanan pengiriman uang elektronik, yaitu TCASH (Telkomsel), Dompetku (Indosat) dan XL Tunai (XL Axiata). Dengan adanya kolaborasi itu, pelanggan ketiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta bisa saling mengirim uang elektronik.

Peluncuran program kolaborasi dilakukan ketiga pimpinan operator selular tersebut disaksikan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, Menteri Komu-nikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Bambang Brodjonegoro

Pihak operator selular menyambut baik dukungan Bank Indonesia yang dianggap dapat mempercepat perluasan layanan uang elektronik di Indonesia. Layanan itu secara tidak langsung akan mening-katkan customer experience dan loyalitas

pelanggan, terutama di era digital saat ini.“Kemajuan teknologi di era digital merupakan

tantangan bagi Telkomsel. Hadirnya inovasi terbaru dari kolaborasi ini diharapkan meningkatkan animo dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan uang elektronik,” kata Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga mewakili ketiga operator. *ant

,tsaat l lpeluncuran layanan

tersebut di Jakarta,belum lama ini.

Darmin mengatakan,

inovasi tersebuttidak saja

liki la(TelkAxiatoperameng

PpimpBanknikasKepaBrod

Pdudauitk

pela“K

tantadari kdan kelektSinag

Page 20: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

SEJAK kabar pertama kehadiran dari Windows RT, banyak pihak yang kurang antusias melihat masa depan dari platform terbaru Microsoft tersebut.

Seperti dilaporkan Phone Arena, Windows RT kurang terlihat sebagai platform jika dibandingkan dengan Windows Phone, dan tidak memiliki dukungan panjang jika diband-ingkan dengan Windows 8.

MOZILLA Firefox 21 kini sudah tersedia untuk diunduh. Browser terbaru Firefox itu sudah bisa dicicipi pengguna Win-dows, Mac, dan Linux melalui server FTP Mozilla.

Seperti dilansir The Next Web, sementara versi Firefox 21 untuk Android masih menunggu kehadirannya di Google Play Store saat diluncurkan beberapa jam lagi.

Seperti dikutip dari The Next Web, perubahan utama Firefox 21 di versi desktop ada tiga, yakni Do Not Track (penambahan opsi saat ditanyakan track), penambahan saran sistem untuk meningkatkan waktu startup, dan implementasi Firefox Health Report. Sementara untuk versi Android dikatakan ada pemba-ruan antarmuka berbasis Holo, kemampuan penyimpanan file media, dan beberapa peningkatan dan perbaikan bug.*

LENOVO Cina baru saja memperkenalkan seri ThinkPad X230s, sebuah laptop premium dengan chasis serat karbon dan prosesor Core i7. Laptop tersebut merupakan penerus dari ThinkPad X230 yang dirilis tahun 2012 lalu.

Seperti dilaporkan Engad-get, Lenovo ThinkPad X230s memakai layar 12 inci, dengan bobot hanya 1,28 kilogram dan tebal 17,7 milimeter. Di dalam-nya terdapat RAM 8 GB ditambah SSD 240 GB atau HDD 1 TB.

Selain itu juga dileng-kapi dengan fingerprint reader, webcam 720p, serta keluaran VGA dan Mini DisplayPort, ditambah 2 port USB 3.0 dan papan ketik dengan backlight.

Jika melihat bocoran yang terungkap di bulan Januari lalu, ThinkPad X230s memakai layar resolusi 1366 x 768 piksel. Harganya di Cina adalah 7399 yuan atau sekitar 1200 dolar AS. Belum diketahui apakah laptop Windows 8 ini akan dipasarkan di luar Cina. *

Mungkin karena hal tersebut ana-lis memprediksi bahwa Windows RT tidak memiliki masa depan alias tidak akan bertahan lama.

Wes Miller dari Directions, mengatakan bahwa ia tidak meli-hat Windows RT akan memiliki ke-langsungan hidup jangka panjang karena ekosistem aplikasi untuk platform tersebut kurang kuat untuk menarik pengguna. Semen-tara analis asal Gartner, Carolina Milanesi mengatakan, dirinya

tidak menduga bahwa Windows RT akan menjadi kompetitor kuat untuk iOS dan Android. Analis mengatakan bahwa Microsoft akan mencoba untuk mengang-kat perangkat Windows RT yang beroperasi dengan prosesor Tegra 4 setelah Windows 8.1 dirilis, namun melihat penjualan yang sekarang ini tampaknya masa depan perangkat dengan platform tersebut tidak akan panjang.

*

Analis tak Melihat Windows RT Memiliki Masa Depan

Firefox 21 Sudah bisa Dicicipi Pengguna Windows, Mac, dan Linux

Lenovo Perkenalkan ThinkPad X230s

Laptop Serat Karbon Tipis Berlayar 12 Inci

HP Umumkan Split x2 dan SlateBook x2

Laptop Hibrid Windows dan AndroidHP baru saja mengumumkan dua model

laptop/tablet hibrid terbaru yaitu Split x2 dan Slatebook x2, masing-masing menggunakan sistem operasi Windows 8 dan Android. Kedua gadget tersebut memiliki layar yang bisa dilepas dari dock papan ketik fisik sehingga berubah dari laptop menjadi tablet.

Seperti dilaporkan GSM Arena, Split x2 meng-gunakan layar IPS LCD 13,3 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Di dalamnya terpasang chip

Intel Core i3 atau i5 generasi ketiga dengan RAM 2 GB dan SSD

128 GB yang bisa diganti dengan HDD 500 GB.

HP Split x2 memiliki kamera

belakang 8 MP dan kamera depan 1080p,

ditambah 2 speaker dengan Beats Audio, slot SD/microSD, port HDMI, USB

3.0, dan USB 2.0. Ukuran tablet dan dock keyboard-nya adalah 339,9 x 229,9 x 23,4 mm dengan bobot 1,9 kilogram.

Sementara itu, HP SlateBook x2 memiliki layar IPS 10,1 inci dengan resolusi 1080p. Di dalamnya terpasang chip Tegra 4 (4x 1.8 GHz Cortex-A15, RAM 2 GB) dan menggunakan OS Android 4.2.2.

Penyimpan internalnya berukuran 64 GB yang bisa diekspansi melalui slot kartu SD. Di bagian belakang SlateBook x2 terpasang kamera 1080p sedang di bagian depan terpasang kamera 720p. HP juga memasang speaker stereo dengan DTS+ sound, port HDMI dan USB 2.0. SlateBook x2 memiliki dimensi 285 x 212,1 x 20,3 mm den-gan bobot 1,4 kilogram.

Kedua gadget memiliki baterai ganda, masing-masing di satu di tablet dan satu di dock papan ketiknya, meski HP tidak mengungkapkan daya tahan masing-masing baterai.

HP Split x2 akan dijual dengan harga mulai 800 dolar AS, sedangkan HP SlateBook x2 akan dijual dengan harga 480 dolar AS. Kedua harga sudah termasuk tablet dan dock. Kedua gadget akan tersedia mulai bulan Agustus.

*

HP Umumkan Split x2

Laptop Hibrid WHHP baru saja mengumumka

laplaptop/tatablet hibrid terbaru yaitSlaSS tebbooko x2, masing-masing sistemtemtem operasi Windows 8 dangadadadgetge tersebut memiliki layar dardarardadadaaaa iii docckk pap pann ketik fisik sehkklaplaplaplaplalaplapalaptotoptoptoptttotoppop meme m njadi di tabletletet.

SeSepSepSepSepSepSSeSepee errrtrerr i ddilailalaporrrkankankank GG GSM Aregunnnnnngunnnngung ng nnnakaakaakakakakakakaaaaaan layaayay r IPS PS PS SPP LCLCLCD 13,3 in11136363363 6 6 6 x6 x66 777676767676767676767676776777767768 88 p8 8 8 8 88 8 888888 iksksskssksssssskksksksksskksksel.el.lel.el.eeleeleeeeeel DD DiD dalamnya

tttIntIntttIntel elleleeeee CorCorCorCoCorCoC e ie iiiiiie e 33 atau i5 gendddendendendenenedendenenendendeneneneneeene ganggggggg RAM 2

1281282 GBdendendedededendendendendendenene

mmmmmmbelbelbelbelbb aaa

dandada kakamermdititditditditditditditditditdititttdi ambambambambambmbmbamaaaaaaaaaa ahah ah ah aa 222 2 spess ak

AudAAudAudAudAudAuAAuuAA io,io, sl slslslsls otototot ototto SD/SD/SD/SD/SD/SS /micmicmicmicmm roSrororo D33.3.33...03..3. , ddan USBUSBUSBUSBUSBBBBUSUSUSU 22. 2. 2. 2. 2.0. 0. 0. 0. UkuUkUkUkuUkukuUUkuranranr ta

keykeykekkekekekekekkkk boaaaaaaaaaaaaaard-rd-rd-rd-d-rd-r nyanyanyanyanyanyanyayayanyannnnyannyaa aadaaad adadaaaaa alaalaalaalaalaalaalaalaalaa h 3h 3h 3h 3hh 333h 33h 3h 33h 333333h 333939,39,39,33939339393333939999 9 x9 x9 x9 x9 x9 222 2 22dddededendendendddedddddddendd gangangangaggggagg b bobobbbobobbbob botbobotbotbotbobobobboboo 1, 1,,,,9 k9 k9 k9 k9 kkk9 k99 k9 k9 kkkkiloiloiloiloiloiloiloilooiiloologragragragragraragragrar m.m.m.mm.m...

Page 21: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

PEMBUAT komputer tangguh bernama Getac dikabarkan baru saja meramaikan pasaran dengan menghadirkan Getax X500 Server yang merupakan model notebook mobile server tangguh terbaru yang seukuran tas dan dapat dijinjing untuk dibawa kemana saja sehingga ideal digunakan untuk pekerjaan/kegiataan yang menuntut kinerja dan mobilitas yang tinggi seperti pusat komando mobile pada militer, badan tanggap darurat bencana dan lain sebagainya.

Seperti dilansir berita teknologi, ketangguhan fitur yang diusungnya, membuat Getax X500 Server ini telah lulus uji kelayakan dan me-nyabet sertifikasi standar MIL-STD 810G, IP65 dan MIL-STD-461F. Terlebih berkat chasing magnesium alloy yang ada, membuat perangkat tangguh ini dapat terlindungi dan memiliki ketahanan terhadap air, debu, guncangan/benturan dan bahkan temperatur ekstrem seka-lipun seperti dingin, panas ataupun kelembaban.

Notebook Mobile Server Tangguh besutan Getac ini dibekali fitur layar LED 15,6 inci dengan dukungan resolusi Full HD (1920 × 1080 piksel) dan 800 NITs QuadraClear Sunlight-Readable. Se-mentara untuk menun-jang performa sistem di dalamnya, notebook ber-basis Windows Server 2012 ini telah didukung sepenuhnya oleh proces-sor Quad Core Intel Core i7 820QM 1.73 GHz yang dikolaborasikan dengan RAM 16 GB plus GPU NVIDIA Ge-Force GT330M sebesar 1 GB.

Dukungan hard-disk 500 GB dan casis

“Setahu saya bukan Windows 8 yang diperbarui. Itu (Windows Blue) hanya nama kode saja,” kata Lucky, belum lama ini.

Microsoft Indonesia, menu-rut Lucky, belum mendapat informasi terkait Windows Blue dari kantor pusat Microsoft di

SISTEM operasi komputer terbaru Microsoft yaitu Windows Blue bukanlah versi baru Windows 8. Hal itu diungkapkan Business Group Lead Windows Microsoft Indonesia, Lucky Gani.

Windows Blue bukan Windows 8 Versi Baru

Redmond Washington AS, ter-masuk kepastian kehadiran sistem operasi itu untuk Indonesia.

Sebelumnya, Wakil Presiden Korporat Microsoft Windows, Julie Larson-Green, menyebut Win-dows Blue akan hadir akhir 2013 setelah tampilan awal sistem op-

erasi itu diperlihatkan kepada para pengembang di konverensi Build pada akhir Juni mendatang.

Larson-Green, dalam blog resmi Windows, menyebut Windows Blue sebagai sebuah sistem operasi yang memung-kinkan aplikasi-aplikasi beroperasi bersama-sama secara mulus dan mengumpulkan semua aplikasi yang digemari pengguna tepat di sentuhan jari.

Microsoft memang belum resmi memperlihatkan Windows Blue, tapi sejumlah tampilan yang mengindikasikan sistem operasi itu muncul di internet berupa layar pengguna antar-muka Windows 8 yang disertai tombol Start. *ant

Getac X500 Server

Notebook Mobile Server Tangguh Berbasis Windows Server 2012

Sunlight-Readable. Se-mentara untuk menun-jang performa sistem di dalamnya, notebook ber-rrbasis Windows Server 2012 ini telah didukung sepenuhnya oleh proces-sor Quad Core Inten l Core i7 820QM 1.73 GHz yang dikolaborasikan dengan RAM 16 GB plus GPU NVIDIA Ge-Force GT330M sebesar 1 GB.

Dukungan hard-dddisk 500 GB dan k casis

ekspansi RAID tambahan yang mampu menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 5TB den-gan dukungan untuk konfigu-rasi RAID tingkat 0, 1 dan 5 sebagai solusi penyimpanan andalnya. Selain didukung 802.11b/g/n Wi-Fi dan blu-etooth, notebook tangguh berukuran 410 x 290 x 119 (mm) dan bobot 8,6 kg ini juga telah menyediakan dua port Gigabit Ether-net dengan Ethernet pengendali independen untuk clustering, load bal-ancing dan toleransi kesalahan.

Tak hanya itu saja, perangkat mobile server andal ini juga dileng-kapi fitur pendukung lainnya yang mencakup tiga port USB 2.0, sebuah USB/eSATA port combo, LED-backlit membran keyboard dengan numeric pad, dua port D-sub seri 9-pin, Intel® vPro™ Technology, TPM 1.2, Fingerprint Scanner, Smart Card Reader, Kensington Lock , AC Adapter (150W, 100-240V, 50/60Hz), Li-Ion Smart Battery (8700mAh), dan Media Bay-2nd Li-Ion Smart Battery. *

Lenovo ThinkPad S431

Notebook 14 Inci ”Touchscreen” Windows 8 yang bisa Terbuka 180°012

han yangang kapasasitas

5TB B den-oonfinfigu-dan 5 papanan an kkunkunkunng ggblu-

guhguh 1111999

gg in inii aan n-

n bal-llese alahhan.peerangkgkatjjugauga dilenengg-

ainnnyanya yang gSSB 22.0,0 se s buah

do s 8 ya g b sa

BELUM lama ini Lenovo dikabarkan telah memperluas lini ThinkPad Series dengan sebuah model notebook unggulan terbarunya yang mengusung desain elegan dan berlayar sentuh. Inilah model notebook unggulan terbaru yang dikenal sebagai Lenovo ThinkPad S431 yang mengoptimalkan pengopera-sian Windows 8 dan sangat ideal untuk menun-jang kegiatan usaha kecil.

Seperti dikutip dari berita teknologi, Lenovo

ThinkPad S431 ini didukung sepenuhnya kean-dalan processor Intel Core generasi ketiga (3rd gen) yang dikolaborasikan dengan RAM 8 GB plus harddisk 500 GB. Meski dibesut bezel super tipis, notebook ini sanggup mengemas layar LCD 14 inci dalam bingkai 13 inci dan bodi yang lebih kecil. Keberadaan dukungan panel layar sentuh multitouch memungkinkan pengguna untuk men-goperasikan perangkat hanya lewat sentuhan jari, sedangkan dengan dukungan pola buka laptop hingga sudut 180 derajat memungkinkan peng-guna untuk menggunakan laptop dalam mode yang berbeda.

Keyboard backlit 6 baris yang ada berisi tombol pintas untuk mengoptimalkan pengoperasian Windows 8 dan lima tom-

bol ClickPad yang dilapisi permukaan kaca untuk sentuhan halus dan mendukung gera-

kan pada Windows 8. Tak hanya itu saja, laptop terbaru ini juga telah didukung teknologi Onelink Lenovo yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan laptop ke ThinkPad Onelink Dock dengan kabel tunggal untuk mendedikasikan video, plus port USB 3.0 dan gigabit Ethernet.

Lenovo ThinkPad S431 ini kabarnya bakal segera dilepas ke pasaran pada bulan Juni men-datang dengan kisaran harga mulai dari 699 dolar AS atau setara Rp 6,8 jutaan per unitnya, sedan-gkan ThinkPad Onelink Dock sendiri baru akan dirilis sekitar tanggal 21 Mei mendatang. *

Alasan di Balik Kampanye Penghentian Windows XP

MICROSOFT Indonesia perlu satu tahun mengkampanyekan akhir dukungan sistem operasi Windows XP dan program Of-fice 2003 ke para penggunanya, terutama segmen usaha kecil menengah (UKM) dan perusahaan besar.

“Windows XP masih dipakai para peng-guna UKM dan perusahaan besar karena stabilitas operasinya, bahkan ketika Windows Vista diluncurkan,” kata Business Group Lead Windows Marketing & Operation PT Microsoft Indonesia, Lucky Gani, di Jakarta, belum lama

ini.Microsoft akan benar-benar men-

gakhiri dukungan keamanan Windows XP pada 8 April 2014 yang semestinya sudah berakhir pada 14 April 2009.

Dalam situs resminya, Microsoft In-donesia menyebut empat dampak yang

akan dihadapi para pengguna Windows

XP jika tidak beralih ke sistem operasi terbaru, Windows 8.

Empat dampak tersebut yaitu risiko keamanan dari serangan virus, malware, dan spyware, ke-tiadaan dukungan teknisi Microsoft baik lewat sa-luran telepon atau dalam jaringan (online), risiko kegagalan sistem (down time), dan ketiadaan software pendukung.

Lucky mengatakan, peralihan pengguna Windows XP ke sistem operasi terbaru di segmen UKM dan perusahaan besar membutuhkan waktu lebih lama dibanding segmen konsumen individu yang cenderung telah beralih ke Windows 7. *ant

mpanye mpammppanye anynyeye owdodowsowws XPXPXP

Page 22: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

INTERNET 24 - 30 Mei 2013

MICROSOFT baru saja meng-update aplikasi YouTube untuk Windows Phone, dan perubahan tersebut langsung memancing masalah baru dengan Google. Seperti dilansir theverge/gopego, menurut bocoran surat yang didapatkan The Verge, Google baru saja meminta Microsoft untuk segera menghapus aplikasi YouTube untuk Win-dows Phone, serta menonaktifkan download untuk aplikasi tersebut. Google mengeluh bahwa aplikasi YouTube tersebut kurang agresif dalam menampilkan iklan, sebuah hal yang menjadi pelanggaran berat untuk aturan main dari API YouTube dari Google.

Microsoft kabarnya memang nekat untuk membuat aplikasi YouTube sendiri, tanpa seizin Google, dan tampilannya malah memblokir tampilan iklan dalam tiap konten video. Selain berdampak negatif pada pemasukan utama Google, para pencipta konten pihak ke-3 juga ikut dirugikan karena absennya AdSense. Tak hanya itu, aplikasi YouTube untuk Windows Phone juga memungkinkan penggunanya men-download video yang diputar.

Microsoft sebelumnya telah mengeluhkan sikap Google yang dinilai kurang kooper-atif dengan tidak memberikan akses pada metadata YouTube. Membalas pernyataan tersebut, CEO Google Larry Page mengatakan bahwa perusahaannya kesulitan meng-hadapi orang-orang di Microsoft yang cenderung bersikap negatif terhadap perkem-bangan teknologi. *

Merasa Terancam, Facebook Blokir Aplikasi Social Roulette

PERNAHKAH Anda mendengar nama Social Roulette? Ini adalah sebuah aplikasi Facebook yang menirukan permainan Rusia Roulette dalam kehidupan nyata dengan menghapus akun pengguna. Seperti dilansir news.cnet, Social Roulette yang diluncurkan belum lama ini memberikan kesempatan pada pemain untuk menghapus akun Facebook mereka sendiri. Ya, sebut saja ini adalah suatu bentuk bunuh diri sosial.

Nantinya, jika pengguna kalah (atau menang, ter-gantung pada tingkat putus asa dengan jejaring sosial), aplikasi akan menghapus semua aspek akun peng-guna, termasuk posting, likes, foto dan koneksi teman, sebelum pada akhirnya menonaktifkan akun. Menurut deskripsi, aplikasi ini dimaksudkan bagi mereka yang mencari sensasi virtual. Pengguna akan mendapat-kan 5 kesempatan untuk tidak dihapus oleh aplikasi. Pengguna akan mendapatkan pesan yang di-posting di Timeline yang menunjukkan permainan dan apakah mereka selamat.

Jonas Lund, Jonas Jongelan dan dosen NYU, Kyle McDonald adalah kreator di balik aplikasi Social Rou-lette yang diciptakan hanya dalam beberapa jam saya. Namun, tampaknya tujuan diciptakannya aplikasi terse-

but bertentangan dengan tujuan Facebook yang ingin meningkatkan basis pengguna, sehingga berakibat pada diblokirnya aplikasi tersebut.

McDonald mengungkapkan, pihaknya mem-butuhkan empat jam untuk membuat proyek, dan perlu empat jam setelah peluncuran bagi Facebook untuk memblokir API key dan mem-batasi kemampuan untuk membuat aplikasi Facebook.

Aplikasi ini ditandai sistem otomatis untuk menciptakan pengalaman pengguna yang negatif. “Setelah diperiksa, mereka memutus-kan mereka tidak suka logo kami. Kami men-coba untuk mengikuti guideline, tetapi kami telah salah paham,” katanya.

Mengenai masalah ini Facebook menolak berkomentar. Perusahaan hanya mengatakan jika mereka bertujuan untuk melindungi pengguna. “Kami mengambil tindakan terhadap aplikasi yang melanggar kebijakan platform kami seperti tercantum di sini untuk mempertahankan pengalaman yang dapat dipercaya oleh pengguna,” ungkap seorang perwakilan Facebook dalam sebuah pernyataan. *

Desain Baru Google+ Mirip Facebook dan Pinterest

ADA cukup banyak produk baru maupun up-date layanan yang diumumkan pada konferensi tahunan Google I/O yang berlangsung di San Fransisco. Seperti dilansir mashable.com, salah satunya adalah redesain Google+.

Update yang diberikan Google untuk jejaring sosialnya tersebut meliputi desain baru yang ber-fokus pada image, mirip seperti layout Pinterest dan Facebook saat ini.

Terhitung sebanyak 41 fitur baru yang ditambahkan ke Google+ sebagai bagian dari upaya untuk membuatnya lebih pintar dan intuitif, tentunya dilengkapi dengan gambar yang lebih besar dan hashtag. Update ini juga menyertakan layout multi-kolom. Akan ada 2 atau 3 kolom, tergantung pada ukuran dan orientasi layar serta jenis perangkat yang digunakan.

Foto diletakkan di bagian tengah dan me-menuhi seluruh stream untuk memudahkan pengguna mengamatinya. Google juga menyerta-kan hashtag ke dalam stream. Google+ berusaha

mengidentifikasi dan mendaftar percakapan yang relevan, sehingga ketika Anda mengklik hashtag terkait, Google+ memungkinkan Anda untuk browsing konten yang terkait.

Untuk foto, tersedia sejumlah fitur yang akan meningkatkan pengalaman pengguna. Misalnya, Auto Awesome yang menggunakan satu set dari foto di library untuk menciptakan animasi GIF. Sementara itu Auto Backup yang juga dikenal dengan instant upload secara otomatis akan melakukan backup foto-foto mobile segera setelah diambil.

Untuk update filter, tersedia Auto Enhance untuk mengatur brightness, contrast, saturation dan lain-lain. Sementara Auto Highlight mem-bantu Anda untuk mengatur album dengan lebih mudah, misalnya dengan menduplikat, blurry effect, atau mengatur fokus. Bagaimana menurut Anda, apakah redesain Google+ kali ini tampak menyerupai Facebook dan Pinterest, atau mung-kin justru lebih baik dari keduanya? *

SELAIN menyatukan seluruh layanan chat & messag-ing mereka ke dalam Google Hangouts, Google juga siap menyatu-kan layanan mereka seperti Gmail, Google Drive dan juga Google+ ke dalam satu wadah. Seperti dilaporkan blog.gsmarena, penyatuan ketiganya siap dimulai beberapa minggu lagi, dan kapasitas penyimpanan cloud default dari ketiga layanan ini akan menjadi 15 GB.

Perlu dicatat bahwa jumlah 15 GB tersebut merupakan total jumlah yang bisa

digunakan untuk ketiganya, bukan masing-masing 15 GB. Jumlah alokasi kapasitas penyimpanan untuk masing-masing layanan akan bisa Anda bagi sesuka Anda, sesuai dengan tingkat kepentin-

gan ataupun frekuensi penggunaan Anda. Untuk melihat seberapa besar space yang telah Anda habiskan, cukup lihat di halaman Google Drive. Jika alokasi 15 GB gratis ini Anda rasa masih kurang, Anda bisa meng-upgrade-nya dengan tarif mulai 5 dolar AS per bulan untuk tambahan kapasitas penyim-panan sebesar 100 GB. *

Google Satukan Layanan Gmail, Google Drive dan Google+

Google Minta Microsoft Hapus Aplikasi YouTube for Windows Phone

Page 23: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

Battery Charger Bundle adalah opsi terakhir yang bisa Anda pilih selain sejumlah cara untuk menghemat baterai BlackBerry Z10. Saat membeli Battery Charger Bundle, Anda akan mendapat-kan sebuah portable charger dan sebuah bateri LS1 cadangan. Anda bisa mengisi baterai cadangan menggunakan charger bawaan BBZ10. Saat telah terisi, Anda bisa menggunakan baterai tersebut langsung di BBZ 10 Anda atau mengisi baterai BBZ10 melalui portable charger dalam Battery Charger Bundle. *

SEJAK peluncurannya tahun 2010 lalu, tablet Apple iPad langsung dipandang sebagai sebuah media yang sangat cocok untuk mewadahi kreativitas para desainer dan juga seniman digital, selama mereka tidak anti-teknologi tentunya.

Seperti dilansir adonit.net/gopego, aplikasi-aplikasi untuk kebutuhan menggambar pun mulai bermun-culan, dan Anda bisa menggambar dengan menggunakan ujung-ujung jari Anda, atau lewat tool lain.

Jika Anda merasa bahwa Anda lebih sreg ketika menggambar den-gan menggunakan perangkat yang bentuknya menyerupai pena, maka Adonit punya sebuah produk stylus baru yang sangat sesuai dengan selera Anda.

Adonit baru saja meluncurkan sebuah stylus baru yang ditujukan untuk para pengguna iPad yaitu Jot Touch 4. Stylus ini memiliki dukun-gan untuk 2048 tingkatan sensitivitas tekanan untuk menghasilkan garis yang natural. Stylus ini juga dileng-kapi dengan fitur palm rejection, jadi Anda bisa mengistirahatkan telapak tangan Anda di atas layar iPad. *

Lima Aksesori Keren untuk BlackBerry Z10

Menyetir mobil sambil menerima panggilan telepon, pasti bukan ide yang baik untuk diikuti. Oleh karena itu, untuk menga-mankan BlackBerry Z10 juga keselamtan Anda, Car Cradle menjadi aksesori wajib pertama bagi Anda. Ada banyak model Car Cradle untuk BlackBerry Z10 yang diperdagangkan, seperti

Windowshield Suction Mount, Car Cradle Holder dan Car Air Vent Cradle.

JIKA Anda sudah punya BlackBerry Z10 smartphone di kantong, kini saatnya Anda berburu aksesori terbaik. Ada banyak aksesori un-tuk BlackBerry Z10 yang beredar di pasaran. Ketimbang Anda repot-repot browsing, ada baiknya Anda mengikuti rekomendasi 5 aksesori terpopuler untuk Z10 di bawah ini seperti dikutip dari N4BB/Gopego.

Car Crradle untuk BlackBerry Z10 yangngg diperdagangkan, sepertiWinndowshield Suction MouM nt, Carar CCradle Holder

dan CaCar Air Vent Cradle.

Car Cradle

Ini adalah salah satu case keren untuk melindungi bodi BlackBerry Z10 Anda. Dibanding case lain yang menjadi-kan BBZ10 tampak lebih tebal, Nillkin Super Frosted Shield justru menjadikan BBZ10 Anda lebih elegan. Bahannya terbuat dari polikarbonat dan tersedia dalam sejumlah pilihan warna menarik.

alah satu caasse keren untuk i BlackBerryryy

anding casee lain

Nillkin Super Frosted Shield

Ini bukan sembarang case untuk BlackBerry Z10, karena Carbon Fiber Folio Leather Wallet mampu menyajikan fitur unik lebih dari sebuah case pada umumnya. Carbon Fiber Folio Leather Wallet bisa Anda fungsikan untuk case BlackBerry Z10, stan dan dompet untuk menyimpan sejumlah kartu pent-ing, seperti kartu ATM, kartu kredit dan uang.

Carbon Fiber Folio Leather Wallety Z10,

mpu daisa

an dan -

Screen Guard ini tidak hanya akan melindungi screen BlackBerry Z10 dari goresan tetapi juga mencegah orang lain mengintip display BBZ10 Anda. Pastinya tidak enak bukan ketika Anda tengah sibuk BBM-an atau browsing di BlackBerry Z10 sementara orang di sebelah Anda tahu apa yang tengah Anda ketik? Dengan privacy LCD Screen Guard, Anda bisa menghindari semua itu karena screen guard ini memberikan perlindungan pada screen BB10 sehingga mampu menyamarkan views dari sudut pandang selain Anda.

sa di 0 melaluiBundle. *

Privacy LCD Screen Guard

Battery Charger Bundle

Adonit Umumkan Jot Touch 4, Stylus Khusus untuk iPad

Page 24: Gadget Star. Bali Post. 24 - 30 Mei 2013

24 - 30 Mei 2013

ROVIO sepertinya punya banyak rencana besar. Sete-lah sempat hadir di layar kaca melalui seri kartun Angry Birds, kini developer asal Finlandia tersebut siap menyapa penggemarnya di layar lebar. Seperti dilansir Phone Arena/Gopego, Rovio akan merilis film Angry Birds untuk pertama kalinya.

Angry Birds memang fenomenal. Kesuksesannya bukan hanya didapatkan melalui game, melainkan juga beragam sektor lain, seperti merchandise bahkan taman bermain. Angry Birds dan Bad Piggies telah di-download sebanyak lebih dari 1,7 miliar kali. Dan untuk makin melipatgandakan kepopulerannya, Rovio bekerja sama dengan Sony Pic-tures untuk menghadirkan Angry Birds Movie di layar lebar.

Film Angry Birds akan mulai dirilis pada 1 Juli 2016, tersedia dalam format 3D, dengan diproduseri oleh John Cohen yang juga merupakan produser film populer “Despi-cable Me” bersama David Maisel. Rovio mengkonfirmasi hal ini melalui sebuah tweet yang dikirimkan baru-baru ini.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada bocoran infor-masi mengenai siapa yang akan menulis naskah film atau siapa saja yang berada di balik layar. Siapa pun itu, pasti-nya Anda penggemar Angry Birds sudah tidak sabar untuk menontonnya, bukan? *

KETIKA mendengar nama Rovio, mungkin yang terlintas per-tama kali adalah Angry Birds. Namun, developer Finlandia ini tentu tak hanya mengandalkan seri populer Angry Birds miliknya. Seperti dilansir digitaltrends/gopego, baru-baru ini Rovio kembali mengung-kapkan rencana pengembangan game miliknya dengan penerbitan, distribusi dan pemasaran aplikasi pihak ketiga.

Rovio Stars, nama program baru Rovio yang memungkinkan pengembang kecil untuk memanfaatkan pengalaman dan kecaka-pan pemasaran game populer seperti Angry Birds dan Bad Piggies. Game pertama yang akan dirilis melalui program Rovio Stars adalah “Icebreaker: A Voyage Viking” yang dibuat oleh Nitrome Ltd.

Tak hanya itu, kar- ena Rovio juga men-gumumkan game berikutnya yang akan dirilis, yaitu “Tiny

Thieft”, game petualangan abad pertengahan yang dibuat oleh 5 Ants. Dalam sebuah posting blog, direktur pengembangan Rovio, Kalle Kaivola mengatakan, pihaknya ingin membantu para pengem-bang untuk mempublikasikan game dan mendapatkan penggemar mereka. “Kami berfokus pada game dalam jumlah kecil,” katanya.

Rovio juga berencana untuk membantu pengembang dalam memoles game dan mengoptimalkan proses pasca-produksi. Program ini bekerja seperti halnya mentoring dengan para ahli di Rovio, dengan menunjukkan pada pengembang mengenai cara untuk membuat game mereka menjadi besar dan populer. *

GAMELOFT baru saja meluncurkan game terbarunya yang berjudul Blitz Brigade untuk perangkat Android. Blitz Brigade menawarkan permainan multi-player FPS (first-person-shooter) game dengan tampilan visual bergaya kartun.

Seperti dikutip dari Gopego, dalam permainan Blitz Brigade, Anda bisa memilih sebuah tim,

GAME The Sims 4 untuk PC dan Mac akan dirilis pada 2014, demikian disampaikan Maxis. Maxis mengumumkan itu setelah

Gandeng Sony Pictures, Rovio akan Rilis Film Angry Birds

Blitz Brigade, Multiplayer Action Game for Android

baik sebagai Axis atau Allies, dan memilih salah satu dari lima kelas Solider, Gunner, Medic, Sniper atau Stealth. Selanjutnya Anda dapat memilih 2 mode gameplay berbeda, baik Deathmatch (mem-bunuh semuanya) atau Domination (mengontrol pertempuran dalam waktu tertentu).

Blitz Brigade bisa dimainkan hingga 12 pemain online, tapi Anda

juga bisa bermain sendiri karena disediakan sebanyak 120 misi pelatihan. Dalam Blitz Brigade tersedia lebih dari 100 unit sen-jata dan 3 kendaraan berbeda untuk bertempur. Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Segera mulai pertempuran bersama teman-teman dari seluruh dunia dan tunjukkan bahwa tim Anda adalah yang paling tangguh. *

KETIKA mendengar nama Rovio, mungkin yang terlintas per-

BA

Kembangkan Sayap, Rovio Jadi Publisher Game Pihak Ketiga

Stars adalah “Icebreaker: A Voyage Viking” yang dibuatoleh Nitrome Ltd.

Tak hanya itu, kar- ena Rovio juga men-gumumkan game berikutnya yang akan dirilis, yaitu Tiny

The Sims 4 Dirilis 2014Electronic Arts (EA) mendaftarkan situs baru thesims4.com, belum lama ini. “Belum lama ini kami memberitahukan para penggemar

berat kami bahwa The Sims 4 siap diluncur-kan untuk PC dan Mac pada 2014,” demikian disampaikan Maxis seperti yang dikutip dari situs EA.

“Kesetiaan mereka pada franchise terse-but mengobarkan api

kreativitas pada tim di The Sims Studio, membuat mereka terus menerus mengembangkan dan menciptakan inovasi untuk salah satu game simulasi tersukses di dunia yang telah terjual lebih dari 150 juta kopi di seluruh dunia.”

Perusahaan tersebut ber-janji akan memberikan informasi lebih lanjut secepatnya dan mereka mengajak para penggemar untuk mengungkapkan rasa tidak sabar mereka di Twitter dengan menggu-nakan hashtag #TheSims4. *