gadget-star 6 - 12 juli 2012

24
Penerbit : PT Bali Post Nokia Keluarkan Aplikasi Kamera Ekstra Khusus untuk Seri Lumia Komputer dan Internet: Spam dari Cina Siap Mengintai Market: Samsung Berharap bisa Jual 10 Juta Galaxy S3 Tips dan Trik: Cegah BlackBerry Sedot Pulsa Aksesori: Casing iPhone Mampu Menahan Peluru Kaliber 50 Aplikasi: Perluas Pasar Bisnis dengan Aplikasi Smartphone Mingguan / 5 / Th 1 / 6 - 12 Juli 2012 / Harga Eceran Rp 5.000/Eks. Harga Langganan Rp 20.000/Bulan www.gadget-star.com / email: [email protected] Info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini Samsung Galaxy One, Tablet dengan Fitur Proyektor LG Optimus Me P350 Smartphone Android dengan Layar LCD Touchscreen 2.8”

Upload: gadget-star

Post on 18-Mar-2016

250 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Games24 6 - 12 Juli 2012

Penerbit : PT Bali Post

SETELAH beberapa waktu lalu Angry Birds Heikki mengalami penundaan, Rovio akhirnya melun-curkan salah satu versi terbaru dari game “Angry Birds” yaitu Angry Birds Heikki. Seperti dikutip dari ligaponsel, game ini didedikasikan untuk pembalap Finlandia.

Heikki Kovalainen yang telah menjalin sponsorship dengan Rovio. Kovalainen juga terlihat telah menawarkan merchandise limited edition di website miliknya berupa helm balap bertema Angry Birds, seperti yang memang per-nah ditampilkan sebelumnya.

Pada game Angry Birds Heiki, akan ditawarkan power up khusus yang diberi nama Heikki Power.

GAME yang cukup fenomenal dan pasti dikenal oleh sebagian besar gamers, Final Fantasy versi original kini dikabarkan telah tersedia untuk Windows Phone.

SMARTPHONE dan tablet saat ini memang sudah bisa memainkan game-game yang tadinya hanya hadir secara eksklusif di PC atau konsol game tertentu. Tampilan dari

Angry Birds Heikki Sudah bisa DimainkanHeikki Power sendiri dapat

digunakan untuk membantu me-maksimalkan skor pemain. Namun, untuk mendapatkan Heikki Power para pemain diharuskan untuk mengunjungi akun Facebook Kovalainen dan akan mendapat-kan sebuah kode untuk membuka Heikki Power.

Game Angry Birds dengan tema Formula 1 ini, dapat dimainkan di heikki.angrybirds.com. Untuk dapat memainkannya Anda harus register terlebih dahulu. Dan level-level yang berjumlah total 12, akan terbuka sesuai dengan jadwal yang dituliskan. Untuk saat ini hanya satu level saja yang dapat dimainkan. *

NYKO PlayPad dan PlayPad Pro, Gamepad untuk AndroidNYKO PlayPad dan PlayPad Pro, Gamepad untuk Android

dihubungkan ke smartphone atau tablet melalui koneksi bluetooth. Nvidia sendiri sudah memastikan bahwa kontroler game ini akan kompatibel dengan game-game yang dirilis di TegraZone.

NYKO PlayPad akan datang den-

gan ukuran kontrol NES yang terhi-tung cukup kecil, sementara NYKO PlayPad Pro hadir dengan desain ala konsol XBOX 360 dan PS3 yang jauh lebih besar. Sayangnya belum ada informasi mengenai harga dan tanggal rilis dari keduanya. *

game di smartphone atau tablet pun tidak kalah baiknya.

Tampilan game di konsol game konvensional. Tapi masalah yang hadir adalah kekurangnyamanan

memainkan sebuah game pada kedua perangkat tersebut.

Diakui ataupun tidak, memainkan game di perangkat layar sentuh memang kurang

nyaman. Karena alasan itulah, NYKO merilis dua kontroler

gamepad khusus untuk ponsel atau tablet Android. kontroler gamepad hasil kerja sama NYKO dengan Nvidia tersebut dinamai PlayPad dan PlayPad Pro.

Seperti dikutip dari berita teknologi, kedua gamepad kontroler besutan NYKO ini bisa

Game Final Fantasy Kini Tersedia di Windows Phone Marketplace

kang cerita yang sangat seru.Untuk Anda yang belum tahu,

Game Final Fantasy bercerita tentang seorang pahlawan yang berjuang untuk mengembalikan sebuah kristal yang diambil sekel-ompok penjahat. Game ini memi-liki fitur tampilan pertempuran dari samping, pilihan karakter dan ken-daraan untuk menjelajahi dunia.

Final Fantasy Windows Phone Edition bisa dimainkan di ponsel-ponsel yang menggunakan Windows Phone Mango atau pun Windows Phone terbaru seperti Lumia 900. Edisi Final Fantasy untuk Windows Phone berisi bonus yang ditambahkan dari edisi sebelumnya dari permainan. Jika Anda tertarik untuk mengun-duhnya, Anda bisa mendapatkan game ini seharga 6,99 dolar di Windows Phone Marketplace. *

Seperti yang dikutip dari berita teknologi, game yang pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1987 ini memiliki grafis yang baik dan latar bela-

Kupas Tuntas Samsung Galaxy S3

Nokia Keluarkan Aplikasi Kamera Ekstra Khusus untuk Seri Lumia

Komputer dan Internet:Spam dari Cina Siap Mengintai

Market:Samsung Berharap bisa Jual 10 Juta Galaxy S3

Tips dan Trik:Cegah BlackBerry Sedot Pulsa

Aksesori:Casing iPhone Mampu Menahan Peluru Kaliber 50

Aplikasi:Perluas Pasar Bisnis dengan Aplikasi Smartphone

Mingguan / 5 / Th 1 / 6 - 12 Juli 2012 / Harga Eceran Rp 5.000/Eks. Harga Langganan Rp 20.000/Bulan

www.gadget-star.com / email: [email protected]

Info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini

Samsung Galaxy One, Tablet dengan Fitur Proyektor

LG Optimus Me P350Smartphone Android dengan Layar LCD Touchscreen 2.8”

net

net

Page 2: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Nokia BH-505 Bluetooth Headset

TOP NEWS2 AKSESORI 23

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra.Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita. Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657, 416676. Faksimili: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi/Pengaduan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

CASE atau pelindung ponsel banyak jenis dan macamnya. Bahkan, untuk berbagai merek dan fungsi. Baru-baru ini hadir pelindung iPhone terbaru yang disediakan Global Teleshop, seperti halnya yang ada di ICE Teuku Umar, Denpasar.

Konsumen bisa memilih berbagai macam model serta merek case yang disediakan. Mulai dari hard case (pelindung keras) hingga soft case yang lembut. “Kami menyediakan yang hard case maupun soft case berbahan silikon,” ujar Hendro, staf Global di ICE Teuku Umar.

Ia mengatakan, ada beberapa produk case pelindung iPhone terbaru yakni dari merek Aprolink, Softshell dan Ozaki dengan ber-bagi model dan warna. Harga bervariasi, untuk harga case merek Softshell dan Aprolink mulai dari Rp 199.000 hingga Rp 299.000 per case, sedangkan untuk case iPhone merek Ozaki harga mulai dari 219.00 hingga Rp 399.000 per case.

Selain case atau pelindung untuk iPhone, pihaknya juga menye-diakan case pelindung iPad dengan produk terbaru merek Odoyo, X-Doria, serta merek Tucano. Bahannya rata-rata mika dengan atasan kulit yang menambah ekslusif pelindung iPad Anda. Harga rata-rata mulai dari Rp 499.000 hingga Rp 699.000 per case. *dwi

LOGITECH memperkenalkan wireless headset baru untuk iPad tanpa kabel. Bahkan, headset ini bisa bekerja tidak hanya dengan iPad tetapi juga iPhone, iPod Touch dan perangkat bluetooth lainnya. Headset ini menawar-kan hingga 10 meter jangkauan nirkabel.

Casing iPhone Mampu Menahan Peluru Kaliber 50

CASING yang membuat iPhone Anda tahan air dan goncangan, mungkin sudah biasa. Perusahaan asal Jepang, Marudai telah meluncurkan sarung ponsel untuk iPhone 4 Anda menjadi kekar dengan balutan sarung logam yang anti-peluru.

Seperti yang dilansir ligaponsel, mereka mengklaim cas-

ing anti-peluru ini mampu menahan peluru kaliber 50 (12,7mm) yang biasa digunakan untuk senapan sniper.

Mungkin casing iPhone ini akan populer di antara prajurit yang berada di tengah medan perang. Dengan harga 650 dolar AS, sarung ponsel

ini menambahkan lapisan baja setebal 1 inci untuk melindungi bagian bela-

kang iPhone.Sementara untuk bagian depan (tidak termasuk

layar) ditutupi dengan lapisan aluminium. Se-

lain itu bagian bela-kangnya menye-diakan lubang untuk kamera. Sebagai bonus, Marudai akan mengirim pembeli sebuah

peluru kaliber 50 kosong. Anda bisa

memesannya lewat website www.marudai-corp.com. *

JoeyBra, Bra dengan Holster Menyimpan iPhone

WANITA pengguna iPhone bakal mendapat alternatif tempat penyimpanan untuk gadget kesayangannya. Sebuah perusahaan meng-hadirkan alternatif yang bukan hanya berbeda, tapi juga unik dengan produk yang mereka sebut JoeyBra.

Seperti dilansir ligaponsel, JoeyBra ada-lah sebuah bra dengan holster untuk iPhone. Produk pakaian dalam ini merupakan besu-tan dua mahasiswi University of Washington, Amerika Serikat, bernama Kyle dan Mariah. Dua orang ini telah melakukan sejumlah riset sebelum memulai proyek tersebut. “Setelah kami melakukan survai pada lebih dari 200 wanita berusia muda, kami menemukan bahwa

95 persen dari partisipan memiliki masalah dalam menempatkan barang-barang mereka ketika sedang menghadiri pesta, dan 73 persen partisipan kehilangan barang-barang pribadi dari saku mereka. Selain itu, kami menemukan bahwa 88 persen responden tertarik untuk menyembunyikan barang-barang pribadi mer-eka khususnya smartphone,” ungkap Kyle dan Mariah.

Walaupun JoeyBra didesain untuk meny-impan smartphone besutan Apple itu, namun pengguna juga bisa menyisipkan dompet, uang, dan benda penting lainnya. Tertarik dengan ide JoeyBra ini? Untuk mendapatkan bra khusus ini, silakan Anda siapkan uang 30 dolar. *

NOKIA baru saja merilis perangkat aksesori baru yang bernama Nokia BH-505. Ini merupakan perangkat headset yang menggunakan koneksi bluetooth sehingga penggunanya tidak direpotkan dengan kabel yang berseliweran.

Seperti yang dikutip dari situs internet, berikut adalah fitur dari perangkat tersebut :

m Slim, lightweight designm Digital signal processing (DSP)m Multiple earpiece types and sizesm Sweat and splash resistantm Dedicated call and music keysm Near Field Communication (NFC).

*

APPLE telah mendaftarkan sebuah paten berupa penge-nalan deteksi wajah sebagai kata kunci (password). Pendaftaran paten ini sudah disetujui kantor hak cipta dan hak paten Amerika Serikat. Paten ini kemungkinan akan diterapkan pada semua perangkat Apple seperti iPhone, iPad, iPod Touch serta di kom-puter dan laptop Mac yang akan datang.

Seperti dikutip dari SlashGear, kehadiran teknologi deteksi ini dapat digunakan secara otomatis untuk mengaktifkan atau mem-buka perangkat Apple. Teknologi deteksi terutama wajah ini bisa menggantikan kata kunci yang biasa dipakai di semua perangkat.

Uniknya, selain wajah sendiri bisa digunakan sebagai kata kunci, perangkat yang bersangkutan juga bisa dikonfigurasi untuk mengenali wajah dari keluarga pengguna atau teman-teman pengguna. Dengan demikian, keluarga terdekat tersebut juga bisa membuka perangkat yang diberi kata kunci berupa deteksi wajah itu.

Sistem pengenalan deteksi wajah dari Apple ini menggunakan korelasi dengan pencocokan teknologi komputasi, bukan korelasi tradisional yang berupa bentuk wajah saja. Dengan cara ini, sum-ber daya yang digunakan akan relatif sedikit.

Yang penting lagi, teknologi ini dapat berhubungan langsung dengan Graphics Processing Unit (GPU) dari perangkat iOS atau Macbook. Dengan demikian, bisa mengurangi beban pada perangkat lunak dan lebih mengandalkan perangkat kerasnya.

Fitur face unlock ini sebenarnya bukan pertama kali dipakai Apple. Samsung Galaxy Nexus yang menggunakan Android 4.0 telah memakai fitur ini terlebih dahulu. Samsung malah menjadi-kan fitur ini sebagai fitur utamanya.

Berdasarkan fungsinya, fitur face unlock yang didaftarkan Apple dan yang telah digunakan di Galaxy Nexus memang sama. Namun, teknologi di baliknya bisa jadi berbeda.

Begitu pula untuk penerapannya, Apple menggunakan sistem 2D yang akan meng- ingat wajah orang yang akan dijadikan pembuka kunci perangkat. Dengan men-ganalisa perbedaan antara dua gambar, perangkat bisa menentukan identitas wajah pemilik. Spesi-fikasi paten terse- but lebih ditekankan pada

warna kulit, bentuk wa-jah dan fitur ini tidak

memerlukan akurasi di tingkat penca-

hayaan. Sementara pada Galaxy Nexus,

pembuka kuncinya masih bisa dibuka meski hanya dengan sebuah foto

pribadi, bukan wajah sungguhan, seperti

yang diberitakan Mobilepedia pada November 2011.

*ade

Nokia Keluarkan Aplikasi Kamera Ekstra Khusus untuk Seri Lumia

Apple Patenkan ”Face Unlock” Mirip Galaxy Nexus

Tiga Sistem Operasi Smartphone Mutakhir

KECANGGIHAN ponsel pintar (smartphone) terasa percuma tanpa dukungan sistem operasi. Pada tahun 2012 ini, pengguna ponsel pintar akan dapat mencoba tiga sistem operasi ternama paling mutakhir yang baru diperkenalkan masing-masing produsennya.

Android 4.1 atau pemilik nama Jelly Bean telah dirancang untuk komputer tablet Nexus 7. Kemudian iOS 6 buatan Apple yang menjadi penerus iOS 5, dan Windows Phone 8 dari Microsoft.

Tampilan AntarmukaPada ketiga sistem

operasi tersebut, hanya Android dan iOS yang memiliki tampilan antar-muka yang mirip. Ked-uanya menggunakan pola ikon yang tersusun secara vertikal. Namun, Apple tidak membuat penggunanya untuk me-nambahkan widget seperti Android.

Sementara Windows Phone tampil beda dengan gaya Metro yang memiliki beberapa kotak yang masing-masing meru-pakan sebuah aplikasi.

PetaAplikasi

penunjuk arah milik Android tentu saja Google Maps. Namun, di Jelly Beans peta tersebut mampu menayangkan tampilan navigasi satelit yang dapat memperlihatkan detail di jalan raya, dan trotoar serta fitur pemberi-tahu arah ketika memiliki janji di suatu tempat.

Sementara Windows 8 memiliki Bing Maps yang mempunyai fitur navigasi 3D, dan Navteq Traffic Service yang merupakan aplikasi milik Nokia. Apple

tentu memiliki fitur navigasi yang sama, dan juga mempunyai kemampuan navigasi 3D seperti Bing Maps serta layanan tampilan lalu lintas dan satelit seperti Google Maps. Dengan kehadiran Siri, peng-guna akan lebih mudah mencari lokasi di peta.

BrowserPengguna Nexus 7 dapat mengakses

internet melalui Google Chrome, tapi masih tetap dapat menggunakan per-amban bawaan Android. Sementara

iOS masih mengandalkan Safari namun tersedia berbagai pi-

lihan browser lain di Apps Store jika ingin mencoba browser lain. Windows Phone 8 tampil dengan browser Internet Explorer yang memiliki fitur anti-

cookie.

KameraGoogle telah melakukan impro-

visasi terhadap kemampuan mengambil gambar di Jelly Bean. Hasilnya lebih cepat dibandingkan Ice Cream Sandwich dan

lebih mudah melakukan ed-

it- ing gambar. Begitu pula Microsoft yang

melakukan hal sama seperti Google. Windows Phone 8 memiliki fitur kamera yang lebih baik dibandingkan sistem operasi pendahulunya. Fitur kamera iOS 6 memiliki autofocus, pengguna tidak perlu menyentuh layar agar dapat memperjelas gambar yang akan difoto. Apple bahkan telah membuat hardkey untuk tombol shutter di tombol volume up.

*ade

NOKIA telah merilis sebuah aplikasi khusus untuk seri Lumia miliknya melalui Windows Phone Marketplace. Aplikasi bernama Camera Extras ini akan menyediakan empat mode pemotretan baru pada perangkat Lumia.

Seperti dilansir GSMArena, keempat mode tersebut adalah Smart Group Shot, Action Shot, Self-timer dan Panorama. Mode pertama me-mungkinkan pengguna merekam banyak gambar dari sekumpulan orang (burst) yang kemudian

secara otomatis akan memilih yang terbaik ber-dasarkan ekspresi wajah.

Sementara mode kedua memungkinkan peng-guna merekam objek yang bergerak cepat dengan lebih baik.

Untuk saat ini baru pengguna di Cina dan Amerika Serikat yang bisa memperoleh update ini. Sementara negara lain akan memperolehnya di bulan Juli mendatang. Aplikasi bisa diunduh langsung di Windows Phone Marketplace.*

Case Pelindung iPhone Terbaru, Banyak Pilihan Warna dan Model

Wireless headset ini mendu-kung laser-tuned driver untuk menghasilkan suara stereo yang kaya dan meminimalkan distorsi, dan mikrofon noise-canceling yang mengurangi kebisingan.

Headset ini memiliki ikat kepala yang bisa diatur dan soft ear cup yang lembut untuk digunakan nya-

man. Headset ini dapat dilipat dan kita dapat memposisikan mikrofon di tempat mereka inginkan.

Headset ini dapat diputar seh-ingga tersembunyi di ikat kepala, ketika kita mendengarkan musik atau menonton film. Baterai isi ulang tahan hingga 6 jam peng-gunaan. *kup

iPad tanpa Kabel dengan Logitech Wireless Headset

BLUETOOTH headset Sony Ericsson HBH-PV700 memiliki fitur canggih, memungkinkan pengguna untuk menjawab/menolak panggilan dengan kontrol suara, memanggil dengan menggunakan suara sampai 50 kontak.

Seperti dikutip dari ligaponsel, produk ini memungkinkan peng-guna untuk mengubah profil ponsel juga. Sony Ericsson HBH-PV700 dapat dipakai selama 5 jam waktu bicara dan 150 jam untuk bersiaga, terdapat hook untuk telinga yang dapat disesuaikan sehingga membuatnya ideal untuk peng-gunaan sehari-hari.

Dengan perangkat bluetooth kelas 2 standar membuat blu-etooth headset ini memiliki jangkauan hingga 10 meter dari ponsel Anda. *

Bluetooth Headset Sony Ericsson HBH-PV700

Spesifikasi:

Ukuran : 74 mm/2.91 masuk Berat : 23 grams/0.81 oz. Range : Sampai 10 meter dari telepon Anda Warna : Putih hijau, Hitam putih Waktu Bicara : Hingga 5 jam Waktu siaga : Hingga 150 jam Profil : Bluetooth ™ Headset atau Handsfree.

Page 3: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

KOMPUTER22 TOP NEWS 36 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

APLIKASI Facebook Messenger untuk Android dan iOS telah diperbarui belum lama ini. Seperti yang dilansir situs Redmond-pie, rilis kali ini membawa sejumlah fitur baru yang diklaim akan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.

Fitur-fitur baru yang diumumkan antara lain:

* In-App Notifications, yang memungkinkan Anda dengan mudah berpindah percakapan. Fitur baru yang mengizinkan teman dari teman untuk dimasuk-kan ke dalam percakapan.

* Kemampuan untuk berbagi gambar dengan ukuran lebih besar.

* Load aplikasi yang lebih cepat.* Perbaikan beberapa bug.* Push Notifikasi yang lebih cepat.

Untuk Anda pengguna Android bisa langsung

Nexus 7 Resmi Diumumkan

Samsung Galaxy One, Tablet dengan Fitur Proyektor

SELAIN ponsel, Samsung kini menduduki posisi teratas vendor branded sebagai produsen tablet PC. Hal ini dibuktikan dengan deretan tablet PC yang su-dah beredar di pasaran. Mulai dari yang berlayar 7 inci, hingga yang 10 inci.

Kebanyakan, menggunakan sistem operasi An-droid. Rumor terbaru, di dunia maya muncul gambar

konsep Tablet PC dengan kode “Samsung

Galaxy One”. Tablet ini memiliki dimensi sekitar 305 x 195 x 14 mm, dan diduga bakal menggunakan sistem operasi Windows 8.

Menariknya, konsep tablet yang muncul di situs Yanko Design serta hasil rekaan desainer Laura Hong dan Charles de Belizal ini, memiliki fungsi utama se-bagai proyektor. Jadi, penggunanya dapat menikmati tayangan video di tablet langsung ke layar lebar. Untuk mendapatkan posisi tampilan proyektor yang nyaman, Samsung Galaxy One dilengkapi pengaturan angle

atau posisi sudut pandang, plus kick stand untuk membuatnya berdiri tanpa harus dipegang.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Yanko Design, Samsung Galaxy One Projector Tablet Concept ini menawarkan tiga kombinasi karak-teristik dari 3 perangkat berbeda. Pertama, sebagai tablet PC yang memiliki desain yang kompak dan ringan serta dapat di bawa ke mana-mana (mobility). Kedua, memiliki dukungan layar yang

luas (widescreen) dan didu-kung kemampuan layaknya sebuah laptop. Ketiga, dilengkapi dengan kick-stand dan fungsi proyektor. *

Facebook Messenger untuk iOS dan Android Diperbarui

Chip MT6577 Dual-Core untuk Smartphone DiluncurkanDI era chip quad-core kelas atas seperti yang dibuat

Qualcomm, NVIDIA, dan Texas Instrument, beberapa peru-sahaan memilih untuk melihat lebih ke belakang dan mem-buat chip untuk kelas lebih rendah. Salah satunya dalah MediaTek yang baru saja mengumumkan peluncuran chip MT6577 yang ditujukan untuk smartphone yang ramah di kantong, yaitu untuk handset di bawah 200 dolar.

Seperti dilansir Phone Arena, meski murah namun chip ini dianggap tidak murahan karena mampu memberikan kinerja memadai untuk sebuah gadget.

Disebutkan, di dalamnya terdapat dua chip Cortex A9 dengan kecepatan 1 GHz dan GPU PowerVR Series 5. Dengan konfigurasi perangkat keras seperti ini maka handset akan bisa menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan layar 720p dan bahkan merekam video 1080p.

Smartphone yang menggunakan chip MT6577 dipredik-si akan hadir di kuartal ketiga tahun 2012. Beberapa manu-faktur yang menggunakan chip ini di dalam produknya di antaranya adalah Gigabyte, ZTE, serta manufaktur Asia lain. *

SETELAH berada di alam rumor selama beberapa waktu, akhirnya misteri menge-nai Nexus 7 terkuak. Seperti yang dikutip dari situs internet, sebagai tablet referensi Android pertama dengan Android 4.1 Jelly Bean, tablet ini memaksimalkan tablet dengan ukuran layar kecil yang dianggap cocok untuk membaca dan melihat video.

Google Nexus 7 merupakan tablet pertama yang memakai Chrome untuk Android. Selain itu, seperti diketahui, tablet ini dibuat oleh Asus dan terlihat seperti Eee Pad MeMO ME370T.

Beberapa fitur yang tidak dimiliki Google Nexus 7 adalah kamera belakang dan slot kartu ekspansi. Juga tidak ada colokan USB dan HDMI out untuk mengarahkan tampilan ke televisi.

Google akan menjual tablet ini dengan harga hanya 199 dolar AS untuk model 8 GB dan 249 dolar AS untuk versi 16 GB. Google juga akan memberi bonus kredit 25

dolar AS untuk belanja di Google Play dita-mbah beberapa bonus paket konten lain.

Google Nexus 7 sudah mulai bisa

dipesan sekarang melalui Google Play dan akan mulai dikirim di wilayah Australia, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat pada

pertengahan Juli mendatang. Sayangnya Indonesia belum termasuk di dalam ren-cana pemesanan maupun peluncuran. *

Spesifikasi:

Chip Tegra 3 quad-core

Kamera depan 1.2 megapiksel yang bisa merekam video 720p

NFC, Wi-Fi a/b/g/n, bluetooth

Layar sentuh LCD IPS 7 inci resolusi 1280 x 800 piksel (216 ppi)

RAM 1GB dengan GPU nVidia GeForce 12 core

Google Wallet

Ukuran 198,5 x 120 x 10,5 mm,

Bobot 340 gram.

mengunjungi Play Store dan peng-guna iOS silahkan mengunjungi App Store untuk mengunduh versi terbaru ini. *

60 Persen Pengguna Khawatir Kehilangan Data Finansial

ADA berbagai ancaman terhadap komputer yang bisa membuat Anda pusing kepala. Di antara berbagai anca-man ini, yang paling merugikan adalah yang mengancam keamanan informasi berharga, atau bahkan lebih buruk lagi, kerahasiaan. Dari seluruh data personal yang kita simpan secara online, informasi finansial adalah yang paling membuat khawatir. Bahkan, 60 persen pengguna internet di Rusia, Amerika dan Eropa yang disurvai Harris Interactive di bulan Februari dan Maret 2012 menyatakan eksploitasi informasi finansial merupakan ketakutan terbesar para responden.

Informasi mengenai password untuk layanan online berada di peringkat kedua di mana 58 persen pengguna internet kha-watir password mereka akan dicuri oleh para penjahat cyber. Peringkat selanjutnya adalah email personal dan dokumen, alamat kontak dan berbagai file multi-media. Namun, meski para pengguna ini menunjukkan kekhatiran akan keamanan data mereka, tidak sedikit pengguna yang menyimpan informasi mereka di perangkat mobile yang tidak terlindungi dengan baik. Setidaknya 15 persen pengguna menggu-nakan tablet mereka untuk belanja online dengan kartu kredit, menggunakan sistem

pembayaran elektronik atau kegiatan finansial lainnya dan 12 persen lainnya melakukan hal yang sama melalui telepon selular mereka.

Sekitar sepertiga pengguna (31 persen) menyimpan informasi personal mereka di komputer rumah (PC) atau laptop.

Apa yang dilakukan para pengguna ini untuk melindungi data sensitif mereka? Menurut hasil survai Harris Interactive, kurang dari setengah responden (46 persen) memilih mem-back up seluruh perangkat mereka. 30 persen pengguna memilih mengenkripsi informasi rahasia mereka, sementara 32 persen pengguna

melindungi dokumen dengan password. Langkah-langkah ini tentu kurang cukup, namun ditambah dengan software antivi-rus kualitas tinggi, hal ini bisa menjamin tingkat perlindungan yang baik. Dalam hal ini, pilihan terbaik adalah menggunakan paket keamanan tunggal dengan kemam-puan lengkap seperti Kaspersky Crystal.

Software ini melindungi terhadap anca-man internet terkini dan menawarkan tools untuk mem-back up data, enkripsi file dan penyimpanan password yang aman. Semua ini membantu melindungi informasi penting dari yang tidak berkepentingan, pencurian atau kehilangan. *yas

PEMILIK akun Facebook tam-paknya harus berhati-hati karena situs weknowwhatyouredoing.com mampu mengungkap status-status konyol yang diunggah di jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu. “Ya, Facebook telah mengumum-kan beberapa waktu lalu bahwa pemilik akun di dalamnya dapat memperbaiki status. Tapi apakah

Situs Pelacak Status Konyol Facebook

“suara hati” itu akan lebih cepat terhapus di Facebook dibanding di situs yang menampilkan kele-mahan manusia dalam tampilan yang mudah dicerna,” kata Chris Matyszczyk dari CNET. Situs ciptaan Callum Haywood itu, seperti diberitakan Antara, membeberkan status-status konyol akun Facebook dalam

empat kategori: who wants to get fired?, who’s hungover?, who’s taking drugs? dan who’s got a new phone number?. Jika Anda menulis status di akun Facebook dengan bahasa Inggris dan mengandung makna yang masuk dalam empat kategori di atas maka kemungkinan akun Anda akan tampil di weknow-whatyouredoing.com. Namun, para pemilik akun Facebook yang tampil di situs eksperimental Haywood itu tidak perlu terburu-buru marah karena sang pembuat situs menjelaskan mekanisme menghilangkan jejak akun beserta statusnya. “Jika Anda melihat setiap status di situs ini punya Anda dan ingin menghilangkannya, hapuslah dari Facebook terlebih dahulu. Status itu akan berhenti muncul di we know what you’re doing sekitar satu jam atau silakan hubungi saya,” tulis Haywood di bawah halaman situsnya. *

Google Chrome mulai Rambah iOS dan Android

PERANGKAT lunak (software) perambah internet Google Chrome kini merambah pengguna ponsel berbasis sistem operasi iOS (ponsel Apple) dan Android. Seorang perwakilan Google, seperti dikutip CNET mengatakan, Chrome untuk Android mengusung software terbuka JavaScript V8 yang mampu melakukan proses render JIT dan sejumlah fitur perambahan lain di ponsel. Seperti diberitakan Antara, Chrome untuk iOS diklaim memiliki kinerja lebih baik dibanding untuk Android karena mampu mensing-kronisasi kata sandi (password) di perangkat Apple lain dan di komputer berbasis Win- dows. Apple sempat mem- batasi perambah selain Safari untuk masuk di iOS. Perwakilan Google menjelaskan Chrome pada iOS tidak mempu-nyai akses ke mesin Nitro JavaScript Safari. Namun, Google juga tidak diperboleh-kan menggunakan JavaScript V8 miliknya sehingga pembuat Chrome meng-guna- kan UIWeb- View. *

Acer Aspire 4750 Janjikan Kinerja Grafik OptimalACER Aspire 4750 dilengkapi dengan

prosesor Intel Core i3-2310M, yang meru-pakan salah satu dari keluarga prosesor generasi kedua Core i7 terbaru (Sandy Bridge). Selain kinerja prosesor lebih tinggi daripada generasi sebelumnya, Core i3-2310M menjanjikan kinerja grafik optimal untuk sebuah graphics card integrated.

Graphics card integrated Intel terbaru ini – HD 3000 – menjanjikan kinerja lebih tinggi dan kompatibilitas lebih baik daripada pendahulunya.

Aspire 4750 menggunakan platform desain yang sama dengan Aspire 4253. Notebook 14 inci ini tersedia dalam tiga pi-lihan warna, mesh black, mesh brown dan mesh red. Dari segi desain dan konstruksi, Aspire 4750 tidak jauh berbeda dengan Aspire 4253. Perbedaan utama antara keduanya, selain prosesor dan memori, adalah USB 3.0. Sebuah konektor USB 3.0 yang bisa ditemukan di sisi kanan note-book, di samping built-in DVD-ROM. Untuk membedakannya dari port yang lain, Acer memberikannya warna biru. Acer Aspire mempunyai indikator popup (di dalam Win-dows) untuk menandakan status beberapa fungsi. Software yang disertakan dengan Aspire 4750 akan menampilkan informasi yang muncul (popup) untuk menginfor-masikan status caps lock, numlock, dan scroll lock. Selain fungsi-fungsi ini, tersedia

juga popup untuk mengunci touchpad saat pengguna mengetik maupun mengaktifkan Wi-Fi dan bluetooth.

Sebagai pilihan konektivitas, Acer menyertakan Wi-Fi 802.11a/b/g/n dengan Aspire 4750. Berbeda dengan Aspire 4253, bluetooth 3.0 tersedia sebagai bagian dari paket standar Aspire 4750. Untuk kece-patan transfer optimal, adapter Atheros AR5B97 yang digunakan Aspire 4750 akan bekerja lebih optimal saat tidak ada halangan antara notebook dan access point, sedangkan untuk koneksi kabel LAN, Aspire 4750 dilengkapi Gigabit Ethernet yang menggunakan adapter Broadcom.

Aspire 4750 dilengkapi dengan baterai lithium ion dengan kapasitas daya 48 Wh. Untuk pekerjaan lebih berat, seperti gaming, yang mem-perhitungkan penggunaan graphics card, Aspire 4750 bisa bertahan hingga 1 jam 20 menit. Untuk penggunaan umum seperti menge-tik dan browsing internet, baik dengan maupun tanpa terhubung ke jaringan Wi-Fi, 4750 bisa bertahan sampai sekitar 4 jam. Acer

melengkapi Aspire 4750 dengan Core i3-2310 dan memori 2 GB, bekerja dengan dokumen dan aplikasi sangat nyaman. Ini juga terlihat saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, misalnya meng-unzip file terkompresi dengan ukuran besar dan menjalankan game ataupun memanggil aplikasi lain. *aya

Spesifikasi Acer Aspire 4750

Platform Notebook PCProcessor Type Intel Core i3 ProcessorProcessor Onboard Intel® Core™ i3-2310M Processor (2.10 GHz, Cache 3M)Chipset Intel® HM65Standard Memory 2 GB DDR3 PC-8500Video Type Intel® Graphics Media Accelerator HD 256MB (shared)Display Size 14” WXGA TFTDisplay Max. Resolution 1366 x 768Display Technology CineCrystal TFTAudio Type IntegratedSpeakers Type IntegratedHard Drive Type 500 GB Serial ATA 5400 RPMOptical Drive Type DVD±RWModem IntegratedNetworking Gigabit NICWireless Network Protocol IEEE 802.11nInput Device Type Touch PadCard Reader Provided SD, SDHC, MMC, Memory Stick/ Stick PRO, xD-Picture CardInterface Provided 2x USB 2.0, HDMI, LAN, AudioO/S Provided Pre-sales Request AvailableBattery Type Rechargeable Lithium-ion Battery6 cellPower Supply External AC AdapterDimension (WHD) 342 x 34.20 x 245mmWeight 2.75 kg.

Page 4: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

RUMOR4 KOMPUTER 216 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

VIEWSONIC yang dikenal dengan TV dan monitor komput-er, kini sedang bersiap mem-perkenalkan jajaran baru tablet Android mereka. Viewsonic mengumumkan akan memamer-kan tablet/monitor yang beruku-ran 22 inci.

Berjalan menggunakan OS Android di acara Computex belum lama ini, jajaran touch

JIKA Anda menginginkan tablet namun terkendala dengan biaya, rasanya hal tersebut tak lagi menjadi soal. Salah satunya yang terbaru adalah HuaYi, sebuah tablet murah buatan salah satu perusahaan elektronik asal Cina. Seperti dikutip dari ligapon-sel, tablet yang akan dijual dengan harga 65 dolar atau sekitar Rp 585 ribu ini akan berjalan dengan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich, untuk spesifikasi lainnya, jangan berharap lebih pada tablet super murah ini.

Tablet Android buatan Cina ini dilengkapi dengan layar 7 inci (800 x 480), 1 GHz single processor, 512MB RAM, front-facing camera, microSD card slot, micro USB port, HDMI out dan tentu-nya Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Namun, sepertinya tablet ini sementara hanya tersedia di negara asalnya. Belum diketahui apakah tablet murah ini akan sampai di Indonesia atau tidak. *

ViewSonic Ciptakan Tablet Berukuran 22 Inci

dan connect ini dikatakan masih prototipe, yang sejauh ini hanya digunakan untuk penggunaan bisnis.

Seperti dikutip dari ligaponsel, kemungkinan ViewSonic akan membekali tablet 22 inci terse-but dengan ruang penyimpanan antara 16 GB dan 64 GB. Na-mun, hal itu tergantung berapa harga yang akan dibanderol

ViewSonic untuk tabletnya.Ia mengatakan, tablet ini

menjalankan Android 4.0 ICS, meski bisa saja ada model lain dengan Windows 8 dan kapa-bilitas multitouch. Sayangnya, laporan tentang tablet ICS den-gan layar 22 inci tersebut tidak dilengkapi dengan spesifikasi yang lengkap dan juga keteran-gan harganya. *

Tablet Windows 8 Berbasis x86Diklaim Lebih Tipis dari Apple iPad

Lenovo IdeaTab S2109

Tablet ICS dan Layar 9,7 InciSETELAH sebelumnya masuk FCC,

Lenovo akhirnya memperkenalkan sebuah tablet Android ICS dengan kode nama IdeaTab S2109. Tablet ini dibekali dengan layar IPS 9,7 inci dengan rasio 4:3 dan resolusi 1024 x 768 piksel.

Seperti dikutip dari ligaponsel, tablet ini juga memiliki ketebalan 8,9 mm. Di bagian depan juga terdapat kamera 1,3 megapiksel untuk video call, ditambah microUSB, micro HDMI dan slot microSD. Sementara di bagian bela-kang dipasang empat speaker dengan SRS Trumedia yang diklaim akan menghasilkan

bass yang lebih baik.IdeaTab S2109 juga menyediakan fasili-

tas penting lain seperti port microUSB, micro HDMI, dan slot kartu microSD. Sayangnya, belum diketahui prosesor apa yang telah tersemat di bagian dalam IdeaTab S2109. Meski begitu, pada sektor penyuplai daya, disebutkan jika baterai pada tablet ini bisa menghidupinya hingga 10 jam.

Harga dari Lenovo IdeaTab S2109 ini belum diketahui, namun Lenovo berjanji akan memberikan informasi mengenai harga dan ketersediaan tablet ini dalam waktu dekat. *

Tablet Android Huayi Dijual Seharga Rp 585 Ribu

KEHADIRAN Windows 8 langsung disambut baik beberapa vendor, salah satunya adalah HP yang dikabarkan tengah me-nyiapkan sebuah tablet Windows 8 berbasis x86 yang diklaim akan memiliki ukuran yang lebih tipis dari iPad milik Apple.

Seperti dilansir berita teknologi, tablet besutan HP ini, kabarnya akan memiliki daya tahan baterai hingga 8 sampai 10 jam, dan dibekali dengan layar 10,1 inci. Tablet ini akan ditujukan untuk para pebisnis sehingga tidak memakai arsitek-tur ARM.

Belum diketahui berapakah kisaran harga untuk tablet Win-dows 8 dari HP ini, namun sepertinya tablet ini akan menjadi saingan serius bagi iPad milik Apple.

Meg Whitman, CEO HP sendiri pernah menyatakan bahwa perusahaannya akan merilis sebuah perangkat x86 dengan Windows 8 sebelum akhir tahun 2012. *

SETELAH meluncurkan Nexus 7 pada acara pertemuan pengem-bang aplikasi, Google dilaporkan tengah menyiapkan varian 10 inci dari tablet terbarunya itu. Menurut laporan DitiTimes, belum lama ini, Google telah menanda-tangani perjanjian dengan Wintek dan OU Optronics, perusahaan

Google Siapkan Varian Nexusyang akan menyupai panel One Glass Solution (OGS) 10 inci untuk tablet yang kabarnya akan dinamai Nexus 10. Laporan tidak menyebutkan kapan produksi tablet varian Nexus itu akan dimulai, dan hanya mengatakan harganya terjangkau.

Google Nexus 7 yang diluncur-kan di sela Google I/O 2012 belum lama lalu, berprosesor Tegra 3, 1GB RAM, dan layar IPS 1280x800 pixel. Tetapi, menurut blog teknologi Know Your Mobile, ada yang terabaikan yaitu kapasitas peny-impanan yang terbatas karena

tanpa slot microSD dan tanpa 3G. Namun, dengan harga mulai 199 dolar bisa dimaafkan. Google Nexus 7 seka-rang sudah tersedia untuk

dipesan melalui pengecer play store Google. *

Spesifikasi Wearnes LitePad LP-811:

*Android 4.0 Ice Cream Sandwich*Cortex A9, 1Ghz CPU, Mali-400 GPU 128KB L2 Cache*Screen 8 Inch 16:9, 1280X768 Resolution*Five Point Capacitive Touch Screen*Memory 1 GB DDR3*Storage 8 GB Nand Flash*Micro SD Card up 32GB, mini USB 2.0 slot*Wi-Fi Access 802.11 b/g/n*Gravity Sensor, Bluetooth*Dual Camera : VGA + 2.0 MP*Mini HDMI Port*Support 3G : External 3G USB Modem*Battery Li-ion 5000 mAH.

Wearnes LitePad LP-811,Tablet Android 3D tanpa Kacamata

JIKA sekarang sudah banyak notebook yang dibekali dengan layar 3D tanpa bantuan kaca-mata, maka kini telah hadir juga tablet 3D tanpa kacamata dari Wearnes dengan kode nama Wearnes LitePAD LP-811.

Seperti dikutip dari ligaponsel, berbekal dengan fitur tablet 3D, Wearnes LitePad LP-811 ber-harap mampu bersaing dengan

produk tablet lainnya, seperti Samsung, LG, Apple begitu den-gan brand lokal yang terlebih dahulu melontarkan produknya di Tanah Air.

Tablet ini dibekali dengan layar 3D seluas 8 inci dan berjalan den-gan OS Android Ice Cream Sand-wich. Tablet 3D dari Wearnes ini telah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 2.777.000. *

Asyiknya Menggambar dengan Wacom Bamboo Manga CTH 470-S

BAGI yang hobi menggambar baik karikatur, gambar tokoh komik, maupun orang yang bekerja dan menda-lami multimedia yang berhubungan desain dan lainnya biasanya selalu mencoba mengeluarkan ekspresi dan imajinasi mereka melalui media apa pun. Khususnya pada zaman ini, jarang yang ingin menggambar pada buku gambar, sketbook, maupun kanvas.

Saat ini sebagian orang lebih menyukai menggambar menggunakan laptop atau iPad. Banyak program yang kini sudah tersedia untuk menunjang dalam menuang-kan hobi, seperti Corel Draw. Kecanggihan merupakan faktor utama banyak orang lebih memilih menggambar di media elektronik ini dibandingkan dengan memilih cara manual.

Kini telah hadir Wacom Bamboo Manga CTH 470-S yang membantu kita dalam berkreasi. Secanggih-canggihnya produk, pastilah memiliki kelemahan. Oleh

karena itu, Bamboo datang untuk mencoba menutupi kelemahan tersebut. Sekarang bagi pecinta karya seni rupa tersebut tidak perlu merasa cemas, karena Bam-boo akan membantu Anda dalam menuangkan segera kreativitas yang Anda miliki.

Wacom Bamboo Manga CTH 470-S memiliki spesi-fikasi antara lain ukuran/size-nya small, memiliki di-mensi 278 x 176 x 9.8 mm, pen active area & touch ac-tive area 147 x 92 mm, pen pressure levels 1,024, tablet resolution 2540, interface datachable USB 1.0 M, dan tersedia dua macam warna yaitu black dan silver. Selain itu Bamboo di lengkapi pula dengan Bundled Software OpenCanvas Lite Special Edition For Wacom (Win), Bamboo Dock (Win/Mac), Bamboo Scribe (Win/Mac), dan Corel Painter Essential (Win/Mac), serta System Requirement-nya yaitu, Windows 7, Vista or XP SP3 or later, dan Mac OS X 10.5.8 or later, Intel Processor. *ila

Asus Menggebrak lewat Eee Pad Slider

- Terdapat ARM Cortex A9 dual core dengan Nvidia Tegra TM 2.

- Android Honeycomb 3.1 yang bisa di-upgrade ke ICS 4.0

- Layar IPS 10.1 (1280 x 800) yang dibekali kaca antigores Corning Gorilla GlassM

- 1 GB DDR2

- 16 GB eMMC

- Wi-Fi, bluetooth, mini HDMI, port USB, card reader.

- Baterai polymer 25Whrs/ 8 jam*

- Kamera depan 1.2 MP dan kamera belakang 5.0 MP.

KINI telah hadir Asus model terbaru dengan gaya slide, di mana tablet dan netbook bisa disatukan dalam satu model. Hal ini membawa dampak yang sangat baik untuk perkembangan teknologi saat ini.

Asus merupakan salah satu merek yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Memiliki banyak keunggu-lan dan mampu selalu beradaptasi dengan kemajuan zaman. Ini membuktikan bahwa Asus mampu menjaga eksistensinya.

Asus selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dengan tipe-tipe andalannya, hingga membuat para konsumennya enggan berlari ke merek lain. Khusus di Indonesia, Asus merupakan salah satu merek yang paling dipercaya masyarkat luas.

Hingga saat ini Asus kembali memperkenalkan Eee Pad Slider dengan desain yang sangat unik dan me-nawan. Dibekali dengan aplikasi-aplikasi menarik yang membuat kita tidak ingin jauh darinya.

Tablet dengan slide keyboard pertama ini memiliki layar IPS untuk tampilan terbaik, mem-buat gambar yang dita-mpilkan menjadi lebih jernih. Dengan memiliki sudut pandang yang ek-stra lebar walaupun dilihat dari sudut mana pun. Dibeka-li grafis terbaik dengan Nvidia

Tegra TM 2 yang membuat browsing, bermain game, bahkan menonton film full HD jauh lebih lancar dan cepat. Tontonan Film full HD dengan mini

HDMI, bila kita menghubungkan HDTV dengan mini HDMI

pada Eee Pad, kita bisa menyaksikan berbagai

film dengan kualitas full HD. Tidak ketinggalan

Eee Pad Slider ini memiliki daya

tahan baterai selama 8 jam. *ila

Spesifikasi:

Page 5: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012KOMPUTER20 5

LAPTOP Lenovo IdeaPad G470 merupakan notebook seri G dari Lenovo yang merupakan pilihan untuk kegiatan penggunanya. Dengan harga yang terjangkau dan fitur yang bagus, seta kinerja prosesor ter-baru dan rapidboot teknologi membuatnya lebih cepat dan efisien.

Laptop Lenovo IdeaPad G470 memiliki desain yang keren dan kuali-tas HD yang powerfull. Lenovo series G470 juga mempunyai ketahanan baterai yang bagus, sehingga nyaman digunakan dan juga fleksibel dan tahan lama.

Laptop Lenovo IdeaPad G470 dikhususkan untuk pengguna yang menginginkan notebook dengan performa tinggi, namun tetap murah.

Laptop Lenovo IdeaPad G470 dibanderol dengan harga Rp 3,3 jutaan.

Spesifikasi yang dimiliki Laptop Lenovo IdeaPad G470 antara lain Intel® B815 (1.6 GHz, 2MB L3 Cache, DOS, 2GB DDR3, 320GB SATA 5400 rpm, DVD Super Multi, 14.0” WXGA, Intel GMA HD, USB 2.0, 10/100 LAN, Lenovo b/g/n wireless, veriface (face recognition technolo-gy, one key rescue system, 5-in-1 card reader, 6 cell, serta glossy. *dwi

Waspadai Serangan Virus Facebook lewat Jendela ”Chat”

AGI yang gemar bercakap-cakap melalui fitur chatting dalam Facebook, harus lebih waspada dengan penye-

baran virus komputer baru. Perusahaan keamanan internet Trend Micro mengu-mumkan pentingnya kewaspadaan setelah mensinyalir virus komputer baru menyebar melalui jendela chat di Facebook.

Seperti yang diketahui jendela pop-up (chat), digunakan untuk berbincang antar-orang perorangan, muncul dengan pesan dari ‘’teman’’ yang menghubungkan ke situs tertentu. Mengklik link situs itu akan berbuah virus yang menginfeksi PC, den-gan label Steckt.Evl.

Seperti yang dikutip dari situs keamanan

internet tersebut, virus ini langsung menon-aktifkan dan menghapus anti-virus, kemu-dian menyebar dengan sendirinya dengan membuka jendela chatting di Facebook pengguna. Worm ini menyebar melalui ap-likasi instant messaging dan situs jaringan sosial. Pesan instan ini berupa link yang men-download salinan dari dirinya sendiri.

Seperti banyak ancaman internet baru lainnya, hal pertama yang dilakukan worm adalah menonaktifkan program yang mungkin mendeteksi dan menghancur-kannya. Setelah terhapus, ia melanjutkan langkah dengan men-download perangkat lunak pada komputer yang sudah terinfeksi lebih lanjut.

Seperti ancaman lain, tujuannya adalah untuk mengontrol PC yang terinfeksi, baik untuk mencuri informasi sensitif seperti

rincian bank atau menggunakan mesin se-bagai bagian dari jaringan serangan cyber skala besar. *ade

Spam dari Cina Siap MengintaiDI AKHIR musim semi, Kaspersky Lab melihat

adanya pengurangan jumlah spam dalam lalu lin-tas email dengan penurunan sebesar 3,4 persen, dan berada di titik terendah sepanjang tahun ini yaitu 73,8 persen spam dari keseluruhan email. Namun, pengguna menghadapi semua risiko yang berkaitan dengan lampiran malware dan tipuan lainnya.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, lalu lintas spam secara reguler termasuk pesan yang menawarkan kes-empatan kerja sama dengan pembuat berbagai barang dari Cina atau dengan orang-orang yang berse-dia untuk menjual kembali produk-produk Cina.

Email-email ini bi-asanya berisi teks pendek yang menjanjikan keuntun-gan besar dari hasil pen-jualan “barang plastik” atau tekstil (di bulan Mei, misalnya, salah satu email ini dikirim dari produsen kaus kaki).

Bisa dikatakan email dari “produsen” atau “suplayer” barang Cina ini adalah bagian dari pe-nipuan jenis baru berdasarkan spam “Nigerian”.

Para penipu secara aktif mengeksploitasi ketertarikan investor terhadap pasar Cina. Para penipu ini menyasar pebisnis yang ingin ber-hubungan dengan produsen barang Cina, yang lalu menipu pebisnis ini, mengambil uang mereka dan tak pernah kelihatan lagi.

Di bulan Mei, kategori travel dan pariwisata menunjukkan hal yang tidak biasa. Sulit untuk di-lihat apakah akan ada peningkatan di bulan Juni, musim liburan selalu menjadi pemicu bagi spam jenis ini. Namun, email masal yang menawarkan liburan di pantai biasanya marak di bulan Mei namun tidak terjadi tahun ini.

Di antara target phising terkemuka, institusi keuangan kini menggantikan jaringan sosial.

Namun, sekitar 20 persen serangan phis-ing menyasar pengguna Facebook.

Hal ini mempertegas kenyataan bahwa Facebook tetap menjadi

salah satu target utama semen-tara ketertarikan para spammer terhadap jaringan sosial lainnya menurun. Dan sepertinya, ter-lepas dari meningkatnya game online dan penggunaan jarin-

gan sosial, phisers atau para pelaku phising berharap awal

liburan kali ini akan memicu pen-ingkatan belanja online. Setidaknya

di bulan Mei, serangan phising di kategori ini meningkat cukup banyak.

Maria Namestnikova, analis spam senior Kaspersky Lab mengatakan, pada bulan Mei, proporsi spam pada lalu lintas email sedikit menu-run. Hal ini mungkin hanya fluktuasi musiman. Jike memang demikian, spam akan terus rendah sampai Agustus. Namun, bisa jadi ini merupakan fenomena sistemik, dan jika ini yang terjadi, jum-lah spam pada lalu lintas email akan segera turun ke bawah 70 persen.*yas

Laptop Lenovo IdeaPad G470Fitur Maksimal, Harga Minimal

B

AK diragukan lagi, Facebook merupakan media terbaik bagi orang yang berniat baik dan tidak terkecuali bagi orang yang berniat ja-hat. Contohnya, maraknya penyebaran malware dan virus melalui halaman Facebook, kotak pesan dan ruang chatting.

Seringkali kita menerima pesan berupa link yang tidak jelas dan ketika dik-lik akan tampil halaman-halaman yang tidak diinginkan. Nah, untuk menghin-dari dampak penyebaran malware ini, berikut tips untuk Anda.

*Hati-hati dengan materi Facebook yang eye-catching atau aneh. Berhati-hatilah dan berpikir sebelum Anda mengklik apa pun di Facebook. Pembuat virus adalah manusia cerdas. Sekarang, banyak pembuat virus yang menye-barkan virus dengan judul, gambar atau link yang menarik perhatian Anda, seperti “video terlucu yang pernah ada”, “Anda harus melihat yang satu ini”, dan lain-lain. Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan seperti ini, lebih baik Anda tidak mengkliknya.

*Jangan pernah mengklik link “Lihat orang yang melihat profil Anda” atau “Lihat penggemar Anda”. Facebook telah lama menyatakan bahwa mereka tidak pernah menyediakan layanan untuk melacak siapa saja yang telah me-lihat profil kita. Dan pihak ketiga pun tidak mungkin mengembangkan layanan seperti itu. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam Facebook Private Policy.

* Pelajari sumbernya untuk melihat bagaimana bentuk status teman Anda. Harus Anda ketahui, atau setidaknya akrab dengan cara update status teman Anda di Facebook. Jangan klik, jika dinding atau status teman Anda berbeda dari biasanya.

* Hindari mengklik link yang sama yang telah diposting oleh beberapa pengguna/teman. Jika Anda melihat banyak link posting yang sama di dinding beberapa teman Anda, lebih baik tidak mengkliknya. Untuk diketahui, Koob-face (virus yang paling populer di Facebook) menyebar dengan cara ini.

* Hati-hati dengan pesan chat dari teman Facebook yang isinya meminta uang. Anda harus lebih waspada saat chatting dengan teman Facebook Anda, baik yang dikenal maupun yang tidak. Karena, mungkin saja orang lain menggunakan Facebook orang yang Anda kenal untuk tujuan ini. Sebenarnya, menghindari virus atau pun penipuan di Facebook itu sangat mudah. Tergan-tung dari diri kita, mau memakai cara aman atau tidak. *

Tips Hindari Virus Facebook

T

Page 6: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

WINDOWS 8 adalah nama versi terbaru sistem operasi

dari Microsoft Windows. Serangka-ian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft dapat digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook,

tablet PC dan server. Sistem operasi ini dapat digunakan pada perangkat yang menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Tampilan antarmuka penggunanya diubah agar mampu di-gunakan pada peralatan layar sentuh (touch screen) selain mouse dan keyboard sebagai media input.

Dengan demikian, Windows 8 didesain untuk ke-nyamanan penggunaan perangkat layar sentuh (touch screen). Pada 29 Februari 2012 microsoft telah merilis versi Consumer Preview sebelum dikeluarkannya versi beta. Pada bulan Maret 2012 Microsoft juga telah merilis versi Release Preview, ini merupakan versi terakhir perco-baan Windows 8, yang tidak akan diutak-atik lagi jika tidak ditemukan bug atau kesalahan yang terlalu besar.

Pihak Microsoft telah mempersiapkan beber-apa kelebihan Windows 8 dan fitur-fitur barunya yang makin memanjakan penggunanya. Berikut ini seputar kelebihan dan fitur-fiturnya.

Dioptimalisasi untuk layar sentuh. Kemampuan Windows 7 dalam mendukung layar sentuh dikatakan kurang optimal dari segi desain dan

REVIEW6 KOMPUTER 196 - 12 Juli 20126 - 12 Juli 2012

Kupas Tuntas Samsung Galaxy S3

Gadget yang diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2 Juni 2012 menggunakan sistem operasi Android versi terbaru yaitu Android 4.0 atau yang dikenal juga dengan sebutan Ice Cream Sandwich 4.0.4, yang telah dikustom dengan user interface khas Samsung terbaru yaitu TouchWiz UI v4.0.

Mengusung dimensi 136.6 x 70.6 x 8.6 mm dan bobot seberat 133 gram berbentuk semi oval (pada bagian atas dan bawah melengkung) membuat desain bodi Sam-sung Galaxy S3 keluar dari kebiasaan seri S pendahulunya yang agak kotak dengan ujung-ujung melengkung sedikit. Kali ini terkesan desainnya minimalis dan organik yang tercermin dalam garis halus dan non-linear pada ponsel. Pengaruh human-centric memberikan pengalaman ergono-mis dan nyaman dengan penggunaan yang disempurnakan. Nyaman dalam gengga-man, lekukan lembut dan bentuk platinum organik menghadirkan nuansa dan desain yang alami.

Dengan ukuran layar yang sedikit agak besar 4.8 inci dan dilapisi Super Amoled 720 x 1280 resolution display. Jauh lebih kokoh karena dilapisi dengan teknologi Gorila Glass 2, sehingga membuat gadget satu ini tidak hanya tampak elegan, namun juga memiliki daya tahan yang kuat terh-adap benturan dan goresan.

Seperti dikutip dari situs resmi ponsel tersebut, Samsung Galaxy S3 hadir den-gan prosesor Exynos 4212 chipset buatan Samsung Quad Core ARM Cortex A-9 dengan frekuensi kerja 1.4 GHz. Sebuah prosesor teknologi terkini yang diterapkan pada sebuah ponsel, di samping prosesor QuadCore Nvidia Tegra 3, dengan frekue-nsi kerja sebesar 1.4 GHz pada setiap core-nya, Samsung Galaxy S3 mampu melahap dan menjalankan setiap aplikasi dengan mudah. Begitu juga saat mem-proses aplikasi secara multitasking, sangat halus dan responsnya cepat. Hal ini tidak ketinggalan berkat penggunaan RAM sebe-sar 1 GB dan penggunaan prosesor grafis yang sangat baik, yaitu Mali-400MP.

Untuk media penyimpanan, Samsung Galaxy S3 memiliki beberapa pilihan memori internal, yakni 16 GB atau 32 GB atau 64 GB, yang jika dirasa masih kurang bisa diekspansi menggunakan slot microSD hingga kapasitas maksimum 64 GB. Sebuah media penyimpanan yang luar biasa besar untuk perangkat elektronik seperti ponsel. Secara hardware, Samsung Galaxy S3 termasuk memiliki fitur “Gahar”, karena dilengkapi juga dengan beberapa sensor seperti Accelerometer, Gyro, RGB sensor, Proximity, Compass, dan Barom-eter. Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Samsung Galaxy S3 di-support baterai dengan kapasitas 2.100 mAh.

Saat diteliti lebih jauh lagi, Samsung Galaxy S3 Android ini memiliki 2 lapisan bodi yang terbuat dari plastik. Satu lapisan plastik tersebut ternyata berfungsi cukup penting. Lapisan itu berguna untuk melind-ungi motherboard. Ketika motherboad-nya dicopot dari tempatnya, terlihat seri Melfas 8PL533 Touch Sensor.

Kamera dan MultimediaSamsung Galaxy S3 menawarkan

resolusi kamera yang sama dengan Samsung Galaxy S2, tetapi sebenarnya lebih meningkat pada sisi kinerjanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemampuan menangkap gambar diam hingga 3264 x

2448 piksel untuk kamera utama (belakang) yang set-ara dengan 8 MP dan 1,9 MP dengan kamera depan. Kam-era sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash, geotagging, fokus sentuh, deteksi wajah dan senyum serta stabilisasi gambar secara digital. Den-gan prosesor quad core yang digunakan, Samsung Galaxy S3 juga bisa sekaligus merekam HD (1080p atau 720p) video dan mengambil gambar jarak dekat dengan resolusi penuh (aspek rasio 16:9 yang cocok untuk video dan apa yang ditampilkan dalam jendela bidik).

Antarmuka kamera sangat mirip dengan apa yang dimiliki Samsung Galaxy S2. terdapat dua pintas bar di setiap sisi jendela bidik, di sebelah kanan terdapat tombol kamera/camcorder, kunci rana virtual dan galeri pintas (yang merupakan thumbnail dari foto terakhir yang diambil). Kamera Galaxy S3 memiliki aperture F/2.6 yang sedikit berbeda den-gan F/2.65 dari pendahulunya dan panjang fokus 3,7 mm dibandingkan dengan 3,97 mm dari Galaxy S2. Hal ini menyebabkan tampilan gambar pada Galaxy S2 sedikit lebih lebar dari tampilan di Galaxy S3.

Untuk video player, Samsung Galaxy S3 bisa merekam video Full HD (1080p) Video Recording & Playback Recording up to 30fps dan menyimpannya dalam file den-gan ekstensi MPEG4, H.264, H.263, VC-1. DivX, VP8, WMV7/8, Sorenson Spark, dan DivX3.11.

Samsung Galaxy S3 menggunakan versi terbaru dari pemutar musik TouchWiz. Music Player mampu menjalankan be-ragam ekstensi file seperti MP3, AMR-NB / WB, AAC / AAC + / eAAC+, WMA, OGG (Vorbis), FLAC, AC-3, dan apt-X. Sam-sung telah menggunakan preset equalizer bersama dengan teknologi suara untuk meningkatkan SoundAlive, yang memiliki

7.1 virtualisasi saluran. Samsung menggunakan SoundAlive di beberapa MP3 player dan Android Media. Musik diurutkan dalam berbagai kategori, tetapi yang paling menarik disebut Music Square yang sangat mirip dengan fitur SensMe dari Sony Ericsson. Fitur ini secara oto-matis akan memeringkatkan sebuah lagu berdasarkan genre-nya.

Samsung Galaxy S3 juga dilengkapi dengan radio FM dengan RDS juga den-gan antarmuka yang sederhana.

KonektivitasUntuk urusan koneksi, Samsung Galaxy

S3 merupakan ponsel yang terlengkap. Di mana untuk koneksi data via operator, dise-diakan fasilitas pilihan menggunakan GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 – 48 kbps EDGE Class 12, High Speed HSDPA, 21 Mbps dan HSUPA, 5.76 Mbps. Untuk mendompleng pada hotspot, tersedia Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dengan fitur DLNA, Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi hotspot. Untuk pertukaran data/file jarak dekat, bisa menggunakan bluetooth v4.0 dengan A2DP. Satu lagi fitur yang sedang tren saat ini, yakni EDR NFC. Sebagai koneksi akhir, bisa menggunakan kabel via microUSB v2.0 (MHL), yang sup-port untuk USB On-the-go.

SAMSUNG makin hari kian memikat hati pengguna ponsel di seluruh dunia.

Hal ini terlihat dari jumlah konsumen Samsung yang makin hari makin bertam-

bah banyak. Galaxy S3, gadget Android keluaran terbaru dari Samsung ini

memang sedang hangatnya menjadi topik pembicaraan di kalangan pecinta gadget.

Selain beberapa fitur-fitur umum yang terdapat di dalamnya, Samsung Galaxy S3 ini memiliki fitur-fitur baru yang belum terdapat di seri-seri Galaxy pendahulunya. Beberapa fitur unggulan tersebut:

S Voice

Jika pengguna iPhone 4S memiliki Siri, maka di Galaxy S III ada S Voice yang merupakan jawaban Samsung atas fitur apik yang dirilis Apple untuk smartphone-nya itu. S Voice adalah fitur asisten yang memproses bahasa alami yang salah satu fungsinya dapat mencari alamat web yang diinginkan pengguna, serta melakukan beberapa hal lain untuk membantu peng-gunanya.

Smart Stay

Salah satu fitur canggih yang ada di

Galaxy S3 ini, di mana gadget ini dapat mengenali secara otomatis pengguna pon-sel melalui interaksi mata dengan kamera depan ponsel.

S Beam

Fitur canggih yang satu ini memung-kinkan untuk sesama pengguna Galaxy S3 bertukar data dengan mudah yaitu dengan cara menempelkan bagian belakang dari ponsel.

Pop Up Play

Dengan Fitur ini pengguna bisa melaku-kan hal-hal secara bersamaan pada layar Samsung Galaxy S3 4,8″ HD Super Amoled begitu mudah dan menyenangkan. Dengan pop up play dan prosesor quad core yang bertenaga, pengguna ponsel da-pat menonton video HD di jendela lain saat mengirim email atau teks secara simultan. Mengubah ukuran video, dan chatting dengan teman atau surfing web. Jangan ketinggalan satu aksi pun.

Best Photo

Abadikan segala momen dalam hidup Anda menggunakan gadget ini, dengan fasilitas mengambil gambar 8 kali bertu-rut-turut dipastikan bisa mengabadikan momen-momen penting dalam keseharian.

Social Tag

Sinkronisasi foto-foto album Anda den-gan jejaring sosial yang ada, sehingga bisa memudahkan pengguna dalam melakukan sharing foto kapan pun dan di mana pun.

Direct Call

Dengan fitur ini memungkinkan peng-guna melakukan panggilan telepon dengan mudah ketika mendapat sebuah pesan SMS, cukup dengan menempelkan ponsel ke telinga, maka panggilan secara otomatis akan dilakukan kepada orang yang men-girimkan pesan.

Smart Alert

Fitur-fitur Unggulan LainnyaPRODUSEN komputer asal Tai-

wan, Asus mengeluarkan produk komputer jinjing ringan (ultrabook) baru berlayar 11,6 inci di Indone-sia, Zenbook UX21E.

“Zenbook UX21E termasuk Zenbook Prime dengan tebal tiga milimeter bersama seri

kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan Windows 8, interface yang dijuluki sebagai “Metro” benar-benar diopti-malkan untuk sentuhan ala interface Windows Phone.

Mendukung chip ARM. Windows 8 mendukung perang-kat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharap-kan memperluas jangkauan Windows 8 di dunia tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini meng-gunakan chip ARM.

Toko aplikasi Windows Store. Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri (Windows Store) yang menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

Mendukung NFC (Near Field Communications). Win-dows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaannya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

Waktu boot yang singkat. Boot Windows 8 dalam de-monya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya. Internet Explorer 10. Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.

Security lebih baik. Windows 8 dikatakan akan memi-liki fitur security lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender yang lebih ditingkatkan kemampuannya.

Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC. Komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula men-jalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.

Fitur-fitur Baru Windows 8Time, Techland, menilai Windows 8 masih konsisten

dengan tampilan yang sangat berbeda dengan sistem op-

erasi iOS milik Apple. Tampilan home screen di Windows 8 pun dinilai persis seperti yang selama ini ada di Windows Phone: warna-warni, dengan sejumlah kotak berisi Apps, koneksi, konten, dan fitur.

User interface yang dinamakan “Metro” ini akan memi-liki akses cepat, namun juga memungkinkan memiliki tampilan Windows klasik. Tampilan Metro juga menye-diakan kontrol sentuh, yang menunjukkan Microsoft akan mengembangkan sistem operasi untuk tablet.

Kemudian, seperti dikutip dari FoxNews, sistem operasi terbaru Windows ini juga menghemat memori. Dengan menggunakan laptop Lenovo berprosesor Intel Atom 1 GB, Windows 7 ”memakan” memori sebesar 404 MB, sedang-kan Windows 8 hanya sebesar 281 MB. Dengan demikian akan banyak ruang untuk aplikasi.

Microsoft kemudian juga memperlihatkan, Windows 8 tak hanya baik digunakan di prosesor standar Intel atau AMD, yang selama ini lazim digunakan di komputer desk-top. Windows 8 pun berjalan baik dengan mikroprosesor ARM, yang biasa digunakan di tablet.

Dari: Berbagai sumber dan pengujian Windows 8 Con-sumer Preview 32 bit

Komang RinarthaSTIKOM Bali

MAKIN banyak produk serupa, makin banyak saingan, maka makin murah pula harga yang ditawarkan produsen tertentu. Setelah Google memperkenalkan Google Nexus 7 yang rencananya akan dijual dengan harga cukup murah, karena banyaknya sain-gan produk tablet lain dari vendor kenamaan. Kini Acer memperke-nalkan sebuah notebook yang mirip dengan ultrabook yang akan dijual dengan harga yang cukup

Asus Keluarkan Ultrabook 11,6 InciUX31A yang memiliki layar 13,3 inci,” kata Manajer Produk dan Pemasaran Asus Indonesia, Juliana Chen, dalam peluncuran sejumlah produk Asus di Jakarta, seperti yang diberitakan Antara, belum lama ini.

Juliana mengatakan, Zenbook Prime Asus ditujukan kepada target konsumen bisnis dengan mobilitas tinggi yang membutuh-kan perangkat ringan dan tipis, tapi tetap andal.

“Pangsa pasar produk ultra-book tidak nieche (khusus) sep-

erti yang diperkirakan sebelum-nya, karena kalau konsumen bisa memperoleh produk berkualitas dengan harga terjangkau, kenapa tidak?” kata Juliana.

Produk Zenbook Prime, kata Juliana, telah diluncurkan terlebih dahulu di pasar Taiwan dan Ameri-ka Serikat. “Produk ini sudah hadir di Indonesia pada minggu ini dengan harga sekitar 1.629 dolar AS,” kata Juliana.

Asus membe-namkan dua pilihan

prosesor Intel, Core i3 dan Core i5, dalam Zenbook UX21E.

Kapasitas ruang penyimpanan solid state drive (SSD) juga dita-warkan dengan dua pilihan, 64 GB dan 128 GB. Ultrabook bermemori DDR3 empat GB itu mempunyai baterai yang dapat bertahan hingga lima jam. *

Acer Travelmate B113

Notebook dengan Desain Ultrabookmurah juga.

Kita tentu tahu bahwa saat ini harga ultrabook dari vendor mana pun masih tinggi. Notebook besutan Acer yang dinamai Acer Travelmate B113 ini memiliki dimensi yang tipis dan juga ringan dengan bobot seki-tar 1.88 kg dengan layar seluas 11.6 inci dengan resolusi 1366 × 768.

Dilihat dari berat dan bentuknya, Acer Travelmate B113 seperti dilan-sir berita teknologi, memang mirip dengan ultrabook yang kini harganya

masih sangat tinggi. Notebook ini akan menyasar para pebisnis. Acer Travelmate B113 akan ditenagai dengan 3 pilihan prosesor, mulai dari Intel B877 1,4GHz, Intel Pen-tium B967 1.3GHz dan Intel core i3 2377M 1.5GHz.

Spesifikasi lainnya yang bisa diketahui dari notebook yang mirip ultrabook ini di antaranya adalah RAM 4GB, 500 GB harddisk, USB3.0, HDMI, dan baterai dengan kapasitas 44000 mAh. Untuk harg-

anya, Acer Trav-elmate B113 akan dijual dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan. Cukup murah

jika diband-ingkan dengan

ultrabook yang harganya berkisar

belasan juta rupiah. *

Mengenal Windows 8

Page 7: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Cek Browser Configuration- Buka browser- Pilih option- Pilih browser configuration- Pastikan pada bagian browser adalah Internet Browser.

Cek Browser General Properties- Pilih browser- Pilih option- Pilih general properties- Pastikan pilihan pada bagian default browser adalah Internet Browser

Cek Default Browser- Pada menu pilih option- Pilih advanced option- Pilih browser- Pastikan default browser configurationnya adalah Internet Browser.

Cek Advance Option- Pada menu pilih option- Pilih advanced option- Pilih browser push- Hilangkan tanda centang pada Enable WAP Push- Hilangkan tanda centang pada pilihan Allow WAP Push Aplication

Cek APN Setting- Pada menu pilih option- Pilih advanced option- Pilih TCP/IP- Centang pada bagian APN Setting Enabled- Isi APN dengan blackberry.net- User dan password kosong, lalu simpan.

Cek Option Data Roaming- Pada menu pilih option- Pilih mobile network- Ubah pilihan pada while roaming menjadi Off.

UberSocial BIS Setting- Options- Next sampai pilihan Network Options- Pilih BIS (BlackBerry Internet Service)- Tandai Use Wi-Fi If Available.

TIPS & TRIK18 7REVIEW6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

POLYTRON kembali meramai-kan pasar ponsel Android lokal dengan meluncurkan Polytron W2400 (Wizard Series). Ponsel Android ini hadir dengan du-kungan prosesor Qualcomm MSM7227-A dengan clockspeed 1GHz. Sementara untuk sistem operasinya, sudah memakai An-

Ada satu cara lagi untuk berbagi konten pada berbagai perangkat. Hal itu adalah AllShare Play, dan memungkinkan ponsel bekerja sama melalui keajaiban DLNA dan Wi-Fi Direct, yang memberikan akses remote ke dokumen dan file multimedia saat bekerja pada sebuah layar yang berbeda di tempat lain.

Buddy Photo-share

Ponsel ini bisa mengenali wajah dari foto sehingga bisa di-share secara otoma-tis ke orang-orang yang terdapat di kontak atau grup.

Drop Box

Pada paket pembeliannya, Samsung bekerja sama dengan DropBox mem-berikan fasilitas penyimpanan data secara gratis hingga kapasitas maksimum 50 GB. Dari fitur-fitur dan spesifikasi yang ada dipastikan Samsung Galaxy S3 ini dapat menyaingi iPhone 4S serta mengalahkan pendahulunya yaitu Galaxy Note.

SumiariSTIKOM Bali

Melalui fitur canggih ini, pengguna pon-sel bisa mengetahui panggilan tak terjawab atau pun pesan yang masuk ketika ponsel ditinggalkan melalu getaran halus ketika ponsel pertama kali disentuh, sehingga pengguna bisa langsung mengetahui apa saja yang terjadi ketika ponsel ditinggalkan.

All Share Play

HTC ThunderBolt menggu-nakan layar touchscreen 4.3 inci dengan prosesor 1GHz Snapdrag-on, kamera 8 megapixel dengan dual-LED flash.

HTC ThunderBolt seperti diku-tip dari Phonearena, akan meng-gunakan konektivitas LTE yang mendukung kemampuan 4G.

HTC ThunderBolt mengguna-

Polytron W2400 (Wizard Series)Ponsel Android Lokal dengan Prosesor Qualcomm 1GHz dan Fitur Dual SIM Card

droid 2.3.6 Gingerbread.Polytron W2400 dibekali

dengan 512MB RAM plus 512MB ROM, dan didukung dengan slot memori microSD yang mendukung kapasitas hingga 16 GB. Ponsel Android lokal ini memakai layar IPS seluas 4.0 inci, cukup luas untuk bermain game dan menon-

ton video favorit.Polytron W2400 dilengkapi

dengan kamera depan beresolusi VGA untuk kebutuhan video call/video chat, dan kamera belakang dengan resolusi 5.0 megapik-sel plus fitur autofokus. Di sisi hiburan, ponsel ini dilengkapi den-gan audio player, video player dan

radio FM sebagai pelengkap. Sementara di sisi konektivitas, Polytron W2400 dilengkapi den-gan Wi-Fi, bluetooth serta kabel data USB . Polytron W2400 merupakan ponsel Android dual SIM yang akan dijual dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 1.799.000. *

HTC ThunderBolt 4GLayar Touchscreen 4.3” dengan Prosesor 1 GHz Snapdragon

kan layar TFT touchscreen 4.3” dengan tingkat resolusi WVGA (480x800) pixel. Layar mampu menghasilkan warna yang hidup dan cerah dengan tingkat kontras yang baik. Namun sayangnya, layar tidak memiliki visibilitas yang baik di bawah sinar matahari langsung. Layar menjadi gelap dan sulit untuk dilihat meski fitur backlight sudah digunakan.

Di bawah layar, terdapat 4 tombol navigasi touchscreen dengan tingkat sensitivitas yang terdiri dari home, menu, back, dan search. Lalu di atas layar terdapat LED status indicator yang akan berkedip hijau ketika Anda menda-patkan sebuah pesan baru dan akan menjadi warna merah bila Anda sedang charging, lalu juga terdapat kamera 1.3 megapixel. Di bagian atas terdapat tombol power/lock serta headset jack 5.3 mm. Di bagian kanan terdapat tombol pengaturan volume dan di sisi kiri terdapat microUSB port.

HTC ThunderBolt mengguna-kan OS Android 2.2.1 Froyo yang dilengkapi dengan versi terbaru dari user interface HTC Sense. Anda dapat menata 7 home screen yang tersedia dengan menambahkan ikon-ikon widget tanpa harus menekan home screen dalam waktu yang lama cukup menekan ikon paintbrush palette di bawah kanan home screen.

HTC ThundeBolt menggunakan kamera autofocus 8 megapixel dengan dual-LED flash. Karena tidak terdapat tombol khusus untuk kamera, maka Anda dapat menggunakan layar kamera untuk mengatur fokus dari kamera dan Anda tinggal menekan ikon shutter di sisi kanan. Terdapat beberapa efek yang dapat digunakan pada interface kamera HTC Thunder-bolt.

HTC ThunderBolt mengguna-kan dual-band CDMA dan single-band LTE yang memungkinkan HTC ThunderBolt menggunakan kemampuan jaringan 4G.

HTC Thunderbolt juga dileng-kapi dengan Wi-Fi (802.11b, 802.11g, 802.11n), bluetooth EDR versi 2.1, dan microUSB port. Dengan 4G Mobile Hotspot, HTC ThunderBolt dapat terhubung den-gan 8 device dan menjadi hotspot bagi perangkat yang terhubung. *

PONSEL dengan kemampuan dual-SIM memang masih populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan ke-mampuan sinyal, fasilitas, dan harga layanan yang diberikan tiap operator berbeda-beda. Dengan mengguna-kan dual-SIM, pengguna menjadi lebih leluasa memilih layanan dari operator yang dipakainya tanpa harus gonta-ganti SIM card.

Belum lama ini, PT Erasa Mandiri Teknosis (Tabulet Electronics Corp) mengenalkan tiga produk terbarunya, yakni Tabulet Troy 2 (tablet Android Ice Cream Sandwich), Tabulet Beat 2 (tablet Ice Cream Sandwich) dan Tabulet Sparta (smartphone Android Gingerbread).

Seperti dikutip dari teknoup, smart-phone ini menggunakan dual-SIM card GSM, layar berukuran 3.5 inci TFT, dual kamera, memori internal 512 MB dan radio FM.

Terbungkus dalam desain mini-malis dengan tombol logam, Tabulet Sparta memiliki dimensi 116 x 62 x 12,9 mm dan berat sekitar 78 gram. Pada bagian samping kanan terdapat tombol volume dan shutter kamera. Pada bagian samping kiri hanya terdapat port micro USB untuk charg-ing dan data transfer ke komputer. Pada bagian atas terdapat tombol power dan lubang jack 3,5 mm untuk

Tabulet Sparta

Android Dual-GSM Harga Hematpenggunaan earphone, sementara di bagian bodi bawah terdapat mic dan lubang strap untuk membuka back cover. Pada bagian muka Tabulet Sparta, menggunakan layar beruku-ran 3,5 inci TFT. Di bagian atasnya terdapat earpiece dan di sebelahnya ada sensor proximity, sensor cahaya, dan kamera VGA. Sementara pada bagian bawahnya terdapat empat tombol kapasitif.

Bagian belakang Tabulet Sparta disematkan kamera beresolusi 3 megapiksel dan flash dan speaker untuk mendengarkan audio.

Sementara pada bagian dalam terdapat 2 buah slot SIM card GSM dengan kemampuan konektivitas 3G HSDPA pada salah satu slotnya. Se-lain itu juga ada slot memory microSD yang mampu mendukung kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.

Tabulet Sparta menggunakan sistem operasi Android 2.3.5 Gin-gerbread dengan antarmuka yang cukup standar. Tampilan lockscreen, home screen dan drawer juga tampil standar. Pada halaman home screen, dapat memuat hingga tujuh halaman. Ketika tombol home ditekan, akan tampil tujuh pilihan halaman, dan saat ditahan agak lama akan tampil aplikasi-aplikasi yang digunakan terakhir kali. *

Spesifikasi Utama:Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan 3G UMTSDual-SIM standbyLayar sentuh TFT kapasitif 3,5 inci (320 x 480 piksel)Kamera 3 MP + flash (belakang), VGA (depan)Android 2.3.5 GingerbreadProsesor ARMv6 MT6573 668MHzMemori internal 512 MB, RAM 256 MBBaterai Lithium 1.500mAh

Kelebihan:- Kecepatan transfer data LTE 4G.- Dapat melakukan web browsing dan menelepon secara bersamaan.- UI HTC Sense yang flexibel.- Kamera 8 megapixel dengan kualitas yang baik.- Memory card 32 GB sudah diberikan.

Kekurangan:- Suara telepon mendengung pada volume tinggi.- Video chat via skype belum tersedia.- Terdapat perbedaan kualitas layar pada perangkat yang sama.

Spesifikasi HTC ThunderBolt:- 4.3-inch display WVGA (480 x 800) pixel, 16,78 million colors.- Android OS 2.2.1 Froyo.- Processor 1GHz Snapdragon.- 8 megapixel camera (primary).- 1.3 megapixel camera (secondary).- 1080p Full HD video recording and playback.- Dual-band CDMA dan single-band LTE.- WLAN 802.11 b/g/n, bluetooth, microUSB port.- Kickstand.- 16 GB internal memory, expansion per 128GB microSDXC- Battery 1800 mAh

Cegah BlackBerry Sedot Pulsa

MASALAH sedot pulsa ini banyak dialami para pengguna BlackBerry. Banyak pelanggan yang mengeluh pulsanya habis secara drastis. Berikut adalah beberapa langkah atau tips mencegah BlackBerry sedot pulsa seperti dikutip dari ligaponsel.

Itulah beberapa setting yang diperlukan dalam Black-Berry Anda agar terhindar dari sedot pulsa otomatis karena pemakaian jaringan di luar BIS (BlackBerry Internet Connec-tion). *

Lima Cara Lindungi Smartphone dari Aplikasi Nakal

BANYAKNYA jumlah pengguna ponsel pintar menjadikan perangkat mobile tersebut sekaligus data di dalamnya sebagai target para kriminal. Meski mobile malware bukan pokok permasalahan di sini, bisa saja hacker dan pencuri data yang me-makai malware tersebut. Jadi bagaimana caranya mengamankan smartphone dari aplikasi-aplikasi nakal? Berikut tips yang dilansir computerworld yang dikutip dari okezone.

1. Membangun kesadaran terhadap ancaman tersebut. Jumlah malware ponsel pintar yang telah teridentifikasi cenderung lebih sedikit dibanding malware pada desktop atau laptop. Namun, anca-man tersebut benar-benar ada dan aplikasi yang lebih berbahaya terus muncul. Tetap waspada terhadap ancaman tersebut bisa jadi salah satu cara melindungi ponsel pintar Anda.

2. Pastikan keamanan aplikasi dan sumber aplikasi sebelum menginstalnya di ponsel pin-tar. Umumnya orang cenderung men-ginstal begitu saja aplikasi-aplikasi yang sedang jadi tren. Namun, akan lebih baik bila pemilik ponsel pintar melakukan riset terlebih dahulu terh-adap aplikasi tersebut melalui review, rekomendasi kawan, maupun mesin pencari Google.

3. Mencari aplikasi lewat penyedia yang memiliki reputasi baik. Beberapa platform mobile mengizink-an instalasi aplikasi apa pun yang dapat ditemukan lewat web. Biasanya akan lebih baik jika memilih aplikasi lewat situs-situs resmi pe-nyedia aplikasi tersebut.

4. Kenali izin penggu-naan aplikasi. Setiap kali menginstal aplikasi baru, izin penggunaan aplikasi ini akan disodorkan pada pengguna. Umumnya dalam izin penggunaan akan disebutkan akses mana yang memiliki potensi bahaya. Misalnya, jika sebuah aplikasi game meminta

izin untuk mengakses buku alamat, pengguna dapat segera memblokir permintaan yang tidak relevan tersebut.

5. Terakhir, gunakan antivirus mobile. Beberapa penyedia antivirus memiliki versi tertentu yang digunakan khusus untuk ponsel pintar. Ada pili-han aplikasi antivirus mobile dari yang berbayar sampai yang gratis. Bagi yang merasa

perlu melindungi smartphone-nya, tinggal mencari

aplikasi antivirus tersebut via

web. *

Tips Mengurangi Risiko ”Hacking” pada Ponsel

MENGHILANGKAN risiko hacking pada ponsel bisa dikatakan adalah mustahil. Yang bisa dilaku-

kan hanyalah mengurangi risiko di-hack. Lalu

bagaimana cara Anda untuk memben-tengi ponsel Anda dari serangan hacker?

Sep-

erti dikutip dari ligaponsel, terlebih bagi para peng-guna ponsel yang rata-rata adalah masyarakat awam yang tidak tahu banyak tentang apa itu hacking. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

* Gunakan password protection untuk layanan voice mail Anda. Lalu ingat, jangan gunakan pass-word yang mudah ditebak, seperti tanggal ulang tahun atau password yang sama untuk bebrapa akun.

* Matikan ponsel Anda.* Gunakan tool terbaru atau ter-update.* Gunakan Phone Security. Software anti-theft

mungkin bisa digunakan. Software semacam ini berguna untuk meremote lock ponsel dengan SMS. Selain itu software ini juga dapat memformat ponsel dari jarak jauh, juga dengan SMS.

*Gunakan bluetooth seperlunya. Sebagian besar para hacker menggunakan bluetooth. Jadi usahakan seminimal mungkin menggunakan layanan ini.

* Hapus history dari browser di ponsel secara berkala. Banyak ponsel yang menyediakan fitur autocomplete. Dan tentunya jika fitur ini dinyala-kan, hal tersebut akan memudahkan seorang

hacker untuk memata-matai Anda, terlebih jika Anda adalah orang yang sering mengakses situs-situs yang membutuhkan login. *

Page 8: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Kelebihan- Harga terjangkau.- Desain solid dengan berbagai pilihan warna.

Kekurangan- Kualitas kamera di bawah standar.- Resolusi layar rendah.

Spesifikasi i:Jaringan : Quad Band & HSDPADimensi/berat : 11,35x5,9x1,33 cm/130 gramOS : Android v2.2 FroyoLayar : TFT capasitive touchscreen 262.144 warna, 320x480 pikselKamera : 3,15 MP (20148x1536 piksel), geo-tagging, videoMessaging : SMS, MMS, email, push email, IMData transfer : GPRS, EDGE, HSDPABrowser : HTMLMemori : internal 140 MB, slot microSD card (up to 32GB).

6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012REVIEW8 APLIKASI 17

SELAIN membidik pasar global, Samsung tercatat juga menawar-kan produknya secara eksklusif kepada beberapa operator di suatu wilayah/negara. Salah satunya yakni Samsung GT-i8250 ke China Mobile.

Seperti dikutip dari ligaponsel, Samsung GT-i8250 memiliki layar touchscreen 4 inci beresolusi 480 x 800 piksel. Sisi kamera belakang 5 MP, sementara bagian depan 0.3 MP (VGA). Kapasitas RAM dari GT-

SMARTPHONE mungil dan pas di kantong, menjadi daya tarik

tersendiri di kalangan peng-guna ponsel. Tak hanya ukuran mungil, harga Samsung Galaxy Pocket juga terjangkau sesuai kantong masyarakat.

Diyakini ponsel mungil dengan aplikasi yang lengkap

ini juga akan banyak diminati pasar. Sesuai namanya, smart-

phone keluaran Samsung terse-but begitu mungil dengan dimensi 103.7 x 57.5 x 12 mm, lebih kecil

dari Samsung Galaxy Y. Dari segi persamaan antara Samsung Gal-axy Pocket dengan Y terletak pada

ukuran layar, versi Android, prosesor, dan kamera. Perbedaan terletak pada perbaikan variasi fitur kamera, kecepa-

tan koneksi jaringan HSDPA mencapai 7,2Mbps, dan kerapatan piksel 143 ppi.

Fungsi internet dalam Galaxy Pocket sudah bisa mengakomodir HSDPA hingga 3,5 G, serta sudah dilengkapi kamera 2

megapixel dan internal memori. Selain fitur-fitur dasar seperti Voice Call, SMS

dan MMS, Galaxy Pocket juga memiliki fitur tambahan seperti Instant Messaging, Social Networking, dan TouchWiz UI yang

bisa diunduh melalui Android Play Store dan Samsung Apps.

Keistimewaan lainnya sesuai promosi yang gencar, smartphone mungil ini diyakini mampu

untuk mengaktifkan 500 ribu aplikasi gratis. Bahkan, ponsel ini ini juga diyakini sebagai

ponsel Android dengan klasifikasi harga hemat di bawah Rp 2 jutaan. *dik

LG Optimus Me P350

Smartphone Android dengan Layar LCD Touchscreen 2.8”

LG OPTIMUS Me P350 adalah smartphone Android yang dilengkapi dengan beberapa fitur seperti kamera 3 megapixel, Wi-Fi, GPS, baterai 1.500 mAh, dan microSD card slot.

LG Optimus Me P350, seperti dikutip dari phonearena meng-gunakan layar LCD touchscreen 2.8” dengan tingkat resolusi (240 x 320) pixel. Karena kecilnya tingkat resolusi layar, maka layar tidak memiliki tingkat kecerahan dan visibilitas yang baik terutama saat Anda mencoba untuk membaca tulisan pada browser atau membaca email Anda.

Di bawah layar terdapat empat tombol navigasi Android touchscreen dengan tingkat respons yang cukup. Tidak hanya itu, di bawahnya masih terdapat tombol yang berbentuk elips dengan tombol send/end dan tombol power/lock di ujungnya. Di bagian atas terdapat headset jack 3.5 mm. Di sebelah kanan

terdapat tombol pengaturan volume dan di sisi kiri terdapat mi-croUSB port dengan penutupnya. Di belakang terdapat

kamera 3 megapixel tanpa flash.LG Optimus Me P350, seperti yang dikutip

dari si tus resmi produk tersebut, mengguna-kan sistem operasi Android 2.2 Froyo dengan UI dari LG Optimus dengan beberapa perbai-

kan ditambah dengan beberapa tampilan ikon yang baru. Sama seperti smartphone lainnya, LG

Optimus Me P350 memiliki sejumlah home screen yang dapat Anda isi dengan berbagai aplikasi dari An-

droid dan widget dari LG.LG Optimus Me P350 menggunakan kamera 3 megapixel

tanpa didukung fitur flash. Interface pada kamera terlihat mirip dengan smartphone-smartphone LG yang berbasis Android

lainnya hanya den-gan layar yang lebih kecil. Efek warna ikon akses pada layar awal, misalnya. Interface kamera juga menawarkan beberapa efek seperti white bal-ance dan ISO, untuk color effect terdapat beberapa pilihan seperti Mono, Negative, Solarize, Sepia, dan Aqua.

LG Opti-mus Me P350 merupakan smartphone dengan tingkat konektivitas yang tinggi. LG Optimus Me P350 menggunakan quad-band GSM dan dual-band UMTS. LG Optimus Me P350 juga dileng-kapi dengan kemampuan 3G, Wi-Fi untuk konektivitas dengan hotspot, bluetooth, GPS, ditambah dengan FM radio dengan RDS. *

Samsung Kenalkan GT-i8250

i8250 yaitu 512 MB, yang dikombinasikan dengan ROM 4 GB plus dukungan kartu microSD (up to 32 GB).

Untuk prosesor, Samsung GT-i8250 mengusung single-core 1 GHz Marvell, dengan GPU GC530. Fitur lain yang ada di sini yaitu Wi-Fi, bluetooth, NFC, du-kungan TD-SCDMA, baterai 1.650 mAh, serta OS Android 2.3 Gingerbread.

Melihat data spesifikasinya, bisa ditebak bahwa GT-i8250 pada dasarnya merupakan klonin-gan dari Galaxy S original. Tengok saja, faktor bentuknya mirip, ukuran layar dan resolusi sama, serta spesifikasi lain yang tercatat se-rupa. Hanya bedanya smartphone ini hanya dibuat khusus untuk China Mobile. *

Samsung Galaxy Pocket,Smartphone Mungil Pas di Kantong

2. Tambahkan NIC calon teman Anda dan pesan notifikas-inya, kemudian pilih Add. NIC serupa dengan PIN pada Blackberry.

3. Untuk mengetahui apakah Anda sudah diterima sebagi teman. Pada halaman utama Catfiz pilih tombol menu di smartphone Android Anda kemudian pilih Pending Request. Jika tampil seperti berikut (Waiting For authorization), berarti teman yang Anda tambahkan belum menerima atau melakukan konfirmasi terhadap permintaan Anda.

4. Jika teman Anda sudah menerima atau melakukan konfirmasi terhadap permintaan Anda, maka pada halaman utama Catfiz akan muncul nama teman yang telah Anda tambahkan.

Menerima Permintaan Teman (Friend Requests)

1. Untuk menerima permintaan teman, pada halaman utama Catfiz pilih tombol menu di smartphone Android Anda kemudian pilih New Friend Requests, pilih daftar permintaan teman yang akan diterima sebagai teman, misalnya pada contoh di bawah nama teman yang akan diterima adalah Dandy, kemudian pilih Accept.

Mengirim Pesan

1. Untuk mengirim pesan, pada menu utama Catfiz pilih teman yang akan Anda kirimi pesan.

2. Ketik pesan pada textbox pesan, kemudian pilih Send.

Bagi para pembaca yang ingin memcoba fitur-fitur Catfiz yang lain silahkan Anda download UserguideCatfiz di www.catfiz.com.

Made LiandanaSTIKOM Bali

LURI Aranda, Miquel Las Heras, Miquel Puig dan Joan Casas dari UPC Barcelona School of Informatics berhasil mengembangkan sebuah aplikasi (plug-in) yang memung-kinkan penggunanya untuk meninggalkan pesan suara pada jejaring sosial favorit seperti Facebook dan Twitter.

uWhisp, Aplikasi atau Plug-In untuk Tinggalkan Pesan Suara

pada Jejaring Sosial

Seperti dikutip dari berita teknologi, aplikasi plug-in yang dinamai uWhisp ini bisa diinstal dengan mudah pada browser Anda. setelah diinstal, maka aplikasi akan langsung ditampilkan pada Facebook atau Twitter. Para pengembang menjelaskan bahwa setiap pesan suara yang dikirim akan disimpan sebagai file audio pada jejaring sosial yang dipakai.

Selain itu, uWhisp memungkinan Anda untuk memutar kembali pesan suara yang diterima atau dikirim orang lain di lain waktu untuk memastikan tidak adanya kesalahan dalam pesan suara yang dikirim.

Namun, sayangnya jika penerima pesan tidak memiliki ekstensi yang sesuai, maka link akan mengarah ke website uWhisp, di website tersebutlah pengguna bisa menden-garkan pesan yang dikirim. Jika Anda penasaran ingin mencoba aplikasi ini, silakan kunjungi website uWhisp.

Aplikasi ini bekerja dengan bantuan kamera depan yang terdapat dalam ponsel Android Anda. Selama mata Anda memandang layar ponsel, maka layar tidak akan mati secara otomatis. Hal ini tentu saja berguna ketika Anda sedang membaca e-book atau halaman di website yang cukup panjang.

Sayangnya, aplikasi ini cukup menguras baterai ponsel Anda. Tapi tenang saja, Anda bisa membeli versi PRO yang kabarnya lebih irit baterai dan bisa memberi keleluasaan kepada kita untuk mengatur seberapa sering aplikasi ini akan mendeteksi wajah. *

Page 9: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

APLIKASI16 REVIEW 9 6 - 12 Juli 20126 - 12 Juli 2012

SAMSUNG Star II S5260 menggunakan layar touchscreen 3” dan dilengkapi dengan kamera 3,2 megapixel, slot kartu microSD, Wi-Fi, dan akan menggunakan interface Samsung TouchWiz.

Seperti dikutip dari phonearena, Samsung Star II hadir dengan layar touchscreen 3.0” dengan tingkat resolusi (240 x 400) pixel dan layar dapat menghasikan 256.000 warna. Kualitas dari layar berada pada level sedikit di bawah rata-rata.

Samsung Star II adalah ponsel yang menggunakan pada plat-form berbasis Java dan dibumbui dengan TouchWiz edisi ketiga

PRODUSEN smartphone papan atas asal Korea Selatan kembali merilis smartphone terbarunya berupa Samsung Repp yang menyasar kalangan low end.

Kendati harganya terjangkau, ponsel ini memiliki fasilitas Android berlayar sentuh serta dijejali dengan spesifikasi yang terbilang cukup menjanjikan, di antaranya Android Gingerbread, prosesor berkecepa-tan 800 MHz, memori internal 2 GB, GPS, jalur internet Rev. 0, upto 2.4 Mbps dan Wi-Fi.

Samsung Repp juga dilengkapi dengan fasilitas audio player, video player, SNS integration, image/video editor, document viewer, dan ap-likasi khas Android (Google Search, Maps, Gmail,YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration).

Ponsel yang berjalan pada jaringan CDMA ini hadir dengan dimensi 110 x 57 x 12.2 mm, sehingga makin nyaman digenggam. Selain itu, ponsel ini hanya memiliki bobot 105 gram saja sehingga terasa ringan saat dimasukkan ke saku. Di sektor kamera, ponsel ini dilengkapi 3.15 megapiksel minus fitur autofocus dan LED flash, sehingga di saat pengabadian gambar dan perekaman video direkomendasikan pada area yang cukup cahaya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sementara untuk menonton video favorit telah mendukung berag-am konversi yang antara lain MP4/WMV/H.264/H.263 player. *aya

HTC Incredible S menggunakan layar super LCD 4” dengan OS Android 2.2 Froyo. HTC Incredible S juga dilengkapi kamera 8 mega-pixel dengan dual-LED flash.

HTC Incredible S menggunakan layar super LCD 4” dengan tingkat resolusi WVGA (480 x 800) pixel.

Seperti yang dikutip dari phonearena, layar super LCD mampu menghasilkan gambar yang tajam dan dengan warna yang hidup dan terlihat cerah. Layar juga memiliki sudut pandang yang baik, bahkan layar mampu dilihat dengan baik di bawah sinar matahari langsung. Di atas layar terdapat kamera 1.3 megapixel yang dapat digunakan untuk video chat.

Di bawah layar terdapat 4 tombol navigasi touchscreen khas Android dengan LED backlight yang terdiri dari home, menu, back, dan search. Di bagian kiri, terdapat tombol pengaturan volume rocker dan microUSB port untuk pengi-sian baterai dan data. Di bagian atas terdapat headset jack 3.5 mm

dan tombol power. Di bagian bela-kang terdapat kamera auto-focus 8 megapixel dengan dual-LED flash dan sebuah grill speaker yang terletak di tepi kiri atas.

HTC Incredible S akan menggu-nakan sistem operasi dari Android 2.2 Froyo dan yang pastinya HTC Sense akan menjadi user interface dari HTC Incredible S. Sampai saat ini HTC Sense merupakan salah satu UI terbaik yang mampu menyesuaikan diri dengan OS Android sehingga mampu menam-bah kemampuan dari HTC Incred-ible S. Anda akan mendapatkan 7 homescreen yang dapat Anda personalisasi dengan berbagai widget dengan fitur helicopter view yang akan sangat membantu Anda saat mengubah-ubah homescreen Anda.

HTC Incredible S dilengkapi dengan fitur HTCSense.Com seh-ingga Anda dapat membuat akun pada HTCSense.com yang akan menyediakan beberapa fungsi yang berguna bagi smartphone Anda seperti backup otomatis, ke-

Samsung Star II S5260

Hadir dengan Layar Touchscreen 3.0”Samsung Repp, Smartphone CDMA dengan Layar Sentuh

dari Samsung. Di bagian atas homescreen terdapat notifications area. Di notification area terdapat beberapa tab seperti missed calls, email, music player controls (jika sedang dijalankan), dan masih banyak lagi. Pada homescreen Anda dapat meletakkan beberapa widget yang sering Anda gunakan.

Samsung Star II menggunakan kamera fixed-focus 3 megapixel tanpa fitur flash. Interface pada kamera menggunakan versi dari TouchWiz, dengan scene modes yang berbeda. Dan pada interface kamera terdapat beberapa peng-aturan seperti exposure dan white

balance. Walau hanya menggunakan

kamera 3 megapixel, namun kuali-tas warna dari gambar yang kami ambil cukup mengesankan.

Samsung Star II hanya akan menggunakan quad-band GSM sehingga kemampuan 3G tidak akan dapat digunakan. Samsung Star II juga dilengkapi dengan Wi-Fi sebagai sebuah pilihan untuk konektivitas dengan internet. Ditambah dengan bluetooth, FM radio, dan microUSB port untuk pengisian data dan baterai.

Samsung Star II menggunakan browser dasar dari Samsung yaitu Dolfin 2.0. Browser juga men-dukung Flash Lite 4.0, sehingga Anda tetap dapat melihat be-berapa objek Flash dasar juga text reflow. Zoom-ing dan panning memiliki kecepatan yang cukup baik dan satu-satunya kelemahan browser se-lain kurang-nya dukun-gan penuh dari Adobe Flash adalah tingkat resolu-si layar yang rendah yang membuat hala-man terlihat jelek dan tidak terbaca saat di zoom-out. *

mampuan untuk membuat telepon Anda berdering, atau benar-benar menghapus data pada smartphone Anda saat handset hilang atau dicuri.

Keyboard pada UI Sense memi-liki tata letak yang baik, sehingga memberikan akses cepat pada nomor dan beberapa tanda baca semua dalam satu layout key-board.

HTC Incredible S menggunakan kamera autofocus 8 megapixel dengan dual-LED flash. Interface kamera pada HTC Incredible S dilengkapi dengan beberapa mode khusus dan beberapa efek yang dapat digunakan seperti exposure, contrast, dan saturation sehingga Anda dapat mengambil gambar dengan sempurna dan meny-enangkan.

Kamera HTC Incredible S mampu merekam video dengan kualitas 720p pada 21 frame per detik. Hasil video juga sama seperti hasil gambar yang memiliki kualitas rata-rata sehingga jangan berharap untuk menemukan detail

yang baik pada rekaman video Anda. Hasil audio yang mampu direkam terbilang buruk karena ada sejumlah distorsi yang terden-gar sehingga menghasilkan suara yang buruk.

HTC Incredible S meng-

gunakan quad-band GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan tri-band UMTS (850/1700/2100 MHz). HTC Incredible S juga dilengkapi dengan 802.11 b/g/n Wi-Fi untuk konektivitas dengan hotspot. *

HTC Incredible S

Layar Super LCD 4” dengan OS Android 2.2 Froyo

- Jaringan : 2G CDMA 800 / 1900; 3G CDMA2000 1xEV-DO- Dimensi : 110 x 57 x 12.2 mm- Berat : 105 g- Layar : TFT capacitive touchscreen, 320 x 480 pixels, 3.2 inches (~180 ppi pixel density)- Sensor : Accelerometer, proximity, compass- Touch-sensitive controls- Kamera : 3.15 MegaPiksel,- Memori internal 2 GB- microSD, up to 32GB, 2 GB included- Messaging : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM- Konektivitas : 3G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, v2.0 microUSB- Rev. 0, upto 2.4 Mbps- Baterai: Standard battery, Li-Ion 1500 mAh- Games- Java via Java MIDP emulator- GPS- Browser: HTML, Adobe flash- Fitur Lain: SNS integration, MP4/WMV/H.264/H.263 player, MP3/WAV/ WMA/eAAC+ player, Vibration; MP3, WAV ringtones, Loudspeaker, 3.5mm jack, Organizer, Image/video editor, Document viewer, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration, Voice memo/dial, Predictive text input (swype)

Spesifikasi:

Jaringan : GSM 850/900/1800/1900 MHz, GPRS/EDGE class 12Dimensi : 107.5 x 54 x 12.4 mm, 94 gramLayar : Touchscreen TFT 3″, WQVGA resolution (240 x 400 pixels)User Interface : TouchWiz 3.0Storage : 30MB onboard storage, microSD card slot (up to 16GB)Kamera : fixedfocus 3 megapixelKonektivitas : Wi-Fi, Bluetooth 3.0 with A2DP, microUSB v2.0

Kelebihan:

- Murah- Kualitas kamera yang baik

Kekurangan:

- Interface yang terasa lag- Tidak ada 3G dan GPS

Spesifikasi:

Spesifikasi HTC Incredible S:

Network : quad-band GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan tri-band UMTS (850/1700/2100 MHz)Display : Super LCD 4” , WVGA (480x800) pixelOS : Android 2.2 FroyoProcessor : Qualcomm Snapdragon MSM825 1 GHzKamera : 8 megapixel autofocus dengan dual-LED flash, kamera depan 1.3 megapixelKonektivitas : Wi-Fi, aGPS, Bluetooth 2.1, microUSB port.

Kekurangan:

- Kemampuan kamera yang kurang.- Kurang cukup modern sebagai high- end smartphone.

Kelebihan:

- Smartphone yang sangat responsif.- Layar Super LCD yang tajam.

• Identifikasi user dengan PIN.• Chat message• Voice message (Voice chat)• Photo share• File share• Send Catfish Contact• Blitz/buzz• User status• Status comment• Recent Update (history friend, baik status atau foto change)• Broadcast message (broadcast ke beberapa/seluruh user friend, text atau voice)• Pool Conference/Group• Conference file share• Conference voice message

BlackBerry Messenger ala Smartphone Android dengan Catfiz the Ultimate Android Messenger

Catfiz the Ultimate Android Messenger mempunyai fitur-fitur seperti:

BAGI para pengguna Android mung-kin sudah tidak asing lagi menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, dan aplikasi chat lainnya. Dalam artikel ini, saya

membahas sedikit tentang aplikasi buatan anak bangsa yaitu Catfiz atau kalau nama panjangnya “Catfiz the Ultimate Android Messenger”.

Catfiz the Ultimate Android Messen-ger adalah aplikasi chat messenger pada smartphone Android yang mempunyai kemiripan dengan BlackBerry Messenger.

Kenapa Catfiz disebut mirip atau serupa tapi tak sama dengan BlackBerry Messenger, karena Catfiz juga mempunyai PIN yang dis-ebut dengan NIC (Nomor Identitas Catfiz).

1. Catfiz the Ultimate Android Messenger mempunyai fitur-fitur seperti:

2. Pilih menu ”Download Catfiz”.

Instalasi Catfiz the Ultimate Android Messenger1. Pilih hasil download Catfiz pada notification tray, atau pada folder download.

2.Setelah muncul tampilan seperti berikut ini, kemudian pilih install.

3. Tunggu sampai muncul tampilan sepeti berikut.

Pertama Kali Menjalankan Catfiz the Ultimate Android Messenger

1. Buka menu utama smartphone Android Anda, kemudian pilih icon

2. Isikan Username, password, dan user status, kemudian pilih update. Proses ini diperlukan untuk melakukan registrasi ke server Catfiz.

Menambahkan Teman pada Catfiz the Ultimate Android Messenger

1. Pada halaman utama Catfiz pilih tombol menu pada smartphone Android Anda, kemudian pilih Add New Friend.

Page 10: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

MARKET APLIKASI10 15 6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

NOKIA Lumia 710 kini kian favorit di pasaran. Permintaan juga tergolong membaik karena menyasar segmen menengah. Bahkan, penjualan Nokia Lumia 710 masih terbaik untuk seri Lu-mia karena menggunakan Windows Phone 7.5 buatan Microsoft.

Nokia Lumia 710 merupakan smartphone perangkat Android yang bersaing dengan iPhone dan BlackBerry. Dari sisi desain kendati tidak ada yang istimewa karena bentuk badannya mirip Nokia seri N9, namun memiliki beberapa keunggulan. Di antaran-ya, tiga tombol akses cepat tersedia di bagian depan untuk menuntun pengguna membuka halaman beranda (home), pen-carian, dan tombol fungsi balik (back). Kamera, Lumia 710 mem-bekali dirinya dengan kamera 5 megapiksel autofocus lengkap dengan flash LED di sebelahnya. Kualitas kamera ini bagus, baik untuk mengambil foto maupun video. Setiap hasil jepretan akan diperlakukan sebagai etalase oleh Windows 7.5. Setiap foto yang diambil akan langsung tampil di halaman muka serta dijalankan sebagai slide show. Keunggulan lainnya, Windows Live yang aktif maka gambar-gambar bisa dengan mudah dibagi ke rekan lain yang juga menggunakan akun sama. Itu karena Lumia 710 menggunakan prosesor Scorpion berkecepatan 1,4 GHz dengan chipset Qualcomm MSM8255 Snapdragon.

Memanjakan pengguna ponsel, Nokia seri Lumia ini menawar-kan 5 pilihan warna menarik seperti hitam, putih, merah, kuning, dan biru yang se-muanya meng-gunakan warna candy tone.

Kelebi-han Nokia Lumia 710 memiliki prosesor sudah mumpuni 1.4 Ghz, kapasitas RAM sudah be-sar 512 MB. Na-mun, kekuran-gan Nokia Lumia 710 juga ada seperti tidak tersedianya slot micro SD dan handset masih menggunakan microSIMCard. *dik

Samsung Berharap bisa Jual 10 Juta Galaxy S3

PRODUSEN smartphone terbesar dunia, Samsung Electronics Co., ber-harap penjualan kumulatif ponsel pintar Galaxy S3 mencapai 10 juta unit pada Juli mendatang.

Harapan sekaligus proyeksi Samsung itu disampaikan Kepala Bisnis Telekomu-nikasi Samsung, JK Shin, belum lama ini, seperti yang diberitakan Antara.

Samsung meluncurkan ponsel pintar yang menjadi saingan kuat iPhone Apple itu pada 29 Mei lalu di Eropa. Sekarang, Samsung Galaxy S3, sudah dipasarkan di seluruh dunia.

Dalam pernyataan sebelumnya, Sam-sung memperkirakan mampu menjual 20 juta unit Galaxy S3 dalam setahun sejak peluncuran. *

Google dan Sony Luncurkan TV Internet

GOOGLE TV akan diluncurkan di Inggris pada minggu ketiga Juli nanti, dan sudah ada prap-enawaran Sony NSZ-GS7 seharga 200 pound-sterling.

Player blu ray NSZ-GP4 seharga 300 pound-sterling akan menyusul segera di musim panas nanti, namun tidak ada tanggal pasti kapan tele-visi terintegrasi akan tiba di Inggris.

Dua produk tawaran Sony ini memperkenalkan generasi kedua Google TV yang disebut cocok untuk audiens global. Seperti yang diberitakan Antara, Sony juga menyertakan remote baru sep-erti touchpad multi sentuh bagaikan laptop dan sebuah keyboard qwerty di belakangnya. Perangkat ini dirancang untuk cocok bagi orang yang sudah mempunyai rangkaian lama di mana

Google TV cukup disambungkan ke layanan yang sudah ada sehingga Anda bisa terus menyaksikan siaran televisi. Melalui Google Play terbaru, Google TV me-nawarkan sejumlah aplikasi yang sejalan dengan tawaran layar besar YouTube dan browser Chrome yang telah dimodifikasi. “Ada banyak manfaat, membawa internet ke televisi,” kata Suveer Kothari dari Google kepada TechRadar.

“Itulah yang menjadi keunggulan Google TV. Hal itu artinya konten baru yang tak bisa diakses orang dari televisi, menjadi lebih interaktif dan terkait sekaligus menawarkan pengalaman baru. Google TV berusaha mengatasi masalah bahwa yang kami kira begitu serupa dengan apa yang kami lihat pada pasar ponsel pintar beberapa tahun lalu,” katanya seperti dikutip Techra-dar.com. *ant

Bidik Segmen Menengah, Nokia Lumia 710 masih Terfavorit

Spesifikasi Nokia Lumia 710Jaringan: -2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 -3G Network HSDPA 900 / 1900 / 2100 - RM-803 -HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 - For Canada Bodi: -Dimensions 119 x 62.4 x 12.5 mm, 81.1 cc -Weight 125.5 g Display -Type TFT capacitive touchscreen, 16M colors -Size 480 x 800 pixels, 3.7 inches (~252 ppi pixel density) -Multitouch Yes -Protection Corning Gorilla Glass - Nokia ClearBlack display Memori: - Card slot No - Internal 8 GB storage, 512 MB RAM Fitur: -OS Microsoft Windows Phone 7.5 Mango -Chipset Qualcomm MSM8255 Snapdragon -CPU 1.4 GHz Scorpion -GPU Adreno 205.

Perluas Pasar Bisnis dengan Aplikasi Smartphone

Teknologi informasi menghasilkan model baru transaksi, di mana dalam kondisi ini tidak ada halangan berupa tempat maupun waktu bagi penjual dan calon pembeli untuk bertransaksi. Satu-satunya penghalang adalah teknologi itu sendiri. Umumnya, perangkat smartphone yang berada di pasaran saat ini telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang dapat menunjang keperluan bisnis maupun perkantoran yang merupakan ciri khas kehidupan perkotaan dengan standar yang berbeda-beda tergan-tung vendor penyedia perangkat maupun aplikasi yang ada. Beberapa aplikasi telah ”tertanam” dalam perangkat saat pertama kali dibeli, dan beberapa aplikasi lain masih berada dalam katalog aplikasi di mana untuk menggunakannya, aplikasi tersebut harus diunduh terlebih dahulu kemudian di-install pada perangkat yang kompatibel.

Jika Anda adalah pemilik smartphone dan ingin berbisnis, pemilik smartphone dan telah berbisnis, atau pemilik sebuah usaha dan ingin menggunakan smartphone untuk memperluas pasar serta mendatangkan laba yang lebih besar, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang umumnya diguna-kan untuk menjalankan bisnis atau hanya sekadar memantau bisnis yang telah ada melalui smartphone.

KITA semua tentu mengenal dan mengetahui dengan jelas bagaimana proses jual beli barang yang terjadi pada bentuk pasar tradisional. Pada situasi ini, pembeli dan penjual barang akan bertemu langsung, melaku-kan tawar menawar lalu calon pembeli memutuskan jadi membeli barang tersebut atau tidak. Model transaksi seperti ini masih menjadi pilihan no-mor satu di Indonesia, karena beberapa faktor dasar seperti budaya dan kebiasaan.

BlackBerry Messenger

Aplikasi ini berada pada urutan paling pertama dilihat dari sisi jumlah pengguna, margin usia penggunanya, dan kemudahan dalam memasarkan produk bisnis. Makin banyak contact dalam BlackBerry Messen-ger, makin besar pula pasar yang dimiliki.

WhatsApp

WhatsApp adalah sebuah aplikasi mobile messenger (pesan singkat pada perangkat mobile) yang bersifat multi-platform. Ber-beda dengan BlackBerry Messenger yang mengharuskan penggunanya memiliki PIN tertentu yang berasal dari perangkat Black-Berry, WhatsApp dapat menghubungkan semua penggunanya tanpa mengharuskan perangkat yang digunakan oleh pengguna berasal dari vendor yang sama. Artinya, seorang pengguna BlackBerry dapat berkomunikasi dengan pengguna smart-phone Android maupun iOS. Yang menjadi faktor autentikasi pada aplikasi ini adalah

Facebook

Jangan bandingkan jumlah pengguna Facebook dengan jumlah contact list dalam BlackBerry Messenger atau pun contact WhatsApp yang ada. Facebook terbukti mampu membantu banyak pengusaha menjadi sukses dengan memasarkan produknya melalui situs jejaring social ini. Berbagai perangkat smartphone, juga me-nyediakan aplikasi Facebook untuk mobile yang dapat digunakan langsung tanpa terlebih dahulu membuka browser.

Twitter

Akhir-akhir ini, pengguna Twitter juga melonjak tajam. Bukan hanya untuk melihat informasi terbaru dari artis atau tokoh yang diidolakan, saat ini banyak orang meng-gunakan Twitter untuk memasarkan produk mereka. Aplikasi Twitter bisa digunakan pada berbagai model perangkat smart-

TokoSaya

Jika Anda mencari aplikasi ini di Play Store atau BlackBerry Application World maka aplikasi ini tidak akan ditemukan. TokoSaya adalah nama aplikasi yang dapat Anda ganti namanya sesuai dengan bidang usaha masing-masing misalnya BukuMurah, BajuMurah, SepatuMurah, KebayaMurah dan berbagai nama menarik lainnya.

Masih belum jelas? Hal ini berarti Anda perlu memiliki (baca: membuat) sebuah aplikasi khusus yang dapat digunakan oleh siapa pun dengan terlebih dahulu mereka harus mengunduhnya dari Play Store atau BlackBerry App World. Banyak perusahaan jasa penyedia software (software house) yang dapat mewujudkan keinginan Anda untuk mempublikasikan produk bisnis Anda ke segala penjuru melalui perangkat mobile dengan membuatkan aplikasi khusus yang dapat berjalan pada smartphone Android, BlackBerry OS atau bahkan iOS. Tentu saja ada berbagai kompensasi yang harus diberikan agar aplikasi tersebut jadi dan dapat dipasang pada katalog aplikasi perangkat-perangkat smartphone.

Masih banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis mulai dari aplikasi yang dapat memperluas pasar, maupun aplikasi lain dalam mengoptimal-kan tampilan produk seperti Instagram yang dapat digunakan untuk memberi beberapa efek menarik pada gambar. Semuanya kembali kepada masing-masing pribadi, apakah akan memanfaatkan segala fitur smartphone dengan maksimal atau membi-arkan smartphone tersebut kembali kepada fungsi semula sama seperti tujuan pertama kali ponsel diciptakan.

Ricky Aurelius N. Diaz STIKOM Bali

Tentu saja, praktik broadcast message da-lam memasarkan produk bukan merupakan tindakan yang bijak. Jika ingin memasar-kan produk, hal yang paling baik adalah membuat group bisnis pada BlackBerry Messenger lalu memasukkan calon-calon konsumen yang berasal dari contact BBM ke dalam group yang telah dibuat tadi. Dari group inilah produk bisnis dapat di tawarkan kepada member di dalam group.

nomor SIM Card penggunanya. WhatsApp juga memiliki fitur Group Chat, di mana berbagai produk bisnis dapat ditawarkan melalui fitur ini.

phone, sehingga Twitter dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pengusaha dalam memasarkan produknya.

Microsoft Word 2013 akan bisa Digunakan Menyunting Dokumen PDF

SEbaGaiMana diketahui, sampai saat ini paket Mi-crosoft Office telah memiliki kemampuan untuk meny-impan dokumen ke dalam bentuk PDF. Seperti dikutip dari teknoup, dukungan ini mulai ada sejak Office 2007 dan diteruskan di Office 2010. Meski begitu proses ini masih satu arah dalam artian dokumen PDF yang su-dah dibuat tidak akan bisa disunting di Word dan harus menggunakan software pihak ketiga atau dari Adobe.

Beruntung, menurut informasi terbaru, Microsoft Word 2013 akan memiliki kemampuan menyimpan dan menyunting dokumen PDF. Informasi ini diperoleh dari LiveSide dan bekerja seperti halnya mengedit dokumen Word biasa.

Dokumen PDF bisa dibuka melalui Word yang kemudian dikonversikan ke dalam Word. Tampilannya dikabarkan tidak akan sesempurna dokumen aslinya, namun akan terlihat bagus untuk dokumen teks.

Selain kemampuan menyunting dokumen PDF, Microsoft juga menambahkan kemampuan untuk melihat dokumen PDF ke dalam aplikasi Word 2013. Dengan demikian Word 2013 bisa berfungsi sebagai PDF reader. Pengguna Word 2013 bahkan akan bisa membubuhkan penanda pada suatu halaman yang dapat ditelusuri kembali ketika suatu ketika ingin membuka dokumen tersebut.

Microsoft sendiri dikabarkan sudah menyelesaikan produk beta publik pertama dari Office 2013 dan akan segera bisa diunduh publik dalam pekan-pekan men-datang. Meski begitu Microsoft sendiri belum meng-konfirmasi secara resmi kabar ini. *

Page 11: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

HARGA PONSEL14 HARGA PONSEL 11 6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

Page 12: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

HARGA PONSEL12 HARGA PONSEL 136 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

Page 13: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

HARGA PONSEL12 HARGA PONSEL 136 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

Page 14: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

HARGA PONSEL14 HARGA PONSEL 11 6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

Page 15: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

MARKET APLIKASI10 15 6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

NOKIA Lumia 710 kini kian favorit di pasaran. Permintaan juga tergolong membaik karena menyasar segmen menengah. Bahkan, penjualan Nokia Lumia 710 masih terbaik untuk seri Lu-mia karena menggunakan Windows Phone 7.5 buatan Microsoft.

Nokia Lumia 710 merupakan smartphone perangkat Android yang bersaing dengan iPhone dan BlackBerry. Dari sisi desain kendati tidak ada yang istimewa karena bentuk badannya mirip Nokia seri N9, namun memiliki beberapa keunggulan. Di antaran-ya, tiga tombol akses cepat tersedia di bagian depan untuk menuntun pengguna membuka halaman beranda (home), pen-carian, dan tombol fungsi balik (back). Kamera, Lumia 710 mem-bekali dirinya dengan kamera 5 megapiksel autofocus lengkap dengan flash LED di sebelahnya. Kualitas kamera ini bagus, baik untuk mengambil foto maupun video. Setiap hasil jepretan akan diperlakukan sebagai etalase oleh Windows 7.5. Setiap foto yang diambil akan langsung tampil di halaman muka serta dijalankan sebagai slide show. Keunggulan lainnya, Windows Live yang aktif maka gambar-gambar bisa dengan mudah dibagi ke rekan lain yang juga menggunakan akun sama. Itu karena Lumia 710 menggunakan prosesor Scorpion berkecepatan 1,4 GHz dengan chipset Qualcomm MSM8255 Snapdragon.

Memanjakan pengguna ponsel, Nokia seri Lumia ini menawar-kan 5 pilihan warna menarik seperti hitam, putih, merah, kuning, dan biru yang se-muanya meng-gunakan warna candy tone.

Kelebi-han Nokia Lumia 710 memiliki prosesor sudah mumpuni 1.4 Ghz, kapasitas RAM sudah be-sar 512 MB. Na-mun, kekuran-gan Nokia Lumia 710 juga ada seperti tidak tersedianya slot micro SD dan handset masih menggunakan microSIMCard. *dik

Samsung Berharap bisa Jual 10 Juta Galaxy S3

PRODUSEN smartphone terbesar dunia, Samsung Electronics Co., ber-harap penjualan kumulatif ponsel pintar Galaxy S3 mencapai 10 juta unit pada Juli mendatang.

Harapan sekaligus proyeksi Samsung itu disampaikan Kepala Bisnis Telekomu-nikasi Samsung, JK Shin, belum lama ini, seperti yang diberitakan Antara.

Samsung meluncurkan ponsel pintar yang menjadi saingan kuat iPhone Apple itu pada 29 Mei lalu di Eropa. Sekarang, Samsung Galaxy S3, sudah dipasarkan di seluruh dunia.

Dalam pernyataan sebelumnya, Sam-sung memperkirakan mampu menjual 20 juta unit Galaxy S3 dalam setahun sejak peluncuran. *

Google dan Sony Luncurkan TV Internet

GOOGLE TV akan diluncurkan di Inggris pada minggu ketiga Juli nanti, dan sudah ada prap-enawaran Sony NSZ-GS7 seharga 200 pound-sterling.

Player blu ray NSZ-GP4 seharga 300 pound-sterling akan menyusul segera di musim panas nanti, namun tidak ada tanggal pasti kapan tele-visi terintegrasi akan tiba di Inggris.

Dua produk tawaran Sony ini memperkenalkan generasi kedua Google TV yang disebut cocok untuk audiens global. Seperti yang diberitakan Antara, Sony juga menyertakan remote baru sep-erti touchpad multi sentuh bagaikan laptop dan sebuah keyboard qwerty di belakangnya. Perangkat ini dirancang untuk cocok bagi orang yang sudah mempunyai rangkaian lama di mana

Google TV cukup disambungkan ke layanan yang sudah ada sehingga Anda bisa terus menyaksikan siaran televisi. Melalui Google Play terbaru, Google TV me-nawarkan sejumlah aplikasi yang sejalan dengan tawaran layar besar YouTube dan browser Chrome yang telah dimodifikasi. “Ada banyak manfaat, membawa internet ke televisi,” kata Suveer Kothari dari Google kepada TechRadar.

“Itulah yang menjadi keunggulan Google TV. Hal itu artinya konten baru yang tak bisa diakses orang dari televisi, menjadi lebih interaktif dan terkait sekaligus menawarkan pengalaman baru. Google TV berusaha mengatasi masalah bahwa yang kami kira begitu serupa dengan apa yang kami lihat pada pasar ponsel pintar beberapa tahun lalu,” katanya seperti dikutip Techra-dar.com. *ant

Bidik Segmen Menengah, Nokia Lumia 710 masih Terfavorit

Spesifikasi Nokia Lumia 710Jaringan: -2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 -3G Network HSDPA 900 / 1900 / 2100 - RM-803 -HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 - For Canada Bodi: -Dimensions 119 x 62.4 x 12.5 mm, 81.1 cc -Weight 125.5 g Display -Type TFT capacitive touchscreen, 16M colors -Size 480 x 800 pixels, 3.7 inches (~252 ppi pixel density) -Multitouch Yes -Protection Corning Gorilla Glass - Nokia ClearBlack display Memori: - Card slot No - Internal 8 GB storage, 512 MB RAM Fitur: -OS Microsoft Windows Phone 7.5 Mango -Chipset Qualcomm MSM8255 Snapdragon -CPU 1.4 GHz Scorpion -GPU Adreno 205.

Perluas Pasar Bisnis dengan Aplikasi Smartphone

Teknologi informasi menghasilkan model baru transaksi, di mana dalam kondisi ini tidak ada halangan berupa tempat maupun waktu bagi penjual dan calon pembeli untuk bertransaksi. Satu-satunya penghalang adalah teknologi itu sendiri. Umumnya, perangkat smartphone yang berada di pasaran saat ini telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang dapat menunjang keperluan bisnis maupun perkantoran yang merupakan ciri khas kehidupan perkotaan dengan standar yang berbeda-beda tergan-tung vendor penyedia perangkat maupun aplikasi yang ada. Beberapa aplikasi telah ”tertanam” dalam perangkat saat pertama kali dibeli, dan beberapa aplikasi lain masih berada dalam katalog aplikasi di mana untuk menggunakannya, aplikasi tersebut harus diunduh terlebih dahulu kemudian di-install pada perangkat yang kompatibel.

Jika Anda adalah pemilik smartphone dan ingin berbisnis, pemilik smartphone dan telah berbisnis, atau pemilik sebuah usaha dan ingin menggunakan smartphone untuk memperluas pasar serta mendatangkan laba yang lebih besar, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang umumnya diguna-kan untuk menjalankan bisnis atau hanya sekadar memantau bisnis yang telah ada melalui smartphone.

KITA semua tentu mengenal dan mengetahui dengan jelas bagaimana proses jual beli barang yang terjadi pada bentuk pasar tradisional. Pada situasi ini, pembeli dan penjual barang akan bertemu langsung, melaku-kan tawar menawar lalu calon pembeli memutuskan jadi membeli barang tersebut atau tidak. Model transaksi seperti ini masih menjadi pilihan no-mor satu di Indonesia, karena beberapa faktor dasar seperti budaya dan kebiasaan.

BlackBerry Messenger

Aplikasi ini berada pada urutan paling pertama dilihat dari sisi jumlah pengguna, margin usia penggunanya, dan kemudahan dalam memasarkan produk bisnis. Makin banyak contact dalam BlackBerry Messen-ger, makin besar pula pasar yang dimiliki.

WhatsApp

WhatsApp adalah sebuah aplikasi mobile messenger (pesan singkat pada perangkat mobile) yang bersifat multi-platform. Ber-beda dengan BlackBerry Messenger yang mengharuskan penggunanya memiliki PIN tertentu yang berasal dari perangkat Black-Berry, WhatsApp dapat menghubungkan semua penggunanya tanpa mengharuskan perangkat yang digunakan oleh pengguna berasal dari vendor yang sama. Artinya, seorang pengguna BlackBerry dapat berkomunikasi dengan pengguna smart-phone Android maupun iOS. Yang menjadi faktor autentikasi pada aplikasi ini adalah

Facebook

Jangan bandingkan jumlah pengguna Facebook dengan jumlah contact list dalam BlackBerry Messenger atau pun contact WhatsApp yang ada. Facebook terbukti mampu membantu banyak pengusaha menjadi sukses dengan memasarkan produknya melalui situs jejaring social ini. Berbagai perangkat smartphone, juga me-nyediakan aplikasi Facebook untuk mobile yang dapat digunakan langsung tanpa terlebih dahulu membuka browser.

Twitter

Akhir-akhir ini, pengguna Twitter juga melonjak tajam. Bukan hanya untuk melihat informasi terbaru dari artis atau tokoh yang diidolakan, saat ini banyak orang meng-gunakan Twitter untuk memasarkan produk mereka. Aplikasi Twitter bisa digunakan pada berbagai model perangkat smart-

TokoSaya

Jika Anda mencari aplikasi ini di Play Store atau BlackBerry Application World maka aplikasi ini tidak akan ditemukan. TokoSaya adalah nama aplikasi yang dapat Anda ganti namanya sesuai dengan bidang usaha masing-masing misalnya BukuMurah, BajuMurah, SepatuMurah, KebayaMurah dan berbagai nama menarik lainnya.

Masih belum jelas? Hal ini berarti Anda perlu memiliki (baca: membuat) sebuah aplikasi khusus yang dapat digunakan oleh siapa pun dengan terlebih dahulu mereka harus mengunduhnya dari Play Store atau BlackBerry App World. Banyak perusahaan jasa penyedia software (software house) yang dapat mewujudkan keinginan Anda untuk mempublikasikan produk bisnis Anda ke segala penjuru melalui perangkat mobile dengan membuatkan aplikasi khusus yang dapat berjalan pada smartphone Android, BlackBerry OS atau bahkan iOS. Tentu saja ada berbagai kompensasi yang harus diberikan agar aplikasi tersebut jadi dan dapat dipasang pada katalog aplikasi perangkat-perangkat smartphone.

Masih banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis mulai dari aplikasi yang dapat memperluas pasar, maupun aplikasi lain dalam mengoptimal-kan tampilan produk seperti Instagram yang dapat digunakan untuk memberi beberapa efek menarik pada gambar. Semuanya kembali kepada masing-masing pribadi, apakah akan memanfaatkan segala fitur smartphone dengan maksimal atau membi-arkan smartphone tersebut kembali kepada fungsi semula sama seperti tujuan pertama kali ponsel diciptakan.

Ricky Aurelius N. Diaz STIKOM Bali

Tentu saja, praktik broadcast message da-lam memasarkan produk bukan merupakan tindakan yang bijak. Jika ingin memasar-kan produk, hal yang paling baik adalah membuat group bisnis pada BlackBerry Messenger lalu memasukkan calon-calon konsumen yang berasal dari contact BBM ke dalam group yang telah dibuat tadi. Dari group inilah produk bisnis dapat di tawarkan kepada member di dalam group.

nomor SIM Card penggunanya. WhatsApp juga memiliki fitur Group Chat, di mana berbagai produk bisnis dapat ditawarkan melalui fitur ini.

phone, sehingga Twitter dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pengusaha dalam memasarkan produknya.

Microsoft Word 2013 akan bisa Digunakan Menyunting Dokumen PDF

SEbaGaiMana diketahui, sampai saat ini paket Mi-crosoft Office telah memiliki kemampuan untuk meny-impan dokumen ke dalam bentuk PDF. Seperti dikutip dari teknoup, dukungan ini mulai ada sejak Office 2007 dan diteruskan di Office 2010. Meski begitu proses ini masih satu arah dalam artian dokumen PDF yang su-dah dibuat tidak akan bisa disunting di Word dan harus menggunakan software pihak ketiga atau dari Adobe.

Beruntung, menurut informasi terbaru, Microsoft Word 2013 akan memiliki kemampuan menyimpan dan menyunting dokumen PDF. Informasi ini diperoleh dari LiveSide dan bekerja seperti halnya mengedit dokumen Word biasa.

Dokumen PDF bisa dibuka melalui Word yang kemudian dikonversikan ke dalam Word. Tampilannya dikabarkan tidak akan sesempurna dokumen aslinya, namun akan terlihat bagus untuk dokumen teks.

Selain kemampuan menyunting dokumen PDF, Microsoft juga menambahkan kemampuan untuk melihat dokumen PDF ke dalam aplikasi Word 2013. Dengan demikian Word 2013 bisa berfungsi sebagai PDF reader. Pengguna Word 2013 bahkan akan bisa membubuhkan penanda pada suatu halaman yang dapat ditelusuri kembali ketika suatu ketika ingin membuka dokumen tersebut.

Microsoft sendiri dikabarkan sudah menyelesaikan produk beta publik pertama dari Office 2013 dan akan segera bisa diunduh publik dalam pekan-pekan men-datang. Meski begitu Microsoft sendiri belum meng-konfirmasi secara resmi kabar ini. *

Page 16: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

APLIKASI16 REVIEW 9 6 - 12 Juli 20126 - 12 Juli 2012

SAMSUNG Star II S5260 menggunakan layar touchscreen 3” dan dilengkapi dengan kamera 3,2 megapixel, slot kartu microSD, Wi-Fi, dan akan menggunakan interface Samsung TouchWiz.

Seperti dikutip dari phonearena, Samsung Star II hadir dengan layar touchscreen 3.0” dengan tingkat resolusi (240 x 400) pixel dan layar dapat menghasikan 256.000 warna. Kualitas dari layar berada pada level sedikit di bawah rata-rata.

Samsung Star II adalah ponsel yang menggunakan pada plat-form berbasis Java dan dibumbui dengan TouchWiz edisi ketiga

PRODUSEN smartphone papan atas asal Korea Selatan kembali merilis smartphone terbarunya berupa Samsung Repp yang menyasar kalangan low end.

Kendati harganya terjangkau, ponsel ini memiliki fasilitas Android berlayar sentuh serta dijejali dengan spesifikasi yang terbilang cukup menjanjikan, di antaranya Android Gingerbread, prosesor berkecepa-tan 800 MHz, memori internal 2 GB, GPS, jalur internet Rev. 0, upto 2.4 Mbps dan Wi-Fi.

Samsung Repp juga dilengkapi dengan fasilitas audio player, video player, SNS integration, image/video editor, document viewer, dan ap-likasi khas Android (Google Search, Maps, Gmail,YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration).

Ponsel yang berjalan pada jaringan CDMA ini hadir dengan dimensi 110 x 57 x 12.2 mm, sehingga makin nyaman digenggam. Selain itu, ponsel ini hanya memiliki bobot 105 gram saja sehingga terasa ringan saat dimasukkan ke saku. Di sektor kamera, ponsel ini dilengkapi 3.15 megapiksel minus fitur autofocus dan LED flash, sehingga di saat pengabadian gambar dan perekaman video direkomendasikan pada area yang cukup cahaya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sementara untuk menonton video favorit telah mendukung berag-am konversi yang antara lain MP4/WMV/H.264/H.263 player. *aya

HTC Incredible S menggunakan layar super LCD 4” dengan OS Android 2.2 Froyo. HTC Incredible S juga dilengkapi kamera 8 mega-pixel dengan dual-LED flash.

HTC Incredible S menggunakan layar super LCD 4” dengan tingkat resolusi WVGA (480 x 800) pixel.

Seperti yang dikutip dari phonearena, layar super LCD mampu menghasilkan gambar yang tajam dan dengan warna yang hidup dan terlihat cerah. Layar juga memiliki sudut pandang yang baik, bahkan layar mampu dilihat dengan baik di bawah sinar matahari langsung. Di atas layar terdapat kamera 1.3 megapixel yang dapat digunakan untuk video chat.

Di bawah layar terdapat 4 tombol navigasi touchscreen khas Android dengan LED backlight yang terdiri dari home, menu, back, dan search. Di bagian kiri, terdapat tombol pengaturan volume rocker dan microUSB port untuk pengi-sian baterai dan data. Di bagian atas terdapat headset jack 3.5 mm

dan tombol power. Di bagian bela-kang terdapat kamera auto-focus 8 megapixel dengan dual-LED flash dan sebuah grill speaker yang terletak di tepi kiri atas.

HTC Incredible S akan menggu-nakan sistem operasi dari Android 2.2 Froyo dan yang pastinya HTC Sense akan menjadi user interface dari HTC Incredible S. Sampai saat ini HTC Sense merupakan salah satu UI terbaik yang mampu menyesuaikan diri dengan OS Android sehingga mampu menam-bah kemampuan dari HTC Incred-ible S. Anda akan mendapatkan 7 homescreen yang dapat Anda personalisasi dengan berbagai widget dengan fitur helicopter view yang akan sangat membantu Anda saat mengubah-ubah homescreen Anda.

HTC Incredible S dilengkapi dengan fitur HTCSense.Com seh-ingga Anda dapat membuat akun pada HTCSense.com yang akan menyediakan beberapa fungsi yang berguna bagi smartphone Anda seperti backup otomatis, ke-

Samsung Star II S5260

Hadir dengan Layar Touchscreen 3.0”Samsung Repp, Smartphone CDMA dengan Layar Sentuh

dari Samsung. Di bagian atas homescreen terdapat notifications area. Di notification area terdapat beberapa tab seperti missed calls, email, music player controls (jika sedang dijalankan), dan masih banyak lagi. Pada homescreen Anda dapat meletakkan beberapa widget yang sering Anda gunakan.

Samsung Star II menggunakan kamera fixed-focus 3 megapixel tanpa fitur flash. Interface pada kamera menggunakan versi dari TouchWiz, dengan scene modes yang berbeda. Dan pada interface kamera terdapat beberapa peng-aturan seperti exposure dan white

balance. Walau hanya menggunakan

kamera 3 megapixel, namun kuali-tas warna dari gambar yang kami ambil cukup mengesankan.

Samsung Star II hanya akan menggunakan quad-band GSM sehingga kemampuan 3G tidak akan dapat digunakan. Samsung Star II juga dilengkapi dengan Wi-Fi sebagai sebuah pilihan untuk konektivitas dengan internet. Ditambah dengan bluetooth, FM radio, dan microUSB port untuk pengisian data dan baterai.

Samsung Star II menggunakan browser dasar dari Samsung yaitu Dolfin 2.0. Browser juga men-dukung Flash Lite 4.0, sehingga Anda tetap dapat melihat be-berapa objek Flash dasar juga text reflow. Zoom-ing dan panning memiliki kecepatan yang cukup baik dan satu-satunya kelemahan browser se-lain kurang-nya dukun-gan penuh dari Adobe Flash adalah tingkat resolu-si layar yang rendah yang membuat hala-man terlihat jelek dan tidak terbaca saat di zoom-out. *

mampuan untuk membuat telepon Anda berdering, atau benar-benar menghapus data pada smartphone Anda saat handset hilang atau dicuri.

Keyboard pada UI Sense memi-liki tata letak yang baik, sehingga memberikan akses cepat pada nomor dan beberapa tanda baca semua dalam satu layout key-board.

HTC Incredible S menggunakan kamera autofocus 8 megapixel dengan dual-LED flash. Interface kamera pada HTC Incredible S dilengkapi dengan beberapa mode khusus dan beberapa efek yang dapat digunakan seperti exposure, contrast, dan saturation sehingga Anda dapat mengambil gambar dengan sempurna dan meny-enangkan.

Kamera HTC Incredible S mampu merekam video dengan kualitas 720p pada 21 frame per detik. Hasil video juga sama seperti hasil gambar yang memiliki kualitas rata-rata sehingga jangan berharap untuk menemukan detail

yang baik pada rekaman video Anda. Hasil audio yang mampu direkam terbilang buruk karena ada sejumlah distorsi yang terden-gar sehingga menghasilkan suara yang buruk.

HTC Incredible S meng-

gunakan quad-band GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan tri-band UMTS (850/1700/2100 MHz). HTC Incredible S juga dilengkapi dengan 802.11 b/g/n Wi-Fi untuk konektivitas dengan hotspot. *

HTC Incredible S

Layar Super LCD 4” dengan OS Android 2.2 Froyo

- Jaringan : 2G CDMA 800 / 1900; 3G CDMA2000 1xEV-DO- Dimensi : 110 x 57 x 12.2 mm- Berat : 105 g- Layar : TFT capacitive touchscreen, 320 x 480 pixels, 3.2 inches (~180 ppi pixel density)- Sensor : Accelerometer, proximity, compass- Touch-sensitive controls- Kamera : 3.15 MegaPiksel,- Memori internal 2 GB- microSD, up to 32GB, 2 GB included- Messaging : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM- Konektivitas : 3G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, v2.0 microUSB- Rev. 0, upto 2.4 Mbps- Baterai: Standard battery, Li-Ion 1500 mAh- Games- Java via Java MIDP emulator- GPS- Browser: HTML, Adobe flash- Fitur Lain: SNS integration, MP4/WMV/H.264/H.263 player, MP3/WAV/ WMA/eAAC+ player, Vibration; MP3, WAV ringtones, Loudspeaker, 3.5mm jack, Organizer, Image/video editor, Document viewer, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration, Voice memo/dial, Predictive text input (swype)

Spesifikasi:

Jaringan : GSM 850/900/1800/1900 MHz, GPRS/EDGE class 12Dimensi : 107.5 x 54 x 12.4 mm, 94 gramLayar : Touchscreen TFT 3″, WQVGA resolution (240 x 400 pixels)User Interface : TouchWiz 3.0Storage : 30MB onboard storage, microSD card slot (up to 16GB)Kamera : fixedfocus 3 megapixelKonektivitas : Wi-Fi, Bluetooth 3.0 with A2DP, microUSB v2.0

Kelebihan:

- Murah- Kualitas kamera yang baik

Kekurangan:

- Interface yang terasa lag- Tidak ada 3G dan GPS

Spesifikasi:

Spesifikasi HTC Incredible S:

Network : quad-band GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan tri-band UMTS (850/1700/2100 MHz)Display : Super LCD 4” , WVGA (480x800) pixelOS : Android 2.2 FroyoProcessor : Qualcomm Snapdragon MSM825 1 GHzKamera : 8 megapixel autofocus dengan dual-LED flash, kamera depan 1.3 megapixelKonektivitas : Wi-Fi, aGPS, Bluetooth 2.1, microUSB port.

Kekurangan:

- Kemampuan kamera yang kurang.- Kurang cukup modern sebagai high- end smartphone.

Kelebihan:

- Smartphone yang sangat responsif.- Layar Super LCD yang tajam.

• Identifikasi user dengan PIN.• Chat message• Voice message (Voice chat)• Photo share• File share• Send Catfish Contact• Blitz/buzz• User status• Status comment• Recent Update (history friend, baik status atau foto change)• Broadcast message (broadcast ke beberapa/seluruh user friend, text atau voice)• Pool Conference/Group• Conference file share• Conference voice message

BlackBerry Messenger ala Smartphone Android dengan Catfiz the Ultimate Android Messenger

Catfiz the Ultimate Android Messenger mempunyai fitur-fitur seperti:

BAGI para pengguna Android mung-kin sudah tidak asing lagi menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, dan aplikasi chat lainnya. Dalam artikel ini, saya

membahas sedikit tentang aplikasi buatan anak bangsa yaitu Catfiz atau kalau nama panjangnya “Catfiz the Ultimate Android Messenger”.

Catfiz the Ultimate Android Messen-ger adalah aplikasi chat messenger pada smartphone Android yang mempunyai kemiripan dengan BlackBerry Messenger.

Kenapa Catfiz disebut mirip atau serupa tapi tak sama dengan BlackBerry Messenger, karena Catfiz juga mempunyai PIN yang dis-ebut dengan NIC (Nomor Identitas Catfiz).

1. Catfiz the Ultimate Android Messenger mempunyai fitur-fitur seperti:

2. Pilih menu ”Download Catfiz”.

Instalasi Catfiz the Ultimate Android Messenger1. Pilih hasil download Catfiz pada notification tray, atau pada folder download.

2.Setelah muncul tampilan seperti berikut ini, kemudian pilih install.

3. Tunggu sampai muncul tampilan sepeti berikut.

Pertama Kali Menjalankan Catfiz the Ultimate Android Messenger

1. Buka menu utama smartphone Android Anda, kemudian pilih icon

2. Isikan Username, password, dan user status, kemudian pilih update. Proses ini diperlukan untuk melakukan registrasi ke server Catfiz.

Menambahkan Teman pada Catfiz the Ultimate Android Messenger

1. Pada halaman utama Catfiz pilih tombol menu pada smartphone Android Anda, kemudian pilih Add New Friend.

Page 17: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Kelebihan- Harga terjangkau.- Desain solid dengan berbagai pilihan warna.

Kekurangan- Kualitas kamera di bawah standar.- Resolusi layar rendah.

Spesifikasi i:Jaringan : Quad Band & HSDPADimensi/berat : 11,35x5,9x1,33 cm/130 gramOS : Android v2.2 FroyoLayar : TFT capasitive touchscreen 262.144 warna, 320x480 pikselKamera : 3,15 MP (20148x1536 piksel), geo-tagging, videoMessaging : SMS, MMS, email, push email, IMData transfer : GPRS, EDGE, HSDPABrowser : HTMLMemori : internal 140 MB, slot microSD card (up to 32GB).

6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012REVIEW8 APLIKASI 17

SELAIN membidik pasar global, Samsung tercatat juga menawar-kan produknya secara eksklusif kepada beberapa operator di suatu wilayah/negara. Salah satunya yakni Samsung GT-i8250 ke China Mobile.

Seperti dikutip dari ligaponsel, Samsung GT-i8250 memiliki layar touchscreen 4 inci beresolusi 480 x 800 piksel. Sisi kamera belakang 5 MP, sementara bagian depan 0.3 MP (VGA). Kapasitas RAM dari GT-

SMARTPHONE mungil dan pas di kantong, menjadi daya tarik

tersendiri di kalangan peng-guna ponsel. Tak hanya ukuran mungil, harga Samsung Galaxy Pocket juga terjangkau sesuai kantong masyarakat.

Diyakini ponsel mungil dengan aplikasi yang lengkap

ini juga akan banyak diminati pasar. Sesuai namanya, smart-

phone keluaran Samsung terse-but begitu mungil dengan dimensi 103.7 x 57.5 x 12 mm, lebih kecil

dari Samsung Galaxy Y. Dari segi persamaan antara Samsung Gal-axy Pocket dengan Y terletak pada

ukuran layar, versi Android, prosesor, dan kamera. Perbedaan terletak pada perbaikan variasi fitur kamera, kecepa-

tan koneksi jaringan HSDPA mencapai 7,2Mbps, dan kerapatan piksel 143 ppi.

Fungsi internet dalam Galaxy Pocket sudah bisa mengakomodir HSDPA hingga 3,5 G, serta sudah dilengkapi kamera 2

megapixel dan internal memori. Selain fitur-fitur dasar seperti Voice Call, SMS

dan MMS, Galaxy Pocket juga memiliki fitur tambahan seperti Instant Messaging, Social Networking, dan TouchWiz UI yang

bisa diunduh melalui Android Play Store dan Samsung Apps.

Keistimewaan lainnya sesuai promosi yang gencar, smartphone mungil ini diyakini mampu

untuk mengaktifkan 500 ribu aplikasi gratis. Bahkan, ponsel ini ini juga diyakini sebagai

ponsel Android dengan klasifikasi harga hemat di bawah Rp 2 jutaan. *dik

LG Optimus Me P350

Smartphone Android dengan Layar LCD Touchscreen 2.8”

LG OPTIMUS Me P350 adalah smartphone Android yang dilengkapi dengan beberapa fitur seperti kamera 3 megapixel, Wi-Fi, GPS, baterai 1.500 mAh, dan microSD card slot.

LG Optimus Me P350, seperti dikutip dari phonearena meng-gunakan layar LCD touchscreen 2.8” dengan tingkat resolusi (240 x 320) pixel. Karena kecilnya tingkat resolusi layar, maka layar tidak memiliki tingkat kecerahan dan visibilitas yang baik terutama saat Anda mencoba untuk membaca tulisan pada browser atau membaca email Anda.

Di bawah layar terdapat empat tombol navigasi Android touchscreen dengan tingkat respons yang cukup. Tidak hanya itu, di bawahnya masih terdapat tombol yang berbentuk elips dengan tombol send/end dan tombol power/lock di ujungnya. Di bagian atas terdapat headset jack 3.5 mm. Di sebelah kanan

terdapat tombol pengaturan volume dan di sisi kiri terdapat mi-croUSB port dengan penutupnya. Di belakang terdapat

kamera 3 megapixel tanpa flash.LG Optimus Me P350, seperti yang dikutip

dari si tus resmi produk tersebut, mengguna-kan sistem operasi Android 2.2 Froyo dengan UI dari LG Optimus dengan beberapa perbai-

kan ditambah dengan beberapa tampilan ikon yang baru. Sama seperti smartphone lainnya, LG

Optimus Me P350 memiliki sejumlah home screen yang dapat Anda isi dengan berbagai aplikasi dari An-

droid dan widget dari LG.LG Optimus Me P350 menggunakan kamera 3 megapixel

tanpa didukung fitur flash. Interface pada kamera terlihat mirip dengan smartphone-smartphone LG yang berbasis Android

lainnya hanya den-gan layar yang lebih kecil. Efek warna ikon akses pada layar awal, misalnya. Interface kamera juga menawarkan beberapa efek seperti white bal-ance dan ISO, untuk color effect terdapat beberapa pilihan seperti Mono, Negative, Solarize, Sepia, dan Aqua.

LG Opti-mus Me P350 merupakan smartphone dengan tingkat konektivitas yang tinggi. LG Optimus Me P350 menggunakan quad-band GSM dan dual-band UMTS. LG Optimus Me P350 juga dileng-kapi dengan kemampuan 3G, Wi-Fi untuk konektivitas dengan hotspot, bluetooth, GPS, ditambah dengan FM radio dengan RDS. *

Samsung Kenalkan GT-i8250

i8250 yaitu 512 MB, yang dikombinasikan dengan ROM 4 GB plus dukungan kartu microSD (up to 32 GB).

Untuk prosesor, Samsung GT-i8250 mengusung single-core 1 GHz Marvell, dengan GPU GC530. Fitur lain yang ada di sini yaitu Wi-Fi, bluetooth, NFC, du-kungan TD-SCDMA, baterai 1.650 mAh, serta OS Android 2.3 Gingerbread.

Melihat data spesifikasinya, bisa ditebak bahwa GT-i8250 pada dasarnya merupakan klonin-gan dari Galaxy S original. Tengok saja, faktor bentuknya mirip, ukuran layar dan resolusi sama, serta spesifikasi lain yang tercatat se-rupa. Hanya bedanya smartphone ini hanya dibuat khusus untuk China Mobile. *

Samsung Galaxy Pocket,Smartphone Mungil Pas di Kantong

2. Tambahkan NIC calon teman Anda dan pesan notifikas-inya, kemudian pilih Add. NIC serupa dengan PIN pada Blackberry.

3. Untuk mengetahui apakah Anda sudah diterima sebagi teman. Pada halaman utama Catfiz pilih tombol menu di smartphone Android Anda kemudian pilih Pending Request. Jika tampil seperti berikut (Waiting For authorization), berarti teman yang Anda tambahkan belum menerima atau melakukan konfirmasi terhadap permintaan Anda.

4. Jika teman Anda sudah menerima atau melakukan konfirmasi terhadap permintaan Anda, maka pada halaman utama Catfiz akan muncul nama teman yang telah Anda tambahkan.

Menerima Permintaan Teman (Friend Requests)

1. Untuk menerima permintaan teman, pada halaman utama Catfiz pilih tombol menu di smartphone Android Anda kemudian pilih New Friend Requests, pilih daftar permintaan teman yang akan diterima sebagai teman, misalnya pada contoh di bawah nama teman yang akan diterima adalah Dandy, kemudian pilih Accept.

Mengirim Pesan

1. Untuk mengirim pesan, pada menu utama Catfiz pilih teman yang akan Anda kirimi pesan.

2. Ketik pesan pada textbox pesan, kemudian pilih Send.

Bagi para pembaca yang ingin memcoba fitur-fitur Catfiz yang lain silahkan Anda download UserguideCatfiz di www.catfiz.com.

Made LiandanaSTIKOM Bali

LURI Aranda, Miquel Las Heras, Miquel Puig dan Joan Casas dari UPC Barcelona School of Informatics berhasil mengembangkan sebuah aplikasi (plug-in) yang memung-kinkan penggunanya untuk meninggalkan pesan suara pada jejaring sosial favorit seperti Facebook dan Twitter.

uWhisp, Aplikasi atau Plug-In untuk Tinggalkan Pesan Suara

pada Jejaring Sosial

Seperti dikutip dari berita teknologi, aplikasi plug-in yang dinamai uWhisp ini bisa diinstal dengan mudah pada browser Anda. setelah diinstal, maka aplikasi akan langsung ditampilkan pada Facebook atau Twitter. Para pengembang menjelaskan bahwa setiap pesan suara yang dikirim akan disimpan sebagai file audio pada jejaring sosial yang dipakai.

Selain itu, uWhisp memungkinan Anda untuk memutar kembali pesan suara yang diterima atau dikirim orang lain di lain waktu untuk memastikan tidak adanya kesalahan dalam pesan suara yang dikirim.

Namun, sayangnya jika penerima pesan tidak memiliki ekstensi yang sesuai, maka link akan mengarah ke website uWhisp, di website tersebutlah pengguna bisa menden-garkan pesan yang dikirim. Jika Anda penasaran ingin mencoba aplikasi ini, silakan kunjungi website uWhisp.

Aplikasi ini bekerja dengan bantuan kamera depan yang terdapat dalam ponsel Android Anda. Selama mata Anda memandang layar ponsel, maka layar tidak akan mati secara otomatis. Hal ini tentu saja berguna ketika Anda sedang membaca e-book atau halaman di website yang cukup panjang.

Sayangnya, aplikasi ini cukup menguras baterai ponsel Anda. Tapi tenang saja, Anda bisa membeli versi PRO yang kabarnya lebih irit baterai dan bisa memberi keleluasaan kepada kita untuk mengatur seberapa sering aplikasi ini akan mendeteksi wajah. *

Page 18: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Cek Browser Configuration- Buka browser- Pilih option- Pilih browser configuration- Pastikan pada bagian browser adalah Internet Browser.

Cek Browser General Properties- Pilih browser- Pilih option- Pilih general properties- Pastikan pilihan pada bagian default browser adalah Internet Browser

Cek Default Browser- Pada menu pilih option- Pilih advanced option- Pilih browser- Pastikan default browser configurationnya adalah Internet Browser.

Cek Advance Option- Pada menu pilih option- Pilih advanced option- Pilih browser push- Hilangkan tanda centang pada Enable WAP Push- Hilangkan tanda centang pada pilihan Allow WAP Push Aplication

Cek APN Setting- Pada menu pilih option- Pilih advanced option- Pilih TCP/IP- Centang pada bagian APN Setting Enabled- Isi APN dengan blackberry.net- User dan password kosong, lalu simpan.

Cek Option Data Roaming- Pada menu pilih option- Pilih mobile network- Ubah pilihan pada while roaming menjadi Off.

UberSocial BIS Setting- Options- Next sampai pilihan Network Options- Pilih BIS (BlackBerry Internet Service)- Tandai Use Wi-Fi If Available.

TIPS & TRIK18 7REVIEW6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

POLYTRON kembali meramai-kan pasar ponsel Android lokal dengan meluncurkan Polytron W2400 (Wizard Series). Ponsel Android ini hadir dengan du-kungan prosesor Qualcomm MSM7227-A dengan clockspeed 1GHz. Sementara untuk sistem operasinya, sudah memakai An-

Ada satu cara lagi untuk berbagi konten pada berbagai perangkat. Hal itu adalah AllShare Play, dan memungkinkan ponsel bekerja sama melalui keajaiban DLNA dan Wi-Fi Direct, yang memberikan akses remote ke dokumen dan file multimedia saat bekerja pada sebuah layar yang berbeda di tempat lain.

Buddy Photo-share

Ponsel ini bisa mengenali wajah dari foto sehingga bisa di-share secara otoma-tis ke orang-orang yang terdapat di kontak atau grup.

Drop Box

Pada paket pembeliannya, Samsung bekerja sama dengan DropBox mem-berikan fasilitas penyimpanan data secara gratis hingga kapasitas maksimum 50 GB. Dari fitur-fitur dan spesifikasi yang ada dipastikan Samsung Galaxy S3 ini dapat menyaingi iPhone 4S serta mengalahkan pendahulunya yaitu Galaxy Note.

SumiariSTIKOM Bali

Melalui fitur canggih ini, pengguna pon-sel bisa mengetahui panggilan tak terjawab atau pun pesan yang masuk ketika ponsel ditinggalkan melalu getaran halus ketika ponsel pertama kali disentuh, sehingga pengguna bisa langsung mengetahui apa saja yang terjadi ketika ponsel ditinggalkan.

All Share Play

HTC ThunderBolt menggu-nakan layar touchscreen 4.3 inci dengan prosesor 1GHz Snapdrag-on, kamera 8 megapixel dengan dual-LED flash.

HTC ThunderBolt seperti diku-tip dari Phonearena, akan meng-gunakan konektivitas LTE yang mendukung kemampuan 4G.

HTC ThunderBolt mengguna-

Polytron W2400 (Wizard Series)Ponsel Android Lokal dengan Prosesor Qualcomm 1GHz dan Fitur Dual SIM Card

droid 2.3.6 Gingerbread.Polytron W2400 dibekali

dengan 512MB RAM plus 512MB ROM, dan didukung dengan slot memori microSD yang mendukung kapasitas hingga 16 GB. Ponsel Android lokal ini memakai layar IPS seluas 4.0 inci, cukup luas untuk bermain game dan menon-

ton video favorit.Polytron W2400 dilengkapi

dengan kamera depan beresolusi VGA untuk kebutuhan video call/video chat, dan kamera belakang dengan resolusi 5.0 megapik-sel plus fitur autofokus. Di sisi hiburan, ponsel ini dilengkapi den-gan audio player, video player dan

radio FM sebagai pelengkap. Sementara di sisi konektivitas, Polytron W2400 dilengkapi den-gan Wi-Fi, bluetooth serta kabel data USB . Polytron W2400 merupakan ponsel Android dual SIM yang akan dijual dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 1.799.000. *

HTC ThunderBolt 4GLayar Touchscreen 4.3” dengan Prosesor 1 GHz Snapdragon

kan layar TFT touchscreen 4.3” dengan tingkat resolusi WVGA (480x800) pixel. Layar mampu menghasilkan warna yang hidup dan cerah dengan tingkat kontras yang baik. Namun sayangnya, layar tidak memiliki visibilitas yang baik di bawah sinar matahari langsung. Layar menjadi gelap dan sulit untuk dilihat meski fitur backlight sudah digunakan.

Di bawah layar, terdapat 4 tombol navigasi touchscreen dengan tingkat sensitivitas yang terdiri dari home, menu, back, dan search. Lalu di atas layar terdapat LED status indicator yang akan berkedip hijau ketika Anda menda-patkan sebuah pesan baru dan akan menjadi warna merah bila Anda sedang charging, lalu juga terdapat kamera 1.3 megapixel. Di bagian atas terdapat tombol power/lock serta headset jack 5.3 mm. Di bagian kanan terdapat tombol pengaturan volume dan di sisi kiri terdapat microUSB port.

HTC ThunderBolt mengguna-kan OS Android 2.2.1 Froyo yang dilengkapi dengan versi terbaru dari user interface HTC Sense. Anda dapat menata 7 home screen yang tersedia dengan menambahkan ikon-ikon widget tanpa harus menekan home screen dalam waktu yang lama cukup menekan ikon paintbrush palette di bawah kanan home screen.

HTC ThundeBolt menggunakan kamera autofocus 8 megapixel dengan dual-LED flash. Karena tidak terdapat tombol khusus untuk kamera, maka Anda dapat menggunakan layar kamera untuk mengatur fokus dari kamera dan Anda tinggal menekan ikon shutter di sisi kanan. Terdapat beberapa efek yang dapat digunakan pada interface kamera HTC Thunder-bolt.

HTC ThunderBolt mengguna-kan dual-band CDMA dan single-band LTE yang memungkinkan HTC ThunderBolt menggunakan kemampuan jaringan 4G.

HTC Thunderbolt juga dileng-kapi dengan Wi-Fi (802.11b, 802.11g, 802.11n), bluetooth EDR versi 2.1, dan microUSB port. Dengan 4G Mobile Hotspot, HTC ThunderBolt dapat terhubung den-gan 8 device dan menjadi hotspot bagi perangkat yang terhubung. *

PONSEL dengan kemampuan dual-SIM memang masih populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan ke-mampuan sinyal, fasilitas, dan harga layanan yang diberikan tiap operator berbeda-beda. Dengan mengguna-kan dual-SIM, pengguna menjadi lebih leluasa memilih layanan dari operator yang dipakainya tanpa harus gonta-ganti SIM card.

Belum lama ini, PT Erasa Mandiri Teknosis (Tabulet Electronics Corp) mengenalkan tiga produk terbarunya, yakni Tabulet Troy 2 (tablet Android Ice Cream Sandwich), Tabulet Beat 2 (tablet Ice Cream Sandwich) dan Tabulet Sparta (smartphone Android Gingerbread).

Seperti dikutip dari teknoup, smart-phone ini menggunakan dual-SIM card GSM, layar berukuran 3.5 inci TFT, dual kamera, memori internal 512 MB dan radio FM.

Terbungkus dalam desain mini-malis dengan tombol logam, Tabulet Sparta memiliki dimensi 116 x 62 x 12,9 mm dan berat sekitar 78 gram. Pada bagian samping kanan terdapat tombol volume dan shutter kamera. Pada bagian samping kiri hanya terdapat port micro USB untuk charg-ing dan data transfer ke komputer. Pada bagian atas terdapat tombol power dan lubang jack 3,5 mm untuk

Tabulet Sparta

Android Dual-GSM Harga Hematpenggunaan earphone, sementara di bagian bodi bawah terdapat mic dan lubang strap untuk membuka back cover. Pada bagian muka Tabulet Sparta, menggunakan layar beruku-ran 3,5 inci TFT. Di bagian atasnya terdapat earpiece dan di sebelahnya ada sensor proximity, sensor cahaya, dan kamera VGA. Sementara pada bagian bawahnya terdapat empat tombol kapasitif.

Bagian belakang Tabulet Sparta disematkan kamera beresolusi 3 megapiksel dan flash dan speaker untuk mendengarkan audio.

Sementara pada bagian dalam terdapat 2 buah slot SIM card GSM dengan kemampuan konektivitas 3G HSDPA pada salah satu slotnya. Se-lain itu juga ada slot memory microSD yang mampu mendukung kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.

Tabulet Sparta menggunakan sistem operasi Android 2.3.5 Gin-gerbread dengan antarmuka yang cukup standar. Tampilan lockscreen, home screen dan drawer juga tampil standar. Pada halaman home screen, dapat memuat hingga tujuh halaman. Ketika tombol home ditekan, akan tampil tujuh pilihan halaman, dan saat ditahan agak lama akan tampil aplikasi-aplikasi yang digunakan terakhir kali. *

Spesifikasi Utama:Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan 3G UMTSDual-SIM standbyLayar sentuh TFT kapasitif 3,5 inci (320 x 480 piksel)Kamera 3 MP + flash (belakang), VGA (depan)Android 2.3.5 GingerbreadProsesor ARMv6 MT6573 668MHzMemori internal 512 MB, RAM 256 MBBaterai Lithium 1.500mAh

Kelebihan:- Kecepatan transfer data LTE 4G.- Dapat melakukan web browsing dan menelepon secara bersamaan.- UI HTC Sense yang flexibel.- Kamera 8 megapixel dengan kualitas yang baik.- Memory card 32 GB sudah diberikan.

Kekurangan:- Suara telepon mendengung pada volume tinggi.- Video chat via skype belum tersedia.- Terdapat perbedaan kualitas layar pada perangkat yang sama.

Spesifikasi HTC ThunderBolt:- 4.3-inch display WVGA (480 x 800) pixel, 16,78 million colors.- Android OS 2.2.1 Froyo.- Processor 1GHz Snapdragon.- 8 megapixel camera (primary).- 1.3 megapixel camera (secondary).- 1080p Full HD video recording and playback.- Dual-band CDMA dan single-band LTE.- WLAN 802.11 b/g/n, bluetooth, microUSB port.- Kickstand.- 16 GB internal memory, expansion per 128GB microSDXC- Battery 1800 mAh

Cegah BlackBerry Sedot Pulsa

MASALAH sedot pulsa ini banyak dialami para pengguna BlackBerry. Banyak pelanggan yang mengeluh pulsanya habis secara drastis. Berikut adalah beberapa langkah atau tips mencegah BlackBerry sedot pulsa seperti dikutip dari ligaponsel.

Itulah beberapa setting yang diperlukan dalam Black-Berry Anda agar terhindar dari sedot pulsa otomatis karena pemakaian jaringan di luar BIS (BlackBerry Internet Connec-tion). *

Lima Cara Lindungi Smartphone dari Aplikasi Nakal

BANYAKNYA jumlah pengguna ponsel pintar menjadikan perangkat mobile tersebut sekaligus data di dalamnya sebagai target para kriminal. Meski mobile malware bukan pokok permasalahan di sini, bisa saja hacker dan pencuri data yang me-makai malware tersebut. Jadi bagaimana caranya mengamankan smartphone dari aplikasi-aplikasi nakal? Berikut tips yang dilansir computerworld yang dikutip dari okezone.

1. Membangun kesadaran terhadap ancaman tersebut. Jumlah malware ponsel pintar yang telah teridentifikasi cenderung lebih sedikit dibanding malware pada desktop atau laptop. Namun, anca-man tersebut benar-benar ada dan aplikasi yang lebih berbahaya terus muncul. Tetap waspada terhadap ancaman tersebut bisa jadi salah satu cara melindungi ponsel pintar Anda.

2. Pastikan keamanan aplikasi dan sumber aplikasi sebelum menginstalnya di ponsel pin-tar. Umumnya orang cenderung men-ginstal begitu saja aplikasi-aplikasi yang sedang jadi tren. Namun, akan lebih baik bila pemilik ponsel pintar melakukan riset terlebih dahulu terh-adap aplikasi tersebut melalui review, rekomendasi kawan, maupun mesin pencari Google.

3. Mencari aplikasi lewat penyedia yang memiliki reputasi baik. Beberapa platform mobile mengizink-an instalasi aplikasi apa pun yang dapat ditemukan lewat web. Biasanya akan lebih baik jika memilih aplikasi lewat situs-situs resmi pe-nyedia aplikasi tersebut.

4. Kenali izin penggu-naan aplikasi. Setiap kali menginstal aplikasi baru, izin penggunaan aplikasi ini akan disodorkan pada pengguna. Umumnya dalam izin penggunaan akan disebutkan akses mana yang memiliki potensi bahaya. Misalnya, jika sebuah aplikasi game meminta

izin untuk mengakses buku alamat, pengguna dapat segera memblokir permintaan yang tidak relevan tersebut.

5. Terakhir, gunakan antivirus mobile. Beberapa penyedia antivirus memiliki versi tertentu yang digunakan khusus untuk ponsel pintar. Ada pili-han aplikasi antivirus mobile dari yang berbayar sampai yang gratis. Bagi yang merasa

perlu melindungi smartphone-nya, tinggal mencari

aplikasi antivirus tersebut via

web. *

Tips Mengurangi Risiko ”Hacking” pada Ponsel

MENGHILANGKAN risiko hacking pada ponsel bisa dikatakan adalah mustahil. Yang bisa dilaku-

kan hanyalah mengurangi risiko di-hack. Lalu

bagaimana cara Anda untuk memben-tengi ponsel Anda dari serangan hacker?

Sep-

erti dikutip dari ligaponsel, terlebih bagi para peng-guna ponsel yang rata-rata adalah masyarakat awam yang tidak tahu banyak tentang apa itu hacking. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

* Gunakan password protection untuk layanan voice mail Anda. Lalu ingat, jangan gunakan pass-word yang mudah ditebak, seperti tanggal ulang tahun atau password yang sama untuk bebrapa akun.

* Matikan ponsel Anda.* Gunakan tool terbaru atau ter-update.* Gunakan Phone Security. Software anti-theft

mungkin bisa digunakan. Software semacam ini berguna untuk meremote lock ponsel dengan SMS. Selain itu software ini juga dapat memformat ponsel dari jarak jauh, juga dengan SMS.

*Gunakan bluetooth seperlunya. Sebagian besar para hacker menggunakan bluetooth. Jadi usahakan seminimal mungkin menggunakan layanan ini.

* Hapus history dari browser di ponsel secara berkala. Banyak ponsel yang menyediakan fitur autocomplete. Dan tentunya jika fitur ini dinyala-kan, hal tersebut akan memudahkan seorang

hacker untuk memata-matai Anda, terlebih jika Anda adalah orang yang sering mengakses situs-situs yang membutuhkan login. *

Page 19: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

WINDOWS 8 adalah nama versi terbaru sistem operasi

dari Microsoft Windows. Serangka-ian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft dapat digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook,

tablet PC dan server. Sistem operasi ini dapat digunakan pada perangkat yang menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Tampilan antarmuka penggunanya diubah agar mampu di-gunakan pada peralatan layar sentuh (touch screen) selain mouse dan keyboard sebagai media input.

Dengan demikian, Windows 8 didesain untuk ke-nyamanan penggunaan perangkat layar sentuh (touch screen). Pada 29 Februari 2012 microsoft telah merilis versi Consumer Preview sebelum dikeluarkannya versi beta. Pada bulan Maret 2012 Microsoft juga telah merilis versi Release Preview, ini merupakan versi terakhir perco-baan Windows 8, yang tidak akan diutak-atik lagi jika tidak ditemukan bug atau kesalahan yang terlalu besar.

Pihak Microsoft telah mempersiapkan beber-apa kelebihan Windows 8 dan fitur-fitur barunya yang makin memanjakan penggunanya. Berikut ini seputar kelebihan dan fitur-fiturnya.

Dioptimalisasi untuk layar sentuh. Kemampuan Windows 7 dalam mendukung layar sentuh dikatakan kurang optimal dari segi desain dan

REVIEW6 KOMPUTER 196 - 12 Juli 20126 - 12 Juli 2012

Kupas Tuntas Samsung Galaxy S3

Gadget yang diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2 Juni 2012 menggunakan sistem operasi Android versi terbaru yaitu Android 4.0 atau yang dikenal juga dengan sebutan Ice Cream Sandwich 4.0.4, yang telah dikustom dengan user interface khas Samsung terbaru yaitu TouchWiz UI v4.0.

Mengusung dimensi 136.6 x 70.6 x 8.6 mm dan bobot seberat 133 gram berbentuk semi oval (pada bagian atas dan bawah melengkung) membuat desain bodi Sam-sung Galaxy S3 keluar dari kebiasaan seri S pendahulunya yang agak kotak dengan ujung-ujung melengkung sedikit. Kali ini terkesan desainnya minimalis dan organik yang tercermin dalam garis halus dan non-linear pada ponsel. Pengaruh human-centric memberikan pengalaman ergono-mis dan nyaman dengan penggunaan yang disempurnakan. Nyaman dalam gengga-man, lekukan lembut dan bentuk platinum organik menghadirkan nuansa dan desain yang alami.

Dengan ukuran layar yang sedikit agak besar 4.8 inci dan dilapisi Super Amoled 720 x 1280 resolution display. Jauh lebih kokoh karena dilapisi dengan teknologi Gorila Glass 2, sehingga membuat gadget satu ini tidak hanya tampak elegan, namun juga memiliki daya tahan yang kuat terh-adap benturan dan goresan.

Seperti dikutip dari situs resmi ponsel tersebut, Samsung Galaxy S3 hadir den-gan prosesor Exynos 4212 chipset buatan Samsung Quad Core ARM Cortex A-9 dengan frekuensi kerja 1.4 GHz. Sebuah prosesor teknologi terkini yang diterapkan pada sebuah ponsel, di samping prosesor QuadCore Nvidia Tegra 3, dengan frekue-nsi kerja sebesar 1.4 GHz pada setiap core-nya, Samsung Galaxy S3 mampu melahap dan menjalankan setiap aplikasi dengan mudah. Begitu juga saat mem-proses aplikasi secara multitasking, sangat halus dan responsnya cepat. Hal ini tidak ketinggalan berkat penggunaan RAM sebe-sar 1 GB dan penggunaan prosesor grafis yang sangat baik, yaitu Mali-400MP.

Untuk media penyimpanan, Samsung Galaxy S3 memiliki beberapa pilihan memori internal, yakni 16 GB atau 32 GB atau 64 GB, yang jika dirasa masih kurang bisa diekspansi menggunakan slot microSD hingga kapasitas maksimum 64 GB. Sebuah media penyimpanan yang luar biasa besar untuk perangkat elektronik seperti ponsel. Secara hardware, Samsung Galaxy S3 termasuk memiliki fitur “Gahar”, karena dilengkapi juga dengan beberapa sensor seperti Accelerometer, Gyro, RGB sensor, Proximity, Compass, dan Barom-eter. Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Samsung Galaxy S3 di-support baterai dengan kapasitas 2.100 mAh.

Saat diteliti lebih jauh lagi, Samsung Galaxy S3 Android ini memiliki 2 lapisan bodi yang terbuat dari plastik. Satu lapisan plastik tersebut ternyata berfungsi cukup penting. Lapisan itu berguna untuk melind-ungi motherboard. Ketika motherboad-nya dicopot dari tempatnya, terlihat seri Melfas 8PL533 Touch Sensor.

Kamera dan MultimediaSamsung Galaxy S3 menawarkan

resolusi kamera yang sama dengan Samsung Galaxy S2, tetapi sebenarnya lebih meningkat pada sisi kinerjanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemampuan menangkap gambar diam hingga 3264 x

2448 piksel untuk kamera utama (belakang) yang set-ara dengan 8 MP dan 1,9 MP dengan kamera depan. Kam-era sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash, geotagging, fokus sentuh, deteksi wajah dan senyum serta stabilisasi gambar secara digital. Den-gan prosesor quad core yang digunakan, Samsung Galaxy S3 juga bisa sekaligus merekam HD (1080p atau 720p) video dan mengambil gambar jarak dekat dengan resolusi penuh (aspek rasio 16:9 yang cocok untuk video dan apa yang ditampilkan dalam jendela bidik).

Antarmuka kamera sangat mirip dengan apa yang dimiliki Samsung Galaxy S2. terdapat dua pintas bar di setiap sisi jendela bidik, di sebelah kanan terdapat tombol kamera/camcorder, kunci rana virtual dan galeri pintas (yang merupakan thumbnail dari foto terakhir yang diambil). Kamera Galaxy S3 memiliki aperture F/2.6 yang sedikit berbeda den-gan F/2.65 dari pendahulunya dan panjang fokus 3,7 mm dibandingkan dengan 3,97 mm dari Galaxy S2. Hal ini menyebabkan tampilan gambar pada Galaxy S2 sedikit lebih lebar dari tampilan di Galaxy S3.

Untuk video player, Samsung Galaxy S3 bisa merekam video Full HD (1080p) Video Recording & Playback Recording up to 30fps dan menyimpannya dalam file den-gan ekstensi MPEG4, H.264, H.263, VC-1. DivX, VP8, WMV7/8, Sorenson Spark, dan DivX3.11.

Samsung Galaxy S3 menggunakan versi terbaru dari pemutar musik TouchWiz. Music Player mampu menjalankan be-ragam ekstensi file seperti MP3, AMR-NB / WB, AAC / AAC + / eAAC+, WMA, OGG (Vorbis), FLAC, AC-3, dan apt-X. Sam-sung telah menggunakan preset equalizer bersama dengan teknologi suara untuk meningkatkan SoundAlive, yang memiliki

7.1 virtualisasi saluran. Samsung menggunakan SoundAlive di beberapa MP3 player dan Android Media. Musik diurutkan dalam berbagai kategori, tetapi yang paling menarik disebut Music Square yang sangat mirip dengan fitur SensMe dari Sony Ericsson. Fitur ini secara oto-matis akan memeringkatkan sebuah lagu berdasarkan genre-nya.

Samsung Galaxy S3 juga dilengkapi dengan radio FM dengan RDS juga den-gan antarmuka yang sederhana.

KonektivitasUntuk urusan koneksi, Samsung Galaxy

S3 merupakan ponsel yang terlengkap. Di mana untuk koneksi data via operator, dise-diakan fasilitas pilihan menggunakan GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 – 48 kbps EDGE Class 12, High Speed HSDPA, 21 Mbps dan HSUPA, 5.76 Mbps. Untuk mendompleng pada hotspot, tersedia Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dengan fitur DLNA, Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi hotspot. Untuk pertukaran data/file jarak dekat, bisa menggunakan bluetooth v4.0 dengan A2DP. Satu lagi fitur yang sedang tren saat ini, yakni EDR NFC. Sebagai koneksi akhir, bisa menggunakan kabel via microUSB v2.0 (MHL), yang sup-port untuk USB On-the-go.

SAMSUNG makin hari kian memikat hati pengguna ponsel di seluruh dunia.

Hal ini terlihat dari jumlah konsumen Samsung yang

makin hari makin bertam-bah banyak. Galaxy S3,

gadget Android keluaran terbaru dari Samsung ini

memang sedang hangatnya menjadi topik pembicaraan di kalangan pecinta gadget.

Selain beberapa fitur-fitur umum yang terdapat di dalamnya, Samsung Galaxy S3 ini memiliki fitur-fitur baru yang belum terdapat di seri-seri Galaxy pendahulunya. Beberapa fitur unggulan tersebut:

S Voice

Jika pengguna iPhone 4S memiliki Siri, maka di Galaxy S III ada S Voice yang merupakan jawaban Samsung atas fitur apik yang dirilis Apple untuk smartphone-nya itu. S Voice adalah fitur asisten yang memproses bahasa alami yang salah satu fungsinya dapat mencari alamat web yang diinginkan pengguna, serta melakukan beberapa hal lain untuk membantu peng-gunanya.

Smart Stay

Salah satu fitur canggih yang ada di

Galaxy S3 ini, di mana gadget ini dapat mengenali secara otomatis pengguna pon-sel melalui interaksi mata dengan kamera depan ponsel.

S Beam

Fitur canggih yang satu ini memung-kinkan untuk sesama pengguna Galaxy S3 bertukar data dengan mudah yaitu dengan cara menempelkan bagian belakang dari ponsel.

Pop Up Play

Dengan Fitur ini pengguna bisa melaku-kan hal-hal secara bersamaan pada layar Samsung Galaxy S3 4,8″ HD Super Amoled begitu mudah dan menyenangkan. Dengan pop up play dan prosesor quad core yang bertenaga, pengguna ponsel da-pat menonton video HD di jendela lain saat mengirim email atau teks secara simultan. Mengubah ukuran video, dan chatting dengan teman atau surfing web. Jangan ketinggalan satu aksi pun.

Best Photo

Abadikan segala momen dalam hidup Anda menggunakan gadget ini, dengan fasilitas mengambil gambar 8 kali bertu-rut-turut dipastikan bisa mengabadikan momen-momen penting dalam keseharian.

Social Tag

Sinkronisasi foto-foto album Anda den-gan jejaring sosial yang ada, sehingga bisa memudahkan pengguna dalam melakukan sharing foto kapan pun dan di mana pun.

Direct Call

Dengan fitur ini memungkinkan peng-guna melakukan panggilan telepon dengan mudah ketika mendapat sebuah pesan SMS, cukup dengan menempelkan ponsel ke telinga, maka panggilan secara otomatis akan dilakukan kepada orang yang men-girimkan pesan.

Smart Alert

Fitur-fitur Unggulan LainnyaPRODUSEN komputer asal Tai-

wan, Asus mengeluarkan produk komputer jinjing ringan (ultrabook) baru berlayar 11,6 inci di Indone-sia, Zenbook UX21E.

“Zenbook UX21E termasuk Zenbook Prime dengan tebal tiga milimeter bersama seri

kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan Windows 8, interface yang dijuluki sebagai “Metro” benar-benar diopti-malkan untuk sentuhan ala interface Windows Phone.

Mendukung chip ARM. Windows 8 mendukung perang-kat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharap-kan memperluas jangkauan Windows 8 di dunia tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini meng-gunakan chip ARM.

Toko aplikasi Windows Store. Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri (Windows Store) yang menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

Mendukung NFC (Near Field Communications). Win-dows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaannya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

Waktu boot yang singkat. Boot Windows 8 dalam de-monya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya. Internet Explorer 10. Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.

Security lebih baik. Windows 8 dikatakan akan memi-liki fitur security lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender yang lebih ditingkatkan kemampuannya.

Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC. Komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula men-jalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.

Fitur-fitur Baru Windows 8Time, Techland, menilai Windows 8 masih konsisten

dengan tampilan yang sangat berbeda dengan sistem op-

erasi iOS milik Apple. Tampilan home screen di Windows 8 pun dinilai persis seperti yang selama ini ada di Windows Phone: warna-warni, dengan sejumlah kotak berisi Apps, koneksi, konten, dan fitur.

User interface yang dinamakan “Metro” ini akan memi-liki akses cepat, namun juga memungkinkan memiliki tampilan Windows klasik. Tampilan Metro juga menye-diakan kontrol sentuh, yang menunjukkan Microsoft akan mengembangkan sistem operasi untuk tablet.

Kemudian, seperti dikutip dari FoxNews, sistem operasi terbaru Windows ini juga menghemat memori. Dengan menggunakan laptop Lenovo berprosesor Intel Atom 1 GB, Windows 7 ”memakan” memori sebesar 404 MB, sedang-kan Windows 8 hanya sebesar 281 MB. Dengan demikian akan banyak ruang untuk aplikasi.

Microsoft kemudian juga memperlihatkan, Windows 8 tak hanya baik digunakan di prosesor standar Intel atau AMD, yang selama ini lazim digunakan di komputer desk-top. Windows 8 pun berjalan baik dengan mikroprosesor ARM, yang biasa digunakan di tablet.

Dari: Berbagai sumber dan pengujian Windows 8 Con-sumer Preview 32 bit

Komang RinarthaSTIKOM Bali

MAKIN banyak produk serupa, makin banyak saingan, maka makin murah pula harga yang ditawarkan produsen tertentu. Setelah Google memperkenalkan Google Nexus 7 yang rencananya akan dijual dengan harga cukup murah, karena banyaknya sain-gan produk tablet lain dari vendor kenamaan. Kini Acer memperke-nalkan sebuah notebook yang mirip dengan ultrabook yang akan dijual dengan harga yang cukup

Asus Keluarkan Ultrabook 11,6 InciUX31A yang memiliki layar 13,3 inci,” kata Manajer Produk dan Pemasaran Asus Indonesia, Juliana Chen, dalam peluncuran sejumlah produk Asus di Jakarta, seperti yang diberitakan Antara, belum lama ini.

Juliana mengatakan, Zenbook Prime Asus ditujukan kepada target konsumen bisnis dengan mobilitas tinggi yang membutuh-kan perangkat ringan dan tipis, tapi tetap andal.

“Pangsa pasar produk ultra-book tidak nieche (khusus) sep-

erti yang diperkirakan sebelum-nya, karena kalau konsumen bisa memperoleh produk berkualitas dengan harga terjangkau, kenapa tidak?” kata Juliana.

Produk Zenbook Prime, kata Juliana, telah diluncurkan terlebih dahulu di pasar Taiwan dan Ameri-ka Serikat. “Produk ini sudah hadir di Indonesia pada minggu ini dengan harga sekitar 1.629 dolar AS,” kata Juliana.

Asus membe-namkan dua pilihan

prosesor Intel, Core i3 dan Core i5, dalam Zenbook UX21E.

Kapasitas ruang penyimpanan solid state drive (SSD) juga dita-warkan dengan dua pilihan, 64 GB dan 128 GB. Ultrabook bermemori DDR3 empat GB itu mempunyai baterai yang dapat bertahan hingga lima jam. *

Acer Travelmate B113

Notebook dengan Desain Ultrabookmurah juga.

Kita tentu tahu bahwa saat ini harga ultrabook dari vendor mana pun masih tinggi. Notebook besutan Acer yang dinamai Acer Travelmate B113 ini memiliki dimensi yang tipis dan juga ringan dengan bobot seki-tar 1.88 kg dengan layar seluas 11.6 inci dengan resolusi 1366 × 768.

Dilihat dari berat dan bentuknya, Acer Travelmate B113 seperti dilan-sir berita teknologi, memang mirip dengan ultrabook yang kini harganya

masih sangat tinggi. Notebook ini akan menyasar para pebisnis. Acer Travelmate B113 akan ditenagai dengan 3 pilihan prosesor, mulai dari Intel B877 1,4GHz, Intel Pen-tium B967 1.3GHz dan Intel core i3 2377M 1.5GHz.

Spesifikasi lainnya yang bisa diketahui dari notebook yang mirip ultrabook ini di antaranya adalah RAM 4GB, 500 GB harddisk, USB3.0, HDMI, dan baterai dengan kapasitas 44000 mAh. Untuk harg-

anya, Acer Trav-elmate B113 akan dijual dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan. Cukup murah

jika diband-ingkan dengan

ultrabook yang harganya berkisar

belasan juta rupiah. *

Mengenal Windows 8

Page 20: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012KOMPUTER20 5

LAPTOP Lenovo IdeaPad G470 merupakan notebook seri G dari Lenovo yang merupakan pilihan untuk kegiatan penggunanya. Dengan harga yang terjangkau dan fitur yang bagus, seta kinerja prosesor ter-baru dan rapidboot teknologi membuatnya lebih cepat dan efisien.

Laptop Lenovo IdeaPad G470 memiliki desain yang keren dan kuali-tas HD yang powerfull. Lenovo series G470 juga mempunyai ketahanan baterai yang bagus, sehingga nyaman digunakan dan juga fleksibel dan tahan lama.

Laptop Lenovo IdeaPad G470 dikhususkan untuk pengguna yang menginginkan notebook dengan performa tinggi, namun tetap murah.

Laptop Lenovo IdeaPad G470 dibanderol dengan harga Rp 3,3 jutaan.

Spesifikasi yang dimiliki Laptop Lenovo IdeaPad G470 antara lain Intel® B815 (1.6 GHz, 2MB L3 Cache, DOS, 2GB DDR3, 320GB SATA 5400 rpm, DVD Super Multi, 14.0” WXGA, Intel GMA HD, USB 2.0, 10/100 LAN, Lenovo b/g/n wireless, veriface (face recognition technolo-gy, one key rescue system, 5-in-1 card reader, 6 cell, serta glossy. *dwi

Waspadai Serangan Virus Facebook lewat Jendela ”Chat”

AGI yang gemar bercakap-cakap melalui fitur chatting dalam Facebook, harus lebih waspada dengan penye-

baran virus komputer baru. Perusahaan keamanan internet Trend Micro mengu-mumkan pentingnya kewaspadaan setelah mensinyalir virus komputer baru menyebar melalui jendela chat di Facebook.

Seperti yang diketahui jendela pop-up (chat), digunakan untuk berbincang antar-orang perorangan, muncul dengan pesan dari ‘’teman’’ yang menghubungkan ke situs tertentu. Mengklik link situs itu akan berbuah virus yang menginfeksi PC, den-gan label Steckt.Evl.

Seperti yang dikutip dari situs keamanan

internet tersebut, virus ini langsung menon-aktifkan dan menghapus anti-virus, kemu-dian menyebar dengan sendirinya dengan membuka jendela chatting di Facebook pengguna. Worm ini menyebar melalui ap-likasi instant messaging dan situs jaringan sosial. Pesan instan ini berupa link yang men-download salinan dari dirinya sendiri.

Seperti banyak ancaman internet baru lainnya, hal pertama yang dilakukan worm adalah menonaktifkan program yang mungkin mendeteksi dan menghancur-kannya. Setelah terhapus, ia melanjutkan langkah dengan men-download perangkat lunak pada komputer yang sudah terinfeksi lebih lanjut.

Seperti ancaman lain, tujuannya adalah untuk mengontrol PC yang terinfeksi, baik untuk mencuri informasi sensitif seperti

rincian bank atau menggunakan mesin se-bagai bagian dari jaringan serangan cyber skala besar. *ade

Spam dari Cina Siap MengintaiDI AKHIR musim semi, Kaspersky Lab melihat

adanya pengurangan jumlah spam dalam lalu lin-tas email dengan penurunan sebesar 3,4 persen, dan berada di titik terendah sepanjang tahun ini yaitu 73,8 persen spam dari keseluruhan email. Namun, pengguna menghadapi semua risiko yang berkaitan dengan lampiran malware dan tipuan lainnya.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, lalu lintas spam secara reguler termasuk pesan yang menawarkan kes-empatan kerja sama dengan pembuat berbagai barang dari Cina atau dengan orang-orang yang berse-dia untuk menjual kembali produk-produk Cina.

Email-email ini bi-asanya berisi teks pendek yang menjanjikan keuntun-gan besar dari hasil pen-jualan “barang plastik” atau tekstil (di bulan Mei, misalnya, salah satu email ini dikirim dari produsen kaus kaki).

Bisa dikatakan email dari “produsen” atau “suplayer” barang Cina ini adalah bagian dari pe-nipuan jenis baru berdasarkan spam “Nigerian”.

Para penipu secara aktif mengeksploitasi ketertarikan investor terhadap pasar Cina. Para penipu ini menyasar pebisnis yang ingin ber-hubungan dengan produsen barang Cina, yang lalu menipu pebisnis ini, mengambil uang mereka dan tak pernah kelihatan lagi.

Di bulan Mei, kategori travel dan pariwisata menunjukkan hal yang tidak biasa. Sulit untuk di-lihat apakah akan ada peningkatan di bulan Juni, musim liburan selalu menjadi pemicu bagi spam jenis ini. Namun, email masal yang menawarkan liburan di pantai biasanya marak di bulan Mei namun tidak terjadi tahun ini.

Di antara target phising terkemuka, institusi keuangan kini menggantikan jaringan sosial.

Namun, sekitar 20 persen serangan phis-ing menyasar pengguna Facebook.

Hal ini mempertegas kenyataan bahwa Facebook tetap menjadi

salah satu target utama semen-tara ketertarikan para spammer terhadap jaringan sosial lainnya menurun. Dan sepertinya, ter-lepas dari meningkatnya game online dan penggunaan jarin-

gan sosial, phisers atau para pelaku phising berharap awal

liburan kali ini akan memicu pen-ingkatan belanja online. Setidaknya

di bulan Mei, serangan phising di kategori ini meningkat cukup banyak.

Maria Namestnikova, analis spam senior Kaspersky Lab mengatakan, pada bulan Mei, proporsi spam pada lalu lintas email sedikit menu-run. Hal ini mungkin hanya fluktuasi musiman. Jike memang demikian, spam akan terus rendah sampai Agustus. Namun, bisa jadi ini merupakan fenomena sistemik, dan jika ini yang terjadi, jum-lah spam pada lalu lintas email akan segera turun ke bawah 70 persen.*yas

Laptop Lenovo IdeaPad G470Fitur Maksimal, Harga Minimal

B

AK diragukan lagi, Facebook merupakan media terbaik bagi orang yang berniat baik dan tidak terkecuali bagi orang yang berniat ja-hat. Contohnya, maraknya penyebaran malware dan virus melalui halaman Facebook, kotak pesan dan ruang chatting.

Seringkali kita menerima pesan berupa link yang tidak jelas dan ketika dik-lik akan tampil halaman-halaman yang tidak diinginkan. Nah, untuk menghin-dari dampak penyebaran malware ini, berikut tips untuk Anda.

*Hati-hati dengan materi Facebook yang eye-catching atau aneh. Berhati-hatilah dan berpikir sebelum Anda mengklik apa pun di Facebook. Pembuat virus adalah manusia cerdas. Sekarang, banyak pembuat virus yang menye-barkan virus dengan judul, gambar atau link yang menarik perhatian Anda, seperti “video terlucu yang pernah ada”, “Anda harus melihat yang satu ini”, dan lain-lain. Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan seperti ini, lebih baik Anda tidak mengkliknya.

*Jangan pernah mengklik link “Lihat orang yang melihat profil Anda” atau “Lihat penggemar Anda”. Facebook telah lama menyatakan bahwa mereka tidak pernah menyediakan layanan untuk melacak siapa saja yang telah me-lihat profil kita. Dan pihak ketiga pun tidak mungkin mengembangkan layanan seperti itu. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam Facebook Private Policy.

* Pelajari sumbernya untuk melihat bagaimana bentuk status teman Anda. Harus Anda ketahui, atau setidaknya akrab dengan cara update status teman Anda di Facebook. Jangan klik, jika dinding atau status teman Anda berbeda dari biasanya.

* Hindari mengklik link yang sama yang telah diposting oleh beberapa pengguna/teman. Jika Anda melihat banyak link posting yang sama di dinding beberapa teman Anda, lebih baik tidak mengkliknya. Untuk diketahui, Koob-face (virus yang paling populer di Facebook) menyebar dengan cara ini.

* Hati-hati dengan pesan chat dari teman Facebook yang isinya meminta uang. Anda harus lebih waspada saat chatting dengan teman Facebook Anda, baik yang dikenal maupun yang tidak. Karena, mungkin saja orang lain menggunakan Facebook orang yang Anda kenal untuk tujuan ini. Sebenarnya, menghindari virus atau pun penipuan di Facebook itu sangat mudah. Tergan-tung dari diri kita, mau memakai cara aman atau tidak. *

Tips Hindari Virus Facebook

T

Page 21: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

RUMOR4 KOMPUTER 216 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

VIEWSONIC yang dikenal dengan TV dan monitor komput-er, kini sedang bersiap mem-perkenalkan jajaran baru tablet Android mereka. Viewsonic mengumumkan akan memamer-kan tablet/monitor yang beruku-ran 22 inci.

Berjalan menggunakan OS Android di acara Computex belum lama ini, jajaran touch

JIKA Anda menginginkan tablet namun terkendala dengan biaya, rasanya hal tersebut tak lagi menjadi soal. Salah satunya yang terbaru adalah HuaYi, sebuah tablet murah buatan salah satu perusahaan elektronik asal Cina. Seperti dikutip dari ligapon-sel, tablet yang akan dijual dengan harga 65 dolar atau sekitar Rp 585 ribu ini akan berjalan dengan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich, untuk spesifikasi lainnya, jangan berharap lebih pada tablet super murah ini.

Tablet Android buatan Cina ini dilengkapi dengan layar 7 inci (800 x 480), 1 GHz single processor, 512MB RAM, front-facing camera, microSD card slot, micro USB port, HDMI out dan tentu-nya Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Namun, sepertinya tablet ini sementara hanya tersedia di negara asalnya. Belum diketahui apakah tablet murah ini akan sampai di Indonesia atau tidak. *

ViewSonic Ciptakan Tablet Berukuran 22 Inci

dan connect ini dikatakan masih prototipe, yang sejauh ini hanya digunakan untuk penggunaan bisnis.

Seperti dikutip dari ligaponsel, kemungkinan ViewSonic akan membekali tablet 22 inci terse-but dengan ruang penyimpanan antara 16 GB dan 64 GB. Na-mun, hal itu tergantung berapa harga yang akan dibanderol

ViewSonic untuk tabletnya.Ia mengatakan, tablet ini

menjalankan Android 4.0 ICS, meski bisa saja ada model lain dengan Windows 8 dan kapa-bilitas multitouch. Sayangnya, laporan tentang tablet ICS den-gan layar 22 inci tersebut tidak dilengkapi dengan spesifikasi yang lengkap dan juga keteran-gan harganya. *

Tablet Windows 8 Berbasis x86Diklaim Lebih Tipis dari Apple iPad

Lenovo IdeaTab S2109

Tablet ICS dan Layar 9,7 InciSETELAH sebelumnya masuk FCC,

Lenovo akhirnya memperkenalkan sebuah tablet Android ICS dengan kode nama IdeaTab S2109. Tablet ini dibekali dengan layar IPS 9,7 inci dengan rasio 4:3 dan resolusi 1024 x 768 piksel.

Seperti dikutip dari ligaponsel, tablet ini juga memiliki ketebalan 8,9 mm. Di bagian depan juga terdapat kamera 1,3 megapiksel untuk video call, ditambah microUSB, micro HDMI dan slot microSD. Sementara di bagian bela-kang dipasang empat speaker dengan SRS Trumedia yang diklaim akan menghasilkan

bass yang lebih baik.IdeaTab S2109 juga menyediakan fasili-

tas penting lain seperti port microUSB, micro HDMI, dan slot kartu microSD. Sayangnya, belum diketahui prosesor apa yang telah tersemat di bagian dalam IdeaTab S2109. Meski begitu, pada sektor penyuplai daya, disebutkan jika baterai pada tablet ini bisa menghidupinya hingga 10 jam.

Harga dari Lenovo IdeaTab S2109 ini belum diketahui, namun Lenovo berjanji akan memberikan informasi mengenai harga dan ketersediaan tablet ini dalam waktu dekat. *

Tablet Android Huayi Dijual Seharga Rp 585 Ribu

KEHADIRAN Windows 8 langsung disambut baik beberapa vendor, salah satunya adalah HP yang dikabarkan tengah me-nyiapkan sebuah tablet Windows 8 berbasis x86 yang diklaim akan memiliki ukuran yang lebih tipis dari iPad milik Apple.

Seperti dilansir berita teknologi, tablet besutan HP ini, kabarnya akan memiliki daya tahan baterai hingga 8 sampai 10 jam, dan dibekali dengan layar 10,1 inci. Tablet ini akan ditujukan untuk para pebisnis sehingga tidak memakai arsitek-tur ARM.

Belum diketahui berapakah kisaran harga untuk tablet Win-dows 8 dari HP ini, namun sepertinya tablet ini akan menjadi saingan serius bagi iPad milik Apple.

Meg Whitman, CEO HP sendiri pernah menyatakan bahwa perusahaannya akan merilis sebuah perangkat x86 dengan Windows 8 sebelum akhir tahun 2012. *

SETELAH meluncurkan Nexus 7 pada acara pertemuan pengem-bang aplikasi, Google dilaporkan tengah menyiapkan varian 10 inci dari tablet terbarunya itu. Menurut laporan DitiTimes, belum lama ini, Google telah menanda-tangani perjanjian dengan Wintek dan OU Optronics, perusahaan

Google Siapkan Varian Nexusyang akan menyupai panel One Glass Solution (OGS) 10 inci untuk tablet yang kabarnya akan dinamai Nexus 10. Laporan tidak menyebutkan kapan produksi tablet varian Nexus itu akan dimulai, dan hanya mengatakan harganya terjangkau.

Google Nexus 7 yang diluncur-kan di sela Google I/O 2012 belum lama lalu, berprosesor Tegra 3, 1GB RAM, dan layar IPS 1280x800 pixel. Tetapi, menurut blog teknologi Know Your Mobile, ada yang terabaikan yaitu kapasitas peny-impanan yang terbatas karena

tanpa slot microSD dan tanpa 3G. Namun, dengan harga mulai 199 dolar bisa dimaafkan. Google Nexus 7 seka-rang sudah tersedia untuk

dipesan melalui pengecer play store Google. *

Spesifikasi Wearnes LitePad LP-811:

*Android 4.0 Ice Cream Sandwich*Cortex A9, 1Ghz CPU, Mali-400 GPU 128KB L2 Cache*Screen 8 Inch 16:9, 1280X768 Resolution*Five Point Capacitive Touch Screen*Memory 1 GB DDR3*Storage 8 GB Nand Flash*Micro SD Card up 32GB, mini USB 2.0 slot*Wi-Fi Access 802.11 b/g/n*Gravity Sensor, Bluetooth*Dual Camera : VGA + 2.0 MP*Mini HDMI Port*Support 3G : External 3G USB Modem*Battery Li-ion 5000 mAH.

Wearnes LitePad LP-811,Tablet Android 3D tanpa Kacamata

JIKA sekarang sudah banyak notebook yang dibekali dengan layar 3D tanpa bantuan kaca-mata, maka kini telah hadir juga tablet 3D tanpa kacamata dari Wearnes dengan kode nama Wearnes LitePAD LP-811.

Seperti dikutip dari ligaponsel, berbekal dengan fitur tablet 3D, Wearnes LitePad LP-811 ber-harap mampu bersaing dengan

produk tablet lainnya, seperti Samsung, LG, Apple begitu den-gan brand lokal yang terlebih dahulu melontarkan produknya di Tanah Air.

Tablet ini dibekali dengan layar 3D seluas 8 inci dan berjalan den-gan OS Android Ice Cream Sand-wich. Tablet 3D dari Wearnes ini telah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 2.777.000. *

Asyiknya Menggambar dengan Wacom Bamboo Manga CTH 470-S

BAGI yang hobi menggambar baik karikatur, gambar tokoh komik, maupun orang yang bekerja dan menda-lami multimedia yang berhubungan desain dan lainnya biasanya selalu mencoba mengeluarkan ekspresi dan imajinasi mereka melalui media apa pun. Khususnya pada zaman ini, jarang yang ingin menggambar pada buku gambar, sketbook, maupun kanvas.

Saat ini sebagian orang lebih menyukai menggambar menggunakan laptop atau iPad. Banyak program yang kini sudah tersedia untuk menunjang dalam menuang-kan hobi, seperti Corel Draw. Kecanggihan merupakan faktor utama banyak orang lebih memilih menggambar di media elektronik ini dibandingkan dengan memilih cara manual.

Kini telah hadir Wacom Bamboo Manga CTH 470-S yang membantu kita dalam berkreasi. Secanggih-canggihnya produk, pastilah memiliki kelemahan. Oleh

karena itu, Bamboo datang untuk mencoba menutupi kelemahan tersebut. Sekarang bagi pecinta karya seni rupa tersebut tidak perlu merasa cemas, karena Bam-boo akan membantu Anda dalam menuangkan segera kreativitas yang Anda miliki.

Wacom Bamboo Manga CTH 470-S memiliki spesi-fikasi antara lain ukuran/size-nya small, memiliki di-mensi 278 x 176 x 9.8 mm, pen active area & touch ac-tive area 147 x 92 mm, pen pressure levels 1,024, tablet resolution 2540, interface datachable USB 1.0 M, dan tersedia dua macam warna yaitu black dan silver. Selain itu Bamboo di lengkapi pula dengan Bundled Software OpenCanvas Lite Special Edition For Wacom (Win), Bamboo Dock (Win/Mac), Bamboo Scribe (Win/Mac), dan Corel Painter Essential (Win/Mac), serta System Requirement-nya yaitu, Windows 7, Vista or XP SP3 or later, dan Mac OS X 10.5.8 or later, Intel Processor. *ila

Asus Menggebrak lewat Eee Pad Slider

- Terdapat ARM Cortex A9 dual core dengan Nvidia Tegra TM 2.

- Android Honeycomb 3.1 yang bisa di-upgrade ke ICS 4.0

- Layar IPS 10.1 (1280 x 800) yang dibekali kaca antigores Corning Gorilla GlassM

- 1 GB DDR2

- 16 GB eMMC

- Wi-Fi, bluetooth, mini HDMI, port USB, card reader.

- Baterai polymer 25Whrs/ 8 jam*

- Kamera depan 1.2 MP dan kamera belakang 5.0 MP.

KINI telah hadir Asus model terbaru dengan gaya slide, di mana tablet dan netbook bisa disatukan dalam satu model. Hal ini membawa dampak yang sangat baik untuk perkembangan teknologi saat ini.

Asus merupakan salah satu merek yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Memiliki banyak keunggu-lan dan mampu selalu beradaptasi dengan kemajuan zaman. Ini membuktikan bahwa Asus mampu menjaga eksistensinya.

Asus selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dengan tipe-tipe andalannya, hingga membuat para konsumennya enggan berlari ke merek lain. Khusus di Indonesia, Asus merupakan salah satu merek yang paling dipercaya masyarkat luas.

Hingga saat ini Asus kembali memperkenalkan Eee Pad Slider dengan desain yang sangat unik dan me-nawan. Dibekali dengan aplikasi-aplikasi menarik yang membuat kita tidak ingin jauh darinya.

Tablet dengan slide keyboard pertama ini memiliki layar IPS untuk tampilan terbaik, mem-buat gambar yang dita-mpilkan menjadi lebih jernih. Dengan memiliki sudut pandang yang ek-stra lebar walaupun dilihat dari sudut mana pun. Dibeka-li grafis terbaik dengan Nvidia

Tegra TM 2 yang membuat browsing, bermain game, bahkan menonton film full HD jauh lebih lancar dan cepat. Tontonan Film full HD dengan mini

HDMI, bila kita menghubungkan HDTV dengan mini HDMI

pada Eee Pad, kita bisa menyaksikan berbagai

film dengan kualitas full HD. Tidak ketinggalan

Eee Pad Slider ini memiliki daya

tahan baterai selama 8 jam. *ila

Spesifikasi:

Page 22: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

KOMPUTER22 TOP NEWS 36 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

APLIKASI Facebook Messenger untuk Android dan iOS telah diperbarui belum lama ini. Seperti yang dilansir situs Redmond-pie, rilis kali ini membawa sejumlah fitur baru yang diklaim akan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.

Fitur-fitur baru yang diumumkan antara lain:

* In-App Notifications, yang memungkinkan Anda dengan mudah berpindah percakapan. Fitur baru yang mengizinkan teman dari teman untuk dimasuk-kan ke dalam percakapan.

* Kemampuan untuk berbagi gambar dengan ukuran lebih besar.

* Load aplikasi yang lebih cepat.* Perbaikan beberapa bug.* Push Notifikasi yang lebih cepat.

Untuk Anda pengguna Android bisa langsung

Nexus 7 Resmi Diumumkan

Samsung Galaxy One, Tablet dengan Fitur Proyektor

SELAIN ponsel, Samsung kini menduduki posisi teratas vendor branded sebagai produsen tablet PC. Hal ini dibuktikan dengan deretan tablet PC yang su-dah beredar di pasaran. Mulai dari yang berlayar 7 inci, hingga yang 10 inci.

Kebanyakan, menggunakan sistem operasi An-droid. Rumor terbaru, di dunia maya muncul gambar

konsep Tablet PC dengan kode “Samsung

Galaxy One”. Tablet ini memiliki dimensi sekitar 305 x 195 x 14 mm, dan diduga bakal menggunakan sistem operasi Windows 8.

Menariknya, konsep tablet yang muncul di situs Yanko Design serta hasil rekaan desainer Laura Hong dan Charles de Belizal ini, memiliki fungsi utama se-bagai proyektor. Jadi, penggunanya dapat menikmati tayangan video di tablet langsung ke layar lebar. Untuk mendapatkan posisi tampilan proyektor yang nyaman, Samsung Galaxy One dilengkapi pengaturan angle

atau posisi sudut pandang, plus kick stand untuk membuatnya berdiri tanpa harus dipegang.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Yanko Design, Samsung Galaxy One Projector Tablet Concept ini menawarkan tiga kombinasi karak-teristik dari 3 perangkat berbeda. Pertama, sebagai tablet PC yang memiliki desain yang kompak dan ringan serta dapat di bawa ke mana-mana (mobility). Kedua, memiliki dukungan layar yang

luas (widescreen) dan didu-kung kemampuan layaknya sebuah laptop. Ketiga, dilengkapi dengan kick-stand dan fungsi proyektor. *

Facebook Messenger untuk iOS dan Android Diperbarui

Chip MT6577 Dual-Core untuk Smartphone DiluncurkanDI era chip quad-core kelas atas seperti yang dibuat

Qualcomm, NVIDIA, dan Texas Instrument, beberapa peru-sahaan memilih untuk melihat lebih ke belakang dan mem-buat chip untuk kelas lebih rendah. Salah satunya dalah MediaTek yang baru saja mengumumkan peluncuran chip MT6577 yang ditujukan untuk smartphone yang ramah di kantong, yaitu untuk handset di bawah 200 dolar.

Seperti dilansir Phone Arena, meski murah namun chip ini dianggap tidak murahan karena mampu memberikan kinerja memadai untuk sebuah gadget.

Disebutkan, di dalamnya terdapat dua chip Cortex A9 dengan kecepatan 1 GHz dan GPU PowerVR Series 5. Dengan konfigurasi perangkat keras seperti ini maka handset akan bisa menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan layar 720p dan bahkan merekam video 1080p.

Smartphone yang menggunakan chip MT6577 dipredik-si akan hadir di kuartal ketiga tahun 2012. Beberapa manu-faktur yang menggunakan chip ini di dalam produknya di antaranya adalah Gigabyte, ZTE, serta manufaktur Asia lain. *

SETELAH berada di alam rumor selama beberapa waktu, akhirnya misteri menge-nai Nexus 7 terkuak. Seperti yang dikutip dari situs internet, sebagai tablet referensi Android pertama dengan Android 4.1 Jelly Bean, tablet ini memaksimalkan tablet dengan ukuran layar kecil yang dianggap cocok untuk membaca dan melihat video.

Google Nexus 7 merupakan tablet pertama yang memakai Chrome untuk Android. Selain itu, seperti diketahui, tablet ini dibuat oleh Asus dan terlihat seperti Eee Pad MeMO ME370T.

Beberapa fitur yang tidak dimiliki Google Nexus 7 adalah kamera belakang dan slot kartu ekspansi. Juga tidak ada colokan USB dan HDMI out untuk mengarahkan tampilan ke televisi.

Google akan menjual tablet ini dengan harga hanya 199 dolar AS untuk model 8 GB dan 249 dolar AS untuk versi 16 GB. Google juga akan memberi bonus kredit 25

dolar AS untuk belanja di Google Play dita-mbah beberapa bonus paket konten lain.

Google Nexus 7 sudah mulai bisa

dipesan sekarang melalui Google Play dan akan mulai dikirim di wilayah Australia, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat pada

pertengahan Juli mendatang. Sayangnya Indonesia belum termasuk di dalam ren-cana pemesanan maupun peluncuran. *

Spesifikasi:

Chip Tegra 3 quad-core

Kamera depan 1.2 megapiksel yang bisa merekam video 720p

NFC, Wi-Fi a/b/g/n, bluetooth

Layar sentuh LCD IPS 7 inci resolusi 1280 x 800 piksel (216 ppi)

RAM 1GB dengan GPU nVidia GeForce 12 core

Google Wallet

Ukuran 198,5 x 120 x 10,5 mm,

Bobot 340 gram.

mengunjungi Play Store dan peng-guna iOS silahkan mengunjungi App Store untuk mengunduh versi terbaru ini. *

60 Persen Pengguna Khawatir Kehilangan Data Finansial

ADA berbagai ancaman terhadap komputer yang bisa membuat Anda pusing kepala. Di antara berbagai anca-man ini, yang paling merugikan adalah yang mengancam keamanan informasi berharga, atau bahkan lebih buruk lagi, kerahasiaan. Dari seluruh data personal yang kita simpan secara online, informasi finansial adalah yang paling membuat khawatir. Bahkan, 60 persen pengguna internet di Rusia, Amerika dan Eropa yang disurvai Harris Interactive di bulan Februari dan Maret 2012 menyatakan eksploitasi informasi finansial merupakan ketakutan terbesar para responden.

Informasi mengenai password untuk layanan online berada di peringkat kedua di mana 58 persen pengguna internet kha-watir password mereka akan dicuri oleh para penjahat cyber. Peringkat selanjutnya adalah email personal dan dokumen, alamat kontak dan berbagai file multi-media. Namun, meski para pengguna ini menunjukkan kekhatiran akan keamanan data mereka, tidak sedikit pengguna yang menyimpan informasi mereka di perangkat mobile yang tidak terlindungi dengan baik. Setidaknya 15 persen pengguna menggu-nakan tablet mereka untuk belanja online dengan kartu kredit, menggunakan sistem

pembayaran elektronik atau kegiatan finansial lainnya dan 12 persen lainnya melakukan hal yang sama melalui telepon selular mereka.

Sekitar sepertiga pengguna (31 persen) menyimpan informasi personal mereka di komputer rumah (PC) atau laptop.

Apa yang dilakukan para pengguna ini untuk melindungi data sensitif mereka? Menurut hasil survai Harris Interactive, kurang dari setengah responden (46 persen) memilih mem-back up seluruh perangkat mereka. 30 persen pengguna memilih mengenkripsi informasi rahasia mereka, sementara 32 persen pengguna

melindungi dokumen dengan password. Langkah-langkah ini tentu kurang cukup, namun ditambah dengan software antivi-rus kualitas tinggi, hal ini bisa menjamin tingkat perlindungan yang baik. Dalam hal ini, pilihan terbaik adalah menggunakan paket keamanan tunggal dengan kemam-puan lengkap seperti Kaspersky Crystal.

Software ini melindungi terhadap anca-man internet terkini dan menawarkan tools untuk mem-back up data, enkripsi file dan penyimpanan password yang aman. Semua ini membantu melindungi informasi penting dari yang tidak berkepentingan, pencurian atau kehilangan. *yas

PEMILIK akun Facebook tam-paknya harus berhati-hati karena situs weknowwhatyouredoing.com mampu mengungkap status-status konyol yang diunggah di jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu. “Ya, Facebook telah mengumum-kan beberapa waktu lalu bahwa pemilik akun di dalamnya dapat memperbaiki status. Tapi apakah

Situs Pelacak Status Konyol Facebook

“suara hati” itu akan lebih cepat terhapus di Facebook dibanding di situs yang menampilkan kele-mahan manusia dalam tampilan yang mudah dicerna,” kata Chris Matyszczyk dari CNET. Situs ciptaan Callum Haywood itu, seperti diberitakan Antara, membeberkan status-status konyol akun Facebook dalam

empat kategori: who wants to get fired?, who’s hungover?, who’s taking drugs? dan who’s got a new phone number?. Jika Anda menulis status di akun Facebook dengan bahasa Inggris dan mengandung makna yang masuk dalam empat kategori di atas maka kemungkinan akun Anda akan tampil di weknow-whatyouredoing.com. Namun, para pemilik akun Facebook yang tampil di situs eksperimental Haywood itu tidak perlu terburu-buru marah karena sang pembuat situs menjelaskan mekanisme menghilangkan jejak akun beserta statusnya. “Jika Anda melihat setiap status di situs ini punya Anda dan ingin menghilangkannya, hapuslah dari Facebook terlebih dahulu. Status itu akan berhenti muncul di we know what you’re doing sekitar satu jam atau silakan hubungi saya,” tulis Haywood di bawah halaman situsnya. *

Google Chrome mulai Rambah iOS dan Android

PERANGKAT lunak (software) perambah internet Google Chrome kini merambah pengguna ponsel berbasis sistem operasi iOS (ponsel Apple) dan Android. Seorang perwakilan Google, seperti dikutip CNET mengatakan, Chrome untuk Android mengusung software terbuka JavaScript V8 yang mampu melakukan proses render JIT dan sejumlah fitur perambahan lain di ponsel. Seperti diberitakan Antara, Chrome untuk iOS diklaim memiliki kinerja lebih baik dibanding untuk Android karena mampu mensing-kronisasi kata sandi (password) di perangkat Apple lain dan di komputer berbasis Win- dows. Apple sempat mem- batasi perambah selain Safari untuk masuk di iOS. Perwakilan Google menjelaskan Chrome pada iOS tidak mempu-nyai akses ke mesin Nitro JavaScript Safari. Namun, Google juga tidak diperboleh-kan menggunakan JavaScript V8 miliknya sehingga pembuat Chrome meng-guna- kan UIWeb- View. *

Acer Aspire 4750 Janjikan Kinerja Grafik OptimalACER Aspire 4750 dilengkapi dengan

prosesor Intel Core i3-2310M, yang meru-pakan salah satu dari keluarga prosesor generasi kedua Core i7 terbaru (Sandy Bridge). Selain kinerja prosesor lebih tinggi daripada generasi sebelumnya, Core i3-2310M menjanjikan kinerja grafik optimal untuk sebuah graphics card integrated.

Graphics card integrated Intel terbaru ini – HD 3000 – menjanjikan kinerja lebih tinggi dan kompatibilitas lebih baik daripada pendahulunya.

Aspire 4750 menggunakan platform desain yang sama dengan Aspire 4253. Notebook 14 inci ini tersedia dalam tiga pi-lihan warna, mesh black, mesh brown dan mesh red. Dari segi desain dan konstruksi, Aspire 4750 tidak jauh berbeda dengan Aspire 4253. Perbedaan utama antara keduanya, selain prosesor dan memori, adalah USB 3.0. Sebuah konektor USB 3.0 yang bisa ditemukan di sisi kanan note-book, di samping built-in DVD-ROM. Untuk membedakannya dari port yang lain, Acer memberikannya warna biru. Acer Aspire mempunyai indikator popup (di dalam Win-dows) untuk menandakan status beberapa fungsi. Software yang disertakan dengan Aspire 4750 akan menampilkan informasi yang muncul (popup) untuk menginfor-masikan status caps lock, numlock, dan scroll lock. Selain fungsi-fungsi ini, tersedia

juga popup untuk mengunci touchpad saat pengguna mengetik maupun mengaktifkan Wi-Fi dan bluetooth.

Sebagai pilihan konektivitas, Acer menyertakan Wi-Fi 802.11a/b/g/n dengan Aspire 4750. Berbeda dengan Aspire 4253, bluetooth 3.0 tersedia sebagai bagian dari paket standar Aspire 4750. Untuk kece-patan transfer optimal, adapter Atheros AR5B97 yang digunakan Aspire 4750 akan bekerja lebih optimal saat tidak ada halangan antara notebook dan access point, sedangkan untuk koneksi kabel LAN, Aspire 4750 dilengkapi Gigabit Ethernet yang menggunakan adapter Broadcom.

Aspire 4750 dilengkapi dengan baterai lithium ion dengan kapasitas daya 48 Wh. Untuk pekerjaan lebih berat, seperti gaming, yang mem-perhitungkan penggunaan graphics card, Aspire 4750 bisa bertahan hingga 1 jam 20 menit. Untuk penggunaan umum seperti menge-tik dan browsing internet, baik dengan maupun tanpa terhubung ke jaringan Wi-Fi, 4750 bisa bertahan sampai sekitar 4 jam. Acer

melengkapi Aspire 4750 dengan Core i3-2310 dan memori 2 GB, bekerja dengan dokumen dan aplikasi sangat nyaman. Ini juga terlihat saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, misalnya meng-unzip file terkompresi dengan ukuran besar dan menjalankan game ataupun memanggil aplikasi lain. *aya

Spesifikasi Acer Aspire 4750

Platform Notebook PCProcessor Type Intel Core i3 ProcessorProcessor Onboard Intel® Core™ i3-2310M Processor (2.10 GHz, Cache 3M)Chipset Intel® HM65Standard Memory 2 GB DDR3 PC-8500Video Type Intel® Graphics Media Accelerator HD 256MB (shared)Display Size 14” WXGA TFTDisplay Max. Resolution 1366 x 768Display Technology CineCrystal TFTAudio Type IntegratedSpeakers Type IntegratedHard Drive Type 500 GB Serial ATA 5400 RPMOptical Drive Type DVD±RWModem IntegratedNetworking Gigabit NICWireless Network Protocol IEEE 802.11nInput Device Type Touch PadCard Reader Provided SD, SDHC, MMC, Memory Stick/ Stick PRO, xD-Picture CardInterface Provided 2x USB 2.0, HDMI, LAN, AudioO/S Provided Pre-sales Request AvailableBattery Type Rechargeable Lithium-ion Battery6 cellPower Supply External AC AdapterDimension (WHD) 342 x 34.20 x 245mmWeight 2.75 kg.

Page 23: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Nokia BH-505 Bluetooth Headset

TOP NEWS2 AKSESORI 23

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra.Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita. Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657, 416676. Faksimili: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi/Pengaduan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

6 - 12 Juli 2012 6 - 12 Juli 2012

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

CASE atau pelindung ponsel banyak jenis dan macamnya. Bahkan, untuk berbagai merek dan fungsi. Baru-baru ini hadir pelindung iPhone terbaru yang disediakan Global Teleshop, seperti halnya yang ada di ICE Teuku Umar, Denpasar.

Konsumen bisa memilih berbagai macam model serta merek case yang disediakan. Mulai dari hard case (pelindung keras) hingga soft case yang lembut. “Kami menyediakan yang hard case maupun soft case berbahan silikon,” ujar Hendro, staf Global di ICE Teuku Umar.

Ia mengatakan, ada beberapa produk case pelindung iPhone terbaru yakni dari merek Aprolink, Softshell dan Ozaki dengan ber-bagi model dan warna. Harga bervariasi, untuk harga case merek Softshell dan Aprolink mulai dari Rp 199.000 hingga Rp 299.000 per case, sedangkan untuk case iPhone merek Ozaki harga mulai dari 219.00 hingga Rp 399.000 per case.

Selain case atau pelindung untuk iPhone, pihaknya juga menye-diakan case pelindung iPad dengan produk terbaru merek Odoyo, X-Doria, serta merek Tucano. Bahannya rata-rata mika dengan atasan kulit yang menambah ekslusif pelindung iPad Anda. Harga rata-rata mulai dari Rp 499.000 hingga Rp 699.000 per case. *dwi

LOGITECH memperkenalkan wireless headset baru untuk iPad tanpa kabel. Bahkan, headset ini bisa bekerja tidak hanya dengan iPad tetapi juga iPhone, iPod Touch dan perangkat bluetooth lainnya. Headset ini menawar-kan hingga 10 meter jangkauan nirkabel.

Casing iPhone Mampu Menahan Peluru Kaliber 50

CASING yang membuat iPhone Anda tahan air dan goncangan, mungkin sudah biasa. Perusahaan asal Jepang, Marudai telah meluncurkan sarung ponsel untuk iPhone 4 Anda menjadi kekar dengan balutan sarung logam yang anti-peluru.

Seperti yang dilansir ligaponsel, mereka mengklaim cas-

ing anti-peluru ini mampu menahan peluru kaliber 50 (12,7mm) yang biasa digunakan untuk senapan sniper.

Mungkin casing iPhone ini akan populer di antara prajurit yang berada di tengah medan perang. Dengan harga 650 dolar AS, sarung ponsel

ini menambahkan lapisan baja setebal 1 inci untuk melindungi bagian bela-

kang iPhone.Sementara untuk bagian depan (tidak termasuk

layar) ditutupi dengan lapisan aluminium. Se-

lain itu bagian bela-kangnya menye-diakan lubang untuk kamera. Sebagai bonus, Marudai akan mengirim pembeli sebuah

peluru kaliber 50 kosong. Anda bisa

memesannya lewat website www.marudai-corp.com. *

JoeyBra, Bra dengan Holster Menyimpan iPhone

WANITA pengguna iPhone bakal mendapat alternatif tempat penyimpanan untuk gadget kesayangannya. Sebuah perusahaan meng-hadirkan alternatif yang bukan hanya berbeda, tapi juga unik dengan produk yang mereka sebut JoeyBra.

Seperti dilansir ligaponsel, JoeyBra ada-lah sebuah bra dengan holster untuk iPhone. Produk pakaian dalam ini merupakan besu-tan dua mahasiswi University of Washington, Amerika Serikat, bernama Kyle dan Mariah. Dua orang ini telah melakukan sejumlah riset sebelum memulai proyek tersebut. “Setelah kami melakukan survai pada lebih dari 200 wanita berusia muda, kami menemukan bahwa

95 persen dari partisipan memiliki masalah dalam menempatkan barang-barang mereka ketika sedang menghadiri pesta, dan 73 persen partisipan kehilangan barang-barang pribadi dari saku mereka. Selain itu, kami menemukan bahwa 88 persen responden tertarik untuk menyembunyikan barang-barang pribadi mer-eka khususnya smartphone,” ungkap Kyle dan Mariah.

Walaupun JoeyBra didesain untuk meny-impan smartphone besutan Apple itu, namun pengguna juga bisa menyisipkan dompet, uang, dan benda penting lainnya. Tertarik dengan ide JoeyBra ini? Untuk mendapatkan bra khusus ini, silakan Anda siapkan uang 30 dolar. *

NOKIA baru saja merilis perangkat aksesori baru yang bernama Nokia BH-505. Ini merupakan perangkat headset yang menggunakan koneksi bluetooth sehingga penggunanya tidak direpotkan dengan kabel yang berseliweran.

Seperti yang dikutip dari situs internet, berikut adalah fitur dari perangkat tersebut :

m Slim, lightweight designm Digital signal processing (DSP)m Multiple earpiece types and sizesm Sweat and splash resistantm Dedicated call and music keysm Near Field Communication (NFC).

*

APPLE telah mendaftarkan sebuah paten berupa penge-nalan deteksi wajah sebagai kata kunci (password). Pendaftaran paten ini sudah disetujui kantor hak cipta dan hak paten Amerika Serikat. Paten ini kemungkinan akan diterapkan pada semua perangkat Apple seperti iPhone, iPad, iPod Touch serta di kom-puter dan laptop Mac yang akan datang.

Seperti dikutip dari SlashGear, kehadiran teknologi deteksi ini dapat digunakan secara otomatis untuk mengaktifkan atau mem-buka perangkat Apple. Teknologi deteksi terutama wajah ini bisa menggantikan kata kunci yang biasa dipakai di semua perangkat.

Uniknya, selain wajah sendiri bisa digunakan sebagai kata kunci, perangkat yang bersangkutan juga bisa dikonfigurasi untuk mengenali wajah dari keluarga pengguna atau teman-teman pengguna. Dengan demikian, keluarga terdekat tersebut juga bisa membuka perangkat yang diberi kata kunci berupa deteksi wajah itu.

Sistem pengenalan deteksi wajah dari Apple ini menggunakan korelasi dengan pencocokan teknologi komputasi, bukan korelasi tradisional yang berupa bentuk wajah saja. Dengan cara ini, sum-ber daya yang digunakan akan relatif sedikit.

Yang penting lagi, teknologi ini dapat berhubungan langsung dengan Graphics Processing Unit (GPU) dari perangkat iOS atau Macbook. Dengan demikian, bisa mengurangi beban pada perangkat lunak dan lebih mengandalkan perangkat kerasnya.

Fitur face unlock ini sebenarnya bukan pertama kali dipakai Apple. Samsung Galaxy Nexus yang menggunakan Android 4.0 telah memakai fitur ini terlebih dahulu. Samsung malah menjadi-kan fitur ini sebagai fitur utamanya.

Berdasarkan fungsinya, fitur face unlock yang didaftarkan Apple dan yang telah digunakan di Galaxy Nexus memang sama. Namun, teknologi di baliknya bisa jadi berbeda.

Begitu pula untuk penerapannya, Apple menggunakan sistem 2D yang akan meng- ingat wajah orang yang akan dijadikan pembuka kunci perangkat. Dengan men-ganalisa perbedaan antara dua gambar, perangkat bisa menentukan identitas wajah pemilik. Spesi-fikasi paten terse- but lebih ditekankan pada

warna kulit, bentuk wa-jah dan fitur ini tidak

memerlukan akurasi di tingkat penca-

hayaan. Sementara pada Galaxy Nexus,

pembuka kuncinya masih bisa dibuka meski hanya dengan sebuah foto

pribadi, bukan wajah sungguhan, seperti

yang diberitakan Mobilepedia pada November 2011.

*ade

Nokia Keluarkan Aplikasi Kamera Ekstra Khusus untuk Seri Lumia

Apple Patenkan ”Face Unlock” Mirip Galaxy Nexus

Tiga Sistem Operasi Smartphone Mutakhir

KECANGGIHAN ponsel pintar (smartphone) terasa percuma tanpa dukungan sistem operasi. Pada tahun 2012 ini, pengguna ponsel pintar akan dapat mencoba tiga sistem operasi ternama paling mutakhir yang baru diperkenalkan masing-masing produsennya.

Android 4.1 atau pemilik nama Jelly Bean telah dirancang untuk komputer tablet Nexus 7. Kemudian iOS 6 buatan Apple yang menjadi penerus iOS 5, dan Windows Phone 8 dari Microsoft.

Tampilan AntarmukaPada ketiga sistem

operasi tersebut, hanya Android dan iOS yang memiliki tampilan antar-muka yang mirip. Ked-uanya menggunakan pola ikon yang tersusun secara vertikal. Namun, Apple tidak membuat penggunanya untuk me-nambahkan widget seperti Android.

Sementara Windows Phone tampil beda dengan gaya Metro yang memiliki beberapa kotak yang masing-masing meru-pakan sebuah aplikasi.

PetaAplikasi

penunjuk arah milik Android tentu saja Google Maps. Namun, di Jelly Beans peta tersebut mampu menayangkan tampilan navigasi satelit yang dapat memperlihatkan detail di jalan raya, dan trotoar serta fitur pemberi-tahu arah ketika memiliki janji di suatu tempat.

Sementara Windows 8 memiliki Bing Maps yang mempunyai fitur navigasi 3D, dan Navteq Traffic Service yang merupakan aplikasi milik Nokia. Apple

tentu memiliki fitur navigasi yang sama, dan juga mempunyai kemampuan navigasi 3D seperti Bing Maps serta layanan tampilan lalu lintas dan satelit seperti Google Maps. Dengan kehadiran Siri, peng-guna akan lebih mudah mencari lokasi di peta.

BrowserPengguna Nexus 7 dapat mengakses

internet melalui Google Chrome, tapi masih tetap dapat menggunakan per-amban bawaan Android. Sementara

iOS masih mengandalkan Safari namun tersedia berbagai pi-

lihan browser lain di Apps Store jika ingin mencoba browser lain. Windows Phone 8 tampil dengan browser Internet Explorer yang memiliki fitur anti-

cookie.

KameraGoogle telah melakukan impro-

visasi terhadap kemampuan mengambil gambar di Jelly Bean. Hasilnya lebih cepat dibandingkan Ice Cream Sandwich dan

lebih mudah melakukan ed-

it- ing gambar. Begitu pula Microsoft yang

melakukan hal sama seperti Google. Windows Phone 8 memiliki fitur kamera yang lebih baik dibandingkan sistem operasi pendahulunya. Fitur kamera iOS 6 memiliki autofocus, pengguna tidak perlu menyentuh layar agar dapat memperjelas gambar yang akan difoto. Apple bahkan telah membuat hardkey untuk tombol shutter di tombol volume up.

*ade

NOKIA telah merilis sebuah aplikasi khusus untuk seri Lumia miliknya melalui Windows Phone Marketplace. Aplikasi bernama Camera Extras ini akan menyediakan empat mode pemotretan baru pada perangkat Lumia.

Seperti dilansir GSMArena, keempat mode tersebut adalah Smart Group Shot, Action Shot, Self-timer dan Panorama. Mode pertama me-mungkinkan pengguna merekam banyak gambar dari sekumpulan orang (burst) yang kemudian

secara otomatis akan memilih yang terbaik ber-dasarkan ekspresi wajah.

Sementara mode kedua memungkinkan peng-guna merekam objek yang bergerak cepat dengan lebih baik.

Untuk saat ini baru pengguna di Cina dan Amerika Serikat yang bisa memperoleh update ini. Sementara negara lain akan memperolehnya di bulan Juli mendatang. Aplikasi bisa diunduh langsung di Windows Phone Marketplace.*

Case Pelindung iPhone Terbaru, Banyak Pilihan Warna dan Model

Wireless headset ini mendu-kung laser-tuned driver untuk menghasilkan suara stereo yang kaya dan meminimalkan distorsi, dan mikrofon noise-canceling yang mengurangi kebisingan.

Headset ini memiliki ikat kepala yang bisa diatur dan soft ear cup yang lembut untuk digunakan nya-

man. Headset ini dapat dilipat dan kita dapat memposisikan mikrofon di tempat mereka inginkan.

Headset ini dapat diputar seh-ingga tersembunyi di ikat kepala, ketika kita mendengarkan musik atau menonton film. Baterai isi ulang tahan hingga 6 jam peng-gunaan. *kup

iPad tanpa Kabel dengan Logitech Wireless Headset

BLUETOOTH headset Sony Ericsson HBH-PV700 memiliki fitur canggih, memungkinkan pengguna untuk menjawab/menolak panggilan dengan kontrol suara, memanggil dengan menggunakan suara sampai 50 kontak.

Seperti dikutip dari ligaponsel, produk ini memungkinkan peng-guna untuk mengubah profil ponsel juga. Sony Ericsson HBH-PV700 dapat dipakai selama 5 jam waktu bicara dan 150 jam untuk bersiaga, terdapat hook untuk telinga yang dapat disesuaikan sehingga membuatnya ideal untuk peng-gunaan sehari-hari.

Dengan perangkat bluetooth kelas 2 standar membuat blu-etooth headset ini memiliki jangkauan hingga 10 meter dari ponsel Anda. *

Bluetooth Headset Sony Ericsson HBH-PV700

Spesifikasi:

Ukuran : 74 mm/2.91 masuk Berat : 23 grams/0.81 oz. Range : Sampai 10 meter dari telepon Anda Warna : Putih hijau, Hitam putih Waktu Bicara : Hingga 5 jam Waktu siaga : Hingga 150 jam Profil : Bluetooth ™ Headset atau Handsfree.

Page 24: Gadget-Star 6 - 12 Juli 2012

Games24 6 - 12 Juli 2012

Penerbit : PT Bali Post

SETELAH beberapa waktu lalu Angry Birds Heikki mengalami penundaan, Rovio akhirnya melun-curkan salah satu versi terbaru dari game “Angry Birds” yaitu Angry Birds Heikki. Seperti dikutip dari ligaponsel, game ini didedikasikan untuk pembalap Finlandia.

Heikki Kovalainen yang telah menjalin sponsorship dengan Rovio. Kovalainen juga terlihat telah menawarkan merchandise limited edition di website miliknya berupa helm balap bertema Angry Birds, seperti yang memang per-nah ditampilkan sebelumnya.

Pada game Angry Birds Heiki, akan ditawarkan power up khusus yang diberi nama Heikki Power.

GAME yang cukup fenomenal dan pasti dikenal oleh sebagian besar gamers, Final Fantasy versi original kini dikabarkan telah tersedia untuk Windows Phone.

SMARTPHONE dan tablet saat ini memang sudah bisa memainkan game-game yang tadinya hanya hadir secara eksklusif di PC atau konsol game tertentu. Tampilan dari

Angry Birds Heikki Sudah bisa DimainkanHeikki Power sendiri dapat

digunakan untuk membantu me-maksimalkan skor pemain. Namun, untuk mendapatkan Heikki Power para pemain diharuskan untuk mengunjungi akun Facebook Kovalainen dan akan mendapat-kan sebuah kode untuk membuka Heikki Power.

Game Angry Birds dengan tema Formula 1 ini, dapat dimainkan di heikki.angrybirds.com. Untuk dapat memainkannya Anda harus register terlebih dahulu. Dan level-level yang berjumlah total 12, akan terbuka sesuai dengan jadwal yang dituliskan. Untuk saat ini hanya satu level saja yang dapat dimainkan. *

NYKO PlayPad dan PlayPad Pro, Gamepad untuk AndroidNYKO PlayPad dan PlayPad Pro, Gamepad untuk Android

dihubungkan ke smartphone atau tablet melalui koneksi bluetooth. Nvidia sendiri sudah memastikan bahwa kontroler game ini akan kompatibel dengan game-game yang dirilis di TegraZone.

NYKO PlayPad akan datang den-

gan ukuran kontrol NES yang terhi-tung cukup kecil, sementara NYKO PlayPad Pro hadir dengan desain ala konsol XBOX 360 dan PS3 yang jauh lebih besar. Sayangnya belum ada informasi mengenai harga dan tanggal rilis dari keduanya. *

game di smartphone atau tablet pun tidak kalah baiknya.

Tampilan game di konsol game konvensional. Tapi masalah yang hadir adalah kekurangnyamanan

memainkan sebuah game pada kedua perangkat tersebut.

Diakui ataupun tidak, memainkan game di perangkat layar sentuh memang kurang

nyaman. Karena alasan itulah, NYKO merilis dua kontroler

gamepad khusus untuk ponsel atau tablet Android. kontroler gamepad hasil kerja sama NYKO dengan Nvidia tersebut dinamai PlayPad dan PlayPad Pro.

Seperti dikutip dari berita teknologi, kedua gamepad kontroler besutan NYKO ini bisa

Game Final Fantasy Kini Tersedia di Windows Phone Marketplace

kang cerita yang sangat seru.Untuk Anda yang belum tahu,

Game Final Fantasy bercerita tentang seorang pahlawan yang berjuang untuk mengembalikan sebuah kristal yang diambil sekel-ompok penjahat. Game ini memi-liki fitur tampilan pertempuran dari samping, pilihan karakter dan ken-daraan untuk menjelajahi dunia.

Final Fantasy Windows Phone Edition bisa dimainkan di ponsel-ponsel yang menggunakan Windows Phone Mango atau pun Windows Phone terbaru seperti Lumia 900. Edisi Final Fantasy untuk Windows Phone berisi bonus yang ditambahkan dari edisi sebelumnya dari permainan. Jika Anda tertarik untuk mengun-duhnya, Anda bisa mendapatkan game ini seharga 6,99 dolar di Windows Phone Marketplace. *

Seperti yang dikutip dari berita teknologi, game yang pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1987 ini memiliki grafis yang baik dan latar bela-

Kupas Tuntas Samsung Galaxy S3

Nokia Keluarkan Aplikasi Kamera Ekstra Khusus untuk Seri Lumia

Komputer dan Internet:Spam dari Cina Siap Mengintai

Market:Samsung Berharap bisa Jual 10 Juta Galaxy S3

Tips dan Trik:Cegah BlackBerry Sedot Pulsa

Aksesori:Casing iPhone Mampu Menahan Peluru Kaliber 50

Aplikasi:Perluas Pasar Bisnis dengan Aplikasi Smartphone

Mingguan / 5 / Th 1 / 6 - 12 Juli 2012 / Harga Eceran Rp 5.000/Eks. Harga Langganan Rp 20.000/Bulan

www.gadget-star.com / email: [email protected]

Info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini

Samsung Galaxy One, Tablet dengan Fitur Proyektor

LG Optimus Me P350Smartphone Android dengan Layar LCD Touchscreen 2.8”

net

net