gadget star. bali post. 15 - 21 maret 2013

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 06-Mar-2016

254 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

Penerbit : PT Bali Post

Page 2: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

PASCA-perilisan laporan dari F-Secure yang menyatakan bahwa 79 persen virus yang menyerang smartphone dan tablet ada di Android, bos marketing Apple, Phil Schiller langsung menggunakan laporan tersebut untuk menyindir Android.

Seperti dilansir Theverge, Schiller sendiri memang terkenal sangat frontal untuk urusan menyindir Android. Ketika Instagram memutus-kan untuk merilis aplikasi mereka untuk platform Android, Schiller langsung menanggapinya dengan delete akun Instagram miliknya sambil mengatakan bahwa Instagram telah terjun ke mulut para hiu.

Kini, Schiller kembali melakukan hobinya untuk menyindir Android. Schiller mengucapkan “Hati-hati di luar sana!” via akun Twitter-nya, dengan menambahkan link untuk laporan dari F-Secure perihal besarnya ancaman malware di platform Android.

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

15 - 21 Maret 2013

SEBUAH perusahaan antivirus untuk internet, F-Secure dalam studi terbarunya menemukan fakta bahwa Android OS merupa-kan platform favorit sasaran para hacker untuk menyebarkan virus buatan mereka.

Seperti dilansir BGR.com, dalam temuannya, F-Secure mencatat bahwa 79 persen virus yang menyerang berbagai perang-

Android Jadi Incaran ”Hacker” Sebarkan Virus

CEO RIM (kini BlackBerry), Thorsten Heins, dalam acara BlackBerry Jam mengatakan pada para jurnalis bahwa tujuan platform BlackBerry 10 adalah menjadi platform nomor tiga di dunia. Seperti dilansir Neowin, kata-kata Heins ini tergolong berekspektasi rendah jika dibanding CEO Nokia, Stephen Elop.

Dalam sebuah wawancara video dengan Bloomberg di Mobile World Congress, reporter Caroline Hyde bertanya pada Elop apakah Windows Phone punya peluang menjadi sistem operasi mobile terbesar di dunia, Elop merespons, Windows Phone bisa jadi sistem operasi terbesar di dunia.

Namun, Elop menambahkan bahwa mereka memiliki banyak peker-jaan dengan Microsoft untuk membuat hal tersebut jadi kenyataan. Ketika ditanyakan tanggal spesifik target Elop saat WP mengalahkan Android dan iOS menjadi nomor satu dunia, Elop mengatakan mereka punya target internal namun menolak memberikan detail lebih jauh.

Di dunia untuk saat ini pangsa pasar platform mobile sangat didomi-nasi Android dan Apple iOS dan hanya menyisakan sedikit ruang bagi WP, BlackBerry dan lain-lain. Meski bukannya tidak mungkin, pastinya akan perlu waktu yang sangat lama bagi WP atau BlackBerry untuk bisa menikmati posisi nomor satu di dunia.*

kat mobile di tahun 2012 ada di Android. Sebuah lonjakan yang cukup banyak dari jumlah 66,7 persen di tahun 2011 dan 11,25 persen di tahun 2010. Berlawanan dengan Android, platform iOS dari Apple relatif tak tersentuh para hacker selama beberapa tahun ini.

Di samping itu, F-Secure juga mencatat bahwa Android mendap-atkan lonjakan serangan malware

dalam jumlah besar pada akhir tahun, di mana 94 persen perang-kat Android terancam virus pada kuartal ke-4 tahun 2012. Mayoritas malware tersebut muncul di pasar-pasar negara berkembang. Para pengguna Android di Eropa dan AS terbilang cukup aman dari seran-gan ini, namun diingatkan untuk waspada terhadap SMS, link, dan juga email yang mencurigakan.*

Jangan Harap Ada BlackBerry Seharga Rp 500 RibuanBLACKBERRY Z10 telah dirilis sebagai high-

end smartphone yang mengusung BlackBerry OS 10. Dalam keterangannya, pihak BlackBerry pernah mengatakan bahwa tahun 2013 ini, tidak akan ada BlackBerry versi murah atau setidaknya tidak ada BlackBerry 10 handset yang dijual jauh di bawah harga Z10 seperti BlackBerry versi terdahulu.

Seperti dilansir Bloomberg, BlackBerry tetap memiliki rencana untuk memproduksi BlackBerry 10 handset versi lebih murah di masa men-datang. Paling tidak, setelah tahun 2013 berakhir Anda bisa memperoleh BlackBerry 10 smartphone yang lebih murah dari BlackBerry Z10. Tapi, seberapa murah Anda bisa membelinya?

CEO BlackBerry, Thorsten Heins, dalam sebuah konfe-rensi di Waterloo, Kanada, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan merilis BlackBerry versi sangat murah. ”Memaha-mi posisi tempat Anda bermain dan menolak berada di posisi yang tidak sesuai tujuan Anda dan tidak akan berpengaruh pada nilai pemegang saham.

Anda tidak akan melihat BlackBerry masuk di pasar ponsel 50-60 dolar AS,” katanya.

Jelaslah bahwa di bawah kepemimpinan Heins, BlackBerry tidak ingin merambah pasar ponsel murah. Kelas BlackBerry, menurut Heins, akan ada di level menengah dan atas. Tentu

saja hal ini berbeda dengan kebijakan bisnis Samsung yang seakan menguasai semua level pasar smart-phone. Bahkan, Samsung berani merilis ponsel Android dengan harga Rp 1 jutaan seperti Galaxy Pocket.

Dari penjelasan Heins, juga bisa dibaca arah kebi-jakan bisnis BlackBerry, yaitu memberikan laba sebesar-besarnya untuk para peme-gang saham. Hal itu tentu saja hanya bisa diperoleh jika BlackBerry rilis produk high-end yang dijual dengan harga tinggi. Kebijakan bis-nis seperti itu akan mengin-gatkan Anda pada iPhone meski hanya terdiri dari 1 model tetapi mampu mem-berikan laba besar sehingga Apple menjadi perusahaan IT terkaya di dunia. *

Windows Phone bisa Jadi Platform ”Mobile” Terbaik Dunia

Bos Marketing Apple Sindir Banyaknya Virus di Android

Namun, perlu diingat bahwa selama pengguna Android menggunakan perangkat miliknya secara normal, dalam artian men-download aplikasi-aplikasi hanya via Google Play Store (atau Amazon App Store), maka hampir bisa dipastikan bahwa perangkat Android milik mereka besar kemungkinan aman dari serangan malware. Memang kadang ada 1 atau 2 aplikasi berbahaya yang muncul di Play Store, namun Google pasti segera mencoretnya selama aplikasi tersebut berada dalam platform mereka. Google sendiri telah berulang kali menekankan bahwa laporan tentang ancaman virus telah seringkali dibesar-besarkan, dan menuduh bahwa para perusahaan antivirus meng-gunakan kesempatan tersebut untuk mempengaruhi para pengguna untuk membeli produk antivirus mereka.

Apalagi selama Anda hanya menggunakan ap-likasi-aplikasi umum seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan juga game-game terkenal yang banyak dirilis gratis di Android, maka Anda tak perlu terlalu mengkhawat-irkan adanya virus dalam perangkat Anda (selama Anda men-download ap-likasi-aplikasi tersebut via Google Play Store tentunya).*

Page 3: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

ACER menunjukkan keseriusannya terjun ke pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan produk terbarunya Liquid C1, dan akan menyusul model-model dalam tiap kuartal pada tahun ini.

“Ponsel tersebut cukup spesial karena memiliki prosesor Intel Atom di dalamnya,” kata Presiden Director Acer Indonesia, Jason Lim yang mengklaim Liquid C1 sebagai smartphone pertama di Indonesia yang berbasis Intel.

Dengan dirilisnya Liquid C1, berarti Acer menambah varian produknya menjadi empat. Lim bahkan berkomitmen akan merilis minimal tiga model smartphone baru lagi di tahun ini.

“Every quarter (setiap kuartal) ada model baru, rilis selanjutnya sekitar Mei atau Juni,” katanya.

Lim menambahkan, pasar yang diincar Acer adalah seluruh tingkatan kelas. Harapannya seluruh permintaan pasar dari kelas bawah sampai atas, bisa diakomodir oleh perusahaan yang lebih dikenal sebagai produsen komputer itu.

Pertama kali, Acer Indonesia memperkenalkan smartphone-nya pada tahun lalu. Ketika itu langsung tiga produk diluncurkan yaitu Liquid Z110, Liquid Gallant E350, dan Cloud Mobile S500 yang semuanya memakai sistem operasi Android. *ant

SEBUAH laporan terbaru yang di-posting Sean McMillan menampilkan lock screen Samsung Galaxy S III yang meng-gunakan Android 4.1.2 dapat di-bypass tanpa memasukkan kode keamanan. Metode yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan tombol emergency call yang ada di tampilan lock screen.

Seperti dilansir dari Android Authority, keamanan lock screen bisa dilewati dan kemudian menampilkan halaman home screen secara cepat dan kembali lagi ke lock screen. Celah singkat tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang ada di halaman home.

Lebih lanjut dikatakan, bug ini juga ada di Galaxy Note yang menggunakan Android 4.1.2. Menggunakan metode yang mirip, pengguna bisa mem-bypass lockscreen di perangkat tersebut. *

KEPALA Sony Mobile, Kuni-masa Suzuki, cukup ambisius dalam peperangan smartphone.

Operator Bersaing Tawarkan Paket BlackBerry Z10 SEJUMLAH operator selular di Indonesia sal-ing berkompetisi menawarkan paket-paket penjualan perangkat BlackBerry Z10 yang akan hadir di pasaran mulai 15 Maret. “Kami menyiapkan pre-order (BlackBerry Z10) sebanyak tiga ribu unit untuk seluruh Indonesia hingga 14 Maret,” kata Division Head Professional & Premium Segment Indosat, Hesti Diyahanita, di Jakarta, belum lama ini. Paket penjualan BlackBerry Z10 Indosat men-gandalkan volume data yang mencapai 8 GB dengan kecepatan 7,2 Mbps serta telepon 1.800 menit setiap bulan. Operator Axis Telekom menawarkan paket pen-jualan BB Z10 seharga Rp 6,4 juta dengan kecepatan akses data hingga 7,2 Mbps mulai 6 - 12 Maret. “Kami menyediakan seribu unit BB Z10, tapi itu untuk

tahap awal saja. (Jumlah) itu mudah (terjual),” kata Chief Marketing Officer Axis, Daniel Horan. Horan mengatakan, pelanggan layanan Axis BlackBer-ry tercatat 550 ribu pengguna hingga awal 2013. Sementara, Telkomsel menyiapkan lima ribu unit pre-order paket BB Z10 untuk pelanggannya pada penawaran perdana mulai 5-12 Maret. Telkomsel me-nyebut pengguna BlackBerry melalui layanannya tidak perlu lagi berlangganan BlackBerry Internet Service (BIS), tapi cukup dengan langganan paket data. “Saat ini pelanggan BlackBerry Telkomsel mencapai 5,8 juta pelanggan,” sebut Telkomsel. Terakhir, operator XL Axi-ata telah menyiapkan 15 ribu unit BB Z10 sejak Selasa (5/3). XL membanderol perangkat terbaru BlackBerry itu dalam paket pra-bayar dengan kuota 1,5 GB dan pasca-bayar dengan kuota 6 GB per bulan. *ant

Acer Serius Garap Pasar Ponsel Pintar

ACER mKEPALA Sony Mobile, Kuni-

S ki k bi i

AcercerPasa

Sony Berambisi Jadi Pembuat ”Smartphone” No. 3 di Dunia

Meski kini raksasa elektronik Jepang itu bahkan tidak ada di 10 besar vendor smartphone, namun

ia mengatakan bahwa Sony ingin menebas pabrikan Cina, Huawei, dan menjadi vendor smartphone terbesar nomor tiga setelah Samsung dan Apple dalam hal pengapalan.

Seperti dilansir PhoneArena, sebuah pernyataan yang be-rani, mengingat Huawei berkutat pada ponsel murah di negaranya sendiri, yang merupakan pasar smartphone terbesar di dunia. Apalagi Sony sudah mengumum-kan bahwa mereka berfokus pada ponsel kelas atas, apakah mer-eka akan membatalkan strategi tersebut?

Selain itu, taktik Sony melibat-kan ponsel terjangkau untuk pasar negara berkembang mungkin ada hubungannya dengan peng-gunaan Firefox OS oleh vendor Jepang itu. Saat ini Sony memiliki peluang besar, dengan Xperia Z, super smartphone di mana pada akhirnya Sony memiliki senjata kelas berat untuk melawan domi-nasi Samsung dan Apple.*

Sebuah ”Bug” di Galaxy S III bisa Lewati ”Lock Screen” tanpa Kode Keamanan

lock eng-ss

n l

ty, an

me kesakasi

an

sss

Page 4: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

APPLE dan Intel dikabarkan tengah membicarakan kerja sama dalam hal memproduksi chip yang akan digunakan pada perangkat mobile terbaru milik Apple. Dari spekulasi yang beredar, langkah Apple menggandeng Intel itu lan-taran hubungannya dengan Sam-sung sedang kurang baik. Seperti yang diketahui, Samsung selama ini memproduksi CPU Apple A6 dan A6X yang digunakan perang-kat iPhone 5 dan iPad 4.

SEBUAH gambar iklan Nokia Lumia 620 di Portugal telah menunjukkan berita menarik bagi para pengguna Windows Phone.

Seperti dilansir Reuters, pem-bicaraan antara Apple dan Intel sebenarnya sudah dibahas sejak tahun lalu, namun keduanya be-lum mencapai kata sepakat untuk memproduksi prosesor Apple ter-baru. Prosesor tersebut diprediksi memakai nama A7 dan kemungki-nan bakal diumumkan bersamaan dengan iPad 5. Sementara itu, juru bicara Intel belum menolak mengomentari rumor ini ketika dimintai keterangan. *

Panasonic akan Rilis Tablet 20 Inci Beresolusi 4K?

PANASONIC mengenalkan sebuah tablet yang terbilang unik dalam ajang CES 2013. Seperti dilansir Neowin, perusahaan tersebut memamerkan tablet dengan OS Windows 8 Pro yang punya ukuran jumbo. Bukan hanya layarnya yang jumbo, tapi juga resolusinya. Layarnya berukuran 20 inci dan memiliki resolusi Ultra HD 4K 3840 x 2560 dengan 230 ppi. Ketika itu, Panasonic tidak memberitahu tanggal per-ilisan tablet super jumbo itu.

Berdasarkan laporan Japan Times dari sumber tak disebutkan namanya, tablet tersebut akan dikapalkan tahun ini, tepatnya di perten-gahan tahun. Tablet yang namanya saja belum

diketahui ini akan dijual sebagai produk bisnis, cukup masuk akal. Harganya belum dibocorkan.

Januari lalu Panasonic menyatakan bahwa tablet ini akan memiliki stylus yang punya fungsi menarik, namun sejauh ini belum diumumkan seperti apa fitur menarik tersebut. Pastinya, tab-let ini berhasil membuat kagum Stefen Sinofsky, mantan kepala Divisi Windows Microsoft.

Dari info yang dihimpun saat CES lalu, tablet Panasonic tersebut memiliki spesifikasi berupa Intel i5 347U vPro 1,8 GHz, grafis Nvidia GeForce, memori 4 GB, SSD 128 GB, 10 titik multi-touch, perekaman video 720p di kamera belakang, dan sebuah slot microSD. *

”Update” Android 4.2 untuk Galaxy S III Diedarkan Setelah Rilis Galaxy S IV?

MENDENGAR kabar bahwa update Android 4.2 telah mendarat di Asus Transformer Pad (TF300T), maka lumrah jika para pengguna perangkat Android segera bertanya-tanya kapan update Android 4.2 hadir di perang-kat mereka.

Seperti dilansir Androiauthority, namun yang menjengkelkan, Galaxy S III yang saat ini mendapat gelar sebagai perangkat Android terlaris selama tahun 2012 tampaknya juga masih belum mendapatkan update tersebut.

Selain sibuk mempersiapkan pengumuman Galaxy S IV, Samsung saat ini juga masih sedang sibuk merilis gelombang terakhir dari update Android 4.1.2 untuk Galaxy S III di sejumlah negara. Jika peredaran update ini berjalan lancar dan seluruh Galaxy S III di seluruh dunia telah mendapat-kan update Android 4.1.2, maka Samsung baru akan beranjak untuk merilis update Android 4.2.

Rumor yang beredar saat ini mengatakan bahwa Samsung kemungki-nan siap merilis update Android 4.2 untuk Galaxy S III setelah peluncuran Galaxy S IV. Mengingat bahwa acara peluncuran tersebut hanya tinggal 10 hari lagi, maka paket Android 4.2 mungkin siap hadir mulai akhir bulan ini. Lalu mengapa Samsung mesti menunggu selama itu untuk merilis update

Android 4.2?Seperti halnya beberapa update firmware

sebelumnya di mana Samsung menghadirkan sejumlah fitur dari perangkat flagship terbaru mereka (Galaxy Note II) untuk perangkat flaghsip lainnya (Galaxy S III dan Galaxy Note 10.1), Samsung bisa saja menggunakan kesempatan tersebut untuk menghadirkan

sejumlah fitur baru dari Galaxy S IV seperti Samsung Orb ke dalam

update Android 4.2 bukan?Namun, hal ini masih bersifat

prediksi saja, dan keputusan jelas ada di tangan Samsung untuk menyertakannya dalam update Android 4.2. Kita nantikan kepas-tiannya setelah pengumuman

Galaxy S IV. *

Instagram Muncul di Iklan Nokia Lumia 620* Versi WP akan segera Meluncur?

Seperti dilansir PhoneArena, di iklan tersebut, ada sebuah logo yang sangat populer di kalangan pecinta foto mobile. Tentu saja aplikasi edit-ing dan mengunggah foto terpopuler

ini ditunggu-tunggu para pengguna Windows Phone (dan BlackBerry).

Namun masalahnya, jika Anda cari Instagram di Windows Phone Store, Anda akan menemukan beberapa aplikasi pihak ketiga yang menggunakan logo Instagram. Tapi, dulu ketika Instagram belum me-masuki Google PlayStore, ada ber-bagai rumor dan screenshot aplikasi tersebut bahkan muncul di sebuah Samsung Galaxy Tab 10.1. Tentu saja para pengguna WP yang meng-inginkan Instagram boleh berharap, apalagi Instagram disebut-sebut sedang mempersiapkan portingan Instagram versi Android agar bisa digunakan di BlackBerry 10. *

Layar Display untuk NTT DoCoMo Lebih Bagus Daripada Xperia Z Versi Internasional?

LAYAR display full HD dalam Xperia Z meru-pakan salah satu fitur yang dijadikan sebagai selling point oleh Sony. Seperti dilansir xperi-ablog.net, berbagai macam artikel review telah kerap kali membandingkan layar display 5 inci dengan Bravia Engine tersebut melawan layar display dari produk lain, dan hasilnya senan-tiasa mengunggulkan layar display dari Sony.

Kini beredar kabar bahwa Sony tampaknya memberikan perlakuan istimewa untuk Xperia Z yang beredar di Jepang via NTT DoCoMo

di mana layar display untuk varian tersebut (SO-02E) lebih unggul daripada Xperia Z versi internasional/Eropa (C6603).

Untuk mengkonfirmasinya, mobiltelefon.ru langsung membandingkan kedua versi tersebut secara berdampingan. Dari dokumentasi yang dihasilkan, perbedaan antara keduanya memang tidak mencolok, namun versi DoCoMo tampaknya memang memiliki kualitas warna hitam yang lebih tajam serta sudut pandang penglihatan yang lebih baik. *

Lepas Samsung, Chip Apple akan Diproduksi Intel?

15 - 21 Maret 2013

P i k Rili T bl t

Page 5: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

Page 6: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

Asus Memo Pad - ME172V

Tablet Turunan Nexus 7MEMO Pad merupakan tablet Jelly

Bean yang murah dari Asus. Bisa dibilang tablet ini merupakan kelas bawahnya Nexus 7, karena di luar spesifikasi yang dipangkas, kedua tablet ini mengusung desain yang serupa.

Apakah Anda ingin membeli tablet murah yang cukup untuk mengakomo-dasi kebutuhan dasar saja? Sekarang ini banyak memang tablet branding dari Tirai Bambu yang dijual ke pasaran dengan harga miring, namun bagaimana dengan masalah kualitasnya?

Asus merupakan pabrikan Taiwan yang namanya sudah harum di dunia perkomputeran kini merilis sebuah tablet terjangkau di bawah dua juta untuk memenuhi pasar tersebut. Asus Memo Pad merupakan tablet 7 inci turunan dari Nexus 7 yang sama-sama dibuat Asus. Dibanderol dengan harga hanya Rp 1,5 jutaan, bagaimana dengan performa yang dimiliki?

Desain dan BodiSeperti dikutip dari teknoup, karena

tablet turunan maka tidak heran desain yang diusung Memo Pad ini mirip sep-erti desain Nexus 7 ukurannya pun bisa dibilang sama. Asus MemoPad memiliki dimensi 196,2 x 119,2 x 11,2 mm dengan bobot 358 gram membuat tablet ini cukup portabel untuk di bawa saat bepergian. Untuk penggengaman satu tangan juga masih dapat dilakukan dengan baik. Karena dibanderol dengan harga murah maka tidak heran semua bagian di tablet ini terbuat dari plastik.

Bagian muka terisi dengan kamera dan layar sentuh berukuran 7 inci, sedan-gkan bagian belakang hanya terdapat sebuah speaker saja. Untuk bagian bela-kang ini, cover memiliki tekstur diamond dan bahan yang doff yang membuatnya tidak licin dan tidak mudah tergores.

Sisi kiri tablet hanya diisi lubang mic, untuk sisi kanan terdapat tombol lock/power dan tombol volume. Untuk bagian atas terdapat port headset 3,5 mm, sedangkan bagian bawah terdapat slot kartu memori microSD dan port mi-croUSB.

Berbeda dengan Nexus 7, layar di Asus Memo Pad berjenis LCD biasa den-gan backlit LED beresolusi 1.024 x 600 piksel berukuran 7 inci dengan kerapatan ~169ppi. Kualitas dari layar ini kurang baik, karena meski warna dan ketajaman cukup, namun sudut pandangnya sempit. Bisa dibilang kualitasnya setingkat den-gan tablet branding murah lain. Terlebih lapisan layar yang memantul sehingga kurang nyaman untuk penggunaan luar ruangan.

AntarmukaSalah satu kelebihan dari tablet ini

selain harganya yang murah adalah su-dah digunakannya Android terbaru Jelly Bean 4.1 out of the box. Asus juga sedikit memberikan modifikasi ke antarmuka, salah satunya dengan floating apps yang menambah nilai fungsional tablet. Untuk lockscreen memang tidak jauh berbeda dengan ICS masih bersistem slider lingkaran, namun di Jelly Bean disajikan tambahan pilihan selain membuka layar dan kamera, yaitu jalan pintas ke aplikasi Google Now.

Homescreen tersedia lima halaman dengan jumlah statis yang dapat diper-sonalisasi dengan wallpaper dan widget-widget favorit. Bar bawah terisi dengan empat buah tombol yaitu back, home, recent apps, dan tombol untuk memun-culkan floating apps (browser, calculator,

video player, dan lainnya).Di Jelly Bean jendela noti-

fikasi untuk tablet menjadi sama dengan smartphone yaitu berada di atas dengan melakukan swipe ke bawah untuk memunculkannya. Jendela notifikasi ini diisi dengan berbagai jalan pintas seperti power management, auto rotate, Wi-Fi, si-lent, dan auto sync. Tidak ketinggalan juga jalan pintas ke menu setting dan brightness.

Masuk ke drawer aplikasi, tampilan di sini terlihat sama dengan tampilan stok di mana terbagi dalam dua tab (aplikasi dan widget). Ikon-ikon aplikasi tersusun dalam formasi 6 x 5 ditemani dengan latar belakang hitam solid dan seperti biasa ikon Google Play di bagian kanan atas.

Performa antarmuka terasa tidak begitu cepat, terkadang masih menemukan lag-lag di pergeseran antarmenu dan jeda respons saat melakukan suatu aksi. Bisa dimaklumi karena tablet ini meski memiliki RAM 1 GB, namun hanya ditenagai dengan prosesor single-core saja.

Dalam kondisi default, input teks disedia-kan dua pilihan yaitu Android keyboard dan Asus keyboard yang lebih memiliki banyak fitur. Layar 7 inci terasa cukup untuk dapat melakukan pengetikan dengan nyaman, namun akan terasa lebih nyaman jika meng-gunakan kedua tangan.

Contact dan MessagingContact yang disini bernama People

berisi kumpulan informasi contact yang Anda miliki. Namun, karena tablet ini tidak memiliki fungsi telepon ataupun SMS maka menu ini hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan saja. Begitu juga dengan bidang perpesanan, di mana tidak terdapat menu SMS di tablet ini, jadi untuk perpesan-an hanya tersedia Gmail untuk perpesanan surat digital dan Talk untuk perpesanan instan. Semuanya tampil standar saja tidak terjadi modifikasi.

Kamera dan Perekaman VideoSeperti yang sudah diketahui, tablet Asus

Memo Pad hanya memiliki kamera depan beresolusi 1 MP (1280 x 720 piksel) yang ditujukan untuk penggunaan video chat. Oleh karena itu, hanya sedikit menu peng-aturan hanya terdapat pilihan store location dan picture size saja. Kualitas dari kamera depan ini cukup baik, terutama digunakan di dalam ruangan, hasil terlihat cukup detail dan cerah. Untuk luar ruangan terlihat over-brightness dan blur.

Kamera ini dapat melakukan pereka-man video dengan kualitas HD 720p. Untuk antarmuka juga tercatat hanya terdapat store location dan time lapse. Hasil pereka-man akan disimpan dalam format MP4.

MultimediaSelain aplikasi Gallery untuk menampil-

kan koleksi foto dan video, Asus Memo Pad juga diberikan aplikasi serupa buatan sendiri bernama Asus Studio. Sama seperti di Gallery, kumpulan foto dan video yang ada disorting berdasarkan folder. Ada juga menu untuk editing yang cukup banyak fitur.

Untuk memutar koleksi musik, terdapat aplikasi Play Music dari Google yang memi-liki tampilan antarmuka familiar. Player yang satu ini sudah terbukti memiliki performa baik, terlebih terdapat menu pengaturan keluaran suara (equalizer) bawaan yang tersedia dalam pilihan preset dan manual. Untuk menambahkan performa dari speaker tablet, Asus juga memberikan aplikasi Audio Wizard yang dapat menyesuaikan peng-gunaan agar keluaran suara terdengar lebih maksimal. Asus mengatakan menggunakan

teknologi Sonic Master untuk speaker, hasil keluaran suara memang bagus, namun tidak begitu kencang saat diposisi volume maksimal.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk memutar video dapat dilakukan melalui aplikasi Gallery dan Asus Studio karena tidak terdapat aplikasi pemutar video terdedikasi di sini. Tidak banyak ragam format video yang dapat diputar, tercatat hanya MP4 hingga resolusi 1080p, M4V, MKV (tidak lancar dan tanpa subtitle) saja. Pemutar video juga minim pengaturan hanya menemukan tombol share dan play/pause. Dengan floating apps Anda dapat memutar video sambil melaku-kan aktivitas lain di tablet (seperti fitur pop up play milik Samsung), namun jika Anda membuka video lain menggunakan player lain maka video yang sedang diputar akan otomatis berhenti.

BrowserAntarmuka browser stok di Jelly Bean

tidak jauh berbeda dengan yang ada di Ice Cream Sandwich. Masih sama browser ini dapat melakukan multitab hingga 16 tab sekaligus, dan memutar konten flash seperti

video dari YouTube di halaman web, meski performanya standar saja karena masih ditemukan lag-lag saat pergeseran halaman.

BateraiAsus mengklaim tablet ini dapat

bertahan hingga 7 jam pemakaian, dan benar adanya jika dipakai terus menerus secara nonstop, tablet ini memang dapat bertahan hingga setengah hari. Namun, jika penggunaan normal tentu dapat ber-tahan hingga seharian atau mungkin dua hari, mengingat tidak ada konektivitas se-lular di tablet ini. Secara teknis Memo Pad dibekali baterai berjenis Lithium Polymer dengan kapasitas 4.270 mAh, terbilang standar untuk tablet serupa lain.

KesimpulanSebagai tablet dengan harga Rp 1,5

jutaan dari vendor ternama, Asus Memo Pad memiliki pesona sendiri bagi orang yang menginginkan tablet terjangkau dengan kualitas terjamin. Meski jika dari segi spesifikasi, mayoritas tablet branding lain berada di atasnya. Performa tablet ini

rr -laaann

ilailastikusanananas

k an lag-lagan lag lag respons t k l i S i M t t k k id d i Y T b di h l b

an nn

aann di tokkasisunnn lalatar n latarsa ikonik

begitugn lag lag

Spesifikasi Utama:

terbilang wajar dengan harga yang ditawarkan. Terka-dang memang terjadi lag dan lambatnya respons dari tablet, namun Asus memberi kelebihan di antarmuka yang salah satunya dapat melaku-kan multi-windows dengan floating apps untuk beber-apa aplikasi yang didukung layaknya fitur yang dimiliki perangkat kelas atas multi-prosesor. Memang Anda tidak bisa mengharapkan game 3D dapat berjalan mulus di sini, namun untuk urusan dasar sebuah tablet, Asus Memo Pad layak menjadi pilihan. *

LCD LED-backlit 7-inci 1024 x 600 piksel (~169 ppi)

Memori internal 8 GB (5.53 GB available)

MicroSD hingga 32 GB

RAM 1 GB

Kamera depan 1 MP

Android JellyBean 4.1

Prosesor single-core VIA WM8950 1 GHz; GPU Mali-400

Baterai Lithium Polymer 4270 mAh

Page 7: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

TEPAT seperti yang dilaporkan sebelumnya, setelah gagal dengan webOS, pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 ini, HP mengungkapkan tablet baru Android.

Seperti dikutip dari Gopego, HP berupaya kembali ke pasar tablet dengan model Android yang dijuluki Slate 7. Tablet 7 inci ini akan menjalankan Android 4.1 Jelly Bean dan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, hanya 169 dolar AS.

HP mengatakan, jika Slate 7 akan tersedia pada bulan April, meski halaman produk pada situs perusahaan menyatakan Mei sebagai tanggal rilis. Tablet dengan berat 13 ons ini akan diperkuat prosesor 1.6 GHz ARM Cortez A9 dual-core, resolusi layar 1.024 x 600 dan internal storage 8GB, termasuk microSD card slot.

Selain casing abu-abu, tablet HP baru ini juga menawarkan pilihan warna merah. Ada pun spesifikasi lainnya termasuk kamera depan dan belakang serta micro-USB port. Slate 7 juga akan menjadi tablet pertama yang dilengkapi teknologi built-in Beats Audio. HP juga mempromosikan teknologi ePrint yang memudahkan untuk mencetak secara wireless dari sebagian besar aplikasi di Slate 7.

HP berharap dapat memulai tahun ini dengan lebih baik melalui lineup tablet barunya. *

Hadir dengan Lebih dari Sekadar Tahan Air

Tablet Android Fujitsu Stylistic M702

APAKAH Anda sedang mencari high-end tablet Android? Selain Sony Xperia Tablet Z Anda juga bisa mem-pertimbangkan Fujitsu Stylistic M702, yang merupakan high-end tablet Android terbaru dari Fujitsu.

Seperti dilansir Engadget, tidak berbeda dengan Sony Xperia Tablet Z, tablet Android Fujitsu Stylistic M702 ini juga menawarkan fitur lebih dari sekadar tahan air dengan standar IPX5, 7, dan 8, yang berarti mampu bertahan di dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit.

Selain itu, M702 dengan berat hanya 590 gram ini tentunya didukung spesi-fikasi high-end tablet Android yang Anda harapkan. M702 menggunakan layar IPS 10,1 inci dengan resolusi 1.920 x 1.200, prosesor quad-core 1,7 GHz Tegra 3, RAM 2 GB, memori internal 32 GB dan microSD slot, NFC,

segera mendapatkan upgrade Jelly Bean.

Fujitsu Stylistic M702 sekarang ini sudah tersedia di Eropa, Afrika, India, dan Timur Tengah seharga 1.300 dolar AS. Belum ada informasi apakah Fujitsu Stylistic M702 juga akan diluncurkan ke pangsa pasar Asia.*

Tablet Windows 8 dengan Layar 10 Inci

Slate 7, Tablet Android Murah

T bl Wi d 8 dT bl Wi d 8 d

Dell Latitude 10

BAGI Anda yang suka dengan desain ZTE Grand S tapi meng-inginkan harga yang lebih murah, ZTE ternyata punya “kembaran” sang jagoan tersebut.

Seperti dilansir Unwired View, dinamakan ZTE V987, smart-phone ini punya spesifikasi yang tidak kalah gahar seperti Grand S.

Berbeda dengan Grand S yang menggunakan CPU Snapdrag-on S4 Krait quad-core, ZTE V987 menggunakan CPU MediaTek quad-core.

Detailnya, ZTE V987 dibenamkan prosesor MediaTek MT6589 quad-core 1,2 GHz, layar 5 inci HD, kamera belakang 8 MP dengan LED, kamera depan 1 MP, RAM 1 GB, memori internal 4 GB, Bluetooth, WiF-i, GPS, dan dibanderol 1.699 yuan (sekitar Rp 2,6 jutaan). Smartphone dengan dimensi 141 x 70 x 9,2 mm dan berat 160 gram ini sudah meng-gunakan Android terbaru, versi 4.1 Jelly Bean.

Uniknya, meski ZTE V987 dibanderol lebih murah dibanding Grand S, smart-phone tersebut punya baterai berdaya 2.500 mAh. Kapasitas tersebut lebih besar dibanding Grand S dengan baterai 1.780 mAh. Selain itu, ZTE V987 merupakan ponsel dengan fitur dual-SIM, yakni CDMA dan GSM. *

ZTE V987, Sang Kembaran Grand S yang Lebih Terjangkau

artrttprtprtprttrtprtrtrtprtrtrtrtrtrtrtrr hone dengan dimensi 141 x 70 x 9,22 mm dan

d1

7

g

n

Bluetooth 4.0, MHL, kamera be-lakang 8 MP dan kamera depan 1,2 MP, dan didukung konektivi-tas LTE.

Spesifikasi yang lain, Fujitsu Stylistic M702 menggunakan baterai 10.000 mAh, yang diklaim memilik battery life hingga 15 jam. Sayangnya, M702 berjalan pada Android 4.0 saat rilisnya tapi

DELL Latitude 10 meru-pakan tablet Windows 8 yang diumumkan pada pertengahan September tahun lalu.

Seperti dilansir wired.com, tablet ini memiliki desain kokoh dan tangguh dengan ukuran 274 x 176,6 x 10,5 mm dan berat 658 gram. Dell Latitude 10 menawarkan layar LCD berukuran 10,1 inci dengan resolusi 1366 x 768p dan kepadatan pixel 155ppi. Salah satu keunggulan tablet Dell Latitude 10 adalah memiliki layar yang terang dan

tajam dibanding keban-yakan tablet Windows 8 lainnya.

Tablet Dell Latitude 10 menggunakan prosesor 1,8 GHz Atom, RAM 2 GB, SSD 64 GB, yang mer-upakan kon-figurasi standar untuk tablet Windows 8 saat ini. Tablet andalan Dell ini memiliki kinerja setara den-gan tablet berbasis Atom lainya seperti Lenovo ThinkPad Tablet 2 dan Acer Iconia W510. Hanya saja, Dell Latitude 10 memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibanding Lenovo ThinkPad Tablet 2 dan Acer Iconia W510.

Didukung USB ukuran penuh, SD card reader dan mini-HDMI port, Dell Latitude 10 juga dileng-kapi port micro-USB yang diguna-

kan untuk mengisi ulang baterai. Ada pula port docking tambahan dengan USB 2.0, Eth-ernet dan jack HDMI. Selain itu Dell Latitude 10 juga masih didukung Wacom Active Stylus. Jika menurut Anda semua itu masih kurang, Dell masih menawar-kan peningkatan sistem keamanan TPM, smart card reader dan hardware untuk penguncian.

Secara keseluruhan Dell Latitude 10 cukup bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi pada Windows 8. Dan yang tidak kalah penting, Dell Latitude 10 juga menawarkan battery life lebih dari 6,5 jam. Nah, jika berminat dengan Dell Latitude 10, Anda dapatkan dengan harga mulai 650 dolar AS dan untuk konfigurasi seharga 935 dolar AS.*

Page 8: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

REVIEW 15 - 21 Maret 2013

FIREFOX OS merupakan ekosistem mobile yang sepenuh-nya terbuka berbasiskan HTML 5. Firefox OS dibangun pada proyek Boot to Gecko. Firefox OS akan lebih ditujukan untuk smartphone entry level yang disertai dengan harga sangat terjangkau. Smart-phone ini bisa dijadikan alternatif untuk sistem operasi lain yang sudah beredar di pasaran.

ZTE mobile adalah sebuah vendor ponsel smartphone terke-

Mito A300, Ponsel Dual Core dengan Harga TerjangkauPRODUSEN ponsel Mito meluncurkan

ponsel pintar berprosesor dual core 1 GHz, Mito A300, dengan harga hanya Rp 699 ribu, jauh lebih murah dari ponsel lain di pasaran yang berprosesor sejenis yang biasanya dijual Rp 1 jutaan.

Ponsel pintar ini menawarkan kinerja, hiburan, media sosial dengan harga yang terjangkau.

Seperti diungkapkan Direktur Utama Mito Mobile Hansen Lie. Ponsel Android itu menggunakan layar sentuh 4.0 inci dengan tampilan tajam dan bentuk ukuran yang

sangat nyaman di genggaman tangan. Kekuatan RAM-nya hanya 512 MB dan kamera sebesar dua mega piksel.

Dengan prosesor ini, pengguna tidak perlu khawatir dengan gambar video yang patah-patah dan browsing internet yang lama.

Mito menyematkan fitur panorama shoot untuk mengabadikan pemandangan landscape. Cara penggunaannya pun mudah, pengguna tinggal menggarah-kan kamera ke sebuah pemandangan dan ponsel akan mengambil gambar dan

menggabungkan gambar-gambar itu untuk membentuk sebuah foto panorama.

Mito juga melihat banyak pengguna yang menonton televisi melalui ponsel, sehingga Mito menyematkan fitur hiburan seperti TV Analog dan FM Radio.

Untuk menikmati acara televisi, penggu-na cukup menjalankan aplikasi televisi dan menarik keluar antena yang ada di bagian kanan atas ponsel. Mito juga melengkap-inya dengan aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, Google Maps dan lainnya. *ant

SAMSUNG Electronics meluncurkan Galaxy Camera (Wi-Fi), kamera yang mengkombinasikan fitur performa fotografi dengan sistem operasi Android 4.1 dan konektivitas dual-band Wi-Fi.

Dengan konektivitas dual-band Wi-Fi dan Android Jelly Bean membuat memotret, mengedit, dan berbagi foto dari perangkat tunggal menjadi makin mudah dari sebelumnya.

Dengan tanpa koneksi 3G/4G, Galaxy Camera (Wi-Fi) mungkin sesuai untuk pengguna yang tidak membutuhkan koneksi internet terus menerus.

Teknologi Wi-Fi dual-band di dalamnya memungkinkan peng-guna Galaxy Camera (Wi-Fi) dengan mudah berbagi foto dengan teman dan keluarga melalui email, jejaring sosial, atau layanan komunikasi mobile seperti Samsung ChatOn.

Menurut Samsung, pengguna Galaxy Camera (Wi-Fi) juga bisa meng-customize perangkatnya dan memilih aplikasi Android yang jumlahnya lebih dari 700 ribu serta mengunduhnya melalui Google Play.

Perangkat yang dilengkapi layar sentuh HD Super Clear 4,8 inci (121,2 mm) itu juga dilengkapi aplikasi Photo Wizard dan Video Editor untuk mengedit video layaknya editor profesional.

Galaxy Camera (Wi-Fi) memiliki image sensor 16,3 MP, dengan kemampuan lensa 21 kali optical zoom, 23 mm wide angle, dan ditunjang kemampuan kinerja prosesor 1.4 GHz quad-core.

Kapasitas penyimpanan internal 8 GB ditambah slot micro SDSC, micro SDHC, dan micro SDXC.

Galaxy Camera (Wi-Fi) mempunyai dimensi 128,7 x 70,8 x 19,1 mm dengan bobot hanya 300 gram, dan output gambar berformat JPEG berbagai ukuran, sementara output videonya berkualitas HDMI 1.4.

Menawarkan akses ke berbagai layanan mobile Google serta fitur-fitur seperti Share Shot, Auto Upload, Remote Viewfinder, Smart Content Manager, Paper Artist, Photo Wizard, Video Editor, Voice Control, Slow Motion Video, S Planner, S Suggest, AllShare Play, dan Dropbox.

Samsung tidak menjelaskan mengenai waktu ketersediaan perangkat itu di berbagai negara serta harganya. *ant

Samsung Galaxy Camera Wi-Fi

Kombinasi Fotografi dengan Android 4.1

Dimensions: 114 mm × 62 mm × 12,5mm Battery capacity : 1.200 mAH Screen Size : 3,5 inch Display: 3,5 inch, HVGA, TFT, One Point touch + Gesture Captive (Two point option)

System Information: Network: UMTS OS: Mozilla Firefox CPU: Single-core Chipset: MSM7225A

Advanced Features: Wi-Fi 802.11b/g/n Bluetooth 2.1 Sensors Accelerometer, Ambient Light Others GPS, with AGPS.

Memiliki layar 3,5 inci HVGA, prosesor 1 GHz, RAM 512 MB dan kamera 3,2 MP dengan dukungan Bluetooth, A-GPS dan Wi-Fi. Perlu diketahui bahwa OS Firefox di smartphone ini tidak memiliki aplikasi selain HTML5.

ZTE Open, ”Smartphone” Pertama dengan OS Firefox

muka di dunia dengan memanfaatkan Mobile World Congress 2013 inilah akhirnya ZTE meluncurkan smart-phone berbasis OS Firefox yang bernama ZTE Open kepada seluruh pengunjung di ajang tersebut.

ZTE Open ini merupakan perangkat pertama dengan OS Firefox di dunia. Soal spesifikasinya, ZTE Open diperkirakan akan berjalan dengan chipset (SoC) Qualcomm Snap-dragon Cortex A5.

Untuk kecepatannya, ke-mungkinan 600-800 MHz den-gan dukungan GPU Adreno 200 dan RAM 256 MB. Memori internalnya 512 MB. Spesifikasi ini adalah data yang diberikan pihak pabrikan dari ZTE sendiri.

Komang BudiartaSTIKOM Bali

Spesifikasi:

Page 9: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

LG Nexus 4 dan Nokia Lumia 920 dua smartphone flagship terbaru yang telah hadir di Indonesia. Dari kedua smartphone ini mana yang akan Anda pilih?

Seperti dikutip dari mobile88, LG Nexus 4 dan Nokia Lumia 920 keduanya hadir dengan menggunakan sistem operasi yang berbeda. LG Nexus 4 menggunakan Android 4.2 Jelly Bean terbaru, sementara Nokia Lumia 920 menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 terbaru.

Untuk kinerja, LG Nexus 4 ditenagai dengan prosesor quad core 1.5 GHz Krait, GPU Adreno 320, dan RAM sebesar 2 GB. Sementara Nokia Lumia 920 ditenagai dengan prosesor dual core 1.5 GHz Krait, GPU Adreno 225, dan RAM sebesar 1 GB.LG Nexus 4 menggunakan layar sentuh True HD IPS Plus berukuran 4.7 inci dengan resolusi sebesar 768 x 1280

LG Nexusu 4 dan Nokia Lumiam 929 0 duaaa smartphonnne fle flflagshiphih

LG Nexus 4 vs Nokia Lumia 920piksel (318ppi) dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 2. Sementara Nokia Lumia 920 menggunakan layar sentuh IPS LCD berukuran 4.5 inci dengan resolusi sebesar 768 x 1280 piksel (332ppi), dan menggunakan teknologi PureMotion HD+ ClearBlack dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 2.

Nokia Lumia 920 memiliki kapasitas memori internal dua kali leboh besar dibandingkan dengan LG Nexus 4 (32 GB vs 16 GB). Sayangnya, kedua smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal.

LG Nexus 4 dan Nokia Lumia 920 keduanya dilengkapi dengan kamera autofocus 8 megapiksel plus LED flash. Keduanya memiliki kemampuan untuk merekam video full HD 1080p@30fps. Namun, untuk kualitas gambar yang dihasilkan, sepertinya kamera Nokia Lumia 920 lebih menjanjikan karena smartphone ini dilengkapi dengan teknologi PureView. Kedua smartphone ini dilengkapi juga dengan kamera depan 1.3 megapiksel.

Untuk fitur-fitur konektivitas kedua smartphone ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti 3G HSDPA/HSUPA, Wi-Fi a/b/g/n dual band dengan Wi-Fi hotspot, Bluetooth, NFC, dan GPS.

Untuk daya, LG Nexus 4 dilengkapi dengan baterai berkapa-sitas 2100 mAh, sedangkan Nokia Lumia 920 dilengkapi den-gan baterai berkapasitas 2000 mAh. Anda bisa memilih kedua smartphone ini berdasarkan sistem operasi yang digunakan. Atau bisa juga memilih berdasarkan banderol harganya. LG Nexus 4 dibanderol dengan harga sekitar Rp 5,4 jutaan, sedan-gkan Nokia Lumia 920 dibanderol dengan harga Rp 6,3 jutaan.

LG Nexus 4

LG Nexus 4 merupakan hasil kolaborasi antara Google dan LG. LG Nexus 4 hadir dengan layar sentuh True HD IPS+ beru-kuran 4.7 inci dengan resolusi sebesar 1280 x 768 piksel, dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 2. LG Nexus 4 ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro quad core 1.5 Ghz dan dilengkapi dengan RAM sebesar 2 GB.

LG Nexus 4 dilengkapi dengan kemampuan wireless charging, dan dilengkapi dengan spesifikasi lainnya seperti kamera utama 8 megapiksel, kamera depan 1.3 megapik-sel, HSPA+, NFC, dan baterai berkapasitas 2100 mAh.

LG Nexus 4 menggunakan OS Android 4.2 Jelly Bean terbaru, dan tersedia dalam dua versi 8 GB dan 16 GB.

Nokia Lumia 920

Nokia Lumia 920 merupakan seri pertama Lumia

yang hadir dengan teknologi PureView. Nokia Lumia 920 menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 terbaru dari Microsoft. Lumia 920 memiliki layar sentuh berukuran 4.5 inci 720p dengan teknologi PureMotionHD+. Nokia Lumia 920 ditenagai dengan prosesor dual core Snapdragon S4 1.5 GHz , GPU Adreno 225, dan RAM 1 GB.

Nokia Lumia 920 memiliki kapasitas memori internal sebesar 32 GB dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2000 mAh.

Nokia Lumia 920 dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel yang dilengkapi dengan teknologi PureView, Carl Zeiss Optics, dan teknologi baru bernama floating lens. Smartphone ini dilengkapi juga dengan kamera depan 1 megapiksel. *

Tes Kamera: BlaaacckkkBBBeeerrrrryyy ZZZ11000 vvss iiiiPPhhoonnnee 5555 vvs Galaxyy SS IIIIIII vvss NNeeeexxuusss 44 vvvvss LLuuummmmiiaa 920

APA jadinya jika high-end smarpthone yang menjadi andalan masing-masing produsen besar diadu dalam hal kualitas kamera? Seperti dikutip dari Gopego, tentunya akan sangat menarik untuk diketahui para kon-sumen ponsel mana yang memiliki kamera dengan kualitas gambar terbaik. Lalu, menurut Anda siapakah yang memiliki kualitas kamera terbaik antara BlackBerry Z10 vs iPhone 5 vs Samsung Galaxy S III vs Nexus 4 vs Nokia Lumia 920?

Sebelumnya Anda mungkin sudah pernah melihat hasil tes kamera dari beberapa smarphone yang disebutkan di atas, tapi tidak untuk Nokia Lumia yang sekarang telah mendapatkan update Portico WP8. Update Portico WP8 untuk Nokia Lumia telah membawa kualitas kamera yang benar-benar berbeda dari sebelumnya, tidak hanya perbaikan OS tapi juga peningkatan software yang mampu menghasilkan gambar lebih lembut dan berkualitas.

BlackBerry Z10 adalah pendatang baru dalam tes kamera kali ini. Meski tergolong baru tapi BlackBerry Z10 memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibanding Nexus 4. Sementara itu, Samsung Galaxy S III dan iPhone 5 memiliki kualitas gambar yang seimbang, karena sebagian gambar diambil dalam keadaan rendah cahaya dan hal ini justru lebih menguntungkan Nokia Lumia 920.

Nah, Anda bisa menilai sendiri manakah kamera dengan kualitas gam-bar terbaik antara BlackBerry Z10 vs iPhone 5 vs Samsung Galaxy S III vs Nexus 4 vs Nokia Lumia 920. *

smasmasmarrtrtphsmartprtprtphmegegapipipikkk

UUUntuuudendendengangaga bananand dd dde

UntUntUntuuusissitas 212121gangaga bababatesmasmamartprtprtphhAtaAtaAtau bu bu isisisNNNexus usus 444gkagkakan NNNo

LG G G G NLG.GG LGGG kurkurkuraaan 4.44.dildildi apipipisi ddendede gangaga1.5.5.5 GhGhGh

LGGGchahh rgkamamselselsel,

tertete

Page 10: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

PENJUALAN smartphone (telepon pintar) diperkirakan akan terus meningkat dan pada 2013 akan mencapai sekitar 918 juta unit di seluruh dunia. Hal ini didorong kenaikan penjualan di negara berkembang besar seperti Cina, Brazil dan India.

Perusahaan riset IDC menga-takan, tahun 2013 akan menjadi SETELAH sempat menjadi perusahaan paling bernilai di dunia

pada bulan September 2012 lalu dengan harga saham di atas 700 dolar, Apple saat ini sedang dalam tekanan di pasar saham. Harga saham Apple terus merosot dan diperdagangkan pada harga sekitar 430 dolar per saham saja, atau turun hampir 40 persen.

Kemerosotan harga saham dan nilai Apple ini menurut Busi-ness Insider diakibatkan beberapa hal. Alasan pertama adalah pendapatan Apple saat ini tidak lagi tumbuh. Alasan kedua adalah karena adanya kabar bahwa Apple mulai menurunkan jumlah order dari produk terpentingnya yaitu iPhone dari Foxconn, dari

sekitar 35-40 juta unit menjadi hanya 25-30 juta unit.Alasan lainnya adalah Apple belum mengeluarkan produk

baru sejak menggelontorkan beberapa produk di paruh kedua tahun 2012 dengan iPhone 5 maupun iPad mini.

Sementara itu Samsung sebagai pesaing terdekatnya sudah berancang-ancang merilis Galaxy S IV. Pasar smartphone juga bergeser ke wilayah menengah ke bawah, terutama berkat Android. Profit per produk Apple juga sudah mulai turun dan diperkirakan akan terus turun

sampai beberapa tahun mendatang. Apple sekarang mulai merambah ke produk yang lebih terjangkau, sesuatu yang tidak terjadi 5 tahun yang lalu.

Sementara itu produk Apple yang revolusioner juga belum keluar, seperti iWatch maupun Apple TV. Kedua produk tersebut sempat digadang-gadang akan mengembalikan momentum Apple yang pernah muncul berkat kemunculan iPhone dan iPad. Dan alasan tera-

khir adalah karena era Steve Jobs sudah berakhir dan sebagai visioner, sosok Steve Jobs dinilai belum bisa dicari penggantinya hingga saat ini.

Meski terus turun, saham Apple dinilai masih menarik. Apalagi Apple memiliki cadangan uang kas sebesar 137 miliar dolar yang bisa digunakan untuk mengembangkan sesuatu yang revolu-sioner. Apple ke depan dapat saja menjadi perusahaan dengan performa stabil seperti Microsoft, akan tetapi bisa saja akan makin terpuruk seperti halnya Nokia saat ini. *

Penjualan ”Smartphone” 2013 Diprediksi Lampaui 900 Juta

tahun pertama telepon pintar atau smartphone menjual ponsel berfitur lebih mendasar di pasar ponsel, yang akan mencapai 50,1 persen dari semua ponsel.

“Harga telepon pintar telah turun secara global, kepemilikan telepon pintar lebih luas dari sebelumnya, dan peluncuran jaringan nirkabel data sentris generasi keempat ada-

lah tiga faktor yang membuat perangkat ini makin menarik bagi pengguna,” kata IDC.

Perusahaan riset itu menga-takan pada akhir 2017, 1,5 mil-iar telepon pintar akan dikirim di seluruh dunia, atau lebih dua per tiga dari pasar telepon selular keseluruhan.

IDC mengatakan, kelas menengah yang tumbuh di Cina, Brazil, dan India menjadi pendorong kenaikan penjualan telepon pintar.

Cina yang menggantikan Amerika Serikat tahun lalu sebagai pemimpin global dalam pengiriman telepon pintar, diperkirakan akan menjual 301 juta unit tahun ini, atau 32,8 persen dari pasar global, di depan Amerika Serikat dengan penjualan 137 juta unit.

India diperkirakan akan menjadi pasar telepon pintar nomor tiga hingga 2017, dan Brazil akan menjadi yang ke-empat. *ant

Harga Saham Apple terus Terpuruk

Huawei Berambisi Ungguli Samsung dan Apple

SEBAGAI salah satu pemain di pasar perangkat mobile, Huawei belum begitu dikenal. Namanya masih kalah dari Apple, Samsung, Nokia, maupun Sony. Seperti dilansir Slashgear, kondisi ini ternyata ingin diubah Huawei sebagaimana diungkapkan Wan Biao, CEO dari Huawei dalam sebuah diskusi dengan The Telegraph baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut, Biao mengatakan ambisinya untuk membawa Huawei menjadi pemimpin di pasar mobile. Dirinya beralasan bahwa Apple dan Samsung lima tahun yang lalu tidaklah sebesar seka-rang sehingga bisa jadi dalam 5 tahun ke depan segala sesuatunya bisa terjadi. Bisa jadi Huawei akan berada di tiga besar, atau bahkan menjadi nomor satu.

Biao juga mengatakan bahwa saat ini 10 persen pendapatan perusahaan telah digunakan langsung untuk penelitian dan pengembangan handset buatan-nya. Salah satu buktinya adalah kemunculan Huawei Ascend P2 di MWC 2013 lalu dengan kemampuan 4G yang mampu mencapai 150 Mbps.

Huawei juga mengatakan bahwa pihaknya memiliki satu keunggulan jika dibandingkan Apple dan Sam-sung. Huawei bisa bermain di sisi jaringan dan sisi handset, ditambah juga sisi perakitan. Huawei dikata-kan memiliki 10.000 insinyur hanya untuk bekerja di teknologi radio.

Huawei berharap bisa meraup pasar di seluruh

dunia dengan merilis ponsel kelas menengah ke bawah yang bervariasi. Huawei juga akan merilis handset kelas atas yang bisa bersa-ing dengan iPhone generasi terbaru. Selain itu Huawei juga percaya bahwa marketing yang bagus akan membangun image Huawei di seluruh dunia, termasuk untuk menghilan-gkan kesan Huawei yang membuat perangkat keras untuk memata-matai peng-gunanya.

Selain Android, Huawei juga berencana untuk membuat perangkat berbasis Windows Phone 8. Huawei memiliki 45.000 insinyur yang bekerja di bagian ponsel untuk menjadikan produknya lebih kompetitif dan berkualitas tinggi. Huawei berusaha membuat diferensiasi dengan mengembangkan sisi network yang memungkinkan smartphone hanya memakai daya rendah namun memiliki kualitas video dan suara yang jernih. *

karena adorder dari

sekitar 3Ala

baru kedu

Sessbju

sammeratidak

juKmb

ponsel kelas yang

gakelas

s agenia, hilan-

k

BLACKBERRY optimis perangkat barunya yang berlayar sentuh, BB Z10, akan sukses

meski jumlah ponsel pintar Android makin banyak di pasar Indonesia.

Manag-ing Director BlackBerry Singapore untuk Asia

Selatan, Hastings Singh, usai pelun-

curan BlackBerry Z10 di Jakarta, mengatakan keyakinan produsen ponsel asal Kanada itu dilatar-

belakangi dukungan aplikasi dan pengembang dari Indonesia.

“(BlackBerry) Z10 memang produk premium dibanding merek lain seperti (Samsung) Galaxy,” kata Singh.

Namun, BlackBerry akan menawarkan penjualan dengan sistem kredit untuk ponsel pintar seharga Rp 6,999 juta itu.

Singh juga mengatakan BlackBerry akan menghadirkan ponsel pintar seri Q10 dengan panel ketik qwerty pada 2013, tanpa menyebut lebih pasti waktu

peluncurannya.BlackBerry menghadirkan Z10

lebih dahulu, kata Singh, untuk mengikuti perkembangan ponsel-ponsel berlayar sentuh di Indone-sia, seperti Android, iPhone, dan Windows Phone.

Senior Country Product Man-ager PT RIM Indonesia, Ardo Fadhola, mengatakan akan ada empat model BlackBerry lagi yang akan diluncurkan di pasar global sepanjang 2013.

“Kami belum tahu model mana yang akan masuk ke pasar Indo-

nesia yang sesuai dengan pasar di sini,” kata Ardo.

Ardo menambahkan, Black-Berry telah bekerja sama dengan lima operator di Indonesia untuk menyediakan layanannya yaitu Telkomsel, Hutchison (Tri), Indos-at, XL Axiata, dan Axis Telekom.

Pada September 2012, pe-rusahaan riset IDC melaporkan ponsel Android telah mengambil alih posisi BlackBerry sebagai ponsel paling populer di Indo-nesia dengan pangsa pasar 52 persen. *ant

Page 11: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

Page 12: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

Page 13: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

Page 14: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

Page 15: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

”Cloning Harddisk” Menggunakan Norton Ghost

PROSES cloning antar-harddisk dilakukan pada saat kita dihadapkan pada situasi harus meng-install komputer dengan jumlah yang banyak. Ini berarti keuntungan proses cloning ini adalah menghemat waktu, atau menyingkat pekerjaan saat meng-install komputer atau laptop dengan jumlah banyak. Syarat melakukan proses cloning adalah spesifikasi hardware terutama motherboard dan harddisk harus sama jenis atau mereknya. Cloning pada harddisk secara umum ada dua jenis, yaitu:

- Harddisk to harddisk.- Partition to partition.

Disk- Disk to disk untuk meng-cloning semua isi yang ada di dalam 1 harddisk ke 1 harddisk yang baru.- Disk to image untuk meng-cloning semua isi yang ada di dalam harddisk menjadi sebuah image dengan extensi *.gho

Partition- Partition to partition untuk meng-cloning semua isi yang ada di dalam 1 partition ke 1 partition yang lain atau partisi baru.- Partition to image untuk meng-cloning semua isi yang ada di dalam partisi menjadi sebuah image dengan extensi *.ghoBerikut ini langkah-langkah cloning hardisk:

1. Pasanglah harddisk baru ke komputer yang sudah ter-install sistem operasi Windows XP dan software Ghosnya.2. Nyalakan komputer dan jalankan software Ghosnya.3. Pilih local, pilih disk maka akan muncul 2 pilihan: disk

to disk, disk to image. Pilih disk to disk.

4. Pilih harddisk source (harddisk asal yang mau akan kita lakukan cloning), lalu tekan OK.

5. Pilih tempat tujuan dari cloning, ke harddisk yang ke-2 (dua), lalu tekan OK.

6. Akan muncul pilihan tempat tujuan secara detail, pilih terserah Anda, lalu tekan OK.

7. Akan muncul pemberitahuan langsung saja tekan Yes.

8. Akan muncul proses loading, tunggu beberapa saat (tergantung dari jumlah kapasitas harddisk asal kita, makin besar maka proses loading juga cukup lama)

9. Setelah proses loading selesai maka akan muncul pemberitahuan, cloning complete, tekan reset computer untuk me-restart computer.

10. Pada saat proses ada 3 pilihan dalan menu hiren boot CD, pilih boot from hard drive.

11. Loading Windows XP di hiren boot CD.

12. Tekan Start, pilih My Computer, tekan dua kali.

13. Akan muncul 4 partisi untuk partisi harddisk pertama (local disk C dan E), partisi harddisk kedua (D dan F), untuk mengetahuinya tekan dua kali local disk C, setelah itu local disk D.

14. Akan muncul isi dari local disk C. Setelah itu mengecek besar isi dari local disk C, klik kanan Properties.

Page 16: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

15. Akan muncul isi dari local disk D. Setelah itu mengecek besar isi dari local disk C, klik kanan Properties. Hasil dari cloning berhasil dan file dari disk to disk sudah sama serta kapasitasnya pun sama. *

”Install” Bahasa Tambahan di BlackBerry

BLACKBERRY handset memiliki stok banyak bahasa yang bisa Anda install, baik untuk keperluan komunikasi dengan kawan di negara luar atau untuk sarana belajar bahasa asing. Untuk itu, Anda perlu install bahasa yang Anda perlukan, bisa dilakukan melalui BlackBerry Desktop Software di komputer Anda.

Seperti dilansir helpblob.blackberry.com/gopego, dengan komputer yang telah ter-install software desktop tersebut, Anda bisa download dan install software bundle yang berisi bermacam bahasa yang Anda inginkan. Namun, perlu dicatat ketika software bundle telah ter-install, bahasa yang bisa Anda pakai akan tergan-tung dari dukungan operator.

Cara install dan konfigurasi tambahan bahasa di BlackBerry.1. Dari situs BlackBerry Desktop Software, download BlackBerry Device Software untuk BlackBerry smartphone yang di dalamnya terdapat language pack yang Anda inginkan. Sebagai contoh, BlackBerry Device Software v5.0.0.1014 terdiri dari semua bahasa, termasuk bahasa untuk kawasan Asia Tenggara.2. Buka BlackBerry Desktop Manager.3. Pilih application loader tool.4. Buka Add/Remove Programs. BlackBerry Desktop Manager akan mengkonfirmasi jika versi yang Anda install hanya berlaku bagi opsel tertentu tempat Anda membeli BlackBerry smartphone (versi locked)5. Dari screen Device Application Select, lanjutkan ke East Asian Language and Input Support.6. Pilih bahasa yang ingin Anda install.7. Klik Next. Instalasi dimulai.

Setelah BlackBerry Device Software ter-install di BlackBerry smartphone Anda, lakukan langkah berikut:

1. Buka Options.2. Di bawah Input Language, pilih bahasa yang baru Anda install.3. Simpan perubahan yang baru Anda buat.4. Buatlah sebuah pesan email untuk mencoba bahasa baru yang telah Anda install. *

Menghapus Music App Tracks

KONTEN apa saja yang memenuhi storage iPhone Anda? Jika iPhone telah penuh dengan album musik yang Anda download dari iTunes Match, barangkali sekaranglah saatnya Anda menghapus beberapa lagu lama sehingga iPhone Anda akan terasa ”lega” dan muat untuk download aplikasi baru. Bagaimana cara melakukannya?

Seperti dilansir macworld/gopego, untuk bisa menghapus musik di iPhone yang menjalankan iOS 6.x sementara musik tersebut merupakan konten yang Anda download dari iTunes Match, maka Anda perlu memahami interaksi antara Music app dan iTunes Match terlebih dahulu.

Jika Anda mengaktifkan iTunes Match di iOS device (Settings > Music > iTunes Match On), Anda tidak akan bisa delete manual semua lagu-lagu yang tersimpan di iPhone.

Meski Anda tidak bisa delete manual track tersebut dengan iTunes Match dalam kondisi aktif, tetapi Music app bisa delete otomatis semua tracks sehingga Anda bisa mengosongkan storage untuk keperluan lain. Sebagai contoh, saat download sebuah aplikasi baru maka Music app secara otomatis akan menghapus music track terlawas atau yang jarang Anda putar.

Selain itu Anda tetap bisa mengontrol secara manual konten lagu apa saja yang bisa dihapus. Untuk bisa melaku-kannya Anda perlu membuka Settings > Music > iTunes Match OFF. Setelahnya kembalilah ke music app dan tunggu hingga konten iTunes Match menghi-lang.

Selanjutnya pilihlah sebuah view tempat Anda bisa melihat daftar music track. Swipe ke kanan ke arah track yang ingin Anda hapus. Akan muncul sebuah tombol delete berwarna merah, tap pada tombol itu maka track yang Anda pilih akan terhapus.

Selain menghapus konten musik satu per satu, Anda juga bisa menghapusnya secara bersama. Untuk itu pilihlah Playlist, Artists atau Albums yang ingin Anda hapus. Se-lanjutnya tap & hold item tadi. Akan muncul tanda X di sisi pojok kiri atas dari item yang ingin Anda hapus. Tap pada X maka item dan semua isinya akan terhapus.

Di masa mendatang, barangkali Apple akan memberikan update yang memudah-kan Anda menghapus music track tetapi untuk saat ini, silakan coba cara di atas. *

Page 17: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

APLIKASI15 - 21 Maret 2013

Di ponsel Galaxy, SmartStay merupa-kan fitur unik yang menggunakan kamera depan untuk mendeteksi apakah user ten-gah memandang display smartphone. Den-gan cara itu, maka Galaxy devices bisa terus mengaktifkan display dan mematikan display saat user memandang ke arah lain. Itulah cara keren yang diberikan Samsung untuk menghemat baterai.

Nah, dengan aplikasi SmartStay Ex, Anda bisa menghadirkan fitur serupa di perangkat Android non-Galaxy yang Anda miliki saat ini. Silakan ikuti langkah berikut untuk mengaktifkan fitur Smart Stay ala Galaxy.

Download aplikasi gratis SmartStay Ex dari Google Play Store. Seperti halnya fitur SmartStay yang ada di Galaxy series,

SmartStay Ex, Aplikasi Gratis untuk Menjadikan Ponsel Android Secanggih Galaxy S III

aplikasi gratis ini juga membutuhkan kam-era depan untuk bisa beroperasi sehingga pastikan perangkat Android Anda memiliki kamera depan.

Saat pertama kali membuka SmartStay Ex, pastikan Anda mengeset toggle di sisi kanan atas ke posisi On. Dan untuk men-gaktifkan SmartStay Ex secara otomatis setelah reboot, pastikan Anda memilih opsi Start at boot. SmartStay Ex versi gratis akan secara otomatis scan interfal wajah saat menghadap ke kamera depan. Secara default, SmartStay Ex menggunakan dua kali scan wajah sebelum mengaktifkan/me-matikan screen.

Jika perangkat Android yang Anda pakai menjalankan Android 4.0/+, Anda juga bisa menggunakan opsi Continuous Scan.

Mode ini menjadikan fitur Smart Stay terus menerus scanning wajah Anda menggu-nakan fungsi kamera depan. Tetapi perlu dicatat jika Anda mengaktifkan mode ini maka akan berpengaruh pada battery life. Nah, jika cukup puas menggunakan

PONSEL Android apa yang Anda miliki saat ini? Jika masih mendambakan Samsung Galaxy S III atau Galaxy Note II karena fitur-fitur kerennya, sebaiknya Anda coba aplikasi bernama SmartStay Ex. Seperti dilansir cultofandroid.com/gopego, aplikasi SmartStay Ex bisa Anda dapatkan gratis di Google Play Store dan merupakan sebuah aplikasi untuk memberikan salah satu kemampuan Galaxy S III di ponsel Android Anda. Dan kemampuan yang dimaksud adalah SmartStay yang ada di perangkat Galaxy series milik Samsung.

SmartStay Ex versi gratis, Anda bisa melanjutkan ke versi lanjutan yang dijual seharga 3 dolar AS tentunya dengan tam-bahan fitur-fitur yang lebih keren.

*

Gadget Unik Bertenaga AirADA beberapa pilihan

gadget untuk Anda yang menginginkan gadget ra-mah lingkungan. Berikut ini merupakan gadget-gadget unik bertenaga air dan ramah lingkungan.

Bedol Eco-Friendly ClockBedol Eco-Friendly Clock

merupakan jam yang ramah lingkungan, karena menggunakan tenaga air sebagai sumber energi. Pengguna tidak perlu menggunakan listrik atau baterai untuk membuat jam ini menyala. Cukup hanya dengan menam-bahkan air putih dan jus lemon sebagai energi, maka jam ini mampu bertahan selama 8-12 minggu. Bedol Eco-Friendly Clock dirancang bebas polusi karena tidak pernah meminta pasokan listrik sebagai energinya.

Water Powered Cellphone BatteriesProdusen ponsel Korea, Samsung mencip-

takan sebuah ponsel bertenaga air sebagai ponsel yang ramah lingkungan. Sel bahan bakar akan menahan air, dan reaksi antara air dan bagian logam akan menciptakan hidrogen, maka akan menghasilkan energi ketika nanti bereaksi dengan oksigen. Energi yang dihasil-kan cukup untuk mengaktifkan ponsel selama 10 jam. Namun, sel-sel hidrogen harus diganti sekali atau dua kali seminggu.

NoPoPo Liquid Charging BatteriesNoPoPo Liquid Charging Batteries ini

merupakan baterai yang akan menghasilkan energi dengan menggunakan air seni. Air seni ditransfer ke baterai melalui pipet. Di mana campuran magnesium dan karbon di dalam baterai bereaksi dengan air seni yang dapat menghasilkan kekuatan mencapai 500 mAh.

Water Powered CalculatorWater Powered Calculator merupakan kalku-

lator yang menggunakan energi air atau cairan elektrolit bukan baterai. Kalkulator ini mampu hidup dengan mengisikan air ke dalamnya hingga sebulan, dan air bisa diisi ulang ketika air dalam kalkulator habis. *

Sumber: http://arhamvhy.blogspot.com

Budi AdnyanaSTIKOM Bali

an ngra-ut

air .

ockk h unakan energi.

ggunakan embuat jam dengan menam-mon sebagai energi, han selama 8-12 y Clock dirancang pernah meminta rginya.

one BatteriesSamsung mencip-

naga air sebagaigan. Sel bahan an reaksi antara air nciptakan hidrogen,

i k tik ti

Bedol Eco-Friendly Clock

Water Powered Cellphone Batteries

NoPoPo Liquid Charging Batteries

Water Powered Calculator

Page 18: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

BROWSER Chrome untuk perangkat iOS baru saja menda-patkan update terbaru dengan build number 25.0.1364.86. Update Chrome untuk iPhone dan iDevice lain tersebut mem-berikan sejumlah fitur penting dan perbaikan. Seperti dilansir idownloadblog.com, salah satu fitur yang bisa Anda andalkan adalah opsi share web pages via Messages dan perubahan unik di Omnibox atau kolom web address.

Sayangnya, hadirnya update Chrome for iOS tersebut harus dibarengi munculnya sebuah bug. Untuk pengguna jailbroken iDevice, bug di update terbaru Chrome menyebabkan crash sesaat setelah Chrome versi

SETELAH mahir menggunakan swipe ges-tures, hal penting lain yang harus Anda kuasai di BlackBerry 10 adalah Apps Grid dan Active Frames. Seperti halnya Android dan iOS, ho-mescreen di BlackBerry 10 juga terbagi dalam grid berisi sejumlah ikon aplikasi. Selain Grid, BlackBerry 10 juga memiliki fitur baru yang dinamakan Active Frames. Active Frames ada-lah panel yang berfungsi menampilkan aplikasi yang telah Anda buka sehingga Anda bisa kembali ke masing-masing aplikasi dengan cepat.

Seperti dikutip dari Pocket-lint/Gopego, berikut Anda bisa mencatat cara cepat meng-gunakan Apps Grid dan Active Frames di BlackBerry 10:

Berganti Apps PanelJika sebuah aplikasi yang Anda tuju ada di

bagian akhir dari apps panel, maka Anda bisa dengan cepat menuju aplikasi tersebut dengan cara tap pada baris kecil berisi titik-titik yang terletak di bagian bawah screen. Dengan tap pada baris titik-titik itu, maka Anda bisa melon-cat ke panel. Sekarang coba tap dan tahan di baris titik-titik tersebut maka Anda bisa dengan cepat scroll di sepanjang panel tanpa harus swipe berulang kali.

Melihat Aplikasi Apa Saja yang Terbuka

Tekan ikon berbentuk 4 titik berukuran kecil yang ada dalam baris titik-titik di bagian bawah screen, maka Anda akan dibawa ke BlackBer-ry page, sesuai dengan Active Frames page.

Menutup AplikasiDi Active Frame, dengan cara menutup

tanda X yang ada di bagian pojok kanan bawah dari App Frame, maka Anda akan bisa menutup aplikasi yang tengah aktif.

”Scroll Down” untuk Melihat 4 Aplikasi Lain yang Terbuka

Di BlackBerry Z10, Anda bisa melihat 8 frame yang aktif atau aplikasi yang tengah ter-buka. Namun, perlu dicatat bahwa Anda hanya bisa melihat 4 aplikasi terakhir. Coba swipe ke bawah untuk melihat 4 aplikasi sisanya. Jika Anda telah membuka lebih dari 8 aplikasi, aplikasi terakhir akan otomatis ditutup.

Membuka BlackBerry Hub dengan CepatUntuk bisa menuju BlackBerry Hub dengan

cara cepat, tekan ikon yang berisi 3 baris

BROWSER Ch t k

Cara Menghentikan ”Crash” di Chrome Setelah ”Update” Versi Terbaru

Cara Pertama: 1. Delete aplikasi Chrome for iOS. 2. Install ulang Chrome dari App Store. 3. Buka Chrome dan setujui opsi send usage data. Cara Kedua: 1. Jalankan Chrome, lalu lakukan langkah-langkah di bawah ini secepatnya. 2. Tap tombol Menu yang ada di pojok kanan atas (3 baris horizontal) dan pilihlah Settings. 3. Tap pada Privacy tab dan pilihlah opsi untuk Send Usage Data. 4. Ubah opsi tersebut menjadi Always dan tap Done yang ada di pojok kanan atas. Sekali lagi, perlu dicatat bahwa langkah 2-4 harus Anda lakukan dengan cepat. Jangan ragu mengulang jika tidak berhasil di percobaan pertama. Meski perlu dilakukan berkali-kali hingga berhasil tetapi dija-min langkah di atas bisa menghentikan crash di Chrome for iOS. *

baru Anda jalankan. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah sama di iPhone atau iPad,

jangan khawatir karena ada cara untuk menghentikan crash setiap kali Anda membuka Chrome.

Cara ”Sideload” Android Apps di BlackBerry 10 lewat Windows PC

BLACKBERRY memberikan kemudah-an bagi developer Android untuk porting ap-likasi mereka ke BlackBerry 10 tanpa harus membuat aplikasi baru. Seperti konversi file menjadi file lain yang support BlackBerry 10, proses sideloading aplikasi Android ke BlackBerry 10 bisa Anda lakukan lewat komputer Mac atau Windows. Seperti dilan-sir n4bb/gopego, di sini Anda bisa ikuti step demi step cara sideload aplikasi Android ke BlackBerry 10 melalui komputer Windows. Caranya sangat mudah sehingga bagi pengguna pemula pun bisa melakukannya.

1. Download dan install versi Java JRE yang sesuai komputer Windows Anda.

2. Download dan install DDPB.

3. Setelah DDPB ter-install, ikuti

langkah-langkah di bawah ini:1. Di BlackBerry 10 device, buka Settings dengan cara swiping down dari bagian atas Homescreen.

2. Buka Security and Privacy > Develop ment Mode. 3. Pindah Use Development Mode ke posisi

ON. Jika ponsel BlackBerry 10 Anda tidak memiliki password lock, masukkan password baru saat diminta.

4. Kembalilah ke Settings > About lalu pilih kategori Network dari slide-down menu.

5. Catat nomor IPv4, misal: 192.168.1.101.

6. Jalankan DDPB Installer di PC lalu masukkan nomor IPv4 ke bagian PlayBook IP Adress bersama device password yang sebelumnya telah Anda masukkan di BlackBerry 10 device.

7. Klik Connect dan ponsel BlackBerry Anda akan terkoneksi ke DDPB Installer. Jika ada pemberitahuan error, silakan cek ulang IP yang Anda masukkan tadi.

8. Klik pada Add dan pilihlah file Android yang telah terkonversi dan telah Anda download. Cawang pada apps yang ada dalam daftar lalu klik Install.

9. Sebuah window akan muncul dan menunjukkan proses instalasi. Setelah selesai maka aplikasi Android yang Anda inginkan telah ter-install di BB10 device.

10. Sekarang kembalilah ke Security and Privacy > Development Mode dan matikan (OFF) development mode. Ha pus password jika Anda tidak meng inginkannya. Lakukan melalui Security and Privacy > Device Password.

Jika keseluruhan langkah di atas Anda lakukan dengan benar maka aplikasi An-droid yang Anda maksud telah ter-install di perangkat BlackBerry 10 Anda. DDPB akan memberitahukan melalui sebuah notifikasi bahwa aplikasi tersebut telah ter-install. *

2. Download ddan instaltalll DDPB.l

3. Seteteelah Dteter-instalalll

Apps Grid & Active Frames di BlackBerry 10

berukuran kecil, terletak sejajar dengan titik-titik yang ada di bagian bawah screen, di atas ikon search.

Menata Urutan AplikasiAplikasi yang telah Anda download akan

secara otomatis ditambahkan pada bagian terakhir dari daftar app grid. Tetapi jika Anda ingin menempatkan aplikasi favorit di bagian pertama/atas, Anda bisa memindahkannya secara manual. Untuk memindah sebuah ap-likasi Anda harus tap dan tahan sebuah ikon. Setelah terpilih, Anda bisa drag ikon tersebut ke mana pun Anda inginkan.

Menghapus AplikasiTekan dan tahan aplikasi yang ingin Anda

delete sampai ikon terlihat bergetar. Setelah-nya akan bisa Anda lihat sebuah ikon tempat sampah, tap pada ikon tersebut untuk menghapus aplikasi yang Anda maksud.

Membuat Folder BaruSama seperti di iOS, untuk

membuat sebuah folder baru di BlackBerry 10 Anda perlu tekan dan tahan di atas sebuah aplikasi. Selanjutnya silakan drag ke aplikasi lain lalu namai folder baru tersebut sesuai yang Anda inginkan.

Menutup FolderSaat sebuah folder terbuka

di BlackBerry 10, cukup lakukan swipe up dari arah bawah screen ke atas, sehingga Anda bisa menutup folder tersebut. Sangat mudah.

Mengeluarkan Aplikasi dari Dalam Folder

Untuk mengeluarkan aplikasi dalam sebuah folder di BlackBerry 10, Anda cukup drag ikon ke bagian bawah dari folder hingga menyentuh sebuah bar berwarna biru yang muncul secara otoma-tis. Itulah beberapa tips dan trik penggunaan Apps Grid dan Active Frames yang bisa Anda coba di BlackBerry 10. Semoga bermanfaat. *

Page 19: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

dan bisnis ada di iTunes U.

Universitas-universitas

terkemuka yang terlibat menyajikan konten di iTunes U antara lain Duke, Yale, Cambridge, MIT, dan Oxford.

iTunes U telah diakses pengguna parangkat Apple di 155 negara. Selain memuat ribuan materi pem-belajaran individu, sekarang tersedia juga lebih dari 75.000 aplikasi pen-didikan. *ant

15 - 21 Maret 2013

PAMERAN produk komunikasi genggam dunia (Mobile World Congress) di Barcelona akhir Februari lalu mencerminkan tren perangkat-perangkat canggih serta sejumlah tren baru terkait jaringan selular.

“Sebanyak 50 persen dari ponsel yang dikapalkan pada 2013 di seluruh dunia berupa ponsel pintar (smartphone) yang berarti akan makin banyak pelanggan selular,” kata Presiden Direktur PT Ericsson Indonesia, Sam Saba, tentang tren jaringan data MWC Barcelona dalam jumpa pers di Jakarta, belum lama ini.

Sam mengatakan, kinerja jaringan operator dalam menyedia-kan layanan menjadi kunci persaingan karena konsumen makin menuntut layanan data besar.

Tuntutan konsumen itu, antara lain berupa akses konten media video yang tumbuh 40 persen hingga 90 persen dari lalu lintas jaringan mobile pada tiga hingga empat tahun mendatang.

Peningkatan lalu lintas data itu, menurut Sam, didukung pe-manfaatan jaringan long term evolution (LTE) atau 4G di sejumlah negara.

“Tren lain yaitu layanan digital yang makin banyak seperti dari mesin ke mesin. Termasuk juga layanan pembayaran melalui perangkat selular,” kata Sam.

Sam menambahkan, tren jaringan pada akhirnya mengarah pada kompetisi harga layanan operator.

“Operator-operator selular di AS misalnya, telah menggratiskan layanan telepon dan pengiriman pesan singkat jika pelanggan mereka membayar paket data,” kata Sam.

Ericsson ConsumerLab melaporkan 67 persen konsumen selular menggunakan perangkat mobile mereka untuk mencari konten televisi dan 50 persen lebih dari jumlah itu mengakses di luar rumah. *ant

APPLE menyatakan hingga akhir Februari lalu konten-konten iTunes U telah meraup jumlah unduh (down-load) 1 miliar.

“Sekitar 60 persen dari jumlah un-duh layanan konten pendidikan milik Apple itu dikontribusi pengunduh dari luar Amerika Serikat,” kata Apple dalam pernyataannya baru-baru ini.

iTunes U merupakan layanan online berisi katalog besar konten pendidikan gratis dari sekolah-seko-lah dan perpustakaan terkemuka, museum, dan organisasi yang disajikan Apple untuk pengguna perangkat iOS di seluruh dunia.

“Ini menginspirasi untuk melihat apa yang dilakukan semua tipe pen-

SAMSUNG Electronics Indo-nesia memperkenalkan komputer tablet Samsung Galaxy Note 8.0 pertama di dunia dengan mengan-dalkan teknologi terbaru.

Wakil Presiden Mobile Busi-ness Samsung Electronics, An-dreas Rompis mengatakan, tablet teranyar Samsung menggabung-kan berbagai fungsionalitas diary, e-book, buku catatan untuk lebih menunjang aktivitas bisnis pelang-gan.

Samsung juga menyertakan S-Pen untuk menulis, menggambar, dan mengatur gambar. “Dengan tablet ini, pengguna bisa meng-gunakan cara lama yaitu buku dan pulpen,” katanya dalam Samsung Forum, di Jakarta.

Tablet terbaru Samsung meng-gunakan layar WXGA delapan inci yang memanjakan pengguna

Indosat Gandeng HTC Hadirkan Fitur BlinkFeed

keseluruhan dengan membuka image maupun judul (headline) yang terdapat pada BlinkFeed. Dengan BlinkFeed, pengguna dapat mengakses lebih dari 1.400 sumber media, Facebook update, Twitter, dan konten galeri, termasuk live stream-ing pribadi, langsung dari layar utama (homescreen).

Beberapa konten gambar yang terdapat dalam Blink-Feed juga ditampilkan spesifik berdasarkan lokasi dan tang-gal. “Kerja sama Indosat dan HTC merupakan yang pertama di dunia dalam menghadir-kan integrasi fungsi flagship devices HTC dengan layanan yang akan disediakan Indosat,” katanya. *ant

OPERATOR teleko-munikasi Indosat meng-gandeng HTC menghad-irkan fitur BlinkFeed yang memungkinkan pengguna dapat mengakses lebih dari 1.400 sumber media, Fa-cebook update, Twitter, dan konten galeri, termasuk live streaming pribadi, langsung dari layar utama.

Director & CEO Indosat, Alexander Rusli, belum

lama ini mengatakan, pihaknya telah secara

resmi mengumumkan kolaborasi dengan HTC itu bersama Chair-woman HTC Cher Wang dalam ajang Mobile World Congress 2013 yang berlangsung di Barce-lona pada 27 Februari 2013.

“Dengan HTC BlinkFeed, pe-langgan kami makin dimudahkan dalam mengakses informasi terkini secara mudah dan langsung dari layar homescreen smartphone HTC One yang segera hadir di Indonesia,” katanya.

Kerja sama Indosat dan HTC ini merupakan sesuatu yang baru

karena menghadirkan inovasi bundling yang tidak hanya seka-dar bundling harga, tetapi terinte-grasi ke dalam operating system smartphone. Hal ini sekaligus menjadikan Indosat sebagai mitra eksklusif HTC untuk peluncuran smartphone HTC tercanggihnya di Indonesia. HTC BlinkFeed meru-pakan salah satu fitur utama dari HTC One, smartphone terbaru yang mengubah layar homescreen menjadi live stream dinamis yang berisi informasi-informasi relevan bagi pengguna, meliputi berita, imaging, dan social networking.

HTC BlinkFeed menampilkan rangkuman dari artikel dan update terkini yang dapat dilihat secara sekilas dari layar homescreen.

Pengguna dapat melihat artikel

Samsung Kenalkan Tablet Galaxy Note 8.0untuk menonton video, film, dan bermain game.

Untuk kinerja, Samsung mem-benamkan prosesor A9 quad-core 1.6 GHz, sistem operasi An-droid 4.1.2 (Jelly Bean), kamera belakang dengan kekuatan 5 MP untuk memotret dan kamera depan dengan kekuatan 1.3 megapik-sel untuk mengobrol (chatting).

Tab-let itu memiliki

internal storage 16 hingga 32 bit. Pengguna bisa mengundah ribuan aplikasi dari Samsung. Sayang-nya, Samsung masih merahasia-kan waktu peluncuran dan harga tablet itu. “Tunggu saja, yang jelas tahun ini,” katanya. *ant

Konten iTunes U Raup 1 Miliar Unduh

Tren Jaringan ”Mobile” dari MWC Barcelona

didik dan siswa dengan iTunes U,” kata Wakil Presiden Senior Perang-kat Lunak Internet dan Layanan Apple, Eddy Cue.

Menurut Cue, dengan konten luar biasa yang ditawarkan di iTunes U, siswa bisa belajar seperti yang belum pernah mer-eka lakukan sebelumnya. Di iTunes sekarang ada kursus-kursus dengan lebih dari 250.000 siswa terdaftar di dalamnya. Lebih dari 1.200 univer-sitas dan perguruan tinggi, 1.200 sekolah, 2.500 warga masyarakat, dan ribuan kursus privat berbagai di-siplin seperti seni, ilmu pengetahuan, kesehatan dan farmasi, pendidikan,

Page 20: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

PRODUSEN komputer Asus meluncurkan Asus Transformer AiO, sebuah All-in-One PC layar sentuh yang menggabungkan PC Windows 8 dan tablet Android 4.1.

Tablet besar 18,4 inci ini sekaligus berfungsi sebagai layar sen-tuh ketika pengguna memposisikannya sebagai PC di rumah.

Perangkat PC station-nya didukung prosesor Intel Core gen-erasi ketiga, sedangkan tabletnya menggunakan prosesor quad-core NVidia Tegra 3, dan uniknya dua sistem operasinya bisa berganti dengan mudah dan mulus.

“Asus Transformer AiO memberi pengguna flesibilitas mobile sebuah tablet dan PC desktop berperforma powerfull, paket all in one kompak dan bergaya,” kata Asus dalam pernyataan di laman resminya baru-baru ini.

PC station-nya disokong NVidia GeForce GT 730M untuk ke-mampuan grafisnya, termasuk port USB 3.0, sedangkan tabletnya yang berfungsi sebagai layar, mampu menghadirkan gambar kualitas Full HD 1080p, serta teknologi IPS untuk kecerahan den-gan sudut pandang hingga 178 derajat.

Transformer AiO sudah disemati dual-band Wi-Fi untuk koneksi wireless performa tinggi yang sudah mendukung routers.

Mendukung fungsi hiburannya, Asus menambahkan teknologi audio ASUS SonicMaster untuk kualitas pemutaran musik, video, dan lainnya. *ant

DELL Indonesia baru saja memperkenalkan dua notebook terbarunya, yakni Dell In-spiron 14 dan 14R. Kedua notebook ini tampil dengan desain yang lebih tipis serta baterai yang lebih tahan lama dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Seperti dikutip dari berita teknologi, Director of Consumer & SMB Dell Indonesia, Tie Lily men-gatakan, kedua notebook tersebut sangat cocok untuk aktivitas kelu-arga atau maha-siswa. Pihak Dell Indo-nesia me-nye-diakan beberapa pilihan notebook dengan berbagai prosesor, dari Intel Celeron, Intel Core i3, serta Intel Core i5.

Lebih lanjut, notebook ini juga memiliki fitur 3×3 dual

Samsung Siapkan Duet Maut Laptop Seri 7SAMSUNG Electronics Indonesia

menyiapkan dua laptop andalannya yaitu laptop Seri 7 Chronos dan laptop Seri 7 Ultra di Indonesia pada tahun ini. Laptop Seri 7 Chronos menggu-nakan prosesor intel core i7 generasi terbaru, harddisk 1 TB, memori 8 GB dan layar full HD display 15,6 inci yang dapat mendeteksi 10 titik jari pada layar.

Laptop itu memiliki ketebalan dimensi 20,9 mm dan bobot 2,3 kg, keyboard backlit yang akan menyala ketika cahaya ruangan redup dan

baterai yang dapat menyala hingga 11 jam. Untuk audio, Samsung memasang empat speaker JBL.

“Laptop ini memiliki fitur RAM Accelera-tor yang dapat meningkatkan kecepatan hingga 150 persen untuk browsing internet dan penggunaan aplikasi lainnya,” kata Direktur Teknologi Informasi Regional Samsung Electronics, Simon Tan dalam Samsung Forum di Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, laptop Seri 7 Ultra mengutamakan desain tubuh yang ramping dan tipis, ukuran hanya 17,5 mm dengan bobot 1,65 kg. “Sangat tipis hanya 1.65 kg,”

katanya. Layarnya sudah menggunakan

layar full HD 13,3 inci, prosesor intel core i5 dan core i7 generasi terbaru, harddisk SSD sebesar 256 GB, speaker JBL dan daya tahan bate-rainya yang dapat menyala hingga delapan jam.

Kedua laptop menggunakan sistem operasi Windows 8 dan body full aluminium. Samsung masih merahasikan harga dan waktu peluncuran kedua produk tersebut. *ant

barunya, yakni Dell In-ron 14 dan 14R. Kedua tebook ini tampil dengan sain yang lebih tipis serta terai yang lebih tahan

ma dibandingkan dengan nerasi sebelumnya. Seperti dikutip dari rita teknologi, Director Consumer & SMB Dell Bonesia, Tie Lily men-

takan, kedua notebook sebut sangat cocok tuk aktivitas kelu-ga atau maha-wa. Pihak ll Indo-sia

e-e-kan berapa han notebook ngan berbagai prosesor, dari el Celeron Intel Core i3 serta

DELL Indonesia baru saja

Dell Inspiron 14 dan 14R

Dua Laptop Terbaru dengan Teknologi Hemat Baterai True Life

band wireless berbaiss stan-dar Wi-Fi N terkini, Bluetooth

4.0, HDMI

1.4a, serta speaker stereo dengan teknolo-gi Waves MaxxAudio 4.

Keunggulan utama dari kedua

notebook ini adalah baterai 6 sel di dalamnya. Dengan

teknologi bernama True Life, Dell memanfaatkan voltase rendah dari prosesor Core i Intel. Bahkan untuk meny-alakan laptop ini, hanya dibutuhkan 17 watt.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, kedua notebook ini memiliki tingkat efisiensi 50 persen lebih baik. Tak hanya itu, laptop ini juga memiliki bobot 15 persen lebih ringan dibanding-kan pendahulunya.

Sebagai fitur tamba-han, Dell juga menyedia-

kan aplikasi Skype sarta H 364 enablement untuk video

chat HD. Mengenai harga, Dell Inspiron 14 dibanderol seharga Rp 3 jutaan, sedangkan untuk Inspiron 14R yang mengguna-kan prosesor Intel Core i5 dijual dengan harga mulai dari Rp 7 jutaan. *

Asus Luncurkan Transformer AiO

HP Luncurkan Printer Tercepat di DuniaHEWLETT Packard (HP) Indonesia meluncurkan

printer desktop tercepat di dunia yaitu HP Officejet Pro X yang terdiri dari HP Officejet Pro X476 Color MFP dan HP Officejet Pro X451.

Marketing Development Inkjet Printer Sys-tem HP PPS Indonesia, Ellya mengatakan, printer itu menyasar segmen usaha kecil me-nengah (UKM) dan perkantoran yang meng-inginkan printer cepat untuk meningkatkan

kinerja tetapi hemat kertas.“Printer ini dapat mencetak dokumen-dokumen

dengan kecepatan hingga 70 halaman per menit (ppm), menjadikannya printer tercepat di dunia saat ini,” katanya ketika menggelar jumpa media dalam rangka pameran Mega Bazaar Computer di Jakarta, belum lama ini.

HP membenamkan teknologi PageWide dengan empat warna tinta pigmen Original HP. Kinerjanya, ketika kertas bergerak, printhead tetap dalam posisi diam sehingga dapat mencetak dengan cepat dan tidak berisik. Baki utama atau tempat penampung kertas memiliki kapasitas hingga 500 lembar sehingga pengguna tidak perlu terburu-buru mengganti kertas. Kartrid tintanya menawarkan keunggulan-keunggulan antara lain cepat kering,

tinta pigmen tahan lama, kualitas cetak profesional, mengedepankan paduan warna dan interaksi kertas yang optimal untuk cetak dengan kecepa-tan tinggi.

HP Officejet Pro X Series tersedia di pasar In-donesia mulai Maret 2013. Model single-function HP Officejet Pro X451 dipasarkan dengan harga Rp 5.888.000 dan model MFP HP Officejet Pro X476 dipasarkan dengan harga Rp 8.245.000.

Ellya melihat penggunaan printer inkjet akan terus tumbuh dengan prediksi pertumbuhan printer inkjet bisnis yang akan meningkat menjadi 18,9 juta pada 2016 dari 14,7 juta pada 2011. *ant

Page 21: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

SISTEM operasi komputer bersumber terbuka Google Chrome diperkirakan mulai mengancam keberadaan komputer-komputer personal (PC) bersistem operasi Micro-soft Windows.

The Wall Street Journal melaporkan Google akan mempunyai sumber pendapa-tan baru setelah kesuksesan perusahaan Larry Page itu di sistem operasi perangkat-perangkat komunikasi geng-gam (mobile) dengan Android.

“Sementara, pada (produk komputer) desktop, Microsoft dan Intel masih membuat keuntungan besar meski pen-

PERUSAHAAN riset International Data Corporation (IDC) memperkirakan pengapalan komputer personal (PC) global pada 2013 turun 1,3 persen menjadi 345,8 juta unit.

“Pasar PC masih mencari model terbaru untuk menunjukkan daya tarik yang cukup sehingga mendorong pertumbuhan di pasar kompetitif,” kata Program Vice President, Worldwide PC Trackers IDC, Loren Loverde, dalam situs resmi IDC.

IDC mencatat penurunan jumlah PC global sebesar 3,7 persen pada 2012 disebabkan penurunan penjualan pada musim liburan, penerimaan Windows 8 yang rendah, dan pelemahan ekonomi.

Upaya para produsen PC global dengan sistem operasi Windows 8 dan variasi notebook-notebook tipis nan murah tidak membuahkan permintaan pasar.

“Kekurangan komponen layar sentuh telah menyebabkan paso-kan model-model perangkat Windows 8 berlayar sentuh terbatas,” ungkap IDC. Loverde mengatakan, pertumbuhan volume PC di negara-negara berkembang akan lambat dari permintaan perang-kat jinjing. IDC memprediksi jumlah desktop PC di negara-negara berkembang pada 2013 turun 3,5 persen mencapai 91,6 juta unit dibanding jumlah PC pada 2012 sebesar 95 juta unit.

Sementara jumlah perangkat PC jinjing di wilayah itu pada 2013 naik 4,1 persen menjadi 115,5 juta unit dibanding data 2012 sebesar 110,9 juta unit. *ant

PASAR PC makin lama kian tergerus popularitas tablet baik itu Android, iPad, Amazon dan sebagainya.

Seperti dilansir BGR, penjualan PC pada kuartal 4/2012 lalu turun untuk pertama kalinya jika dibanding kuartal 4 dalam 4 tahun sebelumnya. Namun, menurut laporan dari Digitimes, pengapalan laptop diperkirakan akan menanjak di kuar-tal kedua tahun ini.

Namun, yang menikmati per-tumbuhan terbesar diperkirakan adalah Toshiba yang pengapalannya naik 42 persen dibanding kuartal yang

Ekspansi Google Chrome bisa Ancam Microsoft Windows

jualan PC menurun. Namun, sep-erti Android mengancam Apple, sistem operasi Google Chrome juga dapat melahap keuntungan perangkat komputer,” ungkap Rolfe Winkler.

Kehadiran Google Chrome-book dilatarbelakangi pemakaian komputer untuk perambahan internet. Berbeda dengan iPad Apple, Chromebook menyedia-kan panel ketik agar pengguna dapat memproduksi dan meng-gunakan teks lebih mudah.

Perangkat Google Chrome-book menjadi pesaing komputer Microsoft-Intel karena sistem operasi Chromebook gratis dan menggunakan prosesor-prosesor

murah seperti merek Samsung.Beberapa produsen komputer

Chromebook juga tidak memberi-kan ruang penyimpanan digital internal dan justru menyedia-kan penyimpanan file berbasis cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Namun, Google mendapatkan keuntungan dengan sistem op-erasi gratisan itu dengan mem-promosikan layanan pencarian di perangkat-perangkat Chrome-book. Google telah bekerja sama dengan sejumlah produsen kom-puter global untuk menghadirkan laptop Chromebook di pasaran seperti HP, Lenovo, Samsung, dan Acer. *ant

IDC Perkirakan Pengiriman PC Global 2013 Anjlok

Penjualan Laptop akan Kembali Menanjak

CA Technologies Umumkan Versi Baru CloudMinderPERUSAHAAN solusi manaje-

men TI, CA Technologies, telah meluncurkan versi terbaru layanan komputasi awan, CA CloudMinder.

Dengan dukungan inovatif untuk identitas sosial dan tam-bahan pada aplikasi on-premise serta awan seperti Microsoft Office 365TM, CA CloudMinder mem-bantu perusahaan memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan menyempurnaan cara mengelola serta akses dengan biaya lebih efisien, kata CA Technologies dalam siaran persnya baru-baru ini.

CloudMinder terbaru CA Technologies, katanya, juga membuat pembangunan, pemasangan, konfigu-rasi, dan pengujian dengan pendekatan sistem lokal bisa dilakukan lebih cepat.

“Dalam suatu percobaan, CA CloudMinder membuat sebuah tim mampu menyelesaikan masa pembangunan, pemasangan, konfigurasi dan pen-gujian dengan pendekatan sistem lokal hanya dalam waktu tiga hari dari yang biasanya dikerjakan dalam dua bulan,” kata Drew Koenig, President CA Security Global User Community.

Dengan CA Technologies, perusahaan mampu mengurangi lebih banyak biaya serta mendapatkan tiga kemampuan manajemen identitas dan akses

(IAM) sekaligus, lebih mudah dibanding menambah salah satu di antaranya.

“Dengan tidak adanya keharusan bekerja pada bagian pemeliharaan infrastruktur yang bersifat sistem lokal, tim dapat lebih fokus pada kegiatan identi-tas yang bersifat strategis,” kata Koenig.

Tiga komponen utama CA CloudMinder yang dapat diap-

likasikan secara individual atau tergabung dalam sebuah layanan IAM terintegrasi meliputi:

1. CA CloudMinder Advanced Authentication (otentifikasi tingkat lanjut) melindungi dari akses yang tidak sah dan tidak disetujui dengan menggunakan berbagai bentuk otentikasi yang kuat.

2. CA CloudMinder Identity Management (mana-jemen identitas) melengkapi pengguna dengan penyediaan dan penghapusan untuk serangkaian aplikasi on-premise dan layanan awan yang luas maupun kemampuan manajemen pengguna yang komprehensif.

3. CA CloudMinder Single Sign-On (SSO) men-dukung hybrid enterprise dengan kumpulan identitas yang andal dalam satu kesatuan yaitu solusi berbasis awan single sign-on. *ant

sama tahun sebelumnya. Disusul Asustek Computer (41 persen). Hewlett-Packard (30 persen), Apple (26 persen), Lenovo (20 persen), Dell (19 persen) dan Acer

(10 persen). Di luar pertumbuhan para vendor, diperkirakan prose-sor Intel generasi selanjutnya yakni Haswell akan terungkap pada Juni.*

Page 22: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

JARINGAN organisasi masyarakat sipil Indonesia untuk pengelolaan internet (ID-CONFIG) menyebutkan tujuh masalah terkait tata kelola internet di Tanah Air.

“Permasalahan tata kelola inter-net Indonesia yaitu netralitas jarin-gan, privasi, hak cipta, kebijakan konten, kejahatan di dunia maya, kesenjangan digital, dan perlindun-gan konsumen,” kata anggota ID-CONFIG, Wahyudi Djafar, dalam jumpa pers di Jakarta.

Wahyudi mengatakan, Forum Tata Kelola Internet (IGF) 2013 yang akan diselenggarakan di Bali pada Oktober mendatang menjadi ruang terbuka untuk membahas permasalahan-permasalahan itu.

“Pertemuan IGF 2013 itu diharapkan akan memberikan solusi-solusi bagi semua pihak, termasuk perluasan akses inter-net, penyebaran informasi, dan penguatan pemenuhan hak atas pembangunan sesuai resolusi Komite HAM PBB 2012 tentang

JARINGAN organisasimasyarakat sipil Indonesia untuk

Daftar Masalah Pengelolaan Internet di Indonesia

FACEBOOK akan ditinggalkan banyak komunitas remaja dikar-enakan kebanyakan remaja saat ini sudah beralih ke jejaring sosial yang lain. Salah satunya adalah SnapChat dan Instagram (yang juga merupakan kepunyaan Facebook). Kemungkinan dikarenakan saat ini aplikasi milik Instagram dan SnapChat lebih menarik dibandingkan dengan aplikasi mobile milik Facebook.

Seperti dilansir Slashgear, kebanyakan remaja menjadikan Face-book sebagai pilihan terakhir ketika mereka akhirnya sudah bosan dengan aplikasi sosial media yang lain.

Hal ini diketahui dari hasil interview Adam Ludwin kepada beber-apa grup remaja di bawah umur 25 tahun. Kebanyakan dari mereka berkomentar bahwa mereka sudah bosan dengan Facebook. Tentu saja ini merupakan perilaku normal remaja yang cepat bosan akan suatu hal, sepopuler apapun hal tersebut. Semoga Facebook dapat segera mengambil kembali hati para remaja tersebut dengan menge-luarkan terobosan terbaru. *

PERUSAHAAN internet Yahoo! akan menutup enam layanan serta program pengguna antarmuka (API) mereka mulai April 2013.

Enam layanan Yahoo! yang akan ditutup yaitu Avatar, aplikasi

promotion, protection, and enjoy-ment of human rights on the internet,” kata Wahyudi.

Direktur Eksekutif Lembaga Studi & Advokasi Masyarakat (ELSAM), Indriaswati Dyah Sap-taningrum, mengatakan, kebijakan dan regulasi terkait internet di Indonesia belum terintegrasi dan melindungi HAM para pengguna.

“Tanpa ada regulasi tentang data pribadi (pengguna internet Indonesia) misalnya, para pencuri data dapat melacak data pribadi itu dan menjualnya,” kata Indri.

Data pribadi para pengguna in-ternet di Indonesia, menurut Indri, termasuk identitas diri, foto, video, serta lokasi pengguna.

Indri juga menyayangkan praktik pembatasan dan penyaringan kont-en yang dinilai sewenang-wenang terhadap situs-situs tertentu dengan dalih mengandung muatan por-nografi dan terorisme, serta praktik penyadapan perangkat komunikasi oleh 11 instansi negara. *ant

Facebook tak lagi Menarik bagi Remaja

Yahoo! Tutup Enam Layanan

Pameran Kontribusi Rp 2,5 Triliun bagi Industri TIPAMERAN TI yang digelar di berbagai tempat

telah menyumbang transaksi sekitar Rp 2,5 triliun atau 5 persen per tahun dari total penjualan industri teknologi informasi di Indonesia.

Penyelenggara pameran Mega Bazaar Computer 2013, Dyandra Promosindo, mengutip data Apko-mindo menyatakan bahwa nilai transaksi bisnis TI di Indonesia per tahunnya mencapai Rp 50 triliun. Nilai itu dihasilkan dari penjualan PC, notebook, dan tablet.

Salah satu pameran TI yang cukup signifikan dalam meningkatkan pasar TI nasional adalah Mega Bazaar Computer (MBC) yang dibuka secara resmi di Jakarta Convention Center, belum lama ini.

Selain berperan meningkatkan penjualan produk-produk teknologi informasi (TI), MBC juga merupa-kan event yang diarahkan untuk memperluas pasar TI di daerah.

Oleh karena itu, Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara pameran, konsisten menggelar pam-eran TI di kota-kota lain di Indonesia selain Jakarta, mulai dari Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Semarang, dan Yogyakarta.

“Kami memiliki misi untuk menjadikan pameran

MBC sebagai pameran yang berperan dalam men-ingkatkan pasar TI di daerah. Ini merupakan tugas yang tidak mudah mengingat pasar TI di masing-masing daerah memiliki karakter yang berbeda,” ungkap Bambang Setiawan, Direktur Operasional Dyandra Promosindo.

Salah satu tantangan dalam pengembangan pelaksanaan pameran di daerah adalah adanya perbedaan karakter dan kebutuhan konsumen atas sebuah gadget. Sebagai contoh, satu produk yang laris di Jakarta belum tentu digemari di daerah lain.

Oleh karena itu, produk-produk yang dihadir-kan peserta pameran tentu juga berbeda. Untuk mengakomodir kebutuhan dan tren yang ada di masyarakat, vendor yang hadir di pameran MBC juga menyesuaikan dengan produk yang tengah disukai.

Misalnya saat ini, produk tablet dan smartphone tengah naik daun menggantikan notebook dan bahkan desktop yang disinyalir kebutuhannya akan terus menurun. Ragam produk yang dipamerkan pun disesuaikan dengan tren dan kebutuhan masyarakat di kota tersebut. *ant

untuk BlackBerry, Clues (beta), App Search, Sports IQ, dan Message Board.

“Sebelum mengambil keputu-san (penutupan layanan) ini, kami melihat pada sejumlah faktor.

Pertanyaan kami paling utama yaitu apakah penyajian tampilan mencer-minkan kebiasaan keseharian Anda sekarang ini,” ungkap Executive Vice President Platform Yahoo!, Jay Rossiter, dalam situs resmi perusa-haan itu.

Rossiter mengatakan, Yahoo! berusaha mempertajam produk dan layanan inti mereka bagi pengguna internet. Namun, Rossiter tidak me-nyebutkan layanan andalan Yahoo! di tengah kompetisi perusahaan-pe-rusahaan mesin pencari dan media jejaring sosial yang masih marak.

Yahoo! Avatar dan aplikasi untuk BlackBerry memang akan ditutup pada 1 April. Tapi, para pengguna sebelumnya dapat terus memakai layanan itu. Hanya saja Yahoo! tidak lagi mendukung kedua layanan itu.

Sementara, empat layanan lain akan benar-benar dihapuskan pada 1 April dan diikuti penghapusan API Yahoo! pada 16 April. *ant

Page 23: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

Permukaan keyboard juga dilapisi bahan teflon sehingga me-mudahkan aliran air. Jarak antar tuts dibuat lebih renggang sehing-ga remah-remah makanan yang jatuh di atasnya dapat dibersihkan dengan kuas kecil yang terdapat di bagian bawah keyboard.

APAKAH Anda susah jika harus membawa aksesori keyboard ke mana-mana untuk mempermudah pekerjaan mengetik pada tablet? Jika demikian, Anda bisa meng-gunakan laser keyboard yang lebih praktis dibanding keyboard pada umumnya. Tapi, jika laser keyboard Anda rasa masih kurang praktis, Anda nanti bisa mengandalkan teknologi kamera tablet yang mampu memunculkan keyboard tak terlihat.

Seperti dilansir Techcrunch, sebuah penelitian dilakukan Fujitsu untuk mengembangkan teknologi kamera pada tablet agar mampu melacak pergerakan jari Anda pada sebuah bidang datar. Menariknya, teknologi yang sedang dikembang-kan Fujitsu ini tidak membutuhkan hardware keyboard, jadi seolah-olah Anda sedang mengetik pada keyboard yang tidak terlihat.

Teknologi kamera tablet untuk keyboard tak terlihat ini pada

APAKAH Anda sedang mencari aksesori terbaru untuk iPhone 5? Jika Anda tidak tertarik dengan aksesori celana dalam atau yang disebut SmartPants yang sekadar untuk lelucon, maka Anda bisa mempertimbangkan AlarmDock Halo 3 yang baru saja diumumkan Gear4.

Seperti dilansir Engadget, berbeda dengan jam alarm kebanyakan, AlarmDock Halo 3 adalah jam alarm yang sekaligus menawarkan radio FM.

AlarmDock Halo 3 bekerja dengan aplikasi bernama SmartLink yang tersedia secara gratis untuk menawarkan fungsi dan fitur tam-bahan.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna AlarmDock Halo 3 bisa memilih berbagai sumber musik, termasuk iTunes dan Spotify, yang akan disinkronisasi ke iPhone. Alarm-Dock Halo 3 juga me- nawarkan radio FM, line-in audio, layar LCD, suara alarm yang disesuaikan dan sebuah tombol snooze.

Aksesori untuk iPhone 5 ini dijadwal-kan akan segera beredar di pasaran dalam waktu dekat seharga 129,99 dolar AS.

Selain AlarmDock Halo 3, Gear4 juga menawarkan aksesori lain untuk iPhone, yaitu StreetParty 5 yang merupakan sebuah ligtning- loving speaker dock portabel dengan empat baterai AA. Harga per unitnya men-capai 79,99 dolar AS. *

Logitech Washable Keyboard K310

Bisa Dicuci dan DirendamLOGITECH mengeluarkan perangkat keras terbaru mer-eka bernama Logitech Washable Keyboard K310. Berbeda dengan keyboard konvensional, perangkat ini dapat di-cuci bila kotor. Terbuat dari plastik, komponen-komponen elektronik keyboard komputer ini dilapisi semacam karet sehingga tahan air.

“Kalau pun air mengalir ke dalam, bisa keluar dari 120 drain holes,” kata Kurniadih Sutanto, Country Manager Logitech Indo-nesia.

Karena keyboard dapat dicuci, Logitech sengaja merancang printing di tuts keyboard pun

AlarmDock Halo 3

Jam Alarm Radio Pertama untuk iPhone 5

Inovasi Teknologi Kamera Tablet akan Hadirkan ”Keyboard” tak Terlihat

agar tahan lebih lama. Untuk mencuci perangkat ini, pengguna dapat menggunakan air mengalir dengan suhu maksimal 50 derajat Celsius dan menutup USB port dengan penutup yang telah dise-diakan.

“Bila direndam, keyboard ini tahan hingga kedalaman 30 centimeter, selama 5 menit,” kata Kurniadih.

Keyboard yang dibanderol Rp 450 ribu itu juga dapat dicuci den-gan menggunakan sabun, spons, atau sikat lembut seperti ketika mencuci piring. *ant

dasarnya hampir sama dengan la-ser keyboard, hanya saja keyboard tak terlihat didukung software cerdas. Namun jangan harap key-board tak kasat mata ini bisa rilis dalam waktu dekat. Karena setiap

orang memiliki tangan dengan berbagai ukuran jari-jemari dan juga warna yang berbeda, maka pengembangan software ini akan menyita waktu sedikit lama untuk menemukan akurasi yang tepat. *

JIKA selama ini Anda berpikir bahwa hanya manusia saja yang menggunakan celana dalam, maka Anda salah.

Seperti dilansir Phone Arena,

SmartPants, Aksesori Celana Dalam untuk iPhonedi Jepang baru saja hadir aksesori baru untuk iPhone yang disebut SmartPants. Mau tahu apa fungsi SmartPants untuk iPhone?

SmartPants merupakan akse-Seperti dilansir Phone Arena, SmartPan

SmartPants laris manis adalah bukan karena fungsinya tapi untuk sekadar lucu-lucuan. *

sori pintar berbentuk celana dalam yang berfungsi untuk melind-ungi tombol Home pada iPhone. Aksesori Smart-Pants untuk iPhone ini diproduksi Bandai atau yang selama ini dikenal sebagai produsen mainan. Ada berbagai bentuk SmartPants dengan aneka warna yang masing-masing di-jual seharga 2,14 dolar AS. Lantas, adakah orang yang mau mem-belinya? Jika Anda berpikir tidak akan ada orang yang membeli SmartPants, maka Anda salah. Smart-Pants telah membuat gebrakan di Jepang dan saat ini pre-order SmartPants telah terjual habis. Barang-kali yang membuat

Page 24: Gadget Star. Bali Post. 15 - 21 Maret 2013

15 - 21 Maret 2013

POTENSI industri permainan digital (game) dalam jaringan (online) di Indonesia dihadang koneksi internet internet yang lambat. Demikian diungkapkan perusahaan riset International Data Corporation (IDC) Indo-nesia dalam siaran persnya, belum lama ini.

Perusahaan ini menyebutkan, selain kecepatan akses internet, penetrasi internet yang tak merata dan penawaran game untuk se-mua platform sistem operasi dari pengembang juga menjadi ken-dala pengembangan industri ini.

Tahun lalu, nilai pendapatan industri game online Indonesia, menurut IDC, mencapai lebih dari

ROVIO, pembuat game Angry Birds mengumumkan penayan-gan perdana serial animasi yang diilhami fenomena game tersebut. Seperti dikutip dari la-man Hollywood Reporter, serial animasi Angry Birds Toons akan mulai tayang pada 16 Maret se-tiap minggu, mengisahkan petu-alangan babi-babi pencuri telur dari para burung yang marah.

Selain ditampilkan di laman resmi Rovio, animasi itu akan

EA dan pengembang Dice akhirnya mengumumkan bahwa bundle digital kelima dan terakhir untuk game Battlefield 3 sudah tersedia.

Seperti dilansir Slashgear, DLC saat ini sudah tersedia untuk member premium Battlefield 3 pada PlayStation 3, sedangkan untuk Xbox 360 dan PC tersedia

Industri Game Indonesia Hadapi Koneksi Internet

EA dan pengembang Dice

EA dan Dice Rilis DLC dari Battlefield 3: End Game

diunduh pada 12 Maret. Semen-tara bagi pemain Battlefield 3 yang non-premium akan mampu mendapatkan konten tersebut mulai 19 Maret, sedangkan untuk Xbox 360 dan PC pada 26 Maret.

DLC akan membawa map baru yang terinspirasi dari 4 musim, termasuk di dalamnya Kiasar Railroad dan Operation River-

side. Selain map, DLC juga akan memberikan kepada pengguna kendaraan baru yaitu fast dirt bike dan 2 AA vehicles. Pack DLC ini termasuk 5 proyek, 16 dogtag, dan 5 trofi baru. Bagi pengguna yang belum membeli konten sebe-lumnya dapat segera bergabung ke versi premium dengan memba-yar sebesar 49,99 dolar AS. *

150 juta dolar AS.Sebelumnya, IDC memperkira-

kan industri game online termasuk salah satu tren bisnis teknologi informatika Indonesia pada 2013 dengan pertumbuhan 30 persen.

“Hampir 20 persen pengguna internet adalah para pemain game online,” kata analis pasar IDC Indonesia, Muhammad Ikhwan tentang konsumen game online di Indonesia.

Ikhwan mengatakan, sebagian besar game online dari pener-bit Indonesia berbasis PC yang hanya sesuai dengan sistem operasi Windows dan menghadapi kendala pada perangkat komputer dengan sistem operasi lain. *ant

Angry Birds Jadi Serial Animasi

tayang di stasiun televisi Ukraina. Kartun Angry Birds Toon dibuat sebagai langkah lanjut untuk lebih mempopulerkan brand terkenal berbasis di Finlandia itu.

Lebih dari 260 juta peng-guna telah mengunduh aplikasi Angry Birds - penonton poten-sial bila kartunnya dijadikan game. Serial animasinya juga dapat memacu penjualan game, mainan, dan pernak-pernik Angry Birds kelak. *ant

Color Sheep, Game Melatih Keterampilan Pemahaman Warna

APAKAH selama ini Anda sudah terlalu se-ring berkutat dengan Photoshop, sehingga Anda merasa cukup yakin mampu mengingat kombinasi pola warna apapun untuk menghasilkan sebuah warna tertentu? Jika ya, ada sebuah game baru untuk Anda: Color Sheep!.

Seperti dilansir Androidpolice, dalam game ini, Anda akan memerankan seekor domba bernama Woolson yang harus mempertahankan dirinya dari serangan gerombolan serigala dengan mengguna-kan sinar laser yang keluar dari mulutnya. Jangan terburu berasumsi bahwa game ini terdengar mudah, karena gerombolan serigala tersebut memiliki bulu warna yang berbeda-beda, dan Anda harus menggunakan warna yang sesuai untuk bisa mengalahkan mereka.

Anda akan dibekali dengan 3 warna utama yaitu merah, hijau dan biru di sisi kiri, serta 2 buah mode yaitu light dan dark di sisi kanan. Di level-level awal, warna dari para serigala yang muncul masih

cukup mudah, seperti merah terang, biru gelap, dan juga hijau menyala. Namun, di level-level berikutnya (setidaknya level 3 ke atas), akan mulai muncul kombinasi warna-warna yang memaksa Anda berpikir.

Seperti warna kuning, yang bisa Anda hasilkan dengan menekan tombol light lalu melakukan swipe dari warna merah ke hijau, atau warna abu-abu gelap yang bisa Anda hasilkan dengan menekan tombol dark lalu swipe ketiga warna sekaligus. Jumlah serigala berwarna-warni ini akan terus bertambah dan pertambahannya akan makin cepat. Jadi mau tidak mau Anda juga harus memacu kinerja otak Anda dalam menemukan kombinasi warna yang tepat sesuai dengan bulu-bulu para serigala.

Jika Anda berminat untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam mengenali kombi-nasi warna, game Color Sheep ini bisa Anda down-load seharga 1 dolar AS via Google Play Store. *