gadget star. bali post 17 - 23 mei 2013

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 25-Mar-2016

251 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

Penerbit : PT Bali Post

Page 2: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

17 - 23 Mei 2013

PERTUMBUHAN aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi selular Windows Phone dinilai lambat dibanding sistem operasi lain seperti Google Android dan Apple iOS.

Dalam peluncuran ponsel Nokia Lumia 928, Microsoft menyebut jumlah aplikasi untuk sistem operasinya mencapai 145 ribu termasuk aplikasi permainan. Pada Oktober 2012, Windows Phone, seperti dilaporkan The Verge, mengklaim telah mempu-nyai 120 ribu aplikasi dari 100 ribu aplikasi pada Juni 2012.

Peningkatan jumlah aplikasi Windows Phone sejak Oktober 2012 hingga awal Mei 2013 (enam bulan) tidak sebesar periode akhir 2011 ke Juni 2012 yang mencapai dua kali lipat.

The Verge menyebutkan, pe-lambatan jumlah aplikasi Windows Phone memunculkan pertanyaan apakah sistem operasi Micro-soft itu mulai ditinggalkan para

KEPUTUSAN juri bulan Agustus tahun lalu yang menganggap Sam-sung layak didenda 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 10 triliun) telah direvisi Hakim Koh. Bulan Januari lalu angka tersebut telah diturunkan sekitar separuhnya saja menjadi 450 juta dolar AS.

Seperti dilansir idownloadblog/gopego, meski telah jauh lebih ringan dari keputusan juri, tetapi tampaknya Samsung tetap tidak terima dengan jumlah denda tersebut. Menurut Samsung, setiap permohonan tuntutan atas produk bermasalah tidak akan menghentikan pelanggaran yang tengah berlangsung. Kenapa bisa begitu? Menurut Samsung, pihaknya tidak lagi memproduksi produk yang dipermasalahkan atau mendesain fitur yang serupa di produk-produk yang ada di pasaran saat ini.

Apa yang diungkap Samsung tersebut terkait permohonan penghen-tian sementara penjualan ponsel Samsung yang dianggap melanggar paten Apple. Sambil menunggu proses peradilan dan keputusan hakim, Apple meminta pengadilan memblokir penjualan produk Samsung yang dimaksud. Padahal, sejumlah produk yang dimaksud Apple merupakan produk lawas yang saat ini tidak lagi diproduksi Samsung. Di lain sisi, Samsung merasa dirugikan karena publik mengira semua produk Sam-sung yang ada di pasaran saat ini melanggar paten milik Apple.

Pihak Samsung berdalih bahwa dampak terberat dari gugatan paten oleh Apple itu adalah membingungkan dan mengintimidasi opsel reka-nan Samsung dan berbagai toko ritel yang turut menghakimi produk Samsung yang sebenarnya tidak masuk dalam gugatan, melukai hubungan pasar yang telah lama terjalin antara Samsung dan opsel.

Kasus baru paten antara Apple dan Samsung telah diumumkan Hakim Koh pekan lalu. Kasus tersebut akan mulai disidangkan musin gugur tahun ini. Dengar pendapat selanjutnya akan digelar 12 Novem-ber dengan memberikan kesempatan bagi Apple untuk membuktikan Samsung berhak didenda 1 miliar dolar AS seperti keputusan awal. *

SAMSUNG Electronics tetap bertahan untuk meluncurkan perangkat ponsel pintar yang menyasar segmen pemula atau bawah meski mem-punyai produk-produk premium seperti Galaxy S4.

Produsen asal Korea Selatan itu, belum lama ini meluncurkan Galaxy Core yang mempunyai slot ganda kartu SIM (dual SIM) dan layar LCD TFT 4,3 inci.

Samsung juga cenderung mengikuti perkembangan spesifikasi ponsel para kompetitornya dengan mengusung prosesor 1,2 GHz, RAM satu giga bit, penyimpanan internal delapan giga bit, dan sistem operasi Android Jelly Bean meski tidak menyebut harga retail Galaxy Core.

Di sisi konektivitas, ponsel dengan kamera depan lima mega piksel dan kamera depan VGA itu dapat terhubung dengan Wi-Fi, Bluetooth, dan Micro USB 2.0.

Sebelumnya, Samsung telah menyasar segmen pasar menengah-bawah dengan Galaxy Win yang mempunyai prosesor Quadcore 1,2 GHz dan layar 4,7 inci.

Sementara di segmen bawah, Galaxy Star dan Galaxy Pocket Neo yang mempunyai layar sentuh tiga inci LCD TFT telah dikenalkan pada awal April. *ant

PEGATRON adalah salah satu rekanan Apple. Perusahaan asal Taiwan ini dikontrak Apple untuk me-rakit sejumlah produk, termasuk iP-hone 4S dan iPad mini. Nah, dalam laporan keuangan di hadapan para investor beberapa hari lalu, Pegatron mengatakan pihaknya mengalami penurunan laba sebesar 30 persen pada kuartal kedua tahun ini.

Seperti dilaporkan reuters dan dikutip dari gopego, meski Pegatron juga menangani perakitan produk milik perusahaan lain di luar Apple

Pertumbuhan Aplikasi Windows Phone Dinilai Lambat

pengembang-nya.

Nokia, pada Maret 2013, bah-kan sempat mempublikasi-kan aplikasi se-rupa Instagram yang disebut #2InstaWith-Love. Lang-kah itu merupa-kan usaha Nokia agar Facebook meng-hadirkan aplikasi Insta-gram di Windows Phone.

Tapi, Microsoft menyebut telah menarik aplikasi baru atau aplikasi de-

sain ulang seperti YouTube, Hulu, dan Foursquare serta mengklaim aplikasi-aplikasi populer di sistem operasi lain tersedia di Windows Phone. Terkait jumlah aplikasi, Android telah mengoleksi 850 ribu aplikasi di Google Play pada April 2013 dari 700 ribu aplikasi pada Oktober 2012.

Sementara, aplikasi untuk sistem operasi iOS Apple pada April mencapai 825 ribu dari 700 ribu aplikasi pada September 2012. *ant

Samsung Anggap Apple Ngawur* Tuntut Produk yang tak lagi Diproduksi

Samsung tetap ”Ngeyel” di Ponsel Segmen Menengah Bawah

Permintaan iPad Mini Merosot? Bohong!tetapi kabar turunnya laba Pegatron selalu saja dikaitkan dengan merosotnya permint-aan konsumen terh-adap produk Apple, setidaknya itulah yang dimuat dalam situs Bloomberg.

Dalam laporan Bloomberg belum lama ini, dikatakan bahwa CEO Pegatron

Jason Cheng mengakui adanya penurunan laba dari perakitan iPad mini. Nah, terkait laporan Bloomberg tersebut, tampaknya CEO Pegatron langsung angkat bicara. Menu-rut Cheng, dirinya tidak pernah mengatakan hal itu karena semua yang tertulis di Bloomberg tersebut merupakan rangkaian kata jurnalis Tim Culpan yang membelokkan kata-katanya.

“Saya jelas-jelas menolak mengo-mentari produk-produk tertentu, tidak

pula mengenai konsumen tertentu, meskipun dia (Jim) terus mencoba menanyai saya. Saya memang mengucapkan kata-kata yang dikutip di artikel lebih banyak di permintaan, sementara harganya tetap stabil dan hampir setiap item bergerak ke arah negatif, atau tidak hanya tablet, tetapi juga e-book dan konsol games,” katanya.

Tidak ada indikasi, tidak pula sinyal yang merujuk ke produk-produk atau konsumen tertentu, itu telah menjadi prinsip dan aturan untuk setiap acara publik seperti pertemuan dengan para investor. Meski demikian selalu saja ada spekulasi setelah pertemuan-pertemuan semacam itu. Berbeda dari Bloomberg, Reuters justru mengabarkan bahwa Pegatron telah menambah jumlah tenaga kerja dengan sedikitnya merekrut 40.000 pegawai baru, yang kemungkinan akan dikerahkan untuk membantu perakitan iPhone versi murah. *

PEGATRON adalah salah satu

tetlabsamaaadsedimBl

Bllamba

mbang-

a,aret ah-

mpat blikasi-ikasi se-stagram sebut With-

a-aha

ok

n Insta- Windows

Microsoftbut telah menarik baru atau aplikasi de-

Page 3: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

SETELAH munculnya laporan bahwa Galaxy S4 versi 16 GB hanya menyisakan space kosong sekitar 8 GB yang bisa digunakan oleh para pengguna, Samsung pun langsung kebanjiran protes dari para penggemarnya, teruta-ma para calon pembeli perangkat tersebut.

Seperti dilansir crave.net, mengingat besarnya perhatian terhadap produk ini, Samsung pun segera merespons masalah terse-but. Dalam sebuah pernyataannya pada Cnet, Samsung mengata-kan, untuk Galaxy S4 model 16 GB, 6,85 GB dialokasikan untuk sistem dalam memori internal, dan jumlah tersebut 1 GB lebih banyak daripada alokasi untuk sistem

TABLET Android dan juga iPad boleh jadi merupakan perangkat yang lebih populer daripada laptop atau komputer desktop saat ini. Namun, di balik popularitas tersebut, Bill Gates meyakini bahwa para pengguna kedua perangkat terse-but memiliki rasa frustrasi atas keterbatasan fungsinya.

Seperti dilansir guardian.co.uk/gopego, dalam wawancaran-ya dengan CNBC, Bill Gates mengungkapkan, keyakinannya bahwa para pengguna iPad dan tablet Android pada umumnya merasa frustasi karena mereka tak bisa mengetik atau mem-buat sebuah dokumen, karena mereka tidak memiliki aplikasi Office di tablet mereka. Dengan kekurangan ini, Gates meya-kini bahwa hanya tinggal waktu saja bagi tablet Surface dari Microsoft ataupun produk-produk tablet hybrid yang menggu-nakan Windows 8 mengambil alih popularitas tablet. ”Windows 8 sangatlah revolusioner, dalam artian mampu menghadirkan kelebihan dari sebuah tablet dan juga PC dalam satu perang-kat, dan mampu memberikan dukungan untuk kedua macam perangkat tersebut. Jadi jika Anda memiliki tablet Surface atau Surface Pro, maka Anda akan mendapatkan faktor portabili-tas dari tablet serta kekayaan fitur dari PC dari sisi kehadiran keyboard fisik, atau Microsoft Office versi PC,” kata Bill Gates. ”Dengan hadirnya Windows 8, maka akan makin sulit untuk membedakan apakah sebuah perangkat itu termasuk dalam kategori tablet atau PC, dan Microsoft berusaha untuk merebut pangsa pasar dari segmen tablet yang sebel-umnya didominasi perangkat setipe iPad,” katanya.

Bagaimana tanggapan Anda terh-adap pendapat Bill Gates ini? Memang be-nar adanya atau hanya sekadar angin surga untuk mendorong penjualan tablet Surface dan Windows 8? *

Nokia Rilis ”Smartphone” Asha 501

Sistem: GSM 900/1800 + WLAN; GSM 850/1900 + WLANAntarmuka pengguna: Nokia Asha PlatformDimensi: 99.2 x 58 x 12.1 mm (H x W x T)Bobot: versi SIM tunggal 98gLayar: 3.0 inci QVGA TFT Capacitive DisplayKamera: 3.2 megapixel.Memori: 128 MB Flash, 4 GB MMC included expandable up to 32GBKonektivitas: Micro USB connector and charging, 3.5 mm AV jack, 2 mm Charger connectorBaterai: standby time up to 48 days (Dual SIM standby time: up to 26 days), waktu bicara up to 17 hours (semua varian).

Samsung Tanggapi Keluhan Minimnya Sisa ”Space” di Galaxy S4 16 GB

sebuah display beresolusi tinggi dan juga fitur-fitur canggih pada para pelanggan.

Sebagai solusi untuk masalah tersebut, Samsung menyatakan agar pengguna mengoptimal-kan fitur slot microSD card guna mendapatkan kualitas user experi-ence yang maksimal.

Slot microSD card memang menjadi sebuah kelebihan dari Galaxy S4 jika dibandingkan dengan HTC One atau iPhone 5. Tapi fitur tersebut hanya bisa di-gunakan untuk menyimpan file-file foto, musik dan video saja, karena Anda tak akan bisa meng-install aplikasi apapun di dalam microSD card.

Jika Anda adalah seorang gamer yang menggemari game-game berat seperti Real Racing 3 yang membutuhkan space sekitar 1,2 GB, maka Anda jelas akan ke-sulitan dalam memilih game apa saja yang bisa di-install di Galaxy S4 milik Anda, bukan?

*

dalam Galaxy S3. Hal tersebut dilakukan untuk menghadirkan

Bill Gates: Pengguna Tablet Android dan iPad Itu Frustrasi!

g ,pangsa pasar dari segmen tablet yang sebel-umnya didominasi perangkat setipe iPad,” katanya.

Bagaimana tanggapan Anda terh-adap pendapat Bill Gates ini? Memang be-nar adanya atau hanya sekadar angin surga untuk mendorong penjualan tablet Surface dan Windows 8? *

PERUSAHAAN Finlandia Nokia belum lama ini merilis smartphone terbaru berharga murah, Nokia Asha 501, di New Delhi, India, dan akan tersedia di seluruh dunia pada kuartal kedua tahun ini.

Nokia dalam siaran persnya mengungkapkan, harga ponsel berdesain cukup menawan itu hanya 99 dolar sebelum pajak dan subsidi operator.

Meski dihargai kurang dari 100 dolar, Nokia ternyata tidak pelit dalam desain maupun fitur untuk Asha 501.

Menurut Nokia, smartphone berdesain mirip Lumia dan berwarna berani nan tebal itu dibuat dari bahan berkualitas tinggi, layarnya misalnya, dari kaca yang tahan gores.

Nokia mengklaim cangkangnya terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dilepas, sementara layar 3 incinya adalah layar sentuh kapasitif, ser-ta bernavigasi sederhana berkat tombol back tunggal (single back button).

Dengan sapuan sederhana jari tangan, kata Nokia, pengguna bisa dengan mudah mengakses apa pun yang mereka sukai. Asha 501 juga dilengkapi fitur dua pilihan tampilan layar utama; Home dan Fastline.

Dalam hal akses internet, Nokia menjanjikan aplikasi ponsel itu bisa memadatkan data internet hingga 90 persen berkat Nokia Xpress Browser sehingga pengguna dapat melakukan browsing dengan cepat dan jang-kauan lebih luas.

Nokia Asha 501 tersedia dalam dua varian, sin gle SIM dan dual SIM, dengan warna-warna merah terang, hijau, cyan, kuning, putih, dan hitam.

Nokia mengatakan, smartphone itu akan mulai dikirim pada Juni men-datang dan akan tersedia melalui 60 operator dan distributor di lebih 90 negara di dunia.

Telkomsel akan menyediakan paket data khusus Nokia Telkomsel Asha yang menawarkan komunikasi data hingga 500 MB, termasuk 60 menit menelepon dan 60 SMS. Perusahaan itu juga akan menyediakan paket data sebulan gratis bagi pengguna Nokia Asha 501. *ant

Spesifikasi Utama Nokia Asha 501

Page 4: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Seperti dilaporkan mash-able.com, menurut sumber dari ETrade Supply, iPhone murah akan diluncurkan tahun ini juga. Para pemasok suku cadang ponsel ini sebelumnya telah membuktikan kebenaran sejumlah rumor Apple. Selain keberadaan handset murah, sumber ETrade tidak menyebut-kan rincian lain.

Berdasarkan rumor sebelum-nya, iPhone murah diperkirakan akan mengusung kombinasi antara iPhone 5, iPod touch terbaru dan iPod classic. Dari segi material yang digunakan, beberapa laporan menunjukkan jika ponsel sebagian besar akan terbuat dari plastik, sehingga membuat biaya produksinya menjadi lebih murah, meski

SEBUAH bocoran baru terkait Windows Phone telah ditemukan, kali ini dari Reddit. Seperti dilaporkan Phone Arena, dari bocoran tersebut dapat diketahui bahwa Nokia, HTC, Samsung, hingga Huawei sedang menyiapkan berbagai gadget Windows Phone untuk musim panas mendatang (triwulan ketiga 2013), termasuk kemungki-nan adanya sebuah notebook atau phablet.

Huawei Ascend WQ 5 diperkirakan merupakan versi Windows Phone dari Ascend D2 yang berbasis Android. Ascend D2 memakai layar 5 inci resolusi 1080p, dengan kamera 13 megapiksel dan juga tahan air. Sementara itu Samsung Chronus adalah notebook Win-dows 8 dengan bodi aluminium. Akan tetapi jika melihat adanya label LTE maka bisa jadi gadget tersebut adalah sebuah Windows Phone.

HTC Tiara telah muncul bocorannya beberapa kali dan diketahui sebagai ponsel WP kelas menengah dengan layar WVGA. Semen-tara itu Nokia Nokia EOS dan Nokia Catwalk masih di ranah rumor dan dikabarkan memakai desain baru yang lebih tipis dengan bodi aluminium. Lebih lanjut Nokia EOS dimungkinkan memakai kamera 41 megapiksel dengan bukaan bervariasi sementara Catwalk lebih diarahkan ke bentuknya yang anggun dan enak dilihat. Sementara informasi Windows Phone 8 GDR 2 akan membawa fitur radio FM di Windows Phone ditambah beberapa fitur lain. Sementara istilah Max yang disebut diperkirakan adalah update GDR3 dengan dukungan untuk phablet dengan layar 5-6 inci resolusi full HD. *

Nokia, HTC, Samsung, dan Huawei Siapkan Gadget Windows Phone Baru?

Samsung Siap Rilis Cameraphone Galaxy S4 Zoom dengan Sensor 16 MP?BEBERAPA waktu lalu muncul nama Nokia

Lumia EOS dengan kamera mirip PureView 808, selanjutnya muncul Sony Honami dengan kuali-tas kamera cyber-shot, dan seolah tidak mau kalah, kini Samsung tampaknya juga memper-siapkan Galaxy S4 Zoom dengan sensor kamera 16 MP.

Seperti dilansir blog.gsm arena/gopego, ber-beda dengan Samsung Galaxy S4 yang meru-pakan high-end smartphone tapi hanya memiliki dukungan kamera 13 MP, Galaxy S4 Zoom hany-alah mid-end smartphone tapi didukung sensor kamera 16 MP.

Samsung Galaxy S4 Zoom dilaporkan memi-liki layar Super AMOLED 4,3 inci dengan resolusi HD, prosesor dual-core atau quad-core, memori internal 8 GB, microSD, Bluetooth 4.0, Wi-Fi, dan GPS serta berjalan pada Android Jelly Bean dengan TouchWiz UI.

Bisa jadi Samsung Galaxy S4 Zoom adalah perangkat yang sama dengan Galaxy Cam-era yang bocorannya muncul beberapa waktu sebelumnya. Samsung Galaxy S4 Zoom dengan kode SM-C1010 dilaporkan akan rilis Juni atau Juli 2013.

*

SETELAH sejumlah produsen beramai-ramai menghadirkan perangkat tablet, kini LG pun dikabarkan diam-diam meren-canakan sesuatu.

Seperti dilansir androidauthor-ity, menurut berbagai sumber media Korea, LG saat ini sedang menguji tablet internal mereka, dengan tanggal rilis yang ditetap-kan sebelum akhir Q3 2013.

Sempat dikabarkan tidak lagi memproduksi tablet pada pertengahan tahun 2012 lalu, LG tampaknya masih belum menyer-ah untuk bersaing di pasar tablet. Upaya pertama yang ditandai dengan rilis Optimus Pad tahun 2011 lalu mungkin memang tidak begitu sukses, namun kali ini LG berharap bisa lebih beruntung daripada sebelumnya.

Sayangnya, tidak ada infor-masi rinci apapun yang terungkap untuk saat ini, tidak dengan uku-ran layar tablet ataupun spesi-

Sempat Gagal, LG akan Kembali Luncurkan Tablet

fikasi lainnya. Namun mengingat LG juga membuat alokasi besar untuk iPad Retina display dan dirumorkanakan membuat layar Retina untuk iPad mini, kemung-kinan untuk melihat layar resolusi tinggi pada tablet LG pun cukup tinggi.

Sebelumnya LG juga telah mengkonfirmasi jika mereka

senang bekerja dengan Google, dan akhir kuartal ketiga sangat dekat dengan waktu refresh dari Nexus 10. Setelah Nexus 4 diri-lis, LG mengisyaratkan adanya lebih banyak perangkat yang mereka kerjakan dengan Google. Namun tentu saja untuk semen-tara semua itu masih berupa spekulasi. *

iPhone Murah akan segera Dirilis?

APAKAH Anda tak sabar menanti kehadiran iPho-ne murah? Selain iPhone 5S, Apple juga dikabarkan telah menyiapkan iPhone baru versi murah, yang sayangnya menurut rumor baru-baru ini hanya akan dirilis dalam jumlah terbatas. Lan-tas kapan bisa mendapatkannya?

kurang tahan lama.Handset ini memang me-

nawarkan harga yang lebih rendah dari original iPhone 5, namun lebih murah tidak selalu

berarti murahan. Dikabarkan jika sebenarnya iPhone murah ini bisa masuk ke dalam kategori mid-range dalam hal spesifikasi dan kualitas. *

APPLE dikatakan akan mengumumkan versi kelanjutan dari sistem operasi iOS di acara Worldwide Developers Conference bulan depan, yang tiketnya habis terjual hanya dalam waktu 2 menit saja. Na-mun, menurut laporan dari Bloomberg/teknoup, Chief desainer Apple, karena Jonathan Ive ingin membawa perubahan yang cukup besar untuk aplikasi email dan kalender di, iOS 7, akan berakibat iOS 7 tidak siap ditampilkan di WWDC.

Seorang analis dari Opus Search bernama Greg Sterling menyatakan, Apple sedang berada dalam tekanan besar untuk merilis sesuatu yang baru dan berbeda. Menurut Sterling, Ive punya jiwa desain yang sangat kuat dan menjadi otak di balik kesuksesan beberapa produk Apple, namun sebelumnya ia memiliki seorang Steve Jobs sebagai pembimbingnya.

Tampaknya Tim Cook tidak dianggap mampu men-jadi kolaborator bagi Ive sebagaimana Jobs. Jadi, wajar saja jika beberapa perubahan akan terjadi. Di samping kemungkinan bakal tertunda sampai September ketika iPhone 5S keluar, malah mungkin saja tidak akan ban-yak perubahan dibanding iOS 6, dengan fitur tambahan baru akan dirilis setelahnya. *

Peluncuran iOS 7 akan Tertunda?

Page 5: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Page 6: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Samsung Galaxy S4 GT-i9500

Dimensi Baru Persembahan GalaxyPADA 2 Mei 2013 lalu, Samsung secara

resmi mengumumkan peluncuran Samsung Galaxy S4 di Indonesia. Meski dianggap membosankan, apalagi dengan desain dan bahan bodi plastik yang tidak beda jauh dengan pendahulunya, Galaxy S III, namun smartphone flagship Samsung untuk tahun 2013 ini memang ditunggu banyak orang, menyusul kesuksesan seri-seri Galaxy S sebelumnya. Untuk jeroan, SGS4 sudah menggunakan spek terkini, seperti prosesor Exynos 5 dengan dua buah prosesor quad core, RAM 2 GB, layar Super AMOLED 4,99 inci Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kepadatan piksel 441 ppi, kamera utama 13MP serta baterai berkapasitas 2600 mAh.

Untuk fitur-fitur, seperti biasa Samsung mendandani flagship-nya dengan bejibun fitur unik bawaan, seperti fitur dual camera yang bisa memotret berbarengan, Drama Shot, dan Sound & Shot. Galaxy S4 memi-liki teknologi untuk memudahkan kegiatan sehari-hari, dengan fitur Group Play, Air Gesture, Air View, Smart Pause serta Smart Scroll, S Translator dan S Health. Sam-sung membanderolnya dengan harga Rp 7499.000. Apakah harga tersebut sebanding dengan performanya secara keseluruhan? Tunggu review selengkapnya.

Desain dan BodiSeperti dikutip dari teknoup, tidak bisa

dipungkiri, desain Galaxy S4 memiliki kemiri-pan yang sangat kentara dengan Galaxy S III. Desain melengkung yang diklaim untuk manusia, sudut-sudut yang melengkung, tombol Home di bawah layar, dan desain ke-seluruhan, yang juga merupakan signature Samsung saat ini. Jika Anda melihat sekilas, mungkin Anda tidak bisa membedakan mana S III mana S4. Perbedaan yang paling kentara adalah pola-pola berbentuk belah ketupat di seluruh bodi ponsel, dan bezel silver dari plastik yang sedikit lebih tebal. Se-cara keseluruhan, bahkan feel menggeng-gamnya pun ala S III, enak digenggam karena sudut-sudut melengkungnya, kele-mahannya pun sama, bahan plastik glossy membuat ponsel ini cukup licin, hati-hati jika tangan Anda mudah berkeringat. Feel pre-mium seperti pada Sony Xperia Z dan HTC One tidak akan Anda dapatkan di SGS4, meski tidak terasa murahan juga, build qual-ity pun termasuk sangat bagus. Satu lagi, casing belakang lebih rata dari S III. Meski menggunakan layar 5 inci, lebih besar dari S III (4,8 inci) namun nyatanya S4 lebih tipis dan ringan dari pendahulunya, meski tidak terlalu jauh perbedaannya.

Di atas layar, ada beberapa sensor maupun pernik-pernik. Ada lampu LED noti-fikasi, sensor proksimitas, sensor untuk fitur gesture, sensor cahaya dan kamera depan 2 MP. Masih ditambah dengan earpiece dan logo Samsung, membuat bagian ini terlihat agak terlalu ramai.

Di bawah layar 5 inci ada tombol Home yang diapit dua tombol sentuh Menu dan Back, ini merupakan ciri tradisional Sam-sung Galaxy. List yang berwarna silver di sekeliling ponsel lebih tebal dan besar dibanding S III, memberi kesan kokoh, padahal tetap terbuat dari plastik. Tombol volume ada di sisi kiri, sementara tombol power/lock di sisi kanan. Port micro USB di bawah, sementara jack audio 3.5 mm di bagian atas. Di bagian belakang casing-nya bisa Anda lepas, untuk kemudian mengganti baterai, kartu micro SIM dan micro SD.

LayarJajaran Samsung Galaxy S selalu

menggunakan layar tipe Super AMOLED, demikian juga dengan S4. Ponsel ini menggunakan layar Super AMOLED 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel alias Full HD, resolusi yang menjadi fitur ung-

gulan beberapa smartphone kelas atas di tahun 2013 ini. Meski layar masih menggu-nakan Pentile Matrix yang hanya terdiri dari 2 subpiksel (layar tipe lain menggunakan RGB 3 subpiksel), namun kepadatan pikselnya yang mencapai 441 piksel per inci, membuat layar terlihat sangat tajam.

Untuk kualitas layar, dari segi tingkat kon-tras dan kepekatan warna hitam tidak perlu ditanyakan lagi, layar jenis OLED memang nomor satu untuk kedua hal tersebut. Untuk kecera-han layar mungkin ka-lah dengan layar tipe LCD / IPS, namun, layar S4 diklaim lebih natural dibanding tipe Su-per AMOLED lain. Tingkat saturasi masih tinggi, warna yang muncul juga masih sangat eye candy, tidak terlalu terang dan tetap adem meski menggunakan tingkat kecerahan tertinggi.

Antar MukaUser interface di

Galaxy S4 masih memiliki ciri khas yang didapat sejak TouchWiz di Galaxy S pertama. Jika di S III temanya adalah Design for Nature, maka di S4 tema keseluruhan ponsel ini adalah Life Companion sehingga sangat banyak fitur yang ditambahkan Sam-sung. Jadi pengala-man ber-Android di ponsel Galaxy S selalu lebih berwarna dibanding Android standar misalnya. Galaxy S4 sendiri su-dah menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean. Performanya sendiri tidak usah dipertanya-kan, amat mulus, lag meski tetap ada namun sangat minimal kemunculannya. Perangkat keras teratas saat ini ditambah lagi dengan Project Butter pada Jelly Bean memungkinkan performa lancar pada Galaxy S4.

Di Lock Screen, Anda bisa menggunakan mode Swipe normal (bisa pilih efek air atau cahaya), atau memilih yang lebih aman, seperti Face Unlock, Face and Voice, Pattern, PIN, dan Password. Anda bisa menampilkan widget berupa aplikasi favorit atau kamera, jam atau pesan personal (bisa Anda ubah sendiri, default-nya Life Companion). Selain widget, Anda bisa menambahkan akses pintas 5 aplikasi utama: Phone, SMS, Google Search, Browser dan Kamera. Di lock screen Anda masih bisa mengakses bar notifikasi, yang cukup memudahkan untuk langsung masuk ke sebuah aplikasi yang memberi notif, langsung dari lock screen.

KameraDalam hal resolusi, Galaxy S4 mengalami

peningkatan dari S III, dari kamera 8 MP menjadi 13 MP. Namun, resolusi hanya satu faktor, bagaimana kualitas keseluruhan dari S4, apakah lebih bagus dari pendahulunya? Yang jelas, banyak fitur yang ditambahkan Samsung. Kita lihat dulu dari antarmuka, yang terlihat lebih simpel dari sebelumnya. Kini untuk foto dan video disatukan antarmukanya, dengan dua tombol shutter di sebelah kanan. Di bawah kedua tombol shutter, ada Mode,

yang terdiri dari beberapa Mode yang menjadi salah satu keunggulan Galaxy S4 yakni Auto, Beauty Face, Best Photo, Drama, Animated Photo, Rich Tone (HDR), Eraser, Panorama, Sport, Best Face, Sound & Shot dan mode Night. Ada informasi sekilas penjelasan men-genai tiap Mode jika Anda memilihnya.

Dari mode-mode yang disebutkan di atas, mungkin yang paling menarik adalah:

Drama Shot: Memung-kinkan pengguna untuk melihat semua aktivitas dalam satu gambar, jadi misalkan Anda me-motret sebuah motor yang sedang berjalan, motor tersebut akan jadi banyak.

Animated Photo: Memungkinkan peng-guna untuk mengambil serangkaian foto, dan memilih salah satu bagian di gambar tersebut untuk bergerak, sementara bagian lain tetap diam. Sebelum disimpan, Anda akan diminta untuk memilih mana yang bergerak, mana yang freeze atau diam. Gerakannya bah-kan bisa dimaju-mun-durkan. Hasilnya ada dalam format .gif dengan resolusi 764 x 430 piksel saja, namun cukup lucu dan menarik.

Eraser: mode ini ber-guna untuk menghapus objek bergerak. Misal-kan, Anda sedang difoto, namun tiba-tiba ada orang lewat, nah orang tersebut bisa dihapus.

Selain Mode, ada juga fitur dual shot, yang memungkinkan peng-guna untuk mengambil

gambar/video dari kedua kamera (depan+belakang)

secara bersamaan. Pengguna dapat memilih bermacam-macam pigura/frame yang ada sebagai inset bagi sebuah foto. Foto inset berukuran kecil ini bisa dipilih, dari kamera depan atau belakang. Pigura/framenya ada Stamp (perangko), Oval Blur, Fisheye dan lain-lain. Foto tersimpan dalam resolusi 4096 x 2304 piksel. Ukuran inset bisa diperbesar dan bisa dipindah-pindahkan, bah-kan saat Anda sedang merekam video. Waktu merekam video dengan mode dual shot juga Anda bisa menukar posisi untuk foto inset dan foto utama, apakah menggunakan kamera depan atau belakang.

Pemutar VideoSeperti yang sudah-sudah, pemutar

video di jajaran Galaxy S selalu diperhatikan dengan baik oleh Samsung. Dari sejumlah video 1080p yang kami masukkan ke Galaxy S4 (.mp4, .mkv, .wmv, .avi, .mov) hanya file .mov yang tidak bisa terbaca di aplikasi video terdedikasi ini. File .M2ts (file bluray) yang di-rename menjadi .mp4, serta sebuah video .mkv 720p 60 fps semua diputar dengan amat lancar. Untuk Subtitel berformat .srt bisa dibaca dengan sempurna, bahkan memi-liki banyak pengaturan, yakni sinkronisasi, pemilihan file subtitle, jenis, ukuran dan warna huruf, serta warna latar di subtitle agar lebih murah terbaca. Video bisa dilihat berdasarkan thumbnail, list dan folder.

Pemutar MusikPemutar musik bawaan pada Galaxy S4

ada dua buah, yakni pemutar musik dari

Google dan pemutar musik bawaan buatan Samsung. Untuk pemutar musik bawaan Samsung, sebetulnya tidak beda jauh, hanya lebih dipermanis saja. Lagu-lagu yang ada di Music Player dapat Anda lihat berdasarkan kategori seperti: all, playlist, album, artists, music square, dan folder. Mengenai music square, fitur ini membagi music berdasarkan jenis nadanya, passion-ate, exciting, calm atau joyful. Sementara fitur-fitur lainnya adalah Sound Alive (equal-izer pop, rock, virtual 7.1 channel, custom dan sebagainya), menampilkan lirik lagu, mengubah kecepatan pemutar musik dan auto off music player setelah jangka waktu tertentu.

Web BrowserAda dua buah browser yakni Google

Chrome dan browser bawaan. Browser bawaan mampu membuka banyak sekali tab, kami mencoba sampai 25 tab masih bisa ditambahkan. Pada bagian atas terdapat tombol back dan forward, kolom alamat website, bookmark, dan tab. Selain itu terdapat juga fitur Incognito browser yang memungkinkan Anda untuk melakukan browsing tanpa meninggalkan jejak seperti history, cookies, password, dan lain seba-gainya, pengaturan tingkat kecerahan layar, print dan save for offline reading. Performa browsernya sangat lancar, tidak terasa lag saat melakukan scrolling dan. Browser ini memiliki fitur Smart Scroll: Layar otoma-tis tergulung ke atas/bawah ketika Anda mendongak atau menunduk, namun fitur ini cenderung sulit diterapkan. Namun Anda bisa mengatur agar memiringkan ponsel bisa otomatis menggulung layar, yang lebih mudah dilakukan oleh ponsel ini. Fitur Air Gesture untuk menggeser-geser halaman web juga masih bisa dilakukan dengan lan-car. Untuk kemudahan membaca sebuah artikel, ada fitur Reader, yang membuat artikel dibaca seakan-akan merupakan sebuah e-Book.

Daya Tahan BateraiTes browsing: 36 menit habis 8 persen,

menggunakan Wi-Fi, tingkat kecerahan 50 persen. Dengan kata lain dari 100-0% = 450 menit (7 jam 30 menit).

Tes screenshot (selama kurun waktu melakukan screenshot untuk review ini, di mana hampir seluruh fitur dicoba, dan tenaga ponsel benar-benar diperas, layar menyala terus menerus. Dalam waktu 60 menit habis 23 persen (brightness 50 persen, Wi-Fi only). Dengan kata lain, dari 100-0 persen = 260 menit (4 jam 20 menit).

KesimpulanDari luar, secara fisik boleh dibilang

Galaxy S4 membosankan, apalagi den-gan desain dan bahan bodi plastik yang tidak beda jauh dengan pendahulunya, Galaxy S III. Feel premium yang didapat di iPhone 5, HTC One, Xperia Z, BlackBerry Z10, bahkan Oppo Find 5, tidak didapat di Galaxy S4. Namun, Galaxy S4 dilengkapi dengan berbagai fitur unik yang tidak ada di ponsel-ponsel yang disebutkan di atas, juga input dan pengontrolan ponsel yang menarik, dengan berbasis gerakan, gesture, maupun yang memanfaatkan kamera depan dan input suara. Fitur-fitur tersebut seharusnya cukup berguna di tangan yang tepat. Belum lagi faktor seperti layar Super AMOLED 1080p yang cemerlang, performa yang amat mumpuni, juga daya tahan batere yang cukup bagus. Dikarenakan fitur-fiturnya, baik dari software, hardware, mau-pun gimmick seperti Air View, Air Gesture dan sebagainya, boleh dibilang Samsung Galaxy S4 adalah smartphone tercanggih di dunia saat ini. Tidak salah jika Samsung memberikan tagline ‘’Life Companion’’ pada flagship mereka tahun ini. *

jenis OLED memang

sendiri sundroid 4 2 2 Jelly Bean

Draamkankan

melmelialalaa

mismisaamotmotanan

motmotbanban

AMeMegungunsermebagterersssemsetettadisdisdimdimmamamamdiakandurdalressajdan

gunobjekannamoraers

Suga

memuna

ambkamera

secara bers

ar jederaka-e

yy

nata4 s

jenis OLED memang dua hala--

andar sendiri su-

Drakinkinkmmdadammmyayammbb

MMggsmbtsstddddmmmmdkddrsd

goknote

jumgu

gakam

Page 7: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

BKK secara resmi mengumumkan perangkat Android terbarunya Vivo Xplay. Vivo Play menawarkan layar 5,7 inci dengan mode single-hand dan dukungan ekstra audio chip yang menjanjik-an audio berkualitas seperti yang dimiliki Vivo X1 series.

Seperti dilansir engadget.com, phablet Vivo Xplay memiliki spesifikasi seperti layar 5,7 inci dengan resolusi 720p, Qualcomm Snapdragon 600 SoC (quad-core 1.7 GHz, RAM 2 GB, dan Adreno 320), memori internal 16 GB atau 32 GB, baterai 3400 mAh, dan berjalan pada Android 4.2 Jelly Bean.

Selain spesifikasi yang dis-ebutkan di atas, ada juga kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP, Wi-Fi, NFC, dan blu-etooth. Namun, yang tidak kalah menarik, Vivo Xplay memiliki ketebalan 7,99 mm dan bezel 2,3 mm dengan rasio view-able total 75,11 persen.

Saat ini Vivo Xplay model 32 GB masih belum ada informasi harga dan ket-ersediaan, tapi untuk model 16 GB akan tersedia dalam dua pilihan warna hitam dan putih dan sudah bisa Anda pre-order dengan harga 490 dolar AS. Vivo XPlay model 16 GB dijadwalkan tersedia pada minggu kedua Mei 2013. *

ngan gan njik-ang

miliki ci ommommcore eerereno atata au aunn lly y y

--mera

blu--lah

l

puutihtih er VivVivoo kan an MeiMei

Vivo Xplay

Android Phablet 5,7 InciSharp AQUOS 206SH

”Smartphone” Android dengan ”Battery Life” Tahan Lama

SUDAH bukan menjadi rahasia umum bahwa tiap pengguna smartphone selalu mengkhawatirkan battery life, tapi kini telah hadir Sharp AQUOS 206SH yang menjanjikan battery life hingga 2 x 24 jam. Seperti dilansir Slashgear, agar bisa berlangsung selama dua hari, Sharp AQUOS 206SH menggunakan kombinasi teknologi baru dan lama, teknologi lama yaitu baterai dengan kapasitas besar (3080 mAh) dan teknologi baru yaitu layar pintar CG Silicon TFT LCD.

Selain memiliki battery life tahan lama, Sharp AQUOS 206SH juga menawarkan spesifikasi yang tidak kalah penting. Sharp AQUOS 206SH memiliki layar 5 inci dengan resolusi 1080p dan 443 ppi, prosesor quad-core 1.7GHz Snapdragon S4 Pro (APQ8064). Ada juga kamera 13.1 MP, 1-Seg digital TV, LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, dan berjalan pada Android 4.2 Jelly Bean.

Hanya itu saja yang ditawarkan Sharp AQUOS 206SH? Tentu tidak! Sharp AQUOS 206SH juga didukung fitur waterproof. Sharp AQUOS 206SH dijadwalkan akan beredar mulai Juni 2013. Sayangnya saat ini Sharp belum mengumumkan berapa harga smartphone terbaru AQUOS 206SH. *

NEWMAN, pabrikan yang berbasis di Cina, baru saja memperkenalkan perangkat tablet Android terbarunya yang bernama Newsmy S8 Mini. Seperti dilansir berita teknologi, Newsmy S8 Mini hadir dengan bodi yang ultra tipis dengan ketebalan hanya 7,2 mm, sama dengan ketebalan Apple iPad Mini yang menjadi kompeti-tornya di pangsa pasar tablet 8 inci.

Newsmy S8 Mini memiliki layar sentuh beru-kuran 7,9 inci dengan resolusi sebesar 768 x 1024 piksel dan kerapatan piksel 162 ppi. Layar Newsmy S8 Mini ini memiliki res-olusi yang sama dengan layar milik iPad Mini.

Newsmy S8 Mini ditenagai dengan prosesor quad core Cor-tex-A9 1.6 GHz dan RAM sebe-sar 2 GB, untuk masalah kinerja pastinya tablet 8 inci terbaru ini menawarkan kinerja yang cepat. Selain itu Newsmy S8 Mini ditenagai juga dengan GPU quad core Mali-400MP, pastinya tablet ini tidak akan mengalami

masalah ketika memainkan game 3D terbaru.Newsmy S8 Mini akan tersedia dalam dua

pilihan memori internal yakni 8 GB dan 16 GB plus keduanya dilengkapi juga dengan slot mi-croSD up to 32 GB. Selain itu Newsmy S8 Mini dilengkapi juga dengan kamera 5 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel, port HDMI, port USB, dan kompatibel dengan modem 4G terbaru.

Sayangnya, Newman belum menginfor-masikan mengenai banderol

harga dari Newsmy S8 Mini. Namun, seperti kebanyakan tablet asal Cina lainnya, Newsmy S8 Mini ini akan memiliki banderol harga yang lebih murah dari iPad Mini. *

Newsmy S8 Mini

Tablet Android 8 Inci Ultra TipisSETELAH memperkenalkan

smartphone Android Jelly Bean termurah yang bernama Mogu

S1 dengan banderol harga Rp 400 ribuan, kini Mogu, pabrikan asal Cina akan meluncurkan

Mogu M5, ”Smartphone” Android Quad Core Murah Meriah

S1 d b d l h R

smartphone Android murah lain-nya yang bernama Mogu M5. Seperti dilansir mobile88, Mogu

M5 memiliki spesifikasi seperti:

- OS Android 4.2 Jelly Bean- Prosesor quad core

core MediaTek MT6589- Layar 5 inci HD,

1280 x 720 piksel- RAM 1 GB- Kamera 8 mega

piksel- Dual SIM GSM, 3G- WiFi, Bluetooth,

GPS, NFC- USB OTG, MHL

HD output.

Meski belum ada informasi mengenai banderol harga dari Mogu M5 ini, seperti-nya smartphone quad core ini akan diban-derol dengan harga yang murah seperti smartphone dari Cina lainnya.

Saat ini smartphone quad core termurah yang hadir di Indonesia adalah K-Touch Lotus

II yang memiliki bande-rol harga sekitar Rp 1,9

jutaan. Dan sepertinya Mogu M5 ini akan dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan K-Touch Lotus II. *

Page 8: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

SEBAGAI produk yang tengah dinantikan kehadirannya, HTC One tengah bersiap didistri-busikan ke seluruh penjuru dunia. HTC One juga merupakan salah satu smartphone yang diga-dang-gadang sebagai penantang Samsung Gal-axy S4. Seperti dikutip dari mobile88, kelebihan HTC One apabila dibandingkan secara langsung dengan Samsung Galaxy Mega 6.3 antara lain:

- Kecepatan prosesor yang lebih cepat.- Stereo speaker.- Resolusi yang tentunya lebih tinggi.- Ketajaman pixel yang lebih tinggi.- Diperkuat gorilla glass.- Storage yang lebih besar.

Sementara penantangnya kali ini adalah Samsung Galaxy Mega 6.3 yang merupakan smartphone terbesar yang pernah diproduksi dari negeri Korea. Galaxy Mega 6.3 juga dilengkapi dengan kamera 8 MP dan memiliki prosesor dual-core yang tangguh. Meski disebut sebagai smart-phone seri Galaxy kelas menengah, tapi tampak-nya Galaxy Mega 6.3 juga memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan HTC One.

- Layar yang lebih besar.- Baterai yang bisa dilepas dan daya baterai

yang lebih kuat.- Lebih tipis.- Lebih mudah diperbaiki. *

COMPARE 17 - 23 Mei 2013

APAKAH Anda sedang mencari tablet murah tapi tak murahan? Tentu saja tablet pertama yang terlintas adalah Nexus 7. Namun, Anda juga bisa mempertimbang-kan HP Slate 7 yang lebih murah dibanding Nexus 7. HP Slate 7 adalah tablet Android yang dipamerkan di ajang MWC 2013 di Barcelona pada akhir Februari lalu dan HP Slate 7 dijadwalkan memulai debutnya di Inggris.

APAKAH Anda sedang mencari

HP Slate 7 vs

Nexus 7Seperti dilansir androidauthor-

ity, HP Slate 7 memiliki fitur seperti layar LCD 7 inci dengan resolusi 1024 x 600, prosesor dual-core 1.6 GHz Cortex-A9, RAM 1 GB, memori internal 8 GB dan microSD, kamera belakang 3 MP dan kamera depan VGA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 2.1, Beats Audio, dan berjalan pada Android 4.1 Jelly Bean.

HP Slate 7 dijadwalkan memulai debut peluncurannya di Inggris

dengan harga £129 atau sekitar 170 dolar AS. Di pasar Inggris,

harga HP Slate 7 sedikit lebih murah dibanding Nexus 7 yang

dijual seharga £159 atau sekitar 200 dolar AS. *

BlackBerry Z10 vs

BlackBerry Q10SETELAH BlackBerry

menuai cukup sukses dengan Z10, produk terbaru mereka Q10 juga sebentar lagi akan tiba. Seperti dikutip dari mo-bile88, apabila melihat secara sekilas, sepertinya perbedaan antara Z10 dan Q10 hanya terlihat pada keyboard qwerty dan layar sentuhnya. Kira-kira hal-hal apa sajakah yang mem-bedakan antara Z10 dan Q10?

• Z10 memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada Q10. Perbandingan untuk resolus-inya adalah 768 x 1280 pixel dengan 720 x 720 pixel.

• Layar Z10 35 persen lebih besar apabila dibandingkan dengan layar Q10.

• Pixel Z10 memiliki 3 buah subpixel, sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih tajam.

• Tingkat ketajaman resolusi Z10 lebih tinggi 28 ppi apabila dibandingkan dengan Q10.

• Kamera Z10 memiliki fitur video light yang ber-

fungsi untuk membantu kamera apabila digunakan di daerah low-light.

• Kamera Z10 juga memiliki fitur auto-focus secara terus menerus dan juga manual focus apabila diperlukan.

• Tombol kamera Z10 adalah tombol khusus yang didedikasi-kan hanya untuk kamera.

• Z10 lebih tipis dan ringan apabila dibandingkan dengan Q10.

• Z10 dapat menggunakan aplikasi berbasiskan Flash.

• Q10 memiliki baterai dengan daya tahan lebih lama dibandingkan Z10.

• Kamera Q10 memiliki fitur HDR.

• Q10 memiliki keyboard (tentu saja) yang memudahkan orang-orang awam yang telah terbiasa dengan keyboard qwerty dari seri BlackBerry pendahulunya.

Sebentar lagi BlackBerry Q10 juga akan tiba di Indo-nesia, tertarikkah Anda untuk

memilikinya apabila anda sudah menggunakan

Z10? *

SEBAGAI produk yang tengah dinantikan Sementara penantangnya kali ini adalah

HTC One vs Samsung Galaxy Mega 6.3

Page 9: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

SETELAH Samsung sukses meluncurkan produk terbar-unya, Galaxy S4, mereka sudah ditunggu oleh lawan-lawan berat di pasar smartphone dunia. Salah satunya adalah Nokia Lumia 920.

KemasanSeperti dikutip dari mobile88, Lumia 920 adalah produk

yang dibuat dengan baik oleh Nokia. Meski Galaxy S4 dan Lumia 920 sama-sama menggunakan bahan plastik sebagai casing-nya, tetapi Lumia 920 terlihat lebih kokoh dan classy. Kenapa demikian? Karena Lumia 920 meng-gunakan bahan plastik polycarbonate. Hanya saja dari segi berat, Lumia 920 memang lebih berat apabila dibandingkan dengan Galaxy S4.

LayarLayar Galaxy S4 berukuran lebih besar apabila diband-

ingkan dengan layar Lumia 920. Dengan layar Super AMO-LED berukuran 4,99 inci dan resolusi 1920 x 1080 pixel, spesifikasi layar Galaxy S4 terlihat lebih unggul daripada layar ClearBlack Lumia 920 yang hanya berukuran 4,5 inci serta memiliki resolusi sebesar 1280 x 720 pixel.

ProsesorApabila dibandingkan secara prosesor, sepertinya

belum ada prosesor yang mampu mengimbangi fenomena prosesor Exynos 5 Octa / Qualcomm Snapdragon 600 milik Galaxy S4. Meski prosesor Qualcomm Snapdragon S4 dual-core 1,5 GHz yang diusung Lumia 920 juga bukanlah prosesor yang biasa-biasa saja.

AplikasiKeduanya memiliki pusat aplikasi yang terpercaya, tetapi

ada sejumlah aplikasi-aplikasi yang terkenal masih belum

SETELAH Samsung g g g g g g gg suksuksuksuksuksuksessessesssssesssses meluncurkan prprroduoduodduuuodduukkk tk tk tk ttttk tkk tk ttk ttk tttkkkkk erbeerberberberberberbbberbrrbberbeerrrbbrerbrrrre aaaararararararararaarrarrrarrr----------unya, Galaxyaxyaxyaxyaxyaxyxyxyaxyxyyy S4S4 S4S44 , m, mm mmmmmmmerereereerererereer ka ka ka kaa sususudsudsudsudsususususudsuuu ah ditunggu oleh lllaaawwawawaawaaawan-ln-ln-ln-l-llaawaawaawaaawawawaawwawawawawaawaawaawwawaaawawaaaaa nn n n n nnnnnnberat di passaaar ar aaaaa smamaaaaasmaaaaaaartprtprrtprtrtrtprtprtprtprtpttrrtrttrrtrtpphohohohohohonhononhohoohh e dudu dudud duddududddddd niaaaaaaaaaaaiaaiaiaaaaaaa SSSSS. S. SS. SSS lalaalaalaaaaaalah sssh h atua nynynyaaayayaa aaadadadaaalaallalahhhhhh hhhhh h hhhhhhhhhhhhhhhhhh

Samsung Galaxy S4 vs Nokia Lumia 920

diperoleh oleh Lumia 920. Tetapi biasanya hal ini tidak mengganggu para pengguna Lumia 920, kar-ena mereka dapat mencari alternatif lainnya melalui katalog aplikasi yang mereka miliki.

Di atas kertas, Galaxy S4 sedikit lebih diung-gulkan daripada Lumia 920 dari segi prosesor, layar serta kameranya. Bagi Anda yang ingin memiliki Lumia 920, janganlah khawatir karena OS mereka (Windows Phone OS ) memiliki kemampuan sesuai dengan yang Anda perlukan, bahkan kamera Lumia 920 juga cukup istimewa. Bagaimana menurut Anda? Apakah memang Galaxy S4 lebih diunggul-kan daripada Lumia 920? *

Galaxy S4 vs Galaxy S3SAMSUNG Galaxy S4 i9500 berhasil

melenggang hampir tanpa saingan dari segi fitur maupun benchmark-nya. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi se-bagian orang perihal perbedaan Galaxy S4 dengan Galayx S3, kakaknya yang hampir setahun lalu diluncurkan.

Seperti dikutip dari teknokers, baik dari segi tampilan maupun fitur, Sam-sung Galaxy S4 memang memukau. Namun, tahukah Anda beberapa hal menarik seputar perangkat ini?

Tampilan FamiliarMeski perangkat ini benar-benar

baru, nyatanya bentuk bodinya masih mengekor pendahulunya di Galaxy S Series. Hal ini tampak dari sudut-sudut yang melengkung persis seperti Galaxy S3.

Mungkin, jika diperlihatkan secara sekilas, Anda tidak akan bisa membe-dakan kedua perangkat ini. Namun, jika dilihat dengan seksama, ternyata perangkat S4 lebih ramping dari kakaknya Galaxy S3.

Selain itu, perangkat terbaru ini juga memiliki layar lebih besar, yaitu 5 inci. Sementara Galaxy S3 sendiri hanya berbeda sedikit, 4,8 inci.

Kamera, Keunggulan Utama Gal-axy S4

Perangkat baru ini pun ternyata mempunyai kamera yang sangat mum-puni. Dengan kamera depan berkekua-

tan 2 megapixel dan kamera belakang 13 megapixel, perangkat ini siap memberikan pengalaman visual yang memukau.

Pemberian kamera berkekuatan tinggi ini pun juga dilengkapi pula dengan ber-bagai fitur yang bisa ditemukan di Galaxy Camera. Beberapa di antaranya adalah Dual Shot yang mampu mengambil gambar dari kedua kamera sekaligus.

Fitur PintarAda banyak sekali fitur baru yang

dikenalkan pada perangkat Galaxy S4 ini. Dengan OS Android Jelly Bean 4.2.2, perangkat ini juga dilengkapi beberapa fitur unggulan khas Samsung.

Salah satu di antaranya adalah fitur asistensi suara S Voice. Fitur mirip Siri ini sekarang bisa juga berbicara dalam berbagai bahasa sehingga mampu mem-bantu penggunanya untuk menerjemahkan percakapan atau tulisan yang mereka tidak tahu.

Selain itu, seperti terinspirasi BlackBerry 10, Galaxy S4 juga mengeluarkan fitur Knox yang membedakan ponsel untuk kebutuhan personal dan bisnis. Dengan begitu, pengguna pun tidak perlu lagi mem-bawa dua ponsel berbeda untuk tujuan berbeda karena semuanya sudah bisa dilakukan melalui Galaxy S4.

Itulah sekilas perbedaan antara Galaxy S4 i9500 dengan Galaxy S3 i9300 di samp-ing beberapa persamaan yang melekat antara keduanya seperti faktor desain. *

Sirilammemma

eka

ackfituntung

agi ua

bisa

Gadi ekain

em-ahkan a tidak

kBBeeeeeeerrerrereerereererreeeeeeereeeerereeeeeeeeeeeeeeeeeereeeeeereeeeeeeeeeeeeeereeeeeeeeeeeereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee y yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyur k anmem-

an a

alaxysamp-at

n. *

Page 10: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

PERTUMBUHAN pasar ponsel pintar (smartphone) Apple di Amerika Serikat naik hingga 2,7 persen, dari 36,3 persen menjadi 39 persen pada triwulan pertama 2013 ini, menurut data ComScore.

Berdasarkan perusahaan penyedia layanan riset tersebut, lewat produk unggulannya iPhone 5, perusahaan yang dibangun oleh Steve Jobs ini masih sanggup mempersempit pasar yang dikuasai oleh handset-handset Android, seperti dilansir Cnet, belum lama ini.

Hal tersebut membuat produsen perangkat dan sistem operasi asal California ini mampu mengalahkan rangkaian ponsel pintar Android dan Windows Phone yang di-usung Samsung, HTC, Motorola, dan LG.

Sebenarnya pasar smartphone Android di awal tahun 2013 ini pun mengalami pertum-buhan, namun belum bisa mengejar Apple.

Produsen asal Korea Selatan, Samsung yang menempati posisi kedua tercatat men-galami pertumbuhan sebesar 0,7 persen, dari 21 persen menjadi 21,7 persen di triwulan pertama tahun ini. Disusul oleh HTC, Motorola, dan LG yang masing-masing meraih 9 persen, 8,5 persen, dan 6,8 persen di pasar smartphone AS.

Selain itu, pada laporan kuartal pertama 2013, comScore mencatat jumlah pemilik smartphone di AS sebesar 58 persen atau melonjak 9 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 136,7 juta orang.

Dengan operator menawarkan subsidi harga yang agresif, jumlah itu kemungkinan be-sar akan terus tumbuh di masa mendatang seiring handset yang tersambung ke internet dengan cepat. *ant

DEBUT BlackBerry Q10 di Inggris dan Kanada, tampaknya membawa angin segar bagi perusahaan. Seperti dilaporkan Ubergizmo, saham BlackBerry naik sejak handset Q10 dirilis. Bahkan, CEO BlackBerry, Thorstein Heins pun yakin jika Q10 akan terjual pulu-han juta unit. Keyakinan serupa diungkap oleh seorang analis dari Macquarie Capital.

Kevin Smithen memiliki keyakinan jika BlackBerry Q10 akan terjual dalam jumlah be-sar, melebihi BlackBerry Z10 dan menyumbang sebagian besar dari keseluruhan pen-jualan smartphone BB10. Ia yakin jika perusahaan akan mengirimkan 4,3 juta perang-kat BB10 bulan ini.

Menurutnya, kelebihan Q10 atas Z10 adalah dapat memenuhi kebutuhan peng-guna BlackBerry tradisional yang selama ini terbiasa dengan keyboard qwerty fisik, terutama setelah meli-hat sejumlah review positif untuk Q10. Bagaimana dengan Anda, masih meng-inginkan BlackBerry 10 baru dengan keyboard qwerty atau ingin men-jajal pengalaman baru dengan BlackBerry Z10? *

SELAMA hampir 2 tahun tera-khir ini, pangsa pasar HTC mulai melemah karena dominasi vendor para pesaingnya. Hal ini mem-buat pendapatan mereka secara bertahap turun tiap tahunnya. Namun, pada bulan April ini vendor asal Taiwan ini mulai melihat harapan.

Pendapatan HTC dilapor-kan meningkat sebesar 23 persen pada bulan April dan mencapai angka 657 juta dolar AS. Hal ini didorong pelun-curan ponsel flagship HTC

Apple Ungguli Samsung di Pasar ”Smartphone”

SELAMA hampir 2 tahun teraA -

Pendapatan HTC Naik 23 PersenPenjualan BlackBerry Q10 akan Lampaui Z10

Berry, Thorstein Heins pun terjual pulu-nan serupa ng analis al.

emilikiBerry Q10 mlah be-erry Z10 ebagian an pen-B10. Ian akan perang-

bihanh dapat n peng-isional asa

wertyh meli-positif na meng-

10 rdn-ru Z10? *

vendormeliha

Penkan mepersenmencaAS. Hacuran p

Laba Penjualan Samsung Galaxy Capai Rekor TertinggiDALAM sebuah pernyataan (PDF) yang

diungkap belum lama ini, Samsung men-gatakan pihaknya berhasil mencapai rekor baru untuk laba yang didapat per kuartal. Seperti dikutip dari gopego, namun yang paling menarik tentu adalah fakta penjualan produk Samsung telah melampaui apa yang diprediksi para analis.

Untuk periode 3 bulan yang berakhir pada 31 Maret lalu, Samsung berhasil mencatat penjualan sebesar 7,15 triliun won (Korea) atau setara dengan 6,4 miliar dolar AS. Angka tersebut naik dari 5,05 triliun won pada kuartal yang sama tahun 2012.

Dari catatan situs Bloomberg, sebelumnya ada 36 analis jika dirata-ratakan memprediksi Samsung akan menghasilkan 6,73 triliun won. Tentu saja prediksi tersebut meleset, bahkan jauh di bawah pencapaian Samsung.

Selain itu Samsung juga mengumumkan pen-jualan produknya yang kian melejit menjadi 52,9 triliun won dari 45,3 triliun won.

Untuk pendapatan operasional (penjualan dikurangi ongkos), Samsung berhasil menaik-kannya menjadi 8,78 triliun won dari penda-patan tahun lalu sebesar 5,69 triliun won. Angka tersebut bahkan sedikit lebih tinggi dari prediksi Samsung awal bulan ini yang mengatakan pendapatan operasional akan mencapai 8,7 triliun won.

Dengan data tersebut, para analis makin yakin Samsung akan terus mencapat rekor penjualan yang lebih tinggi di masa menda-tang. “Samsung akan menghasilkan penda-patan yang lebih besar dalam kuartal-kuartal mendatang, yang meyakinkan saya bahwa laba tahunan akan melampaui (pencapa-ian) Apple. Rata-rata penjualan smartphone

mungkin akan sedikit turun saat para pesaing merilis ponsel harga murah,” ungkap Heo Pil Seok, CEO Midas International Asset Management Ltd.

Para analis meyakini besarnya laba Samsung kuartal pertama 2013 tak lepas dari larisnya Android smartphone lini Galaxy.

Penjualan Android smart-phone Galaxy S4 yang dimulai akhir pekan ini di Amerika juga diyakini sebagai faktor kuat yang turut menyum-bang pendapatan Samsung di kuartal mendatang. Bahkan, bukan tidak mung-kin total pendapatan Samsung tahun ini akan mampu menyalip Apple. *

urunlis

al.ig akroid .mart-ttdimulaika juga diyakini

ng turut menyum-sung di kuartalukan tidak mung-amsung tahun iniApple. *

Asus Mampu Cetak Laba 202 Juta Dolar ASSAAT ini tingkat penjualan di pasar PC terus

menurun akibat tergerus munculnya gadget baru seperti smartphone dan tablet. Hal ini telah memukul para vendor PC global, salah satunya Asus. Berun-tung, masuknya Asus ke dalam pasar tablet ternyata mampu menjadi penolong atas kemunduran pen-jualan PC di seluruh dunia.

Seperti dilansir Engadget, dalam laporan keuan-gan terbarunya, Asus mencatatkan keuntungan 202 juta dolar di kuartal pertama 2013, yang berasal dari pendapatan sebesar 3,5 miliar dolar. Keuntungan ini naik 5,8 persen dibandingkan triwulan yang sama tahun 2012 lalu. Penjualan notebook dan komponen PC Asus dilaporkan turun, namun Asus mampu meraup keuntungan tambahan berkat penjualan se-banyak 3 juta unit tablet dalam 3 bulan di awal tahun 2013 ini. Asus juga melaporkan peningkatan pangsa

di Amerika Serikat. Saat ini pangsa bisnis Asus di AS mencapai 23 persen, naik dari 17 persen di awal tahun 2012 lalu.

Hasil positif ini merupakan peningkatan ketu-juh secara berturut-turut bagi vendor asal Taiwan tersebut. Namun demikian, Asus memprediksi bahwa penjualan akan datar di triwulan mendatang. Pernyataan terakhir ini seakan mengisyaratkan bahwa penerus Nexus 7 baru akan muncul di triwu-lan ketiga 2013 mendatang. *

One.Meski pendapatan meningkat

pada bulan ini, namun jika diband-ingkan pendapatan perusahaan pada bulan yang sama tahun lalu

tercatat menurun sebesar 36,9 persen. Setidaknya peningkatan ini akan membawa perusahaan ke arah yang lebih positif di bulan-bulan selanjutnya, setidaknya inilah

yang diyakini oleh CEO mereka.CEO HTC Peter Chou yakin

bahwa performa perusahaan akan lebih baik lagi dalam 2 bulan ke depan, seiring dengan suplai HTC One yang akan ditingkatkan. Pendapatan total perusahaan untuk kuartal kedua diperkirakan akan mencapai 2,4 miliar dolar AS. *

Page 11: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Page 12: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Page 13: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Page 14: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Page 15: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Bagi pengguna Java yang ingin memulai pemrograman web di Java, Tomcat adalah salah satu tool yang harus dimiliki. Dengan ter-install-nya Tomcat di komputer, Anda bisa menjalankan website (yang mengandung HTML/CSS + JSP+Servlet) dari komputer lokal tanpa harus menga-rahkan ke remote server. Seperti XAMPP untuk PHP dan Tomcat untuk Java.

Instal Tomcat mudah dan tidak usah takut bahkan pro-grammer baru bisa mengaturnya dalam hitungan menit.

Penting: Sebelum Tomcat diinstal secara manual, pastikan Anda punya versi JDK terakhir yang terinstal di

Cara Manual Instal Tomcat di Windows 7

Microsoft Office untuk iOS dan Android Tersedia Akhir 2014

BERDASARKAN sebuah bocoran roadmap dari Microsoft, munculnya aplikasi Microsoft Of-fice untuk platform iOS dan Android, tampaknya akan lebih lama dari yang diharapkan. Microsoft Office mendatang yang menurut bocoran terse-but disebut Gemini, baru akan tiba pada akhir 2014.

Ada tiga gelombang dalam proyek Gemini. Gelombang pertama yaitu Gemini Wave 1.0 akan mengeluarkan update Windows Blue pada bulan Oktober tahun 2013 ini. Gemini Wave 1.5 akan menyediakan Office untuk Mac dan pemba-ruan Office RT, dukungan perceptive pixel serta pembaruan dukungan untuk Windows Phone. Gelombang kedua tersebut akan hadir bulan April 2104. Gelombang ketiga yaitu Wave 2.0 baru akan muncul bulan Oktober 2014, mem-bawa Office untuk iOS dan Android, bersama

dengan Outlook RT.Sumber anonim tersebut selanjutnya menu-

turkan bahwa rencana tersebut kemungkinan akan diperbarui pada awal tahun 2013 ini. Oleh karena itu, bisa saja terjadi perubahan rencana, namun demikian setidaknya info ini bisa jadi patokan awal.

Pihak Microsoft sendiri setahun yang lalu te-lah menyangkal adanya Office untuk iOS (iPad), namun bisa saja hal ini telah berubah. Bahkan, telah ada bocoran gambar Office di iOS dan Android yang ditemukan bulan November 2012 lalu, sehingga masih ada kemungkinan aplikasi populer untuk kantor tersebut akan tersedia di tablet selain Windows.*

Dian PramanaSTIKOM Bali

APACHE Tomcat adalah web server dan servlet open source yang dibuat oleh Apache Software Foundation. Tomcat dipakai un-tuk mengeksekusi ke Java servlet dan juga merender halaman web yang mengandung kode JSP (Java Server Page). Artikel ini akan membagikan sedikit tutorial untuk meng-install Tomcat secara manual di Windows 7.

komputer karena Tomcat bergantung pada JDK untuk menjalankannya. Tanpa JDK, Tomcat tidak bisa bekerja.

1. Buka situs http://tomcat.apache.org/download-70. cgi untuk mendownload versi Tomcat terakhir saat artikel ini ditulis.

2. Geser mouse ke bawah sampai menemukan Binary Distributions dan klik link zip (pgp,md5) untuk men-download-nya.

4. Klik kanan folder tersebut dan pilih Rename. Berikan nama Tomcat.

5. Buka C:\tomcat\lib dan salin file berikut ini ke desktop Anda: servlet-api.jar, jsp-api.jar, el-api.jar, tomcat-dbcp.jar.

6. Lalu pindahkan keempat file tadi ke direktori JDK, yaitu jre\lib\ext. Pada kasus kami, letaknya di C:\ Program Files (x86)\Java\jre7\lib\ext.

7. Selesai, Tomcat sudah terinstal dan sudah bisa dipakai.

*Ni Luh Ratniasih, S.Kom.

STIKOM Bali

3. Ekstrak file zip tadi ke drive C misalnya dan Anda akan melihat nama folder yang sama dengan “apache-tomcat-7.0.37″.

AWAL Februari lalu, Google merilis aplikasi Blogger untuk Android. Anda yang suka nge-blog bisa meng-gunakannya di ponsel Android dan bisa posting artikel atau tulisan apapun di mana saja dan kapan saja. Seperti dikutip dari gopego, ada sejumlah tips yang bisa Anda jadikan acuan agar kegiatan nge-blog di ponsel Android bisa diproses lebih cepat dan senyaman ketika Anda nge-blog melalui PC.

1. Attach Foto Sembari Nulis Anda bisa mengambil foto melalui kamera di ponsel An-droid untuk dimasukkan pada postingan. Sembari Anda menulis draft, aktifkan saja kamera untuk mengambil gambar pendukung tulisan Anda. Bisa juga mengambil foto dari galeri untuk dimasukkan dalam postingan. Semua itu bisa Anda lakukan di Blogger app.

Menggunakan Blogger di Ponsel Android2. Menambahkan ”Current Location” Dengan fitur GPS yang ada di ponsel Android, Anda bisa memberi tahu pembaca blog di mana Anda menulis post-ingan itu. Tinggal pilih Your Current Location tanpa harus mencari/mengetik lokasi.

3. Share to BloggerShare video, produk, foto, link dan hal-hal me-

narik lain menggunakan share button. Button ini ada di tiap aplikasi termasuk Google Maps for Mobile, Youtube juga web browser. Setelah sebuah item ter-share di Blogger, maka item itu secara otomatis akan dimasukkan pada new post. Setelahnya tinggal tulis apa yang Anda inginkan.

4. Bekerja dengan Lebih dari Satu Akun Blogger Jika Anda memiliki akun Blogger lebih dari satu, Anda-pun bisa berpindah dari akun satu ke akun yang lain. Tap saja tanpa panah berwarna oranye yang terdapat di sebelah judul blog. Dengan cara itu Anda bisa menambahkan artikel pada tiap-tiap blog yang Anda punya tanpa harus sign-out dan sign-in berkali-kali. 5. Mengecek Postingan dan Draft Untuk melihat apa saja yang telah Anda publish dan apa saja yang masih ada dalam folder draft, Anda bisa tap pada list icon yang terletak di bagian pojok kanan atas Blogger app. Nah, sekarang Anda bisa mulai nge-blog bersama Blogger app dan ponsel Android. Di perjalanan atau sambil berbaring pun, kini Anda bisa terus update Blogger untuk menyalurkan hobi menulis Anda.

Selamat mencoba! *

Page 16: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Memindahkan Data dari BlackBerry Lawas ke Z10

RATA - rata pengguna perangkat Black-Berry 10 adalah mereka pengguna lama BlackBerry. Untuk beralih ke BlackBerry 10, pengguna perlu memindahkan data laman-ya. Memindahkan data lama ternyata tak sulit, yang diperlukan hanyalah kartu memori eksternal atau kartu microSD. Dalam tulisan ini, BlackBerry Torch 9860 akan dijadikan sebagai contoh perangkat lawas yang akan dipindahkan datanya ke BlackBerry Z10.

4. Hilangkan tanda pilih di “Save emails”, kemudian pilih “Continue”

5. Di halaman berikutnya, kembali pilih

Pindahkan kartu media atau microSD ke BlackBerry Z10 Anda, kemudian nyalakan seperti biasa lalu ikuti langkah berikut.

BlackBerry Z101. Masuk ke menu “Setup”, Pilih “Device

Dengan langkah-langkah di atas, kini data penting di BlackBerry lama Anda dapat diakses dari BlackBerry Z10 seperti biasa, mulai dari alarm, kontak BBM, hingga Book-marks internet dan Call Logs.

Di BlackBerry Torch 9860 – atau Black-Berry tipe lainnya yang Anda gunakan lakukan langkah-langkah berikut. Pastikan kartu microSD masih terpasang di Black-Berry lama.

1. Masuk ke “Menu”, kemudian pilih “Setup”.

2. Kemudian masuk ke “Device Switch”, lalu pilih “Using a Media Card”.

3. Pilih “Save Data”.

“Continue”6. Masukkan password beserta konfirmasin-

ya untuk melindungi data Anda, lalu pilih “Save”

Switch”.2. Masukkan password yang telah Anda

buat sebelumnya di BlackBerry lama Anda.3. Pilih “Transfer”, kemudian tunggu

hingga proses selesai, kemudian pilih “Done”.

Catatan: Aplikasi hasil download yang tersimpan di memori internal BlackBerry lama tidak akan ikut dipindahkan. *

Dian PramanaSTIKOM Bali

iOS 6 Hidden Features: Stores, Siri, RemindersSEBEL-

UMNYA telah diulas ten-tang fitur-fitur rahasia serta tips & tricks iOS 6 untuk Setting, Sa-

fari dan Mail. Di tutorial berikut, bisa Anda temukan sejumlah fitur tersembunyi yang baru diberikan Apple di dalam iOS 6. Seperti dikutip dari Macstories/gopego, tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan cara mudah memanfaatkan fitur-fitur terse-but sehingga bisa menghemat waktu Anda saat menggunakan iDevice.

- Di iOS 6, Anda bisa mene-mukan Notification Center items tersinkronisasi dengan iCloud.

- Tampak Status Bar berubah warna dasarnya di aplikasi yang tengah Anda jalankan.

- Saat Anda mencari sebuah aplikasi di Spotlight, hasil pencar-ian menunjukkan folder tempat aplikasi berada.

- Spinning wheel yang tampak saat Anda shutdown iDevice kini telah mendukung teknologi Retina Display.

- Saat Anda mendengarkan au-dio ketika screen ada pada posisi terkunci, tombol volume tetap bisa Anda pakai tanpa harus unlock device atau double-tap pada Home button.

- Warna AirPlay icon yang ada di Music app berubah menjadi orange saat Anda mengirim audio ke speaker atau AirPlay device.

- Anda juga bisa mendapatkan adanya Emoji di iOS 6. Untuk mendapatkan daftar Emoji yang lengkap, Flickr menggunakan Wol-framAlphaHart.

- Emoji keyboard di iOS 6 for iPad dilengkapi dukungan split keyboard.

- Bar berwana abu-abu trans-paran yang sebelumnya dilengka-pi Previous dan Next (seperti Find Next Page di Safari) kini dipecah mengikuti desain split keyboard.

- Local Weather dipindah ke Settings > Privacy > Location Services > Weather.

- iMessage di iOS 6 memiliki setting sendiri untuk menerima pe-san baru dan memulai percakapan baru dari akun yang berbeda, bisa ditemukan di bawah Settings > Notifications > Messages > Show iMessage Alerts From: Everyone/My Contacts Only.

- Saat Anda mengirim gambar .GIF di dalam Messages, text bubble akan menyesuaikan besar gambar tanpa border, seperti foto biasa.

- Ketika Anda klik pada Load Earlier Messages di dalam Mes-sages app, fungsi tersebut tidak lagi membawa Anda ke bagian paling atas percakapan.

- Anda bisa mengubah default messages untuk new Reply menggunakan fitur Message yang ada di Settings > Phone > Reply with Message.

- Saat menggunakan Calen-dar, double-tap pada sebuah tanggal akan menampilkan tang-gal tersebut dan secara otomatis scroll ke event pertama dari tanggal yang Anda maksud.

- Search box yang ada di dalam Contacts kini bisa Anda pakai untuk mencari konten di semua bagian.

- Di iOS 6, Anda juga bisa set alarm menggunakan sebuah lagu, bukan hanya nada.

Page 17: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

APLIKASI17 - 23 Mei 2013

- iPad Clock app, suhu dari sebuah kota ditunjukkan dalam tampilan World Clock bersama den-gan waktu di kota yang dimaksud.

- Dalam call log, saat Anda klik pada FaceTime call sebelumnya, Anda akan bisa melihat jumlah data yang digunakan, bersebelah-an dengan lama waktu yang Anda pakai untuk menelepon.

- Di Music app, tilt iDevice un-tuk melihat sebuah tombol bulat. Cara kerjanya memanfaatkan sen-sor yang ada di iDevice sehingga terlihat memantulkan cahaya.

Reminders- Anda bisa menambahkan

lokasi baru ke reminders.- Reminders di iOS 6 memiliki

notes yang ada di bawah judul reminders.

- Anda bisa mengatur letak reminders secara manual den-gan cara klik pada tombol edit lalu drag ke urutan yang Anda inginkan.

Free Viewer untuk Membuka Berbagai Macam Format ”File”JIKA Anda pernah mengalami suatu masalah yaitu tidak bisa membuka suatu file, misal-

nya seperti Microsoft Office Word, Excel, Power Point dan sejenisnya serta bingung harus dibuka dengan apa, tak ada salahnya Anda menggunakan Free Viewer. Free Viewer merupakan software gratis yang berguna untuk membuka berbagai macam format file seperti Office Word, Excel, Power Point. Selain itu Free Viewer juga bisa

digunakan untuk membuka file gambar dengan format jpg, png, gif dan bisa juga digunakan untuk membuka file video avi, .mpg, .mpeg, .mp4, .mkv, .3gp and audio are, .mp3, .mid, .flac, .wma, .ogg. Jadi bisa dikatakan Free Viewer

adalah software all in one yang dapat digunakan membuka berbagai macam file. Jadi hanya dengan satu software Anda bisa membuka banyak file.

Jika di komputer atau laptop Anda tidak ter-install program Office, Free Viewer dapat menjadi salah satu tool alternatif untuk membuka dan

mengedit file Office tersebut walaupun tidak selengkap program Office. Anda dapat memutar file video dengan nyaman menggunakan Free Viewer. Anda pun juga dapat melakukan ekstrak file dari file format .7z, .zip, .rar, .gz, .tar, .tgz, .jar, .xpi, dengan sukses. Pendek kata kemudahan yang didapatkan dari Free Viewer adalah bahwa hanya dengan satu program Free Viewer user bisa menggunakan untuk berbagai macam keperluan tanpa harus meng-install beberapa program. Free Viewer support pada Windows

XP, Windows vista maupun Windows 7. *

Erma Sulistyo RiniSTIKOM Bali

Microsoft Mathematics untuk Membantu Mengerjakan

Soal MatematikaJIKA Anda merupakan se-

orang siswa, pelajar, mahasiswa atau orang yang ingin belajar matematika dengan mudah, kini ada salah satu program gra-tis yang bisa mendukung dan membantu Anda yaitu, Microsoft Mathematics. Software ini dikem-bangkan dengan menyediakan berbagai tools matematika untuk membantu mahasiswa/pelajar mengerjakan tugasnya dengan cepat dan mudah.

Dengan Microsoft Mathemat-ics, kita dapat belajar untuk me-mecahkan berbagai persamaan langkah demi langkah, selain juga memahami konsep dasar aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan juga kalkulus. Software ini sebenarnya semacam kalkula-tor, seperti halnya RedCrab dengan berbagai fitur termasuk fitur grafik yang di-desain seperti kalkulator tangan.

Berbagai fitur tambahan juga tersedia, seperti pemecahan masalah segitiga, konversi dari unit satu ke unit yang lainnya, juga pemecah (pencari solusi) dari sebuah persamaan. Dengan kalkulator ini juga lebih mudah untuk membuat grafik 2D (2 dimensi) maupun 3D.

Microsoft technet baru saja meliris versi baru program ini, yaitu Microsoft Mathematics 4.0. Software ini gratis untuk di-download, dengan ukuran 17,6

MB untuk Windows 32 bit serta 18,9 MB untuk Windows 64 bit. Informasi selengkapnya tentang sistem yang didukung serta yang diperlukan sebagai berikut:

Sistem operasi yang didu-kung:

• Windows 7• Windows Vista with

Service Pack 2 (SP2)• Windows XP (32-bit)

with Service Pack 3 (SP3)• Windows Server 2008

R2 (64-bit)• Windows Server 2008

with Service Pack 2 (SP2)• Windows Server 2003

(32-bit) with Service Pack 2 (SP2)

Selain itu, untuk menjalankan program ini, di komputer harus ada (ter-install) Microsoft .NET Framework 3.5 SP1. Minimal CPU/Processor 500 MHz, RAM/Memory minimal 256 MB, VGA card (video) 64 MB, serta tampi-lan layar minimal 800×600.

Jika komputer kita memenuhi syarat di atas, jika ingin men-coba silakan langsung download dari halaman download Micro-soft Mathematics. *

Ni Luh Ratniasih, S.KomSTIKOM Bali

- Untuk memindah antar-list di dalam reminders, Anda harus swipe nama dari list ke bagian atas, seperti pada Mountain Lion. Tidak lagi bisa Anda temukan page dots di iOS 6. Karena pe-rubahan itu, kini Anda bisa swipe ke masing-masing reminders dan menghapusnya.

- Di reminders, terdapat panah di bagian kanan (digunakan untuk menambahkan waktu dan lokasi), yang akan muncul saat Anda mu-lai mengetik. Sebelumnya, panah ini hanya muncul saat Anda pilih Done di sebuah reminders yang baru Anda buat.

Stores- Setiap aplikasi yang telah

Anda download dan belum dibuka akan ditandai dengan pita ber-warna biru, ditempatkan di sisi po-jok kanan dari ikon aplikasi yang dimaksud dengan tanda New.

- Saat Anda klik pada sebuah iTunes link yang ada di Mail baik di iPad atau iPhone, sebuah preview windows akan muncul. Tanpa harus membuka App Store atau iTunes, Anda bisa download aplikasi/media melalui preview windows tersebut.

- Jika sebuah aplikasi telah ter-install dan menunjukkan Open bukan Installed maka tap pada aplikasi itu akan otomatis men-jalankannya.

- Update aplikasi tidak lagi diperlukan password.

- iTunes History di iOS 6 ter-sinkronisasi dengan semua device melalui iCloud.

- iTunes preview akan terus ak-tif saat Anda navigasi di dalam ap-likasi. Bahkan saat Anda menutup iTunes, now playing preview akan tetap muncul sebagai sebuah bar berwarna hitam di bagian atas iP-hone. Sementara di iPad, preview tersebut berupa widget melayang dengan desain transparan.

Siri- Saat menggunakan Siri

dengan Bluetooth hands-free, terdapat sebuah ikon yang me-mungkinkan Anda mengetahui saat audio menggunakan Blu-etooth. Tap pada indikator tersebut berarti Anda memilih audio source (bluetooth atau device).*

Page 18: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

Mengganti Tampilan User @Facebook.com

FACEBOOK telah mengganti email asli dari para penggunanya yang terpampang di halaman Facebook profile dengan akun ”[email protected]”, tanpa meminta persetujuan dari masing-masing pengguna.

Seperti dikutip dari Lifehacker/gopego, layanan email Facebook ini telah diluncur-kan pada tahun 2010, namun minat untuk layanan ini sangat sedikit dan akhirnya segera dilupakan para penggunanya. Berikut adalah cara mudah untuk mengembalikannya seperti sebelumnya:

1. Klik ”about” di profile Anda, lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan akun email Anda, lalu tekan ”edit” untuk men gubahnya. 2. Klik lingkaran di sebelah akun email

Facebook Anda dan pilih ”hidden from timeline”. 3. Klik lingkaran di sebelah email Anda

yang sesungguhnya dan ubah setting-nya menjadi ”shown on timeline” 4. Klik tombol ”save” di bagian bawah hala

man ”edit” dan voila!, email Anda kem-bali ke email asli yang Anda gunakan.

*

FACEBOOK Messenger app versi terbaru memiliki fitur unik yang disebut Stickers. Sementara versi iOS telah mendapatkan sebuah update untuk Stickers, FB Messenger for Android belum bisa memunculkan Sticker yang merupakan gambar-gambar lucu yang berfungsi seperti emoticon tersebut. Seperti dikutip dari gopego, Sticker bukannya tidak ada di Facebook Mes-senger for Android tetapi fitur tersebut sebenarnya masih tersembunyi. Lalu, bagaimana cara memunculkannya? 1. Perlu dicatat bahwa Stickers hanya bisa muncul kalau aplikasi FB Messenger di ponsel Android Anda telah mendapatkan update Chat Heads.

2. Pastikan Chat Heads telah aktif di dalam aplikasi FB Messenger. Tunggu sampai kawan Anda mengirim pesan sehingga Chat Heads terlihat muncul di screen ponsel Android Anda.

FITUR Chat Heads telah diberikan Facebook untuk FB Messenger app for Android. Hanya untuk Android dan belum untuk iOS. Karena itu pula seorang developer yang merasa iri terhadap fitur untuk Android tersebut kabarnya telah berhasil membawa fitur Chat Heads ke iOS melalui sebuah jailbreak tweak yang akan dirilis via Cydia.

Seperti dikutip dari gopego, kabar baiknya, tidak hanya Chat Heads tetapi FB Sticker kini juga bisa Anda munculkan di iPhone berkat bantuan dua jailbreak tweak yang baru rilis di Cydia tersebut.

Jailbreak tweak pertama dinamakam sebagai FB Chat Heads Enabler. Seperti namanya, jailbreak tweak ini mampu mengaktifkan fitur Chat Heads di Facebook app. Dengan Chat Heads, Anda akan mendapatkan wajah teman FB Anda dalam sebuah lingkaran yang ”melayang” di atas semua aplikasi (bahkan ikon) yang ada di screen iPhone Anda.

Jailbreak tweak kedua adalah untuk mengaktifkan stickers yang juga telah ada di Android. Disebut sebagai Facebook Sticker Enabler, jailbreak tweak ini akan memunculkan sticker-sticker lucu baik di iPad juga iPhone. Anda bisa download kedua jailbreak tweak di atas untuk mendapatkan fitur serupa Facebook app di Android. Langsung saja kunjungi Cydia karena FB Chat Heads dan Sticker Enabler tersedia gratis di sana. *

Cara Memunculkan Stickers di Facebook Messenger

3. Tap pada invisible button berukuran kecil yang terletak di sisi kiri sim bol (+), sejajar dengan text box, seperti terlihat pada screenshot di bawah ini:4. Di situlah letak Stickers! Nah sekarang Anda bisa mengganggu teman- teman Anda dengan mengirim gambar-gam bar lucu via Facebook Messenger app di pon sel Android Anda. Selamat mencoba! *

Mengaktifkan Chat Heads & Stickers di Facebook app

Page 19: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

SELAIN informan dari kalangan internal perusahaan, catatan server log dan juga skor benchmark, ada juga sebuah sumber lain yang bisa mengindikasikan kehadiran dari sebuah perangkat yang masih misterius keberadaannya yaitu situs PicasaWeb.

Seperti dilaporkan xperiablog.com, temuan terbaru Xperia Blog memperlihatkan kemunculan foto dari sebuah kamera ponsel yang untuk saat ini hanya sebatas dijuluki sebagai C1905. Data EXIF dari foto tersebut mencatat bahwa software yang digunakan adalah versi 15.1.A.1.0. Melihat nomor seri tersebut, C1905 kemungkinan adalah sebuah perangkat mid-range yang rankingnya berada di antara Xperia E dan Xperia L.

Pascaperilisan Xperia Z di awal tahun, Sony tampaknya mulai menikmati sebuah kesuksesan tersendiri lantaran sukses mencuri start sebelum Samsung merilis Galaxy S4. Para analis memperkirakan bahwa Xperia Z telah terjual sebanyak 4,6 juta unit dalam kurun waktu 40 hari saja, dan Sony tampaknya tak ingin kehilangan momentum tersebut untuk segera merilis produk mid-range. *

PERANGKAT-perangkat elektronika berteknologi canggih (gadget) seperti ponsel pintar (smart-phone) dan tablet seringkali justru mampu mendikte perilaku para penggunanya, bukan pengguna yang mengatur pemakaian perang-kat mereka. Demikian diungkapkan psikolog Tika Bisono.

“Para pemilik ponsel pintar men-jadi tidak bebas untuk memilih kapan menggunakan alat mereka,” kata Tika selepas peluncuran program Pagar Hati dari Cross Mobilephone, di Jakarta, belum lama ini.

Tika mencontohkan ketidak-bebasan para pengguna ponsel pintar dari perangkat mereka terlihat ketika mereka san-gat tertekan saat lupa membawa ponsel pintarnya.

“Atau orang-orang yang tidak bisa jauh dari ponsel pintar mereka meski saat tidur,” katanya.

Psikolog sekaligus penyanyi itu menambahkan

GOOGLE telah merilis aplikasi Google I/O yang baru dengan sejumlah fitur baru dan perubahan desain pada antar muka. Aplikasi ini dirilis untuk membantu para peserta yang biasanya kebingun-gan mencari informasi tentang jadwal acara, info program dan peta lokasi (indoor).

Google I/O 2013 rencananya akan diadakan pada 15-17 Mei di Moscone Center San Francisco. Untuk orang-orang yang tidak ikut serta dalam acara tersebut namun mau mengikuti perkembangan ac-aranya, aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan streaming melalui smartphone atau tablet Android, selain itu aplikasi ini juga memberikan

Konsep Motorola Nexus+ yang Mengagumkan

GOOGLE boleh berbangga atas kerja samanya dengan LG dalam meluncurkan Nexus 4, tapi sejauh ini peran Motorola yang dibelinya masih belum membuahkan hasil.

Seperti dilaporkan phonearena, barang-kali Google saat ini sedang menyiapkan sebuah kejutan besar bagi Motorola untuk menyiapkan generasi selanjutnya dari Nexus 4.

Berikut ini adalah sebuah konsep Nexus+ yang mungkin saja bisa menjadi generasi selanjutnya dari Nexus 4. Konsep Nexus+

adalah seperti kebanyakan high-end smartphone pada saat ini. Pertama, den-gan menggunakan layar 5 inci 1080p, lalu menggunakan prosesor terbaru yang lebih bertenaga, Snapdragon 800.

Untuk spesifikasi lain dari konsep Nexus+ adalah memiliki stereo-speaker ganda di depan, kamera 13 MP yang lebih baik dari kamera yang dimiliki Nexus 4 saat ini. Dan yang terakhir adalah menggunakan baterai dengan kapasitas sebesar 3300 mAh seperti pada Motorola RAZR MAXX. *

Gadget sering Mendikte Perilaku Penggunanya

Sony Siapkan Perangkat ”Mid-Range”

Baru Xperia C1905

Google Rilis Aplikasi Google I/O 2013 untuk Android

-u

bih

xus+

arian raiperti

memperkirakan bahwa Xperia Z telah terjual sebanyak 4,6 juta unit dalam kurun waktu 40 hari saja, dan Sony tampaknya tak ingin kehilangan momentum tersebut untuk segera merilis produk mid-range. *

a selepas peluncuran programgar Hati dari Cross Mobilephone, akarta, belum lama ini.Tika mencontohkan ketidak-basan para pengguna ponsel tar dari perangkat merekaihat ketika mereka san-tertekan saat lupa mbawa ponseltarnya.“Atau orang-ng yang

ak bisa jauh ri ponseltar merekaski saat tidur,”anya. Psikolog sekaligus nyanyi itu menambahkan

gegar budaya (cultural shock) masyarakat Indonesia terhadap perangkat-perangkat teknologi canggih telah merambah usia muda, termasuk anak-anak dan remaja.

“Misalnya remaja yang setiap lima menit ganti status (di perangkat) mereka. Mereka di mana, masih apa. Itu malah seperti memberitahu penjahat posisi mereka,” kata Tika.

Para pengguna gadget yang telah kecanduan, menurut Tika, dapat diberi sejumlah terapi agar mengetahui bagaimana memposisikan gadget selayaknya.

“Pertama dengan cognitive therapy seperti konseling.

Jika ada gejala

adiktif, dapat memakai hypnotis atau behaviour therapy yaitu dengan memberi tugas-tugas lain sehingga perhatian tidak lagi pada gadget,” kata Tika.

Tika mengatakan perilaku remaja yang telah terdikte gadget juga dapat terlihat dari isi pesan-pe-san yang bersifat personal di media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. *ant

dukungan untuk output HDMI yang memungkinkan pengguna mengikuti acara ini melalui layar yang lebih besar. *ant

g /

Page 20: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

APAKAH Anda mencari laptop? Jika demikian Anda bisa mempertimbangkan laptop terbaru keluaran Sony. Tidak hanya satu, tapi Sony menghadirkan tiga lap-top sekaligus dari lini terbarunya yang dinamakan VAIO Fit.

Seperti dilaporkan engadget, ketiga laptop tersebut adalah VAIO Fit 15E, Fit 14, dan Fit 15.

VAIO Fit merupakan lini terbaru laptop Sony. Laptop Sony VAIO Fit menawarkan desain baru yang memiliki ketebalan hanya 22,5 mm dan didukung fitur seperti display touchscreen dengan resolusi 1920 x

MICROSOFT Corporation akan menghadirkan pembaruan sistem operasi Windows 8 yang disebut Windows Blue pada akhir 2013. Hal itu diungkapkan Kepala Pemasaran Microsoft Windows, Tami Reller.

Reller, seperti dukutip AFP, mengatakan Microsoft telah men-jual lebih dari 100 juta lisensi Windows 8 dan akan meluncurkan Windows Blue (Windows 8.1) setelah menerima masukan para pengguna sistem operasi perangkat berlayar sentuh itu.

“Windows Blue akan mengusung inovasi terbaru bagi semua varian ukuran perangkat pabrikan, varian layar, varian durasi baterai dan kemampuan, serta menciptakan peluang baru bagi ekosistem kami,” kata Reller.

Sejumlah analis teknologi AS mengatakan Microsoft terpaksa bereaksi akibat adopsi Windows 8 yang lambat di pasar.

“Blue didesain untuk menanggapi alasan di balik adopsi bisnis Windows 8 yang lambat dan memotivasi pengguna XP yang tert-inggal,” kata Analis Enderle Group, Rob Enderle.

Sementara itu, Pimpinan Microsoft Windows, Julie Larson-Green seperti dilaporkan The Verge, menyatakan perusahaan yang bermarkas di Redmond Washington AS itu akan mengapalkan versi Windows 8.1 untuk pengembang pada akhir Juni.

Penampilan sekilas Windows Blue sempat muncul di internet yang membuktikan perubahan dari Windows 8 seperti tombol Start di tampilan pengguna antar-muka dan Snap Views. *ant

APAKAH Anda mencari laptop? Jika demikian Anda bisa

Sony Rilis Trio Laptop VAIO Fit1080, prosesor 2 GHz Intel Core i7-3537U CPU, RAM 8 GB, Intel HD Graphics 4000, hybrid storage 1 TB, dan berjalan pada Windows 8. Untuk konektivitas trio laptop Sony VAIO Fit didukung Wi-Fi, NFC, dan Exmor R webcam.

Selain trio VAIO Fit, Sony juga akan meluncurkan VAIO Duo 11, yang merupakan Windows 8 hybrid

“surf slider” notebook. Baik Sony VAIO Duo 11 dan trio VAIO Fit akan hadir di Jepang antara 18 Mei hingga 1 Juni 2013. Saat ini harga yang diberikan untuk Sony VAIO Fit 15 adalah 1.818 dolar AS. *

Windows Blue akan Hadir Akhir 2013

ACER telah mengungkap sebuah laptop baru dengan floating touchscreen yaitu Aspire R7, teknologi yang sudah sempat terlihat muncul di film Star Trek.

Seperti dilaporkan Electronista, Aspire R7 menawarkan spesi-fikasi antara lain adalah layar 15,6 inci dengan resolusi 1080P multitouch display dengan Ezel hinge yang memungkinkan laptop untuk dilihat dari angle normal, diratakan dengan alas, bahkan diputar berlawanan dengan pengguna. Desain dari Aspire R7 juga terlihat menonjol keluar mirip dengan sebuah tablet.

Laptop ini hadir dengan prosesor rendah voltage Intel Core i5 1.8 GHz, 6 GB RAM, 500 GB hard drive, 24 GB solid state drive untuk penyimpanan, dan speaker Dolby 8 watt, yang secara otomatis ber-putar sesuai orientasi layar. Selain itu laptop ini juga hadir dengan audio jack, 3 buah USB ports, HDMI, konverter yang mendukung VGA, Ethernet, USB, Wi-Fi dan Bluetooth. *

Komputer akan Sepandai ManusiaIDE mesin superpintar mungkin terdengar

hanya terjadi pada film saja seperti “The Termina-tor” atau “The Matrix,”. Namun, banyak ahli yang meyakini ide mesin super itu dengan tingkat kecer-dasan dapat melebihi manusia, bisa terjadi.

Para ahli meyakini singularitas atau saat kecerdasan buatan menyamai bahkan melebihi manusia, bisa terjadi dalam 16 tahun. Tapi ada ahli lain yang berbeda mengenai kapan dan ba-gaimana singularitas akan terwujud, seperti dilansir Livescience, belum lama ini.

Beberapa orang percaya manusia dapat melampaui keterbatasan fisik mereka dengan bantuan mesin. Tetapi yang lain berpikir manusia pada akhirnya akan melepaskan sebagian besar kemampuan mereka dan secara bertahap diserap ke dalam kecerdasan buatan berbasis organisme, seperti energi membuat mesin dalam sel manusia sendiri.

Seorang futuris bernama Ray Kurzweil, dalam bukunya “The Singularity is Near: When Humans Transcend Biology”, memprediksi pada 2029 komputer akan sepandai manusia dan pada 2045, komputer dapat miliaran kali lebih hebat dari kecer-dasan manusia tanpa bantuan.

“Perkiraan saya tidak berubah, tapi pandangan konsensus ilmuwan kecerdasan buatan telah berubah menjadi lebih dekat dengan pandangan saya,” tulis Kurzweil.

Ilmuwan komputer di University of Wisconsin-Madison, Bill Hibbard, tidak berani memprediksi. Tapi Hibbard tetap yakin kecerdasan buatan akan memiliki tingkat kecerdasan manusia beberapa kali di abad ke-21.

“Bahkan, jika tebakan paling pesimis saya ada-lah benar, itu akan terjadi selama masa orang yang sudah lahir,” kata Hibbard.

Sementara peneliti kecerdasan buatan lain skeptis dengan ide mesin yang melampaui kecer-dasan manusia.

“Saya tidak melihat tanda-tanda bahwa kita dekat dengan singularitas,” kata ilmuwan komputer di New York University, Ernest Davis.

Ia mengatakan, karena itu intuisi fisik, manusia dapat menonton seseorang membatalkan secang-kir kopi dan hanya tahu bahwa hasil akhirnya akan menjadi genangan air di lantai.

Sebuah program komputer, di sisi lain, harus melakukan simulasi melelahkan dan mengetahui ukuran yang tepat dari cangkir, ketinggian cangkir dari permukaan dan berbagai parameter lain untuk memahami hasilnya.

Hibbard menambahkan, setelah singularitas

Acer Ungkap Aspire R7, Laptop dengan ”Floating Touchscreen”

terwujud, orang pun tidak akan mati. Manusia dapat memperbaharui pada bagian sibernetika mesin tersebut.

“Mereka bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan, asalkan secara fisik mungkin dan tidak membutuhkan terlalu banyak energi,” ujar Hibbard.

Menurut Hibbard, kekhawatiran lainnya, adalah ketika manusia menuju masa depan yang meng-hilangkan pekerjaan. Misalnya mobil yang bisa menyetir sendiri, dapat meningkatkan keselama-tan, tetapi juga menempatkan jutaan pengemudi truk keluar dari pekerjaan.

“Sejauh ini, tidak ada orang yang berencana untuk kemungkinan tersebut,” kata Hibbard.

Sebaliknya, saat mesin telah sepandai manu-sia, menurut Robin Hanson, ekonom George Ma-son University di Washington DC, ekonomi akan berlipat ganda setiap bulan atau minggu. Ini telah terjadi pada singularitas sebelumnya yakni revolusi pertanian dan industri.

Saat produktivitas melonjak, bisa jadi adalah bukan hal yang baik. Misalnya, robot mungkin bisa bertahan dalam skenario kehancuran yang akan melenyapkan manusia.

“Sebuah masyarakat atau ekonomi yang dibuat terutama dari robot tidak akan takut menghancur-kan alam dengan cara yang sama di mana manu-sia harus takut merusak alam,” kata Hanson.

Sementara itu, ahli mikrobiologi perguruan tinggi Kenyon, Joan Slonczewski mengatakan, manusia telah melepaskan banyak tugas yang cerdas sep-erti kemampuan menulis, navigasi, menghafalkan fakta atau menghitung.

Bahkan, sejak Gutenberg menemukan mesin cetak, manusia terus menerus mendefinisikan ulang kecerdasan dan memindahkan tugas kema-nusiaan seperti merawat orang tua, orang sakit.

“Pertanyaannya yaitu bisakah kita berevolusi diri dari eksistensi, berangsur-angsur digantikan oleh mesin?” ujar Slonczewski. “Saya pikir itu merupa-kan pertanyaan terbuka,” ujarnya.

Slonczewski menganalogikan masa depan kemanusiaan kemungkinan mirip dengan mitokon-dria, pembangkit energi sel. Mitokondria sesekali adalah organisme independen, tapi pada beberapa titik, ditelan bakteri primitif.

Bahkan, mitokondria kemudian membiarkan sel secara bertahap mengambil alih semua fungsi yang mereka gunakan, sampai sel memproduksi energi.

“Kita seperti mitokondria, kita menyediakan energi, tapi mereka makin melakukan segala ses-auatu,” kata Slonczewski. *ant

Page 21: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

SETELAH pengumuman tablet Surface dari Microsoft tahun lalu, Acer segera muncul sebagai salah satu pihak OEM rekanan Microsoft yang paling vokal dalam menyuarakan kritiknya terhadap perusahaan software terbesar di dunia tersebut.

Seperti dilansir BGR.com, perilisan Windows 8 pun tak luput dari kritik Acer, di mana vendor laptop & notebook asal Taiwan tersebut menuduh Microsoft tidak becus dalam memperkenalkan Windows 8 dan akhirnya berimbas pada buruknya penjualan produk-produk komputer Acer yang berbasis Windows 8. Namun, hal itu tampaknya mulai berubah seiring dengan konfirmasi persiapan Windows 8.1 alias Windows Blue dari Microsoft.

Seperti yang telah Anda ketahui, Windows Blue kabarnya bakal mengembalikan start button yang sempat hilang di dalam Windows 8. Presiden Acer Jim Wong meyakini bahwa perubahan tersebut merupakan sebuah langkah yang bagus untuk mengawali peruba-han ke arah yang benar, dan menekankan bahwa Microsoft kini tampaknya mendengarkan masukan dari para OEM rekanannya dengan lebih baik.

”Ketika kami berbicara dengan Microsoft, kami ingin memastikan pada mereka tentang hadirnya keseimbangan. Dunia komputer tidak akan mengadopsi sistem touchscreen secara 100 persen da-lam 5 tahun mendatang. Sekalipun teknologi touchscreen memang menghadirkan banyak kemungkinan baru bagi dunia PC, namun Anda juga perlu memberikan perhatian ekstra pada sisi dunia yang masih belum membutuhkan teknologi tersebut.”

Chairman sekaligus CEO Acer J.T. Wang juga tak mau keting-galan dalam mengungkapkan rasa optimisnya terhadap perubahan ini. “Dahulu, Microsoft ibaratnya tinggal di langit. Tapi kini mereka berkenan untuk turun ke bumi dan mulai belajar tentang bagaimana pola pikir dari orang-orang di bumi.”*

17 - 23 Mei 2013

PRODUSEN komputer Hewlett-Packard akan me-luncurkan jajaran perangkat laptop seri ProBook 400, termasuk laptop berlayar sentuh 15,6 inci.

HP, seperti dilansir ComputerWorld, meng-klaim laptop-laptop yang menyasar segmen pelaku usaha kecil dan menengah itu mempunyai tubuh 36 persen lebih tipis dan 18 persen lebih ringan diband-ing para pendahulunya.

Di antara kelima laptop itu, hanya Probook 450 yang menggunakan layar sentuh

Instalasi Windows 8 masih di Kisaran 59 Juta Unit PCBELUM lama ini, Microsoft mengumumkan

bahwa Windows 8 telah terjual sebanyak 100 juta kopi, sayangnya tanpa informasi lebih lan-jut tentang seberapa banyak PC/laptop yang telah menggunakan OS baru tersebut.

Seperti dilansir BGR, dalam laporan terba-runya, Computer World mengatakan bahwa jumlah pengguna Windows 8 masih belum setara dengan tingkat penjualannya. Biro ana-lis Moor Insights & Strategy memperkirakan bahwa jumlah perangkat yang benar-benar menggunakan Windows 8 untuk aktivitas rutin masih di kisaran 59 juta unit. Data Net Applications menunjukkan, jumlah persentase pengguna Windows 8 masih sekitar 4,2

persen dari seluruh Windows PC.Jika Anda menganggap bahwa jumlah 59

juta unit termasuk banyak, perlu Anda keta-hui bahwa sampai saat ini masih ada sekitar 70 juta unit PC yang masih menggunakan Windows Vista. Melihat hal tersebut, tak heran jika Microsoft akhirnya lebih memilih untuk mengungkapkan jumlah lisensi yang telah sukses terjual daripada jumlah basis peng-guna Windows 8.

Tidak adanya kabar spesifik dari Microsoft tentang jumlah basis pengguna Windows 8 adalah sebuah kabar buruk, karena jika jumlahnya bagus, Microsoft sudah pasti akan berkoar-koar tentang kesuksesannya. *

Acer Sambut Baik Kembalinya Start Button di Windows Blue (8.1)

Microsoft Berencana untuk Akuisisi Nook Media

HP akan Hadirkan Lima ProBook15,6 inci. Sementara, Probook 430 (13,3 inci), ProBook 440 (14 inci), ProBook 445 (14 inci), Pro-Book 455 (15 inci), dan ProBook 470 (17,3 inci) menggunakan layar biasa (non-sentuh).

Perusahaan elektronika yang berbasis di Palo Alto, California, AS itu juga menyebut kapasitas baterai kelima laptop terbarunya mencapai delapan jam pemaka-ian.

Manajer Produk HP, Kathy Nielsen, menyebut kelima laptop ProBook HP akan menggunakan dua jenis prosesor, Intel dan AMD, yang dibanderol mulai 499 dolar AS (sekitar Rp 4,9 juta)

dan tersedia pada akhir Mei.Namun, Nielsen menolak me-

nyebut jenis prosesor Intel yang akan dipakai HP di laptop-laptop meski Intel akan meluncurkan prosesor Core generasi keempat (Haswell) pada Juni mendatang.

Kapasitas penyimpanan laptop-laptop seri ProBook 400 itu mulai dari 128 giga bit solid-state drive (SSD) atau hard-disk drive satu tera bit.

Selain sistem operasi Win-dows 7 dan Windows 8, Pro-Book juga akan ditawarkan dengan sistem operasi Suse Linux dengan konektivitas USB 3.0 dan port HDMI. *ant

SETELAH cukup sukses dengan tablet Surface, langkah baru apa yang disiapkan Microsoft? Sebuah laporan terbaru men-gungkapkan jika Microsoft sedang mencari cara untuk mengakuisisi aset digital Nook Media dengan nilai sebesar 1 miliar dolar AS.

Seperti dilansir money.cnn.com, lapo-ran yang datang dari dokumen internal ini diungkapkan situs TechCrunch. Dokumen tidak mengindikasikan rencana Microsoft jika mereka berhasil mengakuisisi divisi Nook, tetapi perusahaan memfokuskan pada ren-cana masa depan B&N untuk konten digital. Sayangnya, kedua pihak, baik Microsoft maupun B&N masih menolak untuk mem-berikan komentar terkait kabar ini.

Selain tablet mereka sendiri, B&N juga bekerja sama dengan vendor pihak ke-tiga untuk mendistribusikan konten digital

mereka. Perusahaan juga melanjutkan lini e-reader Nook yang telah ada. Minggu lalu perusahaan menambahkan Google Play Store untuk lini Nook HD miliknya.

Microsoft sendiri telah menunjukkan ket-ertarikannya pada Nook di bulan April tahun 2012 lalu. Perusahaan menghabiskan dana hingga 300 juta dolar AS untuk 18 persen saham Nook. Namun, hingga saat ini B&N terus melihat penurunan minat untuk Nook HD dan HD+ tablet. Perusahaan bersaing keras dengan Amazon yang juga cukup sukses dengan Kindle miliknya.

Keputusan mengakhiri dukungan untuk tablet Android Nook tampaknya tidak akan terlalu mengejutkan. Hal inilah yang diung-kapkan TechCrunch, bahwa rencana Nook untuk kelua dari pasar tablet Android pada akhir 2014. *

Microsoft BBerencana untuk Akkuisisi Nook MediaMiicroroossooftft BBererenccana untntutuk AAkukuisisi Nook Medisisi Nook MediadiaSEETELAH p g cuukupkup sukses dengan tablet

Surfaace, langkaah baru apa yang disiapkanMicrorosoft? Sebuah laporan terbaru men-

j g jmereka. Perusahaan juga melanjutkan linie-reader Nook yang telah ada. Minggu lalu rperusahaan menambahkan Google Play

g g

Page 22: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

INTERNET 17 - 23 Mei 2013

APAKAH Anda sudah mencoba trik untuk menyembunyikan iklan pada Facebook mobile? Seperti dilaporkan techradar/gopego, jangan lega dulu, karena Facebook tak berhenti menginvasi News Feed dengan deretan program iklannya. Seolah tak cukup dengan posting sponsor, Facebook akan segera menempatkan iklan video pada News Feed pengguna.

Menurut lapo-ran dari Finan-cial Times, video dengan durasi 15 detik ini akan muncul segera setelah musim panas atau seki-tar bulan Juli ini. Video pertama yang Anda lihat tiap hari adalah autoplay, tetapi untungnya video tersebut diset “mute”. Jika Anda menekan tombol “unmute”, maka video akan restart dengan audio track.

Terdengar cukup mengganggu? Tampaknya Facebook me-nyadari hal itu. Dan sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi gangguan itu, Zuckerberg dan timnya berencana untuk melun-curkan iklan secara perlahan dengan masa percobaan, sebelum akhirnya benar-benar mengaplikasikannya secara penuh.

Selama ini Facebook membatasi iklan, sehingga setiap peng-guna hanya akan melihat video dari satu pengiklan per harinya. Apakah ini berarti kita akan melihat video yang sama berulang-ulang atau berbagai video dari brand yang sama masih belum di-jelaskan hingga saat ini. Bagaimana, masih setia dengan Facebook atau mulai berpikir untuk beralih ke jejaring sosial yang lain? *

BELUM lama diluncurkan, Facebook Home sudah menda-patkan update. Sebagian besar update launcher untuk Android ini berupa perbaikan bug dan masalah kinerja, tetapi fitur baru juga dikatakan tengah dalam pengerjaan.

Seperti dilaporkan digital-trends, Facebook baru-baru ini memberikan preview beberapa fitur Home baru, seperti Dash Bar, daftar teman yang dapat di-gunakan untuk memulai chatting dan Dock yang akan menyimpan

PRODUK-produk bajakan iPhone, iPad, iPod touch dan semacamnya bukan hal baru yang bisa Anda jumpai di Cina. Namun, analis Kai-Fu Lee tidak melihat itu sebagai kekuatan baru Cina. Seperti dilaporkan Bloomberg, industri mobile di negara tersebut justru diprediksi Lee akan tumbuh menjadi pesaing Facebook.

Lee merupakan CEO dari perusahaan permodalan Innova-tion Works yang bermarkas di Beijing. Menurutnya, perusahaan besar seperti Baidu, Tancent dan Papa telah menerapkan sejumlah strategi baru yang menyerupai ke-

YouTube Luncurkan Langganan Berbayar untuk 53 ”Channel”

SETELAH beberapa kali dikabar-kan akan menghadirkan langganan berbayar untuk sejumlah channel, kali ini YouTube telah resmi meluncurkan layanan tersebut.

Seperti dilaporkan slashgear, untuk saat ini YouTube masih menjalankan-nya sebagai program percontohan melalui grup kecil dari partnernya. YouTube telah membuka program per-contohan dengan 53 channel, mulai dari Official Franklin channel sampai UFC Select channel.

Untuk sementara ini, layanan masih terbatas dalam jumlah salu-ran. Adapun seberapa saluran lain termasuk PGA Digital Golf Academy, Pets.TV, National Geographic Kids, Comedy.TV dan Fix My Hog saya merupakan Harley channel.

Jangan lupa, Sesame Street juga

akan hadir dalam program ini dan menawarkan episode penuh.

Setiap saluran akan menawarkan percobaan gratis selama 14 hari dan biaya berlangganan akan dimulai pada 0,99 dolar AS per bulan, tersedia juga pilihan untuk berlangganan secara ta-hunan. Namun, harga untuk tiap chan-nel akan bervariasi. Misalnya, biaya berlangganan National Geographic Kids channel adalah 3,99 dolar AS tiap bulan atau 29,99 dolar AS per tahun.

Dan yang perlu dicatat adalah Anda tidak akan menemukan iklan dalam layanan ini. Layanan berbayar YouTube channel ini dapat dinikmati di komputer maupun di ponsel, tablet atau televisi. Namun, untuk saat ini proses berlangganan harus dilakukan melalui komputer. Sayangnya, layanan ini belum bisa dinikmati di Indonesia. *

”Update” Facebook Home for Android Tawarkan Fitur Baruaplikasi favorit pengguna.

Kabar baiknya, untuk semen-tara ini pengguna Facebook Home masih terbilang aman dari gem-puran iklan. VP Facebook Mobile Engineering Facebook, Cory On-drejka mengatakan, pihaknya akan menghadirkan iklan di Facebook Home, tetapi ada langkah-langkah yang perlu diambil sebelum melakukannya agar sesuai dengan estetika Home dan tampil cantik. Dan kami belum siap saat ini,” katanya.

Selain itu juga dikatakan jika Facebook Home saat ini mendekati 1 juta download dan pengguna yang telah menginstalnya meng-habiskan 25 persen waktu lebih banyak di Facebook. Di antara fitur-fitur favorit adalah Cover Feed dan Chat Heads. Meski demikian, Home tetap memiliki masalah juga, yang sayangnya tidak dibeberkan oleh Ondrejka secara khusus.

Salah satu masalah pada Fa-cebook Home adalah mengambil alih ponsel dan menghilangkan kemampuan untuk menggunakan widget, folder dan app dock. Selain itu, pengguna juga dibingungkan oleh kontrol yang ditempatkan

Facebook di ponsel mereka dan tidak yakin bagaimana untuk mengembalikannya. Tapi Face-book tampaknya telah mencoba mengatasinya dengan fitur baru.

Facebook menambahkan app dock baru pada Home. Penggu-na mungkin dapat membuat dock dari awal atau mengimpor setup lama. Dock akan tetap statis di bagian bawah layar, dengan cara yang sama. Daftar aplikasi dan Dock akan dapat diakses dengan cara swipe.

Untuk memerangi disorientasi setelah menginstal Home, Face-book memberikan pengenalan yang lebih menyeluruh navigasi khusus pada Facebook Home. Secara internal, inilah yang disebut sebagai Blue’s Clues, mungkin karena kotak biru yang akan digunakan dalam tutorial.

Facebook juga akan menam-bahkan Dash Bar. Cukup swipe ke kiri, pengguna dapat membuat gelembung Chat Head yang berisi daftar teman-teman yang sedang online. Setelahnya peng-guna dapat memulai percakapan dengan siapa pun yang ada di dalam daftar. *

BELUM lama diluncurkan,

Facebook akan Sisipkan Iklan Video pada News Feed

k

Cina Siapkan Pesaing Facebookbijakan Microsoft dan Facebook.

Kepada Bloomberg TV Lee menjelaskan bahwa Cina belum cukup matang untuk menyamai pencapaian setara Apple atau Google. Menurut Lee, dua peru-sahaan besar tersebut merupakan kelas elite yang berperan seba-gai “pengubah level” penemuan teknologi masa kini. Lee sanggup mengungkap hal tersebut karena dirinya pernah bekerja di Apple maupun Google serta Microsoft sehingga ia tahu bagaimana ekosistem di dalam perusahaan tersebut.

“Sulit bagi Cina untuk memiliki

sebuah seperti Apple atau Google tetapi saya pikir masuk akal bagi Cina untuk menuju ke perusahaan generasi baru yang mung-kin bisa menjadi sebuah “Microsoft mini” atau “Fa-cebook mini” atau bahkan Instagram. Saya bagi tipe perusahaan berdasar kuat tidaknya pelaksanaan keputusan yang mereka buat,” katanya.

Anda tidak perlu lama un-tuk melihat bukti dari apa yang dikatakan Lee. Itu karena sejum-lah miniatur perusahaan sekelas

Facebook telah ada di Cina, sebut saja Sina Weibo yang merupa-kan Twitter ala Cina. Dan meski disebut tidak mampu menciptakan perusahaan sekelas Apple atau Google tetapi telah ada sebuah

iOS App Store versi Cina yang menyediakan aplikasi iOS bajakan gratis. Dalam waktu dekat ba-rangkali Anda akan menjadi saksi lahirnya Facebook, Tumblr atau Instagram versi Cina. *

Page 23: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

APAKAH Anda sedang mencari headphone unik dan berkualitas? Jika demikian, Anda bisa mempertimbang-kan headphone menakjubkan keluaran terbaru dari KEF, yaitu M500 dan M200. Seperti dilansir kef.com/gopego, dua jenis HiFi headphone yang dinamakan M Series ini selain menawarkan suara yang berkualitas juga menawarkan bodi super ramping yang sangat keren.

KEF M500 memiliki kerangka terbuat dari bahan aluminium dan didukung sweat resistant. Headphone KEF M500 dilengkapi sebuah sistem driver 10 mm dan sebuah driver 5,5 mm serta

ANDA sering berpergian jauh tapi ingin selalu terhubung dengan laptop? Jika demikian, Anda bisa membawa Silverback-Gorilla sebagai teman perjalanan.

Seperti dikutip dari gopego, Silverback-Gorilla merupakan sebuah portable UPS (Uninterruptable Power Supply), yang dapat memberikan tenaga tambahan hingga 14 jam untuk laptop. Silverback-Gorilla diprod-uksi Powertraveller.

Silverback-Gorilla memiliki sebuah baterai berkapasitas 60.000 mAh di dalamnya. Baterai berkapasitas besar ini menyediakan soket dengan output AC 240 volt, yang memungkinkan Anda memberikan daya untuk berbagai perangkat elektronik dengan soket AC. Dan yang tidak kalah menarik, Silverback-Gorilla hanya memiliki berat 2,5 kg yang dapat menjadikannya sebagai teman yang sangat berguna dalam pendakian gunung atau perjalanan jauh lainnya.

Silverback-Gorilla tidak hanya bisa menyediakan tenaga bagi bagi laptop, tapi juga bisa memberikan tenaga untuk tablet atau smartphone. Untuk menjadikan Silverback-Gorilla sebagai teman perjalanan, Anda harus menyediakan uang yang tidak sedikit karena portable UPS Silverback-Gorilla dibanderol 450 dolar AS. *

BISAKAH Anda bayangkan ketika bencana alam besar melanda dan menghancurkan sumber daya listrik? Komunikasi akan terganggu, terlebih ketika baterai perangkat mobile tidak mencukupi. Anda tidak bisa menghubungi teman, kerabat atau bahkan meminta bantuan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, hadirlah SOSCharger yang memungkinkan pengguna Anda untuk tetap mengisi bat-erai ponsel tanpa sumber listrik. Bagaimana bisa?

APAKAH Anda sedang mencari aksesori untuk Nokia Lumia 920? Jika demikian Anda bisa mempertimbangkan sebuah case 12x TelePho-to yang tidak hanya mampu melindungi tapi juga memberikan dukungan kamera Nokia Lumia 920.

Seperti di- laporkan amazon.com/gopego, Case 12x TelePhoto dilengkapi fitur lensa tele-photo dan juga tripod kecil untuk mejaga kestabilan kamera saat digunakan. Nokia Lumia 920 hanya perlu Anda masukkan ke dalam case dan Anda siap menggunakan dukungan kamera dengan kemampuan 12x optical zoom. Bah- kan, fitur ini bisa membuat iri pengguna Nokia PureView 808.

12x Telephoto adalah case yang dapat membuat kamera Nokia Lumia 920 menjadi luar biasa. Aksesori 12x Telephoto lengkap beserta tripod, universal holder dan protective case, bisa Anda dapatkan dengan harga 31,99 persen. Apakah Anda berminat dengan aksesori lensa 12x Telephoto ini? *

HiFi ”Headphone” Super Ramping

maksimum 40 mm pada masing-masing speaker.

Sementara KEF M200 didu-kung sistem driver 10 mm dan 5,5 mm. Headphone menakjubkan KEF M Series dijual dengan harga

tidak murah, tapi juga bukan merupakan headphone paling ma-hal yang ada pada saat ini. KEF M500 dibanderol 300 dolar AS, sedangkan KEF M200 dibanderol 200 dolar AS. *

Isi Ulang Baterai Ponsel tanpa Listrik? Gunakan SOSCharger!

Seperti dikutip dari gizmag.com/gopego, SOSCharger dilengkapi dengan sebuah alat pemutar manual yang digerakkan tangan. Alat ini da-pat digunakan untuk memproduksi listrik hanya dengan memutarnya selama beberapa waktu. Cara ini tentu akan sangat bermanfaat dalam kondisi darurat di mana sumber listrik padam. Namun, charger ini juga dilengkapi dengan 1500 mAh rechargable battery untuk cadangan ketika dibutuhkan, sementara alat pemutar manual digunakan ketika darurat setelah baterai habis.

Untuk setiap 3-5 menit memutar alat, Anda bisa menggunakan-nya 5-12 menit untuk menelepon. Namun, akan bergantung pada ponsel dan perangkat. Pegangan alat pemutar dirancang cukup pan-jang yang memudahkannya untuk digunakan. Charger juga dilengkapi sebuah USB port standar, sehingga bisa digunakan oleh perangkat apapun dengan USB cable.

Terdapat sejumlah lampu indika-tor yang memungkinkan pengguna mengetahui status baterai perangkat mereka, seperti 3 LED akan meng-informasikan berapa banyak daya baterai yang sudah dihasilkan. Saat ini SOSCharger sedang melakukan sebuah kampanye di Kickstarter dan telah mengumpulkan sebanyak 81.028 dolar AS. *

laporkan ama

man Anda siap menera dengan kema

Bah- kan, fitur ini bokia PureView 80to adalah case

era Nokia Lumiesori 12x Teleph

universal h, bisa Anda daparsen. Apakah An

ori lensa 12x Te

12x TelePhoto, Case Unik untuk Nokia Lumia 920

Portable UPS untuk Laptop, Tablet dan ”Smartphone”

S ti dik ti d i i /

KEF M Series

Silverback-Gorilla

Page 24: Gadget Star. Bali Post 17 - 23 Mei 2013

17 - 23 Mei 2013

KABAR baik bagi Anda penggemar game Plants vs Zombies. Seperti dilansir phone arena, game populer yang menjadi mega hit ini akan hadir dalam sebuah sequel dalam waktu dekat. Dirilis pertama kali untuk iOS pada tahun 2010 dan Android pada tahun 2011, sekuel Plants vs Zombies akan tersedia mulai bulan Juli mendatang.

Developer PopCap menger-jakan sekuel game pada bulan Agustus lalu, dan belum lama ini mereka telah mempost-ing sebuah video teaser di YouTube yang mengatakan jika game akan diluncurkan

GOOGLE diam-diam mendap-atkan seorang eksekutif baru yang merupakan sosok veteran di dunia game komputer, Noah Falstein. Uniknya lagi, Falstein mengisi sebuah posisi yang terbilang aneh di Google, yaitu sebagai Chief Game Designer. Kira-kira, apakah yang sedang terjadi?

Seperti dilaporkan techcrunch dan dikutip dari gopego, jika Anda masih asing dengan so-sok Falstein, pria ini merupakan seseorang yang telah berkecim-pung di industri game sejak tahun 1980 dan telah bekerja di berbagai perusahaan seperti LucasArts, 3DO, serta Dreamworks Interac-tive. Sebelum bergabung dengan Google, Falstein mendirikan sebuah perusahaan konsultan game yang membantu perusa-haan lain dalam mendesain game, proses perkembangannya, juga business model yang akan diguna-kan. Falstein juga aktif memberi-kan ceramah dan juga pengajaran untuk bidang game komputer.

Profile LinkedIn Falstein me-nyatakan bahwa dia kini menjabat sebagai Chief Game Designer di

ROVIO tak berhenti menawarkan layanan terbaiknya bagi pengge-mar setia. Seperti dilaporkan phandroid.com, developer game asal Finlandia ini baru saja mengumumkan Rovio Account, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna menyimpan progress game untuk digu-nakan pada berbagai perangkat dan platform.

Sebagian pengguna yang sering meng-upgrade ponsel atau tablet yang lebih baru dan harus mulai dari awal, tapi layanan ini menjawab permasalahan tersebut. Bisa dibilang inilah cara terbaik yang ditawar-kan Rovio saat ini.

Untuk saat ini, fitur hanya tersedia pada Croods serta versi klasik Angry Birds for iOS di Finlandia dan Polandia. Kemungkinan Rovio akan meluncurkan layanan pada lebih banyak platform dan negara-negara dalam waktu dekat. *

APAKAH Anda dan pacar Anda masih gemar memainkan game Angry Birds? Jika ya, mungkin kisah berikut ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu pertimbangan ketika Anda memutuskan untuk melamar pacar Anda.

Seperti dilansir mashable/gopego, seorang gamer asal Australia bernama Ben sukses mendapatkan dukungan Rovio selaku publisher game Angry Birds untuk membantunya menciptakan sebuah level khusus yang bisa

ELECTRONIC Arts kembali akan melakukan deaktivasi be-berapa game buatannya. Dalam sebuah pengumuman yang dirilis belum lama ini diketahui bahwa pihak EA akan menutup tiga game miliknya yang ada di Facebook yaitu The Sims Social, SimCity Social dan Pet Society.

Seperti dilan-sir The Next Web/teknoup, ketiga game tersebut akan ditutup pada tanggal 14 Juni 2013 mendatang. Menurut EA, penutupan ter-

Sekuel Game Plants vs Zombies akan segera Hadirpada bulan Juli. Sayangnya, video tersebut tidak menunjuk-kan gameplay atau memberikan informasi apapun mengenai permainan.

Video ini hanya menunjukkan pengguna yang marah karena ke-hadiran sekuel Plants vs Zombies yang begitu lama. Mungkin inilah yang membuat PopCap memu-tuskan untuk memberikan subtitle PvZ 2: It’s About Time. Platform mana yang akan mendapatkan sekuel ini pertama kali? Sayang-nya, video juga tidak memberikan petunjuk tersebut. Sudah tidak sabar menanti kehadirannya? Simpan rasa penasaran Anda hingga dua bulan ke depan. *

Google Serius Garap Android Sebagai Platform Gaming?

Google, mengisi posisi tersebut mulai April 2013. Uniknya, versi cached dari keterangan tersebut jelas-jelas menyatakan bahwa Falstein sebagai Chief Game De-signer at Android Play Studio.

TechCrunch kemudian me-nyebutkan bahwa minat utama Falstein adalah di bidang serious games yang didefinisikan oleh Falstein sebagai menggunakan games, teknologi game, ataupun teknik industri game untuk sebuah

bidang-bidang selain hiburan mur-ni. Contoh dari apa yang dimaksud oleh proyek Serious Games dari Falstein tersebut adalah seperti penggunaan teknologi game untuk meningkatkan pendidikan dan juga kesehatan, atau juga untuk diguna-kan dalam proyeksi finansial.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah selain proyek-proyek se-rius tersebut, Google juga berminat untuk mengembangkan platform Game Center ala Apple? *

Simpan ”Progress” Game Angry Birds dengan Rovio Accounts

Lamar Pacar lewat Game ”Angry Birds: Friends”digunakan untuk melamar pacarnya. Awalnya Ben menginginkan level tersebut hadir sebagai sebuah level khusus yang bersifat pribadi, namun juru bicara Rovio mengatakan bahwa level spesial tersebut kini ikut dihadirkan dalam update level pack terbaru dari seri Angry Birds Friends versi mobile.

Jika Anda penasaran dengan tampilannya, level spesial dari Ben untuk Melissa ini bisa Anda temu-kan di stage ke-3 dari turnamen Angry Birds Friends. Seri Friends ini

awalnya dirilis untuk platform Face-book, di mana para pengguna bisa bertanding untuk membandingkan skor tertinggi satu sama lain. Versi ini akhirnya dirilis untuk versi mo-bile baru-baru ini.

Ben juga tak lupa untuk memposting proses lamarannya dalam blog pribadinya. Melissa mengatakan bahwa Ben me-mang sangat terobsesi dengan Angry Birds, jadi dia tak akan terlalu kaget jika tema pernikahan mereka adalah Angry Birds. *

EA akan Tutup Game The Sim Social, SimCity Social, dan Pet Society di Facebook

jadi karena saat ini telah terjadi penurunan minat yang drastis atas ketiga game tersebut.

Pihak EA sendiri masih akan terus menyediakan berbagai game lain miliknya yang masih populer di Facebook, seperti games dari PopCap semacam Bejeweled Blitz, Solitaire Blitz

dan Plants vs Zom-bies Adven-

tures.Se-

lain EA, perusa-

haan lain juga telah menutup

beberapa game di Facebook seperti

Zynga dengan game Ma-fia Wars 2 ataupun PetVille. *

imCity Social dan Pet

ti e

ad4 Juni

Bejeweled Blitz, Solitaire vs

dvees.

lape

haugamen

gaFacebook se

mCity Social dan Pet

dilan-xt

da4 J i

Bejeweled Blitz, Solitaidan Plants

bies Adture

jjum

beberapa F b k