gadget-star 15 - 21 juni 2012

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 12-Mar-2016

235 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

Games24 15 - 21 Juni 2012

Penerbit : PT Bali Post

ROCSTAR Games yang terkenal dengan produksi game serunya, di tahun ini kembali meri-lis game terbarunya yakni Max Payne 3. Serunya Max Payne 3 muncul dengan menggabungkan

Cerita Soal Kejatuhan Detektif New York City

TEMPLE Run merupakan game yang sukses dikembangkan Imangi Studios. Hal itu terlihat dari sejak dirilis pada Agustus 2011, khususnya untuk iOS di-download sebanyak 40 juta kali dan menjadikan game ini di App Store’s sebagai “Top Grossing App” dan “Top Free App’ spots di bulan Januari 2012.

Kini, selain di game Temple Run kini bisa diunduh lewat Android. Temple Run merupakan game yang sangat menarik dan seru untuk dimainkan. Game Temple Run ini, memainkan tentang karakter utama game yang melarikan diri setelah mencuri patung yang dikutuk di kuil. Untuk terus bisa hidup dan menghin-dari kejaran sejenis monster atau disebut Evil Demon Monkeys agar tidak tergigit harus terus berlari.

Sepanjang melarikan diri, karak-ter akan terus dikejar-kejar monster

situasi tembak menembak yang sangat canggih dengan narasi gelap memutar, dan presentasi sangat sinematik.

Dalam game Max Payne 3, pemain berkarakter sebagai Max

Payne, dengan setting tempat yang sangat baik didukung tampi-lan gambar yang cukup bagus.

Dikutip dari situs resmi http://www.rockstargames.com/

maxpayne3/order, Max Payne 3

mengambil kisah jatuhnya mantan detektif New York City yaitu Max Payne dan menerima tawaran se-bagai pekerja keamanan swasta di São Paulo, Brazil yang diharap-kan bisa pelarian dari masa lalu yang tragis.

Tugas Max Payne di sini ada-lah melindungi pengusaha kaya Rodrigo Branco dan istrinya yang bernama Fabiana. Keseruan di game ini bermula ketika Fabiana diculik ketika bawah perlindungan Max, Max menemukan dirinya terjebak dalam sesuatu keadaan yang jauh lebih besar dari pen-culikan sederhana. Kemudian Max berupaya mencarinya di jalan-jalan kota, di mana dalam pencarian tersebut seolah mengingatkan kembali pada kondisi masa lalunya yang suram.

Pada seri pertama Max Payne 3 membawa kombinasi menembak dengan tepat den-gan berbagai mode pengop-erasian dan kompetitif yang memungkinkan pemain untuk bersaing di semua pertandin-

gan, berjuang untuk kesempatan untuk bermain sebagai Max Payne dirinya dalam pembunuh Payne, atau membangun peristiwa dari cerita single player dalam modus Wars Gang dinamis.

Sementara itu, Max Payne 3 juga menjadi judul Rockstar pertama yang crews fitur, dalam artian bisa bermain bersama melalui online, membangun aliansi dan persaingan. Dikembangkan di Rockstar Games Studios Di seluruh dunia, Max Payne 3 seka-rang tersedia untuk Xbox 360 dan PlayStation 3. *man

Temple Run, Game yang makin Populertersebut. Untuk menghindari kejaran serta agar tidak digigit, pemain harus menggoyang-goyangkan ponsel ke kiri dan ke kanan. Karakter game harus mengumpulkan sebanyak mungkin koin agar nyawanya tetap ada dan tetap kuat berlari dan

menghindari gigitan monster. Per-mainan game dengan mengguna-kan gesek atau goyangan ini cukup sederhana, sehingga membuat game ini menjadi rekomendasi game yang patut diunduh dan dimainkan. Selamat mencoba. *dwi

net

net

Page 2: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

TOP NEWS2 AKSESORI 23

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra.Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita. Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657, 416676. Faksimili: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi/Pengaduan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

HTC Luncurkan Ponsel Premium dengan Harga Terjangkau

SAAT ini ponsel premium berharga terjangkau makin marak. Hal tersebut dilakukan pihak vendor untuk merebut pasar di tengah makin maraknya ponsel premium dengan harga tinggi.

Salah satu vendor yang mengeluarkan ponsel pre-mium berharga terjangkau adalah HTC. Seperti yang dikutip dari situs inilah.com, vendor asal Taiwan ini telah meluncurkan tiga smartphone seri Desire di Indonesia.

Ketiga ponsel pintar baru besutan HTC itu adalah Desire V, Desire VC dan Desire C. Semua produk itu dibanderol dengan harga di bawah Rp 4 juta.

Seperti yang disampaikan situs tersebut, ketiga seri Desire ini menampilkan teknologi audio dari Beats Audio, desain premium, interface HTC Sense

4.0, dan juga dilengkapi dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Ketiga seri Desire ini juga mendapat tambahan media penyimpanan data online (cloud computing) sebesar 25 GB dari dropbox selama 2 tahun. Saat ini, tambahan media penyimpanan dropbox 25 GB ini hanya ada di ponsel HTC seri One, yang merupa-kan smartphone segmen menengah ke atas.

Bagaimana dengan harganya? Untuk Desire V di-jual dengan harga di kisaran Rp 3,5 juta, Desire VC Rp 3 juta, sedangkan Desire C dijual dengan harga berkisar Rp 2,5 juta. Ketiga smartphone terbaru besutan HTC ini akan tersedia di pasaran Indonesia mulai pertengahan bulan Juni ini. *ade

Samsung Galaxy S III

Kirim File 1 GB dalam Tiga MenitSAMSUNG Galaxy S III

memang didedikasikan untuk kemampuan berbagi yang lebih baik dibanding smartphone lain, fitur S-Beam di dalamnya bisa mentransfer file berkapasitas 1 GB ke perangkat yang sama hanya dalam tiga menit saja.

Dengan S-Beam file-file besar seperti video dan dokumen bisa dikirim dengan mudah dan cepat. Hanya dalam beberapa detik, dengan satu sentuhan file beru-kuran 100 MB sudah terkirim ke Galaxy S III teman Anda.

“Galaxy S III adalah smartphone paling ino-vatif di pasar saat ini,” kata Chief Marketing Officer for Samsung Telecommunications America, Todd Pendleton dalam siaran pers yang dikutip Antara News.

Berbeda dengan S-Beam yang tidak membutuhkan koneksi Wi-Fi dan sinyal selular, fitur berbagai Galaxy S III lainnya, AllShare® Play, memungkinkan pengguna men-girimkan file atau video ke perang-kat Samsung HDTVs, tablet, laptop, dan peralatan elektronik lain yang berada pada jaringan yang sama.

Untuk berbagi dokumen, pre-sentasi dan foto ke semua teman melalui jaringan Wi-Fi, fitur All Share Cast sarananya.

Bagi Anda yang gemar fotografi dan sedang hunting bareng, aplikasi Share Shot akan memper-mudah mengumpulkan foto dari teman-teman tanpa harus melalui email, MMS atau kabel USB.

Momen yang ditangkap kamera 8 megapiksel Galaxy S III dengan cepat dapat dibagi ke ponsel lain-nya dalam jarak kurang lebih 60 meter. Bahkan, jika Anda sudah menetapkan ke perangkat mana Anda akan berbagi maka secara otomatis Galaxy S III mengirim foto ke sana.

Selain kemampuan berbagi,

INI mungkin kabar yang me-legakan bagi pengguna ponsel layar sentuh, karena sudah ada ponsel dan tablet dengan tombol fisik yang bisa muncul dan meng-hilang sesuai keinginan.

Perusahaan asal California, Tactus, seperti diberitakan Antara News, membuat sebuah ponsel yang memiliki tombol seperti itu. Perusahaan ini mengklaim tombol tersebut muncul di area yang sama di layar ponsel berupa tombol transparan. Teknologi ini dapat diterapkan di tablet, ponsel, dan remot kontrol serta dapat juga digunakan pada alat musik.

Tactus menjelaskan, ini meru-pakan teknologi yang pertama kali di dunia untuk mengatasi kekuran-gan teknologi layar sentuh. Bagaimana bisa sebuah tombol keluar begitu saja dari layar gad-get Anda? Tactus mempersem-bahkan sebuah dimensi baru dari touchscreen dengan tombol fisik

Tombol Fisik Otomatis Ponsel Layar Sentuh

yang muncul sesuai perintah, dan masuk kembali ke dalam layar, lalu layar terlihat seperti semula.

Tactus mengklaim teknologi mereka setipis layar sentuh yang ada saat ini dan tidak ada peruba-han pada sensor di bawahnya.

Dengan tombol tertentu, peng-guna dapat memilih apakah akan menampilkan tombol fisik tersebut atau tidak. Ketika fungsi tombol dimatikan, maka tombol akan masuk ke dalam layar secara perlahan dan tanpa bekas.

Tactus mengklaim teknologi ini merupakan inovasi paling canggih dari teknologi layar sentuh saat ini yang baru sampai pada respons getar ketika menyentuh layar. Mer-eka juga mengklaim teknologi ini memudahkan jari pengguna agar lebih tepat sasaran pada tombol tertentu di layar. Ini bukan sekadar akal-akalan teknologi getar tetapi benar-benar tombol nyata yang muncul dan menghilang di layar. *

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

Galaxy S III juga memiliki fitur yang pada masa lalu diunggulkan Apple, Siri.

Ponsel pintar itu juga bisa dikontrol hanya dengan perintah suara, tanpa menyentuh. Dengan

S-Voice, pengguna bisa menaik-turunkan volume musik, menerima atau menolak panggilan, memati-kan atau menunda alarm, bahkan memotret hanya dengan mengu-capkan smile atau cheese. *

DEMAM bola meramaikan dunia memasuki Piala Eropa ‎ Euro 2012. Bagi penggila bola bisa menambah casing pada pon-selnya dengan ciri-ciri klub sepak bola yang menjadi favorit sebelumnya.

Banyak model casing ponsel yang menawarkan kemeriahan liga sepak bola dunia. Seperti Football Club Casing IPhone 4 Manchester berwarna merah dengan model AIP4FC.

Football Club Casing iPhone 4 - Manchester merupakan casing ponsel unik ini didesain untuk iPhone 4, dan cocok untuk penggemar sepak bola.

Terbuat dari poly plastik yang kuat, ringan dan tahan lama. Dide-sain khusus untuk iPhone 4 dengan lubang tombol yang pas untuk iPhone 4.

Aksesori casing iPhone 4 yang terpenting adalah pelindung ponsel itu sendiri. Casing iPhone 4 memiliki banyak sekali aneka ragam warna seperti merah, dan putih.

Selain memberikan image pecinta bola, casing berbahan plastik berfungsi sebagai pelindung. Ketika iPhone 4 terjatuh maka casing plastik ini akan melind-unginya, setidaknya tidak membuatnya menjadi lecet akibat gesekan atau benturan keras. *kup

Football Club, Casing Unik bagi Penggila Bola

terlindung dari goresan-goresan, saat ditaruh di saku sehingga terlindung dari benturan.

Selain itu, kegunaan screen protector pada ponsel agar terlihat lebih menarik. Screen protector ini memiliki tiga jenis tampilan yang berbeda-beda. Misalnya, screen guard spy white yaitu tampilan yang berwarna putih atau bening. Screen guard

SAAT ini banyak jenis pelindung ponsel

yang ditawarkan di pasaran. Salah satu pelindung yang cukup

diminati masyarakat adalah screen protector sebagai pelindung layar

ponsel.Kegunaan screen protector ini antara

lain sebagai pelindung layar ponsel agar

mirror yaitu tampilan yang menampilkan efek kaca pada screen protector. Screen guard spy black yaitu tampilan yang ber-warna hitam agar layar ponsel tidak terlihat dari samping. Terakhir screen guard clean yaitu tampilan yang memberikan kesan bersih pada layar ponsel itu sendiri. Screen protector ini dipasarkan mulai dari harga Rp 30.000 sampai Rp 75.000. *tya

Lindungi Ponsel dengan ”Screen Protector”

Page 3: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

KOMPUTER22 TOP NEWS 315 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Sengitnya Persaingan Ponsel AndroidPERSAINGAN ponsel Android makin sengit.

Selain produsen Samsung, produk dari produsen Sony dengan Sony Experia U juga ikut

meramaikan perang ponsel Android. Sony Xperia U menyusul Sony Xperia S

masuk ke Indonesia dengan segala kelebi-hannya. Bahkan ponsel ini, telah menjadi

salah satu ponsel terlaris sepanjang 2012 ini, seperti yang dikutip dari situs resmi ponsel tersebut.Ponsel Sony Xperia U yang dulunya dikenal dengan Sony Ericsson

ST25i memiliki prosesor dual-core 1 GHz STE U8500 dengan GPU untuk grafis DB8500. Melengkapi OS Android 2.3 (Gingerbread), Sony Xperia U ditambahkan dengan memori RAM 512 MB untuk memperlancar jalannya aplikasi pada sistem Android. OS Gingerbread di Sony Xperia U nantinya bisa di-upgrade ke Android 4.0 ICS.

Berbeda dengan kamera Sony Xperia S yang 12 MP, kamera Sony Xperia U hanya 5 MP dengan resolusi 2.592 x 1.944 piksel yang ikut dita-mbahkan juga berbagai fitur kamera lainnya seperti autofocus, LED flash, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, 3D sweep panorama,

dan image stabilization. Ada kamera depan VGA dan kemampuan merekam video untuk kamera utama berkualitas 720p@30fps dengan light video.

Sony yang terkenal di ranah elektronik menambahkan teknologi Sony Mobile BRA-VIA Engine pada layar 3,5 inci Sony Xperia U (resolusi 480 x 854 piksel) dan tentunya menjadi kelebihan ponsel Sony Xperia U. Untuk suara Sony memanfaatkan teknologi Sony 3D surround sound audio technology sehingga hasil suara di ponsel Android Sony Xperia U menjadi enak didengar dan jernih.

Untuk media penyimpanan file dan memo-ri, sayangnya Sony Xperia U tidak menye-

diakan slot memori eksternal untuk tambahan storage dan tentunya ini menjadi kekurangan Sony Xperia U. Namun, tersedia memori inter-nal sebesar 8 GB (4 GB dipakai sistem dan 4 GB lagi untuk menyimpan file). *ade

”Cloud Computing”, Solusi Masa DepanUNGSI internet

yang pada awalnya hanya sebagai media pengirim data dan informasi, saat ini menga-

lami perluasan menjadi makin berkembang mengikuti perkem-bangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Internet digunakan di berbagai kehidupan manusia di Indonesia termasuk penggunaan media sosial yang akhir-akhir ini menjadi marak di kalangan anak muda.

Menurut laporan dari Inter-netWorldStats (IWS), Indonesia menempati urutan keempat banyaknya jumlah pengguna in-ternet di Asia setelah Cina, India dan Jepang. Ini membuktikan betapa pentingnya internet bagi masyarakat di Indonesia dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Pengelolaan data dan infor-masi melalui internet, diharapkan mampu menghasilkan layanan berupa kemudahan dan kenya-manan kepada penggunanya. Solusi yang muncul adalah komputasi berbasis internet yang mengarah kepada proses pengaplikasian sistem dengan mudah tanpa dibatasi ruang, waktu dan tenaga. Namun, kar-ena makin banyaknya data yang diolah pada sebuah sistem, maka dibutuhkan suatu ruang atau tempat penyimpanan (storage) yang lebih besar juga. Penamba-han kapasitas ini mengakibatkan pekerjaan dan biaya pemeli-haraan (maintenance) perang-kat keras menjadi bertambah. Belum lagi jumlah bandwith yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini tidaklah sedikit. Untuk menjawab permasalahan tersebut muncullah komputasi awan atau lebih dikenal dengan cloud computing.

Cloud computing meng-gabungkan prinsip dasar ekono-mi dan peletakan sumber daya komputasi. Istilah cloud comput-ing sebenarnya sudah lama digu-nakan, karena pada dasarnya in-ternet bisa digambarkan sebagai sebuah awan besar. Penggunaan istilah ini pada awalnya digu-nakan untuk gambaran umum sebuah jaringan besar (back-bone) yang berupa awan, yang sebenarnya berisi sekumpulan komputer yang saling terhubung.

Konsep ini dikenalkan pada tahun 1961 oleh Prof. John McCarthy seorang pakar komputasi MIT dan terus berkembang sampai saat ini. Kata cloud merujuk kepada simbol awan yang menggambarkan jaringan internet sedangkan com-puting adalah proses komputasi. Cloud computing dapat diartikan sebagai sebuah model komputasi di mana sumber dayanya (kom-putasi, penyimpanan, jaringan dan perangkat lunak) disediakan se-bagai layanan di internet. Analogi sederhana untuk menjelaskan tentang cloud computing adalah pemakaian listrik yang disediakan PLN. Sebagai pengguna, kita tidak perlu mendirikan infrastruk-tur pembangkit listrik sendiri agar bisa memakai listrik. Kita tinggal memakai listrik saja karena semua sudah disediakan PLN sebagai penyedia layanan. Kewajiban pengguna hanyalah melunasi tagi-han tiap bulannya sesuai dengan jumlah pemakaian. Analogi terse-but dapat menjelaskan bahwa cloud computing bertugas sebagai penyedia layanan dan kita adalah pemakai dari layanan tersebut.

Cloud computing ditawarkan dalam berbagai bentuk dan diakui

oleh Institute of Standards and Technology (NIST) yaitu : public cloud, private cloud, community cloud dan hybrid cloud (kompo-sisi public, private dan commu-nity). Pada dasarnya teknologi cloud mirip dengan sifat cairan (elastisitas) yang mudah dapat memperluas dan mengisi, yang berarti pengguna dapat meminta sumber daya tambahan dari pe-nyedia layanan dan dapat dengan mudah melepaskannya ketika sumber daya tidak diperlukan. Layanan yang ada pada cloud computing sendiri terdiri atas tiga model yaitu : Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). IaaS merupakan model yang menyediakan sumber daya pemroses, penyimpanan, kapasitas jaringan dan sumber daya komputasi lainnya. Peng-guna dalam IaaS seolah-olah mempunyai perangkat keras dan segala isinya pada remote server termasuk perangkat lunak di dalamnya, misalnya Amazon yang menyediakan virtual server. PaaS merupakan model yang men-gizinkan pengguna menggunakan aplikasi dan bahasa pemrogra-

man yang disediakan sistem serta menyimpan data-data dengan menggunakan API provider, mis-alnya Google Apps. Sementara SaaS merupakan perangkat lunak yang berbentuk layanan di mana pengguna hanya menggunakan aplikasi dengan cara menyewan-ya, misalnya Facebook, Twitter, email dan sebagainya.

Melihat kelebihan yang ditawar-kan cloud computing sudah se-layaknya cloud computing sudah tidak dipandang lagi sebagai tren. Menurut data riset Gartner pasar global cloud computing akan mencapai 150 milyar dolar AS pada tahun 2014. Sementara di Indonesia, menurut data proyeksi Telkom, pasar cloud computing bisa mencapai Rp 2,1 trilyun. Hal ini akan makin jelas dengan makin banyaknya perusahaan kelas kakap dunia yang akan meng-gunakan cloud computing untuk meningkatkan daya saingnya. Di Indonesia, cloud computing bukanlah sekadar wacana saja. Di bidang pendidikan sudah ada live@edu services dari Microsoft. Dengan live@edu maka siswa/guru/mahasiswa/dosen bisa mendapatkan email id sesuai

Layanan Komputasi Awan makin BerkembangLAYANAN cloud computing atau

komputasi awan di Indonesia makin berkembang, bahkan sudah memasuki perangkat mobile sehingga dibutuhkan keamanan jaringan.

“Mobile cloud menjadi salah satu mesin pendapatan bagi pelaku usaha, namun ada ancaman besar yaitu masalah keamanan jaringan,” kata IT Manager Primaasset Karunia Sinergi (CQ Cloud), Doddy Dewayanto, seperti diberitakan Antara News.

Menurut Doddy, trafik data di Indone-sia kian tinggi seiring makin banyaknya pengguna internet. Namun, ada bahaya yang mengancam, Indonesia berada di

posisi nomor dua yang diserang Distrib-uted Denial of Service (DDoS).

Cloud computing atau lazim disebut komputasi awan adalah pemanfaa-tan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan) di mana informasi secara per-manen tersimpan di server di internet dan di komputer pengguna (client) ter-masuk pada desktop, komputer tablet, notebook, gadget dan lainnya.

Ia menjelaskan, serangan DDos biasanya menggunakan banyak var-ian mesin di mana kala satu sistem diserang tidak mengetahui sedang diserang karena dianggap yang datang

adalah trafik normal. Biasanya yang diserang adalah jaringan dan membo-roskan bandwidth.

Menurut Doddy, jaminan keamanan pada dunia cloud meliputi sisi klien dan sisi server. Jaminan keamanan pada sisi klien untuk kenyamanan dan kepastian pada kegiatan bertransaksi, sedangkan jaminan keamanan pada server untuk menjaga kelangsungan bisnis klien dan melindungi data dari kondisi yang merugikan baik fisik mau-pun non fisik.

Dalam hal perlindungan terhadap kelangsungan bisnis klien, diperlukan solusi sistem keamanan terpadu bagi

penyedia layanan cloud untuk pengelo-laan keamanan jaringan cloud-nya.

Sistem Medusa dari CQCloud adalah Next Generation SIEM (Security Infor-mation and Event Management) yang merupakan platform keamanan terpadu bagi penyedia cloud untuk mendukung fungsi pemantauan jaringan melalui aliran data.

Selanjutnya, fungsi deteksi dan mitigasi DDoS, fungsi pengelolaan dan analisis security event dan fungsi pe-laporan dalam satu kesatuan sistem.

Solusi Medusa dari CQCloud mem-berikan availability, stability, dan reli-ability kepada partner dan pelanggan demi kelangsungan bisnis. *

dengan nama sekolah/almamater/perguruan tinggi tanpa memiliki infrastruktur apa pun. Di bidang pemerintahan sudah ada layanan TELKOMG-Cloud merupakan sebuah layanan Information Com-munication Technology (ICT) bagi pemda yang komplit (ap-likasi khusus, aplikasi umum, dan hardware), affordable (pay as you use), dan simple (fully managed). Selain di bidang pendidikan dan pemerintahan masih ada bidang-bidang lain yang telah meman-faatkan cloud computing termasuk perusahaan yang menerapkan-nya dalam bentuk private cloud untuk meningkatkan profit margin perusahaan. Private cloud lebih mudah diimplementasi karena secara bandwith dan infrastruktur tertutup.

Untuk beralih ke cloud comput-ing, tentu saja tidaklah mudah. Tantangan yang dihadapi ketika beralih ke cloud computing antara lain penetrasi infrastruktur internet yang bisa dikatakan masih terba-tas, tingkat kematangan peng-guna internet di Indonesia yang cenderung menggunakan internet sebagai media hiburan dan so-sialisasi, serta tingginya investasi yang diperlukan untuk menye-diakannya karena merupakan kombinasi infrastruktur jaringan, perangkat keras dan perangkat lunak sekaligus. Namun, tantan-gan tersebut perlahan tapi pasti mendapatkan perhatian serius dari kalangan industri telematika di Indonesia. Perhatian serius juga tak luput dari pemerintah dengan masuknya cloud computing dalam pembahasan RUU Konvergensi Telematika yang diperkirakan akan dibahas oleh DPR akhir tahun 2012.

Potensi bisnis yang ditawar-kan cloud computing sangatlah besar, misalnya di Indonesia saat ini terdapat 200 ribu server, namun kurang dari 10 persen yang sudah tervirtualisasi. Ini berarti bahwa masih terdapat 90 persen lagi yang bisa dikelola dan menjadi solusi pengemban-gan TIK di Indonesia. Semoga tantangan dalam mengembang-kan cloud computing dapat ditangani sehingga semua pihak dapat merasakan manfaatnya.

*Fajar Y. ZebuaEmail: [email protected]

Page 4: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

TOP NEWS4 KOMPUTER 2115 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

SMARTFREN Andro merupa-kan ponsel Android yang diban-drol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 1.483.900 plus gratis micro SD 4 GB. Dengan layar IPS 4 inci, display WVGA (400 x 800) serta OS Ginger-bread yang bisa di-upgrade jadi Ice Cream Sandwich.

Prosesor dari Smartfren Andro 1 Ghz Qualcomm MS-M7627A. Dengan network/radio yang digunakan CDMA 2000 1x EvDO Rev.A 800 Mhz. Operat-ing system (OS) Android yang terdapat dalam Smartfren Andro ini adalah Gingerbread 2.3.6

Bahkan, OS Smartfren Andro

Serunya Persaingan Ponsel Quad Core 4G

RASANYA tak banyak vendor yang berani melakukan gebrakan luar biasa. Belum lagi selesai euforia tentang smartphone Dual Core kini berlanjut perang ponsel dengan otak Quad Core.

Beberapa merek ternama seperti Samsung, LG, dan HTC berani menge-luarkan ponsel tersebut. Khusus di In-donesia, tampaknya fasilitas 4G belum bisa dinikmati secara pasti. Sebab be-lum ada provider yang berani membuat

lanjutannya yaitu Samsung Galaxy S III. Agak lama memang waktu yang dibu-tuhkan untuk menunggu produk ini keluar na-mun terhitung semalam, Galaxy S III sudah masuk ke Indonesia. Menggunakan prosesor Quad Core dan jaringan 4G, ponsel resmi Olimpiade ini digadang-gadang bakal menuai kesuksesan seperti pen-dahulunya. Ponsel ini dikabarkan akan dibanderol sebesar Rp 7,5 juta.

HTC One XPabrikan asal Taiwan ini lebih dahulu

membuat mengeluarkan ponsel Quad Core mereka dari Samsung. Dengan mengusung prosesor Quad Core dan seri Android paling baru, Ice Cream Sandwich. Kelebihan utama dari ponsel tipe ini adalah bisa mengambil gam-bar dalam metode video record dalam

BAGI masyarakat yang menyukai petualangan seperti mendaki gunung, offroad, atau aktivitas lain di luar ruangan, jelas membutuh-kan ketahanan tubuh yang kuat, serta perlengkapan yang lengkap. Aktivitas ini pun harus ditunjang dengan bantuan ponsel outdoor yang didesain khusus untuk para petualang.

Rata-rata ponsel outdoor memiliki ketahanan terhadap air, guncangan atau bantingan, cuaca ekstrem, dan dapat digunakan di segala medan. Ditunjang dengan kualitas prima, ponsel tersebut memiliki keunggulan dalam menangkap sinyal di tempat yang sukar. Salah satunya Samsung.

Samsung C3350 yang juga dijuluki Xcover 2 tidak sembarangan untuk mendapat gelar outdoor, Xcover 2 telah mendapatkan ser-

tifikasi IP67. Dengan sertifikasi ini, ponsel telah lulus uji tes ketahanan dari air dan debu. Dengan desain cover yang rapat, Xcover 2 bisa dipakai menyelam secara terbatas dalam waktu 30 menit dan kedala-man hingga 1 meter.

Desainnya juga cukup ergonomis dengan dimensi 52,9 x 122,5 x 17,9

mm dan berat 110 gram.Dari segi tampilan, keypad diran-

cang dari bahan karet yang sedikit keras, ini wajar mengingat material ponsel harus berasal dari bahan yang kuat. Kelengkapan yang ada di ponsel outdoor ini mencakup tombol volume, port micro USB, dan tak lupa ada bekal lampu

senter. Sementara pada bodi belakang, terdapat lensa kamera 2 megapixels. Dan untuk memperkuat back cover, pada ponsel ini dilengkapi dengan pengunci sistem putar khas gadget outdoor, dengan pola ini dijamin air dan debu tidak akan menerobos kom-ponen penting.

Samsung C3350 mengusung jenis layar TFT dengan kedalaman 262 ribu warna, res-olusinya adalah 240 x 320 pixels, serta bentang layar 2,2 inci. Tampilan layar pun masih terlihat

jelas saat ponsel berada di dalam air.Hasil kameranya juga cukup bagus dan tidak

pecah. Untuk rekam video, resolusinya tersedia 176 x 144 pixels dengan kecepatan 15 fps. *aya

General 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900Announced 2011, OctoberStatus Available. Released 2011, OctoberBody Dimensions 122 x 53 x 17.9 mmWeight 110 gDisplay Type TFT, 256K colorsSize 240 x 320 pixels, 2.2 inches (~182 ppi pixel density)Sound Alert types Vibration; Polyphonic(40), MP3 ringtonesLoudspeaker Yes3.5mm jack NoMemory Card slot microSD, up to 32GB, buy memoryPhonebook 1000 entries, PhotocallCall records YesInternal 38 MBData GPRS YesEDGE YesSpeed NoWLAN NoBluetooth Yes, v3.0 with A2DPUSB YesCamera Primary 2 MP, 1600x1200 pixelsVideo Yes, 176x144Secondary NoFeatures Messaging SMS, MMS, Email, IMBrowser WAP 2.0/xHTMLRadio Stereo FM radio with RDSGames Yes + downloadableGPS NoJava Yes, MIDP 2.0Colors Steel Grey- IP67 certified - dust and water proof- MP3/WAV/eAAC+/WMA player- MP4/H.263 player- SNS integration- Dedicated flashlight- Organizer- Voice memo- Predictive text input Battery Standard battery, Li-Ion 1300 mAh Stand-by Up to 1000 h Talk time Up to 19 h

waktu yang bersamaan.Lainnya adalah ponsel dengan layar

4,3 inci (960 x 540 pixel) yang menon-jolkan penampilan ini menggunakan bahan Super AMOLED (PenTile) dan kaca antigores Gorilla Glass. HTC One X bisa dimiliki dengan harga kisaran Rp 6 juta.

iPhone 4S masih layak disejajarkan dengan dua deretan ponsel tersebut, namun kekurangan iPhone 4S belum mendukung teknologi 4G LTE. Apalagi masalah harga, iPhone dinilai masih terlalu mahal dari 2 buah merek di atas yang menggunakan teknologi Quad Core 4G LTE. *ade

Smartfren Andro, Ponsel Android Murah dengan Layar IPS 4 Inci

Samsung C3350, Ponsel ”Outdoor” Tahan AirSpesifikasi:

bisa di-upgrade menjadi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), na-mun akan diinfokan lebih lanjut untuk tanggal rilis update-nya. Smartfren Andro juga dilengkapi dengan kamera 3.2 Megapixel.

Smartfren Andro menggu-nakan RUIM dilengkapi juga dengan Wi-Fi Hotspot yang bisa digunakan optimal untuk 5 user.

Smartfren Andro juga dileng-kapi dengan kapasitas RAM 512 MB dengan kapasitas maksi-mum Micro SD di Smartfren Andro sampai dengan 32 GB.

Aplikasi yang bisa diunduh di Smartfren Andro semua yang ada di Android Market/Google Play Store. Misalnya games, education, social dan lainnya. Cara mengunduh aplikasi mela-lui Android Markett/Google Play Store dengan sign up e-mail Google terlebih dahulu.

Aplikasi GPS bisa bekerja di Smartfren Andro dan penjualan Smartfren Andro ini bundling dengan nomor serta paket data yang bundling dengan Smartfren Andro dan dalam paket bundling Smartfren Andro kuota hingga 12 GB selama 12 bulan dengan mekanisme pemberian paket data cukup isi pulsa 50 K untuk mendapat 1 GB sebanyak 12 kali untuk 12 bulan. Kecepatan akses data download Smartfren Andro mencapai 3.1 Mbps den-gan kecepatan akses data up-load Smartfren Andro mencapai 1.8 Mbps. Data 1 GB tersebut berlaku hingga 15 hari. *dwi

fasilitas ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan tidak murah, apalagi harga ponsel berbasis 4G tidaklah murah. Ponsel jenis Quad Core 4G memang dikhususkan buat kalangan high-end.

Berikut beberapa jenis ponsel Quad Core yang meng-adaptasi jaringan 4G.

Samsung Galaxy S IIISamsung melejit

secara cepat, karena berani mengeluarkan tablet

dan ponsel yang diklaim Apple mirip dengan gadget mereka. Hanya saja Samsung menambahkan fitur tamba-han seperti beberapa tablet yang lebih kecil ukurannya (7 inci), fitur telepon dan SMS serta ditambah OS Android, menjadikan Samsung melesat secepat kilat.

Setelah laris manis dengan Galaxy S II, awal tahun kemarin Samsung membeberkan akan mengeluarkan

KINI telah ada program be-lajar aksara Bali dengan meng-gunakan peralatan komputer yang merupakan hasil karya Bemby Bantara Narendra. Sep-erti apakah program Smart Font Transliterator Bali Galang ini?

Bemby Bantara Narendra mem-berikan gambaran singkat tentang program ini. Smart Font Trans-literator Bali Galang merupakan program yang digunakan untuk belajar aksara Bali menggunakan peralatan komputer yang umum dengan standar aksara Latin. Dengan demikian, penulisan satu huruf aksara Bali harus diwakili beberapa ketikan huruf latin untuk merepresentasikannya.

Narendra mengatakan, program ini sudah memuat tata cara penulisan aksara Bali yang umum. Misalnya, saat kita mengetik panca, program ini akan otomatis mengubah huruf

Belajar Aksara Bali dengan Komputer

na menjadi nya karena digantun-gi oleh ca walaupun disimpan da-lam memori sebagai panca dan bukan panca. Pengubahan huruf na menjadi nya terjadi begitu kita mengetik huruf c di belakang n secara otomatis.

Diungkapkan, Smart Font Transliterator Bali Galang (atau disingkat Font Bali Galang) menggunakan perangkat lunak OpenOffice.org sebagai landasan programnya. Sisi positifnya karena pertimbangan teknisnya sangat layak, lagi pula perang-kat lunak ini gratis dan sudah cukup umum dipakai, sehingga biaya pemasangan dan modi-fikasinya dapat ditekan menjadi lebih ekonomis. Sisi negatifnya, program ini akan rentan terhadap standar ganda atau modifikasi liar yang dapat membingungkan pemakai pemula.

Program ini dapat mengali-

haksarakan teks dari tampilan aksara latin ke aksara Bali, tanpa mempedulikan dalam bahasa apa teks itu ditulis. Tampilan yang sudah dialihaksarakan masih tetap dapat dikembali-kan ke tampilan sebelumnya tanpa mengalami distorsi. Meski demikian, aksara latin memiliki banyak keterbatasan apabila dipergunakan untuk menuliskan bahasa Bali yang benar. Untuk itu diperlukan beberapa aturan tambahan. Aturan tambahan yang dimaksud sebenarnya sudah sangat akrab dengan kes-eharian kita. Misalnya penulisan d dan dh, t dan th, p dan ph, b dan bh. Semuanya masih tetap bermakna walau dialihaksarakan dalam huruf latin.

Program ini masih terus dikembangkan seiring dengan ditemukannya cacat, penyimpan-gan, atau uger-uger yang mung-kin telah ada tetapi terlewatkan. Tidak menutup kemungkinan nantinya diadakan evaluasi dan penyederhanaan uger-uger den-gan pertimbangan kemudahan bagi generasi muda, sehingga program ini perlu direvisi kembali untuk mengakomodasi kepentin-gan tersebut.

Idealnya, komputerisasi aksara Bali yang sesungguhnya adalah pengetikan teks ak-sara Bali menggunakan papan pejal (keyboard) yang khusus untuk aksara Bali, diketikkan

satu ketikan setiap huruf dan disimpan dalam memori dalam wujud aksara Bali yang mengi-kuti standar ISO 10646. Jadi tiap unsur dari aksara Bali yang standar tidak perlu lagi diwakili oleh aksara Latin tetapi sudah mewakili dirinya sendiri. Kemu-dahan yang didapatkan dalam program belajar ini tidak akan didapatkan dalam versi yang sesungguhnya, karena aksara Bali dan aksara Latin tidak dalam kedudukan yang dapat saling menggantikan tetapi merupakan dua perangkat aksara yang sama

sekali berbeda. Demikian panduan pembelaja-

ran menulis aksara Bali dengan Font Bali Galang ini sangat sederhana, dapat dioperasikan oleh segala tingkat keahlian, dari yang asbun (asal bunyi, tidak menggunakan aksara istimewa) sampai tingkatan pasang pageh yang sangat rumit dan sulit.

Untuk instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang pihaknya menyediakan CD dengan harga untuk umum Rp 50.000 dan guru, mahasiswa dan pelajar Rp 25.000. *dwi

dwiBemby Bantara Narendra memperagakan program belajar aksara Bali

menggunakan peralatan komputer.

Seperempat Pengguna Smartphone Miliki Tablet

Smart Font Transliterator Bali Galang

ADANYA smartphone tampak-nya telah menjadikan daya tarik khusus bagi konsumen untuk juga mencoba tablet. Kenyamanan yang dirasakan konsumen selama menggunakan smartphone memicu mereka untuk memiliki tablet yang

tentunya memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan smartphone.

Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan ComScore, sekitar 23,6 persen pengguna smartphone di AS juga memiliki tablet. Tablet tersebut bervariasi mulai dari iPad,

Kindle Fire, Samsung Galaxy Note dan tablet lainnya.

Tablet secara sederhana digam-barkan sebagai sebuah perangkat touchscreen seperti smartphone tetapi menggunakan display lebih besar, minimal 7 inci. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan smart-phone, di dalamnya meliputi swipe dan tap pada screen dan dilengkapi berbagai aplikasi yang dihadirkan dalam tampilan grafis di layar leb-arnya. Dengan tablet pastinya akan menghadirkan pengalaman lebih memuaskan jika Anda ingin game atau nonton video.

Tak heran jika makin banyak pengguna smartphone di AS yang juga memiliki tablet. Kemampuan tablet dalam menghadirkan aplikasi, game, video di layar yang lebih lebar dari smartphone diperkirakan menjadi daya tarik utama yang memicu keingintahuan pengguna smartphone tentang tablet. Sebagai akibatnya, pemilik tablet yang juga membeli tablet meningkat setiap tahunnya. ComScore mencatat pemilik tablet dari keseluruhan pengguna smartphone di Amerika pada bulan April 2011 tercatat 9,7 persen saja. *ade

Page 5: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

20 515 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012KOMPUTER

PABRIKAN komputer Apple memperkenalkan jajaran Mac-Book generasi baru di ajang Worldwide Developers Confer-ence di California Amerika Serikat yang akan menghan-tam produk-produk Ultrabook di pasaran komputer dunia.

Produk-produk baru Apple itu antara lain MacBook Air 13 inci dan 11 inci, MacBook Pro 15 inci dan 13 inci, serta produk unggulannya MacBook Pro 15 inci dengan tampilan

APPLE Inc. meluncurkan inovasi produk komputer jinjing terbarunya, MacBook Pro dengan retina display di ajang Worldwide Developers Conference di California Amerika Serikat.

Retina display pada produk seharga 2.199 dolar AS itu adalah resolusi 2880 x 1800 piksel pada layar 15,4 inci berteknologi In-Plance Switching (IPS) Liquid Crystal Display (LCD).

Komputer yang mempunyai layar berkepadatan 220 piksel per inci itu mendedikasikan satu giga byte ruang memori dari memori dasar 8 giga byte untuk pemrosesan grafis.

Seperti yang dikutip dari Antara News, MacBook Pro Retina display membuang ruang optik untuk DVD sehingga mendapatkan kerangka setebal 0,71 inci atau 0,24 inci lebih tipis dari MacBook Pro dengan ruang optik.

Ketiadaan ruang optik itu turut meringankan bobot Mac-Book Pro Retina display menjadi 2,23 kilogram, 0,57 kilogram lebih ringan dibanding MacBook 15 inci beroptik.

Di sisi penyimpanan, perangkat yang mengusung sistem operasi Mac OS X itu mendukung kapasitas penyimpanan Solid-state Drive (SSD) hingga 768 giga byte. *

Melaju Kencang dengan Notebook Core i7BAGI pengguna yang mendambakan kinerja notebook terbaik,

pilihannya pada platform Intel jelas tertuju prosesor berbasis Core i7. Prosesor canggih tersebut sangat tepat bagi yang aktivitas komputasinya di atas rata-rata seperti menjalankan banyak ap-likasi, bermain game 3D, atau kegiatan lain yang mengharuskan notebook berpacu lebih kencang.

Tentu pilihan terbaik adalah notebook berbasis CPU kelas atas. Dalam hal ini, Intel dengan Core i7 Sandy Bridge meru-pakan jawaranya.

Seperti yang dikutip dari situs resmi In-tel, Sandy Bridge untuk versi mobile (note-book) memang menawarkan solusi olah data tercepat sekaligus tingkat efisiensi yang tinggi. Semua ini dimungkinkan ber-kat terintegrasinya CPU dengan memory controller, cache memory, hingga prose-sor grafis (GPU). Ini membuat proses data antar-komponen tersebut berlangsung lebih cepat sekaligus mengurangi kon-sumsi daya.

Di antara jenis Core i yang ada (i3-i5-7), Sandy Bridge menargetkan Core i7 sebagai segmen terkencang, baik untuk desktop maupun notebook. Untuk tipe ini tersedia cukup banyak varian seperti i7-2820QM, i7-2720QM, i7-2630M, dan lainnya sesuai tingkat kecepatan yang ditawarkan.

Pada tulisan ini, Gadget Star akan menyajikan beberapa notebook berba-sis Core i7 Sandy Bridge. Tujuannya, menampilkan gambaran seberapa cepat aneka produk ini bisa bekerja dan per-bedaan yang dimilikinya dibandingkan notebook dengan CPU di bawahnya.

Di antara prosesor Intel seri Core i, Core i3 merupakan kelas terendah, Core i5 kelas menengah, dan Core i7 kelas

tertinggi. Bagi pengguna yang meng-inginkan kinerja notebook yang prima, tentulah Core i7 menjadi pilihan tepat. Namun, perlu diingat juga bahwa harga segmen ini jelas lebih mahal. Namun ten-ang saja, dengan penguatan rupiah dan terus menurunnya harga, notebook Core i7 akan menjadi lebih terjangkau. Berikut adalah sejumlah produk laptop berbasis Core i7 yang bisa menjadi referensi.

Acer Aspire 4755G-2638G75MnrsMemang Acer seringkali menghadirkan

seri dengan semua pilihan prosesor, mulai dari yang terendah hingga paling tinggi. Nah, seri Aspire 4755G pun demikian. Kategori notebook berlayar 14” ini muncul dengan pilihan kisaran harga Rp 4,5 juta - Rp 11 juta sesuai spesifikasi yang diusung.

Model Aspire 4755G-2638G75Mnrs menjadi opsi high-end yang mengusung Intel i7-2630QM 2 GHz. Keampuhannya makin lengkap lewat keberadaan chip grafis Ge-Force GT 540M 1 GB yang bekerja bergan-tian dengan chip grafis Intel HD. Selain grafis keren, notebook ini juga dilengkapi dengan memori 8 GB, harddisk 750 GB, dan per-lengkapan semacam HDMI, USB 3.0, suara Dolby hingga konektivitas Bluetooth 3.0.

Asus RoG G73SWJika pengguna suka dengan produk

yang berkemampuan luar biasa, desktop

replacement dari Asus seri RoG ini memang merupakan produk yang sangat pantas.

Selain hadir dengan desain futuristik yang diilhami pesawat siluman F117 Stealth, komposisi dapur pa-cunya juga terbilang mumpuni. Berbekal CPU i7 4 inti yang berduet dengan memori 8 GB plus kombinasi storage cakram dan 2 x 500 GB, sudah bisa dibayangkan kekuatan notebook yang siap melumat setiap aplikasi.

Namun, yang paling menggiurkan tentu saja solusi kit 3D Vision dari nVidia. Kit ini memungkinkan layar 17,3” di notebook menampilkan kesan 3D lewat kacamata

khusus yang disediakan. Kecepatan RoG G73SW jelas tak perlu diragukan lagi. Ap-

likasi atau game apa pun yang meminta sumber daya cukup besar pasti

akan berjalan. Namun, di balik

keunggulan yang telah disebut-

kan, RoG G73SW

memiliki kon-sekuensi yang

harus dibayar. Selain harganya

yang relatif mahal (nyaris menca-

pai Rp 20 juta), bobotnya pun cukup

lumayan, tak kurang dari 4 kg.

Axioo Neon HNM 7.047

Axioo Neon HNM 7.047 juga disebut Core i7

ekonomis. Merek lokal Tanah Air ini termasuk salah satu pemain

yang terbilang cepat beradaptasi dengan teknologi prosesor Intel terbaru.

Tak heran bila Axioo segera muncul dengan Sandy Bridge i7 lewat seri Neon HNM 7.047 mereka yang termasuk paling murah (kurang dari Rp 7 juta). Seperti halnya produk OEM, Axioo Neon HNM 7.047 tampil dengan casing yang terkesan biasa atau jika boleh dibilang tak memiliki ciri khas. HNM 7.047 memang tak cantik. Namun, isi di dalamnya sudah mengusung otak i7 4 inti yang dipadu RAM 4 GB. Hard-disk-nya pun sud ah berkapasitas 750 GB. Racikan komponen Sandy Bridge i7 yang menjadi andalan di HNM 7.047 membuat kinerja notebook tampil cukup prima. *ade

Jagoan Baru Apple, MacBook Pro Retina Display

Jajaran MacBook Baru Ancam Pasaran Ultrabook

Retina (Retina display).“Kemunculan sejumlah Ultra-

book tahun lalu merupakan ceruk produk baru sebagai respons terhadap MacBook Air. Microsoft, Hewlett-Packard, Dell dan lainnya terus berusaha mendominasi laptop tipis,” tulis Brooke Crothers dari CNETCrothers, seperti dikutip dari Antara News.

“Tapi ada satu persoalan. Apple telah memangkas harga jual dan meningkatkan kemampuan prose-sor dalam produknya di MacBook Air sekarang.

Situs produk teknologi, The Verge, menyebut MacBook Air telah membenamkan prosesor Intel Ivy Bridge, dua konektor USB 3.0, serta pilihan untuk meningkatkan kemampuan memori RAM dan penyimpanan solid-state drive (SSD) hingga 512 giga byte.

MacBook Air 11 inci seharga 999 dolar AS itu cenderung ditujukan bagi para pengguna Mac pemula atau mereka yang peduli akan ukuran layar.

Di lini produk berlayar 13 inci, MacBook Air memiliki tampilan resolusi yang lebih tinggi (900 piksel), kerangka lebih tipis (0.68 inci), dan akses SSD lebih cepat dibanding koleganya, MacBook Pro.

Sementara, MacBook Pro 13 inci dan 15 inci mempunyai sejumlah spesifikasi yang ham-pir sama dengan MacBook Air kecuali kehadiran ruang optik DVD, konektor FireWire 800, dan konektor ethernet. Produk jagoan Apple utama adalah MacBook Pro 15 inci dengan Retina display yang merupakan kombinasi kerangka tipis MacAir dan keandalan MacPro. *

Page 6: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

SAAT ini dunia internet makin merajai dunia teknologi informasi. Dengan makin berkembangnya teknologi internet ini, mengakibatkan munculnya berbagai aplikasi canggih yang berawal dari pen-galaman pribadi seseorang dalam dunia internet tersebut.

Masyarakat yang familiar dan menekuni dunia internet atau jaringan internet tentunya mengetahui istilah IP Address. IP Address merupakan alamat yang diberikan ke jaringan dan peralatan jaringan yang menggunakan protocol TCP/IP. IP Address terdiri dari 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat angka desimal yang dipisahkan tanda titik seperti 192.16.10.1 (lihat gambar 1).

Gambar 1.

Dengan adanya penggunaan IP Address se-bagai identitas atau alamat setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet memungkinkan seseorang untuk dapat menyembunyikan alamat tersebut. AnonymoX merupakan Firefox Addon yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan IP Address Anda yang asli saat terhubung dengan internet (lihat gambar 2). Dengan demikian Anda dapat membuka situs-situs tertentu yang mungkin telah diblokir atau membuka situs yang hanya dapat dibuka dari negara tertentu (misalnya hulu.com yang hanya dapat dibuka dari Amerika atau Inggris).

Menyembunyikan IP Address

dengan AnonymoX

Gambar 2.

AnonymoX sendiri merupakan layanan yang diberikan http://www.anonymox.net/. Ada dua jenis keanggotaan yang dapat Anda pilih yaitu versi gratis dan premium. Untuk versi gratis Anda akan menda-patkan 8 IP Address dari 3 negara, sedangkan versi premium Anda akan mendapatkan 25 IP Address dari 5 negara.

Untuk menggunakan AnonymoX caranya cukup mudah. Pertama, Anda download dulu Firefox Addon-nya lalu lakukan proses instal. Setelah proses instal, Anda perlu untuk me-restart browser Firefox Anda. Jika proses instal berhasil maka di sebelah kanan bawah akan tampil IP Address Anda yang baru.

Jika Anda ingin menonaktifkan penggunaan AnonymoX Anda tinggal menghilangkan tanda cen-tang (checkbox) pada pilihan Active. *

SAAT ini banyak produk ponsel keluaran terbaru yang menggu-nakan layar sentuh (touch screen). Bukan hanya pada ponsel, me-lainkan juga merambah pada alat elektronik lainnya. Harganya pun bervariasi dari harga yang lumayan fantastis, hingga harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat. Tidak salah jika masyarakat sudah mulai terhipnotis untuk menggunakannya.

Ponsel layar sentuh sangat rawan mengalami kerusakan, terutama di bagian layar. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar dalam merawatnya. Layar LCD pada sebuah ponsel, merupakan komponen yang paling utama, karena jika kita tidak hati-hati dalam merawatnya, maka harus siap merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaikinya.

Namun, sebagian orang mengatakan, jika ponselnya ru-sak mereka akan menggantinya dengan yang baru.

Berikut beberapa cara mudah dalam merawat ponsel layar sentuh.

Selalu perhatikan kebersihan pada layar ponsel dengan menggunakan kain, kapas atau tisu yang lembut dengan menggunakan cairan pembersih khusus layar/LCD.

Pastikan bahwa kita telah membekali ponsel layar sen-tuh ini dengan plastik antigores atau screen protector yang dipasang atau ditempelkan pada layar.

Sebisa mungkin untuk mengindarkan ponsel dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti televisi, komputer, radio, dan lain-lain.

Hindari ponsel kita dari kontak langsung dengan radiasi UV, atau sinar matahari karena dapat menyebabkan kerusa-kan pada layar LCD.

Jauhkanlah dari benda yang berbentuk cairan.Biasakanlah menggunakan jari telunjuk untuk mengetik dan

jangan menggunakan kuku dalam menekan atau mengusap layar, karena akan menyebabkan layar tergores.

Jangan biasakan diri kita untuk menekan layar terlalu keras kar-ena akan merusak layar ponsel.

Simpanlah di tempat yang aman dan luas.Jangan menyimpan ponsel di saku celana atau tempat sempit

lainnya, karena makin lama ponsel mengalami tekanan, makin cepat pula ponsel mengalami kerusakan.

Batasi penggunaan yang berlebihan pada ponsel karena dapat menyebabkan panas seperti, penggunaan waktu menelepon yang berlebihan, menggunakan game dan waktu melakukan charger yang melebihi waktu.

Cara-cara mudah dan sederhana dapat membantu kita dalam merawat ponsel kita. Cepat atau tidaknya ponsel kita mengalami kerusakan, bersumber dari cara kita sendiri dalam merawat dan menjaganya.

*ila

Cara Mudah Merawat Ponsel Layar Sentuh

BLACKBERRY masih boom-ing di kalangan masyarakat. Pen-jualan BlackBerry pun tergolong tinggi, apalagi banyak tipe dita-warkan. Tapi tunggu dulu, aslikah BlackBerry yang Anda miliki?

BlackBerry di pasaran ternyata ada yang palsu dan sangat mirip dengan aslinya. Bedanya, minim fitur dan support. Lantas bagaima-na membedakan BlackBerry asli dan palsu agar masyarakat tidak terjebak dengan tampilan Black-Berry palsu yang sangat mirip dengan aslinya?

Berdasarkan berbagai sumber yang dihimpun Gadget Star, untuk mengetahui asli tidaknya Black-Berry yang beredar di masyarakat, bisa dilakukan dengan berbagai

Menguji Keaslian BlackBerrycara. Kendati tidak mewakili semua, namun cara ini cukup membantu mengetahui asli tidaknya BlackBerry.

PIN dan IMEI BlackBerryPIN dan IMEI setiap handset

BlackBerry umumnya terletak pada filmware handled, dus atau kotak dan stiker yang tertempel pada tempat baterai BlackBerry. Untuk mengecek PIN dan IMEI, buka menu Home Screen >> pilih Option >> pilih Status. Bisa juga dengan meng-gunakan shortcut ALT+SHIFT+H (tekan bersamaan) dari layar utama. Selanjutnya akan muncul data-data seperti: Vendor ID, PIN, IMEI dan lain sebagainya.

Yang harus dilakukan adalah cek nomor PIN dan IMEI. BlackBerry tiruan tidak akan menampilkan no-

mor PIN dan IMEI, karena Black-Berry palsu memang tidak punya data seperti itu. Jika terdapat data PIN dan IMEI, cocokkanlah dengan dus/kotak untuk memastikan tidak terdapat kesalahan dalam package yang akan dibeli.

Internal Data BlackBerrySebelum membeli BlackBerry,

sebaiknya lebih teliti dengan cara, tekan Home Screen >> pilih Option >> pilih Status. Setelah berada pada tampilan Status, ketikkan BUYR. Maka akan muncul beberapa data tambahan seperti Data Usage (penggunaan data) dan Voice Us-age (lama panggilan telpon). Bila BlackBerry tersebut masih baru, maka akan menampilkan jumlah data 0 alias nol. Jika misalnya data

yang tampil pada Data Usage: 102 KB dan Voice Usage: 25 mins, itu artinya BlackBerry tersebut sudah pernah digunakan. Asli BlackBerry, tapi produk bekas (second hand).

Logo dan Kotak BlackBerryDus BlackBerry biasanya men-

cantumkan stiker identitas produk dan hak paten. Biasanya ada logo operator selular berbagai negara. Meski terdapat logo negara lain, jangan khawatir karena BlackBerry masih bisa dipakai bila koneksi tak terkunci alias unlock. Intinya, logo di layar LCD harus sama dengan logo yang ada di bodi.

Operator ResmiSupaya tidak tertipu dengan

membeli yang palsu, sebaiknya membeli BlackBerry langsung dari operator resmi. Tak kalah penting menanyakan tentang jaminan dari penjual, apabila BlackBerry yang akan dibeli tersebut tidak dapat men-

gakses layanan server BlackBerry dari operator. Hal-hal penting sep-erti memeriksa keypad BlackBerry. Smartphone yang masih belum dipakai sama sekali, keypad-nya masih enak ditekan. Lakukan saja tes dengan menuliskan SMS, e-mail, dan aktivitas lainnya. Jika keypad-nya terasa mantap ditekan masih tergolong baru.

Berdasarkan informasi tersebut, kehati-hatian sebelum membeli BlackBerry sangat penting, apalagi gadget yang akan dibeli produk baru. Alasannya, gadget BlackBer-ry yang palsu tidak akan menda-patkan kemewahan support dari RIM (Research in Motion) berupa BlackBerry Apps World yang berisi ribuan aplikasi BB gratis, BlackBerry OS asli, dan banyak support lainnya, yang memang diperuntukkan untuk BlackBerry asli keluaran RIM. *dik/bbs

REVIEW6 TIPS & TRIK 1915 - 21 Juni 201215 - 21 Juni 2012

SAMSUNG kini meluncurkan ponsel kelas low end terbaru-nya yang diberi nama Samsung C3312 Duos yang hadir dengan dual sim card, serta mengusung layar touchscreen.

Desain Samsung C3312 Duos tidak

TIDAK dipungkiri, ketertari-kan semua kalangan terhadap BlackBerry makin meningkat. Hal itu dikarenakan, inovasi-inovasi yang selalu diciptakan berdasar-kan perkembangan zaman. Kini BlackBerry telah meluncurkan produk terbaru yaitu CurveTM

9320 dan 9220. Keunggulan yang dimiliki Curve

9320 dan 9220 yaitu memungkink-an Anda terhubung dengan gaya. Desain langsing khas BlackBerry-nya pas di tangan maupun di saku. Dilengkapi berbagai fitur multimedia dan konektivitasnya yang selalu bisa menghibur. Didukung BlackBerry 7.1 OS baru, membuat browsing pun lebih efisien dan cepat, semua lebih lancar juga dengan aplikasi yang lebih sempurna seperti BlackBerry Messenger (BBM) baru.

General : 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2Display Type : TFT touchscreen, 256K colorsMemory : Card slot microSD, up to 32GB,Phonebook 1000 entries, PhotocallCall records : Yes, Internal 10 MB, DataGPRS : YesEDGE : Yes Bluetooth : Yes, v3.0 with A2DP, USB : Yes, microUSB v2.0Camera : Primary 1.3 MP, 1280 x 1024 pixels, Features Sensors AccelerometerRadio : FM radioJava : Yes Colors : Platinum Silver, White- Dual SIM (dual stand-by) - SNS integration- MP4/WMV/H.264 player - MP3/WAV/eAAC+ player- Organizer - Document viewer- Voice memo - Predictive text input

Samsung C3312 DuosPonsel ”Low End” dengan Dual Sim Card

jauh berbeda dengan ponsel touch screen lainnya. Selain mengusung model candybar, ponsel ini juga menawarkan layar sentuh yang mendominasi tampilan.

Ponsel yang kerap dijuluki Samsung Champ Duos ini, men-gusung layar TFT touchscreen 2,8 inci dengan resolusi (240 × 320 piksel) yang mampu memproduksi hingga 256 ribu warna. Tampilan

visual Samsung C3312 Deluxe Duos terlihat sangat kompak ber-sama dimensinya yang berukuran 102 x 55 x 12 mm dan bobot sekitar 100 gram. Konsumen akan merasakan kepuasan ketika sedang menonton video atau bermain game pada ponsel ini. Pasalnya C3312 Duos ini dibekali dengan fasilitas hiburan yang cu-kup lengkap, seperti audio player

(MP3/WAV/eAAC+ player), video player (MP4/WMV/H.264 player), Radio FM, dan game.

Produk ini juga dilengkapi dengan internet & konektivi-tas, sehingga pengguna dapat melakukan browsing atau up date status pada Facebook dan Twitter dengan memaksimalkan browser dan fasilitas layanan social net-work yang terintegrasi. *aya

BlackBerry Luncurkan Produk Baru dengan Harga Terjangkau

BlackBerry Curve 9320 dan 9220 dilengkapi pula dengan fasilitas kamera 3,2 MP dan 2,0 MP. Disertai dengan stabilization dan flash, juga lengkap dengan face detection. Ditambah dengan slot micro SD-nya memungkinkan Anda untuk menyimpan hingga 32 GB file multimedia untuk hiburan non stop di mana pun Anda berada.

Berdasarkan data yang didap-atkan di The ICE, Jln. Teuku Umar Denpasar, BlackBerry CurveTM 9320 dan 9220 banyak diminati berbagai kalangan, karena harganya yang cukup terjangkau bagi sebuah smartphone yang memiliki banyak kelebihan, yaitu untuk BlackBerry Curve 9320 dan 9220 sama-sama berukuran 109 mm x 60 mm x 12,7 mm, layar 2,44”, layar qVGA + resolusi 320 x 240 piksel 164 ppi, software 7.1 OS. Perbedaan-nya terletak pada BlackBerry 9320 memiliki memori 512 MB onboard,

expandable hingga 32 GB dengan kartu microSD, microSD 2 GB sudah terpasang. Kapasitas baterai 1450m AH,

waktu bicara hingga 7 jam ( 2G)/ 7 jam (3G) waktu standby hingga 18 hari,

memainkan musik hingga 30 jam (headset). GPS dibantu, mandiri dan

simultan, Wi-Fi 802.11 b/g/n enabled, 2,4 ghz, jaringan Tri-Band UMTS / HSPA

2100/1900/850/800MHz(

UMTS Band 1,2,5/6) Quad-Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900MHz HSUPA: 5,76Mbps (cat 6) HSDPA : 7,2Mbps (cat 7). Sementara BlackBerry Curve 9220 memiliki memori 512 MB onboard, expandable hingga 32 GB dengan kartu microSD, dengan kapasitas baterai yaitu 1450 m AH, waktu bicara hingga 7 jam, waktu standby hingga 18 hari, memainkan musik hingga 28 jam (headset). Kamera 2,0 MP FF, 5x digital zoom, fixed focus, perekam video (untuk merekam video masukan microSD). Tidak terdapat GPS. Jaringan Wi-Fi nya sama dengan BlackBerry Curve 9320, yaitu GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz.

Jika berbicara seputar harga di pasaran, BlackBerry Curve 9320 yaitu berkisar Rp 2.585.000, sedangkan BlackBerry Curve 9220 yaitu seharga Rp 1.999.000. Bekali diri Anda dengan kecanggihan Blackberry CurveTM 9320 dan 9220 yang akan membuat segalanya terasa lebih mudah. *ila

SAMSUNG kembali meng-hadirkan versi Galaxy terbarunya dengan nama Samsung Galaxy Ace Plus. Versi ini merupakan lanjutan dari Samsung Galaxy Ace sebelumnya yang sudah hadir di pasaran lebih dulu.

Samsung Galaxy Ace Plus S7500 hadir dengan berbagai kemampuan baru yang lebih dengan layar yang lebih besar dan processor yang lebih cepat dari sebelumnya.

Menurut Manager Market-ing Cellular World, IGN Gede Wirakusuma, smartphone ini memiliki layar selebar 3,65 inci dengan resolusi 320 x 480 pix-els TFT capacitive touchscreen yang dapat menampilkan hingga 16 juta warna. Layar Ace Plus sedikit lebih lebar dibandingkan dengan penda-hulunya yang hanya memiliki layar selebar 3,5 inci.

Samsung Galaxy Ace Plus S7500 ini juga memiliki kamera utama 5 MP autofocus flash LED dan tanpa kamera depan. “Sama seperti fitur kamera pada Galaxy Ace, tetapi kamera ini sudah ter-masuk cukup bagus baik untuk foto atau video.

Samsung Galaxy Ace Plus S7500 mengandalkan processor Qualcomm Snapdragon S1 1 Ghz dan RAM 512 MB untuk mendu-kung sistem operasi Android 2.3 Gingerbread di dalamnya.

Spesifikasi ini mengalami pen-ingkatan dibandingkan pendahulu-nya yang hanya memiliki processor

800 Mhz dan RAM 278 MB. Memori internal Ace Plus

juga meningkat menjadi 3 GB yang dapat ditambah melalui microSD hingga 32 GB.

Untuk konektivitas, Samsung Galaxy Ace Plus S7500 sudah mendukung HSDPA 7.2 Mbps.

Di dalamnya juga telah dileng-kapi fitur aplikasi untuk internet maupun social networking sep-erti Facebook, Twitter, Yahoo

Messenger dan Google. *aya

Samsung Galaxy Ace Plus S7500

Hadir dengan Layar lebih Besar

Spesifikasi:

SpesifikasiGeneral : 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900Display Type : TFT capacitive touchscreen, 16M colorsSize : 320 x 480 pixels, 3.65 inches (~158 ppi pixel density)Memory : Card slot microSD, up to 32GB Internal 3 GB storage, 512 MB RAMGPRS : Yes EDGE : Yes Speed : HSDPA, 7.2 Mbps WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspotBluetooth : Yes, v3.0 with A2DPCamera : Primary 5 MP, 2592x1944 pixels, autofocus, LED flashFeatures : OS Android OS, v2.3 (Gingerbread)Chipset : Qualcomm Snapdragon S1CPU : 1 GHz ,GPU Adreno 200Radio : Stereo FM radio with RDS GPS : Yes, with A-GPS supportJava : Yes, via Java MIDP emulator- MP4/H.264/H.263 player- MP3/WAV/eAAC+ player

BlackBerry Curve 9320 BlackBerry Curve 9220

Page 7: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

APLIKASI18 7REVIEW15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Sony Ericsson Mix Walkman WT13i Asyiknya Dengar Lagu dengan Layar Sentuh

Selain berfasilitas layar sentuh dan kamera 3.15 MP, produk ini juga dilengkapi dengan koneksi bluetooth v2.1 with A2DP, microUSB v2.0, GPRS, EDGE, hingga Wi-Fi. Ponsel Mix Walkman ini tersedia da-lam beberapa pilihan warna, yakni black with pink cloud band, black with pink band, black with green bird band, black with green band.

Dengan dimensi yang terbilang kecil 95,8 x 52,8 x 14,3 mm dan be-rat 88 gram, Mix Walkman memiliki layar yang cukup lapang, yakni 3,0 inci seperti yang dimiliki smartphone Android Sony Ericsson Xperia mini. Hanya saja resolusi layarnya agak kecil dan kedalaman warna hanya 256 ribu warna.

Jenis layar sentuhnya TFT capacitive touchscreen 240 x 400 pixels, scratch-resistant surface, proximity sensor for auto turn-off, accelerometer sensor for auto-rotate.

Ponsel ini juga dilengkapi memori internal 256 MB di mana ada 100 MB untuk pemakai (user available) dan dukungan slot microSD hingga 32 GB. Dengan baterai Li-Ion 1.000 mAh ponsel ini mampu memutar lagu selama selama 13 jam nonstop, tentunya tan-pa membuka aplikasi lain seperti SMS atau browsing internet. *aya

SONY Ericsson Mix Walkman WT13i merupakan ponsel dengan fitur andalan musik player walkman yang terkenal. Fitur ponsel ini menawarkan konsep full layar sentuh dan kamera 3.15 MP, sehingga produk ini kian memiliki pasar.

Nokia 808 Pureview Unggulkan Kamera 41 MP

Android 2.3 Gingerbread 115 x 58,5 x 11,95 mm 850/2100 UMTS, GSM 850/900/1800/1900; GPRS / EDGE Class 12 Layar sentuh kapasitif dan antigores Corning Gorilla Glass FWVGA 3,7 inci.

Kamera 5MP Auto Fokus dengan flash Kamera depan VGA MicroSD 2Gb Kedap air dan antidebu, sertifikasi IP67 Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA User interface MotoSwitch 2,0 Prosesor 1GHz 512MB RAM GPS / aGPS Jack stereo 3,5 mm Baterai 1700 mAh. Waktu bicara hingga 9,5 jam dan waktu siaga hingga 20 hari.

Perekam video: MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ FWVGA Pemutar video: MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ FWVGA Bluetooth A2DP, AVRCP

Ponsel Layar Sentuh Gorilla Corning Glass Jadi Andalan

Spesifikasi:

General: 2G Network GSM 900 / 1800 / 1900

Display Type: TFT capacitive touchscreen, 16M colors

Memory: Card slot microSD, up to 32 GB

Internal: 150 MB, Data GPRS Up to 80 kbps,

EDGE Up to 237 kbps

Speed: HSDPA, 2.8 Mbps; HSUPA, 2.2 Mbps

WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth Yes, v2.1 with A2DP

Camera: Primary 3,15 MP, 2.048 x 1.536 pixels

Features: OS Android-based OS, OMS 2.5

CPU: 806 MHz, Marvell PXA 920, Radio

Stereo FM radio with RDS, GPS

Yes, with A-GPS support, Java

Yes, via Java MIDP emulator

- SNS integration - Walkman player

- MP4/H.263/H.264/WMV player

- MP3/eAAC+/WMA/WAV player

- TrackID music recognition

- Google Search, Maps, Gmail, YouTube,

Calendar, Google Talk

- Voice memo - Predictive text input.

terorganisasi.Defy XT dan Defy Mini pun akan bergabung

dengan Defy+, yang telah lebih dahulu tersedia di pasaran. Defy+ sendiri dilengkapi dengan layar sen-tuh 3,7 inci, serta juga memiliki kemampuan tahan air, antigores, dan antidebu. *ade

Android 2.3 Gingerbread Dual-SIM 850/2100 UMTS, GSM 850/900/1800/1900; GPRS / EDGE Class 12 Layar sentuh kapasitif dan antigores Corning Gorilla Glass HVGA 3,2 inci Kamera 3MP dengan flash Kamera depan VGA MicroSD 2GB (MicroSD support hingga 32Gb) Kedap air dan antidebu, sertifikasi IP67 Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA User interface MotoSwitch 2,0 Prosesor 600 MHz 512MB RAM GPS / aGPS Jack stereo 3,5 mm Baterai 1700 mAh dengan waktu bicara hingga 9 jam dan waktu siaga hingga 11 hari.

Perekam/Pemutar/Streaming MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ HVGA Bluetooth A2DP, AVRCP. *

Spesifikasi Defy Mini:

SETELAH produsen Samsung mem-perkenalkan ponsel Android antigores dengan lapisan Gorilla Glass-nya, vendor lain tidak tinggal diam. Sebut saja vendor asal Amerika, Motorola dengan ponsel tipe Defy-nya yakni Defy XT dan Defy Mini Dual SIM (GSM-GSM). Keduanya pun diklaim anti-air, antigores serta antidebu, dan tentunya adalah ponsel berbasis Android.

Meski produk Motorola sudah tidak lagi berada pada posisi paling berjaya belakangan ini, namun inovasi ven-dor tersebut tidak berhenti. Seperti yang dikutip dari situs resmi ponsel tersebut, kalau sejumlah varian baru masih rutin diluncukan.

Sebut saja ponsel seri Defy terbarunya. Layar sentuh Gorilla Corning Glass dan baterai dengan daya tahan lebih lama menjadi daya tarik lain dari ponsel ini. Defy XT dan Defy Mini mengusung baterai berkekuatan 1.700 mAh, dan memberikan daya tahan 9,5 - 9 jam waktu bicara.

Defy XT dibenamkan kamera 5 megapixel sedangkan Defy Mini dibekali dengan kamera 3 megapixel. Keduanya memiliki kamera VGA depan untuk berhubungan dengan lawan bicara baik ketika sedang berselancar di dunia maya, atau melakukan video call.

Kedua varian itu juga sudah dilengkapi dengan fitur MotoSwitch, user interface yang akan mempela-jari lagu favorit pengguna, serta siapa yang paling sering dihubungi dan aplikasi apa yang paling sering digunakan.

Dengan cerdik, MotoSwitch men-gumpulkan semua referensi tersebut dan menyimpannya, yang berarti pengguna akan menjadi sangat

PABRIKAN telepon selular Nokia Indonesia menghadirkan seri 808 Pureview yang men-gunggulkan kamera beresolusi 41 megapiksel.

“Nokia 808 menggunakan lensa optik Carl Zeiss dan teknologi oversampling,” kata Manajer Produk Nokia Indone-sia, Anvid Erdian seperti diberi-takan Antara News. Teknologi oversampling pada ponsel yang diluncurkan sejak Februari 2012 itu adalah penggabungan gam-bar berukuran tujuh megapiksel menjadi satu megapiksel untuk mendapatkan gambar berkuali-tas. Namun, sistem operasi Nokia 808 Pureview masih

menggunakan Symbian Belle FP1 dan bukan Windows Phone. “Kar-ena kami masih mengunggulkan teknologi gambar Pureview dalam seri ini,” kata Manajer Komunikasi Merek dan Pemasaran Nokia Indonesia, Triari Senawirawan.

Triari mengatakan, Pureview akan dilanjutkan pada produk-produk Nokia berikutnya. “Nokia 808 sudah tersedia di ICS. Tapi jika produk ini terjual habis di ICS, di toko-toko distributor tidak terse-dia,” kata Triari tentang produk yang ditujukan khusus untuk penggemar fotografi itu. Produk berlayar 4 inci itu hadir dalam dua pilihan warna, hitam dan putih, dan dibanderol Rp 6,5 juta. *

Spesifikasi Defy XT:

Software ini memiliki file panduan secara offline yang berisi bebera-pa keterangan mengenai penggunaan Andro Mouse and Keyboard.

Pengujian Perangkat Lunak

Untuk melakukan pengaturan Andro Mouse dapat dilakukan pada menu setting.

Penulis:Komang Rinartha Yasa Negara

STIKOM BALI

SOLUSI virtualisasi dan infrastruktur Cloud VMware,Inc. memperkenalkan VMware View 5.1 yang menghubungkan berba-gai perangkat seperti PC, kom-puter tablet dan ponsel pintar, baik berbasis sistem operasi iOS Apple atau Google Android. “Dengan solusi VMware ini, peng-guna bisa mengakses berbagai software atau aplikasi perusahaan dengan perangkat mobile mer-eka sendiri baik tablet maupun smartphone,” kata Country Man-ager VMware Indonesia, Andreas Kagawa, seperti yang diberitakan Antara News.

Solusi itu memiliki fitur VMware View Storage Accelerator yang dapat mengurangi biaya stor-age melalui optimalisasi beban kerja storage dan VMware View Composer Array Integration (VCAI) yang akan meningkatkan kemampuan kloning storage array sehingga menurunkan operasional storage.

Selain itu, ada VMware View Persona Management untuk merampingkan migrasi dari desk-top fisik ke dekstop virtual. VMware View juga memungkinkan perusahaan TI meningkatkan keamanan berdasarkan standar perusahaan dengan memindah-kan data ke dalam data center, memusatkan sistem keamanan dan merampingkan proses-proses anti-virus. “VMware View 5.1 menyeder-hanakan manajemen TI sehingga mengurangi biaya infrastruktur desktop virtual lebih dari 50 pers-en. Keuntungan lainnya, solusi ini menjamin data-data perusahaan aman dengan single password,” katanya. Terakhir, fitur VMware View PCoIP yang mampu menyesuaikan koneksi jaringan pengguna seh-ingga memberikan pengalaman desktop berkualitas tinggi dari LAN dan WAN. Para pengguna juga bisa terhubung dengan desk-top VMware View dari berbagai jenis peranti akses klien termasuk mobile, baik itu Mac, Windows atau Linux, thin-client atau zero-client, tablet Apple iPad, Android

Vmware View 5.1 ”Kawinkan” Apple dan Android

dan Amazon Kindle Fire. Sementara itu Communication Manager VMware ASEAN Re-becca Wong mengatakan, ac-ara VMware Technology Day yang diadakan dua kali dalam setahun itu untuk memperke-nalkan berbagai solusi bisnis dan komputasi awan VMware terbaru kepada pelanggan di Indonesia. *

Page 8: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

TREND8 APLIKASI 1715 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

SAAT ini hampir semua ponsel pintar yang beredar di masyarakat mempunyai ukuran yang terbi-lang lebar. Ukuran itu hampir mendekati ukuran sebuah tablet

Layar Lebar Jadi Tren Smartphone Android

PC. Tidak heran bila beberapa orang mengalami kebingungan mengenai fungsi dari gadget tersebut.

Dengan ukuran yang cukup lebar, banyak konsumen yang mulai kesulitan untuk membe-dakan antara tablet PC dengan smartphone.

Tren Android ke depannya, semua orang ingin lihat layar yang lebar, tidak lagi dengan layar yang berukuran kecil. Dengan ukuran besar, maka akan sangat nyaman dalam melihat fasilitas maupun fitur yang ditawarkan untuk menun-jang mobilitas.

Sebut saja produk smart-phone Android yang menawar-kan pilihan layar lebih besar ini adalah Huawei tipe Ascend Y200 dan tipe Ascend P1.

Seperti yang dikutip dari situs resmi produk tersebut, masing-masing tipe ponsel dari besutan produsen merek Hua-wei ini memiliki ukuran layar 3,5 inci dan layar 4,3 inci. Tidak itu saja, seolah ingin menegaskan menjadi ponsel dengan fitur

Hal yang sama juga ditawar-kan vendor Samsung tipe Galaxy Note. Jika dilihat dari spesifikas-inya, smartphone dan tablet PC pada dasarnya adalah sama. Cara paling mudah untuk membedakan mereka adalah melihat ukuran layarnya. Tablet PC umumnya berukuran 7 sampai 10 inci, sementara smartphone rata-rata sekitar 4 inci. Samsung melihat adanya celah dan memutuskan untuk merilis produk hibrida Sam-sung Galaxy Note.

Samsung Galaxy Note mem-punyai layar berukuran 5,3 inci. Lebih besar dari smartphone, namun berukuran lebih kecil dari tablet PC. Meski bukan yang pertama, Samsung berusaha menghadirkan produk bertenaga, mampu bersaing dengan tablet PC, namun tetap bisa dibawa dengan mudah.

Ponsel layar lebar dari besu-tan Samsung juga menawarkan Galaxy S Wi-Fi 5.0. Bagi pecinta gadget berbasis Android, maka bisa jadi Samsung Galaxy S Wi-Fi 5.0 adalah solusinya. Galaxy S Wi-Fi 5.0 sendiri adalah sebuah tablet PC yang memiliki ukuran layar 5 inci.

Namun, tidak dilengkapi pelindung gorilla glass seperti kebanyakan ponsel berkelas yang

selama ini ada di pasaran, dan itu akan menjadi satu kekurangan yang terdapat pada samsung Galaxy S Wi-Fi ini.

Galaxy S Wi-Fi yang berdimensi 141.3 x 78.2 x 11.9 mm ini memiliki dua kamera. Salah satu kam-era tersebut terletak pada bagian bela-kang dengan ukuran 3.2 MP dan juga diser-tai dengan LED flash. Sementa-ra kamera ked-uanya hanya menggunakan kamera VGA dan terletak di bagian depan.

*mancanggih dan modern, produsen ponsel asal Cina ini juga memak-simalkan tampilan ponsel dengan mengemas ukuran ponsel yang cukup tipis di kelasnya. Samsung Galaxy

S Wi-Fi 5.0

Huawei Ascend P1

FiturBila Anda sering melakukan presentasi, baik di dalam atau di luar kantor, tentunya membu-

tuhkan mouse dan keyboard sebagai aksesori tambahan. Namun, bagaimana bila peralatan tersebut sering kali terlupakan? Bila hal seperti ini sering terjadi, sudah saatnya Anda beralih ke Andro Mouse and Keyboard.

Wireless - Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu kabel dan bahkan tidak membutuhkan keyboard atau mouse untuk membantu melakukan presentasi. Hanya perlu terkoneksi dengan access point untuk menghubungkan PC dengan Android Phone.

Bluetooth – Dengan aplikasi ini menggunakan media bluetooth, maka kita dapat melakukan presentasi meski tidak terdapat access point untuk menghubungkan PC den-gan Android Phone.

Mouse – Semua fungsi yang dimiliki mouse sesungguhnya direfleksikan dengan baik oleh aplikasi ini. Mulai dari klik kanan, klik kiri, drag and drop, scroll, semuanya dapat dilakukan tanpa masalah ataupun kendala di saat penggunaan. Untuk perangkat multitouch, aplikasi ini dapat melakukan multitap saat mengaktifkan fungsi scrolling.

Keyboard - Anda dapat mengetik dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan PC. Seluruh fungsi seperti qwerty keyboard lengkap dengan berbagai key yang berada di keyboard yang sebenarnya dilakukan dengan baik oleh aplikasi ini. Bahkan fungsi shift, capslock, dan alt dapat berjalan dengan baik dan berfungsi dengan benar sesuai aslinya.

Nums Key – Orang-orang pada umumnya akan menggunakan nums key untuk mempercepat memasukkan angka. Dari sinilah fitur ini lahir di aplikasi ini. Fungsi multiple nums key tersedia beserta fungsional num lock yang dapat berjalan selaras. Simpel dan sangat mudah digunakan tanpa masalah.

Aplikasi ini memiliki fitur tambahan yaitu auto detect ip. Dengan memanfaatkan rotasi di perangkat, aplikasi ini dapat langsung me-nyesuaikan keadaan saat potrait atau landscape.

Page 9: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

APLIKASI16 TREND 9 15 - 21 Juni 201215 - 21 Juni 2012

Ponsel Lipat belum Ditinggalkan

Nah, berikut tadi panduan mudah untuk bagaimana meng-gunakan instagram Android, sekarang Anda bisa menjadi (sep-erti) seorang profesional dengan menggunakan aplikasi ini untuk membuat hasil foto Anda lebih ciaamik.

Penulis: Shofwan HaniefSTIKOM Bali

Berbagi foto dengan instagram ke Twitter. Hanya masukan user-name dan password, klik Selesai

Cukup klik Upload untuk berbagi foto, dengan terlebih dahulu mencentang media Social Networking yang Anda pilih.

Selesai berbagi foto pertama di Facebook dengan menggunakan Andorid Instagram.

Dapat juga memilih sebuah foto populer, dengan cara cukup klik ikon bintang pada task bar di bawah ini.

Pembaca dapat melihat tab berikut, (untuk melihat aktivitas teman di instagram)

Aplikasi Android Mouse & Keyboard

Ada satu solusi sederhana, yaitu dengan menggunakan mouse dan keyboard wireless. Apakah solusi itu efisien dan murah? Kita harus membawa lap-top, keyboard dan mouse. Untuk memiliki mouse dan keyboard wireless, kita membutuhkan dana yang tidak sedikit dengan penan-

PUNYA gadget dengan spesifikasi tinggi dan berbagai kelebihan, belum tentu memperlihatkan bahwa kita bukan orang yang gaptek. Yang harus ditanyakan apakah penggu-naan gadget kita mampu memenuhi kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari?. Dalam keseharian, kita sering menggunakan komputer atau laptop untuk presentasi, tapi sering pula kita kesulitan untuk melakukan presentasi yang mengharuskan kita bolak-balik ke komputer hanya untuk menekan tombol next-prev atau pun untuk menulis sesuatu.

tuhan yang tidak sebanyak mouse dan keyboard wireless.

Sebuah ide yang muncul begitu saja, ingin menggunakan ponsel untuk remote komputer atau lap-top. zaman sekarang, siapa yang tak punya ponsel? Pasti semua punya ponsel. Bahkan, anak TK sekalipun sekarang sudah punya ponsel. Ponsel yang sekarang banyak digunakan adalah dengan merek tertentu dengan sistem op-erasi Android. Nah, kebetulan ada ponsel Android, jadi saya coba aja untuk mencari software gratis yang bisa dipakai remote PC dan akhirnya ketemu juga namanya Andro Mouse.

Daripada membeli mouse dan keyboard wireless atau pun point-er, lebih baik kita coba memasang aplikasi gratis di HP kita.

ganan kebutuhan yang tidak ter-lalu banyak. Selain dengan mouse dan keyboard wireless kita juga dapat menggunakan “presenter remote” yang sering dikenal den-gan nama “pointer”. Apakah juga merupakan solusi yang effisien? Harga sebuah pointer juga tidak murah, dengan penanganan kebu-

Ayo kita mulai utak atik yang namanya Andro Mouse ini. Andro Mouse sebuah software yang dapat mendayagunakan ponsel Android kita sebagai sebuah mouse dan keybord wireless. Kita lihat lebih detail lagi apa saja fitur-fitur yang diberikan.

Spesifikasi hardware dan soft-ware yang digunakan : Android Honeycomb 3.2 1,2 GHz dual-core processor Display 7’’, 1024 x 600 (WSVGA) TFT LCD Bluetooth Yes, v3.0 with A2DP, HS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, dual-band, Wi-Fi hotspot Andro mouse 3.0 AndroMouse server 2.5

InstalasiUnduh aplikasi Android

Mouse and Keyboard dari An-droid Market yang berkapasitas 1.44 MB dengan rating 4.0 dari 684 orang yang memberikan nilai. Unduh aplikasi Andro-Mouse Server pada http://andro-mouse.com/ untuk dijalankan di komputer yang akan mengguna-kan aplikasi Andro Mouse.

PENYERAPAN pasar terhadap berbagai produk ponsel pintar, ternyata berdampak pada perilaku masyarakat dalam berkomunikasi melalui pesan teks, dan pengguna ponsel perlahan-lahan mulai men-inggalkan Short Message Service (SMS) atau layanan pesan singkat dan beralih kepada layanan Black-Berry Messenger (BBM).

Munculnya ponsel pintar yang menawarkan layanan yang lebih menghibur, yakni seperti Whatsapp, BBM, Chaton, MSN, Skype, Twitter hingga Facebook, semua itu kini mampu menarik minat kalangan pengguna ponsel, sehingga membuat aktivitas SMS

SEOLAH tak mau tenggelam dalam per-saingan ponsel di Tanah Air, khususnya di ten-gah booming ponsel qwerty dan touch screen, sejumlah vendor ponsel mencoba tetap eksis menggelontor pasar dengan tipe ponsel lipat berdesain menarik.

Sejumlah vendor yang menggelontor pasar dengan tipe ponsel lipat adalah Nexian den-gan produk S Nexian Gravity G257. Tampil dengan struktur bodi yang elegan dengan sudut yang membulat. Kondisi tersebut makin menarik dengan tampilan yang dibungkus cover warna warni, sehingga membuatnya terlihat trendi.

Menurut situs resmi produk tersebut, S Nexian Gravity G257 secara fisik model-nya sepintas mirip ponsel entry level Sony Ericsson yang juga berdesain flip. Fitur yang terbenam dalam S Nexian Gravity G257 tidak kalah saing dengan tipe sejenisnya, yakni fitur kamera, MP3 player, video player dan juga radio FM.

Di sisi koneksi, ponsel dual on GSM ini me-nyediakan kanal bluetooth dan juga port kabel

data yang jika dikoneksikan ke PC sehingga menjadikan S Nexian Gravity G257 layaknya flashdisk. Hal ini juga karena adanya dukungan slot kartu memori ekspansi berjenis micro SD. Kondisi itu makin lengkap dengan fasilitas untuk sosialisasi di dunia maya. Sebut saja Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan sebagainya tertanam dalam S Nexian Gravity G257 ini.

Selain S Nexian Gravity G257, vendor lainnya yang juga menggelontor pasar dengan tipe serupa adalah Maxtron dengan tipe Chibi MG193. Produsen lokal ini juga merilis seri yang tidak jauh berbeda segmen yang dibidiknya, yakni kaum hawa dengan mengusung nama yang hampir sama dengan produk sebelum-nya, namun desainnya bukan flip qwerty

lagi, melainkan flip biasa tanpa qwerty.Produk ini baru dilempar ke pasaran pada

tahun ini, di mana ponsel Maxtron Chibi MG193 hadir dengan desain begitu feminim. Hal itu terlihat dari hampir seluruh bodinya dibungkus material plastik, kecuali bagian bawah sisi belakang yang terbuat dari besi. Motif bunga-bunga yang cantik menghiasi

sebagian besar tubuhnya, makin mem-perkuat kesan feminim.

Berbeda dengan beberapa rivalnya yang membenamkan fitur feminim, di

Maxtron Chibi MG193 kesan feminim tersebut hanya ditonjolkan di segi

desain saja. Sementara fiturnya standar untuk unisex, yakni seba-

gai ponsel musik, fitur pemutar video dan fitur perekam audio.

Agar tetap eksis, Maxtron juga menyediakan fitur media sosial, seperti Face-

book dan Twitter di folder Maxtron Chat.

*man

Smartphone Gerus Penggunaan SMS

yang sebelumnya banyak diminati menjadi kian menurun. Kondisi sebaliknya terjadi pada peng-guna ponsel pintar yang dominan memilih berinteraksi menyampai-kan pesan melalui layanan data internet. Memang tidak ada data yang pasti untuk peningkatan maupun penurunan penyampa-ian pesan melalui layanan data internet maupun SMS ini, namun kondisi tersebut memang terjadi sekarang ini.

Perkembangan teknologi yang dinamis ini memang memungkink-an kondisi teknologi lama diting-galkan dan beralih pada teknologi baru.

Terlebih lagi adanya sejum-lah kasus penipuan melalui jasa pelayanan SMS premium atau konten, serta SMS berantai melalui nomor biasa hingga pesan singkat yang bertujuan menyedot pulsa yang sempat marak beber-apa waktu lalu dialami beberapa pemilik nomor yang merasa dirugi-kan. Kondisi tersebut membuat pengguna ponsel lebih merasa aman jika menyampaikan pesan teks melalui layanan data internet ketimbang layanan SMS. *man

Ponsel Terbaru Sasar Anak Muda

KALANGAN anak muda tetap menjadi pasar potensial dari tren berkembangnya smartphone baru. Antusiasme masyarakat menunggu mau-pun menggunakan produk baru menjadi peluang tersendiri di bisnis ponsel.

Smartphone dengan sistem operasi Android keluaran terbaru, tetap melirik pasar anak muda. Pasar anak muda yang memerlukan teknologi terbaru tergolong tinggi sampai saat ini. Teknologi terbaru yang kini mulai ditawarkan smartphone mengarah ke prosesor Dual Core, fitur layar lebar, touch screen, 3,5 G, kamera pixel besar, dan tentunya sistem Android.

Meski smartphone baru banyak mengusung teknologi terbaru, ponsel yang lebih dahulu dirilis tetap memiliki penggemarnya.

Salah satu produk yang kian banyak dicari adalah Nokia Lumia 610 yang termasuk produk smartphone terbaru di tahun 2012 ini.

Berdasarkan spesifikasi yang ada, Nokia Lumia 610 dilengkapi OS Windows Phone versi Tango, processor 800 Mhz serta kamera 5 Megapixel. Memiliki fitur Wi-Fi hotspot yang mengizinkan hingga 5 perangkat lain untuk terkoneksi ke Wi-Fi via Lumia 610. Ponsel ini juga didesain untuk

pengguna yang ingin mencoba sistem operasi Windows Phone dengan dana yang terbatas, dan tidak begitu memerlukan kelebihan-kelebihan lain seperti yang ada di ponsel mahal.

Di segi software, Nokia Lumia 610 akan tetap menyediakan Nokia Maps, Nokia Drive, dan Nokia Transport di mana aplikasi-aplikasi terse-but cukup berguna di momen tertentu. Lumia 610 merupakan ponsel Windows Phone dengan harga paling ekonomis yang ditawarkan Nokia.

*dik

Page 10: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

Motorola Geber Motosmart Flip XT611

MARKET10 APLIKASI 15 15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Samsung Galaxy Tab 7.7 Siap Kuasai Pasar Tablet

SAMSUNG Galaxy Tab 7.7 di kalangan pecinta gadget kini menjadi produk yang diburu. Bahkan, produk tersebut diprediksi akan menguasai pasar tablet karena memi-liki keunggulan pada desain tipis dan layar yang jernih.

Anggapan ini tidak berlebihan, dengan kemampuan hardware yang di atas rata-rata, membuat Samsung Galaxy Tab 7.7 adalah penerus kelas komputer tablet 7 inci yang terbaik untuk saat ini. Namun sayang-nya, harga jual tablet unggulan ini masih dinilai mahal antara komputer tablet lainnya. Harga tablet besutan Samsung ini ditawar-kan berkisar Rp 7 jutaan.

Harga jual yang relatif mahal ini, diyakini bagi sebagian besar pengguna tablet tidak akan membuat menyesal, karena sesuai dengan kemampuannya yang luar biasa.

Samsung Galaxy Tab 7.7 termasuk tablet pertama yang mengusung fitur layar 7,7 inci super AMOLED (salah satu jenis display terbaik untuk perangkat mobile).

Galaxy Tab 7.7 membekali diri dengan prosesor dual-core 1,4 GHz dan RAM 1 GB, di mana hal ini termasuk unggul di kategori tablet. Keunggulan ini menjadikannya salah satu tablet Android yang paling responsif.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Gadget Star, keistimewaan Samsung Galaxy Tab 7.7 yang baru diluncurkan ini meliputi:

DesainSamsung Galaxy Tab 7.7 memiliki kete-

balan 7,89 mm dan berat 340 gram dalam desain 7,7 inci. Secara desain, pirate ini memiliki bodi metalik yang stylish. Bobotnya yang ringan dan ukuran tidak terlalu besar, membuat tablet ini nyaman digenggam.

Berbicara soal bodi, di bagian depan terdapat kamera front facing beresolusi 2 MP. Sementara di bagian samping terdapat tombol power, pengontrol volume dan slot untuk microSD serta Micro-SIM. Terdapat juga 30-pin proprietary dock port, IR blaster, jack headphone dan microphone. Sementa-ra di bagian belakang bodi, terdapat kamera beresolusi 3 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash.

LayarKeunggulan lain yang dimiliki adalah

layar yang begitu jernih dari Super AMOLED Plus yang memiliki resolusi 1.280 x 800. Kejernihan layar mampu menampilkan foto

atau pun video dengan kekayaan warna dan kon-tras memanjakan mata. Layar yang dimiliki tablet ini memberikan kenikmatan yang lebih baik dalam hal multimedia.

AplikasiAplikasi sangat lengkap mulai Photo Edi-

tor, Social Hub, Pen Memo, Samsung Apps Store, Voice Search, video, TouchWiz UX, HSPA, Wi-Fi, GPS, 3.5 mm headset jack, Bluetooth 3.0, 3 Mpix rear camera, player hingga music player.

PerformaPiranti tablet dari Samsung ini meng-

gunakan sistem operasi Android versi 3.2

(Honeycomb) yang sudah ada tampilan TouchWiz UX-

nya. Dengan tampilan tersebut, mengakses konten dari

home screen bisa dilakukan dengan mudah, demikian juga saat digunakan untuk multi tasking.

KameraKamera Galaxy Tab 7.7 dibekali resolusi

2 MP untuk kamera depannya dan 3 MP untuk kamera belakang. Resolusinya yang tidak terlalu tinggi dibantu dengan adanya LED flash saat dipakai dalam pemotretan super gelap. Piranti ini juga sudah mempu-nyai mode panorama di mana bisa dipakai untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas. Kemampuan pereka-man videonya juga lebih baik karena sudah support HD 1.280 x 720. *dik

TAK kecut nyali bersaing dengan kompetitor, tahun 2012 Motorola Motosmart Flip XT 611 digeber di pasaran. Mengusung tema Android Flip dan Motorola Android terbaru dengan julukan Motorola Motosmart Flip XT611, ponsel ini memiliki layar depan transparan dengan layar sentuh kapasitif 3.2 inci.

Untuk menangkap gambar-gambar berharga, tersedia kam-era 5 MP auto fokus dan flash. Hasil foto tersebut juga dapat dengan mudah langsung bisa di-share ke teman-teman lewat pre-loaded aplikasi jejaring sosial. Berkat teknologi GPS Motosmart, pengguna dapat menavigasi jalan ke mana pun mau pergi. Fitur sosial graph yang ada di Motorola Motosmart Flip XT611 memberikan akses mudah dan cepat untuk orang-orang terpenting. Uniknya, makin sering digunakan berko-munikasi dengan seseorang, ikon mereka jadi lebih besar. Dengan warna hitam dan layar touchscreen penutup, ponsel terbaru motorola ini lebih elegan dan menarik.

Spesifikasi Motorola Motosmart Flip XT611 yakni, jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 1900, layar TFT capacitive touchscreen, 256 ribu warna, 320

x 480 piksel, 3.2 inchi, kamera utama: 5 MP, 2592 x 1944 piksel, autofocus, LED flash, geo-tagging, video 480p@26-30fps, kamera sekunder: VGA, memori: 512 MB ROM, 512 MB RAM, microSD hingga 32 GB, OS: Android v2.3 Gingerbread, Prosesor: Qual-comm MSM7227T-1 Snapdragon, 800 MHz, 3G HSDPA, HSUPA, konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB v2.0. Fitur lainnya: A-GPS, SNS integration, HTML, Adobe Flash, MP3/WAV/AAC+ player, MP4/H.263/H.264/WMV player, Google Seach, Maps, Gmail, YouTube, Google Talk, Document Viewer, Photo viewer

Baterai: Li-Ion 1540 mAh. Motorola Motosmart Flip XT611 juga mempunyai kemampuan menjelajah internet yang super cepat karena telah didukung oleh teknologi terbaru yaitu prosesor qualcomm MSM7227T-1 Snap-dragon, 800 MHz serta ditam-bah dengan kehadiran Android Gingerbread, dan yang paling unik adalah ponsel Android terbaru dari motorola ini memiliki desain flip yang masih jarang ditemui ponsel Android lain. *gun

SONY tahun ini me-luncurkan dua produk unggu-lannya. Salah satunya Sony Xperia Acro S. Produk baru ini merupakan ponsel tahan air dan telah men-ingkatkan perlindungan terhadap unsur-unsur yang mencakup kaca mineral tahan gores di atas display.

Seperti yang dikutip dari situs androidtan.com, Sony Xperia Acro

Sony Luncurkan Produk Unggulannya

S menawarkan layar reality dis-

play 4.3 inci resolusi HD 720p. Kamera bela-

kang menggunakan sensor Exmor R 12MP, memiliki

f/2.4 aperture, dan kemampuan merekam video FullHD 1080p. Dilaporkan bahwa layar Xperia Acro S ditutupi kaca antigores dan mendukung teknologi wet finger tracking (pelacakan jari basah), mirip dengan apa yang kita lihat pada Xperia Active. Sony Xperia Acro S memiliki rating IP67 untuk ketahanan debu dan air.

Xperia Acro S akan dileng-kapi dengan panel display HD Reality 4,3 inci 720p dengan Bravia engine, prosesor dual-core Snapdragon S4 1.5GHz, 1GB RAM, internal memory 16GB + slot microSD card 32GB, kompatibilitas dengan smartwatch Sony, kamera 12MP dengan kemampuan vid-eo recording Full HD 1080p di bagian belakang, serta kamera 1,3 MP di bagian depan yang mampu melakukan video re-cording dengan resolusi hingga 720p, sebuah fitur yang akan mampu menghadirkan kualitas video yang sangat jernih untuk mendukung kegiatan video chat Anda.

Di bagian dalam, Xperia Acro S memiliki chipset 1.5GHz dual core Snapdragon dan Ice Cream Sandwich yang sudah dibenamkan padanya saat pe-luncuran. Ada RAM 1 GB dan 16 GB penyimpanan on-board (hingga 11 GB yang dapat diakses pengguna).

Layanan lokasi ditawarkan GPS smartphone yang selain itu ditambah dengan dukungan sistem penentuan posisi satelit GLONASS. Xperia Acro S juga memiliki port HDMI dan dukun-gan NFC. Xperia Acro S akan tersedia dalam warna hitam, putih dan pink. *bia/bbs

Editing dan Sharing Foto Gratis di Android dengan Aplikasi Instagram

MUNGKIN sebagian pembaca per-nah mendengar percakapan ini, atau bahkan teman Anda yang malah ber-kata demikian kepada Anda. Saat ini, dengan begitu pesatnya aplikasi yang bermunculan di gadget seperti ponsel dan tablet, memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing, khususnya foto dengan bantuan aplikasi yang ada. Salah satunya adalah aplikasi Instagram yang bisa diinstal di Android atau BlackBerry.

Instagram Android merupakan aplikasi editing dan sharing foto yang sudah dapat di-download dan dinikmati peng-guna android. Aplikasi Instagram ini resmi tersedia untuk Android sejak April 2012 dan dapat di-download secara gratis melalui Google Play. Pada awalnya aplikasi Instagram dibuat untuk peng-guna iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Dengan fitur utama untuk men-gedit (editing) dan membagikan (shar-ing) foto, aplikasi Instagram for Android dilengkapi efek dan filter foto retro yang keren.

Aplikasi Instagram Android bukanlah satu-satunya aplikasi edit foto untuk Android. Ada lagi aplikasi edit foto yang sudah lebih lama dikenal kalangan peng-guna Android yaitu Pixlr-o-matic. kedua aplikasi edit foto gratis ini memiliki keung-gulan masing-masing dan kedua aplikasi tersebut juga dapat di-download secara gratis melalui website resmi Android Mar-ket yaitu Google Play.

Selain memiliki efek atau filter retro dalam mengedit foto pada ponsel An-droid, Instagram for Android juga dileng-kapi fitur sharing ke social network. Jadi setelah Anda mengambil foto melalui ponsel Android, kemudian mengedit foto tersebut melalui aplikasi instagram An-droid, Anda dapat langsung membagikan foto tersebut kepada teman dan kerabat melalui social network seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Foursquare.

Bila Anda seorang pengguna An-droid dan tidak mau ketinggalan ap-likasi Android terbaru dan terbaik untuk ponsel Android kesayangan, Anda harus memiliki aplikasi Android gratis Instagram Android.

Klik pada ikon Instagram di layar.

Welcome Screen untuk mendaftar atau login (Jika Anda tidak memiliki akun insta-gram silahkan daftar terlebih dahulu). Jika Anda sudah memilikinya. klik login button instagram Android

Masukan Username dan password

Ketika mengklik tombol ikon kamera. sobat akan melihat semua foto. (foto Anda atau teman Anda)

Jika sobat ingin menyaring foto. Cukup klik ikon Filter di bawah ini pada task bar. (Normal, Amaro, Rise dan banyak lagi)

Setelah memilih filter dan selesai. se-lanjutnya dapat berbagi foto pada jaringan sosial seperti Twitter atau Facebook

Pengguna Android dapat dapat mengambil foto, berbagi foto, membuat filter artistik dan dibagikan pada jaringan sosial (Facebook, Twitter, banyak lagi). Hari ini bloggebbu akan berbagi tentang bagaimana mengguna-kan Instagram untuk Android?

Berikut ini saya akan berikan cara penggunaan Instagram yang terinstall di device dengan OS Android, tapi jangan lupa down-load dulu di Google Play sebelum Anda ingin melakukan editing.

“Keren banget foto lu bro’!!… pake kamera apaan lu???”“Biasa pake HP xxxxx, tapi gw install aplikasi instagram cuy”“Becanda lu bro’!!...”“Asli cuy… download aja di mar-ket!!... pake Android nga lu?”“Engga’… Ayo lah, anterin gw bro… jd pengen nih…

Page 11: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

HARGA PONSEL14 HARGA PONSEL 11 15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Page 12: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

HARGA PONSEL12 HARGA PONSEL 1315 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Page 13: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

HARGA PONSEL12 HARGA PONSEL 1315 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Page 14: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

HARGA PONSEL14 HARGA PONSEL 11 15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Page 15: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

Motorola Geber Motosmart Flip XT611

MARKET10 APLIKASI 15 15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Samsung Galaxy Tab 7.7 Siap Kuasai Pasar Tablet

SAMSUNG Galaxy Tab 7.7 di kalangan pecinta gadget kini menjadi produk yang diburu. Bahkan, produk tersebut diprediksi akan menguasai pasar tablet karena memi-liki keunggulan pada desain tipis dan layar yang jernih.

Anggapan ini tidak berlebihan, dengan kemampuan hardware yang di atas rata-rata, membuat Samsung Galaxy Tab 7.7 adalah penerus kelas komputer tablet 7 inci yang terbaik untuk saat ini. Namun sayang-nya, harga jual tablet unggulan ini masih dinilai mahal antara komputer tablet lainnya. Harga tablet besutan Samsung ini ditawar-kan berkisar Rp 7 jutaan.

Harga jual yang relatif mahal ini, diyakini bagi sebagian besar pengguna tablet tidak akan membuat menyesal, karena sesuai dengan kemampuannya yang luar biasa.

Samsung Galaxy Tab 7.7 termasuk tablet pertama yang mengusung fitur layar 7,7 inci super AMOLED (salah satu jenis display terbaik untuk perangkat mobile).

Galaxy Tab 7.7 membekali diri dengan prosesor dual-core 1,4 GHz dan RAM 1 GB, di mana hal ini termasuk unggul di kategori tablet. Keunggulan ini menjadikannya salah satu tablet Android yang paling responsif.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Gadget Star, keistimewaan Samsung Galaxy Tab 7.7 yang baru diluncurkan ini meliputi:

DesainSamsung Galaxy Tab 7.7 memiliki kete-

balan 7,89 mm dan berat 340 gram dalam desain 7,7 inci. Secara desain, pirate ini memiliki bodi metalik yang stylish. Bobotnya yang ringan dan ukuran tidak terlalu besar, membuat tablet ini nyaman digenggam.

Berbicara soal bodi, di bagian depan terdapat kamera front facing beresolusi 2 MP. Sementara di bagian samping terdapat tombol power, pengontrol volume dan slot untuk microSD serta Micro-SIM. Terdapat juga 30-pin proprietary dock port, IR blaster, jack headphone dan microphone. Sementa-ra di bagian belakang bodi, terdapat kamera beresolusi 3 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash.

LayarKeunggulan lain yang dimiliki adalah

layar yang begitu jernih dari Super AMOLED Plus yang memiliki resolusi 1.280 x 800. Kejernihan layar mampu menampilkan foto

atau pun video dengan kekayaan warna dan kon-tras memanjakan mata. Layar yang dimiliki tablet ini memberikan kenikmatan yang lebih baik dalam hal multimedia.

AplikasiAplikasi sangat lengkap mulai Photo Edi-

tor, Social Hub, Pen Memo, Samsung Apps Store, Voice Search, video, TouchWiz UX, HSPA, Wi-Fi, GPS, 3.5 mm headset jack, Bluetooth 3.0, 3 Mpix rear camera, player hingga music player.

PerformaPiranti tablet dari Samsung ini meng-

gunakan sistem operasi Android versi 3.2

(Honeycomb) yang sudah ada tampilan TouchWiz UX-

nya. Dengan tampilan tersebut, mengakses konten dari

home screen bisa dilakukan dengan mudah, demikian juga saat digunakan untuk multi tasking.

KameraKamera Galaxy Tab 7.7 dibekali resolusi

2 MP untuk kamera depannya dan 3 MP untuk kamera belakang. Resolusinya yang tidak terlalu tinggi dibantu dengan adanya LED flash saat dipakai dalam pemotretan super gelap. Piranti ini juga sudah mempu-nyai mode panorama di mana bisa dipakai untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas. Kemampuan pereka-man videonya juga lebih baik karena sudah support HD 1.280 x 720. *dik

TAK kecut nyali bersaing dengan kompetitor, tahun 2012 Motorola Motosmart Flip XT 611 digeber di pasaran. Mengusung tema Android Flip dan Motorola Android terbaru dengan julukan Motorola Motosmart Flip XT611, ponsel ini memiliki layar depan transparan dengan layar sentuh kapasitif 3.2 inci.

Untuk menangkap gambar-gambar berharga, tersedia kam-era 5 MP auto fokus dan flash. Hasil foto tersebut juga dapat dengan mudah langsung bisa di-share ke teman-teman lewat pre-loaded aplikasi jejaring sosial. Berkat teknologi GPS Motosmart, pengguna dapat menavigasi jalan ke mana pun mau pergi. Fitur sosial graph yang ada di Motorola Motosmart Flip XT611 memberikan akses mudah dan cepat untuk orang-orang terpenting. Uniknya, makin sering digunakan berko-munikasi dengan seseorang, ikon mereka jadi lebih besar. Dengan warna hitam dan layar touchscreen penutup, ponsel terbaru motorola ini lebih elegan dan menarik.

Spesifikasi Motorola Motosmart Flip XT611 yakni, jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 1900, layar TFT capacitive touchscreen, 256 ribu warna, 320

x 480 piksel, 3.2 inchi, kamera utama: 5 MP, 2592 x 1944 piksel, autofocus, LED flash, geo-tagging, video 480p@26-30fps, kamera sekunder: VGA, memori: 512 MB ROM, 512 MB RAM, microSD hingga 32 GB, OS: Android v2.3 Gingerbread, Prosesor: Qual-comm MSM7227T-1 Snapdragon, 800 MHz, 3G HSDPA, HSUPA, konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB v2.0. Fitur lainnya: A-GPS, SNS integration, HTML, Adobe Flash, MP3/WAV/AAC+ player, MP4/H.263/H.264/WMV player, Google Seach, Maps, Gmail, YouTube, Google Talk, Document Viewer, Photo viewer

Baterai: Li-Ion 1540 mAh. Motorola Motosmart Flip XT611 juga mempunyai kemampuan menjelajah internet yang super cepat karena telah didukung oleh teknologi terbaru yaitu prosesor qualcomm MSM7227T-1 Snap-dragon, 800 MHz serta ditam-bah dengan kehadiran Android Gingerbread, dan yang paling unik adalah ponsel Android terbaru dari motorola ini memiliki desain flip yang masih jarang ditemui ponsel Android lain. *gun

SONY tahun ini me-luncurkan dua produk unggu-lannya. Salah satunya Sony Xperia Acro S. Produk baru ini merupakan ponsel tahan air dan telah men-ingkatkan perlindungan terhadap unsur-unsur yang mencakup kaca mineral tahan gores di atas display.

Seperti yang dikutip dari situs androidtan.com, Sony Xperia Acro

Sony Luncurkan Produk Unggulannya

S menawarkan layar reality dis-

play 4.3 inci resolusi HD 720p. Kamera bela-

kang menggunakan sensor Exmor R 12MP, memiliki

f/2.4 aperture, dan kemampuan merekam video FullHD 1080p. Dilaporkan bahwa layar Xperia Acro S ditutupi kaca antigores dan mendukung teknologi wet finger tracking (pelacakan jari basah), mirip dengan apa yang kita lihat pada Xperia Active. Sony Xperia Acro S memiliki rating IP67 untuk ketahanan debu dan air.

Xperia Acro S akan dileng-kapi dengan panel display HD Reality 4,3 inci 720p dengan Bravia engine, prosesor dual-core Snapdragon S4 1.5GHz, 1GB RAM, internal memory 16GB + slot microSD card 32GB, kompatibilitas dengan smartwatch Sony, kamera 12MP dengan kemampuan vid-eo recording Full HD 1080p di bagian belakang, serta kamera 1,3 MP di bagian depan yang mampu melakukan video re-cording dengan resolusi hingga 720p, sebuah fitur yang akan mampu menghadirkan kualitas video yang sangat jernih untuk mendukung kegiatan video chat Anda.

Di bagian dalam, Xperia Acro S memiliki chipset 1.5GHz dual core Snapdragon dan Ice Cream Sandwich yang sudah dibenamkan padanya saat pe-luncuran. Ada RAM 1 GB dan 16 GB penyimpanan on-board (hingga 11 GB yang dapat diakses pengguna).

Layanan lokasi ditawarkan GPS smartphone yang selain itu ditambah dengan dukungan sistem penentuan posisi satelit GLONASS. Xperia Acro S juga memiliki port HDMI dan dukun-gan NFC. Xperia Acro S akan tersedia dalam warna hitam, putih dan pink. *bia/bbs

Editing dan Sharing Foto Gratis di Android dengan Aplikasi Instagram

MUNGKIN sebagian pembaca per-nah mendengar percakapan ini, atau bahkan teman Anda yang malah ber-kata demikian kepada Anda. Saat ini, dengan begitu pesatnya aplikasi yang bermunculan di gadget seperti ponsel dan tablet, memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing, khususnya foto dengan bantuan aplikasi yang ada. Salah satunya adalah aplikasi Instagram yang bisa diinstal di Android atau BlackBerry.

Instagram Android merupakan aplikasi editing dan sharing foto yang sudah dapat di-download dan dinikmati peng-guna android. Aplikasi Instagram ini resmi tersedia untuk Android sejak April 2012 dan dapat di-download secara gratis melalui Google Play. Pada awalnya aplikasi Instagram dibuat untuk peng-guna iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Dengan fitur utama untuk men-gedit (editing) dan membagikan (shar-ing) foto, aplikasi Instagram for Android dilengkapi efek dan filter foto retro yang keren.

Aplikasi Instagram Android bukanlah satu-satunya aplikasi edit foto untuk Android. Ada lagi aplikasi edit foto yang sudah lebih lama dikenal kalangan peng-guna Android yaitu Pixlr-o-matic. kedua aplikasi edit foto gratis ini memiliki keung-gulan masing-masing dan kedua aplikasi tersebut juga dapat di-download secara gratis melalui website resmi Android Mar-ket yaitu Google Play.

Selain memiliki efek atau filter retro dalam mengedit foto pada ponsel An-droid, Instagram for Android juga dileng-kapi fitur sharing ke social network. Jadi setelah Anda mengambil foto melalui ponsel Android, kemudian mengedit foto tersebut melalui aplikasi instagram An-droid, Anda dapat langsung membagikan foto tersebut kepada teman dan kerabat melalui social network seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Foursquare.

Bila Anda seorang pengguna An-droid dan tidak mau ketinggalan ap-likasi Android terbaru dan terbaik untuk ponsel Android kesayangan, Anda harus memiliki aplikasi Android gratis Instagram Android.

Klik pada ikon Instagram di layar.

Welcome Screen untuk mendaftar atau login (Jika Anda tidak memiliki akun insta-gram silahkan daftar terlebih dahulu). Jika Anda sudah memilikinya. klik login button instagram Android

Masukan Username dan password

Ketika mengklik tombol ikon kamera. sobat akan melihat semua foto. (foto Anda atau teman Anda)

Jika sobat ingin menyaring foto. Cukup klik ikon Filter di bawah ini pada task bar. (Normal, Amaro, Rise dan banyak lagi)

Setelah memilih filter dan selesai. se-lanjutnya dapat berbagi foto pada jaringan sosial seperti Twitter atau Facebook

Pengguna Android dapat dapat mengambil foto, berbagi foto, membuat filter artistik dan dibagikan pada jaringan sosial (Facebook, Twitter, banyak lagi). Hari ini bloggebbu akan berbagi tentang bagaimana mengguna-kan Instagram untuk Android?

Berikut ini saya akan berikan cara penggunaan Instagram yang terinstall di device dengan OS Android, tapi jangan lupa down-load dulu di Google Play sebelum Anda ingin melakukan editing.

“Keren banget foto lu bro’!!… pake kamera apaan lu???”“Biasa pake HP xxxxx, tapi gw install aplikasi instagram cuy”“Becanda lu bro’!!...”“Asli cuy… download aja di mar-ket!!... pake Android nga lu?”“Engga’… Ayo lah, anterin gw bro… jd pengen nih…

Page 16: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

APLIKASI16 TREND 9 15 - 21 Juni 201215 - 21 Juni 2012

Ponsel Lipat belum Ditinggalkan

Nah, berikut tadi panduan mudah untuk bagaimana meng-gunakan instagram Android, sekarang Anda bisa menjadi (sep-erti) seorang profesional dengan menggunakan aplikasi ini untuk membuat hasil foto Anda lebih ciaamik.

Penulis: Shofwan HaniefSTIKOM Bali

Berbagi foto dengan instagram ke Twitter. Hanya masukan user-name dan password, klik Selesai

Cukup klik Upload untuk berbagi foto, dengan terlebih dahulu mencentang media Social Networking yang Anda pilih.

Selesai berbagi foto pertama di Facebook dengan menggunakan Andorid Instagram.

Dapat juga memilih sebuah foto populer, dengan cara cukup klik ikon bintang pada task bar di bawah ini.

Pembaca dapat melihat tab berikut, (untuk melihat aktivitas teman di instagram)

Aplikasi Android Mouse & Keyboard

Ada satu solusi sederhana, yaitu dengan menggunakan mouse dan keyboard wireless. Apakah solusi itu efisien dan murah? Kita harus membawa lap-top, keyboard dan mouse. Untuk memiliki mouse dan keyboard wireless, kita membutuhkan dana yang tidak sedikit dengan penan-

PUNYA gadget dengan spesifikasi tinggi dan berbagai kelebihan, belum tentu memperlihatkan bahwa kita bukan orang yang gaptek. Yang harus ditanyakan apakah penggu-naan gadget kita mampu memenuhi kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari?. Dalam keseharian, kita sering menggunakan komputer atau laptop untuk presentasi, tapi sering pula kita kesulitan untuk melakukan presentasi yang mengharuskan kita bolak-balik ke komputer hanya untuk menekan tombol next-prev atau pun untuk menulis sesuatu.

tuhan yang tidak sebanyak mouse dan keyboard wireless.

Sebuah ide yang muncul begitu saja, ingin menggunakan ponsel untuk remote komputer atau lap-top. zaman sekarang, siapa yang tak punya ponsel? Pasti semua punya ponsel. Bahkan, anak TK sekalipun sekarang sudah punya ponsel. Ponsel yang sekarang banyak digunakan adalah dengan merek tertentu dengan sistem op-erasi Android. Nah, kebetulan ada ponsel Android, jadi saya coba aja untuk mencari software gratis yang bisa dipakai remote PC dan akhirnya ketemu juga namanya Andro Mouse.

Daripada membeli mouse dan keyboard wireless atau pun point-er, lebih baik kita coba memasang aplikasi gratis di HP kita.

ganan kebutuhan yang tidak ter-lalu banyak. Selain dengan mouse dan keyboard wireless kita juga dapat menggunakan “presenter remote” yang sering dikenal den-gan nama “pointer”. Apakah juga merupakan solusi yang effisien? Harga sebuah pointer juga tidak murah, dengan penanganan kebu-

Ayo kita mulai utak atik yang namanya Andro Mouse ini. Andro Mouse sebuah software yang dapat mendayagunakan ponsel Android kita sebagai sebuah mouse dan keybord wireless. Kita lihat lebih detail lagi apa saja fitur-fitur yang diberikan.

Spesifikasi hardware dan soft-ware yang digunakan : Android Honeycomb 3.2 1,2 GHz dual-core processor Display 7’’, 1024 x 600 (WSVGA) TFT LCD Bluetooth Yes, v3.0 with A2DP, HS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, dual-band, Wi-Fi hotspot Andro mouse 3.0 AndroMouse server 2.5

InstalasiUnduh aplikasi Android

Mouse and Keyboard dari An-droid Market yang berkapasitas 1.44 MB dengan rating 4.0 dari 684 orang yang memberikan nilai. Unduh aplikasi Andro-Mouse Server pada http://andro-mouse.com/ untuk dijalankan di komputer yang akan mengguna-kan aplikasi Andro Mouse.

PENYERAPAN pasar terhadap berbagai produk ponsel pintar, ternyata berdampak pada perilaku masyarakat dalam berkomunikasi melalui pesan teks, dan pengguna ponsel perlahan-lahan mulai men-inggalkan Short Message Service (SMS) atau layanan pesan singkat dan beralih kepada layanan Black-Berry Messenger (BBM).

Munculnya ponsel pintar yang menawarkan layanan yang lebih menghibur, yakni seperti Whatsapp, BBM, Chaton, MSN, Skype, Twitter hingga Facebook, semua itu kini mampu menarik minat kalangan pengguna ponsel, sehingga membuat aktivitas SMS

SEOLAH tak mau tenggelam dalam per-saingan ponsel di Tanah Air, khususnya di ten-gah booming ponsel qwerty dan touch screen, sejumlah vendor ponsel mencoba tetap eksis menggelontor pasar dengan tipe ponsel lipat berdesain menarik.

Sejumlah vendor yang menggelontor pasar dengan tipe ponsel lipat adalah Nexian den-gan produk S Nexian Gravity G257. Tampil dengan struktur bodi yang elegan dengan sudut yang membulat. Kondisi tersebut makin menarik dengan tampilan yang dibungkus cover warna warni, sehingga membuatnya terlihat trendi.

Menurut situs resmi produk tersebut, S Nexian Gravity G257 secara fisik model-nya sepintas mirip ponsel entry level Sony Ericsson yang juga berdesain flip. Fitur yang terbenam dalam S Nexian Gravity G257 tidak kalah saing dengan tipe sejenisnya, yakni fitur kamera, MP3 player, video player dan juga radio FM.

Di sisi koneksi, ponsel dual on GSM ini me-nyediakan kanal bluetooth dan juga port kabel

data yang jika dikoneksikan ke PC sehingga menjadikan S Nexian Gravity G257 layaknya flashdisk. Hal ini juga karena adanya dukungan slot kartu memori ekspansi berjenis micro SD. Kondisi itu makin lengkap dengan fasilitas untuk sosialisasi di dunia maya. Sebut saja Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan sebagainya tertanam dalam S Nexian Gravity G257 ini.

Selain S Nexian Gravity G257, vendor lainnya yang juga menggelontor pasar dengan tipe serupa adalah Maxtron dengan tipe Chibi MG193. Produsen lokal ini juga merilis seri yang tidak jauh berbeda segmen yang dibidiknya, yakni kaum hawa dengan mengusung nama yang hampir sama dengan produk sebelum-nya, namun desainnya bukan flip qwerty

lagi, melainkan flip biasa tanpa qwerty.Produk ini baru dilempar ke pasaran pada

tahun ini, di mana ponsel Maxtron Chibi MG193 hadir dengan desain begitu feminim. Hal itu terlihat dari hampir seluruh bodinya dibungkus material plastik, kecuali bagian bawah sisi belakang yang terbuat dari besi. Motif bunga-bunga yang cantik menghiasi

sebagian besar tubuhnya, makin mem-perkuat kesan feminim.

Berbeda dengan beberapa rivalnya yang membenamkan fitur feminim, di

Maxtron Chibi MG193 kesan feminim tersebut hanya ditonjolkan di segi

desain saja. Sementara fiturnya standar untuk unisex, yakni seba-

gai ponsel musik, fitur pemutar video dan fitur perekam audio.

Agar tetap eksis, Maxtron juga menyediakan fitur media sosial, seperti Face-

book dan Twitter di folder Maxtron Chat.

*man

Smartphone Gerus Penggunaan SMS

yang sebelumnya banyak diminati menjadi kian menurun. Kondisi sebaliknya terjadi pada peng-guna ponsel pintar yang dominan memilih berinteraksi menyampai-kan pesan melalui layanan data internet. Memang tidak ada data yang pasti untuk peningkatan maupun penurunan penyampa-ian pesan melalui layanan data internet maupun SMS ini, namun kondisi tersebut memang terjadi sekarang ini.

Perkembangan teknologi yang dinamis ini memang memungkink-an kondisi teknologi lama diting-galkan dan beralih pada teknologi baru.

Terlebih lagi adanya sejum-lah kasus penipuan melalui jasa pelayanan SMS premium atau konten, serta SMS berantai melalui nomor biasa hingga pesan singkat yang bertujuan menyedot pulsa yang sempat marak beber-apa waktu lalu dialami beberapa pemilik nomor yang merasa dirugi-kan. Kondisi tersebut membuat pengguna ponsel lebih merasa aman jika menyampaikan pesan teks melalui layanan data internet ketimbang layanan SMS. *man

Ponsel Terbaru Sasar Anak Muda

KALANGAN anak muda tetap menjadi pasar potensial dari tren berkembangnya smartphone baru. Antusiasme masyarakat menunggu mau-pun menggunakan produk baru menjadi peluang tersendiri di bisnis ponsel.

Smartphone dengan sistem operasi Android keluaran terbaru, tetap melirik pasar anak muda. Pasar anak muda yang memerlukan teknologi terbaru tergolong tinggi sampai saat ini. Teknologi terbaru yang kini mulai ditawarkan smartphone mengarah ke prosesor Dual Core, fitur layar lebar, touch screen, 3,5 G, kamera pixel besar, dan tentunya sistem Android.

Meski smartphone baru banyak mengusung teknologi terbaru, ponsel yang lebih dahulu dirilis tetap memiliki penggemarnya.

Salah satu produk yang kian banyak dicari adalah Nokia Lumia 610 yang termasuk produk smartphone terbaru di tahun 2012 ini.

Berdasarkan spesifikasi yang ada, Nokia Lumia 610 dilengkapi OS Windows Phone versi Tango, processor 800 Mhz serta kamera 5 Megapixel. Memiliki fitur Wi-Fi hotspot yang mengizinkan hingga 5 perangkat lain untuk terkoneksi ke Wi-Fi via Lumia 610. Ponsel ini juga didesain untuk

pengguna yang ingin mencoba sistem operasi Windows Phone dengan dana yang terbatas, dan tidak begitu memerlukan kelebihan-kelebihan lain seperti yang ada di ponsel mahal.

Di segi software, Nokia Lumia 610 akan tetap menyediakan Nokia Maps, Nokia Drive, dan Nokia Transport di mana aplikasi-aplikasi terse-but cukup berguna di momen tertentu. Lumia 610 merupakan ponsel Windows Phone dengan harga paling ekonomis yang ditawarkan Nokia.

*dik

Page 17: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

TREND8 APLIKASI 1715 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

SAAT ini hampir semua ponsel pintar yang beredar di masyarakat mempunyai ukuran yang terbi-lang lebar. Ukuran itu hampir mendekati ukuran sebuah tablet

Layar Lebar Jadi Tren Smartphone Android

PC. Tidak heran bila beberapa orang mengalami kebingungan mengenai fungsi dari gadget tersebut.

Dengan ukuran yang cukup lebar, banyak konsumen yang mulai kesulitan untuk membe-dakan antara tablet PC dengan smartphone.

Tren Android ke depannya, semua orang ingin lihat layar yang lebar, tidak lagi dengan layar yang berukuran kecil. Dengan ukuran besar, maka akan sangat nyaman dalam melihat fasilitas maupun fitur yang ditawarkan untuk menun-jang mobilitas.

Sebut saja produk smart-phone Android yang menawar-kan pilihan layar lebih besar ini adalah Huawei tipe Ascend Y200 dan tipe Ascend P1.

Seperti yang dikutip dari situs resmi produk tersebut, masing-masing tipe ponsel dari besutan produsen merek Hua-wei ini memiliki ukuran layar 3,5 inci dan layar 4,3 inci. Tidak itu saja, seolah ingin menegaskan menjadi ponsel dengan fitur

Hal yang sama juga ditawar-kan vendor Samsung tipe Galaxy Note. Jika dilihat dari spesifikas-inya, smartphone dan tablet PC pada dasarnya adalah sama. Cara paling mudah untuk membedakan mereka adalah melihat ukuran layarnya. Tablet PC umumnya berukuran 7 sampai 10 inci, sementara smartphone rata-rata sekitar 4 inci. Samsung melihat adanya celah dan memutuskan untuk merilis produk hibrida Sam-sung Galaxy Note.

Samsung Galaxy Note mem-punyai layar berukuran 5,3 inci. Lebih besar dari smartphone, namun berukuran lebih kecil dari tablet PC. Meski bukan yang pertama, Samsung berusaha menghadirkan produk bertenaga, mampu bersaing dengan tablet PC, namun tetap bisa dibawa dengan mudah.

Ponsel layar lebar dari besu-tan Samsung juga menawarkan Galaxy S Wi-Fi 5.0. Bagi pecinta gadget berbasis Android, maka bisa jadi Samsung Galaxy S Wi-Fi 5.0 adalah solusinya. Galaxy S Wi-Fi 5.0 sendiri adalah sebuah tablet PC yang memiliki ukuran layar 5 inci.

Namun, tidak dilengkapi pelindung gorilla glass seperti kebanyakan ponsel berkelas yang

selama ini ada di pasaran, dan itu akan menjadi satu kekurangan yang terdapat pada samsung Galaxy S Wi-Fi ini.

Galaxy S Wi-Fi yang berdimensi 141.3 x 78.2 x 11.9 mm ini memiliki dua kamera. Salah satu kam-era tersebut terletak pada bagian bela-kang dengan ukuran 3.2 MP dan juga diser-tai dengan LED flash. Sementa-ra kamera ked-uanya hanya menggunakan kamera VGA dan terletak di bagian depan.

*mancanggih dan modern, produsen ponsel asal Cina ini juga memak-simalkan tampilan ponsel dengan mengemas ukuran ponsel yang cukup tipis di kelasnya. Samsung Galaxy

S Wi-Fi 5.0

Huawei Ascend P1

FiturBila Anda sering melakukan presentasi, baik di dalam atau di luar kantor, tentunya membu-

tuhkan mouse dan keyboard sebagai aksesori tambahan. Namun, bagaimana bila peralatan tersebut sering kali terlupakan? Bila hal seperti ini sering terjadi, sudah saatnya Anda beralih ke Andro Mouse and Keyboard.

Wireless - Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu kabel dan bahkan tidak membutuhkan keyboard atau mouse untuk membantu melakukan presentasi. Hanya perlu terkoneksi dengan access point untuk menghubungkan PC dengan Android Phone.

Bluetooth – Dengan aplikasi ini menggunakan media bluetooth, maka kita dapat melakukan presentasi meski tidak terdapat access point untuk menghubungkan PC den-gan Android Phone.

Mouse – Semua fungsi yang dimiliki mouse sesungguhnya direfleksikan dengan baik oleh aplikasi ini. Mulai dari klik kanan, klik kiri, drag and drop, scroll, semuanya dapat dilakukan tanpa masalah ataupun kendala di saat penggunaan. Untuk perangkat multitouch, aplikasi ini dapat melakukan multitap saat mengaktifkan fungsi scrolling.

Keyboard - Anda dapat mengetik dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan PC. Seluruh fungsi seperti qwerty keyboard lengkap dengan berbagai key yang berada di keyboard yang sebenarnya dilakukan dengan baik oleh aplikasi ini. Bahkan fungsi shift, capslock, dan alt dapat berjalan dengan baik dan berfungsi dengan benar sesuai aslinya.

Nums Key – Orang-orang pada umumnya akan menggunakan nums key untuk mempercepat memasukkan angka. Dari sinilah fitur ini lahir di aplikasi ini. Fungsi multiple nums key tersedia beserta fungsional num lock yang dapat berjalan selaras. Simpel dan sangat mudah digunakan tanpa masalah.

Aplikasi ini memiliki fitur tambahan yaitu auto detect ip. Dengan memanfaatkan rotasi di perangkat, aplikasi ini dapat langsung me-nyesuaikan keadaan saat potrait atau landscape.

Page 18: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

APLIKASI18 7REVIEW15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Sony Ericsson Mix Walkman WT13i Asyiknya Dengar Lagu dengan Layar Sentuh

Selain berfasilitas layar sentuh dan kamera 3.15 MP, produk ini juga dilengkapi dengan koneksi bluetooth v2.1 with A2DP, microUSB v2.0, GPRS, EDGE, hingga Wi-Fi. Ponsel Mix Walkman ini tersedia da-lam beberapa pilihan warna, yakni black with pink cloud band, black with pink band, black with green bird band, black with green band.

Dengan dimensi yang terbilang kecil 95,8 x 52,8 x 14,3 mm dan be-rat 88 gram, Mix Walkman memiliki layar yang cukup lapang, yakni 3,0 inci seperti yang dimiliki smartphone Android Sony Ericsson Xperia mini. Hanya saja resolusi layarnya agak kecil dan kedalaman warna hanya 256 ribu warna.

Jenis layar sentuhnya TFT capacitive touchscreen 240 x 400 pixels, scratch-resistant surface, proximity sensor for auto turn-off, accelerometer sensor for auto-rotate.

Ponsel ini juga dilengkapi memori internal 256 MB di mana ada 100 MB untuk pemakai (user available) dan dukungan slot microSD hingga 32 GB. Dengan baterai Li-Ion 1.000 mAh ponsel ini mampu memutar lagu selama selama 13 jam nonstop, tentunya tan-pa membuka aplikasi lain seperti SMS atau browsing internet. *aya

SONY Ericsson Mix Walkman WT13i merupakan ponsel dengan fitur andalan musik player walkman yang terkenal. Fitur ponsel ini menawarkan konsep full layar sentuh dan kamera 3.15 MP, sehingga produk ini kian memiliki pasar.

Nokia 808 Pureview Unggulkan Kamera 41 MP

Android 2.3 Gingerbread 115 x 58,5 x 11,95 mm 850/2100 UMTS, GSM 850/900/1800/1900; GPRS / EDGE Class 12 Layar sentuh kapasitif dan antigores Corning Gorilla Glass FWVGA 3,7 inci.

Kamera 5MP Auto Fokus dengan flash Kamera depan VGA MicroSD 2Gb Kedap air dan antidebu, sertifikasi IP67 Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA User interface MotoSwitch 2,0 Prosesor 1GHz 512MB RAM GPS / aGPS Jack stereo 3,5 mm Baterai 1700 mAh. Waktu bicara hingga 9,5 jam dan waktu siaga hingga 20 hari.

Perekam video: MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ FWVGA Pemutar video: MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ FWVGA Bluetooth A2DP, AVRCP

Ponsel Layar Sentuh Gorilla Corning Glass Jadi Andalan

Spesifikasi:

General: 2G Network GSM 900 / 1800 / 1900

Display Type: TFT capacitive touchscreen, 16M colors

Memory: Card slot microSD, up to 32 GB

Internal: 150 MB, Data GPRS Up to 80 kbps,

EDGE Up to 237 kbps

Speed: HSDPA, 2.8 Mbps; HSUPA, 2.2 Mbps

WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth Yes, v2.1 with A2DP

Camera: Primary 3,15 MP, 2.048 x 1.536 pixels

Features: OS Android-based OS, OMS 2.5

CPU: 806 MHz, Marvell PXA 920, Radio

Stereo FM radio with RDS, GPS

Yes, with A-GPS support, Java

Yes, via Java MIDP emulator

- SNS integration - Walkman player

- MP4/H.263/H.264/WMV player

- MP3/eAAC+/WMA/WAV player

- TrackID music recognition

- Google Search, Maps, Gmail, YouTube,

Calendar, Google Talk

- Voice memo - Predictive text input.

terorganisasi.Defy XT dan Defy Mini pun akan bergabung

dengan Defy+, yang telah lebih dahulu tersedia di pasaran. Defy+ sendiri dilengkapi dengan layar sen-tuh 3,7 inci, serta juga memiliki kemampuan tahan air, antigores, dan antidebu. *ade

Android 2.3 Gingerbread Dual-SIM 850/2100 UMTS, GSM 850/900/1800/1900; GPRS / EDGE Class 12 Layar sentuh kapasitif dan antigores Corning Gorilla Glass HVGA 3,2 inci Kamera 3MP dengan flash Kamera depan VGA MicroSD 2GB (MicroSD support hingga 32Gb) Kedap air dan antidebu, sertifikasi IP67 Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA User interface MotoSwitch 2,0 Prosesor 600 MHz 512MB RAM GPS / aGPS Jack stereo 3,5 mm Baterai 1700 mAh dengan waktu bicara hingga 9 jam dan waktu siaga hingga 11 hari.

Perekam/Pemutar/Streaming MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ HVGA Bluetooth A2DP, AVRCP. *

Spesifikasi Defy Mini:

SETELAH produsen Samsung mem-perkenalkan ponsel Android antigores dengan lapisan Gorilla Glass-nya, vendor lain tidak tinggal diam. Sebut saja vendor asal Amerika, Motorola dengan ponsel tipe Defy-nya yakni Defy XT dan Defy Mini Dual SIM (GSM-GSM). Keduanya pun diklaim anti-air, antigores serta antidebu, dan tentunya adalah ponsel berbasis Android.

Meski produk Motorola sudah tidak lagi berada pada posisi paling berjaya belakangan ini, namun inovasi ven-dor tersebut tidak berhenti. Seperti yang dikutip dari situs resmi ponsel tersebut, kalau sejumlah varian baru masih rutin diluncukan.

Sebut saja ponsel seri Defy terbarunya. Layar sentuh Gorilla Corning Glass dan baterai dengan daya tahan lebih lama menjadi daya tarik lain dari ponsel ini. Defy XT dan Defy Mini mengusung baterai berkekuatan 1.700 mAh, dan memberikan daya tahan 9,5 - 9 jam waktu bicara.

Defy XT dibenamkan kamera 5 megapixel sedangkan Defy Mini dibekali dengan kamera 3 megapixel. Keduanya memiliki kamera VGA depan untuk berhubungan dengan lawan bicara baik ketika sedang berselancar di dunia maya, atau melakukan video call.

Kedua varian itu juga sudah dilengkapi dengan fitur MotoSwitch, user interface yang akan mempela-jari lagu favorit pengguna, serta siapa yang paling sering dihubungi dan aplikasi apa yang paling sering digunakan.

Dengan cerdik, MotoSwitch men-gumpulkan semua referensi tersebut dan menyimpannya, yang berarti pengguna akan menjadi sangat

PABRIKAN telepon selular Nokia Indonesia menghadirkan seri 808 Pureview yang men-gunggulkan kamera beresolusi 41 megapiksel.

“Nokia 808 menggunakan lensa optik Carl Zeiss dan teknologi oversampling,” kata Manajer Produk Nokia Indone-sia, Anvid Erdian seperti diberi-takan Antara News. Teknologi oversampling pada ponsel yang diluncurkan sejak Februari 2012 itu adalah penggabungan gam-bar berukuran tujuh megapiksel menjadi satu megapiksel untuk mendapatkan gambar berkuali-tas. Namun, sistem operasi Nokia 808 Pureview masih

menggunakan Symbian Belle FP1 dan bukan Windows Phone. “Kar-ena kami masih mengunggulkan teknologi gambar Pureview dalam seri ini,” kata Manajer Komunikasi Merek dan Pemasaran Nokia Indonesia, Triari Senawirawan.

Triari mengatakan, Pureview akan dilanjutkan pada produk-produk Nokia berikutnya. “Nokia 808 sudah tersedia di ICS. Tapi jika produk ini terjual habis di ICS, di toko-toko distributor tidak terse-dia,” kata Triari tentang produk yang ditujukan khusus untuk penggemar fotografi itu. Produk berlayar 4 inci itu hadir dalam dua pilihan warna, hitam dan putih, dan dibanderol Rp 6,5 juta. *

Spesifikasi Defy XT:

Software ini memiliki file panduan secara offline yang berisi bebera-pa keterangan mengenai penggunaan Andro Mouse and Keyboard.

Pengujian Perangkat Lunak

Untuk melakukan pengaturan Andro Mouse dapat dilakukan pada menu setting.

Penulis:Komang Rinartha Yasa Negara

STIKOM BALI

SOLUSI virtualisasi dan infrastruktur Cloud VMware,Inc. memperkenalkan VMware View 5.1 yang menghubungkan berba-gai perangkat seperti PC, kom-puter tablet dan ponsel pintar, baik berbasis sistem operasi iOS Apple atau Google Android. “Dengan solusi VMware ini, peng-guna bisa mengakses berbagai software atau aplikasi perusahaan dengan perangkat mobile mer-eka sendiri baik tablet maupun smartphone,” kata Country Man-ager VMware Indonesia, Andreas Kagawa, seperti yang diberitakan Antara News.

Solusi itu memiliki fitur VMware View Storage Accelerator yang dapat mengurangi biaya stor-age melalui optimalisasi beban kerja storage dan VMware View Composer Array Integration (VCAI) yang akan meningkatkan kemampuan kloning storage array sehingga menurunkan operasional storage.

Selain itu, ada VMware View Persona Management untuk merampingkan migrasi dari desk-top fisik ke dekstop virtual. VMware View juga memungkinkan perusahaan TI meningkatkan keamanan berdasarkan standar perusahaan dengan memindah-kan data ke dalam data center, memusatkan sistem keamanan dan merampingkan proses-proses anti-virus. “VMware View 5.1 menyeder-hanakan manajemen TI sehingga mengurangi biaya infrastruktur desktop virtual lebih dari 50 pers-en. Keuntungan lainnya, solusi ini menjamin data-data perusahaan aman dengan single password,” katanya. Terakhir, fitur VMware View PCoIP yang mampu menyesuaikan koneksi jaringan pengguna seh-ingga memberikan pengalaman desktop berkualitas tinggi dari LAN dan WAN. Para pengguna juga bisa terhubung dengan desk-top VMware View dari berbagai jenis peranti akses klien termasuk mobile, baik itu Mac, Windows atau Linux, thin-client atau zero-client, tablet Apple iPad, Android

Vmware View 5.1 ”Kawinkan” Apple dan Android

dan Amazon Kindle Fire. Sementara itu Communication Manager VMware ASEAN Re-becca Wong mengatakan, ac-ara VMware Technology Day yang diadakan dua kali dalam setahun itu untuk memperke-nalkan berbagai solusi bisnis dan komputasi awan VMware terbaru kepada pelanggan di Indonesia. *

Page 19: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

SAAT ini dunia internet makin merajai dunia teknologi informasi. Dengan makin berkembangnya teknologi internet ini, mengakibatkan munculnya berbagai aplikasi canggih yang berawal dari pen-galaman pribadi seseorang dalam dunia internet tersebut.

Masyarakat yang familiar dan menekuni dunia internet atau jaringan internet tentunya mengetahui istilah IP Address. IP Address merupakan alamat yang diberikan ke jaringan dan peralatan jaringan yang menggunakan protocol TCP/IP. IP Address terdiri dari 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat angka desimal yang dipisahkan tanda titik seperti 192.16.10.1 (lihat gambar 1).

Gambar 1.

Dengan adanya penggunaan IP Address se-bagai identitas atau alamat setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet memungkinkan seseorang untuk dapat menyembunyikan alamat tersebut. AnonymoX merupakan Firefox Addon yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan IP Address Anda yang asli saat terhubung dengan internet (lihat gambar 2). Dengan demikian Anda dapat membuka situs-situs tertentu yang mungkin telah diblokir atau membuka situs yang hanya dapat dibuka dari negara tertentu (misalnya hulu.com yang hanya dapat dibuka dari Amerika atau Inggris).

Menyembunyikan IP Address

dengan AnonymoX

Gambar 2.

AnonymoX sendiri merupakan layanan yang diberikan http://www.anonymox.net/. Ada dua jenis keanggotaan yang dapat Anda pilih yaitu versi gratis dan premium. Untuk versi gratis Anda akan menda-patkan 8 IP Address dari 3 negara, sedangkan versi premium Anda akan mendapatkan 25 IP Address dari 5 negara.

Untuk menggunakan AnonymoX caranya cukup mudah. Pertama, Anda download dulu Firefox Addon-nya lalu lakukan proses instal. Setelah proses instal, Anda perlu untuk me-restart browser Firefox Anda. Jika proses instal berhasil maka di sebelah kanan bawah akan tampil IP Address Anda yang baru.

Jika Anda ingin menonaktifkan penggunaan AnonymoX Anda tinggal menghilangkan tanda cen-tang (checkbox) pada pilihan Active. *

SAAT ini banyak produk ponsel keluaran terbaru yang menggu-nakan layar sentuh (touch screen). Bukan hanya pada ponsel, me-lainkan juga merambah pada alat elektronik lainnya. Harganya pun bervariasi dari harga yang lumayan fantastis, hingga harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat. Tidak salah jika masyarakat sudah mulai terhipnotis untuk menggunakannya.

Ponsel layar sentuh sangat rawan mengalami kerusakan, terutama di bagian layar. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar dalam merawatnya. Layar LCD pada sebuah ponsel, merupakan komponen yang paling utama, karena jika kita tidak hati-hati dalam merawatnya, maka harus siap merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaikinya.

Namun, sebagian orang mengatakan, jika ponselnya ru-sak mereka akan menggantinya dengan yang baru.

Berikut beberapa cara mudah dalam merawat ponsel layar sentuh.

Selalu perhatikan kebersihan pada layar ponsel dengan menggunakan kain, kapas atau tisu yang lembut dengan menggunakan cairan pembersih khusus layar/LCD.

Pastikan bahwa kita telah membekali ponsel layar sen-tuh ini dengan plastik antigores atau screen protector yang dipasang atau ditempelkan pada layar.

Sebisa mungkin untuk mengindarkan ponsel dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti televisi, komputer, radio, dan lain-lain.

Hindari ponsel kita dari kontak langsung dengan radiasi UV, atau sinar matahari karena dapat menyebabkan kerusa-kan pada layar LCD.

Jauhkanlah dari benda yang berbentuk cairan.Biasakanlah menggunakan jari telunjuk untuk mengetik dan

jangan menggunakan kuku dalam menekan atau mengusap layar, karena akan menyebabkan layar tergores.

Jangan biasakan diri kita untuk menekan layar terlalu keras kar-ena akan merusak layar ponsel.

Simpanlah di tempat yang aman dan luas.Jangan menyimpan ponsel di saku celana atau tempat sempit

lainnya, karena makin lama ponsel mengalami tekanan, makin cepat pula ponsel mengalami kerusakan.

Batasi penggunaan yang berlebihan pada ponsel karena dapat menyebabkan panas seperti, penggunaan waktu menelepon yang berlebihan, menggunakan game dan waktu melakukan charger yang melebihi waktu.

Cara-cara mudah dan sederhana dapat membantu kita dalam merawat ponsel kita. Cepat atau tidaknya ponsel kita mengalami kerusakan, bersumber dari cara kita sendiri dalam merawat dan menjaganya.

*ila

Cara Mudah Merawat Ponsel Layar Sentuh

BLACKBERRY masih boom-ing di kalangan masyarakat. Pen-jualan BlackBerry pun tergolong tinggi, apalagi banyak tipe dita-warkan. Tapi tunggu dulu, aslikah BlackBerry yang Anda miliki?

BlackBerry di pasaran ternyata ada yang palsu dan sangat mirip dengan aslinya. Bedanya, minim fitur dan support. Lantas bagaima-na membedakan BlackBerry asli dan palsu agar masyarakat tidak terjebak dengan tampilan Black-Berry palsu yang sangat mirip dengan aslinya?

Berdasarkan berbagai sumber yang dihimpun Gadget Star, untuk mengetahui asli tidaknya Black-Berry yang beredar di masyarakat, bisa dilakukan dengan berbagai

Menguji Keaslian BlackBerrycara. Kendati tidak mewakili semua, namun cara ini cukup membantu mengetahui asli tidaknya BlackBerry.

PIN dan IMEI BlackBerryPIN dan IMEI setiap handset

BlackBerry umumnya terletak pada filmware handled, dus atau kotak dan stiker yang tertempel pada tempat baterai BlackBerry. Untuk mengecek PIN dan IMEI, buka menu Home Screen >> pilih Option >> pilih Status. Bisa juga dengan meng-gunakan shortcut ALT+SHIFT+H (tekan bersamaan) dari layar utama. Selanjutnya akan muncul data-data seperti: Vendor ID, PIN, IMEI dan lain sebagainya.

Yang harus dilakukan adalah cek nomor PIN dan IMEI. BlackBerry tiruan tidak akan menampilkan no-

mor PIN dan IMEI, karena Black-Berry palsu memang tidak punya data seperti itu. Jika terdapat data PIN dan IMEI, cocokkanlah dengan dus/kotak untuk memastikan tidak terdapat kesalahan dalam package yang akan dibeli.

Internal Data BlackBerrySebelum membeli BlackBerry,

sebaiknya lebih teliti dengan cara, tekan Home Screen >> pilih Option >> pilih Status. Setelah berada pada tampilan Status, ketikkan BUYR. Maka akan muncul beberapa data tambahan seperti Data Usage (penggunaan data) dan Voice Us-age (lama panggilan telpon). Bila BlackBerry tersebut masih baru, maka akan menampilkan jumlah data 0 alias nol. Jika misalnya data

yang tampil pada Data Usage: 102 KB dan Voice Usage: 25 mins, itu artinya BlackBerry tersebut sudah pernah digunakan. Asli BlackBerry, tapi produk bekas (second hand).

Logo dan Kotak BlackBerryDus BlackBerry biasanya men-

cantumkan stiker identitas produk dan hak paten. Biasanya ada logo operator selular berbagai negara. Meski terdapat logo negara lain, jangan khawatir karena BlackBerry masih bisa dipakai bila koneksi tak terkunci alias unlock. Intinya, logo di layar LCD harus sama dengan logo yang ada di bodi.

Operator ResmiSupaya tidak tertipu dengan

membeli yang palsu, sebaiknya membeli BlackBerry langsung dari operator resmi. Tak kalah penting menanyakan tentang jaminan dari penjual, apabila BlackBerry yang akan dibeli tersebut tidak dapat men-

gakses layanan server BlackBerry dari operator. Hal-hal penting sep-erti memeriksa keypad BlackBerry. Smartphone yang masih belum dipakai sama sekali, keypad-nya masih enak ditekan. Lakukan saja tes dengan menuliskan SMS, e-mail, dan aktivitas lainnya. Jika keypad-nya terasa mantap ditekan masih tergolong baru.

Berdasarkan informasi tersebut, kehati-hatian sebelum membeli BlackBerry sangat penting, apalagi gadget yang akan dibeli produk baru. Alasannya, gadget BlackBer-ry yang palsu tidak akan menda-patkan kemewahan support dari RIM (Research in Motion) berupa BlackBerry Apps World yang berisi ribuan aplikasi BB gratis, BlackBerry OS asli, dan banyak support lainnya, yang memang diperuntukkan untuk BlackBerry asli keluaran RIM. *dik/bbs

REVIEW6 TIPS & TRIK 1915 - 21 Juni 201215 - 21 Juni 2012

SAMSUNG kini meluncurkan ponsel kelas low end terbaru-nya yang diberi nama Samsung C3312 Duos yang hadir dengan dual sim card, serta mengusung layar touchscreen.

Desain Samsung C3312 Duos tidak

TIDAK dipungkiri, ketertari-kan semua kalangan terhadap BlackBerry makin meningkat. Hal itu dikarenakan, inovasi-inovasi yang selalu diciptakan berdasar-kan perkembangan zaman. Kini BlackBerry telah meluncurkan produk terbaru yaitu CurveTM

9320 dan 9220. Keunggulan yang dimiliki Curve

9320 dan 9220 yaitu memungkink-an Anda terhubung dengan gaya. Desain langsing khas BlackBerry-nya pas di tangan maupun di saku. Dilengkapi berbagai fitur multimedia dan konektivitasnya yang selalu bisa menghibur. Didukung BlackBerry 7.1 OS baru, membuat browsing pun lebih efisien dan cepat, semua lebih lancar juga dengan aplikasi yang lebih sempurna seperti BlackBerry Messenger (BBM) baru.

General : 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2Display Type : TFT touchscreen, 256K colorsMemory : Card slot microSD, up to 32GB,Phonebook 1000 entries, PhotocallCall records : Yes, Internal 10 MB, DataGPRS : YesEDGE : Yes Bluetooth : Yes, v3.0 with A2DP, USB : Yes, microUSB v2.0Camera : Primary 1.3 MP, 1280 x 1024 pixels, Features Sensors AccelerometerRadio : FM radioJava : Yes Colors : Platinum Silver, White- Dual SIM (dual stand-by) - SNS integration- MP4/WMV/H.264 player - MP3/WAV/eAAC+ player- Organizer - Document viewer- Voice memo - Predictive text input

Samsung C3312 DuosPonsel ”Low End” dengan Dual Sim Card

jauh berbeda dengan ponsel touch screen lainnya. Selain mengusung model candybar, ponsel ini juga menawarkan layar sentuh yang mendominasi tampilan.

Ponsel yang kerap dijuluki Samsung Champ Duos ini, men-gusung layar TFT touchscreen 2,8 inci dengan resolusi (240 × 320 piksel) yang mampu memproduksi hingga 256 ribu warna. Tampilan

visual Samsung C3312 Deluxe Duos terlihat sangat kompak ber-sama dimensinya yang berukuran 102 x 55 x 12 mm dan bobot sekitar 100 gram. Konsumen akan merasakan kepuasan ketika sedang menonton video atau bermain game pada ponsel ini. Pasalnya C3312 Duos ini dibekali dengan fasilitas hiburan yang cu-kup lengkap, seperti audio player

(MP3/WAV/eAAC+ player), video player (MP4/WMV/H.264 player), Radio FM, dan game.

Produk ini juga dilengkapi dengan internet & konektivi-tas, sehingga pengguna dapat melakukan browsing atau up date status pada Facebook dan Twitter dengan memaksimalkan browser dan fasilitas layanan social net-work yang terintegrasi. *aya

BlackBerry Luncurkan Produk Baru dengan Harga Terjangkau

BlackBerry Curve 9320 dan 9220 dilengkapi pula dengan fasilitas kamera 3,2 MP dan 2,0 MP. Disertai dengan stabilization dan flash, juga lengkap dengan face detection. Ditambah dengan slot micro SD-nya memungkinkan Anda untuk menyimpan hingga 32 GB file multimedia untuk hiburan non stop di mana pun Anda berada.

Berdasarkan data yang didap-atkan di The ICE, Jln. Teuku Umar Denpasar, BlackBerry CurveTM 9320 dan 9220 banyak diminati berbagai kalangan, karena harganya yang cukup terjangkau bagi sebuah smartphone yang memiliki banyak kelebihan, yaitu untuk BlackBerry Curve 9320 dan 9220 sama-sama berukuran 109 mm x 60 mm x 12,7 mm, layar 2,44”, layar qVGA + resolusi 320 x 240 piksel 164 ppi, software 7.1 OS. Perbedaan-nya terletak pada BlackBerry 9320 memiliki memori 512 MB onboard,

expandable hingga 32 GB dengan kartu microSD, microSD 2 GB sudah terpasang. Kapasitas baterai 1450m AH,

waktu bicara hingga 7 jam ( 2G)/ 7 jam (3G) waktu standby hingga 18 hari,

memainkan musik hingga 30 jam (headset). GPS dibantu, mandiri dan

simultan, Wi-Fi 802.11 b/g/n enabled, 2,4 ghz, jaringan Tri-Band UMTS / HSPA

2100/1900/850/800MHz(

UMTS Band 1,2,5/6) Quad-Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900MHz HSUPA: 5,76Mbps (cat 6) HSDPA : 7,2Mbps (cat 7). Sementara BlackBerry Curve 9220 memiliki memori 512 MB onboard, expandable hingga 32 GB dengan kartu microSD, dengan kapasitas baterai yaitu 1450 m AH, waktu bicara hingga 7 jam, waktu standby hingga 18 hari, memainkan musik hingga 28 jam (headset). Kamera 2,0 MP FF, 5x digital zoom, fixed focus, perekam video (untuk merekam video masukan microSD). Tidak terdapat GPS. Jaringan Wi-Fi nya sama dengan BlackBerry Curve 9320, yaitu GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz.

Jika berbicara seputar harga di pasaran, BlackBerry Curve 9320 yaitu berkisar Rp 2.585.000, sedangkan BlackBerry Curve 9220 yaitu seharga Rp 1.999.000. Bekali diri Anda dengan kecanggihan Blackberry CurveTM 9320 dan 9220 yang akan membuat segalanya terasa lebih mudah. *ila

SAMSUNG kembali meng-hadirkan versi Galaxy terbarunya dengan nama Samsung Galaxy Ace Plus. Versi ini merupakan lanjutan dari Samsung Galaxy Ace sebelumnya yang sudah hadir di pasaran lebih dulu.

Samsung Galaxy Ace Plus S7500 hadir dengan berbagai kemampuan baru yang lebih dengan layar yang lebih besar dan processor yang lebih cepat dari sebelumnya.

Menurut Manager Market-ing Cellular World, IGN Gede Wirakusuma, smartphone ini memiliki layar selebar 3,65 inci dengan resolusi 320 x 480 pix-els TFT capacitive touchscreen yang dapat menampilkan hingga 16 juta warna. Layar Ace Plus sedikit lebih lebar dibandingkan dengan penda-hulunya yang hanya memiliki layar selebar 3,5 inci.

Samsung Galaxy Ace Plus S7500 ini juga memiliki kamera utama 5 MP autofocus flash LED dan tanpa kamera depan. “Sama seperti fitur kamera pada Galaxy Ace, tetapi kamera ini sudah ter-masuk cukup bagus baik untuk foto atau video.

Samsung Galaxy Ace Plus S7500 mengandalkan processor Qualcomm Snapdragon S1 1 Ghz dan RAM 512 MB untuk mendu-kung sistem operasi Android 2.3 Gingerbread di dalamnya.

Spesifikasi ini mengalami pen-ingkatan dibandingkan pendahulu-nya yang hanya memiliki processor

800 Mhz dan RAM 278 MB. Memori internal Ace Plus

juga meningkat menjadi 3 GB yang dapat ditambah melalui microSD hingga 32 GB.

Untuk konektivitas, Samsung Galaxy Ace Plus S7500 sudah mendukung HSDPA 7.2 Mbps.

Di dalamnya juga telah dileng-kapi fitur aplikasi untuk internet maupun social networking sep-erti Facebook, Twitter, Yahoo

Messenger dan Google. *aya

Samsung Galaxy Ace Plus S7500

Hadir dengan Layar lebih Besar

Spesifikasi:

SpesifikasiGeneral : 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900Display Type : TFT capacitive touchscreen, 16M colorsSize : 320 x 480 pixels, 3.65 inches (~158 ppi pixel density)Memory : Card slot microSD, up to 32GB Internal 3 GB storage, 512 MB RAMGPRS : Yes EDGE : Yes Speed : HSDPA, 7.2 Mbps WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspotBluetooth : Yes, v3.0 with A2DPCamera : Primary 5 MP, 2592x1944 pixels, autofocus, LED flashFeatures : OS Android OS, v2.3 (Gingerbread)Chipset : Qualcomm Snapdragon S1CPU : 1 GHz ,GPU Adreno 200Radio : Stereo FM radio with RDS GPS : Yes, with A-GPS supportJava : Yes, via Java MIDP emulator- MP4/H.264/H.263 player- MP3/WAV/eAAC+ player

BlackBerry Curve 9320 BlackBerry Curve 9220

Page 20: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

20 515 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012KOMPUTER

PABRIKAN komputer Apple memperkenalkan jajaran Mac-Book generasi baru di ajang Worldwide Developers Confer-ence di California Amerika Serikat yang akan menghan-tam produk-produk Ultrabook di pasaran komputer dunia.

Produk-produk baru Apple itu antara lain MacBook Air 13 inci dan 11 inci, MacBook Pro 15 inci dan 13 inci, serta produk unggulannya MacBook Pro 15 inci dengan tampilan

APPLE Inc. meluncurkan inovasi produk komputer jinjing terbarunya, MacBook Pro dengan retina display di ajang Worldwide Developers Conference di California Amerika Serikat.

Retina display pada produk seharga 2.199 dolar AS itu adalah resolusi 2880 x 1800 piksel pada layar 15,4 inci berteknologi In-Plance Switching (IPS) Liquid Crystal Display (LCD).

Komputer yang mempunyai layar berkepadatan 220 piksel per inci itu mendedikasikan satu giga byte ruang memori dari memori dasar 8 giga byte untuk pemrosesan grafis.

Seperti yang dikutip dari Antara News, MacBook Pro Retina display membuang ruang optik untuk DVD sehingga mendapatkan kerangka setebal 0,71 inci atau 0,24 inci lebih tipis dari MacBook Pro dengan ruang optik.

Ketiadaan ruang optik itu turut meringankan bobot Mac-Book Pro Retina display menjadi 2,23 kilogram, 0,57 kilogram lebih ringan dibanding MacBook 15 inci beroptik.

Di sisi penyimpanan, perangkat yang mengusung sistem operasi Mac OS X itu mendukung kapasitas penyimpanan Solid-state Drive (SSD) hingga 768 giga byte. *

Melaju Kencang dengan Notebook Core i7BAGI pengguna yang mendambakan kinerja notebook terbaik,

pilihannya pada platform Intel jelas tertuju prosesor berbasis Core i7. Prosesor canggih tersebut sangat tepat bagi yang aktivitas komputasinya di atas rata-rata seperti menjalankan banyak ap-likasi, bermain game 3D, atau kegiatan lain yang mengharuskan notebook berpacu lebih kencang.

Tentu pilihan terbaik adalah notebook berbasis CPU kelas atas. Dalam hal ini, Intel dengan Core i7 Sandy Bridge meru-pakan jawaranya.

Seperti yang dikutip dari situs resmi In-tel, Sandy Bridge untuk versi mobile (note-book) memang menawarkan solusi olah data tercepat sekaligus tingkat efisiensi yang tinggi. Semua ini dimungkinkan ber-kat terintegrasinya CPU dengan memory controller, cache memory, hingga prose-sor grafis (GPU). Ini membuat proses data antar-komponen tersebut berlangsung lebih cepat sekaligus mengurangi kon-sumsi daya.

Di antara jenis Core i yang ada (i3-i5-7), Sandy Bridge menargetkan Core i7 sebagai segmen terkencang, baik untuk desktop maupun notebook. Untuk tipe ini tersedia cukup banyak varian seperti i7-2820QM, i7-2720QM, i7-2630M, dan lainnya sesuai tingkat kecepatan yang ditawarkan.

Pada tulisan ini, Gadget Star akan menyajikan beberapa notebook berba-sis Core i7 Sandy Bridge. Tujuannya, menampilkan gambaran seberapa cepat aneka produk ini bisa bekerja dan per-bedaan yang dimilikinya dibandingkan notebook dengan CPU di bawahnya.

Di antara prosesor Intel seri Core i, Core i3 merupakan kelas terendah, Core i5 kelas menengah, dan Core i7 kelas

tertinggi. Bagi pengguna yang meng-inginkan kinerja notebook yang prima, tentulah Core i7 menjadi pilihan tepat. Namun, perlu diingat juga bahwa harga segmen ini jelas lebih mahal. Namun ten-ang saja, dengan penguatan rupiah dan terus menurunnya harga, notebook Core i7 akan menjadi lebih terjangkau. Berikut adalah sejumlah produk laptop berbasis Core i7 yang bisa menjadi referensi.

Acer Aspire 4755G-2638G75MnrsMemang Acer seringkali menghadirkan

seri dengan semua pilihan prosesor, mulai dari yang terendah hingga paling tinggi. Nah, seri Aspire 4755G pun demikian. Kategori notebook berlayar 14” ini muncul dengan pilihan kisaran harga Rp 4,5 juta - Rp 11 juta sesuai spesifikasi yang diusung.

Model Aspire 4755G-2638G75Mnrs menjadi opsi high-end yang mengusung Intel i7-2630QM 2 GHz. Keampuhannya makin lengkap lewat keberadaan chip grafis Ge-Force GT 540M 1 GB yang bekerja bergan-tian dengan chip grafis Intel HD. Selain grafis keren, notebook ini juga dilengkapi dengan memori 8 GB, harddisk 750 GB, dan per-lengkapan semacam HDMI, USB 3.0, suara Dolby hingga konektivitas Bluetooth 3.0.

Asus RoG G73SWJika pengguna suka dengan produk

yang berkemampuan luar biasa, desktop

replacement dari Asus seri RoG ini memang merupakan produk yang sangat pantas.

Selain hadir dengan desain futuristik yang diilhami pesawat siluman F117 Stealth, komposisi dapur pa-cunya juga terbilang mumpuni. Berbekal CPU i7 4 inti yang berduet dengan memori 8 GB plus kombinasi storage cakram dan 2 x 500 GB, sudah bisa dibayangkan kekuatan notebook yang siap melumat setiap aplikasi.

Namun, yang paling menggiurkan tentu saja solusi kit 3D Vision dari nVidia. Kit ini memungkinkan layar 17,3” di notebook menampilkan kesan 3D lewat kacamata

khusus yang disediakan. Kecepatan RoG G73SW jelas tak perlu diragukan lagi. Ap-

likasi atau game apa pun yang meminta sumber daya cukup besar pasti

akan berjalan. Namun, di balik

keunggulan yang telah disebut-

kan, RoG G73SW

memiliki kon-sekuensi yang

harus dibayar. Selain harganya

yang relatif mahal (nyaris menca-

pai Rp 20 juta), bobotnya pun cukup

lumayan, tak kurang dari 4 kg.

Axioo Neon HNM 7.047

Axioo Neon HNM 7.047 juga disebut Core i7

ekonomis. Merek lokal Tanah Air ini termasuk salah satu pemain

yang terbilang cepat beradaptasi dengan teknologi prosesor Intel terbaru.

Tak heran bila Axioo segera muncul dengan Sandy Bridge i7 lewat seri Neon HNM 7.047 mereka yang termasuk paling murah (kurang dari Rp 7 juta). Seperti halnya produk OEM, Axioo Neon HNM 7.047 tampil dengan casing yang terkesan biasa atau jika boleh dibilang tak memiliki ciri khas. HNM 7.047 memang tak cantik. Namun, isi di dalamnya sudah mengusung otak i7 4 inti yang dipadu RAM 4 GB. Hard-disk-nya pun sud ah berkapasitas 750 GB. Racikan komponen Sandy Bridge i7 yang menjadi andalan di HNM 7.047 membuat kinerja notebook tampil cukup prima. *ade

Jagoan Baru Apple, MacBook Pro Retina Display

Jajaran MacBook Baru Ancam Pasaran Ultrabook

Retina (Retina display).“Kemunculan sejumlah Ultra-

book tahun lalu merupakan ceruk produk baru sebagai respons terhadap MacBook Air. Microsoft, Hewlett-Packard, Dell dan lainnya terus berusaha mendominasi laptop tipis,” tulis Brooke Crothers dari CNETCrothers, seperti dikutip dari Antara News.

“Tapi ada satu persoalan. Apple telah memangkas harga jual dan meningkatkan kemampuan prose-sor dalam produknya di MacBook Air sekarang.

Situs produk teknologi, The Verge, menyebut MacBook Air telah membenamkan prosesor Intel Ivy Bridge, dua konektor USB 3.0, serta pilihan untuk meningkatkan kemampuan memori RAM dan penyimpanan solid-state drive (SSD) hingga 512 giga byte.

MacBook Air 11 inci seharga 999 dolar AS itu cenderung ditujukan bagi para pengguna Mac pemula atau mereka yang peduli akan ukuran layar.

Di lini produk berlayar 13 inci, MacBook Air memiliki tampilan resolusi yang lebih tinggi (900 piksel), kerangka lebih tipis (0.68 inci), dan akses SSD lebih cepat dibanding koleganya, MacBook Pro.

Sementara, MacBook Pro 13 inci dan 15 inci mempunyai sejumlah spesifikasi yang ham-pir sama dengan MacBook Air kecuali kehadiran ruang optik DVD, konektor FireWire 800, dan konektor ethernet. Produk jagoan Apple utama adalah MacBook Pro 15 inci dengan Retina display yang merupakan kombinasi kerangka tipis MacAir dan keandalan MacPro. *

Page 21: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

TOP NEWS4 KOMPUTER 2115 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

SMARTFREN Andro merupa-kan ponsel Android yang diban-drol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 1.483.900 plus gratis micro SD 4 GB. Dengan layar IPS 4 inci, display WVGA (400 x 800) serta OS Ginger-bread yang bisa di-upgrade jadi Ice Cream Sandwich.

Prosesor dari Smartfren Andro 1 Ghz Qualcomm MS-M7627A. Dengan network/radio yang digunakan CDMA 2000 1x EvDO Rev.A 800 Mhz. Operat-ing system (OS) Android yang terdapat dalam Smartfren Andro ini adalah Gingerbread 2.3.6

Bahkan, OS Smartfren Andro

Serunya Persaingan Ponsel Quad Core 4G

RASANYA tak banyak vendor yang berani melakukan gebrakan luar biasa. Belum lagi selesai euforia tentang smartphone Dual Core kini berlanjut perang ponsel dengan otak Quad Core.

Beberapa merek ternama seperti Samsung, LG, dan HTC berani menge-luarkan ponsel tersebut. Khusus di In-donesia, tampaknya fasilitas 4G belum bisa dinikmati secara pasti. Sebab be-lum ada provider yang berani membuat

lanjutannya yaitu Samsung Galaxy S III. Agak lama memang waktu yang dibu-tuhkan untuk menunggu produk ini keluar na-mun terhitung semalam, Galaxy S III sudah masuk ke Indonesia. Menggunakan prosesor Quad Core dan jaringan 4G, ponsel resmi Olimpiade ini digadang-gadang bakal menuai kesuksesan seperti pen-dahulunya. Ponsel ini dikabarkan akan dibanderol sebesar Rp 7,5 juta.

HTC One XPabrikan asal Taiwan ini lebih dahulu

membuat mengeluarkan ponsel Quad Core mereka dari Samsung. Dengan mengusung prosesor Quad Core dan seri Android paling baru, Ice Cream Sandwich. Kelebihan utama dari ponsel tipe ini adalah bisa mengambil gam-bar dalam metode video record dalam

BAGI masyarakat yang menyukai petualangan seperti mendaki gunung, offroad, atau aktivitas lain di luar ruangan, jelas membutuh-kan ketahanan tubuh yang kuat, serta perlengkapan yang lengkap. Aktivitas ini pun harus ditunjang dengan bantuan ponsel outdoor yang didesain khusus untuk para petualang.

Rata-rata ponsel outdoor memiliki ketahanan terhadap air, guncangan atau bantingan, cuaca ekstrem, dan dapat digunakan di segala medan. Ditunjang dengan kualitas prima, ponsel tersebut memiliki keunggulan dalam menangkap sinyal di tempat yang sukar. Salah satunya Samsung.

Samsung C3350 yang juga dijuluki Xcover 2 tidak sembarangan untuk mendapat gelar outdoor, Xcover 2 telah mendapatkan ser-

tifikasi IP67. Dengan sertifikasi ini, ponsel telah lulus uji tes ketahanan dari air dan debu. Dengan desain cover yang rapat, Xcover 2 bisa dipakai menyelam secara terbatas dalam waktu 30 menit dan kedala-man hingga 1 meter.

Desainnya juga cukup ergonomis dengan dimensi 52,9 x 122,5 x 17,9

mm dan berat 110 gram.Dari segi tampilan, keypad diran-

cang dari bahan karet yang sedikit keras, ini wajar mengingat material ponsel harus berasal dari bahan yang kuat. Kelengkapan yang ada di ponsel outdoor ini mencakup tombol volume, port micro USB, dan tak lupa ada bekal lampu

senter. Sementara pada bodi belakang, terdapat lensa kamera 2 megapixels. Dan untuk memperkuat back cover, pada ponsel ini dilengkapi dengan pengunci sistem putar khas gadget outdoor, dengan pola ini dijamin air dan debu tidak akan menerobos kom-ponen penting.

Samsung C3350 mengusung jenis layar TFT dengan kedalaman 262 ribu warna, res-olusinya adalah 240 x 320 pixels, serta bentang layar 2,2 inci. Tampilan layar pun masih terlihat

jelas saat ponsel berada di dalam air.Hasil kameranya juga cukup bagus dan tidak

pecah. Untuk rekam video, resolusinya tersedia 176 x 144 pixels dengan kecepatan 15 fps. *aya

General 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900Announced 2011, OctoberStatus Available. Released 2011, OctoberBody Dimensions 122 x 53 x 17.9 mmWeight 110 gDisplay Type TFT, 256K colorsSize 240 x 320 pixels, 2.2 inches (~182 ppi pixel density)Sound Alert types Vibration; Polyphonic(40), MP3 ringtonesLoudspeaker Yes3.5mm jack NoMemory Card slot microSD, up to 32GB, buy memoryPhonebook 1000 entries, PhotocallCall records YesInternal 38 MBData GPRS YesEDGE YesSpeed NoWLAN NoBluetooth Yes, v3.0 with A2DPUSB YesCamera Primary 2 MP, 1600x1200 pixelsVideo Yes, 176x144Secondary NoFeatures Messaging SMS, MMS, Email, IMBrowser WAP 2.0/xHTMLRadio Stereo FM radio with RDSGames Yes + downloadableGPS NoJava Yes, MIDP 2.0Colors Steel Grey- IP67 certified - dust and water proof- MP3/WAV/eAAC+/WMA player- MP4/H.263 player- SNS integration- Dedicated flashlight- Organizer- Voice memo- Predictive text input Battery Standard battery, Li-Ion 1300 mAh Stand-by Up to 1000 h Talk time Up to 19 h

waktu yang bersamaan.Lainnya adalah ponsel dengan layar

4,3 inci (960 x 540 pixel) yang menon-jolkan penampilan ini menggunakan bahan Super AMOLED (PenTile) dan kaca antigores Gorilla Glass. HTC One X bisa dimiliki dengan harga kisaran Rp 6 juta.

iPhone 4S masih layak disejajarkan dengan dua deretan ponsel tersebut, namun kekurangan iPhone 4S belum mendukung teknologi 4G LTE. Apalagi masalah harga, iPhone dinilai masih terlalu mahal dari 2 buah merek di atas yang menggunakan teknologi Quad Core 4G LTE. *ade

Smartfren Andro, Ponsel Android Murah dengan Layar IPS 4 Inci

Samsung C3350, Ponsel ”Outdoor” Tahan AirSpesifikasi:

bisa di-upgrade menjadi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), na-mun akan diinfokan lebih lanjut untuk tanggal rilis update-nya. Smartfren Andro juga dilengkapi dengan kamera 3.2 Megapixel.

Smartfren Andro menggu-nakan RUIM dilengkapi juga dengan Wi-Fi Hotspot yang bisa digunakan optimal untuk 5 user.

Smartfren Andro juga dileng-kapi dengan kapasitas RAM 512 MB dengan kapasitas maksi-mum Micro SD di Smartfren Andro sampai dengan 32 GB.

Aplikasi yang bisa diunduh di Smartfren Andro semua yang ada di Android Market/Google Play Store. Misalnya games, education, social dan lainnya. Cara mengunduh aplikasi mela-lui Android Markett/Google Play Store dengan sign up e-mail Google terlebih dahulu.

Aplikasi GPS bisa bekerja di Smartfren Andro dan penjualan Smartfren Andro ini bundling dengan nomor serta paket data yang bundling dengan Smartfren Andro dan dalam paket bundling Smartfren Andro kuota hingga 12 GB selama 12 bulan dengan mekanisme pemberian paket data cukup isi pulsa 50 K untuk mendapat 1 GB sebanyak 12 kali untuk 12 bulan. Kecepatan akses data download Smartfren Andro mencapai 3.1 Mbps den-gan kecepatan akses data up-load Smartfren Andro mencapai 1.8 Mbps. Data 1 GB tersebut berlaku hingga 15 hari. *dwi

fasilitas ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan tidak murah, apalagi harga ponsel berbasis 4G tidaklah murah. Ponsel jenis Quad Core 4G memang dikhususkan buat kalangan high-end.

Berikut beberapa jenis ponsel Quad Core yang meng-adaptasi jaringan 4G.

Samsung Galaxy S IIISamsung melejit

secara cepat, karena berani mengeluarkan tablet

dan ponsel yang diklaim Apple mirip dengan gadget mereka. Hanya saja Samsung menambahkan fitur tamba-han seperti beberapa tablet yang lebih kecil ukurannya (7 inci), fitur telepon dan SMS serta ditambah OS Android, menjadikan Samsung melesat secepat kilat.

Setelah laris manis dengan Galaxy S II, awal tahun kemarin Samsung membeberkan akan mengeluarkan

KINI telah ada program be-lajar aksara Bali dengan meng-gunakan peralatan komputer yang merupakan hasil karya Bemby Bantara Narendra. Sep-erti apakah program Smart Font Transliterator Bali Galang ini?

Bemby Bantara Narendra mem-berikan gambaran singkat tentang program ini. Smart Font Trans-literator Bali Galang merupakan program yang digunakan untuk belajar aksara Bali menggunakan peralatan komputer yang umum dengan standar aksara Latin. Dengan demikian, penulisan satu huruf aksara Bali harus diwakili beberapa ketikan huruf latin untuk merepresentasikannya.

Narendra mengatakan, program ini sudah memuat tata cara penulisan aksara Bali yang umum. Misalnya, saat kita mengetik panca, program ini akan otomatis mengubah huruf

Belajar Aksara Bali dengan Komputer

na menjadi nya karena digantun-gi oleh ca walaupun disimpan da-lam memori sebagai panca dan bukan panca. Pengubahan huruf na menjadi nya terjadi begitu kita mengetik huruf c di belakang n secara otomatis.

Diungkapkan, Smart Font Transliterator Bali Galang (atau disingkat Font Bali Galang) menggunakan perangkat lunak OpenOffice.org sebagai landasan programnya. Sisi positifnya karena pertimbangan teknisnya sangat layak, lagi pula perang-kat lunak ini gratis dan sudah cukup umum dipakai, sehingga biaya pemasangan dan modi-fikasinya dapat ditekan menjadi lebih ekonomis. Sisi negatifnya, program ini akan rentan terhadap standar ganda atau modifikasi liar yang dapat membingungkan pemakai pemula.

Program ini dapat mengali-

haksarakan teks dari tampilan aksara latin ke aksara Bali, tanpa mempedulikan dalam bahasa apa teks itu ditulis. Tampilan yang sudah dialihaksarakan masih tetap dapat dikembali-kan ke tampilan sebelumnya tanpa mengalami distorsi. Meski demikian, aksara latin memiliki banyak keterbatasan apabila dipergunakan untuk menuliskan bahasa Bali yang benar. Untuk itu diperlukan beberapa aturan tambahan. Aturan tambahan yang dimaksud sebenarnya sudah sangat akrab dengan kes-eharian kita. Misalnya penulisan d dan dh, t dan th, p dan ph, b dan bh. Semuanya masih tetap bermakna walau dialihaksarakan dalam huruf latin.

Program ini masih terus dikembangkan seiring dengan ditemukannya cacat, penyimpan-gan, atau uger-uger yang mung-kin telah ada tetapi terlewatkan. Tidak menutup kemungkinan nantinya diadakan evaluasi dan penyederhanaan uger-uger den-gan pertimbangan kemudahan bagi generasi muda, sehingga program ini perlu direvisi kembali untuk mengakomodasi kepentin-gan tersebut.

Idealnya, komputerisasi aksara Bali yang sesungguhnya adalah pengetikan teks ak-sara Bali menggunakan papan pejal (keyboard) yang khusus untuk aksara Bali, diketikkan

satu ketikan setiap huruf dan disimpan dalam memori dalam wujud aksara Bali yang mengi-kuti standar ISO 10646. Jadi tiap unsur dari aksara Bali yang standar tidak perlu lagi diwakili oleh aksara Latin tetapi sudah mewakili dirinya sendiri. Kemu-dahan yang didapatkan dalam program belajar ini tidak akan didapatkan dalam versi yang sesungguhnya, karena aksara Bali dan aksara Latin tidak dalam kedudukan yang dapat saling menggantikan tetapi merupakan dua perangkat aksara yang sama

sekali berbeda. Demikian panduan pembelaja-

ran menulis aksara Bali dengan Font Bali Galang ini sangat sederhana, dapat dioperasikan oleh segala tingkat keahlian, dari yang asbun (asal bunyi, tidak menggunakan aksara istimewa) sampai tingkatan pasang pageh yang sangat rumit dan sulit.

Untuk instalasi Smart Font Transliterator Bali Galang pihaknya menyediakan CD dengan harga untuk umum Rp 50.000 dan guru, mahasiswa dan pelajar Rp 25.000. *dwi

dwiBemby Bantara Narendra memperagakan program belajar aksara Bali

menggunakan peralatan komputer.

Seperempat Pengguna Smartphone Miliki Tablet

Smart Font Transliterator Bali Galang

ADANYA smartphone tampak-nya telah menjadikan daya tarik khusus bagi konsumen untuk juga mencoba tablet. Kenyamanan yang dirasakan konsumen selama menggunakan smartphone memicu mereka untuk memiliki tablet yang

tentunya memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan smartphone.

Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan ComScore, sekitar 23,6 persen pengguna smartphone di AS juga memiliki tablet. Tablet tersebut bervariasi mulai dari iPad,

Kindle Fire, Samsung Galaxy Note dan tablet lainnya.

Tablet secara sederhana digam-barkan sebagai sebuah perangkat touchscreen seperti smartphone tetapi menggunakan display lebih besar, minimal 7 inci. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan smart-phone, di dalamnya meliputi swipe dan tap pada screen dan dilengkapi berbagai aplikasi yang dihadirkan dalam tampilan grafis di layar leb-arnya. Dengan tablet pastinya akan menghadirkan pengalaman lebih memuaskan jika Anda ingin game atau nonton video.

Tak heran jika makin banyak pengguna smartphone di AS yang juga memiliki tablet. Kemampuan tablet dalam menghadirkan aplikasi, game, video di layar yang lebih lebar dari smartphone diperkirakan menjadi daya tarik utama yang memicu keingintahuan pengguna smartphone tentang tablet. Sebagai akibatnya, pemilik tablet yang juga membeli tablet meningkat setiap tahunnya. ComScore mencatat pemilik tablet dari keseluruhan pengguna smartphone di Amerika pada bulan April 2011 tercatat 9,7 persen saja. *ade

Page 22: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

KOMPUTER22 TOP NEWS 315 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

Sengitnya Persaingan Ponsel AndroidPERSAINGAN ponsel Android makin sengit.

Selain produsen Samsung, produk dari produsen Sony dengan Sony Experia U juga ikut

meramaikan perang ponsel Android. Sony Xperia U menyusul Sony Xperia S

masuk ke Indonesia dengan segala kelebi-hannya. Bahkan ponsel ini, telah menjadi

salah satu ponsel terlaris sepanjang 2012 ini, seperti yang dikutip dari situs resmi ponsel tersebut.Ponsel Sony Xperia U yang dulunya dikenal dengan Sony Ericsson

ST25i memiliki prosesor dual-core 1 GHz STE U8500 dengan GPU untuk grafis DB8500. Melengkapi OS Android 2.3 (Gingerbread), Sony Xperia U ditambahkan dengan memori RAM 512 MB untuk memperlancar jalannya aplikasi pada sistem Android. OS Gingerbread di Sony Xperia U nantinya bisa di-upgrade ke Android 4.0 ICS.

Berbeda dengan kamera Sony Xperia S yang 12 MP, kamera Sony Xperia U hanya 5 MP dengan resolusi 2.592 x 1.944 piksel yang ikut dita-mbahkan juga berbagai fitur kamera lainnya seperti autofocus, LED flash, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, 3D sweep panorama,

dan image stabilization. Ada kamera depan VGA dan kemampuan merekam video untuk kamera utama berkualitas 720p@30fps dengan light video.

Sony yang terkenal di ranah elektronik menambahkan teknologi Sony Mobile BRA-VIA Engine pada layar 3,5 inci Sony Xperia U (resolusi 480 x 854 piksel) dan tentunya menjadi kelebihan ponsel Sony Xperia U. Untuk suara Sony memanfaatkan teknologi Sony 3D surround sound audio technology sehingga hasil suara di ponsel Android Sony Xperia U menjadi enak didengar dan jernih.

Untuk media penyimpanan file dan memo-ri, sayangnya Sony Xperia U tidak menye-

diakan slot memori eksternal untuk tambahan storage dan tentunya ini menjadi kekurangan Sony Xperia U. Namun, tersedia memori inter-nal sebesar 8 GB (4 GB dipakai sistem dan 4 GB lagi untuk menyimpan file). *ade

”Cloud Computing”, Solusi Masa DepanUNGSI internet

yang pada awalnya hanya sebagai media pengirim data dan informasi, saat ini menga-

lami perluasan menjadi makin berkembang mengikuti perkem-bangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Internet digunakan di berbagai kehidupan manusia di Indonesia termasuk penggunaan media sosial yang akhir-akhir ini menjadi marak di kalangan anak muda.

Menurut laporan dari Inter-netWorldStats (IWS), Indonesia menempati urutan keempat banyaknya jumlah pengguna in-ternet di Asia setelah Cina, India dan Jepang. Ini membuktikan betapa pentingnya internet bagi masyarakat di Indonesia dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Pengelolaan data dan infor-masi melalui internet, diharapkan mampu menghasilkan layanan berupa kemudahan dan kenya-manan kepada penggunanya. Solusi yang muncul adalah komputasi berbasis internet yang mengarah kepada proses pengaplikasian sistem dengan mudah tanpa dibatasi ruang, waktu dan tenaga. Namun, kar-ena makin banyaknya data yang diolah pada sebuah sistem, maka dibutuhkan suatu ruang atau tempat penyimpanan (storage) yang lebih besar juga. Penamba-han kapasitas ini mengakibatkan pekerjaan dan biaya pemeli-haraan (maintenance) perang-kat keras menjadi bertambah. Belum lagi jumlah bandwith yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini tidaklah sedikit. Untuk menjawab permasalahan tersebut muncullah komputasi awan atau lebih dikenal dengan cloud computing.

Cloud computing meng-gabungkan prinsip dasar ekono-mi dan peletakan sumber daya komputasi. Istilah cloud comput-ing sebenarnya sudah lama digu-nakan, karena pada dasarnya in-ternet bisa digambarkan sebagai sebuah awan besar. Penggunaan istilah ini pada awalnya digu-nakan untuk gambaran umum sebuah jaringan besar (back-bone) yang berupa awan, yang sebenarnya berisi sekumpulan komputer yang saling terhubung.

Konsep ini dikenalkan pada tahun 1961 oleh Prof. John McCarthy seorang pakar komputasi MIT dan terus berkembang sampai saat ini. Kata cloud merujuk kepada simbol awan yang menggambarkan jaringan internet sedangkan com-puting adalah proses komputasi. Cloud computing dapat diartikan sebagai sebuah model komputasi di mana sumber dayanya (kom-putasi, penyimpanan, jaringan dan perangkat lunak) disediakan se-bagai layanan di internet. Analogi sederhana untuk menjelaskan tentang cloud computing adalah pemakaian listrik yang disediakan PLN. Sebagai pengguna, kita tidak perlu mendirikan infrastruk-tur pembangkit listrik sendiri agar bisa memakai listrik. Kita tinggal memakai listrik saja karena semua sudah disediakan PLN sebagai penyedia layanan. Kewajiban pengguna hanyalah melunasi tagi-han tiap bulannya sesuai dengan jumlah pemakaian. Analogi terse-but dapat menjelaskan bahwa cloud computing bertugas sebagai penyedia layanan dan kita adalah pemakai dari layanan tersebut.

Cloud computing ditawarkan dalam berbagai bentuk dan diakui

oleh Institute of Standards and Technology (NIST) yaitu : public cloud, private cloud, community cloud dan hybrid cloud (kompo-sisi public, private dan commu-nity). Pada dasarnya teknologi cloud mirip dengan sifat cairan (elastisitas) yang mudah dapat memperluas dan mengisi, yang berarti pengguna dapat meminta sumber daya tambahan dari pe-nyedia layanan dan dapat dengan mudah melepaskannya ketika sumber daya tidak diperlukan. Layanan yang ada pada cloud computing sendiri terdiri atas tiga model yaitu : Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). IaaS merupakan model yang menyediakan sumber daya pemroses, penyimpanan, kapasitas jaringan dan sumber daya komputasi lainnya. Peng-guna dalam IaaS seolah-olah mempunyai perangkat keras dan segala isinya pada remote server termasuk perangkat lunak di dalamnya, misalnya Amazon yang menyediakan virtual server. PaaS merupakan model yang men-gizinkan pengguna menggunakan aplikasi dan bahasa pemrogra-

man yang disediakan sistem serta menyimpan data-data dengan menggunakan API provider, mis-alnya Google Apps. Sementara SaaS merupakan perangkat lunak yang berbentuk layanan di mana pengguna hanya menggunakan aplikasi dengan cara menyewan-ya, misalnya Facebook, Twitter, email dan sebagainya.

Melihat kelebihan yang ditawar-kan cloud computing sudah se-layaknya cloud computing sudah tidak dipandang lagi sebagai tren. Menurut data riset Gartner pasar global cloud computing akan mencapai 150 milyar dolar AS pada tahun 2014. Sementara di Indonesia, menurut data proyeksi Telkom, pasar cloud computing bisa mencapai Rp 2,1 trilyun. Hal ini akan makin jelas dengan makin banyaknya perusahaan kelas kakap dunia yang akan meng-gunakan cloud computing untuk meningkatkan daya saingnya. Di Indonesia, cloud computing bukanlah sekadar wacana saja. Di bidang pendidikan sudah ada live@edu services dari Microsoft. Dengan live@edu maka siswa/guru/mahasiswa/dosen bisa mendapatkan email id sesuai

Layanan Komputasi Awan makin BerkembangLAYANAN cloud computing atau

komputasi awan di Indonesia makin berkembang, bahkan sudah memasuki perangkat mobile sehingga dibutuhkan keamanan jaringan.

“Mobile cloud menjadi salah satu mesin pendapatan bagi pelaku usaha, namun ada ancaman besar yaitu masalah keamanan jaringan,” kata IT Manager Primaasset Karunia Sinergi (CQ Cloud), Doddy Dewayanto, seperti diberitakan Antara News.

Menurut Doddy, trafik data di Indone-sia kian tinggi seiring makin banyaknya pengguna internet. Namun, ada bahaya yang mengancam, Indonesia berada di

posisi nomor dua yang diserang Distrib-uted Denial of Service (DDoS).

Cloud computing atau lazim disebut komputasi awan adalah pemanfaa-tan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan) di mana informasi secara per-manen tersimpan di server di internet dan di komputer pengguna (client) ter-masuk pada desktop, komputer tablet, notebook, gadget dan lainnya.

Ia menjelaskan, serangan DDos biasanya menggunakan banyak var-ian mesin di mana kala satu sistem diserang tidak mengetahui sedang diserang karena dianggap yang datang

adalah trafik normal. Biasanya yang diserang adalah jaringan dan membo-roskan bandwidth.

Menurut Doddy, jaminan keamanan pada dunia cloud meliputi sisi klien dan sisi server. Jaminan keamanan pada sisi klien untuk kenyamanan dan kepastian pada kegiatan bertransaksi, sedangkan jaminan keamanan pada server untuk menjaga kelangsungan bisnis klien dan melindungi data dari kondisi yang merugikan baik fisik mau-pun non fisik.

Dalam hal perlindungan terhadap kelangsungan bisnis klien, diperlukan solusi sistem keamanan terpadu bagi

penyedia layanan cloud untuk pengelo-laan keamanan jaringan cloud-nya.

Sistem Medusa dari CQCloud adalah Next Generation SIEM (Security Infor-mation and Event Management) yang merupakan platform keamanan terpadu bagi penyedia cloud untuk mendukung fungsi pemantauan jaringan melalui aliran data.

Selanjutnya, fungsi deteksi dan mitigasi DDoS, fungsi pengelolaan dan analisis security event dan fungsi pe-laporan dalam satu kesatuan sistem.

Solusi Medusa dari CQCloud mem-berikan availability, stability, dan reli-ability kepada partner dan pelanggan demi kelangsungan bisnis. *

dengan nama sekolah/almamater/perguruan tinggi tanpa memiliki infrastruktur apa pun. Di bidang pemerintahan sudah ada layanan TELKOMG-Cloud merupakan sebuah layanan Information Com-munication Technology (ICT) bagi pemda yang komplit (ap-likasi khusus, aplikasi umum, dan hardware), affordable (pay as you use), dan simple (fully managed). Selain di bidang pendidikan dan pemerintahan masih ada bidang-bidang lain yang telah meman-faatkan cloud computing termasuk perusahaan yang menerapkan-nya dalam bentuk private cloud untuk meningkatkan profit margin perusahaan. Private cloud lebih mudah diimplementasi karena secara bandwith dan infrastruktur tertutup.

Untuk beralih ke cloud comput-ing, tentu saja tidaklah mudah. Tantangan yang dihadapi ketika beralih ke cloud computing antara lain penetrasi infrastruktur internet yang bisa dikatakan masih terba-tas, tingkat kematangan peng-guna internet di Indonesia yang cenderung menggunakan internet sebagai media hiburan dan so-sialisasi, serta tingginya investasi yang diperlukan untuk menye-diakannya karena merupakan kombinasi infrastruktur jaringan, perangkat keras dan perangkat lunak sekaligus. Namun, tantan-gan tersebut perlahan tapi pasti mendapatkan perhatian serius dari kalangan industri telematika di Indonesia. Perhatian serius juga tak luput dari pemerintah dengan masuknya cloud computing dalam pembahasan RUU Konvergensi Telematika yang diperkirakan akan dibahas oleh DPR akhir tahun 2012.

Potensi bisnis yang ditawar-kan cloud computing sangatlah besar, misalnya di Indonesia saat ini terdapat 200 ribu server, namun kurang dari 10 persen yang sudah tervirtualisasi. Ini berarti bahwa masih terdapat 90 persen lagi yang bisa dikelola dan menjadi solusi pengemban-gan TIK di Indonesia. Semoga tantangan dalam mengembang-kan cloud computing dapat ditangani sehingga semua pihak dapat merasakan manfaatnya.

*Fajar Y. ZebuaEmail: [email protected]

Page 23: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

TOP NEWS2 AKSESORI 23

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra.Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita. Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657, 416676. Faksimili: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi/Pengaduan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

15 - 21 Juni 2012 15 - 21 Juni 2012

HTC Luncurkan Ponsel Premium dengan Harga Terjangkau

SAAT ini ponsel premium berharga terjangkau makin marak. Hal tersebut dilakukan pihak vendor untuk merebut pasar di tengah makin maraknya ponsel premium dengan harga tinggi.

Salah satu vendor yang mengeluarkan ponsel pre-mium berharga terjangkau adalah HTC. Seperti yang dikutip dari situs inilah.com, vendor asal Taiwan ini telah meluncurkan tiga smartphone seri Desire di Indonesia.

Ketiga ponsel pintar baru besutan HTC itu adalah Desire V, Desire VC dan Desire C. Semua produk itu dibanderol dengan harga di bawah Rp 4 juta.

Seperti yang disampaikan situs tersebut, ketiga seri Desire ini menampilkan teknologi audio dari Beats Audio, desain premium, interface HTC Sense

4.0, dan juga dilengkapi dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Ketiga seri Desire ini juga mendapat tambahan media penyimpanan data online (cloud computing) sebesar 25 GB dari dropbox selama 2 tahun. Saat ini, tambahan media penyimpanan dropbox 25 GB ini hanya ada di ponsel HTC seri One, yang merupa-kan smartphone segmen menengah ke atas.

Bagaimana dengan harganya? Untuk Desire V di-jual dengan harga di kisaran Rp 3,5 juta, Desire VC Rp 3 juta, sedangkan Desire C dijual dengan harga berkisar Rp 2,5 juta. Ketiga smartphone terbaru besutan HTC ini akan tersedia di pasaran Indonesia mulai pertengahan bulan Juni ini. *ade

Samsung Galaxy S III

Kirim File 1 GB dalam Tiga MenitSAMSUNG Galaxy S III

memang didedikasikan untuk kemampuan berbagi yang lebih baik dibanding smartphone lain, fitur S-Beam di dalamnya bisa mentransfer file berkapasitas 1 GB ke perangkat yang sama hanya dalam tiga menit saja.

Dengan S-Beam file-file besar seperti video dan dokumen bisa dikirim dengan mudah dan cepat. Hanya dalam beberapa detik, dengan satu sentuhan file beru-kuran 100 MB sudah terkirim ke Galaxy S III teman Anda.

“Galaxy S III adalah smartphone paling ino-vatif di pasar saat ini,” kata Chief Marketing Officer for Samsung Telecommunications America, Todd Pendleton dalam siaran pers yang dikutip Antara News.

Berbeda dengan S-Beam yang tidak membutuhkan koneksi Wi-Fi dan sinyal selular, fitur berbagai Galaxy S III lainnya, AllShare® Play, memungkinkan pengguna men-girimkan file atau video ke perang-kat Samsung HDTVs, tablet, laptop, dan peralatan elektronik lain yang berada pada jaringan yang sama.

Untuk berbagi dokumen, pre-sentasi dan foto ke semua teman melalui jaringan Wi-Fi, fitur All Share Cast sarananya.

Bagi Anda yang gemar fotografi dan sedang hunting bareng, aplikasi Share Shot akan memper-mudah mengumpulkan foto dari teman-teman tanpa harus melalui email, MMS atau kabel USB.

Momen yang ditangkap kamera 8 megapiksel Galaxy S III dengan cepat dapat dibagi ke ponsel lain-nya dalam jarak kurang lebih 60 meter. Bahkan, jika Anda sudah menetapkan ke perangkat mana Anda akan berbagi maka secara otomatis Galaxy S III mengirim foto ke sana.

Selain kemampuan berbagi,

INI mungkin kabar yang me-legakan bagi pengguna ponsel layar sentuh, karena sudah ada ponsel dan tablet dengan tombol fisik yang bisa muncul dan meng-hilang sesuai keinginan.

Perusahaan asal California, Tactus, seperti diberitakan Antara News, membuat sebuah ponsel yang memiliki tombol seperti itu. Perusahaan ini mengklaim tombol tersebut muncul di area yang sama di layar ponsel berupa tombol transparan. Teknologi ini dapat diterapkan di tablet, ponsel, dan remot kontrol serta dapat juga digunakan pada alat musik.

Tactus menjelaskan, ini meru-pakan teknologi yang pertama kali di dunia untuk mengatasi kekuran-gan teknologi layar sentuh. Bagaimana bisa sebuah tombol keluar begitu saja dari layar gad-get Anda? Tactus mempersem-bahkan sebuah dimensi baru dari touchscreen dengan tombol fisik

Tombol Fisik Otomatis Ponsel Layar Sentuh

yang muncul sesuai perintah, dan masuk kembali ke dalam layar, lalu layar terlihat seperti semula.

Tactus mengklaim teknologi mereka setipis layar sentuh yang ada saat ini dan tidak ada peruba-han pada sensor di bawahnya.

Dengan tombol tertentu, peng-guna dapat memilih apakah akan menampilkan tombol fisik tersebut atau tidak. Ketika fungsi tombol dimatikan, maka tombol akan masuk ke dalam layar secara perlahan dan tanpa bekas.

Tactus mengklaim teknologi ini merupakan inovasi paling canggih dari teknologi layar sentuh saat ini yang baru sampai pada respons getar ketika menyentuh layar. Mer-eka juga mengklaim teknologi ini memudahkan jari pengguna agar lebih tepat sasaran pada tombol tertentu di layar. Ini bukan sekadar akal-akalan teknologi getar tetapi benar-benar tombol nyata yang muncul dan menghilang di layar. *

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

Galaxy S III juga memiliki fitur yang pada masa lalu diunggulkan Apple, Siri.

Ponsel pintar itu juga bisa dikontrol hanya dengan perintah suara, tanpa menyentuh. Dengan

S-Voice, pengguna bisa menaik-turunkan volume musik, menerima atau menolak panggilan, memati-kan atau menunda alarm, bahkan memotret hanya dengan mengu-capkan smile atau cheese. *

DEMAM bola meramaikan dunia memasuki Piala Eropa ‎ Euro 2012. Bagi penggila bola bisa menambah casing pada pon-selnya dengan ciri-ciri klub sepak bola yang menjadi favorit sebelumnya.

Banyak model casing ponsel yang menawarkan kemeriahan liga sepak bola dunia. Seperti Football Club Casing IPhone 4 Manchester berwarna merah dengan model AIP4FC.

Football Club Casing iPhone 4 - Manchester merupakan casing ponsel unik ini didesain untuk iPhone 4, dan cocok untuk penggemar sepak bola.

Terbuat dari poly plastik yang kuat, ringan dan tahan lama. Dide-sain khusus untuk iPhone 4 dengan lubang tombol yang pas untuk iPhone 4.

Aksesori casing iPhone 4 yang terpenting adalah pelindung ponsel itu sendiri. Casing iPhone 4 memiliki banyak sekali aneka ragam warna seperti merah, dan putih.

Selain memberikan image pecinta bola, casing berbahan plastik berfungsi sebagai pelindung. Ketika iPhone 4 terjatuh maka casing plastik ini akan melind-unginya, setidaknya tidak membuatnya menjadi lecet akibat gesekan atau benturan keras. *kup

Football Club, Casing Unik bagi Penggila Bola

terlindung dari goresan-goresan, saat ditaruh di saku sehingga terlindung dari benturan.

Selain itu, kegunaan screen protector pada ponsel agar terlihat lebih menarik. Screen protector ini memiliki tiga jenis tampilan yang berbeda-beda. Misalnya, screen guard spy white yaitu tampilan yang berwarna putih atau bening. Screen guard

SAAT ini banyak jenis pelindung ponsel

yang ditawarkan di pasaran. Salah satu pelindung yang cukup

diminati masyarakat adalah screen protector sebagai pelindung layar

ponsel.Kegunaan screen protector ini antara

lain sebagai pelindung layar ponsel agar

mirror yaitu tampilan yang menampilkan efek kaca pada screen protector. Screen guard spy black yaitu tampilan yang ber-warna hitam agar layar ponsel tidak terlihat dari samping. Terakhir screen guard clean yaitu tampilan yang memberikan kesan bersih pada layar ponsel itu sendiri. Screen protector ini dipasarkan mulai dari harga Rp 30.000 sampai Rp 75.000. *tya

Lindungi Ponsel dengan ”Screen Protector”

Page 24: Gadget-Star 15 - 21 Juni 2012

Games24 15 - 21 Juni 2012

Penerbit : PT Bali Post

ROCSTAR Games yang terkenal dengan produksi game serunya, di tahun ini kembali meri-lis game terbarunya yakni Max Payne 3. Serunya Max Payne 3 muncul dengan menggabungkan

Cerita Soal Kejatuhan Detektif New York City

TEMPLE Run merupakan game yang sukses dikembangkan Imangi Studios. Hal itu terlihat dari sejak dirilis pada Agustus 2011, khususnya untuk iOS di-download sebanyak 40 juta kali dan menjadikan game ini di App Store’s sebagai “Top Grossing App” dan “Top Free App’ spots di bulan Januari 2012.

Kini, selain di game Temple Run kini bisa diunduh lewat Android. Temple Run merupakan game yang sangat menarik dan seru untuk dimainkan. Game Temple Run ini, memainkan tentang karakter utama game yang melarikan diri setelah mencuri patung yang dikutuk di kuil. Untuk terus bisa hidup dan menghin-dari kejaran sejenis monster atau disebut Evil Demon Monkeys agar tidak tergigit harus terus berlari.

Sepanjang melarikan diri, karak-ter akan terus dikejar-kejar monster

situasi tembak menembak yang sangat canggih dengan narasi gelap memutar, dan presentasi sangat sinematik.

Dalam game Max Payne 3, pemain berkarakter sebagai Max

Payne, dengan setting tempat yang sangat baik didukung tampi-lan gambar yang cukup bagus.

Dikutip dari situs resmi http://www.rockstargames.com/

maxpayne3/order, Max Payne 3

mengambil kisah jatuhnya mantan detektif New York City yaitu Max Payne dan menerima tawaran se-bagai pekerja keamanan swasta di São Paulo, Brazil yang diharap-kan bisa pelarian dari masa lalu yang tragis.

Tugas Max Payne di sini ada-lah melindungi pengusaha kaya Rodrigo Branco dan istrinya yang bernama Fabiana. Keseruan di game ini bermula ketika Fabiana diculik ketika bawah perlindungan Max, Max menemukan dirinya terjebak dalam sesuatu keadaan yang jauh lebih besar dari pen-culikan sederhana. Kemudian Max berupaya mencarinya di jalan-jalan kota, di mana dalam pencarian tersebut seolah mengingatkan kembali pada kondisi masa lalunya yang suram.

Pada seri pertama Max Payne 3 membawa kombinasi menembak dengan tepat den-gan berbagai mode pengop-erasian dan kompetitif yang memungkinkan pemain untuk bersaing di semua pertandin-

gan, berjuang untuk kesempatan untuk bermain sebagai Max Payne dirinya dalam pembunuh Payne, atau membangun peristiwa dari cerita single player dalam modus Wars Gang dinamis.

Sementara itu, Max Payne 3 juga menjadi judul Rockstar pertama yang crews fitur, dalam artian bisa bermain bersama melalui online, membangun aliansi dan persaingan. Dikembangkan di Rockstar Games Studios Di seluruh dunia, Max Payne 3 seka-rang tersedia untuk Xbox 360 dan PlayStation 3. *man

Temple Run, Game yang makin Populertersebut. Untuk menghindari kejaran serta agar tidak digigit, pemain harus menggoyang-goyangkan ponsel ke kiri dan ke kanan. Karakter game harus mengumpulkan sebanyak mungkin koin agar nyawanya tetap ada dan tetap kuat berlari dan

menghindari gigitan monster. Per-mainan game dengan mengguna-kan gesek atau goyangan ini cukup sederhana, sehingga membuat game ini menjadi rekomendasi game yang patut diunduh dan dimainkan. Selamat mencoba. *dwi

net

net