gadget-star. bali post. 3 - 9 agustus 2012

24
Penerbit : PT Bali Post Mingguan / 9 / Th 1 / 3 - 9 Agustus 2012 / Harga Eceran Rp 5.000/Eks. Harga Langganan Rp 20.000/Bulan www.gadget-star.com / email: [email protected] Info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini Kendala ”Spare Part”, Peluncuran iPhone 5 bisa Molor Windows Phone 8 Miliki Tool Screenshot HTC Desire VC Ponsel Pintar Dual SIM Dual Aktif LG-T500, Ponsel Layar Sentuh dengan Fitur Andal L L P P P P d d d Huawei U8800 IDEOS X5 Harga Terjangkau, Performa Maximum Bocoran ZTE Flash Siap Tandingi Galaxy S III dan One X HTC One V T320e Ponsel Mid Level dan Tipis di One Series Nokia Dikabarkan segera Rilis Smartphone Windows Phone 8 Aplikasi: Remote PC dengan Aplikasi XtraLogic pada Android Tips dan Trik Mengamankan File RAR dengan Memberikan Password Komputer dan Internet: Prosesor Intel Atom akan Dukung Android 4.1 Market: Nokia akan Ubah Strategi Marketing TC C C C H H H H C D D D D H HTC TC D V V VC C C C C C C C i i VC VC

Upload: gadget-star

Post on 28-Mar-2016

265 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

Penerbit : PT Bali Post

Mingguan / 9 / Th 1 / 3 - 9 Agustus 2012 / Harga Eceran Rp 5.000/Eks. Harga Langganan Rp 20.000/Bulan

www.gadget-star.com / email: [email protected]

Info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini

Kendala ”Spare Part”, Peluncuran iPhone 5 bisa Molor

Windows Phone 8 Miliki Tool Screenshot

HTC Desire VC

Ponsel Pintar Dual SIM Dual Aktif

LG-T500, Ponsel Layar Sentuh dengan Fitur Andal

LLPPPPddd

Huawei U8800 IDEOS X5

Harga Terjangkau, Performa Maximum

Bocoran ZTE Flash Siap Tandingi Galaxy S III dan One X

HTC One V T320e

Ponsel Mid Level dan Tipis di One Series

Nokia Dikabarkan segera Rilis Smartphone Windows Phone 8

Aplikasi:Remote PC dengan Aplikasi XtraLogic pada Android

Tips dan TrikMengamankanFile RAR dengan Memberikan Password

Komputer dan Internet:Prosesor Intel Atom akan Dukung Android 4.1

Market:Nokia akan Ubah Strategi Marketing

TCCCCHHHH C DDDDHHTCTC D VVVCCCCCCCCCii VCVC

Page 2: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

TOP NEWS2 3 - 9 Agustus 2012

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa.Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

RUMOR terkait peluncuran produk iPhone 5 terus saja bergu-lir. Kekhawatiran akan tertundanya kedatangan produk terbaru Apple kembali muncul. Pernyataan dari pihak pembuat prosesor yang akan menjadi otak iPhone 5 menjadi kekhawatiran molornya peluncuran iPhone 5.

Hingga saat ini produksi iPhone 5 tergantung banyak pihak luar. Maklum saja, karena sejumlah komponen penting produk yang digadang-gadang menyaingi ketangguhan Galaxy S III ter-gantung perusahaan lain. Jika pemasok tidak dapat memenuhi rantai pasokan, maka otomatis keseluruhan jadwal pun akan tertunda.

Bocoran ZTE Flash Siap Tandingi Galaxy S III dan One X

Kendala ”Spare Part”, Peluncuran iPhone 5 bisa Molor

Samsung Galaxy Note 10.1

Menggunakan RAM 2 GB dan Fitur Telepon

SEJAK diperkenalkan dalam ajang Mobile World Congress, Sam-sung Galaxy Note 10.1 terus mendapat perbaikan dan penyesuaian hardware serta desain. Meski belum dijual, situs asal Korea telah memi-liki unit tersebut dan melakukan unboxing.

Situs The Brave Post mengklaim mendapatkan Galaxy Note 10.1 warna putih.

Seperti yang dikutip dari teknoup, perubahan Galaxy Note 10.1 meliputi prosesor quad core 1,4 GHz, kamera belakang 5 MP, ke-mampuan HSPA+ dan slot S Pen. Namun, menurut situs tersebut, Galaxy Note 10.1 ini ada yang berbeda, yakni pada kapasitas RAM yang ditanam. Jika bocoran sebelumnya menyebut Galaxy Note 10.1 menggunakan RAM 1 GB, unit yang didapat itu menggunakan RAM 2 GB. Tak ketinggalan fitur telepon juga dikatakan bisa dipakai pada unit tersebut.

Belum diketahui kapan Samsung akan merilis tablet tersebut. Namun, kemungkinan pada acara yang berlangsung 15 Agustus nanti, Samsung akan mengenalkan Galaxy terbarunya. *

Seperti dilansir Examiner, ber-sumber dari Qualcomm, produsen chip ini menyebutkan, mereka kekurangan stok prosesor 28 nanometer. Permintaan akan chipLTE 28 nanometer saat ini begitu tinggi sehingga mereka kewalah-an memenuhinya. Secara spesifik, iPhone 5 berkaitan dengan chipQualcomm MDM9615 yang me-mungkinkan panggilan data LTE ditransfer.

Kabarnya, chip ini akan digu-nakan di iPhone 5. Informasi lain menyebutkan, pasokan chip baru akan mencukupi sekitar beberapa pekan depan lagi. Dengan de-mikian, perilisan iPhone 5 menurut perkiraan analis adalah sekitar Oktober.

Apple sendiri mau tak mau harus menurut dan tidak bisa begitu saja mengganti chip LTE generasi sebelumnya.Apalagi,salah satu kelebihanchip LTE 28 nanometer adalah membuat perangkat menjadi hemat energi.

Rumor seputar peluncuran produk terbaru iPhone memang dari dulu menjadi konsumsi menarik. Apalagi iPhone memi-liki market yang sangat loyal. Bahkan, saat peluncuran produk iPhone 4S, pecinta produk ini rela

an iPhone 5 bisa Molorendiri mau tak mau urut dan tidak bisa mengganti

enerasi a.

ter mbuat menjadi hemat

seputar peluncuran baru iPhone memang enjadi konsumsi palagi iPhone memi-yang sangat loyal.

aat peluncuran produk , pecinta produk ini rela

sampai menginap di depan toko pen-jualan iPhone. *wid

SEBUAH bocoran smartphone ZTE terbaru dikabarkan akan segera hadir pada kuartal ke-4 tahun ini untuk operator Sprint Amerika. Lebih tepatnya, smartphone tersebut dikabarkan akan tersedia pada 14 Okto-ber 2012.

Seperti yang tampak dalam gambar, ZTE Flash memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Android 4.0 Ice Cream SandwichLayar 4,5 inci HD IPS (1280 x 720) dengan Gorilla GlassMendukung jaringan LTEProsesor Snapdragon S4 MSM8960 dual-core 1,5GHz dual-coreKamera belakang 12,6MP autofocus + LED, dan kamera depan 1MPMemory 8 GB ROM, dan RAM 1 GBBaterai 1780 mAhBluetooth 4.0 & microSDXCDimensi 5,29 x 2,59 x 0,38Dukungan NFC

Seperti yang dilansir situs TalkAndroid, jika melihat spesifikasi di atas, ZTE Flash memiliki spesifikasi yang mirip dengan Samsung Gal-axy S III dan HTC One X versi Amerika. Di negara tersebut, Galaxy S III dan One X juga menggunakan Snapdragon S4 karena Tegra 3 belum mendukung LTE. Meski belum diketahui harganya, ZTE Flash diprediksi akan lebih murah dan menjadi saingan kuat penjualan Galaxy S III dan One X di Amerika. *

Page 3: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

TOP NEWS 3

SEBUAH fitur yang sudah lama dinanti-nantikan, akh-irnya hadir di Windows Phone.

PONSEL dengan fasili-tas proyektor belum banyak vendor yang menawarkan ke-canggihan ini. Tidak dengan produsen ponsel asal Korea Selatan, Samsung, telah se-langkah lebih maju dengan memproduksi Samsung Galaxy Beam sebagai ponsel pertama dengan proyektor.

Tidak hanya pertama menawarkan ponsel proyektor, Samsung bahkan telah mem-produksi ponsel proyektor terbaru-nya dengan nama yang sama. Dari segi penampilan, Galaxy Beam terbaru diyakini lebih menarik karena desain lebih tipis dibandingkanversi lama yang ukuran-nya lebih tebal.

Berdasarkan informasi dari berbagai media online, Galaxy Beam terbaru kini sudah masuk Indonesia kendati pemasaran belum merata ke berbagai daerah. Keistimewaan ponsel proyektor besutan Samsung ini su-dah menggunakan sistem operasi Android.

Fasilitas layarnya terlihat cerah dan tajam, meski saat ponsel ini dilihat dalam kondisi ruangan gelap. Sudah dibekali dengan prosesor berkecepatan tinggi 1Ghz berinti ganda dual core. Baterai berkapasitas 2000 mAh agar dapat bertahan lama saat menampil-kan screen proyektor handset.

Samsung Galaxy Beam terlihat tipis, padahal aslinya memiliki ketebalan 12,5 mm. Dengan ketebalan seperti itu memungkinkan Samsung untuk membenamkan fitur lain yang menunjang tenaga saat menyalakan proyektor misalnya seperti baterai lebih besar.

Teknologi proyektor terdapat pada bagian atas ponsel sehingga bisa melihat video atau gambar dengan ukuran hingga 50 inci. Kinerja proyektor lumayan bagus untuk sekadar memilih menu dan melihat foto di dalam sebuah ponsel. Apalagi proyektor ini sudah terintegrasi di dalam sebuah ponsel cukup berguna untuk melihat film maupun foto bersama teman maupun keluarga. Selain untuk keperluan fitur multimedia, proyektor ini juga dapat difungsikan sebagai penampil lembar kerja dari Microsoft Office sehingga lebih mudah saat mengelola lembar kerja melalui ponsel.

Untuk fasilitas penyimpanan data, ponsel ini memiliki memori internal berkapasitas 8 GB. Pada bagian belakang, ponsel ini mem-punyai kamera 5 MP yang dilengkapi dengan LED flash. Di depan, ponsel ini terdapat kamera 1.3 MP yang bisa digunakan untuk videocalling atau video chatting. *dik

SEBUAH malware baru telah ditemukan pada platform Android. Program berbahaya ini mengambil keuntungan dari kepopuleran Opera Mini, bertindak seolah-olah sebagai aplikasi Opera Mini normal. Namun hati-hati, aplikasi ber-bahaya ini akan mengirimkan SMS dengan tarif internasional dan mendaftar ke layanan premium di luar negeri yang pastinya akan menyedot pulsa Anda secara drastis.

JAJARAN smartphone Sony Xperia tahun 2011 dilaporkan tidak mendapat update Jelly Bean. Informasi tersebut datang dari akun Facebook milik Sony Inggris. Dalam kolom komentar tersebut juga dikatakan bahwa Sony tidak berencana merilis ponsel dengan keyboard fisik qwerty untuk jajaran smartphone Xperia selanjutnya.

Seperti dikutip dari teknoup, alasan Sony tidak memasuk-kan keyboard fisik qwerty adalah karena saat ini permintaan pasar lebih menyukai layar sentuh beru-kuran besar, sehingga Sony tidak berencana untuk merilis Xperia dengan keyboard fisik. *

Windows Phone 8 Miliki Tool Screenshot

Samsung Galaxy Beam Kini Lebih Tipis

Menurut informasi dari WP7App.de, seperti yang dikutip dari teknoup, Windows Phone 8 yang akan datang akhirnya memiliki kemampuan untuk mengambil gambar screenshotdari apa yang sedang berjalan

Fitur ini telah bertahun-tahun

ditunggu kemunculannya. Fitur ini dianggap penting bagi para wartawan atau blogger yang ingin melakukan uji coba atau menjalankan aplikasi di plat-form.

Screenshot memudahkan mereka menunjukkan bukti dari suatu kinerja di layar Windows Phone, baik aplikasi, informasi kesalahan, update, serta hal-hal

lain. Windows Phone 8 dijadwal-kan akan muncul akhir tahun ini. Disebut sebagai sebuah perom-bakan besar-be-saran, Windows Phone 8 akan menggunakan pendekatan berbeda dalam pengembangan-nya sehingga handset Windows Phone yang

sudah beredar saat ini disebut tidak akan bisa menggunakan platform mobile terbaru dari Microsoft ini. *

sia kendati pemasaran belum merata ke berbagai timewaan ponsel proyektor besutan Samsung ini su-

der bemei. T

onseamsu

h msi S

am sema

ya n poams mesel

rban nam. Darpilan

am kini k n

an

-

rkani m

onesi

p dengan fasili-r belum banyak menawarkan ke-

Tidak dengan sel asal Korea sung, telah se- maju dengan Samsung sebagai

ma dengan

ya pertama ponsel msung mem-sel baru-ama ari lan,

ini

an informasi i media online, Galaxy Beam terbaru kini sudah

sia kendati pemasaran belum merata ke berbagai

Malware Baru Android Siap Menelan Pulsa Anda

Seperti yang dilansir An-droidSpin, malware ini merupakan varian baru dari OpFake yang memiliki nama Trojam.AndroidOS.Generic.A.

Saat terinstal, aplikasi ini akan meminta 2 izin kepada peng-gunanya, yang pertama menun-jukkan izin atas nama ‘’opera_mini65’’ dan yang kedua untuk ‘’Opera Mini’’. Izin yang pertama adalah malware sedangkan yang kedua adalah browser Opera Mini yang sebenarnya, dan jika

Anda memberikan izin kepada ‘’opera_mini65’’ maka malwaretersebut akan aktif.

Malware berbahaya ini ditemukan pada aplikasi Opera Mini yang beredar di luar Play Store.

Disarankan Anda untuk selalu menggunakan aplikasi resmi yang diunduh dari Google Play Store untuk menghindari serangan-serangan berbahaya terhadap perangkat Android Anda. *

PABRIKAN telepon selular Sony Mobile merambah segmentasi pasar ponsel pintar (smartphone)berharga rendah (entry level) bagi pemegang smartphone pemula dengan produknya, Xperia Tipo.

“Keunggulan Xperia Tipo adalah harganya yang di bawah Rp 2 juta, sistem operasinya yang sudah Android 4.0, dan akses musik,” kata Manajer Pengelolaan Data dan Saluran Penyebaran PT Sony Mobile Communication Indonesia, Jovita Pranata, seperti yang dikutip dari Antara.

Jovita menjelaskan, pemegang smartphone pemula yang disasar Xperia Tipo misalnya generasi muda dengan anggaran sekitar Rp 1,5 juta. “Kami ingin memenuhi kebutuhan konsumen yang meng-inginkan smartphone berharga murah seperti pernah tersedia di produk-produk Sony Ericsson sebe-lumnya,” kata Jovita terkait alasan Sony Mobile merambah ponsel

Xperia Tipo, Andalan Sony di Segmentasi Pemulaberharga rendah.

Menurut Jovita, Sony telah lama tidak meluncurkan produk-produk berharga murah sejak lepas dari Sony Ericsson dan Xperia Tipo merupakan produk pertama Sony Mobile di segmentasi itu.

Produk yang akan hadir di pasaran pada Agustus itu diklaim mempu-nyai ketahanan baterai hingga 24 jam dalam pe-makaian aplikasi yang wajar. Fitur yang ditawarkan Xperia Tipo tidak berhenti hanya pada baterai kar-ena smartphoneyang berprosesor Qualcomm Snap-dragon 800 Mhz itu

juga mempunyai kontrol pengendali pemakaian data.

“Mungkin biaya telekomunikasi bagi pelajar atau pengguna pemula smartphone dikontrol orangtua atau terbatas yang berbeda dengan

Xperia Generasi Selanjutnyatak Gunakan Keyboard Qwerty

kalangan bisnis,” kata Jovita. Jovita menambahkan, Xperia Tipo juga dipasarkan di sejumlah negara lain Asia Tenggara meski bukan sebagai produk andalan di masing-masing wilayah domestik itu. *

3 - 9 Agustus 2012

Page 4: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

RUMOR4

PERUSAHAAN sekuriti online BT mengklaim bahwa lebih dari 33 persen dari seluruh aplikasi Android berisi beberapa jenis malware. BT mengeluarkan pernyataan ini berdasarkan analisa yang di-ambil dari 1000 lebih aplikasi Android.

Seperti dikutip dari teknoup, menurut BT, preva-lensi malware ini bisa be-rarti hampir semua perangkat yang menjalankan Android terganggu.

Pernyataan itu datang dalam panel diskusi di kon-ferensi NetEvents America. Moderator panel menunjuk-kan bahwa ia telah menemu-kan malware di sebuah ap-likasi saat meninjau Samsung Galaxy S III, dan perwakilan BT melanjutkan dengan

Nokia Dikabarkan segera Rilis Smartphone Windows Phone 8

Seperti dilansir WPDang, Microsoft akan segera merilis secara resmi Windows Phone 8 pada tanggal 5 September 2012.

Menurut rumor yang beredar, smartphone Nokia terbaru dengan Windows Phone 8 itu bernama Lumia 910 dan Lumia 920.

Kebenaran sumber ini memang masih dipertanyakan. Namun, ada kemungkinan benar jika mengingat ajang Nokia World yang akan dibuka pada 5 September, selain itu Nokia juga memiliki kejutan di saham pada 7 September. Semen-tara rumor lain menyebut bahwa perangkat Windows Phone 8 mungkin tidak belum meluncur hingga November nanti. *

OKIA dikabarkan akan segera merilis smartphone berbasis Windows Phone 8.

N

H C Ri is P se a e La i

ACEBOOK dikabarkan melakukan kerja sama dengan HTC untuk pembuatan smart-phone Facebook terbaru.

Seperti dilansir situs bloomberg, smart-phone ini dijadwalkan akan dirilis pada perten-gahan 2013.

Pada tahun 2011 lalu, HTC juga pernah mengeluarkan smartphone yang berkolaborasi dengan Facebook, HTC Salsa dan HTC Cha-Cha, namun smartphone ini kurang mengge-brak pasar.

Pada perangkat terbarunya itu, tidak dis-ebutkan sistem operasi Android seperti pada HTC Salsa dan ChaCha.

Di samping itu, raksasa jejaring sosial Facebook dikabarkan sedang mengembang-kan sistem operasi yang dimodifikasi untuk perangkat baru tersebut. Facebook juga bek-erja sama dengan tim programer dari Apple untuk meningkatkan kinerja aplikasinya di iPhone nanti. *

Dock Konektor iPhone 5 Berubah, Semua Aksesori tak Dapat Digunakan?

ADA kabar buruk bagi pengguna perangkat iOS yang ingin meng-upgrade perangkatnya ke iPhone 5. Karena menurut Reuters seperti yang dikutip dari teknoup, versi terbaru dari iPhone tersebut akan hadir dengan 19-pin connector port dibandingkan yang dipakai untuk versi sebelumnya selama bertahun-tahun adalah 30-pinconnector port yang standar.

Alasan penggunaan ini adalah untuk memberi-

kan tempat kepada earphone yang ternyata berpin-dah ke bagian bawah. Tentunya jika rumor tersebut benar, maka aksesori 30-pin yang sekarang men-jadi bagian dari iPod, iPhone dan iPad tidak dapat lagi digunakan untuk iPhone generasi berikutnya

tersebut. Menurut sumber lainnya, Apple akan menghadirkan adaptor komplimenter

untuk port baru ini untuk menghin-dari banyaknya cacian publik

yang mungkin berasal dari pengguna

setia. *

yang dipa ya bertahun-tahun adalah 30-pinconnector port yang standar.

Alasan penggunaan ini adalah untuk memberi-

ya, Applemenghadirkan adaptor komplimenter

untuk port baru ini untuk menghint -dari banyaknya cacian publik

yang mungkin berasal dari pengguna

setia. *

Se e i a da i Se A i asi A d id Me i i i Ma wa e

temuan mereka secara rinci.BT tidak mengungkapkan

apakah malware yang ditemu-kan adalah aplikasi dari Google PlayStore atau bukan. Perang-kat Android mampu mengunduh aplikasi dari banyak situs dan store aplikasi, jadi mungkin saja analisa BT hanya memperli-hatkan aplikasi yang hadir dari sumber luar di mana Google tidak memiliki uality controlterhadap aplikasi tersebut.

Beberapa varian malwareyang menargetkan Android memang telah beberapa kali ditemukan, namun biasanya malware tersebut tidak di-host-ing di PlayStore. BT menyatakan bahwa makin lama sektor mobileperlu meningkatkan keamanan. Mereka akan mengetes malwareuntuk sistem operasi lain dalam beberapa bulan ke depan. *

3 - 9 Agustus 2012

Page 5: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

53 - 9 Agustus 2012

Page 6: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

REVIEW6

“Pelanggan dapat menerima atau melakukan panggilan melalui GSM dan Smartfren dalam satu waktu tanpa harus menon-aktifkan atau mencopot salah satu kartu SIM,” kata Direktur Teknik Smart-fren, Merza Fachys, seperti yang diberitakan Antara. Ponsel pintar yang dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 itu, memiliki layar lebar 4 inci, antarmuka HTC Sense 4.0 dan teknologi suara Beats Audio.

HTC juga memasang sistem operasi Android 4.0 terbaru Ice Cream Sandwich dengan media penyimpanan cloud melalui dropbox berkapasitas 25 GB yang dapat digunakan secara gratis selama 2 tahun. Paket bundling itu menawarkan paket data ter-masuk bonus data 12 GB untuk 12 bulan yang terbagi 1 GB/bulan, asal pelanggan melakukan top up minimal Rp 50.000 dengan bonus periode 15 hari. Selain itu, pelanggan juga dapat menikmati bonus kecepatan hingga 3,1 Mbps untuk mengunduh dan 1,8 Mbps untuk mengunggah serta panggilan ke sesama operator (on net call) gratis. “Untuk layanan data, jaringan EV-DO (CDMA) tiga kali jauh lebih cepat dari jaringan GSM,” kata Country Manager HTC Indonesia Agus Sugiharto. *

HAR A murah masih menjadi jurus ampuh bagi vendor untuk menawarkan produk baru. Seperti yang dilakukan IMO Mobile dengan meluncurkan produk baru IMO X2 Normandy dengan harga terjangkau dengan sistem operasi Android.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs internet, IMO X2 Normandy merupakan produk smartphone Android low end denganfitur TV Analog.

Ponsel ini menawarkan prosesor 800 MHz. Soal harga ada boc-oran di kisaran Rp 500 ribuan.

Ponsel ini ditawarkan dengan harga yang murah dan spesifikasi tergolong lengkap seperti OS Android Gingerbread dan berlayar sentuh (touch screen).

Ponsel ini belum menggunakan jaringan 3G. Pengguna IMO X2 Normandy baru bisa menggunakan jaringan GPRS serta EDGE. Menariknya, ponsel ini memiliki dukugan dual SIM card GSM-GSM yang memudahkan penggunanya. Ponsel ini juga diselipi dengan fitur Wi-Fi. Untuk memiliki ponsel Android dengan harga terjangkau ini, konsumen harus bersabar karena berdasarkan informasi IMO X2 Normandy akan diluncurkan pada Agustus mendatang. *di

E Corporation (ZTE) tak mau ketinggalan dengan euforia Android terbaru. Diam-diam, ZTE menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan raksasa pembuat Android, Google.

Seperti dilansir situs resmi produk tersebut, ZTE resmi meluncurkan smartphone ZTE N880E versi terbaru dengan Android 4.1 Jelly Bean pertama di Cina.

Wakil Presiden dan CTO Divisi Handset ZTE, Kan ulun mengatakan, ZTE memiliki hubungan yang sangat baik dengan Google, dikombinasi den-gan kemampuan penelitian dan pengembangan serta pengalaman dalam menyesuaikan perangkat oleh mitra di seluruh dunia. “Artinya, kami mampu membawa teknologi terbaru ke pasar dengan san-gat cepat,” katanya.

Sebelumnya, ZTE N880E sudah dirilis bulan Mei lalu dengan Android 2.3 Gingerbread dan terjual lebih dari 1 juta unit. Kini, ZTE N880E hadir dengan Android versi terbaru, Jelly Bean. *

HTC Desire VC

Ponsel Pintar Dual SIM Dual AktiPERUSAHAAN penyedia layanan telekomunikasi

berbasis teknologi CDMA Smartfren dan HTC Indone-sia, meluncurkan ponsel pintar bundling HTC Desire VC dengan teknologi dual SIM (Smartfren dan GSM) dan dual aktif pertama di Indonesia.

Spesifikasi HTC Desire VC:

- Stylish design and quality build - Large 4” WVGA display with 231ppi - Ice Cream Sandwich 4.0 - 1 GHz processor Qualcomm MSM7627A - 512MB (RAM), 4 GB (storage) - 5 MP Camera with LED Flash and Auto Focus - 1.650 mAH battery - intuitive HTC Sense 4.0 - FM radio & Beats Audio enhancement - 25 GB Cloud Storage - Active dual SIM: Smartfren + GSM.

IMO X2 Normandy

Ponsel Android dengan Harga Terjangkau

TE Luncurkan N88 E dengan Android elly Bean Pertama di Cina

-

ei

n

Spesifikasi ZTE N880E

Size: 119 mm x 61 mm x 10.4 mm.Screen: 4.0-inch, WVGA, 480 x 800 TFT, capacitive touchscreen.OS: Android 4.1.1.Memory: 4 GB + 512 MBExtended Memory: MicroSD (max. support 32G).Camera: 3.2MP AF.Bluetooth: 2.1, A2DP, AVRCP WLAN 802.11 b/g/n Other GPS, GMS, Radio FM, A-GPSWeight: 130 gram.

3 - 9 Agustus 2012

Page 7: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

7REVIEW

L telah mengeluarkan ponsel low end touch screen-nya dengan layar 2.8 inci (240 x 320) QVGA TFT. Meski termasuk dalam go-longan low end, namun ponsel ini memiliki fitur-fitur yang cukup bisa diandalkan.

Seperti dikutip dari teknoup, bentuk dan desain dari ponsel LG ini cukup simpel, tidak terdapat tombol fisik untuk menulis tetapi menggunakan keyboard virtual touch screen. Tombol fisik yang ada hanya digunakan untuk back, pang-gilan dan untuk menutup panggilan bisa juga digunakan untuk menutup aplikasi. Terbuat dari bahan plastic dove (tidak ada sidik jari yang tertinggal).

Di sisi depan terdapat logo LG dan 3 tombol fisik, di bagian belakang terdapat kamera 2 MP, di sebelah kiri terdapat tombol untuk mengatur volume, di sebelah kanan terdapat port yang bisa digunakan untuk charger, dan kabel data. Di bagian atas terdapat lubang untuk headset standar 3.5 mm dan tombol power lock. Di bagian bawah tidak terdapat apa-apa.

Untuk tampilan awal, informasi yang ditampilkan antara lain indika-tor sinyal dan operator S M card profile, waktu, widget, setting untuk mengatur widget shortcut contact pada halaman awal (menambah-

LG-T , Ponsel Layar Sentuh dengan itur Andal

kan/ mengurangi). Di bagian bawah terdapat 4 default shortcut seperti dial phonebook message, menu. Terdapat 3 halaman di tampilan awalnya sehingga bisa ditambah-kan bermacam-macam widget dan shortcut lainnya.

Untuk halaman menu utama ditampilkan dengan tampilan grid 3 x 4 dan terdapat 3 halaman.

Untuk kapasitas phonebookmaksimal bisa mencapai 1.000 kontak dan setiap kontak dapat diisi detail seperti nama, nomor, email grup picture messenger ringtone website address company ob,ulang tahun, perayaan, memo, icon.

Pada bagian messaging LG – T500 bisa mengirim SMS dan MMS. Untuk mengirim MMS, Anda hanya perlu menambahkan fileyang ingin Anda kirim (foto/gambar/file musik atau file lainnya) di saat Anda ingin mengirim message.

Untuk menu email terpisah dari menu message.

Ponsel ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 2 MP (1.600 x 1.200), oom multishot (3,6,9 shot) effect white balance night mode.

Pemutar musik pada T500 ini dapat memainkan lagu berformat mp3, AAC, AAC ,WMA. Di sini Anda bisa memilih daftar lagu yang Anda inginkan berdasar grup album, playlist artist, album, genre,

atau pun playlist buatan sendiri. Pada saat mendengarkan lagu, Anda bisa melihat album art lagu yang sedang Anda dengarkan di background. Anda juga bisa memi-lih e ualizer tergantung pada style music yang Anda sukai.

Terdapat juga pilihan untuk shuffle dan repeat.

Radi MUntuk mendengarkan radio Anda

perlu mencolok headset yang digu-nakan menjadi antena. Anda bisa merekam siaran radio dan menyim-pannya di ponsel Anda untuk Anda dengarkan di lain waktu. Pencarian dapat Anda lakukan dengan meng-gunakan cara manual dan auto. Apabila Anda tidak mencolok head-set, menu di dalam radio pun tidak dapat ditekan atau diapa-apakan (seperti terkunci).

a eTerdapat 3 game bawaan dalam

ponsel ini, yaitu tetris pop, mingle mangle, containers block yang bisa Anda mainkan apabila Anda ingin menghabiskan waktu senggang.

LG T500 menggunakan jaringan GSM 850, 900, 1800, 1900 dengan GPRS dan EDGE untuk men-gakses internet. Jika Anda ingin mentransfer file foto, musik atau data, Anda bisa menggunakan

bluetooth dan USB port dan browser sudah didukung untuk membuka halaman HTML, XHTML, WAP 2.0.

Dengan harga sekitar Rp 820 ribuan, ponsel touch screen LG ini memiliki fitur-fitur yang cukup memuas-kan. Menu yang simpel dan interface yang user friendly.Sensitivitas layar yang cukup responsif. Aplikasi yang biasa Anda gunakan untuk online (Facebook, Twitter, Messen-ger) sudah menjadi aplikasi bawaan dari ponsel ini. *

Kelebihan:- Bentuk dan desain yang bagus.- Tidak terdapat lag yang mengganggu.- Interface yang user friendly.

Kekurangan:- Kualitas perekaman video yang kurang begitu baik.

Spesifikasi:Jaringan : GSM (850/900/1800/1900)Layar : LCD resistive touchscreen QVGA, 2.8 inciKamera : 2MpInternet : GPRS, EDGEMemori external : microSDMessaging : SMS, MMS,emailKonektivitas : Bluetooth, kabel dataFitur lain : Java, Audio player, Video player, Radio, Widget, Facebook, Twitter, MSN, Kamera, calculator, world clock, unit converter.

SE ELAH Nokia E6, Nokia menghadirkan lagi ponsel Symbian Anna. Kali ini memakai model full touch screen,yakni Nokia X7-00.

Dengan berat 146 gram tentu ponsel ini tergolong berat untuk ukuran smartphone masa kini. Namun, dengan casing belakang berbahan stainless steel, tentu be-rat seperti itu tak menjadi masalah, sebab smartphone ini akan terlihat cukup ekslusif dan mahal. Bagian depannya adalah plastik glossy hi-tam, hal yang sangat lumrah pada ponsel berlayar sentuh.

Seperti dikutip dari teknoup, bentuknya mirip dengan Nokia N8 dengan bagian sudut-sudut yang agak melengkung. Di lengkungan-lengkungan tersebut, ada sesuatu yang berkesan loudspeaker.Memang tidak semua dari 4 lubang

Nokia X -Symbian Anna

ull Touchscreen

SE ELAH Nokia

NS

itu adalah loud-speaker, hanya dua di sisi kanan. Di depan hanya ada tombol menu saja. Di kiri adalah slot micro SD dan SIM card, semen-tara bagian kanan adalah tombol vol-ume dan kamera. Di belakang adalah kamera 8 MP den-

gan dual flash. Slot micro SD dan ack audio 3.5 mm di bagian paling atas ponsel. Slot SIM Card dan slot micro SD cukup unik, bisa dikeluarkan dari bodi ponsel. Namun, memang cukup berisiko jika slot tersebut hilang.

LayaLayar X7 berukuran besar, 4 inci,

namun resolusi yang digunakan hanya qHD alias 640 x 360 piksel, padahal smartphone Android atau Windows Phone yang berlayar seki-tara 4 inci rata-rata sudah memakai ukuran layar WVGA (800 x 480 pik-sel). Jadi soal ketajaman layar kalah dengan yang lain. Bahkan, kalah dengan Nokia E6 yang beresolusi 640 x 480 piksel dalam layar 2.36 inci.

Kalau soal warna, boleh diadu, sebab sudah menggunakan layar

AMOLED. Meski tentu masih kalah dibanding AMOLED terbaru semacam clear black AMOLED-nya Nokia maupun Super AMOLED-nya Samsung. Jadi meski resolusi kurang besar, namun kualitas layar tergolong bagus dan nyaman dilihat. Kekurangan resolusi hanya terlihat jika anda memperhatikan secara seksama saja. Dilihat dari sudut penglihatan, tetap jernih, wajar saja karena itu karakteristik layar LED.

Antarmukanya hampir sama dengan Nokia E6. di homescreen ada 3 layar home, masing-masing menggunakan wallpaper yang berbeda-beda. Homescreen bisa ditambahkan sampai lima buah. Transisi layar cukup mulus, terka-dang agak lag, selain itu ada efek fading saat berganti wallpaper.Widget bisa ditambahkan namun jumlahnya terbatas. Dalam keadaan di homescreen bar notifikasi ada di bagian kanan atas.

Menu utama ponsel ini berlatar belakang hitam dengan ikon-ikon tersusun 4 kolom dan 3 baris. Anda bisa menambahkan folder dan men-gatur susunan menu sesuka hati. Menu utama ini dapat ditampilkan dalam format list. Pengaturan-pen-gaturan lainnya adalah themes, dan screen saver. Untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan Anda dapat menekan tombol Home selama

beberapa saat. Jika ada aplikasi yang berjalan di background maka akan ada tanda di ikon aplikasi yang bersangkutan. Di sini bar notifikasi ada di tengah bawah. Yang bisa dipersonalisasi adalah ukuran font themes dan screen saver.

Sebagai ponsel full touch screenada dua metode input teks yang dapat diterapkan di X7. Metode fullqwerty dan keypad alfanumerik.

Namun, dalam posisi portrait terasa metode full qwerty-nya tidak sebaik smartphone lain seperti Android dan iOS. Tuts keyboardvirtualnya kecil-kecil, membuat kita akan sering salah ketik. Padahal, layarnya berukuran cukup lebar, serta cukup responsif.

Namun tidak masalah sebab Anda pasti akan terbiasa. Untuk melakukan copy paste pilih lalu high-light saja bagian yang ingin di-select.

Phonebook tidak terbatas karena menggunakan memori ponsel serta bisa disinkronisasi dengan akun OVI Anda. Sementara untuk detail kontak, ada email image ringtone internet telephone company ob title, sinkronisasi, birthday note web address, Facebook, jejaring sosial lainnya dan masih banyak lagi.

Untuk membuat MMS cukup memasukkan file multimedia saja. Untuk SMS rasanya tidak berbeda jauh dengan ponsel/smartphone

Nokia sebelumnya. Pesan dapat dilihat pada mode conversationdan folder inbox. Ukuran huruf bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Seperti E6 dan Nokia C6-01, Nokia X7 memakai kamera 8 megapiksel yang dilengkapi dengan dual LED flash. Namun, lagi-lagi tidak ada autofocus yang melengkapi ponsel ini. Berarti X7 merupakan ponsel dengan kam-era fixed focus. Untuk memotret jarak jauh atau pemandangan mungkin tidak masalah, tetapi un-tuk memotret jarak dekat apalagi makro mode, pasti akan agak blur hasilnya.

Fitur-fitur yang ada antara lain: Scene Mode, Face Detection, Grid, Colour Tone, White balance, exposure, ISO, Contrast, Sharp-ness.

Hasil Kamera cukup bagus, hasilnya dalam kondisi kurang cahaya cukup bagus, apalagi dengan bantuan dual LED flash. Namun, tidak adanya autofokus membuatnya kurang bagus saat mengambil objek jarak dekat.

Untuk mode merekam video sampai resolusi HD 720p. Fitur-fitur: Scene mode, white balance, colour tone, exposure, video sta-bilization dan penyimpanan lokasi melalui GPS. *

Kelebihan:- Desain stylish dengan bahan-bahan berkualitas.- Layar AMOLED yang digunakan bagus.- Hasil perekaman video bagusKekurangan:- Browser lambat- Keyboard qwerty virtual kurang nyaman digunakan- Kamera tidak ada autofokus.Fitur Utama:Bodi dengan sentuhan stainless steel, layar AMOLED 4 inci qHD (640 x 360), kamera 8 MP, HD video capture dan playback, dan Wi-Fi.

S.

D 4 inc inc inci qi qHi qHD (6D (6D (6D (6D (6D (6D (6D (6 (6 (6D (640 40 x40 x4040 x40 x40 x40 x40 x40 x40 x 36 360 360 360 360 360 360 360), ), ), ), ), Wi-Fi.

inc inci qHi qHD (6D (6D (6D (6D (6D (6D (6D (6D (6 (6 (640 40 40 x40 x40 x 360 360 360 360), ), ), ),

ng begitu baik.

2.8 inci

dio, Widget

3 - 9 Agustus 2012

Page 8: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

REVIEW8

HUA EI U8800 IDEOS X5 adalah salah satu ponsel An-droid kelas menengah ke bawah andalan dari Huawei. Dengan harga jual cukup terjangkau yakni sekitar Rp 2,1 juta, spesifikasi yang ditawarkan tergolong luma-yan baik dan diharapkan dapat bersaing dengan ponsel sejenis dari vendor lainnya.

Seperti dikutip dari teknoup, ponsel ini mengandalkan Android OS 2.2 Froyo untuk pengopera-siannya.

Ponsel X5 ini memiliki dimensi 120 x 62 x 11.6 mm dan bobot 130 gram. Keseluruhan ponsel terlihat minimalis dan berwarna gelap. Tampak depan terdapat layar sentuh kapasitif berukuran 3.8 inci dan di bawahnya terdapat 4 buah tombol sentuh sebagai navigasinya. Tampak depan didominasi warna hitam yang mengelilingi layarnya.

Sekeliling ponsel ini dibalut dengan frame metal berwarna hitam chrom, sehingga ponsel ini terlihat lebih mewah. Pada bagian belakang semua bodinya dibalut dengan bahan plastik yang ber-warna hitam doff.

Di belakang terdapat kamera utama beresolusi 5 MP dengan dukungan sebuah lampu kilat led, dan sebuah lubang speaker out.

Pada sisi atas ponsel X5 terdapat tombol power lock dansebuah lubang audio 3.5 mm untuk audio headset. Sementara pada sisi bawah ponsel terdapat slot micro USB untuk konektivitas kabel data atau charger untuk pengisian daya baterai.

Huawei U88 IDEOS X

Harga Terjangkau, Per orma MaximumTombol pengaturan

volume suara pada pon-sel X5 ini terletak pada sisi kiri ponsel sedangkan pada sisi kanan tidak ter-dapat tombol atau lubang apa pun.

Tampilan antarmuka pada X5 menggunakan tampilan dasar dari OS Froyo seperti pada ponsel atau tampilan darah mur-ni. Terdapat 5 halaman homescreen utama yang semuanya dapat dikust-omisasi dengan widgetshortcut wallpaper dan lainnya.

Seperti biasa, terda-pat baris notifikasi yang dapat dibuka dengan cara

menarik baris tersebut ke bawah. Pada baris notifikasi di

atas terdapat informasi standar seperti sisa daya baterai, signal operator, informasi waktu, dan notifikasi lainnya.

Tampilan drawer aplikasi juga terlihat biasa, seperti pada ponsel Android froyo lainnya. Menu-menu tersusun dengan formasi 4 baris x 4 kolom, dengan backgroundhitam. Semua aplikasi di dalam drawer ini tersusun menurut abjadnya.

Dari segi performa walaupun X5 hanya menggunakan prosesor 800 Mhz tetapi pergerakan antar-mukanya sangat lancar dan halus. Tidak terjadi lag yang terlalu mengganggu sekali.

Ponsel ini sudah mendukung fungsi pesan standar seperti SMS, MMS dan email. SMS dan MMS tergabung dalam satu menu editor. Untuk mengubah SMS menjadi MMS, Anda hanya perlu memasukkan attachment kontenmultimedia pada SMS.

Tampilan SMS sangat sederha-na/standar Android dan dilengkapi dengan keyboard virtual untuk input. Mengetik pesan mengguna-kan keyboard virtual terasa mudah walaupun pada posisi potrait, kar-ena virtual keyboard cukup besar.

Pada fitur Gmail seperti biasa sudah mendukung fitur multi-akun dan push notifikasi. Selain akun Gmail Anda juga dapat menam-bahkan akun email lainnya ke ponsel ini. Pengaturannya cukup mudah.

Untuk input teks Huawei IDEOS X5 ini mengandalkan vir-tual keyboard bawan dari ponsel. Selain Android keyboard dan

Huawei IME terdapat juga Swype keyboard yang dapat Anda guna-kan. Mengetik juga tidak terlalu sulit karena ukuran layar ponsel ini cukup besar yaitu 3.8 inci.

Pada menu kontak Anda dapat menambahkannya dengan beberapa cara, yaitu dengan cara menambahkannya secara manual, melalui sinkronisasi dengan akun Gmail, mengimpor dari SIM card Anda dan dari sumber lainnya.

Tampilan kontak tertampil sesuai abjad dan cukup besar se-hingga lebih mudah dilihat. Anda dapat menambahkan kontak-kon-tak tersebut ke daftar favorit Anda.

Pi eSaat Anda melihat satu

gambar, Anda dapat melakukan sharing melalui menu share.Anda dapat membagikan gambar dengan cepat melalui Facebook, Picasa, bluetooth, Twitter, MMS, dan Gmail.

Untuk memindah gambar, sama seperti ponsel Android ber-layar sentuh lainnya Anda cukup mengusap jari ke kiri atau kanan sesuai keinginan Anda. Pinch zoom juga dapat dilakukan dalam proses ooming.

Kualitas gambar yang ditampil-kan pada layar X5 ini cukup cerah dan tajam, namun dari segi warna masih kurang kontras dan dalam. Mengingat ponsel ini berada di kelas menengah ke bawah ras-anya ini sudah lebih dari cukup.

Pemutar musik IDEOS X5 mampu memutar musik dengan suara yang keras namun tidak pecah. Walaupun hanya memi-liki 1 speaker ini tidak menjadi penghalang bagi pengguna untuk menikmati lagu-lagu pada ponsel ini. Dukungan Dolby Mobile sound enhancement sangat membantu sekali, kualitas suara tidak kalah dengan ponsel kelas atas dengan harga 4 jutaan.

Saat masuk ke dalam hala-man now playing terdapat gambar album art, informasi lagu dan lainnya. Menu-menu standar seperti Shuffle, Repeat Songs, dll sudah ditanamkan pada pemutar musiknya.

Salah satu kelebihan pemutar musik pada X5 adalah pemutar musik ini memiliki e ualizer yang dapat Anda pilih sesuai selera. E ualizer yang dapat dipilih adalah SRS WOWHD, Acoustic, Blues, Classical, Hip-Hop, Jazz, Pop, Rock, Techno dan Voice.

Secara keseluruhan pemutar musik menjadi salah satu fitur andalan pada ponsel ini, karena mampu memutar musik dengan suara yang berkualitas dan fitur-fiturnya pun cukup lengkap.

Ponsel Huawei IDEOS X5 ini dilengkapi dengan kamera beres-olusi 5 MP. nterface-nya bawaan dari OS Froyo. Pada menu kam-era terdapat 3 pilihan focus yang dapat dipilih yaitu Auto, Infinity dan Macro. Dan terdapat juga menu exposure mulai dari 0 sampai 2.

Fitur standar seperti geo tag-ging white balance, lampu kilat dan ooming juga tertanam pada kamera 5 MP milik IDEOS X5. Semua pengaturannya sangat mudah diatur.

Kualitas gambar yang dihasil-kan lumayan bagus. Tingkat kecerahannya sangat baik, saat di dalam ruangan gambar yang dihasilkan pas terangnya, dan saat di luar ruangan pun tidak silau atau kelebihan cahaya. Hasil kamera cukup jernih dan tajam.

Video kamera pada X5 mam-pu merekam gambar berkualitas 720p. Pada menu-menunya terdapat beberapa pengaturan yang dapat kita pilih. Terdapat pengaturan color effect white blance dan resolusi gambar.

Hasil rekaman video cukup baik. Gambar sangat terang dan dapat mengikuti pergerakan den-gan lancar. Suara yang ditang-kap oleh mic perekamnya biasa saja, tidak terlalu keras. Hasil rekaman berupa format 3GP.

Browser pada X5 seperti pada ponsel Android lainnya dengan format HTML dan sudah men-

dukung Flash Player. Maximal jumlah tab/halaman yang dapat dibuka bersamaan adalah 8 halaman. Tampilan interface dan pengaturannya sederhana saja seperti ponsel Android dengan OS Froyo lainnya.

Huawei IDEOS X5 meng-gunakan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 1500 mAh. Konsumsi rata-rata per jam me-makan daya sekitar 4-5 persen dengan penggunaan untuk keperluan review dan terkoneksi dengan internet melalui jaringan Wi-Fi.

Untuk penggunaan harian dan normal device ini diperkirakan mampu bertahan sekitar 15 jam. Namun, untuk penggunaan yang aktif cenderung hyper tidak akan lebih dari 12 jam.

Huawei IDEOS X5 dijual dengan harga sekitar Rp 2,1 juta, harga yang sangat pantas, mengingat spesifikasinya juga cukup mumpuni. Salah satu kelebihan dari X5 adalah pada hasil suara dari speaker output-nya, walaupun hanya 1 buah tetapi kualitasnya sangat baik. Secara keseluruhan ponsel ini bekerja dengan baik dan lancar.

Desain yang cukup bagus dan hasil benchmarking yang memuaskan, menjadi kelebihan lain dari IDEOS X5. Konsumsi baterai pun tergolong normal untuk sebuah ponsel Android. Jika di kemudian hari ponsel ini mendapatkan update ke Ginger-bread maka performanya dipas-tikan akan meningkat. Sayang antarmuka masih menganut antarmuka standar Android Froyo walaupun masih bisa di-akali dengan memakai launcheralternatif. *

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900HSDPA 900 / 2100Layar TFT 3.8 inchi, 480x800 pixelProsesor 800 MH Scorpion, Adreno 205 GP , Qualcomm MSM 230 chipsetAndroid OS, v2.2 (Froyo)Dolby Mobile sound enhancementCamera 5 MP, 2592 1944 pixels, autofocus, LED flashHD 20p Video RecordingBaterai Li-Po 1500 mAh.

SMAR PHONE terbaru dari Sony Mobile, LT30p Mint me-mang masih dinantikan. Sebuah situs asal Rusia mengklaim telah memiliki unit smartphone Sony LT30p Mint.

Seperti dikutip dari mobile review, Sony LT30p Mint lebih kecil dan lebih ringan dari Sony Xperia S. Bentuknya ini mem-buat smartphone tersebut lebih

ada ponsel Mobile sound

embantu idak kalah tas dengan

hala- gambar

dan ar gs, dll mutar

utar utar

ang .

ic, z,

sudah men-

GSMHSDPALayar Proses205 GPchipsetAndroid ODolby MoCameraautofocuHD 20p VBaterai Li-P

Spesifikasi Utama Huawei IDEOS X5:

Sony LT p MintHadirkan Layar WhiteMagic dan Snapdragon S4

mudah digenggam. Di bagian sisi sebelah kiri terdapat slot microSD, tombol power, volume dan shutterkamera. Sementara di sisi sebelah kanannya terdapat slot microUSB. Untuk urusan kamera, unit yang ditampilkan tersebut menggu-nakan kamera belakang 13 MP dengan flash dan kamera depan.

Sony LT30P Mint mengguna-kan Android ICS, layar 4,3 inci

(1280 x 720) ditambah Mobile-Bravia Engine dan WhiteMagic. Menggunakan prosesor yang sama dengan HTC One X versi Amerika Utara, ualcomm Snap-dragon S4 MSM89960 dual core 1.5GHz.

Sementara untuk kapasitas RAM ditanam 1 GB, penyimpan-an internal 16 GB, dan kemam-puan NFC. *

3 - 9 Agustus 2012

Page 9: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

REVIEW 9

ne e

n el i e el an i i i ne erieC merilis koleksi ponsel seri One miliknya di Indonesia. Kali

ini salah satu ponsel seri One tersebut yaitu seri One V. HTC One V merupakan ponsel smartphone seri One paling bawah untuk saat ini, atau menempati kelas menengah (mid level).

H

Berbeda dengan dua saudaranya yaitu One X dan One S yang bertengger di kelas atas.

Seperti dikutip dari teknoup, jika melihat perawakannya, desain ponsel ini mirip seperti ponsel HTC sebelumnya yaitu HTC Legend, hanya minus di bagian trackpad. Kira-kira bagaimanakah per-forma dari ponsel HTC One V ini Apakah sesuai dengan harga yang dibanderol yaitu berkisar 3 jutaan rupiah

Kesan pertama jika melihat ponsel ini adalah bentuknya yang mirip dengan pon-sel HTC sebelumnya yaitu HTC Legend. Di mana memiliki desain kotak dan bagian bawah yang melengkung seperti dagu. Ponsel ini memiliki dimensi sebesar 120.3 x 59.7 x 9.2 mm dengan bobot seberat 115 g cukup tipis dan compact.

Bahan yang digunakan berupa alu-minium unibody dengan beberapa bagian kecil terbuat dari plastik berbalut karet, seperti bagian kamera dan bagian penu-tup slot SIM card dan memory card.

Pada bagian muka terdapat grill ear-piece di bagian atas terdapat juga sensor proximity, layar 3.7, serta tiga tombol fungsi Android (back home recent apps)bertipe kapasitif. Pada bagian belakang terdapat kamera yang ditemani dengan LED flash, serta speaker grill di bagian bawah.

Pada bagian atas terdapat port head-set 3.5 mm, lampu notifikasi berbentuk garis, dan tombol lock power. Bagian kiri ponsel hanya diisi dengan tombol volume. Bagian kanan ponsel terdapat port microUSB. Untuk bagian bawah hanya terdapat lubang mic.

Untuk layar, HTC One V ini meng-gunakan layar bertipe S-LCD berukuran 3.7 dengan resolusi 480 x 800 piksel dan memiliki kerapatan 252 ppi. Kualitas layar milik One V ini terlihat baik, warna yang ditampilkan cerah dan hidup serta warna hitam yang ditampilkan pekat, sehingga tidak terlihat abu. Jarak antara layar dengan kaca pelindung juga sangat dekat, membuat sudut pandang layar menjadi luas.

Saat menyalakan ponsel pertama kali, Anda akan ditanyakan untuk melakukan transfer data yang mendukung seperti contact calendar, SMS, dan bookmarkdari ponsel Anda sebelumnya, apa pun mereknya. Fitur yang bagus sehingga Anda tidak perlu memindahkan data-data Anda melalui komputer, karena fitur ini akan memindahkan data lewat teknologi bluetooth. Anda juga diberikan layanan penyimpanan dropbox 25 GB selama dua tahun secara gratis.

HTC One V menggunakan sistem operasi Android terbaru 4.0 yang su-dah dikustomisasi dengan HTC Sense 4. Bagian homescreen hanya mampu menampung 5 halaman yang dapat diisi berbagai item seperti widget, aplikasi atau shortcut. Pergerakan di antarmuka berjalan dengan smooth. Terdapat juga widget-widget khas HTC. Selebihnya antarmuka ini sama seperti HTC Sense versi sebelumnya.

Tampilan menu utama ikon-ikon ap-likasi tersusun dalam formasi 4 x 4 yang ditemani dengan latar belakang berwarna

Spesifikasi Utama

Quadband GSM (850 / 900 / 1800 / 1900)Triband HSDPA (850 / 900 / 1900)Prosesor Qualcomm ARMv7 1GHz, Adreno 205RAM 512MB, Phone Storage 95MB, Internal Storage 1GB (Total Storage 4GB)Layar sentuh kapasitif S-LCD 3.7 (480 x 800 piksel) ( 252 ppi)Kamera 5 MP (2592 x 1944 piksel) autofokus, LED flash, BSI sensorAndroid 4.0 ICS, HTC Sense 4Beats AudioBaterai Lithium Ion 1500 mAh (non removeable).

hitam. Tampilan ikon juga dapat di-sortbaik berdasarkan abjad dan tanggal. Ikon-ikon yang ada dikategorikan ke tiga kel-ompok seperti all fre uent, dan download.

Untuk jendela notifikasi terdapat jalan pintas ke menu setting, serta jika sedang memainkan musik, informasi lagu juga akan ditampilkan dengan album art jika ada, dan terdapat tombol untuk pause.

HTC One V memiliki teknologi Fast Boot, sehingga Anda dapat dengan cepat melakukan booting. Jika dalam posisi lockscreen dan Anda menahan tombol lock power selama tiga detik lebih, maka ponsel akan otomatis melakukan restart.

Dalam kondisi default terdapat empat pilihan keyboard yaitu Google voice typ-ing, HTC Sense Input, Thai Keyboard, Vietnamese IME. Terdapat juga peng-aturan untuk masing-masing keyboard.

Pe eMenu people ini merupakan nama

yang digunakan HTC Sense untuk menu contacts. Seperti biasa di smartphonesekarang ini, Anda dapat mengintegrasi-kan daftar kontak Anda dari berbagai layanan seperti Facebook, Twitter, Google dan lainnya. Oleh karena itu, akan terda-pat banyak informasi yang didapatkan jika Anda menginput nama di setiap layanan secara benar.

Untuk masing-masing entri, dapat dimasukkan banyak informasi yang detail. Terdapat juga grup untuk mengelompok-kan kontak-kontak yang ada agar lebih mudah memilah ketika Anda ingin melaku-kan interaksi.

Messa iPada halaman awal menu Messages,

Anda akan ditampilkan tampilan inboxdengan pilihan untuk melakukan pencar-ian, membuat pesan baru dan menu. Tampilan SMS editor hadir dengan tampilan simpel. Untuk mengirim MMS, Anda cukup memasukkan konten multime-dia dengan menekan tombol bergambar paperclip.

Untuk urusan email, seperti biasa pada ponsel dengan OS Android, layanan Gmail akan menjadi layanan email default yang memiliki ikon menu terpisah dari menu email. Tampilan aplikasi Gmail sama sep-erti yang ada di ponsel lainnya, intuitif dan mudah digunakan. Untuk menggunakan layanan lain Anda dapat masuk ke menu email yang akan memberikan wizard untuk melakukan setting email di berbagai layanan.

Pesan instan yang hadir secara default adalah Talk milik Google. Aplikasi ini juga tampil seperti di ponsel Android lainnya. Jika ingin menggunakan layanan lain, mu-dah saja tinggal mengunduh aplikasi yang Anda inginkan dari Google Play.

Ka e aHTC One V atau lebih umumnya seri

One dikatakan memiliki performa kam-era yang baik. Untuk HTC One V sendiri memiliki kamera beresolusi 5 MP auto-fokus ber LED flash serta sensor BSI yang berguna untuk melakukan pengambilan gambar di situasi rendah cahaya. Kamera One V ini memiliki Aperture 2.0 dan lensa

28 mm.Terdapat banyak pengaturan

kamera seperti camera scene flash, zoom, self-timer, image resolution video uality review duration image ad ustments S white balance storage con-

tinous shooting camera option video option camera interface auto upload reset to default.

Hasil kamera untuk penang-kapan dalam ruangan terlihat terang dan cukup detail sesuai dengan yang dijanjikan bahwa kamera One V dapat melakukan pemotretan di situasi kurang cahaya, namun hasil terlihat kurang tajam dan sedikit pucat. Untuk luar ruangan hasil terlihat cerah, cukup detail, namun ada sedikit efek berkabut. Terdapat juga fungsi HDR, makro dan panorama yang dapat membantu mempercantik hasil pemotretan Anda.

Pe e a VideMenu ini menjadi satu di menu

camera. Kamera di One V ini mampu melakukan perekaman 720p dengan for-mat mp4 dengan frame rate 30 fps. Anda dapat juga merendahkan resolusi ukuran untuk menyimpan ketersediaan memori, terutama jika tidak menggunakan kartu memori. Untuk pilihan pengaturan, sama seperti di bagian kamera, karena antarmu-kanya menjadi satu. Kelebihan dari per-ekaman video di One V ini adalah Anda dapat melakukan pengambilan gambar ketika Anda masih melakukan perekaman.

Seperti yang sudah diiklankan dan diinformasikan, ponsel seri One ini akan dibekali teknologi Beats Audio yang sudah terkenal itu. Seperti halnya pada ponsel HTC berteknologi ini, fitur Beats Audio baru dapat diaktifkan jika Anda menancap-kan headset.

M RadiSeperti pada ponsel Android umumnya,

HTC One V memiliki fitur radio FM. Anda harus menancapkan headset terlebih dahulu jika ingin mendengarkan stasiun radio favorit Anda. Tampilannya cukup menarik dengan kehadiran status sinyal di bagian kiri dan kanan angka frekue-nsi sehingga Anda dapat mengetahui seberapa bagus siaran stasiun radio yang sedang Anda dengarkan. Anda juga dapat melakukan scan otomatis untuk menemu-kan stasiun radio.

K e i i asUntuk masalah konektivitas, One V

berjalan di jaringan uad band GSM (850 / 900 / 1800 / 1900) dan Triband HSDPA (850 / 900 / 1900), sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membawa ponsel ini ketika berpergian ke luar negeri. Untuk konektivitas lokal terdapat A-GPS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0.

HTC One V dibekali baterai Lithium ion berkapasitas 1500 mAh. Baterai di ponsel ini tidak dapat dilepaskan karena berada di dalam bodi ponsel. Dengan kapasitas 1500 mAh baterai ponsel ini dapat men-emani Anda seharian, tapi tergantung lagi dari kondisi jaringan dan penggunaan.

HTC One V merupakan seri terbawah dari seri One HTC saat ini. Dengan kisa-ran harga Rp 3 jutaan, Anda akan menda-patkan ponsel yang tipis dan cukup ringan serta pas di genggaman dengan bodi yang terasa premium dan layar berkualitas baik, berbeda dengan ponsel HTC sebel-umnya yang juga sama-sama mengguna-kan tipe S-LCD. Untuk kapasitas memori, meski dikatakan total memori sebesar 4 GB, disarankan Anda membeli kartu memori lagi, karena tempat penyimpanan untuk konten seperti foto, video dan musik hanya tersedia 95 MB saja, dan untuk aplikasi tersedia 1 GB. Kualitas kamera tergolong biasa saja meski performanya baik, dan Beats Audio yang dimiliki pun tidak sebaik milik Sensation XE. *

3 - 9 Agustus 2012

Page 10: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

MARKET10 3 - 9 Agustus 2012

Apple Berhasil Jual 26 Juta iPhone dan 17 Juta iPad

MENURU analisis dari Juniper Research baru-baru ini, Samsung diperkirakan akan mencatatkan jumlah pengiriman smartphonedua kali lipat lebih banyak daripada Apple iPhone di triwulan kedua tahun 2012.

Seperti dilansir slashgear, Samsung mampu meraih total pengiriman 52 juta unit atau 2 kali lipat jumlah penjualan iPhone yang berjumlah 26 juta unit, berkat kesuksesan seri Galaxy S III yang diluncurkan beberapa bulan lalu.

Samsung Galaxy S III diperkirakan me-nyumbang 10 juta unit, ditambah kontribusi dari seri Galaxy produk lainnya. Juniper menyebut bahwa Samsung telah memanfaatkan kekua-tan merek global mereka bersama dengan

APPLE diketahui sudah melaporkan pendapatan-nya, di mana tentunya sudah banyak ditunggu

mengenai bagaimanakah hasil pendapatan selama 3 bulan dari vendor raksasa ini.

Seperti dilansir redmond pie, sep-erti biasa adalah iPhone dan juga iPad yang menjadi produk paling sukses dari lini Apple. iPhone diketahui telah berhasil terjual 26 juta unit di mana berarti mening-

kat sebesar 28 persen dari kuartal yang sama tahun lalu. Selain itu

Apple juga berhasil menjual 17 juta iPad pada periode yang sama, yang berarti penjualan

tablet ini meningkat sebesar 84 persen. Namun sayangnya, penjualan dari iPod Touch terus menurun, pada kuartal ini

menurun sebesar 10 persen atau 6,8 juta unit saja yang ter-jual. Sementara penjualan Mac sedikit meningkat ke angka 4 juta unit. Penurunan penjualan iPod Touch sendiri diprediksi dikarenakan munculnya iCloud dan iTunes Match Service se-hingga pengguna merasa tidak lagi membutuhkan perangkat terpisah khusus musik.

Sementara dari pendapatan pada kuartal ini adalah 35 milyar dolar dengan total profit mencapai 8,8 milyar. Angka ini juga menunjukkan 9,32 dolaruntuk EPS (earning per share) milik Apple. Meski angka tersebut terlihat memukau, namun memang tetap menurun dibandingkan dengan angka yang sudah banyak diprediksi analis.

Tim Cook sebagai CEO Apple juga sempat mengungkapkan kegembiraannya mengenai terjualnya 17 juta iPad pada kuartal ini. Selain itu ia juga mengumumkan kehadiran Mountain Lion dan akan merilis iOS 6 pada musim gugur tahun ini. *

Pangsa iPad Naik,Tablet Android Stagnan

S RA E Y Analytics baru saja mengeluarkan perkiraan bahwa Apple saat ini memegang 68 persen pangsa pasar tablet di seluruh dunia. Angka ini didasarkan pada laporan keuangan Apple yang diumumkan belum lama

ini, di mana terdapat 17 juta unit iPad terjual di kuartal kedua tahun 2012 ini.

Seperti dikutip dari teknoup, pangsa ini berarti meningkat secara signifikan jika dibandingkan pencapa-ian tahun lalu yang hanya sebesar 62 persen.

Sementara itu, tablet Android diperkirakan memiliki pangsa yang stagnan, yaitu 29,3 persen. Angka ini sama dengan pangsanya di tahun lalu pada saat yang sama. Meski begitu, angka ini dinilai sedikit terlalu rendah, mengingat dalam setahun terakhir terdapat berbagai kemajuan dalam produksi tablet Android seperti Kindle Fire. Pangsa tablet yang mengalami penurunan adalah tablet Windows 7 dan BlackBerry PlayBook.

Diperkirakan pangsa ini akan berubah di kuartal mendatang dengan munculnya Nexus 7 yang dikabarkan laris terjual setelah dirilis beberapa waktu yang lalu. *

Nokia akan Ubah Strategi Marketing

ERUS mengalami kerugian, membuat Nokia sekarang ini mempertimbangkan untuk mengubah strategi marketing mereka. Sebelumnya taktik marketing dari vendor asal Finlandia ini adalah strategi marketing tradisional yang bersifat keseluruhan. Dalam rangka mengungkap perangkat dengan Windows 8 mereka pada kuartal III tahun ini, Nokia berencana untuk tidak menggu-nakan strategi yang telah lama mereka anut tersebut.

Hal ini diketahui dari negosiasi misterius antara Nokia dan operator Eropa untuk membentuk kesempatan yang eksklusif untuk merilis ponsel yang menggunakan platform Microsoft tersebut.

Seperti dilansir ibtimes, operator yang sudah mengadakan bincang-bincang den-gan pihak Nokia antara lain adalah France Telecom, yang menurut kabar sampai saat ini masih belum mengadakan perjanjian apa pun.

Strategi penjualan Nokia biasanya adalah

menggunakan pendekatan penjualan, di mana lebih tergantung pada menjual seban-yak-banyaknya ponsel di seluruh channel dis-tribusi mereka. Namun kali ini akan berubah menjadi bentuk kerja sama di mana akan ada dukungan yang didedikasikan khusus untuk ponsel tersebut yang dalam hal ini adalah melalui operator di Eropa.

kepopuleran Android OS untuk meningkatkan penjualan semua jajaran smartphone di semua tingkat harga.

Sementara itu, pemain lain di bisnis smart-phone diperkirakan tak sebaik Samsung. Nokia diperkirakan hanya mampu menjual 10,2 juta unit, sementara RIM hanya mampu mengirim-kan sebanyak 7,4 juta unit. Nokia belum mam-pu menunjukkan adanya peningkatan meski beralih ke Windows Phone 7 hingga Windows Phone 8 nantinya. HTC dinilai tertutup oleh Samsung, sementara Motorola terganggu kon-sentrasinya karena diakuisisi Google.

Selain Samsung dan Apple, Juniper juga membuat catatan tentang Sony. Menurut

Juniper, Sony seharusnya bisa berbuat lebih baik dari kinerjanya saat ini. Sony, seperti halnya Samsung, memiliki nama global dan merek Xperia yang telah mapan, namun sayangnya produk dan pemasarannya hingga saat ini terlihat mengece-wakan.

Juniper di bagian akhir juga memberikan perkiraan bahwa kedatangan iPhone generasi berikutnya di paruh kedua tahun 2012 kemung-kinan akan mengurangi jarak angka penjualan antara Samsung dan Apple. *

Pe da a a Sa s K a a II Mi ya D a ASSAMSUN mencatat keuntungan 5,9 milyar dolar pada

kuartal kedua tahun ini. Keuntungan ini meningkat 79 persen pada periode yang sama tahun lalu. Pendapatan melesat naik berkat penjualan smartphone yang meng-hasilkan pendapatan sebesar 3,65 milyar, seperti yang sudah diprediksi analis dan Samsung sendiri.

Raksasa asal Korsel tersebut juga melaporkan adanya peningkatan penjualan TV 3D dan LED. Chip memori

dan prosesor penjualannya sedikit menurun dibandingkan tahun lalu.

“Meski kondisi bisnis sedang sulit, kita men-capai keuntungan yang stabil di kuartal kedua ini

berkat produk yang variatif dan teknologi yang kom-petitif,” kata Robert i selaku S P and Head of nvestor

Relations Samsung seperti dilansir Electronista.‘’Ketika kita bergerak memasuki kuartal kedua, ketidak-

stabilan fiskal di Eropa terus berlanjut dan pengaruhnya terhadap ekonomi global akan mengakibatkan kemungki-nan pemulihan yang lebih lambat dari perkiraan dan tingkat persaingan pasar,” katanya.

Samsung mengharapkan kuartal ketiga menjadi positif dan penjualan global barang elektronik tetap kuat, dan aliran produk baru tiba di pasar. Memasuki musim liburan diperkirakan akan meningkatkan penjualan dari divisi panel layar Samsung. TV Samsung sendiri diharapkan untuk mempertahankan profitabilitas sampai akhir tahun karena musim pembelian liburan di AS serta subsidi hemat energi di Cina mendorong permintaan atas model baru. *

SAMSkuartal kpersen pamelesat nhasilkan sudah dip

Raksapenin

dad

caber

petitif,”

bisa berbuat lebih ni. Sony, seperti nama global dan

mapan, namun emasarannya ngece-

h

rak amsung

Penjualan Smartphone Samsung Dua Kali Lipat iPhone

Page 11: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

HARGA PONSEL 11 3 - 9 Agustus 2012

Page 12: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

HARGA PONSEL12 3 - 9 Agustus 2012

Page 13: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

HARGA PONSEL 133 - 9 Agustus 2012

Page 14: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

HARGA PONSEL14 3 - 9 Agustus 2012

Page 15: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

APLIKASI 15 3 - 9 Agustus 2012

ACCELEROME ER adalah salah satu sensor pada Windows Phone yang digunakan untuk mendeteksi posisi bagaimana ponsel diletakkan. Accelerometer banyak digunakan pada gadget-gad-get terkini, tak terkecuali platform Windows Phone. Platform Win-dows Phone yang sudah mengin-jak versi 7,5 ini juga mempunyai fitur accelerometer yang mempu-nyai fungsi beragam.

Me a a i A e e e e ada i d ws P e

ad-

Layaknya vektor, accelerometer pada Windows Phone mempunyai 3, yaitu x, y, dan z. Koordinat x digunakan untuk mende-teksi posisi ponsel secara vertikal, koordinat y digunakan untuk mendeteksi posisi ponsel secara horizontal, dan koordinat z untuk mendeteksi posisi ponsel secara diagonal.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan ilustrasi berikut

Pada ilustrasi 6-2, ponsel diletakkan secara vertikal, maka koordinat (x,y,z) yang terbentuk adalah (0, -1, 0)

Pada ilustrasi 6-3, ponsel diletakkan secara vertikal, maka koordinat (x,y,z) yang terbentuk adalah (-1, 0, 0)

Pada ilustrasi 6-4, ponsel diletakkan secara vertikal, maka koordinat (x,y,z) yang terbentuk adalah (0, 1, 0)berikutb

Pada ilustrasi 6-5, ponsel diletakkan secara vertikal, maka koordinat (x,y,z) yang terbentuk adalah (1, 0, 0)Pada ilustrasi 6-6, ponsel diletakkan secara vertikal, maka koordinat (x,y,z) yang terbentuk adalah (0, 0, -1)Pada ilustrasi 6-7, ponsel diletakkan secara vertikal, maka koordinat (x,y,z) yang terbentuk adalah (0, 0, 1). (Dikutip dari http //students.netindonesia.net)

ede M ia aPSI S IKOM Ba i

Sensor accelerometer memungkink-an aplikasi mampu berkomunikasi sesuai dengan posisi atau perilaku yang dilakukan pada gadget, seperti di-shake, posisi miring, dan sebagainya. Dengan SDK Windows Phone yang terintegrasi den-gan Visual Studio 2010, kita dengan mudah membuat aplikasi yang terinte-grasi dengan sensor accelerometer.

Sebelum membuat aplikasi yang terintegrasi dengan accelerometer, kita perlu belajar ba-gaimana accelerometer bekerja pada Windows Phone. Perhatikan gambar berikut ini

Apa saja aplikasi Android yang paling populer saat ini Seperti dikutip dari situs aplikasi android, berikut adalah ulasannya.

a e A d idAplikasi Android yang satu ini masih

tetap menjadi primadona dan menduduki posisi puncak sebagai aplikasi Android yang paling populer dari yang terpopuler. Makin meningkatnya pengguna Android begitu juga dengan pengakses situs Fa-cebook, membuat aplikasi ini terus diburu setiap saat oleh para pengguna Android di seluruh dunia.

Aplikasi Android Paling Populer

SEPER I diketahui bahwa akhir-akhir ini Android telah sukses menjadi salah satu sistem operasi paling populer untuk ponsel dan juga tablet. Dengan makin populernya Android sehingga keberadaan aplikasi Android juga makin banyak dicari setiap hari.

I s a aKeberadaan Instagram sebagai pengo-

lah foto sekaligus menjadi aplikasi jejaring sosial berbasis foto yang tren akhir-akhir ini, membuat aplikasi Android untuk Instagram ini juga makin banyak dibutuhkan akhir-akhir ini.

O e a Mi i e B wseOpera Mini adalah salah satu browser

paling populer. Dengan Opera Mini kita dapat menjelajahi dunia maya melalui ponsel dengan kecepatan yang lebih terasa dari browser lainnya. Kelebihan Opera Mini

dari segi kecepatan akses situs internet dibandingkan dengan browser lainnya, membuat pengguna Android juga tidak ketinggalan ingin selalu mendapatkan aplikasi Opera Mini di ponsel mereka. Hal ini mendongkrak popularitas Opera Mini menjadi salah satu aplikasi Android yang paling banyak dicari.

a sA Messe eAplikasi WhatsApp Messenger adalah

salah satu aplikasi chatting yang paling sering digunakan di Android. Akhir-akhir ini keberadaan WhatsApp Messenger tengah menjadi tren, dan bahkan disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi yang dapat membunuh keberadaan SMS sekaligus menjadi pesaing terberat BlackBerry Mes-senger (BBM).

BM B ySalah satu permainan paling populer yang

sering dimainkan di ponsel Android adalah BMX Boy. Dengan aplikasi game ini memung-

kinkan pengguna Android dapat menjalankan sepeda BMX untuk mengindari berbagai rintangan di jalan. Game BMX Boy merupa-kan salah satu aplikasi Android yang paling banyak dicari saat ini.

Demikianlah beberapa aplikasi Android paling populer dan bisa diunduh secara gratis saat ini. *

ima al are n r i ang erbaha a

KABAR baru untuk Anda para pecinta Android. Nah, tahukah Anda jika saat ini salah satu perusahaan keamanan telah berhasil mengidentifikasi lima jenis malware terkemuka di alam bebas yang bisa mem-bahayakan ponsel Android dan pengguna tablet. Mungkin hal itu juga berbahaya untuk

Anda. Penjahat yang menciptakan mal-ware, sebenarnya mempunyai target untuk platform yang berbeda, dan pengguna smart-phone perlu memberitahukan fakta bahwa keamanan tidak lagi terbatas pada PC, melainkan ponsel maupun tablet juga sangat berisiko jika tidak cukup dilindungi.

Lalu bagaimanakah malware tersebut dapat menyerang ponsel Android Anda Seperti dikutip dari situs aplikasi Android, mungkin ini menjadi salah satu pertanyaan yang penting untuk diketahui.

Menurut Chet Wisniewski, salah satu penasihat keamanan senior di Sophos men-gatakan, sebagian besar pengguna terinfeksi ketika mereka sisi load aplikasi. Ini adalah tindakan memuat program dari sumber yang tidak resmi. Atau bahkan seringkali mereka “dibayar” untuk aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Lima malware Android yang berbahaya untuk ponsel Anda dapat me-nyerang ponsel Android Anda kapan saja. Bagaimanakah cara untuk mengetahui sejak kapan malware tersebut menyerang tablet Anda

Sebenarnya tidak ada cara yang jelas

untuk tahu kapan tablet Anda sudah ter-infeksi. Anda mungkin akan menemukan ketika tuduhan muncul pada tagihan ponsel Anda, atau jika rekening Anda menjadi mulai dikompromikan. Pendekatan terbaik adalah dengan menjalankan perangkat lunak keamanan pada ponsel Anda. Inilah jawaban dari semua permasalahan tersebut.

Apa sajakah jenis malware Android yang cukup berbahaya untuk ponsel Android saat ini Sophos sendiri telah mencatat lima mal-ware Android yang paling sering menyerang ponsel Android, di antaranya

Jenis malware yang pertama dan berba-haya untuk ponsel Android Anda adalah Andr / PJApps-C. Aplikasi paling umum ini dibayar untuk aplikasi yang telah di-hacked. Mereka tidak selalu berbahaya.Tapi sangat mungkin melanggar hukum.

Malware Android selanjutnya yaitu Andr / BBridge-A. Nah, jika yang satu ini dapat menginstall aplikasi berbahaya tambahan ke perangkat Android Anda. Ini menggunakan HTTP untuk berkomunikasi dengan server pusat dan kebocoran informasi potensial diidentifikasi.

Aplikasi berbahaya ini juga dapat men-girim dan membaca pesan SMS. Bahkan, dapat memindai pesan masuk SMS Anda dan secara otomatis menghapus peringatan bahwa Anda sedang dikenakan biaya untuk menggunakan layanan tarif premium.

Malware Android yang tidak kalah hebatnya adalah Andr / BatteryD-A. Aplikasi ini baterai dokter palsu mengklaim untuk menghemat baterai pada perangkat Android Anda. Namun, itu benar-benar mengirimkan informasi yang berpotensi diidentifikasi ke server menggunakan HTTP, dan agresif menampilkan iklan.

Andr / Generik-S merupakan deretan dari malware Android. Ini mulai dari eksploitasi hak istimewa eskalasi seperti varian dari malware Plankton Android.

Malware Android yang berbahaya saat ini adalah Andr / DrSheep-A. Firesheep. Alat desktop yang dapat memungkinkan hacker jahat untuk membajak sesi Twitter, Facebook dan Linkedin dalam lingkungan jaringan nirkabel Nah, inilah malware Android, dapat kapan saja meng-hack situs jejaring sosial yang Anda miliki. *

Page 16: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

Re e PC de a A i asi aL i ada A d idAPLIKASI16

JIKA kita sibuk dengan segala aktivitas luar dan diwajibkan juga untuk melakukan aktivitas dengan komputer di rumah atau memonitor keadaan kantor melalui PC kantor, maka yang Anda perlukan adalah aplikasi remote desktop. Aplikasi remote desktop berfungsi untuk me-remote PC, di mana seakan-akan PC tersebut ada di depan kita sendiri walaupun PC kita sebe-narnya berada di tempat lain.

Salah satu aplikasi remote desktop pada perangkat Android adalah XtraLogic.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, dapat di-download di aplikasi Play Store Android. Langkah pertama yaitu men-setting PC yang akan di-remote kemudian langkah kedua men-setting aplikasi XtraLogic.

Cara setting pada PCKlik kanan pada My Computer pilih

properties.

Pi i i Ad a ed sys e se i

Pilih tab remote dan pada bagian remote assistance centang “Allow Remote Assistance connection to this computer”. Pada bagian

remote desktop pilih “Allow connections only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication (more secure)”.

Pada tab remote pilih Select User, maka akan keluar form Remote Desktop User. Kemudian tekan button add.

Ketikkan nama user account pada PC Anda, user yang digunakan adalah user adminis-trator PC saya sendiri yaitu “Dexama”.

Jika salah memasukkan nama user, maka akan keluar error “name not found”, jika Anda bingung dengan

nama user-nya maka bisa di ketahui dengan cara memilih start dan lihat nama usernya.

Jika berhasil maka pada form “Remote Desktop User”, akan keluar nama user yang telah diketikkan. Kemudian tekan Ok.

3 - 9 Agustus 2012

Page 17: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

APLIKASI 17

Koneksikan PC ke internet kemudian lihat IP Address-nya. Caranya adalah buka com-mand prompt kemudian ketikkan “ipconfig”.

Program XtraLogic ini berjalan jika IP komputer yang di-remote itu public atau IP local dalam satu jaringan, jika komputer yang di-remote menggunakan IP local satu jaringan maka komputer tersebut tidak bisa di-remote dari tempat yang berbeda. Apa-bila IP computer uti public maka komputer tersebut bisa di-remote di tempat yang

Setting pada aplikasi XtraLogic pada Android

Lakukan searching pada aplikasi Play Store dengan mengetikkan XtraL-ogic.

Jika sudah maka download dan in-

Form isian pembuatan profil terdiri dari:Address adalah alamat IP terkoneksi

di internet pada komputer yang akan di-remote.

Address (ipisp yang terlihat dari com-mand prompt pada komputer yang akan di-remote).

Username gunakan username account pada PC Anda. Username Dexama

Password gunakan password account pada PC Anda.

Username Domain Domain-Optional (default)Description adalah nama profile untuk

memudahkan mengingatkan bahwa profil

berbeda. Untuk melihat IP yang dipakai itu publik yaitu dengan cara melihat IP yang digunakan melalui website “whatismyip.com”. Website tersebut akan mendeteksi IP yang kita gunakan. Jika IP pada command prompt dan IP yang terlihat di website beda maka bukan IP public sehingga tidak akan bisa di-remote dari tempat yang berbeda.

stall pada Android Anda.Pilih remote desktop pada ikon menu

Android Anda. Pada awal pilih dan tahan pada menu XtraLogic Demo RDP Server, maka akan keluar menu pop up. Kemudian pilih clone.

ini berfungsi untuk remote ke komputer dengan username Dexama, mengingat ap-likasi ini bisa menyimpan profil untuk konek ke lebih dari satu komputer.

Description komp dexamaIsian yang lain biarkan default.Setelah profil jadi, maka pilih profil yang

dibuat, maka secara otomatis akan melaku-kan koneksi ke PC yang akan di-remote. Layar pada perangkat Android akan terlihat seperti pada tampilan komputer PC yang Anda remote.

I Made D a a S si aS IKOM Ba i

Aplikasi Android Gratis Rawan Bajak Ponsel

KEBIASAAN para pengguna telepon selular bersistem operasi Android mengunduh aplikasi gratis memicu pembajakan pada perangkat-perangkat mereka. Demikian disebut perusahaan keamanan ponsel pintar, Lookout.

Direktur Teknik Lookout, Kevin Mahaffey sebagaimana dikutip CNET dan diberitakan Antara mengatakan, sekitar lima persen dari semua aplikasi gratis memiliki iklan spam yang dapat menyebarkan informasi pribadi ke pihak ketiga.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco itu mengembangkan aplikasi yang memindai aplikasi lain dan mem-beritahu pengguna ponsel pintar akan aplikasi yang berbahaya.

“Sistem operasi Android adalah Wild West, dan baik, buruk, dan jelek se-muanya hadir sekaligus,” sebut CNET.

Sisi baik Android adalah pengemban-gan aplikasi kreatif yang sebagian se-

rius dan sistem operasi sumber terbuka yang memungkinkan inovasi-inovasi.

Sisi buruknya, yaitu kurang pen-gawasan ketika dihadapkan pada pengiklan. Hasilnya dapat berupa aplikasi yang mengunduh sendiri ke perang-kat atau pengiriman pesan palsu yang muncul sebagai pesan singkat atau iklan yang muncul sendiri (pop-up) di layar perangkat bahkan ketika aplikasi itu tidak berjalan. Sisi jeleknya adalah kemungki-nan hadirnya perangkat lunak berbahaya (malware) yang dapat mencuri informasi dari ponsel seperti lokasi pengguna, in-formasi perbankan, dan mengirimkannya ke pembuat malware.

Dibandingkan Android, situs pengun-duhan aplikasi Apple atau App Store memiliki aturan lebih ketat dengan mem-batasi apa yang dapat didapat pengem-bang aplikasi gratis dari iklan. Hal itu, menurut CNET, berarti lebih sedikit aplikasi yang ditawarkan di App Store. *

3 - 9 Agustus 2012

Page 18: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

TIPS & TRIK18

Me a a a i e RAR de a Me e i a Passw d

A A adalah suatu hal yang paling penting, baik bagi perusahaan maupun pribadi. Jika kita mengirimkan email dan ingin menyisipkan data ke email, maka kita akan melakukan attach file. Terkadang file yang

kita attach terlalu besar si e-nya. Oleh karena itu, diperlu-kan software kompres data untuk mengurangi si e data.

Dengan demikian, data dokumen yang besar bisa diper-kecil size-nya. Software kompres yang sering digunakan adalah winzip atau winrar. Tetapi jika file dalam email yang kita kirim dibuka oleh orang yang tidak kita inginkan, maka

Klik kanan pada folder yang datanya ingin kita kompres, kemudian pilih “add to archive”.

PIlih “tab advance” kemudian klik tombol “set password”.

Isikan password yang diinginkan dua kali karena mem-butuhkan verifikasi.

Pilih tab general pilih format yang diinginkan apakah ingin “zip” atau “rar”. Kemudian tekan Ok

Kemudian cari nama file *.rar sesuai dengan nama file yang dikompres. Kemudian klik dua kali file rar tersebut, maka secara otomatis keluar pesan untuk menginputkan password. Jika password salah, maka file tidak akan bisa diekstrak, sehingga file akan aman jika file tersebut berada pada orang yang tidak diinginkan.

I Made Darma SusilaSTIKOM Bali

data tersebut menjadi tidak aman. Untuk mengamankan data yang telah dikompres menggunakan winrar bisa dia-mankan dengan memberikan password, sehingga file kita aman dari orang yang bukan dituju.

Berikut langkah-langkah membuat password pada file yang telah dikompres menggunakan winrar:

Pertama yang harus diperhatikan adalah apakah di komputer kita sudah ter-install file winrar, jika belum dapat di-download di internet: www.rarlab.com/download.htm.

Tentukan file yang akan dikompres menggunakan win-rar. Misalkan data yang ingin dikompres adalah “Dokumen Keuangan”.

D

MAKIN banyak sebuah fitur atau aplikasi yang ada dalam sebuah tablet, maka makin banyak juga baterainya yang terkuras. Bukan hanya itu saja, kecanggihan yang dimiliki sebuah tablet terkadang membuat kita lupa waktu sehingga ingin terus menerus berinteraksi dengannya.

Bagi Anda pengguna Samsung Galaxy Tab 2, diakui atau tidak, kecanggihan dan ke-jernihan layarnya serta layar sentuhnya yang sangat responsif membuat Anda ingin terus menerus menggunakannya, entah itu untuk browsing, atau sekadar bermain game.

Tentunya akan sangat menyebalkan jika sedang asyik bermain game atau brows-ing, tiba-tiba baterai Samsung Galaxy Tab 2 Anda habis. Untuk mengantisipasinya, ikuti-lah tips untuk menghemat baterai Samsung Galaxy Tab 2 ini seperti yang dikutip dari berita teknologi.

Pe a i a Pe a a PSUntuk lebih menghemat baterai, disa-

rankan untuk memilih bagian lokasi dan nonaktifkan opsi Use GPS Satellites. Perlu Anda ketahui, pencarian sinyal GPS secara terus menerus akan menguras banyak baterai Anda.

N a i a M i as iTerkadang kita selalu lupa dengan hal

yang satu ini, matikan dulu multitasking dengan cara masuk ke menu Pengaturan, pilih Opsi Pengembang dan non-aktifkan Do not Keep Activities.

a i a Ke e a a LayaAnda bisa mengatur mode otomatis atau

bisa juga menurunkan tingkat kecerahan layar sampai ke mode low light. Hal ini sangat efektif untuk menghemat baterai Samsung Galaxy Tab 2 milik Anda.

Pe a i a Pe a a LANMatikan Wi-Fi Anda ketika tidak diguna-

kan dengan cara masuk ke menu peng-

aturan, pilih Wi-Fi, lalu tap icon 3 di baris pojok kanan atas dan pilih Advanced.

Ja a La a Isi U a Ba e ai saa a e seda Di a a

Karena terlalu asyik bermain, terkadang ketika baterai habis, kita masih tetap terus bermain game atau melakukan browsing.Alangkah lebih baiknya jika Anda “istirahat-kan” dulu Tablet Anda dan lakukan isi ulang baterai sampai penuh.

Ma i a Si isasi

Jika Anda menggunakan Samsung Gal-axy Tab 2 hanya untuk keperluan biasa saja, misalnya hanya untuk membaca eBook, jangan lupa untuk mematikan menu Sinkro-nisasi otomatis dengan cara masuk ke menu pengaturan, pilih Akun dan Sinkronisasi lalu nonaktifkan Auto Sync. *

Me e a Ba e ai a e Sa s a a y a

saa

ng us

ng.at-

ang

Gal-saja, kro-

menununununununu nu nununununu nununununununununununu nu nununununununununununununu nunununununununununununununununununununununununununununununulalu u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u u

a

3 - 9 Agustus 2012

Page 19: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

INFO 19

Google Rilis Image Resmi ROM Android elly Bean untuk Keluarga Nexus

Chirp, Berbagi Data iPhone tanpa Ribet

HTC elaskan Alasan Desire HD tak Mendapat ICSSEBELUMNYA HTC menyatakan

bahwa mereka tertarik meng-upgrade HTC Desire HD (DHD) ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS). Namun baru-baru ini mer-eka mengkonfirmasi kembali bahwa DHD takkan memperoleh update ke ICS. Kini mereka mengumumkan alasannya.

Menurut HTC, proses upgrade-nyaterlalu rumit. DHD pertama kali diluncurkan dengan Android 2.2 Froyo di dalamnya.

pdate ke Android 2.3 Gingerbread me-mang masih dimungkinkan, namun untuk ICS tampaknya beda lagi masalahnya. ICS merupakan sistem operasi yang beruku-ran lebih besar daripada GB, dikarenakan beberapa fitur baru. Hal ini merupakan suatu hal yang wajar untuk evolusi sebuah sistem operasi dengan makin banyaknya fungsionalitas yang ditambahkan, namun artinya ada ponsel yang dikorbankan dan tidak mendapat update.

Seperti dikutip dari teknoup, memak-

sakan ICS ke dalam storage internal DHD adalah sebuah masalah, HTC menyatakan bahwa mereka harus melakukan partisi ulang pada space internal, yang artinya

menimbulkan risiko memakan konten pribadi pengguna ponsel. HTC juga meng-klaim ada batasan teknikal lainnya.

Tentu saja masih ada jalan lain untuk

menyuntikkan ICS ke Desire HD, bahkan Jelly Bean sekalipun bisa-bisa saja, namun tentunya risiko ditanggung Anda sebagai pengguna ponsel.*

KABAR menyenangkan hadir untuk pengguna handset seri Nexus, setelah Google merilis image Android 4.1.1 untuk berbagai seri Nexus yang dirilis-nya. Dengan demikian, pengguna bisa merasakan Jelly Bean resmi dengan mengunduh ROM yang disediakan.

Seperti dikutip dari teknoup, handset

Nexus yang sudah disediakan ROM Android 4.1.1 oleh Google adalah Galaxy Nexus HSPA , Nexus S hingga tablet Nexus 7. Namun sayangnya, untuk saat ini ROM Jelly Bean untuk handset Nexus CDMA belum tersedia.

Dengan ROM ini juga para developer bisa bermain-main untuk memodifikasi

ROM yang ada dengan lebih tenang. Ini karena jika mereka melakukan sesuatu yang kurang baik, mereka akan bisa melakukan flashing ulang dengan meng-gunakan ROM asli dari Google tersebut.

ROM image Nexus tersebut dapat diunduh melalui situs Google Developer.

*

Microso t Hadirkan Mouse dan Keyboard untuk TabletPRODUSEN sistem operasi

komputer, Microsoft menghadirkan perangkat-perangkat kontrol mouse dan panel ketik keyboard yang dituju-kan bagi pengguna tablet.

“Dengan produk-produk mouse dan keyboard baru, Microsoft Hardware mengalihkan perhatian ke pendukung perangkat bergerak untuk Windows 8 dan Windows 8 RT,” ungkap Rich Brown dari CNET, seperti yang diberi-

takan Antara.Keempat perangkat baru Microsoft

menggunakan koneksi bluetooth dan ditujukan pada tablet dan laptop Windows 8 yaitu Wedge Mobile Keyboard. ey-board ini mempunyai penutup yang juga berfungsi sebagai penyangga tablet pada posisi berdiri.

“Meski hanya sebagai penutup karet, produk Microsoft tidak menawarkan konektivitas kemampuan pengisian bat-

erai sebagaimana Apple iPad Dock,” kata Brown.

Produk kedua yaitu Wedge Touch Mouse yang memiliki desain elips. Produk itu memiliki kontrol gulir sentuh pada permukaannya.

Brown mengatakan, Wedge Touch Mouse tidak cocok dipakai ketika kerja serius karena ukuran mouse itu kecil.

Kemudian, Sculpt Touch Mouse den-gan bentuk selayaknya mouse di pasa-

ran perangkat tambahan komputer. Produk itu memiliki kontrol gulir persegi di permukaan atas sebagai ganti roda gulir.

Produk terakhir adalah Sculpt Travel Keyboard dengan bentuk me-lengkung. Produk itu disebut Brown akan melengkapi jajaran produk Sculpt sebagai merek yang lebih terjangkau dibanding produk seri Wedge.*

PEN UNA telepon selular (ponsel) Apple iPhone kini dapat berbagi data dengan aplikasi “kicau burung digital” yang disebut Chirp yang berarti kicauan.Chirp adalah aplikasi unik yang memung-kinkan Anda untuk berbagi data seperti gambar atau kontak menggunakan suara.

Menurut tim Animal Systems, pembuat aplikasi Chirp dalam blog resmi mereka seperti yang dikutip dari antara, tim yang berdomisili di London, Inggris, itu men-jelaskan aplikasi buatan mereka didesain sebagai cara cepat dan mudah berbagi data ponsel pintar di tempat yang sama.“Tidak seperti bluetooth, Chirp tidak perlu pair devices, dan berbeda dengan email,Anda tidak perlu mengetik alamat surat seseorang, dan tidak perlu berteman da-hulu seperti instant messaging,” sebut tim yang dipimpin Patrick Bergel itu.Orang cuma perlu memencet tombol Chirp dan semua yang punya aplikasi itu bisa “men-dengar” data tersebut. Sederhana, bukan

Tim Animal Systems menjelaskan suara menjadi medium pengiriman data yang fleksibel karena data bit suara yang dikirim-kan berukuran kecil dan banyak orang dapat menerima kicauan digital itu. Data Chirp bisa dikirim juga lewat pengeras suara, radio dan ouTube.“Setiap kicauan berdurasi sekitar dua detik. Mesin audio membaca rangkaian nada dan menerjemahkannya ke dalam rangkaian kata yang dipahami server kami. Serverkemudian mengembalikan tautan (data) ke pengguna sehingga mereka dapat men-gakses di mana pun, katakan halaman situs,” sebut Animal Systems.Tim yang merupakan unit bisnis dari Uni-versity College London (UCL) itu menye-diakan aplikasi Chirp secara gratis di App Store. Namun, seperti dikutip BBC, peng-guna akan dikenakan biaya untuk layanan tambahan Chirp.Animal Systems juga menjanjikan aplikasinya akan beroperasi di sistem

operasi Android.“Komunikasi lintas perangkat, tidak hanya ponsel pintar, sangat berarti bagi kami.

Kami akan membuat versi Chirp untuk Android terlebih dahulu,” kata Animal Systems.*

3 - 9 Agustus 20123 - 9 Agustus 2s 2012012

Page 20: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

KOMPUTER20

Dell Indonesia telah meluncur-kan ultrabook Dell Inspiron 14z - 5423 dengan optical drive dengan bobot hanya 1.87 kg dan tebal 21 mm. Sangat tipis dan ringan walaupun dengan optical driver.

“Jarang sekali ultrabook yang menyertakan optical driver. Den-gan Inspiron 14z, pelanggan tidak perlu khawatir jika ingin meng-copy CD atau DVD sehingga pelanggan tidak perlu membawa optical driver eksternal,” ungkap Consumer Brand Manager Dell

PRODUSEN prosesor Intel akan mendukung Android 4.1 (Jelly Bean) sebagai sistem operasi pada telepon selular pintar (smart-phone) dan tablet dengan prosesor hemat listriknya, Atom.

“Intel terus bekerja bersama Google untuk menciptakan versi Android mendatang, termasuk Jelly Bean,” kata juru bicara Intel seperti dikutip PC World dan diberitakan Antara.

Namun, pihak Intel tidak menyebut kepastian waktu integrasi sistem operasi (OS) Android itu ke produk-produk berbasis Intel Atom.

Sejumlah produk smartphone denganprosesor Intel yang ada di pasaran baru akan menggunakan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread) dan dapat diperbarui ke Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) meski kepas-tian waktunya belum ditentukan.

Lava International dan Orange termasuk perusahaan yang me-luncurkan smartphonedengan prosesor Intel dengan OS Gingerbread.

Sementara itu, Lenovo telah meluncurkan smartphone berprose-sor Intel di Cina dengan penyesuaian versi Android dan Motorola akan menghadirkan ponsel pintar dan tablet berprosesor Intel dengan OS Android akhir tahun ini.

Kehadiran prosesor Intel di pasar smartphone dan tablet sangat minim yang cenderung dikuasai produsen prosesor ARM.

Tablet pertama bersistem operasi Jelly Bean adalah Google Nexus 7 yang menggunakan prosesor ARM.*

De L a U a I s i de a O i a D i eBERAPA banyak laptop tipis ringan (ultrabook) memiliki optical driver Hal itu jarang dilakukan produsen komputer lantaran bobot ultrabook akan bertambah berat seiring penambahan optical driver.

Indonesia, Felix Ignatius Tanumi-hardja seperti yang diberitakan Antara.

Laptop itu memiliki dua pilihan prosesor yaitu Intel Core i3 generasi kedua dengan harga mulai 799 dolar AS dan Intel Core i5 generasi ketiga dengan harga mulai dari 899 dolar AS.

Harga laptop itu sangat kompetitif karena sudah terinstal sistem operasi Microsoft Windows 7 Home Basic.

Laptop itu menghabiskan 65 watt dengan ketahanan baterai hingga 7 jam. “Ultrabook ini

sangat cocok untuk pelajar karena

bo-bot-nyayangringan dan performanyayang andal,” katanya. *

Tablet Lenovo Idea Tab S 11 mulai DijualABLE Lenovo diperkenalkan awal 2012

dengan nama IdeaTab S2. Kini tablet tersebut resmi dijual dengan nama Idea Tab S2110. Mulai dijual on-line sejak beberapa hari lalu melalui situs resminya. Tablet ini dibandrol 343,20 dolar AS untuk versi 16 GB dan 375 dolar AS untuk versi 32 GB.

Mirip dengan tablet Transformer, Lenovo me-nyediakan keyboard dock untuk IdeaPad S2110. Tambahan perangkat keyboard ini tentunya juga ikut meningkatkan kemampuan baterai. Dengan menggunakan prosesor Snapdragon S4 Krait

yang lebih kecil dan hemat daya, Lenovo meng-klaim tablet ini dapat bertahan hingga 10 jam dan standby 30 hari. Selain itu, pada keyboard dockditambahkan juga 2 port USB dan 3-in-1 SD card reader.

Seperti dikutip dari teknoup, IdeaPad S2110 menggunakan Android Ice Cream Sandwich, layar IPS 10,1 inci, prosesor Snapdragon S4 dual-core 1,5GHz, kamera belakang 5MP dengan LED flash dan kamera depan 1,3 MP, pilihan konektivitas 3G dan Wi-Fi, serta radio FM. *

ok) memiliki en komputer

rat seiring

gnatius Tanumi-g diberitakan

liki dua pilihan Core i3

engan harga S dan Intel Core dengan harga lar AS. u sangat sudah terinstal

Laptop itu menghabiskan 65 watt dengan ketahanan baterai hingga 7 jam. “Ultrabook ini

sangat cocok untuk pelpelpe ajar karena

bo-bot-nyayangringan dan performanyayang andal,” katanya. *

Prosesor Intel Atom akan Dukung Android 4.1

PROCESSOR Intel Atom identik dengan netbook. Na-mun, dalam waktu dekat boleh jadi processor ini lebih banyak ditemukan di perangkat tablet. Seperti yang akan disematkan pada tablet Windows 8.

Seperi dilansir TheVerge, CEO Intel Paul Otellini mengu-mumkan, sudah ada 20 model tablet Windows 8 yang akan menggunakan prosesor Intel.

Ke-20 produk tablet tersebut bakal menggunakan System-

a e i d ws a a I e on-Chip (SoC) Atom Clover Trailyang baru. Selain itu ada pula model tablet yang menggunakan prosesor seri Core-i dari Intel.

Ia mengatakan, Intel bersaing dengan ARM memperebutkan lahan tablet Windows 8 RT.

Meski ARM memiliki kesempa-tan menguasai pangsa pasar lebih besar berkat harga produknya yang lebih murah, Microsoft tetap meng-gandeng Intel dalam bisnis tablet.

Raksasa software itu meng-gunakan prosesor Core i5 buatan

Intel untuk tablet Surface Pro buatannya. Dalam situs tersebut, Otellini juga mengatakan bahwa sudah ada 140 desain Ultrabook berbasis Ivy Bridge yang disiap-kan, naik dari 110 desain yang diumumkan Intel pada Mei lalu.

Dari jumlah itu, kata Otellini, 40 di antaranya akan mendukung interface touchscreen sementara sekitar selusin lainnya bersifat convertible. Artinya, perangkat yang bersangkutan bisa berubah dari ultrabook menjadi tablet atau

bentuk lain.Akhir tahun ini,

menurut Otellini, ultrabook murah yang dibandrol seharga700

dolar AS atau sekitar Rp 6,6 juta akan mulai bermunculan.*ade

Tablet pertama bersistem operasi Jelly Bean adalah Google Nexus 7 yang menggunakan prosesor ARM.*

bentuk lain.Akhir tahun ini,

menurut Otellini, ultrabook murah yang dibandrol seharga700

dolar AS atau sekitar Rp 6,6 juta akan mulai bermunculan.*ade

3 - 9 Agustus 2012

Page 21: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

KOMPUTER 21

DELL Adamo XPS ( treme Performance System) series merupakan salah satu notebook high-end yang dikeluarkan Dell yang memiliki layar sekitar 13 inci, namun memiliki bobot 1,44 kg. Selain ringan, Adamo XPS juga sangat tipis, yaitu 9.99 mm atau sekitar 0,39 inci.

Laptop Dell Adamo XPS tampil sangat stylish dengan desain yang elegan didukung fitur-fitur lengkap serta kemudahan mobili-tas yang tinggi, seperti dilengkapi dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium 64 bit. Adamo XPS memiliki layar 13.4 inci LED-backlit, Intel Core 2 Duo SU9400, 128 GB SSD, 4 GB DDR3 RAM, dan GS45 integrated graphics.

Tampilan yang elegan serta ketebalan yang sangat tipis meru-pakan faktor yang paling menonjol dari seri laptop Dell Adamo XPS untuk bersaing di pasar laptop. Adamo XPS didukung prose-sor Intel berbasis ULV yakni U9200 up to 1,6 GHz, dengan kapa-sitas memori DDR3 4 GB. Dell Adamo XPS juga didukung media penyimpanan SSD card berkapasitas hingga 120 GB. Kelebihan lain dari Dell Adamo XPS adalah daya tahan baterai yang mampu bertahan hingga 6 jam. Produk ini juga dibekali fitur khusus berupa sensor pada bagian atas yang berfungsi membuka laptop secara otomatis. Pengguna hanya perlu menyapukan jari pada sensor tersebut maka laptop Dell ini akan terbuka secara otomatis. *aya

u erkenalkan U limb k untuk amerPABRIKAN komputer asal Tai-

wan, Asus, menghadirkan komputer jinjing tipis yang ditujukan bagi para penghobi permainan (gamer)dengan prosesor AMD dual-core, Slimbook X401U.“Slimbook X401U menggunakan teknologi prosesor terakselerasi (APU) yaitu penggabungan prose-sor AMD dual-core C-60 dan kartu grafis AMD Radeon HD 6290 seh-ingga lebih menghemat konsumsi

listrik,” kata Kepala AMD Indone-sia, Hermawan Sutanto di

Jakarta, seperti yang diberitakan Antara.

Hermawan mengatakan, teknolo-gi prosesor terakselerasi Slimbook X401U dapat meminjam kemam-puan prosesor kartu grafis jika tidak dalam keadaan terpakai guna mem-percepat kerja prosesor utama.“Tentu kalau terus menerus dipakai untuk bermain game kapasitas baterai akan cepat habis,” kata Hermawan.Manajer Pemasaran dan Produk Asus Indonesia, Juliana Cen

mengatakan, Slimbook X401U juga ditujukan untuk konsumen yang menginginkan produk berharga ter-jangkau dengan kemampuan grafis tetap lancar.Komputer berlayar 14 inci, memori 2 GB daya tahan baterai 3-4 jam itu, menurut Juliana, ditawarkan seharga Rp 2,99 juta.“Teknologi Ice Cool di Asus Slim-book menjaga tangan pengguna tetap sejuk meski mengetik dan bermain game dalam waktu yang lama,” kata Juliana. *

Pa a d Be EasyN e E

N e Rasa P e i de a Ha a e a a

JIKA dulu ponsel menjadi barang yang wajib Anda bawa ke mana-mana, maka sekarang tam-paknya laptop juga telah menjelma menjadi ba-rang wajib ketika Anda berpergian, bukan hanya untuk para pebisnis saja, tapi untuk mahasiswa atau Anda yang mungkin hanya sekadar pamer dan adu gengsi saja.

Namun, harga sebagian laptop yang belum bersahabat menjadi kendala tersendiri. Untuk itulah, Packard Bell meluncurkan sebuah laptop murah yang dijuluki EasyN-ote TE.

Packard Bell EasyNote TE dibekali dengan layar yang cukup luas yang dijamin bisa memanjakan mata Anda ketika memandangnya, leb-arnya mencapai 15,6 inci dengan resolusi 1366 x 768. Di dalam laptop ini telah disematkan prosesor AMD E-series, 1,4GHz E1-1200 yang didukung dengan radeon HD 7310, USB 3.0, 2.0, multi-in-1 card slot, HDMI, 4 GB RAM dan memori internal sebesar 750 GB.

Seperti dilansir berita teknologi, dengan spesi-fikasi yang dimilikinya, Packard Bell EasyNote TE

hanya dilego seharga 500 dolar AS saja. Laptop mu-rah ini baru tersedia di pasar Eropa. Belum diketahui apakah EasyNote TE akan tersedia untuk wilayah lain, termasuk Indonesia atau tidak. *

s i a P e e U a

Notebook 13,3 Inci dengan Bobot 1,12 KgBEBERAPA perusahaan elektronik terus

berlomba-lomba untuk menghadirkan sebuah notebook kelas atas yang tidak hanya ringan, tapi juga dibekali dengan fitur-fitur canggih yang makin memanjakan para penggunanya.

Misalnya Toshiba yang menghadirkan notebook ringan berukuran 13,3 inci yang dinamai Toshiba Portege Z930 Ultrabook.

Ultrabook kelas atas dari Toshiba ini memiliki ketebalan hanya 15,9 mm dengan casing yang terbuat dari bahan magnesium yang tidak hanya tipis, tapi juga diklaim mampu melindungi setiap hardware yang ada di dalam notebook ini dengan sangat sempurna.

Ultrabook premium dari Toshiba yang memiliki bo-bot 1,12 kg ini dibekali dengan prosesor Intel Core i5 dan i7 generasi ketiga dan didukung dengan Intel Rapid Start Technology. Toshiba Portege Z930 Ultrabook ini bisa melakukan bootingdalam waktu yang singkat.

Di sisi SSD, Portege Z930 didukung dengan dengan teknologi SSD terbaru yang diklaim lebih responsif. Untuk mendukung kinerjanya, notebook ini dilengkapi dengan baterai yang mampu ber-tahan hingga 8 jam.

Seperti dikutip dari berita teknologi, Toshiba Portege Z930 hadir dengan pilihan OS Windows 7

Home Premium atau Windows 7 Profesional

dengan dukungan 8 GB RAM. Spesifikasi lainnya seperti DDR3, Port

HDMI, VGA, USB 3.0, SD Card Reader, Gigabit LAN, Bluetooth 4.0 dan WLAN juga turut dihadirkan dalam Notebook ini.

ang menarik dari Toshiba Portege Z930 adalah hadirnya fitur Trusted Platform Module dan pemin-dai sidik jari untuk keamanan proses login.*

De Ada PS N e a i i is

Spesifikasi

DisplayDiagonal Screen Size : 13.4″Max Resolution 16 9Technology HD 720p WLED displayProcessor (CPU)Type Intel CoreTM 2 Duo ULVSpeed 1.4GHzFSB Cache MemoryRAM 4GB 800MHz Dual Channel DDR3 memoryGraphics CardIntel GS45 Integrated Graphics with DVI Video Adapter CableStorage128GB solid state driveExternal Hard Drive (optional)Connectivity.

3 - 9 Agustus 2012

Page 22: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

KOMPUTER22

ANCAMAN cyber yang me-nargetkan platform Mac OS X terus muncul dalam berbagai bentuk dan teknik serangan. Belum lama ini, para ahli Kaspersky Lab mengintersepsi gelombang baru serangan terhadap Mac OS X yang menargetkan aktivis Uyghur.

Serangan ini merupakan bagian dari kegiatan Advanced Persistent

VENDOR besar seperti Acer, Lenovo, dan Hewlett Packard (HP) bakal ramai-ramai menu-runkan harga Ultrabook mereka pada tahun ini. Penurunan harga tersebut dilakukan untuk menjar-ing lebih banyak lagi pengguna Ultrabook yang masih menilai harga perangkat tersebut masih sangat mahal.

Seperti yang dikutip dari Digitimes, penurunan harga mulai dilakukan di Amerika Utara dalam menyambut model Ultrabook terbaru dengan prosesor Intel Ivy Bridge. Dengan prosesor terbaru dari Intel tersebut, Ultrabook akan memiliki kemampuan grafis yang lebih bagus hingga daya baterai yang lebih lama.

Dalam situs tersebut, CEO Intel

KEBANYAKAN konsumen gadget tidak pernah menganggap salah satu kompetitor tablet yang patut diwaspadai akan berasal dari Taiwan (HTC).

Seperti dilansir mashable, perusahaan raksasa asal Taiwan ini kurang begitu sukses di pasar tablet sejak mulai masuknya HTC Flyer di bulan Mei 2011 lalu. Tablet HTC lainnya seperti Jetstream juga gagal membuat perubahan.

Kini HTC dikabarkan tengah menyiapkan upaya pembalasan dengan tablet yang saat ini namanya masih dirahasiakan. Menurut salah satu sumber, tablet HTC terbaru ini akan memiliki nilai jual unik yang membedakannya dari kompetitor lain seperti iPad, Kindle Fire, Nexus 7, dan tablet Surface.

Tablet tanpa nama ini sepertinya masih akan mengikuti pola tab-let HTC sebelumnya yang berjalan menggunakan platform Android keluaran Google. Smartphone Android besutan HTC lebih bernasib baik ketimbang tabletnya dengan membukukan penjualan yang cukup tinggi secara global. *

Backdoor Baru Mac OS X Digunakan untuk Menebar Ancaman Lanjutan

Threat (APT).Para penyerang APT ini men-

girim email kustom kepada aktivis Uyghur tertentu yang diperkira-kan menggunakan Mac. Emailtersebut berisi lampiran ZIP yang disusupi backdoor Mac OS X yang berbahaya. Untuk menyamarkan malware, file ZIP memperlihatkan photo JPEG yang berisi aplikasi

berbahaya.Peneliti Kaspersky Lab men-

ganalisa backdoor Mac OS X dan menyimpulkan bahwa aplikasi berbahaya ini adalah varian baru backdoor MaControl yang sebelum-nya tidak terdeteksi, yang mendu-kung baik i386 maupun PowerPC Mac. Namun, sistem Kaspersky Lab mendeteksi varian berbahaya ini dengan nama “Backdoor.OSX.MaControl.b.”

Ketika dijalankan, backdoorMaControl menginstal sendiri ke dalam Mac milik korban dan terhubung ke server Command and Control (C&C) untuk menerima perintah. Backdoor memungkinkan operator untuk membuat daftar file,memindahkan file dan menjalankan perintah pada Mac yang terinfeksi sesuai keinginannya. Pada saat menganalisa malware ini, Kasper-sky Lab berhasil mengidentifikasi server C&C, yang berada di Cina.

“Komputer Mac selain pop-uler secara global, juga populer di antara orang-orang high-profile

yang memilih menggunakan Mac OS X karena mereka percaya lebih aman,” ujar Costin Raiu, Direc-tor of Global Research & Analysis Kaspersky Lab.

“Namun, kami percaya seiring meningkatnya penggunaan Mac OS X, serangan melalui infeksi masal maupun target khusus juga berkembang. Para penyerang akan terus memperbarui dan menin-gkatkan metode mereka dalam menggabungkan eksploitasi dan teknik rekayasa sosial untuk men-coba menginfeksi korban. Seperti malware pada PC, kombinasi ini merupakan cara yang paling efektif dan para penjahat cyber akan terus menantang keamanan pengguna Mac OS X, baik secara teknis mau-pun psikologis,” katanya.

Ini bukan pertama kalinya Kaspersky Lab mengidentifikasi pe-nyerangan APT yang menargetkan pengguna Mac OS X. Pada April 2012, para peneliti Kaspersky Lab mengeluarkan informasi mengenai kegiatan aktif APT, SabPub, yang

menyerang platform Mac OS X den-gan mengeksploitasi kerentanan MS Office.

Begitu Trojan backdoor meng-infeksi komputer korban, ia bisa mengambil screenshot dari kegia-tan pengguna saat itu dan mengek-sekusi perintah pada komputer yang terinfeksi.

Meski Trojan FlashFake yang terkenal, yang membantu membuat botnet di lebih dari 700.000 Mac, merupakan contoh yang paling menonjol dari infeksi Mac OS X, para penjahat cyber terus meny-erang platform Mac OS X, terutama atas sasaran terpilih. Beberapa hari lalu, Apple telah menarik klaim mereka yang menyatakan komputer Mac tidak rentan terhadap ribuan virus yang mengganggu komputer berbasis Windows.

Keamanan lansekap Mac OS X akan terus berubah di tahun 2012 karena para penjahat cyber terus menjadikan Mac OS X sebagai target melalui berbagai teknik dan metode serangan. *yas

Tablet Baru HTC akan Berbeda dan Unik Dibandingkan Kompetitor

Vendor Ramai-ramai Turunkan Harga Ultrabook

Paul Otellini pernah menyebut prosesor terbaru tersebut bisa menghemat daya konsumsi listrik hingga 30 persen dan bisa ber-tahan hingga 10 hari, meski hanya dalam satu kali charging.

Sementara dari sisi grafisnya, akan memberi 37 persen lebih cepat dibanding prosesor sebel-umnya. Dari sisi ukuran, Ivi Bridge menggunakan fabrikasi 22 nm, sementara Sandy Bridge masih 32 nm.

Berdasarkan sumber dari retail channel yang dikutip Digitimes, vendor PC diperkirakan bakal memangkas Ultrabook seri lawas-nya hingga sebesar 21-25 persen dari harga semula. Contohnya, Ultrabook Acer Aspire S3-951 yang memakai harddisk drive kini

sudah turun menjadi 799 dolar AS dari harga semula 899 dolar AS di Amerika Utara.

Sementara Lenovo dan HP masing-masing menurunkan harga Ultrabook-nya sebesar 25 persen dan 21 persen dari harga semula 1.595 dolar AS (Lenovo IdeaPad U300s) dan 900 dolar AS (HP Folio 13).

HP sendiri telah merilis Ultrabook Envy Spectra 14 di Taiwan pada 8 Februari 2012 lalu. Ultrabook generasi kedua tersebut memiliki desain mencolok dengan kaca dan memiliki resolusi layar 1.600 x 900 piksel, dengan harga mulai 1.400 dolar AS. Begitu juga Lenovo yang baru meluncurkan produk terbarunya pada kuartal II/2012. *ade

SONY Vaio E14P merupakan notebook keluaran terbaru dari perusahaan raksasa Sony. Den-gan spesifikasi layar 14 inci dan desain yang elegan, membuat pengguna akan merasa lebih nyaman untuk dibawa ke mana saja.

Dalam processor Sony Vaio E14P tertanam teknologi cang-gih terbaru Ivy Bridge yang merupakan generasi ketiga Intel Core i7 CPU dikombinasikan dengan AMD Radeon HD 7670M GPU diskrit dan VRAM 1 GB tentunya akan menambah mo-bilitas kinerja sehingga semua kegiatan dengan mudah dan cepat.

Sony Vaio E14PNotebook dengan Teknologi Canggih Terbaru Ivy Bridge

Dari segi tampilan dan spesi-fikasi, Sony Vaio E14P meng-hadirkan desain yang menarik dengan lima pilihan warna. Warna yang dapat dipilih yaitu putih, hitam, pink, perak dan metalik. Pada bagian depan, seperti biasanya terdapat tulisan VAIO di tengah casing dengan desain yang tak kalah menge-sankan.

Teknologi xLOUD dan Clear Phase yang disematkan pada audio Sony Vaio E14P juga tak kalah mengagumkan. Dengan teknologi ini mampu mening-katkan volume tanpa gangguan di film atau game favorit yang membuat kualitas suara yang

dihasilkan sangat jernih dan tajam.

Sony Vaio E14P memiliki beberapa fitur unggulan yang kecanggihannya tak diragu-kan lagi, salah satunya adalah gesture control. Gesture controlmerupakan fitur canggih yang memungkinkan penggunanya menggunakan Sony Vaio E14P tanpa menyentuh touchpad.

Fitur menarik lainnya adalah PlayMemories Home, yakni fitur untuk mengatur dan menyunting foto dan video, kamera digital viewing, pemutaran tayangan 3D, external HDD direct viewing,dan pembuatan film pendek 3D.

Sementara itu, pada sisi ke-

tahanan baterai, Sony Vaio E14P memi-liki ketahanan hingga 5,3 jam saat digunakan. Penggunaan aktif misalnya melakukan brows-ing, mengetik dan sebagainya. Ketahan-an baterai akan dibuat lebih lama dengan efisiensi dengan disemat-kan drive optik yang secara otomatis membuat notebook un-tuk meniadakan konsumsi daya ketika tidak digunakan. *dwi

3 - 9 Agustus 2012

Page 23: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

AKSESORI 233 - 9 Agustus 2012

eyboard ini memiliki bentuk yang pas dengan virtual keyboardpada iPad. Jadi Anda tak perlu khawatir mengenai ketepatan da-lam mengetik. Selain itu keyboardini memiliki bentuk yang mudah untuk diraba, sehingga bagi mer-eka yang bisa mengetik dengan sepuluh jari pada komputer biasa, akan sangat terbantu dengan adanya aksesori ini.

Seperti dikutip dari situs inter-net, Tabskin ini adalah versi 2.0 dari perusahaan tersebut. Memiliki bentuk yang mungil, dapat di-gunakan sesuka hati, dan tidak memakan ruang pada iPad seperti keyboard eksternal yang bere-dar di pasaran. Ke depan, pihak perusahaan berencana untuk membangun aksesori serupa yang

Tabskin , Perangkat Unik untuk iPadSEBUAH perusahaan dari Korea Selatan menciptakan Tabskin,

sebuah alat untuk membantu mengetik di tablet dengan lebih cepat. Tabskin ini merupakan keyboard yang terbuat dari plastik dan diletak-kan di atas virtual keyboard iPad.

dapat digunakan untuk Galaxy Tab 10.1 dan Galaxy Tab 8.9. *

A ses i B a Be y ya isa Jadi Pi i a

UN UK kesempurnaan dalam aksesori dan memperkaya pengalaman menggunakan smartphone BlackBerry Anda dengan Black-Berry Authentic Accessories seperti baterai BlackBerry J-M1 merupakan baterai yang sempurna untuk penerbangan jarak jauh dan berbagai pertemuan.

Baterai BlackBerry J-M1 merupakan cadangan tepat untuk Anda yang sering berada di jalan.

Saat Anda tidak melakukan perjalanan dan untuk men-charger BlackBerry, Anda bisa menggunakan BlackBerry Charging Pod yang dengan mudah menjaga baterai ponsel Anda tetap terisi dan berfungsi penuh.

Selain itu, ada aksesori lainnya seperti BlackBerry Hard Shell dan BlackBerry Soft Shell yang bisa terpasang di smartphoneAnda untuk perlindungan dari goresan, ben-turan dan jatuh tanpa mengganggu tombol akses.

Bagi Anda yang menyukai sentuhan kulit untuk sarung BlackBerry, Anda bisa memilih BlackBerry Leather Pocket berbahan kulit melindungi dengan garis halus berkelas serta ada juga pelindung atau sarung BlackBerry bernama BlackBerry Swivel Holster merupakan klip pinggang yang mampu berputar 360 dera-jat, tahan lama dan kuat. Keduanya didukung teknologi hemat baterai.*dwi

Logitech Luncurkan Mouse dan Keyboard untuk Tablet Android Berbasis Bluetooth

PERUSAHAAN pembuat aksesori komputer yang terkenal yaitu Logitech telah memperke-nalkan mouse nirkabel baru yang dirancang untuk tablet yang menjalankan Google An-droid 3.1. Mouse ini tampak sebagaimana mouse pada umumnya.

Meski sistem operasi Google Android pada awalnya dirancang untuk untuk masukan jari, Google menambahkan dukungan untuk periph-eral USB di Android versi 3.1. Hal itu berarti Anda dapat mencolokkan hampir semua mouseUSB, keyboard, atau game controller dan meng-gunakannya dengan Android tablet yang sudah menggunakan Android 3.1.

Sistem operasi Android versi 3.1 akan menunjukkan kursor pada layar ketika Anda menghubungkan mouse, yang berarti Anda dapat menggulirkan konten atau mengguna-kan mouse untuk point-and-klik seperti yang

Anda lakukan pada komputer desktop yang menjalankan

Windows, Linux, atau OS X. Namun, mouse mau-

pun keyboard Logitech dihubungkan ke tablet atau perangkat lain

menggunakan 2 baterai AA dan dilengkapi den-gan kantong pelindung.

Sementara keyboard Logitech untuk tablet menggunakan baterai AA sebanyak 4 buah dan disertai casing pembawa yang juga dapat digu-nakan sebagai sandaran tablet. *

Logitech Lununtuk Tablet

PERUSAHAAN pembuayang terkenal yaitu Logitechnalkan mouse nirkabel baruseuntuk tablet yang menjalankdroid 3.1. Mouse ini tampaksemouse pada umumnya.

Meski sistem operasi Goawalnya dirancang untuk unGoogle menambahkan dukueral USB di Android versi 3Anda dapat mencolokkan hUSB, keyboard, atau rd, atau , atau rd game cgunakannya dengan Androimenggunakan Android 3.1.

Sistem operasi Android vmenunjukkan kursor pada lamenghubungkan mouse, yadapat menggulirkan konten kan mouse untuk se point-and

Anda lakudesktop

WindoX. N

pundi

melalui sambungan nirkabel bluetooth bukan koneksi USB, dan bek-erja seperti mouselain setelah Anda memasangkan-nya dengan tablet Anda.

Mouse Logitech Tablet berjalan

Page 24: Gadget-Star. Bali Post. 3 - 9 Agustus 2012

Games24 3 - 9 Agustus 2012

UN UK mencari pengalaman golf yang lebih menyenangkan, Let’s Golf 2 adalah game yang tepat. Permainan penuh warna ini ada 8 karakter 3D yang dapat dikustomisasi, masing-masing

AME Final Fantasy adalah game legendaris. Game RPG ini dimainkan jutaan gamer di dunia. Bahkan, S uare Enix yang merupa-kan developer game tersebut pun sudah berhasil merilis beberapa seri

SIAPA yang tidak kenal Puzzle atau bahkan tidak pernah me-mainkan permainan yang sangat melatih kesabaran dan mengasah logika ini Permainan ini sudah ada sejak lama.

Permainan untuk orang yang sangat menyukai tantangan, di mana kita harus mencocokkan

Game Let s Gol HD Android Penuh Tantangan

dengan kekuatan istimewa mer-eka, kemudian berkelanalah ke 6 lokasi yang eksotik dan liar untuk memainkan 108 lubang dalam lokasi yang lebih rinci.

Untuk pertama kalinya pada

game Android, Anda dapat memainkan golf multiplayer dengan teman-teman secara online atau lokal.

Edisi terbaru serial Let’s Golf yang populer ini merupakan petu-alangan golf paling menggairahkan yang bisa dimainkan.

Let’s Golf 2 HD merupa-kan game dengan 8 karakter menyenangkan, dimodelkan secara penuh dalam 3D. Kostumisasikan pegolf pilihan gamers dengan pilihan perlengkapan dan busana yang disukai. Masing-masing karakter memiliki kekuatan super sendiri yang dapat memberikan mereka keuntun-gan tak terduga. Lakukan pukulan

yang luar biasa dengan menghenti-kan bola sesuka hati, menjadikannya amat lengket, atau bahkan memutar kembali waktu.

Bahkan, untuk menyemarakkan dalam bermain game, Anda bisa mengajak teman dan melawan satu sama lain dalam salah satu dari tiga moda multiplayer online Wi-Fi, local Wi-Fi dan bluetooth. juga dapat menantang dunia dengan memanjat online leaderboard dan membuka pencapaian pada Gameloft Live se-bagai salah satu satu pegolf terbaik.

Di samping itu, dalam game ini temukan 108 hole golf di 6 lokasi seperti Mount Olympus Golf Club, Kuil Aztec, pulau impian musim din-

gin di Greenland, hutan lebat di Ba-varia, Desa Inggris yang spektakuler, dan bahkan taman hewan liar Royal Safari di Kenya. Masing-masing lokasi memiliki tantangan sendiri untuk diatasi dengan kesulitan yang meningkat.

Permainan game yang benar-benar baru. Bumbuilah dengan berbagai moda baru untuk cara ber-main yang sama sekali baru. Nikmati moda Career yang mendalam dan berbagai tantangan baru seperti Shoot Out di mana Anda menghilan-gkan 1 pemain setelah setiap hole,dan Closest to Pin di mana Anda menyelesaikan permainan dengan pukulan tunggal. *dwi

Game inal antasy Kini bisa Didownload di Google Play

game Final Fantasy.Namun, jika penasaran dengan

game Final Fantasy yang pertama kali muncul di dunia, kini menurut situs resminya, game tersebut juga bisa dimainkan di Google Play.

Tampilan game tersebut pun hampir sama dengan game Final Fantasy versi pertama, yakni dengan grafis 2D. Kualitas gambar juga tidak terlalu ada peningkatan. Sayangnya, game ini tidak bisa diunduh dengan gratis. Game yang berukuran 46.39 MB ini dibandrol dengan tarif 6,99 dolar. Game ini pun bisa dimainkan perangkat Android yang mengguna-kan OS Android 2.1 Eclair dan versi di atasnya. * a

igsaw Delux, Melatih Logika Anaksebuah bagian dengan bagian yang lainnya.

Puzzle sangat cocok dimainkan anak-anak untuk melatih daya pikir dan konsentrasi mereka. Na-mun, kini Puzzle jarang dimainkan karena teknik kerumitan yang akan dihadapi terbilang tinggi. Ter-lebih kini telah banyak disediakan

berbagai macam permainan yang lebih menarik dan seru.

Tidak ingin berlarut, kini telah hadir Jigsaw Delux, permainan Puzzle yang lebih mendidik dan atraktif. Dengan tampilan yang full colour terdapat lebih banyak gambar-gambar menarik, den-gan berbagai macam bantuan disediakan untuk membantu kita dalam melengkapi bagian-bagian tersebut.

Tantangan dalam game ini yaitu kita dibatasi putaran waktu kar-ena bagian-bagian Puzzle akan berjalan. Kita diharapkan harus cepat menebak di mana bagian tersebut cocok untuk dipasang-kan. Setelah berhasil, kita akan memasuki level-level selanjutnya yang akan jauh lebih seru.

Game ini diharapkan mampu melatih daya ingat dan konsen-trasi anak. Game ini didesain selain untuk media hiburan, juga berfungsi sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Game ini dapat dimainkan baik di komputer, lap-top, netbook, dan lainnya. *