gadget star. bali post.11 - 17 januari 2013

24
Penerbit : PT Bali Post CMYK

Upload: gadget-star

Post on 21-Mar-2016

248 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

Penerbit : PT Bali Post

11 - 17 Januari 2013

SEBAGAI bagian atas langkah pengetatan dan pemotongan biaya yang pernah diumumkan pada bulan November 2012 lalu, kabarnya Zy-nga baru saja telah merealisasikan untuk menutup 11 game besutannya dari layanan dan pasaran, termasuk PetVille dan Mafia Wars 2. Dengan begitu, pihak perusahaan berharap dapat lebih memfokuskan sumber daya yang ada pada game yang lebih sukses saja.

Seperti dikutip dari berita teknolo-gi, setelah Vampire Wars, Treasure Isle dan FishVille ditutup pada 5 Desember 2012 lalu dan kemudian disusul Montopia pada tanggal 21

JUGGERNAUT: Revenge of Sovering adalah sebuah game RPG generasi baru. Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki 6 prajurit legendaris yang disebut sebagai Scorpion, yang bisa Anda pilih salah satu untuk membebaskan Haradan dari tangan setan yang tangguh. Seperti dilansir gopego, tidak hanya setan tapi prajurit terpilih itu juga harus mengalahkan ratusan binatang buas dalam perjalanan sebelum melawan setan yang tangguh, Sovering.

Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki 15 tempat fantasi mulai dari hutan, gurun, kota, dan gua-gua, yang akan dilalui prajurit terpilih Anda. Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki fitur seperti 6 prajurit legendaris dengan kekuatan masing-masing yang unik dan bisa ditingkatkan hingga mencapai level 30, 12 senjata ampuh, 4 sekolah sihir dan 12 mantra untuk pertempuran serta berbagai perangkat untuk mengubah tampilan prajurit yang Anda pilih.

Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki grafis 3D yang men-gagumkan dan Anda bisa melihat detail gambar yang luar biasa sepa-njang permainan. Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki banyak jenis permainan yang akan membuat Anda meluangkan waktu yang lama untuk bermain. Dan bagian paling menariknya adalah Juggernaut: Revenge of Sovering tersedia secara gratis di Google Play Store.

SUPERBROTHER: Sword and Sworcery EP sekarang telah hadir di Google Play Store. Seperti judulnya, Superbrothers: Sword and Sworcery EP adalah action game yang menggunakan senjata

KABAR gembira bagi Anda para penggemar game Metal Gear. Konami baru saja mengumumkan via Twitter bahwa demo untuk seri terbaru dari game franchise mereka yaitu Metal Gear Rising: Reven-geance akan hadir secara gratis

ANOMALY Warzone Earth telah memenangkan gameplay dalam Apple Design Award Store dan sekarang pengem-bangnya 11 Bit Studios meng-hadirkan game baru berjudul Anomaly Korea di iTunes App Store.

Seperti dilansir gopego, Anomaly Korea menawarkan gameplay yang sama dengan Anomaly Warzone Earth tapi dengan tampilan grafis dan elemen-elemen permainan yang

Astaga, Zynga Hentikan Layanan 11 Game Anyarnya!

Desember 2012 lalu, PetVille dan Mafia Wars 2 kabarnya juga telah menghilang dari peredaran baru-baru ini.

Mafia Wars Shakedown, Forest-ville, Mojitomo dan Word Challenge Scramble juga telah ditarik dari pasaran. Sementara Indiana Jones Adventure World yang saat ini telah membatasi pemain baru, kabarnya game tersebut juga akan mengalami hal sama sebelum dihentikan sama sekali pada 14 Januari 2013 nanti.

Terkait hal itu, pihak perusahaan kabarnya bakal menawarkan im-balan untuk para pemain yang telah menginvestasikan banyak waktu

dan uang dalam permainan mereka. Khusus untuk pemain setia game PetVille, tersedia paket satu kali dan juga bonus gratis pada salah satu game pilihan yang ada seperti Castleville, Chefville, Farmville 2, Mafia Wars, atau Yoville. Sementara para pemain game lainnya, seperti Mafia Wars Shakedown, kabarnya bakal diberitahukan secara resmi untuk segera menghubungi Zynga Customer Support terkait kemungki-nan kompensasi yang diperolehnya.

Sejauh ini, pihak Zynga juga telah memberlakukan langkah antisipasi lainnya seperti mem-PHK 100 staf dan penutupan beberapa kantornya.

Superbrothers: Sword and Sworcery EPHadir di Google Play Store

pedang dengan fitur penekanan gaya audiovisual.

Seperti dikutip dari gopego, Su-perbrothers: Sword and Sworcery EP adalah game yang unik, yang akan menyeret Anda ke dalam

alur permainan meski Anda belum memulai pertempuran. Super-brothers: Sword and Sworcery EP memiliki latar belakang di alam mitos di mana Anda harus meng-gunakan pedang untuk pertem-puran dengan tujuan membangkit-kan sworcery untuk memecahkan misteri-misteri musik.

Selain memiliki gameplay menarik, Superbrothers: Sword and Sworcery EP juga didukung grafis seni pixel dan soundtrack yang luar biasa dari Jim Guthrie. Ini adalah kali kedua Superbroth-ers: Sword and Sworcery EP dirilis untuk perangkat Android setelah sebelumnya dirilis dalam versi beta. Nah, jika Anda tertarik dengan Superbrothers: Sword and Sworcery EP, Anda bisa download di Google Play Store seharga 1,85 dolar AS.

Mainkan Juggernaut: Revenge of Sovering di Android Devices

Demo Metal Gear Rising: Revengeanceuntuk PS3 & XBox 360 Segera Dirilis

via PlayStation Network (PSN) dan juga Xbox Live Januari 2013 ini.

Seperti dikutip dari gopego, jika Anda sudah tak sabar untuk menunggu selama itu, demo sebesar 3,5 GB ini sudah bisa Anda dapatkan sekarang juga, namun

dengan catatan Anda harus mem-beli Zone of the Enders HD Collec-tion terlebih dahulu.

IGN telah mencoba demo terse-but, dan mengatakan bahwa demo Metal Gear Rising: Re-vengeance tersebut akan mampu memberikan Anda cukup gambaran

dari gamenya secara penuh, juga cukup untuk membantu Anda mem-pertimbangkan akan membelinya atau tidak.

Metal Gear Rising: Reven-geance akan dirilis di kawasan AS pada 19 Februari 2013 dan Eropa mulai 22 Februari 2013.

Anomaly Korea for iOS Devicesjauh lebih baik.

Meski memiliki gameplay yang sama, tapi sebenarnya Anomaly Korea bukanlah sekuel dari Anomaly Warzone Earth. Dalam permainan Anomaly Korea Anda akan disuguhi konten baru yang lebih menantang dibanding Anomaly Warzone Earth. Dalam permainan Anomaly Korea, Anda akan memimpin sebuah konvoi kendaraan untuk menyerang me-nara alien yang memiliki pertah-anan lebih kuat.

Seperti yang tertulis pada judul, Anomaly Korea mengam-bil tempat peperangan di Korea. Para alien telah berhasil menguasai wilayah itu dan tugas Anda adalah menyerang markas alien. Jadi, Anomaly Korea sebenarnya bukanlah permain-an pertahanan menara tapi lebih pada penyerangan menara! Nah, jika Anda ingin mengusir para alien di Korea, sekarang Anda bisa download Anomaly Korea di iTunes App Store.

CMYK CMYK

Page 2: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

APAKAH Anda suka menyantap hidangan lobster? Jika demiki-an Anda mungkin akan menyukai iPhone case berbentuk lobster buatan Lobster Mobile Telephone Case. iPhone case berbentuk replika sebuah lobster berukuran besar ini terinspirasi dari lobster telephone, karya seorang pelukis dan pematung dunia yang sangat populer, Salvador Dali.

Seperti dikutip dari gopego, Anda tentu setuju jika fungsi utama sebuah case adalah melindungi handset dan jika case tersebut dapat mempercantik tampilan handset, barangkali itu adalah bonus atau fungsi tambahan. Lalu apa jadinya jika sebuah case memiliki bentuk replika sebuah lobster, Anda yakin bisa berfungsi melind-ungi handset? Tidak sama dengan kebanyakan case untuk ponsel, Lobster Mobile Telephone Case justru tidak menawarkan fungsi utama dan tambahan, yaitu keindahan dan gaya. Malahan fitur yang ditawarkan Lobster Mobile Telephone Case adalah hilangnya fungsi kamera, berbentuk aneh dan terlalu besar untuk dimasukkan di saku celana. Anda mungkin berpikir iPhone case dari Lobster Mobile Telephone Case ini selain besar, konyol, tidak praktis dan hampir tidak berguna. Tapi justru itulah pesan “berbeda” yang ingin disampaikan iPhone case dari Lobster Mobile Telephone Case.

iPhone Case Lobster Mobile Telephone Case sebenarnya tidak untuk dijual dan masih belum ada rencana untuk diproduksi secara massal. Namun, jika nantinya iPhone case ini tersedia di kota Anda, lalu apakah Anda akan membeli case dari Lobster Mobile Telephone Case untuk iPhone kesayangan Anda?

APAKAH Anda sedang mencari bluetooth speaker? Acase baru saja mengumumkan Black Diamond III yang bisa Anda jadikan pilihan. Seperti dikutip dari gopego, Black Diamond III adalah bluetooth speaker dengan desain super keren. Blu-etooth speaker Black Diamond III super keren ini bisa Anda dapatkan dengan harga 120 dolar AS.

Bluetooth speaker Black Diamond III memiliki desain seperti bunga api dengan lampu LED di dalamnya. Dan bagian me-nariknya adalah lampu tersebut bisa berkedip dengan kekuatan musik yang sedang dimainkan. Dengan demikian, lampu LED dari bluetooth speaker Black Diamond III bisa juga digunakan untuk menerangi kamar Anda ketika gelap.

Bluetooth speaker Black Diamond III kompatibel dengan iPhone 5, Samsung Galaxy S III dan smartphone lainnya yang menggunakan bluetooth. Tapi Anda juga bisa men-ghubungkan bluetooth speaker Black Diamond III dengan non-bluetooh device den-gan cara melalui port audio out.

Bluetooth speaker Black Diamond III memiliki daya speak-er sebesar 3W dan juga dileng-kapi sebuah remote control untuk memudahkan pengoperasian-nya.

iPhone Case Unik Berbentuk Lobster

Black Diamond III

”Bluetooth Speaker” Super Keren

Samsung Rilis Tiga Seri Monitor Canggih Terbarunya

SAMSUNG Electronics Co., Ltd, secara resmi baru saja meluncurkan tiga seri monitor baru yang termasuk di dalam jajaran monitor seri premium. Penasaran bagaimanakah detail dan spesifikasi dari ketiganya? Seperti dilansir Engadget, mari langsung saja kita simak:

Series 7 Touch (SC770): Touch-Sensitive Monitor

Samsung Series 7 SC770 adalah monitor den-gan fitur layar sentuh pertama dari Samsung yang dioptimalkan untuk penggunaan sistem operasi Windows 8. Dengan kemampuan untuk mengenali sentuhan hingga 10 titik, Anda bisa melakukan multi-touch, drag, rotate atau memilih objek di monitor dengan nyaman.

Selain itu, monitor ini juga bisa dimiringkan hingga 60 derajat untuk menambah kenyamanan saat mengoperasikan monitor ini.

Series 9 (SB970): Professionally Pre-Calibrated Monitor

Samsung Series 9 monitor SB970 menawarkan layar PLS (Plane Line Switching) dengan resolusi wide-quad high-definition resolution (WQHD). Res-olusi WQHD menawarkan kualitas gambar yang lebih tajam 4 kali lipat dibandingkan dengan moni-tor HD biasa. Monitor ini sendiri sudah mendapat-kan beberapa penghargaan, misalnya 2012 IDEA Bronze Award dan Japan Good Design Award. Untuk masalah ketersediaan, Samsung Series 7 SC750 dan Samsung Series 7 SC770 akan tersedia di seluruh dunia.

Series7 (SC750): Ergonomic Design

Samsung Series 7 SC750 adalah sebuah monitor yang slim dan berdesain ergonomis yang dapat diletakkan miring 90 derajat jika Anda menginginkannya karena alasan tertentu. Dengan gambar yang diklaim sangat jernih dan tajam, monitor ini menawarkan rasio kontras 5000:1.

Seperti dikutip dari gopego, Motorola Mobility telah menjadi milik Google melalui proses akuisisi pada tahun 2011 lalu. Setelah akuisisi itu banyak rumor mengatakan bahwa pembelian Motorola merupakan upaya Google untuk mengembang-

Samsung akan Didepak dari Ekosistem AndroidSMARTPHONE berbasis Tizen OS yang rencananya akan dirilis Samsung tahun 2013 ini, makin memperkuat dugaan bahwa Samsung bersiap menjauhi Android dengan cara mengembangkan software miliknya. Di sisi lain, Google sepertinya tidak keberatan jika akhirnya nanti Samsung benar-benar meninggalkan Android karena Google telah memiliki Motorola.

kan Google Android phone miliknya, tanpa lagi bekerja sama dengan manufaktur lain, seperti Samsung. Berulang kali Google membantah tuduhan itu tetapi tampaknya ke-benaran tak dapat disembunyikan ketika di akhir 2012 lalu muncul

kabar mengenai X Phone.Kabarnya, proyek bernama

X Phone merupakan kerja sama eksklusif antara Google dan Motorola dalam menghadirkan Android smartphone tangguh demi menyaingi kekuatan iPhone. Dengan sebuah produk yang dihasilkan oleh tim sendiri, bisa dipastikan produk tersebut akan makin mencerminkan visi Google dibanding Android smartphone yang dibuat Samsung atau produsen lain. Dengan X Phone maka Google bisa memberlakukan kontrol penuh baik saat pengembangan, distribusi dan pemasaran, tanpa dicampuri pihak lain.

Menurut Brian S. Hall dari

Unwired View, disebutkan bahwa Samsung adalah satu-satunya produsen yang berhasil meraup untung besar dari kerja sama dengan Google Android. Di sisi lain Google terus membiayai Motorola tetapi perusahaan tersebut justru tidak sesukses Samsung. Dengan kata lain, satu-satunya cara untuk meraup untung dari Android adalah dengan membuat produk gabungan Google dan Motorola yang diharap-kan mampu memberikan untung besar sekaligus mengenalkan visi perusahaan di bisnis mobile masa depan.

“Samsung dengan mudah menjadi terlalu kuat di dalam ekosistem Android. Bagaimana

jika nantinya Samsung memisah-kan diri dari Android? Bagaimana jika Samsung lebih memilih kerja sama global dengan Microsoft dan, katakanlah, menjadikan Bing dan Bing Maps sebagai aplikasi default?”

Ya, barangkali bukan Samsung yang menjauhi Google karena iri dengan Motorola, tetapi justru Google-lah yang memilih menjauh dari Samsung karena telah mem-baca gelagat Samsung. Dengan proyek X Phone, Google tampak-nya telah berada di garis start untuk mulai mendepak Samsung. Atau, bila tak perlu didepak, sepertinya Samsung telah sadar untuk mulai menjauh dari Android.

10 Prediksi Android 2013ANDROID berjaya di tahun 2012

melalui penguasaan pasar smartphone melampaui iPhone. Google sebagai pemi-lik Android bisa dipastikan telah memiliki banyak rencana untuk makin mengem-bangkan Android OS di tahun ini, lebih dari yang pernah ada dalam benak Anda. Dengan demikian, Anda pasti berharap ada banyak hal yang bisa dicapai Android di tahun 2013.

Di bawah ini adalah prediksi tentang perkembangan Android di tahun 2013, seperti dikutip dari gopego. Meski hanya prediksi, tapi Anda bisa berharap sebagian besar bisa terwujud di tahun ini.

Revolusi BateraiMotorola Droid 3,7 inci sangat memu-

kau dengan ketipisannya. Phablet kisaran 5 inci juga cukup menarik minat publik. Sayangnya, inovasi produk Android tidak dibarengi kemampuan baterai yang hingga sekarang masih menjadi komponen paling banyak dikomplin pengguna. Di 2013, diharapkan Android akan mampu men-emukan jalan keluar paling efektif untuk menciptakan baterai dengan desain tipis tapi memiliki daya tahan lama.

Google TV Gaming ControllerGoogle TV diharapkan memiliki pasar

yang lebih luas, termasuk di Asia. Pada 2013 ini, banyak yang berharap Google akan melakukan ekspansi pasar Google TV plus dukungan game controller.

Prediksi ini tak lepas dari banyaknya game controller yang beredar di pasaran tetapi belum satu pun yang mendukung Google TV. Dengan kemampuan tersebut, maka Anda pecandu game tidak akan lagi memerlukan konsol TV seperti Ouya. Se-lain itu, Google TV faktanya telah memiliki kompabilitas OnLive cloud gaming tetapi belum mendukung Android games yang kompatibel dengan Google TV.

PC OS Gabungan Android dan Chrome OS

Sejak 2009 lalu sejumlah developer telah mencoba porting Android untuk PC, namun fungsi Android sebagai mobile OS untuk smartphone dan tablet menjadikan-nya tampak sangat buruk di PC. Anda barangkali telah lama berharap sebuah komputer dijalankan Android OS tetapi

Google sejauh ini belum mewujudkan-nya. Tidak memilih Android, Google justru mengembangkan Chrome OS yang peng-gunaannya hingga saat ini masih sangat terbatas untuk laptop Chrome.

Chrome OS tampaknya bisa menjadi jalan keluar terbaik baik Google untuk menyiasati sulitnya menggunakan aplikasi jika tidak terkoneksi internet. Google bisa mengawinkan Android dan Chrome OS untuk menjadikan Android ada di setiap perangkat baik smartphone, tablet maupun komputer desktop.

Nexus TV dari Google dan SamsungProduk Nexus terbaru yang ada di

benak Anda barangkali tidak lepas dari sebuah smartphone dan tablet. Di tahun ini, inovasi baru diharapkan datang dari Nexus series. Nexus TV bisa menjadi sebuah solusi terbaik untuk memulai era baru di Android. Sebuah televisi berbasis Android bukanlah hal baru tetapi tidak den-gan Nexus TV yang keseluruhannya dide-sain Google dan penggarapan hardware diserahkan pada rekan kerjanya. Bukan tidak mungkin Google memilih Samsung untuk proyek awal Google Nexus TV.

Google dan Rayban Rilis Google GlassGoogle Glass telah beberapa kali mun-

cul dalam bocoran foto, sementara Google pernah mengungkap bahwa kacamata pin-tar ala Android smartphone itu akan dirilis dan dipasarkan pada tahun 2013. Bekerja sama dengan Rayban untuk hardware, Google Glass diharapkan bisa dijumpai di toko ritel pada tahun ini seharga 1.500 dolar AS per unit.

Nokia Meninggalkan Microsoft dan Beralih ke Android

Nokia dikenal sebagai raja ponsel untuk waktu lama sebelum kehadiran Android. Menolak bergabung dengan Android, Nokia justru memilih Microsoft sebagai partner eksklusif untuk mewujudkan Lumia Series Windows Phone. Sayangnya, pen-jualan Lumia Series tidak sesukses yang dikehendaki sementara sebenarnya pelu-ang sukses Nokia sangat terbuka lebar jika mau bekerja sama dengan Google untuk membuat Nokia Android smartphone. Di tahun 2013, bisa saja Nokia menyadari ke-salahannya karena telah menolak Android.

Belum terlalu terlambat jika Nokia bersedia meninggalkan Microsoft dan beralih ke Android.

Wi-Fi Charging RilisDi pameran elektronik tahunan terbe-

sar di dunia CES 2010, RCA Airnergy memamerkan sebuah sistem baru dalam teknologi baterai. Teknologi tersebut memungkinkan baterai mengambil sinyal Wi-Fi dan mengumpulkannya untuk mengisi daya baterai. Dengan demikian, Anda bisa charging baterai ponsel meng-gunakan gelombang Wi-Fi yang ada di sekitar Anda. Sayangnya, hingga 2 tahun teknologi tersebut tidak muncul dalam satu pun produk di pasaran. Teknologi mengisi baterai ponsel menggunakan Wi-Fi ini diharapkan bisa muncul di tahun 2013 bersama Android.

Google WiFi: Hotspot Gratis di Banyak Tempat

Google melalui Android makin mend-unia. Bukan tidak mungkin jika di tahun ini Google akan membangun sebuah network Wi-Fi hotspot untuk publik. Sep-erti telah menjadi ciri Google, layanan tersebut bisa diakses dengan harga yang sangat murah atau bahkan gratis dengan beberapa ketentuan. Akses Wi-Fi untuk publik memang bukan hal baru tetapi kebanyakan yang ada saat ini adalah milik pemerintah dengan speed sangat lambat.

Google dan ASUS Google dan ASUSmengembangkan

Nexus Padfone, ASUS Padfone, diikuti Padfone 2, tak disangkal menjadi sebuah gadget Android terkeren di tahun 2012. Sebuah Android smartphone yang bisa dipasang pada screen 10 inci untuk menjadikannya sebuah tablet merupakan inovasi keren dari ASUS.

Di tahun ini, bisa saja Google meng-gandeng ASUS untuk mengembangkan Nexus Padfone, sebuah perpaduan smartphone/tablet Android yang diran-cang berdasar Android OS versi terbaru dari Google.

Google Wallet GagalSolusi mobile payment di masa depan

yang dirancang melalui Google Wallet merupakan inovasi yang patut diacungi jempol. Namun, harus diakui bahwa teknologi yang mulai dipakai di Amerika ini masih memiliki banyak kelemahan, salah satunya adalah minimnya dukun-gan opsel.

Untuk saat ini, Google Wallet hanya didukung satu opsel di Amerika (Sprint) sementara 3 opsel besar lainnya (Veri-zon, AT&T dan T-Mobile) lebih memilih ISIS yang memberikan keuntungan lebih besar bagi mereka dalam hal pembagian persentase hasil.

Dengan alasan uang itulah diperkira-kan Google Wallet tidak akan menuai kesuksesan di tahun ini.

CMYK CMYK

Page 3: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

PERANGKAT berbasis iOS milik Apple dilaporkan menga-lami gangguan pada malam Tahun Baru lalu.

Seperti dilansir The Verge, gangguan itu sendiri terjadi pada fitur Do Not Disturb yang

JIKA Anda mengingat perke-nalan pertama Apple iPhone, mungkin Anda ingat momen ke-tika Steve Jobs menaruh stylus, mengatakan dengan gamblang kalau iPhone menggunakan alat penunjuk ter-baik di dunia, jari Anda.

Seperti dilansir Phone Arena, sampai saat ini, Apple memang tidak pernah mengembangkan stylus untuk smartphone fenomenal ini. Namun, saat ini tampaknya Apple men-gubah pendiriannya, dengan men-erima paten untuk Active Stylus .

MEMILIKI laptop yang tipis memang memberikan kesan elegan dan efisien bila sering dibawa berpergian. Makin tipis akan makin memudahkan. Itulah yang mungkin dianut salah satu produsen asal Jepang, Nec yang belum lama ini memperkenalkan laptop ultrabook tertipis LaVie X untuk pertama kalinya di Jepang.

Seperti dikutip dari berita teknologi, tingkat ketebalan dari laptop ramping ini hanya 12,88 mm dengan ukuran layar monitor 15,6 inci. Dibekali dengan panel Full HD IPS dan ketangguhan processor Core i7-3517U berke-cepatan 1,9 Ghz membuatnya terlihat sangat istimewa. Dis-ertakan pula 4 GB RAM dan SSD berkapasitas 256 GB di

PERGANTIAN tahun membuat teknologi dan tampilan produk komputer jenis laptop ikut mengalami perubahan tren. Memasuki 2013 desain tipis dan ringan diprediksi menjadi andalan sejumlah produsen kenamaan.

“Laptop dengan desain tipis dan ringan akan makin populer ke depan. Berbagai produsen notebook, tablet dan smartphone telah meluncurkan desain baru untuk berkompetisi merebut pasar pada 2013 seperti jenis layar sentuh dan notebook sekaligus tablet,” kata Manager of Product Management & Marketing Asus Indonesia, Juli-ana Cen, belum lama ini.

Menurutnya, minat masyarakat memiliki produk-produk itu makin meningkat, karena harga yang ditawarkan relatif murah. Keadaan ini sangat jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana harga laptop tipis tersebut sangat tinggi. Ketika itu satu buah laptop pada pertengahan tahun 90-an masih seharga Rp 15 juta per unit dengan berat hampir 5 kg, tapi kini notebook dapat dimiliki senilai Rp 3 juta serta berat kurang dari 1 kg. Terkait dengan pangsa pasar di Indone-sia, ia menilai pangsa pasar laptop tipis dan ringan sangat menjan-jikan. Untuk produk Asus, Indonesia pun dikatakan menjadi target berikutnya setelah di Vietnam mampu menguasai pasar dengan meraih angka 25,20 persen atau mengalahkan produk lain. ade

PRODUSEN laptop makin gencar berebut pasar dengan laptop tipis mereka. Salah satu-nya adalah produsen Dell. Dell Inspiron memiliki beberapa varian laptop bagi konsumennya. Salah satunya bernama Dell Inspiron M301z ini.

Dari bentuknya yang sangat manis dan tipis, produk ini ter-masuk jajaran ULV laptop alias laptop tipis tanpa optical drive. Dengan hal ini, makin memudahkan penggunanya untuk men-jinjingnya ke mana-mana sebagai perangkat laptop portabel.

Desain dan CoverLaptop ini dibalut bahan

plastik di bagian bawah serta dalam. Sementara seluruh cover luar permu-kaan dilapisi aluminium berwarna silver. Hal itu menjadikan Inspiron M301z tampak bercahaya ketika diterpa pantulan sinar.

Desain keyboard-nya

Awas, Ada ”Bug” di Fitur ”Do Not Disturb” di iOS 6

terdapat pada iOS 6.Fitur Do Not Disturb ini menga-

lami kegagalan untuk mematikan dirinya sendiri saat waktu yang dijadwalkan untuk Do Not Disturb oleh pengguna telah selesai.

Dengan demikian, banyak

pengguna iOS 6 yang melapor-kan bahwa mereka tidak menden-gar suara panggilan telepon atau SMS atau notifikasi lainnya saat pagi hari tiba. Tapi untungnya, tidak semua perangkat iOS 6 mengalami hal ini.

Empat Hal yang harus Dilakukan Apple 2013TAHUN 2012 telah berakhir.

Pada tahun ini, Apple men-dobrak berbagai tradisi yang biasanya mereka lakukan.

Misalnya peluncuran iPad 4, dan dikenalkannya iPad Mini yang notabenenya ber-tentangan dengan kemauan mendiang Steve Jobs.

Seperti dikutip dari lap-

Dengan fakta bahwa sudah lebih dari 400 juta perangkat iOS yang berhasil dijual Apple selama ini di seluruh dunia, tidak dapat disangkal lagi bahwa para konsumen sangat menyukai kesimpelan dari perang-kat-perangkat yang terdiri dari iPhone, iPad, dan iPod Touch ini. Namun, akhir-akhir ini banyak pengguna yang mengeluhkan bosan dengan tampilan iOS. Tidak heran, karena sejak 2007, tampilan iOS tidak mengalami perubahan yang berarti.

Apple sebaiknya me-refresh tampilan iOS 7 nanti agar para peng-gunanya kembali merasakan sesuatu hal yang baru pada perangkat iOS mereka. Dan tentunya untuk menghindari mereka dicomot sistem operasi pesaing seperti Android dan Windows Phone atau Windows 8.

Banyak orang yang lebih memi-lih Samsung Galaxy Note atau Samsung Galaxy S III dikarenakan mereka menginginkan sebuah ponsel dengan layar yang besar. Apple sudah cukup memberikan peruba-han pada iPhone 5 dengan layar 4 incinya, namun sepertinya ini belum cukup. Karena layar 4 inci ini hanya sedikit memanjang saja dibanding-kan dengan layar 3,5 inci generasi sebelumnya. Apple sebaiknya segera melebarkan kembali ukuran layarnya. Tentunya dengan memperhitungkan dan menghindari fragmentasi. Sep-ertinya 4,5 inci cukup untuk iPhone 5S nanti.

Inilah waktunya Apple untuk melebar-kan sayap iCloud. Jika kita bisa mendap-atkan layanan Google Drive dan SkyDrive di iOS, mengapa kita tidak bisa mendapat-kan layanan iCloud di perangkat Windows atau Android?

Makin banyak para calon konsumen yang mengeluhkan mengenai MacBook. Namun, komplin itu bukanlah men-genai kinerja atau fitur dari MacBook itu sendiri, melainkan mengenai harga.

Perbedaan harga di antara MacBook dan ultrabook yang berbasis Windows dianggap terlalu jauh. Dengan demikian, banyak calon pembeli MacBook yang mengu-rungkan niat-nya membeli MacBook dan akhirnya langsung be-ralih membeli sebuah ultra-book berbasis Windows yang jauh lebih mu-rah.

topmag, pada 2013 ini, Apple sendiri dirumorkan akan melun-curkan iPhone 5S serta iPad Mini 2.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan atau setidaknya diperhatikan Apple jika mereka ingin kepercayaan konsumen setia mereka tidak luntur. Apa sajakah itu?

2. iPhone yang Lebih Besar? Kenapa Tidak

3. Melebarkan Sayap iCloud 4. MacBook “Hemat”

1. Tampilan Fresh untuk iOS 7

Apple Patenkan Active Stylus untuk Perangkat iOS

Active Stylus adalah sebuah stylus yang lebih dikembangkan daripada stylus normal. Berbeda dengan stylus biasa, stylus Apple ini tidak pasif, ia memiliki kemam-puan menciptakan field elektronik

sendiri dan mengganda-kan sinyal dari perang-kat utama, sehingga meningkatkan kecepatan dan akurasi yang biasa dikeluhkan para penggu-na S-Pen milik Samsung seri Galaxy Note.

Meski begitu, S Pen sangat populer, dikarenakan kemampuannya yang seperti membuat tulisan tangan Anda benar-benar menjadi virtual menjadi input di ponsel, dengan

perbedaan tekanan, berbeda pula hasil tulisannya, sehingga kegiatan seperti menggambar bisa dilakukan dengan mudah melalui S Pen. Ditambah lagi ada fitur spidol dan krayon.

Apple mendaftarkan iPhone dan iPad sebagai perangkat yang bisa menggunakan berba-gai keunggulan Active Stylus, namun tidak ada kepastian apakah perangkat ini akan segera dibuat.

Jikal fitur-fiturnya benar-benar menyaingi atau bahkan lebih baik dari S-Pen, maka akan menjadi sebuah ancaman serius bagi jajaran Samsung Galaxy Note dan SGS IV (yang dirumor-kan menggunakan S-Pen).

Rekayasa Komputer Genggam Raspberry PiPRODUSEN komputer seukuran

kartu kredit, Raspberry Pi Foundation, membuka peluang bagi para peng-gunanya untuk merekayasa kom-puter sendiri, termasuk komputer genggam. Pendiri sekaligus CEO Parts-People.com, Nathan Morgan, membeberkan informasi untuk men-ciptakan komputer genggam sendiri berbekal Raspberry Pi model B dalam situs resminya.

“Karena ini adalah proyek open source, saya ingin menunjukkan ke-pada Anda semua (detailnya),” kata pakar spesialis laptop Dell itu.

Morgan menggunakan layar LCD 3,5 inci dengan aspek rasio 3:4 yang mampu menampilkan res-olusi 640 x 480 piksel.

Komputer genggam Morgan me-manfaatkan enam baterai Dell Latitude D600, membuang penutupnya, dan

merekayasa ulang dengan menghubung-kan pin 1, 2, dan 4 ke kutub negatif serta pin 8 dan 9 ke kutub positif.

Dari baterai itu, Morgan mendapat-kan daya

11,1 volt yang harus di-

alirkan ke papan

utama kom-puter (mother

board) dengan konektor USB mikro

berdaya lima volt. “Saya menghubungkan baterai ke layar LCD, punya komponen yang membutuhkan daya lima volt,” kata Morgan. Lalu, Morgan menggunakan regulator pada papan komputer dan me-matri pada kapasitor lima volt ke LCD dan lima volt ke konektor USB mikro.

Untuk ruang penyimpanan data tam-bahan, Morgan memanfaatkan solid state drive (SSD) Samsung 64 giga bit Sata II di mana ruang satu giga bit dialokasi-

kan untuk memodifikasi file config.txt.File config.txt itu merupakan salah satu

file dari sistem operasi Raspbian Linux yang digunakan komputer genggam dan didapat dari raspberrypi.org.

Modifikasi file config.txt diperlukan agar

layar LCD dapat berjalan dengan meman-faatkan seluruh ruang layar. Komputer genggam milik Morgan menggunakan panel ketik (keyboard) nirkabel yang seka-ligus mempunyai ruang papan sentuh di sisi kanannya.

Morgan menanamkan dongle konek-tor nirkabel (Wi-Fi) dan bluetooth di da-lam komputer yang terhubung sumber daya USB mikro.

Seluruh komponen itu, kata Morgan, ditempatkan dalam penutup (case) komputer genggam hasil kreasinya.

Penutup komputer itu, dibedakan menjadi lima bagian

yaitu sisi bawah, penutup kiri, penu-tup kanan, penutup LCD/sisi atas, dan sisi belakang. Biaya total komponen-komponen komputer genggam Morgan adalah 391,3 dolar AS atau sekitar Rp 3,75 juta. ant

NEC LaVie X, Laptop Ultrabook Tertipis Windows 8

dalamnya. Laptop ultrabook yang satu ini sudah dibundel dengan sistem operasi Win- dows 8 dan beratnya hanya 1,59 kg.

Dari segi konektivitas-nya, sudah disediakan pula USB 3.0, Wi-Fi, Blu-etooth 4.0 dan slot SDXC serta HDMI. Ketika dirilis, laptop tipis

ini dibanderol dengan kisaran harga 175.000 yen atau sekitar Rp 20 juta.

Laptop Tipis dan Ringan Jadi Andalan

Dell Inspiron M301z

Laptop Tipis dengan Bonus Menarikpun tak kalah menarik.

Sangat simpel dan tak ada tempelan stiker apapun selain logo AMD dan Windows 7 di kanan bawah. Tombol power terletak di kiri atas. Satu hal yang sedikit disayangkan, laptop ini tak memiliki fingerprint. Padahal, dengan desain yang diusungnya, fingerprint bakal terlihat menarik.

Bagian touchpad pun didesain bertekstur lembut dan rapi hingga tombol klik kanan dan kirinya. Ukuran touchpad yang sedikit luas membuatnya nyaman saat diguna-kan untuk browsing.

Ditambah lagi tombol klik yang terasa empuk ditekan. Meski keyboard produk ini berukuran full-size, namun tak dilengkapi jenis

keyboard chiclet. Ukuran tombol yang sedikit besar cukup memu-dahkan pengguna berjari-jari besar untuk mengetik.

Dari sisi display, laptop ini memiliki ukuran layar 13 inci berteknologi super TFT-Screen. Dengan demikian, warna terlihat terang saat digunakan untuk bekerja, atau me-

nikmati hiburan. Mata seakan di-manjakan warna layar yang terlihat memiliki ketajaman dan kontras cukup baik.

Dengan bobot 1,8 kg dan ketipisan 25 mm, tampaknya Dell Inspiron M301z memang dirancang bagi pengguna yang gemar meng-gunakan laptop secara mobile. Satu lagi, sirkulasi laptop ini terletak di bagian kiri bawah keyboard, cukup membuat telapak tangan tak terasa panas saat menggunakannya berlama-lama.

PerformaLaptop ini dilengkapi prosesor

dual-core, AMD Turion II Neo K625 dengan fabrikasi 45 nm. Selain itu pun sudah dilengkapi memori RAM DDR3 sebesar 4 GB. Lebih dari cukuplah, saat digunakan hanya untuk kebutuhan office.

Grafis yang dibenamkan pada laptop silver ini termasuk kelas menengah. Berbekal ATI Mobility Radeon HD 4225, laptop ini juga lebih dari cukup saat digunakan ke-butuhan grafis ringan seperti editing foto dan video, atau menyaksikan

tayangan HD pada YouTube.Berbicara soal tayangan film,

salah satu kelebihan laptop ini adalah disertakannya sebuah optical drive DVD Multi recorder eksternal.

Dengan demikian, pengguna bisa menyaksikan format film DVD kesayangan mereka melalui laptop berlayar 13 inci ini. Bonus yang cukup menarik. Dell juga menambahkan tiga port USB, card reader, dengan sebuah port e-SATA di sisi kanan.

Kelebihan:- Bonus optical drive.- Layar jernih.Kekurangan:- Engsel display tampak rentan.

Kesimpulan:Pada intinya, sasaran Dell

Inspiron M301z adalah pengguna laptop tipis berlayar 13 inci, yang senang membawa perangkatnya ke mana pun. Laptop perak meng-kilap ini juga tergolong ringan untuk dijinjing, atau dimasukkan tas. ade

CMYK CMYK

Page 4: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

SEBUAH versi firmware dari GT-i8190N, alias Sam-sung Galaxy S III Mini dengan NFC, mengungkap beberapa info menarik.

Seperti Phone Arena, firm-ware ini mengkonfirmasikan akan adanya sebuah ponsel bernama Samsung GT-i9505, yang dipercaya sebagai Samsung Galaxy S IV versi LTE. Samsung GT-i9500 diru-morkan merupakan flagship Samsung selanjutnya, Galaxy S IV.

Tidak heran Samsung melangkahi angka 4 dengan melewati i9400 dan langsung menggunakan i9500. Karena

SELAIN Xperia Z, sebuah bocoran handset andalan Sony yang lain juga ditemu-kan yaitu Xperia ZL alias Odin.

Seperti dilansir Engadget, gambar ini diperoleh dari situs Sony Jepang walau belum diumumkan secara resmi.

Xperia ZL terlihat lebih lebar namun lebih pendek jika dibandingkan Xperia Z. Selain itu juga terli-hat penempatan kam-era yang tidak biasa yaitu di bagian bawah. Selain penampakan fisik, Xperia Z dan Xperia ZL memiliki spesifikasi yang mirip meski belum dikonfir-masi Sony.

Jika melihat rujukan dari ePrice, Sony Xperia Z dan ZL diperkirakan akan dijual dengan harga 4298 yuan atau sekitar 689 dolar.

SEBUAH kabar bagus berhembus bagi para pemilik BlackBerry PlayBook. Menurut kabar terbaru, PlayBook juga akan memperoleh OS Black-Berry 10 yang saat ini sedang disiapkan RIM. Disebutkan juga bahwa dengan update ini Playbook pada akhirnya akan mendukung fitur BlackBerry Mes-senger.

Seperti dilansir Phone Arena, meski belum pasti, namun

SAMSUNG Galaxy S IV ham-pir bisa dipastikan merupakan flagship Samsung berikutnya. Seperti dilansir Phone Arena, ponsel ini dirumorkan muncul dengan layar AMOLED dengan tren resolusi 2013, 1920 x 1080

Windows Phone dengan RAM 512 MB tak Kompatibel dengan Game ”High End”?

GUNA memainkan sebuah game berkualitas tinggi, tentunya harus pula diim-bangi dengan ketersediaan perangkat yang sesuai dan mampu menghandelnya.

Seperti dilansir berita teknologi, baru-baru ini muncul keluhan dari pengguna atas ketidakkompatibelan salah satu perangkat terhadap keberadaan game high end. Ada pun alasan utamanya kabarnya disebabkan karena perangkat yang ada hanya dibekali RAM berkapasitas 512 MB saja.

Menurut ulasan yang disinyalir WinPhon-eViet, keluhan berawal saat pengguna HTC 8S tidak bisa meng-install game mobile Guns4Hire pada perangkat yang ada. Se-jatinya RAM yang dimiliki HTC 8S tersebut hanya berkapasitas 512 MB saja, sedang-kan untuk meng-install game semacam itu

setidaknya perangkat yang ada membutuh-kan minimal RAM berkapasitas 1 GB.

Sementara itu, perangkat Windows Phone lainnya yang sama-sama dibekali dengan RAM berkapasitas 512 MB pun kabarnya juga tidak luput mengalami hal yang mirip dengan HTC 8S. Nokia Lumia 620 yang dilengkapi RAM 512 MB kabarnya juga tidak akan bisa meng-install game semacam itu. Guns4Hire sendiri merupa-kan game mobile high end yang konon setidaknya dibutuhkan minimal RAM berka-pasitas 1 GB pada perangkat.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah selain HTC 8S dan Nokia Lumia 620 masih ada Windows Phone lainnnya yang men-galami hal yang sama? Rasanya semua itu perlu pengkajian lebih lanjut.

Gambar Sony Xperia ZL Ditemukan, Dibanderol Setara Xperia T?

Sebuah ”Firmware” Ungkap Hadirnya Samsung GT-I9505

seperti di Cina, 4 adalah nomor ketidakberun-tungan di negeri asal Samsung, Korea Selatan. Jadi, ada kemungkinan juga SGS IV tidak dina-makan demikian.

Yang lebih menarik barang-kali adalah model misterius bernama GT-Q1000. Menilik kode Q dan angka 1000, bisa jadi ini merupakan jajaran baru smartphone atau tablet dari Sam-sung.

Samsung Galaxy S IV akan Gunakan S Pen?

piksel berdimensi 5 inci. Namun, sebuah rumor dari negeri asal Samsung memberikan pertanda bahwa mungkin saja Samsung akan menyatukan seri Galaxy Note-nya dengan Galaxy S.

Sebetulnya tidak mengher-ankan juga sebab kalau rumor mengenai layar benar, SGS juga sudah memasuki teritori Phablet dengan layar 5 inci. Namun, dikatakan bahwa karakteristik spesial seri Galaxy Note, yakni

S-Pen, juga akan dileburkan ke dalam Samsung Galaxy S IV, yang menurut sumber asal Korea tersebut akan diluncurkan bulan April.

Rumor lain mengenai SGS IV adalah chip quad core Exynos 5440 28nm, kamera belakang 13 MP, serta bodi yang agak tebal, 9,2 mm, yang bisa jadi dikarenakan S-Pen yang hadir di dalam bodi SGS IV, seperti halnya Galaxy Note.

BlackBerry PlayBook akan segera Peroleh BBM dan OS BB10?begitu kecenderungan tersebut bisa saja terjadi jika melihat tren yang dilakukan beberapa perusahaan lain seperti Apple, Microsoft dan Google yang

menggabungkan pengalaman antarmuka produk smartphone dan tablet. RIM dikabarkan akan mengirimkan update untuk PlayBook ini. BBM di

PlayBook ini akan mendu-kung chat dan video.

Sampai saat ini, Play-Book yang berbasis QNX tidak memiliki fitur-fitur standar yang biasa terda-pat di smartphone Black-Berry. Selain ketiadaan BBM, PlayBook juga tidak punya fitur kontak dan kal-ender native yang biasa terdapat di gadget lain.

PENGGUNA media jejaring sosial di dalam jaringan (online) seringkali menganggap layanan yang digunakan sepenuhnya gratis dan penuh kebebasan, padahal tidak demikian.

Sejumlah layanan media jejaring sosial seperti Twitter, Face-book, atau Instagram akan terus mencari keuntungan dari para penggunanya terutama melalui iklan.

Brian Barret dari Gizmodo menyebut masalah dasar terletak pada para penyediaan layanan media sosial yang membutuh-kan penggunanya.

“Jadi ketika Anda pertama kali bergabung (dengan media so-sial), (seolah) negara dongeng akan nol konsekuensi langsung terbuka lebar,” tulis Barret.

Para pengguna menikmati layanan gratis sesaat setelah mendaftar. Kemudian, perusahaan media jejaring sosial akan segera menjual iklan kepada mereka dan mengubah pengguna

sebagai pengiklan di platform itu.Barret menyebut kasus ketika

Instagram mengubah pernyataan layanan penggunaannya menjadi salah satu contoh di mana peng-

guna menganggap media sosial sebagai rekan mereka dan memberikan layanan gratis.

“Respons dari para pengguna (Ins-tagram) bukan sekadar keluhan. Namun itu adalah rasa akan pengkhianatan

yang dalam,” sebut Barret.Selain Instagram, Facebook juga sempat memelintir aturan privasi para penggunanya demi mendapatkan keuntun-gan.

“Tapi, membatasi aplikasi pemrogram tampilan muka (API) dan mengarahkan orang ke layanan (media sosial) Anda bukanlah hal yang buruk. Itulah

yang dilakukan perusahaan, atau mereka akan menjadi lembaga amal,”

kata Barret. ant

Hati-hati, Internet Explorer 6, 7, dan 8 Miliki Masalah Keamanan

MICROSOFT dikabarkan akan segera mem-perbaiki celah keamanan pada browser Internet Explorer versi lama. Celah keamanan yang terdapat pada versi lama IE itu disebutkan dapat dimanfaatkan para cracker untuk mengambil alih komputer berbasis Windows.

Seperti dilansir Cnet, kontrol yang didapatkan sendiri akan dimanfaatkan kembali oleh mereka untuk menjadikan komputer yang terinfeksi itu sebagai inang baru untuk situs web yang berba-haya.

Microsoft sendiri sejauh ini baru mengonfir-masi, mereka mulai menyelidiki mengenai hal itu. Celah ini sendiri disebut-sebut terdapat pada browser IE 6, IE 7, dan IE 8. Sementara versi setelah IE 8 seperti IE 10, diklaim aman oleh Microsoft.

Microsoft menjanjikan bahwa perbaikan ini akan hadir dalam sebuah update kecil yang tidak membutuhkan reboot. Namun, sebelum Micro-

soft memperbaiki celah keamanan ini, alangkah baiknya jika Anda segera meninggalkan browser IE 6, IE 7, atau IE 8 dan segera beralih ke versi IE terbaru atau beralih ke browser lainnya.

HAMPIR setengah perusahaan di dunia mulai mengguna-kan teknologi enkripsi untuk melindungi data penting mereka. Di saat yang sama, perusahaan menghadapi kesulitan dalam mengimplementasikan sistem enkripsi ini dan membutuhkan solusi keamanan komprehensif yang efektif dan mudah diguna-kan.

Survai yang diadakan B2B International dan Kaspersky Lab pada Juli 2012 melibatkan 3.300 profesional TI dari 22 negara. Sementara itu, 44 perusahaan telah mengimplementasikan teknologi enkripsi untuk melindungi data penting perusahaan dan 36 persen spesialis TI menggunakan full disk encryption (FDE). Sementara itu, 32 persen spesialis TI menggunakan pengenkripsian data pada perangkat eksternal.

Enkripsi adalah teknik perlindungan nomor lima yang paling banyak digunakan, naik tajam dibanding hasil survai tahun lalu di mana teknik ini bahkan tidak masuk dalam 10 besar teknik perlindungan. Akibatnya, enkripsi menjadi palang pertahanan terakhir. Meski pelaku kejahatan berhasil memasuki infrastruk-tur TI perusahaan, rintangan terakhir ini akan menyulitkan mereka untuk mendapatkan informasi penting perusahaan.

Namun, kebanyakan perusahaan belum sepenuhnya meng-gunakan enkripsi. Berdasarkan survai B2B International, hanya 1/3 spesialis (36 persen) yang menggunakan full disk encryp-tion (juga dikenal sebagai encryption of information arrays) dan hanya 44 persen spesialis yang benar-benar melindungi informasi penting. Sementara hanya 32 persen responden menggunakan pengenkripsian data pada perangkat eksternal, seperti USB drives.

Pengenkripsian data yang sangat penting berada di urutan kedua dalam tindakan keamanan yang ingin dikembangkan pe-rusahaan, sementara perlindungan terhadap malware berada di tempat pertama. Di saat yang sama, perusahaan meng-hadapi kesulitan dalam menerapkan sistem enkripsi, sistem yang sama sekali tidak ada di dalam lima tindakan perlindun-gan teratas yang digunakan perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan memerlukan sistem perlindungan informasi modern, yang efektif dan mudah digunakan. yas

Anonymous Mengancam lagiKELOMPOK peretas jaringan internet global

yang menyebut diri Anonymous mengklaim akan meneruskan aksi mereka pada 2013.

Dalam situs anonews.org, Anonymous me-nyebut serangannya ditujukan ke pemerintahan, organisasi, dan korporasi korup di seluruh dunia.

Mereka memajang pengumuman di hala-man muka dengan kalimat “tunggu kami 2013” yang berlatar hitam.

Selain pengumuman itu Anonymous juga menempatkan video aksi mereka selama 2012 seperti kampanye-kampanye dan aksi pere-tasan ke sejumlah situs resmi otoritas AS dan perusahaan swasta.

Video itu juga menunjukkan kampanye Anonymous yang menentang kebijakan pemer-intah Suriah menyusul pemutusan hubungan internet di negara mereka.

“Operasi yang ada di video itu hanyalah contoh, ada lebih banyak operasi di sana. Be-berapa dari operasi itu masih berjalan seperti Operasi Suriah. Kami masih di sini,” sebut Anonymous di bawah tayangan video mereka pada anonews.org.

Namun, sejumlah pihak meyakini serangan Anonymous tidak akan berdampak besar pada jaringan internet global, termasuk perusahaan keamanan internet, McAfee Labs. ant

Yahoo akan Hapus Fitur Chat Rooms YMYAHOO! Inc menyatakan akan menghapus

fitur ruang obrol publik (public chat rooms) pada layanan perpesanannya yang lebih dikenal den-gan Yahoo Messenger (YM).

Yahoo akan menghapus fitur YM yang berna-ma Public Chat Rooms pada 14 Desember, kata Yahoo dalam satu pernyataan yang di-posting di blog Yahoo Messenger, baru-baru ini.

Yahoo mengatakan akan fokus membuat produk-produk yang cantik dan lebih bermakna bagi pengguna. “Kadang-kadang, kita harus membuat kepu-tusan sulit seperti menutup fitur yang kami rasa tidak menambahkan cukup nilai bagi Anda,” ka-tanya.

Yahoo telah memutuskan untuk tidak melanjut-kan beberapa fitur pada produk Yahoo. Hal itu memungkinkan bagi Yahoo untuk kembali memfokuskan upayanya dalam modernisasi produk-produk inti, dan tentu saja membuat yang baru.

Selain ruang obrol publik, Yahoo juga akan menghentikan fitur Pingbox. Juga mulai 14 Desember fitur Pingbox sudah tidak lagi di YM.

Bagi pengguna yang telah menginstal Pingbox pada blog dan akun jejaring sosialnya, Yahoo telah menyediakan panduan tentang bagaimana untuk menghilangkannya (uninstall).

Fitur interoperabilitas YM dengan Microsoft Windows Live Messenger juga akan dihilang-kan Yahoo. Rekan Anda yang menggunakan Windows Live Messenger akan tetap ada dalam daftar kontak, tapi bila Anda mengirimkan pesan, pesan itu tidak akan ia terima.

YM termasuk salah satu layanan obrolan yang lebih dulu ada, diluncurkan pada 1998.

Menurut laporan BBC, Yahoo sebelumnya juga menutup sejumlah chat rooms, termasuk “girl 13

& up for much older men”, “teen girls for older fat men”, dan “8-12 yo (year-old) girls for older men”.

Beberapa chat room itu terdapat dalam kategori obrolan “Schools and education” dan “Teen”.

Perusahaan kemudian mengu-mumkan bahwa layanan itu hanya untuk pengguna berusia 18 tahun atau lebih.

Sejumlah website yang me-nyediakan layanan online chat juga terlibat dalam skandal seks

di bawah umur.Pada Juni lalu, Habbo Hotel,

sebuah jejaring sosial populer untuk anak-anak, menghentikan sementara fungsi

obrolan dalam layanannya, menyusul klaim adanya pelaku paedophil yang menggunakan hotel virtual itu untuk merayu anak laki-laki ber-hubungan seks.

Popularitas YM di Indonesia sekarang mung-kin telah berkurang karena situs jejaring sosial terpopuler, Facebook, juga menyediakan fitur obrolan dengan teman, meski Yahoo juga telah menyediakan YM in Facebook. ant

Jejaring Sosial Selalu Gratis?

Perusahaan Gunakan Enkripsi Demi Lindungi Data Penting

CMYK CMYK

Page 5: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Microsoft, Raksasa yang Hilang KekuatanMICROSOFT adalah raja komputer

desktop, tak dipungkiri. Bagaimana tidak, Windows OS bisa Anda temukan di setiap komputer yang ada di tiap kantor dan rumah. Tapi tampaknya kuasa sang raja makin pudar tak lepas dari terus berkem-bangnya teknologi komputer tablet dan smartphone.

Popularitas tablet yang didahului dengan iPad di tahun 2010 lambat laun menjadikan konsumen lebih memilih tablet ketimbang komputer desktop. Fungsi keduanya barangkali memang tidak bisa dibandingkan mengingat masing-masing memiliki keunggulan berbeda tetapi faktor mobilitas, kemudahan serta tren men-jadikan tablet terus menjadi gadget yang diperlukan, bukan sekadar diinginkan konsumen. Sebagai dampaknya, kom-puter desktop secara perlahan surut meski banyak ahli mengatakan bahwa tablet tidak bisa menggantikan peran komputer, juga sebaliknya.

Dengan kata lain, saat komputer desk-top turun pamor maka Microsoft sebagai penyedia Windows OS juga menjadi pihak yang dirugikan. Karena itulah Microsoft pada tahun 2012 menyiasatinya mela-lui rilis Windows 8 yang merupakan OS untuk desktop dan tablet. Namun, apakah langkah Microsoft merilis platform desktop/

tablet pertama tersebut tepat dan sukses?Analis pasar Roger Kay dari Forbes

mengatakan alasan Microsoft masih bisa bertahan di tengah persaingan adalah karena konsumen belum mengetahui ada banyak alternatif selain Windows OS. Menurut Kay, para konsumen yang telah menggunakan komputer Windows selama bertahun-tahun tidak berani mencoba soft-ware lain seperti buatan Apple atau Google sehingga setiap kali membeli PC, mereka akan tetap memilih Windows PC. Menurut-nya Microsoft hanya melakukan layanan

sewa terhadap Windows OS miliknya agar konsumen tetap bisa menggunakannya.

Microsoft membangun bisnis sumur di bagian kaki bukit tempat populasi berkum-pul dan membutuhkan air. Microsoft memo-nopoli persediaan air dengan memberlaku-kan biaya sewa untuk air “ajaib” miliknya. Tidak peduli ada banyak sumur lain di luar sana yang menawarkan tarif lebih murah, banyak orang masih setia datang ke kaki bukit untuk mendapatkan air ajaib dari sumur Microsoft.

Kay juga mengkritisi kesalahan dan

kegagalan yang dibuat Microsoft selama 10 tahun ini. Harga yang dipatok Micro-soft untuk Windows OS dinilai Kay telah melukai konsumen tanpa pemikiran akan dampaknya di kuartal setelahnya. Pegawai Microsoft disebut Kay takut untuk berbuat sesuatu kecuali mengikuti kebijakan politik perusahaan serta saling menggagalkan proyek gagasan kawannya. Kultur peru-sahaan semacam itu disebut Kay sebagai pemicu hengkangnya para jenius yang dimiliki Microsoft, seperti pimpinan Win-dows Steven Sinofsky dan Craig Mundie yang merupakan pimpinan riset dan strate-gi. Hal sederhana yang dicontohkan Kay adalah kegagalan Microsoft dalam mena-mai produknya. Lihat saja “Metro” interface di Windows 8 dan “Bing” search engine yang tidak mampu menjadi kata kerja baru dalam kamus bahasa Inggris, berbeda den-gan “Google” yang telah menjadi kosakata baru dalam pembicaraan sehari-hari.

Lebih jauh Kay meminta Bill Gates untuk mengambil alih Microsoft dan meminta CEO Steve Ballmer keluar dari Micro-soft. Menurutnya, Ballmer adalah sumber masalah di Microsoft dan bertanggung jawab atas banyaknya kebijakan keliru yang dibuat Microsoft. Untuk bisa bersaing dengan Apple dan Google, Microsoft harus segera berbenah.

SAMSUNG baru saja mengungkap keluarga baru Series 7 dengan nama Series 7 Ultra. Dengan demikian, Samsung telah mengumumkan 2 buah notebook untuk kinerja tinggi sebelum CES 2013 berlangsung beberapa hari lagi.

Seperti dikutip dari gopego, notebook yang pertama adalah Sam-sung Series 7 Ultra, yang menawarkan desain baru lebih ramping dari Series 7 Chronos. Samsung Series 7 Ultra akan tersedia dalam dua versi, yaitu layar sentuh dan non-touchscreen. Anda juga dapat menemukan varian dengan prosesor Core i5 atau i7 dan kapasitas penyimpanan 128 GB atau 256 GB.

Apa pun konfigurasi yang disebutkan di atas yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan laptop layar 13 inci dengan resolusi 1080p dan 350-nit, RAM 16 GB, backlit keyboard, speaker JBL dan 1 GB AMD HD8570M GPU. Samsung Series 7 Ultra masih didukung spesifikasi seperti 3 port USB, HDMI, Ethernet, mini-VGA, sebuah memory card reader dan baterai yang mampu berlangsung selama 8 jam (sepertinya baterai untuk model non-touchscreen).

Di sisi lain, Samsung juga telah merilis teaser seri terbaru Series 7 Chronos. Berdasarkan video teaser tersebut dapat diketahui

spesifikasi notebook Series 7 Chronos. Notebook Samsung Series 7 Chronos memiliki layar 15 inci dan akan disegarkan

dengan AMD Radeon HD 8870M GPU, yang merupakan AMD versi terbaru. Selain itu Samsung Series 7 Chronos juga didukung teknologi RAM accelerator yang diklaim dapat meningkatkan kecepatan browsing dan aplikasi umum hingga 150 persen.

Selain beberapa spesifikasi yang disebutkan di atas, Samsung Series 7 Chronos juga telah mendapatkan desain baru yang lebih ramping dibanding model

sebelumnya. Notebook ini akan mengguna-kan prosesor Intel Core i7 3635QM

CPU berkecepatan 2,4 GHz, 300-nit, layar 1080p,

RAM hingga 16 GB, kapasitas penyimpanan

hingga 1TB, pilihan layar sentuh, backlit keyboard,

JBL speaker dan baterai yang bisa berlangsung 11 jam.Sayangnya, saat ini tidak ada

informasi harga dan ketersediaan dari kedua model Samsung Series 7

Ultra dan Series 7 Chronos.

Meramal Desain dan Teknologi Komputer 2013ANDA boleh saja berpikir laptop, desktop dan

tablet yang ada saat ini adalah model paling mu-takhir yang bisa diberikan bisnis teknologi. Tak salah memang mengingat Windows 8 OS baru saja dirilis pada akhir Oktober lalu. OS tersebut memberikan fitur-fitur baru dan mampu menghadirkan cara baru bagi Anda untuk mengoperasikan sebuah perangkat kom-puter.

Seperti diku-tip dari gopego, dengan Windows 8 OS yang dilengkapi fitur touchscreen, Anda akhirnya menda-pati sebuah laptop yang bisa Anda operasikan melalui fungsi gestures yang disediakan pada touchscreen. Hal ini tentu saja berbeda dari komputer desktop tahun lalu yang hanya bisa difungsikan melalui key-board dan mouse. Pameran elektronik tahunan Consumer Electronic Show (CES) menjadi tolok ukur gambaran produk-produk elektronik yang akan menjadi tren selama setahun mendatang. Dan untuk CES 2013 yang akan digelar bulan Januari nanti, Anda akan bisa melihat berbagai model produk baru, termasuk akan seperti apa tren di dunia komputer di tahun 2013.

Laptop FleksibelPada 2013 ini, diperkirakan akan hadir lebih

banyak laptop fleksibel. Yang dimaksud fleksibel adalah kemampuan laptop yang bisa dilipat, di-tekuk, diputar, melebihi yang sudah ada di tahun 2012. Salah satu produk dengan kemampuan seperti itu telah dirilis tahun ini melalui laptop Lenovo Yoga. Laptop Lenovo ini sebelumnya dipamerkan di CES 2012 dan muncul di pasaran di pertengahan tahun.

All-In-One DesktopKomputer all-in-on dengan single screen

tanpa box CPU terpisah diperkirakan akan men-jamur di tahun 2013. Model komputer seperti itu telah bisa Anda lihat melalui Apple iMac dan te-lah ditiru sejumlah produsen komputer lain. Den-

gan telah dirilisnya Windows 8 OS, diperkirakan akan makin mendorong lebih banyak komputer all-in-one plus fitur tambahan touchscreen. Na-mun, sedikit perbedaan bisa dilihat pada produk tertentu seperti Sony Vaio Tap 20 yang telah rilis

di tahun 2012. Produk ini justru terlihat sebagai supertablet dengan touchscreen beru-

kuran 20 inci.

Prosesor Intel di Perang-kat ”Mobile”

Intel telah selama ber-tahun-tahun menjadi otak komputer desktop. Di tahun 2012 Intel mulai memperluas pasarnya dengan mensponsori sejumlah Android smart-phone melalui debut

mobile chip miliknya. Di tahun 2013 tampaknya

Intel ingin memperkokoh posisinya di pasar prosesor,

mulai dari komputer desktop hingga smartphone juga tablet. Diper-

kirakan Intel akan terus mengembangkan Ivy Bridge CPU miliknya dengan kemampuan utama efisiensi listrik. Di CES 2013 bisa saja Intel memamerkan Ivy Bridge dengan daya 10 watt.

Kejutan dari AMDAMD tak dipungkiri masih ada di

belakang popularitas Intel. Pro-dusen CPU/GPU ini masih mengalami kesulitan dalam menghadirkan produk-produk yang lebih murah. Prosesor terbaru AMD yang telah rilis di pasaran tidak begitu menarik minat publik baik dari segi performa maupun harganya. Di tahun 2013, di-harapkan AMD mampu membuat kejutan yang baik untuk industri komputer dunia. Nah, sekarang Anda telah mendapatkan sedikit gambaran tentang perkembangan di dunia industri komputer tahun depan. Anda pun mulai bisa bersiap memilah dan memilih produk komputer apa yang Anda perlukan untuk mendukung pekerjaan pada 2013 ini.

Samsung Ungkap Laptop Series 7 Ultra Desain Lebih Ramping dari Series 7 Chronos

CMYK CMYK

Page 6: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

ALCATEL tampaknya kem-bali mencoba untuk bersaing di pasaran Indonesia dengan meng-hadirkan sebua ponsel yang diberi nama Alcatel One Touch Idol yang merupakan sebuah ponsel dengan spesifikasi yang dapat disamakan dengan beberapa ponsel lokal yang sudah beredar saat ini, namun ter-bilang ponsel ini memiliki spesifikasi yang lebih baik tetapi juga dengan harga jual yang sedikit lebih mahal tentunya.

Seperti dilansir mobile88, ponsel Alcatel One Touch Idol ini memiliki spesifikasi antara lain adalah memi-liki layar dengan ukuran 4,7 inci be-resolusi qHD yakni 540 x 960 piksel serta berjenis IPS, ketebalan dari ponsel ini hanya 8 mm saja, ditena-gai dengan prosesor dual core yang berkecepatan 1 Ghz dan didukung RAM sebesar 512 MB serta dengan ROM atau internal memori sebesar 4 GB versi yang dijual secara global di beberapa negara dan 16 GB un-tuk versi yang dijual di negara Asia, dijalankan dengan sistem operasi Android terbaru yaitu Android 4.1 Jelly Bean.

Untuk pasaran negara Asia

ZoPhone i5

Ponsel Tiruan iPhone 5SOAL tiru meniru produk populer di pasaran, kabarnya Cina

merupakan negara yang paling ahli dalam hal ini. Selain produk inovasi buatan sendiri seperti XiaoMi Phone 2, Meizu MX2 dan Nubia Z5, untuk saat ini saja ada begitu banyak produk tiruan perangkat populer yang beredar di pasaran Cina.

Seperti dilansir berita teknologi, ZoPhone adalah pro-dusen berbasis Cina yang memang terkenal ahli dalam meniru keberadaan perangkat populer lain. Dan produk ponsel teranyar yang kabarnya baru saja digulirkan be-lum lama ini yaitu ZoPhone i5.

ZoPhone i5 dirancang persis seperti iPhone 5, namun keberadaan logo di belakang diubah menjadi logo ZO. Ketebalan ZoPhone i5 yang hanya 7,6 mm digadang-gadang persis mirip 1:01 dengan keberadaan iPhone 5. Selama tahun 2012, iPhone 5 terdaftar berada pada posisi nomor 3 di top 10 smartphone terbaik di Cina.

Ada pun beberapa fitur utama pendukung ZoPhone i5 di antaranya processor dual core 1 GHz MediaTek MT6577, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 8 MP dan layar 4 inci dengan kemampuan resolusi 960 x 540 piksel. Selain itu, ZoPhone i5 ini juga meniru keberadaan Lightning USB port, Nano-SIM dan Earpods dari iPhone 5.

Menyinggung keberadaannya sendiri, saat ini ZoPhone i5 konon dipasarkan dengan harga 195 dolar AS atau sekitar Rp 1,87 jutaan per unitnya.

Alcatel One Touch Idol

terdapat pula pon-sel ini dengan dukungan

RAM sebesar 1 GB dan terdapat pula fitur dua buah Slot SIM Card seperti kebanyakan ponsel lokal yang sudah beredar di negara Asia khususnya pasaran Indonesia di mana konsumennya yang menyu-kai fitur dual SIM ini. Sementara itu untuk konektivitas, ponsel ini sudah mendukung jaringan 3G dan dilengkapi dengan port MicroUSB dan Bluetooth termasuk pula fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n sebagai alternatif untuk mengakses internet.

Tak ketinggalan dipasangkan dua buah kamera yang cukup ung-gul yaitu kamera depan dipasang-kan dengan kamera beresolusi 2 megapiksel dan kamera belakang beresolusi 8 megapiksel yang dilengkapi dengan lampu flash sedangkan untuk pemutar video ponsel ini pun dapat mengeksekusi video berformat HD 720p. Meski diinformasikan bahwa pihak Alcatel akan memberikan harga jual murah untuk ponsel ini namun bila dilihat dari spesifikasi yang ditanamkan maka ponsel Alcatel One Touch Idol ini akan dijual dengan perkiraan harga sebesar Rp 2 jutaan sampai dengan Rp 2,5 jutaan.

Himax Pure, Ponsel Android ICS dengan Layar 4 IPS

SALAH satu produsen ponsel baru yang be-rasal dari Taiwan yaitu Himax dikabarkan mencoba untuk masuk ke pasaran Indonesia dan mereka meluncurkan sebuah ponsel Android yang diberi nama Himax Pure dan ponsel ini sudah dapat dipesan secara pre-order melalui situs resmi mer-eka yakni di www.himax-indonesia.com.

Seperti dilansir mobile88, spesifikasi dari Himax Pure ini antara lain adalah memiliki layar dengan ukuran 4 inci yang beresolusi WVGA HD (High Definition) yang berjenis layar IPS dengan visual penuh, layar yang ditanamkan pada ponsel ini terbilang merupakan layar LCD yang cukup baik dengan tingkat responsibilitas yang tinggi dan memiliki perlindungan premium yaitu proteksi Go-rilla Glas sehingga pengguna tidak perlu khawatir

akan kerusakan pada layar, ditenagai dengan prosesor dengan kecepatan 1 Ghz yakni dual core dengan dukungan RAM sebesar 512 MB serta internal memori sebesar 4 GB dan terdapat pula Slot MicroSD sebagai penambahan kapasitas penyimpanan memori sampai dengan 32 GB.

Sementara untuk GPU, Himax Pure membawa GPU PowerVR SGX 531 yang diklaim mampu menjalankan berbagai multimedia processing baik untuk kualitas 2D maupun 3D berkat grafis yang sangat kuat dan ponsel ini pun sudah mendu-kung jaringan 3G untuk mengakses internet. Tak ketinggalan dipasangkan dua buah kamera yang masing-masing adalah kamera belakang dengan kamera beresolusi 8 megapiksel plus Autofocus serta lampu flash dan pihak Himax mengatakan bahwa kamera yang dipasangkan ini adalah sama seperti yang dipergunakan oleh iPhone 4S 0V8830 dan untuk kamera depan dipasangkan dengan kamera beresolusi 0.3 megapiksel yang juga berfungsi sebagai fasilitas video call bagi pengguna.

Ponsel Himax Pure ini dijalankan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), terdapat pula teknologi SRS Sound dari lab audio Amerika Serikat yang dapat menghasilkan suara suround 3D berkualitas, dan dibekali den-gan daya tahan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 1500 mAh yang dapat bertahan sampai

dengan 2 hari lamanya bila menggunakan pon-

sel ini dengan satu kartu saja, seperti kebanyakan ponsel lokal yang sudah beredar saat ini di mana ponsel ini pun dilengkapi den-gan fitur dual SIM Card. Harga jual untuk ponsel Himax Pure ini di pasaran dijual dengan harga berkisar Rp 1,5 jutaan saja.

MEDIA jejaring sosial Twitter diperkirakan menawarkan saham perdana (IPO) akhir 2013 atau awal 2014 dengan total nilai saham 11 miliar dolar AS.

Perusahaan Greencrest Capital, seperti dikutip Forbes, melapor-kan analisis mereka itu tentang pergantian kepemimpinan di Twitter yang memungkinkan perusahaan privat itu masuk bursa.

Twitter juga telah memperbarui aplikasi foto agar mampu bersa-ing dengan Instagram yang dimiliki Facebook.

Nilai jual lain terletak pada kemampuan Twitter mempromosikan tweet berbayar ke para pengguna potensialnya. Nilai Twitter naik sejak Facebook melakukan IPO dan sekarang (Twitter) bernilai sekitar 11 miliar dolar AS. Hal itu wajar seiring dengan pertumbu- han pengguna dan upaya-upaya menghasilkan uang baru.

Sebagai per- bandingan, di pasar bursa, Facebook bernilai 60,8 miliar dolar AS, Zynga 1,9

miliar dolar AS, dan Groupon 3,4 miliar dolar AS.

Atas nilai pe-rusahaannya, Analis

Greencrest Capital, Max Wolff, mengatakan isu akuisisi Apple

merupakan hal istimewa bagi Twitter karena memiliki kinerja lebih

baik dibandingkan Facebook. ant

NEAR Field Communication (NFC) sudah makin banyak digu-nakan di smartphone terkini, dari Samsung, Sony, Motorola, Nokia, RIM dan lain-lain. Selain untuk bertukar data, melakukan pem-bayaran mobile dan memudah-kan penggunaan ponsel dengan akses pintas menu tertentu, masih banyak potensi NFC yang belum tergalikan. Salah satunya, men-gontrol kendaraan Anda.

Seperti dikutip dari teknoup, perusahaan otomotif Hyundai

PERUSAHAAN penyedia layanan komunikasi wireless Amerika Serikat, Sprint menyatakan telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi 50 persen saham Clearwire seharga 2,97 dolar per saham atau totalnya 2,2 miliar dolar.

Dalam pernyataan bersama Sprint dan Clearwire yang disebarkan disebutkan, nilai transaksi itu merupakan 128 persen dari harga penu-tupan saham premium Clearwire pada hari sebelum Sprint pertama kali mengkonfirmasi di pasar pada 11 Oktober lalu.

Dinyatakan pula bahwa nilai total perusahaan Clearwire sekitar 10 miliar dolar, termasuk utang bersih dan kewajiban-kewajiban sewa spektrum jaringan yang nilainya 5,5 miliar dolar.

Spektrum Clearwire, jika dikombinasikan dengan kemampuan Sprint, akan memperkuat portofolio Sprint yang disempurnakan dan meningkatkan daya saing dalam industri wireless di AS.

Visi jaringan Sprint akan dilengkapi dengan aset spektrum 2.5 GHz dari Clearwire untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan dan migrasi jaringan ke standar LTE (long term evolution).

CEO Sprint Dan Hesse mengatakan, transaksi saat ini menandai langkah lain yang signifikan dalam posisi kompetitif Sprint yang diting-katkan dan kemampuan untuk menawarkan kepada pelanggan produk yang lebih baik, lebih banyak pilihan dan layanan terbaik.

Transaksi tersebut dengan suara bulat telah disetujui oleh dewan direksi Clearwire atas rekomendasi komite khusus yang dibentuknya.

Selain itu, Clearwire juga telah menerima komitmen dari Com-cast Corp, Intel Corp, dan Bright House Networks LLC, yang secara bersama-sama memegang sekitar 13 persen saham Clearwire, untuk mendukung transaksi ini.

SOftBank yang baru-baru ini mengumumkan merger dengan Sprint juga telah memberikan persetujuan terhadap transaksi tersebut.

CEO dan presiden Clearwire Erik Prusch mengatakan, “Kami dewan direksi telah meninjau alternatif strategi yang ada selama dua tahun terakhir. Dalam mengevaluasi alternatif yang tersedia, sebuah komite khusus melakukan proses hati-hati dan ketat, dan berdasarkan rekomendasi komite, direksi kami dengan suara bulat memutuskan bahwa transaksi ini, yang memberikan nilai tertentu dan menarik bagi pemegang saham, adalah jalan terbaik ke depan,” katanya. ant

ZTE Incar Posisi iPhonePRODUSEN elektronik ZTE Corpo-

ration berencana memacu kompetisi dengan iPhone Apple di pasar ponsel pintar AS dan menjadi satu dari tiga merek besar di dunia.

Produsen perangkat komunikasi itu, seperti dilansir The Wall Street Journal, memulai rencananya berbekal lima persen pangsa pasar di AS, produk-produk canggih, dan kerja sama kuat dengan berbagai operator.

Wakil Presiden Eksekutif ZTE, He

Shiyou mengatakan, kesuksesan di AS dan Cina menjadi kunci bagi ambisi perusahaannya dan mengharapkan lonjakan pendapatan ponsel pintar datang dari AS.

“Jika Anda tidak mendapat dua pasar itu dengan benar maka Anda akan ter-sisih sebagai pemain,” kata He.

Seperti pesaingnya Huawei Tech-nology Co yang juga berasal dari Cina, ZTE bukan hanya memproduksi perangkat pendukung telekomunikasi

dan jaringan data, melainkan telah meningkatkan kehadirannya di pasar konsumen akhir.

Peneliti pasar teknologi IDC, Ramon Llamas, mengatakan, “Popularitas ZTE cukup kecil, tapi sedang dalam progress.”

Namun, ZTE harus menghadapi laporan dari kongres AS terkait an-caman keamanan pada perangkat-perangkatnya ketika akan masuk ke pasar AS pada awal 2012.

ant

eBook Reader tak lagi Menarik, Konsumen Beralih ke Tablet

MASIHKAH Anda menggunakan eBook Reader semacam Kindle? Tak aneh jika saat ini Anda telah menyimpannya dalam gudang dan lebih sering meng-gunakan tablet Android atau iPad untuk keperluan membaca eBook dan majalah digital. Tapi Anda pasti masih ingat bahwa di tahun 2007, saat untuk pertama kali Amazon merilis Kindle sebagai eBook Reader per-tama yang diprediksi sebagai media yang mematikan peran buku cetak. Sementara toko buku cetak masih bisa Anda jumpai di tiap sudut kota, popularitas Kindle eBook Reader justru makin meredup di tahun 2012.

Seperti dilansir gopego, Kindle reader dan sejum-lah eBook Reader lain sebelumya diprediksi akan meroket menggantikan peran buku cetak. Namun, siapa sangka kehadiran iPad di tahun 2010 dan diikuti berbagai tablet Android yang kemudian justru menjadi pemicu terbunuhnya eBook Reader.

Lembaga riset IHS iSuppli dalam laporan yang dipublikasi-kan Los Angeles Times menyebutkan bahwa di tahun 2008 sedikitnya 1 juta unit eBook Reader terjual. Di tahun 2010, penjualan eBook Reader mencapai 10,1 juta unit tak lepas dari larisnya eReader Nook bua-tan Barnes & Noble pada akhir 2009. Dan di tahun 2011, penjualan eReader mengalami puncaknya pada titik 23,2 juta unit, sebelumnya akhirnya perlahan merosot di tahun 2012.

Penjualan total eBook Reader tahun ini menurut data IHS turun 36 persen dari tahun lalu. Jumlah yang terjual di akhir 2012 nanti hanya akan mencapai 14,9 juta unit sementara di tahun depan, penjualan eReader akan makin merosot (27 persen) sehingga

total penjualan hanya 10,9 juta unit saja. Yang terbu-ruk, eReader akan mengalami masa terburuk di tahun 2016 karena penjualannya akan ada jauh di bawah 10 juta unit menjadi 7,1 juta unit.

Lagi-lagi, tabletlah yang dianggap telah mematikan popularitas eBook Reader. Meski eBook Reader dijual dengan harga jauh lebih murah dari tablet tetapi kon-sumen selalu menginginkan gadget yang multifungsi. Dalam hal ini tablet menjadi pilihan utama.

Menurut seorang analis IHS, Jordan Selburn, eBook Reader yang fungsi utamanya hanya untuk membaca eBook telah dengan sadar disingkirkan oleh konsumen karena mereka secara ikhlas lebih memilih tablet dengan kemampuan beragam. Namun, apakah eBook Reader benar-benar akan ditinggalkan

konsumen dan menjadi produk masa lalu?

Jawabannya barangkali bisa Anda lihat pada Amazon yang merupakan produsen Kindle Reader. Produsen yang bermula sebagai toko buku ini

faktanya telah merilis sejum-lah tablet Android Kindle

Fire series. Terlepas dari penggunaan nama yang sama (Kindle), Amazon tampaknya memang menyadari perubahan pada selera konsumen sehingga memutuskan turut bersaing di pasar tablet dengan tetap

memasukkan fitur-fitur Kindle eReader termasuk

berbagai layanan untuk kemudahan berbelanja buku

via Amazon online store.Jika tablet telah berhasil me-

matikan eBook Reader, barang-kali 5 tahun mendatang tablet

harus tergusur oleh popularitas produk lain yang lebih hebat. Hal itu tak lepas dari inovasi di dunia gadget terus berkembang sementara selera konsumen juga terus berubah.

”Smartphone” dengan NFC akan Gantikan Kunci Mobil Hyundai

baru-baru ini mengumumkan ren-cana untuk membawa teknologi NFC ke mobil buatan mereka dalam beberapa tahun ke depan. Konsep konektivitas mereka mem-buat pengendara bisa mengontrol beberapa aspek mobil mereka dengan sebuah smartphone yang memiliki NFC.

Connectivity concept dari Hyundai ini memungkinkan mobil untuk mengingat posisi duduk sang pengendara dan posisi kaca spion dan mengunci mobil

dengan meletakkan smartphone di sebuah tag NFC spesial, sehingga mobil Anda tidak usah menggunakan kunci tradisional. Konten musik, kontak radio dan preferensi stasiun radio juga bisa disinkronisasikan dari ponsel ke mobil Anda. Bahkan, konsep ini mencakup kemampuan charg-ing nirkabel di dalam mobil untuk smartphone Anda. Hyundai berharap teknologi NFC ini siap dimasukkan ke produksi massal mereka tahun 2015.

Sprint Beli Clearwire

Twitter Mungkin ”Go Public” Akhir 2013

CMYK CMYK

Page 7: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Spesifikasi Acer Liquid Z110:

Dimensi : 193 x 126.5 x 11.4 mm.Berat : 390 gram.Layar : TFT capacitive touchscreen, 256K colors, 600 x 1024 pixels, 7.0 inci (~170 ppi pixel density).Kamera utama : 2 MP, 1600×1200 pixels, Geo-tagging, video [email protected] : 8 GB storage, 1 GB RAM.OS : Android OS, v4.1 (Jelly Bean).Prosesor : Nvidia Tegra 3 T30L, quad-core 1.2 GHz, ULP GeForce.Konektivitas : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0 with A2DP, USB v2.0.Fitur lain : SNS integration, HDMI port, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Google Talk, Picasa, Baterai: Li-Po 3420 mAh.

Acer Liquid Z110 – Acer Iconia Tab A110, Ramah di KantongACER merilis sebuah ponsel pintar dual SIM

Acer Liquid Z110 beberapa bulan ke depan. Acer Liquid Z110 membawa kamera layar sentuh 3,5 inci dengan resolusi 640 x 480 pixel. Seperti dilansir review1st, rencananya ponsel ini juga bakal dibekali

dengan Android 4.0.4 alias Ice Cream Sandwich dengan harga yang terjangkau.

Padahal, kalau dilihat dari spek yang dirilis pihak Asus, Liquid Z110 tidak jelek-jelek amat. Terbukti dari prosesornya yang menggunakan MTK 6575 1 GHz, dengan RAM 512 MB. Artinya, kita bisa meng-harap kinerja Android standar yang biasa dijual di

angka 1 hingga 2 jutaan.Dikabarkan pula Acer Liquid Z110

ini akan dilengkapi kamera 3 mega-pixel, FM tunner terintegrasi, GPS, Wi-Fi dan Bluetooth. Cocok untuk Anda yang memiliki banyak nomor yang mengharuskan keduanya aktif secara bersamaan.

Selain itu Acer melepas sebuah tablet kelas menengah yang diberi nama Iconia Tab A110. Harganya dikabarkan akan berkisar Rp 2 juta hingga Rp 2,5 jutaan. Bukan harga yang mahal, tapi juga bukan kisaran harga yang sepi dari kompetitor. Di range tersebut Anda bisa mendapat-kan banyak pilihan tablet Android 7 inci dan Iconia Tab A110 ditakutkan akan menjadi “Another 7 inch Android Tablet”.

Tanpa harus berspekulasi, mari kita simak apa yang dimiliki Acer Iconia Tab A110. Pertama dan utama adalah penggunaan Chipset Tegra 3 T30L 1.2 GHz besutan Nvidia. Tentu saja chipset pada Iconia Tab A110 amat menjanjikan bahkan untuk keperluan gaming bergrafis apik sekalipun. Setidaknya ada jaminan game-game tersebut mampu berjalan di Acer Iconia Tab A110.

Namun, apakah kombinasi resolusi layar yang hanya 1024 x 600 (hampir mendekati 720p- tapi bukan HD), dan penyimpanan media internal sebe-sar 8 GB akan cukup untuk menemani kehebatan chipset prosesor yang dibawa?

Spesifikasi Acer Iconia Tab A110:

Dimensi : 110 x 61.5 x 12.3 mm.Berat : 100 gram.Layar : TFT capacitive touchscreen, 256.144 warna, 320 x 480 pixels, 3.5 inci (~165 ppi pixel density).Kamera utama : 3.15 MP, 2048 × 1536 pixels, Geo-tagging, touch focus.Memori : 4 GB, 512 MB RAM.OS : Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich).Prosesor : MTK 6516, 1 GHz.Konektivitas : Wi-Fi.Fitur lain : SNS integration, MP3/WAV/WMA/eAAC+ player, MP4/H.264/H.263 player, Organizer, document viewer, Photo viewer/editor, Voice memo/dial, Predictive text input (Swype).Baterai : Li-po.

Beruntung Acer Iconia Tab A110 membawa be-berapa hal yang cukup menarik bagi gamer tablet. Di antaranya adalah port HDMI yang akan men-ghubungkan tablet dengan TV atau monitor semisal untuk keperluan gaming dan presen-tasi kantor. Belum lagi, hadirnya slot memori eksternal akan membuatnya lebih nyaman untuk menyimpan game dan video HD.

SEJUMLAH produk LG anyar siap meramaikan

pasar. Salah satunya adalah LG Tri Chip 333. Be-berapa fitur dan spesifikasi dalam ponsel ini seperti menegaskan bahwa LG mulai mengusik vendor ponsel Cina.

Seperti dilansir review1st, LG Tri Chip 333 seperti menegaskan bahwa LG juga bisa melakukan seperti yang dilakukan vendor-vendor Cina. Beberapa bulan lalu kita sudah mengenal perangkat ponsel yang mendukung tidak hanya dua kartu SIM, namun tiga sekaligus. Tapi kebanyakan dari mereka adalah produk vendor lokal, yang notabene merupakan hasil dari desain dan produksi vendor Cina.

Satu hal yang menjadi andalan LG Tri Chip 333

adalah fasilitas dengan tiga slot kartu SIM sekaligus sama sep-erti beberapa produk yang kerap dirilis ponsel Cina. Jika dipikir-pikir, me-mang tidak sedikit dari kita yang membutuhkan lebih dari satu nomor ponsel.

Tidak hanya untuk kebutuhan yang nakal, tapi kadang memisahkan urusan keluarga, pekerjaan dan kesenangan bisa dilakukan dengan membagi nomor yang berbeda. LG Tri CHip 333 memberikan kemudahan itu untuk ditanamkan dalam satu ponsel yang sama.

Selain mendukung tiga kartu GSM, LG Tri Chip 333 juga membawa fitur-fitur ponsel dasar, dileng-kapi dengan fitur-fitur yang diduga dibutuhkan untuk pangsa pasarnya, yakni Mode Cost Saving yang akan membatasi hubungan telepon hingga dalam menit atau hitungan pulsa tertentu, hingga baterai tahan lama agar ketiga nomor Anda tidak mati bersamaan.

Soal desain, LG Tri Chip 333 mengandalkan tampilan qwerty ala Blackberry. Hal ini menepis anggapan bahwa LG terlalu fokus di ponsel layar sentuh berukuran besar. Penggemar qwerty dengan fasilitas tiga kartu SIM keluaran LG.

Spesifikasi LG Tri Chip 333:

Dimensi : 108.9 x 59.6 x 12.1 mm.Berat : 98.2 gram.Layar : TFT, 256 ribu warna, 240 x 320 pixels, 2.3 inci (~174 ppi pixel density).Kamera utama : 3.15 MP, 2048 × 1536 pixels.Memori : microSD, up to 8 GB, 2 GB included.Prosesor : MT6236.Konektivitas : GPRS, EDGE, Wi-Fi.Fitur lain : SNS applications, MP3/WAV/AAC+ player, MP4/H.263 player, Organizer, Voice memo, Predictive text input.Baterai : Li-ion 1110 mAh.

BOSAN dengan aplikasi photo editing yang itu-itu saja? Mungkin Anda tertarik mencoba yang satu ini. PicsArt, tak hanya sekadar aplikasi yang menawarkan editing tool, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk menciptakan gambar yang kreatif dan artistik. Aplikasi gratis untuk Android ini menawarkan lebih banyak opsi editing dibandingkan kebanyakan ap- likasi foto lainnya. Yang membeda-kan aplikasi ini juga tampilan karya seni yang profesional.

Seperti dikutip dari gopego, PicsArt telah di-download lebih dari 30 juta kali sejak diluncurkan sekitar satu tahun yang lalu dan saat ini menjadi aplikasi foto teratas di An-droid. Developer juga berencana untuk merilis ap- likasi untuk iPhone pada awal tahun depan. PicsArt memungkinkan pengguna untuk memilih gambar dari camera roll, Facebook, Flickr, Picasa, Google, Dropbox atau mengambil foto baru dengan aplikasi PicsArt. Anda bisa menggunakan cropping foto, mengubah warna mata, menambahkan callouts, stiker digital dan clip art, atau menggunakan fitur utama PicsArts seperti berikut:

Filter: Pilihan berbagai filter, seperti comic, watercolor, sketcher, smart-blur, oil, popart, paper stencilers, distortions dan color splashes. Masks: Meramaikan foto dengan warna-warna cerah, tajam dan juga campuran warna. Correction: Perbaiki wajah, menyembunyikan jerawat atau menambahkan warna cokelat pada kulit.

Frame: Lebih dari 50 pilihan frame bertema dari kategori yang berbeda. Borders: Pilihan beragam border untuk foto.

Tak hanya itu, PicsArt juga memudahkan Anda untuk menghapus semua perubahan mulai dari awal. Anda juga dapat menggunakan fitur Draw untuk membuat gambar sendiri dengan menggunakan brush, shape dan colors. Menurut Artavazd Mehrabyan, CO-Founder dan CTO dari PicsArt, PicsArt adalah alat kreatif yang memberdayakan pengguna untuk menemukan jiwa seni mereka. Dengan begitu banyak pilihan dan alat-alat seni, Anda tidak pernah bisa berhenti karena Anda akan menemukan hal-hal baru setiap saat.

Selesai mengedit? PicsArt memberikan pilihan untuk meng-upload gambar baru langsung dari aplikasi ke sejumlah situs sosial, termasuk Facebook, Flickr, Picasa, Twitter, Dropbox, Foursquare, Tumblr, Blog-ger, Wordpress dan devianART. Anda juga dapat menambahkan foto ke PicsArt community yang mirip dengan Instagram, lengkap dengan feed dari foto pengguna yang bisa Anda follow atau yang bisa menjadi followers Anda.

OPSEL apa yang menjadi andalan Anda untuk iPhone? Apa pun jawaban Anda, selalu ada logo/teks opsel di bagian atas screen iPhone Anda, bukan? Bukan mustahil jika Anda ingin mengganti logo/teks tersebut dengan image/teks lain. Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa jailbreaking.

Adalah CustomCarrierLogo buatan developer Dany Lisiansky yang akan membantu Anda kus-tom logo opsel di iPhone Anda.

Syaratnya, Anda harus melaku-kannya dengan sebuah komputer Windows lalu ikuti langkahnya seperti di bawah ini sebagaimana dikutip dari gopego:

Step 1: Download Custom Carrier Logo. Jika suka Zeppelin Logos Anda bisa download Carri-erEditor untuk mengganti logonya saja.

Menyimpan Konten Foto & Video dari Snapchat atau Facebook Poke

SNAPCHAT merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk mengirimkan konten foto atau video yang bersifat pribadi dan rahasia antara penggunanya, tampaknya tak seaman yang diperkirakan. Sekalipun aplikasi ini memiliki mode self-destruct ala Mission Impossible begitu isi pe-sannya dibuka si penerima, namun ada cara mudah untuk menyimpan konten-konten foto maupun video tersebut, tanpa diketahui si pengirim pesan.

Seperti dikutip dari gopego, tips untuk menyimpan konten-konten dalam pesan Snapchat ini diposting Katie Notopoulos via Buzzfeed, dan untuk melakukannya Anda cukup menghubungkan ponsel Anda kepada sebuah kom-puter dan mengaksesnya via aplikasi file browser, tanpa

jailbreak sama sekali.Pertama-tama, jangan pernah membuka pesan yang

Anda terima via Snapschat, karena begitu dibuka, count-down untuk menghapus isi pesan akan dimulai dan Anda tidak akan bisa menyimpannya. Berikutnya hubungkan ponsel Anda dengan komputer, lalu buka aplikasi file explorer gratis untuk iPhone seperti iFileExpress untuk mengaksesnya.

Buka folder ”User Applications” lalu arahkan ke folder Snapchat > tmp, dan voila!, seluruh konten foto dan video yang Anda terima dan masih belum Anda buka akan bisa dikopi ke HDD komputer Anda. Untuk menghilangkan jejak, buka kembali pesan-pesan tersebut via ponsel agar

langsung terhapus dengan sendirinya.Metode ini juga berlaku untuk aplikasi Facebook

Poke, walaupun tata caranya agak lebih rumit daripada Snapchat. Untuk mengaksesnya, Anda harus mengakses folder Poke > library > caches > fbstore > mediacard. Sayangnya, yang bisa diakses via metode ini hanyalah konten video, dan konten-konten foto masih belum bisa ditemukan.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai hal ini? Apakah Anda mau repot-repot menyimpan file-file tersebut untuk bisa digunakan di kemudian hari atau menganggap tinda-kan semacam ini justru merusak kesenangan dari meng-gunakan aplikasi seperti Snapchat dan Facebook Poke?

Mengganti Logo/Teks Opsel di iPhone tanpa Jailbreak

Step 2: Jalankan CustomCar-rierLogo dan klik Let’s Get Started.

Step 3: Cari identitas opsel iPhone/iPad di Settings > Gen-eral > About. Ketik carrier version number di Current Carrier Version yang ada di bagian atas aplikasi CustomCarrierLogo. Step 4: Pilih device yang Anda pakai dan nama opsel dari dua ko-tak drop-down yang ada di bawah kolom Current Carrier Version.

Step 5: Pilih logo. Selain bisa memilih logo dari komputer, Cus-tomCarrierLogo juga memung-kinkan Anda membaut custom logo menggunakan teks. Step 6: Karena CustomCarri-erLogo tidak di-bundle jadi satu dengan Zeppelin Logos, Anda bisa membuat logo sendiri atau download file CarrierEditor (step

1) lalu extract. Step 7: Set-elah memi-lih logo, klik tombol Create IPCC Carrier Bundle, untuk meletakkan dua file .ipcc ke desktop.

Satu file diberi label Original yang merupakan backup dari logo original opsel semen-tara yang kedua adalah logo baru yang Anda

buat.

Step 8: Buka iTunes dan pastikan iPhone/iPad terkoneksi ke komputer. Pilih device dan navigasi ke device summary page. Tekan dan tahan tombol Shift di keyboard dan klik tombol Restore.

Di drop down menu yang ada di bagian pojok kanan bawah, pilih iPhone/iPad Carrier Configuration. Selanjutnya pilih file .ipcc (bukan originial) dari desktop. Carrier settings akan ter-update dan Anda akan melihat Carrier logo di iPhone/iPad telah berubah. Step 9: Untuk kembali ke origi-nal carrier settings, lakukan lang-kah no. 8 sekali lagi, pilih file .ipcc file Original lalu reboot device. Catatan:

Tips ini hanya berlaku untuk iDevice dengan cellular data sep-erti iPhone atau iPad 3G/LTE.

CMYK CMYK

Page 8: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

SUDAH dapat diperkira-kan sebelumnya, momen menjelang detik-detik pergantian tahun bakal banyak bermunculan produk ponsel di pasaran. Hal ini tak terlepas dengan banyaknya produsen top dunia yang terus menggen-jot produksi perangkat terbarunya demi mendong-krak penjualan sehingga memenuhi target untuk tahun 2012 ini.

Seperti dikutip dari berita teknologi, terkait hal itu, baru-baru ini salah satu

KEBERADAAN ponsel ZTE Grand S memang sudah beber-apa waktu lalu diketahui publik. Namun, kali ini kabar mengenai ponsel layar besar ini makin menarik.

Seperti dilansir Unwiredview, pon-sel ini tak hanya akan hadir dengan layar 5 inci full HD 1080p. ZTE Grand S ini juga bakal hadir dengan desain yang tidak kalah dengan ponsel An-droid full HD lain.

Pertama adalah dari segi uku-ran. Ponsel ini akan datang dengan ukuran super tipis, yakni 6,9 mm. Tak ketinggalan, ZTE juga menyematkan kamera 13 MP yang ada di bagian belakang ponsel. Dalam kabar sebe-lumnya, ZTE mengungkapkan bahwa ponsel ini akan memiliki bodi yang terbuat dari keramik.

Untuk spesifikasi lainnya, ponsel ini dirumorkan akan datang dengan prosesor quad core Qualcomm Snap-dragon S4 1.5 GHz, RAM 2 GB serta baterai 2500 mAh. Mengenai harga, ponsel ini kemungkinan akan dijual ZTE seharga 2779 yuan atau sekitar 449 dolar AS.

Ponsel Android Dual SIM Terbaru Berbasis Dual Core

pembuat ponsel asal Cina, Huawei dan operator China Telecom men-jalin kerja sama dengan melahir-kan smartphone terbarunya yaitu Huawei G500C.

Huawei G500C merupakan smartphone khusus untuk China Telecom. Smartphone dual SIM ini memiliki kemampuan untuk men-dukung jaringan CDMA dan GSM sekaligus. China Telecom sebagai operator yang menggunakan jarin-gan CDMA di Cina kabarnya turut memberi andil sejauh ini.

Ponsel ini telah dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,3 inci dengan fitur IPS. Untuk menam-

bah daya gedor pengoperasian-nya, Huawei G500C ini juga telah menapatkan asupan dukungan processor 1 GHz dual core prose-sor dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich di dalamnya. Selain itu, smartphone ciamik ini juga didu-kung dengan keberadaan fitur kamera utama 5 MP di belakang, kamera depan VGA, dan baterai 1930 mAh. Sementara tentang harga pasaran smartphone yang memang diperuntukkan buat ka-langan menengah (mid-range) ini, kabarnya Huawei G500C tersebut ditawarkan dengan harga 1599 RMB atau sekitar Rp 2,47 juta.

Kupa X15, Tablet ”High End” 10.1 Berbasis Windows 8SESUAI dengan motto ”Touch The

Future” yang disandangnya, salah satu produsen elektronik Amerika bernama Kupa tampaknya sejauh ini masih tetap konsisten untuk terus melahirkan perang-kat inovasi masa depan terbarunya.

Hal ini tentunya tercermin dari telah digulirkannya salah satu jajaran tablet UltraNote X15 terbarunya untuk memenuhi permintaaan pasar tablet high end dunia baru-baru ini.

Seperti dikutip dari berita teknologi, berbeda dengan tablet UltraNote X5 yang telah lebih dulu menembus pasaran beber-apa bulan yang lalu, kehadiran tablet Ul-traNote X15 terbarunya kali ini menawar-kan empat versi berbeda dengan berbagai fitur yang tak kalah hebatnya dan meliputi keberadaan layar 10.1 inci dengan IPS display yang mampu menampilkan res-olusi sebesar 1920 x 1200 piksel, RAM berkapasitas 8 GB, Wi-Fi, bluetooth, kam-

era de-pan dan belakang, dan dukungan pengoperasian menggunakan jari atau pena digital.

Selain itu, tablet ini juga dapat di-pasangkan dengan docking station opsion-al, yang terintegrasi dengan keyboard dan baterai, bersama dengan VGA, Ethernet dan port USB. Uniknya, Kupa X15 UltraN-ote ini juga dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas, yang agak jarang ditemui pada kebanyakan model tablet selama ini.

Model paket tablet dengan penyimpan-an SSD berkapasitas 64 GB dan proces-sor Intel Core i5 dibanderol mulai harga 1.100 dolar AS atau sekitar lebih dari Rp 10 jutaan.

Sementara model paket lainnya yang juga tersedia menawarkan hingga peny-impanan tambahan dengan SSD berka-pasitas 128 GB, Intel Core i7 dan mobile broadband opsional yang terintegrasi.

ZTE Grand S, Ponsel Android 5 Inci Full HD

Huawei G500C

DI mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung. Begitulah ungka-pan yang pantas untuk menggam-barkan apa yang telah dilakukan pembuat ponsel Nokia yang ber-basis di Finlandia ini. Pasalnya, demi berkip-rah di pasaran Cina ternyata telah meng-haruskan pihak Nokia untuk menyesuaikan secara khusus produk ponsel terbarunya.

Seperti dikutip dari berita teknologi, sejak Facebook dilarang di Cina, QQ telah menjelma sebagai salah satu layanan yang paling populer di sana. Terkait hal itu, guna mengikuti tren layanan yang berlaku

di sana, kabarnya Nokia telah rela memperbarui versi asli Asha 205 menjadi Asha 205 versi Cina

atau yang lebih dikenal dengan Asha 2050.

Dan khusus kip-rahnya untuk pasaran Cina kali ini, Nokia Asha 2050 telah dilengkapi dengan keberadaan tombol QQ.

Selain keberadaan tombol QQ, ponsel ini tampaknya diasupi fitur

dan kemampuan yang masih sama dengan versi aslinya. Fitur yang menaungi di antaranya meliputi kemampuan dual SIM, layar lanskap QVGA berukuran 2,4 inci , S40 User Interface, layanan berbagi Nokia Slam Blu-etooth, keyboard qwerty lengkap, Nokia Xpress Browser, Nokia Life Tools, 40 game EA gratis, 3.5 mm headset jack, stereo FM radio , kamera foto VGA, dukungan kartu MicroSD (sampai kapasitas 32 GB), dan baterai 1.020 mAh yang mampu bertahan hingga 25 hari saat stand by.

Ketersediaan khusus pasaran Cina sendiri, Nokia Asha 2050 per unitnya dibanderol dengan harga hanya 400 CNY atau sekitar Rp 600 ribuan saja. Sementara untuk versi aslinya saja dipasarkan dengan harga 65 dolar AS atau Rp 626 ribuan.

Perbandingan Teknologi ”Cloud Computing”

Dropbox, Google Drive dan SkyDrive

TEKNOLOGI berkembang makin pesat. Teknologi cloud computing berkembang makin populer tiap hari. Hard-disk tidak lagi menjadi media tunggal dalam penyimpanan informasi, sudah banyak orang yang menyimpan informasi secara online, baik itu foto, dokumen, dll.

Banyak sekali media penyimpanan online yang tersedia, di antaranya adalah Dropbox, Google Drive dan SkyDrive.

Ketiga produk tersebut memiliki fungsionalitas yang hampir sama. Jadi bagaimanakah perbandingan di antara ketiganya?

1. Storage Space and File SizesUntuk kategori ini, SkyDrive masih lebih bagus dari

Dropbox dan Google Drive untuk free user. Dropbox menyediakan kapasitas 2 GB (bisa ditambah dengan cara referral), Google Drive menyediakan 5 GB. Sementara Sky-Drive menyediakan kapasitas sebesar 7 GB. Batasan untuk upload file melalui browser untuk SkyDrive dan Dropbox adalah sebesar 300 MB, sedangkan untuk Google Drive adalah sebesar 10 GB. Akan tetapi file sebesar 10 GB hanya bisa di-upload premium user, karena perlu upgrade untuk mendapat kapasitas lebih dari 5 GB.

2. Additional Storage and PricesJika kapasitas yang didapatkan secara gratis dirasakan

masih kurang mencukupi kebutuhan, maka dapat dilakukan penambahan kapasitas dengan biaya yang sudah ditetap-kan. Dari segi harga penambahan kapasitas, SkyDrive masih merupakan yang terbaik untuk kategori ini. Untuk penambahan kapasitas sebesar 100 GB dibutuhkan biaya Rp 456.000/tahun (49.47 dolar untuk nilai tukar Rp 9.218 (finance.yahoo.com 12 Mei 2012) atau dengan kata lain kita membutuhkan 0.49 dolar untuk setiap 1 GB untuk 1 tahun. DropBox membutuhkan biaya 199.00/tahun untuk penambahan kapasitas sebesar 100 GB, yang artinya membutuhkan biaya sebesar 1.9 dolar AS untuk setiap 1 GB untuk 1 tahun. Sementara Google Drive membutuhkan biaya sebesar 59.88 dolar untuk penambahan kapasitas sebesar 100 GB, yang berarti dibutuhkan biaya sebesar 0.59 dolar AS unruk 1 GB untuk 1 tahun.

3. File SearchPoin ini merupakan keunggulan dari Google Drive. Dengan

Google Drive, pencarian dapat dilakukan berdasarkanpada kata kunci dan filter berdasarkan pada tipe file, pemilik, dsb. Google Drive juga dapat mengenali teks yang ada di dalam dokumen dengan menggunakan teknologi optical character recognition (OCR). Anda dapat mencari artikel yang sebe-narnya berdasarkan pada kata-kata yang ada di dalam gam-bar dari artikel yang Anda unggah. Meski kalah dari Google Drive, SkyDrive masih bisa digunakan untuk mencari teks di dalam suatu file dokumen. Poin ini merupakan kelemahan dari Dropbox, karena Dropbox hanya bisa digunakan untuk mencari berdasarkan nama file saja.

4. Supported PlatformsPoin ini merupakan kelebihan dari Dropbox, di mana Drop-

box mendukung Windows, MAC, Android, iPhone, iOS, dan BlackBerry.

SkyDrive tersedia untuk Windows, MAC, Android, iOS, dan Windows Phone. Sementara Google Drive hanya tersedia untuk Windows, MAC, dan Android.

5. IntegrationGoogle Drive unggul pada poin ini, Google Drive terinte-

grasi dengan Google Docs, Google+, Android, dll. SkyDrive terintegrasi dengan produk live yang lainnya, dan dokumen Microsoft Office. Jika banyak menggunakan dokumen Mi-crosoft Office dan produk live, maka SkyDrive adalah pilihan yang tepat. Sementara Dropbox hanya merupakan media penyimpanan online dengan fungsi tambahan yang disedia-kan pihak ketiga.

6. Supported FormatsPoin ini merupakan keunggulan dari Google Drive. Jika

SkyDrive dan Dropbox mendukung PDF, gambar, JPEG, dll, maka Google Drive dapat mendukung lebih banyak format berkat integrasi dengan Google Docs. Google Drive dapat digunakan untuk membuka file Photoshop, AutoCAD, dll.

7. History and BackupPoin ini merupakan kelemahan dari SkyDrive, di mana

SkyDrive tidak menyimpan history dari file. Jika file dihapus, maka file tersebut hilang.

Berbeda dengan SkyDrive adalah Dropbox dan Google Drive, di mana keduanya menyimpan history file yang dihapus selama 30 hari. Jadi file yang dihapus dapat dikembalikan selama tidak melebihi 30 hari.

8. SecurityGoogle Drive memberikan perlindungan ekstra dengan 2

langkah perlindungan. Jika seseorang berhasil mendapatkan username dan password kita, maka dia tetap. tidak. bisa mengakses file milik kita. Fitur ini tidak dimiliki Dropbox dan SkyDrive.

KesimpulanGoogle Drive unggul dalam kemudahan penggunaan dan

social integration. Pencarian file yang menawan serta tampi-lan yang menarik, dan yang paling penting adalah Google Drive cocok jika yang biasa. kita. gunakan adalah produk-produk dari Google.

SkyDrive unggul dalam hal kapasitas penyimpanan dan akses file. Tampilan dari SkyDrive juga menarik, dan yang lebih penting adalah SkyDrive cocok digunakan jika kita biasa menggunakan. dokumen Microsoft Office.

Dropbox unggul dalam hal pihak ketiga. Jika Google Drive dan SkyDrive dikembangkan developer dari dalam perusa-haan, Dropbox memiliki pengembang uang. cukup besar. Selain. itu, kapasitas. Dropbox yang didapatkan. secara gratis sebesar 2 GB dapat ditingkatkan. sampai dengan 18 GB dengan cara referral.

Demikian ulasan mengenai perbanding ketiga cloud stor-age yang ada, semoga bisa membantu pembaca untuk memi-lih layanan cloud storage yang sesuai dengan kebutuhan.

Gede HarsemadiSTIKOM Bali

CMYK CMYK

Page 9: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Acer Z110 vs LG Optimus L3 DualACER Z110 dan LG Optimus L3 Dual dua smart-

phone Android dual SIM yang memiliki banderol harga Rp 1 jutaan. Dua smartphone ini cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone Android dual SIM, namun memiliki banderol harga yang terjangkau. Mana yang

sebaiknya Anda pilih?

Seperti dikutip dari mobile88, Acer Z110 dan LG Optimus L3 dual keduanya menggunakan OS Android namun berbeda versi. Acer Z110 menggu-nakan Android 4.0 ICS yang lebih baru, se-dangkan LG Optimus L3 dual masih mengguna-kan Android 2.3 Ginger-bread.

Untuk kinerja, Acer Z110 menawarkan kinerja yang lebih cepat dimana perangkat ini ditenagai dengan prosesor 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB. Sementara LG Optimus L3 dual ditenagai dengan prosesor 800 MHz dan RAM sebesar 384 MB.

Acer Z110 hadir dengan ukuran layar sentuh yang lebih besar yakni berukuran 3,5 inci dan juga layarnya memiliki resolusi yang lebih tinggi yakni sebesar 320 x 480 piksel. Sementara LG Optimus L3 dual memiliki layar sentuh berukuran 3,2 inci dengan resolusi sebesar 240 x 320 piksel.

Acer Z110 dan LG Optimus L3 dual keduanya dilengkapi dengan kamera 3 megapiksel. Dan keduanya tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Untuk fitur-fitur konektivitas keduanya dileng-kapi dengan fitur-fitur seperti 3G HSDPA, HSUPA, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port microUSB.

Acer Z110 lebih dipilih karena smartphone ini menawarkan layar yang lebih besar, kinerja yang lebih cepat, dan juga versi Android yang lebih baru, plus smartphone ini memiliki banderol harga yang lebih murah.

Acer Z110 dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,1 jutaan, sedangkan LG Optimus L3 dual memi-liki banderol harga sekitar Rp 1,2 jutaan.

Acer Z110 merupakan smartphone Android 4.0 ICS yang hadir dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci 320 x 480 piksel. Acer Z110 ditenagai dengan prosesor 1 GHz.

Acer Z110 dilengkapi dengan memori internal 4 GB plus slot microSD, RAM 512 MB, kamera 3 megapiksel, Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan dukungan jaringan 3G HSDPA/HSUPA.

Sementara itu, LG Optimus L3 Dual E405 meru-pakan smartphone berbasis Android 2.3 Ginger-bread dengan dukungan dual SIM GSM+GSM. LG

Optimus L3 Dual E405 hadir dengan layar sentuh beru-kuran 3,2 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel (125ppi).

LG Optimus L3 Dual E405 ditenagai dengan prosesor 800 MHz, GPU Adreno 200, dan RAM sebesar 384 MB.

LG Optimus L3 Dual E405 dilengkapi juga dengan kamera 3 megapiksel, memori inter-nal 1 GB plus slot microSD up to 32GB, Wi-Fi 802.11 b/g/n, HSDPA 3.6 Mbps, Bluetooth 3.0, dan GPS.

ACER Z110 dan Sony Xperia Tipo dual merupakan

dua smartphone Android dual SIM yang memiliki banderol harga Rp 1 jutaan. Mana yang sebaiknya Anda pilih?

Seperti dikutip dari mobile88, Acer Z110 dan Sony Xpe-ria Tipo dual keduanya hadir menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS. Sementara untuk kinerja, Acer Z110 ditenagai dengan chipset MTK 6516 dengan prosesor 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB, sementara Sony Xperia Tipo dual ditenagai dengan chip Qualcomm MSM7225AA dengan prosesor Cortex A5 800 MHz dan RAM 512 MB.

Acer Z110 memiliki ukuran layar sentuh yang lebih be-sar yakni berukuran 3,5 inci dengan resolusi sebesar 320 x 480 piksel (165ppi). Sementara Sony Xperia Tipo dual memiliki layar sentuh berukuran 3,2 inci dengan resolusi sebesar 320 x 480 piksel (180ppi).

Acer Z110 memiliki kapasitas memori internal sebesar 4 GB, dan Sony Xperia Tipo dual memiliki kapasitas memori internal sebesar 3 GB. Keduanya dilengkapi juga dengan slot microSD up to 32 GB.

Acer Z110 dan Sony Xperia Tipo dual ked-uanya dilengkapi dengan kamera 3 megapiksel. Dan sayangnya keduanya tidak dilengkapi dengan kamera depan. Untuk fitur-fitur konektivitas keduanya dileng-kapi dengan dukungan jaringan 3G HSDPA/HSUPA, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan port microUSB.

Acer Z110 memiliki banderol yang lebih murah dibandingkan dengan Sony Xperia Tipo dual. Acer Z110 menawarkan beberapa keunggulan seperti layar sentuh yang lebih besar, dan prosesor 1 GHz.

Acer Z110 merupakan smartphone Android 4.0 ICS yang hadir dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci 320 x 480 piksel. Acer Z110 ditenagai dengan prosesor 1 GHz.

Acer Z110 dilengkapi dengan memori internal 4 GB plus slot microSD, RAM 512 MB, kamera 3 megapik-sel, Wi-Fi, GPS, bluetooth, dan dukungan jaringan 3G HSDPA/HSUPA.

Sony Xperia Tipo Dual merupakan smartphone berbasis Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang hadir dengan dukungan dual SIM GSM+GSM. Sony Xperia Tipo Dual ditenagai dengan prosesor 800 MHz dan memiliki layar sentuh berukuran 3,2 inci dengan res-olusi 320 x 480 piksel.

Sony Xperia Tipo Dual dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti RAM 512 MB, memori internal 2,9 GB plus slot microSD up to 32 GB, kamera 3.2 megapik-sel, Wi-Fi, bluetooth, aGPS, dan baterai berkapasitas 1500 mAh.

Pada tampilan ini terdapat dua pilihan, yaitu yang per-tama Lock itu fungsinya untuk menyembunyikan file yang kita anggap penting dan yang kedua Unlock itu fungsinya untuk menampilkan file yang sebelumnya sudah di-lock. Untuk menyembunyikan file, maka kita pilih tombol Lock.

2. Setelah menu Lock dipilih maka akan muncul tampi-lan seperti berikut ini:

Pada tampilan di atas akan muncul file-file yang ada dalam gallery perangkat Android Anda.

3. Untuk men-lock file -file yang diinginkan dengan cara pilih salah satu folder yang ada di dalam gallery, kemudian centang file yang ingin di-lock, seperti gambar berikut ini:

Setelah semua file yang ingin di-lock sudah tercentang, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol “Ok” maka secara otomatis file yang sudah di-lock tidak terlihat lagi pada gallery perangkat Android Anda.

4. Untuk menampilkan file-file yang sudah di-lock, yaitu dengan cara menekan tombol Unlock pada tampilan berikut:

5. Setelah menu Unlock dipilih, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

Pada tampilan berikut ini, silakan Anda mencentang file yang ingin Anda tampilkan kembali, kemudian akhiri dengan menekan tombol “Ok” maka secara otomatis file-file yang tadinya tidak terlihat pada gallery, sekarang sudah bisa terlihat lagi.

IB Ketut Surya Arnawa, S.Kom.STIKOM Bali.

7. Setelah proses mengunduh selesai, maka secara oto-matis aplikasi itu akan terpasang pada perangkat Android Anda. Seperti pada gambar berikut ini:

8. Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangan aplikasi pada perangkat Android Anda selesai, setelah itu aplikasi ini sudah siap untuk digunakan.

Berikut ini adalah cara menggunakan Applikasi Easy Gallery Lock pada perangkat Android Anda:

1. Buka aplikasi Easy Gallery Lock yang sudah ter-pasang pada perangkat Android Anda, dengan menekan ikon dari Easy Gallery Lock, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

GOOGLE sebagai penyedia layanan toko aplikasi Android mengumumkan 10 aplikasi terbaik selama tahun 2012.

Seperti dilansir Google Play, aplikasi-aplikasi ini adalah yang diluncurkan pada tahun 2012, atau yang memberikan pembaruan terbaiknya di tahun 2012.

Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik yang ada di Google Play. Beberapa di antaranya diluncur-

kan pada 2012, sementara lainnya yang memberikan pembaruan terbaik pada sisi kegunaan, keindahan dan kemudahan akses. Menurut Google, hampir semua aplikasi ini tersedia secara global dan menawarkan pengalaman yang menarik. Berikut adalah 10 aplikasi terbaik selama tahun 2012 yang dilansir Google Play. Google tidak mengurutkan mana yang mendapat predikat terbaik nomor satu.

- Evernote- Pinterest- Grimm’s Snow White- Pocket- Expedia Hotels & Flights- Ancestry

- Fancy- Seriesguide Show

Manager- Pixlr Express - Ted *

Acer Z110

Sony Xperia Tipo dual

CMYK CMYK

Page 10: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

MENYUSUL pengumuman Samsung tentang Galaxy Note II, LG juga mengeluarkan pernyataan pencapaian penjualan 1 juta unit atas phablet Opti-mus Vu produksinya.

Seperti dilansir Phone Arena, LG Optimus Vu adalah phablet dengan layar 5 inci, namun memiliki rasio aspek 4:3 sehingga terlihat lebih kotak.

Berbeda dengan Samsung yang mencapainya dalam 90 hari, LG membutuhkan waktu sekitar 3 kali lipat untuk menjual sejuta unit Optimus Vu. Penca-paian ini juga terjadi di negara asal LG yaitu Korea Selatan.

Selain Optimus Vu, LG juga memproduksi ber-bagai produk smartphone lain. Salah satu yang menonjol adalah LG Nexus 4 yang dibuat bekerja sama dengan Google, yang terbukti terjual laris di berbagai negara. Sayangnya, hingga saat ini LG be-lum mengumumkan jumlah penjualan Nexus 4 yang berbasis Android terbaru tersebut.

SEKITAR dua bulan yang lalu, saat Samsung Galaxy S III Mini resmi dirilis, ponsel pintar berbasis Android ini masih dibekali dengan sistem operasi Android Jelly Bean dengan versi 4.1.1. Nah, seiring perkembangan sistem operasi, kini Samsung telah me-masukkan sistem operasi Android 4.1.2 pada ponsel ini.

Seperti dilansir Unwiredview, kebijakan ini dilakukan Samsung hanya di beberapa negara. Disebutkan bahwa kebijakan ini hanya dilakukan Samsung untuk para konsumen mereka di Vietnam dan di Indonesia.

Samsung sendiri ren-cananya akan mem-perkenalkan Galaxy S III Mini secara resmi di Indo-nesia pada akhir Januari mendatang. Kita tunggu saja kehadirannya.

PRODUSEN ponsel pintar Sony Mobile akan segera me-luncurkan dua produk terbarunya, Xperia Z atau disebut Yuga dan Xperia ZL atau disebut Odin.

Sony Mobile, sebagaimana disebut Engadget, menyiarkan foto kedua ponsel pintar yang diperkirakan akan hadir di Con-sumer Electronic Show (CES) 2013 itu di situs resminya.

Kedua ponsel itu diperkirakan berlayar LCD lima inci den-gan kerapatan tampilan 1080 piksel, kamera 13 megapiksel bersensor Exmor RS, serta konektivitas LTE atau 4G.

Selain itu, prosesor Snapdragon S4 Pro 1,5 GHz, kartu RAM dua gigabit, dan grafis Adreno 320 juga akan meleng-kapi spesifikasi kedua ponsel terbaru Sony Mobile.

Dari foto yang disiarkan Sony, Xperia ZL mempunyai ke-unikan letak kamera depan yang berada di sisi bawah ponsel.

Namun, Sony belum memberikan informasi detail spesi-fikasi maupun perbedaan antara Yuga dan Odin. ant

PONSEL pintar (smartphone) bersistem operasi Tizen akan hadir secara global pada 2013, termasuk di Jepang oleh operator NTT Docomo. Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan Samsung dan Intel untuk perangkat komunikasi genggam.NTT Docomo, seperti dilansir The Yoimuri Shimbun, telah menan-datangani kerja sama dengan Samsung, Intel, dan berbagai industri lain untuk menawarkan perangkat Tizen ke pasar Jepang untuk pertama kali. Sistem operasi Tizen akan menjadi kompetitor baru bagi Android dan iOS karena dapat dipakai pada berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan smart TV.Tizen juga didesain agar ramah HTML5 karena berbasis Linux dan mempunyai tampilan antar-

LG Umumkan Penjualan Satu Juta Unit Optimus Vu

Sony Mobile akan Luncurkan Yuga dan Odin

muka (interface) untuk berbagai aplikasi web. Semenarik dan secanggih apapun Tizen, sistem

operasi itu tidak akan berkem-bang tanpa dukungan ekosistem dan para pengembang. ant

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menya-takan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat selular. Di sisi lain, Google merilis kode-kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat selular.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukun-gan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). (Adri Ridwan)

Pada perangkat Android terdapat sebuah gallery, yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file di antaranya foto dan video. Dengan adanya gallery ini, memudahkan kita di dalam mengakses berbagai jenis file yang berupa foto dan video dengan cepat dan mudah. Kadangkala melalui fasilitas ini seseorang menyimpan file yang berupa foto maupun video yang bersifat private baik itu berkaitan dengan pekerjaan atau rahasia yang tidak boleh diketahui orang banyak. Tetapi semua itu bisa saja terbongkar ketika ada orang lain yang sengaja atau tidak mengambil ponsel kita dan membuka isi gallery kita. Untuk menghindari hal seperti itu, kita dapat menggunakan ap-likasi Easy Gallery Lock yang sudah tersedia pada market Android secara gratis.

Aplikasi ini digunakan untuk menyembunyikan file- file yang kita anggap penting dan tidak boleh diketahui orang banyak.

Aplikasi Easy Gallery Lock ini, mempunyai dua buah fasilitas yang dapat digunakan yaitu :

1. Lock: Fasilitas ini digunakan untuk menyembunyikan file- file yang kita anggap penting dan tidak boleh diketahui orang banyak.

2. Unlock: Fasilitas ini adalah kebalikan dari fasilitas Lock. Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan file- file yang sudah kita Lock sebelumnya.

Berikut ini adalah cara untuk meng-install aplikasi Easy Gallery Lock pada perangkat Android Anda:

1. Pastikan Anda terkoneksi dengan internet, kemudian buka Play Store atau market pada Android.

2. Tahap selanjutnya pilih kategori alat pada Play Store seperti gambar berikut :

ANDROID adalah sistem operasi untuk telepon selular yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mer-eka sendiri untuk digunakan bermacam piranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat piranti lunak untuk ponsel. Kemudian un-tuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

3. Setelah itu akan muncul banyak aplikasi yang bisa diunduh baik secara gratis maupun berbayar. Pilih aplikasi Easy Gallery Lock seperti gambar berikut:

4. Maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Pada tampilan di atas untuk memulai memasang aplika-si pada perangkat Android Anda, silakan Anda menekan tombol “Pasang” untuk melanjutkan proses berikutnya.

5. Proses berikutnya akan muncul sebuah tampilan yang isi persetujuan untuk mengunduh aplikasi seperti gambar berikut ini:

Pada tampilan di atas, silakan Anda menekan tombol “Setuju & Unduh” untuk mengunduh aplikasi ini.

6. Secara otomatis aplikasi ini akan langsung terunduh, seperti gambar berikut ini:

CMYK CMYK

”Smartphone” denganOS Tizen Hadir 2013

Page 11: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

CMYK CMYK

Page 12: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

CMYK CMYK

Page 13: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

CMYK CMYK

Page 14: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

CMYK CMYK

Page 15: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

MENYUSUL pengumuman Samsung tentang Galaxy Note II, LG juga mengeluarkan pernyataan pencapaian penjualan 1 juta unit atas phablet Opti-mus Vu produksinya.

Seperti dilansir Phone Arena, LG Optimus Vu adalah phablet dengan layar 5 inci, namun memiliki rasio aspek 4:3 sehingga terlihat lebih kotak.

Berbeda dengan Samsung yang mencapainya dalam 90 hari, LG membutuhkan waktu sekitar 3 kali lipat untuk menjual sejuta unit Optimus Vu. Penca-paian ini juga terjadi di negara asal LG yaitu Korea Selatan.

Selain Optimus Vu, LG juga memproduksi ber-bagai produk smartphone lain. Salah satu yang menonjol adalah LG Nexus 4 yang dibuat bekerja sama dengan Google, yang terbukti terjual laris di berbagai negara. Sayangnya, hingga saat ini LG be-lum mengumumkan jumlah penjualan Nexus 4 yang berbasis Android terbaru tersebut.

SEKITAR dua bulan yang lalu, saat Samsung Galaxy S III Mini resmi dirilis, ponsel pintar berbasis Android ini masih dibekali dengan sistem operasi Android Jelly Bean dengan versi 4.1.1. Nah, seiring perkembangan sistem operasi, kini Samsung telah me-masukkan sistem operasi Android 4.1.2 pada ponsel ini.

Seperti dilansir Unwiredview, kebijakan ini dilakukan Samsung hanya di beberapa negara. Disebutkan bahwa kebijakan ini hanya dilakukan Samsung untuk para konsumen mereka di Vietnam dan di Indonesia.

Samsung sendiri ren-cananya akan mem-perkenalkan Galaxy S III Mini secara resmi di Indo-nesia pada akhir Januari mendatang. Kita tunggu saja kehadirannya.

PRODUSEN ponsel pintar Sony Mobile akan segera me-luncurkan dua produk terbarunya, Xperia Z atau disebut Yuga dan Xperia ZL atau disebut Odin.

Sony Mobile, sebagaimana disebut Engadget, menyiarkan foto kedua ponsel pintar yang diperkirakan akan hadir di Con-sumer Electronic Show (CES) 2013 itu di situs resminya.

Kedua ponsel itu diperkirakan berlayar LCD lima inci den-gan kerapatan tampilan 1080 piksel, kamera 13 megapiksel bersensor Exmor RS, serta konektivitas LTE atau 4G.

Selain itu, prosesor Snapdragon S4 Pro 1,5 GHz, kartu RAM dua gigabit, dan grafis Adreno 320 juga akan meleng-kapi spesifikasi kedua ponsel terbaru Sony Mobile.

Dari foto yang disiarkan Sony, Xperia ZL mempunyai ke-unikan letak kamera depan yang berada di sisi bawah ponsel.

Namun, Sony belum memberikan informasi detail spesi-fikasi maupun perbedaan antara Yuga dan Odin. ant

PONSEL pintar (smartphone) bersistem operasi Tizen akan hadir secara global pada 2013, termasuk di Jepang oleh operator NTT Docomo. Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan Samsung dan Intel untuk perangkat komunikasi genggam.NTT Docomo, seperti dilansir The Yoimuri Shimbun, telah menan-datangani kerja sama dengan Samsung, Intel, dan berbagai industri lain untuk menawarkan perangkat Tizen ke pasar Jepang untuk pertama kali. Sistem operasi Tizen akan menjadi kompetitor baru bagi Android dan iOS karena dapat dipakai pada berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan smart TV.Tizen juga didesain agar ramah HTML5 karena berbasis Linux dan mempunyai tampilan antar-

LG Umumkan Penjualan Satu Juta Unit Optimus Vu

Sony Mobile akan Luncurkan Yuga dan Odin

muka (interface) untuk berbagai aplikasi web. Semenarik dan secanggih apapun Tizen, sistem

operasi itu tidak akan berkem-bang tanpa dukungan ekosistem dan para pengembang. ant

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menya-takan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat selular. Di sisi lain, Google merilis kode-kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat selular.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukun-gan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). (Adri Ridwan)

Pada perangkat Android terdapat sebuah gallery, yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file di antaranya foto dan video. Dengan adanya gallery ini, memudahkan kita di dalam mengakses berbagai jenis file yang berupa foto dan video dengan cepat dan mudah. Kadangkala melalui fasilitas ini seseorang menyimpan file yang berupa foto maupun video yang bersifat private baik itu berkaitan dengan pekerjaan atau rahasia yang tidak boleh diketahui orang banyak. Tetapi semua itu bisa saja terbongkar ketika ada orang lain yang sengaja atau tidak mengambil ponsel kita dan membuka isi gallery kita. Untuk menghindari hal seperti itu, kita dapat menggunakan ap-likasi Easy Gallery Lock yang sudah tersedia pada market Android secara gratis.

Aplikasi ini digunakan untuk menyembunyikan file- file yang kita anggap penting dan tidak boleh diketahui orang banyak.

Aplikasi Easy Gallery Lock ini, mempunyai dua buah fasilitas yang dapat digunakan yaitu :

1. Lock: Fasilitas ini digunakan untuk menyembunyikan file- file yang kita anggap penting dan tidak boleh diketahui orang banyak.

2. Unlock: Fasilitas ini adalah kebalikan dari fasilitas Lock. Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan file- file yang sudah kita Lock sebelumnya.

Berikut ini adalah cara untuk meng-install aplikasi Easy Gallery Lock pada perangkat Android Anda:

1. Pastikan Anda terkoneksi dengan internet, kemudian buka Play Store atau market pada Android.

2. Tahap selanjutnya pilih kategori alat pada Play Store seperti gambar berikut :

ANDROID adalah sistem operasi untuk telepon selular yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mer-eka sendiri untuk digunakan bermacam piranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat piranti lunak untuk ponsel. Kemudian un-tuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

3. Setelah itu akan muncul banyak aplikasi yang bisa diunduh baik secara gratis maupun berbayar. Pilih aplikasi Easy Gallery Lock seperti gambar berikut:

4. Maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Pada tampilan di atas untuk memulai memasang aplika-si pada perangkat Android Anda, silakan Anda menekan tombol “Pasang” untuk melanjutkan proses berikutnya.

5. Proses berikutnya akan muncul sebuah tampilan yang isi persetujuan untuk mengunduh aplikasi seperti gambar berikut ini:

Pada tampilan di atas, silakan Anda menekan tombol “Setuju & Unduh” untuk mengunduh aplikasi ini.

6. Secara otomatis aplikasi ini akan langsung terunduh, seperti gambar berikut ini:

CMYK CMYK

”Smartphone” denganOS Tizen Hadir 2013

Page 16: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Acer Z110 vs LG Optimus L3 DualACER Z110 dan LG Optimus L3 Dual dua smart-

phone Android dual SIM yang memiliki banderol harga Rp 1 jutaan. Dua smartphone ini cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone Android dual SIM, namun memiliki banderol harga yang terjangkau. Mana yang

sebaiknya Anda pilih?

Seperti dikutip dari mobile88, Acer Z110 dan LG Optimus L3 dual keduanya menggunakan OS Android namun berbeda versi. Acer Z110 menggu-nakan Android 4.0 ICS yang lebih baru, se-dangkan LG Optimus L3 dual masih mengguna-kan Android 2.3 Ginger-bread.

Untuk kinerja, Acer Z110 menawarkan kinerja yang lebih cepat dimana perangkat ini ditenagai dengan prosesor 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB. Sementara LG Optimus L3 dual ditenagai dengan prosesor 800 MHz dan RAM sebesar 384 MB.

Acer Z110 hadir dengan ukuran layar sentuh yang lebih besar yakni berukuran 3,5 inci dan juga layarnya memiliki resolusi yang lebih tinggi yakni sebesar 320 x 480 piksel. Sementara LG Optimus L3 dual memiliki layar sentuh berukuran 3,2 inci dengan resolusi sebesar 240 x 320 piksel.

Acer Z110 dan LG Optimus L3 dual keduanya dilengkapi dengan kamera 3 megapiksel. Dan keduanya tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Untuk fitur-fitur konektivitas keduanya dileng-kapi dengan fitur-fitur seperti 3G HSDPA, HSUPA, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port microUSB.

Acer Z110 lebih dipilih karena smartphone ini menawarkan layar yang lebih besar, kinerja yang lebih cepat, dan juga versi Android yang lebih baru, plus smartphone ini memiliki banderol harga yang lebih murah.

Acer Z110 dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,1 jutaan, sedangkan LG Optimus L3 dual memi-liki banderol harga sekitar Rp 1,2 jutaan.

Acer Z110 merupakan smartphone Android 4.0 ICS yang hadir dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci 320 x 480 piksel. Acer Z110 ditenagai dengan prosesor 1 GHz.

Acer Z110 dilengkapi dengan memori internal 4 GB plus slot microSD, RAM 512 MB, kamera 3 megapiksel, Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan dukungan jaringan 3G HSDPA/HSUPA.

Sementara itu, LG Optimus L3 Dual E405 meru-pakan smartphone berbasis Android 2.3 Ginger-bread dengan dukungan dual SIM GSM+GSM. LG

Optimus L3 Dual E405 hadir dengan layar sentuh beru-kuran 3,2 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel (125ppi).

LG Optimus L3 Dual E405 ditenagai dengan prosesor 800 MHz, GPU Adreno 200, dan RAM sebesar 384 MB.

LG Optimus L3 Dual E405 dilengkapi juga dengan kamera 3 megapiksel, memori inter-nal 1 GB plus slot microSD up to 32GB, Wi-Fi 802.11 b/g/n, HSDPA 3.6 Mbps, Bluetooth 3.0, dan GPS.

ACER Z110 dan Sony Xperia Tipo dual merupakan

dua smartphone Android dual SIM yang memiliki banderol harga Rp 1 jutaan. Mana yang sebaiknya Anda pilih?

Seperti dikutip dari mobile88, Acer Z110 dan Sony Xpe-ria Tipo dual keduanya hadir menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS. Sementara untuk kinerja, Acer Z110 ditenagai dengan chipset MTK 6516 dengan prosesor 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB, sementara Sony Xperia Tipo dual ditenagai dengan chip Qualcomm MSM7225AA dengan prosesor Cortex A5 800 MHz dan RAM 512 MB.

Acer Z110 memiliki ukuran layar sentuh yang lebih be-sar yakni berukuran 3,5 inci dengan resolusi sebesar 320 x 480 piksel (165ppi). Sementara Sony Xperia Tipo dual memiliki layar sentuh berukuran 3,2 inci dengan resolusi sebesar 320 x 480 piksel (180ppi).

Acer Z110 memiliki kapasitas memori internal sebesar 4 GB, dan Sony Xperia Tipo dual memiliki kapasitas memori internal sebesar 3 GB. Keduanya dilengkapi juga dengan slot microSD up to 32 GB.

Acer Z110 dan Sony Xperia Tipo dual ked-uanya dilengkapi dengan kamera 3 megapiksel. Dan sayangnya keduanya tidak dilengkapi dengan kamera depan. Untuk fitur-fitur konektivitas keduanya dileng-kapi dengan dukungan jaringan 3G HSDPA/HSUPA, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan port microUSB.

Acer Z110 memiliki banderol yang lebih murah dibandingkan dengan Sony Xperia Tipo dual. Acer Z110 menawarkan beberapa keunggulan seperti layar sentuh yang lebih besar, dan prosesor 1 GHz.

Acer Z110 merupakan smartphone Android 4.0 ICS yang hadir dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci 320 x 480 piksel. Acer Z110 ditenagai dengan prosesor 1 GHz.

Acer Z110 dilengkapi dengan memori internal 4 GB plus slot microSD, RAM 512 MB, kamera 3 megapik-sel, Wi-Fi, GPS, bluetooth, dan dukungan jaringan 3G HSDPA/HSUPA.

Sony Xperia Tipo Dual merupakan smartphone berbasis Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang hadir dengan dukungan dual SIM GSM+GSM. Sony Xperia Tipo Dual ditenagai dengan prosesor 800 MHz dan memiliki layar sentuh berukuran 3,2 inci dengan res-olusi 320 x 480 piksel.

Sony Xperia Tipo Dual dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti RAM 512 MB, memori internal 2,9 GB plus slot microSD up to 32 GB, kamera 3.2 megapik-sel, Wi-Fi, bluetooth, aGPS, dan baterai berkapasitas 1500 mAh.

Pada tampilan ini terdapat dua pilihan, yaitu yang per-tama Lock itu fungsinya untuk menyembunyikan file yang kita anggap penting dan yang kedua Unlock itu fungsinya untuk menampilkan file yang sebelumnya sudah di-lock. Untuk menyembunyikan file, maka kita pilih tombol Lock.

2. Setelah menu Lock dipilih maka akan muncul tampi-lan seperti berikut ini:

Pada tampilan di atas akan muncul file-file yang ada dalam gallery perangkat Android Anda.

3. Untuk men-lock file -file yang diinginkan dengan cara pilih salah satu folder yang ada di dalam gallery, kemudian centang file yang ingin di-lock, seperti gambar berikut ini:

Setelah semua file yang ingin di-lock sudah tercentang, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol “Ok” maka secara otomatis file yang sudah di-lock tidak terlihat lagi pada gallery perangkat Android Anda.

4. Untuk menampilkan file-file yang sudah di-lock, yaitu dengan cara menekan tombol Unlock pada tampilan berikut:

5. Setelah menu Unlock dipilih, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

Pada tampilan berikut ini, silakan Anda mencentang file yang ingin Anda tampilkan kembali, kemudian akhiri dengan menekan tombol “Ok” maka secara otomatis file-file yang tadinya tidak terlihat pada gallery, sekarang sudah bisa terlihat lagi.

IB Ketut Surya Arnawa, S.Kom.STIKOM Bali.

7. Setelah proses mengunduh selesai, maka secara oto-matis aplikasi itu akan terpasang pada perangkat Android Anda. Seperti pada gambar berikut ini:

8. Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangan aplikasi pada perangkat Android Anda selesai, setelah itu aplikasi ini sudah siap untuk digunakan.

Berikut ini adalah cara menggunakan Applikasi Easy Gallery Lock pada perangkat Android Anda:

1. Buka aplikasi Easy Gallery Lock yang sudah ter-pasang pada perangkat Android Anda, dengan menekan ikon dari Easy Gallery Lock, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

GOOGLE sebagai penyedia layanan toko aplikasi Android mengumumkan 10 aplikasi terbaik selama tahun 2012.

Seperti dilansir Google Play, aplikasi-aplikasi ini adalah yang diluncurkan pada tahun 2012, atau yang memberikan pembaruan terbaiknya di tahun 2012.

Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik yang ada di Google Play. Beberapa di antaranya diluncur-

kan pada 2012, sementara lainnya yang memberikan pembaruan terbaik pada sisi kegunaan, keindahan dan kemudahan akses. Menurut Google, hampir semua aplikasi ini tersedia secara global dan menawarkan pengalaman yang menarik. Berikut adalah 10 aplikasi terbaik selama tahun 2012 yang dilansir Google Play. Google tidak mengurutkan mana yang mendapat predikat terbaik nomor satu.

- Evernote- Pinterest- Grimm’s Snow White- Pocket- Expedia Hotels & Flights- Ancestry

- Fancy- Seriesguide Show

Manager- Pixlr Express - Ted *

Acer Z110

Sony Xperia Tipo dual

CMYK CMYK

Page 17: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

SUDAH dapat diperkira-kan sebelumnya, momen menjelang detik-detik pergantian tahun bakal banyak bermunculan produk ponsel di pasaran. Hal ini tak terlepas dengan banyaknya produsen top dunia yang terus menggen-jot produksi perangkat terbarunya demi mendong-krak penjualan sehingga memenuhi target untuk tahun 2012 ini.

Seperti dikutip dari berita teknologi, terkait hal itu, baru-baru ini salah satu

KEBERADAAN ponsel ZTE Grand S memang sudah beber-apa waktu lalu diketahui publik. Namun, kali ini kabar mengenai ponsel layar besar ini makin menarik.

Seperti dilansir Unwiredview, pon-sel ini tak hanya akan hadir dengan layar 5 inci full HD 1080p. ZTE Grand S ini juga bakal hadir dengan desain yang tidak kalah dengan ponsel An-droid full HD lain.

Pertama adalah dari segi uku-ran. Ponsel ini akan datang dengan ukuran super tipis, yakni 6,9 mm. Tak ketinggalan, ZTE juga menyematkan kamera 13 MP yang ada di bagian belakang ponsel. Dalam kabar sebe-lumnya, ZTE mengungkapkan bahwa ponsel ini akan memiliki bodi yang terbuat dari keramik.

Untuk spesifikasi lainnya, ponsel ini dirumorkan akan datang dengan prosesor quad core Qualcomm Snap-dragon S4 1.5 GHz, RAM 2 GB serta baterai 2500 mAh. Mengenai harga, ponsel ini kemungkinan akan dijual ZTE seharga 2779 yuan atau sekitar 449 dolar AS.

Ponsel Android Dual SIM Terbaru Berbasis Dual Core

pembuat ponsel asal Cina, Huawei dan operator China Telecom men-jalin kerja sama dengan melahir-kan smartphone terbarunya yaitu Huawei G500C.

Huawei G500C merupakan smartphone khusus untuk China Telecom. Smartphone dual SIM ini memiliki kemampuan untuk men-dukung jaringan CDMA dan GSM sekaligus. China Telecom sebagai operator yang menggunakan jarin-gan CDMA di Cina kabarnya turut memberi andil sejauh ini.

Ponsel ini telah dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,3 inci dengan fitur IPS. Untuk menam-

bah daya gedor pengoperasian-nya, Huawei G500C ini juga telah menapatkan asupan dukungan processor 1 GHz dual core prose-sor dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich di dalamnya. Selain itu, smartphone ciamik ini juga didu-kung dengan keberadaan fitur kamera utama 5 MP di belakang, kamera depan VGA, dan baterai 1930 mAh. Sementara tentang harga pasaran smartphone yang memang diperuntukkan buat ka-langan menengah (mid-range) ini, kabarnya Huawei G500C tersebut ditawarkan dengan harga 1599 RMB atau sekitar Rp 2,47 juta.

Kupa X15, Tablet ”High End” 10.1 Berbasis Windows 8SESUAI dengan motto ”Touch The

Future” yang disandangnya, salah satu produsen elektronik Amerika bernama Kupa tampaknya sejauh ini masih tetap konsisten untuk terus melahirkan perang-kat inovasi masa depan terbarunya.

Hal ini tentunya tercermin dari telah digulirkannya salah satu jajaran tablet UltraNote X15 terbarunya untuk memenuhi permintaaan pasar tablet high end dunia baru-baru ini.

Seperti dikutip dari berita teknologi, berbeda dengan tablet UltraNote X5 yang telah lebih dulu menembus pasaran beber-apa bulan yang lalu, kehadiran tablet Ul-traNote X15 terbarunya kali ini menawar-kan empat versi berbeda dengan berbagai fitur yang tak kalah hebatnya dan meliputi keberadaan layar 10.1 inci dengan IPS display yang mampu menampilkan res-olusi sebesar 1920 x 1200 piksel, RAM berkapasitas 8 GB, Wi-Fi, bluetooth, kam-

era de-pan dan belakang, dan dukungan pengoperasian menggunakan jari atau pena digital.

Selain itu, tablet ini juga dapat di-pasangkan dengan docking station opsion-al, yang terintegrasi dengan keyboard dan baterai, bersama dengan VGA, Ethernet dan port USB. Uniknya, Kupa X15 UltraN-ote ini juga dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas, yang agak jarang ditemui pada kebanyakan model tablet selama ini.

Model paket tablet dengan penyimpan-an SSD berkapasitas 64 GB dan proces-sor Intel Core i5 dibanderol mulai harga 1.100 dolar AS atau sekitar lebih dari Rp 10 jutaan.

Sementara model paket lainnya yang juga tersedia menawarkan hingga peny-impanan tambahan dengan SSD berka-pasitas 128 GB, Intel Core i7 dan mobile broadband opsional yang terintegrasi.

ZTE Grand S, Ponsel Android 5 Inci Full HD

Huawei G500C

DI mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung. Begitulah ungka-pan yang pantas untuk menggam-barkan apa yang telah dilakukan pembuat ponsel Nokia yang ber-basis di Finlandia ini. Pasalnya, demi berkip-rah di pasaran Cina ternyata telah meng-haruskan pihak Nokia untuk menyesuaikan secara khusus produk ponsel terbarunya.

Seperti dikutip dari berita teknologi, sejak Facebook dilarang di Cina, QQ telah menjelma sebagai salah satu layanan yang paling populer di sana. Terkait hal itu, guna mengikuti tren layanan yang berlaku

di sana, kabarnya Nokia telah rela memperbarui versi asli Asha 205 menjadi Asha 205 versi Cina

atau yang lebih dikenal dengan Asha 2050.

Dan khusus kip-rahnya untuk pasaran Cina kali ini, Nokia Asha 2050 telah dilengkapi dengan keberadaan tombol QQ.

Selain keberadaan tombol QQ, ponsel ini tampaknya diasupi fitur

dan kemampuan yang masih sama dengan versi aslinya. Fitur yang menaungi di antaranya meliputi kemampuan dual SIM, layar lanskap QVGA berukuran 2,4 inci , S40 User Interface, layanan berbagi Nokia Slam Blu-etooth, keyboard qwerty lengkap, Nokia Xpress Browser, Nokia Life Tools, 40 game EA gratis, 3.5 mm headset jack, stereo FM radio , kamera foto VGA, dukungan kartu MicroSD (sampai kapasitas 32 GB), dan baterai 1.020 mAh yang mampu bertahan hingga 25 hari saat stand by.

Ketersediaan khusus pasaran Cina sendiri, Nokia Asha 2050 per unitnya dibanderol dengan harga hanya 400 CNY atau sekitar Rp 600 ribuan saja. Sementara untuk versi aslinya saja dipasarkan dengan harga 65 dolar AS atau Rp 626 ribuan.

Perbandingan Teknologi ”Cloud Computing”

Dropbox, Google Drive dan SkyDrive

TEKNOLOGI berkembang makin pesat. Teknologi cloud computing berkembang makin populer tiap hari. Hard-disk tidak lagi menjadi media tunggal dalam penyimpanan informasi, sudah banyak orang yang menyimpan informasi secara online, baik itu foto, dokumen, dll.

Banyak sekali media penyimpanan online yang tersedia, di antaranya adalah Dropbox, Google Drive dan SkyDrive.

Ketiga produk tersebut memiliki fungsionalitas yang hampir sama. Jadi bagaimanakah perbandingan di antara ketiganya?

1. Storage Space and File SizesUntuk kategori ini, SkyDrive masih lebih bagus dari

Dropbox dan Google Drive untuk free user. Dropbox menyediakan kapasitas 2 GB (bisa ditambah dengan cara referral), Google Drive menyediakan 5 GB. Sementara Sky-Drive menyediakan kapasitas sebesar 7 GB. Batasan untuk upload file melalui browser untuk SkyDrive dan Dropbox adalah sebesar 300 MB, sedangkan untuk Google Drive adalah sebesar 10 GB. Akan tetapi file sebesar 10 GB hanya bisa di-upload premium user, karena perlu upgrade untuk mendapat kapasitas lebih dari 5 GB.

2. Additional Storage and PricesJika kapasitas yang didapatkan secara gratis dirasakan

masih kurang mencukupi kebutuhan, maka dapat dilakukan penambahan kapasitas dengan biaya yang sudah ditetap-kan. Dari segi harga penambahan kapasitas, SkyDrive masih merupakan yang terbaik untuk kategori ini. Untuk penambahan kapasitas sebesar 100 GB dibutuhkan biaya Rp 456.000/tahun (49.47 dolar untuk nilai tukar Rp 9.218 (finance.yahoo.com 12 Mei 2012) atau dengan kata lain kita membutuhkan 0.49 dolar untuk setiap 1 GB untuk 1 tahun. DropBox membutuhkan biaya 199.00/tahun untuk penambahan kapasitas sebesar 100 GB, yang artinya membutuhkan biaya sebesar 1.9 dolar AS untuk setiap 1 GB untuk 1 tahun. Sementara Google Drive membutuhkan biaya sebesar 59.88 dolar untuk penambahan kapasitas sebesar 100 GB, yang berarti dibutuhkan biaya sebesar 0.59 dolar AS unruk 1 GB untuk 1 tahun.

3. File SearchPoin ini merupakan keunggulan dari Google Drive. Dengan

Google Drive, pencarian dapat dilakukan berdasarkanpada kata kunci dan filter berdasarkan pada tipe file, pemilik, dsb. Google Drive juga dapat mengenali teks yang ada di dalam dokumen dengan menggunakan teknologi optical character recognition (OCR). Anda dapat mencari artikel yang sebe-narnya berdasarkan pada kata-kata yang ada di dalam gam-bar dari artikel yang Anda unggah. Meski kalah dari Google Drive, SkyDrive masih bisa digunakan untuk mencari teks di dalam suatu file dokumen. Poin ini merupakan kelemahan dari Dropbox, karena Dropbox hanya bisa digunakan untuk mencari berdasarkan nama file saja.

4. Supported PlatformsPoin ini merupakan kelebihan dari Dropbox, di mana Drop-

box mendukung Windows, MAC, Android, iPhone, iOS, dan BlackBerry.

SkyDrive tersedia untuk Windows, MAC, Android, iOS, dan Windows Phone. Sementara Google Drive hanya tersedia untuk Windows, MAC, dan Android.

5. IntegrationGoogle Drive unggul pada poin ini, Google Drive terinte-

grasi dengan Google Docs, Google+, Android, dll. SkyDrive terintegrasi dengan produk live yang lainnya, dan dokumen Microsoft Office. Jika banyak menggunakan dokumen Mi-crosoft Office dan produk live, maka SkyDrive adalah pilihan yang tepat. Sementara Dropbox hanya merupakan media penyimpanan online dengan fungsi tambahan yang disedia-kan pihak ketiga.

6. Supported FormatsPoin ini merupakan keunggulan dari Google Drive. Jika

SkyDrive dan Dropbox mendukung PDF, gambar, JPEG, dll, maka Google Drive dapat mendukung lebih banyak format berkat integrasi dengan Google Docs. Google Drive dapat digunakan untuk membuka file Photoshop, AutoCAD, dll.

7. History and BackupPoin ini merupakan kelemahan dari SkyDrive, di mana

SkyDrive tidak menyimpan history dari file. Jika file dihapus, maka file tersebut hilang.

Berbeda dengan SkyDrive adalah Dropbox dan Google Drive, di mana keduanya menyimpan history file yang dihapus selama 30 hari. Jadi file yang dihapus dapat dikembalikan selama tidak melebihi 30 hari.

8. SecurityGoogle Drive memberikan perlindungan ekstra dengan 2

langkah perlindungan. Jika seseorang berhasil mendapatkan username dan password kita, maka dia tetap. tidak. bisa mengakses file milik kita. Fitur ini tidak dimiliki Dropbox dan SkyDrive.

KesimpulanGoogle Drive unggul dalam kemudahan penggunaan dan

social integration. Pencarian file yang menawan serta tampi-lan yang menarik, dan yang paling penting adalah Google Drive cocok jika yang biasa. kita. gunakan adalah produk-produk dari Google.

SkyDrive unggul dalam hal kapasitas penyimpanan dan akses file. Tampilan dari SkyDrive juga menarik, dan yang lebih penting adalah SkyDrive cocok digunakan jika kita biasa menggunakan. dokumen Microsoft Office.

Dropbox unggul dalam hal pihak ketiga. Jika Google Drive dan SkyDrive dikembangkan developer dari dalam perusa-haan, Dropbox memiliki pengembang uang. cukup besar. Selain. itu, kapasitas. Dropbox yang didapatkan. secara gratis sebesar 2 GB dapat ditingkatkan. sampai dengan 18 GB dengan cara referral.

Demikian ulasan mengenai perbanding ketiga cloud stor-age yang ada, semoga bisa membantu pembaca untuk memi-lih layanan cloud storage yang sesuai dengan kebutuhan.

Gede HarsemadiSTIKOM Bali

CMYK CMYK

Page 18: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Spesifikasi Acer Liquid Z110:

Dimensi : 193 x 126.5 x 11.4 mm.Berat : 390 gram.Layar : TFT capacitive touchscreen, 256K colors, 600 x 1024 pixels, 7.0 inci (~170 ppi pixel density).Kamera utama : 2 MP, 1600×1200 pixels, Geo-tagging, video [email protected] : 8 GB storage, 1 GB RAM.OS : Android OS, v4.1 (Jelly Bean).Prosesor : Nvidia Tegra 3 T30L, quad-core 1.2 GHz, ULP GeForce.Konektivitas : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0 with A2DP, USB v2.0.Fitur lain : SNS integration, HDMI port, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Google Talk, Picasa, Baterai: Li-Po 3420 mAh.

Acer Liquid Z110 – Acer Iconia Tab A110, Ramah di KantongACER merilis sebuah ponsel pintar dual SIM

Acer Liquid Z110 beberapa bulan ke depan. Acer Liquid Z110 membawa kamera layar sentuh 3,5 inci dengan resolusi 640 x 480 pixel. Seperti dilansir review1st, rencananya ponsel ini juga bakal dibekali

dengan Android 4.0.4 alias Ice Cream Sandwich dengan harga yang terjangkau.

Padahal, kalau dilihat dari spek yang dirilis pihak Asus, Liquid Z110 tidak jelek-jelek amat. Terbukti dari prosesornya yang menggunakan MTK 6575 1 GHz, dengan RAM 512 MB. Artinya, kita bisa meng-harap kinerja Android standar yang biasa dijual di

angka 1 hingga 2 jutaan.Dikabarkan pula Acer Liquid Z110

ini akan dilengkapi kamera 3 mega-pixel, FM tunner terintegrasi, GPS, Wi-Fi dan Bluetooth. Cocok untuk Anda yang memiliki banyak nomor yang mengharuskan keduanya aktif secara bersamaan.

Selain itu Acer melepas sebuah tablet kelas menengah yang diberi nama Iconia Tab A110. Harganya dikabarkan akan berkisar Rp 2 juta hingga Rp 2,5 jutaan. Bukan harga yang mahal, tapi juga bukan kisaran harga yang sepi dari kompetitor. Di range tersebut Anda bisa mendapat-kan banyak pilihan tablet Android 7 inci dan Iconia Tab A110 ditakutkan akan menjadi “Another 7 inch Android Tablet”.

Tanpa harus berspekulasi, mari kita simak apa yang dimiliki Acer Iconia Tab A110. Pertama dan utama adalah penggunaan Chipset Tegra 3 T30L 1.2 GHz besutan Nvidia. Tentu saja chipset pada Iconia Tab A110 amat menjanjikan bahkan untuk keperluan gaming bergrafis apik sekalipun. Setidaknya ada jaminan game-game tersebut mampu berjalan di Acer Iconia Tab A110.

Namun, apakah kombinasi resolusi layar yang hanya 1024 x 600 (hampir mendekati 720p- tapi bukan HD), dan penyimpanan media internal sebe-sar 8 GB akan cukup untuk menemani kehebatan chipset prosesor yang dibawa?

Spesifikasi Acer Iconia Tab A110:

Dimensi : 110 x 61.5 x 12.3 mm.Berat : 100 gram.Layar : TFT capacitive touchscreen, 256.144 warna, 320 x 480 pixels, 3.5 inci (~165 ppi pixel density).Kamera utama : 3.15 MP, 2048 × 1536 pixels, Geo-tagging, touch focus.Memori : 4 GB, 512 MB RAM.OS : Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich).Prosesor : MTK 6516, 1 GHz.Konektivitas : Wi-Fi.Fitur lain : SNS integration, MP3/WAV/WMA/eAAC+ player, MP4/H.264/H.263 player, Organizer, document viewer, Photo viewer/editor, Voice memo/dial, Predictive text input (Swype).Baterai : Li-po.

Beruntung Acer Iconia Tab A110 membawa be-berapa hal yang cukup menarik bagi gamer tablet. Di antaranya adalah port HDMI yang akan men-ghubungkan tablet dengan TV atau monitor semisal untuk keperluan gaming dan presen-tasi kantor. Belum lagi, hadirnya slot memori eksternal akan membuatnya lebih nyaman untuk menyimpan game dan video HD.

SEJUMLAH produk LG anyar siap meramaikan

pasar. Salah satunya adalah LG Tri Chip 333. Be-berapa fitur dan spesifikasi dalam ponsel ini seperti menegaskan bahwa LG mulai mengusik vendor ponsel Cina.

Seperti dilansir review1st, LG Tri Chip 333 seperti menegaskan bahwa LG juga bisa melakukan seperti yang dilakukan vendor-vendor Cina. Beberapa bulan lalu kita sudah mengenal perangkat ponsel yang mendukung tidak hanya dua kartu SIM, namun tiga sekaligus. Tapi kebanyakan dari mereka adalah produk vendor lokal, yang notabene merupakan hasil dari desain dan produksi vendor Cina.

Satu hal yang menjadi andalan LG Tri Chip 333

adalah fasilitas dengan tiga slot kartu SIM sekaligus sama sep-erti beberapa produk yang kerap dirilis ponsel Cina. Jika dipikir-pikir, me-mang tidak sedikit dari kita yang membutuhkan lebih dari satu nomor ponsel.

Tidak hanya untuk kebutuhan yang nakal, tapi kadang memisahkan urusan keluarga, pekerjaan dan kesenangan bisa dilakukan dengan membagi nomor yang berbeda. LG Tri CHip 333 memberikan kemudahan itu untuk ditanamkan dalam satu ponsel yang sama.

Selain mendukung tiga kartu GSM, LG Tri Chip 333 juga membawa fitur-fitur ponsel dasar, dileng-kapi dengan fitur-fitur yang diduga dibutuhkan untuk pangsa pasarnya, yakni Mode Cost Saving yang akan membatasi hubungan telepon hingga dalam menit atau hitungan pulsa tertentu, hingga baterai tahan lama agar ketiga nomor Anda tidak mati bersamaan.

Soal desain, LG Tri Chip 333 mengandalkan tampilan qwerty ala Blackberry. Hal ini menepis anggapan bahwa LG terlalu fokus di ponsel layar sentuh berukuran besar. Penggemar qwerty dengan fasilitas tiga kartu SIM keluaran LG.

Spesifikasi LG Tri Chip 333:

Dimensi : 108.9 x 59.6 x 12.1 mm.Berat : 98.2 gram.Layar : TFT, 256 ribu warna, 240 x 320 pixels, 2.3 inci (~174 ppi pixel density).Kamera utama : 3.15 MP, 2048 × 1536 pixels.Memori : microSD, up to 8 GB, 2 GB included.Prosesor : MT6236.Konektivitas : GPRS, EDGE, Wi-Fi.Fitur lain : SNS applications, MP3/WAV/AAC+ player, MP4/H.263 player, Organizer, Voice memo, Predictive text input.Baterai : Li-ion 1110 mAh.

BOSAN dengan aplikasi photo editing yang itu-itu saja? Mungkin Anda tertarik mencoba yang satu ini. PicsArt, tak hanya sekadar aplikasi yang menawarkan editing tool, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk menciptakan gambar yang kreatif dan artistik. Aplikasi gratis untuk Android ini menawarkan lebih banyak opsi editing dibandingkan kebanyakan ap- likasi foto lainnya. Yang membeda-kan aplikasi ini juga tampilan karya seni yang profesional.

Seperti dikutip dari gopego, PicsArt telah di-download lebih dari 30 juta kali sejak diluncurkan sekitar satu tahun yang lalu dan saat ini menjadi aplikasi foto teratas di An-droid. Developer juga berencana untuk merilis ap- likasi untuk iPhone pada awal tahun depan. PicsArt memungkinkan pengguna untuk memilih gambar dari camera roll, Facebook, Flickr, Picasa, Google, Dropbox atau mengambil foto baru dengan aplikasi PicsArt. Anda bisa menggunakan cropping foto, mengubah warna mata, menambahkan callouts, stiker digital dan clip art, atau menggunakan fitur utama PicsArts seperti berikut:

Filter: Pilihan berbagai filter, seperti comic, watercolor, sketcher, smart-blur, oil, popart, paper stencilers, distortions dan color splashes. Masks: Meramaikan foto dengan warna-warna cerah, tajam dan juga campuran warna. Correction: Perbaiki wajah, menyembunyikan jerawat atau menambahkan warna cokelat pada kulit.

Frame: Lebih dari 50 pilihan frame bertema dari kategori yang berbeda. Borders: Pilihan beragam border untuk foto.

Tak hanya itu, PicsArt juga memudahkan Anda untuk menghapus semua perubahan mulai dari awal. Anda juga dapat menggunakan fitur Draw untuk membuat gambar sendiri dengan menggunakan brush, shape dan colors. Menurut Artavazd Mehrabyan, CO-Founder dan CTO dari PicsArt, PicsArt adalah alat kreatif yang memberdayakan pengguna untuk menemukan jiwa seni mereka. Dengan begitu banyak pilihan dan alat-alat seni, Anda tidak pernah bisa berhenti karena Anda akan menemukan hal-hal baru setiap saat.

Selesai mengedit? PicsArt memberikan pilihan untuk meng-upload gambar baru langsung dari aplikasi ke sejumlah situs sosial, termasuk Facebook, Flickr, Picasa, Twitter, Dropbox, Foursquare, Tumblr, Blog-ger, Wordpress dan devianART. Anda juga dapat menambahkan foto ke PicsArt community yang mirip dengan Instagram, lengkap dengan feed dari foto pengguna yang bisa Anda follow atau yang bisa menjadi followers Anda.

OPSEL apa yang menjadi andalan Anda untuk iPhone? Apa pun jawaban Anda, selalu ada logo/teks opsel di bagian atas screen iPhone Anda, bukan? Bukan mustahil jika Anda ingin mengganti logo/teks tersebut dengan image/teks lain. Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa jailbreaking.

Adalah CustomCarrierLogo buatan developer Dany Lisiansky yang akan membantu Anda kus-tom logo opsel di iPhone Anda.

Syaratnya, Anda harus melaku-kannya dengan sebuah komputer Windows lalu ikuti langkahnya seperti di bawah ini sebagaimana dikutip dari gopego:

Step 1: Download Custom Carrier Logo. Jika suka Zeppelin Logos Anda bisa download Carri-erEditor untuk mengganti logonya saja.

Menyimpan Konten Foto & Video dari Snapchat atau Facebook Poke

SNAPCHAT merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk mengirimkan konten foto atau video yang bersifat pribadi dan rahasia antara penggunanya, tampaknya tak seaman yang diperkirakan. Sekalipun aplikasi ini memiliki mode self-destruct ala Mission Impossible begitu isi pe-sannya dibuka si penerima, namun ada cara mudah untuk menyimpan konten-konten foto maupun video tersebut, tanpa diketahui si pengirim pesan.

Seperti dikutip dari gopego, tips untuk menyimpan konten-konten dalam pesan Snapchat ini diposting Katie Notopoulos via Buzzfeed, dan untuk melakukannya Anda cukup menghubungkan ponsel Anda kepada sebuah kom-puter dan mengaksesnya via aplikasi file browser, tanpa

jailbreak sama sekali.Pertama-tama, jangan pernah membuka pesan yang

Anda terima via Snapschat, karena begitu dibuka, count-down untuk menghapus isi pesan akan dimulai dan Anda tidak akan bisa menyimpannya. Berikutnya hubungkan ponsel Anda dengan komputer, lalu buka aplikasi file explorer gratis untuk iPhone seperti iFileExpress untuk mengaksesnya.

Buka folder ”User Applications” lalu arahkan ke folder Snapchat > tmp, dan voila!, seluruh konten foto dan video yang Anda terima dan masih belum Anda buka akan bisa dikopi ke HDD komputer Anda. Untuk menghilangkan jejak, buka kembali pesan-pesan tersebut via ponsel agar

langsung terhapus dengan sendirinya.Metode ini juga berlaku untuk aplikasi Facebook

Poke, walaupun tata caranya agak lebih rumit daripada Snapchat. Untuk mengaksesnya, Anda harus mengakses folder Poke > library > caches > fbstore > mediacard. Sayangnya, yang bisa diakses via metode ini hanyalah konten video, dan konten-konten foto masih belum bisa ditemukan.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai hal ini? Apakah Anda mau repot-repot menyimpan file-file tersebut untuk bisa digunakan di kemudian hari atau menganggap tinda-kan semacam ini justru merusak kesenangan dari meng-gunakan aplikasi seperti Snapchat dan Facebook Poke?

Mengganti Logo/Teks Opsel di iPhone tanpa Jailbreak

Step 2: Jalankan CustomCar-rierLogo dan klik Let’s Get Started.

Step 3: Cari identitas opsel iPhone/iPad di Settings > Gen-eral > About. Ketik carrier version number di Current Carrier Version yang ada di bagian atas aplikasi CustomCarrierLogo. Step 4: Pilih device yang Anda pakai dan nama opsel dari dua ko-tak drop-down yang ada di bawah kolom Current Carrier Version.

Step 5: Pilih logo. Selain bisa memilih logo dari komputer, Cus-tomCarrierLogo juga memung-kinkan Anda membaut custom logo menggunakan teks. Step 6: Karena CustomCarri-erLogo tidak di-bundle jadi satu dengan Zeppelin Logos, Anda bisa membuat logo sendiri atau download file CarrierEditor (step

1) lalu extract. Step 7: Set-elah memi-lih logo, klik tombol Create IPCC Carrier Bundle, untuk meletakkan dua file .ipcc ke desktop.

Satu file diberi label Original yang merupakan backup dari logo original opsel semen-tara yang kedua adalah logo baru yang Anda

buat.

Step 8: Buka iTunes dan pastikan iPhone/iPad terkoneksi ke komputer. Pilih device dan navigasi ke device summary page. Tekan dan tahan tombol Shift di keyboard dan klik tombol Restore.

Di drop down menu yang ada di bagian pojok kanan bawah, pilih iPhone/iPad Carrier Configuration. Selanjutnya pilih file .ipcc (bukan originial) dari desktop. Carrier settings akan ter-update dan Anda akan melihat Carrier logo di iPhone/iPad telah berubah. Step 9: Untuk kembali ke origi-nal carrier settings, lakukan lang-kah no. 8 sekali lagi, pilih file .ipcc file Original lalu reboot device. Catatan:

Tips ini hanya berlaku untuk iDevice dengan cellular data sep-erti iPhone atau iPad 3G/LTE.

CMYK CMYK

Page 19: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

ALCATEL tampaknya kem-bali mencoba untuk bersaing di pasaran Indonesia dengan meng-hadirkan sebua ponsel yang diberi nama Alcatel One Touch Idol yang merupakan sebuah ponsel dengan spesifikasi yang dapat disamakan dengan beberapa ponsel lokal yang sudah beredar saat ini, namun ter-bilang ponsel ini memiliki spesifikasi yang lebih baik tetapi juga dengan harga jual yang sedikit lebih mahal tentunya.

Seperti dilansir mobile88, ponsel Alcatel One Touch Idol ini memiliki spesifikasi antara lain adalah memi-liki layar dengan ukuran 4,7 inci be-resolusi qHD yakni 540 x 960 piksel serta berjenis IPS, ketebalan dari ponsel ini hanya 8 mm saja, ditena-gai dengan prosesor dual core yang berkecepatan 1 Ghz dan didukung RAM sebesar 512 MB serta dengan ROM atau internal memori sebesar 4 GB versi yang dijual secara global di beberapa negara dan 16 GB un-tuk versi yang dijual di negara Asia, dijalankan dengan sistem operasi Android terbaru yaitu Android 4.1 Jelly Bean.

Untuk pasaran negara Asia

ZoPhone i5

Ponsel Tiruan iPhone 5SOAL tiru meniru produk populer di pasaran, kabarnya Cina

merupakan negara yang paling ahli dalam hal ini. Selain produk inovasi buatan sendiri seperti XiaoMi Phone 2, Meizu MX2 dan Nubia Z5, untuk saat ini saja ada begitu banyak produk tiruan perangkat populer yang beredar di pasaran Cina.

Seperti dilansir berita teknologi, ZoPhone adalah pro-dusen berbasis Cina yang memang terkenal ahli dalam meniru keberadaan perangkat populer lain. Dan produk ponsel teranyar yang kabarnya baru saja digulirkan be-lum lama ini yaitu ZoPhone i5.

ZoPhone i5 dirancang persis seperti iPhone 5, namun keberadaan logo di belakang diubah menjadi logo ZO. Ketebalan ZoPhone i5 yang hanya 7,6 mm digadang-gadang persis mirip 1:01 dengan keberadaan iPhone 5. Selama tahun 2012, iPhone 5 terdaftar berada pada posisi nomor 3 di top 10 smartphone terbaik di Cina.

Ada pun beberapa fitur utama pendukung ZoPhone i5 di antaranya processor dual core 1 GHz MediaTek MT6577, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 8 MP dan layar 4 inci dengan kemampuan resolusi 960 x 540 piksel. Selain itu, ZoPhone i5 ini juga meniru keberadaan Lightning USB port, Nano-SIM dan Earpods dari iPhone 5.

Menyinggung keberadaannya sendiri, saat ini ZoPhone i5 konon dipasarkan dengan harga 195 dolar AS atau sekitar Rp 1,87 jutaan per unitnya.

Alcatel One Touch Idol

terdapat pula pon-sel ini dengan dukungan

RAM sebesar 1 GB dan terdapat pula fitur dua buah Slot SIM Card seperti kebanyakan ponsel lokal yang sudah beredar di negara Asia khususnya pasaran Indonesia di mana konsumennya yang menyu-kai fitur dual SIM ini. Sementara itu untuk konektivitas, ponsel ini sudah mendukung jaringan 3G dan dilengkapi dengan port MicroUSB dan Bluetooth termasuk pula fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n sebagai alternatif untuk mengakses internet.

Tak ketinggalan dipasangkan dua buah kamera yang cukup ung-gul yaitu kamera depan dipasang-kan dengan kamera beresolusi 2 megapiksel dan kamera belakang beresolusi 8 megapiksel yang dilengkapi dengan lampu flash sedangkan untuk pemutar video ponsel ini pun dapat mengeksekusi video berformat HD 720p. Meski diinformasikan bahwa pihak Alcatel akan memberikan harga jual murah untuk ponsel ini namun bila dilihat dari spesifikasi yang ditanamkan maka ponsel Alcatel One Touch Idol ini akan dijual dengan perkiraan harga sebesar Rp 2 jutaan sampai dengan Rp 2,5 jutaan.

Himax Pure, Ponsel Android ICS dengan Layar 4 IPS

SALAH satu produsen ponsel baru yang be-rasal dari Taiwan yaitu Himax dikabarkan mencoba untuk masuk ke pasaran Indonesia dan mereka meluncurkan sebuah ponsel Android yang diberi nama Himax Pure dan ponsel ini sudah dapat dipesan secara pre-order melalui situs resmi mer-eka yakni di www.himax-indonesia.com.

Seperti dilansir mobile88, spesifikasi dari Himax Pure ini antara lain adalah memiliki layar dengan ukuran 4 inci yang beresolusi WVGA HD (High Definition) yang berjenis layar IPS dengan visual penuh, layar yang ditanamkan pada ponsel ini terbilang merupakan layar LCD yang cukup baik dengan tingkat responsibilitas yang tinggi dan memiliki perlindungan premium yaitu proteksi Go-rilla Glas sehingga pengguna tidak perlu khawatir

akan kerusakan pada layar, ditenagai dengan prosesor dengan kecepatan 1 Ghz yakni dual core dengan dukungan RAM sebesar 512 MB serta internal memori sebesar 4 GB dan terdapat pula Slot MicroSD sebagai penambahan kapasitas penyimpanan memori sampai dengan 32 GB.

Sementara untuk GPU, Himax Pure membawa GPU PowerVR SGX 531 yang diklaim mampu menjalankan berbagai multimedia processing baik untuk kualitas 2D maupun 3D berkat grafis yang sangat kuat dan ponsel ini pun sudah mendu-kung jaringan 3G untuk mengakses internet. Tak ketinggalan dipasangkan dua buah kamera yang masing-masing adalah kamera belakang dengan kamera beresolusi 8 megapiksel plus Autofocus serta lampu flash dan pihak Himax mengatakan bahwa kamera yang dipasangkan ini adalah sama seperti yang dipergunakan oleh iPhone 4S 0V8830 dan untuk kamera depan dipasangkan dengan kamera beresolusi 0.3 megapiksel yang juga berfungsi sebagai fasilitas video call bagi pengguna.

Ponsel Himax Pure ini dijalankan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), terdapat pula teknologi SRS Sound dari lab audio Amerika Serikat yang dapat menghasilkan suara suround 3D berkualitas, dan dibekali den-gan daya tahan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 1500 mAh yang dapat bertahan sampai

dengan 2 hari lamanya bila menggunakan pon-

sel ini dengan satu kartu saja, seperti kebanyakan ponsel lokal yang sudah beredar saat ini di mana ponsel ini pun dilengkapi den-gan fitur dual SIM Card. Harga jual untuk ponsel Himax Pure ini di pasaran dijual dengan harga berkisar Rp 1,5 jutaan saja.

MEDIA jejaring sosial Twitter diperkirakan menawarkan saham perdana (IPO) akhir 2013 atau awal 2014 dengan total nilai saham 11 miliar dolar AS.

Perusahaan Greencrest Capital, seperti dikutip Forbes, melapor-kan analisis mereka itu tentang pergantian kepemimpinan di Twitter yang memungkinkan perusahaan privat itu masuk bursa.

Twitter juga telah memperbarui aplikasi foto agar mampu bersa-ing dengan Instagram yang dimiliki Facebook.

Nilai jual lain terletak pada kemampuan Twitter mempromosikan tweet berbayar ke para pengguna potensialnya. Nilai Twitter naik sejak Facebook melakukan IPO dan sekarang (Twitter) bernilai sekitar 11 miliar dolar AS. Hal itu wajar seiring dengan pertumbu- han pengguna dan upaya-upaya menghasilkan uang baru.

Sebagai per- bandingan, di pasar bursa, Facebook bernilai 60,8 miliar dolar AS, Zynga 1,9

miliar dolar AS, dan Groupon 3,4 miliar dolar AS.

Atas nilai pe-rusahaannya, Analis

Greencrest Capital, Max Wolff, mengatakan isu akuisisi Apple

merupakan hal istimewa bagi Twitter karena memiliki kinerja lebih

baik dibandingkan Facebook. ant

NEAR Field Communication (NFC) sudah makin banyak digu-nakan di smartphone terkini, dari Samsung, Sony, Motorola, Nokia, RIM dan lain-lain. Selain untuk bertukar data, melakukan pem-bayaran mobile dan memudah-kan penggunaan ponsel dengan akses pintas menu tertentu, masih banyak potensi NFC yang belum tergalikan. Salah satunya, men-gontrol kendaraan Anda.

Seperti dikutip dari teknoup, perusahaan otomotif Hyundai

PERUSAHAAN penyedia layanan komunikasi wireless Amerika Serikat, Sprint menyatakan telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi 50 persen saham Clearwire seharga 2,97 dolar per saham atau totalnya 2,2 miliar dolar.

Dalam pernyataan bersama Sprint dan Clearwire yang disebarkan disebutkan, nilai transaksi itu merupakan 128 persen dari harga penu-tupan saham premium Clearwire pada hari sebelum Sprint pertama kali mengkonfirmasi di pasar pada 11 Oktober lalu.

Dinyatakan pula bahwa nilai total perusahaan Clearwire sekitar 10 miliar dolar, termasuk utang bersih dan kewajiban-kewajiban sewa spektrum jaringan yang nilainya 5,5 miliar dolar.

Spektrum Clearwire, jika dikombinasikan dengan kemampuan Sprint, akan memperkuat portofolio Sprint yang disempurnakan dan meningkatkan daya saing dalam industri wireless di AS.

Visi jaringan Sprint akan dilengkapi dengan aset spektrum 2.5 GHz dari Clearwire untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan dan migrasi jaringan ke standar LTE (long term evolution).

CEO Sprint Dan Hesse mengatakan, transaksi saat ini menandai langkah lain yang signifikan dalam posisi kompetitif Sprint yang diting-katkan dan kemampuan untuk menawarkan kepada pelanggan produk yang lebih baik, lebih banyak pilihan dan layanan terbaik.

Transaksi tersebut dengan suara bulat telah disetujui oleh dewan direksi Clearwire atas rekomendasi komite khusus yang dibentuknya.

Selain itu, Clearwire juga telah menerima komitmen dari Com-cast Corp, Intel Corp, dan Bright House Networks LLC, yang secara bersama-sama memegang sekitar 13 persen saham Clearwire, untuk mendukung transaksi ini.

SOftBank yang baru-baru ini mengumumkan merger dengan Sprint juga telah memberikan persetujuan terhadap transaksi tersebut.

CEO dan presiden Clearwire Erik Prusch mengatakan, “Kami dewan direksi telah meninjau alternatif strategi yang ada selama dua tahun terakhir. Dalam mengevaluasi alternatif yang tersedia, sebuah komite khusus melakukan proses hati-hati dan ketat, dan berdasarkan rekomendasi komite, direksi kami dengan suara bulat memutuskan bahwa transaksi ini, yang memberikan nilai tertentu dan menarik bagi pemegang saham, adalah jalan terbaik ke depan,” katanya. ant

ZTE Incar Posisi iPhonePRODUSEN elektronik ZTE Corpo-

ration berencana memacu kompetisi dengan iPhone Apple di pasar ponsel pintar AS dan menjadi satu dari tiga merek besar di dunia.

Produsen perangkat komunikasi itu, seperti dilansir The Wall Street Journal, memulai rencananya berbekal lima persen pangsa pasar di AS, produk-produk canggih, dan kerja sama kuat dengan berbagai operator.

Wakil Presiden Eksekutif ZTE, He

Shiyou mengatakan, kesuksesan di AS dan Cina menjadi kunci bagi ambisi perusahaannya dan mengharapkan lonjakan pendapatan ponsel pintar datang dari AS.

“Jika Anda tidak mendapat dua pasar itu dengan benar maka Anda akan ter-sisih sebagai pemain,” kata He.

Seperti pesaingnya Huawei Tech-nology Co yang juga berasal dari Cina, ZTE bukan hanya memproduksi perangkat pendukung telekomunikasi

dan jaringan data, melainkan telah meningkatkan kehadirannya di pasar konsumen akhir.

Peneliti pasar teknologi IDC, Ramon Llamas, mengatakan, “Popularitas ZTE cukup kecil, tapi sedang dalam progress.”

Namun, ZTE harus menghadapi laporan dari kongres AS terkait an-caman keamanan pada perangkat-perangkatnya ketika akan masuk ke pasar AS pada awal 2012.

ant

eBook Reader tak lagi Menarik, Konsumen Beralih ke Tablet

MASIHKAH Anda menggunakan eBook Reader semacam Kindle? Tak aneh jika saat ini Anda telah menyimpannya dalam gudang dan lebih sering meng-gunakan tablet Android atau iPad untuk keperluan membaca eBook dan majalah digital. Tapi Anda pasti masih ingat bahwa di tahun 2007, saat untuk pertama kali Amazon merilis Kindle sebagai eBook Reader per-tama yang diprediksi sebagai media yang mematikan peran buku cetak. Sementara toko buku cetak masih bisa Anda jumpai di tiap sudut kota, popularitas Kindle eBook Reader justru makin meredup di tahun 2012.

Seperti dilansir gopego, Kindle reader dan sejum-lah eBook Reader lain sebelumya diprediksi akan meroket menggantikan peran buku cetak. Namun, siapa sangka kehadiran iPad di tahun 2010 dan diikuti berbagai tablet Android yang kemudian justru menjadi pemicu terbunuhnya eBook Reader.

Lembaga riset IHS iSuppli dalam laporan yang dipublikasi-kan Los Angeles Times menyebutkan bahwa di tahun 2008 sedikitnya 1 juta unit eBook Reader terjual. Di tahun 2010, penjualan eBook Reader mencapai 10,1 juta unit tak lepas dari larisnya eReader Nook bua-tan Barnes & Noble pada akhir 2009. Dan di tahun 2011, penjualan eReader mengalami puncaknya pada titik 23,2 juta unit, sebelumnya akhirnya perlahan merosot di tahun 2012.

Penjualan total eBook Reader tahun ini menurut data IHS turun 36 persen dari tahun lalu. Jumlah yang terjual di akhir 2012 nanti hanya akan mencapai 14,9 juta unit sementara di tahun depan, penjualan eReader akan makin merosot (27 persen) sehingga

total penjualan hanya 10,9 juta unit saja. Yang terbu-ruk, eReader akan mengalami masa terburuk di tahun 2016 karena penjualannya akan ada jauh di bawah 10 juta unit menjadi 7,1 juta unit.

Lagi-lagi, tabletlah yang dianggap telah mematikan popularitas eBook Reader. Meski eBook Reader dijual dengan harga jauh lebih murah dari tablet tetapi kon-sumen selalu menginginkan gadget yang multifungsi. Dalam hal ini tablet menjadi pilihan utama.

Menurut seorang analis IHS, Jordan Selburn, eBook Reader yang fungsi utamanya hanya untuk membaca eBook telah dengan sadar disingkirkan oleh konsumen karena mereka secara ikhlas lebih memilih tablet dengan kemampuan beragam. Namun, apakah eBook Reader benar-benar akan ditinggalkan

konsumen dan menjadi produk masa lalu?

Jawabannya barangkali bisa Anda lihat pada Amazon yang merupakan produsen Kindle Reader. Produsen yang bermula sebagai toko buku ini

faktanya telah merilis sejum-lah tablet Android Kindle

Fire series. Terlepas dari penggunaan nama yang sama (Kindle), Amazon tampaknya memang menyadari perubahan pada selera konsumen sehingga memutuskan turut bersaing di pasar tablet dengan tetap

memasukkan fitur-fitur Kindle eReader termasuk

berbagai layanan untuk kemudahan berbelanja buku

via Amazon online store.Jika tablet telah berhasil me-

matikan eBook Reader, barang-kali 5 tahun mendatang tablet

harus tergusur oleh popularitas produk lain yang lebih hebat. Hal itu tak lepas dari inovasi di dunia gadget terus berkembang sementara selera konsumen juga terus berubah.

”Smartphone” dengan NFC akan Gantikan Kunci Mobil Hyundai

baru-baru ini mengumumkan ren-cana untuk membawa teknologi NFC ke mobil buatan mereka dalam beberapa tahun ke depan. Konsep konektivitas mereka mem-buat pengendara bisa mengontrol beberapa aspek mobil mereka dengan sebuah smartphone yang memiliki NFC.

Connectivity concept dari Hyundai ini memungkinkan mobil untuk mengingat posisi duduk sang pengendara dan posisi kaca spion dan mengunci mobil

dengan meletakkan smartphone di sebuah tag NFC spesial, sehingga mobil Anda tidak usah menggunakan kunci tradisional. Konten musik, kontak radio dan preferensi stasiun radio juga bisa disinkronisasikan dari ponsel ke mobil Anda. Bahkan, konsep ini mencakup kemampuan charg-ing nirkabel di dalam mobil untuk smartphone Anda. Hyundai berharap teknologi NFC ini siap dimasukkan ke produksi massal mereka tahun 2015.

Sprint Beli Clearwire

Twitter Mungkin ”Go Public” Akhir 2013

CMYK CMYK

Page 20: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Microsoft, Raksasa yang Hilang KekuatanMICROSOFT adalah raja komputer

desktop, tak dipungkiri. Bagaimana tidak, Windows OS bisa Anda temukan di setiap komputer yang ada di tiap kantor dan rumah. Tapi tampaknya kuasa sang raja makin pudar tak lepas dari terus berkem-bangnya teknologi komputer tablet dan smartphone.

Popularitas tablet yang didahului dengan iPad di tahun 2010 lambat laun menjadikan konsumen lebih memilih tablet ketimbang komputer desktop. Fungsi keduanya barangkali memang tidak bisa dibandingkan mengingat masing-masing memiliki keunggulan berbeda tetapi faktor mobilitas, kemudahan serta tren men-jadikan tablet terus menjadi gadget yang diperlukan, bukan sekadar diinginkan konsumen. Sebagai dampaknya, kom-puter desktop secara perlahan surut meski banyak ahli mengatakan bahwa tablet tidak bisa menggantikan peran komputer, juga sebaliknya.

Dengan kata lain, saat komputer desk-top turun pamor maka Microsoft sebagai penyedia Windows OS juga menjadi pihak yang dirugikan. Karena itulah Microsoft pada tahun 2012 menyiasatinya mela-lui rilis Windows 8 yang merupakan OS untuk desktop dan tablet. Namun, apakah langkah Microsoft merilis platform desktop/

tablet pertama tersebut tepat dan sukses?Analis pasar Roger Kay dari Forbes

mengatakan alasan Microsoft masih bisa bertahan di tengah persaingan adalah karena konsumen belum mengetahui ada banyak alternatif selain Windows OS. Menurut Kay, para konsumen yang telah menggunakan komputer Windows selama bertahun-tahun tidak berani mencoba soft-ware lain seperti buatan Apple atau Google sehingga setiap kali membeli PC, mereka akan tetap memilih Windows PC. Menurut-nya Microsoft hanya melakukan layanan

sewa terhadap Windows OS miliknya agar konsumen tetap bisa menggunakannya.

Microsoft membangun bisnis sumur di bagian kaki bukit tempat populasi berkum-pul dan membutuhkan air. Microsoft memo-nopoli persediaan air dengan memberlaku-kan biaya sewa untuk air “ajaib” miliknya. Tidak peduli ada banyak sumur lain di luar sana yang menawarkan tarif lebih murah, banyak orang masih setia datang ke kaki bukit untuk mendapatkan air ajaib dari sumur Microsoft.

Kay juga mengkritisi kesalahan dan

kegagalan yang dibuat Microsoft selama 10 tahun ini. Harga yang dipatok Micro-soft untuk Windows OS dinilai Kay telah melukai konsumen tanpa pemikiran akan dampaknya di kuartal setelahnya. Pegawai Microsoft disebut Kay takut untuk berbuat sesuatu kecuali mengikuti kebijakan politik perusahaan serta saling menggagalkan proyek gagasan kawannya. Kultur peru-sahaan semacam itu disebut Kay sebagai pemicu hengkangnya para jenius yang dimiliki Microsoft, seperti pimpinan Win-dows Steven Sinofsky dan Craig Mundie yang merupakan pimpinan riset dan strate-gi. Hal sederhana yang dicontohkan Kay adalah kegagalan Microsoft dalam mena-mai produknya. Lihat saja “Metro” interface di Windows 8 dan “Bing” search engine yang tidak mampu menjadi kata kerja baru dalam kamus bahasa Inggris, berbeda den-gan “Google” yang telah menjadi kosakata baru dalam pembicaraan sehari-hari.

Lebih jauh Kay meminta Bill Gates untuk mengambil alih Microsoft dan meminta CEO Steve Ballmer keluar dari Micro-soft. Menurutnya, Ballmer adalah sumber masalah di Microsoft dan bertanggung jawab atas banyaknya kebijakan keliru yang dibuat Microsoft. Untuk bisa bersaing dengan Apple dan Google, Microsoft harus segera berbenah.

SAMSUNG baru saja mengungkap keluarga baru Series 7 dengan nama Series 7 Ultra. Dengan demikian, Samsung telah mengumumkan 2 buah notebook untuk kinerja tinggi sebelum CES 2013 berlangsung beberapa hari lagi.

Seperti dikutip dari gopego, notebook yang pertama adalah Sam-sung Series 7 Ultra, yang menawarkan desain baru lebih ramping dari Series 7 Chronos. Samsung Series 7 Ultra akan tersedia dalam dua versi, yaitu layar sentuh dan non-touchscreen. Anda juga dapat menemukan varian dengan prosesor Core i5 atau i7 dan kapasitas penyimpanan 128 GB atau 256 GB.

Apa pun konfigurasi yang disebutkan di atas yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan laptop layar 13 inci dengan resolusi 1080p dan 350-nit, RAM 16 GB, backlit keyboard, speaker JBL dan 1 GB AMD HD8570M GPU. Samsung Series 7 Ultra masih didukung spesifikasi seperti 3 port USB, HDMI, Ethernet, mini-VGA, sebuah memory card reader dan baterai yang mampu berlangsung selama 8 jam (sepertinya baterai untuk model non-touchscreen).

Di sisi lain, Samsung juga telah merilis teaser seri terbaru Series 7 Chronos. Berdasarkan video teaser tersebut dapat diketahui

spesifikasi notebook Series 7 Chronos. Notebook Samsung Series 7 Chronos memiliki layar 15 inci dan akan disegarkan

dengan AMD Radeon HD 8870M GPU, yang merupakan AMD versi terbaru. Selain itu Samsung Series 7 Chronos juga didukung teknologi RAM accelerator yang diklaim dapat meningkatkan kecepatan browsing dan aplikasi umum hingga 150 persen.

Selain beberapa spesifikasi yang disebutkan di atas, Samsung Series 7 Chronos juga telah mendapatkan desain baru yang lebih ramping dibanding model

sebelumnya. Notebook ini akan mengguna-kan prosesor Intel Core i7 3635QM

CPU berkecepatan 2,4 GHz, 300-nit, layar 1080p,

RAM hingga 16 GB, kapasitas penyimpanan

hingga 1TB, pilihan layar sentuh, backlit keyboard,

JBL speaker dan baterai yang bisa berlangsung 11 jam.Sayangnya, saat ini tidak ada

informasi harga dan ketersediaan dari kedua model Samsung Series 7

Ultra dan Series 7 Chronos.

Meramal Desain dan Teknologi Komputer 2013ANDA boleh saja berpikir laptop, desktop dan

tablet yang ada saat ini adalah model paling mu-takhir yang bisa diberikan bisnis teknologi. Tak salah memang mengingat Windows 8 OS baru saja dirilis pada akhir Oktober lalu. OS tersebut memberikan fitur-fitur baru dan mampu menghadirkan cara baru bagi Anda untuk mengoperasikan sebuah perangkat kom-puter.

Seperti diku-tip dari gopego, dengan Windows 8 OS yang dilengkapi fitur touchscreen, Anda akhirnya menda-pati sebuah laptop yang bisa Anda operasikan melalui fungsi gestures yang disediakan pada touchscreen. Hal ini tentu saja berbeda dari komputer desktop tahun lalu yang hanya bisa difungsikan melalui key-board dan mouse. Pameran elektronik tahunan Consumer Electronic Show (CES) menjadi tolok ukur gambaran produk-produk elektronik yang akan menjadi tren selama setahun mendatang. Dan untuk CES 2013 yang akan digelar bulan Januari nanti, Anda akan bisa melihat berbagai model produk baru, termasuk akan seperti apa tren di dunia komputer di tahun 2013.

Laptop FleksibelPada 2013 ini, diperkirakan akan hadir lebih

banyak laptop fleksibel. Yang dimaksud fleksibel adalah kemampuan laptop yang bisa dilipat, di-tekuk, diputar, melebihi yang sudah ada di tahun 2012. Salah satu produk dengan kemampuan seperti itu telah dirilis tahun ini melalui laptop Lenovo Yoga. Laptop Lenovo ini sebelumnya dipamerkan di CES 2012 dan muncul di pasaran di pertengahan tahun.

All-In-One DesktopKomputer all-in-on dengan single screen

tanpa box CPU terpisah diperkirakan akan men-jamur di tahun 2013. Model komputer seperti itu telah bisa Anda lihat melalui Apple iMac dan te-lah ditiru sejumlah produsen komputer lain. Den-

gan telah dirilisnya Windows 8 OS, diperkirakan akan makin mendorong lebih banyak komputer all-in-one plus fitur tambahan touchscreen. Na-mun, sedikit perbedaan bisa dilihat pada produk tertentu seperti Sony Vaio Tap 20 yang telah rilis

di tahun 2012. Produk ini justru terlihat sebagai supertablet dengan touchscreen beru-

kuran 20 inci.

Prosesor Intel di Perang-kat ”Mobile”

Intel telah selama ber-tahun-tahun menjadi otak komputer desktop. Di tahun 2012 Intel mulai memperluas pasarnya dengan mensponsori sejumlah Android smart-phone melalui debut

mobile chip miliknya. Di tahun 2013 tampaknya

Intel ingin memperkokoh posisinya di pasar prosesor,

mulai dari komputer desktop hingga smartphone juga tablet. Diper-

kirakan Intel akan terus mengembangkan Ivy Bridge CPU miliknya dengan kemampuan utama efisiensi listrik. Di CES 2013 bisa saja Intel memamerkan Ivy Bridge dengan daya 10 watt.

Kejutan dari AMDAMD tak dipungkiri masih ada di

belakang popularitas Intel. Pro-dusen CPU/GPU ini masih mengalami kesulitan dalam menghadirkan produk-produk yang lebih murah. Prosesor terbaru AMD yang telah rilis di pasaran tidak begitu menarik minat publik baik dari segi performa maupun harganya. Di tahun 2013, di-harapkan AMD mampu membuat kejutan yang baik untuk industri komputer dunia. Nah, sekarang Anda telah mendapatkan sedikit gambaran tentang perkembangan di dunia industri komputer tahun depan. Anda pun mulai bisa bersiap memilah dan memilih produk komputer apa yang Anda perlukan untuk mendukung pekerjaan pada 2013 ini.

Samsung Ungkap Laptop Series 7 Ultra Desain Lebih Ramping dari Series 7 Chronos

CMYK CMYK

Page 21: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

SEBUAH versi firmware dari GT-i8190N, alias Sam-sung Galaxy S III Mini dengan NFC, mengungkap beberapa info menarik.

Seperti Phone Arena, firm-ware ini mengkonfirmasikan akan adanya sebuah ponsel bernama Samsung GT-i9505, yang dipercaya sebagai Samsung Galaxy S IV versi LTE. Samsung GT-i9500 diru-morkan merupakan flagship Samsung selanjutnya, Galaxy S IV.

Tidak heran Samsung melangkahi angka 4 dengan melewati i9400 dan langsung menggunakan i9500. Karena

SELAIN Xperia Z, sebuah bocoran handset andalan Sony yang lain juga ditemu-kan yaitu Xperia ZL alias Odin.

Seperti dilansir Engadget, gambar ini diperoleh dari situs Sony Jepang walau belum diumumkan secara resmi.

Xperia ZL terlihat lebih lebar namun lebih pendek jika dibandingkan Xperia Z. Selain itu juga terli-hat penempatan kam-era yang tidak biasa yaitu di bagian bawah. Selain penampakan fisik, Xperia Z dan Xperia ZL memiliki spesifikasi yang mirip meski belum dikonfir-masi Sony.

Jika melihat rujukan dari ePrice, Sony Xperia Z dan ZL diperkirakan akan dijual dengan harga 4298 yuan atau sekitar 689 dolar.

SEBUAH kabar bagus berhembus bagi para pemilik BlackBerry PlayBook. Menurut kabar terbaru, PlayBook juga akan memperoleh OS Black-Berry 10 yang saat ini sedang disiapkan RIM. Disebutkan juga bahwa dengan update ini Playbook pada akhirnya akan mendukung fitur BlackBerry Mes-senger.

Seperti dilansir Phone Arena, meski belum pasti, namun

SAMSUNG Galaxy S IV ham-pir bisa dipastikan merupakan flagship Samsung berikutnya. Seperti dilansir Phone Arena, ponsel ini dirumorkan muncul dengan layar AMOLED dengan tren resolusi 2013, 1920 x 1080

Windows Phone dengan RAM 512 MB tak Kompatibel dengan Game ”High End”?

GUNA memainkan sebuah game berkualitas tinggi, tentunya harus pula diim-bangi dengan ketersediaan perangkat yang sesuai dan mampu menghandelnya.

Seperti dilansir berita teknologi, baru-baru ini muncul keluhan dari pengguna atas ketidakkompatibelan salah satu perangkat terhadap keberadaan game high end. Ada pun alasan utamanya kabarnya disebabkan karena perangkat yang ada hanya dibekali RAM berkapasitas 512 MB saja.

Menurut ulasan yang disinyalir WinPhon-eViet, keluhan berawal saat pengguna HTC 8S tidak bisa meng-install game mobile Guns4Hire pada perangkat yang ada. Se-jatinya RAM yang dimiliki HTC 8S tersebut hanya berkapasitas 512 MB saja, sedang-kan untuk meng-install game semacam itu

setidaknya perangkat yang ada membutuh-kan minimal RAM berkapasitas 1 GB.

Sementara itu, perangkat Windows Phone lainnya yang sama-sama dibekali dengan RAM berkapasitas 512 MB pun kabarnya juga tidak luput mengalami hal yang mirip dengan HTC 8S. Nokia Lumia 620 yang dilengkapi RAM 512 MB kabarnya juga tidak akan bisa meng-install game semacam itu. Guns4Hire sendiri merupa-kan game mobile high end yang konon setidaknya dibutuhkan minimal RAM berka-pasitas 1 GB pada perangkat.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah selain HTC 8S dan Nokia Lumia 620 masih ada Windows Phone lainnnya yang men-galami hal yang sama? Rasanya semua itu perlu pengkajian lebih lanjut.

Gambar Sony Xperia ZL Ditemukan, Dibanderol Setara Xperia T?

Sebuah ”Firmware” Ungkap Hadirnya Samsung GT-I9505

seperti di Cina, 4 adalah nomor ketidakberun-tungan di negeri asal Samsung, Korea Selatan. Jadi, ada kemungkinan juga SGS IV tidak dina-makan demikian.

Yang lebih menarik barang-kali adalah model misterius bernama GT-Q1000. Menilik kode Q dan angka 1000, bisa jadi ini merupakan jajaran baru smartphone atau tablet dari Sam-sung.

Samsung Galaxy S IV akan Gunakan S Pen?

piksel berdimensi 5 inci. Namun, sebuah rumor dari negeri asal Samsung memberikan pertanda bahwa mungkin saja Samsung akan menyatukan seri Galaxy Note-nya dengan Galaxy S.

Sebetulnya tidak mengher-ankan juga sebab kalau rumor mengenai layar benar, SGS juga sudah memasuki teritori Phablet dengan layar 5 inci. Namun, dikatakan bahwa karakteristik spesial seri Galaxy Note, yakni

S-Pen, juga akan dileburkan ke dalam Samsung Galaxy S IV, yang menurut sumber asal Korea tersebut akan diluncurkan bulan April.

Rumor lain mengenai SGS IV adalah chip quad core Exynos 5440 28nm, kamera belakang 13 MP, serta bodi yang agak tebal, 9,2 mm, yang bisa jadi dikarenakan S-Pen yang hadir di dalam bodi SGS IV, seperti halnya Galaxy Note.

BlackBerry PlayBook akan segera Peroleh BBM dan OS BB10?begitu kecenderungan tersebut bisa saja terjadi jika melihat tren yang dilakukan beberapa perusahaan lain seperti Apple, Microsoft dan Google yang

menggabungkan pengalaman antarmuka produk smartphone dan tablet. RIM dikabarkan akan mengirimkan update untuk PlayBook ini. BBM di

PlayBook ini akan mendu-kung chat dan video.

Sampai saat ini, Play-Book yang berbasis QNX tidak memiliki fitur-fitur standar yang biasa terda-pat di smartphone Black-Berry. Selain ketiadaan BBM, PlayBook juga tidak punya fitur kontak dan kal-ender native yang biasa terdapat di gadget lain.

PENGGUNA media jejaring sosial di dalam jaringan (online) seringkali menganggap layanan yang digunakan sepenuhnya gratis dan penuh kebebasan, padahal tidak demikian.

Sejumlah layanan media jejaring sosial seperti Twitter, Face-book, atau Instagram akan terus mencari keuntungan dari para penggunanya terutama melalui iklan.

Brian Barret dari Gizmodo menyebut masalah dasar terletak pada para penyediaan layanan media sosial yang membutuh-kan penggunanya.

“Jadi ketika Anda pertama kali bergabung (dengan media so-sial), (seolah) negara dongeng akan nol konsekuensi langsung terbuka lebar,” tulis Barret.

Para pengguna menikmati layanan gratis sesaat setelah mendaftar. Kemudian, perusahaan media jejaring sosial akan segera menjual iklan kepada mereka dan mengubah pengguna

sebagai pengiklan di platform itu.Barret menyebut kasus ketika

Instagram mengubah pernyataan layanan penggunaannya menjadi salah satu contoh di mana peng-

guna menganggap media sosial sebagai rekan mereka dan memberikan layanan gratis.

“Respons dari para pengguna (Ins-tagram) bukan sekadar keluhan. Namun itu adalah rasa akan pengkhianatan

yang dalam,” sebut Barret.Selain Instagram, Facebook juga sempat memelintir aturan privasi para penggunanya demi mendapatkan keuntun-gan.

“Tapi, membatasi aplikasi pemrogram tampilan muka (API) dan mengarahkan orang ke layanan (media sosial) Anda bukanlah hal yang buruk. Itulah

yang dilakukan perusahaan, atau mereka akan menjadi lembaga amal,”

kata Barret. ant

Hati-hati, Internet Explorer 6, 7, dan 8 Miliki Masalah Keamanan

MICROSOFT dikabarkan akan segera mem-perbaiki celah keamanan pada browser Internet Explorer versi lama. Celah keamanan yang terdapat pada versi lama IE itu disebutkan dapat dimanfaatkan para cracker untuk mengambil alih komputer berbasis Windows.

Seperti dilansir Cnet, kontrol yang didapatkan sendiri akan dimanfaatkan kembali oleh mereka untuk menjadikan komputer yang terinfeksi itu sebagai inang baru untuk situs web yang berba-haya.

Microsoft sendiri sejauh ini baru mengonfir-masi, mereka mulai menyelidiki mengenai hal itu. Celah ini sendiri disebut-sebut terdapat pada browser IE 6, IE 7, dan IE 8. Sementara versi setelah IE 8 seperti IE 10, diklaim aman oleh Microsoft.

Microsoft menjanjikan bahwa perbaikan ini akan hadir dalam sebuah update kecil yang tidak membutuhkan reboot. Namun, sebelum Micro-

soft memperbaiki celah keamanan ini, alangkah baiknya jika Anda segera meninggalkan browser IE 6, IE 7, atau IE 8 dan segera beralih ke versi IE terbaru atau beralih ke browser lainnya.

HAMPIR setengah perusahaan di dunia mulai mengguna-kan teknologi enkripsi untuk melindungi data penting mereka. Di saat yang sama, perusahaan menghadapi kesulitan dalam mengimplementasikan sistem enkripsi ini dan membutuhkan solusi keamanan komprehensif yang efektif dan mudah diguna-kan.

Survai yang diadakan B2B International dan Kaspersky Lab pada Juli 2012 melibatkan 3.300 profesional TI dari 22 negara. Sementara itu, 44 perusahaan telah mengimplementasikan teknologi enkripsi untuk melindungi data penting perusahaan dan 36 persen spesialis TI menggunakan full disk encryption (FDE). Sementara itu, 32 persen spesialis TI menggunakan pengenkripsian data pada perangkat eksternal.

Enkripsi adalah teknik perlindungan nomor lima yang paling banyak digunakan, naik tajam dibanding hasil survai tahun lalu di mana teknik ini bahkan tidak masuk dalam 10 besar teknik perlindungan. Akibatnya, enkripsi menjadi palang pertahanan terakhir. Meski pelaku kejahatan berhasil memasuki infrastruk-tur TI perusahaan, rintangan terakhir ini akan menyulitkan mereka untuk mendapatkan informasi penting perusahaan.

Namun, kebanyakan perusahaan belum sepenuhnya meng-gunakan enkripsi. Berdasarkan survai B2B International, hanya 1/3 spesialis (36 persen) yang menggunakan full disk encryp-tion (juga dikenal sebagai encryption of information arrays) dan hanya 44 persen spesialis yang benar-benar melindungi informasi penting. Sementara hanya 32 persen responden menggunakan pengenkripsian data pada perangkat eksternal, seperti USB drives.

Pengenkripsian data yang sangat penting berada di urutan kedua dalam tindakan keamanan yang ingin dikembangkan pe-rusahaan, sementara perlindungan terhadap malware berada di tempat pertama. Di saat yang sama, perusahaan meng-hadapi kesulitan dalam menerapkan sistem enkripsi, sistem yang sama sekali tidak ada di dalam lima tindakan perlindun-gan teratas yang digunakan perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan memerlukan sistem perlindungan informasi modern, yang efektif dan mudah digunakan. yas

Anonymous Mengancam lagiKELOMPOK peretas jaringan internet global

yang menyebut diri Anonymous mengklaim akan meneruskan aksi mereka pada 2013.

Dalam situs anonews.org, Anonymous me-nyebut serangannya ditujukan ke pemerintahan, organisasi, dan korporasi korup di seluruh dunia.

Mereka memajang pengumuman di hala-man muka dengan kalimat “tunggu kami 2013” yang berlatar hitam.

Selain pengumuman itu Anonymous juga menempatkan video aksi mereka selama 2012 seperti kampanye-kampanye dan aksi pere-tasan ke sejumlah situs resmi otoritas AS dan perusahaan swasta.

Video itu juga menunjukkan kampanye Anonymous yang menentang kebijakan pemer-intah Suriah menyusul pemutusan hubungan internet di negara mereka.

“Operasi yang ada di video itu hanyalah contoh, ada lebih banyak operasi di sana. Be-berapa dari operasi itu masih berjalan seperti Operasi Suriah. Kami masih di sini,” sebut Anonymous di bawah tayangan video mereka pada anonews.org.

Namun, sejumlah pihak meyakini serangan Anonymous tidak akan berdampak besar pada jaringan internet global, termasuk perusahaan keamanan internet, McAfee Labs. ant

Yahoo akan Hapus Fitur Chat Rooms YMYAHOO! Inc menyatakan akan menghapus

fitur ruang obrol publik (public chat rooms) pada layanan perpesanannya yang lebih dikenal den-gan Yahoo Messenger (YM).

Yahoo akan menghapus fitur YM yang berna-ma Public Chat Rooms pada 14 Desember, kata Yahoo dalam satu pernyataan yang di-posting di blog Yahoo Messenger, baru-baru ini.

Yahoo mengatakan akan fokus membuat produk-produk yang cantik dan lebih bermakna bagi pengguna. “Kadang-kadang, kita harus membuat kepu-tusan sulit seperti menutup fitur yang kami rasa tidak menambahkan cukup nilai bagi Anda,” ka-tanya.

Yahoo telah memutuskan untuk tidak melanjut-kan beberapa fitur pada produk Yahoo. Hal itu memungkinkan bagi Yahoo untuk kembali memfokuskan upayanya dalam modernisasi produk-produk inti, dan tentu saja membuat yang baru.

Selain ruang obrol publik, Yahoo juga akan menghentikan fitur Pingbox. Juga mulai 14 Desember fitur Pingbox sudah tidak lagi di YM.

Bagi pengguna yang telah menginstal Pingbox pada blog dan akun jejaring sosialnya, Yahoo telah menyediakan panduan tentang bagaimana untuk menghilangkannya (uninstall).

Fitur interoperabilitas YM dengan Microsoft Windows Live Messenger juga akan dihilang-kan Yahoo. Rekan Anda yang menggunakan Windows Live Messenger akan tetap ada dalam daftar kontak, tapi bila Anda mengirimkan pesan, pesan itu tidak akan ia terima.

YM termasuk salah satu layanan obrolan yang lebih dulu ada, diluncurkan pada 1998.

Menurut laporan BBC, Yahoo sebelumnya juga menutup sejumlah chat rooms, termasuk “girl 13

& up for much older men”, “teen girls for older fat men”, dan “8-12 yo (year-old) girls for older men”.

Beberapa chat room itu terdapat dalam kategori obrolan “Schools and education” dan “Teen”.

Perusahaan kemudian mengu-mumkan bahwa layanan itu hanya untuk pengguna berusia 18 tahun atau lebih.

Sejumlah website yang me-nyediakan layanan online chat juga terlibat dalam skandal seks

di bawah umur.Pada Juni lalu, Habbo Hotel,

sebuah jejaring sosial populer untuk anak-anak, menghentikan sementara fungsi

obrolan dalam layanannya, menyusul klaim adanya pelaku paedophil yang menggunakan hotel virtual itu untuk merayu anak laki-laki ber-hubungan seks.

Popularitas YM di Indonesia sekarang mung-kin telah berkurang karena situs jejaring sosial terpopuler, Facebook, juga menyediakan fitur obrolan dengan teman, meski Yahoo juga telah menyediakan YM in Facebook. ant

Jejaring Sosial Selalu Gratis?

Perusahaan Gunakan Enkripsi Demi Lindungi Data Penting

CMYK CMYK

Page 22: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

PERANGKAT berbasis iOS milik Apple dilaporkan menga-lami gangguan pada malam Tahun Baru lalu.

Seperti dilansir The Verge, gangguan itu sendiri terjadi pada fitur Do Not Disturb yang

JIKA Anda mengingat perke-nalan pertama Apple iPhone, mungkin Anda ingat momen ke-tika Steve Jobs menaruh stylus, mengatakan dengan gamblang kalau iPhone menggunakan alat penunjuk ter-baik di dunia, jari Anda.

Seperti dilansir Phone Arena, sampai saat ini, Apple memang tidak pernah mengembangkan stylus untuk smartphone fenomenal ini. Namun, saat ini tampaknya Apple men-gubah pendiriannya, dengan men-erima paten untuk Active Stylus .

MEMILIKI laptop yang tipis memang memberikan kesan elegan dan efisien bila sering dibawa berpergian. Makin tipis akan makin memudahkan. Itulah yang mungkin dianut salah satu produsen asal Jepang, Nec yang belum lama ini memperkenalkan laptop ultrabook tertipis LaVie X untuk pertama kalinya di Jepang.

Seperti dikutip dari berita teknologi, tingkat ketebalan dari laptop ramping ini hanya 12,88 mm dengan ukuran layar monitor 15,6 inci. Dibekali dengan panel Full HD IPS dan ketangguhan processor Core i7-3517U berke-cepatan 1,9 Ghz membuatnya terlihat sangat istimewa. Dis-ertakan pula 4 GB RAM dan SSD berkapasitas 256 GB di

PERGANTIAN tahun membuat teknologi dan tampilan produk komputer jenis laptop ikut mengalami perubahan tren. Memasuki 2013 desain tipis dan ringan diprediksi menjadi andalan sejumlah produsen kenamaan.

“Laptop dengan desain tipis dan ringan akan makin populer ke depan. Berbagai produsen notebook, tablet dan smartphone telah meluncurkan desain baru untuk berkompetisi merebut pasar pada 2013 seperti jenis layar sentuh dan notebook sekaligus tablet,” kata Manager of Product Management & Marketing Asus Indonesia, Juli-ana Cen, belum lama ini.

Menurutnya, minat masyarakat memiliki produk-produk itu makin meningkat, karena harga yang ditawarkan relatif murah. Keadaan ini sangat jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana harga laptop tipis tersebut sangat tinggi. Ketika itu satu buah laptop pada pertengahan tahun 90-an masih seharga Rp 15 juta per unit dengan berat hampir 5 kg, tapi kini notebook dapat dimiliki senilai Rp 3 juta serta berat kurang dari 1 kg. Terkait dengan pangsa pasar di Indone-sia, ia menilai pangsa pasar laptop tipis dan ringan sangat menjan-jikan. Untuk produk Asus, Indonesia pun dikatakan menjadi target berikutnya setelah di Vietnam mampu menguasai pasar dengan meraih angka 25,20 persen atau mengalahkan produk lain. ade

PRODUSEN laptop makin gencar berebut pasar dengan laptop tipis mereka. Salah satu-nya adalah produsen Dell. Dell Inspiron memiliki beberapa varian laptop bagi konsumennya. Salah satunya bernama Dell Inspiron M301z ini.

Dari bentuknya yang sangat manis dan tipis, produk ini ter-masuk jajaran ULV laptop alias laptop tipis tanpa optical drive. Dengan hal ini, makin memudahkan penggunanya untuk men-jinjingnya ke mana-mana sebagai perangkat laptop portabel.

Desain dan CoverLaptop ini dibalut bahan

plastik di bagian bawah serta dalam. Sementara seluruh cover luar permu-kaan dilapisi aluminium berwarna silver. Hal itu menjadikan Inspiron M301z tampak bercahaya ketika diterpa pantulan sinar.

Desain keyboard-nya

Awas, Ada ”Bug” di Fitur ”Do Not Disturb” di iOS 6

terdapat pada iOS 6.Fitur Do Not Disturb ini menga-

lami kegagalan untuk mematikan dirinya sendiri saat waktu yang dijadwalkan untuk Do Not Disturb oleh pengguna telah selesai.

Dengan demikian, banyak

pengguna iOS 6 yang melapor-kan bahwa mereka tidak menden-gar suara panggilan telepon atau SMS atau notifikasi lainnya saat pagi hari tiba. Tapi untungnya, tidak semua perangkat iOS 6 mengalami hal ini.

Empat Hal yang harus Dilakukan Apple 2013TAHUN 2012 telah berakhir.

Pada tahun ini, Apple men-dobrak berbagai tradisi yang biasanya mereka lakukan.

Misalnya peluncuran iPad 4, dan dikenalkannya iPad Mini yang notabenenya ber-tentangan dengan kemauan mendiang Steve Jobs.

Seperti dikutip dari lap-

Dengan fakta bahwa sudah lebih dari 400 juta perangkat iOS yang berhasil dijual Apple selama ini di seluruh dunia, tidak dapat disangkal lagi bahwa para konsumen sangat menyukai kesimpelan dari perang-kat-perangkat yang terdiri dari iPhone, iPad, dan iPod Touch ini. Namun, akhir-akhir ini banyak pengguna yang mengeluhkan bosan dengan tampilan iOS. Tidak heran, karena sejak 2007, tampilan iOS tidak mengalami perubahan yang berarti.

Apple sebaiknya me-refresh tampilan iOS 7 nanti agar para peng-gunanya kembali merasakan sesuatu hal yang baru pada perangkat iOS mereka. Dan tentunya untuk menghindari mereka dicomot sistem operasi pesaing seperti Android dan Windows Phone atau Windows 8.

Banyak orang yang lebih memi-lih Samsung Galaxy Note atau Samsung Galaxy S III dikarenakan mereka menginginkan sebuah ponsel dengan layar yang besar. Apple sudah cukup memberikan peruba-han pada iPhone 5 dengan layar 4 incinya, namun sepertinya ini belum cukup. Karena layar 4 inci ini hanya sedikit memanjang saja dibanding-kan dengan layar 3,5 inci generasi sebelumnya. Apple sebaiknya segera melebarkan kembali ukuran layarnya. Tentunya dengan memperhitungkan dan menghindari fragmentasi. Sep-ertinya 4,5 inci cukup untuk iPhone 5S nanti.

Inilah waktunya Apple untuk melebar-kan sayap iCloud. Jika kita bisa mendap-atkan layanan Google Drive dan SkyDrive di iOS, mengapa kita tidak bisa mendapat-kan layanan iCloud di perangkat Windows atau Android?

Makin banyak para calon konsumen yang mengeluhkan mengenai MacBook. Namun, komplin itu bukanlah men-genai kinerja atau fitur dari MacBook itu sendiri, melainkan mengenai harga.

Perbedaan harga di antara MacBook dan ultrabook yang berbasis Windows dianggap terlalu jauh. Dengan demikian, banyak calon pembeli MacBook yang mengu-rungkan niat-nya membeli MacBook dan akhirnya langsung be-ralih membeli sebuah ultra-book berbasis Windows yang jauh lebih mu-rah.

topmag, pada 2013 ini, Apple sendiri dirumorkan akan melun-curkan iPhone 5S serta iPad Mini 2.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan atau setidaknya diperhatikan Apple jika mereka ingin kepercayaan konsumen setia mereka tidak luntur. Apa sajakah itu?

2. iPhone yang Lebih Besar? Kenapa Tidak

3. Melebarkan Sayap iCloud 4. MacBook “Hemat”

1. Tampilan Fresh untuk iOS 7

Apple Patenkan Active Stylus untuk Perangkat iOS

Active Stylus adalah sebuah stylus yang lebih dikembangkan daripada stylus normal. Berbeda dengan stylus biasa, stylus Apple ini tidak pasif, ia memiliki kemam-puan menciptakan field elektronik

sendiri dan mengganda-kan sinyal dari perang-kat utama, sehingga meningkatkan kecepatan dan akurasi yang biasa dikeluhkan para penggu-na S-Pen milik Samsung seri Galaxy Note.

Meski begitu, S Pen sangat populer, dikarenakan kemampuannya yang seperti membuat tulisan tangan Anda benar-benar menjadi virtual menjadi input di ponsel, dengan

perbedaan tekanan, berbeda pula hasil tulisannya, sehingga kegiatan seperti menggambar bisa dilakukan dengan mudah melalui S Pen. Ditambah lagi ada fitur spidol dan krayon.

Apple mendaftarkan iPhone dan iPad sebagai perangkat yang bisa menggunakan berba-gai keunggulan Active Stylus, namun tidak ada kepastian apakah perangkat ini akan segera dibuat.

Jikal fitur-fiturnya benar-benar menyaingi atau bahkan lebih baik dari S-Pen, maka akan menjadi sebuah ancaman serius bagi jajaran Samsung Galaxy Note dan SGS IV (yang dirumor-kan menggunakan S-Pen).

Rekayasa Komputer Genggam Raspberry PiPRODUSEN komputer seukuran

kartu kredit, Raspberry Pi Foundation, membuka peluang bagi para peng-gunanya untuk merekayasa kom-puter sendiri, termasuk komputer genggam. Pendiri sekaligus CEO Parts-People.com, Nathan Morgan, membeberkan informasi untuk men-ciptakan komputer genggam sendiri berbekal Raspberry Pi model B dalam situs resminya.

“Karena ini adalah proyek open source, saya ingin menunjukkan ke-pada Anda semua (detailnya),” kata pakar spesialis laptop Dell itu.

Morgan menggunakan layar LCD 3,5 inci dengan aspek rasio 3:4 yang mampu menampilkan res-olusi 640 x 480 piksel.

Komputer genggam Morgan me-manfaatkan enam baterai Dell Latitude D600, membuang penutupnya, dan

merekayasa ulang dengan menghubung-kan pin 1, 2, dan 4 ke kutub negatif serta pin 8 dan 9 ke kutub positif.

Dari baterai itu, Morgan mendapat-kan daya

11,1 volt yang harus di-

alirkan ke papan

utama kom-puter (mother

board) dengan konektor USB mikro

berdaya lima volt. “Saya menghubungkan baterai ke layar LCD, punya komponen yang membutuhkan daya lima volt,” kata Morgan. Lalu, Morgan menggunakan regulator pada papan komputer dan me-matri pada kapasitor lima volt ke LCD dan lima volt ke konektor USB mikro.

Untuk ruang penyimpanan data tam-bahan, Morgan memanfaatkan solid state drive (SSD) Samsung 64 giga bit Sata II di mana ruang satu giga bit dialokasi-

kan untuk memodifikasi file config.txt.File config.txt itu merupakan salah satu

file dari sistem operasi Raspbian Linux yang digunakan komputer genggam dan didapat dari raspberrypi.org.

Modifikasi file config.txt diperlukan agar

layar LCD dapat berjalan dengan meman-faatkan seluruh ruang layar. Komputer genggam milik Morgan menggunakan panel ketik (keyboard) nirkabel yang seka-ligus mempunyai ruang papan sentuh di sisi kanannya.

Morgan menanamkan dongle konek-tor nirkabel (Wi-Fi) dan bluetooth di da-lam komputer yang terhubung sumber daya USB mikro.

Seluruh komponen itu, kata Morgan, ditempatkan dalam penutup (case) komputer genggam hasil kreasinya.

Penutup komputer itu, dibedakan menjadi lima bagian

yaitu sisi bawah, penutup kiri, penu-tup kanan, penutup LCD/sisi atas, dan sisi belakang. Biaya total komponen-komponen komputer genggam Morgan adalah 391,3 dolar AS atau sekitar Rp 3,75 juta. ant

NEC LaVie X, Laptop Ultrabook Tertipis Windows 8

dalamnya. Laptop ultrabook yang satu ini sudah dibundel dengan sistem operasi Win- dows 8 dan beratnya hanya 1,59 kg.

Dari segi konektivitas-nya, sudah disediakan pula USB 3.0, Wi-Fi, Blu-etooth 4.0 dan slot SDXC serta HDMI. Ketika dirilis, laptop tipis

ini dibanderol dengan kisaran harga 175.000 yen atau sekitar Rp 20 juta.

Laptop Tipis dan Ringan Jadi Andalan

Dell Inspiron M301z

Laptop Tipis dengan Bonus Menarikpun tak kalah menarik.

Sangat simpel dan tak ada tempelan stiker apapun selain logo AMD dan Windows 7 di kanan bawah. Tombol power terletak di kiri atas. Satu hal yang sedikit disayangkan, laptop ini tak memiliki fingerprint. Padahal, dengan desain yang diusungnya, fingerprint bakal terlihat menarik.

Bagian touchpad pun didesain bertekstur lembut dan rapi hingga tombol klik kanan dan kirinya. Ukuran touchpad yang sedikit luas membuatnya nyaman saat diguna-kan untuk browsing.

Ditambah lagi tombol klik yang terasa empuk ditekan. Meski keyboard produk ini berukuran full-size, namun tak dilengkapi jenis

keyboard chiclet. Ukuran tombol yang sedikit besar cukup memu-dahkan pengguna berjari-jari besar untuk mengetik.

Dari sisi display, laptop ini memiliki ukuran layar 13 inci berteknologi super TFT-Screen. Dengan demikian, warna terlihat terang saat digunakan untuk bekerja, atau me-

nikmati hiburan. Mata seakan di-manjakan warna layar yang terlihat memiliki ketajaman dan kontras cukup baik.

Dengan bobot 1,8 kg dan ketipisan 25 mm, tampaknya Dell Inspiron M301z memang dirancang bagi pengguna yang gemar meng-gunakan laptop secara mobile. Satu lagi, sirkulasi laptop ini terletak di bagian kiri bawah keyboard, cukup membuat telapak tangan tak terasa panas saat menggunakannya berlama-lama.

PerformaLaptop ini dilengkapi prosesor

dual-core, AMD Turion II Neo K625 dengan fabrikasi 45 nm. Selain itu pun sudah dilengkapi memori RAM DDR3 sebesar 4 GB. Lebih dari cukuplah, saat digunakan hanya untuk kebutuhan office.

Grafis yang dibenamkan pada laptop silver ini termasuk kelas menengah. Berbekal ATI Mobility Radeon HD 4225, laptop ini juga lebih dari cukup saat digunakan ke-butuhan grafis ringan seperti editing foto dan video, atau menyaksikan

tayangan HD pada YouTube.Berbicara soal tayangan film,

salah satu kelebihan laptop ini adalah disertakannya sebuah optical drive DVD Multi recorder eksternal.

Dengan demikian, pengguna bisa menyaksikan format film DVD kesayangan mereka melalui laptop berlayar 13 inci ini. Bonus yang cukup menarik. Dell juga menambahkan tiga port USB, card reader, dengan sebuah port e-SATA di sisi kanan.

Kelebihan:- Bonus optical drive.- Layar jernih.Kekurangan:- Engsel display tampak rentan.

Kesimpulan:Pada intinya, sasaran Dell

Inspiron M301z adalah pengguna laptop tipis berlayar 13 inci, yang senang membawa perangkatnya ke mana pun. Laptop perak meng-kilap ini juga tergolong ringan untuk dijinjing, atau dimasukkan tas. ade

CMYK CMYK

Page 23: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

11 - 17 Januari 2013 11 - 17 Januari 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

APAKAH Anda suka menyantap hidangan lobster? Jika demiki-an Anda mungkin akan menyukai iPhone case berbentuk lobster buatan Lobster Mobile Telephone Case. iPhone case berbentuk replika sebuah lobster berukuran besar ini terinspirasi dari lobster telephone, karya seorang pelukis dan pematung dunia yang sangat populer, Salvador Dali.

Seperti dikutip dari gopego, Anda tentu setuju jika fungsi utama sebuah case adalah melindungi handset dan jika case tersebut dapat mempercantik tampilan handset, barangkali itu adalah bonus atau fungsi tambahan. Lalu apa jadinya jika sebuah case memiliki bentuk replika sebuah lobster, Anda yakin bisa berfungsi melind-ungi handset? Tidak sama dengan kebanyakan case untuk ponsel, Lobster Mobile Telephone Case justru tidak menawarkan fungsi utama dan tambahan, yaitu keindahan dan gaya. Malahan fitur yang ditawarkan Lobster Mobile Telephone Case adalah hilangnya fungsi kamera, berbentuk aneh dan terlalu besar untuk dimasukkan di saku celana. Anda mungkin berpikir iPhone case dari Lobster Mobile Telephone Case ini selain besar, konyol, tidak praktis dan hampir tidak berguna. Tapi justru itulah pesan “berbeda” yang ingin disampaikan iPhone case dari Lobster Mobile Telephone Case.

iPhone Case Lobster Mobile Telephone Case sebenarnya tidak untuk dijual dan masih belum ada rencana untuk diproduksi secara massal. Namun, jika nantinya iPhone case ini tersedia di kota Anda, lalu apakah Anda akan membeli case dari Lobster Mobile Telephone Case untuk iPhone kesayangan Anda?

APAKAH Anda sedang mencari bluetooth speaker? Acase baru saja mengumumkan Black Diamond III yang bisa Anda jadikan pilihan. Seperti dikutip dari gopego, Black Diamond III adalah bluetooth speaker dengan desain super keren. Blu-etooth speaker Black Diamond III super keren ini bisa Anda dapatkan dengan harga 120 dolar AS.

Bluetooth speaker Black Diamond III memiliki desain seperti bunga api dengan lampu LED di dalamnya. Dan bagian me-nariknya adalah lampu tersebut bisa berkedip dengan kekuatan musik yang sedang dimainkan. Dengan demikian, lampu LED dari bluetooth speaker Black Diamond III bisa juga digunakan untuk menerangi kamar Anda ketika gelap.

Bluetooth speaker Black Diamond III kompatibel dengan iPhone 5, Samsung Galaxy S III dan smartphone lainnya yang menggunakan bluetooth. Tapi Anda juga bisa men-ghubungkan bluetooth speaker Black Diamond III dengan non-bluetooh device den-gan cara melalui port audio out.

Bluetooth speaker Black Diamond III memiliki daya speak-er sebesar 3W dan juga dileng-kapi sebuah remote control untuk memudahkan pengoperasian-nya.

iPhone Case Unik Berbentuk Lobster

Black Diamond III

”Bluetooth Speaker” Super Keren

Samsung Rilis Tiga Seri Monitor Canggih Terbarunya

SAMSUNG Electronics Co., Ltd, secara resmi baru saja meluncurkan tiga seri monitor baru yang termasuk di dalam jajaran monitor seri premium. Penasaran bagaimanakah detail dan spesifikasi dari ketiganya? Seperti dilansir Engadget, mari langsung saja kita simak:

Series 7 Touch (SC770): Touch-Sensitive Monitor

Samsung Series 7 SC770 adalah monitor den-gan fitur layar sentuh pertama dari Samsung yang dioptimalkan untuk penggunaan sistem operasi Windows 8. Dengan kemampuan untuk mengenali sentuhan hingga 10 titik, Anda bisa melakukan multi-touch, drag, rotate atau memilih objek di monitor dengan nyaman.

Selain itu, monitor ini juga bisa dimiringkan hingga 60 derajat untuk menambah kenyamanan saat mengoperasikan monitor ini.

Series 9 (SB970): Professionally Pre-Calibrated Monitor

Samsung Series 9 monitor SB970 menawarkan layar PLS (Plane Line Switching) dengan resolusi wide-quad high-definition resolution (WQHD). Res-olusi WQHD menawarkan kualitas gambar yang lebih tajam 4 kali lipat dibandingkan dengan moni-tor HD biasa. Monitor ini sendiri sudah mendapat-kan beberapa penghargaan, misalnya 2012 IDEA Bronze Award dan Japan Good Design Award. Untuk masalah ketersediaan, Samsung Series 7 SC750 dan Samsung Series 7 SC770 akan tersedia di seluruh dunia.

Series7 (SC750): Ergonomic Design

Samsung Series 7 SC750 adalah sebuah monitor yang slim dan berdesain ergonomis yang dapat diletakkan miring 90 derajat jika Anda menginginkannya karena alasan tertentu. Dengan gambar yang diklaim sangat jernih dan tajam, monitor ini menawarkan rasio kontras 5000:1.

Seperti dikutip dari gopego, Motorola Mobility telah menjadi milik Google melalui proses akuisisi pada tahun 2011 lalu. Setelah akuisisi itu banyak rumor mengatakan bahwa pembelian Motorola merupakan upaya Google untuk mengembang-

Samsung akan Didepak dari Ekosistem AndroidSMARTPHONE berbasis Tizen OS yang rencananya akan dirilis Samsung tahun 2013 ini, makin memperkuat dugaan bahwa Samsung bersiap menjauhi Android dengan cara mengembangkan software miliknya. Di sisi lain, Google sepertinya tidak keberatan jika akhirnya nanti Samsung benar-benar meninggalkan Android karena Google telah memiliki Motorola.

kan Google Android phone miliknya, tanpa lagi bekerja sama dengan manufaktur lain, seperti Samsung. Berulang kali Google membantah tuduhan itu tetapi tampaknya ke-benaran tak dapat disembunyikan ketika di akhir 2012 lalu muncul

kabar mengenai X Phone.Kabarnya, proyek bernama

X Phone merupakan kerja sama eksklusif antara Google dan Motorola dalam menghadirkan Android smartphone tangguh demi menyaingi kekuatan iPhone. Dengan sebuah produk yang dihasilkan oleh tim sendiri, bisa dipastikan produk tersebut akan makin mencerminkan visi Google dibanding Android smartphone yang dibuat Samsung atau produsen lain. Dengan X Phone maka Google bisa memberlakukan kontrol penuh baik saat pengembangan, distribusi dan pemasaran, tanpa dicampuri pihak lain.

Menurut Brian S. Hall dari

Unwired View, disebutkan bahwa Samsung adalah satu-satunya produsen yang berhasil meraup untung besar dari kerja sama dengan Google Android. Di sisi lain Google terus membiayai Motorola tetapi perusahaan tersebut justru tidak sesukses Samsung. Dengan kata lain, satu-satunya cara untuk meraup untung dari Android adalah dengan membuat produk gabungan Google dan Motorola yang diharap-kan mampu memberikan untung besar sekaligus mengenalkan visi perusahaan di bisnis mobile masa depan.

“Samsung dengan mudah menjadi terlalu kuat di dalam ekosistem Android. Bagaimana

jika nantinya Samsung memisah-kan diri dari Android? Bagaimana jika Samsung lebih memilih kerja sama global dengan Microsoft dan, katakanlah, menjadikan Bing dan Bing Maps sebagai aplikasi default?”

Ya, barangkali bukan Samsung yang menjauhi Google karena iri dengan Motorola, tetapi justru Google-lah yang memilih menjauh dari Samsung karena telah mem-baca gelagat Samsung. Dengan proyek X Phone, Google tampak-nya telah berada di garis start untuk mulai mendepak Samsung. Atau, bila tak perlu didepak, sepertinya Samsung telah sadar untuk mulai menjauh dari Android.

10 Prediksi Android 2013ANDROID berjaya di tahun 2012

melalui penguasaan pasar smartphone melampaui iPhone. Google sebagai pemi-lik Android bisa dipastikan telah memiliki banyak rencana untuk makin mengem-bangkan Android OS di tahun ini, lebih dari yang pernah ada dalam benak Anda. Dengan demikian, Anda pasti berharap ada banyak hal yang bisa dicapai Android di tahun 2013.

Di bawah ini adalah prediksi tentang perkembangan Android di tahun 2013, seperti dikutip dari gopego. Meski hanya prediksi, tapi Anda bisa berharap sebagian besar bisa terwujud di tahun ini.

Revolusi BateraiMotorola Droid 3,7 inci sangat memu-

kau dengan ketipisannya. Phablet kisaran 5 inci juga cukup menarik minat publik. Sayangnya, inovasi produk Android tidak dibarengi kemampuan baterai yang hingga sekarang masih menjadi komponen paling banyak dikomplin pengguna. Di 2013, diharapkan Android akan mampu men-emukan jalan keluar paling efektif untuk menciptakan baterai dengan desain tipis tapi memiliki daya tahan lama.

Google TV Gaming ControllerGoogle TV diharapkan memiliki pasar

yang lebih luas, termasuk di Asia. Pada 2013 ini, banyak yang berharap Google akan melakukan ekspansi pasar Google TV plus dukungan game controller.

Prediksi ini tak lepas dari banyaknya game controller yang beredar di pasaran tetapi belum satu pun yang mendukung Google TV. Dengan kemampuan tersebut, maka Anda pecandu game tidak akan lagi memerlukan konsol TV seperti Ouya. Se-lain itu, Google TV faktanya telah memiliki kompabilitas OnLive cloud gaming tetapi belum mendukung Android games yang kompatibel dengan Google TV.

PC OS Gabungan Android dan Chrome OS

Sejak 2009 lalu sejumlah developer telah mencoba porting Android untuk PC, namun fungsi Android sebagai mobile OS untuk smartphone dan tablet menjadikan-nya tampak sangat buruk di PC. Anda barangkali telah lama berharap sebuah komputer dijalankan Android OS tetapi

Google sejauh ini belum mewujudkan-nya. Tidak memilih Android, Google justru mengembangkan Chrome OS yang peng-gunaannya hingga saat ini masih sangat terbatas untuk laptop Chrome.

Chrome OS tampaknya bisa menjadi jalan keluar terbaik baik Google untuk menyiasati sulitnya menggunakan aplikasi jika tidak terkoneksi internet. Google bisa mengawinkan Android dan Chrome OS untuk menjadikan Android ada di setiap perangkat baik smartphone, tablet maupun komputer desktop.

Nexus TV dari Google dan SamsungProduk Nexus terbaru yang ada di

benak Anda barangkali tidak lepas dari sebuah smartphone dan tablet. Di tahun ini, inovasi baru diharapkan datang dari Nexus series. Nexus TV bisa menjadi sebuah solusi terbaik untuk memulai era baru di Android. Sebuah televisi berbasis Android bukanlah hal baru tetapi tidak den-gan Nexus TV yang keseluruhannya dide-sain Google dan penggarapan hardware diserahkan pada rekan kerjanya. Bukan tidak mungkin Google memilih Samsung untuk proyek awal Google Nexus TV.

Google dan Rayban Rilis Google GlassGoogle Glass telah beberapa kali mun-

cul dalam bocoran foto, sementara Google pernah mengungkap bahwa kacamata pin-tar ala Android smartphone itu akan dirilis dan dipasarkan pada tahun 2013. Bekerja sama dengan Rayban untuk hardware, Google Glass diharapkan bisa dijumpai di toko ritel pada tahun ini seharga 1.500 dolar AS per unit.

Nokia Meninggalkan Microsoft dan Beralih ke Android

Nokia dikenal sebagai raja ponsel untuk waktu lama sebelum kehadiran Android. Menolak bergabung dengan Android, Nokia justru memilih Microsoft sebagai partner eksklusif untuk mewujudkan Lumia Series Windows Phone. Sayangnya, pen-jualan Lumia Series tidak sesukses yang dikehendaki sementara sebenarnya pelu-ang sukses Nokia sangat terbuka lebar jika mau bekerja sama dengan Google untuk membuat Nokia Android smartphone. Di tahun 2013, bisa saja Nokia menyadari ke-salahannya karena telah menolak Android.

Belum terlalu terlambat jika Nokia bersedia meninggalkan Microsoft dan beralih ke Android.

Wi-Fi Charging RilisDi pameran elektronik tahunan terbe-

sar di dunia CES 2010, RCA Airnergy memamerkan sebuah sistem baru dalam teknologi baterai. Teknologi tersebut memungkinkan baterai mengambil sinyal Wi-Fi dan mengumpulkannya untuk mengisi daya baterai. Dengan demikian, Anda bisa charging baterai ponsel meng-gunakan gelombang Wi-Fi yang ada di sekitar Anda. Sayangnya, hingga 2 tahun teknologi tersebut tidak muncul dalam satu pun produk di pasaran. Teknologi mengisi baterai ponsel menggunakan Wi-Fi ini diharapkan bisa muncul di tahun 2013 bersama Android.

Google WiFi: Hotspot Gratis di Banyak Tempat

Google melalui Android makin mend-unia. Bukan tidak mungkin jika di tahun ini Google akan membangun sebuah network Wi-Fi hotspot untuk publik. Sep-erti telah menjadi ciri Google, layanan tersebut bisa diakses dengan harga yang sangat murah atau bahkan gratis dengan beberapa ketentuan. Akses Wi-Fi untuk publik memang bukan hal baru tetapi kebanyakan yang ada saat ini adalah milik pemerintah dengan speed sangat lambat.

Google dan ASUS Google dan ASUSmengembangkan

Nexus Padfone, ASUS Padfone, diikuti Padfone 2, tak disangkal menjadi sebuah gadget Android terkeren di tahun 2012. Sebuah Android smartphone yang bisa dipasang pada screen 10 inci untuk menjadikannya sebuah tablet merupakan inovasi keren dari ASUS.

Di tahun ini, bisa saja Google meng-gandeng ASUS untuk mengembangkan Nexus Padfone, sebuah perpaduan smartphone/tablet Android yang diran-cang berdasar Android OS versi terbaru dari Google.

Google Wallet GagalSolusi mobile payment di masa depan

yang dirancang melalui Google Wallet merupakan inovasi yang patut diacungi jempol. Namun, harus diakui bahwa teknologi yang mulai dipakai di Amerika ini masih memiliki banyak kelemahan, salah satunya adalah minimnya dukun-gan opsel.

Untuk saat ini, Google Wallet hanya didukung satu opsel di Amerika (Sprint) sementara 3 opsel besar lainnya (Veri-zon, AT&T dan T-Mobile) lebih memilih ISIS yang memberikan keuntungan lebih besar bagi mereka dalam hal pembagian persentase hasil.

Dengan alasan uang itulah diperkira-kan Google Wallet tidak akan menuai kesuksesan di tahun ini.

CMYK CMYK

Page 24: Gadget Star. Bali Post.11 - 17 Januari 2013

Penerbit : PT Bali Post

11 - 17 Januari 2013

SEBAGAI bagian atas langkah pengetatan dan pemotongan biaya yang pernah diumumkan pada bulan November 2012 lalu, kabarnya Zy-nga baru saja telah merealisasikan untuk menutup 11 game besutannya dari layanan dan pasaran, termasuk PetVille dan Mafia Wars 2. Dengan begitu, pihak perusahaan berharap dapat lebih memfokuskan sumber daya yang ada pada game yang lebih sukses saja.

Seperti dikutip dari berita teknolo-gi, setelah Vampire Wars, Treasure Isle dan FishVille ditutup pada 5 Desember 2012 lalu dan kemudian disusul Montopia pada tanggal 21

JUGGERNAUT: Revenge of Sovering adalah sebuah game RPG generasi baru. Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki 6 prajurit legendaris yang disebut sebagai Scorpion, yang bisa Anda pilih salah satu untuk membebaskan Haradan dari tangan setan yang tangguh. Seperti dilansir gopego, tidak hanya setan tapi prajurit terpilih itu juga harus mengalahkan ratusan binatang buas dalam perjalanan sebelum melawan setan yang tangguh, Sovering.

Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki 15 tempat fantasi mulai dari hutan, gurun, kota, dan gua-gua, yang akan dilalui prajurit terpilih Anda. Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki fitur seperti 6 prajurit legendaris dengan kekuatan masing-masing yang unik dan bisa ditingkatkan hingga mencapai level 30, 12 senjata ampuh, 4 sekolah sihir dan 12 mantra untuk pertempuran serta berbagai perangkat untuk mengubah tampilan prajurit yang Anda pilih.

Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki grafis 3D yang men-gagumkan dan Anda bisa melihat detail gambar yang luar biasa sepa-njang permainan. Juggernaut: Revenge of Sovering memiliki banyak jenis permainan yang akan membuat Anda meluangkan waktu yang lama untuk bermain. Dan bagian paling menariknya adalah Juggernaut: Revenge of Sovering tersedia secara gratis di Google Play Store.

SUPERBROTHER: Sword and Sworcery EP sekarang telah hadir di Google Play Store. Seperti judulnya, Superbrothers: Sword and Sworcery EP adalah action game yang menggunakan senjata

KABAR gembira bagi Anda para penggemar game Metal Gear. Konami baru saja mengumumkan via Twitter bahwa demo untuk seri terbaru dari game franchise mereka yaitu Metal Gear Rising: Reven-geance akan hadir secara gratis

ANOMALY Warzone Earth telah memenangkan gameplay dalam Apple Design Award Store dan sekarang pengem-bangnya 11 Bit Studios meng-hadirkan game baru berjudul Anomaly Korea di iTunes App Store.

Seperti dilansir gopego, Anomaly Korea menawarkan gameplay yang sama dengan Anomaly Warzone Earth tapi dengan tampilan grafis dan elemen-elemen permainan yang

Astaga, Zynga Hentikan Layanan 11 Game Anyarnya!

Desember 2012 lalu, PetVille dan Mafia Wars 2 kabarnya juga telah menghilang dari peredaran baru-baru ini.

Mafia Wars Shakedown, Forest-ville, Mojitomo dan Word Challenge Scramble juga telah ditarik dari pasaran. Sementara Indiana Jones Adventure World yang saat ini telah membatasi pemain baru, kabarnya game tersebut juga akan mengalami hal sama sebelum dihentikan sama sekali pada 14 Januari 2013 nanti.

Terkait hal itu, pihak perusahaan kabarnya bakal menawarkan im-balan untuk para pemain yang telah menginvestasikan banyak waktu

dan uang dalam permainan mereka. Khusus untuk pemain setia game PetVille, tersedia paket satu kali dan juga bonus gratis pada salah satu game pilihan yang ada seperti Castleville, Chefville, Farmville 2, Mafia Wars, atau Yoville. Sementara para pemain game lainnya, seperti Mafia Wars Shakedown, kabarnya bakal diberitahukan secara resmi untuk segera menghubungi Zynga Customer Support terkait kemungki-nan kompensasi yang diperolehnya.

Sejauh ini, pihak Zynga juga telah memberlakukan langkah antisipasi lainnya seperti mem-PHK 100 staf dan penutupan beberapa kantornya.

Superbrothers: Sword and Sworcery EPHadir di Google Play Store

pedang dengan fitur penekanan gaya audiovisual.

Seperti dikutip dari gopego, Su-perbrothers: Sword and Sworcery EP adalah game yang unik, yang akan menyeret Anda ke dalam

alur permainan meski Anda belum memulai pertempuran. Super-brothers: Sword and Sworcery EP memiliki latar belakang di alam mitos di mana Anda harus meng-gunakan pedang untuk pertem-puran dengan tujuan membangkit-kan sworcery untuk memecahkan misteri-misteri musik.

Selain memiliki gameplay menarik, Superbrothers: Sword and Sworcery EP juga didukung grafis seni pixel dan soundtrack yang luar biasa dari Jim Guthrie. Ini adalah kali kedua Superbroth-ers: Sword and Sworcery EP dirilis untuk perangkat Android setelah sebelumnya dirilis dalam versi beta. Nah, jika Anda tertarik dengan Superbrothers: Sword and Sworcery EP, Anda bisa download di Google Play Store seharga 1,85 dolar AS.

Mainkan Juggernaut: Revenge of Sovering di Android Devices

Demo Metal Gear Rising: Revengeanceuntuk PS3 & XBox 360 Segera Dirilis

via PlayStation Network (PSN) dan juga Xbox Live Januari 2013 ini.

Seperti dikutip dari gopego, jika Anda sudah tak sabar untuk menunggu selama itu, demo sebesar 3,5 GB ini sudah bisa Anda dapatkan sekarang juga, namun

dengan catatan Anda harus mem-beli Zone of the Enders HD Collec-tion terlebih dahulu.

IGN telah mencoba demo terse-but, dan mengatakan bahwa demo Metal Gear Rising: Re-vengeance tersebut akan mampu memberikan Anda cukup gambaran

dari gamenya secara penuh, juga cukup untuk membantu Anda mem-pertimbangkan akan membelinya atau tidak.

Metal Gear Rising: Reven-geance akan dirilis di kawasan AS pada 19 Februari 2013 dan Eropa mulai 22 Februari 2013.

Anomaly Korea for iOS Devicesjauh lebih baik.

Meski memiliki gameplay yang sama, tapi sebenarnya Anomaly Korea bukanlah sekuel dari Anomaly Warzone Earth. Dalam permainan Anomaly Korea Anda akan disuguhi konten baru yang lebih menantang dibanding Anomaly Warzone Earth. Dalam permainan Anomaly Korea, Anda akan memimpin sebuah konvoi kendaraan untuk menyerang me-nara alien yang memiliki pertah-anan lebih kuat.

Seperti yang tertulis pada judul, Anomaly Korea mengam-bil tempat peperangan di Korea. Para alien telah berhasil menguasai wilayah itu dan tugas Anda adalah menyerang markas alien. Jadi, Anomaly Korea sebenarnya bukanlah permain-an pertahanan menara tapi lebih pada penyerangan menara! Nah, jika Anda ingin mengusir para alien di Korea, sekarang Anda bisa download Anomaly Korea di iTunes App Store.

CMYK CMYK