gadget star. bali post. 5 - 11 april 2013

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 18-Mar-2016

233 views

Category:

Documents


12 download

DESCRIPTION

Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

Penerbit : PT Bali Post

5 - 11 April 2013

BAGI Anda penggemar game pemburu zombiez, maka ada salah satu game yang menarik untuk dimainkan. Game Call of Mini Zombies buatan dari publisher game Triniti Interactive Ltd ini adalah jenis game dengan tema memburu zombies.

Seperti dikutip dari aplikasiandroid.com, dengan tampilan karakter yang mini tetapi sudah berbentuk 3D, serta dengan tampilan background 3D membuat game ini menarik untuk dimainkan. Anda dapat men-download game Call of Mini Zombies ini secara gratis di aplikasi Google PlayStore.

Dari sisi gameplay, Game Call of Mini Zombies buatan dari publisher game Triniti Interactive ini menawarkan sistem permainan dengan tampilan third view atau dengan tampilan one view, di game Call of Mini Zombies ini Anda berperan sebagai seorang pemburu zombies. Sesuai dengan tugas utama yang ada dalam game ini, maka ada banyak jenis zombies yang bermunculan di setiap misi yang Anda pilih.

Jika Anda pernah bermain game FPS (First Person Shooter), maka Anda pasti pernah memainkan game Counter Strike, dan game Call of Mini Zombies ini hampir mirip dengan sistem game dari game FPS Counter Strike, yang membedakan adalah dari karakter musuh yang dilawan yaitu berupa zombies. Tampilan dari karakter zombies juga terlihat mini dan menarik. Dalam game Call of Mini Zombies ini, Anda akan dilengkapi dengan senjata yang lengkap, dimulai dari pisau, pistol, machine gun sampai dengan senjata basoka ada dalam game Call of

Mini Zombies ini.Game Call of

Mini Zombies ini juga menawar-kan dua macam permainan, di mana permain-an pertama adalah per-mainan misi, dalam setiap misi akan ada beberapa karakter musuh zom-bies, yang dapat Anda hadapi, selain per-mainan misi, maka ada permainan kedua yang dapat Anda mainkan

bersama dengan orang

lain yang juga memainkan game Call

of Mini Zombies ini, dinamakan sistem multiplayer, Anda dapat bermain dengan orang lain dengan sistem jaringan online.

Sebagai tips yang perlu Anda perhatikan dalam memainkan game Call of Mini Zombies ini, adalah Anda dapat membunuh musuh zombies dengan cepat yaitu dengan mengarahkan senjata Anda tepat ke arah kepala dari zombies, pada saat Anda berhadapan dengan karakter musuh zombies yang kuat.

Tetapi cara ini tidak akan bermanfaat pada saat berhadapan dengan zombies menggunakan pelindung kepala. Ada beberapa jenis karakter zombies yang dapat bergerak dengan cepat, Anda dapat membunuh zombies ini dengan cepat yaitu dengan menggunakan senjata rifle atau basoka.

Control dari game Call of Mini Zombies ini juga cukup mudah yaitu dengan mengarahkan senjata dari karakter pemburuh zombies Anda ke arah musuh dari zombies, dan Anda akan dipandu untuk dapat me-mainkan game Call of Mini Zombies ini. Dengan demikian, Anda dapat menguasai navigasi dasar dari game Call of Mini Zombies ini untuk dapat menghadapi karakter musuh zombies yang kuat.

Game Call of Mini Zombies ini juga menawarkan sistem dua navi-gasi, di mana navigasi pertama adalah untuk melakukan pergerakan, sedangkan navigasi kedua adalah untuk dapat melakukan action seperti menembak. Dalam game Call of Mini Zombies ini juga dilengkapi den-gan sistem jual beli senjata dan juga atribut seperti Kevlar. Anda dapat membeli senjata terbaru dengan damage yang lebih kuat untuk dapat mengalahkan musuh zombies dengan cepat.

Dari sisi graphic, game Call of Mini Zombies ini sudah menampilan tampilan game 3D, terlihat dari karakter tokoh pemburu game ini, dan juga dari background game Call of Mini Zombies ini. Dengan dukungan suara yang menarik dari game Call of Mini Zombies seperti dari suara tembakan, dan juga dari suara lemparan bom, serta beberapa bunyi senjata yang ada dalam game Call of Mini Zombies ini menarik untuk dimainkan.

Bagi para penggemar game pemburu zombies, maka Anda dapat memainkan game Call of Mini Zombies. Game buatan dari publisher game Triniti Interactive Ltd ini merupakan jenis game pemburu zombie yang menarik, dengan karakter tampilan pemburu yang sudah berbentuk 3D serta dengan tampilan background 3D membuat game ini menarik untuk dimainkan. *

Game Plants vs Zombies Rambah Facebook

PERMAINAN digital Plants vs Zombies ciptaan PopCap Games mulai merambah situs media jejar-ing sosial Facebook untuk wilayah terbatas.

Di Facebook, permainan yang disebut Plants vs Zombies Adventures versi beta itu dapat diakses secara luas pada akhir musim semi 2013. “Dunia ke-matian lucu Plants vs Zombies berkembang dengan gelombang tak berujung karakter-karakter, strategi-strategi, wilayah, dan tantangan komunitas baru,” sebut studio Electronic Arts (EA Games) selaku pemilik permainan di halaman Facebook.

Di akun resmi Twitternya, menyebut EA Games mengatakan, Plants vs Zombies Adventure berbeda dengan permainan Plants vs Zombies 2” sebagai permainan utuh dan merupakan kelanjutan Plants

vs Zombies. “Seri adventure adalah satu dari beberapa adaptasi baru dari produk waralaba yang akan hadir di konsumen pada tahun depan,” sebut EA Games.

Kepala Studio Produksi Plants Vs Zom-bies, Curt Bererton, mengatakan studionya menciptakan putaran baru pada Plants vs Zombies klasik. Plants vs Zombies Adven-ture menempatkan pemain pada petualan-gan permainan untuk menahan serangan zombie di lokasi berbeda.

Permainan itu juga memungkinkan pemain untuk mengirim zombi ke teman Facebook mereka dan saling berkompetisi di papan permainan. *ant

Game Android Call of Mini Zombies

Serunya Berburu Zombiez

REBELLION, developer game Android yang telah sukses dalam rilisan game Judge Dredd vs. Zombies kem-bali merilis sebuah game baru. Seperti dilansir gopego, Rebel-lion kini merilis sebuah game berjudul Guns 4 Hire yang game play-nya masih mirip den-gan game Judge Dredd buatan mereka.

Melihat logo yang digunakan, game ini tampaknya terinspirasi film The Expendables yang

dibintangi para aktor veteran yang menikmati masa keemasan di era 80-an seperti Sylvester Stallone dan Chuck Norris. Mengingat bahwa genre top-down shooter yang mereka pilih sebelumnya membuahkan hasil yang bagus, maka tak ada salahnya untuk kembali memilih genre tersebut sekali lagi bukan?

Dalam game ini, Anda akan memainkan 4 orang tentara ba-yaran dengan spesialisasi masing-masing: L.T., Faraday, Burns dan

juga Boomer. Tak ada pan-duan khusus dalam game ini, karena yang perlu Anda lakukan cukup tembak dan ledakkan semua musuh yang tampak di layar.

Game ini adalah game free-to-play, namun dengan sejum-lah pilihan in-app purchase untuk mendapatkan sejumlah upgrade senjata khusus. Jika Anda berminat, Anda bisa men-download-nya secara gratis via Google Play Store. *

Page 2: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

ADANYA celah dalam software untuk berbagai perangkat dengan iOS versi 6.x, Samsung Galaxy Nexus, Galaxy S3 serta sejumlah perangkat Samsung Galaxy lainnya telah memungkinkan pengguna (atau orang lain) mem-bypass lockscreen passcode dari perangkat tersebut dengan sangat mudah.

Seperti dikutip dari teknoup, kini muncul sebuah temuan terbaru dari salah seorang pengguna YouTube yang memperlihatkan bahwa Xperia Z tampaknya juga memiliki kelemahan serupa. Seorang penggila teknolo-gi ber-ID Scott Reed di YouTube baru-baru ini memposting sebuah video di mana dia dengan mudah bisa mem-bypass lockscreen dari Xperia Z miliknya sendiri.

Sony sendiri saat ini masih sibuk merilis sebuah update software untuk mencegah Xperia Z mendadak mati total seperti yang dialami sejumlah penggunanya. Kabar ten-tang celah untuk lockscreen ini baru muncul dan besar kemungkinan bahwa Sony masih belum menyertakan fix untuk masalah ini dalam update software mereka. *

ANDROID selama ini memiliki reputasi sebagai platform yang “ramah” terhadap penyebaran berbagai macam malware. Namun, temuan terbaru dari SourceFire mengungkapkan bahwa perangkat yang paling rentan terhadap serangan malware bukanlah Android, tapi justru iPhone.

Seperti dilaporkan BGR.com, menurut studi tersebut, mayoritas tipe kerentanan yang ada dalam perangkat ponsel/smartphone hadir dalam iPhone. SourceFire menemukan 210 macam kerentanan dalam iPhone, alias 81 persen dari seluruh platform mobile OS. 19 persen sisanya tersebar pada Android, Windows Phone serta BlackBerry.

Yves Younan, seorang engineer senior di tim riset SourceFire sekali-gus penulis laporan tersebut mengatakan bahwa hasil temuannya bisa dibilang mengejutkan. Namun, Younan juga tak lupa untuk menambah-kan bahwa Apple sadar betul akan masalah tersebut, dan hal itulah yang membuat mereka senantiasa merilis fitur pengamanan tambahan dalam update software mereka yang dirilis secara rutin dan berkala.

Younan juga menjelaskan bahwa sekalipun Android memiliki pangsa pasar tertinggi di dunia smartphone, namun iPhone masih tetap menjadi produk yang terpopuler di kalangan pelanggan, dan hal inilah yang membuat para hacker lebih tertarik untuk terus menerus mencari celah yang ada di dalam iOS. *

HANYA beberapa saat set-elah update iOS 6.1.3 diluncur-kan untuk menambal masalah keamanan lock screen, ternyata kembali muncul masalah baru. Pengguna iPhone dan iPad mengeluhkan bahwa baterai mereka sekarang tidak seawet sebelumnya.

Seperti dilaporkan Phone Arena, dalam laporan yang dis-ampaikan di forum layanan Ap-

BLACKBERRY 10 sekarang telah mencapai lebih dari 100.000 ap-likasi dan kabar baiknya adalah hanya 20 persen dari jumlah tersebut yang berbasis aplikasi Android.

Seperti dilaporkan Phone Arena, pernyataan tersebut dikemuka-kan VP BlackBerry, Martyn Mallick dalam sebuah wawancara setelah BlackBerry Z10 rilis di Amerika.

Pencapaian jumlah aplikasi BlackBerry 10 memang cukup fantastis mengingat platform Windows Phone yang telah rilis lebih dari dua tahun lalu hingga sekarang masih memiliki 130.000 aplikasi. Bahkan, sebanyak 30.000 aplikasi BlackBerry 10 berhasil dicapai hanya dalam waktu tujuh minggu.

Tentunya masih sulit bagi BlackBerry untuk mengejar jumlah aplikasi iOS dan Android, tapi Mallick mengatakan bahwa BlackBerry memiliki kepercayaan diri untuk terus meningkatkan jumlah aplikasi dalam jumlah besar. Mallick menambahkan bahwa BlackBerry 10 masih akan didukung banyak partner aplikasi. *

Waspadalah, ”Lockscreen” di Xperia Z bisa Di-”Bypass”

Pemakai iPhone dan iPad Keluhkan Boros Baterai pada iOS 6.1.3

ple, diketahui bahwa iPhone tetap menghabiskan baterai walaupun tidak sedang digunakan.

Seorang pengguna melaporkan bahwa iPhone miliknya biasanya berisi baterai 99 persen dalam 12 jam ketika dibawa pulang dari kerja, namun setelah di-update ternyata handset miliknya telah habis baterai ketika sampai di rumah setelah kerja.

Tingkat keborosan baterai

tersebut terlihat cukup konsisten jika melihat dari keluhan yang diposkan di forum tersebut. Peng-guna merasa bahwa kapasitas baterainya berkurang sekitar 1 persen setiap 7 menit atau sekitar 8 persen per jam. Namun, juga ada laporan yang menyebutkan bahwa baterai gadget Apple mi-liknya akan habis dalam waktu 3 jam sejak diisi ulang.

Salah satu solusi yang ditemukan adalah dengan cara menghabiskan baterai sampai total. Setelah baterai benar-benar habis, perangkat kemudian diisi ulang selama 4 jam sampai penuh. Dengan menghabiskan baterai maka semua proses di perangkat akan mati dan hal tersebut akan membuat baterai terkalibrasi ulang.

Masalah boros baterai tersebut sepertinya telah diketahui Apple dan kemungkinan akan diperbaiki di update iOS 6.1.4 mendatang. *

”Security” iPhone Lebih Rentan dari Android

Aplikasi Android di BlackBerry 10 hanya 20 Persen

iFixit: HTC One Sangat Sulit DiperbaikiHTC One adalah salah satu

ponsel kelas atas dengan desain premium. Dengan desain aluminium unibody yang berkilau, ponsel An-droid ini terlihat bagus.

Seperti dilansir Phone Arena, iFixit yang selalu membedah dan membongkar ponsel-ponsel populer, menyatakan bahwa aluminium terse-but membuat HTC One lebih kuat, seharusnya. Namun masalahnya One seperti benar-benar didesain tidak untuk dibuka, iFixit memberi

nilai 1 dari 10 untuk ponsel ini, untuk kali pertama ada ponsel yang menca-pai nilai terendah ini.

Menurut iFixit, adalah sebuah misi yang tidak mungkin untuk membuka bodi HTC One tanpa merusak case belakang, apalagi layar tidak bisa di-ganti tanpa membuka case belakang, jadi Anda tidak bisa ganti layar sendiri tampaknya, Anda juga tidak bisa ganti komponen seenaknya. Sebagai tambahan, masalah besarnya adalah lapisan perisai tembaga yang menu-

tupi motherboard, kamera belakang dan lain-lain.

Lapisan tembaga ini memiliki man-faat untuk menghamburkan panas dan memberikan landasan listrik, namun sangat sulit untuk melakukan perakitan ulang, seperti berusaha meluruskan kertas aluminium foil yang sudah terkoyak. Jadi untuk Anda yang punya hobi membongkar ponsel sendiri, HTC One mungkin kurang cocok. Namun jika tidak, ya tidak masalah. *

MESKI tablet pertama Windows 8, Surface tidak sepopuler harapan Microsoft, namun beberapa elemen desainnya telah diakui sejumlah pihak dengan memenangkan U.S Patent and Trademark Office atau USPTO.

Seperti dilaporkan news.cnet, USPTO memberikan tiga paten untuk desain touch/type cover keyboard pada tablet Surface, termasuk ornamental design untuk tablet elektronik dengan input device coupling, seperti yang digambarkan Microsoft pada ringkasan aplikasi patennya.

Microsoft sendiri mendaftarkan paten untuk desain cover key-board pada akhir Mei tahun lalu, sekitar satu bulan sebelum men-gungkapkan perangkat yang dimaksud. Cover ini merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi Microsoft dalam mengem-bangkan tablet. Cover harus tipis tapi cukup tahan lama

untuk melindungi layar. Dan akhirnya tim memutuskan untuk menggunakan cover keyboard yang dapat dilepas dan menempel pada layar melalui magnet.

Menurut laporan situs Bloomberg, sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober, Microsoft telah

menjual lebih dari 1,5 juta tablet Surface, termasuk 400.000

Surface Pro. Sejum-lah analis bahkan

memperkirakan Microsoft akan menjual

2 juta tablet Windows RT pada kuartal pertama.*

APAKAH Anda mencari case atau aksesori untuk tablet atau smartphone? Targus Inc. baru saja mengumumkan case dan aksesori terbarunya untuk smartphone dan tablet.

Seperti dikutip dari gopego, case terbaru yang diumumkan adalah SafePORT yang dirancang untuk smartphone seperti iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4.

Koleksi SafePORT meliputi Case Rugged Max dan SafePORT Case Rugged Max Pro, yang menawar-kan perlindungan ekstra bagi smart-phone. Di sela-sela pengumuman SafePORT Case, Melissa Chapman selaku Wakil Presiden Targus menya-takan, koleksi Safe-PORT diran-cang secara khusus untuk melindungi smart-phone dan tablet, bahkan dalam lingkungan yang paling

Voltissimo, ”Charger” Super CepatMASALAH utama bagi para pemilik

smartphone/tablet rata-rata sama yaitu baterai dari perangkat mereka jarang bisa bertahan sehari penuh karena selalu ter-hubung dengan internet.

Seperti dilaporkan akihabaranews, untuk mengatasi masalah tersebut, Buffalo merilis sebuah charger canggih yang diberikan nama Voltissimo.

Saat ini memang banyak produk charger portable atau mungkin lebih akrab dis-ebut sebagai power bank yang beredar di pasaran. Produsen Buffalo mengatakan bahwa produk Voltissimo jauh lebih unggul daripada yang lain karena kemampuan-nya untuk recharge baterai dari sebuah perangkat dengan sangat cepat. Sebagai gambaran, sebuah iPhone yang baterainya benar-benar habis hanya perlu di-charge selama 15 menit dengan menggunakan

Voltissimo untuk mengembalikan baterai ke kondisi full.

Buffalo merilis Voltissimo dalam 2 versi yaitu versi 8.000 mAh yang mampu re-charge sebuah iPhone hingga 4 kali ketika kondisinya full charge, dan versi 4000 mAh yang mampu recharge sebuah iPhone 2 kali dalam kondisi full charge.

Selain iPhone, Voltissimo juga kom-patibel dengan iPad, smartphone/tablet Android, kamera digital, konsol game hand-held, atau perangkat apapun yang memiliki sebuah port USB. Voltissimo memiliki 2 buah output terminal untuk memudahkan Anda me-recharge 2 perangkat Anda se-cara bersamaan.

Sayangnya, harga untuk kedua versi Voltissimo ini terbilang cukup mahal, di mana versi 8.000 mAh dibanderol $235 dan versi 4.000 mAh dibanderol $190. *

Microsoft Menangkan Paten Desain untuk ”Surface Cover Keyboard”

Fuel, ”Charger” Ponsel Terkecil di DuniaSETELAH munculnya charger ultra cepat

yang mampu recharge iPhone hingga penuh da-lam waktu 15 menit, kini muncul sebuah proyek crowdfunding untuk sebuah charger baru yang diklaim sebagai charger terkecil di dunia yang dinamakan Fuel, sebuah charger super kecil seukuran koin 25 sen yang dirancang untuk bisa memberikan tambahan talk time 30 menit, atau beberapa jam dalam mode standby.

Seperti dilansir mash-able.com,

dimensi

dari Fuel hanyalah sebesar 1,3 x 0,9 x 0,5 inci, sangat cocok untuk disertakan sebagai gantun-gan kunci atau dimasukkan dalam kantong kecil dari celana jeans Anda.

Devotec Industries selaku perancang perang-kat ini mengatakan bahwa Fuel akan sangat cocok bagi Anda yang seringkali dihadapkan dengan penundaan jadwal penerbangan secara tiba-tiba, masih belum sempat recharge ponsel di rumah, atau ketika perlu menelepon dalam keadaan genting.

Untuk menggunakannya, Anda cukup men-gaktifkan tombol on di Fuel dan menancapkan-nya di ponsel Anda untuk memulai proses trans-

fer energi baterai. Proyek crowdfunding ini telah sukses mendapatkan

bantuan dana sebe-sar 19.000 dolar AS dari target awal 20.000 dolar AS.*

”Case” untuk iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4buruk sekalipun. Case Rugged Max dan SafePORT Case Rugged Max Pro, keduanya terbuat dari bahan polikarbonat yang dikeras-kan sehingga mampu memberikan perlindungan ekstra.

Case Rugged Max dan Safe-PORT Case Rugged Max Pro, ked-uanya menawarkan perlindungan terhadap debu dan benturan keras serta juga dilengkapi built-in screen protector. Nah, bagi Anda yang membutuhkan perlindungan dari lingkungan paling ekstrem, maka Anda sebaiknya memilih SafePORT Case Rugged Max Pro karena case ini dirancang untuk menawarkan perlindungan lebih dibanding Case

Rugged Max. Sayangnya, saat ini Melissa tidak mengumumkan harga dan ketersediaan Case Rugged Max dan SafePORT Case Rugged Max Pro. *

Targus Perkenalkan SafePORT

Page 3: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

CEO BlackBerry, Thorsten Heins lagi-lagi membicarakan soal kompetitornya. Setelah mengata-kan antarmuka iOS pada iPhone sudah ketinggalan zaman, kini ia menyerang Samsung. Tidaklah mengherankan karena baru-baru ini ada fitur dari Samsung yang bernama Knox, sebuah tempat yang mampu menampung doku-men berkaitan dengan pekerjaan guna mengurangi risiko keboc-oran data. Fitur Knox ini sendiri tampaknya akan segera hadir di

WINDOWS RT, platform terbaru Microsoft sering dikritik ber-hubung ketidakmampuannya menjalankan aplikasi dari Windows versi sebelumnya.

Seperti dilaporkan BGR, platform ini bahkan disebut hanya membingungkan pengguna soal perbedaan antara RT dan Win-dows 8. Namun, melalui Michael Anguilo, Microsoft tampak yakin dengan masa depan RT, meski wakil presiden korporat Microsoft tersebut tidak menerima kritik yang diterima Windows RT.

Ketika ditanyakan mengenai ketidakmampuan RT menjalankan aplikasi dari Windows sebelumnya, Angiulo hanya merespons, orang hanya memikirkan mengenai aplikasi dari Windows sebel-umnya yang tidak jalan di RT, mereka tidak memikirkan mengenai keuntungan dari hanya menjalankan aplikasi modern. Maksud An-giulo, Anda bisa menggunakan Windows RT seperti Android atau iOS, di mana Anda bisa secara mudah membeli dan menggunakan aplikasi ke beberapa perangkat sekaligus tanpa membeli kembali aplikasi tersebut di perangkat baru.

Biar demikian, alasan Angiulo tidak menjawab mengenai perso-alan pilihan aplikasi yang hanya sedikit untuk RT, yang nyatanya membuat calon pembeli ragu dengan RT dan ujung-ujungnya perangkat dengan RT kurang laku. *

BlackBerry Ingin Geser Laptop dan Tablet

PEMIMPIN Perusahaan BlackBerry, Thorsten Heins, berambisi menjadikan ponsel pintar se-bagai pusat perangkat komputasi bergerak yang menggeser fungsi laptop maupun tablet.

“Anda hanya perlu membawa satu perang-kat komputasi, lalu Anda mendapatkan semua perlengkapan di dalamnya yang membuat hidup Anda lebih mudah dibanding saat ini dengan menenteng tablet, ponsel pintar, laptop ke kantor, dan mempunyai komputer desktop,” kata Heins ketika diwawancarai ABC News.

Pernyataan itu disampaikan Heins terkait strategi BlackBerry di tengah persaingan ponsel-ponsel pintar di AS dan sebagian besar pasar dunia seperti iPhone 5 Apple, Samsung Galaxy S4 serta sejumlah ponsel Android dan Windows Phone.

“Bagi saya, ini (BlackBerry) bukan hanya ponsel pintar berikutnya. (Perangkat) ini punya kemampuan setara laptop. Ini bukan lagi sekadar

ponsel pintar. Ini adalah perangkat komputer per-sonal Anda,” kata Heins tentang BlackBerry Z10.

Heins mengatakan, perusahaannya juga ten-gah menguji sejumlah pilihan terkait kemungkinan produksi perangkat tambahan untuk melengkapi ponsel BlackBerry.

“Kami sedang mengerjakan beberapa di antaranya, saya tidak dapat berkomentar lebih jauh tentang itu. Namun, kami akan membicara-kan pilihan-pilihan konsep itu pada BlackBerry World,” kata Heins.

Strategi para produsen ponsel pintar untuk menambah kemampuan produknya sebagaimana komputer seringkali berujung pada produksi perangkat kombinasi seperti Asus PadFone atau-pun Lapdock pada ponsel Motorola.

Namun, The Verge menyebut strategi mem-buat perangkat tambahan atau kombinasi tidak mampu menarik minat calon konsumen atau pun mendongkrak penjualan. *ant

CEO BlackBerry: Samsung dan Android kurang Aman

perangkat Galaxy. Seperti dilaporkan Phone

Arena, untuk mengaksesnya pengguna cukup menyentuh ikon Knox, sedangkan ketika selesai pengguna dengan mudahnya be-ralih lagi ke lingkungan personal ponsel. Knox memungkinkan admin IT untuk mengecek data pekerjaan personal karyawan secara terpisah.

Artinya, Samsung berniat berhadapan satu lawan satu den-gan BlackBerry, yang sejak dulu sudah dikenal sebagai rajanya bisnis keamanan enterprise. Heins mengatakan Samsung tidak akan pernah bisa menawarkan keamanan kelas atas dikarenakan Android yang digunakan Samsung berbasis open source.

Namun, jangan lupa, open source bukan berarti tidak aman, karena banyak orang yang beru-saha hack sistem dan kemudian secara sukarela mengirim kembali fix dari lubang keamanan tersebut. Apalagi, jika Anda setia dengan Google Play Store saja sebagai sumber aplikasi Anda, kemung-kinan besar ponsel Anda tidak akan terkena lubang keamanan apapun. *

Apple Patenkan Proteksi iPhone dari JatuhAPPLE baru saja

memperoleh sebuah paten tentang mekanisme proteksi untuk sebuah perangkat elektronik. Seperti dikutip dari teknoup, paten yang didaftarkan pertama kali pada bulan September 2011 tersebut dimaksudkan untuk menghindari kerusakan fatal ketika sebuah perangkat iDevice jatuh, terutama pada iPhone.

Mekanisme proteksi yang dipatenkan Apple adalah dengan mengubah pusat masa iDevice sehingga keti-ka jatuh tidak akan terbentur pada bagian yang vital. Sen-sor dan prosesor perangkat juga berperan untuk me-nentukan kapan mekanisme tersebut aktif, baik melalui sensor giroskop, akselerom-eter, ataupun GPS.

Sensor akan mengirimkan sinyal ke prosesor untuk menentukan apakah sebuah gad-get sedang jatuh dan berapa jauh jaraknya dari permukaan lantai/tanah.

Setelah semua informasi diperoleh, me-

kanisme proteksi akan aktif dan memposisikan perangkat dalam posisi tidak berbahaya atau da-lam posisi memproteksi daerah vital gadget.

Pada umumnya, dengan mekanisme ini maka ponsel akan jatuh pada sisi-sisinya atau pada bagian belakang dan tidak di layarnya. *

Microsoft Yakin dengan Masa Depan Windows RT

MICROSOFT Corporation dikabarkan mengusung aplikasi pemrograman antarmuka (API) JavaScript Web Graphics Library (WebGL) pada perambah Internet Explorer 11 setelah sempat men-golok aplikasi itu.

WebGL pada Internet Explorer 11 ditemukan pengembang situs internet, Francois Remy, menyusul bocoran tampilan Windows Blue di internet beberapa waktu lalu.

Namun, di situs pribadinya, Remy menyebut WebGL pada Internet Exlporer 11 tidak dapat dioperasikan meski terdeteksi.

TAMPILAN sistem operasi komputer terbaru Microsoft, Windows Blue, beredar di sejumlah situs internet dengan layar aplikasi berupa kotak-kotak yang lebih kecil dibanding layar aplikasi pada Windows 8.

Selain tampilan pengguna antar-muka, sejumlah situs inter-net seperti WinForum dan R27.

Dari tampilan itu, Microsoft tampak sedang membangun Snap View tambahan di Win-dows Blue. Di OS Windows 8, Snap Views itu memungkinkan

Pressgram, Pesaing Baru InstagramSITUS berbagi foto, Instagram, akan

memiliki pesaing situs serupa Pressgram, yang diklaim memiliki perbedaan karena penggunanya masih memiliki hak milik atas foto mereka.

Aplikasi pemublikasi foto dengan “filter” itu akan terintegrasi dengan situs blog Wordpress dan penggunanya masih memi-liki hak milik atas foto, demikian dikatakan pendiri Pressgram, John Saddington, seba-gaimana diberitakan di situs Kickstarter.

“Saya, seperti Anda, suka mengambil foto...tapi di sisi lain karena saya juga suka Instagram..sebuah cara mudah untuk mengambil foto, menambahkan filter, dan mempublikasikan di blog,” kata Saddington tentang latarbelakang penciptaan Press-gram.

Warga AS itu menjelaskan keinginannya

untuk menciptakan aplikasi Pressgram juga didasari keterikatan kebijakan privasi (privacy policies), persyaratan layanan (terms of ser-vices), atau kesepakatan lisensi pada layanan yang mengikat seperti Instagram.

“Ini adalah keuntungan bagi seniman, pencip-ta konten kreatif, pencipta konten independen yang tidak perlu khawatir tentang kesepakatan digital atau (layanan) di mana mereka mungkin melihat karya mereka berakhir,” kata Sadding-ton.

Pengguna dapat memilih sekadar mengambil foto dengan filter tanpa perlu menampilkan di Wordpress ataupun juga dengan mengunggah-nya ke situs blog itu.

Namun, aplikasi gratis itu untuk sementara hanya dapat dipakai di sistem operasi iOS Apple dengan tampilan menyerupai Instagram serta fungsi berbagi di Facebook serta Twitter. *ant

Microsoft Digugat Kelompok ”Open Source” Eropa

SEBUAH organisasi Spanyol yang mewakili para pengguna software open source menggu-gat Microsoft Corp ke Komisi Eropa.

Grup Hispalinux yang beranggotakan 8.000 orang yang mewakili pengguna dan pengem-bang sistem operasi Linux di Spanyol menga-takan Microsoft telah membuat para pengguna komputer yang sudah berplatform Windows 8 sulit beralih ke Linux dan sistem operasi lain-nya.

Pengacara dan Kepala Hispalinux Jose Maria Lancho mengatakan, dia menyampaikan gugatan kepada kantor Komisi Eropa di Madrid pada Selasa pukul 9 pagi GMT atau 16.00 WIB. Microsoft menolak mengomentari ini.

Dalam laporan keluhan setebal 14 halaman itu, Hispalinux menyebut Windows 8 mengand-ung “mekanisme halangan” bernama UEFI Secure Boot yang mengontrol start-up komputer dan itu berarti pengguna harus mempunyai da-hulu kunci Microsoft untuk meng-install sistem operasi lainnya.

Kelompok open source ini mengatakan mer-eka secara de facto dipenjara secara teknologis oleh sistem booting komputer sehingga mem-

buat platform Windows dari Microsoft menjadi jauh kurang netral (sulit ditempeli OS lain).

“Ini sungguh anti-persaingan,” kata Lancho kepada Reuters. “Ini benar-benar buruk bagi pengguna dan bagi industri software Eropa.”

Dekade lalu, Komisi Eropa telah mendenda Microsoft, pemimpin global sistem operasi untuk PC, dengan 2,2 miliar euro (Rp 27,5 triliun) yang merupakan denda terbesar di Uni Eropa.

Komisi Eropa mendapati bukti pada 2004 bahwa Microsoft telah menyalahgunakan posisi dominannya di pasar dengan mengikatkan Windows Media Player dalam paket software Windows.

Perusahaan ini mengambil pendekatan yang lebih kompromistis pada tahun-tahun belakan-gan sehingga bisa mengakhiri penyelidikan anti-persaingan pada 2009 berkaitan dengan pilihan browser pada sistem operasi Windows.

Perusahaan ini juga pernah mengajukan gugatan ke Komisi Eropa atas aktivitas bisnis pesaingnya, Google. Namun pada 6 Maret, Komisi Eropa mendenda Microsoft 561 juta euro karena tidak memberi pilihan web browser kepada penggunanya. *ant

Microsoft Mungkin Bawa WebGL di Internet Explorer 11

Sementa-ra pengem-bang situs internet, Rafael Ri-

vera, justru menyebut du-kungan WebGL di Internet Explorer 11 belum penuh, tapi tetap dapat diop-erasikan.

Dalam situs within

windows, Ri-vera menjelaskan

tahapan-tahapan mengaktivan WebGL

dalam Internet Explorer.WebGL API digunakan dalam

program-progam perambah inter-net untuk memproduksi grafis tiga dimensi dan dua dimensi tanpa ada fitur tambahan (plug-in). Ap-likasi WebGL diterapkan pertama kali oleh Vladimir Vukicevic di Mozilla.

Pada 2011, tim Security Research & Defence Microsoft sempat mengolok pemakaian We-bGL dengan mengatakan program perambah (internet) yang men-dukung WebGL secara langsung membuka fungsi-fungsi perangkat lunak secara langsung ke web yang dianggap sebagai hal terlalu permisif. *ant

Tampilan Windows Blue Beredar di Internetpengguna untuk menempatkan aplikasi berdampingan.

Tampilan layar aplikasi baru seperti alarm, perekam suara, pemutar film, dan kalkulator yang bergaya Windows 8 dapat digabung dalam satu tampilan ko-tak dengan Snap View tambahan.

Perubahan program aplikasi antar-muka (API) pada sistem operasi terbaru itu memungkinkan penggabungan empat aplikasi dalam satu kotak.

Pembaruan lain yaitu aplikasi Internet Explorer 11 di Windows

Blue meski bocoran tampilan di situs-situs internet belum men-jelaskan detail pengembangan di aplikasi itu.

Windows Blue juga mempunyai fitur sentuhan tangan baru seperti menggeser layar ke atas pada halaman Start untuk menampilkan seluruh aplikasi.

Sementara di halaman desk-top, pengguna dapat menggeser ke atas atau ke bawah untuk menampilkan daftar aplikasi yang menyediakan akses ke sejumlah fitur seperti pengaturan proyektor.

Windows Blue diperkirakan tersedia di pasar dalam beberapa

bulan mendatang dengan versi utuhnya pada akhir 2013. *ant

Page 4: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Sejatinya, Nexus 10 meru-pakan tablet 10 inci pertama Google yang diluncurkan bersa-maan dengan LG Nexus 4 pada akhir Oktober 2012. Selain

RUMOR mengenai ponsel terbaru garapan Google dan Motorola makin panas saja. Seperti dilansir iclarified.com, setelah muncul 3 codename dari X-Phone yang disebut sebagai sebuah lini baru ponsel Motorola, kini Guy Kawasaki dalam akun Google+ miliknya menyatakan pihak Google dan Motorola tengah mengembang-kan sebuah ponsel yang bisa dikustomisasi.

Seperti Anda tahu, Kawasaki dulunya bekerja di Apple dan

SEBELUMNYA pada bulan Desember tahun lalu, sempat terdengar sebuah rumor mengenai kemungkinan Galaxy S4 akan menggunakan unbreakable display, namun hingga saat waktu pengumuman ternyata rumor tersebut hanyalah sebuah rumor.

Seperti dilansir Ubergizmo, kali ini rumor tersebut mengh-inggapi Galaxy Note 3, di mana unbreakable display dika-takan akan menjadi fitur paling penting pada perangkat tersebut.

Selain dirumorkan akan hadir dengan unbreakable dis-play, Galaxy Note 3 juga akan membawa prosesor Exynos 5 Octa dengan 2 GB RAM, baterai dengan kapasitas yang lebih besar, dan kamera belakang paling tidak 8 MP. Galaxy Note 3 yang kemungkinan akan beroperasi dengan Android 4.2 Jelly Bean ini dikabarkan akan diumumkan secara resmi pada acara IFA 2013 mendatang di Berlin. *

SONY Mobile dikabarkan sedang mempersiapkan beberapa ponsel terbarunya untuk dirilis pada tahun ini. Salah satunya yang menjadi bahan perbincangan hangat adalah kabar bahwa Sony sedang mempersiapkan ponsel 5 inci dengan harga yang lebih terjangkau.

Seperti dilansir Xperiablog, harga yang lebih terjangkau ini dikarenakan Sony disebut-sebut akan membekali ponsel 5 incinya itu dengan processor MediaTek. Processor MediaTek dikenal lebih murah dibandingkan dengan processor-processor lainnya.

Namun, jangan salah karena menurut kabar yang beredar, Sony akan menyematkan processor quad-core MediaTek MT6589. Dengan demikian, bisa dikatakan performanya tidak akan berbeda jauh dengan ponsel-ponsel kelas atas dengan harga yang jauh lebih mahal. *

Tablet Nexus 10 segera Meluncur di Indonesia?TABLET Nexus 10 hasil kolaborasi antara Samsung dengan Google, akhirnya siap bersaing di pasar tablet Tanah Air. Tablet tersebut terlihat di situs Ditjen Postel tengah memasuki proses pengujian. Tablet berlayar 10 inci Super PLS TFT 2.560 x 1.600 piksel dan dilindungi Gorilla Glass 2 ini kemungkinan bakal meluncur di Indonesia bulan April 2013.

membawa resolusi yang sangat tinggi, Nexus 10 juga dibe-namkan prosesor terbaru dari Samsung. Di dalamnya terdapat prosesor Exynos 5 dual-core

Cortex A15 1,7 GHz dan GPU Mali-T604 quad-core. Tablet ini memiliki kapa-sitas RAM 2 GB, kamera belakang 5 MP dan depan 1,9 MP, NFC, Android 4.2 Jelly Bean, dan baterai 9.000 mAh. Saat pen-jualan pertama kalinya, Nexus 10 versi 16 GB dibanderol 399 dolar AS (Rp 3,8 jutaan), dan versi 32 GB dijual 499 dolar AS (Rp 4,8 jutaan). *

Google-Motorola X-Phone akan bisa Dimodifikasi

Sony Siapkan Ponsel 5 Inci Murah dengan ”Processor” MediaTek?

sekarang telah bergabung ber-sama Google sebagai penasi-hat produk baru yang tengah digarap Google dan Motorola. Sebagai jebolan Apple dan sukses menggarap komputer Mac seri warna-warni belasan tahun lalu, Kawasaki dianggap sebagai orang yang tepat untuk memberikan ide-ide serta masu-kannya terhadap X-Phone.

Mengenai X-Phone yang menjadi produk pertamanya di Google, Kawasaki menjelaskan bahwa ponsel itu kemungkinan

besar menggunakan hardware yang bisa dikustomisasi sesuai permintaan user. Hal tersebut membenarkan kabar yang pernah muncul sebelumnya yang menyebutkan Motorola akan memberikan kesempa-tan bagi para pelanggan untuk mengkustomisasi X-Phone mereka sebelum membelinya. Model kustomisasi hardware itu termasuk berapa banyak RAM yang dibutuhkan serta kapasitas penyimpanan yang sesuai. Tiap X-Phone dengan kustomisasi dari konsumen akan siap dikirimkan hanya 1 minggu setelah order.

Seakan membenarkan rumor tersebut, Kawasaki mengatakan bahwa kustomisasi X-Phone diibaratkan kustomisasi pada sebuah mobil yang disesuaikan dengan selera pengendara, sep-erti penambahan eksterior juga mengganti ban sesuai. Kawasa-ki bahkan tagging sebuah iklan video dari Porsche Exclusive yang merupakan mobil yang menawarkan personal customi-zation. Bisakah Anda bayang-kan jika sebuah ponsel Android Google-Motorola bisa Anda modifikasi seperti sebuah mobil? Pasti akan sangat keren. *

BlackBerry Siapkan Tablet dan Phablet BlackBerry 10?

BELUM lama ini beredar bocoran menge-nai roadmap yang sudah direncanakan pihak BlackBerry untuk seri-seri dengan sistem operasi BlackBerry 10 mereka.

Seperti dilansir Crackberry, terlihat bahwa ada 3 seri BlackBerry 10 baru yang sudah dipersiapkan BlackBerry. Apa sajakah itu?

BlackBerry B10 LSepertinya ini adalah tablet penerus tablet

PlayBook yang sudah cukup lama beredar di pasaran. Dan menariknya, jika Black-Berry memang merilis tablet ini, maka inilah tablet BlackBerry pertama dengan sistem

operasi BB10.

BlackBerry U10BlackBerry U10 tampaknya adalah sebuah

phablet dengan sistem operasi BlackBerry 10 yang ditujukan untuk menggoyang dominasi Galaxy Note di pasaran phablet.

BlackBerry R10BlackBerry R10 terlihat seperti penerus seri

Q10 dengan balutan keyboard qwerty. Na-mun, yang menarik, jika dibandingkan dengan sketsa Q10, maka terlihat bahwa sketsa gam-bar R10 ini memiliki layar yang lebih besar. *

Samsung Galaxy Note 3 akan Gunakan ”Unbreakable Display”?

AMAZON telah mengumumkan bahwa pihaknya membeli Goo-dreads, sebuah situs yang berfokus untuk memberikan rekomendasi kepada para mereka yang hobi membaca buku.

Seperti dilaporkan Pocket-lint, dengan akuisisi ini maka Amazon dinilai akan mampu memantapkan posisi Amazon di pasar e-reader dengan memperkuat rekomendasi buku untuk para pemakai Kindle dan me-mungkinkan mereka berbagi dan berdiskusi akan apa yang telah dibaca.

Untuk membeli Goodreads, Amazon mengeluarkan dana sekitar 150 - 200 juta dolar. Kesepakatan pembelian ini akan selesai diproses pada kuartal kedua tahun 2013 ini.

Goodreads saat ini memiliki 16 juta pengguna. Dari keseluruhan penggunanya, terdapat lebih dari 30.000 klub buku di dalamnya. *

10 Aplikasi Pemulih ”File” yang TerhapusPENGGUNA komputer seringkali

tidak sengaja menghapus file-file yang mereka simpan karena serangan virus atau bug lalu bingung memulihkan file-file itu.

“Tak perlu panik. Ada kemungkinan

Recuva Free. Aplikasi ini tersedia dalam versi portable. Aplikasi itu akan bertanya jenis file apa yang dicari dan di mana harus dicari sebelum memindai sistem komputer secara menyeluruh.

file-file Anda masih utuh, di suatu tempat di cakram (data). Dan jika Anda bertindak cepat maka Anda mungkin dapat memuli-hkan semuanya,” sebut Mike Williams dari TechRadar. Berikut 10 aplikasi pemulih file-file yang telah terhapus di harddisk:

Undelete 360. Aplikasi gratis ini tidak mempunyai sejumlah fitur bermanfaat seperti penyaring file, penampil file, dan lainnya. Namun, Undelete 360 tidak mem-batasi jumlah file yang dapat dipulihkan.

MiniTool Partition Recovery. Aplikasi pemulih file biasa mungkin cocok untuk memulihkan sejumlah file, tapi jika pengguna kehilangan seluruh partisi harddisk, MiniTool Partition Recovery dapat menjadi alat berguna.

Wise Data Recovery. Pengguna yang lebih memilih aplikasi sederhana untuk memulihkan file-file terhapus dapat me-manfaatkan aplikasi ini. Tapi, Wise Data Recovery tidak dapat menjangkau tipe file berbasis FAT selain pemulihan data di penyimpanan USB.

PhotoRec. Aplikasi gratis ini dapat bero-perasi hampir di seluruh sistem komputer seperti DOS, Windows, Linux, serta OS X. PhotoRec juga dapat memulihkan lebih dari 200 jenis file. Sayang, aplikasi ini memiliki tampilan pengguna antar-mu-ka berbasis DOS yang kurang menarik.

FreeUndelete. Meski gratis untuk penggunaan pribadi, aplikasi ini termasuk lambat dan tidak mampu memulihkan file di penyimpanan FAT. Tapi, FreeUndelete sangat berjalan baik di penyimpanan berbasis NTFS dengan menampilkan file-file yang telah terhapus.

Paragon Rescue Kit Free. Kemampuan utama aplikasi ini yaitu mampu memulihkan file-file yang bahkan telah terhapus sama sekali dan komputer tak mampu menyala (boot).

Glary Undelete. Aplikasi ini mampu memu-lihkan file-file terhapus di harddisk FAT dan NTFS. Pengguna juga dapat menyaring file itu berdasarkan nama atau folder.

Pandora Recovery. Aplikasi ini bukan hanya memindai file-file yang terhapus dan menampil-kan dalam daftar, melainkan juga menampilkan dalam format menyerupai Explorer yang memu-dahkan pengguna.

PC Inspector File Recovery. Sebagaimana aplika-si-aplikasi sebelumnya, PC Inspector File Recov-ery mampu memulihkan file-file dari harddisk FAT dan NTFS serta menampilkannya berdasarkan folder. Walaupun dapat menampilkan file teks, aplikasi ini tidak dapat menampilkan file berformat JPEG. *ant

Ubuntu Hadirkan OS untuk PC ”Jadul”dows XP atau Windows 7 dengan tombol start di pojok kiri bawah layar.

“Perubahan itu baik, tapi mengubah se-galanya tidak selalu bagus. Begitu pula bagi komputer-komputer lama dan sistem operasin-ya. Dukungan seringkali berganti secara cepat, enam bulan sejak diluncurkan,” sebut para pengembang LXLE.

Para pengembang itu meyakini piranti keras spesifikasi lama masih dapat dipakai dalam beberapa tahun selama didukung pembaruan sistem operasi yang tidak mengorbankan ke-mampuan, penggunaan, serta estetikanya.

Sistem operasi LXLE dilengkapi pemba-ruan program-program populer Ubuntu yaitu LibreOffice, Gimp, dan Openshot di samping sejumlah fitur dan aksesori seperti Random Wallpaper, Fast Forecast, Aero Snap dan pe-mandu sistem Conky. Situs LXLE menyediakan unduhan dua versi sistem operasi, 64 bit dan 32 bit, berukuran 1,5 giga bit dan dokumen-dokumen pendukung pemasangan sistem operasi itu.

Sebelumnya, Lubuntu telah mengembang-kan sistem operasi “Lightweight X11 Desktop Environment” (LXDE) yang bahkan dapat dioperasikan di komputer berprosesor Pentium II atau Celeron dengan kartu RAM 128 mega bit meski tidak direkomendasikan. *ant

KO-MUNITAS pengembang sistem operasi komputer bersumber terbuka (open source) Ubuntu meluncurkan varian terbaru “Lubuntu Extra Life Extension” (LXLE) untuk komputer-komputer lama dengan spesifikasi rendah.

“Sistem operasi pengganti lengkap, sangat cepat, dan modern untuk komputer-komputer yang sebelumnya menjalankan Windows XP, Vista dan Windows 7,” sebut komunitas pengembang sistem operasi (OS) berbasis Linux itu di situs lxle.net.

Para pengembang anonim itu menyebut LXLE berbasis Lubuntu 12.04 dengan fitur-fitur tambahan. Sistem operasi itu mempunyai tampilan pengguna antar-muka (user interface) yang menyerupai sistem-sistem operasi Win-

Page 5: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

NOTEBOOK terbaru yang di-usung Google dinamakan sebagai Chromebook Pixel. Tak salah, ini adalah seri terbaru dari note-book Google yang menjalankan Chrome OS. Seperti dilaporkan news.cnet.com, sempat dikabar-kan sebagai hoax, kini Google memastikan notebook keren versi LTE akan mulai dijual tanggal 8 April 2013. Sebelumnya Chrome-book Pixel model Wi-Fi only telah dirilis seharga 1.300 dolar AS per

InFocus BigTouch

AiO PC Terbesar dengan Layar 55 InciAPAKAH Anda sedang mencari All-in-One

(AiO) PC? Jika demikian, Anda bisa memper-timbangkan InFocus BigTouch, yang meru-pakan AiO PC terbesar di dunia dengan layar 55 inci.

Seperti dilaporkan Engadget, AiO PC InFocus BigTouch ditujukan untuk ruang kon-ferensi dan lobi kantor sebab AiO ini mungkin terlalu besar jika Anda tempatkan di meja kerja.

InFocus BigTouch memiliki spesifikasi sep-erti layar touchscreen 55 inci dengan resolusi 1080p dan di dalamnya Anda bisa menemui

prosesor Core i5 Sandy Bridge, SSD 120 GB, dan berjalan pada Windows 8.

InFocus BigTouch memiliki dukungan sep-erti pada desktop biasa, yaitu enam port USB, dua socket HDMI, dan dua jack Ethernet.

InFocus BigTouch yang dirancang untuk menjadi mudah dan berguna ini tidak dijual dengan harga murah. Anda atau perusahaan Anda bisa membawa pulang AiO PC terbesar yang memiliki layar 55 inci ini dengan mem-bayar uang sebesar 4.999 dolar AS. Nah, Anda berminat membawa pulang InFocus BigTouch? *

Aplikasi Google Translate untuk Android bisa ”Offline”

APLIKASI penerjemah bahasa pada ponsel pintar, Google Translate, saat ini mampu dipakai tanpa harus terhubung internet secara langsung atau dalam mode offline.

“Anda dapat memilih (bahasa-bahasa tidak terkoneksi internet/offline) pada menu aplikasi dan melihat semua paket bahasa yang tersedia untuk diunduh,” ungkap Associated Product Manager Google Android, Minqi Jiang, dalam

blog resmi Android yang dipublikasikan, belum lama ini.

Minqi mengatakan, pengguna perlu memilih dua bahasa pada menu bahasa offline sebelum mengunduh aplikasi itu.

Namun, Minqi menyebut aplikasi Google Translate versi offline kurang

komplit dibanding aplikasi yang terkoneksi internet.

“Aplikasi itu (offline) sempurna untuk penerjemahan yang sekilas

ketika Anda berpergian ke luar negeri dengan koneksi internet lambat atau bahkan tanpa koneksi akses data,” kata Minqi.

Saat ini, aplikasi Google Translate dengan mode online pun tetap meny-impan kata-kata asing yang pernah diterjemahkan dan pengguna dapat mengakses kata itu meski tanpa internet.

Google Translate tersedia untuk sistem operasi Android versi 2.3 dan pembaruannya dalam 60 ba-hasa di dunia termasuk Indonesia, Inggris, Cina, Malaysia, Belanda, Jerman, Prancis, Jepang, dan seba-gainya. *ant

Vizio Rilis Touch PC dan Notebook Full HD

SETELAH baru-baru ini memperkenalkan tablet Windows 8 pertama dengan AMD, kini Vizio kembali menghadirkan lini perangkat Windows 8 baru melalui notebook dan PC full HD mode dengan touchscreen. Apa saja yang ditawarkan produsen asal Amerika Ser-ikat tersebut untuk masing-masing produk ini?

Seperti dilaporkan Slashgear, ada bebera-pa lini berbeda di sini, yang masing-masing menawarkan tampilan dengan desain ramping dan sangat memperhatikan detail. All-in-One Touch 24 inci merupakan model yang lebih kecil dari 2 opsi yang ditawarkan. Model ini telah tersedia untuk pre-order di Microsoft online store, dengan display yang terlihat lebih konservatif dilengkapi dual HDMI input, 2.1 audio system dengan subwoofer dan wireless control. Pengguna akan mendapatkan remote control, multi-gesture touchpad dan keyboard. Model ini ditawarkan den-gan harga 1.279,99 dolar AS.

Sementara model All-in-One Touch 27 inci jelas memiliki layar yang lebih besar. Namun, model ini dilengkapi dengan input dan output serta aksesori yang sama, tak lupa juga teknologi HD 1080p touchscreen. Untuk model ini, Vizio mematok harga 1.549,99 dolar AS.

Sementara untuk lini notebook, Vizio meng-hadirkan perangkat 14 inci HD dengan pilihan prosesor AMD (A10 APU) atau Intel (Core i7). Model ini dibanderol dengan harga 1.089,99 dolar AS. Untuk model yang terakhir, note-book 15,6 inci Full HD menawarkan teknologi prosesor quad-core yang sama dengan model 14 inci dan tersedia dalam pilihan AMD (A10 APU) atau Intel (Core i7). Model ini juga sudah tersedia untuk pre-order di Microsoft online store dengan harga mulai 1.189,99 dolar AS. *

Google Chromebook Pixel LTE segera Dirilisunit.

Untuk Chromebook Pixel yang dilengkapi fitur LTE, Google me-lepasnya seharga 1.450 dolar AS. Memang cukup mahal untuk uku-ran notebook, bahkan harganya lebih mahal dari Apple MacBook Air 13 inci yang sekarang dijual seharga 1.399 dolar AS per unit.

Menurut laporan GigaOm, koneksi LTE akan dibanderol 9,99 dolar AS untuk pemakaian 24 jam, atau hingga 50 dolar AS untuk kapasitas 5 GB. Untuk pembelian Chromebook Pixel model LTE, konsumen akan diberikan data

transfer 100 MB selama 2 tahun. Plus, 1 TB storage di Google Drive selama 3 tahun. Penawaran ini hanya berlaku untuk konsumen di Amerika.

Sekadar mengingatkan, laptop Chromebook Pixel menjalankan Chrome OS, memiliki layar touchscreen 12,85 inci dengan resolusi 2560 x 1700 (239 PPI) dan dibungkus Gorilla Glass 2. Di dalamnya terdapat prosesor dual-core 1.8 GHz Intel Core i5 dengan HD Graphics 4000, RAM 4 GB, backlit keyboard serta memori internal 32 GB. *

Page 6: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

APAKAH Anda suka dengan spesifikasi yang dimiliki Xperia Z namun terasa terlalu mahal sehingga budget kurang mencukupi? Dan juga Anda tidak begitu mementingkan fitur tahan air? Mungkin Xperia ZL bisa men-jadi pilihan, selain dibanderol lebih murah dari Xperia Z (sekitar 6,7 jutaan rupiah), ponsel ini juga memiliki spesifikasi yang persis sama dengan saudaranya Xperia Z.

Desain dan BodiSeperti dikutip dari teknoup, hanya den-

gan menyandingkan bersebelahan dengan Xperia Z, memang dari segi desain Xperia ZL jauh berada di bawah. Dari sisi material juga demikian, seperti yang sudah diketahui Xperia Z menggunakan material kaca untuk pelapis bagian muka dan belakang, seh-ingga terlihat lebih premium dan menunjuk-kan ponsel kelas atas, sedangkan ZL hanya menggunakan material plastik dengan bagian belakang bertekstur kasar sehingga mirip seperti Galaxy W tidak begitu terlihat ponsel yang harganya hampir tujuh jutaan. Kedua bersaudara ini sama-sama men-gusung desain unibodi.

Xperia ZL memiliki dimensi 131,6 x 69,3 x 9,8 mm dengan bobot 151 gram sedikit lebih kecil namun lebih tebal dan berat dibandingkan Xperia Z. Karena layar 5 inci maka tidak heran ponsel ini tergolong besar untuk penggunaan satu tangan. Terlebih dengan desain bagian belakang yang melengkung, bodi Xperia ZL lebih nyaman digenggam dibandingkan Xperia Z.

Bagian muka Xperia Z dan ZL terlihat mirip, dengan layar 5 inci yang dikelilingi frame hitam untuk pilihan warna ponsel mana pun. Bagian muka ini terisi dengan earpiece, sensor cahaya dan proximity, LED notifikasi dengan desain garis (seperti di Xperia Miro, J dan E), mic, dan kamera depan yang letaknya cukup unik, di bagian bawah kanan frame. Bagian belakang terisi dengan mic, kamera utama, LED flash, speaker, dan semacam pintu untuk mem-buka slot kartu memori dan kartu SIM.

Bagian kiri ponsel terisi dengan tombol volume, tombol lock/power, dan tombol kamera yang tidak ditemukan di Xperia Z. Bagian kanan terisi dengan port microUSB. Sisi atas terisi dengan port headset 3,5 mm sedangkan bagian bawah hanya terisi lubang untuk menggantungkan aksesori.

Xperia ZL memiliki spesifikasi layar yang persis sama seperti Xperia Z yaitu layar sen-tuh kapasitif TFT 16 juta warna 5 inci den-gan resolusi Full HD 1080p (1080 x 1920 piksel) plus Bravia Engine 2 untuk mobile. Untuk kelebihan dan kekurangannya tidak jauh berbeda dengan Xperia Z. Kelebihan-nya tampilan di layar terlihat tajam, halus, dan detail. Tampilan warna juga baik terlihat hidup, tapi hanya untuk sudut pandang lurus, karena salah satu kekurangan di layar Xperia Z dan ZL adalah sudut penglihatan yang tidak luas. Jika dilihat dari kemiringan tampilan di layar memang tetap terlihat detail, halus, dan tajam, namun untuk warna terlihat memudar. Selain hal tersebut layar ini masih terlihat bagus walaupun digunakan di bawah sinar matahari. Dan secara garis besar menurut kami meski tipis tapi kualitas layar Xperia ZL lebih baik jika dibandingkan dengan Xperia Z, warna hitam terlihat lebih pekat dan terang.

AntarmukaXperia ZL menggunakan Android Jelly

Bean 4.1.2 dengan antarmuka baru yang sedikit berbeda dari antarmuka Xperia sebe-lumnya. Tampilan antarmuka terlihat lebih simpel jika dibandingkan ponsel flagship dari vendor lain. Performa dari antarmuka ini terbilang baik cukup lancar, meski di halaman homescreen yang terisi dengan widget sempat terjadi sedikit lag saat dibuka

Di Bawah Bayangan Xperia Zpertama kali. Halaman lockscreen memiliki desain baru di mana menjadi sistem slide horizontal untuk membuka layar dan terdapat dua buah slider kiri untuk akses langsung ke pemutar musik dan kanan untuk masuk ke menu kamera.

Masuk ke homescreen Anda dapat meng-gunakan maksimal 7 halaman yang diisi den-gan item-item favorit dan seusai kebutuhan. Untuk memasukkannya cukup mencubit layar, Anda juga dapat menambahkan/mengurangi jumlah halaman homescreen dari sini.

Terdapat beberapa jalan pintas di jendela notifikasi seperti profil suara, bluetooth, Wi-Fi, mobile data, dan jalan pintas ke menu setting. Dari menu recent apps terdapat semacam mini apps yang dapat ditaruh ke layar seperti cal-culator, timer, notes, dan voice recorder (dapat ditambahkan juga dari Play Store). Karena su-dah Jelly Bean Anda dapat mengakses cepat aplikasi Google Now hanya dengan menahan tombol home.

Masuk ke drawer aplikasi, ikon-ikon aplikasi terjejer dalam formasi 5 x 4 dengan frame abu-abu transparan. Letak ikon-ikon ini dapat diubah sesuai keinginan secara manual maupun berdasarkan kategori seperti abjad. Di bagian kanan atas terdapat tombol search untuk mempercepat pencarian aplikasi.

Hanya terdapat satu pilihan keyboard saja saat kondisi default yaitu Xperia keyboard yang memiliki tampilan simpel dengan fitur teks prediktif.

Layout keyboard ini mirip seperti keyboard iPhone dengan tombol-tombol yang berjarak sehingga mempermudah proses pengetikan mengurangi kesalahan. Terdapat juga dukun-gan untuk beberapa bahasa seperti Jepang dan Mandarin.

Contacts dan MessagingMenu contacts berisi empat buah tab

utama yaitu contacts, phone, favorites, dan groups. Tampilannya simpel dan bertombol besar sehingga mempermudah navigasi. Salah satu kelebihan antarmuka Xperia adalah pengintegrasian yang cukup kompleks dengan layanan jejaring sosial Facebook. Oleh sebab itu, Anda dapat me-lengkapi keterangan tambahan tiap contact dari layanan tersebut.

Untuk menu SMS masih sama dengan konsep dasar Android dengan tampilan chat thread di tampilan awal, dan SMS editor yang simpel di mana Anda dapat melampir-kan item-item seperti gambar, foto, doodle note, dan lokasi yang secara otomatis akan mengubah jenis pesan menjadi MMS.

KameraXperia ZL memiliki kamera depan 2

MP yang berposisi di luar kebiasaan yakni berada di bagian kanan bawah. Kamera de-pan ini memiliki area tangkapan yang luas. Untuk kamera utama Sony memberikan kamera dengan sensor Exmor RS beres-olusi 13 MP (4.128 x 3.096 piksel) dengan kemampuan autofokus dan ditemani LED flash. Fitur-fitur yang disematkan diantar-muka kamera ini tergolong lengkap dengan beragam pilihan seperti mode superior auto, scene selection, sweep panorama, picture effect, burst, dan lainnya. Untuk fitur burst sendiri, Sony mengklaim kamera di Xperia ZL dapat terus menerus mengambil foto dalam mode burst hanya dengan menahan tombol kamera hingga memori yang terse-dia habis. Meski begitu resolusi hasil foto dalam mode burst ini hanya maksimal 9 MP saja. Untuk mode quick launch (mengakses dan mengambil gambar langsung saat kondisi layar mati dan terkunci) kini Anda dapat mengatur apakah hanya mengakses menu kamera/video saja, atau sekaligus mengambil/merekam gambar.

Hasil foto untuk pengambilan dalam ru-angan rendah cahaya terlihat bagus, minim

noise, detail dan warna tetap natu-ral. Untuk hasil luar ruangan juga terli-hat bagus dengan tingkat detail yang tinggi, pewarnaan juga natural.

Perekaman Video

Dengan res-olusi kamera 13 MP jelas kamera utama di Xperia ZL dapat melakukan perekaman Full HD 1080p. Antarmuka perekaman video tidak jauh berbeda dengan antarmuka kamera, terdapat beberapa pilihan fitur seperti scene, HDR, Light, dan lainnya.

yang Anda punya tidak memiliki informasi lengkap, maka Anda dapat mengaktifkan online mode di mana akan mencari infor-masi yang tepat untuk konten film tersebut dari layanan Gracenote. Cukup banyak dukungan format video yang dapat diputar seperti MP4, M4V, AVI, MOV, MKV namun tanpa dukungan subtitle. Dengan dukun-gan DLNA, sama seperti musik, Anda juga dapat memutar dan melemparkan konten video dari atau ke perangkat yang mendu-kung.

Radio FM masih hadir di Xperia ZL yang dapat menjadi alternatif hiburan bagi Anda. Seperti biasa Anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu baru dapat me-nikmati siaran stasiun radio favorit. Tampilan radio FM di sini terlihat lebih menarik karena Sony memberikan semacam animasi visual untuk latar belakang aplikasi.

BrowserTerdapat browser Opera dan Chrome

dalam kondisi default. Tidak terdapat browser stok Android di sini, jadi bisa diang-gap Chrome-lah yang menggantikannya karena merupakan produk Google. Browser Chrome ini dapat melakukan tugas mul-titab dengan sangat baik, kami mencoba membuka tab hingga berjumlah lebih dari 100 dan browser masih dapat dioperasi-kan dengan cukup baik. Pergeseran dan zooming di halaman web versi desktop juga dapat berjalan mulus. Untuk konten flash juga dapat diputar dengan baik langsung di halaman web.

Untuk hasil tes HTML5, browser Chrome mendapatkan skor 417 dengan 11 poin bonus. Skor Sunspider, browser ini menda-patkan angka 1306. 7ms (makin kecil makin baik).

Daya Tahan BateraiKapasitas baterai di Xperia ZL juga lebih

besar sedikit dibandingkan Xperia Z (2330 mAh) yaitu 2370 mAh berjenis Lithium Ion. Karena berbentuk unibodi, maka Anda tidak bisa mencopot baterai ini karena tertanam di dalam bodi. *

Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 Pentaband HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 Layar sentuh kapasitif TFT 16 juta warna 5-inci FullHD (1080 x 1920 piksel) (~441 ppi) Memori internal 16 GB (11.73 GB Available), RAM 2 GB Kamera Belakang 13 MP (4128 x 3096 piksel) autofokus, LED flash Kamera Depan 2 MP Android Jelly Bean 4.1.2 CPU Quad-core 1.5 GHz Krait Qualcomm MDM9215M / APQ8064 GPU Adreno 320 Baterai Lithium-Ion 2370 mAh

Saat melakukan perekaman video, Anda juga dapat sekaligus mengambil gambar namun maksimal hanya 1 MP saja. Seperti kebanya-kan kamera ponsel lain, hasil perekaman video akan disimpan dalam format MP4.

MultimediaGallery atau bernama album di sini memiliki

tampilan yang mendapat sedikit modifikasi dari antarmuka album Xperia sebelumnya. Kumpulan foto dan video baik dari memori internal maupun eksternal akan tertampil di sini. Anda dapat melihatnya berdasarkan waktu pengambilan atau berdasarkan folder. Dengan pengintegrasian berbagai layanan yang mendukung, koleksi foto dan video Anda di layanan tersebut juga dapat dilihat dari sini. Selain menu-menu standar seperti rotate, edit, crop dan lainnya, Sony memberikan sebuah aplikasi SensMe slideshow, di mana akan me-nampilkan koleksi foto-foto Anda secara cantik dengan musik dan efek yang dapat diatur.

Pemutar musik atau yang bernama walk-man mampu melakukan tugas dengan baik, Anda dapat mendengarkan semua koleksi lagu Anda dengan nyaman karena selain visual yang menarik (menyesuaikan mayoritas warna di layar dengan warna di LED noti-fikasi), dukungan pencarian informasi lagu dari internet, terdapat juga pengaturan keluaran suara yang lengkap seperti clear audio, equal-izer, efek surround, clear stereo, clear phase, xLOUD dan lainnya. Anda juga dapat melihat dan menikmati lagu/video yang telah diposting teman Anda di jejaring sosial Facebook. Dan juga karena sudah mendukung koneksi DLNA Anda dapat memutar dan melempar lagu antar-perangkat yang mendukung. Keluaran suara via headset terdengar jernih dengan komposisi bass yang mantap, terlebih dalam paket penjualan disertakan headset berkuali-tas berjenis in-ear. Untuk keluaran suara via speaker terdengar biasa saja, dan cenderung sedikit pecah jika diatur ke volume maksimal.

Selain dari Album, Anda juga dapat memutar konten video dari aplikasi Mov-ies. Tampilan antarmuka aplikasi ini terlihat cantik dengan menampilkan potongan video dari clip yang terakhir diputar. Jika file film

Sony Xperia ZL C6502

Spesifikasi Utama:

SEAGATE Technology belum lama ini mengumumkan evolusi terkini dari jajaran perangkat peny-impanan nirkabel miliknya Seagate Wireless.

Dirancang dengan kemampuan streaming konten ke dalam hingga delapan smartphone atau tablet dengan kapasitas yang sanggup memuat sampai 500 film dengan resolusi HD, harddrive ini men-dobrak batas gaya hidup mobile masyarakat masa kini. Seagate Wireless Plus juga diperkuat daya baterai hingga 10 jam yang sesuai dengan baterai tablet dan smart-phone yang ada saat ini. Drive

Seagate Perkenalkan Wireless Plus

”Streaming” Media Portabel tanpa perlu Jaringan Internet

berkapasitas 1 TB yang ini akan memenuhi semua kebutuhan Anda untuk selalu terhibur di mana pun Anda berada, termasuk dalam per-jalanan atau penerbangan panjang, tanpa memerlukan koneksi internet.

Perangkat Seagate Wireless Plus diakses melalui aplikasi mobile Seagate Media yang dikembang-kan untuk semua perangkat selular yang tersedia saat ini, termasuk Android, Kindle Fire HD, Apple iOS dan juga kompatibel dengan perangkat mana pun yang bisa terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Selain itu, Anda juga memanfaat-kan Wireless Plus untuk menikmati

video, foto, musik dan bahkan doku-men di layar besar via Apple Airplay, DLNA atau aplikasi yang dirancang khusus untuk Samsung Smart TV dan pemutar media-media Blu-ray.

“Seagate mengembangkan konsep penyimpanan tanpa kabel khusus untuk para pengguna yang menghendaki kebebasan dalam menikmati konten dokumen, film, foto, dan musik miliknya di mana pun berada, terutama saat merka tidak bisa terkoneksi ke internet.

Seagate Wireless Plus berkiblat pada kesuksesan generasi perta-manya dengan memberikan inovasi yang lebih jauh lagi,” kata Ban Seng

Teh, Wakil Presiden Senior dan Managing Director untuk wilayah Asia Pacifik dan Jepang.

Seagate Wireless Plus telah tersedia di retailer-retailer terkemu-

ka, termasuk di Seagate Concept Store Mangga Dua, iBox, eStore, dan Bhinneka dengan harga jual yang disarankan sebesar 199.99 dolar AS atau sekitar Rp 1,95 juta. *

Pandora Hadir di Windows PhoneSALAH satu aplikasi radio internet paling

terkenal di dunia, Pandora, sekarang hadir bagi pengguna perangkat Windows Phone 8.

“Kami tahu Anda telah menunggu untuk ini, para penggemar Windows Phone,” kata Microsoft

dalam blog resminya baru-baru ini.Microsoft menyediakan secara gratis dan

tanpa ada sisipan iklan hingga Desember menda-tang, layaknya versi premium.

Microsoft menjanjikan fitur-fitur yang ada di da-lamnya tidak akan ditemukan pada smartphone lain.

Apa yang membuatnya berbeda? Hanya Pandora untuk Windows Phone yang dilengkapi

fitur Live Tile, kemudian akses cepat ke stasiun-stasiun radio favorit hanya dengan satu sentuhan dari layar Start.

Aplikasi Pandora yang satu ini, kata Microsoft, didesain khusus dengan Kid’s Corner yang akan secara otomatis menyaring (filtering) konten lagu secara eksplisit untuk pengguna anak-anak.

Aplikasi itu juga menawar-kan akses ke ratusan ribu ar-tis dari seluruh dunia melalui stasiun radio yang bisa diatur berdasarkan artis favorit, lagu, komedian, atau genre.

Tidak hanya itu, Pandora untuk Windows Phone juga terintegrasi dengan web Pan-dora, sehingga pengguna bisa log in dan menyusun stasiun

radio favorit di web maupun di ponsel.Untuk mengunduh aplikasi ini, silakan klik link

berikut: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/pandora. *ant

PENDIRI Research In Motion (sekarang berubah nama menjadi BlackBerry), Mike Laza-ridis telah mengumum-kan keputusannya untuk meninggalkan perusa-haan Kanada itu berlaku mulai tanggal 1 Mei.

Seperti dilansir Phone Arena, sebelum-nya awal tahun 2012 lalu Lazaridis sudah mundur dari jabatannya sebagai CEO, namun sampai tanggal 1 Mei 2013 tersebut dia masih bertahan sebagai vice chairman dan direktur.

Lazaridis menyatakan dengan peluncuran BlackBerry 10, ia ya-kin telah memenuhi komitmennya pada jajaran direksi. Ia mengakui Thorsten Heins (CEO BlackBerry saat ini) melakukan pekerjaan bagus dan Lazaridis yakin ia meninggalkan perusahaan yang didi-rikannya itu ke tangan yang benar. Ke depannya, Lazaridis masih berkutat dengan teknologi dengan sebuah riset quantum yang berfokus pada membawa teknologi tricorder pada film Star Trek menjadi kenyataan. *

HP Ciptakan Teknologi 3D tanpa Kacamata untuk Perangkat ”Mobile”APAKAH Anda ingin menikmati konten 3 dimensi

melalui perangkat mobile tanpa harus mengenakan kacamata dengan bentuk yang aneh?

Seperti dilaporkan news.cnet, HP menawarkan solusinya untuk Anda. Perusahaan teknologi infor-masi ini telah bekerja keras menciptakan teknologi

glasses-free 3D untuk perangkat mobile.

HP memamerkan pen-emuannya tersebut pada sci-ence journal Nature. Dikatakan jika jenis teknologi tersebut dapat mengubah visualisasi data, medical training dan hiburan. “Efek yang akan didapatkan pengguna sep-erti halnya menonton film Star Wars dengan hologram Prin-cess Leia,” ungkap David Fattal

pada Associated Press.Membuat teknologi 3D untuk perangkat mobile jauh

berbeda dengan film. Menurut Nature, teknologi ini mungkin seperti hologram tetapi dibuat dengan cara yang berbeda. Dengan menggunakan pendekatan multi-view, teknologi menggunakan berbagai macam geomet-ric optical trick untuk menciptakan image 3 dimensi.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi 3 dimensi tanpa kacamata ini telah dikembangkan sejumlah perusahaan. Yang paling dikenal adalah Nintendo 3DS handheld game player. Untuk bisa menikmati konten 3D secara maksimal, gamer harus melihat langsung ke layar tanpa bergerak.

Sementara itu, teknologi yang dikembangkan HP me-mungkinkan pengguna melihat image dari semua sudut, hingga 45 derajat dari pusat layar. Namun, meski sangat memungkinkan untuk menikmati animasi 3D dengan teknologi baru ini, tidak semua yang ada pada perangkat mobile dapat mengaplikasikannya.

Menurut Associated Press, konten apa pun dengan live video hampir tidak mungkin untuk mengimplementa-sikan teknologi ini, karena membutuhkan setidaknya 64 kamera untuk menangkap objek yang sama. *

Page 7: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

impan gambar ke BlackBerry 10 handset. 2. Set as BBM Display Picture, pilih untuk menjadikannya DP BBM Anda. 3. Request High Quality 4. Share.

Untuk mendapatkan foto dalam res-olusi tinggi, Anda pilih saja opsi ketiga, yaitu Request High Quality. Dengan memilih opsi tersebut maka Anda contact BBM akan men-girim ulang foto yang Anda minta, namun kali ini dalam resolusi penuh. Nah, dengan cara itu maka Anda akan mendapatkan foto-foto dan image lain resolusi tinggi via BBM di BlackBerry 10 handset. Mudah, bukan? *

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Desain Elegan, Harga Terjangkau

Spesifikasi:GENERAL Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2LAYAR Tipe TFT Capacitive TouchscreenUkuran 320 x 480 pixels, 4.0 inches MultitouchDIMENSI Ukuran/Berat -AUDIO Fitur Vibratiion, Polifonik RingtonesJack 3,5 mm Jack AudioSpeakerphone YaMEMORY Internal 512 MB RAM, 512 MB ROMEksternal microSD, up to 32 GBDATA 3G TidakEDGE YaGPRS YaWLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/nBluetooth Ya, with A2DPInfrared TidakUSB/Port microUSB v2.0KAMERA Primer 2 MPSekunder VGAVideo Record YaBATERAI Tipe Li-Ion 1400 mAh batteryStandby -Talk Time -FITUR OS Android 2.3.6 GingerbreadCPU MT6115M 1GHzBrowser HTMLGPS Ya, with A-GPSMessaging SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push EmailJava via Java MIDP emulator, Fitur tambahan: - SNS integration - Organizer - Document viewer - Photo viewer/editor - Voice memo/dial - Predictive text input (Swype)FITUR LAIN Multiple SIM Dual SIM GSM Dual stand-byVideo Player MP4/H.264/H.263 playerMP3 Player MP3/WAV/eAAC+ playerAudio Record YaTV Tidak.

SEBUAH perangkat dari pabrikan lokal teranyar diluncurkan dengan nama Nexian Mi240 Xplorer Phoenix. Seperti dikutip dari mobile88, kita ketahui bahwa perangkat milik Nexian Mobile selalu saja mendapat sambutan yang antusias teru-tama dari mereka kalangan menengah ke bawah. Sudah dapat dipastikan harga yang akan dibanderolkan memang relatif sangat terjangkau bahkan kebanyakan

tidak sampai satu jutaan.Tahukah Anda bahwa Nexian Mi240

Xplorer Phoenix sudah mengusung sebuah OS yang cukup update untuk sebuah ponsel lokal yakni Android v 2.3.6 Gingerbread selebihnya Anda juga bisa menikmati kamera utama dengan sensor lumayan 2 MP.

Hal yang mengagumkan dari perang-kat ini adalah didesain dengan sangat

elegan dan lihat saja bentuk bodinya yang membidang seolah-olah memang sangat mirip dengan perangkat berkelas milik LG Optimus G jika dilihat dengan sepintas, namun memang sangat jauh terutama performa yang dihadirkan den-gan CPU-nya berkecepatan 1 GHz.

Harga yang akan dibanderol untuk Nexian Mi240 Xplorer Phoenix ini sangat murah hanya Rp 699.000. *

Ponsel Android dengan Layar 5 InciCOOLPAD mungkin Anda jarang

mendengar nama produsen mobile ini, sebuah perangkat ponsel pintar canggih dengan basis Android ternyata baru saja diluncurkan. Seperti dikutip dari teknokers, perusahaan yang sebelumnya dikenal se-bagai perusahaan penyedia tablet, namun kini meluncurkan sebuah phablet dengan desain yang sangat elegan terlahirlah CoolPad 8720.

Langkah awal ini mereka ambil dari mulai bekerja sama dengan menggaet perusahaan China Mobile untuk melaku-kan peluncuran ponsel ini di Cina. Ponsel ini pun nantinya akan eksis bersama sebuah jaringan TD-SCDMA dan GSM di Cina. Sebuah layar kualitas HD yang cukup memukau ditawarkan perangkat Coolpad 8720 ini dengan 5 Inci IPS serta

akan dihadirkan dengan resolusi 720HD. Makin tangguh pastinya di bagian dalam sudah dipersenjatai dengan prosesor dual core 1.2 GHz Leadcore LC1811, GPU Mali 400 MP serta RAM 1 GB. Seba-gai fasilitas menyimpan data, terdapat memori internal berkapasitas 4 GB plus slot microSD.

Sebuah hiburan yang nyaman akan Anda nikmati berupa sebuah kamera utama yang disajikan dengan sensor 5MP serta adanya tambahan kam-era VGA di bagian depan. Untuk memperkaya fitur berfungsi secara optimal nikmatilah OS Android Ice Cream Sandwich dengan dukungan baterai berkapasitas 2.000 mAh. Untuk informasi harga belum bisa dikonfirmasi. *

Hadir dengan Desain Unik

SEBUAH berita bocoran mengenai smartphone dengan nama Motorola X Phone, yang diprediksi kehadirannya akan seheboh Samsung Galaxy S4 beberapa waktu lalu. Seperti dikutip dari teknokers, diprediksi, perangkat ini akan hadir pada bulan November 2013. Namun, memang masih misteri yang sangat besar sebab isu

mengenai Motorola X Phone hanya dicomot dari internet dan bukan dari situs resmi milik motorola.

Beberapa bocoran yang dapat dijabarkan dari kehadiran Motorola X Phone:

Desain UnikDesain Motorola X Phone memang unik

dan keluar dari pakem desain smartphone Motorola yang pernah ada sebelumnya.

Spesifikasi Layar dan OS AndroidMotorola X Phone kemungkinan besar

akan mengusung layar dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, memang sebelumnya dari beberapa sumber sempat mengabarkan bahwa Motorola X Phone hanya dibekali layar res-olusi 1280 x 720 piksel. OS yang akan berduet dengan Motorola X Phone ini diperkirakan adalah Android 4.2.2 Jelly Bean yang sangat update pastinya.

Chipset Qualcomm SnapdragonMemang sangat berbeda jika

dibandingkan dengan smartphone seperti LG Optimus G Pro, HTC One, atau Samsung Galaxy S4 yang meng-gunakan Snapdragon 600. Motorola X Phone ini diperkirakan akan meng-gunakan Snapdragon 800 yang sudah jelas memiliki performa yang lebih cepat.

Baterai Berkapasitas BesarDaya yang akan digunakan tidak

seperti pada kebanyakan yang diguna-kan smartphone Android lainnya, pada Motorola X Phone ini kabarnya akan dibekali baterai berkapasitas besar, yaitu 4000 mAh.

Bersertifikat IP57 dan Gorilla Glass 3

Apabila memang benar rumor yang menyebutkan bahwa Motorola X Phone akan mengusung sertifikat IP57, kemungkinan be-sar smartphone yang satu ini akan memiliki

kemampuan bertahan di dalam air hingga kedalaman 1 meter. Layar Motorola X Phone kabarnya juga dilindungi Gorilla Glass 3 dari Corning yang sangat kuat menahan goresan. *

ANDA tahu salah satu kemam-puan BlackBerry Messenger (BBM) adalah mengirim berbagai file gam-bar ke sesama pengguna BBM.

Seperti dikutip dari gopego, den-gan BBM maka Anda tidak perlu khawatir mengirim gambar dalam ukuran besar akan berpengaruh

Cara Mendapatkan HQ BBM Images di BlackBerry 10pada data paketan Anda. Tetapi seringkali ketika Anda menerima gambar dari contact BBM, gambar yang Anda terima tersebut justru berukuran tidak sama dengan gambar aslinya.

Hal seperti itu lumrah terjadi saat transfer image karena image harus melalui proses kompresi un-tuk mempercepat proses pengiri-man. Di BlackBerry 10, Anda tetap bisa mendapatkan gambar dengan ukuran resolusi tinggi via BBM.

Bagaimana caranya? Saat kawan Anda mengirim foto maka akan muncul versi thumbnail dari foto tersebut. Cukup press & hold pada thumbnail foto maka Anda memunculkan sejumlah opsi baru. 1. Save Picture, pilih untuk meny-

APPLE menambahkan gesture controls di iOS 4.3 sebagai opsi developer pada awal 2011 lalu. Dan kini dengan iOS 5 yang rilis Oktober tahun lalu, Apple menjadikan multi-finger ges-tures tersebut resmi di iPad.

Seperti dikutip dari gopego, jika Anda baru saja memiliki iPad, ada sejumlah hal tentang fungsi gestures yang perlu Anda tahu sehingga bisa memanfaatkannya secara optimal. Bahkan, Anda tidak perlu lagi menggunakan home button untuk kembali ke homescreen. Dengan menge-tahui cara-cara tersebut Anda bisa bekerja lebih cepat di iPad.

1. Five-finger pinch. Anda cukup melakukan fungsi grab atau gerakan seperti “mengambil” sesuatu di layar iPad dari sudut mana pun untuk bisa kembali ke homescreen. Sangat sederhana dan cepat. 2. Four-finger swipe up. Jika Anda ingin melihat multitasking bar atau aplikasi yang baru saja Anda pakai, gunakan saja fungsi four-finger swipe up. Gesture ini menggantikan fungsi dou-ble-tap home button. Anda bisa memilih sebuah aplikasi lain atau swipe four-finger ke bawah untuk menyembunyikan multitasking bar. 3. Four-finger swipe left/right. Dengan gesture ini Anda tidak perlu terlalu sering menggunakan multitasking bar. Dengan cara swipe menggu-nakan empat jari ke kanan atau kiri, iPad akan membawa Anda dengan cepat melalui aplikasi yang tengah Anda jalankan atau aplikasi yang baru saja Anda pakai.

BAGI Anda yang kerap menggunakan Calculator app di iPhone untuk berhitung, tips kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Yang perlu dicatat, yang dimaksud Calculator app di sini adalah aplikasi bawaan Apple bukan aplikasi third-party.

Seperti dikutip dari idownloadblog.com/gopego, sekarang coba buka Calculator app di iPhone atau iPod Touch lalu masukkan sembarang angka. Ketik saja sembarang angka, pastikan lebih dari dua digit untuk mencoba trik ini. Setelahnya, delete angka-angka tersebut.

Anda barangkali adalah salah satu user iDe-vice yang selalu menggunakan tombol Clear untuk menghapus angka-angka di Calculator app. Cara itu memang dianggap mudah karena bisa menghapus keseluruhan angka di screen iPhone tanpa delete satu per satu. Tetapi itu berarti pula bahwa ketika Anda hanya salah mengetik satu angka maka semua angka akan terhapus dan Anda harus lagi mengetik dari awal.

Nah, tahukah Anda bahwa delete angka di Calcula-tor app bisa Anda lakukan dengan sekali swipe? Coba saja swipe dari kiri ke kanan, di dalam kotak tempat angka-angka tadi Anda ketikkan. Apa yang Anda dapatkan?

Tepat! Calculator app hanya akan menghapus digit angka terakhir yang Anda ketik. Ini memang bukan trik yang sangat luar biasa seperti berbagai jailbreak tweak yang banyak tersedia tetapi akan menjadi tips yang sangat penting bagi Anda yang kerap bekerja dengan angka-angka. *

Tips iOS: Cara Mudah Menghapus Angka di Calculator app

Menggunakan ”Gestures” di iPad4. Gesture rahasia. Pastikan fungsi gesture telah aktif di iPad Anda. Jika tidak yakin, lihat di Settings - General - Multitasking Gestures - ON.

Setelahnya, Anda akan menemukan bahwa menghilangkan sebuah aplikasi dari multitasking bar bisa dilakukan melalui fungsi gestures. Tapi perlu diingat bahwa Anda tidak bisa menghilan-gkan aplikasi dari Homescreen tanpa menggu-nakan home button. Untuk bisa melakukannya, gunakan four-finger swipe ke atas untuk menun-jukkan aplikasi apa saja yang tengah berjalan juga aplikasi yang baru Anda pakai.

Setelahnya silakan tap and hold di sebuah aplikasi untuk masuk pada editing mode. Tap pada badge sebelah kiri-atas (tanda minus ber-warna merah) di aplikasi yang ingin Anda hapus. Setelah selesai, lakukan four-finger swipe ke bawah untuk menyembunyikan multitasking bar dan aplikasi yang Anda pilih tadi telah hilang.

Meski terlihat sederhana, tapi tidak akan mudah jika Anda tidak mencoba fungsi gestures di atas di iPad Anda. *

Page 8: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

REVIEW APLIKASI5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

APAKAH Anda sedang mencari tablet Android den-gan harga terjangkau? Jika demikian, Anda bisa mem-pertimbangkan tablet Disgo 8400G yang memiliki tampilan seperti tablet Android Samsung Galaxy Note 8.0, selain tablet Colorfly CT781 dan GooPad Mini serta Onda V818 yang memiliki desain seperti iPad mini.

Seperti dilaporkan Techra-dar, karena harganya cukup murah, jangan harap tablet Android Disgo 8400 memiliki spesifikasi tinggi.

Tablet Android Disgo 8400G menawarkan layar 7,9 inci dengan resolusi 1024 x 768,

HTC Myst

Ponsel untuk Penggemar Facebook

SMARTPHONE atau ponsel Fa-cebook dengan nama HTC Myst siap meluncur ke dunia gadget setelah mendapatkan persetujuan dan lolos uji FCC. Seperti dikutip dari teknokers, musim semi tahun ini akan dipilih opera-tor yang menggandengnya, yakni AT&T sebagai waktu yang tepat untuk melaku-kan peluncuran yang rencananya akan berlangsung di Amerika Serikat.

Menurut informasi bocoran yang diperoleh, HTC Myst terrnyata tetap mengedepankan performa yang akan menemaninya, yakni sebuah prosesor Snapdragon 1.5 GHz dual core dan layar 4,3 inci. Jika dilihat sekilas dari fotonya

mirip dengan Galaxy Chat tapi entah seperti apa nantinya kita tunggu saja. Performa makin optimal sebab didukung juga RAM 1 GB ditambah penyimpan internal 16 GB. HTC Myst hadir den-gan kamera depan 1.6 MP dan kamera belakang sebagai pembidik utama 5 MP. Sebagai pendukung operasinya disemat-kan Android dari versi ter-update Android Jelly Bean.

Sudah jelas pastinya jika HTC Myst dirumorkan dibuat dengan campur tangan pihak Facebook. Oleh karena itu, kemungkinan besar akan terpasang aplikasi resmi Facebook, Facebook Mes-senger, hingga Instagram. *

Disgo 8400G

Tablet Mirip Samsung Galaxy Note 8.0 dengan Harga Murah

prosesor dual-core 1.2 GHz, RAM 512 MB, memori internal 4 GB dengan microSD, kamera belakang 2 MP dan kamera de-pan 0.3 MP, serta berjalan pada Android 4.1.3 Jelly Bean. Dan yang tidak kalah penting, tablet Disgo 8400G menawarkan konektivitas Wi-Fi dan 3G.

Tablet Disgo 8400G dengan fitur andalan Wi-Fi dan 3G dibanderol hanya 190 dolar AS. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding Nexus 7 versi 3G yang dibanderol 306 dolar AS. Tablet Disgo 8400G dijadwalkan bakal tersedia mulai April 2013 melalui beberapa retailer terke-nal seperti Amazon, Currys dan PC World. *

Cross A28

Ponsel Android Murah dengan Konektivitas Istimewa

Spesifikasi Cross A28:

Layar : 4 Inch LCD capacitive multi touchscreen

2 poirnt, WVGA 480 x 800 pixels,

Hard Gloss Screen

Prosesor : Dual-core Qualcomm Snapdragon 1GHz

Memori RAM : 512MB

Memori Internal : 4GB

Memori Eksternal : MicroSD up to 32GB

Sistem Operasi : Android v4.0 ICS

Kamera : 3MP LED Flash utama, 1.3 MP sekunder

Jaringan : WCDMA & GSM Dual Standby, GSM/

GPRS/EDGE 850|900|1800|1900 MHz;

WCDMA 900|2100 MHz

Konektivitas : Wi-Fi 802. 11 b/g/n, Bluetooth

Transfer Data : 3G Support ( HSDPA 7.2 Mbps ),

EDGE/GPRS

Fitur lain : Apps dan Games, Support Video Chat

GPS : Ya

Baterai : Li-ion 1.500 mAh.

SETELAH sukses dengan seri pendahulunya belum lama ini Cross A27, kembali lagi Cross Mobile meluncurkan 1 perangkat dengan nama Cross A28. Ini adalah sebuah smartphone den-gan basis Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang sudah pasti akan diberi harga cukup terjangkau.

Cross A28 akan dihadirkan dengan layar yang cukup lebar, dengan layar LCD 4 inci serta mengusung resolusi WVGA 480 x 800 piksel dan akan didukung model layar capacitive multi touch 2 point, hard gloss screen (scratch resistant), dengan demikian maka layar Cross A28 akan terminimalisir dari goresan.

Kehadirannya makin istimewa sebab dapur pacu yang diusung berupa prosesor dual core Snapdragon keluaran Qualcomm, yang memiliki kecepatan 1 GHz dan didukung RAM sebesar 512 MB. Hal itu membuat Cross A28 beroperasi dengan baik saat anda menggunakan aplikasi di dalamnya. Memori internal yang dihadirkan

membuat Cross A28 makin lengkap dengan ka-pasitas 4 GB, masih belum puas juga? Ya sudah Anda bisa menambahnya lagi dengan eksternal microSD 32 GB.

Cross A28 memang merupakan smartphone entry level, sudah jelas pastinya kamera yang akan diusung memiliki kualitas rendah dengan sensor 3 MP namun sudah dilengkapi fitur LED Flash serta Anda juga tetap bisa melakukan per-ekaman video, tambahan kamera pada bagian depan 1.3 MP.

Seperti dikutip dari teknokers, mungkin perangkat ini sudah dihadirkan atau didesain khusus bagi penggila browsing karena fitur konektivitas Cross A28 tergolong komplit, dual SIM kartu (GSM + GSM) yang sanggup melaju kencang pada kanal 3G/HSDPA serta fitur Wi-Fi juga disediakan. Adanya fitur TV analog, peng-guna bisa menikmati acara televisi di Cross A28 tanpa harus mengeluarkan pulsa atau data. *

iRecycle (iOS)Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan akses instan ke lebih dari 1 juta cara

untuk recycle atau daur ulang, dan juga berita terbaru mengenai lingkungan hidup, serta tips untuk meningkatkan green lifestyle Anda.

Aplikasi ”Mobile” untuk Tingkatkan Gaya Hidup ”Go Green”

TAHUKAH Anda bahwa tiap 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Internasional? Berikut adalah 6 aplikasi yang bisa

Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan hidup.

Green Kitchen (iOS) Anda suka memasak? Green Kitchen akan membantu Anda dengan informasi menge-nai makanan vegetarian yang diperlukan untuk mengurangi konsumsi energi. Resep-resep yang tersedia juga cukup mudah untuk Anda coba.

Green Power Battery Saver (Android)Aplikasi ini akan menyediakan daya

tahan baterai lebih lama, dengan cara men-gaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi, mobile data dan Bluetooth secara otomatis ketika Anda membutuhkan dan tidak membutuh-kannya.

Green Genie (iOS)Green Genie adalah panduan lengkap bagi Anda untuk lifestyle yang berkelanjutan.

Dikembangkan para profesional di bidangnya, aplikasi ini memiliki database yang besar mengenai “green tips”, proyek berkelanjutan dan juga sumber daya penting lainnya.

Brain Cafe GeoQuiz (iOS dan Android)Pelajari mengenai planet dan apa yang

Anda perlu lakukan untuk menjaga keber-langsungannya. Aplikasi ini memberikan se-jumlah kuis yang menarik berkaitan dengan pengetahuan geografi Anda.

UNEP Carbon Calculator (iOS)Gas rumah kaca memiliki efek buruk

terhadap perubahan iklim global. UNEP Carbon Calculator memungkinkan Anda untuk mengukur berapa banyak CO2 yang dihasilkan ketika Anda berpergian. *

Page 9: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

MESKI Samsung Galaxy S4 Mini masih diterpa rumor spesifikasi, mari kita beran-dai-andai sedikit untuk membandingkannya dengan sebuah produk dari Samsung yang sudah dirilis terlebih dahulu tahun lalu, yaitu Galaxy S3.

Seperti dikutip dari mobile88, Galaxy S3 dan Galaxy S4 memiliki ukuran yang

Samsung Galaxy S4 vs Sony Xperia ZTAK diragukan lagi bahwa Samsung

Galaxy S4 yang telah diumumkan 14 Maret lalu, akan menjadi smartphone An-droid populer di tahun ini. Seperti dikutip dari gopego, generasi terbaru Galaxy S ini belum tentu bisa mendapat predikat sebagai smarpthone paling populer di tahun ini sebab masih ada high-end smartphone Android lainnya, yaitu Sony Xperia Z. Generasi terbaru Xperia ini bahkan sudah berhasil memikat publik sejak diumumkan di ajang CES 2013 pada awal Januari lalu.

Bicara soal harga, Sony Xperia Z sekarang sudah bisa Anda pre-order secara online di Blibli dengan harga Rp 6.999.000 dari harga normal Rp 7.499.000.

Sementara harga Samsung Galaxy

S4 masih belum diumumkan secara resmi, tapi Galaxy S4 versi 16 GB baru saja di-laporkan akan dijual sekitar Rp 5.600.000.

Nah, bagi Anda yang sekarang masih bingung memutuskan untuk membeli Sony Xperia Z atau Samsung Galaxy S4, berikut ini adalah perbandingan keduanya yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih.

DisplaySamsung Galaxy S4 memiliki fitur layar

Super AMOLED dengan resolusi 1920 x 1080p pada 441ppi, sedangkan Sony Xperia Z memiliki layar TFT dengan resolusi dan kepadatan pixel yang sama dengan Galaxy S IV. Kedua layar Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z sangat menawan, tapi layar Super AMOLED milik Galaxy S4 memiliki warna lebih hidup.

Desain dan KualitasSamsung Galaxy S4 memiliki ukuran

136,6 x 69,8 x 7,9 mm dan berat 130 gram, sedangkan Sony Xperia Z memi-liki ukuran 139 x 71 x 7,9 mm dan berat 146 gram. Baik Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z sama-sama memiliki de-sain yang menjadi tren high-end smart-phone saat ini. Tapi dengan dukungan dust and waterproof, Sony Xperia Z lebih unggul.

Internal "Hardware" CPU, GPU dan RAM

Samsung Galaxy S4 versi interna-sional menggunakan prosesor Exynos 5 Octa SoC, three-core PowerVR GPU, dan RAM 2 GB. Sementara Sony Xperia Z menggunakan prosesor Qualcomm S4 Pro, Adreno 320, dan RAM 2 GB. Namun, sayangnya saat ini kita masih menunggu tes benchmark Exynos 5 Octa SoC, yang diperkirakan akan mampu mengalahkan Qualcomm S4 Pro.

Memory InternalBaik Samsung Galaxy S4 dan Sony

Xperia Z sama-sama menawarkan versi 16/32/64 GB dan juga didukung mi-croSD.

KameraSamsung Galaxy S4 menggunakan

kamera belakang 13 MP dan kamera depan 2 MP, sedangkan Sony Xperia Z menggunakan kamera belakang 13,1 MP dan kamera depan 2,1 MP dengan Ex-

mor RS, yang merupakan teknologi terdepan kamera smartphone. Bi-asanya, kamera Sony selalu sedikit lebih baik dibanding kamera yang digunakan Samsung.

BateraiSamsung Galaxy S4 menggu-

nakan baterai tempel berkapasitas 2600 mAh, sedangkan Sony Xperia Z menggunakan baterai berkapasi-tas 2330 mAh. Perbedaan kapasi-tas baterai keduanya tidak terlalu jauh, hanya saja Samsung Galaxy S4 akan memiliki battery life sedikit lebih lama dibanding Sony Xperia Z.

SoftwareSamsung Galaxy S4 berjalan pada

Android 4.2 Jelly Bean out of the box dengan versi terbaru TouchWiz, yang menawarkan berbagai fitur baru sep-erti AirView, Smart Scroll, Samsung Knox, Group Play, dan masih banyak lagi. Sony Xperia Z berjalan pada Android 4.1 Jelly Bean out of the box dengan Sony UI skin yang tidak memiliki fitur-fitur baru seperti yang ada pada Samsung TouchWizh.

Nah, setelah mengetahui perband-ingan antara Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z, maka Anda bisa menyimpulkan sendiri manakah yang lebih baik di antara keduanya. Dan jangan lupa tuliskan komentar Anda pada kolom yang sudah disediakan.

*

Samsung Galaxy S4 Mini vs Samsung Galaxy S3tidak jauh berbeda, sementara Galaxy S4 Mini hadir dengan ukuran yang lebih kecil. Namun, yang menjadi pertanyaan ada-lah apakah Galaxy S4 Mini bisa menjadi investasi yang baik apabila dibandingkan dengan smartphone flagship sekelas pen-dahulunya, Galaxy S3.

LayarGalaxy S3 menggunakan

layar Super AMOLED 4,8 inci dengan ketajaman 306 ppi. Sementara Galaxy S4 Mini, meski menggu-nakan tipe layar yang sama, tapi dari segi ketajaman piksel, Galaxy S4 Mini hanya memiliki ketaja-man 25 ppi.

KameraGalaxy S3 memiliki kamera

8 MP dan mampu merekam video berkualitas 1080 p, serta kamera depan 1,9 MP dengan ke-mampuan merekam video kualitas 720p. Kami sendiri mempredik-sikan kamera Galaxy S4 Mini akan tidak jauh ber-beda dengan kamera yang dimiliki Galaxy S3. Jadi untuk perbandingan kamera, kami rasa hasilnya seri, setidaknya untuk sekarang.

StorageMeski Galaxy S4 Mini dilengkapi chip

prosesor yang lebih baru daripada Galaxy S3, tetapi dalam perbandingan kapasitas storage, Galaxy S4 Mini kalah jauh apabila dibandingkan dengan Galaxy S3. Galaxy S4 Mini hanya tersedia dalam ukuran 8 GB, 16 GB dan 32 GB.

HargaHarga Galaxy S3 sendiri dipastikan akan

menurun setelah Galaxy S4 dan Galaxy S4 Mini diluncurkan ke pasar. Dan apabila harga Galaxy S3 nantinya tidak berbeda jauh dengan Galaxy S4 Mini, maka kami menyarankan Anda untuk memilih Galaxy S3. Karena beberapa fitur premium smart-phone flagship, seperti Galaxy S3 tidak dapat ditemukan di Galaxy S4 Mini. *

BEBERAPA dari fitur ini barangkali telah Anda tahu, tapi untuk menggunakannya secara maksimal, Anda perlu membaca artikel ini sampai tuntas. Seperti dikutip dari gopego, belum lagi sejumlah fitur tersembunyi pasti membuat Anda mengangguk setuju dan kemudian segera mencobanya di Google Chrome.

1. Pin Tab

10 Fitur Rahasia Google Chrome

Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup klik kanan pada tab dan tab conversation akan terbuka. Pilih ‘Pin Tab’ sehingga tab yang tengah Anda buka akan ‘terpaku’ dan tidak mungkin tertutup. Hal ini untuk menghindari tab yang tertutup karena mungkin saja Anda tidak sengaja klik close menu. Pekerjaan Anda-pun terselamatkan!

2. Paste and Go/ Paste and Search

Jika Anda copy sebuah URL di browser lain dan ingin menggunakan Chrome untuk membukanya, gunakan saja cara ini. Anda tidak perlu paste (Ctr+V) lalu enter untuk menjalankan URL itu. Namun, yang perlu Anda lakukan hanyalah klik kanan dan pilih Paste and Go maka selain paste URL Chrome juga langsung menuju ke URL tersebut.

3. Drag and Drop Downloads

4. Resources Page

Anda telah tahu address bar pada Chrome juga bisa

berfungsi sebagai Google Search. Tapi apakah Anda tahu address bar itu juga bisa berfungsi sebagai kalkulator? Tidak semua fungsi kalkulator bisa dilakukan, tapi untuk penghitungan sederhana seperti 12*50 Anda bisa menggu-nakan Chrome address bar.

7. Drag dan Resize “Text Box” di Webpage

Tahukah Anda bahwa fitur ini memungkinkan Anda untuk drag files yang telah Anda download menggunakan Chrome ke desktop? Bukan saja file yang telah ter-download namun file apapun di komputer. Dengan kata lain Anda tidak perlu membuka download location atau mengubah lokasi download itu tiap kali Anda ingin file ter-download di drive/folder berbeda.

Cobalah tekan Ctrl+Shift+I di Chrome. Hal itu untuk me-

munculkan Recources. Fitur ini sangat berguna bagi Anda khususnya webmaster dan siapa saja yang ingin mengeta-hui seberapa cepat situs milik Anda load di browser. Seperti yang terlihat di gambar, ada sejumlah opsi yang bisa Anda explore.

5. Task Manager

Setiap tab yang ada di Chrome diperlakukan secara

terpisah. Hal ini sangat menguntungkan user karena jika salah satu tab mengalami masalah, maka tab tersebut bisa ditutup dan tab lainnya tetap aman. Dengan kata lain browser crash bisa dihindari. Tiap tab juga dilengkapi den-gan built-in task manager untuk mengetahui berapa besar penggunaan memori dan CPU untuk tiap tab. Anda bisa mengaksesnya melalui Tools -> Task Manager atau tekan saja Shift+Esc.

6. Address Bar untuk Menghitung Cepat

Jika Anda menulis komen (misalnya) yang ada pada text box yang ada di suatu situs, seringkali Anda bermasalah dengan scroll bar. Hal itu terjadi ketika tulisan Anda telah melampaui text box itu. Di Google Chrome, Anda tidak pelu menggeser scroll bar karena Anda bisa membesarkan text box itu dengan cara drag ujung kanan bawah pada text box. Opsi ini tidak ada di browser lain.

8. Pencarian Situs lewat Address Bar

Dengan mengetik “about:memory” pada address bar Chrome maka browser akan menampilkan detail pemakaian memori dari situs-situs yang tengah Anda buka.

10. Application Shortcuts

Anda bisa menciptakan aplikasi sendiri dari berba-gai situs melalui Tools -> Create application shortcuts. Shorcut ini akan menghemat waktu dan memudahkan Anda mengakses situs-situs yang kerap Anda buka.

Sangat menarik bukan fitur-fitur yang ada di Google Chrome? Coba sekarang! *

Jika sebelumnya Anda telah pernah membuka

gopego.com menggunakan Chrome maka untuk se-lanjutnya, jika Anda ingin mencari konten mengenai Apple (misalnya), And tidak perlu lagi mengetiknya di search box yang ada di gopego.com. Cara kerjanya seperti ini: Anda hanya perlu mengetik beberapa huruf dari Gopego, misal: Gop… lalu tekan tombol Tab di keyboard. Address bar akan berubah menjadi [Search gopego.com:]. Setelah titik dua [:] itu Anda ketikkan saja Apple. Ajaib! Semua konten gopego.com yang mengulas tentang Apple akan ditampilkan di Chrome browser.

9. About:memory

Page 10: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

FACEBOOK baru saja mengadakan Game De-velopers Conference yang menyajikan sebuah data statistik baru berkenaan dengan casual gaming.

Seperti dilaporkan The Verge, menurut sebuah data terbaru sebanyak 250 juta pengguna bermain game di Facebook per bulannya, angka ini menunjukkan 20 persen dari jumlah secara keseluruhan pengunjung situs jejaring sosial tersebut.

Selain data mengenai pengunjung, Facebook memaparkan bahwa hampir 100 pengembang game lain-nya telah berhasil mendap-atkan keuntungan sebanyak 1 juta dolar AS tahun lalu. Secara keseluruhan keun-tungan yang didapatkan

APPLE dilaporkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan, WiFiSlam, yang membuat ap-likasi perpetaan (mapping) untuk perangkat smartphone.

Apple membenarkan mengenai akuisisi itu, tapi menolak memberi-kan penjelasan secara detial, kata Reuters dalam laporannya, belum lama ini.

“Apple mengakuisi perusa-haan teknologi kecil dari waktu ke waktu, dan kita pada umumnya tidak mendiskusikan tujuan dan rencana-rencana kami,” kata seorang juru bicara Apple kepada Reuters.

WiFiSlam merupakan peru-sahaan yang mengembangkan teknologi indoor tracking (indoor

SEBUAH toko ritel mobile di Eropa, yaitu Carphone Ware-house baru-baru ini telah menge-luarkan rilis pers yang berhubun-gan dengan Galaxy S4.

Seperti dilaporkan phone arena, menurut pihak ritel tersebut, minat terhadap gadget anda-lan terbaru Samsung

Apple Miliki Perkembangan Pendapatan NegatifAPPLE tampaknya pertama kali akan melaporkan pertumbuhan pendapatan mereka yang negatif sejak tahun 2003 silam.

Seperti dilaporkan GSM Arena, hal ini diketa-hui dari sebuah hasil survai yang diadakan CNN Fortune. Semua analis yang mengambil peran dalam survai tersebut mempercayai bahwa Apple akan melaporkan angka pendapatan mereka yang menurun untuk Q2 tahun 2013 (berakhir di Maret)

jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Menurut analis dari Thomson Financial, earnings per share (EPS) Apple pada kuartal kedua ini akan mencapai 10.18 dolar AS, menu-run dari EPS Q2 tahun 2012 yaitu 12.30 dolar AS. Walaupun begitu analis percaya bahwa Ap-ple tetap akan bertahan, yang dibicarakan adalah gross margin perusahaan di mana memperlihatkan bagaimana kinerja efektif perusahaan mengubah pendapatan menjadi keuntungan. Untuk diketahui, gross margin Apple paling tinggi adalah tahun lalu mencapai 47.37 dolar AS, sedangkan untuk tahun ini menurun menjadi 37,5 persen. *

Apple Akuisisi Perusahaan Pembuat

Aplikasi ”Mapping”GPS) dan layanan-layanan sejenis.

Sementara itu, di laman resminya, perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, WiFiSlam menyebutkan bahwa mereka baru saja mendapatkan pendanaan 20 juta dolar AS dari akuisisi Apple.

WiFiSlam sedang mengem-bangkan aplikasi mobile berbasis lokasi. Aplikasi pelacakan WiFiS-lam memungkinkan pengguna bisa menemukan lokasi temannya melalui smartphone, meski ia sedang berada di dalam gedung sekalipun.

Aplikasi berbasis lokasi perusa-haan itu dalam pengoperasiannya memanfaatkan teknologi atau sinyal Wi-Fi. *ant

Samsung Gandeng Usain Bolt untuk Pasarkan NX300

SAMSUNG dilaporkan telah berhasil meng-gandeng pemenang Olympic, Usain Bolt, untuk memasarkan kamera digital terbaru mereka yaitu NX300.

Seperti dilaporkan samsung hub, Samsung men-gatakan bahwa Bolt dikenal dengan fokus dan ke-cepatan yang ekstrim, di mana kualitas yang sama tersebut juga dimiliki kamera terbaru vendor asal Korsel tersebut. Sebagai tambahan, Samsung juga akan bekerja sama dengan Usain Bolt Foundation untuk memberikan perala-tan fotografi memadai untuk menyokong fotografer muda.

NX300 ditenagai. DRIMe IV imaging en-gine, menawarkan sen-sor 20.3 megapixel APS-C

CMOS, sistem Hybrid Auto Focus (AF), Smart Mode, Wi-Fi, layar 3.31-inch WVGA AMOLED tilt display, RAW support, dan perekaman video kualitas FullHD. *

Samsung Galaxy S4 Catat Rekor Pemesanan

tersebut sangat besar, terbukti dari tingginya pre-order yang men-capai lebih dari empat kali lipat angka pre-order dari Galaxy S III yang merupakan produk terlaris Samsung tahun 2012 lalu.

Pada tahun lalu, Galaxy S III telah

memecahkan re-kor daftar tunggu, dan oleh kar-

ena itu pemeca-han rekor baru ini seakan menunjuk-kan bahwa merek

Samsung telah menjadi salah satu

merek ternama di benak konsumen. Catatan ini seakan mampu menunjuk-

kan bahwa meski diluncurkan lebih lambat dari HTC One

maupun Xperia Z, namun Galaxy S4 tetap

merupakan gadget yang ditunggu-tunggu kehadiran-

nya. *

Pengembang Game Facebook Capai Keuntungan 2 Miliar Dolar AS

para pengembang game menca-pai angka 2 miliar dolar AS. Mung-kin karena minat pengguna yang

masih besar inilah maka fokus desain timeline Facebook masih terus berkenaan pada game. *

JIKA sudah bosan dengan Instagram, tampaknya Anda harus mencoba Pho-toChat di perangkat Android Anda. Tapi sebelum install PhotoChat, ada baiknya Anda menyimak review PhotoChat dari komunitas FotoDroids seperti yang dikutip dari gopego.

Anda memiliki kesempatan untuk men-coba (beta testing) aplikasi photo sharing PhotoChat. Aplikasi ini dibuat Mobitel, developer asal Australia. Karena aplikasi ini masih dalam tahap Beta maka Anda belum bisa mendapatkan aplikasi PhotoChat di Google Play, setidaknya sampai saat post-ing ini dibuat. Pada dasarnya PhotoChat adalah ap-likasi photo sharing seperti Instagram dan Streamzoo, hanya saja PhotoChat lebih pri-vate. Anda hanya akan bisa mengajak dan

PhotoChat: Aplikasi Berbagi Foto di Android

SEBERAPA sering Anda men-gakses Facebook dalam sehari? Jika Anda adalah penggila Facebook maka bisa dipastikan setiap kali Anda pegang ponsel maka hal pertama yang Anda buka adalah aplikasi Facebook ataupun mobile browser yang telah memiliki bookmark URL Facebook.

Seperti dikutip dari gopego, jika hal seperti itu terjadi pada Anda, ke-tahuilah bahwa Anda bukan satu-sat-unya yang mengakses Facebook tiap menit. Hal itu pula yang menjadikan firma riset IDC melakukan penelitian terhadap aktivitas pengguna Face-book, khususnya yang mengakses melalui smartphone.

Survai IDC dilakukan terhadap 4.446 orang berusia antara 18-44 tahun. Perangkat yang dipakai ada-

Apa yang Umum Dilakukan Pengguna Facebook lewat ”Smartphone”?

sharing foto ke teman-teman yang ada di phonebook ponsel Anda. Saat Anda men-gundang teman-teman yang ada di phone book, mereka akan mendapatkan notifikasi undangan dan link melalui SMS. Saat ini aplikasi PhotoChat hanya bisa Anda download via invitation SMS. Me-mang agak merepotkan, karena tim Fo-toDroids beberapa kali mengalami kega-galan dalam menerima SMS, maupun saat verifikasi. Diharapkan setelah aplikasi ini muncul di Google Play, akan lebih mudah di-download. Tampilan interface Photochat cukup sederhana. Bagi yang sudah terbiasa den-gan Instagram atau Streamzoo, mungkin awalnya akan mengalami sedikit kebin-gungan dalam menggunakan aplikasi ini. Walaupun sama-sama photo sharing namun fungsi aplikasinya sedikit berbeda. Jika di Instagram dan Streamzoo lebih ditujukan sebagai gallery foto online, up-load foto agar dapat dilihat banyak orang, di-follow dan diapresiasi dalam bentuk comments atau likes, tidak demikian di PhotoChat. Aplikasi ini bertujuan sebagai media untuk “ngobrol” dengan foto. Banyak hal yang bisa Anda obrolkan dengan foto, mulai dari hal sederhana seperti baju yang menarik yang Anda temui di toko atau menu makan siang Anda, hingga mengo-brol soal foto itu sendiri, seperti langkah apa saja dalam editing foto yang Anda upload tersebut. Di PhotoChat, Anda dipersilakan memberi judul room chat Anda, upload foto lalu invite teman-teman Anda. Teman-teman Anda selanjutnya dapat mengomentari bahkan menimpali dengan foto lain. Sederhananya, bayangkan Anda menggu-nakan Whatsapp atau layanan IM lainnya untuk membuat group chat dan berdiskusi mengenai foto, step-step editingnya, dan lain sebagainya. Namun perbedaannya dengan Photochat, bahwa aplikasi ini me-nempatkan foto sebagai headline-nya se-

hingga Anda tidak perlu direpotkan dengan limit orang yang di-invite maupun memori device yang makin lemot ketika group bertambah ramai, karena semua aktivitas sudah tersimpan via cloud. Karena bersifat private, PhotoChat me-mungkinkan untuk dapat diatur supaya bisa sharing hanya dengan orang-orang tertentu saja. Dengan cara itu maka Anda bisa membuat beberapa group yang berbeda-beda dengan topik bahasan yang berbeda. Agar menjaga aplikasi ini tetap ringan untuk di-download, diakses, dan berjalan smooth di perangkat Android lawas, Mobitel

memutuskan fitur yang biasa hadir pada photo sharing, seperti filters, ditiadakan. Selain itu foto-foto yang di-upload men-galami kompresi menjadi sekitar 100-300 kb saja. Aplikasi PhotoChat baru hadir untuk Android OS namun Steve (CEO Mobitel) berjanji akan segera menghadirkannya di iOS dan BlackBerry. Yang membangga-kan, aplikasi buatan Mobitel ini memutus-kan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama untuk launching PhotoChat dan Fotodroids adalah salah satu dari commu-nity partner untuk aplikasi ini. *

lah smartphone berbasis Android dan iPhone. Dari survai tersebut diketahui apa saja yang umum mereka lakukan di Facebook via smartphone mereka. Hasilnya? 75 persen dari pengguna Facebook laki-laki lebih suka menggunakan Facebook untuk mencari dan mencoba berbagai aplikasi yang ditawarkan dalam Facebook. Sementara itu pengguna Facebook usia muda (18-24 tahun) tercatat dua kali lebih tinggi tingkat ketertarikan mencoba berbagai aplikasi di Facebook, dibanding peng-guna berusia lebih tua (40-44 tahun).

Yang jelas, lebih dari setengah pengguna Facebook di Android dan iPhone menggunakan ponsel mereka untuk membaca news feed dan game. Hanya 30 persen saja yang tercatat posting status baru, lebih rendah dari persentase yang mengomentari status, postingan atau foto kawan (45 persen). *

Page 11: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Page 12: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Page 13: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Page 14: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Page 15: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

FACEBOOK baru saja mengadakan Game De-velopers Conference yang menyajikan sebuah data statistik baru berkenaan dengan casual gaming.

Seperti dilaporkan The Verge, menurut sebuah data terbaru sebanyak 250 juta pengguna bermain game di Facebook per bulannya, angka ini menunjukkan 20 persen dari jumlah secara keseluruhan pengunjung situs jejaring sosial tersebut.

Selain data mengenai pengunjung, Facebook memaparkan bahwa hampir 100 pengembang game lain-nya telah berhasil mendap-atkan keuntungan sebanyak 1 juta dolar AS tahun lalu. Secara keseluruhan keun-tungan yang didapatkan

APPLE dilaporkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan, WiFiSlam, yang membuat ap-likasi perpetaan (mapping) untuk perangkat smartphone.

Apple membenarkan mengenai akuisisi itu, tapi menolak memberi-kan penjelasan secara detial, kata Reuters dalam laporannya, belum lama ini.

“Apple mengakuisi perusa-haan teknologi kecil dari waktu ke waktu, dan kita pada umumnya tidak mendiskusikan tujuan dan rencana-rencana kami,” kata seorang juru bicara Apple kepada Reuters.

WiFiSlam merupakan peru-sahaan yang mengembangkan teknologi indoor tracking (indoor

SEBUAH toko ritel mobile di Eropa, yaitu Carphone Ware-house baru-baru ini telah menge-luarkan rilis pers yang berhubun-gan dengan Galaxy S4.

Seperti dilaporkan phone arena, menurut pihak ritel tersebut, minat terhadap gadget anda-lan terbaru Samsung

Apple Miliki Perkembangan Pendapatan NegatifAPPLE tampaknya pertama kali akan melaporkan pertumbuhan pendapatan mereka yang negatif sejak tahun 2003 silam.

Seperti dilaporkan GSM Arena, hal ini diketa-hui dari sebuah hasil survai yang diadakan CNN Fortune. Semua analis yang mengambil peran dalam survai tersebut mempercayai bahwa Apple akan melaporkan angka pendapatan mereka yang menurun untuk Q2 tahun 2013 (berakhir di Maret)

jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Menurut analis dari Thomson Financial, earnings per share (EPS) Apple pada kuartal kedua ini akan mencapai 10.18 dolar AS, menu-run dari EPS Q2 tahun 2012 yaitu 12.30 dolar AS. Walaupun begitu analis percaya bahwa Ap-ple tetap akan bertahan, yang dibicarakan adalah gross margin perusahaan di mana memperlihatkan bagaimana kinerja efektif perusahaan mengubah pendapatan menjadi keuntungan. Untuk diketahui, gross margin Apple paling tinggi adalah tahun lalu mencapai 47.37 dolar AS, sedangkan untuk tahun ini menurun menjadi 37,5 persen. *

Apple Akuisisi Perusahaan Pembuat

Aplikasi ”Mapping”GPS) dan layanan-layanan sejenis.

Sementara itu, di laman resminya, perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, WiFiSlam menyebutkan bahwa mereka baru saja mendapatkan pendanaan 20 juta dolar AS dari akuisisi Apple.

WiFiSlam sedang mengem-bangkan aplikasi mobile berbasis lokasi. Aplikasi pelacakan WiFiS-lam memungkinkan pengguna bisa menemukan lokasi temannya melalui smartphone, meski ia sedang berada di dalam gedung sekalipun.

Aplikasi berbasis lokasi perusa-haan itu dalam pengoperasiannya memanfaatkan teknologi atau sinyal Wi-Fi. *ant

Samsung Gandeng Usain Bolt untuk Pasarkan NX300

SAMSUNG dilaporkan telah berhasil meng-gandeng pemenang Olympic, Usain Bolt, untuk memasarkan kamera digital terbaru mereka yaitu NX300.

Seperti dilaporkan samsung hub, Samsung men-gatakan bahwa Bolt dikenal dengan fokus dan ke-cepatan yang ekstrim, di mana kualitas yang sama tersebut juga dimiliki kamera terbaru vendor asal Korsel tersebut. Sebagai tambahan, Samsung juga akan bekerja sama dengan Usain Bolt Foundation untuk memberikan perala-tan fotografi memadai untuk menyokong fotografer muda.

NX300 ditenagai. DRIMe IV imaging en-gine, menawarkan sen-sor 20.3 megapixel APS-C

CMOS, sistem Hybrid Auto Focus (AF), Smart Mode, Wi-Fi, layar 3.31-inch WVGA AMOLED tilt display, RAW support, dan perekaman video kualitas FullHD. *

Samsung Galaxy S4 Catat Rekor Pemesanan

tersebut sangat besar, terbukti dari tingginya pre-order yang men-capai lebih dari empat kali lipat angka pre-order dari Galaxy S III yang merupakan produk terlaris Samsung tahun 2012 lalu.

Pada tahun lalu, Galaxy S III telah

memecahkan re-kor daftar tunggu, dan oleh kar-

ena itu pemeca-han rekor baru ini seakan menunjuk-kan bahwa merek

Samsung telah menjadi salah satu

merek ternama di benak konsumen. Catatan ini seakan mampu menunjuk-

kan bahwa meski diluncurkan lebih lambat dari HTC One

maupun Xperia Z, namun Galaxy S4 tetap

merupakan gadget yang ditunggu-tunggu kehadiran-

nya. *

Pengembang Game Facebook Capai Keuntungan 2 Miliar Dolar AS

para pengembang game menca-pai angka 2 miliar dolar AS. Mung-kin karena minat pengguna yang

masih besar inilah maka fokus desain timeline Facebook masih terus berkenaan pada game. *

JIKA sudah bosan dengan Instagram, tampaknya Anda harus mencoba Pho-toChat di perangkat Android Anda. Tapi sebelum install PhotoChat, ada baiknya Anda menyimak review PhotoChat dari komunitas FotoDroids seperti yang dikutip dari gopego.

Anda memiliki kesempatan untuk men-coba (beta testing) aplikasi photo sharing PhotoChat. Aplikasi ini dibuat Mobitel, developer asal Australia. Karena aplikasi ini masih dalam tahap Beta maka Anda belum bisa mendapatkan aplikasi PhotoChat di Google Play, setidaknya sampai saat post-ing ini dibuat. Pada dasarnya PhotoChat adalah ap-likasi photo sharing seperti Instagram dan Streamzoo, hanya saja PhotoChat lebih pri-vate. Anda hanya akan bisa mengajak dan

PhotoChat: Aplikasi Berbagi Foto di Android

SEBERAPA sering Anda men-gakses Facebook dalam sehari? Jika Anda adalah penggila Facebook maka bisa dipastikan setiap kali Anda pegang ponsel maka hal pertama yang Anda buka adalah aplikasi Facebook ataupun mobile browser yang telah memiliki bookmark URL Facebook.

Seperti dikutip dari gopego, jika hal seperti itu terjadi pada Anda, ke-tahuilah bahwa Anda bukan satu-sat-unya yang mengakses Facebook tiap menit. Hal itu pula yang menjadikan firma riset IDC melakukan penelitian terhadap aktivitas pengguna Face-book, khususnya yang mengakses melalui smartphone.

Survai IDC dilakukan terhadap 4.446 orang berusia antara 18-44 tahun. Perangkat yang dipakai ada-

Apa yang Umum Dilakukan Pengguna Facebook lewat ”Smartphone”?

sharing foto ke teman-teman yang ada di phonebook ponsel Anda. Saat Anda men-gundang teman-teman yang ada di phone book, mereka akan mendapatkan notifikasi undangan dan link melalui SMS. Saat ini aplikasi PhotoChat hanya bisa Anda download via invitation SMS. Me-mang agak merepotkan, karena tim Fo-toDroids beberapa kali mengalami kega-galan dalam menerima SMS, maupun saat verifikasi. Diharapkan setelah aplikasi ini muncul di Google Play, akan lebih mudah di-download. Tampilan interface Photochat cukup sederhana. Bagi yang sudah terbiasa den-gan Instagram atau Streamzoo, mungkin awalnya akan mengalami sedikit kebin-gungan dalam menggunakan aplikasi ini. Walaupun sama-sama photo sharing namun fungsi aplikasinya sedikit berbeda. Jika di Instagram dan Streamzoo lebih ditujukan sebagai gallery foto online, up-load foto agar dapat dilihat banyak orang, di-follow dan diapresiasi dalam bentuk comments atau likes, tidak demikian di PhotoChat. Aplikasi ini bertujuan sebagai media untuk “ngobrol” dengan foto. Banyak hal yang bisa Anda obrolkan dengan foto, mulai dari hal sederhana seperti baju yang menarik yang Anda temui di toko atau menu makan siang Anda, hingga mengo-brol soal foto itu sendiri, seperti langkah apa saja dalam editing foto yang Anda upload tersebut. Di PhotoChat, Anda dipersilakan memberi judul room chat Anda, upload foto lalu invite teman-teman Anda. Teman-teman Anda selanjutnya dapat mengomentari bahkan menimpali dengan foto lain. Sederhananya, bayangkan Anda menggu-nakan Whatsapp atau layanan IM lainnya untuk membuat group chat dan berdiskusi mengenai foto, step-step editingnya, dan lain sebagainya. Namun perbedaannya dengan Photochat, bahwa aplikasi ini me-nempatkan foto sebagai headline-nya se-

hingga Anda tidak perlu direpotkan dengan limit orang yang di-invite maupun memori device yang makin lemot ketika group bertambah ramai, karena semua aktivitas sudah tersimpan via cloud. Karena bersifat private, PhotoChat me-mungkinkan untuk dapat diatur supaya bisa sharing hanya dengan orang-orang tertentu saja. Dengan cara itu maka Anda bisa membuat beberapa group yang berbeda-beda dengan topik bahasan yang berbeda. Agar menjaga aplikasi ini tetap ringan untuk di-download, diakses, dan berjalan smooth di perangkat Android lawas, Mobitel

memutuskan fitur yang biasa hadir pada photo sharing, seperti filters, ditiadakan. Selain itu foto-foto yang di-upload men-galami kompresi menjadi sekitar 100-300 kb saja. Aplikasi PhotoChat baru hadir untuk Android OS namun Steve (CEO Mobitel) berjanji akan segera menghadirkannya di iOS dan BlackBerry. Yang membangga-kan, aplikasi buatan Mobitel ini memutus-kan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama untuk launching PhotoChat dan Fotodroids adalah salah satu dari commu-nity partner untuk aplikasi ini. *

lah smartphone berbasis Android dan iPhone. Dari survai tersebut diketahui apa saja yang umum mereka lakukan di Facebook via smartphone mereka. Hasilnya? 75 persen dari pengguna Facebook laki-laki lebih suka menggunakan Facebook untuk mencari dan mencoba berbagai aplikasi yang ditawarkan dalam Facebook. Sementara itu pengguna Facebook usia muda (18-24 tahun) tercatat dua kali lebih tinggi tingkat ketertarikan mencoba berbagai aplikasi di Facebook, dibanding peng-guna berusia lebih tua (40-44 tahun).

Yang jelas, lebih dari setengah pengguna Facebook di Android dan iPhone menggunakan ponsel mereka untuk membaca news feed dan game. Hanya 30 persen saja yang tercatat posting status baru, lebih rendah dari persentase yang mengomentari status, postingan atau foto kawan (45 persen). *

Page 16: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

MESKI Samsung Galaxy S4 Mini masih diterpa rumor spesifikasi, mari kita beran-dai-andai sedikit untuk membandingkannya dengan sebuah produk dari Samsung yang sudah dirilis terlebih dahulu tahun lalu, yaitu Galaxy S3.

Seperti dikutip dari mobile88, Galaxy S3 dan Galaxy S4 memiliki ukuran yang

Samsung Galaxy S4 vs Sony Xperia ZTAK diragukan lagi bahwa Samsung

Galaxy S4 yang telah diumumkan 14 Maret lalu, akan menjadi smartphone An-droid populer di tahun ini. Seperti dikutip dari gopego, generasi terbaru Galaxy S ini belum tentu bisa mendapat predikat sebagai smarpthone paling populer di tahun ini sebab masih ada high-end smartphone Android lainnya, yaitu Sony Xperia Z. Generasi terbaru Xperia ini bahkan sudah berhasil memikat publik sejak diumumkan di ajang CES 2013 pada awal Januari lalu.

Bicara soal harga, Sony Xperia Z sekarang sudah bisa Anda pre-order secara online di Blibli dengan harga Rp 6.999.000 dari harga normal Rp 7.499.000.

Sementara harga Samsung Galaxy

S4 masih belum diumumkan secara resmi, tapi Galaxy S4 versi 16 GB baru saja di-laporkan akan dijual sekitar Rp 5.600.000.

Nah, bagi Anda yang sekarang masih bingung memutuskan untuk membeli Sony Xperia Z atau Samsung Galaxy S4, berikut ini adalah perbandingan keduanya yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih.

DisplaySamsung Galaxy S4 memiliki fitur layar

Super AMOLED dengan resolusi 1920 x 1080p pada 441ppi, sedangkan Sony Xperia Z memiliki layar TFT dengan resolusi dan kepadatan pixel yang sama dengan Galaxy S IV. Kedua layar Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z sangat menawan, tapi layar Super AMOLED milik Galaxy S4 memiliki warna lebih hidup.

Desain dan KualitasSamsung Galaxy S4 memiliki ukuran

136,6 x 69,8 x 7,9 mm dan berat 130 gram, sedangkan Sony Xperia Z memi-liki ukuran 139 x 71 x 7,9 mm dan berat 146 gram. Baik Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z sama-sama memiliki de-sain yang menjadi tren high-end smart-phone saat ini. Tapi dengan dukungan dust and waterproof, Sony Xperia Z lebih unggul.

Internal "Hardware" CPU, GPU dan RAM

Samsung Galaxy S4 versi interna-sional menggunakan prosesor Exynos 5 Octa SoC, three-core PowerVR GPU, dan RAM 2 GB. Sementara Sony Xperia Z menggunakan prosesor Qualcomm S4 Pro, Adreno 320, dan RAM 2 GB. Namun, sayangnya saat ini kita masih menunggu tes benchmark Exynos 5 Octa SoC, yang diperkirakan akan mampu mengalahkan Qualcomm S4 Pro.

Memory InternalBaik Samsung Galaxy S4 dan Sony

Xperia Z sama-sama menawarkan versi 16/32/64 GB dan juga didukung mi-croSD.

KameraSamsung Galaxy S4 menggunakan

kamera belakang 13 MP dan kamera depan 2 MP, sedangkan Sony Xperia Z menggunakan kamera belakang 13,1 MP dan kamera depan 2,1 MP dengan Ex-

mor RS, yang merupakan teknologi terdepan kamera smartphone. Bi-asanya, kamera Sony selalu sedikit lebih baik dibanding kamera yang digunakan Samsung.

BateraiSamsung Galaxy S4 menggu-

nakan baterai tempel berkapasitas 2600 mAh, sedangkan Sony Xperia Z menggunakan baterai berkapasi-tas 2330 mAh. Perbedaan kapasi-tas baterai keduanya tidak terlalu jauh, hanya saja Samsung Galaxy S4 akan memiliki battery life sedikit lebih lama dibanding Sony Xperia Z.

SoftwareSamsung Galaxy S4 berjalan pada

Android 4.2 Jelly Bean out of the box dengan versi terbaru TouchWiz, yang menawarkan berbagai fitur baru sep-erti AirView, Smart Scroll, Samsung Knox, Group Play, dan masih banyak lagi. Sony Xperia Z berjalan pada Android 4.1 Jelly Bean out of the box dengan Sony UI skin yang tidak memiliki fitur-fitur baru seperti yang ada pada Samsung TouchWizh.

Nah, setelah mengetahui perband-ingan antara Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z, maka Anda bisa menyimpulkan sendiri manakah yang lebih baik di antara keduanya. Dan jangan lupa tuliskan komentar Anda pada kolom yang sudah disediakan.

*

Samsung Galaxy S4 Mini vs Samsung Galaxy S3tidak jauh berbeda, sementara Galaxy S4 Mini hadir dengan ukuran yang lebih kecil. Namun, yang menjadi pertanyaan ada-lah apakah Galaxy S4 Mini bisa menjadi investasi yang baik apabila dibandingkan dengan smartphone flagship sekelas pen-dahulunya, Galaxy S3.

LayarGalaxy S3 menggunakan

layar Super AMOLED 4,8 inci dengan ketajaman 306 ppi. Sementara Galaxy S4 Mini, meski menggu-nakan tipe layar yang sama, tapi dari segi ketajaman piksel, Galaxy S4 Mini hanya memiliki ketaja-man 25 ppi.

KameraGalaxy S3 memiliki kamera

8 MP dan mampu merekam video berkualitas 1080 p, serta kamera depan 1,9 MP dengan ke-mampuan merekam video kualitas 720p. Kami sendiri mempredik-sikan kamera Galaxy S4 Mini akan tidak jauh ber-beda dengan kamera yang dimiliki Galaxy S3. Jadi untuk perbandingan kamera, kami rasa hasilnya seri, setidaknya untuk sekarang.

StorageMeski Galaxy S4 Mini dilengkapi chip

prosesor yang lebih baru daripada Galaxy S3, tetapi dalam perbandingan kapasitas storage, Galaxy S4 Mini kalah jauh apabila dibandingkan dengan Galaxy S3. Galaxy S4 Mini hanya tersedia dalam ukuran 8 GB, 16 GB dan 32 GB.

HargaHarga Galaxy S3 sendiri dipastikan akan

menurun setelah Galaxy S4 dan Galaxy S4 Mini diluncurkan ke pasar. Dan apabila harga Galaxy S3 nantinya tidak berbeda jauh dengan Galaxy S4 Mini, maka kami menyarankan Anda untuk memilih Galaxy S3. Karena beberapa fitur premium smart-phone flagship, seperti Galaxy S3 tidak dapat ditemukan di Galaxy S4 Mini. *

BEBERAPA dari fitur ini barangkali telah Anda tahu, tapi untuk menggunakannya secara maksimal, Anda perlu membaca artikel ini sampai tuntas. Seperti dikutip dari gopego, belum lagi sejumlah fitur tersembunyi pasti membuat Anda mengangguk setuju dan kemudian segera mencobanya di Google Chrome.

1. Pin Tab

10 Fitur Rahasia Google Chrome

Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup klik kanan pada tab dan tab conversation akan terbuka. Pilih ‘Pin Tab’ sehingga tab yang tengah Anda buka akan ‘terpaku’ dan tidak mungkin tertutup. Hal ini untuk menghindari tab yang tertutup karena mungkin saja Anda tidak sengaja klik close menu. Pekerjaan Anda-pun terselamatkan!

2. Paste and Go/ Paste and Search

Jika Anda copy sebuah URL di browser lain dan ingin menggunakan Chrome untuk membukanya, gunakan saja cara ini. Anda tidak perlu paste (Ctr+V) lalu enter untuk menjalankan URL itu. Namun, yang perlu Anda lakukan hanyalah klik kanan dan pilih Paste and Go maka selain paste URL Chrome juga langsung menuju ke URL tersebut.

3. Drag and Drop Downloads

4. Resources Page

Anda telah tahu address bar pada Chrome juga bisa

berfungsi sebagai Google Search. Tapi apakah Anda tahu address bar itu juga bisa berfungsi sebagai kalkulator? Tidak semua fungsi kalkulator bisa dilakukan, tapi untuk penghitungan sederhana seperti 12*50 Anda bisa menggu-nakan Chrome address bar.

7. Drag dan Resize “Text Box” di Webpage

Tahukah Anda bahwa fitur ini memungkinkan Anda untuk drag files yang telah Anda download menggunakan Chrome ke desktop? Bukan saja file yang telah ter-download namun file apapun di komputer. Dengan kata lain Anda tidak perlu membuka download location atau mengubah lokasi download itu tiap kali Anda ingin file ter-download di drive/folder berbeda.

Cobalah tekan Ctrl+Shift+I di Chrome. Hal itu untuk me-

munculkan Recources. Fitur ini sangat berguna bagi Anda khususnya webmaster dan siapa saja yang ingin mengeta-hui seberapa cepat situs milik Anda load di browser. Seperti yang terlihat di gambar, ada sejumlah opsi yang bisa Anda explore.

5. Task Manager

Setiap tab yang ada di Chrome diperlakukan secara

terpisah. Hal ini sangat menguntungkan user karena jika salah satu tab mengalami masalah, maka tab tersebut bisa ditutup dan tab lainnya tetap aman. Dengan kata lain browser crash bisa dihindari. Tiap tab juga dilengkapi den-gan built-in task manager untuk mengetahui berapa besar penggunaan memori dan CPU untuk tiap tab. Anda bisa mengaksesnya melalui Tools -> Task Manager atau tekan saja Shift+Esc.

6. Address Bar untuk Menghitung Cepat

Jika Anda menulis komen (misalnya) yang ada pada text box yang ada di suatu situs, seringkali Anda bermasalah dengan scroll bar. Hal itu terjadi ketika tulisan Anda telah melampaui text box itu. Di Google Chrome, Anda tidak pelu menggeser scroll bar karena Anda bisa membesarkan text box itu dengan cara drag ujung kanan bawah pada text box. Opsi ini tidak ada di browser lain.

8. Pencarian Situs lewat Address Bar

Dengan mengetik “about:memory” pada address bar Chrome maka browser akan menampilkan detail pemakaian memori dari situs-situs yang tengah Anda buka.

10. Application Shortcuts

Anda bisa menciptakan aplikasi sendiri dari berba-gai situs melalui Tools -> Create application shortcuts. Shorcut ini akan menghemat waktu dan memudahkan Anda mengakses situs-situs yang kerap Anda buka.

Sangat menarik bukan fitur-fitur yang ada di Google Chrome? Coba sekarang! *

Jika sebelumnya Anda telah pernah membuka

gopego.com menggunakan Chrome maka untuk se-lanjutnya, jika Anda ingin mencari konten mengenai Apple (misalnya), And tidak perlu lagi mengetiknya di search box yang ada di gopego.com. Cara kerjanya seperti ini: Anda hanya perlu mengetik beberapa huruf dari Gopego, misal: Gop… lalu tekan tombol Tab di keyboard. Address bar akan berubah menjadi [Search gopego.com:]. Setelah titik dua [:] itu Anda ketikkan saja Apple. Ajaib! Semua konten gopego.com yang mengulas tentang Apple akan ditampilkan di Chrome browser.

9. About:memory

Page 17: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

REVIEW APLIKASI5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

APAKAH Anda sedang mencari tablet Android den-gan harga terjangkau? Jika demikian, Anda bisa mem-pertimbangkan tablet Disgo 8400G yang memiliki tampilan seperti tablet Android Samsung Galaxy Note 8.0, selain tablet Colorfly CT781 dan GooPad Mini serta Onda V818 yang memiliki desain seperti iPad mini.

Seperti dilaporkan Techra-dar, karena harganya cukup murah, jangan harap tablet Android Disgo 8400 memiliki spesifikasi tinggi.

Tablet Android Disgo 8400G menawarkan layar 7,9 inci dengan resolusi 1024 x 768,

HTC Myst

Ponsel untuk Penggemar Facebook

SMARTPHONE atau ponsel Fa-cebook dengan nama HTC Myst siap meluncur ke dunia gadget setelah mendapatkan persetujuan dan lolos uji FCC. Seperti dikutip dari teknokers, musim semi tahun ini akan dipilih opera-tor yang menggandengnya, yakni AT&T sebagai waktu yang tepat untuk melaku-kan peluncuran yang rencananya akan berlangsung di Amerika Serikat.

Menurut informasi bocoran yang diperoleh, HTC Myst terrnyata tetap mengedepankan performa yang akan menemaninya, yakni sebuah prosesor Snapdragon 1.5 GHz dual core dan layar 4,3 inci. Jika dilihat sekilas dari fotonya

mirip dengan Galaxy Chat tapi entah seperti apa nantinya kita tunggu saja. Performa makin optimal sebab didukung juga RAM 1 GB ditambah penyimpan internal 16 GB. HTC Myst hadir den-gan kamera depan 1.6 MP dan kamera belakang sebagai pembidik utama 5 MP. Sebagai pendukung operasinya disemat-kan Android dari versi ter-update Android Jelly Bean.

Sudah jelas pastinya jika HTC Myst dirumorkan dibuat dengan campur tangan pihak Facebook. Oleh karena itu, kemungkinan besar akan terpasang aplikasi resmi Facebook, Facebook Mes-senger, hingga Instagram. *

Disgo 8400G

Tablet Mirip Samsung Galaxy Note 8.0 dengan Harga Murah

prosesor dual-core 1.2 GHz, RAM 512 MB, memori internal 4 GB dengan microSD, kamera belakang 2 MP dan kamera de-pan 0.3 MP, serta berjalan pada Android 4.1.3 Jelly Bean. Dan yang tidak kalah penting, tablet Disgo 8400G menawarkan konektivitas Wi-Fi dan 3G.

Tablet Disgo 8400G dengan fitur andalan Wi-Fi dan 3G dibanderol hanya 190 dolar AS. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding Nexus 7 versi 3G yang dibanderol 306 dolar AS. Tablet Disgo 8400G dijadwalkan bakal tersedia mulai April 2013 melalui beberapa retailer terke-nal seperti Amazon, Currys dan PC World. *

Cross A28

Ponsel Android Murah dengan Konektivitas Istimewa

Spesifikasi Cross A28:

Layar : 4 Inch LCD capacitive multi touchscreen

2 poirnt, WVGA 480 x 800 pixels,

Hard Gloss Screen

Prosesor : Dual-core Qualcomm Snapdragon 1GHz

Memori RAM : 512MB

Memori Internal : 4GB

Memori Eksternal : MicroSD up to 32GB

Sistem Operasi : Android v4.0 ICS

Kamera : 3MP LED Flash utama, 1.3 MP sekunder

Jaringan : WCDMA & GSM Dual Standby, GSM/

GPRS/EDGE 850|900|1800|1900 MHz;

WCDMA 900|2100 MHz

Konektivitas : Wi-Fi 802. 11 b/g/n, Bluetooth

Transfer Data : 3G Support ( HSDPA 7.2 Mbps ),

EDGE/GPRS

Fitur lain : Apps dan Games, Support Video Chat

GPS : Ya

Baterai : Li-ion 1.500 mAh.

SETELAH sukses dengan seri pendahulunya belum lama ini Cross A27, kembali lagi Cross Mobile meluncurkan 1 perangkat dengan nama Cross A28. Ini adalah sebuah smartphone den-gan basis Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang sudah pasti akan diberi harga cukup terjangkau.

Cross A28 akan dihadirkan dengan layar yang cukup lebar, dengan layar LCD 4 inci serta mengusung resolusi WVGA 480 x 800 piksel dan akan didukung model layar capacitive multi touch 2 point, hard gloss screen (scratch resistant), dengan demikian maka layar Cross A28 akan terminimalisir dari goresan.

Kehadirannya makin istimewa sebab dapur pacu yang diusung berupa prosesor dual core Snapdragon keluaran Qualcomm, yang memiliki kecepatan 1 GHz dan didukung RAM sebesar 512 MB. Hal itu membuat Cross A28 beroperasi dengan baik saat anda menggunakan aplikasi di dalamnya. Memori internal yang dihadirkan

membuat Cross A28 makin lengkap dengan ka-pasitas 4 GB, masih belum puas juga? Ya sudah Anda bisa menambahnya lagi dengan eksternal microSD 32 GB.

Cross A28 memang merupakan smartphone entry level, sudah jelas pastinya kamera yang akan diusung memiliki kualitas rendah dengan sensor 3 MP namun sudah dilengkapi fitur LED Flash serta Anda juga tetap bisa melakukan per-ekaman video, tambahan kamera pada bagian depan 1.3 MP.

Seperti dikutip dari teknokers, mungkin perangkat ini sudah dihadirkan atau didesain khusus bagi penggila browsing karena fitur konektivitas Cross A28 tergolong komplit, dual SIM kartu (GSM + GSM) yang sanggup melaju kencang pada kanal 3G/HSDPA serta fitur Wi-Fi juga disediakan. Adanya fitur TV analog, peng-guna bisa menikmati acara televisi di Cross A28 tanpa harus mengeluarkan pulsa atau data. *

iRecycle (iOS)Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan akses instan ke lebih dari 1 juta cara

untuk recycle atau daur ulang, dan juga berita terbaru mengenai lingkungan hidup, serta tips untuk meningkatkan green lifestyle Anda.

Aplikasi ”Mobile” untuk Tingkatkan Gaya Hidup ”Go Green”

TAHUKAH Anda bahwa tiap 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Internasional? Berikut adalah 6 aplikasi yang bisa

Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan hidup.

Green Kitchen (iOS) Anda suka memasak? Green Kitchen akan membantu Anda dengan informasi menge-nai makanan vegetarian yang diperlukan untuk mengurangi konsumsi energi. Resep-resep yang tersedia juga cukup mudah untuk Anda coba.

Green Power Battery Saver (Android)Aplikasi ini akan menyediakan daya

tahan baterai lebih lama, dengan cara men-gaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi, mobile data dan Bluetooth secara otomatis ketika Anda membutuhkan dan tidak membutuh-kannya.

Green Genie (iOS)Green Genie adalah panduan lengkap bagi Anda untuk lifestyle yang berkelanjutan.

Dikembangkan para profesional di bidangnya, aplikasi ini memiliki database yang besar mengenai “green tips”, proyek berkelanjutan dan juga sumber daya penting lainnya.

Brain Cafe GeoQuiz (iOS dan Android)Pelajari mengenai planet dan apa yang

Anda perlu lakukan untuk menjaga keber-langsungannya. Aplikasi ini memberikan se-jumlah kuis yang menarik berkaitan dengan pengetahuan geografi Anda.

UNEP Carbon Calculator (iOS)Gas rumah kaca memiliki efek buruk

terhadap perubahan iklim global. UNEP Carbon Calculator memungkinkan Anda untuk mengukur berapa banyak CO2 yang dihasilkan ketika Anda berpergian. *

Page 18: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

impan gambar ke BlackBerry 10 handset. 2. Set as BBM Display Picture, pilih untuk menjadikannya DP BBM Anda. 3. Request High Quality 4. Share.

Untuk mendapatkan foto dalam res-olusi tinggi, Anda pilih saja opsi ketiga, yaitu Request High Quality. Dengan memilih opsi tersebut maka Anda contact BBM akan men-girim ulang foto yang Anda minta, namun kali ini dalam resolusi penuh. Nah, dengan cara itu maka Anda akan mendapatkan foto-foto dan image lain resolusi tinggi via BBM di BlackBerry 10 handset. Mudah, bukan? *

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Desain Elegan, Harga Terjangkau

Spesifikasi:GENERAL Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2LAYAR Tipe TFT Capacitive TouchscreenUkuran 320 x 480 pixels, 4.0 inches MultitouchDIMENSI Ukuran/Berat -AUDIO Fitur Vibratiion, Polifonik RingtonesJack 3,5 mm Jack AudioSpeakerphone YaMEMORY Internal 512 MB RAM, 512 MB ROMEksternal microSD, up to 32 GBDATA 3G TidakEDGE YaGPRS YaWLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/nBluetooth Ya, with A2DPInfrared TidakUSB/Port microUSB v2.0KAMERA Primer 2 MPSekunder VGAVideo Record YaBATERAI Tipe Li-Ion 1400 mAh batteryStandby -Talk Time -FITUR OS Android 2.3.6 GingerbreadCPU MT6115M 1GHzBrowser HTMLGPS Ya, with A-GPSMessaging SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push EmailJava via Java MIDP emulator, Fitur tambahan: - SNS integration - Organizer - Document viewer - Photo viewer/editor - Voice memo/dial - Predictive text input (Swype)FITUR LAIN Multiple SIM Dual SIM GSM Dual stand-byVideo Player MP4/H.264/H.263 playerMP3 Player MP3/WAV/eAAC+ playerAudio Record YaTV Tidak.

SEBUAH perangkat dari pabrikan lokal teranyar diluncurkan dengan nama Nexian Mi240 Xplorer Phoenix. Seperti dikutip dari mobile88, kita ketahui bahwa perangkat milik Nexian Mobile selalu saja mendapat sambutan yang antusias teru-tama dari mereka kalangan menengah ke bawah. Sudah dapat dipastikan harga yang akan dibanderolkan memang relatif sangat terjangkau bahkan kebanyakan

tidak sampai satu jutaan.Tahukah Anda bahwa Nexian Mi240

Xplorer Phoenix sudah mengusung sebuah OS yang cukup update untuk sebuah ponsel lokal yakni Android v 2.3.6 Gingerbread selebihnya Anda juga bisa menikmati kamera utama dengan sensor lumayan 2 MP.

Hal yang mengagumkan dari perang-kat ini adalah didesain dengan sangat

elegan dan lihat saja bentuk bodinya yang membidang seolah-olah memang sangat mirip dengan perangkat berkelas milik LG Optimus G jika dilihat dengan sepintas, namun memang sangat jauh terutama performa yang dihadirkan den-gan CPU-nya berkecepatan 1 GHz.

Harga yang akan dibanderol untuk Nexian Mi240 Xplorer Phoenix ini sangat murah hanya Rp 699.000. *

Ponsel Android dengan Layar 5 InciCOOLPAD mungkin Anda jarang

mendengar nama produsen mobile ini, sebuah perangkat ponsel pintar canggih dengan basis Android ternyata baru saja diluncurkan. Seperti dikutip dari teknokers, perusahaan yang sebelumnya dikenal se-bagai perusahaan penyedia tablet, namun kini meluncurkan sebuah phablet dengan desain yang sangat elegan terlahirlah CoolPad 8720.

Langkah awal ini mereka ambil dari mulai bekerja sama dengan menggaet perusahaan China Mobile untuk melaku-kan peluncuran ponsel ini di Cina. Ponsel ini pun nantinya akan eksis bersama sebuah jaringan TD-SCDMA dan GSM di Cina. Sebuah layar kualitas HD yang cukup memukau ditawarkan perangkat Coolpad 8720 ini dengan 5 Inci IPS serta

akan dihadirkan dengan resolusi 720HD. Makin tangguh pastinya di bagian dalam sudah dipersenjatai dengan prosesor dual core 1.2 GHz Leadcore LC1811, GPU Mali 400 MP serta RAM 1 GB. Seba-gai fasilitas menyimpan data, terdapat memori internal berkapasitas 4 GB plus slot microSD.

Sebuah hiburan yang nyaman akan Anda nikmati berupa sebuah kamera utama yang disajikan dengan sensor 5MP serta adanya tambahan kam-era VGA di bagian depan. Untuk memperkaya fitur berfungsi secara optimal nikmatilah OS Android Ice Cream Sandwich dengan dukungan baterai berkapasitas 2.000 mAh. Untuk informasi harga belum bisa dikonfirmasi. *

Hadir dengan Desain Unik

SEBUAH berita bocoran mengenai smartphone dengan nama Motorola X Phone, yang diprediksi kehadirannya akan seheboh Samsung Galaxy S4 beberapa waktu lalu. Seperti dikutip dari teknokers, diprediksi, perangkat ini akan hadir pada bulan November 2013. Namun, memang masih misteri yang sangat besar sebab isu

mengenai Motorola X Phone hanya dicomot dari internet dan bukan dari situs resmi milik motorola.

Beberapa bocoran yang dapat dijabarkan dari kehadiran Motorola X Phone:

Desain UnikDesain Motorola X Phone memang unik

dan keluar dari pakem desain smartphone Motorola yang pernah ada sebelumnya.

Spesifikasi Layar dan OS AndroidMotorola X Phone kemungkinan besar

akan mengusung layar dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, memang sebelumnya dari beberapa sumber sempat mengabarkan bahwa Motorola X Phone hanya dibekali layar res-olusi 1280 x 720 piksel. OS yang akan berduet dengan Motorola X Phone ini diperkirakan adalah Android 4.2.2 Jelly Bean yang sangat update pastinya.

Chipset Qualcomm SnapdragonMemang sangat berbeda jika

dibandingkan dengan smartphone seperti LG Optimus G Pro, HTC One, atau Samsung Galaxy S4 yang meng-gunakan Snapdragon 600. Motorola X Phone ini diperkirakan akan meng-gunakan Snapdragon 800 yang sudah jelas memiliki performa yang lebih cepat.

Baterai Berkapasitas BesarDaya yang akan digunakan tidak

seperti pada kebanyakan yang diguna-kan smartphone Android lainnya, pada Motorola X Phone ini kabarnya akan dibekali baterai berkapasitas besar, yaitu 4000 mAh.

Bersertifikat IP57 dan Gorilla Glass 3

Apabila memang benar rumor yang menyebutkan bahwa Motorola X Phone akan mengusung sertifikat IP57, kemungkinan be-sar smartphone yang satu ini akan memiliki

kemampuan bertahan di dalam air hingga kedalaman 1 meter. Layar Motorola X Phone kabarnya juga dilindungi Gorilla Glass 3 dari Corning yang sangat kuat menahan goresan. *

ANDA tahu salah satu kemam-puan BlackBerry Messenger (BBM) adalah mengirim berbagai file gam-bar ke sesama pengguna BBM.

Seperti dikutip dari gopego, den-gan BBM maka Anda tidak perlu khawatir mengirim gambar dalam ukuran besar akan berpengaruh

Cara Mendapatkan HQ BBM Images di BlackBerry 10pada data paketan Anda. Tetapi seringkali ketika Anda menerima gambar dari contact BBM, gambar yang Anda terima tersebut justru berukuran tidak sama dengan gambar aslinya.

Hal seperti itu lumrah terjadi saat transfer image karena image harus melalui proses kompresi un-tuk mempercepat proses pengiri-man. Di BlackBerry 10, Anda tetap bisa mendapatkan gambar dengan ukuran resolusi tinggi via BBM.

Bagaimana caranya? Saat kawan Anda mengirim foto maka akan muncul versi thumbnail dari foto tersebut. Cukup press & hold pada thumbnail foto maka Anda memunculkan sejumlah opsi baru. 1. Save Picture, pilih untuk meny-

APPLE menambahkan gesture controls di iOS 4.3 sebagai opsi developer pada awal 2011 lalu. Dan kini dengan iOS 5 yang rilis Oktober tahun lalu, Apple menjadikan multi-finger ges-tures tersebut resmi di iPad.

Seperti dikutip dari gopego, jika Anda baru saja memiliki iPad, ada sejumlah hal tentang fungsi gestures yang perlu Anda tahu sehingga bisa memanfaatkannya secara optimal. Bahkan, Anda tidak perlu lagi menggunakan home button untuk kembali ke homescreen. Dengan menge-tahui cara-cara tersebut Anda bisa bekerja lebih cepat di iPad.

1. Five-finger pinch. Anda cukup melakukan fungsi grab atau gerakan seperti “mengambil” sesuatu di layar iPad dari sudut mana pun untuk bisa kembali ke homescreen. Sangat sederhana dan cepat. 2. Four-finger swipe up. Jika Anda ingin melihat multitasking bar atau aplikasi yang baru saja Anda pakai, gunakan saja fungsi four-finger swipe up. Gesture ini menggantikan fungsi dou-ble-tap home button. Anda bisa memilih sebuah aplikasi lain atau swipe four-finger ke bawah untuk menyembunyikan multitasking bar. 3. Four-finger swipe left/right. Dengan gesture ini Anda tidak perlu terlalu sering menggunakan multitasking bar. Dengan cara swipe menggu-nakan empat jari ke kanan atau kiri, iPad akan membawa Anda dengan cepat melalui aplikasi yang tengah Anda jalankan atau aplikasi yang baru saja Anda pakai.

BAGI Anda yang kerap menggunakan Calculator app di iPhone untuk berhitung, tips kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Yang perlu dicatat, yang dimaksud Calculator app di sini adalah aplikasi bawaan Apple bukan aplikasi third-party.

Seperti dikutip dari idownloadblog.com/gopego, sekarang coba buka Calculator app di iPhone atau iPod Touch lalu masukkan sembarang angka. Ketik saja sembarang angka, pastikan lebih dari dua digit untuk mencoba trik ini. Setelahnya, delete angka-angka tersebut.

Anda barangkali adalah salah satu user iDe-vice yang selalu menggunakan tombol Clear untuk menghapus angka-angka di Calculator app. Cara itu memang dianggap mudah karena bisa menghapus keseluruhan angka di screen iPhone tanpa delete satu per satu. Tetapi itu berarti pula bahwa ketika Anda hanya salah mengetik satu angka maka semua angka akan terhapus dan Anda harus lagi mengetik dari awal.

Nah, tahukah Anda bahwa delete angka di Calcula-tor app bisa Anda lakukan dengan sekali swipe? Coba saja swipe dari kiri ke kanan, di dalam kotak tempat angka-angka tadi Anda ketikkan. Apa yang Anda dapatkan?

Tepat! Calculator app hanya akan menghapus digit angka terakhir yang Anda ketik. Ini memang bukan trik yang sangat luar biasa seperti berbagai jailbreak tweak yang banyak tersedia tetapi akan menjadi tips yang sangat penting bagi Anda yang kerap bekerja dengan angka-angka. *

Tips iOS: Cara Mudah Menghapus Angka di Calculator app

Menggunakan ”Gestures” di iPad4. Gesture rahasia. Pastikan fungsi gesture telah aktif di iPad Anda. Jika tidak yakin, lihat di Settings - General - Multitasking Gestures - ON.

Setelahnya, Anda akan menemukan bahwa menghilangkan sebuah aplikasi dari multitasking bar bisa dilakukan melalui fungsi gestures. Tapi perlu diingat bahwa Anda tidak bisa menghilan-gkan aplikasi dari Homescreen tanpa menggu-nakan home button. Untuk bisa melakukannya, gunakan four-finger swipe ke atas untuk menun-jukkan aplikasi apa saja yang tengah berjalan juga aplikasi yang baru Anda pakai.

Setelahnya silakan tap and hold di sebuah aplikasi untuk masuk pada editing mode. Tap pada badge sebelah kiri-atas (tanda minus ber-warna merah) di aplikasi yang ingin Anda hapus. Setelah selesai, lakukan four-finger swipe ke bawah untuk menyembunyikan multitasking bar dan aplikasi yang Anda pilih tadi telah hilang.

Meski terlihat sederhana, tapi tidak akan mudah jika Anda tidak mencoba fungsi gestures di atas di iPad Anda. *

Page 19: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

APAKAH Anda suka dengan spesifikasi yang dimiliki Xperia Z namun terasa terlalu mahal sehingga budget kurang mencukupi? Dan juga Anda tidak begitu mementingkan fitur tahan air? Mungkin Xperia ZL bisa men-jadi pilihan, selain dibanderol lebih murah dari Xperia Z (sekitar 6,7 jutaan rupiah), ponsel ini juga memiliki spesifikasi yang persis sama dengan saudaranya Xperia Z.

Desain dan BodiSeperti dikutip dari teknoup, hanya den-

gan menyandingkan bersebelahan dengan Xperia Z, memang dari segi desain Xperia ZL jauh berada di bawah. Dari sisi material juga demikian, seperti yang sudah diketahui Xperia Z menggunakan material kaca untuk pelapis bagian muka dan belakang, seh-ingga terlihat lebih premium dan menunjuk-kan ponsel kelas atas, sedangkan ZL hanya menggunakan material plastik dengan bagian belakang bertekstur kasar sehingga mirip seperti Galaxy W tidak begitu terlihat ponsel yang harganya hampir tujuh jutaan. Kedua bersaudara ini sama-sama men-gusung desain unibodi.

Xperia ZL memiliki dimensi 131,6 x 69,3 x 9,8 mm dengan bobot 151 gram sedikit lebih kecil namun lebih tebal dan berat dibandingkan Xperia Z. Karena layar 5 inci maka tidak heran ponsel ini tergolong besar untuk penggunaan satu tangan. Terlebih dengan desain bagian belakang yang melengkung, bodi Xperia ZL lebih nyaman digenggam dibandingkan Xperia Z.

Bagian muka Xperia Z dan ZL terlihat mirip, dengan layar 5 inci yang dikelilingi frame hitam untuk pilihan warna ponsel mana pun. Bagian muka ini terisi dengan earpiece, sensor cahaya dan proximity, LED notifikasi dengan desain garis (seperti di Xperia Miro, J dan E), mic, dan kamera depan yang letaknya cukup unik, di bagian bawah kanan frame. Bagian belakang terisi dengan mic, kamera utama, LED flash, speaker, dan semacam pintu untuk mem-buka slot kartu memori dan kartu SIM.

Bagian kiri ponsel terisi dengan tombol volume, tombol lock/power, dan tombol kamera yang tidak ditemukan di Xperia Z. Bagian kanan terisi dengan port microUSB. Sisi atas terisi dengan port headset 3,5 mm sedangkan bagian bawah hanya terisi lubang untuk menggantungkan aksesori.

Xperia ZL memiliki spesifikasi layar yang persis sama seperti Xperia Z yaitu layar sen-tuh kapasitif TFT 16 juta warna 5 inci den-gan resolusi Full HD 1080p (1080 x 1920 piksel) plus Bravia Engine 2 untuk mobile. Untuk kelebihan dan kekurangannya tidak jauh berbeda dengan Xperia Z. Kelebihan-nya tampilan di layar terlihat tajam, halus, dan detail. Tampilan warna juga baik terlihat hidup, tapi hanya untuk sudut pandang lurus, karena salah satu kekurangan di layar Xperia Z dan ZL adalah sudut penglihatan yang tidak luas. Jika dilihat dari kemiringan tampilan di layar memang tetap terlihat detail, halus, dan tajam, namun untuk warna terlihat memudar. Selain hal tersebut layar ini masih terlihat bagus walaupun digunakan di bawah sinar matahari. Dan secara garis besar menurut kami meski tipis tapi kualitas layar Xperia ZL lebih baik jika dibandingkan dengan Xperia Z, warna hitam terlihat lebih pekat dan terang.

AntarmukaXperia ZL menggunakan Android Jelly

Bean 4.1.2 dengan antarmuka baru yang sedikit berbeda dari antarmuka Xperia sebe-lumnya. Tampilan antarmuka terlihat lebih simpel jika dibandingkan ponsel flagship dari vendor lain. Performa dari antarmuka ini terbilang baik cukup lancar, meski di halaman homescreen yang terisi dengan widget sempat terjadi sedikit lag saat dibuka

Di Bawah Bayangan Xperia Zpertama kali. Halaman lockscreen memiliki desain baru di mana menjadi sistem slide horizontal untuk membuka layar dan terdapat dua buah slider kiri untuk akses langsung ke pemutar musik dan kanan untuk masuk ke menu kamera.

Masuk ke homescreen Anda dapat meng-gunakan maksimal 7 halaman yang diisi den-gan item-item favorit dan seusai kebutuhan. Untuk memasukkannya cukup mencubit layar, Anda juga dapat menambahkan/mengurangi jumlah halaman homescreen dari sini.

Terdapat beberapa jalan pintas di jendela notifikasi seperti profil suara, bluetooth, Wi-Fi, mobile data, dan jalan pintas ke menu setting. Dari menu recent apps terdapat semacam mini apps yang dapat ditaruh ke layar seperti cal-culator, timer, notes, dan voice recorder (dapat ditambahkan juga dari Play Store). Karena su-dah Jelly Bean Anda dapat mengakses cepat aplikasi Google Now hanya dengan menahan tombol home.

Masuk ke drawer aplikasi, ikon-ikon aplikasi terjejer dalam formasi 5 x 4 dengan frame abu-abu transparan. Letak ikon-ikon ini dapat diubah sesuai keinginan secara manual maupun berdasarkan kategori seperti abjad. Di bagian kanan atas terdapat tombol search untuk mempercepat pencarian aplikasi.

Hanya terdapat satu pilihan keyboard saja saat kondisi default yaitu Xperia keyboard yang memiliki tampilan simpel dengan fitur teks prediktif.

Layout keyboard ini mirip seperti keyboard iPhone dengan tombol-tombol yang berjarak sehingga mempermudah proses pengetikan mengurangi kesalahan. Terdapat juga dukun-gan untuk beberapa bahasa seperti Jepang dan Mandarin.

Contacts dan MessagingMenu contacts berisi empat buah tab

utama yaitu contacts, phone, favorites, dan groups. Tampilannya simpel dan bertombol besar sehingga mempermudah navigasi. Salah satu kelebihan antarmuka Xperia adalah pengintegrasian yang cukup kompleks dengan layanan jejaring sosial Facebook. Oleh sebab itu, Anda dapat me-lengkapi keterangan tambahan tiap contact dari layanan tersebut.

Untuk menu SMS masih sama dengan konsep dasar Android dengan tampilan chat thread di tampilan awal, dan SMS editor yang simpel di mana Anda dapat melampir-kan item-item seperti gambar, foto, doodle note, dan lokasi yang secara otomatis akan mengubah jenis pesan menjadi MMS.

KameraXperia ZL memiliki kamera depan 2

MP yang berposisi di luar kebiasaan yakni berada di bagian kanan bawah. Kamera de-pan ini memiliki area tangkapan yang luas. Untuk kamera utama Sony memberikan kamera dengan sensor Exmor RS beres-olusi 13 MP (4.128 x 3.096 piksel) dengan kemampuan autofokus dan ditemani LED flash. Fitur-fitur yang disematkan diantar-muka kamera ini tergolong lengkap dengan beragam pilihan seperti mode superior auto, scene selection, sweep panorama, picture effect, burst, dan lainnya. Untuk fitur burst sendiri, Sony mengklaim kamera di Xperia ZL dapat terus menerus mengambil foto dalam mode burst hanya dengan menahan tombol kamera hingga memori yang terse-dia habis. Meski begitu resolusi hasil foto dalam mode burst ini hanya maksimal 9 MP saja. Untuk mode quick launch (mengakses dan mengambil gambar langsung saat kondisi layar mati dan terkunci) kini Anda dapat mengatur apakah hanya mengakses menu kamera/video saja, atau sekaligus mengambil/merekam gambar.

Hasil foto untuk pengambilan dalam ru-angan rendah cahaya terlihat bagus, minim

noise, detail dan warna tetap natu-ral. Untuk hasil luar ruangan juga terli-hat bagus dengan tingkat detail yang tinggi, pewarnaan juga natural.

Perekaman Video

Dengan res-olusi kamera 13 MP jelas kamera utama di Xperia ZL dapat melakukan perekaman Full HD 1080p. Antarmuka perekaman video tidak jauh berbeda dengan antarmuka kamera, terdapat beberapa pilihan fitur seperti scene, HDR, Light, dan lainnya.

yang Anda punya tidak memiliki informasi lengkap, maka Anda dapat mengaktifkan online mode di mana akan mencari infor-masi yang tepat untuk konten film tersebut dari layanan Gracenote. Cukup banyak dukungan format video yang dapat diputar seperti MP4, M4V, AVI, MOV, MKV namun tanpa dukungan subtitle. Dengan dukun-gan DLNA, sama seperti musik, Anda juga dapat memutar dan melemparkan konten video dari atau ke perangkat yang mendu-kung.

Radio FM masih hadir di Xperia ZL yang dapat menjadi alternatif hiburan bagi Anda. Seperti biasa Anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu baru dapat me-nikmati siaran stasiun radio favorit. Tampilan radio FM di sini terlihat lebih menarik karena Sony memberikan semacam animasi visual untuk latar belakang aplikasi.

BrowserTerdapat browser Opera dan Chrome

dalam kondisi default. Tidak terdapat browser stok Android di sini, jadi bisa diang-gap Chrome-lah yang menggantikannya karena merupakan produk Google. Browser Chrome ini dapat melakukan tugas mul-titab dengan sangat baik, kami mencoba membuka tab hingga berjumlah lebih dari 100 dan browser masih dapat dioperasi-kan dengan cukup baik. Pergeseran dan zooming di halaman web versi desktop juga dapat berjalan mulus. Untuk konten flash juga dapat diputar dengan baik langsung di halaman web.

Untuk hasil tes HTML5, browser Chrome mendapatkan skor 417 dengan 11 poin bonus. Skor Sunspider, browser ini menda-patkan angka 1306. 7ms (makin kecil makin baik).

Daya Tahan BateraiKapasitas baterai di Xperia ZL juga lebih

besar sedikit dibandingkan Xperia Z (2330 mAh) yaitu 2370 mAh berjenis Lithium Ion. Karena berbentuk unibodi, maka Anda tidak bisa mencopot baterai ini karena tertanam di dalam bodi. *

Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 Pentaband HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 Layar sentuh kapasitif TFT 16 juta warna 5-inci FullHD (1080 x 1920 piksel) (~441 ppi) Memori internal 16 GB (11.73 GB Available), RAM 2 GB Kamera Belakang 13 MP (4128 x 3096 piksel) autofokus, LED flash Kamera Depan 2 MP Android Jelly Bean 4.1.2 CPU Quad-core 1.5 GHz Krait Qualcomm MDM9215M / APQ8064 GPU Adreno 320 Baterai Lithium-Ion 2370 mAh

Saat melakukan perekaman video, Anda juga dapat sekaligus mengambil gambar namun maksimal hanya 1 MP saja. Seperti kebanya-kan kamera ponsel lain, hasil perekaman video akan disimpan dalam format MP4.

MultimediaGallery atau bernama album di sini memiliki

tampilan yang mendapat sedikit modifikasi dari antarmuka album Xperia sebelumnya. Kumpulan foto dan video baik dari memori internal maupun eksternal akan tertampil di sini. Anda dapat melihatnya berdasarkan waktu pengambilan atau berdasarkan folder. Dengan pengintegrasian berbagai layanan yang mendukung, koleksi foto dan video Anda di layanan tersebut juga dapat dilihat dari sini. Selain menu-menu standar seperti rotate, edit, crop dan lainnya, Sony memberikan sebuah aplikasi SensMe slideshow, di mana akan me-nampilkan koleksi foto-foto Anda secara cantik dengan musik dan efek yang dapat diatur.

Pemutar musik atau yang bernama walk-man mampu melakukan tugas dengan baik, Anda dapat mendengarkan semua koleksi lagu Anda dengan nyaman karena selain visual yang menarik (menyesuaikan mayoritas warna di layar dengan warna di LED noti-fikasi), dukungan pencarian informasi lagu dari internet, terdapat juga pengaturan keluaran suara yang lengkap seperti clear audio, equal-izer, efek surround, clear stereo, clear phase, xLOUD dan lainnya. Anda juga dapat melihat dan menikmati lagu/video yang telah diposting teman Anda di jejaring sosial Facebook. Dan juga karena sudah mendukung koneksi DLNA Anda dapat memutar dan melempar lagu antar-perangkat yang mendukung. Keluaran suara via headset terdengar jernih dengan komposisi bass yang mantap, terlebih dalam paket penjualan disertakan headset berkuali-tas berjenis in-ear. Untuk keluaran suara via speaker terdengar biasa saja, dan cenderung sedikit pecah jika diatur ke volume maksimal.

Selain dari Album, Anda juga dapat memutar konten video dari aplikasi Mov-ies. Tampilan antarmuka aplikasi ini terlihat cantik dengan menampilkan potongan video dari clip yang terakhir diputar. Jika file film

Sony Xperia ZL C6502

Spesifikasi Utama:

SEAGATE Technology belum lama ini mengumumkan evolusi terkini dari jajaran perangkat peny-impanan nirkabel miliknya Seagate Wireless.

Dirancang dengan kemampuan streaming konten ke dalam hingga delapan smartphone atau tablet dengan kapasitas yang sanggup memuat sampai 500 film dengan resolusi HD, harddrive ini men-dobrak batas gaya hidup mobile masyarakat masa kini. Seagate Wireless Plus juga diperkuat daya baterai hingga 10 jam yang sesuai dengan baterai tablet dan smart-phone yang ada saat ini. Drive

Seagate Perkenalkan Wireless Plus

”Streaming” Media Portabel tanpa perlu Jaringan Internet

berkapasitas 1 TB yang ini akan memenuhi semua kebutuhan Anda untuk selalu terhibur di mana pun Anda berada, termasuk dalam per-jalanan atau penerbangan panjang, tanpa memerlukan koneksi internet.

Perangkat Seagate Wireless Plus diakses melalui aplikasi mobile Seagate Media yang dikembang-kan untuk semua perangkat selular yang tersedia saat ini, termasuk Android, Kindle Fire HD, Apple iOS dan juga kompatibel dengan perangkat mana pun yang bisa terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Selain itu, Anda juga memanfaat-kan Wireless Plus untuk menikmati

video, foto, musik dan bahkan doku-men di layar besar via Apple Airplay, DLNA atau aplikasi yang dirancang khusus untuk Samsung Smart TV dan pemutar media-media Blu-ray.

“Seagate mengembangkan konsep penyimpanan tanpa kabel khusus untuk para pengguna yang menghendaki kebebasan dalam menikmati konten dokumen, film, foto, dan musik miliknya di mana pun berada, terutama saat merka tidak bisa terkoneksi ke internet.

Seagate Wireless Plus berkiblat pada kesuksesan generasi perta-manya dengan memberikan inovasi yang lebih jauh lagi,” kata Ban Seng

Teh, Wakil Presiden Senior dan Managing Director untuk wilayah Asia Pacifik dan Jepang.

Seagate Wireless Plus telah tersedia di retailer-retailer terkemu-

ka, termasuk di Seagate Concept Store Mangga Dua, iBox, eStore, dan Bhinneka dengan harga jual yang disarankan sebesar 199.99 dolar AS atau sekitar Rp 1,95 juta. *

Pandora Hadir di Windows PhoneSALAH satu aplikasi radio internet paling

terkenal di dunia, Pandora, sekarang hadir bagi pengguna perangkat Windows Phone 8.

“Kami tahu Anda telah menunggu untuk ini, para penggemar Windows Phone,” kata Microsoft

dalam blog resminya baru-baru ini.Microsoft menyediakan secara gratis dan

tanpa ada sisipan iklan hingga Desember menda-tang, layaknya versi premium.

Microsoft menjanjikan fitur-fitur yang ada di da-lamnya tidak akan ditemukan pada smartphone lain.

Apa yang membuatnya berbeda? Hanya Pandora untuk Windows Phone yang dilengkapi

fitur Live Tile, kemudian akses cepat ke stasiun-stasiun radio favorit hanya dengan satu sentuhan dari layar Start.

Aplikasi Pandora yang satu ini, kata Microsoft, didesain khusus dengan Kid’s Corner yang akan secara otomatis menyaring (filtering) konten lagu secara eksplisit untuk pengguna anak-anak.

Aplikasi itu juga menawar-kan akses ke ratusan ribu ar-tis dari seluruh dunia melalui stasiun radio yang bisa diatur berdasarkan artis favorit, lagu, komedian, atau genre.

Tidak hanya itu, Pandora untuk Windows Phone juga terintegrasi dengan web Pan-dora, sehingga pengguna bisa log in dan menyusun stasiun

radio favorit di web maupun di ponsel.Untuk mengunduh aplikasi ini, silakan klik link

berikut: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/pandora. *ant

PENDIRI Research In Motion (sekarang berubah nama menjadi BlackBerry), Mike Laza-ridis telah mengumum-kan keputusannya untuk meninggalkan perusa-haan Kanada itu berlaku mulai tanggal 1 Mei.

Seperti dilansir Phone Arena, sebelum-nya awal tahun 2012 lalu Lazaridis sudah mundur dari jabatannya sebagai CEO, namun sampai tanggal 1 Mei 2013 tersebut dia masih bertahan sebagai vice chairman dan direktur.

Lazaridis menyatakan dengan peluncuran BlackBerry 10, ia ya-kin telah memenuhi komitmennya pada jajaran direksi. Ia mengakui Thorsten Heins (CEO BlackBerry saat ini) melakukan pekerjaan bagus dan Lazaridis yakin ia meninggalkan perusahaan yang didi-rikannya itu ke tangan yang benar. Ke depannya, Lazaridis masih berkutat dengan teknologi dengan sebuah riset quantum yang berfokus pada membawa teknologi tricorder pada film Star Trek menjadi kenyataan. *

HP Ciptakan Teknologi 3D tanpa Kacamata untuk Perangkat ”Mobile”APAKAH Anda ingin menikmati konten 3 dimensi

melalui perangkat mobile tanpa harus mengenakan kacamata dengan bentuk yang aneh?

Seperti dilaporkan news.cnet, HP menawarkan solusinya untuk Anda. Perusahaan teknologi infor-masi ini telah bekerja keras menciptakan teknologi

glasses-free 3D untuk perangkat mobile.

HP memamerkan pen-emuannya tersebut pada sci-ence journal Nature. Dikatakan jika jenis teknologi tersebut dapat mengubah visualisasi data, medical training dan hiburan. “Efek yang akan didapatkan pengguna sep-erti halnya menonton film Star Wars dengan hologram Prin-cess Leia,” ungkap David Fattal

pada Associated Press.Membuat teknologi 3D untuk perangkat mobile jauh

berbeda dengan film. Menurut Nature, teknologi ini mungkin seperti hologram tetapi dibuat dengan cara yang berbeda. Dengan menggunakan pendekatan multi-view, teknologi menggunakan berbagai macam geomet-ric optical trick untuk menciptakan image 3 dimensi.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi 3 dimensi tanpa kacamata ini telah dikembangkan sejumlah perusahaan. Yang paling dikenal adalah Nintendo 3DS handheld game player. Untuk bisa menikmati konten 3D secara maksimal, gamer harus melihat langsung ke layar tanpa bergerak.

Sementara itu, teknologi yang dikembangkan HP me-mungkinkan pengguna melihat image dari semua sudut, hingga 45 derajat dari pusat layar. Namun, meski sangat memungkinkan untuk menikmati animasi 3D dengan teknologi baru ini, tidak semua yang ada pada perangkat mobile dapat mengaplikasikannya.

Menurut Associated Press, konten apa pun dengan live video hampir tidak mungkin untuk mengimplementa-sikan teknologi ini, karena membutuhkan setidaknya 64 kamera untuk menangkap objek yang sama. *

Page 20: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

NOTEBOOK terbaru yang di-usung Google dinamakan sebagai Chromebook Pixel. Tak salah, ini adalah seri terbaru dari note-book Google yang menjalankan Chrome OS. Seperti dilaporkan news.cnet.com, sempat dikabar-kan sebagai hoax, kini Google memastikan notebook keren versi LTE akan mulai dijual tanggal 8 April 2013. Sebelumnya Chrome-book Pixel model Wi-Fi only telah dirilis seharga 1.300 dolar AS per

InFocus BigTouch

AiO PC Terbesar dengan Layar 55 InciAPAKAH Anda sedang mencari All-in-One

(AiO) PC? Jika demikian, Anda bisa memper-timbangkan InFocus BigTouch, yang meru-pakan AiO PC terbesar di dunia dengan layar 55 inci.

Seperti dilaporkan Engadget, AiO PC InFocus BigTouch ditujukan untuk ruang kon-ferensi dan lobi kantor sebab AiO ini mungkin terlalu besar jika Anda tempatkan di meja kerja.

InFocus BigTouch memiliki spesifikasi sep-erti layar touchscreen 55 inci dengan resolusi 1080p dan di dalamnya Anda bisa menemui

prosesor Core i5 Sandy Bridge, SSD 120 GB, dan berjalan pada Windows 8.

InFocus BigTouch memiliki dukungan sep-erti pada desktop biasa, yaitu enam port USB, dua socket HDMI, dan dua jack Ethernet.

InFocus BigTouch yang dirancang untuk menjadi mudah dan berguna ini tidak dijual dengan harga murah. Anda atau perusahaan Anda bisa membawa pulang AiO PC terbesar yang memiliki layar 55 inci ini dengan mem-bayar uang sebesar 4.999 dolar AS. Nah, Anda berminat membawa pulang InFocus BigTouch? *

Aplikasi Google Translate untuk Android bisa ”Offline”

APLIKASI penerjemah bahasa pada ponsel pintar, Google Translate, saat ini mampu dipakai tanpa harus terhubung internet secara langsung atau dalam mode offline.

“Anda dapat memilih (bahasa-bahasa tidak terkoneksi internet/offline) pada menu aplikasi dan melihat semua paket bahasa yang tersedia untuk diunduh,” ungkap Associated Product Manager Google Android, Minqi Jiang, dalam

blog resmi Android yang dipublikasikan, belum lama ini.

Minqi mengatakan, pengguna perlu memilih dua bahasa pada menu bahasa offline sebelum mengunduh aplikasi itu.

Namun, Minqi menyebut aplikasi Google Translate versi offline kurang

komplit dibanding aplikasi yang terkoneksi internet.

“Aplikasi itu (offline) sempurna untuk penerjemahan yang sekilas

ketika Anda berpergian ke luar negeri dengan koneksi internet lambat atau bahkan tanpa koneksi akses data,” kata Minqi.

Saat ini, aplikasi Google Translate dengan mode online pun tetap meny-impan kata-kata asing yang pernah diterjemahkan dan pengguna dapat mengakses kata itu meski tanpa internet.

Google Translate tersedia untuk sistem operasi Android versi 2.3 dan pembaruannya dalam 60 ba-hasa di dunia termasuk Indonesia, Inggris, Cina, Malaysia, Belanda, Jerman, Prancis, Jepang, dan seba-gainya. *ant

Vizio Rilis Touch PC dan Notebook Full HD

SETELAH baru-baru ini memperkenalkan tablet Windows 8 pertama dengan AMD, kini Vizio kembali menghadirkan lini perangkat Windows 8 baru melalui notebook dan PC full HD mode dengan touchscreen. Apa saja yang ditawarkan produsen asal Amerika Ser-ikat tersebut untuk masing-masing produk ini?

Seperti dilaporkan Slashgear, ada bebera-pa lini berbeda di sini, yang masing-masing menawarkan tampilan dengan desain ramping dan sangat memperhatikan detail. All-in-One Touch 24 inci merupakan model yang lebih kecil dari 2 opsi yang ditawarkan. Model ini telah tersedia untuk pre-order di Microsoft online store, dengan display yang terlihat lebih konservatif dilengkapi dual HDMI input, 2.1 audio system dengan subwoofer dan wireless control. Pengguna akan mendapatkan remote control, multi-gesture touchpad dan keyboard. Model ini ditawarkan den-gan harga 1.279,99 dolar AS.

Sementara model All-in-One Touch 27 inci jelas memiliki layar yang lebih besar. Namun, model ini dilengkapi dengan input dan output serta aksesori yang sama, tak lupa juga teknologi HD 1080p touchscreen. Untuk model ini, Vizio mematok harga 1.549,99 dolar AS.

Sementara untuk lini notebook, Vizio meng-hadirkan perangkat 14 inci HD dengan pilihan prosesor AMD (A10 APU) atau Intel (Core i7). Model ini dibanderol dengan harga 1.089,99 dolar AS. Untuk model yang terakhir, note-book 15,6 inci Full HD menawarkan teknologi prosesor quad-core yang sama dengan model 14 inci dan tersedia dalam pilihan AMD (A10 APU) atau Intel (Core i7). Model ini juga sudah tersedia untuk pre-order di Microsoft online store dengan harga mulai 1.189,99 dolar AS. *

Google Chromebook Pixel LTE segera Dirilisunit.

Untuk Chromebook Pixel yang dilengkapi fitur LTE, Google me-lepasnya seharga 1.450 dolar AS. Memang cukup mahal untuk uku-ran notebook, bahkan harganya lebih mahal dari Apple MacBook Air 13 inci yang sekarang dijual seharga 1.399 dolar AS per unit.

Menurut laporan GigaOm, koneksi LTE akan dibanderol 9,99 dolar AS untuk pemakaian 24 jam, atau hingga 50 dolar AS untuk kapasitas 5 GB. Untuk pembelian Chromebook Pixel model LTE, konsumen akan diberikan data

transfer 100 MB selama 2 tahun. Plus, 1 TB storage di Google Drive selama 3 tahun. Penawaran ini hanya berlaku untuk konsumen di Amerika.

Sekadar mengingatkan, laptop Chromebook Pixel menjalankan Chrome OS, memiliki layar touchscreen 12,85 inci dengan resolusi 2560 x 1700 (239 PPI) dan dibungkus Gorilla Glass 2. Di dalamnya terdapat prosesor dual-core 1.8 GHz Intel Core i5 dengan HD Graphics 4000, RAM 4 GB, backlit keyboard serta memori internal 32 GB. *

Page 21: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

Sejatinya, Nexus 10 meru-pakan tablet 10 inci pertama Google yang diluncurkan bersa-maan dengan LG Nexus 4 pada akhir Oktober 2012. Selain

RUMOR mengenai ponsel terbaru garapan Google dan Motorola makin panas saja. Seperti dilansir iclarified.com, setelah muncul 3 codename dari X-Phone yang disebut sebagai sebuah lini baru ponsel Motorola, kini Guy Kawasaki dalam akun Google+ miliknya menyatakan pihak Google dan Motorola tengah mengembang-kan sebuah ponsel yang bisa dikustomisasi.

Seperti Anda tahu, Kawasaki dulunya bekerja di Apple dan

SEBELUMNYA pada bulan Desember tahun lalu, sempat terdengar sebuah rumor mengenai kemungkinan Galaxy S4 akan menggunakan unbreakable display, namun hingga saat waktu pengumuman ternyata rumor tersebut hanyalah sebuah rumor.

Seperti dilansir Ubergizmo, kali ini rumor tersebut mengh-inggapi Galaxy Note 3, di mana unbreakable display dika-takan akan menjadi fitur paling penting pada perangkat tersebut.

Selain dirumorkan akan hadir dengan unbreakable dis-play, Galaxy Note 3 juga akan membawa prosesor Exynos 5 Octa dengan 2 GB RAM, baterai dengan kapasitas yang lebih besar, dan kamera belakang paling tidak 8 MP. Galaxy Note 3 yang kemungkinan akan beroperasi dengan Android 4.2 Jelly Bean ini dikabarkan akan diumumkan secara resmi pada acara IFA 2013 mendatang di Berlin. *

SONY Mobile dikabarkan sedang mempersiapkan beberapa ponsel terbarunya untuk dirilis pada tahun ini. Salah satunya yang menjadi bahan perbincangan hangat adalah kabar bahwa Sony sedang mempersiapkan ponsel 5 inci dengan harga yang lebih terjangkau.

Seperti dilansir Xperiablog, harga yang lebih terjangkau ini dikarenakan Sony disebut-sebut akan membekali ponsel 5 incinya itu dengan processor MediaTek. Processor MediaTek dikenal lebih murah dibandingkan dengan processor-processor lainnya.

Namun, jangan salah karena menurut kabar yang beredar, Sony akan menyematkan processor quad-core MediaTek MT6589. Dengan demikian, bisa dikatakan performanya tidak akan berbeda jauh dengan ponsel-ponsel kelas atas dengan harga yang jauh lebih mahal. *

Tablet Nexus 10 segera Meluncur di Indonesia?TABLET Nexus 10 hasil kolaborasi antara Samsung dengan Google, akhirnya siap bersaing di pasar tablet Tanah Air. Tablet tersebut terlihat di situs Ditjen Postel tengah memasuki proses pengujian. Tablet berlayar 10 inci Super PLS TFT 2.560 x 1.600 piksel dan dilindungi Gorilla Glass 2 ini kemungkinan bakal meluncur di Indonesia bulan April 2013.

membawa resolusi yang sangat tinggi, Nexus 10 juga dibe-namkan prosesor terbaru dari Samsung. Di dalamnya terdapat prosesor Exynos 5 dual-core

Cortex A15 1,7 GHz dan GPU Mali-T604 quad-core. Tablet ini memiliki kapa-sitas RAM 2 GB, kamera belakang 5 MP dan depan 1,9 MP, NFC, Android 4.2 Jelly Bean, dan baterai 9.000 mAh. Saat pen-jualan pertama kalinya, Nexus 10 versi 16 GB dibanderol 399 dolar AS (Rp 3,8 jutaan), dan versi 32 GB dijual 499 dolar AS (Rp 4,8 jutaan). *

Google-Motorola X-Phone akan bisa Dimodifikasi

Sony Siapkan Ponsel 5 Inci Murah dengan ”Processor” MediaTek?

sekarang telah bergabung ber-sama Google sebagai penasi-hat produk baru yang tengah digarap Google dan Motorola. Sebagai jebolan Apple dan sukses menggarap komputer Mac seri warna-warni belasan tahun lalu, Kawasaki dianggap sebagai orang yang tepat untuk memberikan ide-ide serta masu-kannya terhadap X-Phone.

Mengenai X-Phone yang menjadi produk pertamanya di Google, Kawasaki menjelaskan bahwa ponsel itu kemungkinan

besar menggunakan hardware yang bisa dikustomisasi sesuai permintaan user. Hal tersebut membenarkan kabar yang pernah muncul sebelumnya yang menyebutkan Motorola akan memberikan kesempa-tan bagi para pelanggan untuk mengkustomisasi X-Phone mereka sebelum membelinya. Model kustomisasi hardware itu termasuk berapa banyak RAM yang dibutuhkan serta kapasitas penyimpanan yang sesuai. Tiap X-Phone dengan kustomisasi dari konsumen akan siap dikirimkan hanya 1 minggu setelah order.

Seakan membenarkan rumor tersebut, Kawasaki mengatakan bahwa kustomisasi X-Phone diibaratkan kustomisasi pada sebuah mobil yang disesuaikan dengan selera pengendara, sep-erti penambahan eksterior juga mengganti ban sesuai. Kawasa-ki bahkan tagging sebuah iklan video dari Porsche Exclusive yang merupakan mobil yang menawarkan personal customi-zation. Bisakah Anda bayang-kan jika sebuah ponsel Android Google-Motorola bisa Anda modifikasi seperti sebuah mobil? Pasti akan sangat keren. *

BlackBerry Siapkan Tablet dan Phablet BlackBerry 10?

BELUM lama ini beredar bocoran menge-nai roadmap yang sudah direncanakan pihak BlackBerry untuk seri-seri dengan sistem operasi BlackBerry 10 mereka.

Seperti dilansir Crackberry, terlihat bahwa ada 3 seri BlackBerry 10 baru yang sudah dipersiapkan BlackBerry. Apa sajakah itu?

BlackBerry B10 LSepertinya ini adalah tablet penerus tablet

PlayBook yang sudah cukup lama beredar di pasaran. Dan menariknya, jika Black-Berry memang merilis tablet ini, maka inilah tablet BlackBerry pertama dengan sistem

operasi BB10.

BlackBerry U10BlackBerry U10 tampaknya adalah sebuah

phablet dengan sistem operasi BlackBerry 10 yang ditujukan untuk menggoyang dominasi Galaxy Note di pasaran phablet.

BlackBerry R10BlackBerry R10 terlihat seperti penerus seri

Q10 dengan balutan keyboard qwerty. Na-mun, yang menarik, jika dibandingkan dengan sketsa Q10, maka terlihat bahwa sketsa gam-bar R10 ini memiliki layar yang lebih besar. *

Samsung Galaxy Note 3 akan Gunakan ”Unbreakable Display”?

AMAZON telah mengumumkan bahwa pihaknya membeli Goo-dreads, sebuah situs yang berfokus untuk memberikan rekomendasi kepada para mereka yang hobi membaca buku.

Seperti dilaporkan Pocket-lint, dengan akuisisi ini maka Amazon dinilai akan mampu memantapkan posisi Amazon di pasar e-reader dengan memperkuat rekomendasi buku untuk para pemakai Kindle dan me-mungkinkan mereka berbagi dan berdiskusi akan apa yang telah dibaca.

Untuk membeli Goodreads, Amazon mengeluarkan dana sekitar 150 - 200 juta dolar. Kesepakatan pembelian ini akan selesai diproses pada kuartal kedua tahun 2013 ini.

Goodreads saat ini memiliki 16 juta pengguna. Dari keseluruhan penggunanya, terdapat lebih dari 30.000 klub buku di dalamnya. *

10 Aplikasi Pemulih ”File” yang TerhapusPENGGUNA komputer seringkali

tidak sengaja menghapus file-file yang mereka simpan karena serangan virus atau bug lalu bingung memulihkan file-file itu.

“Tak perlu panik. Ada kemungkinan

Recuva Free. Aplikasi ini tersedia dalam versi portable. Aplikasi itu akan bertanya jenis file apa yang dicari dan di mana harus dicari sebelum memindai sistem komputer secara menyeluruh.

file-file Anda masih utuh, di suatu tempat di cakram (data). Dan jika Anda bertindak cepat maka Anda mungkin dapat memuli-hkan semuanya,” sebut Mike Williams dari TechRadar. Berikut 10 aplikasi pemulih file-file yang telah terhapus di harddisk:

Undelete 360. Aplikasi gratis ini tidak mempunyai sejumlah fitur bermanfaat seperti penyaring file, penampil file, dan lainnya. Namun, Undelete 360 tidak mem-batasi jumlah file yang dapat dipulihkan.

MiniTool Partition Recovery. Aplikasi pemulih file biasa mungkin cocok untuk memulihkan sejumlah file, tapi jika pengguna kehilangan seluruh partisi harddisk, MiniTool Partition Recovery dapat menjadi alat berguna.

Wise Data Recovery. Pengguna yang lebih memilih aplikasi sederhana untuk memulihkan file-file terhapus dapat me-manfaatkan aplikasi ini. Tapi, Wise Data Recovery tidak dapat menjangkau tipe file berbasis FAT selain pemulihan data di penyimpanan USB.

PhotoRec. Aplikasi gratis ini dapat bero-perasi hampir di seluruh sistem komputer seperti DOS, Windows, Linux, serta OS X. PhotoRec juga dapat memulihkan lebih dari 200 jenis file. Sayang, aplikasi ini memiliki tampilan pengguna antar-mu-ka berbasis DOS yang kurang menarik.

FreeUndelete. Meski gratis untuk penggunaan pribadi, aplikasi ini termasuk lambat dan tidak mampu memulihkan file di penyimpanan FAT. Tapi, FreeUndelete sangat berjalan baik di penyimpanan berbasis NTFS dengan menampilkan file-file yang telah terhapus.

Paragon Rescue Kit Free. Kemampuan utama aplikasi ini yaitu mampu memulihkan file-file yang bahkan telah terhapus sama sekali dan komputer tak mampu menyala (boot).

Glary Undelete. Aplikasi ini mampu memu-lihkan file-file terhapus di harddisk FAT dan NTFS. Pengguna juga dapat menyaring file itu berdasarkan nama atau folder.

Pandora Recovery. Aplikasi ini bukan hanya memindai file-file yang terhapus dan menampil-kan dalam daftar, melainkan juga menampilkan dalam format menyerupai Explorer yang memu-dahkan pengguna.

PC Inspector File Recovery. Sebagaimana aplika-si-aplikasi sebelumnya, PC Inspector File Recov-ery mampu memulihkan file-file dari harddisk FAT dan NTFS serta menampilkannya berdasarkan folder. Walaupun dapat menampilkan file teks, aplikasi ini tidak dapat menampilkan file berformat JPEG. *ant

Ubuntu Hadirkan OS untuk PC ”Jadul”dows XP atau Windows 7 dengan tombol start di pojok kiri bawah layar.

“Perubahan itu baik, tapi mengubah se-galanya tidak selalu bagus. Begitu pula bagi komputer-komputer lama dan sistem operasin-ya. Dukungan seringkali berganti secara cepat, enam bulan sejak diluncurkan,” sebut para pengembang LXLE.

Para pengembang itu meyakini piranti keras spesifikasi lama masih dapat dipakai dalam beberapa tahun selama didukung pembaruan sistem operasi yang tidak mengorbankan ke-mampuan, penggunaan, serta estetikanya.

Sistem operasi LXLE dilengkapi pemba-ruan program-program populer Ubuntu yaitu LibreOffice, Gimp, dan Openshot di samping sejumlah fitur dan aksesori seperti Random Wallpaper, Fast Forecast, Aero Snap dan pe-mandu sistem Conky. Situs LXLE menyediakan unduhan dua versi sistem operasi, 64 bit dan 32 bit, berukuran 1,5 giga bit dan dokumen-dokumen pendukung pemasangan sistem operasi itu.

Sebelumnya, Lubuntu telah mengembang-kan sistem operasi “Lightweight X11 Desktop Environment” (LXDE) yang bahkan dapat dioperasikan di komputer berprosesor Pentium II atau Celeron dengan kartu RAM 128 mega bit meski tidak direkomendasikan. *ant

KO-MUNITAS pengembang sistem operasi komputer bersumber terbuka (open source) Ubuntu meluncurkan varian terbaru “Lubuntu Extra Life Extension” (LXLE) untuk komputer-komputer lama dengan spesifikasi rendah.

“Sistem operasi pengganti lengkap, sangat cepat, dan modern untuk komputer-komputer yang sebelumnya menjalankan Windows XP, Vista dan Windows 7,” sebut komunitas pengembang sistem operasi (OS) berbasis Linux itu di situs lxle.net.

Para pengembang anonim itu menyebut LXLE berbasis Lubuntu 12.04 dengan fitur-fitur tambahan. Sistem operasi itu mempunyai tampilan pengguna antar-muka (user interface) yang menyerupai sistem-sistem operasi Win-

Page 22: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

CEO BlackBerry, Thorsten Heins lagi-lagi membicarakan soal kompetitornya. Setelah mengata-kan antarmuka iOS pada iPhone sudah ketinggalan zaman, kini ia menyerang Samsung. Tidaklah mengherankan karena baru-baru ini ada fitur dari Samsung yang bernama Knox, sebuah tempat yang mampu menampung doku-men berkaitan dengan pekerjaan guna mengurangi risiko keboc-oran data. Fitur Knox ini sendiri tampaknya akan segera hadir di

WINDOWS RT, platform terbaru Microsoft sering dikritik ber-hubung ketidakmampuannya menjalankan aplikasi dari Windows versi sebelumnya.

Seperti dilaporkan BGR, platform ini bahkan disebut hanya membingungkan pengguna soal perbedaan antara RT dan Win-dows 8. Namun, melalui Michael Anguilo, Microsoft tampak yakin dengan masa depan RT, meski wakil presiden korporat Microsoft tersebut tidak menerima kritik yang diterima Windows RT.

Ketika ditanyakan mengenai ketidakmampuan RT menjalankan aplikasi dari Windows sebelumnya, Angiulo hanya merespons, orang hanya memikirkan mengenai aplikasi dari Windows sebel-umnya yang tidak jalan di RT, mereka tidak memikirkan mengenai keuntungan dari hanya menjalankan aplikasi modern. Maksud An-giulo, Anda bisa menggunakan Windows RT seperti Android atau iOS, di mana Anda bisa secara mudah membeli dan menggunakan aplikasi ke beberapa perangkat sekaligus tanpa membeli kembali aplikasi tersebut di perangkat baru.

Biar demikian, alasan Angiulo tidak menjawab mengenai perso-alan pilihan aplikasi yang hanya sedikit untuk RT, yang nyatanya membuat calon pembeli ragu dengan RT dan ujung-ujungnya perangkat dengan RT kurang laku. *

BlackBerry Ingin Geser Laptop dan Tablet

PEMIMPIN Perusahaan BlackBerry, Thorsten Heins, berambisi menjadikan ponsel pintar se-bagai pusat perangkat komputasi bergerak yang menggeser fungsi laptop maupun tablet.

“Anda hanya perlu membawa satu perang-kat komputasi, lalu Anda mendapatkan semua perlengkapan di dalamnya yang membuat hidup Anda lebih mudah dibanding saat ini dengan menenteng tablet, ponsel pintar, laptop ke kantor, dan mempunyai komputer desktop,” kata Heins ketika diwawancarai ABC News.

Pernyataan itu disampaikan Heins terkait strategi BlackBerry di tengah persaingan ponsel-ponsel pintar di AS dan sebagian besar pasar dunia seperti iPhone 5 Apple, Samsung Galaxy S4 serta sejumlah ponsel Android dan Windows Phone.

“Bagi saya, ini (BlackBerry) bukan hanya ponsel pintar berikutnya. (Perangkat) ini punya kemampuan setara laptop. Ini bukan lagi sekadar

ponsel pintar. Ini adalah perangkat komputer per-sonal Anda,” kata Heins tentang BlackBerry Z10.

Heins mengatakan, perusahaannya juga ten-gah menguji sejumlah pilihan terkait kemungkinan produksi perangkat tambahan untuk melengkapi ponsel BlackBerry.

“Kami sedang mengerjakan beberapa di antaranya, saya tidak dapat berkomentar lebih jauh tentang itu. Namun, kami akan membicara-kan pilihan-pilihan konsep itu pada BlackBerry World,” kata Heins.

Strategi para produsen ponsel pintar untuk menambah kemampuan produknya sebagaimana komputer seringkali berujung pada produksi perangkat kombinasi seperti Asus PadFone atau-pun Lapdock pada ponsel Motorola.

Namun, The Verge menyebut strategi mem-buat perangkat tambahan atau kombinasi tidak mampu menarik minat calon konsumen atau pun mendongkrak penjualan. *ant

CEO BlackBerry: Samsung dan Android kurang Aman

perangkat Galaxy. Seperti dilaporkan Phone

Arena, untuk mengaksesnya pengguna cukup menyentuh ikon Knox, sedangkan ketika selesai pengguna dengan mudahnya be-ralih lagi ke lingkungan personal ponsel. Knox memungkinkan admin IT untuk mengecek data pekerjaan personal karyawan secara terpisah.

Artinya, Samsung berniat berhadapan satu lawan satu den-gan BlackBerry, yang sejak dulu sudah dikenal sebagai rajanya bisnis keamanan enterprise. Heins mengatakan Samsung tidak akan pernah bisa menawarkan keamanan kelas atas dikarenakan Android yang digunakan Samsung berbasis open source.

Namun, jangan lupa, open source bukan berarti tidak aman, karena banyak orang yang beru-saha hack sistem dan kemudian secara sukarela mengirim kembali fix dari lubang keamanan tersebut. Apalagi, jika Anda setia dengan Google Play Store saja sebagai sumber aplikasi Anda, kemung-kinan besar ponsel Anda tidak akan terkena lubang keamanan apapun. *

Apple Patenkan Proteksi iPhone dari JatuhAPPLE baru saja

memperoleh sebuah paten tentang mekanisme proteksi untuk sebuah perangkat elektronik. Seperti dikutip dari teknoup, paten yang didaftarkan pertama kali pada bulan September 2011 tersebut dimaksudkan untuk menghindari kerusakan fatal ketika sebuah perangkat iDevice jatuh, terutama pada iPhone.

Mekanisme proteksi yang dipatenkan Apple adalah dengan mengubah pusat masa iDevice sehingga keti-ka jatuh tidak akan terbentur pada bagian yang vital. Sen-sor dan prosesor perangkat juga berperan untuk me-nentukan kapan mekanisme tersebut aktif, baik melalui sensor giroskop, akselerom-eter, ataupun GPS.

Sensor akan mengirimkan sinyal ke prosesor untuk menentukan apakah sebuah gad-get sedang jatuh dan berapa jauh jaraknya dari permukaan lantai/tanah.

Setelah semua informasi diperoleh, me-

kanisme proteksi akan aktif dan memposisikan perangkat dalam posisi tidak berbahaya atau da-lam posisi memproteksi daerah vital gadget.

Pada umumnya, dengan mekanisme ini maka ponsel akan jatuh pada sisi-sisinya atau pada bagian belakang dan tidak di layarnya. *

Microsoft Yakin dengan Masa Depan Windows RT

MICROSOFT Corporation dikabarkan mengusung aplikasi pemrograman antarmuka (API) JavaScript Web Graphics Library (WebGL) pada perambah Internet Explorer 11 setelah sempat men-golok aplikasi itu.

WebGL pada Internet Explorer 11 ditemukan pengembang situs internet, Francois Remy, menyusul bocoran tampilan Windows Blue di internet beberapa waktu lalu.

Namun, di situs pribadinya, Remy menyebut WebGL pada Internet Exlporer 11 tidak dapat dioperasikan meski terdeteksi.

TAMPILAN sistem operasi komputer terbaru Microsoft, Windows Blue, beredar di sejumlah situs internet dengan layar aplikasi berupa kotak-kotak yang lebih kecil dibanding layar aplikasi pada Windows 8.

Selain tampilan pengguna antar-muka, sejumlah situs inter-net seperti WinForum dan R27.

Dari tampilan itu, Microsoft tampak sedang membangun Snap View tambahan di Win-dows Blue. Di OS Windows 8, Snap Views itu memungkinkan

Pressgram, Pesaing Baru InstagramSITUS berbagi foto, Instagram, akan

memiliki pesaing situs serupa Pressgram, yang diklaim memiliki perbedaan karena penggunanya masih memiliki hak milik atas foto mereka.

Aplikasi pemublikasi foto dengan “filter” itu akan terintegrasi dengan situs blog Wordpress dan penggunanya masih memi-liki hak milik atas foto, demikian dikatakan pendiri Pressgram, John Saddington, seba-gaimana diberitakan di situs Kickstarter.

“Saya, seperti Anda, suka mengambil foto...tapi di sisi lain karena saya juga suka Instagram..sebuah cara mudah untuk mengambil foto, menambahkan filter, dan mempublikasikan di blog,” kata Saddington tentang latarbelakang penciptaan Press-gram.

Warga AS itu menjelaskan keinginannya

untuk menciptakan aplikasi Pressgram juga didasari keterikatan kebijakan privasi (privacy policies), persyaratan layanan (terms of ser-vices), atau kesepakatan lisensi pada layanan yang mengikat seperti Instagram.

“Ini adalah keuntungan bagi seniman, pencip-ta konten kreatif, pencipta konten independen yang tidak perlu khawatir tentang kesepakatan digital atau (layanan) di mana mereka mungkin melihat karya mereka berakhir,” kata Sadding-ton.

Pengguna dapat memilih sekadar mengambil foto dengan filter tanpa perlu menampilkan di Wordpress ataupun juga dengan mengunggah-nya ke situs blog itu.

Namun, aplikasi gratis itu untuk sementara hanya dapat dipakai di sistem operasi iOS Apple dengan tampilan menyerupai Instagram serta fungsi berbagi di Facebook serta Twitter. *ant

Microsoft Digugat Kelompok ”Open Source” Eropa

SEBUAH organisasi Spanyol yang mewakili para pengguna software open source menggu-gat Microsoft Corp ke Komisi Eropa.

Grup Hispalinux yang beranggotakan 8.000 orang yang mewakili pengguna dan pengem-bang sistem operasi Linux di Spanyol menga-takan Microsoft telah membuat para pengguna komputer yang sudah berplatform Windows 8 sulit beralih ke Linux dan sistem operasi lain-nya.

Pengacara dan Kepala Hispalinux Jose Maria Lancho mengatakan, dia menyampaikan gugatan kepada kantor Komisi Eropa di Madrid pada Selasa pukul 9 pagi GMT atau 16.00 WIB. Microsoft menolak mengomentari ini.

Dalam laporan keluhan setebal 14 halaman itu, Hispalinux menyebut Windows 8 mengand-ung “mekanisme halangan” bernama UEFI Secure Boot yang mengontrol start-up komputer dan itu berarti pengguna harus mempunyai da-hulu kunci Microsoft untuk meng-install sistem operasi lainnya.

Kelompok open source ini mengatakan mer-eka secara de facto dipenjara secara teknologis oleh sistem booting komputer sehingga mem-

buat platform Windows dari Microsoft menjadi jauh kurang netral (sulit ditempeli OS lain).

“Ini sungguh anti-persaingan,” kata Lancho kepada Reuters. “Ini benar-benar buruk bagi pengguna dan bagi industri software Eropa.”

Dekade lalu, Komisi Eropa telah mendenda Microsoft, pemimpin global sistem operasi untuk PC, dengan 2,2 miliar euro (Rp 27,5 triliun) yang merupakan denda terbesar di Uni Eropa.

Komisi Eropa mendapati bukti pada 2004 bahwa Microsoft telah menyalahgunakan posisi dominannya di pasar dengan mengikatkan Windows Media Player dalam paket software Windows.

Perusahaan ini mengambil pendekatan yang lebih kompromistis pada tahun-tahun belakan-gan sehingga bisa mengakhiri penyelidikan anti-persaingan pada 2009 berkaitan dengan pilihan browser pada sistem operasi Windows.

Perusahaan ini juga pernah mengajukan gugatan ke Komisi Eropa atas aktivitas bisnis pesaingnya, Google. Namun pada 6 Maret, Komisi Eropa mendenda Microsoft 561 juta euro karena tidak memberi pilihan web browser kepada penggunanya. *ant

Microsoft Mungkin Bawa WebGL di Internet Explorer 11

Sementa-ra pengem-bang situs internet, Rafael Ri-

vera, justru menyebut du-kungan WebGL di Internet Explorer 11 belum penuh, tapi tetap dapat diop-erasikan.

Dalam situs within

windows, Ri-vera menjelaskan

tahapan-tahapan mengaktivan WebGL

dalam Internet Explorer.WebGL API digunakan dalam

program-progam perambah inter-net untuk memproduksi grafis tiga dimensi dan dua dimensi tanpa ada fitur tambahan (plug-in). Ap-likasi WebGL diterapkan pertama kali oleh Vladimir Vukicevic di Mozilla.

Pada 2011, tim Security Research & Defence Microsoft sempat mengolok pemakaian We-bGL dengan mengatakan program perambah (internet) yang men-dukung WebGL secara langsung membuka fungsi-fungsi perangkat lunak secara langsung ke web yang dianggap sebagai hal terlalu permisif. *ant

Tampilan Windows Blue Beredar di Internetpengguna untuk menempatkan aplikasi berdampingan.

Tampilan layar aplikasi baru seperti alarm, perekam suara, pemutar film, dan kalkulator yang bergaya Windows 8 dapat digabung dalam satu tampilan ko-tak dengan Snap View tambahan.

Perubahan program aplikasi antar-muka (API) pada sistem operasi terbaru itu memungkinkan penggabungan empat aplikasi dalam satu kotak.

Pembaruan lain yaitu aplikasi Internet Explorer 11 di Windows

Blue meski bocoran tampilan di situs-situs internet belum men-jelaskan detail pengembangan di aplikasi itu.

Windows Blue juga mempunyai fitur sentuhan tangan baru seperti menggeser layar ke atas pada halaman Start untuk menampilkan seluruh aplikasi.

Sementara di halaman desk-top, pengguna dapat menggeser ke atas atau ke bawah untuk menampilkan daftar aplikasi yang menyediakan akses ke sejumlah fitur seperti pengaturan proyektor.

Windows Blue diperkirakan tersedia di pasar dalam beberapa

bulan mendatang dengan versi utuhnya pada akhir 2013. *ant

Page 23: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

5 - 11 April 2013 5 - 11 April 2013

ADANYA celah dalam software untuk berbagai perangkat dengan iOS versi 6.x, Samsung Galaxy Nexus, Galaxy S3 serta sejumlah perangkat Samsung Galaxy lainnya telah memungkinkan pengguna (atau orang lain) mem-bypass lockscreen passcode dari perangkat tersebut dengan sangat mudah.

Seperti dikutip dari teknoup, kini muncul sebuah temuan terbaru dari salah seorang pengguna YouTube yang memperlihatkan bahwa Xperia Z tampaknya juga memiliki kelemahan serupa. Seorang penggila teknolo-gi ber-ID Scott Reed di YouTube baru-baru ini memposting sebuah video di mana dia dengan mudah bisa mem-bypass lockscreen dari Xperia Z miliknya sendiri.

Sony sendiri saat ini masih sibuk merilis sebuah update software untuk mencegah Xperia Z mendadak mati total seperti yang dialami sejumlah penggunanya. Kabar ten-tang celah untuk lockscreen ini baru muncul dan besar kemungkinan bahwa Sony masih belum menyertakan fix untuk masalah ini dalam update software mereka. *

ANDROID selama ini memiliki reputasi sebagai platform yang “ramah” terhadap penyebaran berbagai macam malware. Namun, temuan terbaru dari SourceFire mengungkapkan bahwa perangkat yang paling rentan terhadap serangan malware bukanlah Android, tapi justru iPhone.

Seperti dilaporkan BGR.com, menurut studi tersebut, mayoritas tipe kerentanan yang ada dalam perangkat ponsel/smartphone hadir dalam iPhone. SourceFire menemukan 210 macam kerentanan dalam iPhone, alias 81 persen dari seluruh platform mobile OS. 19 persen sisanya tersebar pada Android, Windows Phone serta BlackBerry.

Yves Younan, seorang engineer senior di tim riset SourceFire sekali-gus penulis laporan tersebut mengatakan bahwa hasil temuannya bisa dibilang mengejutkan. Namun, Younan juga tak lupa untuk menambah-kan bahwa Apple sadar betul akan masalah tersebut, dan hal itulah yang membuat mereka senantiasa merilis fitur pengamanan tambahan dalam update software mereka yang dirilis secara rutin dan berkala.

Younan juga menjelaskan bahwa sekalipun Android memiliki pangsa pasar tertinggi di dunia smartphone, namun iPhone masih tetap menjadi produk yang terpopuler di kalangan pelanggan, dan hal inilah yang membuat para hacker lebih tertarik untuk terus menerus mencari celah yang ada di dalam iOS. *

HANYA beberapa saat set-elah update iOS 6.1.3 diluncur-kan untuk menambal masalah keamanan lock screen, ternyata kembali muncul masalah baru. Pengguna iPhone dan iPad mengeluhkan bahwa baterai mereka sekarang tidak seawet sebelumnya.

Seperti dilaporkan Phone Arena, dalam laporan yang dis-ampaikan di forum layanan Ap-

BLACKBERRY 10 sekarang telah mencapai lebih dari 100.000 ap-likasi dan kabar baiknya adalah hanya 20 persen dari jumlah tersebut yang berbasis aplikasi Android.

Seperti dilaporkan Phone Arena, pernyataan tersebut dikemuka-kan VP BlackBerry, Martyn Mallick dalam sebuah wawancara setelah BlackBerry Z10 rilis di Amerika.

Pencapaian jumlah aplikasi BlackBerry 10 memang cukup fantastis mengingat platform Windows Phone yang telah rilis lebih dari dua tahun lalu hingga sekarang masih memiliki 130.000 aplikasi. Bahkan, sebanyak 30.000 aplikasi BlackBerry 10 berhasil dicapai hanya dalam waktu tujuh minggu.

Tentunya masih sulit bagi BlackBerry untuk mengejar jumlah aplikasi iOS dan Android, tapi Mallick mengatakan bahwa BlackBerry memiliki kepercayaan diri untuk terus meningkatkan jumlah aplikasi dalam jumlah besar. Mallick menambahkan bahwa BlackBerry 10 masih akan didukung banyak partner aplikasi. *

Waspadalah, ”Lockscreen” di Xperia Z bisa Di-”Bypass”

Pemakai iPhone dan iPad Keluhkan Boros Baterai pada iOS 6.1.3

ple, diketahui bahwa iPhone tetap menghabiskan baterai walaupun tidak sedang digunakan.

Seorang pengguna melaporkan bahwa iPhone miliknya biasanya berisi baterai 99 persen dalam 12 jam ketika dibawa pulang dari kerja, namun setelah di-update ternyata handset miliknya telah habis baterai ketika sampai di rumah setelah kerja.

Tingkat keborosan baterai

tersebut terlihat cukup konsisten jika melihat dari keluhan yang diposkan di forum tersebut. Peng-guna merasa bahwa kapasitas baterainya berkurang sekitar 1 persen setiap 7 menit atau sekitar 8 persen per jam. Namun, juga ada laporan yang menyebutkan bahwa baterai gadget Apple mi-liknya akan habis dalam waktu 3 jam sejak diisi ulang.

Salah satu solusi yang ditemukan adalah dengan cara menghabiskan baterai sampai total. Setelah baterai benar-benar habis, perangkat kemudian diisi ulang selama 4 jam sampai penuh. Dengan menghabiskan baterai maka semua proses di perangkat akan mati dan hal tersebut akan membuat baterai terkalibrasi ulang.

Masalah boros baterai tersebut sepertinya telah diketahui Apple dan kemungkinan akan diperbaiki di update iOS 6.1.4 mendatang. *

”Security” iPhone Lebih Rentan dari Android

Aplikasi Android di BlackBerry 10 hanya 20 Persen

iFixit: HTC One Sangat Sulit DiperbaikiHTC One adalah salah satu

ponsel kelas atas dengan desain premium. Dengan desain aluminium unibody yang berkilau, ponsel An-droid ini terlihat bagus.

Seperti dilansir Phone Arena, iFixit yang selalu membedah dan membongkar ponsel-ponsel populer, menyatakan bahwa aluminium terse-but membuat HTC One lebih kuat, seharusnya. Namun masalahnya One seperti benar-benar didesain tidak untuk dibuka, iFixit memberi

nilai 1 dari 10 untuk ponsel ini, untuk kali pertama ada ponsel yang menca-pai nilai terendah ini.

Menurut iFixit, adalah sebuah misi yang tidak mungkin untuk membuka bodi HTC One tanpa merusak case belakang, apalagi layar tidak bisa di-ganti tanpa membuka case belakang, jadi Anda tidak bisa ganti layar sendiri tampaknya, Anda juga tidak bisa ganti komponen seenaknya. Sebagai tambahan, masalah besarnya adalah lapisan perisai tembaga yang menu-

tupi motherboard, kamera belakang dan lain-lain.

Lapisan tembaga ini memiliki man-faat untuk menghamburkan panas dan memberikan landasan listrik, namun sangat sulit untuk melakukan perakitan ulang, seperti berusaha meluruskan kertas aluminium foil yang sudah terkoyak. Jadi untuk Anda yang punya hobi membongkar ponsel sendiri, HTC One mungkin kurang cocok. Namun jika tidak, ya tidak masalah. *

MESKI tablet pertama Windows 8, Surface tidak sepopuler harapan Microsoft, namun beberapa elemen desainnya telah diakui sejumlah pihak dengan memenangkan U.S Patent and Trademark Office atau USPTO.

Seperti dilaporkan news.cnet, USPTO memberikan tiga paten untuk desain touch/type cover keyboard pada tablet Surface, termasuk ornamental design untuk tablet elektronik dengan input device coupling, seperti yang digambarkan Microsoft pada ringkasan aplikasi patennya.

Microsoft sendiri mendaftarkan paten untuk desain cover key-board pada akhir Mei tahun lalu, sekitar satu bulan sebelum men-gungkapkan perangkat yang dimaksud. Cover ini merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi Microsoft dalam mengem-bangkan tablet. Cover harus tipis tapi cukup tahan lama

untuk melindungi layar. Dan akhirnya tim memutuskan untuk menggunakan cover keyboard yang dapat dilepas dan menempel pada layar melalui magnet.

Menurut laporan situs Bloomberg, sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober, Microsoft telah

menjual lebih dari 1,5 juta tablet Surface, termasuk 400.000

Surface Pro. Sejum-lah analis bahkan

memperkirakan Microsoft akan menjual

2 juta tablet Windows RT pada kuartal pertama.*

APAKAH Anda mencari case atau aksesori untuk tablet atau smartphone? Targus Inc. baru saja mengumumkan case dan aksesori terbarunya untuk smartphone dan tablet.

Seperti dikutip dari gopego, case terbaru yang diumumkan adalah SafePORT yang dirancang untuk smartphone seperti iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4.

Koleksi SafePORT meliputi Case Rugged Max dan SafePORT Case Rugged Max Pro, yang menawar-kan perlindungan ekstra bagi smart-phone. Di sela-sela pengumuman SafePORT Case, Melissa Chapman selaku Wakil Presiden Targus menya-takan, koleksi Safe-PORT diran-cang secara khusus untuk melindungi smart-phone dan tablet, bahkan dalam lingkungan yang paling

Voltissimo, ”Charger” Super CepatMASALAH utama bagi para pemilik

smartphone/tablet rata-rata sama yaitu baterai dari perangkat mereka jarang bisa bertahan sehari penuh karena selalu ter-hubung dengan internet.

Seperti dilaporkan akihabaranews, untuk mengatasi masalah tersebut, Buffalo merilis sebuah charger canggih yang diberikan nama Voltissimo.

Saat ini memang banyak produk charger portable atau mungkin lebih akrab dis-ebut sebagai power bank yang beredar di pasaran. Produsen Buffalo mengatakan bahwa produk Voltissimo jauh lebih unggul daripada yang lain karena kemampuan-nya untuk recharge baterai dari sebuah perangkat dengan sangat cepat. Sebagai gambaran, sebuah iPhone yang baterainya benar-benar habis hanya perlu di-charge selama 15 menit dengan menggunakan

Voltissimo untuk mengembalikan baterai ke kondisi full.

Buffalo merilis Voltissimo dalam 2 versi yaitu versi 8.000 mAh yang mampu re-charge sebuah iPhone hingga 4 kali ketika kondisinya full charge, dan versi 4000 mAh yang mampu recharge sebuah iPhone 2 kali dalam kondisi full charge.

Selain iPhone, Voltissimo juga kom-patibel dengan iPad, smartphone/tablet Android, kamera digital, konsol game hand-held, atau perangkat apapun yang memiliki sebuah port USB. Voltissimo memiliki 2 buah output terminal untuk memudahkan Anda me-recharge 2 perangkat Anda se-cara bersamaan.

Sayangnya, harga untuk kedua versi Voltissimo ini terbilang cukup mahal, di mana versi 8.000 mAh dibanderol $235 dan versi 4.000 mAh dibanderol $190. *

Microsoft Menangkan Paten Desain untuk ”Surface Cover Keyboard”

Fuel, ”Charger” Ponsel Terkecil di DuniaSETELAH munculnya charger ultra cepat

yang mampu recharge iPhone hingga penuh da-lam waktu 15 menit, kini muncul sebuah proyek crowdfunding untuk sebuah charger baru yang diklaim sebagai charger terkecil di dunia yang dinamakan Fuel, sebuah charger super kecil seukuran koin 25 sen yang dirancang untuk bisa memberikan tambahan talk time 30 menit, atau beberapa jam dalam mode standby.

Seperti dilansir mash-able.com,

dimensi

dari Fuel hanyalah sebesar 1,3 x 0,9 x 0,5 inci, sangat cocok untuk disertakan sebagai gantun-gan kunci atau dimasukkan dalam kantong kecil dari celana jeans Anda.

Devotec Industries selaku perancang perang-kat ini mengatakan bahwa Fuel akan sangat cocok bagi Anda yang seringkali dihadapkan dengan penundaan jadwal penerbangan secara tiba-tiba, masih belum sempat recharge ponsel di rumah, atau ketika perlu menelepon dalam keadaan genting.

Untuk menggunakannya, Anda cukup men-gaktifkan tombol on di Fuel dan menancapkan-nya di ponsel Anda untuk memulai proses trans-

fer energi baterai. Proyek crowdfunding ini telah sukses mendapatkan

bantuan dana sebe-sar 19.000 dolar AS dari target awal 20.000 dolar AS.*

”Case” untuk iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4buruk sekalipun. Case Rugged Max dan SafePORT Case Rugged Max Pro, keduanya terbuat dari bahan polikarbonat yang dikeras-kan sehingga mampu memberikan perlindungan ekstra.

Case Rugged Max dan Safe-PORT Case Rugged Max Pro, ked-uanya menawarkan perlindungan terhadap debu dan benturan keras serta juga dilengkapi built-in screen protector. Nah, bagi Anda yang membutuhkan perlindungan dari lingkungan paling ekstrem, maka Anda sebaiknya memilih SafePORT Case Rugged Max Pro karena case ini dirancang untuk menawarkan perlindungan lebih dibanding Case

Rugged Max. Sayangnya, saat ini Melissa tidak mengumumkan harga dan ketersediaan Case Rugged Max dan SafePORT Case Rugged Max Pro. *

Targus Perkenalkan SafePORT

Page 24: Gadget Star. Bali Post. 5 - 11 April 2013

Penerbit : PT Bali Post

5 - 11 April 2013

BAGI Anda penggemar game pemburu zombiez, maka ada salah satu game yang menarik untuk dimainkan. Game Call of Mini Zombies buatan dari publisher game Triniti Interactive Ltd ini adalah jenis game dengan tema memburu zombies.

Seperti dikutip dari aplikasiandroid.com, dengan tampilan karakter yang mini tetapi sudah berbentuk 3D, serta dengan tampilan background 3D membuat game ini menarik untuk dimainkan. Anda dapat men-download game Call of Mini Zombies ini secara gratis di aplikasi Google PlayStore.

Dari sisi gameplay, Game Call of Mini Zombies buatan dari publisher game Triniti Interactive ini menawarkan sistem permainan dengan tampilan third view atau dengan tampilan one view, di game Call of Mini Zombies ini Anda berperan sebagai seorang pemburu zombies. Sesuai dengan tugas utama yang ada dalam game ini, maka ada banyak jenis zombies yang bermunculan di setiap misi yang Anda pilih.

Jika Anda pernah bermain game FPS (First Person Shooter), maka Anda pasti pernah memainkan game Counter Strike, dan game Call of Mini Zombies ini hampir mirip dengan sistem game dari game FPS Counter Strike, yang membedakan adalah dari karakter musuh yang dilawan yaitu berupa zombies. Tampilan dari karakter zombies juga terlihat mini dan menarik. Dalam game Call of Mini Zombies ini, Anda akan dilengkapi dengan senjata yang lengkap, dimulai dari pisau, pistol, machine gun sampai dengan senjata basoka ada dalam game Call of

Mini Zombies ini.Game Call of

Mini Zombies ini juga menawar-kan dua macam permainan, di mana permain-an pertama adalah per-mainan misi, dalam setiap misi akan ada beberapa karakter musuh zom-bies, yang dapat Anda hadapi, selain per-mainan misi, maka ada permainan kedua yang dapat Anda mainkan

bersama dengan orang

lain yang juga memainkan game Call

of Mini Zombies ini, dinamakan sistem multiplayer, Anda dapat bermain dengan orang lain dengan sistem jaringan online.

Sebagai tips yang perlu Anda perhatikan dalam memainkan game Call of Mini Zombies ini, adalah Anda dapat membunuh musuh zombies dengan cepat yaitu dengan mengarahkan senjata Anda tepat ke arah kepala dari zombies, pada saat Anda berhadapan dengan karakter musuh zombies yang kuat.

Tetapi cara ini tidak akan bermanfaat pada saat berhadapan dengan zombies menggunakan pelindung kepala. Ada beberapa jenis karakter zombies yang dapat bergerak dengan cepat, Anda dapat membunuh zombies ini dengan cepat yaitu dengan menggunakan senjata rifle atau basoka.

Control dari game Call of Mini Zombies ini juga cukup mudah yaitu dengan mengarahkan senjata dari karakter pemburuh zombies Anda ke arah musuh dari zombies, dan Anda akan dipandu untuk dapat me-mainkan game Call of Mini Zombies ini. Dengan demikian, Anda dapat menguasai navigasi dasar dari game Call of Mini Zombies ini untuk dapat menghadapi karakter musuh zombies yang kuat.

Game Call of Mini Zombies ini juga menawarkan sistem dua navi-gasi, di mana navigasi pertama adalah untuk melakukan pergerakan, sedangkan navigasi kedua adalah untuk dapat melakukan action seperti menembak. Dalam game Call of Mini Zombies ini juga dilengkapi den-gan sistem jual beli senjata dan juga atribut seperti Kevlar. Anda dapat membeli senjata terbaru dengan damage yang lebih kuat untuk dapat mengalahkan musuh zombies dengan cepat.

Dari sisi graphic, game Call of Mini Zombies ini sudah menampilan tampilan game 3D, terlihat dari karakter tokoh pemburu game ini, dan juga dari background game Call of Mini Zombies ini. Dengan dukungan suara yang menarik dari game Call of Mini Zombies seperti dari suara tembakan, dan juga dari suara lemparan bom, serta beberapa bunyi senjata yang ada dalam game Call of Mini Zombies ini menarik untuk dimainkan.

Bagi para penggemar game pemburu zombies, maka Anda dapat memainkan game Call of Mini Zombies. Game buatan dari publisher game Triniti Interactive Ltd ini merupakan jenis game pemburu zombie yang menarik, dengan karakter tampilan pemburu yang sudah berbentuk 3D serta dengan tampilan background 3D membuat game ini menarik untuk dimainkan. *

Game Plants vs Zombies Rambah Facebook

PERMAINAN digital Plants vs Zombies ciptaan PopCap Games mulai merambah situs media jejar-ing sosial Facebook untuk wilayah terbatas.

Di Facebook, permainan yang disebut Plants vs Zombies Adventures versi beta itu dapat diakses secara luas pada akhir musim semi 2013. “Dunia ke-matian lucu Plants vs Zombies berkembang dengan gelombang tak berujung karakter-karakter, strategi-strategi, wilayah, dan tantangan komunitas baru,” sebut studio Electronic Arts (EA Games) selaku pemilik permainan di halaman Facebook.

Di akun resmi Twitternya, menyebut EA Games mengatakan, Plants vs Zombies Adventure berbeda dengan permainan Plants vs Zombies 2” sebagai permainan utuh dan merupakan kelanjutan Plants

vs Zombies. “Seri adventure adalah satu dari beberapa adaptasi baru dari produk waralaba yang akan hadir di konsumen pada tahun depan,” sebut EA Games.

Kepala Studio Produksi Plants Vs Zom-bies, Curt Bererton, mengatakan studionya menciptakan putaran baru pada Plants vs Zombies klasik. Plants vs Zombies Adven-ture menempatkan pemain pada petualan-gan permainan untuk menahan serangan zombie di lokasi berbeda.

Permainan itu juga memungkinkan pemain untuk mengirim zombi ke teman Facebook mereka dan saling berkompetisi di papan permainan. *ant

Game Android Call of Mini Zombies

Serunya Berburu Zombiez

REBELLION, developer game Android yang telah sukses dalam rilisan game Judge Dredd vs. Zombies kem-bali merilis sebuah game baru. Seperti dilansir gopego, Rebel-lion kini merilis sebuah game berjudul Guns 4 Hire yang game play-nya masih mirip den-gan game Judge Dredd buatan mereka.

Melihat logo yang digunakan, game ini tampaknya terinspirasi film The Expendables yang

dibintangi para aktor veteran yang menikmati masa keemasan di era 80-an seperti Sylvester Stallone dan Chuck Norris. Mengingat bahwa genre top-down shooter yang mereka pilih sebelumnya membuahkan hasil yang bagus, maka tak ada salahnya untuk kembali memilih genre tersebut sekali lagi bukan?

Dalam game ini, Anda akan memainkan 4 orang tentara ba-yaran dengan spesialisasi masing-masing: L.T., Faraday, Burns dan

juga Boomer. Tak ada pan-duan khusus dalam game ini, karena yang perlu Anda lakukan cukup tembak dan ledakkan semua musuh yang tampak di layar.

Game ini adalah game free-to-play, namun dengan sejum-lah pilihan in-app purchase untuk mendapatkan sejumlah upgrade senjata khusus. Jika Anda berminat, Anda bisa men-download-nya secara gratis via Google Play Store. *