gadget star. bali post. 10 - 16 mei 2013

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 26-Mar-2016

242 views

Category:

Documents


15 download

DESCRIPTION

Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

Penerbit : PT Bali Post

Page 2: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana

Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.

Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F

Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa.

Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

10 - 16 Mei 2013

ANDROID terus menguasai pasar smartphone dunia. Perang-kat berbasis sistem operasi besu-tan Google itu tercatat meraih 64,2 persen penjualan smartphone di pasar global.

Angka tersebut merupakan data penjualan perangkat gadget pada kuartal awal tahun 2013 oleh World-panel Comtech (WPC), seperti dilansir Techcrunch, belum lama ini.

Lembaga riset pasar ini melaku-kan penelitian dalam di seluruh pasar utama penjualan smartphone selama 12 minggu yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2013.

Terdapat 9 negara yang disurvai oleh WPC. Negara itu antara lain Australia, Cina, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat.

Data WPC menunjukkan Android mendominasi penjualan perangkat komunikasi canggih tersebut yaitu sekitar 64,2 persen mengalahkan platform mobile lainnya.

CEO BlackBerry, Thorsten Heins, dalam sebuah wawancara, memprediksi bahwa komputer tablet tidak lama lagi akan segera mati.

“Lima tahun lagi perangkat tablet akan menjadi usang, tak lagi diperlukan,” kata Thorstein Heins saat berbicara di konferensi Institut Milken, Beverly Hills, seperti dikutip Los Angeles Times, belum lama ini.

Dengan demikian, BlackBerry tidak akan memasuki bisnis tablet PC lagi. BlackBerry beberapa waktu lalu, melahirkan tablet PC yang dinamai BlackBerry PlayBook. Namun, handset yang mengusung sistem operasi pendahulu BlackBerry 10, QNX, itu tak terlalu laku di pasaran. “Hanya ponsel pintar yang dibawa bersama Anda,” kata Heins.

Ia baru saja mengembalikan laptopnya ke departemen teknologi informasi BlackBerry dan sekarang hanya menggunakan smart-phone dan tablet. Namun, ia percaya bahwa tak lama lagi ia hanya akan membawa smartphone ke mana-mana.

Sebagai bukti, Heins mengatakan bahwa beberapa pelanggan di beberapa negara Afrika dan Asia, yang merupakan pasar utama untuk menjaga BlackBerry hidup, sudah menggunakan smartphone untuk menjalankan usaha mikro.

“Mereka benar-benar dekat dengan komputasi mobile daripada kita,” katanya.

Heins menjelaskan bahwa perusahaannya mengejar target untuk bisa memutuskan duopoli di pasar smartphone dunia, yang saat ini dipegang Apple dan Samsung.

“Saya ingin mendapatkan pangsa pasar sebanyak-banyaknya yang saya bisa,” katanya. *ant

BERAPA banyak smartphone berbasis Windows Phone yang telah terjual ke konsumen? Sayang-nya, baik Nokia maupun Micro-soft atau vendor lain pengusung perangkat Windows Phone belum memberikan angka pasti tentang handset mereka.

Seperti dilansir wmpoweruser.com, meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mengetahuinya.

Adalah Kantar WorldPanel yang telah melakukan pengamatan terhadap perkembangkan Windows Phone. Menurut lembaga riset tersebut, Windows Phone menga-

Android Kuasai 64 Persen Pasar ”Smartphone”Jepang jadi satu-satunya pasar

di mana Android dikalahkan Apple iOS dengan penjualan masing-masing platform 45,8 persen dan 49,2 persen untuk tiga bulan tera-khir yang berakhir pada 31 Maret 2013.

Namun, di negara lainnya, plat-form berlogo robot hijau itu rata-rata menguasai sekitar 60 persen hingga 80 persen pasar di tiap negara. Spanyol jadi pasar terkuat penjualan Android. Di negara Mata-dor itu Android berhasil menguasai pangsa pasar hingga 93,5 persen.

WPC melakukan wawancara kepada 240.000 responden setiap tahunnya di Amerika Serikat dan sebanyak 1 juta responden di seluruh negara Eropa. Mereka percaya bahwa Android makin memperbesar dominasinya di ranah persaingan platform mobile dunia seiring diluncurkannya dua handset Android, yaitu Galaxy S4 dari Samsung dan HTC One.

“Kami berharap terjadi lonjakan

yang signifikan dalam pangsa An-droid beberapa bulan mendatang, setelah peluncuran HTC One dan Samsung Galaxy S4,” ujar Direktur Konsumen Global Worldpanel Comtech, Dominic Sunnebo.

Hal tersebut, akan meningkat-kan tekanan kepada Apple, Black-Berry, dan Nokia untuk menjaga

produk mereka di benak konsumen smartphone.

Memang, di AS, tanpa pelun-curan handset iOS dalam dua belas minggu terakhir. Penjualan Apple iOS menurun hampir satu persen menjadi 43,7 persen dibandingkan penjualan Android yang naik sebesar 1,4 persen men-

jadi sebesar 49,3 persen.Sementara BlackBerry dengan

BB10 hanya mencatat penjualan sebesar 0,9 persen atau naik sebe-sar 0,2 persen dari bulan lalu yang mencapai 0,7 persen.

Windows Phone disebutkan se-bagai sistem operasi yang memiliki pertumbuhan baik. Meski belum mendominasi, platform mobile buatan Microsoft itu memiliki per-tumbuhan sebesar 1,9 persen dari total penjualan sebesar 5,6 persen bulan lalu.

Di lima negara Eropa, Windows Phone menyumbang 6,5 persen dari penjualan smartphone, atau naik 2,5 persentase, sedangkan Android mencatat penjualan sekitar 68,8 persen, naik lebih dari 10 persen.

Demikian pula di Australia, Android menyumbang 63 persen dari penjualan, naik 8,8 persen, se-mentara Windows Phone mencatat penjualan sebesar 4 persen atau naik 0,8 persen. *ant

CEO BlackBerry: Tablet Usang Lima Tahun Lagi

Perang Tablet Mini makin SengitSEIRING dengan makin digemarinya tablet 7 inci

daripada tablet 10 inci, para supply chain di Taiwan meyakini bahwa perang tablet mini akan makin sengit pada pertengahan tahun 2013.

Seperti dilaporkan digitimes.com, jumlah pengiri-man Nexus 7 dari ASUS dan Google diperkirakan mencapai 4 juta hingga 4,5 juta unit sejak diluncurkan pada pertengahan tahun lalu. Melihat kesuksesan tersebut, tak heran jika Google dan ASUS beren-cana merilis Nexus 7 generasi ke-2, namun kali ini menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm. Produksi untuk tablet Android tersebut diperkirakan bakal dimulai di bulan Mei dan siap dikirimkan pada bulan Juli tahun ini.

Untuk Apple, jumlah pengiriman iPad pada kuartal pertama kemarin men-capai 19,5 juta unit dan 12,5 juta di antaranya adalah iPad mini. Hal ini menunjukkan bahwa tablet mini telah men-jadi sebuah perangkat yang

umum dimiliki oleh para konsumen. iPad mini gen-erasi ke-2 kabarnya siap muncul paling tidak di bulan Agustus.

Para produsen PC kelas atas juga tak mau ketinggalan dalam persaingan ini. ASUS baru saja meluncurkan MeMO Pad ME172V, dan Acer juga baru saja merilis Iconia B1. Keduanya merupakan produk tablet Android dengan harga yang sangat terjangkau.

Perilisan tablet dengan harga yang sangat murah ini semata-mata karena

para vendor merasa membutuhkan adanya peningkatan brand recognition. Perilisan

produk tablet murah tersebut bisa dibilang hanya memberikan margin keuntungan yang sangat kecil,

dan para pembelinya cenderung enggan mem-

beli aksesori pelengkap untuk perangkat tersebut. *

Windows Phone Tumbuh Lebih Cepat Dibandingkan iOS dan Android

lami perkembangan yang cukup pesat selama 3 bulan terakhir.

Disebutkan, Windows Phone tumbuh 1,5 persen dari bulan Februari hingga Maret 2013. Di sisi lain, iOS milik Apple hanya tumbuh 0,2 persen saja sementara Android justru mengalami penurunan sebe-sar 1,9 persen. Dibandingkan tahun lalu, Windows Phone mengalami pertumbuhan sebesar 3,7 persen. Nokia yang merupakan pengusung handset Windows Phone dalam berbagai model, produsen Finlandia tersebut mampu menumbuhkan pasarnya dari 1-4 persen dibanding-

kan periode yang sama tahun lalu. Menurut analis Kantar, kenaikan pengguna Windows Phone berasal dari mereka yang sebelumnya menggunakan feature phone. 52 persen dari pengguna feature phone tahun lalu diprediksi telah be-ralih ke smartphone berbasis Win-dows Phone OS tahun ini. Angka itu berarti lebih besar dari mereka yang beralih ke Android dan iOS. Artinya, para konsumen yang belum pernah menggunakan smartphone memiliki ketertarikan untuk beralih ke Windows Phone. Apakah Anda salah satunya? *

Page 3: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

BERDASARKAN lapo-ran Bloomberg, Nokia akan terus menanamkan investasi dalam jumlah besar mereka di teknologi kamera. Hal ini terlihat dari investasi Nokia dalam jum-lah yang tidak diungkap untuk sebuah perusahan startup soft-ware kamera, Pelican Imaging, untuk mengembangkan sebuah software untuk mengatur kamera. Software ini tampaknya akan memungkinkan sejumlah optik untuk menggabungkan data dalam satu gambar. Jika dilihat ide dari software ini tam-paknya mirip dengan kamera Lytro yang diungkap tahun lalu.

Bloomberg juga menga-takan, Nokia masih melihat bahwa kamera adalah satu faktor pembeda terbesar yang akan mampu membedakan produknya dengan produk kom-petitor. Pihaknya mengatakan bahwa kualitas gambar adalah alasan pertama pengguna membeli atau menukar ponsel-nya dengan ponsel lain. *

SETELAH sebulan lebih sukses menjadi buah bibir di ka-langan pecinta gadget, Samsung Galaxy S4 akhirnya beredar di sejumlah negara. Seperti dilapor-kan businessinsider.com, namun review untuk perangkat tersebut terbilang biasa saja sementara be-berapa pihak menganggap bahwa sekalipun Galaxy S4 adalah sebuah smartphone yang hebat, namun masih belum sebaik rilisan flagship HTC yaitu HTC One. Bagaimana bisa?

Setidaknya ada 2 alasan untuk kesimpulan tersebut:

1) Bodi Galaxy S4 masih menggunakan material plastik, hal tersebut jelas menjadikannya seperti sebuah perangkat yang murahan jika dibandingkan den-gan material casing yang diguna-kan dalam HTC One.

2) untuk soal software, Galaxy S4 dipenuhi berbagai macam fitur yang dianggap bombastis dalam iklannya, namun masih jauh dari kata sempurna pada penggunaan aslinya. HTC One dianggap lebih baik karena lebih memusatkan fitur yang dihadirkan pada faktor

Android Jelly Bean Ambil Alih Ice Cream Sandwich

Gingerbread masih MendominasiAPAKAH Anda sedang menantikan update

Android 5.0 Key Lim Pie? Sepertinya Anda har-us menunggu lebih lama sebab kabarnya masih akan ada Android 4.3 Jelly Bean. Bahkan, belum lama ini Android 4.3 telah menampakkan diri melalui server log Android Authority.

Seperti dilaporkan techradar.com, jika bicara soal Jelly Bean, kini update Jelly Bean telah melampaui Ice Cream Sandwich untuk pertama kalinya.

Terhitung pada tanggal 1 Mei 2013, jum-lah perangkat Android di seluruh dunia yang berjalan pada Android Jelly Bean mencapai 28 persen, sedangkan Android 4.0 Ice Cream Sandwich berada sedikit di bawahnya dengan angka 27,5 persen. Uniknya perangkat yang berjalan pada Android Gingerbread masih mendominasi hingga saat ini dengan perolehan

angka 38,5 persen. Barangkali di luar sana masih banyak peng-guna perangkat Android versi Gingerbread yang masih belum mengetahui bahwa Ginger-bread adalah yang paling rentan terkena virus dan malware. Untuk Android 2.3 Gingerbread terhitung ada lebih dari 50 persen malware telah diblokir pada kuartal ketiga 2012, sedangkan Android 2.3.6 mencapai 28 persen.

Android memang memiliki standar perlindungan yang sangat lemah terhadap serangan virus dan malware, tapi Google telah melaku-kan perubahan dengan menghadirkan Android 4.2 Jelly Bean. *

g

tan u-irkan

Strategi Ponsel Pintar Nokia

Kualitas Kamera Kunci Utama Microsoft Ajak Fans iPhone

dan Samsung Galaxy BerdamaiSALING

membanggakan antara pengguna iOS dan Android tampaknya mem-berikan ide segar baru Microsoft untuk merilis video iklan Windows Phone terbarunya. Seperti dikutip dari gopego, yang dimaksud adalah Nokia Lumia 920 dengan kekuatan Windows Phone 8 di dalamnya.

Dalam video iklan Nokia Lumia 920 tersebut, Microsoft mengajak iPhone fanboys dan peng-

guna smartphone Android Galaxy Series untuk tidak terus bertengkar membanggakan gadget masing-masing.

Sebaliknya, Micro-soft justru mengajak mereka untuk beralih ke Windows Phone handset. “Don’t Fight,” begitulah ajakan Microsoft untuk tidak saling bertengkar satu sama lain. Opsi baru yang diberikan Mi-crosoft tentu saja adalah dengan memilih Nokia Lumia 920. *

Eksekutif HTC Sambut Gembira Review Galaxy S4

core Android experience.Hal inilah yang disambut gem-

bira HTC. Besarnya biaya promosi dan pemasaran Samsung tetap tak bisa menutupi fakta bahwa kualitas HTC One tetap dianggap sebagai yang terbaik di dunia Android.

”Kami melihat review tentang Galaxy S4 dari kacamata HTC One, dan kami mencatat hasil yang positif. Desain yang kami gunakan tampaknya sukses menjadi daya tarik utama, dan kami sangat bangga akan hal tersebut,” kata Mike Wood-ward, Presiden HTC untuk kawasan AS. “Ini merupakan sebuah minggu yang hebat bagi kami. Kami mencatat jum-lah penjualan yang sangat baik,” katanya.

Sayangnya, Woodward tidak memberikan keterangan lebih lan-jut tentang angka-angka penjualan HTC One, namun Woodward sempat menyebutkan bahwa be-berapa toko retail rekanan mereka telah kehabisan stok HTC One sejak ponsel tersebut diluncurkan di AS minggu lalu.

Meski demikian, masih ada 2 masalah besar bagi HTC. Pertama, perusahaan op-erator selular terbesar di AS yaitu Verizon masih belum berencana menjual HTC One. Kedua, 4 peru-sahaan operator selular utama di AS lebih memilih menjual Galaxy S4. Bagaimana dengan Anda? Pilih HTC One atau Galaxy S4? *

Page 4: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

MENGAWALI minggu terakhir dari bulan April ini, SamMobile mendapatkan bocoran informasi tentang Galaxy Note 3. Sep-erti dilaporkan androidauthority, menurut informasi yang mereka dapatkan, Samsung saat ini sedang menguji 3 buah desain yang bakal digunakan dalam Galaxy Note 3.

Dari ketiga desain tersebut, salah satunya akan meng-gunakan acuan desain dari Galaxy S4, satu lainnya akan menggunakan desain yang sangat-sangat berbeda, dan satu sisanya akan mengguna-kan sebuah display fleksibel. Sebelumnya memang beredar kabar bahwa Samsung sedang mempertimbangkan untuk mulai meninggalkan bodi plastik dan

SETELAH baru-baru ini memprediksi penjualan 10 juta unit Galaxy S4, kali ini Samsung dikabarkan akan menghadirkan edisi berbeda untuk perangkat teranyarnya itu.

Seperti dilaporkan Ubergiz-mo, Samsung Galaxy S4 edisi baru dirumorkan akan dilengkapi fitur waterproof dan dustproof.

Samsung akan Luncurkan 4 Tablet Baru?

SETELAH mengumumkan seri terbaru Android tablet Galaxy Tab 3, kini Samsung kembali hadir dengan kabar lain. Disebutkan, Samsung akan menambah lini tablet Android mereka tahun ini dengan 4 produk baru.

Seperti dikutip dari techradar, menurut laporan SamMobile, produsen Korea tersebut akan meluncurkan Galaxy Tab dual SIM 7.0, Galaxy Tab 8.0, Galaxy Tab 11 dan Nexus 11 eight-core.

SamMobile mengklaim telah mempelajari mengenai tablet Anrdroid baru yang dimaksud ketika menerima rencana tablet Samsung untuk tahun 2013, meski tidak jelas dari mana informasi tersebut berasal. Tablet Android baru ini tampaknya sesuai dengan strategi Samsung yang mengusung puluhan perang-kat dengan diferensiasi.

Perangkat pertama dalam daftar adalah tablet Samsung Galaxy Tab 8.0, dilengkapi layar 8 inci Amoled display 1080p dengan kamera 5 MP dan 2 MP, serta prosesor quad-core A9 Exynos. Masih kurang menarik? Mari

kita beralih ke perangkat selanjutnya. Beri-kutnya adalah versi dual SIM dari Samsung Galaxy Tab 7.0. Menurut laporan, Galaxy Tab Duos 7.0 akan hadir dengan 7 inci PLS LCD display, prosesor dual-core, kamera belakang 3 MP dan kamera depan 2 MP, sekaligus akan menjadi tablet dual SIM pertama Samsung.

Sementara untuk Samsung Galaxy Tab 11 akan memiliki layar 11 inci dengan layar Super PLS, kamera 8 MP dan 2 MP, serta dual-core A15 Exynos chip. Dan yang terakhir mengindikasikan jika Google dan Samsung dapat bekerja sama sekali lagi untuk perang-kat Nexus baru tahun 2013, Nexus 11.

Samsung tampaknya masih perlu menda-patkan persetujuan dari Google, namun jika tidak maka Nexus 11 bisa menjadi tablet per-tama 8 core pertama di dunia. Tablet ini akan dilengkapi layar 11 inci super PLS screen, kamera 8 MP dan 2 MP, serta octa-core Exy-nos yang melibatkan prosesor A15 dan A7. Kempat tablet Samsung ini dikabarkan akan mendapatkan dukungan microSD. *

FLEKSIBEL OLED tampaknya akan memulai debutnya sebe-lum tahun ini berakhir. Sepertinya bukan Samsung atau Sony yang akan meluncurkan smartphone pertama dengan layar fleksibel OLED, tapi perusahaan itu adalah LG.

Seperti dilaporkan situs Gizmodo, layar fleksibel memang menarik banyak kalangan. Tidak hanya unbreakable tapi layar fleksibel OLED juga memiliki bahan fleksibel dan transparan.

Beberapa perusahaan yang mengembangkan layar ini antara lain adalah Sony dengan Youm, Corning dengan Willow Glass, Sony juga dilaporkan sedang mengembangkan layar fleksibel, dan yang terbaru adalah LG. Bahkan, LG Display telah dipilih pemerintah Korea Selatan sebagai pioner proyek pengemban-gan fleksibel OLED.

Jika sebelumnya LG dilaporkan akan mengembangkan paten teknologi untuk ultra high-definition flexible OLED display 60 inci pada tahun 2017, kini LG dilaporkan siap menghadirkan smart-phone dengan layar fleksibel OLED pada kuartal keempat tahun ini.

Jika rumor tersebut menjadi kenyataan, maka perangkat tersebut akan menjadi smartphone pertama di dunia yang meng-gunakan layar fleksibel OLED. *

SEBELUMNYA sudah diberitakan mengenai aplikasi Facebook beta untuk Windows Phone 8. Seperti dilaporkan Pocketnow, berita tersebut dapat dikatakan berita baik, tapi selain perilisannya, ada satu hal lagi yang terlihat ganjil yang mengarah ke dukungan resolusi layar baru.

Dari screenshot Facebook beta yang diberikan Microsoft memang terlihat bagus, tapi tidak akurat dengan bagaimana semestinya antarmuka aplikasi tersebut tampil di handset Windows Phone yang ada di pasaran. Dapat diperhatikan di gambar di atas, sebelah kiri berasal dari Microsoft dan sebelah kanan berjalan di Lumia 920 dengan resolusi 1280 x 768. Terlihat gambar dari Microsoft diperuntukkan untuk layar yang memiliki resolusi lebih besar, ditandai dengan status bar yang berukuran lebih kecil.

Masalahnya 1280 x 768 merupakan resolusi tertinggi untuk Windows Phone saat ini, jadi apakah mungkin akan hadir dukungan res-olusi FullHD 1080p untuk Windows Phone seperti yang pernah dirumorkan? *

Tiga Desain untuk Galaxy Note 3 Sedang Diuji Samsunghal tersebut akan dimulai lewat perilisan Galaxy Note 3, juga kemungkinan tentang penggu-naan display Oled fleksibel. Na-mun, ketika ditanyakan tentang kemungkinan terealisasinya hal tersebut, Samsung hanya sebatas mengatakan bahwa perangkat dengan display fleksibel baru akan diluncurkan di masa yang akan datang, tanpa embel-embel lebih lan-jut. Samsung memang sempat dikabarkan tengah mengalami kesulitan dalam memproduksi display Oled fleksibel dan proses tersebut terpaksa tertunda, sedangkan saingan terbesar mereka yaitu LG be-rencana untuk merilis produk dengan display fleksibel pada kuartal ke-4 tahun ini. *

Samsung akan Hadirkan Galaxy S4 Edisi ”Waterproof”Apakah Samsung bermaksud menyaingi rugged smartphone seperti Sony Xperia Z?

Hingga saat ini, belum ada rugged smartphone yang diprod-uksi Samsung. Jika rumor ini benar-benar terbukti nantinya, Samsung tentu berupaya untuk menggaet segmen yang lebih luas dari yang ada saat ini.

Namun, yang menjadi pertan-yaan, dari mana semua rumor ini berasal?

Tampaknya asal mula ber-hembusnya rumor ini adalah dari Presiden Samsung Young Soo Kim, yang menyebutkan kemungkinan hadirnya perang-kat tersebut dalam sebuah press event baru-baru ini. *

LG Siap Rilis ”Smartphone” dengan Layar Fleksibel OLED

Microsoft akan Berikan Dukungan Layar Full HD ke Windows Phone?

sebelah kanan berjjalan di Lumia 920 dengang resolusi 1280 x 768. Terlihat gambar dari Microsoft diperuntukkan untuk layar yang memiliki resolusi lebih besar, ditandai dengan status bar yang berukuran lebih kecil.

Masalahnya 1280 x 768 merupakan resolusi tertinggi untuk Windows Phone saatini, j, jadi appakah munggkin akan hadir dukungan res-olusi FullHD 1080p untuk Windows Phone seperti yangperpernahnah di dirumrumorkorkan?an? **

Page 5: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Page 6: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

SEBAIKNYA Anda lupakan sejenak tablet Toshiba AT10A yang kabarnya mengguna-kan prosesor NVIDIA Tegra 4, kini Toshiba mengumumkan tablet terbarunya WT310.

Seperti dikutip dari engadget/gopego, meski Toshiba WT310 tidak menggunakan

Layar Sentuh 7 Inci dengan Android 4.1

SAMSUNG Electronics mengenalkan seri tablet terba-runya, Galaxy Tab 3, dengan layar sentuh tujuh inci dan sistem operasi Android versi 4.1.

“Dengan Galaxy Tab 3, Samsung telah mengembang-kan jajaran tablet inovatifnya, membuatnya makin kecil dan mudah dibawa dengan tetap meningkatkan pengala-man bagi penggunanya,” ungkap Samsung dalam situs resminya.

Samsung mengklaim tablet terbarunya itu lebih tipis dibanding tablet Galaxy Tab 2 yang juga mempunyai layar sentuh tujuh inci.

Samsung Galaxy Tab 3 menggunakan prosesor Dual Core 1,2 GHz dan RAM 1 GB dengan pilihan kapasitas penyimpanan data internal delapan atau 16 GB.

Perangkat yang dilengkapi kamera belakang tiga megapiksel dan kamera depan 1,3 megapiksel itu masih menggunakan teknologi layar TFT dengan resolusi 1024 x 600 atau 169 piksel per inci.

Samsung menyebut Galaxy Tab 3 versi Wi-Fi akan tersedia di pasaran global mulai Mei 2013 dan versi 3G akan hadir pada Juni 2013.

Namun, produsen elektronik asal Korea Selatan itu tidak menyebut harga jual perangkat berdimensi 111,1 x 188 x 9,9 centimeter itu. *ant

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3

Network: Wi-Fi, 3G (HSPA+21/5.76 Quad 850/900/1900/2100), 2G (EDGE/GPRS Quad 850/900/1800/1900).Prosesor: 1.2 GHz dual core.Layar: layar sentuh 7 inci WSVGA (1024 x 600, 169 PPI) TFT.OS: Android 4.1 (Jelly Bean).Kamera: Utama (belakang) 3-megapixel, kamera depan 1.3 megapixel.Video Codec: MPEG4, H.264, H.263, WMV, playback: 1080p Full HD @30fps.Audio Codec: MP3, OGG, AC3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, WAV, FLAC.Layanan dan fitur tambahan: Samsung Apps, Samsung Hub, Music Hub/ Game Hub/ Video Hub/ Learning Hub, Samsung Kies, Samsung Kies Air (Downloadable via Samsung Apps), Samsung ChatON mobile communication service. Google Mobile Services: Google Search, Gmail, Google Play Store, Google Plus, YouTube, Google Talk, Google Maps (Turn-by-turn Navigation), Google Now.Konektivitas: Wi-Fi a/b/g/n (2.4/5GHz), Wi-Fi Channel Bonding, Wi-Fi Direct, Bluetooth® 3.0. USB 2.0.GPS: A-GPS + GLONASS.Sensor: Wi-Fi (Accelerometer, Geo-magnetic, Light), 3G (Accelerometer, Geo-magnetic, Light, Proximity).Memori: 8/16 GB memori internal + 1 GB (RAM), microSD slot (up to 64 GB).Dimension: 111,1 x 188,0 x 9,9 mm.Bobot: 302g (Wi-Fi), 306g (3G).Baterai: standar Li-ion 4,000 mAh.

LHcYKGSMDBB

Galaxy Tab 3

prosesor bertenaga Tegra 4, tapi tentu Anda tidak bisa meremehkannya karena didu-kung dengan prosesor Intel Core.

Tablet Toshiba WT310 menawarkan layar yang cukup besar untuk ukuran tablet, yaitu 11,6 inci dengan resolusi 1080p.

Toshiba menggunakan prosesor Intel Core, SSD drive dan dukungan Digi-tizerPen yang memung-kinkan pengguna dapat

membuat catatan den-gan lebih cepat. Saat ini

tidak ada informasi rincian CPU, RAM, dan SSD. Tablet

Toshiba WT310 didukung port HDMI, port USB 3.0,

microSD, Wi-Fi, Bluetooth 4.0 dan pilihan konektivitas HSPA+ atau LTE.

Tablet Toshiba WT310 memiliki ukuran 229 x

189 x 12,4 mm dan memiliki berat 829 gram. Tablet Toshiba WT310 berjalan pada Windows 8 Pro dan didukung aplikasi bawaan bagi yang menginginkan lebih dari sekadar browsing, yaitu Trusted Platform Module, Active Management Technology dan Anti-Theft software.

Tablet terbaru Toshiba dengan ukuran tidak biasa ini nantinya hanya akan tersedia dalam satu pilihan warna, yaitu abu-abu. Tablet Toshiba WT310 dijadwalkan akan memulai debutnya di Amerika pada kuartal kedua tahun ini, tapi sayangnya saat ini tidak ada informasi harga. Jadi, nantikan perkembangan berita terbaru Tablet Toshiba WT310 melalui Gadget Star. *

Toshiba WT310

SEBBBAIKIKIKA NYAAA A dddddd l kk jj kkkk tt bl tA bb t T 44 t i t t A dA

Tablet Windows 8 Pro 11,6 Inci dengan DigitizerPen

Page 7: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Samsung Galaxy S4

Sahabat Hidup AndaDI zaman modern seperti sekarang,

perangkat ponsel sudah menjadi kebu-tuhan yang mendasar. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, perangkat ini menjadi teman hidup sehari-hari, baik di saat sibuk maupun di waktu bersenang-senang. Sudah seharusnya perangkat ponsel ini benar-benar mendukung rutini-tas keseharian kita.

Samsung sebagai salah satu pembuat ponsel terkemuka di dunia meluncurkan inovasi terbaru melalui perangkat ponsel pintar Galaxy S4.

Seperti dikutip dari teknoup, menerus-kan kesuksesan Galaxy S3, smartphone terbaru Samsung ini menghadirkan se-jumlah fitur keren yang mampu menun-jang aktivitas sehari-hari.

Samsung Galaxy S4 lahir dengan spesifikasi yang tinggi di kelasnya. Layar 5 inci full HD dengan kerapatan 441 PPI mampu menampikan gambar yang super tajam, serta teknologi Super Amoled menghasilkan warna secara sempurna dan memiliki tingkat kecerahan yang nyaman di mata pengguna. Dibekali prosesor Exynos 5 Octa dengan total core berjumlah 8 inti dan RAM 2 GB, Galaxy S4 mampu membagi tugas yang diperintahkan dengan baik. Saat men-jalankan aplikasi berat seperti game 3D, prosesor Exynos 5 Octa akan bekerja dengan powerfull dan ketika menjalank-an aplikasi ringan, teknologi di prose-sor Exynos 5 Octa mampu menghemat konsumsi baterai tanpa mengorbankan performanya.

Samsung Galaxy S4 dibekali baterai dengan kapasitas terbesar di kelas-nya. Dengan kapasitas 2600 mAh dan

teknologi yang hemat baterai, Samsung Galaxy S4 mampu standby hingga 15 hari, atau mampu mendengarkan musik hingga 62 jam non-stop. Kecanggihan Samsung Galaxy S4 juga didukung dengan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean dan sentuhan khas Samsung. Perpaduan spesifikasi tinggi dan antarmuka TouchWiz UI yang baru menjadikan Galaxy S4 tampil mempesona dan terasa lebih halus sekali-gus tanpa jeda.

Mengabadikan momen berharga dan membaginya dengan orang terdekat menjadi lebih menyenangkan dengan Sam-sung Galaxy S4. Tidak seperti smartphone sejenis yang hanya menyuguhkan sisi hardware, kamera 13 MP di Samsung Galaxy S4 punya kemampuan yang men-gagumkan dan fitur-fitur baru.

Dual ShotFitur ini memungkinkan Anda mengambil

foto atau video, dengan kamera depan dan belakang yang aktif secara bersamaan.

Sound & ShotFitur ini mampu mengabadikan foto

sambil merekam suara.

EraserFitur ini bisa menghilangkan objek yang

mengganggu dalam foto.

Drama ShotFitur ini mampu menangkap setiap

gerakan objek dan menaruhnya di dalam satu foto.

Air Gesture & Air ViewSamsung Galaxy S4 adalah asisten

sempurna yang dapat memudahkan hidup. Anda dapat mengintip isi email atau galeri foto dengan fitur Air View dan men-jawab telepon tanpa menyentuh layar dengan fitur Air Gesture.

Group PlayGroup Play

menyatukan beberapa Galaxy S4 untuk berbagi foto atau do-kumen, bermain game dan menden-garkan musik secara bersamaan.

Smart PauseKegiatan menonton video tidak akan

terganggu lagi karena fitur Smart Pause secara otomotis menghentikan video ketika Anda sedang tidak melihat ke layar.

Video tersebut akan kembali dilanjutkan ketika Anda kembali melihat layar.

S HealthFitur ini akan selalu memonitor kon-

disi fisik untuk memastikan Anda selalu bugar dan menjalankan gaya hidup yang sehat. Anda dapat memonitor asupan harian, berat badan, hingga kualitas olah raga. Dengan tambahan aksesori, Anda bahkan dapat memonitor detak jantung dengan akurat. Semua data akan selalu

tampak jelas karena Samsung Adapt Display otomatis mengatur tampilan layar sesuai kondisi di tempat Anda berada.

S TranslatorSaat Anda berwisata ke sebuah nega-

ra dan tersesat, Anda bisa menanyakan alamat ke penduduk lokal menggunakan bantuan S Translator. Fitur ini menerje-mahkan ucapan atau tulisan/teks dari dan ke berbagai bahasa.

Kesibukan dan keterbatasan memang terkadang menyulitkan aktivitas, karena itu Samsung Galaxy S4 hadir untuk mem-buatnya lebih mudah. Samsung Galaxy S4 menyeimbangkan hidup di mana pun Anda berada dan membantu menjaga kesehatan Anda. Samsung Galaxy S4, your life companion. *

Toshiba WT310

Tablet Windows 8 Terbaru untuk PebisnisTOSHIBA baru saja meluncurkan perangkat

tablet terbarunya yang bernama WT310. Toshiba WT310 ini hadir dengan menggunakan sistem operasi Windows 8 Pro dan didesain khusus untuk peng-guna dari kalangan pebisnis.

Seperti dilansir slash-gear/gopego, Toshiba WT310 memiliki layar sentuh berukuran 11,6 inci dengan resolusi full HD 1080p. Toshiba WT310 dilengkapi juga dengan sebuah DigitizerPen yang akan memudah-kan pengguna untuk menulis dokumen atau notes tanpa perlu repot mengetik.

Toshiba WT310 memiliki ukuran 229 x 189 x 12,4 mm dan mengunakan bodi yang terbuat dari material plastik. Meski terbuat dari plastik, Toshiba mengklaim bahwa bodi WT310 ini cu-kup kuat untuk melindungi komponen-komponen yang ada di dalamnya dari benturan dan tekanan. Untuk kinerja, Toshiba WT310 ditenagai den-gan prosesor Intel terbaru yang didesain untuk Ultrabook. Toshiba WT310 dilengkapi juga dengan media penyimpanan SSD, Wi-Fi, Bluetooth 4.0,

port USB 3.0 dan slot SD card. Toshiba WT310 akan hadir di Inggris mulai kuartal kedua 2013 ini. Sayangnya, belum ada informasi apakah Toshiba juga akan meluncurkan tablet

Windows 8 ini di negara lainnya. *k peng-es

6D0

a

-

uo

x

duun naaaabTS

Windows 8 ini di negara lainnya *k peng-ebisnis.sh-

6 inciD0n

uot

ungu iyanyang ag ada da di di

aan dn dan an tektekanan. W WTT310 ditenagai den--

baru yang didesain untuk kT310 dilengkapi juga denggan anSSD, Wi-Fi, Bluetooth 4.0,

Windows 8 ini di negara lainnya. *

SETELAH sukses menggulirkan model C57 berkonsep dual SIM yang mirip iPhone 5, baru-baru ini PT iCherry Selular Indonesia dikabarkan telah kembali menghadirkan model C21 Sakura terbarunya dengan kon-sep PDA dual SIM yang kali ini mirip Nokia Lumia 920.

Seperti dikutip dari berita teknologi, layaknya kebanyakan khas merek ponsel entry level lokal lainnya, iCherry C21 Sakura ini hanya dibekali cover dan fiturnya pun yang terbilang standar dan cukup lumayan dengan menawarkan pilihan warna hitam, biru, kuning, merah dan putih. Meski memiliki layar sentuh TFT berukuran 3.2 inci yang antarmukanya mirip Windows Phone 8 dan desain bodi hingga struktur panel control menunya hampir mirip Nokia Lumia 920, tapi pada dasarnya ponsel entry level ini hanya didukung oleh platform MTK standar saja.

Dengan dukungan dual SIM pada jaringan selular dual band GSM (900/1800 MHz), membuat ponsel lokal ini sanggup menghadirkan ke-nyamanan berkomunikasi bagi penggunanya untuk menggunakan kartu SIM lebih dari satu. Sementara untuk menunjang jalur konektivitas data yang ada, ponsel ini telah menyediakan jalur koneksi melalui bluetooth, kabel data USB, atau infrared.

Selain memiliki fitur kamera, ponsel terbaru ini juga telah didukung oleh beberapa fitur lainnya yang mencakup slot microSD, audio jack 3.5 mm, WAP, Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Audio recorder, Java, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, MSN, eBuddy, Google, calendar, calculator, alarm, game dan baterai Lithium ion. *

iCherry C21 Sakura

Ponsel ”Entry Level” 3,2 Inci Dual SIM Berkonsep PDA

Page 8: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

REVIEW 10 - 16 Mei 2013

BOCORAN Huawei P6-U06 muncul pada akhir bulan lalu dan diklaim sebagai smartphone paling tipis di dunia. Seperti dikutip dari gopego, kini ada satu lagi pen-datang baru dari pabrikan Cina, UMeox, yang akan memasuki persaingan smartphone paling tipis di dunia.

UMeox X5 dilaporkan hanya memiliki ketebalan 5,6 mm.

Sejauh ini smartphone paling

DI negara Cina orang bisa dengan nyaman mendapatkan produk terbaru dari berbagai merek smartphone. Seperti dikutip dari teknokers, meski kebanyakan dari produk smartphone ini memiliki harga yang murah tetapi untuk urusan kualitas memang tidak akan kalah dibandingkan dengan perangkat kelas dunia. Salah satu perangkat baru yang dibesut itu adalah Mlais MX58. Pertama yang membuat perangkat ini menyenangkan adalah harg-anya sangat murah berada pada kisaran 180 dolar AS atau sekitar Rp 1,7 juta. Dengan harga yang murah seperti ini pastinya tetap saja memiliki kualitas spesifikasi yang tidak akan kalah dengan perangkat besar lainnya.

Makin mantap dan meyakinkan, Anda bisa menikmati keliaran mata dengan layar lebar sebesar 5 inci. Layar ini memiliki resolusi yang mantap full HD 1080p.

Untuk melindungi layar kacanya sudah menggunakan pelindung Gorilla Glass yang sudah sangat banyak digunakan oleh smart-phone terkemuka dunia.

Untuk menggedor performa akan disajikan pada bagian dalam-nya prosesor quad core MT6589 plus RAM 1 GB.

Tambahan memori internal yang cukup besar dengan kapasitas 4 GB plus slot microSD card hingga pada kapasitas 64 GB. Masih belum puas juga dengan semua spek itu? Pada bagian belakangnya Anda bisa menikmati kamera dengan sensor 12 MP dengan aperture F/2.2 dan lensa 35 mm sehingga hasil jepretan serasa menggunakna kamera profesional. Selain itu juga tak akan lupa pada bagian depannya Anda bisa menikmati juga kamera 2 MP di bagian depan. Operasi sistem yang digunakan perangkat Mlais MX58 juga cukup up to date bersamaan Android Jelly Bean 4.2. serta semua kin-erja akan didukung baterai berkapasi-tas 2.500 mAh di bagian belakang. *

BOCORAORANN HuHuawawei P6-U06 l d khi b l l l d

UMeox X5

”Smartphone” Android Tertipis di Dunia

tipis yang sudah resmi diumum-kan adalah Alcatel One Touch Idol Ultra, yaitu memiliki ketebalan 6,45 mm.

Sementara Huawei P6-U06 diklaim memiliki ketebalan 6,18 mm, pendatang baru smartphone Android UMeox X5 dilaporkan memiliki ketipisan mencapai 5,6 mm.

Sayangnya, kedua smartphone Android fenomenal tersebut be-

lum resmi diumumkan. Jika kabar tersebut benar, maka UMeox X5 nantinya akan dengan mudah menjadi smartphone paling tipis di dunia.

UMeox X5 kabarnya memiliki ukuran 118 x 60 x 5,6 mm dan menggunakan layar berukuran 4 inci. Sayangnya, saat ini tidak ada informasi spesifikasi yang digu-nakan UMeox X5, selain berjalan pada operating system Android. *

Mlais MX58, Ponsel Cina Murah dengan Layar 5 Inci Full HD

dengan Paya

maener5 rek

al

maP d

nk

id

g

*

engan ada a ati nsor rture mm etanna .

ati di

g at

d

Acer Aspire P3

Windows 8 ”Convertible” UltrabookACER belum lama ini men-

gadakan sebuah konferensi pers di Kota New York. Di dalam konferensi tersebut, Acer men-gumumkan sebuah perangkat dengan nama Aspire P3.

Seperti dikutip dari gopego, Acer Aspire P3 merupakan sebuah convertible ultrabook pertama yang berjalan pada Windows 8.

Acer Aspire P3 mengguna-kan layar 11,6 inci tapi tidak memiliki resolusi Full HD, hanya saja didukung kepadatan pixel 360 ppi. Di dalam Acer Aspire P3 bisa Anda jumpai prosesor Intel Core i3 (upgradeable i5), RAM 4 GB, dan SSD 60 GB. Semuanya dikemas dengan berat kurang dari 1 kg.

Oleh karena Acer Aspire P3 adalah convertible ultrabook, jadi layar bisa Anda miringkan ke depan untuk digunakan se-bagai laptop dan bisa juga Anda lipat ke bawah untuk digunakan sebagai tablet. Dan yang tidak kalah menarik, Acer Aspire P3 memiliki dukungan stylus. Acer Aspire P3 dengan spesifikasi menawan ini hanya dibanderol 799 dolar AS. *

Page 9: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

SAAT ini ada dua perusahaan besar asal Korea Selatan yang bersaing pada ponsel layar besar, LG dengan Optimus G Pro dan Samsung dengan Galaxy Note 2. Samsung Galaxy Note 2 hadir lebih dulu dengan layar 5,5 inci 720p, kemudian LG Optimus G Pro mengikutinya dengan menawarkan layar 5,5 inci Full HD.

SAAT ini ada dua perusahaan besar asalK S l b i d l

LG Optimus G Pro vs Samsung Galaxy Note 2

dengan resolusi 1080p pada 30fps. Untuk kamera depan tidak terlalu berbeda jauh, Optimus G Pro didukung sensor kamera 2.1 MP, sedangkan Galaxy Note 2 1.9 MP.

100 MHzPerbedaan kecepatan antara prosesor

Optimus G Pro dan Galaxy Note 2 adalah 100 Mhz. LG Optimus G Pro menggunakan prosesor quad-core Snapdragon 600 den-gan kecepatan 1.7 GHz, sedangkan Galaxy Note 2 menggunakan prosesor quad-core Exynos 4412 berkecepatan 1.6 GHz.

33 PersenPerbedaan kecepatan 100 MHz antara

prosesor terbaru Snapdragon meningkat-kan performa 33 persen lebih baik diband-ing Exynos 4412, yang bukan merupakan generasi terbaru prosesor Exynos. Dalam hal performa, LG Optimus G Pro telah men-galahkan Note 2.

40 mAhPerbedaan kapasitas baterai Optimus

G Pro dengan Galaxy Note 2 adalah 40 mAh. Meski Optimus G Pro memiliki baterai berkapasitas sedikit lebih besar, tapi Galaxy Note memiliki battery life lebih lama karena didukung resolusi layar yang lebih rendah. Galaxy Note 2 memiliki battery life hingga 2,5 jam lebih lama untuk video playback dan 2 jam lebih lama untuk browsing web.

Seperti dikutip dari gopego, baik Samsung Galaxy Note 2 atau LG Optimus G Pro, keduanya sangat populer pada saat ini. Lalu bagaimana jika keduanya dibandingkan dalam hal angka? Berikut ini perbandingannya.

134 ppiPerbedaan kepadatan pixel antara layar

LG Optimus G Pro dengan Samsung Gal-axy Note 2 adalah 134 ppi. Selain memiliki kepadatan pixel, Optimus G Pro dengan resolusi Full HD tentu lebih baik dari Galaxy Note 2 dengan 720p. Dalam hal ini LG Optimus G Pro lebih baik dibanding Galaxy Note 2.

4,4 mmAngka di atas merupakan perbandingan

lebar perangkat. Galaxy Note 2 memiliki ukuran lebih lebar dibanding Optimus G Pro, meski keduanya memiliki layar 5,5 inci. Dalam hal ini, LG Optimus G Pro lebih baik dibanding Galaxy Note 2, meski tinggi dan ketebalan keduanya hampir sama.

5 MPSamsung Galaxy Note 2 memiliki sensor

kamera 8 MP, sementara LG Optimus G Pro memiliki sensor kamera 13 MP. Baik Galaxy Note 2 dan Optimus G Pro sama-sama didukung fitur stabilisasi gambar dan deteksi wajah serta mampu merekam video

1Galaxy Note 2 lebih diuntungkan dengan

adanya dukunga sebuah stylus, sedangkan Optimus G Pro tidak memilikinya. Galaxy Note 2 menawarkan berbagai fitur menarik dan kreatif yang dapat dilakukan dengan S-Pen.

3 JutaSamsung Galaxy Note 2 berhasil menca-

pai angka penjualan hingga 3 juta unit set-elah diluncurkan selama 30 hari dan dalam waktu dua bulan berhasil terjual sebanyak 5 juta unit secara global.

Sementara itu, LG Optimus G Pro hanya terjual sebanyak 500.000 unit selama 40 hari, meski hanya rilis di Korea. *

NOKIA Lumia 920 dan HTC One merupakan dua smartphone yang sama-sama mengunggulkan kemampuan kamera yang dimilikinya. Lumia 920 dengan OS Windows Phone 8 menghad-irkan teknologi kamera yang disebutnya dengan PureView, sedangkan HTC One dengan Android Jelly Bean membawa teknologi yang dinamakannya UltraPixel.

Seperti dikutip dari YourTechReport/teknoup, selain foto, kamera di smart-phone juga bisa dimanfaatkan untuk merekam video. Dari masing-masing teknologi kamera yang dipakai, manakah di antara smartphone ini yang punya perekaman video lebih baik? Berikut adalah uji perekaman video antara Nokia Lumia 920 PureView 8 MP dengan HTC One UltraPixel 4 MP.

Pengujian video mene-

Adu Hebat Video PureView Nokia Lumia 920 vs UltraPixel HTC Onekankan kemampuan stabilizer, ketajaman gambar, kecepatan fokus, pengambilan low-light, saturasi warna, transisi cahaya, kualitas audio, dll.

Dari uji video di atas, masing-masing smartphone memang terlihat punya keung-gulan yang berbeda. Dari kemampuan stabilizer, OIS (Optical Image Stabilization) di Lumia 920 memang telihat sangat memban-tu menjadikan pergerakan video lebih halus.

Karakteristik warna di kamera Lumia 920 adalah lebih hangat dengan warna agak kuning kemerahan seperti pengambilan video di waktu siang bolong. Sementara HTC One lebih menekankan kemampuan menangkap cahaya lebih banyak sehingga menjadikan gambar terasa lebih terang dan putih. Dari beberapa pengambilan video di waktu cahaya terik, warna yang dihasilkan

Lumia 920 terasa lebih

keluar, sementara hasil HTC One terasa lebih putih.

Saat pengujian audionya, suara hasil per-ekaman video HTC One dikatakan terdengar lebih jelas dan lebih stereo dibanding hasil Lumia 920, terutama pada perekaman audio di kondisi ramai.

Untuk urusan fokus video, HTC One lebih cepat mengunci fokus. Sementara Lumia 920 terlihat agak bingung mencari fokus saat kedua kamera digerakkan bersamaan. Saat transisi cahaya terang ke gelap atau seba-liknya, HTC One punya kinerja yang lebih baik dibanding kamera Lumia 920. Transisi cahaya di kamera HTC One terasa lebih tepat, cepat, dan halus.

Pada pengambilan low-light dengan objek lilin, HTC One mampu menang-kap cahaya lebih luas sehingga objek sekitar lilin tetap terlihat. Warna api yang ditangkap juga terlihat lebih konstan di HTC One. Di Lumia 920, sesekali warna api yang ditangkap berubah menjadi warna sedikit ungu seperti efek flare. Sekali lagi, kedua smartphone ini punya keunggulan masing-masing. Bagi yang suka merekam secara handheld, Lumia 920 lebih diunggulkan karena fitur OIS-nya yang sangat membantu. Sementara HTC One punya kemampuan dalam memaksimalkan cahaya yang masuk ke kamera. *

Page 10: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

KREDIT tampaknya harus kembali diberikan pada CEO BlackBer-ry (dahulu RIM), Thorsten Heins. Bagaimana tidak, lelaki kelahiran Jerman yang telah mendapatkan kewarganegaraan Kanada itu telah berhasil menaikkan kembali pamor BlackBerry yang sempat tergerus iPhone dan Android smartphone.

Seperti dilansir Bloomberg/gopego, rilis BlackBerry Z10 awal Februari lalu telah mencatat rekor baru penjualan BlackBerry smart-phone di Kanada dan Inggris. Pekan ini, sejarah tersebut tampaknya terulang melalui rilis BlackBerry Q10. Bahkan, Heins yakin Q10 akan bisa laku puluhan juta unit.

Bukan omong kosong jika Heins mengatakan hal tersebut. Itu karena pasar tampaknya juga melihat keseriusan Heins melalui kata-katanya. Pelaku pasar bahkan menyambut positif rilis BlackBerry Q10 sehingga mampu mendongkrak saham BlackBerry di bursa New York.

Saham BlackBerry kini ada di posisi 15,61 dolar AS per lembar, merupakan kenaikan tertinggi sejak tanggal 21 Maret lalu. Bertahap namun pasti saham BlackBerry terus beranjak naik seiring tren positif atas rilis BlackBerry OS 10 dan handset pendukungnya. Bahkan, dibanding tahun lalu, saham BlackBerry telah naik 32 persen sejak Januari 2013.

Rilis BlackBerry Q10 yang telah dimulai belum lama ini di Inggris juga diprediksi akan lebih sukses dari Z10. Menurut analis Peter Misek melalui situs Bloomberg, para pebisnis diyakini lebih menyukai Q10 dengan tambahan keyboard qwerty dibandingkan BlackBerry Z10 yang merupakan smartphone dengan desain full-touchscreen. *

PADA akhir April, Samsung akan melepas Android smart-phone terbarunya, Galaxy S4, ke-50 negara. Seperti dilansir pc-tablet.com, Samsung juga telah memprediksi Galaxy S4 akan mampu mencatat rekor penjualan hingga 10 juta unit di bulan per-tama setelah rilis ke pasaran.

Selain prediksi penjualan Gal-axy S4 di bulan pertama, sumber internal Samsung juga meya-kini dalam 3 bulan mereka akan mampu menjual sedikitnya 30 juta unit Galaxy S4.

Perkiraan Samsung tersebut tentu bukan prediksi ngawur karena permintaan pasar memang sangat tinggi untuk smartphone Android terbaru itu. Permintaan yang sangat tinggi atas Galaxy S4 disebut tak lepas dari spesifikasi hardware dan software mum-puni yang dipasang Samsung di dalamnya.

Untuk mengingatkan Anda, Android smartphone Samsung Galaxy S4 menggunakan display HD super AMOLED 5 inci, prose-sor quad-core 1,9 GHz, RAM 2 GB dan kamera utama 13 MP. Fitur inti tersebut pastinya sangat sulit

RUMOR mengenai turunnya penjualan iPhone dan iPad tampaknya tidak sepenuhnya salah. Seperti dilan-sir reuters.com, jika sebelumnya pernah dikabarkan pesanan iPhone dan iPad menurun, dilihat dari berkurangnya pesanan display Apple ke para pemasok kom-ponen, hal tersebut bisa dibukti-kan kebenarannya dalam laporan keuangan kuartal pertama 2013 dari LG.

Dalam laporannya, LG tercatat menghasilkan laba terendah per kuartal sejak bangkit dari masa-masa buruk di kuartal kedua tahun lalu. Hal tersebut tentu saja langsung bisa dihubungkan dengan Apple.

Menurut para analis, pesanan display Apple menyumbang sedikitnya 30 persen dari pendapatan LG, di luar kompetisi ketat dengan Sharp dan Samsung yang juga masih me-nyuplai display untuk produk Apple.

Divisi LG Display berhasil membuat laba operasional sebesar 151 miliar won (135 juta dolar AS) selama Q1 2013 (Januari - Maret). Menurut catatan Reuters, display panel untuk tablet dan smartphone sebagian besar merupakan pesanan Apple. Untuk kuartal ini nilai pesanan Apple turun menjadi 27 persen saja dibanding pesanan Apple di Q4 2012 (31 persen).

Meski mencatat rekor terendah laba per kuartal tetapi pengamat yakin di kuartal kedua nanti LG akan mampu meningkatkan laba penghasilannya, tak lepas dari rencana Apple merilis produk baru di akhir tahun nanti. *

Pasar iPhone Diprediksi Tinggal 9 Persen

LAPORAN keuangan Apple untuk kuartal kedua 2013 lalu tidak begitu menggembirakan. Meski laba Apple masih terhitung sangat besar tetapi angka tersebut turun dari perolehan laba kuartal sebelumnya. Yang lebih buruk, kini para analis memprediksi pangsa pasar iPhone akan anjlok menjadi 9 persen saja di kuartal ketiga tahun ini.

Seperti dikutip dari gopego, adalah analis dari Sanford Bernsetein, Toni Sacconaghi, yang mengungkap bahwa pangsa pasar iPhone akan mengalami penurunan cukup signifikan dalam waktu dekat. Dengan angka-angka yang diumumkan Apple di kuartal 2 lalu, Sacconaghi menyimpulkan secara keselu-ruhan pasar smartphone tumbuh 36 persen selama kuartal 2 (kalender kuartal 1 Apple).

Penjualan iPhone tumbuh hanya 7 persen, tu-run dari pasar smartphone global (23 persen) menjadi 17 persen saja.

Dengan fakta tersebut, sang analis meya-kini Apple akan mampu menjual 25 juta iPhone di kuartal ini. Artinya, angka tersebut 4 persen lebih rendah dibanding penjualan iPhone di kuartal yang sama tahun lalu. Jika keselu-ruhan pasar smartphone tumbuh 30 persen, pangsa pasar iPhone akan turun ke 12,3 persen.

Sacconaghi juga memperkirakan hal terburuk yang bisa terjadi pada Apple. Jika perusahaan IT terkaya di dunia itu tidak merilis iPhone gen-erasi terbarunya hingga September/Oktober, ia pastikan pangsa pasar iPhone akan makin jatuh menjadi 9 persen saja. *

Order Display dari Apple Menyusut, Laba LG Sentuh Rekor Terendah

Rilis Q10 Picu Kenaikan Saham BlackBerry

PADA akhir April, Samsungk l A d id t

Setelah Dirilis, 10 Juta Galaxy S4 akan Terjual Sebulan

ditandingi smartphone lain yang ada saat ini plus digabung dengan nama besar Samsung sebagai produsen ponsel terbesar di dunia.

Tak hanya itu, alokasi dana untuk promosi Galaxy S4 juga sangat besar sehingga bisa di-maklumi jika imbas penjualannya juga sukses. Beberapa waktu lalu Samsung mengatakan pihaknya

mengeluarkan sedikitnya 140 juta dolar AS untuk promosi dan iklan Galaxy S4, termasuk event megah ala broadway saat peluncuran Galaxy S4 di New York.

Dengan semua usaha dan ker-ja keras tersebut, bukan hal yang mustahil jika Android smartphone Galaxy S4 akan mampu terjual 10 juta unit selama Mei 2013. *

njualan

e

asa

sa

a LG Sentuh ah

Page 11: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Page 12: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Page 13: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Page 14: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Page 15: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Membuat Gambar Animasi di BlackBerryANIMASI atau gambar bergerak memang sangat menarik digunakan di BlackBerry. Na-

mun, sayangnya tidak semua orang mengetahui teknik dan cara membuat gambar animasi untuk animasi BlackBerry.

Sebenarnya gambar animasi untuk BlackBerry sangat banyak bertebaran di dunia maya, kita hanya perlu melakukan pencarian di Google dengan memasukkan keyword tertentu, maka akan ditampilkan sejumlah animasi-animasi keren yang dapat digunakan di BlackBerry.

Animasi yang keren dan lucu untuk BlackBerry memang banyak, akan tetapi terkadang kita menginginkan lebih, ingin memodifikasi animasi-animasi tersebut agar berbeda den-gan yang lainnya.

Tentunya dengan animasi yang lain dari yang lain akan memberikan nilai plus tersendiri buat BlackBerry kita. Untuk membuat sebuah animasi lucu dan keren dengan mengguna-

kan teks sangatlah mudah, kita tidak perlu lagi pusing untuk membuat sebuah animasi. Karena sebuah web yang khusus untuk membuat animasi keren dan lucu telah ada di http://app.mobavatar.com/animation/ sebuah situs web yang menyediakan tools untuk membuat animasi.

Animasi utuk BlackBerry yang dibuat tools ini masih cukup terbatas, karena hanya berupa teks yang berjalan dengan background yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Namun, di balik keterbatasan tersebut, tools ini memiliki kelebihan dari sisi kualitas animasi yang dihasilkan sangat ba-gus. Animasi yang dihasilkan juga tergantung seberapa pandai kita dalam mendesain animasi yang kita inginkan atau dengan kata lain tergan-tung pada kreativitas serta kemampuan imajinasi kita dalam mendesain tampilan-nya.

Berikut cara membuat gambar animasi yang dapat digunakan pada BlackBerry:

1. Masuk ke alamat situs: http://app.mobavatar.com/animation/ dan akan muncul form seperti berikut ini:

2. Petunjuk dalam pengisian form: • Kolom “Your Name” diisi dengan nama file hasil desain animasi Anda. • Kolom “Delay per Second” diisi dengan kecepatan gerak dari animasi per detik, Anda dapat mengubah nilai kolom ini sesuai dengan keinginan Anda. • Kolom “Dimention” diisi dengan ukuran dimensi (dalam format pixel) dari file yang akan dibuat. • Kolom “Font” digunakan untuk mengubah model font BlackBerry yang ingin Anda gunakan.

3. Setelah desain dira-sakan cukup, masukan alamat email Anda. Pas-tikan Anda memasukkan akun email yang masih aktif, karena file animasi tersebut akan dikirimkan melalui email tersebut.

4. Setelah semua kolom isian dilengkapi, klik tombol “Animate My Name” untuk membuat (generate) file animasi dan mengirimkan file tersebut ke alamat email yang Anda gunakan.

5. Terakhir, silakan login ke akun email yang telah Anda gunakan, kemudian lihat pada kotak masuk (Inbox) email Anda. File animasi akan dilampirkan pada email tersebut, download file animasi tersebut dan Anda sudah dapat meng-gunakannya sebagai Display Picture pada BlackBerry Messenger (BBM) Anda. *

Dian PramanaSTIKOM Bali

RAM Manager Pro, Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengatur Kinerja RAM pada Android

MEMILIKI ponsel berbasis Android dengan RAM (Random Access Memory) yang kecil (kurang dari 512 MB) terkadang membuat kita menjadi susah dalam melakukan multitasking. Hal ini dikarenakan kecilnya RAM yang dimiliki dan banyaknya aplikasi yang aktif. Ada beberapa cara untuk mengatasi kecilnya RAM yang dimiliki, mulai dari menambah kapasitas RAM dengan bantuan SD Card atau mengatur dan mengopti-malisasi RAM yang ada pada ponsel Android Anda dengan aplikasi pihak ketiga yang bernama RAM Manager Pro.

RAM Manager Pro adalah aplikasi untuk mengoptimalkan kinerja RAM pada perangkat Android. Aplikasi ini merupakan solusi terbaik untuk semua orang yang punya masalah dengan memory, multitasking dan kinerja yang lambat pada perang-kat Android Anda.

RAM Manager Pro memiliki beberapa fitur di antaranya adalah:• Balance – Gunakan opsi ini untuk mendapatkan hasil RAM smartphone Android yang maksimal untuk penggunaan tiap hari.• Balance (with more free memory) – Jika smartphone Android Anda punya RAM kurang dari 512 MB maka ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda untuk memilih pada penggunaan sehari-hari.• Balance (with more multitasking) – Jika Anda suka menggunakan beberapa aplikasi Android secara bersamaan, ini adalah pilihan yang cocok untuk Anda.• Hard Gaming – Ini adalah pilihan yang pas bagi para gamer untuk memperlancar grafis dan pengalaman bermain game secara keseluruhan.• Hard Multitasking – Pengguna yang sibuk dengan aplikasi yang berat sehingga banyak RAM yang digunakan dengan adanya beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan, ini adalah pilihan yang pas untuk mendapatkan performa terbaik dari RAM smartphone Android Anda.

Catatan: Root terlebih dahulu ponsel Android Anda sebelum menggunakan ap-likasi RAM Manager Pro ini.

I Gede Krisna Putra Andiana SMA Dwijendra Denpasar

Page 16: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Fitur Terbaru Ubuntu 13.04

SIAPA yang tidak kenal dengan Ubuntu? Siapa yang tidak kenal dengan Linux? Siapa yang tidak kenal dengan open source? Sudah saatnya Anda perlu mengenal dan mencicipi kemudahan dan keinda-han salah satu sistem operasi komputer Anda selain Windows atau Mac OS, karena baru-baru ini Ubuntu mengeluarkan versi terbarunya Ubuntu 13.04 dengan codename Raring Ringtail. Ubuntu merupakan sistem operasi Linux yang menduduki peringkat ketiga dalam situs distrowatch.com selain distro Linux lainnya. Sama halnya dengan Windows dan Mac OS, setiap keluaran versi terbarunya selalu mengeluarkan fitur-fitur menarik yang memanjakan user dengan keindahan dan kemu-dahan pemakaiannya. Ubuntu sendiri adalah salah satu distribusi sistem operasi Linux yang paling populer saat ini. Linux Ubuntu merupakan distro Linux yang dikembangkan komunitas open source yang didukung Canonical. Dikutip dari Softpedia, Canonical mengata-kan sistem operasi Linux Ubuntu 13.04 akan membuat kinerja mesin menjadi lebih ringan yang membuat sistem operasi ini dapat digunakan sebagai langkah awal membangun form untuk smartphone serta Ubuntu 13.04 ini dapat memberikan waktu respons yang lebih cepat dengan konsumsi memori yang berkurang sehingga menguntungkan semua pengguna. Berikut ini beberapa fitur terbaru dari Raring:

Window Snap AnimationWindow snapping memang telah digunakan pada

sistem operasi Windows yaitu cara praktis untuk mempercepat tampilan dua sisi aplikasi (sisi-by-side) tanpa ada tumpang tindih, atau memaksimalkan jendela tanpa perlu mengklik sebuah tombol. Pada pengembangan Ubuntu 13.04 ini, terdapat animasi yang ditampilkan di layar untuk memberitahu Anda bahwa Anda akan menggunakan snap. Pengembang juga telah mengubah penampilan dari kotak berwarna orange menjadi warna yang menyebar keluar dengan semi-transparan dari jendela yang dibuka.

Unity Previews AnimationsUnity Previews adalah sebuah fitur yang sebenarnya

sudah ada pada Ubuntu 12.10, pada release terbaru ini Unity Previews memiliki tambahan banyak fitur-fitur animasi dan ikon-ikon yang disertakan.

Shutdown Dialogs yang Lebih InteraktifDari kebanyakan sistem operasi ketika Logout atau

Shutdown hanya akan ditampilkan jendela dengan tampilan biasa akan tetapi di Ubuntu 13.04 ini memiliki tampilan baru pada sesi unity.

Integrasi Lebih Baik di Media Sosial AccountSebuah fitur yang memang cukup menarik dari Ubuntu

yaitu dashboard Account Online terpusat, di mana kita bisa menambahkan Account Social Networking seperti Face-book dan Twitter. Dalam rilis terbaru ini kita dapat berbagi foto antar-account sehingga aplikasi desktop lain dapat mengaksesnya tanpa perlu untuk memasukkan detail yang rinci pada masing-masing account.

Sync Menu yang Lebih LengkapFitur ini memang sudah direncanakan di versi Ubuntu

sebelumnya dengan aplikasi ini dengan satu klik Anda da-pat melihat apakah Anda sedang online, berbagi file, atau memeriksa status file yang baru diunggah.

Bluetooth Menu Lebih InteraktifMemudahkan dalam menghidupkan dan mematikan

Bluetooth.

Window Management OptionsUbuntu 13.04 menambahkan beberapa trik keren un-

tuk menangani banyak window yang terbuka. Misalnya jika Anda memiliki banyak window Firefox yang terbuka, Anda dapat mengarahkan kursor ke ikon Firefox di dock dan gunakan roda gulir pada mouse Anda untuk melihat siklus antar-window. Anda juga dapat melakukan klik kanan pada ikon untuk beralih ke suatu window tertentu.

Fitur Workspace tidak lagi diaktifkan secara default, tetapi Anda dapat mengaktifkannya di Settings> Ap-pearance. Dock ikon yang baru menunjukkan ruang kerja apa yang Anda gunakan saat ini, yang merupakan tambahan kecil tapi berguna.

Social Photo LensSelain lensa Sosial yang baru, Anda juga akan me-

nemukan sebuah lensa baru pada Photo di Dash Unity. Berisi gambar yang telah diimpor ke Shotwell serta foto-foto pada setiap jaringan sosial Anda yang telah Anda aktifkan pada Account Online.

Performa yang Lebih BaikBeberapa perbaikan kecepatan yang sangat dibu-

tuhkan di desktop Unity terdapat pada Ubuntu 13.04 ini. Seluruh pengalaman Unity telah benar-benar mulai ditinggalkan dalam versi terbaru ini, dan Canonical telah mengganti banyak pada versi 13.04 ini. Ubuntu 13.04 ini terasa lebih cepat daripada sebelumnya dan terasa lebih ringan karena banyak memangkas penggunaan memori yang berlebihan.

Selain itu, rilis terbaru ini juga mengusung perang-kat lunak dengan versi yang diperbarui, misalkan saja Firefox 20, Thunderbird 17.0.5, Nautilus 3.6.3, LibreOf-fice 4.0, Linux Kernel 3.8.8, Upstart 1.8, dan banyak lagi. Ingin mencoba Ubuntu versi 13.04 terbaru? Anda dapat men-download-nya di http://www.ubuntu.com/download atau di repository terdekat, alternatif lainnya Anda bisa datang di berbagai acara release Party Ubuntu di Kota Anda. *

Muhammad Riza Hilmi, S.T.Dosen STIKOM [email protected]

Page 17: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

APLIKASI10 - 16 Mei 2013

Mengunci dan Menyembunyikan Rumus di MS ExcelDENGAN meng-

gunakan MS Excel kita mungkin sering memakai rumus-rumus tertentu untuk memudahkan dalam perhitungan. Rumus-rumus yang kita buat tersebut secara default akan tampak pada menu bar fungsi. Dengan demikian, bisa dilihat dan dipelajari oleh teman Anda atau orang lain, supaya tidak bisa dilihat dan tidak bisa diubah-ubah.

Rumus-rumus tersebut seharusnya disembunyikan dan dikunci sehingga apabila teman Anda juga orang yang tidak dikenal yang mau mengubah rumus pada cell tertentu, maka tidak akan bisa melakukan perubahan tersebut. Karena cell tersebut telah dikunci dengan email dan password.

Berikut ini untuk menyembunyikan dan mengunci rumus Excel dapat disimak dengan langkah-langkah seperti di bawah ini.

1. Pertama sekali dengan secara default seluruh cell dalam lembar kerja Excel dalam kondisi

yang telah terkunci atau locked, maka dari itu pilih semua cell dengan cara menekan (ctrl + a) pada keyboard Anda, lalu tekan (ctrl + 1) untuk membuka jendela custom lists.2. Pada jendela custom lists tekan klik pada tab protection, kemudian hilangkan tanda centang pada locked dan klik Ok. Semua cell sudah tidak terkunci.3. Blok cell yang terdapat pada rumusnya (sesuai keinginan).4. Buka kembali jendela (custom lists) dan pilih tab (protection).5. Beri tanda centang dan aktifkan locked dan hidden lalu klik Ok.6. Lalu pada menu Home klik format dan pilih (protect sheet).7. Pada jendela yang muncul aktifkan dan beri tanda centang pada pilihan yang hendak dikunci pada (allow all user this worksheet to).8. Pada password (to umprotect sheet) masukkan password Anda lalu klik Ok.9. Lalu muncul confirm password, masukkan lagi password Anda dan klik Ok.10. Simpan data Anda dengan menekan (tombol ctrl + s).11. Untuk membuka kunci atau unprotect sheet bisa dilakukan dengan memformat, kemudian pilih (unprotect sheet) lalu masukkan password Anda. *

Erma Sulistyo RiniSTIKOM Bali

Laporan Spam Maret 2013

Indonesia Bebas dari Daftar Negara Pengirim Spam Terbesar DuniaSETELAH mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi

dalam volume spam di bulan Februari lalu, pada Maret alur email sampah stabil di tingkat 70,1 persen. Kaspersky Lab dalam siaran pers-nya menyebutkan, di bulan tersebut, jumlah spam secara keseluruhan mengalami penurunan. Meski demikian, para pengguna disarankan untuk tetap hati-hati karena di saat yang sama jumlah lampiran berba-haya pada email naik sebesar 1,2 persen dengan rata-rata sebesar 4 persen.

Sama seperti pada bulan Februari, Amerika Serikat dan Cina mendominasi distribusi spam dunia. Pada Maret lalu, kedua negara tersebut secara kumulatif menghasilkan 43 persen dari total spam. Daftar negara pengirim spam ke Eropa mengalami perubahan yang signifikan. Pengiriman spam dari Korea Selatan ke Eropa turun 13 persen meski negara tersebut tetap berada di posisi pertama negara pen-girim spam ke Eropa dengan menguasai hampir sepertiga dari jumlah total spam ke Eropa.

Pada laporan spam Maret 2013 ini, Indonesia sama sekali tidak termasuk dalam daftar negara penghasil spam di dunia. Tentunya ini merupakan berita gembira bagi Indo-nesia karena mengindikasikan bahwa Indonesia bersih dari spammer, setidaknya untuk bulan Maret 2013 ini.

Jumlah email phishing meningkat dua kali lipat namun 3 sasaran teratas yang paling sering diincar para pelaku phishing tidak mengalami perubahan. Sasaran tertinggi pertama adalah situs-situs jejaring sosial, kedua adalah lembaga finansial dan e-pay serta bank, dan sasaran tert-inggi ketiga adalah mesin pencari (search engines).

Sasaran para pelaku phishing berdasarkan kategori.

Tipuan “Nigerian letters” dan peristiwa besar di Venezu-ela

Salah satu peristiwa politik terbesar yang menarik per-hatian dunia pada bulan Maret lalu adalah meninggalnya Presiden Venuzuela, Hugo Chavez. Berita seputar mening-galnya orang nomor satu di Venezuela tersebut tidak hanya mengisi halaman depan media dunia, tetapi juga menarik perhatian spammer ke negara tersebut.

Spammer bergerak cepat memanfaatkan berita kema-tian Hugo Chavez dan tak butuh waktu lama untuk melihat munculnya berita tersebut dalam email massal. Salah satunya adalah email spam yang mengaku dari kepala pelabuhan Venezuela. Ia mengaku mencari bantuan untuk menarik uang hasil penjualan diesel ke Sudan Selatan.

Email spam lain mengaku berasal dari Kepala Keaman-an dan kerabat dekat Hugo Chavez. Seperti biasanya, imajinasi para penulis “Nigerian letters” ini tidak mengenal batas: mereka bahkan mengaku memiliki akses ke reken-ing rahasia Presiden Chavez yang disimpan atas nama pacar gelap sang Presiden. Para penerima email diiming-imingi imbalan 25 persen dari jumlah total uang yang ada di rekening dengan membantu mentranster uang tersebut ke luar negeri.

Distribusi Geografis Sumber SpamPada Maret lalu, Cina menjadi pengirim spam terbanyak

di dunia (25,8%) sementara jumlah spam yang berasal dari Amerika Serikat naik tipis menjadi 17,3% dan menempat-kannya menjadi pengirim spam terbanyak kedua di dunia. Seperti telah disebutkan di atas, keduanya menyumbang 43% dari total spam di seluruh dunia. Posisi ketiga ditem-pati Korea Selatan (9,8%), diikuti oleh Taiwan (5%) dan India (3,4%).

Negara pengirim spam terbanyak di dunia.

Untuk negara pengirim spam terbanyak ke Eropa, Korea Selatan menjadi yang teratas dengan 36,8 persen spam dari total spam. Di tempat kedua dan ketiga ada Cina dengan 11,2 % dan Amerika Serikat dengan jumlah spam sebesar 10,1 %. Melengkapi daftar lima negara teratas adalah Italia dengan 6,4 % dan Vietnam dengan 2,7 %.

Negara pengirim spam terbanyak ke Eropa.

Bila dilihat berdasarkan wilayah pengiriman, Asia men-jadi penghasil spam terbesar di dunia dengan menguasai lebih dari setengah jumlah total spam pada Maret 2013 atau tepatnya 54,1%. Posisi selanjutnya ditempati oleh Amerika Utara (17,8%), lalu Eropa Barat (10,2%), Eropa Timur (9,4%), dan Amerika Latin (5,7%).

Wilayah penghasil spam terbesar.

Terkait laporan spam untuk Maret 2013 ini, Tatyana Shcherbakova, analis spam senior Kaspersky Lab, menyatakan, pada Maret lalu spam cukup stabil. Hal ini terlihat tidak hanya dari jumlah persentase email sampah tetapi juga dari distribusi geografis negara penghasil spam, terutama Amerika Serikat dan Cina, yang menyum-bang 43 persen dari total spam dunia. Sementara itu, jum-lah email phishing naik dua kali lipat pada Maret lalu dan ini artinya para pengguna harus lebih hati-hati ketika mem-buka email, terutama untuk mereka yang memiliki akun di berbagai jejaring sosial. Hal ini karena sepertiga dari total phishing menyasar para pengguna jejaring sosial. *yas

Page 18: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

Menghemat Baterai HTC One

HTC One telah mulai beredar di sejumlah kawasan. Di AS, versi 32 GB (unlocked) dari perangkat

ini dibanderol hanya 575 dolar AS saja, jauh lebih murah dibanding-kan perangkat flagship lain sep-

erti Xperia Z dari Sony misalnya. Seperti dilansir phandroid.com/gopego, jika Anda berencana un-tuk membelinya ketika HTC One resmi rilis di Indonesia, maka ada baiknya Anda ikuti tips berhemat baterai berikut ini.

Dalam perangkat Android terse-but, ada sebuah fitur bernama power saver mode dan Anda se-baiknya langsung mengaktifkan-nya sepanjang hari. Sekalipun sa-ran ini terdengar tak ada gunanya atau mungkin sudah terlalu jelas, tapi bisa saja Anda meremehkan-nya dan baru mengaktifkan fitur tersebut ketika baterai Anda mulai menipis dan Anda masih belum akan mengakses sumber tenaga listrik dalam waktu dekat.

Power saver ini memiliki 4 opsi

untuk membantu Anda menghe-mat baterai: CPU power, display, vibration, serta data connection. Opsi berhemat paling ampuh adalah dengan mencontreng opsi CPU power & data connection. Display settings hendaknya juga diubah menjadi auto brightness untuk mengurangi tingkat bright-ness Anda, sedangkan vibration hanya mengkonsumsi energi baterai dalam jumlah yang sangat sedikit.

Anda boleh jadi berpikir bahwa dengan menghemat penggunaan CPU, maka HTC One akan agak sedikit lambat. Tapi tak perlu khawatir karena 2 GB RAM yang ada dalam perangkat ini mampu mengatasi masalah tersebut dan penurunan performa yang Anda

takutkan tersebut tidak akan terasa.

Untuk opsi data connection, opsi ini hanya akan mematikan koneksi internet Anda selama layar mati. Tak perlu khawatir bahwa pesan-pesan yang dikirim-kan pada Anda akan tertunda penyampaiannya, karena pesan-pesan tersebut akan tetap masuk (entah mengapa). Masih belum jelas apakah fitur ini memang mengizinkan pesan-pesan masuk sekalipun fitur ini diaktifkan, atau koneksi baru akan dinonaktif-kan ketika layar Anda tidak aktif selama beberapa jam. Namun, tidak ada salahnya untuk tidak direpotkan dengan banyaknya notifikasi yang muncul di ponsel Anda bukan? *

Cara ”Share Reminders List” dengan Orang Lain

REMINDER app adalah aplikasi yang diberikan Apple untuk iOS devices. Jika Anda jarang menggunakan Remind-ers dan lebih suka memakai Wunderlist, tampaknya sekarang Anda bisa mulai kembali menggunakan Reminders untuk manage dan share to-do list harian Anda.

Seperti dikutip dari idownloadblog.com/gopego, aplikasi Reminders bisa Anda pakai untuk sharing to-do-list via iCloud. Tidak hanya mudah dan cepat membuat dan mengedit via Reminders, Anda juga bisa share dan kolaborasi to-do-list dengan kawan-kawan Anda di seluruh dunia. Bahkan, dengan orang yang tidak memiliki iOS device. Itu karena semua bisa Anda lakukan via iCloud.

Anda tentu saja tidak bisa invite orang lain untuk share list Reminder Anda dari iPhone, iPad atau iPod touch. Untuk bisa share list, Anda harus menggunakan Reminders app di OSX versi 10.8.2/+. Jika Anda bukan pengguna komputer Mac, tidak perlu khawatir karena Anda bisa akses dari iCloud.com. Cukup log in menggunakan akun iCloud (kebanyakan akun iCloud merupakan Apple ID).

Meski Anda harus setup fitur sharing di komputer, Anda bisa dengan segera melihat semua perubahan yang dibuat di Reminders app di iOS device. Saat sebuah list di-share, Anda bisa kembali ke mobile.

Setelah Anda berhasil share sebuah list, orang yang Anda share akan bisa melihat semua archived items milik Anda, termasuk list yang ada saat ini. Mereka juga bisa mengedit list tersebut. Hal ini bisa berfungsi saat Anda share daftar pekerjaan dengan rekan kerja Anda sehingga baik Anda maupun rekan Anda bisa mengedit list tersebut.

Saat contact menerima invitation untuk share sebuah Reminder list, Anda akan menerima sebuah alert di semua devices yang memiliki Reminders app di dalamnya. Semua perubahan yang dilakukan di dalam list akan bisa terlihat di iOS Reminders app.

Jika suatu saat Anda ingin menghentikan share sebuah list dengan contact tertentu, Anda bisa remove mereka semudah Anda invite mereka sebelumnya. Caranya, hover di atas broadcast icon lalu klik nama mereka. Pilih Remove maka mereka tidak akan lagi bisa akses list Anda.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk share Remind-ers menggunakan iCloud. Akan lebih baik jika iOS 7 nanti-nya rilis dengan kemampuan Reminders list sharing. *

Jika Anda pengguna Mac dengan OSX 10.8.2/+, silakan ikuti langkah di bawah ini untuk bisa share to-do-list via Re-minders app:

1. Jalankan Reminders app di OSX.2. Cari list yang ingin Anda share dan hover di atasnya.

Ketika terlihat sebuah ikon yang terlihat seperti ikon sinyal Wi-Fi (broadcast icon), klik saja.

3. Masukkkan email address dari contact (bisa lebih dari satu) yang ingin Anda share. Anda bisa invite banyak orang, tetapi pastikan Anda invite mereka menggunakan email yang terkoneksi dengan iCloud.

4. Klik Done dan tunggu sampai contact bergabung den-gan list.

Jika Anda menggunakan komputer Windows, buka iCloud.com dari browser dan login menggunakan akun iCloud. Lalu ikuti langkah #2 - #4 seperti di atas.

Tips BlackBerry 10

Cara Mengubah Email Signature & Display Name

SEPERTI pada BlackBerry OS versi sebe-lumnya, BlackBerry OS 10 juga memberikan default setting email signature “Sent form my BlackBerrt 10 smartphone” di akhir email yang Anda kirim. Lalu apakah Anda bisa mengubah default setting tersebut?

Seperti dikutip dari n4bb/gopego, tentu saja bisa. Anda bahkan bisa mengubah menggu-nakan kata-kata custom buatan Anda sendiri. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti default setting di akhir email yang Anda kirim

via handset BlackBerry 10.1. Dari BlackBerry Hub, klik tombol berben-

tuk 3-titik yang ada di bagian kanan action bar. Selanjutnya Anda bisa melihat opsi Hub mun-cul. Pilih opsi Settings. Di dalam Settings, Anda bisa mengatur Hub dan sejumlah opsi lain.

2. Pilih opsi Email. Setelah memilihnya Anda akan bisa melihat semua akun email yang telah Anda setup di handset Black-Berry 10 Anda. Pilih satu akun email yang ingin Anda edit.

3. Setelah memilih satu akun email, akan terlihat email setting untuk akun yang telah Anda pilih tadi. Anda akan bisa melihat opsi delete email signature atau mengubahnya menggunakan kata-kata Anda sendiri.

Jika mau, tekan Enter melalui keyboard untuk menjadikan email signature dalam 2 baris. Setelah selesai, klik pada tombol Back untuk keluar dari setting page. Email signature yang baru saja Anda ubah telah otomatis tersimpan.

4. Selain itu, Anda juga bisa mengeset display name untuk email yang Anda kirimkan. Caranya, saat ada di email setting Anda bisa menjumpai tombol edit account yang terletak di action bar. Klik untuk melihat detail dari set-ting akun email Anda.

Di dalam setting tersebut ada sebuah opsi untuk mengubah display name. Display name adalah nama yang terlihat dalam email yang Anda kirim ke teman-teman Anda. Setelah mengubahnya, klik tombol Save di bagian kanan atas. Selesai! Selamat mencoba. *

Page 19: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

MESKI instagram telah menjelma menjadi platform pemasaran yang sangat efektif dengan lebih dari 100 juta pengguna, CEO Facebook, Mark Zuckerberg belum berminat mengkomersialkan aplikasi berbagi foto tersebut.

Mark Zuckerberg mengatakan, sebenarnya sudah sangat ban-yak brand-brand ternama di dunia yang berminat memasang iklan di Instagram, seperti dilansir Techcrunch.

Zuckerberg mengakui, pertumbuhan Instagram jauh lebih cepat dibandingkan dengan Facebook. Akan tetapi, bagaimana cara mengkomersialkan Instagram memang menjadi kekhawatiran Facebook sejak pertama mereka mengakusisi aplikasi itu.

“Instagram benar-benar berhasil dan berkembang dengan sangat pesat. Aplikasi ini memiliki kesempatan besar dalam bisnis. Namun, langkah yang tepat harus dipilih dengan hati-hati untuk menghasilkan keuntungan. Instagram kini menjadi platform pe-masaran yang cukup besar,” ujar Zuckerberg.

Di sisi lain, keputusan untuk menunda mengkomersialkan Insta-gram bertentangan dengan bagaimana Facebook telah menjalank-an seluruh bisnis mobile-nya. Karena, perusahaan telah memfokus-kan banyak pada iklan mobile, yang kini mencapai 30 persen, atau 375 juta dolar AS, dari seluruh pendapatan iklannya.

Untuk saat ini, Facebook tampaknya bahagia memberikan pe-lengkap aplikasi seiring meningkatnya komersialisasi pada platform utama Facebook.

Di sisi lain, masih banyak bukti yang menunjukkan bahwa Instagram masih kurang menjadi platform iklan yang efektif bagi perusahaan di mana Instagram baru memiliki 100 juta pengguna, sedangkan pengguna aktif Facebook mobile sekarang mencapai 751 juta. *ant

PRODUSEN ponsel pintar Nokia meluncurkan seri Lumia 520 untuk pasar Indonesia yang bekerja sama dengan operator selular Telkom-sel seharga Rp 1,975 juta.

“Para pengembang ap-likasi ponsel pintar dapat meraih keuntungan dari karya mereka lewat layanan operator billing yang akan segera tersedia bagi pelanggan Telkomsel pada Juni mendatang,” kata President Director Nokia Indonesia, William Hamilton-Whyte, di Jakarta, belum lama ini.

“Operator billing merupakan layanan Nokia dan Telkomsel untuk

SMARTPHONE OS 10 pertama dengan fungsi full touchscreen, BlackBerry Z10, telah beberapa waktu beredar di Indonesia. Jika Anda masih menimbang-nimbang perlu tidaknya membeli BlackBerry Z10, Anda bisa menyimak uraian alasan kenapa Anda perlu membeli Z10, seperti yang telah kami kemas dari situs N4BB/gopego berikut ini.

1. Mengatur semua kegiatan dalam satu central Hub BlackBerry. Hub dibuat untuk Anda yang super sibuk dengan banyak keg-iatan, termasuk bercakap dan berkegiatan di BlackBerry Z10. Membalas email, status di Facebook, tweet atau chatting via BBM, semua bisa diatur dalam BlackBerry Hub.

2. Mengetik cepat dan akurat. BlackBerry terkenal dengan keyboard qwerty-nya yang super tangguh dan nyaman untuk menge-tik. Di BlackBerry Z10 yang tidak memiliki keyboard fisik, pengalaman serupa justru turut diberikan untuk keyboard virtualnya. Jadi, tak perlu khawatir jika Anda akan kesulitan menggunakan keyboard virtual di BlackBerry Z10.

3. Memotret dan menciptakan video HD. BlackBerry Z10 rilis dengan kelengkapan kamera yang mampu menciptakan foto-foto keren dan tajam. Selain itu fitur Time Shift makin melengkapi hasil foto yang Anda buat sementara fitur Story Maker akan mampu menjadikan Anda seorang sutradara andal untuk video klip yang Anda buat.

4. BBM video dengan screenshare.

Beli Motorola, Google RugiGOOGLE mengeluarkan uang 12,4 miliar dolar AS

untuk membeli Motorola Mobility di tahun 2011 lalu. Selain mendapatkan 17.000 paten, apa yang diperoleh Google dengan uang sebanyak itu?

CEO Google, Larry Page, pernah mengatakan bahwa pembelian Motorola akan membantu Android dalam melawan berbagai guga-tan hak paten dari Microsoft, Apple dan perusahaan lain. Benarkah demikian?

Seperti dilaporkan situs Bloomberg, belum lama ini hakim federal Amerika mengatakan Microsoft hanya perlu membayar royalti dalam jumlah kecil untuk setiap Xbox yang terjual. Empat hari sebelumnya, Google harus kalah besar dalam kasus pelanggaran paten melawan Apple. Artinya, dalam hal ini ribuan paten milik Motorola yang telah diambil-alih Google tidak bisa berbuat banyak untuk membantu pemilik Android tersebut.

Adalah Rodney Sweetland, seorang pengacara spesialis hak paten yang telah cukup lama mencer-mati berbagai kasus paten smartphone mengatakan, pembelian Motorola oleh Google dengan nilai fantastis

bukanlah hal yang tepat.Itu bukanlah keputusan yang tidak rasional tetapi

pada saat itu mereka tidak mendapatkan apapun kecuali jumlah uang yang sangat memilukan. Apakah Google memang harus membelinya? Tidak dengan

harga itu.Pembelian Motorola kini dianggap seba-

gai hal yang sia-sia terutama karena sejak akuisisi tersebut Google belum satu pun memenangkan kasus paten dengan jumlah ganti rugi yang sangat besar.

Kesepakatan lisensi dengan perusa-haan lain juga tidak memberikan keuntun-

gan dalam jumlah nominal besar untuk kas Google.Namun, tentu saja jumlah ganti rugi dalam

gugatan paten bukan satu-satunya ukuran yang bisa dipakai untuk melihat untung rugi pembelian Mo-torola, terutama jika dikaitkan dengan investasi jangka panjang. Namun, jika mencermati masih banyak kasus gugatan paten yang diarahkan ke Android dan Google, tidak salah jika para analis melihat akuisisi Motorola oleh Google sebagai sebuah langkah yang salah. Bagaimana menurut Anda? *

engatakan bantua-

Google memharga

Pgaa

hg

GoNa

Zuckerberg belum Berminat Komersialkan Instagram

Nokia Gandeng Telkomsel Luncurkan Lumia 520mengunduh aplikasi-aplikasi di Win-dows Phone Store dan membayar dengan pulsa.

William mengatakan, ponsel berlayar empat inci IPS LCD

supersensitif dan bersistem operasi Windows Phone 8 itu

segera akan tersedia di pasaran.Nokia Lumia 520 menggunakan

prosesor Qualcomm Snapdragon Dual Core 1 GHz dengan kapasitas penyimpanan internal delapan giga bit dan penyimpanan komputasi

awan SkyDrive tujuh giga bit.Ponsel yang ditujukan ke seg-

men pengguna remaja itu tetap mengusung tampilan user interface Live Tiles khas Windows Phone

serta menawarkan varian warna putih, merah, kuning, hi-tam, dan biru muda (cyan).

Di sisi aplikasi, ponsel berkam-era lima megapiksel itu menye-diakan aplikasi HERE Nokia dan paket Microsoft Office mobile seperti Outlook, Word, Excel, serta Power Point selain beberapa aplikasi lokal seperti LewatMana dan WeChat. *ant

10 Alasan Membeli BlackBerry Z10BlackBerry Messenger (BBM) telah menjadi kekuatan BlackBerry selama betahun-tahun. Di OS 10, BlackBerry melengkapinya dengan BBM video dan fitur screenshare. Anda bisa bertukar tampilan screen dengan contact BBM saat chatting.

5. Multitasking sebenarnya. Semua smartphone menyatakan dirinya memliki kemampuan multitasking. Namun, sebe-narnya sebuah ponsel bisa disebut multi-tasking adalah saat sebuah aplikasi bisa terus berjalan bahkan saat Anda beralih ke aplikasi atau kegiatan lain di ponsel terse-but. Dan hal itu hanya bisa Anda lakukan di BlackBerry Z10.

6. Browsing banyak website. BlackBerry Z10 memiliki kemampuan cepat dalam mengolah data, demikian halnya untuk browsing. Scrolling dan zooming saat akses website bisa Anda lakukan secara mudah dan cepat. Browser BBZ10 bisa menampil-kan lebih dari satu tab sekaligus memiliki reader mode untuk menghilangkan image sehingga membaca artikel di web makin nyaman. Untuk share link artikel yang Anda baca pun juga mudah, baik ke BBM atau ke media sosial.

7. Mobile sebenarnya. Tidak perlu kha-watir kehabisan baterai saat Anda menggu-nakan BlackBerry Z10 dalam waktu lama, seperti di dalam perjalanan ke luar kota. Tidak perlu pula khawatir kehabisan memori untuk menyimpan bermacam file. Itu karena BlackBerry Z10 support baterai tambahan

dan microSD card.

8. Terhubung ke TV. Video dan foto yang Anda buat menggunakan kamera di BlackBerry Z10 bisa Anda tonton bersama keluarga melalui televisi. Cukup colokkan BBZ10 ke LCD TV via kabel micro HDMI maka Anda pun bisa berbagi keceriaan bersama keluarga.

9. Makin banyak aplikasi. Jangan kha-watir tidak mendapatkan dukungan aplikasi karena BlackBerry World makin banyak memiliki koleksi aplikasi baru. Data terakhir menunjukkan telah ada 100.000 apps untuk BlackBerry Z10.

10. Pemberi inspirasi. Ada sebuah fitur unik berna-ma Black-Berry Re-mem-ber di dalam Black-Berry Z10 yang bisa mengatur semua file, tugas dan catatan agar Anda bisa meng-ingatnya. Fitur ini pastinya akan sangat bermanfaat jika Anda

merupakan orang sibuk dengan berbagai proyek pekerjaan atau memiliki berbagai jadwal dengan keluarga besar. Sebagai contoh, saat Anda browsing di photo album dan menemukan sebuah foto yang meng-ingatkan Anda pada sebuah acara penting atau penuh kenangan, Anda bisa tap pada Share lalu pilih Remember dan tambahkan deskripsi dari foto tersebut. Dengan cara itu maka Anda tidak akan kehilangan setiap momen penting yang pernah Anda buat. Fitur Remember juga bisa Anda pakai di video, rekaman suara, dokumen, notes, dll. Nah, itulah 10 alasan yang bisa Anda pakai untuk membeli sebuah BlackBerry Z10. *

0. Pemberi pirasi. Adauah fitur k berna-Black-ry

m-di

amck-ry yang

a mengatur mua file, tugas

catatan agar a bisa meng-

atnya. Fitur initinya akan sangat manfaat jika Anda

Page 20: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

MICROSOFT Corporation diperkirakan akan mengumumkan kehadiran generasi kedua perangkat tablet Surface pada ajang Build Developer Conference di AS pada 26 Juni mendatang.

DigiTimes melaporkan, tablet Surface generasi kedua itu memiliki layar berukuran tujuh hingga sembilan inci, bukan 10,6 inci seperti pada layar Surface sebelumnya, untuk mengikuti permintaan pasar akan tablet berukuran kecil.

Perusahaan pemasok komponen tablet Microsoft Surface men-gaku telah mengapalkan sejumlah komponen untuk perakitan 1,5 juta unit Surface berbasis prosesor Intel sejak akhir 2012.

Microsoft melanjutkan kerja sama dengan sebagian besar peru-sahaan pemasok komponen tablet Surface generasi pertama pada

pengembangan perangkat tablet bersistem operasi Windows RT dan Win-

dows 8 generasi kedua.Perusahaan-perusahaan

pemasok komponen tablet Microsoft Surface yaitu Ju Teng (Cina) untuk tubuh tab-

let, Samsung Electronics dan LG Display untuk layar kaca corning, TPK and Youngfast untuk layar sentuh, LG Chem untuk baterai, Intel dan Nvidia untuk prosesor, dan Chicony Electronics dan Ko Ja untuk kompen panel ketik.

Selain pasar Amerika Utara, Microsoft juga me-

masarkan tablet Surface RT yang berprosesor ARM di Malaysia, Mek-

siko, Korea Selatan, dan Thailand. Se-mentara itu, tablet Surface Pro dipasar-

kan ke Australia, Austria, Korea Selatan, Malaysia, Rusia, Singapura, dan Thailand. *ant

INTEL mengumumkan akan memasok chip bagi notebook Android Google yang segera dirilis di pasar. Sebenarnya ini bukan peluncuran pertama Google di pasar notebook. Perusahaan terakhir merilis Chromebook Pixel, tapi belum mampu hadir dengan tampilan yang berkualitas dan menge-sankan, seperti dilansir Uber-gizmo, belum lama ini.

Perusahaan berharap, den-gan notebook berbasis Android tidak akan menderita nasib

yang sama dan mampu meng-geser jajaran notebook rilisan produsen-produsen ternama seperti HP, Sony, maupun Asus.

Google dikabarkan akan menghadirkan notebook Android dengan mengadopsi tipe layar sentuh dan didukung prosesor Intel Atom. Raksasa yang bermula dari mesin pen-cari ini akan menjualnya dalam kisaran harga terjangkau seki-tar 200 dolar AS atau setara Rp 1,9 jutaan.

Penerapan harga tersebut

terkait efek yang terjadi pada penjualan notebook sejenis-nya dengan harga yang bersaing.

Seorang eksekutif Intel percaya bahwa tidak mungkin notebook layar sentuh ber-basis Windows 8 yang telah menguasai segmen pasar notebook kelas atas berada di kisaran harga ini. Sayangnya, tidak ada spesifikasi atau ket-erangan rinci kapan notebook Android Google akan segera dirilis di pasar. *ant

Intel Pasok Chip Notebook Android Google

Asus Targetkan Jual 1,2 Juta Unit NotebookNotebookASUS menargetkan penjualan notebook

1,2 juta unit di Indonesia pada 2013. De-mikian diungkapkan Manager Produk dan Pemasaran Asus Indonesia, Juliana Cen, belum lama ini. Ia menjelaskan, produk Asus berupa notebook dan netbook kini merajai pasar elektronik dunia termasuk di Indonesia.

“Kami optimistis target 1,2 juta unit terjual tahun ini mampu terealisasi mengingat pangsa pasar yang sangat bagus,” ujarnya. Menurut dia, tahun 2012 penjualan produk notebook dan netbook mencapai 768 unit secara nasional.

Sementara produk lainnya, seperti tablet dan smartphone juga makin diminati pembeli.

Ia mengatakan, Sumatera Selatan men-jadi pasar potensial untuk penjualan beragam produk digital tersebut karena itu pihaknya terus mengembangkan pemasaran di daerah itu. Masyarakat tidak hanya dapat membeli produk-produk tersebut tetapi juga akan meningkatkan pelayanan purna jual secara optimal.

Produsen komputer tersebut juga me-nargetkan tahun ini akan mengoperasikan 22 kantor cabang di Indonesia dan pusat

pelayanan perbaikan yang tersebar di ber-bagai daerah. Hal itu, kata Juliana diharapkan mampu mendorong meningkatnya keper-cayaan masyarakat terhadap produk elek-tronik tersebut. *ant

ce peperrerado

peMiTenet, G DrnitukuktukectmpS

aararaansora Staba, Aing

sahaan pemasok komponen tablet Surfacsahaan pemasok komponen tablet Surfacpenpengemgembanbangangan p p

ope

Tle

LGcoruntuntuntEleko

UtaUtamasarka

berprosessiko, Korea

mentara itu, tkan ke Australia

Malaysia, Rusia, S

Toshiba dan Hewlett-Packard Kompak Gunakan Prosesor Tegra 4

HEWLETT-Packard (HP) dan Toshiba tampak-nya kompak untuk menggunakan prosesor Tegra 4 dari NVIDIA dalam produk terbaru mereka. Seperti dilaporkan blog.gsmarena, HP menyiapkan sebuah produk tablet dan sebuah produk all-in-one comput-er (AiO), sedangkan Toshiba paling tidak menyiap-kan sebuah tablet.

Keberadaan ketiga perangkat tersebut diketahui dari catatan benchmark di AnTuTu. Yang pertama adalah tablet HP SlateBook 10 X2, sebuah tablet 10 inci dengan resolusi Full HD serta Android 4.2.2 Jel-ly Bean. Prosesor Tegra 4 yang digunakan memiliki 4 buah core Cortex-A15 dengan kecepatan 1,8 GHz, plus sebuah sebuah core khusus yang berfungsi sebagai power-saver (rancangan NVIDIA sendiri). Skor untuk perangkat ini mencapai 27.259.

Berikutnya adalah HP SlateBook 21, sebuah komputer all-in-one dengan OS Android 4.2.1.

Chipset Tegra 4 yang digunakan juga berkecepatan hingga 1,8 GHz, namun skornya hanya 23.854. Perangkat ini kemungkinan memiliki setting-an mirip dengan Asus Tranformer AiO yang muncul di MWC bulan Februari lalu, di mana fungsi desktop Windows 8 akan menggunakan sebuah prosesor Intel, dan fungsi tablet meng-gu-

nakan prosesor cadangan Tegra. Yang terakhir adalah AT10LE-A dari Toshiba, sebuah tablet yang ukurannya mungkin mencapai 10 inci. OS yang digunakan dalam perangkat ini adalah Android 4.2.1 dan prosesor yang digunakan juga Tegra 4 dengan kecepa-tan 1,8 GHz, namun skornya sedikit lebih tinggi daripada tablet mi-lik HP di atas dengan raihan 28.058. *

Microsoft Surface Generasi Kedua Diperkirakan Hadir Juni

Page 21: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

KINI bukan rahasia lagi jika Windows 8 kurang mendapat momen di dunia sistem operasi PC. Seperti dilaporkan techradar, berdasarkan data terbaru OS tersebut merangkak naik meski lam-ban. Konsultan Net Applications melaporkan bahwa pengguna Win-dows 8 memiliki porsi 3,8 persen dari total lalu lintas web di bulan April. Yang berarti mengalami kenaikan dari sebelumnya 3,2 persen di bulan Maret. Windows 7 melakukan debut pada bulan Oktober 2009, dan pada bulan April tahun berikutnya sudah mencapai 12 persen dari total lalu lintas web. Sementara Windows 8 (debut di Oktober juga) di bawah angka itu untuk periode yang sama.

Memang perilaku pasar biasanya malas berganti sistem operasi baru karena sudah telanjur nyaman dengan OS yang sekarang digunakan. Meski begitu progress pengadopsian Windows 8 tetap tidak sebagus Windows 7 berdasarkan data Net Applications. Bahkan, salah seorang eksekutif Samsung, Jun Dong-soo, pernah mengatakan bahwa Windows 8 ini tidak lebih baik dari Windows Vista yang disebut banyak orang sebagai sistem operasi gagal. Mungkin dengan kehadiran update Windows 8.1 Blue dapat men-gubah pandangan dan menarik perhatian lebih banyak pengguna untuk menggunakannya. *

PRODUSEN perangkat tablet merek lokal, Relion RealPad, lebih mengandalkan penetrasi pasar luar Jakarta untuk memasarkan kelima seri tabletnya.

“Kami khususnya memasar-kan ke Bali, Surabaya, Makas-sar, Yogyakarta, dan Semarang karena di Jakarta persaingan ketat dan konsumen lebih menyukai merek-merek asing,” kata Market-ing Komunikasi dan E-Marketing PT Berca Cakra Teknologi sebagai pemilik merek Relion, Doni Her-mawan, di Jakarta, belum lama ini.

Doni mengatakan, tablet Bromo-2 menjadi produk Relion

ADA sebuah isu yang mengatakan bahwa Google Now menguras baterai iPhone dan iPad. Seperti dilansir iclarified.com, sejumlah pengguna iDevices telah mengajukan protes ke Google karena Google Now yang dijalankan via Google Search app begitu cepat menghabiskan daya baterai. Sejumlah peng-guna bahkan mengakalinya dengan cara mematikan Location Reporting. Nah, terkait dengan tuduhan tersebut, Google mela-lui situs Lifehacker langsung membantahnya.

Laporan mengenai Google Now yang menguras baterai tidaklah benar. Pihak Google memahami kekhawatiran kon-sumen ketika melihat icon Location Service yang selalu aktif saat mereka menggunakan Google Now. Banyak aplikasi yang tetap mengaktifkan icon yang memang menghabiskan baterai ponsel karena aplikasi tersebut membutuhkan lokasi yang akurat. (Sebagai contoh, sebuah navigation app yang harus menjalankan GPS tiap waktu untuk menjaga Anda agar tidak nyasar.

Google Now dibuat berbeda. Aplikasi ini menggunakan tower selular dan Wi-Fi hotspot untuk memberikan efek pemakaian baterai yang jauh lebih rendah.

Google juga menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan tes terhadap Google Now for iOS selama berbulan-bulan dan tidak menemukan laporan tertentu mengenai penggunaan baterai berlebih. Google bahkan menyarankan kepada semua pengguna iPhone untuk menjajal Google Search app selama beberapa hari secara terus menerus. Meski Google telah mem-buktikan tidak adanya berpengaruh pada baterai namun jika Anda kebetulan mengalami masalah tersebut, Google meminta Anda memberitahukan pada mereka dengan cara tap pada Feedback di setting app.

Nah, bagaimana dengan Anda pengguna iPhone dan iPad? Apakah Anda merasa penggunaan Google Now di Google Search app telah menguras baterai iDevice Anda? *

Pengadopsian Windows 8 belum bisa Kalahkan Windows 7

Relion RealPad Andalkan Pasar Luar JakartaRealPad paling diminati konsumen dengan penjualan sekitar 20 ribu unit sejak diluncurkan pada No-vember 2012.

Tablet tujuh inci dengan prose-sor ARM Cortex A9 satu giga hertz dan sistem operasi Android Jelly Bean itu dijual seharga Rp 2,1 juta dan menyasar segmen pengguna muda. “Konsumen cederung tidak lagi memperhatikan harga jual, tapi lebih melihat fitur dan spesifikasi,” kata Doni yang membandingkan tablet Bromo-2 dengan tablet Bromo-3.

Doni tidak menyebut persentase pangsa pasar tablet

Relion RealPad di Indonesia, hanya menyebut mereka masih berbagi pangsa pasar dengan sejumlah produsen tablet bermer-ek lokal. Berca Cakra Teknologi, lanjut Doni, merakit komponen-komponen tablet di Indonesia yang bekerja sama dengan sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK).

Relion, sebut Doni, mulai masuk di pasar perangkat teknolo-gi informatika sejak 2002 dengan menjual komputer personal meja (desktop PC) dan notebook. *ant

Dibantah, Google Now Kuras Baterai iPhone

Google+ Hangouts Memungkinkan Anda Kendalikan Komputer Lain Secara ”Remote”

ANDA pasti pernah merasakan runyamnya pu-nya kerabat yang agak gaptek dan seringkali mem-inta pertolongan Anda untuk memperbaiki komputer mereka. Parahnya, ketika Anda sampai di rumah kerabat Anda tersebut, masalahnya ternyata hanyalah sebuah masalah sepele, dan Anda telah repot-repot menempuh perjalanan jauh untuk sebuah masalah yang sebe-narnya bisa diselesaikan oleh kerabat Anda sendiri.

Seperti dilansir phandroid/gopego, untuk kasus semacam itu, Anda sebelumnya barangkali sudah memiliki sebuah aplikasi remote desktop untuk menangani masalah yang tidak memerlukan kehad-iran Anda secara langsung. Yang menarik, kini ada

sebuah solusi serupa dari Google untuk masalah tersebut, dan akan menjadi salah satu fitur yang ada di dalam Google+ Hangouts. Dengan meng-gunakan Hangouts, Anda akan bisa mengendalikan

komputer desktop kerabat Anda (dengan seizin mereka tentunya), sambil melakukan video chat den-gan siapapun yang sedang Anda bantu.

Singkatnya, fitur ini bagaikan sebuah tech support face-to-face yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Kehadiran fitur ini disampaikan langsung oleh Daniel Caiafa, dan dia mengkonfirmasi bahwa

tool yang digunakan merupakan tool serupa yang terdapat dalam Chrome Remote Desktop.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa men-gakses opsi View More Apps > Add Apps > Hang-outs Remote Desktop. Selamat mencoba! *

a

ri

gunakan Hangok

gb

seyapikini Ca

Page 22: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

INTERNET 10 - 16 Mei 2013

Studi menunjuk-kan bahwa ekspansi Facebook di AS, Inggris, dan negara-negara besar Eropa telah mencapai pun-caknya.

Survai yang dilakukan Socialbak-ers mengungkapkan bahwa Maret lalu, Facebook kehilangan 6 juta pengunjung dari Amerika Serikat (AS) atau turun sebanyak 4 persen. Sementara di Inggris, jejaring sosial itu kehilangan sekitar 1,4 juta pengguna atau turun seban-yak 4,5 persen.

Dalam enam bulan terakhir, Facebook telah kehilangan pengunjung bulanan sekitar 9 juta

DENGAN menampilkan fitur bergambar lucu dan unik sebagai pembeda dari aplikasi social chat lain, Line, aplikasi chatting ber-basis sosial gratis asal perusahaan Jepang berhasil mencetak 150 juta pengguna.

Layanan ini adalah salah satu yang paling populer di Asia dari aplikasi social chat lain. Aplikasi tersebut tersedia dalam 12 bahasa dan multiplatform yang menghubungkan pengguna iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, dan Nokia Asha, seperti dilansir then-extweb, belum lama ini.

Kabar ini datang di pekan yang sama dengan laporan yang menyebut volume aplikasi chat melampaui SMS selama 2012. Dilampauinya volume SMS oleh aplikasi chat merupakan pertama kalinya di industri konten.

Line memiliki pertumbuhan pesat di Spanyol dan sejumlah negara Amerika Latin. Negara di Afrika pun mulai mempunyai peran sehingga aplikasi besutan Naver, memiliki 150 juta pengun-duh dalam 23 bulan sejak pertama kali diluncurkan.

Bahkan, Line menambah 50 juta pengunduh baru dalam tiga bulan terakhir. Tentu ini menambah angka 100 juta kali aplikasi itu diunduh pada pertengahan Januari tahun ini.

Kesuksesan di Spanyol hanya dipandang menjadi sinyal bahwa Line memiliki potensi mewabah di pasar non-Asia. Tapi menurut Forbes, Spanyol masih dipegang WhatsApp yang menguasai 90 persen pengguna aplikasi social chat.

Line mengatakan, keberhasilan pertumbuhan di Spanyol, Me-ksiko, maupun Amerika Latin berkat layanan di perangkat murah, misalnya seri Nokia Asha.

Selain pengunduhan aplikasi chat, Naver sebagai pembuat aplikasi itu masih bisa memperoleh pendapatan dari konten virtual. Misalnya saja melalui penjualan stiker, atau game.

Pada Maret lalu saja, aplikasi pada permainan platform Line diunduh sebanyak 100 juta kali, itu membuk-tikan bahwa ada banyak keterliba-

tan oleh pengguna.Analis memperkirakan bahwa

permainan diunduh 1 juta kali hanya dalam satu hari dan total unduhan selama tiga hari mencapai 1,75 juta kali. Aplikasi ini diyakini membawa pendapatan kepada perusahaan Jepang itu sebanyak 1 juta dolar AS dalam 12 hari pertama saja.

Sekarang coba Anda bayang-kan pada skala yang lebih luas, dengan lebih banyak aplikasi dan lebih banyak pengguna. Line

mampu meraup pendapatan lebih besar lagi. *

PENDAPATAN Facebook dari periklanan di perangkat selular (mobile) tumbuh tujuh persen pada kuartal pertama 2013 dari penda-patan pada kuartal keempat 2012.

Pendapatan iklan mobile Face-book pada kuartal pertama 2013, seperti dilansir Reuters, mencapai 30 persen dari total pendapatan iklan pada periode itu.

Bisnis iklan itu menjadi kunci utama pemulihan pendapatan iklan Facebook secara keseluru-han setelah mengalami penuruan pada awal 2012.

Analis pasar Jefferies & Co,

DOMINASI Facebook dalam dunia jejaring sosial internet sudah mulai terancam oleh layanan baru seperti Instagram dan Path. Hasil survai terbaru menunjukkan tiap bulannya Facebook kehilangan jutaan penggunanya karena mereka mencari jejaring sosial lain yang lebih segar, seperti dilansir Guardian, belum lama ini.

di AS dan 2 juta di Inggris. Penu-runan jumlah pengguna juga terjadi di Kanada, Spanyol, Prancis, Jer-man, dan Jepang.

“Ada faktor kebosanan di mana orang ingin mencoba sesuatu yang baru. Apakah Facebook akan sep-erti MySpace? Kemungkinan relatif kecil, tapi itu bukan berarti tidak ada risiko,” kata analis media sosial dari Enders Analysis, Ian Maude.

Meski demikian, Facebook masih

berkembang pesar di kawasan Amerika Selatan. Menurut catatan Socialbakers, pengunjung bulanan Facebook di Brasil naik 6 persen pada Maret 2013 menjadi 70 juta.

Sementara itu, pengguna di India juga naik 4 persen menjadi 64 juta pada bulan lalu. Angka ini masih se-bagian kecil dari populasi di negara tersebut, yang berarti masih ada ruang bagi Facebook untuk terus tumbuh.

Jaringan sosial alternatif seperti Instagram, situs berbagi foto,

telah menjaring 30 juta peng-guna dalam 18 bulan sebe-lum Facebook mengakuisisi bisnisnya tahun lalu.

Instagram mengalami

pertumbuhan pesat hingga meraih 100 juta pengguna aktif pada Febru-ari 2013.

Selain itu, jejaring sosial Path juga telah menyerang kelemahan Facebook. Perusahaan ini didirikan mantan karyawan Facebook Dave Morin. Morin menjaga eksklusivitas layanan Path, dengan membatasi jumlah jejaring pertemanan maksi-mal 150 orang. Path, kini memiliki 9 juta pengguna, bahkan 500.000 orang Venezuela mengunduh aplikasi dalam sepekan yang hanya tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Para kompetitor yang sedang naik daun ini tentu membuat Face-book resah. Facebook mencari celah

bisnis dan terus berusaha menam-bah jumlah pengguna, salah satunya dengan mengembangkan layanan di perangkat mobile, terutama ponsel pintar.

Analis di Jefferies Bank melapor-kan penurunan pengguna dengan menggunakan algoritma yang ter-hubung langsung dengan perangkat lunak Facebook.

“Jumlah menit orang Amerika yang menghabiskan waktu berselan-car di Facebook mengalami penu-runan di mana rata-rata 121 menit pada Desember 2012, tapi itu turun menjadi rata-rata 115 menit pada bulan Februari 2013,” kata analis.

Facebook sendiri telah diperin-gatkan, dengan kenyataan bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu di depan komputer pribadi menurun dengan cepat karena bera-lih ke smartphone dan tablet.

Hingga akhir 2012, seperem-pat dari seluruh pendapatan iklan Facebook diraih dari layanan di perangkat mobile. Dan tercatat ada 680 juta pengguna yang mengakses Facebook dari ponsel. *

Selaisebagamempvirtualstiker,

tta

sk

b

Line Cetak Rekor Diunduh 150 Juta Kali

Windextwe

KamenyDilamkaliny

Facebook Sediakan ”Emoticon” BergerakSITUS media jejaring sosial Facebook me-

luncurkan simbol ekspresi wajah atau emoticon baru bagi para pengguna aplikasinya di iOS Apple dan Facebook Messenger di Android.

Emoticon yang disebut Finch itu diciptakan seniman ilustrasi Pixar Studio, Matt Jones, dan tersedia gratis dalam kantong emoticon ketika para pengguna aplikasi membuka fitur percaka-pan (chat).

Semula, Facebook bekerja sama dengan salah satu direktur Greater Good Science Program dari University of California Berkeley, Dacher Keltner, untuk mengusung pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan simbol ekspresi wajah pada percakapan teks.

Hasil riset dengan Keltner itu kemudian diwujudkan Matt Jones bersama Sam Hood melalui emoticon Finch yang dapat bergerak-

gerak bahkan ketika para pengguna aplikasi percakapan memencet simbol itu.

Josh Constine dari TechCrunch menyebut emoticon bergerak, seperti yang didesain Jones, berguna untuk menggantikan ekspresi wajah dan bahasa tubuh ketika dua orang melakukan percakapan dengan teks.

“Ekspresi wajah dan bahasa tubuh menarik perhatian orang ketika saling bertatapan, tapi kita berada di ruang gelap ketika (mengirim) pesan tidak sinkron dari jarak jauh,” sebut Constine seperti dikutip techcrunch.com.

Facebook telah meluncurkan sejumlah bentuk emoticon untuk menarik minta para pengguna aplikasi Messenger-nya sejak awal April. Emoticon dihadirkan agar Facebook Messenger dapat bersaing dengan layanan perpesanan lain seperti LINE dan Path. *ant

Pendapatan Iklan ”Mobile” Facebook Tumbuh Tujuh PersenRonald Josey mengatakan, pengguna layanan Facebook cenderung tidak menurun meski perusahaan Mark Zuckerberg itu mendapat persaingan dari Pinter-est dan WhatsApp.

Sebelumnya, Zuckerberg men-gatakan ada ruang bagi Facebook dan layanan pesaingnya untuk berkembang.

Facebook mengklaim jumlah penggunanya aktif tiap bulan mencapai 1,11 miliar akun dan sekitar 665 juta merupakan peng-guna aktif tiap hari.

Pengguna Facebook tiap bulan

yang dari perangkat-perangkat selular men-capai lebih dari 378 juta pengguna atau dua kali lipat diband-ing jumlah peng-guna pada 2012.

Zuckerberg juga menyebut layanan media berbagi foto Instagram telah tumbuh lebih cepat diband-ing Facebook.

*ant

Facebook mulai ”Basi”?

Page 23: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

PERNAHKAH terbayang di pikiran Anda seperti apa tren gadget masa depan? Seperti dilansir ubergizmo/gopego, di saat sebagian besar perangkat terkini dilengkapi touchscreen atau layar sen-tuh, Dhairya Dand and Rob Hemsley dari MIT Media Lab berupaya membawa teknologi ini ke level berikutnya.

Disebut Obake, sebuah layar elastis yang diharap-kan dapat membuka jalan untuk beragam implementasi teknologi. Screen ini ditempat-kan di permukaan yang elas-tis, di mana memungkinkan pengguna untuk mendorong, menarik dan juga pinch.

Ia mengatakan, terdapat kamera yang diletakkan di sekitarnya, sehingga me-mungkinkan permukaan layar untuk meniru apa yang dilakukan dengan jari-jari pengguna. Namun, untuk layar tetap dengan format dua dimensi, meski secara teori dapat ditarik dalam bentuk 3 dimensi. Untuk saat ini Obake masih dalam tahap prototype dan akan terus dikembangkan hingga dapat menawarkan bentuk baru dari interaksi layar 3 dimensi. *

APAKAH Anda bosan menggu-nakan earphone dan ingin berbagi musik yang ada di dalam smart-phone/tablet Android Anda, atau telinga Anda mulai terasa agak sakit karena terlalu sering menggunakan earphone? Mungkin kini sudah waktunya bagi Anda untuk menggu-nakan sebuah portable speaker.

Seperti dikutip dari androidpolice/gopego, jika Anda kebetulan tidak terlalu mempermasalahkan soal kualitas suara yang dihasilkan dan

Sony SRS-GC11IP

”Speaker Dock” dengan Fitur ”Alarm” dan Radio untuk iPhone 5

SRS-GC11IP adalah sebuah speaker dock yang kompatibel dengan Lightning connector milik Apple. Seperti dikutip dari phone arena/gopego, Sony SRS-GC11IP bukanlah speaker aktif biasa karena Anda bisa menjumpai fitur seperti alarm dan radio (AM dan FM) di dalam-nya.

Sony SRS-GC11IP tidak membutuhkan konektivitas melalui bluetooth maupun Wi-Fi, yang perlu Anda lakukan cukup atur iPhone 5

atau new iPod pada tempat yang telah disedia-kan dan Anda langsung bisa memainkan musik. Sony SRS-GC11IP juga didukung speaker dengan daya 0,8 watt dan juga didukung sebuah remote control untuk memudahkan pengopera-sian jika Anda sedang bersantai sambil tiduran.

Sony SRS-GC11IP akan dijual dengan harga 71 dolar AS. Namun, sayangnya pada saat ini Sony tidak mengumumkan apakah Sony SRS-GC11IP juga akan tersedia di pasar global. *

GOgroove, ”Portable Speaker” Murah Berbentuk Bugdroid

juga ingin memperlihatkan besarnya rasa afeksi Anda terhadap segala hal yang berbau Android, maka produk portable speaker berikut ini pasti sangat cocok untuk Anda.

GOgroove, adalah sebuah porta-ble speaker dengan bodi berbentuk bugdroid, alias robot yang menjadi maskot Android OS. Kualitas suara dari speaker ini memang biasa saja, tapi bodi ala bugdroidnya jelas sangat menggemaskan bagi para penggemar Android.

Output dari speaker ini hanya sebesar 8 watt saja dan mengguna-kan sebuah baterai lithium ion 850 mAh yang mampu bertahan untuk 6 jam pemakaian (tingkat volume maksimal). Konektivitasnya masih menggunakan kabel stereo 3,5 mm, tanpa dukungan untuk bluetooth.

Produk ini telah beredar cu-kup lama, tapi Best Buy baru saja memberikan diskon yang lumayan banyak dan menjadikan speaker ini hanya seharga 20 dolar AS saja. *

Obake, ”Touchscreen” Elastis Masa Depan

Page 24: Gadget Star. Bali Post. 10 - 16 Mei 2013

10 - 16 Mei 2013

APLIKASI permainan digital Angry Birds meluncurkan versi permainan baru yang memung-kinkan para pemilik akun Face-book bermain bersama di ponsel iPhone atau tablet iPad.

“Anda dapat menggunakan ponsel untuk menantang teman Facebook dalam permainan (berjudul) meletupkan babi dan melempar burung terakhir,” ungkap Rovio Entertainment Ltd selaku pemilik aplikasi Angry Birds di situs App Store, belum lama ini.

Aplikasi gratis berukuran 43,5 mega bit itu juga menyediakan tur-namen mingguan antar pengguna yang disertai piala kejuaraan.

Rovio menyebut aplikasi ber-nama Angry Birds Friends itu juga menyediakan fitur komentar dan pengiriman hadiah antar-sesama pemain dan akan muncul di hala-man Facebook masing-masing

ROCSTAR Games telah merilis 4 buah video baru untuk sekuel ter-baru dari game terlaris mereka yaitu Grand Theft Auto V.

Seperti dilansir slashgear/

WORMS 2: Armageddon telah hadir lebih dulu untuk perangkat iOS pada pertengahan tahun lalu dan sekarang game keren ini juga hadir untuk perangkat Android.

Seperti dikutip dari play.google.com, sama seperti original Worm pada PC, Worms 2: Armageddon untuk Android juga masih me-nawarkan gameplay yang sama tapi dengan beberapa peningka-tan. Worms 2: Armageddon untuk perangkat Android menawarkan 30 misi pribadi, 5 tema baru ter-masuk Cheese, Construction, dan Sports, dan Anda bisa membuat profil Worm milik Anda sendiri. Dan yang membuat permainan Worms 2: Armageddon menjadi lebih menarik adalah Anda bisa bermain game keren ini dengan teman-teman Anda melalui konek-tivitas Wi-Fi atau perangkat yang sama.

Worms 2: Armageddon me-mang menawarkan permainan yang menyenangkan, tapi game keren ini memang tidak tersedia

OUYA, konsol game Android yang akan tersedia mulai 4 Juni menda-tang ini telah bersiap memanjakan gamer dengan banyak game. Setelah beberapa waktu lalu menjalin kemitraan dengan 10.000 developer game, kini Ouya mulai mengungkap salah satu game eksklusif. Seperti apa?

Seperti dikutip dari slashgear/gopego, Soul Fjord yang merupakan judul game yang baru saja diungkap Ouya ini memang masih belum tersedia untuk saat ini, tapi akan hadir dalam waktu dekat. Game ini mengusung aspek musik yang dikemas dengan aksen fantasi. Game dimulai dengan viking afro Magnus Jones yang dikirim oleh Oden untuk menunaikan tugas. Game ini masih mengusung gambaran umum men-genai tokoh protagonis yang akan menghadapi musuh dengan berbagai atribut dan senjata. *

Angry Birds Pertemukan Pengguna Facebook di iOS

Trailer Terbaru Grand Theft Auto V Tampilkan Tiga Karakter Utama

gopego, video terbaru menggabung-kan seluruh video tersebut untuk menampilkan ketiga karakter utama dalam game yaitu Michael, Franklin, dan Trevor. Penggunaan 3 kara-

kter tersebut merupakan jawaban dari Rockstar Games terhadap para gamer yang selama ini selalu mendambakan hadirnya pilihan untuk karakter yang paling mewakili

diri mereka. Karakter pertama yang ditampilkan adalah Michael, seorang pria berkeluarga dengan kehidupan yang biasa-biasa saja. Namun, krisis paruh baya akhirnya menghampiri

dan istrinya melakukan persel-ingkuhan, dan Michael memiliki kecenderungan untuk melakukan kekerasan serta menghancurkan kendaraan-kendaraan. Soundtrack untuk karakter ini adalah Radio Gaga dari Queen.

Berikutnya adalah Franklin, seorang bodyguard tulen dengan pengalaman baku tembak yang sangat banyak. Franklin sudah bosan dengan hidupnya yang penuh kekerasan. Jika Michael memiliki kecenderungan untuk larut dalam kejahatan, Franklin justru ingin lepas dari dunia kekerasan.

Yang terakhir adalah Trevor, seorang pengedar obat-obatan terlarang yang sangat-sangat jahat. Dia bekerja sama dengan Michael dan Franklin, dan satu-satunya hal yang membahagiakannya adalah melakukan kejahatan. Cinematic untuk karakter ini dijamin penuh dengan kekerasan.

Grand Theft Auto V siap beredar di pasaran pada 17 September 2013, dan akan tersedia untuk berbagai macam platform (konsol & desktop PC). Untuk saat ini, masih belum ada rilisan untuk PlayStation 4 dan juga Xbox generasi terbaru, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Rockstar Games akan lang-sung merilisnya begitu kedua konsol tersebut beredar. *

pemain. Tentu saja para pemilik perangkat bersistem operasi iOS Apple itu harus masuk (log in)

dengan akun Facebook mereka sebelum memainkan aplikasi Angry Birds Friends. *ant

gratis baik untuk perangkat iOS maupun Android. Jika berminat Anda bisa mendap-atkan Worms 2: Armageddon melalui Google Play Store dengan harga 4,99 dolar AS. Anda berminat dengan Worms 2: Armageddon? *

Worms 2: Armageddon Hadir untuk Android Devices

Ouya Siap Hadirkan Game Eksklusif Soul Fjord