gadget-star. 22 - 28 juni 2012

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 24-Mar-2016

260 views

Category:

Documents


16 download

DESCRIPTION

Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

Games24 22 - 28 Juni 2012

Penerbit : PT Bali Post

MUSIM panas di Amerika akan mulai hanya dalam hitun-gan minggu, dan seiring bergan-tinya musim, Rovio akan menel-urkan kembali seri terbaru dari Angry Bird Seasons yang dapat dinikmati semua negara di dunia, termasuk Indonesia yang hanya mengenal dua musim.

Versi terbaru nanti akan memiliki level baru sebanyak 30 level untuk memeriahkan keceri-aan di musim panas.

Tema yang diambil Rovio un-tuk Angry Birds Seasons kali ini adalah Piglantis (slang dari kata Atlantis), berupa reruntuhan ban-gunan yang dipenuhi babi-babi

Piglantis, Seri Terbaru Angry Birds Seasons

hijau musuh para burung ini. Di musim terbaru ini akan

ditawarkan gaya permainan yang sedikit ditingkatkan, karena Anda dapat melempar burung ke air, di mana efek dari lemparan ini akan mempengar-uhi kestabilan tempat pijakan para babi. Cukup bagus untuk menghilangkan kesan monoton yang begitu-begitu saja.

Seri terbaru Angry Birds Sea-sons Piglantis ini, seperti yang dikutip dari Teknoup, sudah da-pat dinikmati baik untuk platform iOS atau Android. Silahkan kun-jungi App Store atau Google Play sesuai jenis perangkat Anda. *

DORAEMON dan Nobita tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat. Doraemon serta Nobita menjadi tokoh kartun favorit, mulai dari anak-anak hingga remaja, maka tidak salah jika gamenya pun men-jadi incaran para pecinta game.

Ada beberapa aplima-si game Doraemon yang bisa di-download baik dengan iPhone, iPad dan iPod:

Doraemon™Aplikasi pertama bernama

Doraemon™, berisi sejarah sing-kat mengenai Doraemon, galeri foto lucu Doraemon serta tema Doraemon. Aplikasi ini tersedia secara gratis di iTunes dan bisa langsung di-download. Aplikasi ini juga kompatibel untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod dengan minimal requitements iOS 3.0.

Doraemon Fishing+Game Doraemon Fishing+. Game

Berpetualang Bersama Game Doraemon

yang memberikan sensasi me-mancing antara dua tokoh utama yakni Nobita dan Doraemon. Dalam game ini ada 34 animasi ikan yang lucu dan unik yang harus kita panc-ing, dan masing-masing ikan tersebut mempunyai poin.

Dalam permainan ini ada tugas yang harus dikerjakan pecinta game dan cukup sederhana, yakni memancing ikan sebanyak-ban-yaknya dan yang harus dihindari yakni memancing sosok ikan hiu yang justru bisa memakan karakter Nobita dan Doraemon. Sementara yang menarik kita akan melihat

salah satu ikan yang justru wajah-nya mirip dengan karakter tokoh Doraemon lainnya seperti Giant Takeshi atau Suneo.

Selain ikan, kita bisa menangkap gelembung air yang bisa meningkat-kan kekuatan kita. Satu lagi, kita bisa menantang teman-teman kita di Twitter dan jejaring sosial untuk memainkan game ini.

Doraemon Fishing 2Game Doraemon Fishing 2 meru-

pakan sekuel dari game Doraemon Fishing+. Bedanya dalam game ini selain Nobita dan Doraemon, kita bisa memainkan 2 karakter lain, yakni Shizuka dan Pisu, seekor Dinosaurus yang kita temui dalam salah satu film Doraemon. Tugas yang harus kita lakukan masih sama, yakni menangkap 30 karakter ikan lagi dan mendapatkan poin yang sebanyak-banyaknya. Kita juga dituntut untuk menghindari sosok hiu yang justru akan membunuh kita.

Pada game memancing Do-rameon seri kedua ini, kita juga bisa melakukan sliding ke hewan-hewan di laut seperti kepiting yang justru mengganggu kita ketika memancing. Ada juga lampu yang bisa kita guna-

kan ketika dalam suasana kegela-pan dan kita bisa mematikannya begitu sudah terang kembali.

Masih banyak game-game skuel

Doraemon lainnya. Jika tertarik untuk berpetualang bersama Dorae-mon dan Nobita download segera game tersebut. *dwi

net

Page 2: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

TOP NEWS2 AKSESORI 23

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra.Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita. Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657, 416676. Faksimili: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi/Pengaduan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

Lindungi BlackBerry dengan Cover dan Holster

EBUAH paten diketahui telah didaftarkan Samsung kepada kantor paten Amerika Serikat (USPTO) yang akan me-matenkan stilus S Pen generasi kedua untuk layar sentuh kapasitif.

S Pen generasi pertama sebagaimana diketahui telah dipakai di Galaxy Note 5.3 inci, namun dalam aplikasi kali ini terung-kap berbagai fitur yang mungkin akan datang di seri Note atau tablet Galaxy Note 10.1 generasi mendatang.

S Pen generasi kedua ini, seperti yang dikutip dari Teknoup dimaksudkan untuk memanipulasi tablet agar mengira disentuh jari.

S Pen ini memiliki koneksi NFC serta komunikasi suara dengan chip built-in seperti stilus pada Asus PadFone. Den-

gan demikian stilus ini akan bisa digunakan sebagai headset untuk berbicara.

Selain itu S Pen ini juga akan menggunakan material seperti karet konduktif yang disebut ePen Grip. Dengan material ini maka stilus akan mengirimkan aliran listrik mikro dari badan ke layar kapasitif sehingga akan menipu layar yang menganggap sedang disentuh jari. Dengan demikian, maka lag atau jeda yang bisa terjadi pada stilus akan hilang atau dapat dikurangi sehingga makin mirip dengan sentu-han jari.

*

Samsung Siapkan S Pen Generasi Kedua untuk Tablet Layar Kapasitif

BLACKBERRY merupakan salah satu ponsel yang memiliki banyak ragam aksesori. Holster dan cover merupakan pelindung ponsel BlackBerry itu sendiri.

Cover pelindung jenis ini menyerupai silicone case, yang ter-buat dari bahan yang lebih keras, seperti dari plastik (fiber) atau plakat. Pelindung cover ini memang masih banyak yang menggu-nakan sebagai pelindung ponsel.

Pelindung cover dapat menambah menarik penampilan ponsel BlackBerry.

Fungsi sebagai pelindung dianggap hanya melindungi bagian ponsel yang tertutup cover. Sementara, bagian sisi yang tidak tertutup cover maka dapat mengakibatkan lecet pada ponsel.

HolsterPada umumnya ketika konsumen membeli ponsel BlackBerry,

di dalam paketnya sudah diberikan sebuah sarung. Sarung model seperti itu dinamakan holster. Sarung holster BlackBerry tidak sama dengan sarung-sarung kulit lainnya untuk ponsel merek lain.

Holster dapat difungsikan selain untuk melindungi ponsel BlackBerry dari benturan, juga dapat menyesuaikan secara oto-matis pada ponsel BlackBerry.

Pada holster, di dalamnya terdapat sebuah magnet, di mana fungsinya adalah bila ponsel BlackBerry dimasukkan ke dalam sarung holster tersebut, maka BlackBerry akan menjadi terkunci.

Tidak akan mungkin tombol-tombol BlackBerry tertekan tanpa tidak sengaja, sebab dalam kondisi terkunci secara otomatis. *kup

EDIKIT mundur dari yang dijadwal-kan, namun akhirnya update Android 4.0 untuk tablet Sony P telah dirilis belum lama ini. Awalnya update tersebut dijadwalkan untuk rilis di

bulan April hingga terakhir diundur hingga tang-gal 24 Mei yang juga diundur kembali.

Seperti dikutip dari situs resmi Sony, meski tablet Sony P mungkin tidak begitu terdengar di Indonesia, namun bagi penggunanya update

ini membawa sejumlah perubahan untuk tablet dual layar yang saat diluncurkan masih men-jalankan OS Honeycomb.

Yang paling terlihat adalah adanya Small Apps terbaru yang menawarkan akses Win-dows yang lebih kecil untuk browser, calculator, dan fungsi kontrol media. Update juga memba-wa tambahan kemampuan fotografi panoramik, browsing yang lebih cepat, hingga akses ke kamera dari lock screen. *

SELAIN vendor Samsung, vendor LG tampaknya tak mau ting-gal diam untuk menjajal pasar dengan Android mininya. Baru-baru ini vendor LG menghadirkan tiga varian ponsel Android terbarunya. LG Op-timus L3 a.k.a E400 adalah senjata andalan LG untuk berebut pangsa pasar di segmen Android mini.

Dikutip dari situs resmi ponsel tersebut, LG Optimus L3 memiliki layar 3.2 inci dan termasuk yang paling kecil dibandingkan dengan seri L5 dan L7 yang memiliki layar 4.0 inci dan 4.2 inci. Walaupun dengan layar mini yang hanya 3.2 inci, akan tetapi ponsel LG Optimus L3 telah menggunakan prosesor Cortex A5 800Mhz.

Untuk mendampingi prosesor tersebut, ponsel buatan vendor asal Korea Selatan ini didukung oleh memori internal sebesar 1 GB dan mendapatkan tambahan 150 MB untuk menunjang penggunaan ap-likasi. Selain itu juga terdapat slot kartu memori yang dapat digunakan hingga 32 GB. Sistem operasi yang digunakan dalam LG Optimus L3 a.k.a E400 ini adalah OS Android 2.3.5 (Gingerbread).

Mengenai kemampuan kamera, pengguna tidak perlu khawatir lagi. Dibandingkan dengan kompetitornya Samsung Galaxy Young, smart-phone ini menggunakan kamera autofocus 3 MP. Ponsel dengan berat 119 gram ini hadir di Indonesia dengan kisaran harga Rp 1.299.000. Harga tersebut hampir sebanding dengan harga ponsel Android Sam-sung Galaxy Young.*ade

Cyrus TV Pad, Tablet Android Berfasilitas TV Analog

CYRUS TV Pad merupakan tablet Android pertama yang memiliki fitur televisi analog. Produk ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang tinggi dengan perangkat yang memberikan solusi multimedia.

Tablet Cyrus TV Pad ini menggunakan sistem Android 3.2 Gingerbread yang dilengkapi dengan antena khusus televisi analog yang bisa dipanjang-kan layaknya antena rumah.

Sementara untuk streaming TV, Cyrus TV Pad mengandalkan jaringan Wi-Fi dan 3G.

Cyrus TV Pad memiliki ukuran 193,5 x 126,4 mili-meter dengan ketebalan 14 milimeter, sedangkan untuk layarnya merupakan WVGA TFT LCD dengan resolusi 800 x 480 piksel.

Dalam posisi vertikal, di bagian atas terdapat an-tena televisi, port untuk charger, dan tombol power.

Di bagian kanan terdapat tombol untuk peng-aturan volume suara dan di bagian bawah terdapat port untuk earphone.

Cyrus TV Pad memiliki aplikasi Cyrus TV Pad dan Cyrus FM Radio yang bisa diakses secara ana-log, sehingga tidak membutuhkan akses internet. Untuk mengisi baterai diperlukan waktu sekitar 3,5

jam. Jika dinyalakan tanpa penggunaan, tablet bisa bertahan selama 8 jam. Jika digunakan menonton televisi, mendengarkan radio, atau browsing internet, maka tablet hanya akan ber-tahan selama kurang lebih 3 jam.

Untuk pengoperasian kamera, bisa diguna-kan seperti halnya menggunakan kamera pada smartphone. Selain bisa memotret, kamera Cyrus TV Pad dengan lensa 5 megapiksel ini bisa juga digunakan untuk merekam video. Cyrus TV Pad Dilengkapi juga dengan game seperti Angry Birds Rio, AirAttack HD, Pinball HD for Tegra, Stupid Zombie, dan YooNinja Free.

Bagi yang suka browsing internet, Cyprus TV Pad juga sudah dilengkapi dengan browser standar yang bisa men-download browser lain yang tersedia di Android Market, misalnya Opera Mini. Untuk beberapa jejaring sosial, pengguna tidak membutuhkan browser untuk mengakses website tersebut, melainkan bisa langsung dari aplikasi. Aplikasi Facebook, Twit-ter, Ubersocial, LinkedIn, Yahoo Messenger. Tablet ini juga bisa digunakan untuk tethering internet hingga digunakan 5 perangkat. *aya

Android Mini Bersaing Ketat

Spesifikasi:

Cyrus TV Pad memiliki ukuran 193, 5 x 126, 4 x 14 mm, dengan layar WVGA TFT LCD (800 x 480).

Dilengkapi prosesor MV 955, 806 MHz, dengan memori 512 MB flash ditambah 512 MB RAM, dan Micro SD hingga 32 GB.

Konektivitas menggunakan bluetooth, Wi-Fi, Edge, WCDMA, dan Mini USB.

Jaringan menggunakan HSUPA/HSDPA/WCDMA/EDGE/GPRS/GSM dilengkapi dengan sensor GPS, G-sensor.

Untuk multimedia, tablet ini memiliki kamera 5 Megapixel dengan autofocus, FM Radio, MP3 Player, dan MPEG4 (video).

Sony Tablet P Tampil Memikat dengan Android 4.0.3

Spesifikasi:

- 59.9 x 101.2 x 12 mm- Google Android 2.3.5, Browser devices running this OS- 3.2 Inchi, 240 x 320- GSM850, GSM900, GSM1800, GSM1900, UMTS900, UMTS2100- Wi-Fi 802.11b, 802.11g, 802.11n- FM radio (87.5-108MHz) with RDS- Camera 3.1 MP support autofocus- Video player: MP4/H.264/H.263/WMV player- Music Player: MP3/WAV/WMA/eAAC+ player- Prosesor Cortex A5 800Mhz- Internal Memory 1 Gigabyte- Eksternal Memory up to 32 Gigabyte.

KINI banyak jenis atau model charger yang digunakan masyarakat. Namun, kini banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan Mini Multi Charger ini sebagai alat untuk mengisi daya baterai pada ponsel.

Charger ini disebut dengan Mini Multi Charger karena memiliki banyak kegunaan dan bisa digu-nakan untuk segala merek ponsel.

Mini Multi Charger memiliki 4 macam kegunaan yaitu bisa digu-nakan pada segala tipe ponsel, bisa digunakan pada iPhone dan iPad dan pada segala tipe ponsel BlackBerry, dan yang terakhir Multi Charger yang bisa diguna-kan saat di mobil, sehingga pada saat berpergian dan saat kita mengendarai mobil, tidak usah khawatir lagi karena Mini Multi Charger ini memiliki model yang sangat simpel sehingga mudah dibawa saat berpergian ke mana-mana jika mengendarai mobil. Harga promosi Mini Multi Charger ini berkisar Rp 55.000.*tya

BELAKANGAN ini head-set wireless banyak diburu masyarakat, baik dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Hal ini disebabkan karena headset wireless tidak merepotkan kita dalam segi penggunaannya. Jika menggunakan headset biasanya, kabel pada headset sering memberikan batas dalam gerak kita, sedangkan headset wireless karena tidak menggunakan kabel maka memberikan ruang yang cukup dalam bergerak.

Saat ini muncul Jabra BT2045 bluetooth headset yang memiliki kelebihan yaitu yang bisa diguna-kan dalam benda apa pun seperti ponsel, laptop, iPad, tablet dan lain-lainnya yang terdapat dalam perangkat bluetooth. Dengan bentuk yang mini, sangat nyaman

Mini Multi Charger Diburu

Jabra BT2045 Bluetooth Headset makin Larisdigunakan di mana pun, kapan pun dan pada saat apa pun. Den-gan warna hitam metalik membuat tampilan bluetooth headset ini terlihat lebih gagah.

Menurut penjual aksesori Indoraya di Denpasar, Jabra

BT2045 bluetooth headset ser-ing diburu masyarakat baik dari kalangan remaja, dewasa, hingga orang tua sekali pun dengan ber-bagai profesi yang berbeda dari pegawai swasta, pegawai negeri dan lain-lainnya. *ila

Page 3: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

KOMPUTER22 TOP NEWS 322 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

MOTOROLA tak pernah surut inovasi. Menyadari kancah per-saingan makin sengit, kemudahan dan keunggulan produk pun makin digeber kepada pasar. Salah satunya memperkenalkan smart-phone yang cocok bagi mereka yang aktif yakni, Motorola Mobility berfasilitas anti-air, anti-gores, dan anti-debu. Selain itu ukuran baterai besar dan usia baterai yang lebih lama, Motorola DEFY ™ XT dan dual-SIM DEFY ™ MINI memungkinkan pengguna siap untuk social survival ke mana pun pergi tetap terhubung lebih lama.

Layar sentuh Gorilla ® Corning ® Glass dengan tampilan berwar-na cocok untuk membaca email, SMS dan berselancar di dunia maya. Kedua Motorola DEFY XT dan Motorola DEFY MINI meng-gunakan baterai 1700 mAh yang ekstra kuat memberikan Motorola DEFY XT dan Motorola DEFY MINI masing-masing memiliki 9,5 dan 9 jam waktu bicara.

Motorola DEFY XT mengguna-kan kamera 5-megapiksel semen-tara Motorola DEFY MINI meng-gunakan kamera 3-megapiksel. Keduanya memiliki kamera VGA depan untuk berhubungan dengan teman, sedangkan berselancar di dunia maya atau hanya bersantai di rumah. Menampilkan desain antarmuka yang intuitif dengan bermacam widget media sosial maupun aktivitas lainnya.

Motorola DEFY XT dan DEFY MINI juga memiliki otak untuk mengetahui apa yang paling pent-ing bagi pengguna dan bagaima-na mendapatkannya secepatnya.

OS Android belum Siap dengan Prosesor Quad Core

SEPERTI yang pernah diberitakan ponsel Android mulai menggunakan logo Intel Inside, seperti yang sudah diluncur-kan di India belum lama ini.

Intel sebagai perusahaan produsen prosesor paling terkenal di dunia sekaligus pemimpin pasar akhirnya berniat memasuki dunia smartphone untuk bersaing dengan Qual-comm, Nvidia, Samsung, Texas Instrument dan lain-lain.

Intel mengkritik para pesaingnya yang sudah merilis chip-set quad core. Melalui General Manager Intel Mobile and Communication Groups, Mike Bell seperti yang diberitakan Teknoup, mereka menyatakan dari cara yang diterapkan sekarang, OS Android tidak membuat sebuah penggunaan yang efektif dari prosesor multicore karena terus terang saja, untuk membereskan hal ini sebenarnya bisa dilakukan

vendor yang memproduksi System on Chip (SoC), tetapi mereka hanya belum peduli untuk melakukannya.

Terlihat bahwa ia sebenarnya menyatakan bahwa pesa-ing mereka seharusnya beru-saha memperbaiki dukungan multitasking OS Android, daripada hanya berfokus ke perangkat keras. Contohnya jika akan ada prosesor 6 core, kalau software-nya tidak dioptimalisasi dengan baik maka tidak ada keuntun-gan dari penggunaan prose-sor 6 core tersebut. *

Motorola Geber Dua Smartphone Andal HTC Rilis Dua Android Terbaru

Mereka adalah smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan fitur Moto-Switch, sebuah user interface yang akan mempelajari lagu favorit Anda, siapa yang pal-ing sering Anda hubungi dan aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Dengan cerdik MotoSwitch mengumpulkan semua preferensi Anda dan menyimpannya, yang berarti Anda akan menjadi sangat terorganisasi dan Anda akan memiliki banyak waktu ekstra di tangan Anda.

Tak hanya itu, Motorola DEFY XT dan Motorola DEFY MINI adalah smartphone Android ™, di mana memiliki akses langsung ke lebih dari 500.000 game, aplikasi, musik, buku dan film yang tersedia di Google Play™.

Motorola DEFY XT dan Mo-torola DEFY MINI bergabung dengan Motorola DEFY™+, yang telah lebih dulu tersedia di pasaran. Motorola DEFY+, yang dilengkapi dengan layar sentuh 3,7 inci beresolusi tinggi ini, juga tahan air, anti-gores, dan anti-debu. Ponsel ini memilki prosesor 1GHz pro-cessor dan baterai 1700 mAH dengan waktu bicara hingga 7,1 jam serta waktu siaga hingga 20 hari. *gun

HTC pada 2012 ini kembali mengisi pilihan pasar kalangan menengah dan segmen premi-um dengan dua pilihan, yakni HTC One Series One X dan One V. Kedua ponsel pabrikan HTC ini berdesain full touchscreen dengan men-gusung teknologi OS Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Tipe One X yang dibanderol di kisaran Rp 6 jutaan per unit, sementara harga One V dipa-tok setengahnya.

Harga yang berbeda tersebut membedakan pula fitur maupun layanan yang ditawarkan pada masing-masing tipe. Salah satunya, di sisi fitur One X menawarkan sederet teknologi terbaru. Di antaranya, chipset generasi terbaru Nvidia Tegra 3 empat inti (quad core) dengan clock 1.5 GHz, kapasitas RAM 1 GB, serta ruang memori internal sebesar 32 GB.

Kondisi tersebut diperkuat pula dengan fitur layarnya yang sudah 4,7 inci mengusung kaca kapasitif super IPS LCD2 dengan kerapatan 720 x 1280 piksel.

Dari informasi berbagai sumber situs resmi, fitur yang ditawarkan tipe One X ini menonjol-kan fitur kamera dan musik. Hal itu dibuktikan dengan komposisi lensa kamera One X yang

sudah mencapai 8 megapiksel, sehingga diklaim dapat menghasilkan gambar sebaik kamera tradisional. Ditambah pula dengan adanya sistem image sense, itu membuat pon-sel ini dapat mengambil gambar hanya dalam sekian detik.

Di bidang audio, jajaran HTC One X series ini diperkuat Beats By Dr. Dre Audio, di mana itu merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas audio. Teknologi audio pada seri One X ini akan membuat suara yang dihasilkan akan lebih kuat dibandingkan ponsel sejenis di kelasnya.

HTC One X ini tersedia dalam dua pilihan warna white polar dan glamour grey. Sementa-ra itu, tipe HTC One V meski harganya murah untuk menyasar kalangan menengah, namun fitur yang diadopsi tidak kalah bagusnya den-gan tipe sejenis di kelasnya.

Hal itu bisa dilihat dengan mengadopsi res-olusi kamera sebesar 5 megapiksel ditopang juga image sense, sistem audio Beats By Dr. Dre Audio. Semua itu membuat seri One V ini menjadi ponsel yang menggiurkan karena den-gan harga murah, konsumen bisa menikmati fitur ponsel yang tidak murahan. *man

SAMSUNG meluncurkan notebook terbaru Series 9 den-gan ketebalan hanya 0,5 inci dan diklaim sebagai notebook tertipis di dunia saat ini.

Walaupun tipis, spesifikasi hardware tetap canggih. Notebook ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi tetapi mem-butuhkan perangkat yang mampu bekerja ekstra.

“Series 9 menggabungkan kinerja tinggi dengan desain tipis dan elegan,” kata Business Director Samsung Indonesia Sung Khiun di Jakarta, seperti yang diberitakan Antara News.

Samsung menanamkan prose-

Ketebalan Notebook Samsung Terbaru hanya 0,5 Inci

sor Intel Core i5, RAM sebesar 4 GB DDR3, dan penampung data 128GB SSD.

“Produk ini menyasar kelas me-nengah atas yang mengedepankan desain dan kualitas tinggi,” kata Sung Khiun.

Selain itu, kualitas tampilan layar LED berukuran 13,3” ini didukung prosesor grafis Intel HD 3000 seh-ingga dapat memutar video HD+. Samsung membalut notebook ini dengan aluminium berwarna biru keabu-abuan mineral dengan berat 1,16 kg.

Untuk urusan kekuatan baterai, Samsung mengklaim notebook ini dapat bekerja hingga tujuh jam

dengan mengguna-kan bat-erai Li-Polymer 40Wh dan mampu menyala dalam waktu 9,8 detik. Karena mengedepankan desain yang super tipis, Samsung tidak menanamkan DVD Room pada Series 9.

Dari segi keamanan, Sam-sung mempercayakan sepenuhnya pada Mi-crosoft sebagai penyedia perangkat lunaknya. Samsung baru akan melepas Series 9 ke pasaran pada 22 Juni di blibli.com dengan harga sekitar Rp 13 jutaan. *

Facebook telah Terintegrasi di OS Apple Baru

SISTEM operasi Apple terbaru, OS X 10.8 Mountain Lion dan iOS 6, telah mengintegrasi-kan situs jejaring sosial Facebook.

“Kami telah bekerja sangat erat dengan Fa-cebook untuk menciptakan integrasi di perangkat komunikasi genggam,” kata Senior Wakil Presiden Apple, Scott Forstall, dalam World Wide Developers Conference (WWDC) di California Amerika Serikat seperti yang diberitakan Antara News.

Integrasi Facebook di iOS 6, se-bagaimana Twitter di iOS 5, meng-hadirkan layar sosial di iPhone dan iPad selain Safari, Maps, Siri,

FaceTime, dan fitur-fitur lain.

Selain iOS 6, halaman Facebook akan dapat diakses pula di sistem operasi Mountain Lion di berbagai perangkat Mac.

The Washington Post menyebut integrasi Facebook di sistem operasi Apple telah me-nyingkirkan hambatan-hambatan kerja sama sebagaimana terdapat pada sistem operasi Apple sebelumnya, iOS 5.

Kerja sama Facebook-Apple, akan mengun-tungkan bagi kedua perusahaan yang berbasis di California itu.

Facebook akan mendapatkan peningkatan aktivitas para penggunanya melalui perangkat Apple, begitu pula Apple akan makin populer di jejaring sosial agar mampu berkompetisi dengan Android dan Windows. *

Dell Luncurkan Laptop Bisnis Latitude

14 inci, Latitude E6230 (12,5 inci), E6330 (13,3 inci), E6430 (14 inci) dan E6530 (15,6 inci).

Laptop yang dijual mulai $1.400 itu disertakan garansi tiga tahun, layan-an service on side atau antar jemput. Dell mampu melayani di 222 titik kota di Indonesia tergantung kode pos wilayah-wilayah. *

PRODUSEN komputer, Dell, melun-curkan laptop bisnis Latitude dengan mengedepankan sistem keamanan, ketangguhan, dan kemudahan manajemen.

“Laptop ini akan menunjang solusi bisnis yang dapat mem-bantu produktivitas untuk meraih maksimal. Model itu menawarkan antarmuka yang dinamis, fleksibel, dan desain yang stylish,” kata Man-aging Director Dell Indonesia Pieter Lydian dalam jumpa pers seperti yang diberitakan Antara News.

Laptop itu menggunakan teknologi StrikeZone shock absorber, Fast Re-sponse Free-Fall Sensor dan penam-bahan isolasi karet pada hard drive untuk memproteksi data dari goncangan dan jatuh.

“Lapisan karet, kami letakkan di sekitar layar sehingga ada jarak antara keyboard dan layar sehingga tidak menimbulkan bekas pada layar serta menjaga debu agar tidak masuk,” kata Senior Brand Manager Client Product Solution Mar-keting Johny Dermawan.

Dari sisi kinerja, laptop itu didu-kung prosesor Intel Core i generasi ketiga, RAM sebesar 2 GB, opsi 128 GB SSD dan Express Charge,

produktivitas baterai tahan hingga 32,7 jam dengan opsi baterai 9 cell. Dell juga menyertakan aplikasi bisnis Intel vPro Systems management Intel Active Management Technology 8 dan USB 3.0 memungkinkan transfer data lebih cepat 10 kali lebih dibanding USB 2.0.Dell Latitude menawarkan Dell Data Protection I Encryption dan

FIPS (Federal Information Processing Standards) dengan tingkat keamanan paling tinggi. Aplikasi antimaling untuk melacak keberadaan laptop yang hilang bahkan menghapus data laptop dari jarak jauh. Dell Latitude diproduksi dalam beberapa tipe yaitu Dell Latitude E6430s yang berukuran chasis 13,3 inci dengan layar sebesar

Page 4: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

RUMOR4 KOMPUTER 2122 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

CEO Nokia, Stephen Elop, mengungkapkan rencana perusa-haannya untuk masuk ke pasar ponsel terjangkau dengan jaja-ran produk Windows Phone baru, bukan cuma dari Symbian.

Pernyataan ini diungkapkan dalam sebuah acara konferensi dengan para investor perusahaan beberapa saat lalu.

Satu-satunya handset kelas dasar Windows Phone dari Nokia yang beredar saat ini adalah Nokia Lumia 610, dan menurut Elop akan segera hadir lebih banyak lagi produk Lumia yang bahkan dengan harga lebih murah.

Untuk memperoleh target tersebut, Nokia akan dibantu Microsoft yang sedang melakukan perbaikan dan optimisasi Tango yang ditujukan untuk handset kelas dasar.

Saat ini pangsa smartphone kelas bawah didominasi handset Android. Oleh karena itu, menurut Stephen Elop Nokia seperti yang diberitakan Teknoup, perlu untuk bersaing secara agresif melawan Android. Sayangnya, Elop tidak menyebutkan secara spesifik kapan jajaran produk Lumia dengan harga terjangkau ini akan siap diluncurkan. *

TEKNOLOGI terus berkembang, sebentar lagi mungkin Anda hanya perlu membawa ponsel dan tetap aman meninggalkan dompet di ru-mah, karena fungsi kartu ATM (anjungan tunai mandiri) akan digantikan ponsel Anda yang pintar.

Sebuah aplikasi dari Royal Bank of Scotland (RBS) Natwest dapat me-narik uang tunai lebih dari 100 poundsterling menggunakan ponsel pintar.

Untuk bisa menarik uang di ATM, pelanggan bisa mengunduh programnya ke ponsel pintarnya lalu diberikan kode enam digit agar dipergunakan ketika bertransaksi di mesin anjungan tunai mandiri.

Teknologi ini adalah kemajuan terbaru dalam perjalanan ponsel pin-tar sebagai dompet digital. RBS mengklaim bahwa sistem baru ini akan membantu pelanggan yang kerap lupa dengan kartu ATM-nya atau bagi orang yang harus segera mengirimkan uang ke sanak famili mereka.

Menurut salah seorang petinggi di RBS, Natwes Ben Green, seperti yang diberitakan Antara News, sejak diluncurkan hingga saat ini tercatat sudah ada 2,6 juta orang di Inggris yang menginstal aplikasi ini di pon-sel pandai mereka. *

Nokia Siapkan Seri Lumia Murah untuk Saingi Android

Ponsel segera Gantikan Fungsi Kartu ATM

Nokia Akuisisi Scalado ABNOKIA mengumumkan rencananya men-

gakuisisi perusahaan spesialis imaging (penci-traan/gambar) kelas dunia, Scalado AB, berikut teknologi dan kekayaan intelektualnya.

Akuisisi itu untuk membantu dalam pening-katan kemampuan kamera pada perangkat Nokia Lumia. Demikian diungkapkan Nokia da-lam pernyataannya di nokia.com seperti yang dikutip Antara News.

“Nokia sudah bekerja dengan Scalado lebih dari sepuluh tahun dan mereka berkontribusi banyak bagi keunggulan aplikasi imaging kami,” kata Executive Vice President Smart Devices di Nokia, Jo Harlow.

Transaksi itu memungkinkan Nokia meng-kombinasikan keunggulan perangkat kamera Nokia dengan keahlian imaging Scalado, mem-bantu orang mengambil gambar dan meng-abadikan momen dan emosi dengan banyak cara berbeda.

Pabrik Scalado di Lund, Swedia, akan menjadi fasilitas kunci perangkat lunak imag-ing Nokia untuk ponsel pintar, menambah fasilitas Nokia yang ada di Espoo dan Tam-pere, Finlandia.

“Ini sebuah peluang yang bagus untuk banyak orang kami menunjukkan keahlian mereka dalam imaging dan untuk melanjutkan mem-bangun masa depan,” kata CEO Scalado AB Hakan Persson.

Proses akuisisi Scalado oleh Nokia diperkirakan akan selesai pada kuartal ketiga tahun ini.

Jual VertuEntah sedang men-

jalankan strategi apa, selain membeli Scalado, di sisi lain

Nokia juga menjual Vertu, anak usahanya yang bergerak dalam bisnis ponsel mewah.

Nokia menjual Vertu kepada EQT VI, bagian dari sebuah grup ekuiti swasta di Eropa Utara.

Nokia percaya penjualan itu merupakan pilihan tepat untuk langkah ke depan per-jalanan Vertu dalam memberikan keunggulan, memungkinkan merek itu untuk fokus pada peningkatan peluang-peluang untuk tumbuh dalam kategori mewah.

“Dengan brand kuatnya, kepemimpinan da-lam kategorinya yang tidak diragukan dan pros-pek pertumbuhan yang menarik, Vertu cocok dengan strategi investasi EQT Vi,” kata Partner di EQT Partner, penasihat investasi untuk EQT VI, Jan Stanlberg.

Vertu mempunyai kantor pusat di Church Crookham, Inggris, dan mempekerjakan sedikit-nya 1.000 orang di seluruh dunia.

Dengan transaksi yang mungkin selesai dalam semester kedua tahun ini itu, Nokia selanjutnya akan menjadi pemegang saham minoritas, hanya 10 persen, di Vertu. *

APLIKASI Skype untuk Linux terlihat seperti tidak dipedu-likan pengembangnya, namun sekarang hal itu akan segera berubah, karena Microsoft telah merilis revisi terbaru aplikasi Skype untuk platform Linux.

Seperti dikutip dari Teknoup, update ini akan menanggal-kan label beta yang berarti akan ada update secara berkala berikutnya. Versi terakhir Skype untuk Linux adalah beta 2.2 di mana absen banyak fitur.

Microsoft Ungkap Aplikasi Mail dan Calendar untuk Windows 8

MICROSOFT merilis beberapa pub-likasi yang membahas tentang berbagai aplikasi yang akan dipasang di Windows 8. Sebagai bagian persiapan Windows 8 versi final, kali ini Microsoft menjabar-kan dua aplikasi yang menjadi bagian dari Windows 8 yaitu aplikasi Mail dan Calendar.

Aplikasi Mail seperti yang dikutip dari Teknoup, elah memperoleh cukup banyak perubahan sejak edisi Consumer Preview dan kemungkinan akan mem-peroleh pembaruan sebelum rilis final. Versi terbaru aplikasi Mail menampilkan desain tiga bagian yang mengambil ke-untungan dari resolusi optimal Windows 8 yaitu 16:9 sehingga bisa menampilkan 14 pesan dari semula hanya 8,5 pesan dalam versi Consumer Preview. Aplikasi juga mengambil keuntungan dari API baru yang mendeteksi pembatasan data internet sehingga hanya akan mengam-bil header sebesar 20 kb untuk setiap pesan. Ke depan, disebutkan masih banyak fitur baru yang akan muncul.

Selain Mail, aplikasi lain yang mem-peroleh penjelasan detail adalah Cal-endar. Aplikasi ini diutamakan untuk memberi petunjuk arah hidup pengguna sehingga Calendar harus mudah dibaca dan tidak terganggu oleh hal lain. Untuk

itu tampilan info dibuat minimum dan memudahkan penguna mengganti warna dari acara penting dan mengabaikan yang tak perlu. Navigasi juga dipermu-dah dengan antarmuka sederhana untuk menambahkan suatu acara serta adanya

berbagai trik canggih. Microsoft juga memastikan bahwa aplikasi ini mengikuti standar dan fungsionalitas dari Metro UI, ditambah masukan dari pengguna yang sudah mencoba Windows 8 edisi Consumer Preview. *

Beralih ke Dekstop PC Desain Anak Negeri

SELAIN memilih produk komputer buatan negara lain, tentu saja kiprah komputer desain anak negeri patut diapresiasi. Saat ini produk komputer lokal pun memiliki kemampuan dan spesifikasi yang tak kalah bagus dengan produk impor. Zyrex Discovery NT2521 pun bisa menjadi pilihan desktop PC lokal dengan kemampuan mumpuni.

Seperti yang dikutip dari situs resmi zyrex.com, kiprah Zyrex di segmen desktop PC memang te-lah cukup lama dikenal. Melihat kepraktisan yang ditawarkan PC AiO, Zyrex menghadirkan PC AiO di segmen terjangkau, yakni Zyrex Discovery NT2521.

Perhatian pertama pun langsung tertuju pada layar monitornya. Layar berukuran 21,5 inci ini menggunakan desain transparan pada bagian sisinya yang juga berfungsi sebagai penopang.

Monitor berukuran 21,5 inci mengusung teknologi LED (Light Emitting Diodes) sehingga mampu menghasilkan cahaya lebih terang, na-mun irit listrik. Selain itu dengan resolusi hingga 1.920 x 1.080 pixel, monitor ini sudah mendukung format Full-HD.

Discovery NT2521 mengusung spesifikasi prosesor terendah dari varian Sandy Bridge (Intel Pentium Dual-core). Penggunaan memori RAM dengan kapasitas 2 GB juga menegaskan peng-

gunaannya bagi kebutuhan dasar, yang tidak ter-lalu rakus memori. Namun, jika pengguna merasa kurang puas, upgrade memori masih mungkin dilakukan.

Berbasis motherboard dengan chipset In-tel HM55, produk ini menggunakan chip grafis onboard keluarga chipset Intel Graphics yang mendukung DirectX 10. Spesifikasi ini cukup me-madai untuk aktivitas ringan seperti menjalankan aplikasi perkantoran, internet, atau multimedia definisi tinggi.

Kelengkapan lain di antaranya webcam 1,3 MP, card reader dengan kemampuan membaca 3 jenis kartu, speaker stereo, perangkat optis DVD writer serta koneksi output dan input. Pada AiO ini, juga sudah tertanam wireless LAN tipe 802.11b/g/n yang memiliki jangkauan hingga beberapa ratus meter (tanpa halangan). Dis-covery NT2521 telah dilengkapi dengan sebuah keyboard dan mouse yang masih mengandalkan koneksi kabel.

Ditilik dari kinerja yang dihasilkan, Zyrex Discovery memang terlihat bukan untuk men-jalankan aplikasi kelas berat. Kemampuannya lebih tepat ditujukan bagi pengguna rumahan yang membutuhkan kepraktisan serta fungsi dasar sebuah komputer dalam menjalankan aplikasi ringan. *ade

Microsoft Rilis Skype 4.0 untuk Platform Linux

Aplikasi Skype untuk Linux ini akan memiliki antarmuka yang baru saat melihat percaka-pan pesan teks begitu juga saat melakukan panggilan. Kualitas au-dio dan video telah men-ingkat karena Skype telah memperbaiki sisi layanan mereka.

Aplikasi ini juga kini juga men-dukung bahasa native untuk pengguna di negara Nor-wegia dan Ceko. *

Nokia akan Pakai Peta Sendiri di Windows Phone

BUKAN hanya Apple, Nokia juga meluncur-kan peta sendiri, Nokia Maps, yang akan meng-gantikan Bing Maps di ponsel-ponsel Windows Phone terbarunya.

Menurut situs WPCentral seperti yang dikutip Antara News, Nokia Maps akan menggantikan Bing Maps di Windows Phone 8 nanti.

Peta itu juga menawarkan versi navigasi jalan dalam tiga dimensi yang didukung kece-patan hardware-nya.

Layanan Navteq Nokia telah lama menjadi satu provider kunci bagi Bing Maps, dan baru beberapa bulan lalu pula platform Where Nokia memulai penye- diaan data lalu lintas untuk

Bing Maps. Nokia diharapkan akan mengu-mumkan secara resmi keunggulan Nokia Maps di Windows Phone pada pertemuan Windows Phone mendatang, sebagaimana dilansir Techradar.

Pertemuan digelar pada 20 Juni mendatang dengan tema sekilas masa depan Windows Phones, yang dipercaya banyak kalangan se-bagai saat peluncuran Windows Phone 8 yang dijuluki Apollo. Pada pertemuan itu juga akan mengklarifikasi isu yang beredar pada April lalu yaitu apakah Apollo akan cocok pada perang-kat Windows Phone saat ini. Ketika Apple telah meluncurkan iOS 6-nya dan rumor Jelly Bean Android, sekarang adalah waktu yang tepat

bagi Microsoft untuk meluncur-kan update Windows

Phone. *

Spesifikasi:

Prosesor - Intel Pentium P6200 Dual-core (3M Cache, 2,13 GHz)

RAM - 2 GB DDR3 PC3-1333 (667 MHz)

Motherboard - Intel HM55

Kartu Grafis - Intel HD Graphics Family

Kartu Suara - Realtek ALC662

Harddisk - 320 GB 5400 RPM Sata-II (ST9320310AS)

Optical drive -DVD +/- RW (Optiarc DVD RW AD-7710H)

Wireless - Wireless 802.11b/g/n

Microsoft - Windows 7 Home Premium SP1 (32-bit)

Page 5: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

DELL kembali memperkenal-kan tiga varian notebook dalam jajaran Vostro dengan kode nama 3360, 3460, dan 3560. Ke-tiga model Notebook Dell Vostro terbaru itu dikabarkan akan dibekali prosesor Sandy Bridge Core i3, dengan pilihan upgrade ke Ivy Bridge i5 dan i7.

Seperti dikutip dari berita

KOMPUTER20 5

Lenovo A720, Desktop Tipis Seharga Rp 18,7 Juta

Jenis desktop ini semuanya (casing terpisah untuk menampung motherboard dan komponen-komponen lainnya seperti yang biasanya dimiliki oleh sebuah desktop PC) menyatu di monitor.

Desktop PC jenis ini disebut dengan desktop all-in-one. Lenovo IdeaCentre A720 ini mengemas komponen-komponen seperti motherboard, proces-sor dan lain sebagainya ditempatkan di sebuah casing kecil yang juga berfungsi sebagai penyangga monitor. Lenovo IdeaCentre A720 ini memiliki layar

touchscreen LED berukuran 27 inci den-gan resolusi Full HD 1080p.

Keunikan lain dari produk ini dari layarnya selain tipis adalah bisa diatur

sudutnya dari –5 hingga 90 derajat dan merupakan layar multitouch 10 titik. Otak desk-

top ini adalah prosesor generasi ketiga Intel Core i7 dengan kartu grafis (VGA) adalah NVIDIA GeForce GT 650 2GB. Untuk kapasitas penyimpanan tak usah diragukan lagi sebab kapasitas harddisk-nya 750 GB dan RAM-nya 8 GB.

Operating system (OS) untuk menggerakannya adalah Windows 7 Home Premium. Diperkaya den-gan fitur Lenovo EE3 membuat waktu booting lebih singkat. Bahkan, lebih cepat 40 persen dari PC atau sekitar 24 detik. Lenovo All-in-One PC memberikan kelebihan, tidak saja hemat tempat tapi juga hemat energi.

Inovasi yang dilakukan Lenovo ini tentu saja men-jadi sesuatu yang bisa mengubah image sebuah PC yang biasanya besar dan memerlukan tempat luas. Kehadiran PC tipis dengan desain yang sangat elegan tentu saja mirip seperti Apple, tetapi Lenovo tentu saja memiliki keunggulannya sendiri.

IdeaCentre A720 diciptakan untuk menyasar segmen keluarga. IdeaCentre A720 telah dilengkapi dengan fitur-fitur hiburan seperti audio Dolby Home Theater V4, kamera web Lenovo High Sense 720 p high definition, juga sejumlah game yang dimainkan pada layar sentuh. Komputer desktop all-in-one Le-novo IdeaCentre A720 ini dibanderol dengan harga Rp 18.700.000. *wid

Dell Vostro 3360, 3460 dan 3560 Notebook dengan Prosesor Sandy Bridge Core i3 dan RAM 4 GB

teknologi, ketiganya dikabarkan akan dibekali dengan RAM 4 GB, hard drive 320 GB 7200 RPM, Gigabit Ethernet, Windows 7 Home Premium, Wi-Fi 802.11a/b/g/n, USB 3.0, port VGA, port HDMI port, 8-in-1 card reader, Bluetooth 4.0, dan drive DVD-RW. Masing-masing model akan hadir dengan ukuran layar yang berbeda dari 14

inci sampai 15 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Untuk harganya, Dell Vostro 3560 dikabarkan telah mulai dipasarkan dengan banderol sekitar 599 dolar AS. Sementara Vostro 3360 dan 3460 akan mulai dipasarkan pada 21 Juni dengan banderol masing-masing berkisar 649 dolar AS dan 599 dolar AS. *

Menjelajahi Dunia dengan PROLiNK PHS300 3.75G HSUPA

BAGI para penjelajah dunia lewat dunia maya, modem PROLiNK PHS300 HSUPA merupakan salah satu alternatif yang sangat tepat. Den-gan spesifikasi yang dimiliki, modem ini mampu menjelajahi dunia dengan kecepatan akses yang sangat mengesankan.

PROLink PHS300 HSUPA ini merupakan sebuah USB modem dengan hi-speed internet access.

Seperti namanya, modem ini dikeluarkan salah satu vendor besar yaitu PROLiNK. Dengan bentuk yang ringkas dan kepala USB yang bisa dilipat membuat modem HSUPA ini cantik dengan balutan warna hitam dengan logo perak yang menyala.

Spesifikasi yang diusung Modem ProLiNK PHS 300 ini boleh diadu dengan modem lain yang sekelas, namun jangan disandingkan dengan PROLiNK PHS100 karena memang berbeda, yang terlihat jelas dari bandwidth rate. Konektivitas yang dibawa dari device cantik yang satu ini adalah USB dan juga feature

pendampingnya slot micro SD sebagai media penyimpanan data mobile Anda.

Berikut spesifikasi PROLiNK PHS300 dengan segala kekayaan feature yang dimilikinya: Compli-ant to 3GPP /R99 /R5 /R6 Suppoty HSDPA UMTS 2100MHz /850MHz /900MHz

GSM /GPRS /EDGE Quad-Band 850 /900 /1800 /1900 MHz, SMS Message, Data Service, Phonebook, SIM Management, Auto-run install, U-disk (T-Flash), Data transmission up to 7.2 Mbps (HSUPA) Data transmission up to 384 Kbps (UMTS) Data transmission up to 384 Kbps (EDGE), Dual antenna receiver diversity, SIM and USIM compatible, Built-in MicroSD card slot sup-ports up to 8GB memory card.

Sementara Bandwidth Rate: Downlink up to 7.2 Mbps, Uplink up to 5.76 Mbps dengan aksesoris: PC, MAC Utility Software (Built-in), USB Cable. Dengan Interface:

Dimensions: 72 (L) × 30 (W) × 12.5 (H) mm Weight: 40g Operating Temperature: -20°C ~ 55°C Storage Temperature: -30°C ~ 65°C .*bia/bbs

INOVASI dan kemewahan diluncurkan produsen personal computer (PC) asal Cina Lenovo. Image PC yang besar berubah drastis dengan diluncurkannya sebuah desktop IdeaCentre A720 yang sangat tipis dengan ukuran 27 inci pada Juni ini.

Page 6: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

REVIEW6 INFO 1922 - 28 Juni 201222 - 28 Juni 2012

LG Optimus L7 menawarkan desain ciamik yang elegan dan bercita rasa bagaikan LG Prada, namun bisa dibilang kalau soal fitur dan performa L7 harus takluk dengan pesaingnya di range harga yang sama.

Seperti dikutip dari Teknoup, pada Februari lalu pada event Mobile World Congress LG meri-lis trio ponsel L Series, yakni L3, L5 dan L7. Ja-jaran L Series merupak-an ponsel-ponsel yang menekankan pada style, dengan basis yang berasal dari

KEUNGGULAN Motorola Motoluxe dan Defy Mini yakni, memiliki dua handset Android. Vendor asal Amerika Serikat yang diakuisisi Google ini memperke-nalkan produk terbarunya untuk bersaing dengan kompetitor. Den-gan keunggulan tersebut bertekad menyentuh segmen menengah atas. Dalam waktu dekat ini pemasarannya akan merambah Cina, Eropa dan Amerika Latin.

Ada pun fasilitas dari Motorola ini yakni, handset pertama, den-gan kondisi bentang layar 4 inch dan resolusi 480 x 854. Handset ini juga dirancang menggunakan prosesor 800 MHz, 512 MB

SATU ponsel dengan dual sim cards masih menjadi daya tarik bagi pengguna sarana telekomunikasi saat ini. Memiliki dua sim cards dipan-dang sangat membantu penggunanya. Tak heran, berbagai kemudahan itu membuat vendor ponsel pun tetap gencar menggarap segmen ini dengan terus berinovasi menawarkan dual sim cards yang tidak lagi hanya GSM-GSM maupun CDMA-CDMA saja, melainkan CDMA-GSM yang bersistem Android dan touch screen.

Samsung sebagai produsen smartphone salah satunya, menawarkan ponsel Android dual sim cards CDMA-GSM lewat generasi W 609. Pon-sel ini bisa dikatakan sebagai gadget multimedia karena fitur-fitur yang ditawarkan semua berfasilitas multimedia. Bentuk ponsel yang ditawar-kan juga tampak keren.

Fitur multimedia tampak dari besutan kamera 3,2 mega pixel dengan resolusi 400 x 200 piksel. Spesifikasi lainnya, ada fitur MP3 player, audio jack. Layar: 3.2-inch WQVGA touch screen display. Berfasilitas GPS with Maps, Music Player, Video Player, Edit Office Document, FM Radio. Document viewer. SOS. Internal memori: 60 MB, Expandable up to 16GB (Micro SD Card Slot).

Network: Dual-mode CDMA+GSM. Dual-SIM with dual-mode CDMA+GSM. Bluetooth connectivity. USB port. Video player with record-ing. 60MB phone me. 3.2 mega pixel camera. Wireless LAN Wi-Fi. MicroSD card slot. Screen resolutions of 400 x 240 pixels, dan terakhir dukungan 3G connectivity.

Fitur dan spesifikasi dari Samsung W 609 ini cukup memberikan kenyamanan pengguna CDMA-GSM yang kembali tren di masyarakat. Berbicara soal harga, Samsung W 609 diyakini terjangkau semua ka-langan karena ditawarkan berkisar Rp 500 ribuan. Cocok dipergunakan semua kalangan pecinta ponsel Android. *dik

Android Stylish Kelas MenengahLG Optimus L7 P700

LG Prada. Meski dibilang jagoan, namun harganya ternyata tidak-lah semahal LG Prada. Tepatnya, smartphone Android ICS ini dilepas dengan harga Rp 2.999.000. Fitur-fitur unggulan pun bisa dibilang lu-mayan, yakni layar LCD IPS 4,3 inci WVGA (800 x 480) dengan Gorilla Glass, ketebalan hanya 8,7 mm, kamera 5MP dengan autofokus dan LED flash, serta OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang ditenagai prosesor Cortex A5 1GHz, RAM 512MB dan baterai 1700 mAh.

Sebagai L Series, wajar saja jika desain sangat diperhatikan di smartphone Android ini. Dengan warna putih glossy di bagian depan, ponsel ini bagian sampingnya diselimuti list metalik yang memberi kesan premium. List metalik ini juga memenuhi bagian teratas ponsel. Sudut-sudut ponsel tajam di bagian atas dan agak melengkung di bagian bawah. Di bagian depan ada tombol Home yang dikelilingi tombol kapasitif Back dan Option. Semen-

tara kamera depan VGA, sensor proksimitas ada di bagian atas.

Sementara itu di back cover ponsel ini berbahan plastik bergerigi dengan tujuan agar grip Anda saat memegang ponsel tetap terjaga. Seperti L3, aksen list silver metalik menghiasi kamera 5MP dan LED flash, sementara logo LG yang ada di bawahnya juga terbuat dari bahan metalik yang sama. Dengan desain tipis dan ukuran layar cukup besar yakni 4,3 inci, namun ponsel tetap nyaman saat digenggam dikarenakan sudut-sudut yang pas dengan genggaman tangan Anda.

Tombol volume ada di sebelah kiri dan berwarna putih seperti bodi ponsel, tidak mencolok. Sementara untuk port ada port micro USB di bagian bawah ponsel dan jack audio 3.5 mm di bagian atas. Slot kartu SIM dan micro SD ada di balik back cover, namun tidak perlu men-cabut baterai untuk memasukkan/mengeluarkan kartu tersebut.

Layar ponsel ini berjenis IPS,

menjanjikan sudut pandang yang bagus dan reproduksi warna yang lebih natural. Untuk tingkat kecera-han terasa cukup terang dan bisa digunakan di luar ruangan dalam kondisi terik matahari yang meny-ilaukan.

Anehnya tidak ada fitur auto-brightness yang menyesuaikan ter-hadap kondisi pencahayaan sekitar ponsel. Karakteristik warna yang dihasilkan sendiri dalam menampil-kan warna putih agak kekuningan. Meski begitu secara garis besar layar IPS ponsel ini cukup memuas-kan, terlebih ukurannya cukup be-sar untuk ponsel berharga di bawah 3 juta, yakni 4,3 inci.

Ponsel ini menggunakan jaringan GSM dengan kemam-puan internet hingga HSDPA. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 3.0, Wi-Fi (802,11 b/g/n) dengan kemampuan Wi-Fi tethering dan DLNA. Untuk terhubung ke PC, Optimus L7 menggunakan kabel micro USB. *

Unggulkan Sistem Operasi Android 2.3

Motorola Motoluxe dan Defy Mini 2012

DENGAN harga yang cukup terjangkau, Tabulet Beat 2 me-nawarkan kemampuan multimedia yang sangat kompetitif. Perfor-manya dalam game kelas berat juga lumayan bagus.

Setelah merilis beberapa tablet

RAM dan 1GB ROM.Motorola ini merupakan standar

ponsel Android. Aplikasi tersedia antara lain, Google, GPS, Wi-Fi dan konektivitas yang lengkap. Fasilitas lain yakni, kamera dirancang dengan kekuatan 8 megapixel ditopang baterai 1.400 mAh.

Sementara handset kedua yaitu Motorola Defy Mini. Handset ini dirancang tahan banting, seh-ingga pengguna tak usah cemas menggunakannya dalam berbagai kondisi seperti di pantai, maupun di tempat berdebu dan keras.

Ada pun keunggulan Defy Mini punya ukuran layar 3,2 inch dengan resolusi 480 x 320. *gun

Samsung W609 Unggulkan Multimedia

Motorola Motoluxe

Tabulet Beat 2

Harga Terjangkau, Fitur Menawan

Android, vendor lokal Tabulet seperti diberitakan Teknoup, merilis sekuel dari Tabulet Beat, yakni Tabulet Beat 2. Namun, berbeda dengan Beat pertama yang merupakan sebuah portable multimedia player (PMP) dengan layar kecil, Tabulet Beat

2 merupakan full tablet Android dengan layar 7 inci beresolusi 1024 x 600 piksel. Tidak melupakan fak-tor multimedia, Tabulet Beat 2 bisa memutar file video dengan banyak format. Untuk itu diperlukan perang-kat keras yang mumpuni, tablet ini memiliki prosesor single core ARM Cortex A9 dengan clock hanya 800 MHz, namun dilengkapi RAM 512 MB dan GPU Mali 400 (sama dengan GPU Samsung Galaxy S II). Dibanderol di kisaran harga Rp 1,5 juta, Tabulet Beat 2 diharapkan mampu para penggemar multimedia dengan anggaran terjangkau.

Desain dari Beat 2 sangat mirip dengan Beat 1, dengan warna putih dan bahan plastik glossy. Di bagian belakang logo Tabulet terlihat memi-liki posisi landscape yang berarti

penggunaan utama tablet ini adalah landscape. Namun, yang cukup menyulitkan adalah posisi layar dan bezel (bingkai) tidak rata, posisi layar sedikit terbenam. Menyulitkan jika Anda ingin menyentuh bagian ujung layar karena ada gap antara layar dan bezel.

Bagian depan selain layar 7 inci ada kamera VGA. Lalu di bagian bawah ada port infrared untuk re-mote control tablet ini saat memutar file multimedia, namun sayangnya remote control tersebut tidak ada di paket penjualan. Bagian atas ada tombol volume, tombol menu dan back, serta tombol power/lock.

Di bagian samping kanan Tabulet Beat 2 dijejali berbagai macam port, ada slot micro SD, jack audio 3,5 mm, port HDMI dan port Micro USB.

Sementara port charger sendirian di sebelah kanan. Di bagian belakang-nya di kiri kanan dihiasi bahan yang bergerigi sedangkan bagian tengah polos. Sayangnya loudspeaker tablet ini terletak di bagian kanan saja, tidak kiri dan kanan sehingga tidak memberikan efek stereo saat memutar lagu atau video.

Tabulet Beat 2 menggunakan layar LCD 7 inci beresolusi 1024 x 600 piksel. Cukup bagus dibanding tablet di rentang harga sama yang menggunakan resolusi 800 x 480 piksel. Tingkat kontras, kecerahan sudut cukup bagus saat tablet diposisikan tegak lurus dengan mata, namun berkurang seiring sudut yang makin miring, meski masih tergolong tidak mengganggu kenyamanan penggunaan. *

LINUS Torvalds adalah pendiri Linux, ia adalah orang di balik ker-nel Linux, sehingga namanya pun dipakai di OS tersebut. Kabarnya setelah merilis kernel Linux, ia pindah ke Amerika Serikat, dan berada di sana sejak itu.

Namun, pada minggu ini Linus Torvalds dikabarkan tengah be-rada di negara asalnya, Finlandia, untuk menerima sebuah penghar-gaan Millenium Technology Prize. Media lokal berkesempatan me-wawancarai pendapatnya mengenai industri mobile yang makin booming.

Seperti dikutip dari berita teknologi, Linus Torvalds mengaku bahwa ia mem-benci ponsel mobile, meski begitu saat ini ia menggunakan perangkat Android. Satu-satunya hal yang disukai Linus di ponsel Android adalah

Toko Bagus.com Geliatkan ” E-Commerce”

TIDAK dipungkiri lagi bahwa e-commerce (pemasaran usaha melalui media online) di zaman teknologi dan internet ini merupa-kan kebutuhan esensial dalam dunia bisnis dan usaha, terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai penunjang dalam pengembangan pasar, meningkatkan efisiensi, menekan biaya, hingga memberi-kan akses yang lebih luas bagi pelanggan perusahaan.

Menurut PR Manager Toko Bagus.Com, A. Ichwan Sitorus, di sela-sela acara Work-shop Comunication Media di Hotel Aston Denpasar, peluang e-commerce sangat besar, mengingat pemakai internet di dunia 1,5 milyar lebih dari 6,7 milyar penduduk dunia dan pemakai di Indonesia 25 juta dari 237 juta penduduk.

“UMKM merupakan satu komponen yang sangat penting dari ekonomi Indonesia um-

umnya dan Bali khususnya, dilihat dari jumlah usaha dan tenaga kerja yang diserapnya serta kontribusi pada ekonomi nasional,” ujarnya.

Oleh karena itu, e-commerce menjadi sangat penting dalam upaya meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar bagi UMKM yang secara otomatis dapat meningkatkan produktivitasnya.

Pihaknya melalui situs jual beli Tokoba-gus.com berupaya memberikan edukasi ke-pada UMKM untuk memaksimalkan peman-faatan teknologi informasi dan internet. “Dari 2,5 juta member (anggota) aktif kami secara nasional, baru sekitar 35 persen UMKM yang menjadi anggota kami,” ungkapnya.

Ia melihat cukup banyak kalangan UMKM yang memanfaatkan internet. Mereka men-jajaki dunia maya dalam bertransaksi, selain berjualan secara langsung.

Menurut Ichwan, tingginya animo pelaku

UMKM dalam memanfaatkan internet, men-jadi perhatian khusus Tokobagus.com. Melihat fenomena tersebut, Tokoba-gus.com makin aktif menggiatkan edukasi kepada komunitas UMKM.

Kalangan pebisnis UMKM yang aktif menjadi member di Tokobagus.com terdiri dari be-ragam pengusaha dari berbagai industri seperti fashion, makanan, kerajinan tangan, koleksi seni, kesehatan dan kecantikan, serta beragam lainnya.

*aya/bns

Linus Torvalds: Nokia Seharusnya Memilih Android

pengalaman email-nya. Tentu yang paling menarik adalah opini Torvalds mengenai raksasa pon-sel kebanggaan Finlandia, Nokia. Master Linux ini menyatakan bahwa jika ingin keadaan menjadi lebih baik, Nokia seharusnya memilih Android sebagai platform utama mereka di masa depan dibanding memilih Windows Phone.

Menurut Linus, Nokia telah melakukan kesalahan dengan

keputusannya untuk memilih sistem

operasi Windows Phone milik Micro-soft. Walaupun ia memahami mengapa Nokia pada akhirnya memilih Windows Phone, yang

menurutnya lebih mengacu bahwa

CEO Nokia saat ini, Stephen Elop, yang

merupakan mantan karyawan di Mi-

crosoft. *

Facebook Kembangkan Ruang Iklan di Ponsel

SITUS jejaring sosial Facebook masih mengembangkan ruang iklan di situsnya yang berbasis telepon selular bagi produk-produk lokal.

“Ponsel menjadi target spesifik sehingga produsen dapat membayangkan evolusi produk dari waktu ke waktu, khususnya bagi peritel,” kata Wakil Presiden Pemasaran Global Facebook, Carolyn Everson, seperti

SanDisk Tawarkan Kartu Memori Baru TercepatSANDISK mengumumkan produk

terbarunya, SanDisk Extreme Pro microSDHC UHS-I, kartu memori untuk ponsel pintar dan tablet yang diklaim tercepat di dunia.

Kartu itu ideal bagi pengguna smartphone dan tablet yang ingin meningkatkan kapasitas penyimpan-an sekaligus pengalaman mobile ter-cepat, kata produsen kartu memori itu dalam satu pernyataan di website resminya yang dikutip Antara News.

Dengan peringkat UHS Speed Class 1 (setara kelas 10), kartu memori baru itu memungkinkan

pengguna merekam video Full HD, bahkan dalam 3D.

SanDisk juga mengatakan, SanD-isk Extreme Pro microSDHC UHS-I ideal untuk aplikasi mobile imaging, menawarkan write speed 90 MB/de-tik untuk meng-capture multiple foto.

Mampu memindahkan file-file dengan cepat dari perangkat host berkat kecepatan bacanya yang mencapai di atas 95 MB per detik.

Menurut SanDisk, kartu memori itu juga membuat aplikasi yang di-jalankan bersamaan bekerja dengan smooth dan unduh file dengan cepat

via ponsel 4G LTE.“SanDisk menawarkan line-up

kartu memori selular terluas dalam industri,” kata Direktur Pemasaran Produk SanDisk, Chris Loh.

“Portofolio kami meliputi kartu mi-croSD dengan kecepatan tercepat, kapasitas penyimpanan yang tert-inggi dan keandalan yang diminati konsumen,” katanya.

Kartu memori SanDisk terbaru ini tersedia dalam dua model, 8 GB dan 16 GB, dengan harga masing-masing 59,99 dolar serta 99,99 dolar. *

diberitakan Antara News.Everson mengatakan, Facebook telah men-

guji ruang iklan yang memungkinkan produsen menawarkan produk terbaru bagi pengguna ponsel itu beberapa bulan sebelumnya.

Situs jejaring di Menlo Park, California AS itu berusaha meningkatkan pendapatan peru-sahaan dari penawaran iklan berbasis ponsel setelah sahamnya anjlok 17 persen sejak penawaran perdana Mei 2012.

Facebook, kata Everson, telah menguji sejumlah ruang iklan dan lusinan inovasi baru bagi produk-produk sejak April kepada pimpi-nan pemasaran beberapa perusahaan.

Dari sejumlah penawaran Facebook, ruang iklan berbasis ponsel mendominasi pilihan para produsen karena memungkinkan para

pengguna memperbarui gambar atau status. *

Page 7: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

TIPS & TRIK18 7REVIEW22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

PONSEL Android Motorola dengan performa yang baik serta fitur yang lengkap, namun tidak menguras kantong.

Kehadiran ponsel-ponsel Android seperti yang dikutip dari Teknoup, memang makin marak saja. Range harga yang ditawarkan pun sangat luas dari yang sejutaan hingga menca-pai enam jutaan. Kini sebuah vendor asal Amerika ingin men-coba peruntungannya di ponsel

BEYOND B828 salah satu ponsel lokal (Cina) yang sampai saat ini memiliki segmen pasar tersendiri. Harga jual yang terjang-kau di kisaran Rp 500 ribu, ponsel dengan sistem operasi Android ini cukup banyak dilirik.

Seperti dikatakan pengelola Cell Mart di Denpasar, Astuti, Be-yond B828 banyak dilirik karena memiliki rancangan yang sama seperti iPhone buatan Apple. Bisa dikatakan Beyond B828 rep-lika atau contekan iPhone yang

PONSEL Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D ini memiliki per-forma yang baik di kelasnya. Sayang harga yang dipatok terlalu tinggi untuk spesifikasi yang diberikan.

Seperti yang diberitakan Teknoup, Samsung pernah mendulang sukses dengan ponsel Android terjangkau Galaxy Mini, dan kini pabrikan asal Korea Selatan ini merilis penerus Galaxy Mini yaitu Galaxy Mini 2.

Dengan ditelurkannya penerus, berarti ada peningkatan yang diberikan di Galaxy Mini 2 ini. Tercatat adanya peningkatan resolu-si layar dari QVGA menjadi HVGA, kemudian peningkatan speed prosesor dari 600MHz menjadi 800MHz dan naiknya kapasitas memori internal dari 160 MB menjadi 4 GB. *

Fitur Lengkap, Harga Terjangkau

tombol fungsi Android berjenis kapasitif, serta sebuah mic. Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 5MP yang ditemani LED flash serta kehad-iran speaker di bagian bawah.

Untuk bagian sisi kiri pon-sel terdapat tombol volume dan tombol kamera. Di bagian kanan ponsel terdapat port micro USB. Bagian atas ponsel terdapat port headset 3.5 mm dan tombol lock/power. Untuk bagian bawah polos saja, tidak terdapat apa-apa.

Dengan resolusi layar HVGA (320 x 480 piksel) sebesar 3.5 inci, tampilan layar Mo-torola Fire XT ini terlihat cukup halus memanjakan mata Anda, namun tampilan layarnya agak sedikit kurang cerah, sehingga tampilan agak terlihat kusam. Namun kualitas layar Motorola Fire XT ini lebih baik dari layar Motorola Fire.

Menu utama tampil seperti Android Gingerbread Motorola

GSM Quad Band (1800/1900/850/900) HSDPA 7,2 Mbps (900 / 2100)Layar sentuh kapasitif TFT 3.5 inci (320 x 480 piksel) (~165 ppi)Prosesor ARM v6 800MHz Adreno 200 Android 2.3 GingerbreadRAM 512 MB, ROM 512 MB (Yang dapat digunakan sekitar 60 MB)Kamera belakang 5MP, (2592 x 1936 piksel) autofokus, LED flashKamera depan VGABaterai Lithium Ion 1540 mAh.

Android kelas entry level.Motorola Fire XT ini dibanderol

dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar 1,4 jutaan saja. Apakah ponsel yang memiliki de-sain modis dan tipis ini memiliki performa yang sesuai dengan harga yang dibanderolnya?

Motorola Fire XT memiliki desain bodi yang bergaya, nya-man digenggam dan memiliki ketebalan bodi yang cukup tipis. Saat ini Motorola Fire XT hanya

memiliki satu pilihan warna yaitu Dark Titanium Gray. Motorola Fire XT memiliki dimensi 114 x 62 x 12 mm dengan bobot sebesar 114 gram saja. Bahan yang digunakan hampir semua terbuat dari plastik.

Untuk bagian cover belakang terbuat dari ma-terial plastik yang dilapisi dengan karet sehingga

membuat ponsel ini lebih terasa mantap dan tidak licin

ketika digenggam. Penggunaan lapisan karet ini

juga mengurangi tertempelnya bercak jari pada bodi ponsel. Di sekeliling ponsel juga diberikan frame krom yang menambah cita rasa elegan. Tapi sayang frame krom ini terletak agak dalam sehingga tidak terlalu terlihat baik dari sisi depan maupun belakang.

Pada bagian muka terdapat earpiece, kamera beresolusi VGA, sensor proximity dan ambient light, layar 3.5 inci, 4

lainnya, ikon-ikon aplikasi ber-jejer ke bawah dan diurutkan berdasarkan abjad dengan ditemani latar belakang ber-warna hitam. Anda tidak dapat merubah posisi dari ikon-ikon yang ada, tapi Anda dapat membuat kategori baru untuk mengelompokkan kumpulan ikon-ikon menu yang Anda inginkan. Ada juga jalan pin-tas ke Google Play Store di bagian sebelah kanan atas. *

Beyond B828 Replikanya iPhonejejaring sosial, bluetooth, dan slot microSD. *dik

Motorola Fire XT530

terkenal akan kecanggihan teknologinya.

Hal itu tampak dari tampilan luar Beyond B828 sangat mirip dengan pon-sel buatan Apple.

Ponsel yang menyasar kalangan middle end ini mengandalkan layar sen-tuh berukuran 3,2 inci dan didukung sedikit tombol akses konvensional. Untuk mengakses jajaran menu, Beyond B828 menawarkan tombol yang tersedia pada bawah layar. Pada bagian antarmuka atau inter-face, tampilan ikon menu serta tatanan strukturnya ditampilkan mirip dengan antarmuka iOS Apple. Se-mentara untuk membuka kunci, Beyond B828 meng-gunakan sistem geser atau slide.

Kendati memiliki bentuk yang mirip iPhone, tetap Beyond B828 berbeda. Hal itu tampak pada fitur Beyond B828 yang jauh jika dibandingkan dengan iPhone. Beyond B828 me-nawarkan fitur-fitur yang identik dengan ponsel

lokal, seperti masih dukungan dual on GSM, yang ditandai dengan tersedianya dua slot kartu SIM di bagian belakang bodi. Seperti kebanyakan ponsel Cina, Beyond B828 menawarkan dua buah kam-era yang kualitas resolusi VGA.

Dalam hal fitur hiburan, Beyond B828 menyediakan fitur MP3/MP4 player, radio FM dan beberapa buah game klasik. Ponsel ini juga didukung Opera Mini browser, Java, network data GPRS, link

Jaringan: dual band GSM (900/1800 MHz) dan dual on. Layar: 3.2 inci, TFT touchscreen. Transfer data: GPRS. Kamera: dual camera VGA, video recorder.Memori eksternal: microSD up to 2GB.Baterai: Lithium ion 900 mAh.Messaging: SMS, MMS.Konektivitas: Bluetooth, kabel data, audio jack 3.5 mm.

Performanya makin Memuaskan

Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D

Quad band GSM (850 / 900 / 1800 / 1900)Dual band HSDPA (900 / 2100)Layar sentuh TFT kapasitif 16 juta warna3,27 inci (320 x 480 piksel)Memori internal 4 GB (1 GB aplikasi, 2 GB multimedia, 1 GB sistem), eksternal microSD hingga 32 GBKamera 3,15 MP(2048x1536 piksel) fixed focusAndroid Gingerbread v2.3.6Prosesor QualcommMSM7227 800MHz,GPU Adreno 200Baterai Lithium Ion 1300 mAh.

Spesifikasi

Spesifikasi:

Spesifikasi:

SALAH satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna BlackBerry adalah baterai Black-Berry yang sering dibilang boros. Kita harus tahu bahwa baterai BlackBerry memiliki kehidupan maksimal 2 tahun sehingga pengunaan lebih dari satu tahun pemakaian mulai melihat adanya penurunan kapasitas baterai tersebut.

Ada beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan kinerja baterai dan mengurangi konsumsi pada BlackBerry.

Kurangi backlight brightness untuk minimum jika mungkin sampai 10% untuk melakukan hal

Menghemat Baterai BlackBerryini kita pergi ke Pilihan> Screen> / Keyboard Backlight Brightness.

Tutup semua aplikasi jika Anda tidak menggunakannya. Jan-gan membiarkan aplikasi dalam keadaan terbuka akan mengkon-sumsi lebih banyak baterai. Untuk melihat aplikasi apa saja yang telah terbuka tekan Menu> Ubah Aplikasi Menu atau membiarkan ke bawah dan di sana Anda dapat melihat se-mua. Matikan bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan.

Turn off Blackberry Anda pada malam hari saat Anda tidur. Black-Berry juga memiliki fitur on dan off otomatis. Anda dapat mengak-sesnya: Pada OS 5 diaktifkan>

pilihan/sistem otomatis operasi nonaktifkan dan 6 di device Men-gaktifkan Pilihan>> / Nonaktifkan Auto dan set ke preferensi.

Jangan terlalu sering mencabut baterai, karena hal ini juga meru-pakan salah satu kegiatan yang menguras kapasitas baterai.

Melakukan reset hard minimal seminggu sekali yaitu tarik keluar baterai di BlackBerry minimal 10 menit sebelum menempatkan volv-ercela. Ini berfungsi untuk memberi ketangguhan lebih kepada baterai BlackBerry. Jika menggunakan BlackBerry Torch sebaiknya untuk lebih sering menggunakan touch-screen keyboard virtual sebagai

key-board fisik karena untuk membuka dan menutup BlackBerry den-gan slider juga dikonsumsi baterai (tips ini opsional).

Dengan tips ini Anda akan men-gurangi konsumsi baterai dari

BlackBerry. *kup

10 Tips Nokia Lumia yang harus DiketahuiBEBERAPA waktu yang lalu, Nokia mencoba

bangkit dari ketertinggalannya dari vendor-vendor ponsel lain khususnya Android dan iPhone dengan meluncurkan salah satu produk teranyarnya yang cukup banyak memikat para penggemarnya atau para penggemar ponsel pintar yakni Nokia Lumia.

Keturunan Lumia ini dipercayakan untuk membawa sistem operasi Windows Phone sebagai pengganti sistem operasi Windows Mobile yang telah mengisi sistem operasi dari beberapa jejeran ponsel Nokia.

Seperti yang dikutip dari situs Paseban, 10 tips yang harus diketahui pengguna Lumia.

Tombol VolumeTips pertama dari Nokia Lumia

adalah menekan tombol volume yang berada di samping ponsel untuk membuat panggilan masuk Anda menjadi silent tanpa harus Anda reject.

Tips ini bisa membantu Anda pada saat Anda tengah menjalani sebuah rapat atau sedang berada di kelas dan Anda lupa untuk mengubah pro-fil ponsel Anda menjadi silent.

Maka ketika ada panggilan masuk, maka Anda tinggal menekan tombol volume yang berada di samping ponsel untuk menjadikan ponsel Anda silent pada saat tiba-tiba ada panggilan masuk.

Akses Kamera CepatAnda bisa mengaktifkan kamera Anda dengan cara

menekan tombol kamera yang berada di samping ponsel Anda meski ponsel Anda maupun layar Anda dalam keadaan terkunci. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengabadikan momen yang tak ingin dile-watkan tanpa Anda harus repot-repot membuka kunci layar pada ponsel Anda.

Scientific CalculatorApakah Anda sering menggunakan kalkulator pada

ponsel Anda? khususnya untuk Anda yang saat ini menggunakan Lumia Anda bisa mencoba tips satu ini, ketika Anda sedang menghitung menggunakan kalkulator Anda, Anda bisa mencoba merotasikan ponsel Anda menjadi landscape mode, maka Anda akan secara otomatis mendapatkan scientific calcula-tor untuk perhitungan yang lebih detail yang biasanya hal ini juga dibutuhkan pelajar.

Layout Keyboard TambahanAnda juga bisa menambahkan layout keyboard

tambahan pada ponsel Nokia Anda dengan atau untuk bahasa yang berbeda dengan cara pergi ke menu Settings > Keyboard, dan setelah itu Anda akan melihat tombol pilihan bahasa di samping space bar

setiap kali Anda menggunakan keypad atau keyboard pada ponsel Anda.

Menonaktifkan AutocorrectionBagi Anda yang terganggu dengan fitur autocor-

rection, Anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara pergi ke menu Setting > Keyboard, klik “Typing Settings” lalu ketuk pada press to change pada bagian atas layar. Pada jendela baru, hapus tanda centang dari correct misspelt words. Setelah melalui langkah tersebut maka Anda telah berhasil menonaktifkan fitur autocorrection pada Lumia Anda.

To Do ListUntuk

membuat daf-tar atau sebuah

memo, Anda tidak perlu aplikasi

tambahan untuk melakukannya, Anda

bisa memanfaatkan ap-likasi Office. Anda hanya

perlu pergi menuju ke menu notes pada aplikasi Office dan

Anda bisa langsung menambah-kan note baru dengan menekan

tombol +. Anda bisa menambahkan label terhadap note Anda dan mele-

takkannya di layar homescreen Anda.

Update AplikasiJika Anda mengetahui versi terbaru dari

aplikasi Anda, namun aplikasi ini tidak me-nampilkan informasi bahwa aplikasi ini tersedia

versi update-nya, maka Anda bisa mencoba untuk “memaksakan” aplikasi ini untuk melakukan update. Dengan cara, cari aplikasi tersebut pada market, lalu tekan tombol share dan tombol back, maka tombol update akan muncul.

Baterai Cepat HabisJika Anda mengalami baterai Anda cepat habis,

maka Anda bisa melakukan cek pada find my phone pada menu Settings. Pastikan bahwa pilihan yang terdapat pada atas menu tidak dicentang karena pilihan ini akan menyedot banyak daya baterai Anda.

Masalah Koneksi InternetApabila Anda mengalami masalah pada koneksi

internet atau MMS, Anda bisa menggunakan aplikasi Nokia’s network setup yang bisa Anda dapatkan pada market. Aplikasi ini sekiranya dapat membantu Anda dalam permasalahan koneksi internet maupun MMS.

Baterai HabisJika baterai Anda habis atau kosong dan ketika

ponsel Anda pada saat pengisian tidak melakukan restart dengan segera, maka hubungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel USB yang bisa mengaktifkan ponsel Anda lebih cepat dibandingkan dengan charger biasa. *

Empat Masalah yang Sering Terjadi pada BlackBerry

PARA pengguna smartphone dewasa ini pastinya tak lepas dari masalah masalah yang menimpa smartphone-nya. Kadang ada pula yang telah menjadi masalah yang sering muncul. Salah satunya untuk platform BlackBerry.

Seperti dikutip dari Paseban, berikut ini adalah tips dan trik BlackBerry mengenai masalah-masalah yang sering menimpa BlackBerry.

Layar BlackBerry Anda Tiba-tiba tak ResponsifApakah Anda sering mangalami ini? Berikut tips dan trik BlackBerry

khusus untuk masalah ini. Anda bisa melakukan soft reset dengan hanya menekan tombol ALT + CAP + DELETE pada waktu yang bersamaan, jika cara ini tak berhasil maka Anda harus terpaksa melakukan hard reset pada BlackBerry Anda yang bisa Anda temukan tombolnya pada bagian belakang handheld, namun terkadang tombol reset ini juga berada pada bawah penutup baterai. Tekan tombol reset dengan menggunakan klip kertas atau apa pun, namun tenang, tips ini tidak akan menghilangkan sedikit pun data yang terdapat pada ponsel BlackBerry Anda.

Email tak bisa MenerimaApakah kadang Anda mengalami permasalahan yang satu ini? Anda

tak perlu bingung untuk mengatasinya karena ada tips dan trik BlackBerry ini. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan soft reset seperti cara yang sebelumnya. Jika belum berhasil juga lakukan hard reset. Setelah melakukan reset, hal yang Anda perlu cek adalah posisi sinyal. Posisi sinyal harus berada pada GPRS. Jika setelahnya Anda bisa menggu-nakan BlackBerry Anda untuk menelepon dan mengirim pesan, maka jaringan GSM Anda tidak bermasalah, namun apabila Anda masih tetap tidak bisa menerima email, sepatutnya Anda menghubungi provider Anda. Hal trouble pada jaringan provider merupakan hal yang sering terjadi pada provider kartu di Tanah Air.

BlackBerry tak bisa Melakukan Sinkronisasi secara BenarApabila Anda merupakan salah satu pengguna BlackBerry yang

menggunakan layanan push email, kadang masalah yang sering timbul pada layanan ini adalah tidak tersinkronnya BlackBerry dengan baik. Terkadang masalah yang muncul ini mengakibatkan email yang telah ter-hapus pada BlackBerry tidak terhapus pada Microsoft Outlook Inbox,dan juga sebaliknya, jika Anda menghapus email BlackBerry Anda melalui Microsoft Outlook, justru email itu tak terhapus pada BlackBerry. Hal yang perlu Anda lakukan adalah, masuk ke dalam Microsoft Outlook masuk ke menu Tools dan pilih menu Tools, klik Other Tab, pastikan tak ada centang pada Check Box Empty Deleted Items Folder Upon Exiting.

Masalah pada Lampu Latar LayarMasalah ini juga sering terjadi pada pengguna BlackBerry, terkadang

lampu latar mengalami keterlambatan atau terlalu cepat untuk mer-espons. Hal ini memang tak terlalu berpengaruh, namun pastinya hal ini sangat mengganggu aktivitas Anda. Tips yang Anda butuhkan untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan cara meng-install BBLight, sebuah program gratis yang memu-dahkan para pengguna untuk mengakses setelan lampu latar.

Semoga tips dan trik Black-Berry tersebut dapat mem-bantu permasalahan yang terjadi pada smartphone BlackBerry Anda. *

Page 8: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

TREND8 APLIKASI 1722 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Perbandingan Gadget Terbaru 2012

PADA tahun 2012 ini adalah ajang para vendor

ponsel sedang gencar-gencarnya mengeluarkan

produk terbaru mereka, mulai dari Samsung men-geluarkan produk terbaru

Galaxy S III yang meru-pakan penerus Galaxy S

II yang diperkirakan akan menjadi salah satu smart-

phone terbaik dunia. HTC baru-baru ini juga

melepas HTC One X yang memiliki kemampuan

kamera ”monster”. Ada pula iPhone 4S dari Apple

dan tak kalah dengan merek lain Nokia melun-

curkan Lumia 900.Sebelum kita melihat

pertarungan mereka di pasar ponsel nantinya,

mari kita lihat perbandin-gan dari keempat produk

tersebut.

Samsung Galaxy S III secara resmi sudah diperkenalkan be-berapa waktu lalu, tepatnya pada 03/05/2012. Akhirnya terjawab sudah rasa penasaran publik terhadap kehebatan smartphone Samsung terbaru yang termasuk keluarga Galaxy ini. Dulu kabarnya smartphone ini bakal mengusung hardware dan prosesor terbaru, dengan layar super Amoled sebe-sar 4,8 inci (1280 x 720), kamera super keren dengan resolusi 8 MP, dan banyak lagi yang lainnya. Pe-nasaran? mari kita intip spesifikasi Samsung Galaxy S III.

Desain – Pertama lihat tampilan Samsung Galaxy S III, kebanyakan orang langsung jatuh hati. Smartphone ini mempunyai dimensi yang cukup lebar (lebih lebar dan lebih luas dari smart-phone kebanyakan), dengan de-sain yang elegan. Selain itu, bodi ponsel ini juga langsing, mungkin sekilas, agak mirip Samsung Gal-axy Note.

Layar – Kebanyakan smart-phone memang memiliki layar dengan dimensi yang lebar.

HTC One X kabarnya meru-pakan perangkat Android terbaru HTC (selain HTC One V). HTC One X hadir bersamaan dengan HTC One V di Indonesia. Ponsel ini merupakan salah satu produk unggulan HTC dengan berbagai kelebihannya. Berikut ulasan spesifikasi HTC One X.

Desain – Tampilan minimalis dengan bahan bodi kuat menjadi fokus utama ketika pertama kali melihat produk ini. Bagian depan hampir sama dengan kebanya-kan ponsel Android, penuh oleh layar, sedangkan bagian bela-kang ada kamera yang posisinya agak menonjol keluar.

Layar – HTC One X menggu-nakan layar yang berukuran 4.7 inci jenis SUPER LCD 2 dengan resolusi HD (1280×720 pixel) dan semuanya itu dilindungi

Smartphone besutan Nokia yang meraih beberapa penghar-gaan dikabarkan sudah hadir di Indonesia, bernama Nokia Lumia 900.

Nokia Lumia ini bermodalkan OS Windows Phone 7.5 Mango dan berjalan pada jaringan LTE diharapkan dapat bersaing dengan smartphone lain yang menggunakan OS Android dan iOS milik Apple.

Fitur andalan yang disajikan oleh Nokia Lumia 900 meng-gunakan prosesor 1,4 Ghz serta menggunakan grafis card Adreno 205, RAM 512, 16 GB internal memori. Dari segi kece-patan inter- net, Nokia Lu- mia ini

dilengkapi dengan 1.4 HGz Pro-cessor, 4G LTE, Bing, Internet Explorer 9, HTML5, Wi-Fi .

Dari segi desain, Nokia Lumia ini mengguna-kan fitur touch screen atau layar sentuh, beratnya 5.6 ounches, leb-arnya 2.7 inci, tingginya 5.03 inci, ketebal-anya 2.7 inci. Ukuran layar Nokia Lumia ini adalah 4.3”, sedangkan untuk tinggi dan lebar layarnya yaitu 800 x 480 pixels. Teknologi display dari Nokia Lumia ini

Namun, ternyata pada Samsung Galaxy S III, layarnya agak lebih luas dari rata-rata layar smartphone kebanyakan. Smartphone ini dibekali layar HD Super Amoled sebesar 4,8 inci (1280 x 720) yang super bening dan memanjakan mata penggunanya. Dimensi layar ini 16 persen lebih besar dari pen-dahulunya, Galaxy S II.

OS – Samsung Galaxy S III ber-jalan di Android versi terbaru, yaitu Android v4.0.4 ICS.

Prosesor – Apa bagian penting dari sebuah smartphone yang san-gat mempengaruhi performanya? Prosesor! Yupz, prosesor. Jangan khawatir, Samsung Galaxy S III memiliki prosesor Quad Core super keren. Ponsel ini memiliki prosesor 1.4 GHz Quad Core dan dilengkapi pula dengan RAM yang berkapasi-tas cukup besar, 1GB. Sementara kapasitas memori internalnya 16, 32, 64 GB dan bisa di-upgrade dengan slot microSD sampai 64 GB.

Kamera – Seperti yang telah ditu-lis pada awal paragraf, kamera su-per keren beresolusi 8 MP lengkap dengan autofokus dan LED Flash,

bakalan menjadi salah satu daya tarik smartphone ini. Ada kamera secondary yaitu kamera depan yang beresolusi 1.9 MP.

Konektivitas – Samsung Galaxy S III juga dibekali fitur konektivitas yang lengkap. Hampir semua fitur konektivitas tersedia, seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, bluetooth v4.0 with A2DP, EDR, HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, dan microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go.

Kelebihan lain – S Voice (mirip SIRI aplikasi dari Apple), wireless charging, smart stay dan direct call, dan beberapa yang lainnya.

Samsung S III

Berikut ini Spesifikasi Samsung Galaxy S III: Dimensi : 136.6 x 70.6 x 8.6 mm Berat : 133 g Layar : 720 x 1280 pixels, 4.8 inches (~306 ppi pixel density) Sound : Vibration; MP3, WAV ringtones Memori : 16/32/64 GB storage, 1 GB RAM GPRS : Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 – 48 kbps 3G : HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps WiFi : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot. Bluetooth : Yes, v4.0 with A2DP, EDR Kamera:8MP,3264×2448pixels,autofocus,LEDflash Video : Yes, 1080p@30fps OS : Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich) CPU : Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9, Exynos 4212 Quad, GPU Mali-400MP Radio : Stereo FM radio with RDS Baterai : Standar battery, Li-Ion 2100 mAh

HTC One X

Berikut ini Spesifikasi HTC One X :Dimensions: 134.36 x 69.9 x 8.9 mmWeight: 130g (w/ battery)4,7 inch Super LCD2 capacitive touchscreen (720 x 1280)Corning Gorilla GlassAndroid 4.0 (Ice Cream Sandwich)Sense 4.0Quad-core 1.5GHz Tegra 3 processor or Qualcomm Snapdragon (depending on LTE radio)GPU: ULP GeForceHTC ImageSense1GB RAM32GB built-in storage8 megapixel (rear) camera w/ AF andLEDflash1,3 megapixel (front) cameraNon-removable 1800mAh batteryBluetooth v4.0 w/ A2DPNFC capableMicroUSB3,5 mm audio outputBeats audio

Corning Gorilla Glass, ini adalah salah satu layar ponsel yang paling canggih. Dimensinya yang lebar, teknologi layar terkini, serta kedala-man warna yang tinggi merupakan garansi kenyamanan bagi mata pengguna HTC One X.

OS – Dikabarkan sebagai salah satu produk HTC yang terbaik, unggulan dan terbaru sepertinya bukan merupakan isapan jem-pol. Ini ditandai dengan telah di aplikasikannya Android terbaru ( Android ICS 4.0 ) sebagai OS dari HTC One X.

Prosesor – Spesifikasi canggih sepertinya akan sia-sia jika hanya disokong oleh performa prosesor yang pas-pasan. Untungnya hal ini tidak terjadi pada HTC One X, kar-ena ponsel ini telah didukung oleh prosesor berkecepatan tinggi. Pon-sel ini telah didukung oleh prosesor Quad Core TEGRA 3 berkecepa-tan 1.5 Ghz dan RAM 1GB.

Memori – Untuk memori internal, HTC One X berkapasitas 32GB tanpa slot MicroSD. Serta,

HTC menyediakan layanan penyimpanan data online (cloud) di Dropbox berkapasitas 25 GB selama dua tahun gratis. Stor-age online yang bisa dipakai gratis selama 2 tahun, inovasi baru dari HTC. Sangat Menarik!

Kamera – HTC One X mempunyai kamera berkemam-puan tinggi, dengan resolusi mencapai 8 MP. Selain itu, hasil jepretannya diklaim sangat baik, bahkan ketika digunakan pada kondisi kurang cahaya. Ini dikarenakan, kamera HTC One X dileng-kapi dengan 2.0 wide aperture.

Lumia 900

BerikutinispesifikasidetailNokiaLumia 900 :Jaringan yang di-support: 2G Net-work GSM (850/900/1800/1900), 3G Network HSDPA (850/1900/2100), 4G Network LTE 700 MHz (Class 17/1700/2100).Ukuran Dimensi 127.8 x 68.5 x 11.5 mm, 90 cc.Berat 160 g.Layar Amoled capacitive touch screen, 16M colors, ukuran 480 x 800 pixels, 4.3 inches (~217 ppi pixel density)Memori internal 16 GB storage, 512 MB RAM.Kamera depan (primary) 8 MP, 3264×2448 pixels, Carl Zeiss optics, autofocus,dual-LEDflash.Kamera belakang (secondary) Yes, 1.3 MP, [email protected] Operasi Microsoft Windows Phone 7.5 MangoChipset Qualcomm APQ8055 Snap-dragonCPU 1.4 GHz ScorpionGPU Adreno 205Daya tahan baterai:Standar baterai, Li-Ion 1830 mAh (BP-6EW)Stand-by Up to 300 hTalk time Up to 7 hMusic play Up to 60 hStandard battery, Li-Ion 1830 mAh (BP-6EW)

dilengkapi dengan Corning Go-rilla Grass, Amoled, ClearBlack.

Dari segi entertain-ment, Nokia Lumia dilengkapi dengan kamera 8 MP dengan format hasil Foto JPEG/Exif dan XMP, sedangkan untuk format hasil video yaitu MPEG 4. Layanan musik yang ada di ponsel Nokia Lumia ini adalah Zune dan AT&T Radio.

Jika membeli ponsel Nokia Lumia ini maka Anda akan mendapatkan aksesori berupa: Nokia Play 360 Wireless Speak-er, Nokia Luna Bluetooth Head-set, Nokia Purify HD Stereo, Nokia Purify Streao Headset, Nokia Soft Cover CC-1037.

Mengintip Kelebihan dan Kelemahan Ice Cream Sandwich

SEPERTI yang telah diketahui, Google memperkenalkan Android terbaru mereka yakni OS Ice Cream Sandwich. Android terbaru ini disebut memadukan sistem operasi Gingerbread dengan Honeycomb, yang digunakan di tablet.

Seperti apa kelebihan dan kelemahan Android terbaru ini? Berikut ulasannya sep-erti yang dikutip dari blog resmi Google.

Desain CantikAndroid terbaru ini memiliki penampi-

lan yang jauh berbeda dari Gingerbread. Tampilannya lebih elegan, dan fitur noti-fikasinya pun diperkaya dan lebih interaktif. Google juga melakukan perbaikan dengan sejumlah font baru yang optimal untuk dis-play HD. Interface-nya pun terlihat teratur. Di Android terbaru ini, penggunanya bisa melihat aplikasi terkini (recent apps), yang baru dibuka dan bisa multitasking dalam membuka apps. Tampilan recent apps ini terlihat seperti yang digunakan di Honey-comb.

Home-screen di Ice Cream Sandwich kini dilengkapi widget yang ukurannya bisa disesuaikan (resizeable). Kemudian, fitur baru yang dilakukan di home screen ada-lah bisa membuat folder, serta action bar yang bisa dikustomisasi secara cepat.

Face UnlockSistem operasi terbaru Android ini

melakukan perbaikan fitur yang ada dan penambahan fitur baru. Dengan fitur Face Unlock, Galaxy Nexus dapat mengenali wajah pengguna, dan pengguna bisa mem-

buka kunci (unlock) dengan identifikasi wajah.

Google+Selain itu, Ice Cream Sandwich di-

lengkapi dengan Google+. Canggihnya, pengguna bisa melakukan telekonferensi hingga dengan sepuluh orang dengan fitur Hangout di Google+.

Instant VoicePengguna bisa menekan tombol per-

intah suara dan mulai berbicara, tapi teks langsung muncul saat masih berbicara. Ini berbeda dengan Android sebelumnya, juga iOS, yang melakukan itu secara bertahap.

Android BeamFitur ini berdasarkan teknologi NFC.

Dengan teknologi NDEF Push, dua ponsel Android yang menggunakan teknologi NFC bisa melakukan pertukaran data dan informasi. Jadi dengan hanya men-tap, maka kontak, webpage, video, atau musik bisa ditransfer, sama seperti menggunakan bluetooth.

Kelemahan Android Ice Cream Sandwich 4.0

Memang kenyataannya, banyak fitur baru pada Android Ice Cream Sandwich ini, tapi seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak pada Android Ice Cream Sandwich pun masih ditemukannya kele-mahan oleh seorang blogger. Apa Kelema-han Android Ice Cream Sandwich 4.0 ini? Berikut ulasannya.

Sebuah celah keamanan ditemukan di Android 4.0, tepatnya di salah satu fitur an-dalannya, Face Unlock. Celah ini ditemu-kan oleh seorang blogger yang merekam video aksinya dan meng-upload-nya di internet.

Fitur Face Unlock bisa ditemui di sistem operasi Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich yang saat ini baru ada di ponsel Samsung Galaxy Nexus. Kemampuannya adalah unlock ponsel dengan memakai software pengenal wajah sehingga peng-guna tidak harus mengetikkan kode tiap kali akan memakai ponsel.

Akan tetapi sepertinya Google harus meneliti ulang fiturnya tersebut. Fitur yang diklaim bisa membuka ponsel dengan cara menunjukkan

wajah si empunya, ternyata juga mampu aktif hanya dengan menunjukkan foto saja.

Blog SoyaCincau dalam videonya menunjukkan bahwa ia bisa membuka pon-sel Galaxy Nexusnya dengan menunjukkan foto digital yang diambil dari piranti lain yakni Galaxy Note. Video ini pun langsung menjadi viral di internet.

Hal ini menjadi celah yang cukup serius bagi Ice Cream Sandwich yang diluncurkan di Hongkong. Ada kemungkinan, ses-eorang memanfaatkan foto si pengguna guna menerobos ke ponsel yang bukan miliknya. *ade

Cara Instal Codec untuk Windows 8

SISTEM operasi yang sedang banyak dibicarakan saat ini salah satunya adalah Windows 8, Windows 8 sendiri merupakan produk baru dari jenis sistem operasi milik perusahaan Microsoft yang rencananya versi finalnya akan dirilis pada akhir Oktober 2012. Meski saat ini Windows 8 masih dalam tahap pengembangan yaitu Windows 8 Consumer Preview dan juga Windows 8 Release Preview nyatanya kedua versi dari Windows 8 tersebut telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan oleh para penggunanya.

Sementara Codec berkaitan erat dengan kompresi dan dekompresi, dan Codec sendiri merupakan sebuah sing-

katan dari “Compressor-Decompressor” atau sering juga disebut “Coder-Decoder,” yaitu sebuah aplikasi atau program yang mampu mentransformasi sinyal atau aliran data. Codec juga dapat mengubah stream atau mengubah sinyal ke dalam bentuk yang telah ter-encode (biasa dipakai pada transmisi, storage, enkripsi data) kemudian diterima, atau dapat men-decode bentuk tersebut agar dapat dilihat seta dimanipu-lasi ke dalam bentuk yang lain. Codec juga sering digunakan dalam video conference dan teknologi streaming.

Codec juga bisa dibilang sebagai sebuah algoritma kompresi yang dipakai untuk mengkompres video pada satu

bagian, dengan menggunakan program encoding, dan mendekompresinya pada bagian lain untuk playback contohnya video player seperti VLC, Quicktime atau dengan menggunakan hardware decoder berupa chip yang terdapat pada DVD Player. Pada dasarnya Codec adalah pi-ranti lunak (software) yang membuat video bisa terbaca oleh komputer. Tanpa Codec yang tepat, baik audio maupun video tidak bisa dimainkan di komputer.

Pernahkah Anda ketika sedang mem-buka file berjenis video dan audio pada komputer ataupun notebook namun file tersebut tidak dapat dibuka atau dilihat? Penyebabnya adalah ada Codec pada komputer dan notebook Anda yang tidak lengkap, maka dari itu, seperti dikutip dari Paseban, akan membahas mengenai cara instal codec Windows 8 menggunakan salah satu pengembang milik Shark007 developer.

Berikut ini adalah cara instal Codec pada Windows 8:

Pastikan bahwa sistem operasi yang Anda gunakan adalah Windows 8.

Anda harus mempunyai terlebih dahulu file instalernya, file dengan ukuran sekitar 15 MB tersebut dapat diunduh secara gra-tis di situs resminya berikut ini.

Setelah itu silahkan instal dengan cara “Run As Administrator”, cara instalnya pun mudah sama seperti menginstal aplikasi-aplikasi pada umumnya.

Setelah selesai, jika program Windows 8 Codec tersebut meminta untuk menghidup-kan ulang (restart) komputer atau pun note-book, silakan lakukan.

Setelah Anda menghidupkan ulang komputer atau pun notebook, maka semua Codec tersebut telah terinstal pada sistem operasi Windows 8 Anda dan Anda pun

sekarang bisa memutar berbagai jenis tipe file video maupun Audio.

Ada pun contoh jenis Codec yang didukung Windows 8 Codec milik Shark yakni H264 / AVC, hi10p / 10bit codecs , amr, mpc, ofr, divx, mka, ape, flac, evo, flv, m4b, mkv, ogg, ogv, ogm, rmvb, xvid. Semua tipe file yang disebutkan tadi dapat ditambahkan pada Windows Media Player menggunakan klik kanan.

Berikut ini adalah yang membedakan dan keunggulan Codec milik Shark dengan aplikasi Codec lainnya:

Full color thumbnails termasuk jenis tipe file FLV’s dan juga 10 bit MKV’s

Mendukung fitur Preview Pane untuk semua ALL jenis file tipe baru seperi jenis file MKV dan FLV.

Properties Explorer pada Windows 8 akan ditampilkan untuk file non natives seperti file bertipe MKV dan FLV. Anda akan diberikan notifikasi jika terdapat versi codec terbaru.

Memungkinkan pengguna untuk meng-gunakan aplikasi Power DVD 12 decoders 32bit LiveTV

Mendukung penggunaan Xbox360 pada Windows 7 sebagai tambahan ketika sedang memutar file bertipe MKV.

Memungkinkan pengaturan Single Click pada Audio Bitstreamed.

Mendukung pemutaran dari MOD audio file dan juga M4A yang mengadang tipe ALAC (Apple Lossless Audio Codec).

Mendukung pembuatan playlist untuk digunakan pada Windows 8 Media Center.

Memungkinkan pengguna untuk Men-gaktifkan/non-aktifkan Codecs yang diinstal pada sistem operasinya.

Mendukung Add to Windows Media Player List menggunakan klik kanan pada berbagai jenis tipe file audio dan video. *

Page 9: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

APLIKASI16 TREND 9 22 - 28 Juni 201222 - 28 Juni 2012

Berita mengenai iPhone 4S sudah marak dan banyak di internet. Walau pendistribusian iPhone 4S masih belum merata ke seluruh dunia namun gaung dan sepelintiran berita mengenai iPhone 4S sudah banyak terden-gar. Bagi para peminat yang ingin

iPhone 4S baru yang bisa dinikmati peng-guna iPhone 4S dan juga iPhone 4. Fitur-fitur baru tersebut adalah di antaranya ada iCloud, Notification Bar, iMessage, Edit Photo, Tombol Camera pada Homescreen, Re-minders, dan lain sebagainya.

iCloud adalah sebuah fitur yang diberikan gratis oleh Apple untuk pengguna iPhone yang mengguna-kan iOS 5 (hanya pada iOS 5 saja fitur iCloud dibenamkan). Di mana kita mendapat kapasitas penyim-panan data 5 GB, kita dapat mem-backup data-data di iPhone ke server Apple. Data-data yang bisa kita backup adalah: Mail, Contacts, Calendars, Reminders, Bookmarks, Notes, Photo dan data kordinat keberadaan iPhone kita.

Bila kapasitas 5 GB yang diberi-kan gratis oleh Apple dirasa tidak cukup, kita juga dapat meng-up-grade-nya menjadi 10 GB dengan biaya 20 dolar AS per tahun, atau 20 GB dengan 40 dolar AS per tahun dan 50 GB 100 dolar AS per tahun. Fitur ini benar-benar sangat bermanfaat buat penyimpanan data-data di iPhone kita, data-data yang telah kita backup ke server Apple sewaktu-waktu kita dapat me-restore-nya kembali ke iPhone kita.

Keunggulan utama iPhone 4S dibanding dengan iPhone 4 adalah terletak pada processor-nya, iPhone 4S mengusung processor

dual-core, kamera pada iPhone 4S sudah menggunakan 8 MP sedang-kan iPhone 4 masih 5 MP.

Dalam hal segi software iPhone 4S dilengkapi dengan fitur pengolah suara yang disebut dengan Siri. Dengan adanya Siri, kita dapat berkomunikasi dua arah dengan iPhone, kita dapat menanyakan sesuatu, meminta untuk menuliskan SMS kepada rekan kita, mencatat skedul meeting hingga pencarian restoran terdekat. Siri saat ini hanya masih dapat digunakan dengan ba-hasa Inggris, Prancis dan Jerman.

Karena iPhone 4S telah meng-gunakn processor yang lebih cepat, maka di dalam melakukan browsing internet dirasakan lebih cepat, membuka situs web satu per satu terasa lebih ringan dan enteng. Meski demikian, dengan kecepatan pada kamera, kecepa-tan di dalam pengambilan gambar juga dapat dirasakan lebih cepat dari iPhone terdahulunya.

Sesuatu yang perlu kita ke-tahui bersama adalah, sekarang Apple sudah tidak terlalu ketat di dalam menciptakan produknya, setidaknya bisa dilihat dari iPhone 4S, di mana di saat pertama kali menyalakan handset kita dapat mengaktifkannya tanpa meng-gunakan iTunes, cukup menyala-kan koneksi Wi-Fi maka proses aktivasi hanya memakan waktu

sekitar semenitan saja. Dan yang lebih menyenangkan lagi adalah iPhone 4S dapat dibeli secara “Unlock” tanpa harus menggu-nakan aplikasi tambahan, buka kotaknya, ambil handset-nya, tarik slot sim card-nya, masukkan kartu GSM, langsung dapat digu-nakan untuk menelepon maupun SMS serta internet bila kartu tersebut memiliki akses internet.

Berikut ini spesifikasi iPhone 4S:1 GHz dual-core ARM Cortex-A9 processorPowerVR SGX543MP2 GPU, Apple A5 chipsetDimensi 115.2 x 58.6 x 9.3 mmBerat 140 gLayar LED-backlit IPS TFT, capaci-tive touchscreen, 16M colorsUkuran layar 640 x 960 pixels, 3.5 inches (~330 ppi pixel density)Kapasitas internal 16/32/64 GB storage, 512 MB RAMKapasitas external tidak adaKoneksi data GPRS, EDGE, 3G, Wi-Fi, bluetooth, MicroUSBKamera 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flashKamera depan VGASistem operasi iOS 5GPSBaterai Li-Po 1432 mAh.

membelinya namun di negara tempat asal belum terdapat iPhone 4S, harap untuk bersabar sebentar, karena hingga akhir tahun semestinya iPhone 4S su-dah mudah didapatkan di penjuru dunia melalui toko-toko ponsel atau di toko Apple-nya sendiri.

Produk anyar iPhone 4S yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan para penggila gadget. Banyak dugaan Apple akan mengelu-arkan iPhone 5 saat ini, namun yang terjadi adalah Apple hanya mengeluarkan iPhone generasi 4 yang lebih updated dari versi sebelumnya.

Ya, iPhone 4S dan iPhone 4 bila dilihat dari tampak luar maka keduanya terlihat sama (tidak ada perbedaan yang mencolok). Namun, di balik itu iPhone 4S mengusung banyak hal yang baru di dalamnya. Banyak anggapan bahwa perubahan yang dilakukan Apple terhadap iPhone 4S tidaklah

terlalu signifikan sehingga kurang begitu dirasa perlu bagi sebagian orang untuk memilikinya dengan segera.

Hadirnya iPhone 4S juga dibarengi dengan sistem operasi yang terbaru yaitu iOS 5. Di iOS 5 inilah juga terdapat banyak fitur-fitur

Riza [email protected]

KADANG kala dalam melakukan peker-jaan atau tugas, sering kali harus dilaku-kan secara tim atau pun kelompok. Di era komunikasi dan informasi ini, kebutuhan kehadiran secara fisik tidak selalu harus dilakukan, kehadiran fisik seringkali men-jadi hal yang menjadi tidak terlalu prinsip, tetapi ide pemikiran maupun proses diskusi secara langsung menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Banyak aplikasi yang dapat digunakan

Selanjutnya pilih operating system (mis-alnya: Windows), lakukan proses install. Demikian juga untuk perangkat yang akan digunakan untuk melakukan proses komu-nikasi, misalnya menggunakan Samsung

Setelah semua ter-install, proses untuk diskusi atau share pekerjaan dapat dimulai

Masukkan ID dan password rekan Anda yang akan di-remote PC-nya

Jika sukses tampilannya akan seperti berikut ini, yaitu pengguna akan dapat melihat segala aktivitas yang dilakukan, laptop yang di-remote. Di sini diskusi dan saran dapat dilakukan seh-

Memulainya pilih menu hingga tampilan pada laptop tampak seperti berikut:

Langkah berikutnya: ID yang terdapat pada tampilan tersebut di-share atau diinformasikan ke rekan atau teman yang akan melakukan meeting atau diskusi, hal yang perlu dicermati yaitu bandwidth yang dibutuhkan lumayan besar. Jadi

Menggunakan Aplikasi TeamViewer di Samsung Galaxy Tab dan Laptop

untuk melakukan hal tersebut di antaranya adalah menggunakan aplikasi TeamViewer. Syarat utamanya perangkat yang akan digunakan terkoneksi internet dan support dengan software atau aplikasi yang akan digunakan.

Persiapan awal pastikan perangkat yang akan digunakan telah ter-install dengan aplikasi TeamViewer jika belum silakan di-download http://www.teamviewer.com/en/download/index.aspx

Galaxy Tab (pastikan juga telah ter-install) aplikasi ini dapat di-install melalui komputer dapat di-download ke https://play.google.com/store/search?q=teamviewer&c=apps atau melalui market.

dengan langkah sebagai berikut:Aktifkan aplikasi TeamViewer

ingga pekerjaan menjadi cepat terselesaikan.Selain digunakan sebagai remote, Team-

Viewer dapat pula digunakan untuk melakukan meeting.

kalau hal tersebut tidak masalah, sela-mat mencoba dan menikmati fasilitas ini, pekerjaan selesai tanpa harus ke sana ke mari.

Roy RudolfSTIKOM Bali

Android Jelly Bean segera Dirilis

ANDROID kembali akan merilis OS terbarunya yang ren-cana akan diberi nama Android Jelly Bean. Android Ice Cream Sandwich memang belum lama dirilis dan masih sangat sedikit ponsel yang sudah mengusungnya, namun tidak ada salahnya bila kita membahas Android Jelly Bean versi selanjutnya yang rencananya akan dirilis tahun 2013 ini.

Berkaitan dengan nama, sebelumnya sudah lama berkem-bang rumor nama yang akan digunakan Google untuk versi Android 5.0 adalah Jelly Bean. Indikasi paling baru adalah kehadiran mangkok berisi hidangan Jelly Bean di stan Google pada ajang MWC, seperti yang dikutip dari blog resmi Google.

Kali ini Asus, salah satu partner Google yang tergolong ce-pat dalam memberikan update Android ke ponsel yang mereka

produksi, lewat Vice President, Benson Lin secara tidak sengaja mengkonfirmasi nama Android Jelly Bean.

“Asus sangatlah dekat dengan Google, jadi saat mereka telah merilis Android 5.0, saya pikir besar kemung-kinan bahwa kamilah yang akan pertama kali memberikan update Jelly Bean ke konsumen,” ujarnya dalam situs tersebut.

Bila hal tersebut benar adanya, ini akan meneruskan tradisi Google yang selalu memberi nama versi Android dengan nama hidangan makanan yang urut sesuai dengan abjad. Bahkan, sudah beredar rumor juga nama yang dipakai untuk versi set-elah Jelly Bean adalah Key Lime Pie. Kita tunggu saja kehad-iran OS terbaru Android Jelly Bean. *ade

Page 10: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

MARKET10 APLIKASI 15 22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

APPLE mempertontonkan sistem operasi perangkat mobile terbarunya, iOS 6, dalam konferensi pengem-bang sedunia yang diselenggarakan perusahaan itu di San Francisco, AS.

Dalam The Apple Worldwide Developers Conference itu juga diluncurkan versi beta iOS bagi para anggota iOS Development Program.

Bagi pengguna akhir yang ingin upgrade, Apple sudah menyediakannya gratis dan bisa diunduh dari perangkat iPhone, iPad, maupun iPod sentuh.

Apa saja fitur baru dari iOS 6? Berikut hal-hal baru dalam sistem operasi Apple itu sebagaima-na dipaparkan di iPhone Blog seperti yang dikutip Antara News.

* Pada layanan pemetaan (Maps), Apple telah menyertakan peta dengan tampilan 3D interaktif, memungkinkan dikontrol dengan perintah suara, serta dilengkapi fitur Flyover.

* Siri, pada fitur ini Apple telah me-masukkan lebih banyak bahasa dan dipastikan bisa bekerja di lebih banyak negara. Pengguna bisa dengan cepat

Mendapatkan Account Root dan Menginstall Aplikasi di SD Card pada Galaxy Tab 2 7.0 Plus (P6200)

Sebelumnya jika masih ada yang belum jelas mengenai apa itu akses root akan dijelaskan sebelumnya mengenai hak akses yang ada di Android.

Root merupakan hak akses tertinggi yang dimiliki peng-guna sehingga dapat atau diizinkan untuk memodifikasi aplikasi atau sistem operasi yang ada di gadget Android. Proses mendapatkan root sering disebut “rooting”. Root-ing menurut Wikipedia adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Android untuk mencapai kontrol istimewa (dikenal sebagai “akses root”). Baiklah untuk lebih cepatnya mari kita memulai untuk mendapatkan akses root di gadget Galaxy Tab Anda.

- Pastikan Galaxy Tab Anda sudah berisi SD card dan sudah di partisi sesuai dengan artikel sebel umnya.

- Download aplikasi Samsung kies terbaru di situs Samsung, atau cari di Google dengan kunci “download Samsung kies” dan install di komputer atau laptop Anda.

- Download file root.zip disitus “ http://forum.xda- developers.com/showthread.php?p=19792563”

- Selanjutnya copy file root.zip tersebut ke dalam SD card dari Galaxy Tab Anda menggunakan komputer atau laptop.

SEBELUMNYA saya sudah membahas men-genai bagaimana mengatur partisi pada gad-get yang Anda miliki. Untuk artikel ini akan dibahas cara mendapatkan root dan dilan-jutkan meng-install aplikasi di SD card yang sudah di-setting sebelumnya. Pengaturan partisi agar dapat meng-install aplikasi pada SD card dibutuhkan akses root, selain itu ada beberapa aplikasi yang menarik di Android juga membutuhkan akses root untuk dapat di-install di gadget Android Anda.

- Selanjutnya matikan tab Anda, diamkan selama 30 detik, lalu dihidupkan lagi untuk masuk ke recovery mode.

- Untuk masuk recovery mode lakukan dengan menekan:

a. Tombol volume up dan power bersamaan b. Pada saat tab Anda menyala lepas tom

bol power dan tetap menekan c. Tampilan akan terlihat seperti gambar di

bawah ini

- Pilih “update from / SD card lalu cari file “root.zip” yang sudah Anda simpan sebelumnya.

- Jika sudah silahkan restart tab Anda dan biarkan menyala dengan normal.

- Install busybox dan su checker dari market untuk memastikan Anda sudah mendapatkan root.

- Install terminal emulator lalu ketikkan “su –“ untuk melihat apakah Anda sudah mendapatkan root dengan SIMBOL “#” di textmod

- Selesai untuk proses mendapatkan root selan jutnya untuk dapat meng-install aplikasi di SD card, software yang digunakan “link2sd”. Sebe narnya ada banyak software yang bisa digunakan selain “link2sd”, ada “move2sd” dan banyak aplikasi yang lain. Baik berikut adalah proses meng-install link2sd di Galaxy Tab Anda.

- Cari “link2sd” di market (play store) dan install di tab Anda

- Selanjutnya akses “link2sd” dari menu dan cari menu setting dilanjutkan menu install location.

- Pastikan Anda tetap install location-nya tetap internal atau buat menjadi automatic. Jangan pernah menggunakan eksternal (walaupun bisa) karena ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan dengan mode instalasi eksternal. Salah satu contoh adalah blood dan glory.

Demikian cara mendapatkan root dan meng-install ap-likasi di gadget Galaxy Tab Anda. Semoga membantu dan bisa bermanfaat untuk gadget yang Anda miliki.

I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T.STIKOM Bali

Apa yang Baru dari iOS 6?mengakses skor pertandingan olahraga berikut statistiknya, mencari tempat makan, atau menonton film hingga posting ke Facebook.

* Facebook, Apple telah mengintegrasikan jejaring sosial terbesar dunia itu ke dalam iOS, memungkinkan pengguna dapat berbagi foto langsung dari fitur kamera atau foto, dan bisa memberi tahu lokasi keberadaannya melalui Maps.

* Berbagi foto streams, berbagi foto pilihan dengan memilih te-man yang akan dikirimi. Dengan

menggunakan iCloud pada perangkat iOS 6 atau Mac yang dijalankan dengan Mountain Lion, pengguna bisa mendapatkan foto dari teman dengan cepat di aplikasi Photo atau iPhoto.

* Passbook, memungkinkan pengguna menyimpan boarding pass, tiket film, kupon ritel, atau kartu loyalitas, dalam satu tempat. Cukup dengan memindai iPhone

atau iPod touch untuk ceck in sebuah pener-bangan.

* FaceTime, fitur ini memungkinkan perangkat bekerja pada lebih banyak jar-ingan selular dan Wi-Fi. Fitur ini memung-kinkan pengguna membuat atau meneri-ma panggilan FaceTime di hampir semua negara melalui iPhone 4 atau yang versi terbaru, iPad 3 atau new iPad.

Selain dari yang disebut itu, Apple mengaku telah menambahkan lebih dari 200 fitur baru dalam iOS 6.

Browser Safari dalam iOS 6 juga telah di-update, sehingga menjelajah web bisa lebih cepat aman baik dari perangkat iPhone, iPad, maupun iPod touch. *

BERDASARKAN informasi yang diperoleh AllThingsD, Nokia telah membatalkan pengembangan Meltemi, sistem operasi berbasis Linux yang dimaksudkan untuk smartphone kelas rendah. Penghentian pengembangan ini merupakan akibat dari proses perampingan yang dilakukan Nokia baru-baru ini.

Proyek Meltemi ditujukan untuk menawarkan smartphone dengan harga yang sulit ditandingi Android dan Windows Phone. Namun de-mikian, Meltemi dimaksudkan untuk memiliki fungsionalitas yang lebih baik dari Series 40.

Nokia sendiri melalui CEO-nya Stephen Elop, menyatakan bahwa perusahaan tidak pernah mengumumkan apa pun di bawah nama Meltemi. Namun begitu dirinya mengatakan bahwa perusahaan me-mang mematikan beberapa proyek pengembangan. Menurut sumber AllThingsD seperti dikutip Teknoup, proyek ini telah dihentikan meski beberapa elemennya bisa jadi akan diteruskan di upaya-upaya lain.

Nokia sendiri sebelum ini dikabarkan sedang berusaha keras ber-sama Microsoft untuk membawa Windows Phone ke harga yang lebih rendah. Nokia berkeinginan untuk menyiapkan seri Lumia murah yang bisa menyaingi Android, dengan harga di bawah Lumia 610 yang seka-rang menjadi ponsel Windows Phone Nokia termurah. *

Samsung dan Apple Kuasai 90 Persen Total Keuntungan Industri Smartphone

MESKI pasar smartphone mengalami pertumbuhan pesat sebanyak 41 persen dari tahun ke tahun, hanya 2 vendor yang benar-benar menikmati pertumbuhan tersebut yakni Samsung dan Apple. Menu-rut periset pasar, ABI, berdua mereka menguasai 55 persen pengapalan smart-phone secara global di kuartal pertama

tahun ini dan menikmati 90 persen dari keuntungan yang ada di industri smart-phone.

Yang cukup mengejutkan, seperti diberitakan Teknoup, Samsung dan Sony merupakan dua OEM yang menikmati pertumbuhan secara berkesinambungan dalam hal pengapalan. Yang lebih menge-

jutkan dalam hal pertumbuhan RIM mele-wati Nokia, meski sama-sama mengalami penurunan di pengapalan, RIM 20 persen dan Nokia 40 persen.

Di kuartal pertama 2012, Samsung ada di posisi teratas dengan 43 juta penga-palan, diikuti Apple dengan angka 35 juta, Nokia (11,9 juta), RIM (11,1 juta), Sony (7

juta), dan Huawei (6,8 juta).Nokia harus berjuang keras akhir-

akhir ini, setelah melepas Symbian dan sedang dalam masa transisi ke sistem operasi mobile Microsoft Windows Phone. Pun demikian yang terjadi den-gan RIM, berusaha keras untuk bangkit dengan BB10. *

BAGI fans Apple mungkin sempat merasa kalau prototif Macintosh Apple 128 K, juga dikenal dengan nama Twiggy yang dijual oleh Steve Wozniak seharga 100.000 dolar AS cukup mahal.

Tampaknya angka tersebut masih kalah dengan model Apple 1 yang diketa-hui lebih langka lagi. Komputer legendaris ini dilelang dan laku dengan harga 240.929 Poundsterling dalam sebuah acara pelelangan di Sotheby.

Apa yang spesial dari Apple 1 ini sehingga membuatnya terjual dengan san-gat mahal? Sebab Apple 1 merupakan komputer personal pertama keluaran Cupertino. Komputer ini memiliki papan sirkuit dengan microchip yang masih primitif. Selain itu Apple 1 juga merupakan contoh dari 6 sampel pengerjaan yang murni dilakukan Steve Jobs dan Steve Wozniak pertama kali.

Apple 1 seperti diberitakan Teknoup, hanya dibuat sekitar 200 unit pada tahun 1976 lalu dan dijual dengan harga retail 666,66 dolar AS pada saat itu, tanpa papan ketik, monitor, dan power supply. Apple 1 memiliki spesifikasi high end di eranya dengan memori sebesar 4 KB dan prose-sor 1 Mhz. *

Apple 1, Sang Legendaris Terjual Seharga Rp 36 Milyar

Nokia Meltemi, Layu Sebelum Berkembang?

net

net

ICS Bukukan Transaksi Rp 587,1 MilyarAMERAN Indonesia Cellular Show (ICS) dan Festival Komputer Indonesia (FKI) yang digelar di enam kota di Indonesia 6-10 Juni 2012 telah membukukan transaksi

senilai Rp 587,109 milyar.Dwi Putri Winahyu, IT Division Manager

Dyandra Promosindo seperti diberitakan Antara News mengatakan, transaksi terbesar selama pameran diperoleh di Jakarta yang mencapai Rp 553,850 milyar.

Pameran ICS dan FKI 2012 digelar seren-tak di Jakarta, Bandung, Surabaya, Sema-rang, Makassar, dan Yogyakarta. Jumlah pengunjung pameran di Jakarta mencapai 197.378 orang, sedangkan pada penyeleng-garaan acara serupa di lima kota lainnya dikunjungi 192.244 orang dalam lima hari penyelenggaraannya.

“Jadi selama lima hari pelaksanaan pameran di enam kota ini dikunjungi 389.622 pengun-jung,” katanya.

Pameran yang secara resmi ditutup pada 10 Juni 2012 oleh Ketua Asosiasi Teleko-munikasi Seluler Indonesia (ATSI), Sarwoto Atmosutarno, itu didukung oleh para operator selular, handset vendor, content provider, mobile accessories, produsen komputer, dan perusahaan media.

Sejumlah produk yang berhasil meme-nangkan penghargaan di antaranya Apple iPad 2 yang menjadi The Best Tablet PC, Samsung Galaxy Note menjadi The Best Android Phone, Axiata menjadi The Best Op-erator GSM sekaligus The Best Blackberry Package, sedangkan Smartfren menjadi The Best Operator CDMA. *

P

Page 11: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

HARGA PONSEL14 HARGA PONSEL 11 22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Page 12: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

HARGA PONSEL12 HARGA PONSEL 1322 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Page 13: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

HARGA PONSEL12 HARGA PONSEL 1322 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Page 14: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

HARGA PONSEL14 HARGA PONSEL 11 22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Page 15: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

MARKET10 APLIKASI 15 22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

APPLE mempertontonkan sistem operasi perangkat mobile terbarunya, iOS 6, dalam konferensi pengem-bang sedunia yang diselenggarakan perusahaan itu di San Francisco, AS.

Dalam The Apple Worldwide Developers Conference itu juga diluncurkan versi beta iOS bagi para anggota iOS Development Program.

Bagi pengguna akhir yang ingin upgrade, Apple sudah menyediakannya gratis dan bisa diunduh dari perangkat iPhone, iPad, maupun iPod sentuh.

Apa saja fitur baru dari iOS 6? Berikut hal-hal baru dalam sistem operasi Apple itu sebagaima-na dipaparkan di iPhone Blog seperti yang dikutip Antara News.

* Pada layanan pemetaan (Maps), Apple telah menyertakan peta dengan tampilan 3D interaktif, memungkinkan dikontrol dengan perintah suara, serta dilengkapi fitur Flyover.

* Siri, pada fitur ini Apple telah me-masukkan lebih banyak bahasa dan dipastikan bisa bekerja di lebih banyak negara. Pengguna bisa dengan cepat

Mendapatkan Account Root dan Menginstall Aplikasi di SD Card pada Galaxy Tab 2 7.0 Plus (P6200)

Sebelumnya jika masih ada yang belum jelas mengenai apa itu akses root akan dijelaskan sebelumnya mengenai hak akses yang ada di Android.

Root merupakan hak akses tertinggi yang dimiliki peng-guna sehingga dapat atau diizinkan untuk memodifikasi aplikasi atau sistem operasi yang ada di gadget Android. Proses mendapatkan root sering disebut “rooting”. Root-ing menurut Wikipedia adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Android untuk mencapai kontrol istimewa (dikenal sebagai “akses root”). Baiklah untuk lebih cepatnya mari kita memulai untuk mendapatkan akses root di gadget Galaxy Tab Anda.

- Pastikan Galaxy Tab Anda sudah berisi SD card dan sudah di partisi sesuai dengan artikel sebel umnya.

- Download aplikasi Samsung kies terbaru di situs Samsung, atau cari di Google dengan kunci “download Samsung kies” dan install di komputer atau laptop Anda.

- Download file root.zip disitus “ http://forum.xda- developers.com/showthread.php?p=19792563”

- Selanjutnya copy file root.zip tersebut ke dalam SD card dari Galaxy Tab Anda menggunakan komputer atau laptop.

SEBELUMNYA saya sudah membahas men-genai bagaimana mengatur partisi pada gad-get yang Anda miliki. Untuk artikel ini akan dibahas cara mendapatkan root dan dilan-jutkan meng-install aplikasi di SD card yang sudah di-setting sebelumnya. Pengaturan partisi agar dapat meng-install aplikasi pada SD card dibutuhkan akses root, selain itu ada beberapa aplikasi yang menarik di Android juga membutuhkan akses root untuk dapat di-install di gadget Android Anda.

- Selanjutnya matikan tab Anda, diamkan selama 30 detik, lalu dihidupkan lagi untuk masuk ke recovery mode.

- Untuk masuk recovery mode lakukan dengan menekan:

a. Tombol volume up dan power bersamaan b. Pada saat tab Anda menyala lepas tom

bol power dan tetap menekan c. Tampilan akan terlihat seperti gambar di

bawah ini

- Pilih “update from / SD card lalu cari file “root.zip” yang sudah Anda simpan sebelumnya.

- Jika sudah silahkan restart tab Anda dan biarkan menyala dengan normal.

- Install busybox dan su checker dari market untuk memastikan Anda sudah mendapatkan root.

- Install terminal emulator lalu ketikkan “su –“ untuk melihat apakah Anda sudah mendapatkan root dengan SIMBOL “#” di textmod

- Selesai untuk proses mendapatkan root selan jutnya untuk dapat meng-install aplikasi di SD card, software yang digunakan “link2sd”. Sebe narnya ada banyak software yang bisa digunakan selain “link2sd”, ada “move2sd” dan banyak aplikasi yang lain. Baik berikut adalah proses meng-install link2sd di Galaxy Tab Anda.

- Cari “link2sd” di market (play store) dan install di tab Anda

- Selanjutnya akses “link2sd” dari menu dan cari menu setting dilanjutkan menu install location.

- Pastikan Anda tetap install location-nya tetap internal atau buat menjadi automatic. Jangan pernah menggunakan eksternal (walaupun bisa) karena ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan dengan mode instalasi eksternal. Salah satu contoh adalah blood dan glory.

Demikian cara mendapatkan root dan meng-install ap-likasi di gadget Galaxy Tab Anda. Semoga membantu dan bisa bermanfaat untuk gadget yang Anda miliki.

I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T.STIKOM Bali

Apa yang Baru dari iOS 6?mengakses skor pertandingan olahraga berikut statistiknya, mencari tempat makan, atau menonton film hingga posting ke Facebook.

* Facebook, Apple telah mengintegrasikan jejaring sosial terbesar dunia itu ke dalam iOS, memungkinkan pengguna dapat berbagi foto langsung dari fitur kamera atau foto, dan bisa memberi tahu lokasi keberadaannya melalui Maps.

* Berbagi foto streams, berbagi foto pilihan dengan memilih te-man yang akan dikirimi. Dengan

menggunakan iCloud pada perangkat iOS 6 atau Mac yang dijalankan dengan Mountain Lion, pengguna bisa mendapatkan foto dari teman dengan cepat di aplikasi Photo atau iPhoto.

* Passbook, memungkinkan pengguna menyimpan boarding pass, tiket film, kupon ritel, atau kartu loyalitas, dalam satu tempat. Cukup dengan memindai iPhone

atau iPod touch untuk ceck in sebuah pener-bangan.

* FaceTime, fitur ini memungkinkan perangkat bekerja pada lebih banyak jar-ingan selular dan Wi-Fi. Fitur ini memung-kinkan pengguna membuat atau meneri-ma panggilan FaceTime di hampir semua negara melalui iPhone 4 atau yang versi terbaru, iPad 3 atau new iPad.

Selain dari yang disebut itu, Apple mengaku telah menambahkan lebih dari 200 fitur baru dalam iOS 6.

Browser Safari dalam iOS 6 juga telah di-update, sehingga menjelajah web bisa lebih cepat aman baik dari perangkat iPhone, iPad, maupun iPod touch. *

BERDASARKAN informasi yang diperoleh AllThingsD, Nokia telah membatalkan pengembangan Meltemi, sistem operasi berbasis Linux yang dimaksudkan untuk smartphone kelas rendah. Penghentian pengembangan ini merupakan akibat dari proses perampingan yang dilakukan Nokia baru-baru ini.

Proyek Meltemi ditujukan untuk menawarkan smartphone dengan harga yang sulit ditandingi Android dan Windows Phone. Namun de-mikian, Meltemi dimaksudkan untuk memiliki fungsionalitas yang lebih baik dari Series 40.

Nokia sendiri melalui CEO-nya Stephen Elop, menyatakan bahwa perusahaan tidak pernah mengumumkan apa pun di bawah nama Meltemi. Namun begitu dirinya mengatakan bahwa perusahaan me-mang mematikan beberapa proyek pengembangan. Menurut sumber AllThingsD seperti dikutip Teknoup, proyek ini telah dihentikan meski beberapa elemennya bisa jadi akan diteruskan di upaya-upaya lain.

Nokia sendiri sebelum ini dikabarkan sedang berusaha keras ber-sama Microsoft untuk membawa Windows Phone ke harga yang lebih rendah. Nokia berkeinginan untuk menyiapkan seri Lumia murah yang bisa menyaingi Android, dengan harga di bawah Lumia 610 yang seka-rang menjadi ponsel Windows Phone Nokia termurah. *

Samsung dan Apple Kuasai 90 Persen Total Keuntungan Industri Smartphone

MESKI pasar smartphone mengalami pertumbuhan pesat sebanyak 41 persen dari tahun ke tahun, hanya 2 vendor yang benar-benar menikmati pertumbuhan tersebut yakni Samsung dan Apple. Menu-rut periset pasar, ABI, berdua mereka menguasai 55 persen pengapalan smart-phone secara global di kuartal pertama

tahun ini dan menikmati 90 persen dari keuntungan yang ada di industri smart-phone.

Yang cukup mengejutkan, seperti diberitakan Teknoup, Samsung dan Sony merupakan dua OEM yang menikmati pertumbuhan secara berkesinambungan dalam hal pengapalan. Yang lebih menge-

jutkan dalam hal pertumbuhan RIM mele-wati Nokia, meski sama-sama mengalami penurunan di pengapalan, RIM 20 persen dan Nokia 40 persen.

Di kuartal pertama 2012, Samsung ada di posisi teratas dengan 43 juta penga-palan, diikuti Apple dengan angka 35 juta, Nokia (11,9 juta), RIM (11,1 juta), Sony (7

juta), dan Huawei (6,8 juta).Nokia harus berjuang keras akhir-

akhir ini, setelah melepas Symbian dan sedang dalam masa transisi ke sistem operasi mobile Microsoft Windows Phone. Pun demikian yang terjadi den-gan RIM, berusaha keras untuk bangkit dengan BB10. *

BAGI fans Apple mungkin sempat merasa kalau prototif Macintosh Apple 128 K, juga dikenal dengan nama Twiggy yang dijual oleh Steve Wozniak seharga 100.000 dolar AS cukup mahal.

Tampaknya angka tersebut masih kalah dengan model Apple 1 yang diketa-hui lebih langka lagi. Komputer legendaris ini dilelang dan laku dengan harga 240.929 Poundsterling dalam sebuah acara pelelangan di Sotheby.

Apa yang spesial dari Apple 1 ini sehingga membuatnya terjual dengan san-gat mahal? Sebab Apple 1 merupakan komputer personal pertama keluaran Cupertino. Komputer ini memiliki papan sirkuit dengan microchip yang masih primitif. Selain itu Apple 1 juga merupakan contoh dari 6 sampel pengerjaan yang murni dilakukan Steve Jobs dan Steve Wozniak pertama kali.

Apple 1 seperti diberitakan Teknoup, hanya dibuat sekitar 200 unit pada tahun 1976 lalu dan dijual dengan harga retail 666,66 dolar AS pada saat itu, tanpa papan ketik, monitor, dan power supply. Apple 1 memiliki spesifikasi high end di eranya dengan memori sebesar 4 KB dan prose-sor 1 Mhz. *

Apple 1, Sang Legendaris Terjual Seharga Rp 36 Milyar

Nokia Meltemi, Layu Sebelum Berkembang?

net

net

ICS Bukukan Transaksi Rp 587,1 MilyarAMERAN Indonesia Cellular Show (ICS) dan Festival Komputer Indonesia (FKI) yang digelar di enam kota di Indonesia 6-10 Juni 2012 telah membukukan transaksi

senilai Rp 587,109 milyar.Dwi Putri Winahyu, IT Division Manager

Dyandra Promosindo seperti diberitakan Antara News mengatakan, transaksi terbesar selama pameran diperoleh di Jakarta yang mencapai Rp 553,850 milyar.

Pameran ICS dan FKI 2012 digelar seren-tak di Jakarta, Bandung, Surabaya, Sema-rang, Makassar, dan Yogyakarta. Jumlah pengunjung pameran di Jakarta mencapai 197.378 orang, sedangkan pada penyeleng-garaan acara serupa di lima kota lainnya dikunjungi 192.244 orang dalam lima hari penyelenggaraannya.

“Jadi selama lima hari pelaksanaan pameran di enam kota ini dikunjungi 389.622 pengun-jung,” katanya.

Pameran yang secara resmi ditutup pada 10 Juni 2012 oleh Ketua Asosiasi Teleko-munikasi Seluler Indonesia (ATSI), Sarwoto Atmosutarno, itu didukung oleh para operator selular, handset vendor, content provider, mobile accessories, produsen komputer, dan perusahaan media.

Sejumlah produk yang berhasil meme-nangkan penghargaan di antaranya Apple iPad 2 yang menjadi The Best Tablet PC, Samsung Galaxy Note menjadi The Best Android Phone, Axiata menjadi The Best Op-erator GSM sekaligus The Best Blackberry Package, sedangkan Smartfren menjadi The Best Operator CDMA. *

P

Page 16: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

APLIKASI16 TREND 9 22 - 28 Juni 201222 - 28 Juni 2012

Berita mengenai iPhone 4S sudah marak dan banyak di internet. Walau pendistribusian iPhone 4S masih belum merata ke seluruh dunia namun gaung dan sepelintiran berita mengenai iPhone 4S sudah banyak terden-gar. Bagi para peminat yang ingin

iPhone 4S baru yang bisa dinikmati peng-guna iPhone 4S dan juga iPhone 4. Fitur-fitur baru tersebut adalah di antaranya ada iCloud, Notification Bar, iMessage, Edit Photo, Tombol Camera pada Homescreen, Re-minders, dan lain sebagainya.

iCloud adalah sebuah fitur yang diberikan gratis oleh Apple untuk pengguna iPhone yang mengguna-kan iOS 5 (hanya pada iOS 5 saja fitur iCloud dibenamkan). Di mana kita mendapat kapasitas penyim-panan data 5 GB, kita dapat mem-backup data-data di iPhone ke server Apple. Data-data yang bisa kita backup adalah: Mail, Contacts, Calendars, Reminders, Bookmarks, Notes, Photo dan data kordinat keberadaan iPhone kita.

Bila kapasitas 5 GB yang diberi-kan gratis oleh Apple dirasa tidak cukup, kita juga dapat meng-up-grade-nya menjadi 10 GB dengan biaya 20 dolar AS per tahun, atau 20 GB dengan 40 dolar AS per tahun dan 50 GB 100 dolar AS per tahun. Fitur ini benar-benar sangat bermanfaat buat penyimpanan data-data di iPhone kita, data-data yang telah kita backup ke server Apple sewaktu-waktu kita dapat me-restore-nya kembali ke iPhone kita.

Keunggulan utama iPhone 4S dibanding dengan iPhone 4 adalah terletak pada processor-nya, iPhone 4S mengusung processor

dual-core, kamera pada iPhone 4S sudah menggunakan 8 MP sedang-kan iPhone 4 masih 5 MP.

Dalam hal segi software iPhone 4S dilengkapi dengan fitur pengolah suara yang disebut dengan Siri. Dengan adanya Siri, kita dapat berkomunikasi dua arah dengan iPhone, kita dapat menanyakan sesuatu, meminta untuk menuliskan SMS kepada rekan kita, mencatat skedul meeting hingga pencarian restoran terdekat. Siri saat ini hanya masih dapat digunakan dengan ba-hasa Inggris, Prancis dan Jerman.

Karena iPhone 4S telah meng-gunakn processor yang lebih cepat, maka di dalam melakukan browsing internet dirasakan lebih cepat, membuka situs web satu per satu terasa lebih ringan dan enteng. Meski demikian, dengan kecepatan pada kamera, kecepa-tan di dalam pengambilan gambar juga dapat dirasakan lebih cepat dari iPhone terdahulunya.

Sesuatu yang perlu kita ke-tahui bersama adalah, sekarang Apple sudah tidak terlalu ketat di dalam menciptakan produknya, setidaknya bisa dilihat dari iPhone 4S, di mana di saat pertama kali menyalakan handset kita dapat mengaktifkannya tanpa meng-gunakan iTunes, cukup menyala-kan koneksi Wi-Fi maka proses aktivasi hanya memakan waktu

sekitar semenitan saja. Dan yang lebih menyenangkan lagi adalah iPhone 4S dapat dibeli secara “Unlock” tanpa harus menggu-nakan aplikasi tambahan, buka kotaknya, ambil handset-nya, tarik slot sim card-nya, masukkan kartu GSM, langsung dapat digu-nakan untuk menelepon maupun SMS serta internet bila kartu tersebut memiliki akses internet.

Berikut ini spesifikasi iPhone 4S:1 GHz dual-core ARM Cortex-A9 processorPowerVR SGX543MP2 GPU, Apple A5 chipsetDimensi 115.2 x 58.6 x 9.3 mmBerat 140 gLayar LED-backlit IPS TFT, capaci-tive touchscreen, 16M colorsUkuran layar 640 x 960 pixels, 3.5 inches (~330 ppi pixel density)Kapasitas internal 16/32/64 GB storage, 512 MB RAMKapasitas external tidak adaKoneksi data GPRS, EDGE, 3G, Wi-Fi, bluetooth, MicroUSBKamera 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flashKamera depan VGASistem operasi iOS 5GPSBaterai Li-Po 1432 mAh.

membelinya namun di negara tempat asal belum terdapat iPhone 4S, harap untuk bersabar sebentar, karena hingga akhir tahun semestinya iPhone 4S su-dah mudah didapatkan di penjuru dunia melalui toko-toko ponsel atau di toko Apple-nya sendiri.

Produk anyar iPhone 4S yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan para penggila gadget. Banyak dugaan Apple akan mengelu-arkan iPhone 5 saat ini, namun yang terjadi adalah Apple hanya mengeluarkan iPhone generasi 4 yang lebih updated dari versi sebelumnya.

Ya, iPhone 4S dan iPhone 4 bila dilihat dari tampak luar maka keduanya terlihat sama (tidak ada perbedaan yang mencolok). Namun, di balik itu iPhone 4S mengusung banyak hal yang baru di dalamnya. Banyak anggapan bahwa perubahan yang dilakukan Apple terhadap iPhone 4S tidaklah

terlalu signifikan sehingga kurang begitu dirasa perlu bagi sebagian orang untuk memilikinya dengan segera.

Hadirnya iPhone 4S juga dibarengi dengan sistem operasi yang terbaru yaitu iOS 5. Di iOS 5 inilah juga terdapat banyak fitur-fitur

Riza [email protected]

KADANG kala dalam melakukan peker-jaan atau tugas, sering kali harus dilaku-kan secara tim atau pun kelompok. Di era komunikasi dan informasi ini, kebutuhan kehadiran secara fisik tidak selalu harus dilakukan, kehadiran fisik seringkali men-jadi hal yang menjadi tidak terlalu prinsip, tetapi ide pemikiran maupun proses diskusi secara langsung menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Banyak aplikasi yang dapat digunakan

Selanjutnya pilih operating system (mis-alnya: Windows), lakukan proses install. Demikian juga untuk perangkat yang akan digunakan untuk melakukan proses komu-nikasi, misalnya menggunakan Samsung

Setelah semua ter-install, proses untuk diskusi atau share pekerjaan dapat dimulai

Masukkan ID dan password rekan Anda yang akan di-remote PC-nya

Jika sukses tampilannya akan seperti berikut ini, yaitu pengguna akan dapat melihat segala aktivitas yang dilakukan, laptop yang di-remote. Di sini diskusi dan saran dapat dilakukan seh-

Memulainya pilih menu hingga tampilan pada laptop tampak seperti berikut:

Langkah berikutnya: ID yang terdapat pada tampilan tersebut di-share atau diinformasikan ke rekan atau teman yang akan melakukan meeting atau diskusi, hal yang perlu dicermati yaitu bandwidth yang dibutuhkan lumayan besar. Jadi

Menggunakan Aplikasi TeamViewer di Samsung Galaxy Tab dan Laptop

untuk melakukan hal tersebut di antaranya adalah menggunakan aplikasi TeamViewer. Syarat utamanya perangkat yang akan digunakan terkoneksi internet dan support dengan software atau aplikasi yang akan digunakan.

Persiapan awal pastikan perangkat yang akan digunakan telah ter-install dengan aplikasi TeamViewer jika belum silakan di-download http://www.teamviewer.com/en/download/index.aspx

Galaxy Tab (pastikan juga telah ter-install) aplikasi ini dapat di-install melalui komputer dapat di-download ke https://play.google.com/store/search?q=teamviewer&c=apps atau melalui market.

dengan langkah sebagai berikut:Aktifkan aplikasi TeamViewer

ingga pekerjaan menjadi cepat terselesaikan.Selain digunakan sebagai remote, Team-

Viewer dapat pula digunakan untuk melakukan meeting.

kalau hal tersebut tidak masalah, sela-mat mencoba dan menikmati fasilitas ini, pekerjaan selesai tanpa harus ke sana ke mari.

Roy RudolfSTIKOM Bali

Android Jelly Bean segera Dirilis

ANDROID kembali akan merilis OS terbarunya yang ren-cana akan diberi nama Android Jelly Bean. Android Ice Cream Sandwich memang belum lama dirilis dan masih sangat sedikit ponsel yang sudah mengusungnya, namun tidak ada salahnya bila kita membahas Android Jelly Bean versi selanjutnya yang rencananya akan dirilis tahun 2013 ini.

Berkaitan dengan nama, sebelumnya sudah lama berkem-bang rumor nama yang akan digunakan Google untuk versi Android 5.0 adalah Jelly Bean. Indikasi paling baru adalah kehadiran mangkok berisi hidangan Jelly Bean di stan Google pada ajang MWC, seperti yang dikutip dari blog resmi Google.

Kali ini Asus, salah satu partner Google yang tergolong ce-pat dalam memberikan update Android ke ponsel yang mereka

produksi, lewat Vice President, Benson Lin secara tidak sengaja mengkonfirmasi nama Android Jelly Bean.

“Asus sangatlah dekat dengan Google, jadi saat mereka telah merilis Android 5.0, saya pikir besar kemung-kinan bahwa kamilah yang akan pertama kali memberikan update Jelly Bean ke konsumen,” ujarnya dalam situs tersebut.

Bila hal tersebut benar adanya, ini akan meneruskan tradisi Google yang selalu memberi nama versi Android dengan nama hidangan makanan yang urut sesuai dengan abjad. Bahkan, sudah beredar rumor juga nama yang dipakai untuk versi set-elah Jelly Bean adalah Key Lime Pie. Kita tunggu saja kehad-iran OS terbaru Android Jelly Bean. *ade

Page 17: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

TREND8 APLIKASI 1722 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Perbandingan Gadget Terbaru 2012

PADA tahun 2012 ini adalah ajang para vendor

ponsel sedang gencar-gencarnya mengeluarkan

produk terbaru mereka, mulai dari Samsung men-geluarkan produk terbaru

Galaxy S III yang meru-pakan penerus Galaxy S

II yang diperkirakan akan menjadi salah satu smart-

phone terbaik dunia. HTC baru-baru ini juga

melepas HTC One X yang memiliki kemampuan

kamera ”monster”. Ada pula iPhone 4S dari Apple

dan tak kalah dengan merek lain Nokia melun-

curkan Lumia 900.Sebelum kita melihat

pertarungan mereka di pasar ponsel nantinya,

mari kita lihat perbandin-gan dari keempat produk

tersebut.

Samsung Galaxy S III secara resmi sudah diperkenalkan be-berapa waktu lalu, tepatnya pada 03/05/2012. Akhirnya terjawab sudah rasa penasaran publik terhadap kehebatan smartphone Samsung terbaru yang termasuk keluarga Galaxy ini. Dulu kabarnya smartphone ini bakal mengusung hardware dan prosesor terbaru, dengan layar super Amoled sebe-sar 4,8 inci (1280 x 720), kamera super keren dengan resolusi 8 MP, dan banyak lagi yang lainnya. Pe-nasaran? mari kita intip spesifikasi Samsung Galaxy S III.

Desain – Pertama lihat tampilan Samsung Galaxy S III, kebanyakan orang langsung jatuh hati. Smartphone ini mempunyai dimensi yang cukup lebar (lebih lebar dan lebih luas dari smart-phone kebanyakan), dengan de-sain yang elegan. Selain itu, bodi ponsel ini juga langsing, mungkin sekilas, agak mirip Samsung Gal-axy Note.

Layar – Kebanyakan smart-phone memang memiliki layar dengan dimensi yang lebar.

HTC One X kabarnya meru-pakan perangkat Android terbaru HTC (selain HTC One V). HTC One X hadir bersamaan dengan HTC One V di Indonesia. Ponsel ini merupakan salah satu produk unggulan HTC dengan berbagai kelebihannya. Berikut ulasan spesifikasi HTC One X.

Desain – Tampilan minimalis dengan bahan bodi kuat menjadi fokus utama ketika pertama kali melihat produk ini. Bagian depan hampir sama dengan kebanya-kan ponsel Android, penuh oleh layar, sedangkan bagian bela-kang ada kamera yang posisinya agak menonjol keluar.

Layar – HTC One X menggu-nakan layar yang berukuran 4.7 inci jenis SUPER LCD 2 dengan resolusi HD (1280×720 pixel) dan semuanya itu dilindungi

Smartphone besutan Nokia yang meraih beberapa penghar-gaan dikabarkan sudah hadir di Indonesia, bernama Nokia Lumia 900.

Nokia Lumia ini bermodalkan OS Windows Phone 7.5 Mango dan berjalan pada jaringan LTE diharapkan dapat bersaing dengan smartphone lain yang menggunakan OS Android dan iOS milik Apple.

Fitur andalan yang disajikan oleh Nokia Lumia 900 meng-gunakan prosesor 1,4 Ghz serta menggunakan grafis card Adreno 205, RAM 512, 16 GB internal memori. Dari segi kece-patan inter- net, Nokia Lu- mia ini

dilengkapi dengan 1.4 HGz Pro-cessor, 4G LTE, Bing, Internet Explorer 9, HTML5, Wi-Fi .

Dari segi desain, Nokia Lumia ini mengguna-kan fitur touch screen atau layar sentuh, beratnya 5.6 ounches, leb-arnya 2.7 inci, tingginya 5.03 inci, ketebal-anya 2.7 inci. Ukuran layar Nokia Lumia ini adalah 4.3”, sedangkan untuk tinggi dan lebar layarnya yaitu 800 x 480 pixels. Teknologi display dari Nokia Lumia ini

Namun, ternyata pada Samsung Galaxy S III, layarnya agak lebih luas dari rata-rata layar smartphone kebanyakan. Smartphone ini dibekali layar HD Super Amoled sebesar 4,8 inci (1280 x 720) yang super bening dan memanjakan mata penggunanya. Dimensi layar ini 16 persen lebih besar dari pen-dahulunya, Galaxy S II.

OS – Samsung Galaxy S III ber-jalan di Android versi terbaru, yaitu Android v4.0.4 ICS.

Prosesor – Apa bagian penting dari sebuah smartphone yang san-gat mempengaruhi performanya? Prosesor! Yupz, prosesor. Jangan khawatir, Samsung Galaxy S III memiliki prosesor Quad Core super keren. Ponsel ini memiliki prosesor 1.4 GHz Quad Core dan dilengkapi pula dengan RAM yang berkapasi-tas cukup besar, 1GB. Sementara kapasitas memori internalnya 16, 32, 64 GB dan bisa di-upgrade dengan slot microSD sampai 64 GB.

Kamera – Seperti yang telah ditu-lis pada awal paragraf, kamera su-per keren beresolusi 8 MP lengkap dengan autofokus dan LED Flash,

bakalan menjadi salah satu daya tarik smartphone ini. Ada kamera secondary yaitu kamera depan yang beresolusi 1.9 MP.

Konektivitas – Samsung Galaxy S III juga dibekali fitur konektivitas yang lengkap. Hampir semua fitur konektivitas tersedia, seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, bluetooth v4.0 with A2DP, EDR, HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, dan microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go.

Kelebihan lain – S Voice (mirip SIRI aplikasi dari Apple), wireless charging, smart stay dan direct call, dan beberapa yang lainnya.

Samsung S III

Berikut ini Spesifikasi Samsung Galaxy S III: Dimensi : 136.6 x 70.6 x 8.6 mm Berat : 133 g Layar : 720 x 1280 pixels, 4.8 inches (~306 ppi pixel density) Sound : Vibration; MP3, WAV ringtones Memori : 16/32/64 GB storage, 1 GB RAM GPRS : Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 – 48 kbps 3G : HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps WiFi : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot. Bluetooth : Yes, v4.0 with A2DP, EDR Kamera:8MP,3264×2448pixels,autofocus,LEDflash Video : Yes, 1080p@30fps OS : Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich) CPU : Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9, Exynos 4212 Quad, GPU Mali-400MP Radio : Stereo FM radio with RDS Baterai : Standar battery, Li-Ion 2100 mAh

HTC One X

Berikut ini Spesifikasi HTC One X :Dimensions: 134.36 x 69.9 x 8.9 mmWeight: 130g (w/ battery)4,7 inch Super LCD2 capacitive touchscreen (720 x 1280)Corning Gorilla GlassAndroid 4.0 (Ice Cream Sandwich)Sense 4.0Quad-core 1.5GHz Tegra 3 processor or Qualcomm Snapdragon (depending on LTE radio)GPU: ULP GeForceHTC ImageSense1GB RAM32GB built-in storage8 megapixel (rear) camera w/ AF andLEDflash1,3 megapixel (front) cameraNon-removable 1800mAh batteryBluetooth v4.0 w/ A2DPNFC capableMicroUSB3,5 mm audio outputBeats audio

Corning Gorilla Glass, ini adalah salah satu layar ponsel yang paling canggih. Dimensinya yang lebar, teknologi layar terkini, serta kedala-man warna yang tinggi merupakan garansi kenyamanan bagi mata pengguna HTC One X.

OS – Dikabarkan sebagai salah satu produk HTC yang terbaik, unggulan dan terbaru sepertinya bukan merupakan isapan jem-pol. Ini ditandai dengan telah di aplikasikannya Android terbaru ( Android ICS 4.0 ) sebagai OS dari HTC One X.

Prosesor – Spesifikasi canggih sepertinya akan sia-sia jika hanya disokong oleh performa prosesor yang pas-pasan. Untungnya hal ini tidak terjadi pada HTC One X, kar-ena ponsel ini telah didukung oleh prosesor berkecepatan tinggi. Pon-sel ini telah didukung oleh prosesor Quad Core TEGRA 3 berkecepa-tan 1.5 Ghz dan RAM 1GB.

Memori – Untuk memori internal, HTC One X berkapasitas 32GB tanpa slot MicroSD. Serta,

HTC menyediakan layanan penyimpanan data online (cloud) di Dropbox berkapasitas 25 GB selama dua tahun gratis. Stor-age online yang bisa dipakai gratis selama 2 tahun, inovasi baru dari HTC. Sangat Menarik!

Kamera – HTC One X mempunyai kamera berkemam-puan tinggi, dengan resolusi mencapai 8 MP. Selain itu, hasil jepretannya diklaim sangat baik, bahkan ketika digunakan pada kondisi kurang cahaya. Ini dikarenakan, kamera HTC One X dileng-kapi dengan 2.0 wide aperture.

Lumia 900

BerikutinispesifikasidetailNokiaLumia 900 :Jaringan yang di-support: 2G Net-work GSM (850/900/1800/1900), 3G Network HSDPA (850/1900/2100), 4G Network LTE 700 MHz (Class 17/1700/2100).Ukuran Dimensi 127.8 x 68.5 x 11.5 mm, 90 cc.Berat 160 g.Layar Amoled capacitive touch screen, 16M colors, ukuran 480 x 800 pixels, 4.3 inches (~217 ppi pixel density)Memori internal 16 GB storage, 512 MB RAM.Kamera depan (primary) 8 MP, 3264×2448 pixels, Carl Zeiss optics, autofocus,dual-LEDflash.Kamera belakang (secondary) Yes, 1.3 MP, [email protected] Operasi Microsoft Windows Phone 7.5 MangoChipset Qualcomm APQ8055 Snap-dragonCPU 1.4 GHz ScorpionGPU Adreno 205Daya tahan baterai:Standar baterai, Li-Ion 1830 mAh (BP-6EW)Stand-by Up to 300 hTalk time Up to 7 hMusic play Up to 60 hStandard battery, Li-Ion 1830 mAh (BP-6EW)

dilengkapi dengan Corning Go-rilla Grass, Amoled, ClearBlack.

Dari segi entertain-ment, Nokia Lumia dilengkapi dengan kamera 8 MP dengan format hasil Foto JPEG/Exif dan XMP, sedangkan untuk format hasil video yaitu MPEG 4. Layanan musik yang ada di ponsel Nokia Lumia ini adalah Zune dan AT&T Radio.

Jika membeli ponsel Nokia Lumia ini maka Anda akan mendapatkan aksesori berupa: Nokia Play 360 Wireless Speak-er, Nokia Luna Bluetooth Head-set, Nokia Purify HD Stereo, Nokia Purify Streao Headset, Nokia Soft Cover CC-1037.

Mengintip Kelebihan dan Kelemahan Ice Cream Sandwich

SEPERTI yang telah diketahui, Google memperkenalkan Android terbaru mereka yakni OS Ice Cream Sandwich. Android terbaru ini disebut memadukan sistem operasi Gingerbread dengan Honeycomb, yang digunakan di tablet.

Seperti apa kelebihan dan kelemahan Android terbaru ini? Berikut ulasannya sep-erti yang dikutip dari blog resmi Google.

Desain CantikAndroid terbaru ini memiliki penampi-

lan yang jauh berbeda dari Gingerbread. Tampilannya lebih elegan, dan fitur noti-fikasinya pun diperkaya dan lebih interaktif. Google juga melakukan perbaikan dengan sejumlah font baru yang optimal untuk dis-play HD. Interface-nya pun terlihat teratur. Di Android terbaru ini, penggunanya bisa melihat aplikasi terkini (recent apps), yang baru dibuka dan bisa multitasking dalam membuka apps. Tampilan recent apps ini terlihat seperti yang digunakan di Honey-comb.

Home-screen di Ice Cream Sandwich kini dilengkapi widget yang ukurannya bisa disesuaikan (resizeable). Kemudian, fitur baru yang dilakukan di home screen ada-lah bisa membuat folder, serta action bar yang bisa dikustomisasi secara cepat.

Face UnlockSistem operasi terbaru Android ini

melakukan perbaikan fitur yang ada dan penambahan fitur baru. Dengan fitur Face Unlock, Galaxy Nexus dapat mengenali wajah pengguna, dan pengguna bisa mem-

buka kunci (unlock) dengan identifikasi wajah.

Google+Selain itu, Ice Cream Sandwich di-

lengkapi dengan Google+. Canggihnya, pengguna bisa melakukan telekonferensi hingga dengan sepuluh orang dengan fitur Hangout di Google+.

Instant VoicePengguna bisa menekan tombol per-

intah suara dan mulai berbicara, tapi teks langsung muncul saat masih berbicara. Ini berbeda dengan Android sebelumnya, juga iOS, yang melakukan itu secara bertahap.

Android BeamFitur ini berdasarkan teknologi NFC.

Dengan teknologi NDEF Push, dua ponsel Android yang menggunakan teknologi NFC bisa melakukan pertukaran data dan informasi. Jadi dengan hanya men-tap, maka kontak, webpage, video, atau musik bisa ditransfer, sama seperti menggunakan bluetooth.

Kelemahan Android Ice Cream Sandwich 4.0

Memang kenyataannya, banyak fitur baru pada Android Ice Cream Sandwich ini, tapi seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak pada Android Ice Cream Sandwich pun masih ditemukannya kele-mahan oleh seorang blogger. Apa Kelema-han Android Ice Cream Sandwich 4.0 ini? Berikut ulasannya.

Sebuah celah keamanan ditemukan di Android 4.0, tepatnya di salah satu fitur an-dalannya, Face Unlock. Celah ini ditemu-kan oleh seorang blogger yang merekam video aksinya dan meng-upload-nya di internet.

Fitur Face Unlock bisa ditemui di sistem operasi Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich yang saat ini baru ada di ponsel Samsung Galaxy Nexus. Kemampuannya adalah unlock ponsel dengan memakai software pengenal wajah sehingga peng-guna tidak harus mengetikkan kode tiap kali akan memakai ponsel.

Akan tetapi sepertinya Google harus meneliti ulang fiturnya tersebut. Fitur yang diklaim bisa membuka ponsel dengan cara menunjukkan

wajah si empunya, ternyata juga mampu aktif hanya dengan menunjukkan foto saja.

Blog SoyaCincau dalam videonya menunjukkan bahwa ia bisa membuka pon-sel Galaxy Nexusnya dengan menunjukkan foto digital yang diambil dari piranti lain yakni Galaxy Note. Video ini pun langsung menjadi viral di internet.

Hal ini menjadi celah yang cukup serius bagi Ice Cream Sandwich yang diluncurkan di Hongkong. Ada kemungkinan, ses-eorang memanfaatkan foto si pengguna guna menerobos ke ponsel yang bukan miliknya. *ade

Cara Instal Codec untuk Windows 8

SISTEM operasi yang sedang banyak dibicarakan saat ini salah satunya adalah Windows 8, Windows 8 sendiri merupakan produk baru dari jenis sistem operasi milik perusahaan Microsoft yang rencananya versi finalnya akan dirilis pada akhir Oktober 2012. Meski saat ini Windows 8 masih dalam tahap pengembangan yaitu Windows 8 Consumer Preview dan juga Windows 8 Release Preview nyatanya kedua versi dari Windows 8 tersebut telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan oleh para penggunanya.

Sementara Codec berkaitan erat dengan kompresi dan dekompresi, dan Codec sendiri merupakan sebuah sing-

katan dari “Compressor-Decompressor” atau sering juga disebut “Coder-Decoder,” yaitu sebuah aplikasi atau program yang mampu mentransformasi sinyal atau aliran data. Codec juga dapat mengubah stream atau mengubah sinyal ke dalam bentuk yang telah ter-encode (biasa dipakai pada transmisi, storage, enkripsi data) kemudian diterima, atau dapat men-decode bentuk tersebut agar dapat dilihat seta dimanipu-lasi ke dalam bentuk yang lain. Codec juga sering digunakan dalam video conference dan teknologi streaming.

Codec juga bisa dibilang sebagai sebuah algoritma kompresi yang dipakai untuk mengkompres video pada satu

bagian, dengan menggunakan program encoding, dan mendekompresinya pada bagian lain untuk playback contohnya video player seperti VLC, Quicktime atau dengan menggunakan hardware decoder berupa chip yang terdapat pada DVD Player. Pada dasarnya Codec adalah pi-ranti lunak (software) yang membuat video bisa terbaca oleh komputer. Tanpa Codec yang tepat, baik audio maupun video tidak bisa dimainkan di komputer.

Pernahkah Anda ketika sedang mem-buka file berjenis video dan audio pada komputer ataupun notebook namun file tersebut tidak dapat dibuka atau dilihat? Penyebabnya adalah ada Codec pada komputer dan notebook Anda yang tidak lengkap, maka dari itu, seperti dikutip dari Paseban, akan membahas mengenai cara instal codec Windows 8 menggunakan salah satu pengembang milik Shark007 developer.

Berikut ini adalah cara instal Codec pada Windows 8:

Pastikan bahwa sistem operasi yang Anda gunakan adalah Windows 8.

Anda harus mempunyai terlebih dahulu file instalernya, file dengan ukuran sekitar 15 MB tersebut dapat diunduh secara gra-tis di situs resminya berikut ini.

Setelah itu silahkan instal dengan cara “Run As Administrator”, cara instalnya pun mudah sama seperti menginstal aplikasi-aplikasi pada umumnya.

Setelah selesai, jika program Windows 8 Codec tersebut meminta untuk menghidup-kan ulang (restart) komputer atau pun note-book, silakan lakukan.

Setelah Anda menghidupkan ulang komputer atau pun notebook, maka semua Codec tersebut telah terinstal pada sistem operasi Windows 8 Anda dan Anda pun

sekarang bisa memutar berbagai jenis tipe file video maupun Audio.

Ada pun contoh jenis Codec yang didukung Windows 8 Codec milik Shark yakni H264 / AVC, hi10p / 10bit codecs , amr, mpc, ofr, divx, mka, ape, flac, evo, flv, m4b, mkv, ogg, ogv, ogm, rmvb, xvid. Semua tipe file yang disebutkan tadi dapat ditambahkan pada Windows Media Player menggunakan klik kanan.

Berikut ini adalah yang membedakan dan keunggulan Codec milik Shark dengan aplikasi Codec lainnya:

Full color thumbnails termasuk jenis tipe file FLV’s dan juga 10 bit MKV’s

Mendukung fitur Preview Pane untuk semua ALL jenis file tipe baru seperi jenis file MKV dan FLV.

Properties Explorer pada Windows 8 akan ditampilkan untuk file non natives seperti file bertipe MKV dan FLV. Anda akan diberikan notifikasi jika terdapat versi codec terbaru.

Memungkinkan pengguna untuk meng-gunakan aplikasi Power DVD 12 decoders 32bit LiveTV

Mendukung penggunaan Xbox360 pada Windows 7 sebagai tambahan ketika sedang memutar file bertipe MKV.

Memungkinkan pengaturan Single Click pada Audio Bitstreamed.

Mendukung pemutaran dari MOD audio file dan juga M4A yang mengadang tipe ALAC (Apple Lossless Audio Codec).

Mendukung pembuatan playlist untuk digunakan pada Windows 8 Media Center.

Memungkinkan pengguna untuk Men-gaktifkan/non-aktifkan Codecs yang diinstal pada sistem operasinya.

Mendukung Add to Windows Media Player List menggunakan klik kanan pada berbagai jenis tipe file audio dan video. *

Page 18: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

TIPS & TRIK18 7REVIEW22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

PONSEL Android Motorola dengan performa yang baik serta fitur yang lengkap, namun tidak menguras kantong.

Kehadiran ponsel-ponsel Android seperti yang dikutip dari Teknoup, memang makin marak saja. Range harga yang ditawarkan pun sangat luas dari yang sejutaan hingga menca-pai enam jutaan. Kini sebuah vendor asal Amerika ingin men-coba peruntungannya di ponsel

BEYOND B828 salah satu ponsel lokal (Cina) yang sampai saat ini memiliki segmen pasar tersendiri. Harga jual yang terjang-kau di kisaran Rp 500 ribu, ponsel dengan sistem operasi Android ini cukup banyak dilirik.

Seperti dikatakan pengelola Cell Mart di Denpasar, Astuti, Be-yond B828 banyak dilirik karena memiliki rancangan yang sama seperti iPhone buatan Apple. Bisa dikatakan Beyond B828 rep-lika atau contekan iPhone yang

PONSEL Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D ini memiliki per-forma yang baik di kelasnya. Sayang harga yang dipatok terlalu tinggi untuk spesifikasi yang diberikan.

Seperti yang diberitakan Teknoup, Samsung pernah mendulang sukses dengan ponsel Android terjangkau Galaxy Mini, dan kini pabrikan asal Korea Selatan ini merilis penerus Galaxy Mini yaitu Galaxy Mini 2.

Dengan ditelurkannya penerus, berarti ada peningkatan yang diberikan di Galaxy Mini 2 ini. Tercatat adanya peningkatan resolu-si layar dari QVGA menjadi HVGA, kemudian peningkatan speed prosesor dari 600MHz menjadi 800MHz dan naiknya kapasitas memori internal dari 160 MB menjadi 4 GB. *

Fitur Lengkap, Harga Terjangkau

tombol fungsi Android berjenis kapasitif, serta sebuah mic. Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 5MP yang ditemani LED flash serta kehad-iran speaker di bagian bawah.

Untuk bagian sisi kiri pon-sel terdapat tombol volume dan tombol kamera. Di bagian kanan ponsel terdapat port micro USB. Bagian atas ponsel terdapat port headset 3.5 mm dan tombol lock/power. Untuk bagian bawah polos saja, tidak terdapat apa-apa.

Dengan resolusi layar HVGA (320 x 480 piksel) sebesar 3.5 inci, tampilan layar Mo-torola Fire XT ini terlihat cukup halus memanjakan mata Anda, namun tampilan layarnya agak sedikit kurang cerah, sehingga tampilan agak terlihat kusam. Namun kualitas layar Motorola Fire XT ini lebih baik dari layar Motorola Fire.

Menu utama tampil seperti Android Gingerbread Motorola

GSM Quad Band (1800/1900/850/900) HSDPA 7,2 Mbps (900 / 2100)Layar sentuh kapasitif TFT 3.5 inci (320 x 480 piksel) (~165 ppi)Prosesor ARM v6 800MHz Adreno 200 Android 2.3 GingerbreadRAM 512 MB, ROM 512 MB (Yang dapat digunakan sekitar 60 MB)Kamera belakang 5MP, (2592 x 1936 piksel) autofokus, LED flashKamera depan VGABaterai Lithium Ion 1540 mAh.

Android kelas entry level.Motorola Fire XT ini dibanderol

dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar 1,4 jutaan saja. Apakah ponsel yang memiliki de-sain modis dan tipis ini memiliki performa yang sesuai dengan harga yang dibanderolnya?

Motorola Fire XT memiliki desain bodi yang bergaya, nya-man digenggam dan memiliki ketebalan bodi yang cukup tipis. Saat ini Motorola Fire XT hanya

memiliki satu pilihan warna yaitu Dark Titanium Gray. Motorola Fire XT memiliki dimensi 114 x 62 x 12 mm dengan bobot sebesar 114 gram saja. Bahan yang digunakan hampir semua terbuat dari plastik.

Untuk bagian cover belakang terbuat dari ma-terial plastik yang dilapisi dengan karet sehingga

membuat ponsel ini lebih terasa mantap dan tidak licin

ketika digenggam. Penggunaan lapisan karet ini

juga mengurangi tertempelnya bercak jari pada bodi ponsel. Di sekeliling ponsel juga diberikan frame krom yang menambah cita rasa elegan. Tapi sayang frame krom ini terletak agak dalam sehingga tidak terlalu terlihat baik dari sisi depan maupun belakang.

Pada bagian muka terdapat earpiece, kamera beresolusi VGA, sensor proximity dan ambient light, layar 3.5 inci, 4

lainnya, ikon-ikon aplikasi ber-jejer ke bawah dan diurutkan berdasarkan abjad dengan ditemani latar belakang ber-warna hitam. Anda tidak dapat merubah posisi dari ikon-ikon yang ada, tapi Anda dapat membuat kategori baru untuk mengelompokkan kumpulan ikon-ikon menu yang Anda inginkan. Ada juga jalan pin-tas ke Google Play Store di bagian sebelah kanan atas. *

Beyond B828 Replikanya iPhonejejaring sosial, bluetooth, dan slot microSD. *dik

Motorola Fire XT530

terkenal akan kecanggihan teknologinya.

Hal itu tampak dari tampilan luar Beyond B828 sangat mirip dengan pon-sel buatan Apple.

Ponsel yang menyasar kalangan middle end ini mengandalkan layar sen-tuh berukuran 3,2 inci dan didukung sedikit tombol akses konvensional. Untuk mengakses jajaran menu, Beyond B828 menawarkan tombol yang tersedia pada bawah layar. Pada bagian antarmuka atau inter-face, tampilan ikon menu serta tatanan strukturnya ditampilkan mirip dengan antarmuka iOS Apple. Se-mentara untuk membuka kunci, Beyond B828 meng-gunakan sistem geser atau slide.

Kendati memiliki bentuk yang mirip iPhone, tetap Beyond B828 berbeda. Hal itu tampak pada fitur Beyond B828 yang jauh jika dibandingkan dengan iPhone. Beyond B828 me-nawarkan fitur-fitur yang identik dengan ponsel

lokal, seperti masih dukungan dual on GSM, yang ditandai dengan tersedianya dua slot kartu SIM di bagian belakang bodi. Seperti kebanyakan ponsel Cina, Beyond B828 menawarkan dua buah kam-era yang kualitas resolusi VGA.

Dalam hal fitur hiburan, Beyond B828 menyediakan fitur MP3/MP4 player, radio FM dan beberapa buah game klasik. Ponsel ini juga didukung Opera Mini browser, Java, network data GPRS, link

Jaringan: dual band GSM (900/1800 MHz) dan dual on. Layar: 3.2 inci, TFT touchscreen. Transfer data: GPRS. Kamera: dual camera VGA, video recorder.Memori eksternal: microSD up to 2GB.Baterai: Lithium ion 900 mAh.Messaging: SMS, MMS.Konektivitas: Bluetooth, kabel data, audio jack 3.5 mm.

Performanya makin Memuaskan

Samsung Galaxy Mini 2 - S6500D

Quad band GSM (850 / 900 / 1800 / 1900)Dual band HSDPA (900 / 2100)Layar sentuh TFT kapasitif 16 juta warna3,27 inci (320 x 480 piksel)Memori internal 4 GB (1 GB aplikasi, 2 GB multimedia, 1 GB sistem), eksternal microSD hingga 32 GBKamera 3,15 MP(2048x1536 piksel) fixed focusAndroid Gingerbread v2.3.6Prosesor QualcommMSM7227 800MHz,GPU Adreno 200Baterai Lithium Ion 1300 mAh.

Spesifikasi

Spesifikasi:

Spesifikasi:

SALAH satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna BlackBerry adalah baterai Black-Berry yang sering dibilang boros. Kita harus tahu bahwa baterai BlackBerry memiliki kehidupan maksimal 2 tahun sehingga pengunaan lebih dari satu tahun pemakaian mulai melihat adanya penurunan kapasitas baterai tersebut.

Ada beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan kinerja baterai dan mengurangi konsumsi pada BlackBerry.

Kurangi backlight brightness untuk minimum jika mungkin sampai 10% untuk melakukan hal

Menghemat Baterai BlackBerryini kita pergi ke Pilihan> Screen> / Keyboard Backlight Brightness.

Tutup semua aplikasi jika Anda tidak menggunakannya. Jan-gan membiarkan aplikasi dalam keadaan terbuka akan mengkon-sumsi lebih banyak baterai. Untuk melihat aplikasi apa saja yang telah terbuka tekan Menu> Ubah Aplikasi Menu atau membiarkan ke bawah dan di sana Anda dapat melihat se-mua. Matikan bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan.

Turn off Blackberry Anda pada malam hari saat Anda tidur. Black-Berry juga memiliki fitur on dan off otomatis. Anda dapat mengak-sesnya: Pada OS 5 diaktifkan>

pilihan/sistem otomatis operasi nonaktifkan dan 6 di device Men-gaktifkan Pilihan>> / Nonaktifkan Auto dan set ke preferensi.

Jangan terlalu sering mencabut baterai, karena hal ini juga meru-pakan salah satu kegiatan yang menguras kapasitas baterai.

Melakukan reset hard minimal seminggu sekali yaitu tarik keluar baterai di BlackBerry minimal 10 menit sebelum menempatkan volv-ercela. Ini berfungsi untuk memberi ketangguhan lebih kepada baterai BlackBerry. Jika menggunakan BlackBerry Torch sebaiknya untuk lebih sering menggunakan touch-screen keyboard virtual sebagai

key-board fisik karena untuk membuka dan menutup BlackBerry den-gan slider juga dikonsumsi baterai (tips ini opsional).

Dengan tips ini Anda akan men-gurangi konsumsi baterai dari

BlackBerry. *kup

10 Tips Nokia Lumia yang harus DiketahuiBEBERAPA waktu yang lalu, Nokia mencoba

bangkit dari ketertinggalannya dari vendor-vendor ponsel lain khususnya Android dan iPhone dengan meluncurkan salah satu produk teranyarnya yang cukup banyak memikat para penggemarnya atau para penggemar ponsel pintar yakni Nokia Lumia.

Keturunan Lumia ini dipercayakan untuk membawa sistem operasi Windows Phone sebagai pengganti sistem operasi Windows Mobile yang telah mengisi sistem operasi dari beberapa jejeran ponsel Nokia.

Seperti yang dikutip dari situs Paseban, 10 tips yang harus diketahui pengguna Lumia.

Tombol VolumeTips pertama dari Nokia Lumia

adalah menekan tombol volume yang berada di samping ponsel untuk membuat panggilan masuk Anda menjadi silent tanpa harus Anda reject.

Tips ini bisa membantu Anda pada saat Anda tengah menjalani sebuah rapat atau sedang berada di kelas dan Anda lupa untuk mengubah pro-fil ponsel Anda menjadi silent.

Maka ketika ada panggilan masuk, maka Anda tinggal menekan tombol volume yang berada di samping ponsel untuk menjadikan ponsel Anda silent pada saat tiba-tiba ada panggilan masuk.

Akses Kamera CepatAnda bisa mengaktifkan kamera Anda dengan cara

menekan tombol kamera yang berada di samping ponsel Anda meski ponsel Anda maupun layar Anda dalam keadaan terkunci. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengabadikan momen yang tak ingin dile-watkan tanpa Anda harus repot-repot membuka kunci layar pada ponsel Anda.

Scientific CalculatorApakah Anda sering menggunakan kalkulator pada

ponsel Anda? khususnya untuk Anda yang saat ini menggunakan Lumia Anda bisa mencoba tips satu ini, ketika Anda sedang menghitung menggunakan kalkulator Anda, Anda bisa mencoba merotasikan ponsel Anda menjadi landscape mode, maka Anda akan secara otomatis mendapatkan scientific calcula-tor untuk perhitungan yang lebih detail yang biasanya hal ini juga dibutuhkan pelajar.

Layout Keyboard TambahanAnda juga bisa menambahkan layout keyboard

tambahan pada ponsel Nokia Anda dengan atau untuk bahasa yang berbeda dengan cara pergi ke menu Settings > Keyboard, dan setelah itu Anda akan melihat tombol pilihan bahasa di samping space bar

setiap kali Anda menggunakan keypad atau keyboard pada ponsel Anda.

Menonaktifkan AutocorrectionBagi Anda yang terganggu dengan fitur autocor-

rection, Anda bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara pergi ke menu Setting > Keyboard, klik “Typing Settings” lalu ketuk pada press to change pada bagian atas layar. Pada jendela baru, hapus tanda centang dari correct misspelt words. Setelah melalui langkah tersebut maka Anda telah berhasil menonaktifkan fitur autocorrection pada Lumia Anda.

To Do ListUntuk

membuat daf-tar atau sebuah

memo, Anda tidak perlu aplikasi

tambahan untuk melakukannya, Anda

bisa memanfaatkan ap-likasi Office. Anda hanya

perlu pergi menuju ke menu notes pada aplikasi Office dan

Anda bisa langsung menambah-kan note baru dengan menekan

tombol +. Anda bisa menambahkan label terhadap note Anda dan mele-

takkannya di layar homescreen Anda.

Update AplikasiJika Anda mengetahui versi terbaru dari

aplikasi Anda, namun aplikasi ini tidak me-nampilkan informasi bahwa aplikasi ini tersedia

versi update-nya, maka Anda bisa mencoba untuk “memaksakan” aplikasi ini untuk melakukan update. Dengan cara, cari aplikasi tersebut pada market, lalu tekan tombol share dan tombol back, maka tombol update akan muncul.

Baterai Cepat HabisJika Anda mengalami baterai Anda cepat habis,

maka Anda bisa melakukan cek pada find my phone pada menu Settings. Pastikan bahwa pilihan yang terdapat pada atas menu tidak dicentang karena pilihan ini akan menyedot banyak daya baterai Anda.

Masalah Koneksi InternetApabila Anda mengalami masalah pada koneksi

internet atau MMS, Anda bisa menggunakan aplikasi Nokia’s network setup yang bisa Anda dapatkan pada market. Aplikasi ini sekiranya dapat membantu Anda dalam permasalahan koneksi internet maupun MMS.

Baterai HabisJika baterai Anda habis atau kosong dan ketika

ponsel Anda pada saat pengisian tidak melakukan restart dengan segera, maka hubungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel USB yang bisa mengaktifkan ponsel Anda lebih cepat dibandingkan dengan charger biasa. *

Empat Masalah yang Sering Terjadi pada BlackBerry

PARA pengguna smartphone dewasa ini pastinya tak lepas dari masalah masalah yang menimpa smartphone-nya. Kadang ada pula yang telah menjadi masalah yang sering muncul. Salah satunya untuk platform BlackBerry.

Seperti dikutip dari Paseban, berikut ini adalah tips dan trik BlackBerry mengenai masalah-masalah yang sering menimpa BlackBerry.

Layar BlackBerry Anda Tiba-tiba tak ResponsifApakah Anda sering mangalami ini? Berikut tips dan trik BlackBerry

khusus untuk masalah ini. Anda bisa melakukan soft reset dengan hanya menekan tombol ALT + CAP + DELETE pada waktu yang bersamaan, jika cara ini tak berhasil maka Anda harus terpaksa melakukan hard reset pada BlackBerry Anda yang bisa Anda temukan tombolnya pada bagian belakang handheld, namun terkadang tombol reset ini juga berada pada bawah penutup baterai. Tekan tombol reset dengan menggunakan klip kertas atau apa pun, namun tenang, tips ini tidak akan menghilangkan sedikit pun data yang terdapat pada ponsel BlackBerry Anda.

Email tak bisa MenerimaApakah kadang Anda mengalami permasalahan yang satu ini? Anda

tak perlu bingung untuk mengatasinya karena ada tips dan trik BlackBerry ini. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan soft reset seperti cara yang sebelumnya. Jika belum berhasil juga lakukan hard reset. Setelah melakukan reset, hal yang Anda perlu cek adalah posisi sinyal. Posisi sinyal harus berada pada GPRS. Jika setelahnya Anda bisa menggu-nakan BlackBerry Anda untuk menelepon dan mengirim pesan, maka jaringan GSM Anda tidak bermasalah, namun apabila Anda masih tetap tidak bisa menerima email, sepatutnya Anda menghubungi provider Anda. Hal trouble pada jaringan provider merupakan hal yang sering terjadi pada provider kartu di Tanah Air.

BlackBerry tak bisa Melakukan Sinkronisasi secara BenarApabila Anda merupakan salah satu pengguna BlackBerry yang

menggunakan layanan push email, kadang masalah yang sering timbul pada layanan ini adalah tidak tersinkronnya BlackBerry dengan baik. Terkadang masalah yang muncul ini mengakibatkan email yang telah ter-hapus pada BlackBerry tidak terhapus pada Microsoft Outlook Inbox,dan juga sebaliknya, jika Anda menghapus email BlackBerry Anda melalui Microsoft Outlook, justru email itu tak terhapus pada BlackBerry. Hal yang perlu Anda lakukan adalah, masuk ke dalam Microsoft Outlook masuk ke menu Tools dan pilih menu Tools, klik Other Tab, pastikan tak ada centang pada Check Box Empty Deleted Items Folder Upon Exiting.

Masalah pada Lampu Latar LayarMasalah ini juga sering terjadi pada pengguna BlackBerry, terkadang

lampu latar mengalami keterlambatan atau terlalu cepat untuk mer-espons. Hal ini memang tak terlalu berpengaruh, namun pastinya hal ini sangat mengganggu aktivitas Anda. Tips yang Anda butuhkan untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan cara meng-install BBLight, sebuah program gratis yang memu-dahkan para pengguna untuk mengakses setelan lampu latar.

Semoga tips dan trik Black-Berry tersebut dapat mem-bantu permasalahan yang terjadi pada smartphone BlackBerry Anda. *

Page 19: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

REVIEW6 INFO 1922 - 28 Juni 201222 - 28 Juni 2012

LG Optimus L7 menawarkan desain ciamik yang elegan dan bercita rasa bagaikan LG Prada, namun bisa dibilang kalau soal fitur dan performa L7 harus takluk dengan pesaingnya di range harga yang sama.

Seperti dikutip dari Teknoup, pada Februari lalu pada event Mobile World Congress LG meri-lis trio ponsel L Series, yakni L3, L5 dan L7. Ja-jaran L Series merupak-an ponsel-ponsel yang menekankan pada style, dengan basis yang berasal dari

KEUNGGULAN Motorola Motoluxe dan Defy Mini yakni, memiliki dua handset Android. Vendor asal Amerika Serikat yang diakuisisi Google ini memperke-nalkan produk terbarunya untuk bersaing dengan kompetitor. Den-gan keunggulan tersebut bertekad menyentuh segmen menengah atas. Dalam waktu dekat ini pemasarannya akan merambah Cina, Eropa dan Amerika Latin.

Ada pun fasilitas dari Motorola ini yakni, handset pertama, den-gan kondisi bentang layar 4 inch dan resolusi 480 x 854. Handset ini juga dirancang menggunakan prosesor 800 MHz, 512 MB

SATU ponsel dengan dual sim cards masih menjadi daya tarik bagi pengguna sarana telekomunikasi saat ini. Memiliki dua sim cards dipan-dang sangat membantu penggunanya. Tak heran, berbagai kemudahan itu membuat vendor ponsel pun tetap gencar menggarap segmen ini dengan terus berinovasi menawarkan dual sim cards yang tidak lagi hanya GSM-GSM maupun CDMA-CDMA saja, melainkan CDMA-GSM yang bersistem Android dan touch screen.

Samsung sebagai produsen smartphone salah satunya, menawarkan ponsel Android dual sim cards CDMA-GSM lewat generasi W 609. Pon-sel ini bisa dikatakan sebagai gadget multimedia karena fitur-fitur yang ditawarkan semua berfasilitas multimedia. Bentuk ponsel yang ditawar-kan juga tampak keren.

Fitur multimedia tampak dari besutan kamera 3,2 mega pixel dengan resolusi 400 x 200 piksel. Spesifikasi lainnya, ada fitur MP3 player, audio jack. Layar: 3.2-inch WQVGA touch screen display. Berfasilitas GPS with Maps, Music Player, Video Player, Edit Office Document, FM Radio. Document viewer. SOS. Internal memori: 60 MB, Expandable up to 16GB (Micro SD Card Slot).

Network: Dual-mode CDMA+GSM. Dual-SIM with dual-mode CDMA+GSM. Bluetooth connectivity. USB port. Video player with record-ing. 60MB phone me. 3.2 mega pixel camera. Wireless LAN Wi-Fi. MicroSD card slot. Screen resolutions of 400 x 240 pixels, dan terakhir dukungan 3G connectivity.

Fitur dan spesifikasi dari Samsung W 609 ini cukup memberikan kenyamanan pengguna CDMA-GSM yang kembali tren di masyarakat. Berbicara soal harga, Samsung W 609 diyakini terjangkau semua ka-langan karena ditawarkan berkisar Rp 500 ribuan. Cocok dipergunakan semua kalangan pecinta ponsel Android. *dik

Android Stylish Kelas MenengahLG Optimus L7 P700

LG Prada. Meski dibilang jagoan, namun harganya ternyata tidak-lah semahal LG Prada. Tepatnya, smartphone Android ICS ini dilepas dengan harga Rp 2.999.000. Fitur-fitur unggulan pun bisa dibilang lu-mayan, yakni layar LCD IPS 4,3 inci WVGA (800 x 480) dengan Gorilla Glass, ketebalan hanya 8,7 mm, kamera 5MP dengan autofokus dan LED flash, serta OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang ditenagai prosesor Cortex A5 1GHz, RAM 512MB dan baterai 1700 mAh.

Sebagai L Series, wajar saja jika desain sangat diperhatikan di smartphone Android ini. Dengan warna putih glossy di bagian depan, ponsel ini bagian sampingnya diselimuti list metalik yang memberi kesan premium. List metalik ini juga memenuhi bagian teratas ponsel. Sudut-sudut ponsel tajam di bagian atas dan agak melengkung di bagian bawah. Di bagian depan ada tombol Home yang dikelilingi tombol kapasitif Back dan Option. Semen-

tara kamera depan VGA, sensor proksimitas ada di bagian atas.

Sementara itu di back cover ponsel ini berbahan plastik bergerigi dengan tujuan agar grip Anda saat memegang ponsel tetap terjaga. Seperti L3, aksen list silver metalik menghiasi kamera 5MP dan LED flash, sementara logo LG yang ada di bawahnya juga terbuat dari bahan metalik yang sama. Dengan desain tipis dan ukuran layar cukup besar yakni 4,3 inci, namun ponsel tetap nyaman saat digenggam dikarenakan sudut-sudut yang pas dengan genggaman tangan Anda.

Tombol volume ada di sebelah kiri dan berwarna putih seperti bodi ponsel, tidak mencolok. Sementara untuk port ada port micro USB di bagian bawah ponsel dan jack audio 3.5 mm di bagian atas. Slot kartu SIM dan micro SD ada di balik back cover, namun tidak perlu men-cabut baterai untuk memasukkan/mengeluarkan kartu tersebut.

Layar ponsel ini berjenis IPS,

menjanjikan sudut pandang yang bagus dan reproduksi warna yang lebih natural. Untuk tingkat kecera-han terasa cukup terang dan bisa digunakan di luar ruangan dalam kondisi terik matahari yang meny-ilaukan.

Anehnya tidak ada fitur auto-brightness yang menyesuaikan ter-hadap kondisi pencahayaan sekitar ponsel. Karakteristik warna yang dihasilkan sendiri dalam menampil-kan warna putih agak kekuningan. Meski begitu secara garis besar layar IPS ponsel ini cukup memuas-kan, terlebih ukurannya cukup be-sar untuk ponsel berharga di bawah 3 juta, yakni 4,3 inci.

Ponsel ini menggunakan jaringan GSM dengan kemam-puan internet hingga HSDPA. Lalu konektivitas lokal adalah a-GPS, bluetooth 3.0, Wi-Fi (802,11 b/g/n) dengan kemampuan Wi-Fi tethering dan DLNA. Untuk terhubung ke PC, Optimus L7 menggunakan kabel micro USB. *

Unggulkan Sistem Operasi Android 2.3

Motorola Motoluxe dan Defy Mini 2012

DENGAN harga yang cukup terjangkau, Tabulet Beat 2 me-nawarkan kemampuan multimedia yang sangat kompetitif. Perfor-manya dalam game kelas berat juga lumayan bagus.

Setelah merilis beberapa tablet

RAM dan 1GB ROM.Motorola ini merupakan standar

ponsel Android. Aplikasi tersedia antara lain, Google, GPS, Wi-Fi dan konektivitas yang lengkap. Fasilitas lain yakni, kamera dirancang dengan kekuatan 8 megapixel ditopang baterai 1.400 mAh.

Sementara handset kedua yaitu Motorola Defy Mini. Handset ini dirancang tahan banting, seh-ingga pengguna tak usah cemas menggunakannya dalam berbagai kondisi seperti di pantai, maupun di tempat berdebu dan keras.

Ada pun keunggulan Defy Mini punya ukuran layar 3,2 inch dengan resolusi 480 x 320. *gun

Samsung W609 Unggulkan Multimedia

Motorola Motoluxe

Tabulet Beat 2

Harga Terjangkau, Fitur Menawan

Android, vendor lokal Tabulet seperti diberitakan Teknoup, merilis sekuel dari Tabulet Beat, yakni Tabulet Beat 2. Namun, berbeda dengan Beat pertama yang merupakan sebuah portable multimedia player (PMP) dengan layar kecil, Tabulet Beat

2 merupakan full tablet Android dengan layar 7 inci beresolusi 1024 x 600 piksel. Tidak melupakan fak-tor multimedia, Tabulet Beat 2 bisa memutar file video dengan banyak format. Untuk itu diperlukan perang-kat keras yang mumpuni, tablet ini memiliki prosesor single core ARM Cortex A9 dengan clock hanya 800 MHz, namun dilengkapi RAM 512 MB dan GPU Mali 400 (sama dengan GPU Samsung Galaxy S II). Dibanderol di kisaran harga Rp 1,5 juta, Tabulet Beat 2 diharapkan mampu para penggemar multimedia dengan anggaran terjangkau.

Desain dari Beat 2 sangat mirip dengan Beat 1, dengan warna putih dan bahan plastik glossy. Di bagian belakang logo Tabulet terlihat memi-liki posisi landscape yang berarti

penggunaan utama tablet ini adalah landscape. Namun, yang cukup menyulitkan adalah posisi layar dan bezel (bingkai) tidak rata, posisi layar sedikit terbenam. Menyulitkan jika Anda ingin menyentuh bagian ujung layar karena ada gap antara layar dan bezel.

Bagian depan selain layar 7 inci ada kamera VGA. Lalu di bagian bawah ada port infrared untuk re-mote control tablet ini saat memutar file multimedia, namun sayangnya remote control tersebut tidak ada di paket penjualan. Bagian atas ada tombol volume, tombol menu dan back, serta tombol power/lock.

Di bagian samping kanan Tabulet Beat 2 dijejali berbagai macam port, ada slot micro SD, jack audio 3,5 mm, port HDMI dan port Micro USB.

Sementara port charger sendirian di sebelah kanan. Di bagian belakang-nya di kiri kanan dihiasi bahan yang bergerigi sedangkan bagian tengah polos. Sayangnya loudspeaker tablet ini terletak di bagian kanan saja, tidak kiri dan kanan sehingga tidak memberikan efek stereo saat memutar lagu atau video.

Tabulet Beat 2 menggunakan layar LCD 7 inci beresolusi 1024 x 600 piksel. Cukup bagus dibanding tablet di rentang harga sama yang menggunakan resolusi 800 x 480 piksel. Tingkat kontras, kecerahan sudut cukup bagus saat tablet diposisikan tegak lurus dengan mata, namun berkurang seiring sudut yang makin miring, meski masih tergolong tidak mengganggu kenyamanan penggunaan. *

LINUS Torvalds adalah pendiri Linux, ia adalah orang di balik ker-nel Linux, sehingga namanya pun dipakai di OS tersebut. Kabarnya setelah merilis kernel Linux, ia pindah ke Amerika Serikat, dan berada di sana sejak itu.

Namun, pada minggu ini Linus Torvalds dikabarkan tengah be-rada di negara asalnya, Finlandia, untuk menerima sebuah penghar-gaan Millenium Technology Prize. Media lokal berkesempatan me-wawancarai pendapatnya mengenai industri mobile yang makin booming.

Seperti dikutip dari berita teknologi, Linus Torvalds mengaku bahwa ia mem-benci ponsel mobile, meski begitu saat ini ia menggunakan perangkat Android. Satu-satunya hal yang disukai Linus di ponsel Android adalah

Toko Bagus.com Geliatkan ” E-Commerce”

TIDAK dipungkiri lagi bahwa e-commerce (pemasaran usaha melalui media online) di zaman teknologi dan internet ini merupa-kan kebutuhan esensial dalam dunia bisnis dan usaha, terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai penunjang dalam pengembangan pasar, meningkatkan efisiensi, menekan biaya, hingga memberi-kan akses yang lebih luas bagi pelanggan perusahaan.

Menurut PR Manager Toko Bagus.Com, A. Ichwan Sitorus, di sela-sela acara Work-shop Comunication Media di Hotel Aston Denpasar, peluang e-commerce sangat besar, mengingat pemakai internet di dunia 1,5 milyar lebih dari 6,7 milyar penduduk dunia dan pemakai di Indonesia 25 juta dari 237 juta penduduk.

“UMKM merupakan satu komponen yang sangat penting dari ekonomi Indonesia um-

umnya dan Bali khususnya, dilihat dari jumlah usaha dan tenaga kerja yang diserapnya serta kontribusi pada ekonomi nasional,” ujarnya.

Oleh karena itu, e-commerce menjadi sangat penting dalam upaya meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar bagi UMKM yang secara otomatis dapat meningkatkan produktivitasnya.

Pihaknya melalui situs jual beli Tokoba-gus.com berupaya memberikan edukasi ke-pada UMKM untuk memaksimalkan peman-faatan teknologi informasi dan internet. “Dari 2,5 juta member (anggota) aktif kami secara nasional, baru sekitar 35 persen UMKM yang menjadi anggota kami,” ungkapnya.

Ia melihat cukup banyak kalangan UMKM yang memanfaatkan internet. Mereka men-jajaki dunia maya dalam bertransaksi, selain berjualan secara langsung.

Menurut Ichwan, tingginya animo pelaku

UMKM dalam memanfaatkan internet, men-jadi perhatian khusus Tokobagus.com. Melihat fenomena tersebut, Tokoba-gus.com makin aktif menggiatkan edukasi kepada komunitas UMKM.

Kalangan pebisnis UMKM yang aktif menjadi member di Tokobagus.com terdiri dari be-ragam pengusaha dari berbagai industri seperti fashion, makanan, kerajinan tangan, koleksi seni, kesehatan dan kecantikan, serta beragam lainnya.

*aya/bns

Linus Torvalds: Nokia Seharusnya Memilih Android

pengalaman email-nya. Tentu yang paling menarik adalah opini Torvalds mengenai raksasa pon-sel kebanggaan Finlandia, Nokia. Master Linux ini menyatakan bahwa jika ingin keadaan menjadi lebih baik, Nokia seharusnya memilih Android sebagai platform utama mereka di masa depan dibanding memilih Windows Phone.

Menurut Linus, Nokia telah melakukan kesalahan dengan

keputusannya untuk memilih sistem

operasi Windows Phone milik Micro-soft. Walaupun ia memahami mengapa Nokia pada akhirnya memilih Windows Phone, yang

menurutnya lebih mengacu bahwa

CEO Nokia saat ini, Stephen Elop, yang

merupakan mantan karyawan di Mi-

crosoft. *

Facebook Kembangkan Ruang Iklan di Ponsel

SITUS jejaring sosial Facebook masih mengembangkan ruang iklan di situsnya yang berbasis telepon selular bagi produk-produk lokal.

“Ponsel menjadi target spesifik sehingga produsen dapat membayangkan evolusi produk dari waktu ke waktu, khususnya bagi peritel,” kata Wakil Presiden Pemasaran Global Facebook, Carolyn Everson, seperti

SanDisk Tawarkan Kartu Memori Baru TercepatSANDISK mengumumkan produk

terbarunya, SanDisk Extreme Pro microSDHC UHS-I, kartu memori untuk ponsel pintar dan tablet yang diklaim tercepat di dunia.

Kartu itu ideal bagi pengguna smartphone dan tablet yang ingin meningkatkan kapasitas penyimpan-an sekaligus pengalaman mobile ter-cepat, kata produsen kartu memori itu dalam satu pernyataan di website resminya yang dikutip Antara News.

Dengan peringkat UHS Speed Class 1 (setara kelas 10), kartu memori baru itu memungkinkan

pengguna merekam video Full HD, bahkan dalam 3D.

SanDisk juga mengatakan, SanD-isk Extreme Pro microSDHC UHS-I ideal untuk aplikasi mobile imaging, menawarkan write speed 90 MB/de-tik untuk meng-capture multiple foto.

Mampu memindahkan file-file dengan cepat dari perangkat host berkat kecepatan bacanya yang mencapai di atas 95 MB per detik.

Menurut SanDisk, kartu memori itu juga membuat aplikasi yang di-jalankan bersamaan bekerja dengan smooth dan unduh file dengan cepat

via ponsel 4G LTE.“SanDisk menawarkan line-up

kartu memori selular terluas dalam industri,” kata Direktur Pemasaran Produk SanDisk, Chris Loh.

“Portofolio kami meliputi kartu mi-croSD dengan kecepatan tercepat, kapasitas penyimpanan yang tert-inggi dan keandalan yang diminati konsumen,” katanya.

Kartu memori SanDisk terbaru ini tersedia dalam dua model, 8 GB dan 16 GB, dengan harga masing-masing 59,99 dolar serta 99,99 dolar. *

diberitakan Antara News.Everson mengatakan, Facebook telah men-

guji ruang iklan yang memungkinkan produsen menawarkan produk terbaru bagi pengguna ponsel itu beberapa bulan sebelumnya.

Situs jejaring di Menlo Park, California AS itu berusaha meningkatkan pendapatan peru-sahaan dari penawaran iklan berbasis ponsel setelah sahamnya anjlok 17 persen sejak penawaran perdana Mei 2012.

Facebook, kata Everson, telah menguji sejumlah ruang iklan dan lusinan inovasi baru bagi produk-produk sejak April kepada pimpi-nan pemasaran beberapa perusahaan.

Dari sejumlah penawaran Facebook, ruang iklan berbasis ponsel mendominasi pilihan para produsen karena memungkinkan para

pengguna memperbarui gambar atau status. *

Page 20: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

DELL kembali memperkenal-kan tiga varian notebook dalam jajaran Vostro dengan kode nama 3360, 3460, dan 3560. Ke-tiga model Notebook Dell Vostro terbaru itu dikabarkan akan dibekali prosesor Sandy Bridge Core i3, dengan pilihan upgrade ke Ivy Bridge i5 dan i7.

Seperti dikutip dari berita

KOMPUTER20 5

Lenovo A720, Desktop Tipis Seharga Rp 18,7 Juta

Jenis desktop ini semuanya (casing terpisah untuk menampung motherboard dan komponen-komponen lainnya seperti yang biasanya dimiliki oleh sebuah desktop PC) menyatu di monitor.

Desktop PC jenis ini disebut dengan desktop all-in-one. Lenovo IdeaCentre A720 ini mengemas komponen-komponen seperti motherboard, proces-sor dan lain sebagainya ditempatkan di sebuah casing kecil yang juga berfungsi sebagai penyangga monitor. Lenovo IdeaCentre A720 ini memiliki layar

touchscreen LED berukuran 27 inci den-gan resolusi Full HD 1080p.

Keunikan lain dari produk ini dari layarnya selain tipis adalah bisa diatur

sudutnya dari –5 hingga 90 derajat dan merupakan layar multitouch 10 titik. Otak desk-

top ini adalah prosesor generasi ketiga Intel Core i7 dengan kartu grafis (VGA) adalah NVIDIA GeForce GT 650 2GB. Untuk kapasitas penyimpanan tak usah diragukan lagi sebab kapasitas harddisk-nya 750 GB dan RAM-nya 8 GB.

Operating system (OS) untuk menggerakannya adalah Windows 7 Home Premium. Diperkaya den-gan fitur Lenovo EE3 membuat waktu booting lebih singkat. Bahkan, lebih cepat 40 persen dari PC atau sekitar 24 detik. Lenovo All-in-One PC memberikan kelebihan, tidak saja hemat tempat tapi juga hemat energi.

Inovasi yang dilakukan Lenovo ini tentu saja men-jadi sesuatu yang bisa mengubah image sebuah PC yang biasanya besar dan memerlukan tempat luas. Kehadiran PC tipis dengan desain yang sangat elegan tentu saja mirip seperti Apple, tetapi Lenovo tentu saja memiliki keunggulannya sendiri.

IdeaCentre A720 diciptakan untuk menyasar segmen keluarga. IdeaCentre A720 telah dilengkapi dengan fitur-fitur hiburan seperti audio Dolby Home Theater V4, kamera web Lenovo High Sense 720 p high definition, juga sejumlah game yang dimainkan pada layar sentuh. Komputer desktop all-in-one Le-novo IdeaCentre A720 ini dibanderol dengan harga Rp 18.700.000. *wid

Dell Vostro 3360, 3460 dan 3560 Notebook dengan Prosesor Sandy Bridge Core i3 dan RAM 4 GB

teknologi, ketiganya dikabarkan akan dibekali dengan RAM 4 GB, hard drive 320 GB 7200 RPM, Gigabit Ethernet, Windows 7 Home Premium, Wi-Fi 802.11a/b/g/n, USB 3.0, port VGA, port HDMI port, 8-in-1 card reader, Bluetooth 4.0, dan drive DVD-RW. Masing-masing model akan hadir dengan ukuran layar yang berbeda dari 14

inci sampai 15 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Untuk harganya, Dell Vostro 3560 dikabarkan telah mulai dipasarkan dengan banderol sekitar 599 dolar AS. Sementara Vostro 3360 dan 3460 akan mulai dipasarkan pada 21 Juni dengan banderol masing-masing berkisar 649 dolar AS dan 599 dolar AS. *

Menjelajahi Dunia dengan PROLiNK PHS300 3.75G HSUPA

BAGI para penjelajah dunia lewat dunia maya, modem PROLiNK PHS300 HSUPA merupakan salah satu alternatif yang sangat tepat. Den-gan spesifikasi yang dimiliki, modem ini mampu menjelajahi dunia dengan kecepatan akses yang sangat mengesankan.

PROLink PHS300 HSUPA ini merupakan sebuah USB modem dengan hi-speed internet access.

Seperti namanya, modem ini dikeluarkan salah satu vendor besar yaitu PROLiNK. Dengan bentuk yang ringkas dan kepala USB yang bisa dilipat membuat modem HSUPA ini cantik dengan balutan warna hitam dengan logo perak yang menyala.

Spesifikasi yang diusung Modem ProLiNK PHS 300 ini boleh diadu dengan modem lain yang sekelas, namun jangan disandingkan dengan PROLiNK PHS100 karena memang berbeda, yang terlihat jelas dari bandwidth rate. Konektivitas yang dibawa dari device cantik yang satu ini adalah USB dan juga feature

pendampingnya slot micro SD sebagai media penyimpanan data mobile Anda.

Berikut spesifikasi PROLiNK PHS300 dengan segala kekayaan feature yang dimilikinya: Compli-ant to 3GPP /R99 /R5 /R6 Suppoty HSDPA UMTS 2100MHz /850MHz /900MHz

GSM /GPRS /EDGE Quad-Band 850 /900 /1800 /1900 MHz, SMS Message, Data Service, Phonebook, SIM Management, Auto-run install, U-disk (T-Flash), Data transmission up to 7.2 Mbps (HSUPA) Data transmission up to 384 Kbps (UMTS) Data transmission up to 384 Kbps (EDGE), Dual antenna receiver diversity, SIM and USIM compatible, Built-in MicroSD card slot sup-ports up to 8GB memory card.

Sementara Bandwidth Rate: Downlink up to 7.2 Mbps, Uplink up to 5.76 Mbps dengan aksesoris: PC, MAC Utility Software (Built-in), USB Cable. Dengan Interface:

Dimensions: 72 (L) × 30 (W) × 12.5 (H) mm Weight: 40g Operating Temperature: -20°C ~ 55°C Storage Temperature: -30°C ~ 65°C .*bia/bbs

INOVASI dan kemewahan diluncurkan produsen personal computer (PC) asal Cina Lenovo. Image PC yang besar berubah drastis dengan diluncurkannya sebuah desktop IdeaCentre A720 yang sangat tipis dengan ukuran 27 inci pada Juni ini.

Page 21: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

RUMOR4 KOMPUTER 2122 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

CEO Nokia, Stephen Elop, mengungkapkan rencana perusa-haannya untuk masuk ke pasar ponsel terjangkau dengan jaja-ran produk Windows Phone baru, bukan cuma dari Symbian.

Pernyataan ini diungkapkan dalam sebuah acara konferensi dengan para investor perusahaan beberapa saat lalu.

Satu-satunya handset kelas dasar Windows Phone dari Nokia yang beredar saat ini adalah Nokia Lumia 610, dan menurut Elop akan segera hadir lebih banyak lagi produk Lumia yang bahkan dengan harga lebih murah.

Untuk memperoleh target tersebut, Nokia akan dibantu Microsoft yang sedang melakukan perbaikan dan optimisasi Tango yang ditujukan untuk handset kelas dasar.

Saat ini pangsa smartphone kelas bawah didominasi handset Android. Oleh karena itu, menurut Stephen Elop Nokia seperti yang diberitakan Teknoup, perlu untuk bersaing secara agresif melawan Android. Sayangnya, Elop tidak menyebutkan secara spesifik kapan jajaran produk Lumia dengan harga terjangkau ini akan siap diluncurkan. *

TEKNOLOGI terus berkembang, sebentar lagi mungkin Anda hanya perlu membawa ponsel dan tetap aman meninggalkan dompet di ru-mah, karena fungsi kartu ATM (anjungan tunai mandiri) akan digantikan ponsel Anda yang pintar.

Sebuah aplikasi dari Royal Bank of Scotland (RBS) Natwest dapat me-narik uang tunai lebih dari 100 poundsterling menggunakan ponsel pintar.

Untuk bisa menarik uang di ATM, pelanggan bisa mengunduh programnya ke ponsel pintarnya lalu diberikan kode enam digit agar dipergunakan ketika bertransaksi di mesin anjungan tunai mandiri.

Teknologi ini adalah kemajuan terbaru dalam perjalanan ponsel pin-tar sebagai dompet digital. RBS mengklaim bahwa sistem baru ini akan membantu pelanggan yang kerap lupa dengan kartu ATM-nya atau bagi orang yang harus segera mengirimkan uang ke sanak famili mereka.

Menurut salah seorang petinggi di RBS, Natwes Ben Green, seperti yang diberitakan Antara News, sejak diluncurkan hingga saat ini tercatat sudah ada 2,6 juta orang di Inggris yang menginstal aplikasi ini di pon-sel pandai mereka. *

Nokia Siapkan Seri Lumia Murah untuk Saingi Android

Ponsel segera Gantikan Fungsi Kartu ATM

Nokia Akuisisi Scalado ABNOKIA mengumumkan rencananya men-

gakuisisi perusahaan spesialis imaging (penci-traan/gambar) kelas dunia, Scalado AB, berikut teknologi dan kekayaan intelektualnya.

Akuisisi itu untuk membantu dalam pening-katan kemampuan kamera pada perangkat Nokia Lumia. Demikian diungkapkan Nokia da-lam pernyataannya di nokia.com seperti yang dikutip Antara News.

“Nokia sudah bekerja dengan Scalado lebih dari sepuluh tahun dan mereka berkontribusi banyak bagi keunggulan aplikasi imaging kami,” kata Executive Vice President Smart Devices di Nokia, Jo Harlow.

Transaksi itu memungkinkan Nokia meng-kombinasikan keunggulan perangkat kamera Nokia dengan keahlian imaging Scalado, mem-bantu orang mengambil gambar dan meng-abadikan momen dan emosi dengan banyak cara berbeda.

Pabrik Scalado di Lund, Swedia, akan menjadi fasilitas kunci perangkat lunak imag-ing Nokia untuk ponsel pintar, menambah fasilitas Nokia yang ada di Espoo dan Tam-pere, Finlandia.

“Ini sebuah peluang yang bagus untuk banyak orang kami menunjukkan keahlian mereka dalam imaging dan untuk melanjutkan mem-bangun masa depan,” kata CEO Scalado AB Hakan Persson.

Proses akuisisi Scalado oleh Nokia diperkirakan akan selesai pada kuartal ketiga tahun ini.

Jual VertuEntah sedang men-

jalankan strategi apa, selain membeli Scalado, di sisi lain

Nokia juga menjual Vertu, anak usahanya yang bergerak dalam bisnis ponsel mewah.

Nokia menjual Vertu kepada EQT VI, bagian dari sebuah grup ekuiti swasta di Eropa Utara.

Nokia percaya penjualan itu merupakan pilihan tepat untuk langkah ke depan per-jalanan Vertu dalam memberikan keunggulan, memungkinkan merek itu untuk fokus pada peningkatan peluang-peluang untuk tumbuh dalam kategori mewah.

“Dengan brand kuatnya, kepemimpinan da-lam kategorinya yang tidak diragukan dan pros-pek pertumbuhan yang menarik, Vertu cocok dengan strategi investasi EQT Vi,” kata Partner di EQT Partner, penasihat investasi untuk EQT VI, Jan Stanlberg.

Vertu mempunyai kantor pusat di Church Crookham, Inggris, dan mempekerjakan sedikit-nya 1.000 orang di seluruh dunia.

Dengan transaksi yang mungkin selesai dalam semester kedua tahun ini itu, Nokia selanjutnya akan menjadi pemegang saham minoritas, hanya 10 persen, di Vertu. *

APLIKASI Skype untuk Linux terlihat seperti tidak dipedu-likan pengembangnya, namun sekarang hal itu akan segera berubah, karena Microsoft telah merilis revisi terbaru aplikasi Skype untuk platform Linux.

Seperti dikutip dari Teknoup, update ini akan menanggal-kan label beta yang berarti akan ada update secara berkala berikutnya. Versi terakhir Skype untuk Linux adalah beta 2.2 di mana absen banyak fitur.

Microsoft Ungkap Aplikasi Mail dan Calendar untuk Windows 8

MICROSOFT merilis beberapa pub-likasi yang membahas tentang berbagai aplikasi yang akan dipasang di Windows 8. Sebagai bagian persiapan Windows 8 versi final, kali ini Microsoft menjabar-kan dua aplikasi yang menjadi bagian dari Windows 8 yaitu aplikasi Mail dan Calendar.

Aplikasi Mail seperti yang dikutip dari Teknoup, elah memperoleh cukup banyak perubahan sejak edisi Consumer Preview dan kemungkinan akan mem-peroleh pembaruan sebelum rilis final. Versi terbaru aplikasi Mail menampilkan desain tiga bagian yang mengambil ke-untungan dari resolusi optimal Windows 8 yaitu 16:9 sehingga bisa menampilkan 14 pesan dari semula hanya 8,5 pesan dalam versi Consumer Preview. Aplikasi juga mengambil keuntungan dari API baru yang mendeteksi pembatasan data internet sehingga hanya akan mengam-bil header sebesar 20 kb untuk setiap pesan. Ke depan, disebutkan masih banyak fitur baru yang akan muncul.

Selain Mail, aplikasi lain yang mem-peroleh penjelasan detail adalah Cal-endar. Aplikasi ini diutamakan untuk memberi petunjuk arah hidup pengguna sehingga Calendar harus mudah dibaca dan tidak terganggu oleh hal lain. Untuk

itu tampilan info dibuat minimum dan memudahkan penguna mengganti warna dari acara penting dan mengabaikan yang tak perlu. Navigasi juga dipermu-dah dengan antarmuka sederhana untuk menambahkan suatu acara serta adanya

berbagai trik canggih. Microsoft juga memastikan bahwa aplikasi ini mengikuti standar dan fungsionalitas dari Metro UI, ditambah masukan dari pengguna yang sudah mencoba Windows 8 edisi Consumer Preview. *

Beralih ke Dekstop PC Desain Anak Negeri

SELAIN memilih produk komputer buatan negara lain, tentu saja kiprah komputer desain anak negeri patut diapresiasi. Saat ini produk komputer lokal pun memiliki kemampuan dan spesifikasi yang tak kalah bagus dengan produk impor. Zyrex Discovery NT2521 pun bisa menjadi pilihan desktop PC lokal dengan kemampuan mumpuni.

Seperti yang dikutip dari situs resmi zyrex.com, kiprah Zyrex di segmen desktop PC memang te-lah cukup lama dikenal. Melihat kepraktisan yang ditawarkan PC AiO, Zyrex menghadirkan PC AiO di segmen terjangkau, yakni Zyrex Discovery NT2521.

Perhatian pertama pun langsung tertuju pada layar monitornya. Layar berukuran 21,5 inci ini menggunakan desain transparan pada bagian sisinya yang juga berfungsi sebagai penopang.

Monitor berukuran 21,5 inci mengusung teknologi LED (Light Emitting Diodes) sehingga mampu menghasilkan cahaya lebih terang, na-mun irit listrik. Selain itu dengan resolusi hingga 1.920 x 1.080 pixel, monitor ini sudah mendukung format Full-HD.

Discovery NT2521 mengusung spesifikasi prosesor terendah dari varian Sandy Bridge (Intel Pentium Dual-core). Penggunaan memori RAM dengan kapasitas 2 GB juga menegaskan peng-

gunaannya bagi kebutuhan dasar, yang tidak ter-lalu rakus memori. Namun, jika pengguna merasa kurang puas, upgrade memori masih mungkin dilakukan.

Berbasis motherboard dengan chipset In-tel HM55, produk ini menggunakan chip grafis onboard keluarga chipset Intel Graphics yang mendukung DirectX 10. Spesifikasi ini cukup me-madai untuk aktivitas ringan seperti menjalankan aplikasi perkantoran, internet, atau multimedia definisi tinggi.

Kelengkapan lain di antaranya webcam 1,3 MP, card reader dengan kemampuan membaca 3 jenis kartu, speaker stereo, perangkat optis DVD writer serta koneksi output dan input. Pada AiO ini, juga sudah tertanam wireless LAN tipe 802.11b/g/n yang memiliki jangkauan hingga beberapa ratus meter (tanpa halangan). Dis-covery NT2521 telah dilengkapi dengan sebuah keyboard dan mouse yang masih mengandalkan koneksi kabel.

Ditilik dari kinerja yang dihasilkan, Zyrex Discovery memang terlihat bukan untuk men-jalankan aplikasi kelas berat. Kemampuannya lebih tepat ditujukan bagi pengguna rumahan yang membutuhkan kepraktisan serta fungsi dasar sebuah komputer dalam menjalankan aplikasi ringan. *ade

Microsoft Rilis Skype 4.0 untuk Platform Linux

Aplikasi Skype untuk Linux ini akan memiliki antarmuka yang baru saat melihat percaka-pan pesan teks begitu juga saat melakukan panggilan. Kualitas au-dio dan video telah men-ingkat karena Skype telah memperbaiki sisi layanan mereka.

Aplikasi ini juga kini juga men-dukung bahasa native untuk pengguna di negara Nor-wegia dan Ceko. *

Nokia akan Pakai Peta Sendiri di Windows Phone

BUKAN hanya Apple, Nokia juga meluncur-kan peta sendiri, Nokia Maps, yang akan meng-gantikan Bing Maps di ponsel-ponsel Windows Phone terbarunya.

Menurut situs WPCentral seperti yang dikutip Antara News, Nokia Maps akan menggantikan Bing Maps di Windows Phone 8 nanti.

Peta itu juga menawarkan versi navigasi jalan dalam tiga dimensi yang didukung kece-patan hardware-nya.

Layanan Navteq Nokia telah lama menjadi satu provider kunci bagi Bing Maps, dan baru beberapa bulan lalu pula platform Where Nokia memulai penye- diaan data lalu lintas untuk

Bing Maps. Nokia diharapkan akan mengu-mumkan secara resmi keunggulan Nokia Maps di Windows Phone pada pertemuan Windows Phone mendatang, sebagaimana dilansir Techradar.

Pertemuan digelar pada 20 Juni mendatang dengan tema sekilas masa depan Windows Phones, yang dipercaya banyak kalangan se-bagai saat peluncuran Windows Phone 8 yang dijuluki Apollo. Pada pertemuan itu juga akan mengklarifikasi isu yang beredar pada April lalu yaitu apakah Apollo akan cocok pada perang-kat Windows Phone saat ini. Ketika Apple telah meluncurkan iOS 6-nya dan rumor Jelly Bean Android, sekarang adalah waktu yang tepat

bagi Microsoft untuk meluncur-kan update Windows

Phone. *

Spesifikasi:

Prosesor - Intel Pentium P6200 Dual-core (3M Cache, 2,13 GHz)

RAM - 2 GB DDR3 PC3-1333 (667 MHz)

Motherboard - Intel HM55

Kartu Grafis - Intel HD Graphics Family

Kartu Suara - Realtek ALC662

Harddisk - 320 GB 5400 RPM Sata-II (ST9320310AS)

Optical drive -DVD +/- RW (Optiarc DVD RW AD-7710H)

Wireless - Wireless 802.11b/g/n

Microsoft - Windows 7 Home Premium SP1 (32-bit)

Page 22: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

KOMPUTER22 TOP NEWS 322 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

MOTOROLA tak pernah surut inovasi. Menyadari kancah per-saingan makin sengit, kemudahan dan keunggulan produk pun makin digeber kepada pasar. Salah satunya memperkenalkan smart-phone yang cocok bagi mereka yang aktif yakni, Motorola Mobility berfasilitas anti-air, anti-gores, dan anti-debu. Selain itu ukuran baterai besar dan usia baterai yang lebih lama, Motorola DEFY ™ XT dan dual-SIM DEFY ™ MINI memungkinkan pengguna siap untuk social survival ke mana pun pergi tetap terhubung lebih lama.

Layar sentuh Gorilla ® Corning ® Glass dengan tampilan berwar-na cocok untuk membaca email, SMS dan berselancar di dunia maya. Kedua Motorola DEFY XT dan Motorola DEFY MINI meng-gunakan baterai 1700 mAh yang ekstra kuat memberikan Motorola DEFY XT dan Motorola DEFY MINI masing-masing memiliki 9,5 dan 9 jam waktu bicara.

Motorola DEFY XT mengguna-kan kamera 5-megapiksel semen-tara Motorola DEFY MINI meng-gunakan kamera 3-megapiksel. Keduanya memiliki kamera VGA depan untuk berhubungan dengan teman, sedangkan berselancar di dunia maya atau hanya bersantai di rumah. Menampilkan desain antarmuka yang intuitif dengan bermacam widget media sosial maupun aktivitas lainnya.

Motorola DEFY XT dan DEFY MINI juga memiliki otak untuk mengetahui apa yang paling pent-ing bagi pengguna dan bagaima-na mendapatkannya secepatnya.

OS Android belum Siap dengan Prosesor Quad Core

SEPERTI yang pernah diberitakan ponsel Android mulai menggunakan logo Intel Inside, seperti yang sudah diluncur-kan di India belum lama ini.

Intel sebagai perusahaan produsen prosesor paling terkenal di dunia sekaligus pemimpin pasar akhirnya berniat memasuki dunia smartphone untuk bersaing dengan Qual-comm, Nvidia, Samsung, Texas Instrument dan lain-lain.

Intel mengkritik para pesaingnya yang sudah merilis chip-set quad core. Melalui General Manager Intel Mobile and Communication Groups, Mike Bell seperti yang diberitakan Teknoup, mereka menyatakan dari cara yang diterapkan sekarang, OS Android tidak membuat sebuah penggunaan yang efektif dari prosesor multicore karena terus terang saja, untuk membereskan hal ini sebenarnya bisa dilakukan

vendor yang memproduksi System on Chip (SoC), tetapi mereka hanya belum peduli untuk melakukannya.

Terlihat bahwa ia sebenarnya menyatakan bahwa pesa-ing mereka seharusnya beru-saha memperbaiki dukungan multitasking OS Android, daripada hanya berfokus ke perangkat keras. Contohnya jika akan ada prosesor 6 core, kalau software-nya tidak dioptimalisasi dengan baik maka tidak ada keuntun-gan dari penggunaan prose-sor 6 core tersebut. *

Motorola Geber Dua Smartphone Andal HTC Rilis Dua Android Terbaru

Mereka adalah smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan fitur Moto-Switch, sebuah user interface yang akan mempelajari lagu favorit Anda, siapa yang pal-ing sering Anda hubungi dan aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Dengan cerdik MotoSwitch mengumpulkan semua preferensi Anda dan menyimpannya, yang berarti Anda akan menjadi sangat terorganisasi dan Anda akan memiliki banyak waktu ekstra di tangan Anda.

Tak hanya itu, Motorola DEFY XT dan Motorola DEFY MINI adalah smartphone Android ™, di mana memiliki akses langsung ke lebih dari 500.000 game, aplikasi, musik, buku dan film yang tersedia di Google Play™.

Motorola DEFY XT dan Mo-torola DEFY MINI bergabung dengan Motorola DEFY™+, yang telah lebih dulu tersedia di pasaran. Motorola DEFY+, yang dilengkapi dengan layar sentuh 3,7 inci beresolusi tinggi ini, juga tahan air, anti-gores, dan anti-debu. Ponsel ini memilki prosesor 1GHz pro-cessor dan baterai 1700 mAH dengan waktu bicara hingga 7,1 jam serta waktu siaga hingga 20 hari. *gun

HTC pada 2012 ini kembali mengisi pilihan pasar kalangan menengah dan segmen premi-um dengan dua pilihan, yakni HTC One Series One X dan One V. Kedua ponsel pabrikan HTC ini berdesain full touchscreen dengan men-gusung teknologi OS Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Tipe One X yang dibanderol di kisaran Rp 6 jutaan per unit, sementara harga One V dipa-tok setengahnya.

Harga yang berbeda tersebut membedakan pula fitur maupun layanan yang ditawarkan pada masing-masing tipe. Salah satunya, di sisi fitur One X menawarkan sederet teknologi terbaru. Di antaranya, chipset generasi terbaru Nvidia Tegra 3 empat inti (quad core) dengan clock 1.5 GHz, kapasitas RAM 1 GB, serta ruang memori internal sebesar 32 GB.

Kondisi tersebut diperkuat pula dengan fitur layarnya yang sudah 4,7 inci mengusung kaca kapasitif super IPS LCD2 dengan kerapatan 720 x 1280 piksel.

Dari informasi berbagai sumber situs resmi, fitur yang ditawarkan tipe One X ini menonjol-kan fitur kamera dan musik. Hal itu dibuktikan dengan komposisi lensa kamera One X yang

sudah mencapai 8 megapiksel, sehingga diklaim dapat menghasilkan gambar sebaik kamera tradisional. Ditambah pula dengan adanya sistem image sense, itu membuat pon-sel ini dapat mengambil gambar hanya dalam sekian detik.

Di bidang audio, jajaran HTC One X series ini diperkuat Beats By Dr. Dre Audio, di mana itu merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas audio. Teknologi audio pada seri One X ini akan membuat suara yang dihasilkan akan lebih kuat dibandingkan ponsel sejenis di kelasnya.

HTC One X ini tersedia dalam dua pilihan warna white polar dan glamour grey. Sementa-ra itu, tipe HTC One V meski harganya murah untuk menyasar kalangan menengah, namun fitur yang diadopsi tidak kalah bagusnya den-gan tipe sejenis di kelasnya.

Hal itu bisa dilihat dengan mengadopsi res-olusi kamera sebesar 5 megapiksel ditopang juga image sense, sistem audio Beats By Dr. Dre Audio. Semua itu membuat seri One V ini menjadi ponsel yang menggiurkan karena den-gan harga murah, konsumen bisa menikmati fitur ponsel yang tidak murahan. *man

SAMSUNG meluncurkan notebook terbaru Series 9 den-gan ketebalan hanya 0,5 inci dan diklaim sebagai notebook tertipis di dunia saat ini.

Walaupun tipis, spesifikasi hardware tetap canggih. Notebook ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi tetapi mem-butuhkan perangkat yang mampu bekerja ekstra.

“Series 9 menggabungkan kinerja tinggi dengan desain tipis dan elegan,” kata Business Director Samsung Indonesia Sung Khiun di Jakarta, seperti yang diberitakan Antara News.

Samsung menanamkan prose-

Ketebalan Notebook Samsung Terbaru hanya 0,5 Inci

sor Intel Core i5, RAM sebesar 4 GB DDR3, dan penampung data 128GB SSD.

“Produk ini menyasar kelas me-nengah atas yang mengedepankan desain dan kualitas tinggi,” kata Sung Khiun.

Selain itu, kualitas tampilan layar LED berukuran 13,3” ini didukung prosesor grafis Intel HD 3000 seh-ingga dapat memutar video HD+. Samsung membalut notebook ini dengan aluminium berwarna biru keabu-abuan mineral dengan berat 1,16 kg.

Untuk urusan kekuatan baterai, Samsung mengklaim notebook ini dapat bekerja hingga tujuh jam

dengan mengguna-kan bat-erai Li-Polymer 40Wh dan mampu menyala dalam waktu 9,8 detik. Karena mengedepankan desain yang super tipis, Samsung tidak menanamkan DVD Room pada Series 9.

Dari segi keamanan, Sam-sung mempercayakan sepenuhnya pada Mi-crosoft sebagai penyedia perangkat lunaknya. Samsung baru akan melepas Series 9 ke pasaran pada 22 Juni di blibli.com dengan harga sekitar Rp 13 jutaan. *

Facebook telah Terintegrasi di OS Apple Baru

SISTEM operasi Apple terbaru, OS X 10.8 Mountain Lion dan iOS 6, telah mengintegrasi-kan situs jejaring sosial Facebook.

“Kami telah bekerja sangat erat dengan Fa-cebook untuk menciptakan integrasi di perangkat komunikasi genggam,” kata Senior Wakil Presiden Apple, Scott Forstall, dalam World Wide Developers Conference (WWDC) di California Amerika Serikat seperti yang diberitakan Antara News.

Integrasi Facebook di iOS 6, se-bagaimana Twitter di iOS 5, meng-hadirkan layar sosial di iPhone dan iPad selain Safari, Maps, Siri,

FaceTime, dan fitur-fitur lain.

Selain iOS 6, halaman Facebook akan dapat diakses pula di sistem operasi Mountain Lion di berbagai perangkat Mac.

The Washington Post menyebut integrasi Facebook di sistem operasi Apple telah me-nyingkirkan hambatan-hambatan kerja sama sebagaimana terdapat pada sistem operasi Apple sebelumnya, iOS 5.

Kerja sama Facebook-Apple, akan mengun-tungkan bagi kedua perusahaan yang berbasis di California itu.

Facebook akan mendapatkan peningkatan aktivitas para penggunanya melalui perangkat Apple, begitu pula Apple akan makin populer di jejaring sosial agar mampu berkompetisi dengan Android dan Windows. *

Dell Luncurkan Laptop Bisnis Latitude

14 inci, Latitude E6230 (12,5 inci), E6330 (13,3 inci), E6430 (14 inci) dan E6530 (15,6 inci).

Laptop yang dijual mulai $1.400 itu disertakan garansi tiga tahun, layan-an service on side atau antar jemput. Dell mampu melayani di 222 titik kota di Indonesia tergantung kode pos wilayah-wilayah. *

PRODUSEN komputer, Dell, melun-curkan laptop bisnis Latitude dengan mengedepankan sistem keamanan, ketangguhan, dan kemudahan manajemen.

“Laptop ini akan menunjang solusi bisnis yang dapat mem-bantu produktivitas untuk meraih maksimal. Model itu menawarkan antarmuka yang dinamis, fleksibel, dan desain yang stylish,” kata Man-aging Director Dell Indonesia Pieter Lydian dalam jumpa pers seperti yang diberitakan Antara News.

Laptop itu menggunakan teknologi StrikeZone shock absorber, Fast Re-sponse Free-Fall Sensor dan penam-bahan isolasi karet pada hard drive untuk memproteksi data dari goncangan dan jatuh.

“Lapisan karet, kami letakkan di sekitar layar sehingga ada jarak antara keyboard dan layar sehingga tidak menimbulkan bekas pada layar serta menjaga debu agar tidak masuk,” kata Senior Brand Manager Client Product Solution Mar-keting Johny Dermawan.

Dari sisi kinerja, laptop itu didu-kung prosesor Intel Core i generasi ketiga, RAM sebesar 2 GB, opsi 128 GB SSD dan Express Charge,

produktivitas baterai tahan hingga 32,7 jam dengan opsi baterai 9 cell. Dell juga menyertakan aplikasi bisnis Intel vPro Systems management Intel Active Management Technology 8 dan USB 3.0 memungkinkan transfer data lebih cepat 10 kali lebih dibanding USB 2.0.Dell Latitude menawarkan Dell Data Protection I Encryption dan

FIPS (Federal Information Processing Standards) dengan tingkat keamanan paling tinggi. Aplikasi antimaling untuk melacak keberadaan laptop yang hilang bahkan menghapus data laptop dari jarak jauh. Dell Latitude diproduksi dalam beberapa tipe yaitu Dell Latitude E6430s yang berukuran chasis 13,3 inci dengan layar sebesar

Page 23: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

TOP NEWS2 AKSESORI 23

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra.Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita. Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657, 416676. Faksimili: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi/Pengaduan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

22 - 28 Juni 2012 22 - 28 Juni 2012

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

Lindungi BlackBerry dengan Cover dan Holster

EBUAH paten diketahui telah didaftarkan Samsung kepada kantor paten Amerika Serikat (USPTO) yang akan me-matenkan stilus S Pen generasi kedua untuk layar sentuh kapasitif.

S Pen generasi pertama sebagaimana diketahui telah dipakai di Galaxy Note 5.3 inci, namun dalam aplikasi kali ini terung-kap berbagai fitur yang mungkin akan datang di seri Note atau tablet Galaxy Note 10.1 generasi mendatang.

S Pen generasi kedua ini, seperti yang dikutip dari Teknoup dimaksudkan untuk memanipulasi tablet agar mengira disentuh jari.

S Pen ini memiliki koneksi NFC serta komunikasi suara dengan chip built-in seperti stilus pada Asus PadFone. Den-

gan demikian stilus ini akan bisa digunakan sebagai headset untuk berbicara.

Selain itu S Pen ini juga akan menggunakan material seperti karet konduktif yang disebut ePen Grip. Dengan material ini maka stilus akan mengirimkan aliran listrik mikro dari badan ke layar kapasitif sehingga akan menipu layar yang menganggap sedang disentuh jari. Dengan demikian, maka lag atau jeda yang bisa terjadi pada stilus akan hilang atau dapat dikurangi sehingga makin mirip dengan sentu-han jari.

*

Samsung Siapkan S Pen Generasi Kedua untuk Tablet Layar Kapasitif

BLACKBERRY merupakan salah satu ponsel yang memiliki banyak ragam aksesori. Holster dan cover merupakan pelindung ponsel BlackBerry itu sendiri.

Cover pelindung jenis ini menyerupai silicone case, yang ter-buat dari bahan yang lebih keras, seperti dari plastik (fiber) atau plakat. Pelindung cover ini memang masih banyak yang menggu-nakan sebagai pelindung ponsel.

Pelindung cover dapat menambah menarik penampilan ponsel BlackBerry.

Fungsi sebagai pelindung dianggap hanya melindungi bagian ponsel yang tertutup cover. Sementara, bagian sisi yang tidak tertutup cover maka dapat mengakibatkan lecet pada ponsel.

HolsterPada umumnya ketika konsumen membeli ponsel BlackBerry,

di dalam paketnya sudah diberikan sebuah sarung. Sarung model seperti itu dinamakan holster. Sarung holster BlackBerry tidak sama dengan sarung-sarung kulit lainnya untuk ponsel merek lain.

Holster dapat difungsikan selain untuk melindungi ponsel BlackBerry dari benturan, juga dapat menyesuaikan secara oto-matis pada ponsel BlackBerry.

Pada holster, di dalamnya terdapat sebuah magnet, di mana fungsinya adalah bila ponsel BlackBerry dimasukkan ke dalam sarung holster tersebut, maka BlackBerry akan menjadi terkunci.

Tidak akan mungkin tombol-tombol BlackBerry tertekan tanpa tidak sengaja, sebab dalam kondisi terkunci secara otomatis. *kup

EDIKIT mundur dari yang dijadwal-kan, namun akhirnya update Android 4.0 untuk tablet Sony P telah dirilis belum lama ini. Awalnya update tersebut dijadwalkan untuk rilis di

bulan April hingga terakhir diundur hingga tang-gal 24 Mei yang juga diundur kembali.

Seperti dikutip dari situs resmi Sony, meski tablet Sony P mungkin tidak begitu terdengar di Indonesia, namun bagi penggunanya update

ini membawa sejumlah perubahan untuk tablet dual layar yang saat diluncurkan masih men-jalankan OS Honeycomb.

Yang paling terlihat adalah adanya Small Apps terbaru yang menawarkan akses Win-dows yang lebih kecil untuk browser, calculator, dan fungsi kontrol media. Update juga memba-wa tambahan kemampuan fotografi panoramik, browsing yang lebih cepat, hingga akses ke kamera dari lock screen. *

SELAIN vendor Samsung, vendor LG tampaknya tak mau ting-gal diam untuk menjajal pasar dengan Android mininya. Baru-baru ini vendor LG menghadirkan tiga varian ponsel Android terbarunya. LG Op-timus L3 a.k.a E400 adalah senjata andalan LG untuk berebut pangsa pasar di segmen Android mini.

Dikutip dari situs resmi ponsel tersebut, LG Optimus L3 memiliki layar 3.2 inci dan termasuk yang paling kecil dibandingkan dengan seri L5 dan L7 yang memiliki layar 4.0 inci dan 4.2 inci. Walaupun dengan layar mini yang hanya 3.2 inci, akan tetapi ponsel LG Optimus L3 telah menggunakan prosesor Cortex A5 800Mhz.

Untuk mendampingi prosesor tersebut, ponsel buatan vendor asal Korea Selatan ini didukung oleh memori internal sebesar 1 GB dan mendapatkan tambahan 150 MB untuk menunjang penggunaan ap-likasi. Selain itu juga terdapat slot kartu memori yang dapat digunakan hingga 32 GB. Sistem operasi yang digunakan dalam LG Optimus L3 a.k.a E400 ini adalah OS Android 2.3.5 (Gingerbread).

Mengenai kemampuan kamera, pengguna tidak perlu khawatir lagi. Dibandingkan dengan kompetitornya Samsung Galaxy Young, smart-phone ini menggunakan kamera autofocus 3 MP. Ponsel dengan berat 119 gram ini hadir di Indonesia dengan kisaran harga Rp 1.299.000. Harga tersebut hampir sebanding dengan harga ponsel Android Sam-sung Galaxy Young.*ade

Cyrus TV Pad, Tablet Android Berfasilitas TV Analog

CYRUS TV Pad merupakan tablet Android pertama yang memiliki fitur televisi analog. Produk ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang tinggi dengan perangkat yang memberikan solusi multimedia.

Tablet Cyrus TV Pad ini menggunakan sistem Android 3.2 Gingerbread yang dilengkapi dengan antena khusus televisi analog yang bisa dipanjang-kan layaknya antena rumah.

Sementara untuk streaming TV, Cyrus TV Pad mengandalkan jaringan Wi-Fi dan 3G.

Cyrus TV Pad memiliki ukuran 193,5 x 126,4 mili-meter dengan ketebalan 14 milimeter, sedangkan untuk layarnya merupakan WVGA TFT LCD dengan resolusi 800 x 480 piksel.

Dalam posisi vertikal, di bagian atas terdapat an-tena televisi, port untuk charger, dan tombol power.

Di bagian kanan terdapat tombol untuk peng-aturan volume suara dan di bagian bawah terdapat port untuk earphone.

Cyrus TV Pad memiliki aplikasi Cyrus TV Pad dan Cyrus FM Radio yang bisa diakses secara ana-log, sehingga tidak membutuhkan akses internet. Untuk mengisi baterai diperlukan waktu sekitar 3,5

jam. Jika dinyalakan tanpa penggunaan, tablet bisa bertahan selama 8 jam. Jika digunakan menonton televisi, mendengarkan radio, atau browsing internet, maka tablet hanya akan ber-tahan selama kurang lebih 3 jam.

Untuk pengoperasian kamera, bisa diguna-kan seperti halnya menggunakan kamera pada smartphone. Selain bisa memotret, kamera Cyrus TV Pad dengan lensa 5 megapiksel ini bisa juga digunakan untuk merekam video. Cyrus TV Pad Dilengkapi juga dengan game seperti Angry Birds Rio, AirAttack HD, Pinball HD for Tegra, Stupid Zombie, dan YooNinja Free.

Bagi yang suka browsing internet, Cyprus TV Pad juga sudah dilengkapi dengan browser standar yang bisa men-download browser lain yang tersedia di Android Market, misalnya Opera Mini. Untuk beberapa jejaring sosial, pengguna tidak membutuhkan browser untuk mengakses website tersebut, melainkan bisa langsung dari aplikasi. Aplikasi Facebook, Twit-ter, Ubersocial, LinkedIn, Yahoo Messenger. Tablet ini juga bisa digunakan untuk tethering internet hingga digunakan 5 perangkat. *aya

Android Mini Bersaing Ketat

Spesifikasi:

Cyrus TV Pad memiliki ukuran 193, 5 x 126, 4 x 14 mm, dengan layar WVGA TFT LCD (800 x 480).

Dilengkapi prosesor MV 955, 806 MHz, dengan memori 512 MB flash ditambah 512 MB RAM, dan Micro SD hingga 32 GB.

Konektivitas menggunakan bluetooth, Wi-Fi, Edge, WCDMA, dan Mini USB.

Jaringan menggunakan HSUPA/HSDPA/WCDMA/EDGE/GPRS/GSM dilengkapi dengan sensor GPS, G-sensor.

Untuk multimedia, tablet ini memiliki kamera 5 Megapixel dengan autofocus, FM Radio, MP3 Player, dan MPEG4 (video).

Sony Tablet P Tampil Memikat dengan Android 4.0.3

Spesifikasi:

- 59.9 x 101.2 x 12 mm- Google Android 2.3.5, Browser devices running this OS- 3.2 Inchi, 240 x 320- GSM850, GSM900, GSM1800, GSM1900, UMTS900, UMTS2100- Wi-Fi 802.11b, 802.11g, 802.11n- FM radio (87.5-108MHz) with RDS- Camera 3.1 MP support autofocus- Video player: MP4/H.264/H.263/WMV player- Music Player: MP3/WAV/WMA/eAAC+ player- Prosesor Cortex A5 800Mhz- Internal Memory 1 Gigabyte- Eksternal Memory up to 32 Gigabyte.

KINI banyak jenis atau model charger yang digunakan masyarakat. Namun, kini banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan Mini Multi Charger ini sebagai alat untuk mengisi daya baterai pada ponsel.

Charger ini disebut dengan Mini Multi Charger karena memiliki banyak kegunaan dan bisa digu-nakan untuk segala merek ponsel.

Mini Multi Charger memiliki 4 macam kegunaan yaitu bisa digu-nakan pada segala tipe ponsel, bisa digunakan pada iPhone dan iPad dan pada segala tipe ponsel BlackBerry, dan yang terakhir Multi Charger yang bisa diguna-kan saat di mobil, sehingga pada saat berpergian dan saat kita mengendarai mobil, tidak usah khawatir lagi karena Mini Multi Charger ini memiliki model yang sangat simpel sehingga mudah dibawa saat berpergian ke mana-mana jika mengendarai mobil. Harga promosi Mini Multi Charger ini berkisar Rp 55.000.*tya

BELAKANGAN ini head-set wireless banyak diburu masyarakat, baik dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Hal ini disebabkan karena headset wireless tidak merepotkan kita dalam segi penggunaannya. Jika menggunakan headset biasanya, kabel pada headset sering memberikan batas dalam gerak kita, sedangkan headset wireless karena tidak menggunakan kabel maka memberikan ruang yang cukup dalam bergerak.

Saat ini muncul Jabra BT2045 bluetooth headset yang memiliki kelebihan yaitu yang bisa diguna-kan dalam benda apa pun seperti ponsel, laptop, iPad, tablet dan lain-lainnya yang terdapat dalam perangkat bluetooth. Dengan bentuk yang mini, sangat nyaman

Mini Multi Charger Diburu

Jabra BT2045 Bluetooth Headset makin Larisdigunakan di mana pun, kapan pun dan pada saat apa pun. Den-gan warna hitam metalik membuat tampilan bluetooth headset ini terlihat lebih gagah.

Menurut penjual aksesori Indoraya di Denpasar, Jabra

BT2045 bluetooth headset ser-ing diburu masyarakat baik dari kalangan remaja, dewasa, hingga orang tua sekali pun dengan ber-bagai profesi yang berbeda dari pegawai swasta, pegawai negeri dan lain-lainnya. *ila

Page 24: Gadget-Star. 22 - 28 Juni 2012

Games24 22 - 28 Juni 2012

Penerbit : PT Bali Post

MUSIM panas di Amerika akan mulai hanya dalam hitun-gan minggu, dan seiring bergan-tinya musim, Rovio akan menel-urkan kembali seri terbaru dari Angry Bird Seasons yang dapat dinikmati semua negara di dunia, termasuk Indonesia yang hanya mengenal dua musim.

Versi terbaru nanti akan memiliki level baru sebanyak 30 level untuk memeriahkan keceri-aan di musim panas.

Tema yang diambil Rovio un-tuk Angry Birds Seasons kali ini adalah Piglantis (slang dari kata Atlantis), berupa reruntuhan ban-gunan yang dipenuhi babi-babi

Piglantis, Seri Terbaru Angry Birds Seasons

hijau musuh para burung ini. Di musim terbaru ini akan

ditawarkan gaya permainan yang sedikit ditingkatkan, karena Anda dapat melempar burung ke air, di mana efek dari lemparan ini akan mempengar-uhi kestabilan tempat pijakan para babi. Cukup bagus untuk menghilangkan kesan monoton yang begitu-begitu saja.

Seri terbaru Angry Birds Sea-sons Piglantis ini, seperti yang dikutip dari Teknoup, sudah da-pat dinikmati baik untuk platform iOS atau Android. Silahkan kun-jungi App Store atau Google Play sesuai jenis perangkat Anda. *

DORAEMON dan Nobita tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat. Doraemon serta Nobita menjadi tokoh kartun favorit, mulai dari anak-anak hingga remaja, maka tidak salah jika gamenya pun men-jadi incaran para pecinta game.

Ada beberapa aplima-si game Doraemon yang bisa di-download baik dengan iPhone, iPad dan iPod:

Doraemon™Aplikasi pertama bernama

Doraemon™, berisi sejarah sing-kat mengenai Doraemon, galeri foto lucu Doraemon serta tema Doraemon. Aplikasi ini tersedia secara gratis di iTunes dan bisa langsung di-download. Aplikasi ini juga kompatibel untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod dengan minimal requitements iOS 3.0.

Doraemon Fishing+Game Doraemon Fishing+. Game

Berpetualang Bersama Game Doraemon

yang memberikan sensasi me-mancing antara dua tokoh utama yakni Nobita dan Doraemon. Dalam game ini ada 34 animasi ikan yang lucu dan unik yang harus kita panc-ing, dan masing-masing ikan tersebut mempunyai poin.

Dalam permainan ini ada tugas yang harus dikerjakan pecinta game dan cukup sederhana, yakni memancing ikan sebanyak-ban-yaknya dan yang harus dihindari yakni memancing sosok ikan hiu yang justru bisa memakan karakter Nobita dan Doraemon. Sementara yang menarik kita akan melihat

salah satu ikan yang justru wajah-nya mirip dengan karakter tokoh Doraemon lainnya seperti Giant Takeshi atau Suneo.

Selain ikan, kita bisa menangkap gelembung air yang bisa meningkat-kan kekuatan kita. Satu lagi, kita bisa menantang teman-teman kita di Twitter dan jejaring sosial untuk memainkan game ini.

Doraemon Fishing 2Game Doraemon Fishing 2 meru-

pakan sekuel dari game Doraemon Fishing+. Bedanya dalam game ini selain Nobita dan Doraemon, kita bisa memainkan 2 karakter lain, yakni Shizuka dan Pisu, seekor Dinosaurus yang kita temui dalam salah satu film Doraemon. Tugas yang harus kita lakukan masih sama, yakni menangkap 30 karakter ikan lagi dan mendapatkan poin yang sebanyak-banyaknya. Kita juga dituntut untuk menghindari sosok hiu yang justru akan membunuh kita.

Pada game memancing Do-rameon seri kedua ini, kita juga bisa melakukan sliding ke hewan-hewan di laut seperti kepiting yang justru mengganggu kita ketika memancing. Ada juga lampu yang bisa kita guna-

kan ketika dalam suasana kegela-pan dan kita bisa mematikannya begitu sudah terang kembali.

Masih banyak game-game skuel

Doraemon lainnya. Jika tertarik untuk berpetualang bersama Dorae-mon dan Nobita download segera game tersebut. *dwi

net