copy of kuliah diet penyakit jantung 2008

22
Diet penyakit jantung

Upload: nurhidayah

Post on 18-Jan-2016

17 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Diet penyakit jantung

Page 2: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Diet Buah dan SayuranDiet Buah dan Sayuran  

Penderita jantung dan tekanan darah tinggi Penderita jantung dan tekanan darah tinggi sangat dianjurkan makan buah dan sayuran sangat dianjurkan makan buah dan sayuran warna-warni.  warna-warni. 

Diet dengan vitamin dan mineral, strategi Diet dengan vitamin dan mineral, strategi penurunan stress, dan perubahan gaya hidup  penurunan stress, dan perubahan gaya hidup  

Diet buah dan sayuran juga identik dengan Diet buah dan sayuran juga identik dengan makanan segar 100% tanpa pengolahan sama makanan segar 100% tanpa pengolahan sama sekali dan tidak mengandung bahan tambahan, sekali dan tidak mengandung bahan tambahan, pengawet, atau bahan buatan.pengawet, atau bahan buatan.

Hindarkan semua produk buah atau sayuran Hindarkan semua produk buah atau sayuran yang dibekukan atau kalengan, karena biasanya yang dibekukan atau kalengan, karena biasanya mengandung gula, garam dan bahan tambahan mengandung gula, garam dan bahan tambahan lainnya dalam jumlah banyak.lainnya dalam jumlah banyak.  

Page 3: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Buah dan sayuran kaya akan nutrient Buah dan sayuran kaya akan nutrient seperti magnesium, kalium, dan serat.  seperti magnesium, kalium, dan serat.  Juga rendah kalori dan lemak, natrium, dan Juga rendah kalori dan lemak, natrium, dan bebas alkohol secara alami. bebas alkohol secara alami. 

Buah dan sayuran sangat kaya kalium Buah dan sayuran sangat kaya kalium untuk menjaga tekanan darah dalam untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal,kisaran normal,

Serat mengikat substansi yang membentuk Serat mengikat substansi yang membentuk kolesterol dan membuangnya dari tubuh.kolesterol dan membuangnya dari tubuh.

Makan buah dan sayuran bisa membantu Makan buah dan sayuran bisa membantu pencegahan dan pengendalian tekanan pencegahan dan pengendalian tekanan darah tinggi serta naiknya kadar darah tinggi serta naiknya kadar kolesterol. kolesterol. 

Buah dan sayuran melindungi risiko Buah dan sayuran melindungi risiko penyakit jantung.penyakit jantung.

Page 4: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Sifat pencegahan penyakit pada buah dan sayuran terletak Sifat pencegahan penyakit pada buah dan sayuran terletak pada kandungan anti oksidan dan alaminya yang tinggi pada kandungan anti oksidan dan alaminya yang tinggi (vitamin, mineral, dan enzim tertentu yang melindungi sel (vitamin, mineral, dan enzim tertentu yang melindungi sel dari radikal bebas ),  dan fitokimia yang aktif secara biologis dari radikal bebas ),  dan fitokimia yang aktif secara biologis dari tumbuhan warna, rasa, dan kekuatan melawan dari tumbuhan warna, rasa, dan kekuatan melawan penyakit. penyakit. 

Warna merah terdapat antara lain pada apel merah, bit, ceri, Warna merah terdapat antara lain pada apel merah, bit, ceri,

stroberi, tomat, semangka.stroberi, tomat, semangka.

Jingga pada apricot, wortel, blewah, mangga, ubi, jeruk, Jingga pada apricot, wortel, blewah, mangga, ubi, jeruk, pepaya.pepaya.

Kuning pada pisang , jagung, ketimun, bawang putih, jambu Kuning pada pisang , jagung, ketimun, bawang putih, jambu biji, jamur, belimbing,buncis, labu kuning, nenas, dan pir.  biji, jamur, belimbing,buncis, labu kuning, nenas, dan pir. 

Biru pada rumput laut, bluberi, logan beri.Biru pada rumput laut, bluberi, logan beri.Nila pada ceri hitam, kismis hitam, dan beri hitam.  Nila pada ceri hitam, kismis hitam, dan beri hitam.  Warna ungu pada terong, ara, pada asparagus, alpokad, apel Warna ungu pada terong, ara, pada asparagus, alpokad, apel hijau, sawi putih, anggur hijau, kacang polong, jeruk nipis, hijau, sawi putih, anggur hijau, kacang polong, jeruk nipis, seledri air, bayam, dan semua jenis tumbuhan herba, seledri air, bayam, dan semua jenis tumbuhan herba, termasuk teh.termasuk teh.

Page 5: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Pada jurnal yang dirilis Free Radical Research Pada jurnal yang dirilis Free Radical Research di London, Inggris, disebutkan dua cangkir teh di London, Inggris, disebutkan dua cangkir teh mengandung antioksidan setara 20 gelas jus mengandung antioksidan setara 20 gelas jus apel atau 7 gelas jus jeruk.  Minum teh 2-4 apel atau 7 gelas jus jeruk.  Minum teh 2-4 kali sehari dapat menurunkan risiko stroke kali sehari dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung sampai 40 persen. dan serangan jantung sampai 40 persen.

Penelitian di Jepang menyimpulkan, konsumsi Penelitian di Jepang menyimpulkan, konsumsi teh dapat menurunkan kolesterol.teh dapat menurunkan kolesterol.

Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa teh Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa teh hitam dapat meningkatkan aktivitas insulin hitam dapat meningkatkan aktivitas insulin bagi penderita diabetes. (Sumber: Healthy bagi penderita diabetes. (Sumber: Healthy Guide News. Edisi Januari Tahun 2008). Guide News. Edisi Januari Tahun 2008).

Page 6: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Kolesterol yang terdapat dalam tubuh Kolesterol yang terdapat dalam tubuh ternyata sebanyak tiga perempatnya ternyata sebanyak tiga perempatnya bukan berasal dari makanan, tetapi bukan berasal dari makanan, tetapi berasal dan diproduksi oleh hati.berasal dan diproduksi oleh hati.

Produksi kolesterol dalam hati tersebut Produksi kolesterol dalam hati tersebut distimulir oleh konsumsi lemak jenuh distimulir oleh konsumsi lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh dianggap yang tinggi. Lemak jenuh dianggap lemak jahat, yang sedapat mungkin lemak jahat, yang sedapat mungkin dihindari. Lemak jenuh banyak dihindari. Lemak jenuh banyak terkandung dalam gajih (lemak terkandung dalam gajih (lemak ternak/hewani) dan ternak/hewani) dan minyak kelapa. minyak kelapa.

Page 7: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Setiap minyak (cair) dan lemak (padat) selalu Setiap minyak (cair) dan lemak (padat) selalu merupakan campuran dari tiga jenis asam lemak, merupakan campuran dari tiga jenis asam lemak, yaitu; asam lemak tak jenuh yang terdiri dari yaitu; asam lemak tak jenuh yang terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal (asam lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated mono-unsaturated fatty acidfatty acid), asam lemak tak jenuh ganda (), asam lemak tak jenuh ganda (poy-poy-unsaturated fatty acidunsaturated fatty acid) dan asam lemak jenuh ) dan asam lemak jenuh ((saturated fatty acidsaturated fatty acid).).

Hanya biasanya dalam suatu produk pangan, Hanya biasanya dalam suatu produk pangan, salah satu jenis asam lemak saja yang salah satu jenis asam lemak saja yang menduduki tempat yang dominan. Dari ketiga menduduki tempat yang dominan. Dari ketiga jenis asam lemak tersebut, ternyata asam lemak jenis asam lemak tersebut, ternyata asam lemak tak jenuh (tak jenuh (mono-unsaturatedmono-unsaturated dan dan poly-poly-unsaturatedunsaturated) berperan positif dalam menjaga ) berperan positif dalam menjaga kesehatan jantung. Sedang asam lemak jenuh kesehatan jantung. Sedang asam lemak jenuh dan dan trans-fatty acidtrans-fatty acid (hasil processing lemak, (hasil processing lemak, baking dan fast foods) sebaiknya dihindari. baking dan fast foods) sebaiknya dihindari.

Page 8: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Seberapa seharusnya asam lemak tak jenuh tersebut harus Seberapa seharusnya asam lemak tak jenuh tersebut harus dikonsumsi secara tepat dan ideal, sangat tergantung pada dikonsumsi secara tepat dan ideal, sangat tergantung pada kondisi, lokasi dan status gizi seseorang.kondisi, lokasi dan status gizi seseorang.

Banyak pakar berpendapat, bahwa untuk mendapatkan Banyak pakar berpendapat, bahwa untuk mendapatkan

kondisi kesehatan yang baik disarankan untuk kondisi kesehatan yang baik disarankan untuk mengkonsumsi relatif kadar tinggi mengkonsumsi relatif kadar tinggi mono-unsaturatedmono-unsaturated dan dan poly-unsaturatedpoly-unsaturated setara 32% total konsumsi kalori, dengan setara 32% total konsumsi kalori, dengan lemak jenuh tidak boleh lebih dari 8% dari total konsumsi lemak jenuh tidak boleh lebih dari 8% dari total konsumsi kalori. kalori.

Sedang pakar lainnya menyatakan bahwa idealnya bagi Sedang pakar lainnya menyatakan bahwa idealnya bagi tubuh prima, disarankan untuk mengkonsumsi 20% lemak tubuh prima, disarankan untuk mengkonsumsi 20% lemak dari total konsumsi enerji dan dari jumlah tersebut dari total konsumsi enerji dan dari jumlah tersebut disarankan hanya 4% yang berasal dari lemak jenuh. disarankan hanya 4% yang berasal dari lemak jenuh.

  

Page 9: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Asam lemak omegaAsam lemak omega

Tiga asam lemak tak jenuh yang Tiga asam lemak tak jenuh yang penting adalah Omega-3, Omega-6 penting adalah Omega-3, Omega-6 dan Omega-9. Minyak makan sering dan Omega-9. Minyak makan sering mengandung ketiga-tiganya dalam mengandung ketiga-tiganya dalam komposisi yang bervariasi. komposisi yang bervariasi. Khususnya dari ketiga asam lemak Khususnya dari ketiga asam lemak tak jenuh tersebut, dua asam lemak tak jenuh tersebut, dua asam lemak tak jenuh Omega-3 dan Omega-9 tak jenuh Omega-3 dan Omega-9 sangat esensial bagi kehidupan. sangat esensial bagi kehidupan.

Page 10: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Omega-9, banyak ditemukan dalam minyak Omega-9, banyak ditemukan dalam minyak zaitun (zaitun (olive oilolive oil). Dari hasil penelitian yang ). Dari hasil penelitian yang dilaporkan akhr-akhir ini, khususnya hasil dilaporkan akhr-akhir ini, khususnya hasil penelitian sejak tahun 1992, dan lebih-lebih penelitian sejak tahun 1992, dan lebih-lebih di tahun 1998, 1999 dan tahun 2000, di tahun 1998, 1999 dan tahun 2000, menyimpulkan bahwa Omega-9 memiliki menyimpulkan bahwa Omega-9 memiliki daya perlindungan tubuh yang mampu daya perlindungan tubuh yang mampu menurunkan LDL, meningkatkan HDL yang menurunkan LDL, meningkatkan HDL yang lebih besar dibandingkan Omega-3 dan lebih besar dibandingkan Omega-3 dan Omega-6. Omega-6.

Tetapi laporan hasil penelitian yang baru Tetapi laporan hasil penelitian yang baru juga menyatakan bahwa Omega-6 memiliki juga menyatakan bahwa Omega-6 memiliki segi negatif karena berkaitan dengan segi negatif karena berkaitan dengan peningkatan senyawa peningkatan senyawa eicosanoidseicosanoids yang yang menstimulir pertumbuhan tumor pada menstimulir pertumbuhan tumor pada binatang percobaan. binatang percobaan.

Page 11: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNGPENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG

Periksakan kadar kolesterol darah secara berkala.Periksakan kadar kolesterol darah secara berkala. Setiap orang dewasa seharusnya mengetahui kadar Setiap orang dewasa seharusnya mengetahui kadar

kolesterolnya.kolesterolnya. Menurut Pedoman Program Edukasi Kolesterol Nasional, jika Menurut Pedoman Program Edukasi Kolesterol Nasional, jika

kolesterol Anda lebih besar dari 240 mg/dL atau jika kadar kolesterol Anda lebih besar dari 240 mg/dL atau jika kadar kolesterol jahat (LDL) di atas 130 mg/ dL, tindakan agresif kolesterol jahat (LDL) di atas 130 mg/ dL, tindakan agresif harus dilakukan untuk menurunkannya.harus dilakukan untuk menurunkannya.

Jika anda tidak bisa menurunkan kadar kolesterol hanya Jika anda tidak bisa menurunkan kadar kolesterol hanya dengan diet, obat-obatan dapat membantu.dengan diet, obat-obatan dapat membantu.

Obat yang menurunkan lipid dan kolesterol seperti Obat yang menurunkan lipid dan kolesterol seperti atorvastatin (Lipitor), pravastatin (Pravachol) dapat atorvastatin (Lipitor), pravastatin (Pravachol) dapat menurunkan kecepatan progresivitas penyakit jantung menurunkan kecepatan progresivitas penyakit jantung koroner dan juga mengurangi serangan jantung berulang. koroner dan juga mengurangi serangan jantung berulang. Obat-obatan tersebut bekerja dengan mengurangi Obat-obatan tersebut bekerja dengan mengurangi kolesterol dan memodifikasi pembuluh arteri Anda.kolesterol dan memodifikasi pembuluh arteri Anda.

Page 12: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Makanlah dengan menu yang seimbangMakanlah dengan menu yang seimbang Hindari makanan mengandung lemak dan Hindari makanan mengandung lemak dan

kolesterol dalam jumlah banyak karena kolesterol dalam jumlah banyak karena dapat meningkatkan progresi pengerasan dapat meningkatkan progresi pengerasan dan penyumbatan arteri koroner.dan penyumbatan arteri koroner.

Makanan yang seimbang baik tidak hanya Makanan yang seimbang baik tidak hanya untuk mereka dengan kadar kolesterol untuk mereka dengan kadar kolesterol tinggi tapi juga untuk setiap orang. Itu tinggi tapi juga untuk setiap orang. Itu membantu mengendalikan kadar kolesterol membantu mengendalikan kadar kolesterol sebagaimana juga berat badan.sebagaimana juga berat badan.

Asosiasi Jantung Amerika Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan jumlah maksimum kalori merekomendasikan jumlah maksimum kalori dari lemak dikurangi sampai kurang 30% dari lemak dikurangi sampai kurang 30% dari total kalori.dari total kalori.

Page 13: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Tingkatkan aktivitas fisikTingkatkan aktivitas fisikOlahraga membantu menurunkan tekanan darah, Olahraga membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengendalikan kelebihan berat badan.mengendalikan kelebihan berat badan.

Mulailah dengan perlahan jika anda membutuhkannya, Mulailah dengan perlahan jika anda membutuhkannya, tapi cobalah untuk meraih tujuan dimana minimal 30 tapi cobalah untuk meraih tujuan dimana minimal 30 menit olahraga ketahanan sebanyak 3-5 kali seminggu. menit olahraga ketahanan sebanyak 3-5 kali seminggu. Olahraga seperti berjalan, berenang, bersepeda, dan Olahraga seperti berjalan, berenang, bersepeda, dan aerobik.aerobik.

Turunkan berat badanTurunkan berat badanOrang yang kelebihan berat badan membuat tekanan Orang yang kelebihan berat badan membuat tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah.ekstra pada jantung dan pembuluh darah.Diet tinggi serat, rendah lemak dan olahraga rutin Diet tinggi serat, rendah lemak dan olahraga rutin dapat membantu anda menurunkan berat badan dan dapat membantu anda menurunkan berat badan dan menjaganya.menjaganya.

Page 14: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Vitamin CVitamin C

Vitamin C, also known as ascorbic acid, is a water-soluble Vitamin C, also known as ascorbic acid, is a water-soluble vitaminvitamin. Unlike most mammals, humans do not have the . Unlike most mammals, humans do not have the ability to make their own vitamin C. Therefore, we must ability to make their own vitamin C. Therefore, we must obtain vitamin C through our diet.obtain vitamin C through our diet.

FunctionFunction Vitamin C is required for the synthesis of collagen, an Vitamin C is required for the synthesis of collagen, an

important structural component of blood vessels, tendons, important structural component of blood vessels, tendons, ligaments, and bone. Vitamin C also plays an important role ligaments, and bone. Vitamin C also plays an important role in the synthesis of the in the synthesis of the neurotransmitterneurotransmitter, norepinephrine. , norepinephrine. Neurotransmitters are critical to brain function and are Neurotransmitters are critical to brain function and are known to affect mood. In addition, vitamin C is required for known to affect mood. In addition, vitamin C is required for the synthesis of the synthesis of carnitinecarnitine, a small molecule that is essential , a small molecule that is essential for the transport of fat to cellular organelles called for the transport of fat to cellular organelles called mitochondriamitochondria, for conversion to energy , for conversion to energy (1)(1).  Recent .  Recent research also suggests that vitamin C is involved in the research also suggests that vitamin C is involved in the metabolism of cholesterol to metabolism of cholesterol to bile acidsbile acids, which may have , which may have implications for blood cholesterol levels and the incidence implications for blood cholesterol levels and the incidence of gallstones of gallstones (2)(2)..

Page 15: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Vitamin C is also a highly effective Vitamin C is also a highly effective antioxidantantioxidant. Even in small amounts vitamin . Even in small amounts vitamin C can protect indispensable molecules in C can protect indispensable molecules in the body, such as proteins, lipids (fats), the body, such as proteins, lipids (fats), carbohydrates, and carbohydrates, and nucleic acidsnucleic acids (DNA and (DNA and RNA) from damage by RNA) from damage by free radicalsfree radicals and and reactive oxygen speciesreactive oxygen species that can be that can be generated during normal metabolism as generated during normal metabolism as well as through exposure to toxins and well as through exposure to toxins and pollutants (e.g. smoking). Vitamin C may pollutants (e.g. smoking). Vitamin C may also be able to regenerate other also be able to regenerate other antioxidants such as vitamin E antioxidants such as vitamin E

Page 16: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

The Recommended Dietary The Recommended Dietary Allowance (RDA)Allowance (RDA)

In the U.S., the recommended dietary allowance (In the U.S., the recommended dietary allowance (RDARDA) for vitamin C was recently revised upward ) for vitamin C was recently revised upward from 60 mg daily for men and women. The RDA from 60 mg daily for men and women. The RDA continues to be based primarily on the prevention continues to be based primarily on the prevention of deficiency disease, rather than the prevention of deficiency disease, rather than the prevention of of chronic diseasechronic disease and the promotion of optimum and the promotion of optimum health. The recommended intake for smokers is health. The recommended intake for smokers is 35 mg/day higher than for nonsmokers, because 35 mg/day higher than for nonsmokers, because smokers are under increased smokers are under increased oxidative stressoxidative stress from the toxins in cigarette smoke and generally from the toxins in cigarette smoke and generally have lower blood levels of vitamin Chave lower blood levels of vitamin C

Page 17: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Cardiovascular DiseaseCardiovascular Disease Coronary Heart DiseaseCoronary Heart Disease Until recently, the results of most Until recently, the results of most prospective studiesprospective studies

indicated that low or deficient intakes of vitamin C were indicated that low or deficient intakes of vitamin C were associated with an increased risk of associated with an increased risk of cardiovascular diseasescardiovascular diseases and that modest dietary intakes of about 100 mg/day were and that modest dietary intakes of about 100 mg/day were sufficient for maximum reduction of cardiovascular disease sufficient for maximum reduction of cardiovascular disease risk among nonsmoking men and women risk among nonsmoking men and women (1)(1). In addition, . In addition, several studies had failed to find significant reductions in several studies had failed to find significant reductions in the risk of the risk of coronary heart diseasecoronary heart disease (CHD) among vitamin C (CHD) among vitamin C supplement users in well-nourished populations supplement users in well-nourished populations (7, 8)(7, 8)..

One notable exception was the First National Health and One notable exception was the First National Health and Nutrition Examination Study (NHANES I) Epidemiologic Nutrition Examination Study (NHANES I) Epidemiologic Follow-up Study Follow-up Study (9)(9). This study found that the risk of death . This study found that the risk of death from cardiovascular diseases was 42% lower in men and from cardiovascular diseases was 42% lower in men and 25% lower in women who consumed more than 50 mg/day 25% lower in women who consumed more than 50 mg/day of dietary vitamin C and who regularly took vitamin C of dietary vitamin C and who regularly took vitamin C supplements, corresponding to a total vitamin C intake of supplements, corresponding to a total vitamin C intake of about 300 mg/day about 300 mg/day (10)(10)..

Page 18: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Results from the Nurses’ Health Study, based on the follow-Results from the Nurses’ Health Study, based on the follow-up of more than 85,000 women over 16 years, also suggest up of more than 85,000 women over 16 years, also suggest that higher vitamin C intakes may be cardioprotective that higher vitamin C intakes may be cardioprotective (11)(11). . In this study, vitamin C intakes of more than 359 mg/day In this study, vitamin C intakes of more than 359 mg/day from diet plus supplements or supplement use itself were from diet plus supplements or supplement use itself were associated with a 27-28% reduction in CHD risk.associated with a 27-28% reduction in CHD risk.

However, in those women who did not take vitamin C However, in those women who did not take vitamin C supplements, dietary vitamin C intake was not significantly supplements, dietary vitamin C intake was not significantly associated with CHD risk. More recently, a pooled analysis associated with CHD risk. More recently, a pooled analysis of 9 of 9 prospective cohort studiesprospective cohort studies, including more than , including more than 290,000 adults who were free of CHD at baseline and 290,000 adults who were free of CHD at baseline and followed for an average of 10 years, found that those who followed for an average of 10 years, found that those who took more than 700 mg/day of supplemental vitamin C had took more than 700 mg/day of supplemental vitamin C had a 25% lower risk of CHD than those who did not take a 25% lower risk of CHD than those who did not take vitamin C supplements vitamin C supplements (12)(12). Data from the National . Data from the National Institutes of Health (NIH) indicate that plasma and Institutes of Health (NIH) indicate that plasma and circulating cells in healthy, young subjects became fully circulating cells in healthy, young subjects became fully saturated with vitamin C at a dose of about 400 mg/day saturated with vitamin C at a dose of about 400 mg/day (13)(13). .

The results of the pooled analysis of prospective cohort The results of the pooled analysis of prospective cohort studies suggest that maximum reduction of CHD risk may studies suggest that maximum reduction of CHD risk may require vitamin C intakes high enough to saturate plasma require vitamin C intakes high enough to saturate plasma and circulating cells, and thus the vitamin C body pool and circulating cells, and thus the vitamin C body pool (14)(14)..

Page 19: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Disease TreatmentDisease TreatmentCardiovascular DiseaseCardiovascular Disease

VasodilationVasodilation The ability of blood vessels to relax or dilate is The ability of blood vessels to relax or dilate is

compromised in individuals with atherosclerosis.  The compromised in individuals with atherosclerosis.  The damage to the heart muscle caused by a heart attack and damage to the heart muscle caused by a heart attack and damage to the brain caused by a stroke is related, in part, damage to the brain caused by a stroke is related, in part, to the inability of blood vessels to dilate enough to allow to the inability of blood vessels to dilate enough to allow blood flow to the affected areas.  The pain of angina blood flow to the affected areas.  The pain of angina pectoris is also related to insufficient dilation of the pectoris is also related to insufficient dilation of the coronary arteries.  Treatment with vitamin C has coronary arteries.  Treatment with vitamin C has consistently resulted in improved dilation of blood vessels consistently resulted in improved dilation of blood vessels in individuals with atherosclerosis as well as those with in individuals with atherosclerosis as well as those with angina pectoris, congestive heart failure, high cholesterol, angina pectoris, congestive heart failure, high cholesterol, and high blood pressure.  Improved blood vessel dilation and high blood pressure.  Improved blood vessel dilation has been demonstrated at a dose of 500 mg of vitamin C has been demonstrated at a dose of 500 mg of vitamin C daily (28).daily (28).

Page 20: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

HypertensionHypertension Individuals with high blood pressure (hypertension) Individuals with high blood pressure (hypertension)

are at increased risk of developing cardiovascular are at increased risk of developing cardiovascular diseases.  diseases. 

Several studies have demonstrated a blood pressure Several studies have demonstrated a blood pressure lowering effect of vitamin C supplementation. One lowering effect of vitamin C supplementation. One recent study of individuals with high blood pressure recent study of individuals with high blood pressure found that a daily supplement of 500 mg of vitamin C found that a daily supplement of 500 mg of vitamin C resulted in an average drop in systolic blood pressure resulted in an average drop in systolic blood pressure of 9% after 4 weeks (29). It should be noted that of 9% after 4 weeks (29). It should be noted that those participants who were taking antihypertensive those participants who were taking antihypertensive medication continued taking it throughout the 4-medication continued taking it throughout the 4-week study. Because the findings regarding vitamin C week study. Because the findings regarding vitamin C and high blood pressure have not yet been replicated and high blood pressure have not yet been replicated in larger studies it is important for individuals with in larger studies it is important for individuals with significantly high blood pressure to continue current significantly high blood pressure to continue current therapy (medication, lifestyle changes, etc.) in therapy (medication, lifestyle changes, etc.) in consultation with their health care provider.consultation with their health care provider.

Page 21: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Prinsip terapi diet pada penyakit Prinsip terapi diet pada penyakit cardiovasculer acutecardiovasculer acute

Kalori : masa recovery awal diet Kalori : masa recovery awal diet dibatasi 1200-1500 kaloridibatasi 1200-1500 kalori

Teksture lembut, mudah dicernaTeksture lembut, mudah dicernaSedikit tetapi seringSedikit tetapi seringLemak : perlu dibatasi terutama Lemak : perlu dibatasi terutama

kolesterolkolesterolSodium : dibatasi 2-3 g/hari Sodium : dibatasi 2-3 g/hari

Page 22: Copy of Kuliah Diet Penyakit Jantung 2008

Prinsip diet untuk penyakit Prinsip diet untuk penyakit jantung kronisjantung kronis

Pembatasan sodiumPembatasan sodiumMild sodium restriction : 2-3 gram/hariMild sodium restriction : 2-3 gram/hariModerate sodium restriction : 1 g/hariModerate sodium restriction : 1 g/hariStrict sodium restriction : 500 mg/ hariStrict sodium restriction : 500 mg/ hari