bab 1& bab 2

Download Bab 1& Bab 2

Post on 22-Jan-2017

224 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Tugas TIK Power Point

Tugas TIKPower Point Nama Anggota : 1.Dian Amaliana {11} 2.Eka Suryaning D {13} 3.Rahma Shina M {26} 4.Ummu Hanni A {30}

Bab 1 Power Point 2007Bab 2 Membuat PresentasiPertanyaan

Materi Video Pembelajaran

2.Manfaat11.Membuat Hyperlink13.Menyisipkan Slide1. Pengertian8.Membuat Tabel12.Menduplikasi Slide9.Membuat Diagram5.Tombol Pengatur Pandangan6.Memberi Animasi7.Slide Transition10.Menambahkan File Video3.Fitur PP4.Cara Menjalankan

PENGERTIAN PPMicorosoft PowerPoint 2007 adalah program Aplikasi untuk membuat pre-sentasi secaraelektronik yang handal. Presentasi PowerPointdapat terdiri dari teks, grafik, objek gambar,clipart, movie, suara, dan objek yang dibuatprogram lain. Program ini pun dapat dicetaksecara langsung menggunakan kertas ataudengan menggunakan transparansi untukkebutuhan presentasi melalui Overhead, sertaDapat dicetak untuk ukuran slide film. Apabiladibutuhkan, dapat dibagikan kepada audienssebagai bahan pendukung dalam presentasi,maka kita dapat mencetaknya seperti notes,handout, dan outline.

MANFAAT PPManfaat Microsoft PowerPoint dalampresentasi adalah sebagai berikut:-materi yang disampaikan menjadi lebih menarik-materi yang disampaikan mudah di mengerti-materi yang disampaikan jelas-membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar.

6

FITUR PPPowerPoint menawarkan kemudahankemudahan dalam membuat bahan presentasi yangberbentuk elektronis. Pada setiap halamanpresentasi atau slide dapat disisipkan komponenkomponen multimedia yang meliputi:-Teks-Gambar dan Grafik-Foto-Suara-FilmPowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengansoftware lain, seperti Microsoft Word atau MicrosoftExcel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasimelalui Word lalu memolesnya melalui Power Point,bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya kePowerPoint.

7

CARA MENJALANKAN PPTekan tombol start di pojokkiri bawah layarmonitor. Pilih Program,kemudian klikMicrosoft Power Point

TOMBOL PENGATUR PANDANGANDi bagian kanan bawah terdapat tiga buah tombol yang berguna untuk mengatur pandangan terhadap slide. Ketiga tombol tersebut diperlihatkan pada gambar berikut. a. Normal View Pada keadaan normal, pandangan inilah yang ditampilkan. Pada pandangan ini, bidang yang berisi wujud slide lebih ditonjolkan daripada bidang-bidang lainnya.b.Slide Sorter View Pada pandangan ini, semua slide akan ditampilkan dalam ukuran kecil dan disusun dalam format baris dan kolom.c. Slide Show View Tombol ini berguna untuk menampilkan slide-slide yang telah dibentuk, dimulai dari slide pertama. Caranya : Aktifkan slide pertama, lalu Klik tombol Slide Show ViewUntuk menampilkan slide berikutnya tekanlah tombol Page Down, jika slidesebelumnya tekanlah tombol Page Up. Tombol Home dapat anda gunakanuntk menuju slide pertama dan End untuk menuju slide terakhir. Untukmengakhiri presentasi tekanlah tombol Esc. Anda juga bisa mengakhiridengan cara klik kanan mouse kemudian pilihlah End Show.

MEMBERI ANIMASILangkahnya sebagai berikut :-Klik kanan text atau objeknya-Klik Custom Animation-Pilih effects untuk memberikan animasi pada text atau objek yang diinginkan.

SLIDE TRANSITIONLangkahnya sebagai berikut :-Klik bagian slide di luar textbox lalu klik kanan pilih Slide Transition atau klik Slide Show pada Menu Bar lalu pilih Slide Transition;-Lalu pilih jenis yang diinginkan pada tiap slide;-Sesuaikan komponen lainnya seperti pada pemberian animasi.

MEMBUAT TABELLangkahnya sebagai berikut :-Klik Insert pada Menu Bar lalu pilih table;-Isikan jumlah baris dan kolom tabel yang akan dibuat pada kotak dialog yang muncul-Untuk melakukan pengesetan lebih lanjut terhadap tabel yang ada dapat dilakukan dengan men-double click tabel tersebut atau mengklik kanan pada bagian garis tabel tersebut dan memiliki Borders and Fill.

12

MEMBUAT DIAGRAMLangkahnya sebagai berikut-Klik Insert pada Menu Bar lalu pilih chart;-Secara otomatis akan nampak tampilan;-Perubahan terhadap nama, jumlah, maupun data-data lain hanya dengan mengganti isi dari tabel, pada Datasheet tersebut dan secara otomatis diagramnya akan ikut berubah mengikuti data pada tabel Datasheet;-Bila sudah selesai klik di luar area Datasheet maka akan diperoleh grafik yang diinginkan (untuk mengeditnya kembali dapat dilakukan dengan me-double click diagram tersebut).-Untuk melakukan pengaturan lainnya dapat dilakukan dengan mengklik kanan bagian-bagian diagram sehingga tampilannya akan dapat disesuaikan sesuai keinginan _ 3D View (untuk mengatur posisi chart secara keseluruhan.Chart Type (untuk mengatur jenis diagram yang diinginkan) _ Chart Option (untuk pemberian nama sumbu, legenda, label).

MENAMBAHKAN FILE VIDEOLangkahnya sebagai berikut :-Klik Insert pada Menu Bar lalu klik Movies and Sounds lalu pilih yang diinginkan;-Setelah memilih file maka akan keluar kotak dialog apakah ingin movie langsung dijalankan atau harus di klik terlebih dahulu maka pilihlah sesuai kebutuhan

14

MEMBUAT HYPERLINKLangkahnya sebagai berikut :-Klik kanan bagian yang ingin di Hyperlink lalu pilih Hyperlink-Isikan alamat tujuan yang ingin dituju

MENDUPLIKASIKAN SLIDEAdakalanya kita perlu menduplikasi suatu slide. Misalnya anda ingin membuat dua buah slide yang tampilannya serupa, tetapi isinya berbeda. Untuk menduplikasi suatu slide lakukan langkah berikut misalnya mau menduplikasi slide keempat:-Klik pada ikon slide milik slide keempat;-Pilih menu Edit lalu klik Duplicate.

MENYISIPKAN SLIDEBila anda ingin menambahkan slide baru, tetapi bukan sebagai slide terakhir, anda dapat memilih slide yang terletak tepat sebelum slide baru disisipkan.Contoh berikut akan menyisipkan slide baru yang akan diletakkan sebagai slide keempat.-Klik ikon slide milik slide ketiga;-Klik Insert New Slide;-Pilih Layout Slide yang dinginkan.

Video Belajar Power Point

18

Membuat Dokumen BaruMemilih dan Mengganti layoutMenambahkan teksMengatur Format TeksMenggunkana themes slideMenyisipkan GambarMenyisipkan Clipart

Membuat Dokumen Baru1.Klik Office Button > New. Pada kotak dialogyang muncul pilih Blank and Recent > BlankPresentation > klik tombol Create.2.Kemudian akan muncul jendela presentasi,jendela presentasi yang muncul ini adalah slidejudul presentasi.3.Pada slide judul, isikan judul presentasi (misalkan,Laporan Prakerin), dan sub-judul dengan keteranganapapun, misal dengan kata/kalimat semester 3, tahun2011, kelompok IV, dst. 4.Untuk membuat slide berikutnya, klik menu Home > NewSlide > pilih Title and Content5.Kemudian akan muncul slide ke-2, edit sesuai kebutuhanSelanjutnya dapat ditambah dengan slide-slidepenunjang. Kita dapat memilih jenis slide yang telah tersedia,misalkan title and content, two content atau blank (sesuaikebutuhan).

Memilih dan Mengganti LayoutPertama, klik pada slide yang ingin digantiimodel layoutnya.Kedua, lalu klik Layout dan pilih model layoutslide sesuai keinginan Anda.Bila langkah Anda benar maka model layoutslide Anda akan berganti seperti model slidelayout yang Anda pilih tadi.

Menggunakan Themes SlideTema (themes) merupakan salah satu komponen yang cukup penting. Untuk mengetes tema, buatlah file Presentasi(atau gunakan file yang ada) minimal terdiri dari 2buah slide. Lalu masuk ke menu Design (1),nah di sana ada banyak tema yang disediakan,silakan dicoba dan dipilih tema yang ada (2).Untuk menggunakan tema, tinggal klik saja.Klik tanda panah (3) untuk melihat lebih lengkap.Untuk mengganti warna tema, klik saja padamenu colors di sebelah kanan.Anda juga bisa bereksperimen untuk membuatwarna yang berbeda.Klik pada menu Create New Themes Colors di ujung bawah.

Menambahkan Teks

Langkah 1tentunya membuka powerpoint terlebih dahulu. Tentunya sobat sudah pada tau . . . .Langkah 2tulis kalimat yang akan dibuat berjalan,Langkah 3Copy tulisan yang telah dibuat dengan cara tandai tulisan lalu CTRL+D.Langkah 4Pada kalimat pertama, berikan animasiPilih animation lalu custom animationLangkah 5Pada menu add effect pilih entrance lalu pilih fly in.Selanjutnya pada start pilih with previous, direction pilih from right dan pada speed pilih verry slowSetelah itu, atur timing nya. Dengan dobble klik pada textbox pertama. Lalu pilih repeat menjadi until end of slide dan OKLangkah 6Lakukan hal yang sama pada kalimat kedua.Hanya saja custom animation pada add efeect pilih EXIT lalu pilih fly outSelanjutnya pada start pilih with previous, direction pilih to left dan pada speed pilih verry slowSetelah itu, atur timing nya seperti kalimat pertama dan OKLangkah 7Ini langkah terakhir. Gabungkan kedua kalimat tersebut menjadi satu.Kalimat bisa berjalan.

Mengatur Format TeksMenu Font dalam Microsoft Power Point digunakan untuk mendesain huruf, huruf yang kita desain ada bermacam-macam. Misalnya saja ukuran, warna, jenis dan lain lain . perhatikan gambar dibawah ini

Jenis huruf dalam Microsoft Power Point Gambar 1 menunjukkan jenis font atau huruf yang akan kita gunakan, dalam Microsoft Power Point ada banyak sekali jenis Font yang disediakan, kita tinggal memilihnya caranya seperti biasa tekan tombol Segitiga ke bawah pada pilihan Font tersebut, kemudian pilihlah jenis huruf kita tinggal mengkliknya untuk memilih jenis font tersebut. Dalam gambar 1 bagian kanan ada angka, angka ini menunjukkan ukuran Font yang akan kita buat, semakin tinggi angka dalam kotakan tersebut maka semakin besar ukuran huruf yang adaCara mudah memperbesar dan memperkecil huruf dalam Microsoft Power PointPada gambar 2 kita disuguhkan dengan dua Huruf A, huruf yang ada disebelah kiri menunjukkan kalau huruf itu akan semakin besar kalau kita mengklik nya, caranya dengan mudah yaitu kita tinggal Blok huruf yang akan kita perbesar,