‘azizah muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/front/download/pkm-m/2016/... · 1....

28
i Complete Training : Optimalisasi Program Paud Holistic Integratif pada Kader Bina Keluarga Balita (BKB) di Desa Jetu Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar BIDANG KEGIATAN : PKM-PENGABDIAN MASYARAKAT Diusulkan oleh : Candra Cahyadi (PG-PAUD/K8112016/2012) ‘Azizah Muthi’ N (PG-PAUD/K8114001/2014) Hestikasari (PG-PAUD/K8114029/2014) Hendra Adi Jayanto (PGSD/K7113095/2013) Ervin Rudianto (PGSD/K7113075/2013) UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2015

Upload: buikhue

Post on 07-Jun-2019

225 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

i

Complete Training : Optimalisasi Program Paud Holistic Integratif padaKader Bina Keluarga Balita (BKB) di Desa Jetu Kelurahan Tegal Gede

Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar

BIDANG KEGIATAN :PKM-PENGABDIAN MASYARAKAT

Diusulkan oleh :Candra Cahyadi (PG-PAUD/K8112016/2012)‘Azizah Muthi’ N (PG-PAUD/K8114001/2014)Hestikasari (PG-PAUD/K8114029/2014)Hendra Adi Jayanto (PGSD/K7113095/2013)Ervin Rudianto (PGSD/K7113075/2013)

UNIVERSITAS SEBELAS MARETSURAKARTA

2015

Page 2: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

ii

Page 3: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

iii

DAFTAR ISI

PENGESAHAN PKM-PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ......... Error!Bookmark not defined.

DAFTAR ISI ...................................................................................................... iii

RINGKASAN .................................................................................................... iv

BAB I Pendahuluan ............................................................................................ 1

A. Latar Belakang ............................................................................... 1

B. Rumusan Masalah .......................................................................... 2

C. Tujuan ............................................................................................ 3

D. Luaran Yang Diharapkan................................................................ 3

E. Kegunaan Program ......................................................................... 3

BAB II Gambaran Umum Masyarakat Sasaran ................................................... 5

BAB III Metode Pelaksanaan............................................................................... 6

A. Lingkup dan Rancangan Kegiatan .................................................. 6

B. Strategi Pelaksanaan ....................................................................... 6

C. Implementasi Program.................................................................... 7

D. Analisis Output............................................................................... 9

BAB IV Biaya dan Jadwal Kegiatan .................................................................. 10

A. Anggaran Biaya............................................................................ 10

B. Jadwal Kegiatan ........................................................................... 11

LAMPIRAN ......................................................................................................... i

Page 4: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

iv

RINGKASAN

Pemerintah Indonesia memiliki target untuk meningkatan kualitas sumberdaya manusia dengan cara mengembangkan program Pengembangan Anak UsiaDini (PAUD) Holistik Integratif melalui payung hukum yang terdapatdalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 dengan sasaran anak usia diniyang berusia antara 0-6 tahun. Menurut pasal 1 Perpres ini, PAUD HolistikIntegratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untukmemenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secarasimultan, sistematis, dan terintegrasi. Tujuannya adalah untukmenyelenggarakan layanan PAUD Holistik Integratif menuju terwujudnya anakIndonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berahlak mulia. Upaya pemenuhankebutuhan dasar oleh pemerintah dilakukan dalam bentuk Pos Pelayanan Terpadu(Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)yang pelayanannya dilaksanakan secara Holistik Integratif

Pada observasi awal ditemukan fakta bahwa dari program pemerintahyang terdapat pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita(BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih banyak yang belumterintegrasi dalam hal pelaksanaannya terutama pada layanan Bina KeluargaBalita (BKB). Hal ini didasari pada observasi lebih lanjut di BKB Marsudi Siwi,desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyarpada hari Rabu 30 April 2015. Program Bina Keluarga Balita (BKB) merupakansalah satu bentuk pelayanan anak usia dini yang bertujuan meningkatkanpengetahuan dan keterampilan orang tua dalam pengasuhan dan pembinaantumbuh kembang anak yang harus diintegrasikan dengan program layanan anakusia dini yang lain, agar anak mendapatkan pelayanan secara utuh. Akan tetapi,fakta yang terjadi di lapangan berbeda dengan konsep ideal yang diharapkan olehpemerintah. Salah satu penyebabnya antara lain, para kader pengurus rata-ratabelum mengerti konsep Bina Keluarga Balita (BKB) secara utuh. Selai n itu,penggunaan KKA (Kartu Kembang Anak) sebagai alat pantau perkembangananak juga dirasa masih kurang dipahami oleh para kader. Referensi kegiatan untukpenunjang stimulasi aspek perkembangan anak juga terlihat masih kurang.

Berdasarkan pemaparan masalah diatas, solusi berupa Complete Training(Pelatihan Lengkap) untuk mengoptimalkan program Paud Holistic Integratifpada Kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gedekecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar sangatlah tepat diterapkan.Complete Training yang dimaksud yaitu pelatihan lengkap untuk para kader BinaKeluarga Balita (BKB) yang berisi materi tentang pelayanan Bina Keluarga Balita(BKB) yang ideal, materi tentang perkembangan dan kegiatan penunjangstimulasi anak usia dini. Melalui pelatihan ini, diharapkan program Paud HolisticIntegratif pada kader Bina Keluarga Balita (BKB) akan optimal.Kata kunci : PAUD Holistic Integratif , Bina Keluarga Balita (BKB), KaderBinaKeluarga Balita (BKB) Marsudi Siwi

Page 5: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

1

BAB IPendahuluan

A. Latar BelakangPemerintah Indonesia memiliki target untuk meningkatan kualitas sumber

daya manusia dengan cara mengembangkan program Pengembangan Anak UsiaDini (PAUD) Holistik Integratif melalui payung hukum yang terdapatdalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 dengan sasaran anak usia diniyang berusia antara 0-6 tahun. Menurut pasal 1 Perpres ini, PAUD HolistikIntegratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untukmemenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secarasimultan, sistematis, dan terintegrasi. Tujuannya adalah untukmenyelenggarakan layanan PAUD Holistik Integratif menuju terwujudnya anakIndonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berahlak mulia. Upaya pemenuhankebutuhan dasar oleh pemerintah dilakukan dalam bentuk Pos Pelayanan Terpadu(Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)yang pelayanannya dilaksanakan secara Holistik Integratif.

Pada perpres disebutkan bahwa penyelenggaraan PAUD Holistik Integratifdilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. “Pemerintahbertanggung jawab untuk menetapkan norma, standar, prosedur dan kriteria,termasuk melakukan supervisi, advokasi dan pelatihan,” bunyi Pasal 7 ayat (2)Perpres No. 60/2013 itu. Dalam menyelenggarakan program di daerah seperti dikelurahan, pemerintah memiliki kader-kader masyarakat seperti yang ada di PosPelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan AnakUsia Dini (PAUD). Pada kenyataannya, kader-kader tersebut belum mampumencapai target yang ditetapkan pemerintah.

Berdasarkan observasi awal di daerah Karanganyar yang telah dilakukan,ditemukan fakta bahwa dari program pemerintah yang terdapat pada PosPelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan AnakUsia Dini (PAUD) masih banyak yang belum terintegrasi dalam halpelaksanaannya terutama pada layanan BKB(Bina Keluarga Balita). Hal inididasari pada observasi lebih lanjut di BKB Marsudi Siwi, desa Jetu kelurahanTegal Gede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar pada hari Rabu 30April 2015. Program Bina Keluarga Balita (BKB) merupakan salah satu bentukpelayanan anak usia dini dengan bertujuan meningkatkan pengetahuan danketerampilan orang tua dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anakyang harus diintegrasikan dengan program layanan anak usia dini yang lain, agaranak mendapatkan pelayanan secara utuh. Akan tetapi, fakta yang terjadi dilapangan berbeda dengan konsep ideal yang diharapkan oleh pemerintah. Padapelayanan Bina Keluarga Balita (BKB) masih belum ditemui kegiatan-kegiatanyang mencerminkan integrasi dengan program layanan anak usia dini yang lain.Salah satu penyebabnya antara lain, para kader pengurus rata-rata belum mengerti

Page 6: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

2

konsep Bina Keluarga Balita (BKB) secara utuh. Program Bina Keluarga Balita(BKB) seharusnya lebih ke membina orang tua agar tau cara mengasuh anaksesuai tahap perkembangan, akan tetapi banyak para kader yang masih menitikberatkan pelayanannya kepada anak secara langsung. Selain itu, penggunaan KKA(Kartu Kembang Anak) sebagai alat pantau perkembangan anak juga dirasa masihkurang dipahami oleh para kader. Referensi kegiatan untuk penunjang stimulasiaspek perkembangan anak juga terlihat masih kurang.

Menurut hasil penelitian, Bina Keluarga Balita (BKB) merupakan salahsatu program yang diminati masyarakat karena kegiatannya yang menyenangkandan bermanfaat. Akan tetapi, pada pelaksanaannya juga dinilai belum sesuaidengan harapan. Hal itu disebabkan karena masih banyaknya pengurus yangkurang kompeten di bidangnya dan tidak sedikit yang hanya lulusan SD, SMPbahkan tidak memiliki lulusan. Sehubungan dengan itu, usia para kader yang rata-rata di atas usia produktif juga menjadi salah satu penyebab kurang kompetennyapengurus karena di usia tersebut pengurus mengeluhkan susah mengingat materi-materi yang diterima dari pemerintah. Oleh karena itu, perlu adanya tindak lanjutuntuk mengatasi masalah terkait program Paud Holistic Integratif pada KaderBina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatanKaranganyar kabupaten Karanganyar. Banyak pihak yang sebenarnyabertanggung jawab akan hal ini, terutama pihak pemerintah selaku pembuatkebijakan. Pemerintah bersama pihak terkait hendaknya menggerakkan kader-kader lain yang dimilikinya, seperti pada ayat 1, pemerintah dapat bekerjasamadengan kader dari perguruan tinggi, dimana mahasiswa dapat melakukan peranaktif untuk membantu pemerintah menjalankan kebijakannya. Mahasiswa dapatmenjadi perantara pemerintah dengan kader-kader Bina Keluarga Balita (BKB)yang ada di masyarakat.

Berdasarkan pemaparan masalah diatas, kami menawarkan sebuah solusiberupa Complete Training (Pelatihan Lengkap) untuk mengoptimalkan programPaud Holistic Integratif pada Kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetukelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar. CompleteTraining yang dimaksud yaitu pelatihan lengkap untuk para kader Bina KeluargaBalita (BKB) yang berisi materi tentang pelayanan Bina Keluarga Balita (BKB)yang ideal, materi tentang perkembangan anak usia dini, dan terakhir tentangpengembangan kegiatan untuk penunjang stimulasi aspek perkembangan anakusia dini. Melalui pelatihan ini, diharapkan kompetensi para kader akan lebihmeningkat dan pelayanan Bina Keluarga Balita (BKB) kepada masyarakat akansemakin baik. Hal ini dilakukan sebagai upaya optimalisasi program Paud HolisticIntegratif di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyar kabupatenKaranganyar.

B. Rumusan MasalahAdapun perumusan masalah dari latar belakang di atas adalah sebagai berikut :

Page 7: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

3

1. Apakah permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader BinaKeluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatanKaranganyar kabupaten Karanganyar ?

2. Bagaimana penanganan permasalahan program Paud Holistic Integratifpada kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gedekecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar ?

3. Bagaimana implementasi Complete Training (Pelatihan Lengkap) dalammengoptimalkan program Paud Holistic Integratif pada kader BinaKeluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatanKaranganyar kabupaten Karanganyar ?

4. Bagaimana mengoptimalkan peran aktif mahasiswa di masyarakatkhususnya di bidang perkembangan anak ?

C. TujuanPenulisan karya tulis ilmiah ini memiliki tujuan, sebagai berikut :

1. Mengetahui permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader BinaKeluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatanKaranganyar kabupaten Karanganyar.

2. Mengetahui Bagaimana penanganan permasalahan program Paud HolisticIntegratif pada kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahanTegal Gede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar.

3. Mengetahui implementasi Complete Training (Pelatihan Lengkap) dalammengoptimalkan program Paud Holistic Integratif pada kader BinaKeluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatanKaranganyar kabupaten Karanganyar

4. Mengoptimalkan peran aktif mahasiswa di masyarakat khususnya di bidangperkembangan anak usia dini.

D. Luaran Yang DiharapkanAdapun luaran yang diharapkan dari kegiatan PKM ini adalah sebagai berikut:

1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina KeluargaBalita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar dapat teratasi.

2. Kompetensi para kader Bina Keluarga Balita (BKB) dalam mengoptimalkanprogram Paud Holistic Integratif dan memberikan pelayanan kepadamasyarakat di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar meningkat.

3. Masyarakat desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar semakin paham tentang perkembangan anak usiadini serta kegiatan penunjang stimulasi aspek perkembangannya.

E. Kegunaan Program1. Bagi Mahasiswa

a. Memperoleh pengalaman menjalankan salah satu Tri Dharma PerguruanTinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Page 8: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

4

b. Memperoleh kesempatan untuk menjalankan fungsinya sebagai agent ofchange di masyarakat

c. Memperoleh fasilitas untuk menerapkan yang mereka dapat di bangkuperkuliahan.

2. Bagi Masyarakata. Teratasinya permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader

Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gedekecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar.

b. Meningkatnya kompetensi para kader Bina Keluarga Balita (BKB) dalammengoptimalkan program Paud Holistic Integratif dan memberikanpelayanan kepada masyarakat di desa Jetu kelurahan Tegal Gedekecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar.

c. Memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru terkait perkembangan anakusia dini serta kegiatan penunjang stimulasi aspek perkembangannya.

3. Bagi Pemerintaha. Pelaksanaan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga

Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar dapat optimal.

Page 9: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

5

BAB IIGambaran Umum Masyarakat Sasaran

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengahdengan luas wilayah keseluruhan 772,20 km. Karanganyar terbagi menjadi 17Kecamatan dengan jumlah desa 177. Kabupaten ini berbatasan langsung dengankabupaten Sragen di sebelah utara, kabupaten Wonogiri dan kabupaten Sukoharjodi sebelah selatan dan kota Surakarta dan Boyolali di sebelah baratnya.Karanganyar juga terbilang mempunyai daerah yang cukup luas dan kepadatanpenduduk yang cukup tinggi. Akan tetapi, untuk strata pendidikan penduduknyamasih terbilang kurang. Masih ada beberapa desa yang memiliki pendudukdengan strata pendidikan kurang, seperti contoh penduduknya banyak yang hanyalulusan SD, SMP, bahkan ada yang tidak lulus sekolah. Hal ini juga terlihat padakondisi kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gedekecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar, tempat kegiatan pelatihan yangkami rencanakan akan dilaksanakan. Banyak pengurus yang hanya lulusan SD,SMP bahkan tidak memiliki lulusan. Selain itu, usia para kader juga rata-rata diatas usia produktif. Kurang kompetennya pengurus dirasa karena di usia tersebutpengurus mengeluhkan susah mengingat materi-materi yang diterima daripemerintah. Hal tersebut berdampak pada kurang optimalnya program PaudHolistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (BKB) di daerah tersebut.Pelayanan Bina Keluarga Balita (BKB) di daerah tersebut juga dinilai dalampelaksanaannya masih belum terintegrasi dengan layanan anak usia dini lain. Halini terlihat dari belum adanya kegiatan-kegiatan yang mencerminkan sebuahintegrasi dengan layanan anak usia dini lainnya. Sehubungan dengan itu, parakader tersebut rata-rata juga belum mengerti konsep Bina Keluarga Balita (BKB)secara utuh. Bina Keluarga Balita (BKB) seharusnya lebih ke membina orang tuaagar tau cara mengasuh anak sesuai tahap perkembangan, akan tetapi banyak parakader yang masih menitik beratkan pelayanannya kepada anak secara langsung.

Page 10: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

6

BAB IIIMetode Pelaksanaan

A. Lingkup dan Rancangan KegiatanKegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan berupa

Complete Training (Pelatihan Lengkap) untuk mengoptimalkan program PaudHolistic Integratif pada Kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahanTegal Gede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar. Complete Trainingmerupakan pelatihan lengkap yang berisi materi tentang pelayanan Bina KeluargaBalita (BKB) yang ideal, materi tentang perkembangan anak usia dini, danterakhir tentang pengembangan kegiatan untuk penunjang stimulasi aspekperkembangan anak usia dini. Sebagai dampak pengiring, masyarakat jugamemperoleh pengetahuan-pengetahuan baru terkait perkembangan anak sertakegiatan penunjang stimulasi aspek perkembangan anak dari para kader BinaKeluarga Balita (BKB) yang telah diberikan pelatihan. Kegiatan yang dilakukanmeliputi sosialisasi, pembuatan modul, pelatihan, monitoring, dan evaluasi.Rencana kegiatan tersebut adalah sosialisasi dan pengenalan program pelatihankepada kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gedekecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar, pelatihan berbentuk CompleteTraining(Pelatihan Lengkap) untuk para kader di daerah tersebut, praktiklangsung pada kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) di daerah tersebut yangsetiap bulan sudah terjadwal, monitoring penerapan hasil pelatihan, evaluasi, danterakhir program pelatihan tambahan. Melalui pelatihan ini, diharapkankompetensi para kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan TegalGede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar akan lebih meningkat danpelayanan BKB kepada masyarakat akan semakin baik. Hal ini dilakukan sebagaiupaya optimalisasi program Paud Holistic Integratif di desa Jetu kelurahan TegalGede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar.

B. Strategi PelaksanaanStrategi pelaksanaan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang

diharapkan bisa melalui strategi sebagai berikut :1. Melaksanakan metode sosialisasi yang tepat dan menarik sehingga

masyarakat tertarik untuk melaksanakan kegiatan tersebut.2. Menyediakan fasilitas penunjang.3. Mempersiapkan kegiatan pelatihan, praktik langsung, serta monitoring

kegiatan.4. Menyelenggarakan program layanan Bina Keluarga Balita (BKB) secara

langsung di masyarakat.5. Evaluasi disetiap kegiatan yang telah dilaksanakan.6. Memberikan program pelatihan tambahan

Page 11: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

7

C. Implementasi ProgramImplementasi program dilaksanakan sesuai dengan rencana program yang

telah dirancang sebelumnya. Tahapan-tahapan pelaksanaan program adalahsebagai berikut :

1. Sosialisasi dan pengenalan program Complete Training(PelatihanLengkap) kepada para kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetukelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar.

Tim mahasiswa yang melaksanakan program pelatihanmengenalkan program tersebut terlebih dahulu kepada para kader denganmemberikan gambaran umum tentang program, pentingnya programpelatihan ini, dan penjelasan tentang jadwal kegiatan. Sosialisasi danpengenalan program dibuat sesederhana mungkin dengan bahasa yangmudah dimengerti sehingga masyarakat mampu memahami dengan baik.Sosialisasi ini dilaksanakan pada minggu ketiga di bulan pertamapelaksanaan program PKM M.

2. Pembuatan modul untuk program Complete Training(Pelatihan Lengkap)Kegiatan pembuatan modul merupakan kegiatan membuat buku

pegangan untuk peserta program Complete Training(Pelatihan Lengkap)yaitu para kader Bina Keluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan TegalGede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar yang berisikumpulan materi yang nanti akan diberikan pada waktu pelaksanaanprogram. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga dan keempatbulan pertama pelaksanaan program PKM M

3. Complete Training(Pelatihan Lengkap) kepada kader Bina KeluargaBalita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar

Complete Training merupakan pelatihan lengkap untuk para kaderBina Keluarga Balita (BKB) di daerah tersebut yang berisi materi tentangpelayanan Bina Keluarga Balita (BKB) yang ideal, materi tentangperkembangan anak usia dini, dan terakhir tentang pengembangankegiatan untuk penunjang stimulasi aspek perkembangan anak usia dini.Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan secara bertahap selama 1 bulan dalambentuk kegiatan rutin seminggu sekali.

Setiap minggunya selalu memaparkan materi yang berbedaberdasarkan ketiga konten materi diatas. Materi pertama tentang pelayananBKB yang ideal dibagi menjadi 2 sub materi yaitu teknis pelayanan BinaKeluarga Balita (BKB) dan teknis penggunaan KKA(Kartu KembangAnak). Materi kedua tentang perkembangan anak usia dini juga dibagimenjadi 2 sub materi yaitu pentingnya masa Anak Usia Dini dan aspekperkembangan Anak Usia Dini yang digunakan dalam program BinaKeluarga Balita (BKB) meliputi gerakan kasar, gerakan halus, komunikasiaktif, komunikasi pasif, kecerdasan, menolong diri sendiri, dan tingkah

Page 12: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

8

laku sosial. Terakhir materi tentang pengembangan kegiatan untukpenunjang stimulasi aspek perkembangan anak usia dini dibagi menjadi 2sub materi yaitu praktik pembuatan boneka tangan beserta caramemainkannya dan contoh penerapan metode song and movement (gerakdan lagu) untuk Anak Usia Dini. Kegiatan ini dilaksanakan 2 minggu yaitupada minggu pertama dan kedua dibulan kedua pelaksanaan programPKM M. Pelaksanaan setiap Minggunya berisi materi 1, 2, dan 3 dengansub materi masing-masing 1.

4. Praktik langsung pada kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) yang setiapbulannya sudah terjadwal di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatanKaranganyar kabupaten Karanganyar

Kegiatan ini berbentuk penerapan materi yang telah didapatkanpada saat pelatihan oleh para kader Bina Keluarga Balita (BKB) dikegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) yang telah dijadwalkan disetiapbulannya. Tim Mahasiswa pada kegiatan ini juga ikut membantupelaksanaannya. Selain itu, dari tim mahasiswa juga memberikan materikepada masyarakat yang masih terkait tentang perkembangan Anak UsiaDini. Materi yang akan disampaikan meliputi pengenalan seks pada AnakUsia Dini dan praktik pembuatan Origami (seni melipat kertas).Pelaksanaan kegiatan ini direncanakan pada minggu ketiga di bulan keduapelaksanaan program PKM M.

5. Monitoring penerapan hasil program Complete Training (PelatihanLengkap)

Monitoring kegiatan ini berupa pengawasan dan pengecekan padasaat para kader Bina Keluarga Balita (BKB) yang telah diberikan pelatihanmenerapkan ilmunya pada kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) yangtelah dijadwalkan disetiap bulannya. Pada waktu membantu pelaksanaankegiatan BKB, tim peneliti juga melakukan pengawasan dan pengecekanterhadap para kader Bina Keluarga Balita (BKB). Pengawasan danpengecekan pada kegiatan monitoring digunakan sebagai bahan evaluasiprogram Complete Training (Pelatihan Lengkap) yang telah dilaksanakan.Kegiatan monitoring dilaksanakan pada waktu kegiatan Bina KeluargaBalita (BKB) berlangsung yaitu pada minggu ketiga di bulan keduapelaksanaan program PKM M.

6. Evaluasi program Complete Training (Pelatihan Lengkap)Evaluasi secara umum dan berkala dilaksanakan pada setiap

kegiatan yang terdapat pada program Complete Training (PelatihanLengkap) yang telah dijalankan. Evaluasi secara menyeluruh dilaksanakansetelah kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) yang telah dijadwalkandisetiap bulannya berlangsung. Kegiatan evaluasi dilaksanakan dengantujuan agar program yang telah dan yang akan dilaksanakan bisa terpantausecara baik. Selain itu juga sebagai bahan pertimbangan untuk

Page 13: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

9

memberikan program pelatihan tambahan untuk para kader Bina KeluargaBalita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar.

7. Program Pelatihan Tambahan untuk para kader Bina Keluarga Balita(BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar.

Program pelatihan tambahan merupakan sebuah program tindaklanjut dari hasil evaluasi yang didapat dari evaluasi berkala, menyeluruh,dan monitoring pelaksanaan program Complete Training (PelatihanLengkap) yang telah diberikan kepada para kader Bina Keluarga Balita(BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatan Karanganyarkabupaten Karanganyar. Program ini diberikan kepada kader yang dirasamasih belum bisa atau belum sempurna dalam menerapkan ilmu yangdidapat dari pelatihan kepada masyarakat peserta Bina Keluarga Balita(BKB). Selain itu, juga sebagai sarana untuk diskusi bersama terkait hasilpenerapan ilmu pasca pelatihan pada kegiatan Bina Keluarga Balita(BKB). Melalui program tambahan ini diharapkan para kader BinaKeluarga Balita (BKB) di desa Jetu kelurahan Tegal Gede kecamatanKaranganyar kabupaten Karanganyar benar-benar mampu menerapkanilmu yang didapat dari program Complete Training (Pelatihan Lengkap)yang telah diberikan, serta mampu mengembangkannya. Pelaksanaankegiatan ini direncanakan pada minggu keempat bulan kedua pelaksanaanprogram PKM M.

D. Analisis OutputOutput diukur berdasarkan parameter target yang telah disusun baik.

Output ini merupakan output berjangka pendek selama pelaksanaan program,yaitu selama dua bulan. Output yang diharapkan yaitu agar kompetensi para kaderBina Keluarga Balita (BKB) dalam mengoptimalkan program Paud HolisticIntegratif dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa Jetu kelurahanTegal Gede kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar meningkat. Selainitu, masyarakat peserta BKB(Bina Keluarga Balita) dapat lebih mengetahui caramengasuh anak dengan benar.

Page 14: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

10

BAB IVBiaya dan Jadwal Kegiatan

A. Anggaran Biaya

No. Nama Kegiatan Hal Yang Diperlukan1. Pelaksanaan kegiatan

bersifat administratifTranspotasi ke LPPM dan ke Bina KeluargaBalita (BKB) Marsudi Siwi Jetu,

2. Sosialisasi dan pengenalanprogram CompleteTraining(PelatihanLengkap)

Sound system, LCD, Transportasi, snack (15)makan siang (15), transportasi.

3. Pembuatan modul pelatihanuntuk program CompleteTraining(PelatihanLengkap)

Modul BKB (10), Modul Perserta (50)

4. CompleteTraining(PelatihanLengkap)

Sound system, LCD, Modul Kader BKB(10),Kain Flanel, Jarum, Benang, (makan siang 15),transportasi.

5. Praktik langsung padakegiatan BKB (BinaKeluarga Balita)

Sound system, LCD, Modul Peserta (40),Origami, Gunting, Lem, snack (65),transportasi

6. Monitoring penerapan hasilprogram Complete Training(Pelatihan Lengkap)

Dokumentasi.

7. Evaluasi program CompleteTraining (PelatihanLengkap)

Dokumentasi.

8. Program PelatihanTambahan

Sound system, LCD, Snack (15), makan Siang(15), transportasi.

9. Pembuatan laporan Print, Jilid, Fotokopi.

Page 15: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

11

No. Nama barang Satuan/Hari Harga Pengeluaran

1.

2.

2.

KesekretariatanPrint JilidFotokopiSeminar kid :modulmappulpennotebook

Peralatan Penunjanga. Sewa sound systemb. Sewa LCDc. Guntingd. Jarum

Bahan Habis Pakaia. Kain Flanelb. Origamic. Lemd. Benange. Pernak-pernik

SnackMakan siangTranspotasiDokumentasiLain-lain

3 lembar (40 kali)

50 buah50 buah50 buah50 buah

1 set (5hari)6 jam (5hari)

50 buah50 buah

50 meter50 pack30 buah

30 gulung50 pack

110 buah (3hari)45 buah (3hari)

300

23.0002.0002.0002.000

100.00025.000/jam

3.500200

5.0005.0002.0003.0002.000

5.00010.000

50.00036.000

1.150.000100.000100.000100.000

400.000750.000175.000

10.000

250.000250.000

60.00090.000

100.000

550.000450.000500.000300.000

79.000Jumlah 5.500.000

B. Jadwal Kegiatan

No KegiatanBulanKe-I

BulanKe-II

BulanKe-III

1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 41. Pelaksanaan

kegiatan bersifatadministratif

2. Sosialisasi danpengenalan progam

CompleteTraining(Pelatihan

Lengkap)

Page 16: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

12

3. Pembuatan modulpelatihan untuk

progam CompleteTraining(Pelatihan

Lengkap)4. Complete

Training(PelatihanLengkap)

3. Praktik langsungpada kegiatan BKB

(Bina KeluargaBalita)

4. Monitoringpenerapan hasil

progam CompleteTraining (Pelatihan

Lengkap)5. Evaluasi progam

Complete Training(PelatihanLengkap)

6. Progam PelatihanTambahan

7. Pembuatan laporan

Page 17: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

LAMPIRAN

Lampiran 1Biodata Ketua, Anggota dan Dosen PembimbingKetua PelaksanaA. Identitas Diri

Nama Lengkap Candra CahyadiJenis Kelamin Laki-lakiProgram Studi Pendidikan Anak Usia DiniNIM K8112016Tempat dan Tanggal Lahir Surakarta, 8 Nopember 1994Email [email protected]

Nomor HP 089674006307

B. Riwayat PendidikanTK SD SMP SMA

Nama Institusi TK ArafatSurakarta

SDN 127Semanggi Lor

SMPN 6Surakarta

SMAN 7 Surakarta

Jurusan - - - IPSTahun Masuk-Lulus

1998-2000 2000-2006 2006-2009 2009-2012

C. Pemakalah

D. PenghargaanNo Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

PenghargaanTahun

1.

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benardan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hariternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerimasanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salahsatu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)Pengabdian Masyarakat 2015.

Surakarta, 18 September 2015

Candra Cahyadi

No Nama Pertemuan Ilmiah Judul Waktu dan Tempat

Page 18: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Anggota Pelaksana IA. Identitas Diri

Nama Lengkap Hendra Adi JayantoJenis Kelamin Laki – LakiProgram Studi PGSDNIM K7113095Tempat dan Tanggal Lahir Sukoharjo, 13 Nopember 1994Email [email protected] HP 085728900169

B. Riwayat PendidikanTK SD SMP SMA

NamaInstitusi

SD Laban 1 SMP Negeri27 Surakarta

SMA Negeri 1Mojolaban

JurusanTahunMasuk-Lulus

1998-2004 2007-2010 2010-2013

C. Pemakalah

D. PenghargaanNo Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benardan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hariternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerimasanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salahsatu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)Pengabdian Masyarakat 2015.

Surakarta, 18 September 2015

Hendra Adi Jayanto

No Nama Pertemuan Ilmiah Judul Waktu dan Tempat

Page 19: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Anggota Pelaksana IIA. Identitas Diri

1. Nama Lengkap Ervin Rudianto2. Jenis Kelamin Laki – Laki3. Program Studi PGSD4. NIM K71130755. Tempat dan Tanggal Lahir Surakarta, 30 Juli 19956. E-mail [email protected]. Nomor Telepon/ Hp 089674412775

B. Riwayat PendidikanSD SMP SMA

Nama Institusi SD NegeriGulon Surakarta

SMPMuhammadiyah7 Surakarta

SMK AL-ISLAMSurakarta

JurusanTahun Masuk-Lulus 2001-2007 2007-2010 2010-2013

C. Pemakalah SeminarIlmiah (Oral Presentation)

No. Nama Pertemuan Ilmiah/ SeminarJudul Artikel

IlmiahWaktu dan

Tempat- - -

D. Penghargaan dalam 10 Tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasiatau institusi lainnya)

No.

Jenis Penghargaan Institut Pemberi Penghargaan Tahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benardan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hariternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerimasanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salahsatu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)Pengabdian Masyarakat 2015

Surakarta, 18 September 2015

Ervin Rudianto

Page 20: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Anggota Pelaksana IIIA. Identitas Diri

Nama Lengkap ‘Azizah Muthi’ NuryatmawatiJenis Kelamin PerempuanProgram Studi PG-PAUDNIM K8114001Tempat dan Tanggal Lahir Surakarta, 03 Juni 1996Email [email protected] HP 085647467522

B. Riwayat PendidikanTK SD SMP SMA

NamaInstitusi

TK AisyiyahBanyuanyar

MI NegeriSurakarta

SMP Negeri12 Surakarta

MA Negeri 1Surakarta

Jurusan IPS

TahunMasuk-Lulus

2001-2002 2002-2008 2008-2011 2011-2014

C. Pemakalah

D. PenghargaanNo Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benardan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hariternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerimasanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salahsatu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)Pengabdian Masyarakat 2015.

Surakarta, 18 September 2015

‘Azizah Muthi’

No Nama Pertemuan Ilmiah Judul Waktu dan Tempat

Page 21: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Anggota Pelaksana IVA. Identitas Diri

Nama Lengkap HestikasariJenis Kelamin PerempuanProgram Studi PG-PAUDNIM K8114029Tempat dan Tanggal Lahir Karanganyar 4 Agustus 1994Email [email protected] HP 085642248414

B. Riwayat PendidikanTK SD SMP SMA

NamaInstitusi

TKMasyitoh

SD Negeri03 Jaten

SMP Negeri1 Surakarta

SMA AL - Islam1 Surakarta

Jurusan IPA

TahunMasuk-Lulus

1999-2001 2001-2007 2007-2010 2010-2013

C. Pemakalah

D. PenghargaanNo Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

PenghargaanTahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benardan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hariternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerimasanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salahsatu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)Pengabdian Masyarakat 2015.

Surakarta, 18 September 2015

Hestikasari

No Nama Pertemuan Ilmiah Judul Waktu dan Tempat

Page 22: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

BIODATA PEMBIMBING

Nama Drs. Sukarno, M.Pd.NIP 19570203 198303 1 001TTL Magetan, 3 Februari 1957Jurusan / Prodi PGSDEmail [email protected] Fungsional Lektor Kepala

RIWAYAT AKADEMIK

No Strata Universitas Fakultas Tahun Bidang

1. S1 UNS1978 -1982

Bimbingan Penyuluhan

2. S2 UM1995 -2000

Bimbingan danKonseling

PENELITIAN

No Judul Jabatan TahunSumber

DanaKategori

PENGABDIAN

No Judul Jabatan TahunSumber

DanaKategori

Page 23: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

KARYA ILMIAH / ESSAI / KARYA SENI

No Judul Tahun Jenis Pemanfaatan

JURNAL ILMIAH

No Judul

Dimuat Dalam Jurnal

NamaJurnal

Thn VolNo

RegistrasiKategori

Page 24: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Lampiran 2Justifikasi Anggaran KegiatanNo. Nama barang Satuan/Hari Harga Pengeluaran

1.

2.

2.

KesekretariatanPrint JilidFotokopiSeminar kid :modulmappulpennotebook

Peralatan Penunjanga. Sewa sound systemb. Sewa LCDc. Guntingd. Jarum

Bahan Habis Pakaia. Kain Flanelb. Origamic. Lemd. Benange. Pernak-pernik

SnackMakan siangTranspotasiDokumentasiLain-lain

3 lembar (40 kali)

50 buah50 buah50 buah50 buah

1 set (5hari)6 jam (5hari)

50 buah50 buah

50 meter50 pack30 buah

30 gulung50 pack

110 buah (3hari)45 buah (3hari)

300

23.0002.0002.0002.000

100.00025.000/jam

3.500200

5.0005.0002.0003.0002.000

5.00010.000

50.00036.000

1.150.000100.000100.000100.000

400.000750.000175.000

10.000

250.000250.000

60.00090.000

100.000

550.000450.000500.000300.000

79.000Jumlah 5.500.000

Page 25: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Lampiran 3Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas

No Nama Nim ProgramStudi

BidangIlmu

Alokasi Waktu(Jam/Minggu)

Uraian Tugas

1. Candra Cahyadi K8112016 PGPAUD PG-PAUD

3 jam/minggu KoordinatorKegiatan

2. Hendra AdiJayanto

K7113095 PGSD PGSD 3 jam/minggu Perlengkapandan Perizinan

3. Ervin Rudianto K7113075 PGSD PGSD 3 jam/minggu Dokumentasidan Acara

4. ‘Azizah Muhti’N

K8114001 PGPAUD PG-PAUD

3 jam/minggu PengarsipanModul

5. Hestikasari K8114029 PGPAUD PG-PAUD

3 jam/minggu Kesekretariatandan Bendahara

Page 26: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)
Page 27: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Lampiran 5. Surat Peryataan Kesediaan dari Mitra

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJASAMADARI MITRA USAHA

Yang bertandatangan di bawah ini,Nama : Titik SuratiPimpinan Mitra Usaha : BKB Marsudi SiwiBidang Usaha :Alamat :Desa Jetu Kelurahan Tegal Gede Kecamatan

Karanganyar Kabupaten Karanganyar

Dengan ini menyatakan Bersedia untuk Bekerjasama dengan PelaksanaKegiatan “Complete Training : Optimalisasi Program Paud Holistic Integratifpada Kader Bina Keluarga Balita (BKB) di Desa Jetu Kelurahan Tegal GedeKecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar”.

Nama Ketua Tim Pengusul : Candra CahyadiNomor Induk Mahasiswa : K8112016Program Studi : PG-PAUDNama Dosen Pembimbing : Drs. Sukarno, M.Pd.Perguruan Tinggi : Universitas Sebelas Maret Surakartaguna menerapkan dan/atau mengembangkan IPTEKS pada tempat usaha kami.

Bersama ini pula kami nyatakan dengan sebenarnya bahwa di antara pihak MitraUsaha dan Pelaksana Kegiatan Program tidak terdapat ikatan kekeluargaan danikatan usaha dalam wujud apapun juga.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab tanpa ada unsur pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakansebagaimana mestinya.

Surakarta, 18 September 2015Yang menyatakan,

( Titik Surati )

Page 28: ‘Azizah Muthi’ - pkm.uns.ac.idpkm.uns.ac.id/repositori/Front/download/pkm-m/2016/... · 1. Permasalahan program Paud Holistic Integratif pada kader Bina Keluarga Balita (B KB)

Lampiran 6. Denah Detail Lokasi Mitra Kerja