histologi hepatobilier

Post on 23-Feb-2016

147 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Histologi HEPATOBILIER. Hepar . Terdiri dari capsula glison dan lobulus hepar Lobulus hepar terdiri dari Lobulus Klasik Hati (unit struktural anatomi terkecil) berbentuk prisma heksagon, disusun oleh sel hepar yang tersusun radier. Pusat : v.sentralis - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

Histologi HEPATOBILIER

Hepar • Terdiri dari capsula glison dan lobulus hepar• Lobulus hepar terdiri daria. Lobulus Klasik Hati (unit struktural anatomi terkecil)

berbentuk prisma heksagon, disusun oleh sel hepar yang tersusun radier. Pusat : v.sentralis

b. Lobulus portal (unit fungsional utama)dibatasi 3 vena sentralis berbeda, terdiri atas bagian-bagian dari 3 lobulus klasik yang berdekatan.pusat : duktus biliaris interlobularis

c. Asinus Heparparenkim hati diantara 2 v.sentralis.memperoleh darah dari cabang akhir a.hepatica, v.porta dan mengeluarkan sekresi ke duktus biliaris

DI E-BOOK

Sel-sel hati• Mikroskopik Sel Hepatosit

berbentuk kuboid, tersusun radier, inti sel bulat dan letaknya sentral. Sitoplasma mengandung eosinofil, mitokondria & RE kasar banyak, badan golsgi menumpuk.Batas sel hepatosit: kanalikuli biliaris, ruang sinusoid, dan sel hepatosit lainnya.

• Mikroskopik Sinusoidruang berbentuk irregular, dinding selular yaitu kapiler diskontinyu, dindiing sel terdiri sel hepatosit dan sel endothelial.ruang Disse ruangan diantara diindiing sinusoid dengan sel parenkim hati. Fungsi: aliran limfe

Sel Endotel pada sinusoida. Sel endhotelial

Berbentuk gepeng, >>, letaknya tersebar, sifat fagosit tidak jelas.b. Sel Kuppfer

sel fagosit/ makrofag, inti lebih menonjol dibandingkan sel endotel. Fungsi: fagosit eritrosit tua, memakan hemoglobin, sekresi sitookin.

c. Sel fat Stonnssel intersisial/ sel stelata/lipositterletak perisinusoid (pada celad Disse), pada permukaan terdapat mikrovili pendek.fungsi: menyimpan vit.A dari luar ke dalam tetesan-tetesan lemak, mampu berdiferensiasi menjadi fibroblas di dalam lobulus.

Sistem BilierTerdiri daria. Kanalikuli Biliaris

bagian pertama dari sistem duktus billiaris, terletak intralobuler diantara sel hati, berupa celah tunggal di tengah/ diantara 2 sel hati.

b. Duktus heringsaluran kecil pendek, dari sel kuboid, sitoplasma jernih, sedikit organel.Fungsi: membawa empedu dari Kanalikuli Biliaris ke cabang duktus biliaris (terminal).

c. Duktus biliaris terminal/ kolangiol/ duktuli biliarisujung percabangan interlobuler, berjalan sepanjang sisi lobulus hati. Dindingnya dari sel-sel kuboid rendah diatas lamina basalis yang kontinyu.

d. Duktus Biliaris Intrahepatikdindingnya epitel kuboid dan secara progresif menjadi kolumner. Epitel sangat pucat dikelilingi jarik sangat padat.Kanalikuli biliaris duktus hering& Duktus biliaris terminalDuktus Biliaris Intrahepatik Duktus Biliaris ekstrahepatik (duktus hepatikus ka& ki) duktus hepatikus komunis, + duktus sistikus dari kandung empedu duktus biliaris komunis bermuara ke duodenum pada papila duodeni mayor duktus koledokus.

Vesika Fellea• Tunica mukosa

epitel kolumner tinggi, lamina propia banyak PD, kelenjar mukosa tersebar, jarik jarang, tidak ada muskularis mukosa.

• Tunica muskularisterdiri dari lapisan otot polos tipis

• Tunica serosajarik berisi PD dan limfepermukaan luar dilapisi peritoneum

Sinus Rockitansy Aschoffsinus yang terbentuk karena invaginasi epitel permukaan yang menembus ke lapisan otot sampai ke jaringan perimuskuler.

top related