44035470-hepatitis-a

Upload: kitty-cute

Post on 14-Oct-2015

9 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Hepatitis-A

TRANSCRIPT

HEPATITIS A

ETIOLOGIHepatitis A disebabkan oleh virus HAV. Virus hepatitis A merupakan virus RNA dalam famili Picornaviridae. Virus hepatitis A (HAV) menginfeksi hati, infeksi ini dapat menyebabkan ikterik maupun non-ikterik. Ada tidaknya tanda klinis ikterik tergantung oleh usia pasien yang mengalami hepatitis A. Pada anak berusia kurang dari 6 tahun, lebih dari 90 % yang menderita infeksi HAV bersifat asimtomatik. Kontrasnya, lebih dari dua pertiga anak yang lebih besar dan orang dewasa mengalami tanda klinis ikterik setelah infeksi HAV (Committee on Infectious Disease Pediatrics, 2007).Beberapa karakteristik HAV diantaranya: RNA virus Dikenal sebagai enterovirus 72, namun sekarang digolongkan menjadi heptovirus Hanya memiliki 1 serotif Susah dikultur Empat genotif Transmisi melalui Close personal contact, kontaminasi air dan makanan (fecal oral), darah (jarang) (Committee on Infectious Disease Pediatrics, 2007).

FAKTOR RESIKO & PATOGENESISFaktor resiko penularan HAV yaitu: Sanitasi yang buruk Daerah padat seperti poliknik dan rumah sakit jiwa Jasa boga terinfeksi Pekerja layanan kesehatan Wisatawan internasional Pengguna obat Hubungan seksual dengan orang terinfeksi Daerah endemis (seperti suku bangsa Indian Amerika atau pedesaan asli Alaska) beresiko tinggi(Price&Wilson, 2006).Pada wanita di Amerika Serikat, kehamilan bukan merupakan faktor risiko terjadinya infeksi HAV yang lebih berat. Walaupun transmisi ke fetus tidak biasanya terjadi, telah ada 2 laporan kasus dimana ibu yang mengalami hepatitis A selama trimester pertama kehamilan, anak dalam kandungannya dapat mengalami peritonitis mekonium. Risiko transmisi dari ibu yang mengalami hepatitis A selama trimester ketiga ke janin umumnya rendah (Committee on Infectious Disease Pediatrics, 2007).

Transmisi HAV terbanyak melalui fecal oral. Pada anak-anak penyebaran virus yang banyak terjadi lewat close contact dan kontaminasi makanan dan minuman yang mengandung HAV. Virus ini merupakan RNA virus. Feses dari anak yang terinfeksi hepatitis A virus sangat infeksius dari 14-21 sebelum dan 8 hari setelah munculnya ikterus (Committee on Infectious Disease Pediatrics, 2007).

Masa inkubasi hepatitis A berkisar antara 15-45 hari, atau rata-rata 30 hari. Masa penularan tertinggi adalah pada minggu kedua segera setelah timbulnya ikterus (Price& Wilson, 2006).Pada

MANIFESTASI KLINISSecara umum, gejala hepatitis akut terbagi dalam 4 tahap yaitu: Fase InkubasiMerupakan waktu antara masuknya virus dan timbulnya gejala atau ikterus. Fase ini pada hepatitis A berkisar antara 15-50 hari (rata-rata: 30 hari), dan berbeda-beda lamanya untuk tiap virus hepatitis. Panjang fase ini tergantung pada dosis inokulum yang ditularkan dan jalur penularan, makin besar dosis inokulum, makin pendek fase inkubasi ini.Fase Prodromal (Pra Ikterik)Fase diantara timbulnya keluhan-keluhan pertama dan timbulnya gejala ikterus. Awitannya dapat singkat atau insidious ditandai dengan malaise umum, mialgia, atralgia, mudah lelah, gejala saluran napas atas, dan anoreksia. Mual, muntah dan anoreksia berhubungan dengan perubahan penghidu dan rasa kecap. Diare atau konstipasi dapat terjadi. Demam derajat rendah umumnya terjadi pada hepatitis A akut. Nyeri abdomen biasanya ringan dan menetap di kuadran kanan atas atau epigastrium, kadang diperberat dengan aktivitas akan tetapi jarang menimbulkan kolesistitis.Fase IkterusIkterus muncul setelah 5-10 hari, tetapi dapat juga muncul bersamaan dengan munculnya gejala. Pada banyak kasus fase ini tidak terdeteksi. Setelah timbul ikterus jarang terjadi perburukan gejala prodromal, tetapi justru terjadi perbaikan klinis yang nyata.Fase Konvalesen (penyembuhan)Diawali dengan menghilangnya ikterus dan keluhan lain, tetapi hepatomegali dan abnormalitas fungsi hati tetap ada. Muncul perasaan sudah lebih sehat dan kembalinya nafsu makan. Keadaan akut biasanya akan membaik dalam 2-3 minggu. Pada hepatitis A perbaikan klinis dan laboratorium lengkap terjadi dalam 9 minggu dan 16 minggu untuk hepatitis B. pada 5-10% kasus perjalanan klinisnya mungkin lebih sulit ditangani, hanya