2009-1-20013-si bab 3.doc

Download 2009-1-20013-SI Bab 3.doc

If you can't read please download the document

Upload: choco-latos

Post on 28-Nov-2015

32 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

2009-1-20013-SI Bab 3.doc

TRANSCRIPT

BAB3

ORGANIZATION- BPM FOUNDATION PHASE

3.1 Organization Foundation Phase

Latar Belakang Rumah Sakit

Rumah Sakit Kanker "Dharmais" merupakan rumah sakit kanker pertama di Indonesia dan merupakan Pusat Kanker Nasional serta menjadi rumah sakit rujukan tertinggi di bidang penanggulangan kanker di Indonesia. Sebagai pelopor di bidang pelayanan penyakit kanker, Rumah Sakit Kariker "Dharmais" menerapkan pengobatan dengan pendekatan Tim Kelja (Timja) dengan berpedoman pada pelayanan terpadu, paripurna dan teljangkau oleh masyarakat. Timja atau Tim Kelja, yaitu pengobatan setiap jenis kanker ditangani oleh Tim Kelja mulai dari tahap diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi, setiap pakar yangterkait memberi sumbangan pikiran, dengan demikian ketepatan diagnosis serta

tindakan atau pengobatan yang direncanakan diharapkan akan menjadi lebih baik. Hingga saat ini Rumah Sakit Kanker "Dharmais" telah membentuk 13Timja dengan anggota dari berbagai disiplin ilmu di bidang kanker, dan juga dilengkapi oleh 10 disiplin ilmu sebagai tim konsultatif antal'lllain kardiologi, nefrologi, gastro enterologi, anestesiologi, pskiatri, gizi, tim paliatif nyeri, gigi dan mulut, immunologi dan psikologi. Rumah Sakit Kanker "Dharmais" juga mengemban tugas sebagai pusat pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan kanker secara menyeluruh, terpadu dan71 berkesinambungan dengan berorientasi pada kepentingan masyarakat serta upaya-upaya peningkatan status kesehatan Jainnya.Aspek Internal Organisasi

Tabe13.1 Aspek Internal Orgamsas1Kekuatan- Lokasi Rumah Sakit Kanker "Dharmais" sangat strategis dengan prasarana gedung yang sangat memadai.- Kualitas bidang teknis fungsional Sumber Daya Manusia

(SDM) dokter yang unggul.

Kelemahan- Belum maksimalnya pemanfaatan gedung utama pada Jantai6, 7, dan 9 serta gedung Penelitian dan Pengembangan (Litbang) pada lantai 3, 4, 5, 6, dan 7 belum tersedia (idle capacity).- Disiplin karyawan masih kurangserta serta belum memiliki jiwa wirausaha yang mantap.- keljasama tim (antar instalasilbagian) yang masih lemah. Kompetensi- Pusat Kanker Nasional serta rumah sakit rujukan tertinggi dibidang penanggulangan kanker di Indonesia.

- Minat perusahaan untuk menjadi mitra Rumah Sakit Kanker

"Dharmais" cukup besar.

- Perubahan orientasi pemerintah dalam pelayanan kesehatan rumah sakit menjadi Badan Layanan Umum tetapi tetap menjadi instansi pemerintah, tetapi diberikan kemudahan- kemudahan khususnya dalam pengelolaan uang dan barang.

Kendala - Dengan diberlakukannya AFTA, akan masuk tenaga ahli

asing di bidang kanker.

- Undang-undang praktekkedokteranuntukpemenuhan standar kompetensi.- Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap haknya di bidang pelayanan kesehatan.

Aspek Ekstemal Organisasi

Tabel 3.2 Aspek Ekstemal Or2anisasiKompetisi- Dengan harga Iebih ekonomis dibanding rumah sakit

sejenis Iainnya namun kualitas pelayanan dan perawatan

Rumah Sakit Kanker "Dharmais" terbukti Iebih unggul

dengan diakuinya keberadaannya sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di bidang penanggulangan kanker.- Sebagai pusat pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan kanker secara menyeluruh.- Memberikan pelayanan yang terintegrasi melalui dikembangkannya pelayanan dengan pendekatan tim-tim kerja.

Dampak terhadap lingkungan ekstemal - Harga perawatan yang teljangkau.

- Meningkatkan tarafkesembuhan pasien kanker.

Meningkatkan kesadaran masyarakat awam mengenai bahayanya kanker.

- ------------

74

Visi

Untuk mencapai sasaran pembangunan kesehatan akhir tahun 2009, Departemen Kesehatan sebagai pemegang kebijakan di bidang kesehatan menetapkan visi: "Masyarakat Yang Mandiri Untuk Hidup Sehat (Self Motivated Community To Live Healthy Lives)".

Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik sebagai salah satu dari penyelenggara pembangunan kesehatan mempunyai visi: "Terwujudnya Pelayanan Medik Prima".

Untuk mendukung visi Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik, Rumah Sakit Kanker "Dharmais" menetapkan visi: "Rumah Sakit dan Pusat Kanker Nasional yang menjadi panutan dalam penanggulangan penyakit Kanker di Indonesia".

Visi tersebut mengandung makna bahwa Rumah Sakit Kanker "Dharmais" harus mampu menjadi pelopor dalam pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kanker.

Misi

Untuk dapat mewujudkan visi tersebut Rumah Sakit Kanker "Dharmais" menetapkan misi yaitu:1. Melaksanakan pelayanan yang bermutu tinggi eli bidang penanggulangan

penyakit kanker.

2. Melaksanakan pendidikan yang bermutu tinggi eli bidang penanggulangan penyakit kanker.3. Melaksanakan penelitian yang bermutu tinggi di bidang penanggulangan penyakit kanker.

Untuk mendukung visi dan misi tersebut Rumah Sakit Kanker "Dharmais" mempunyai motto: "Tampil lebih baik, Ramah dan Profesional" serta memiliki filsafah: "Membangun Kerukunan, Kebersamaan, Keterbukaan, dan Kejujuran menyertai kegiatan terpadu, demi mewujudkan Pelayanan terdepan Pelayanan Penanggulangan Kanker".

Tujuan dan Sasaran

Direktorat Medik dan Keperawatan

Tujuan

Meningkatkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan khususnya kanker menuju pelayanan prima, bermanfaat dan memenuhi standar mutu intemasional.

Sasaran

Terwujudnya sistem pelayanan medik prima dan bertaraf intemasional.

Terwujudnya asuhan keperawatan prima dan bertaraf intemasional. Terwujudnya Rekam Medik bermutu dan memenuhi aspek legal.

Direktorat SDM dan Pendidikan

Tujuan

Meningkatkan pengelolaan SDM/Pegawai yang bermutu. Meningkatkan penyelenggaraan Diklat yang bermutu. Meningkatkan penyelenggaraan Litbang yang bermutu.

Sasaran

Terwujudnya SDM/Pegawai yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang profesional.Terwujudnya penyelenggaraanDiklatyang berbasiskompetensidan memenuhi standard profesi.Terwujudnya penyelenggaraan penelitianyang bermutu nasional dan

internasional.

Direktorat Umum dan Operasional

Tujuan

Memantapkan dan meningkatkan sistem ketatausahaan, kerumahtanggaan, kehumasan dan perlengkapan.Memantapkan dan mengembangkan sistem perencanaan dan penyusunan program, pelaporan dan evaluasi serta pengelolaan dan pengembanganSistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Meningkatkan dan memantapkansistem pelayanan pelanggandalam promosi, pengembangan usaha dan pemasaran.Meningkatkan dan memantapkan sistem gizi dan tata boga.

Meningkatkan dan memantapkan sistem pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian bahan logistik.Meningkatkan kesehatan lingkungan rumah sakit.

Meningkatkan dan memantapkan sistem pemeliharaan sarana rumah sakit. Meningkatkan dan memantapkan sistem pengelolaan strelisasi dan binatu.

Sasaran

Terwujudnya sistem ketatausahaan, kerumahtanggaan, kehumasan dan perlengkapan yang handal.Terwujudnya sistem perencanaan dan penyusunan program, evaluasi dan pelaporan yang baik.Terwujudnya Sistem Informasi Man!\iemen Rumah Sakit yang terintegrasi. Terwujudnya sistem pelayanan pelanggan yang memuaskan. Terselenggaranya sistem pelayanansistem gizi dan tata boga yang profesional.Terwujudnya sistem pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian bahan logistik yang efesien dan efektif.Terlaksananya peningkatan kesehatan lingkungan rumah sakit. Terselenggaranya sistem pemeliharaan sarana dan prasarana rumah sakit secara teratur.Terlaksananya sistem pengelolaan sterilisasi dan binatu.

78

Direktorat Keuangan

Tujuan

Meningkatkan sistem penyusunan dan evaluasi anggaran yang tepat dan pelaksanaan perbendaharaan dan mobilisasi dana yang cermat serta pelaksanaan verifikasi dan akuntansi yang mantap.

Sasaran

Terwujudnya sistem penyusunan dan evaluasi anggaran yang tepat. Terwujudnya sistem pelaksanaan perbendaharaan dan mobilisasi dana yang cermat.Terwujudnya sistem verifikasi dan akuntansi yang mantap.

Struktur Organisasi

............... rp m:Dlrektur Ulama I :Dewan Pengawas!Sab.Jan!

I_.l._.r- -! i Komfte!j Komlte I i Etlkdan I Medlk j Hukum iI-T-. '--

Dlrektur MedikDan Keperawatan Direktur Sumber Oaya Manusla dan Pendldlkan

DlrekturKeuangan

Dlrektur Umum dan Operaslonal

------

Baglan,UmumlPePel

r. ----I1 lnstatasl--

=-----'

80

Deskripsi umum

1. Bidang Rekam Medik

Bidang Rekam Medik adalah suatu unit layanan yang menyimpan dan mengelola Rekam Medik (Medical Record) dari seluruh pasien baik dari Rawat Jalan maupun dari Rawat Inap. Bidang Rekam Medik akan mendistribusikan Rekam Medik (Medical Record) pasien sesuai dengan kebutuhan dari unit terkait. Bidang Rekam Medikjuga melayani peminjaman Rekam Medik oleh pasien maupun keluarga pasien untuk kepentingan tertentu dan juga melayani pengisian Formulir Klaim Asuransi untuk kepentingan klaim asuransi bagi perusahaan asuransi maupun untuk asuransi perusahaan.

2. Bidang Keperawatan

Bidang Keperawatan merupakan salah satu bidang atau unit yang ada pada Rumah Sakit Kanker "Dharmais". Bidang Keperawatan mengurusi perekrutan tenaga keija perawat untuk Rumah Sakit Kanker "Dharmais" mulai dari penyeleksian sampai pada pelatihan terhadap para perawat. Bidang Keperawatan mengurusi bidang mauajemen pelayanan keperawatan, mulai dari melakukan perawatan terhadap pasien, memberikan pendidikan kepada perawat, hingga pada pemberian bonus, gaji dan intensif perawat.

3. Instalasi Rawat Inap

Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Kanker "Dharmais" adalah ruang rawat bagi pasien, memiliki fasilitas ruang Rawat lnap kelas VVIP dengan ruang

tunggu keluarga (1 kamar 1 orang + ruang keluarga pasien), ruang Rawat!nap kelas VIP dengan ruang tamu (1 kamar 1 orang + ruang tamu), ruang Rawat Inap kelas 1 (1 kamar 2 orang), ruang Rawat !nap kelas II (1 kamar 4 tempat tidur), ruang Rawat !nap kelas III (1 kamar terdiri dari 6 tempat tidur).

Instalasi Rawat Inap ini menjadi sarana perawatan antara lain program kemoterapi, program operasi, program radiasi, perbaikan keadaan umum, dan program kemoradiasi bagi pasien.

4. Instalasi Rawat Darurat

lnstalasi Rawat Darurat Rumah Sakit Kanker "Dharmais" merupakan instalasi yang memberikan pertolongan pertama untuk pasien dalam kondisi darurat termasuk juga untuk pasien non kanker. lnstalasi Rawat Darurat Rumah Sakit Kanker "Dharmais" dilengkapi dengan ruang bedah di samping fasilitas standar lainnya untuk mengatasi masalah darurat. Instalasi ini dibuka selama 24 jam dan ditangani oleh tenaga medis dan paramedis yang telah mendapatkan pendidikan dalam menangani kondisi darurat.

5. Instalasi Rawat Intensif

lnstalasi Rawat lntensifRumah Sakit Kanker "Dharmais" adalah ruang rawat bagi pasien pasca bedah, gangguan hemodinamik, gangguan respirasi, pasien dengan multi organ failure.Ruang Rawat Intensif dilengkapi berbagai sarana penunjang perawatan intensif antara lain: masing-masing tempat tidur pasien dilengkapi dengan sistem air flow, mesin hemodialisa replacement therapy,pasien control analgesia, dll.

6. Instalasi Rawat Jalan

Instalasi Rawat Jalan Rumah Sak:it Kanker "Dharmais" merupakan tempat konsultasi bagi pasien yang tidak menginap. Disesuaikan dengan kebutuhan, pasien akan diperiksa oleh dokter yang berpengalaman dan profesional di bidangnya.

Adapun unit yang ada pada Instalasi Rawat Jalan :

Unit Diagnostik Terpadu

Poliklinik Umum dan Spesialis merupakan tempat konsultasi bagi pasien baru. Disesuaikan dengan kebutuhan, pasien akan diperiksa oleh dokter yang berpengalaman dan profesional di bidangnya. Poliklinik ini menerima pasien non kanker yang membutuhkan pemeriksaan dokter umum dan dokter spesialis.

Unit Prosedur Diagnostik

Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan tindakan, misalnya biopsi jaringan, kolposkopi, biopsi sumsum tulang di ruang Prosedur Diagnostik. Biopsi dapat dilakukan dengan atau tanpa tuntunan ultrasonografi, pada fasilitas ini dilakukan pula pemeriksaan jantung yang dikenal dengan istilah Echocardiografi.

Poliklinik Swasta

Untuk memenuhi kebutuhan pasien yang ingin mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis tertentu, maka dipandang perlu untuk membentuk

dan menyelenggarakan Unit Pelayanan (Poliklinik) Swasta Rumah Sakit Kanker "Dharmais". Poliklinik Swasta melayani pasien umum, dilaksanakan baik pada jam kerja maupun di luar jam kerja yang telah ditetapkan. Khusus untuk pelayanan pada jam kerja diperuntukan bagi pasien-pasien yang memerlukan pelayanan kesehatan di luar pelayanan Poliklinik Onkologi yang ada di Rumah Sakit Kanker "Dharmais". Spesialis yang ada di Poli Swasta antara lain: Spesialis Paru, Spesialis Kulit, Spesialis Jiwa, Spesialis Penyakit Dalam (Konsulen Hematologi Onkologi Medik), Spesialis Mata, Spesialis Syaraf, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Bedah Thorax, Spesialis Urologi, Spesialis Bedah Onkologi, Spesialis Bedah Digestive.

Poliklinik Onkologi

SesuaidengannamanyaPoliklinikOnkologimerupakantempat konsultasi bagi pasien kanker, baik yang sedang dalam pengobatan maupun untuk kontrol setelah pengobatan. Terapi yang akan dilaksanakan untuk pengobatan penyakit kanker diputuskan oleh Tim Kerja kanker. Terdapat 13 Timja Kanker yang ada di Rumah Sakit Kanker "Dharmais", terdiri dari: Timja kanker anak, Timja kanker ginekologi, Timja kanker kulit, Timja kanker mata, Timja kanker payudara, Timja kanker THT, Timja kanker urologi, Timja kanker kepala leher, Timja kanker paru dan thorak, Timja kanker muskulo skeletal, Timja kanker darah dan sistem limfoid, Timja kanker hati dan saluran cerua, serta Timja kanker susunan syaraf pusat dan susunan syaraf tepi. Sifat keterpaduan dan melibatkan

multidisiplin ilmu kedokteran merupakan unggulan dari pelayanan Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang membedakan dengan rumah sakit Jain.

Unit Rawat Singkat

Unit Rawat Singkat merupakan fasilitas pelayanan bagi pasien yang tidak membutuhkan Rawat Inap. Umumnya yang menggunakan fasilitas ini adalah pasien yang sedang dalam terapi sitostatika (kemoterapi), pasien yang memerlukan tran:fusi darah dan pasien yang memerlukan transfusi darah dan pasien sesudah operasi kecil.

Ruang Rawat Singkat:

a. Ruang pasien kelas 1 (1 kamar 2 orang)

Fasilitas: tempat tidur, TV+program internal, telepon, kamar mandi, 1 x makan dan 2 x snack, uang AC, meja makan pasien, kursi penunggu pasien, oksigen dan suction dinding. TarifRp. 410.000,-b. Ruang pasien ke1as Ill (1 kamar 5 orang)

Fasilitas: tempat tidur, kamar mandi, 1 x makan dan 2 x snack, ruang AC, meja makan pasien, kursi penunggu pasien, oksigen dan suction dinding. TarifRp. 113.500,-

Unit Hemodialisa

Unit Hemodialisa merupakan unit pelayanan yang menangani pasien yang

akan menjalani tindakan pemisahan darah atau proses filtarasi dari bahan-

bahan yang tidak diperlukan tubuh atau toksin untuk dibuang bersama cairan dialisa.

7. Instalasi Endoskopi

Instalasi Endoskopi merupakan bukti dari kemajuan dunia kedokteran yang memanfaatkan teknologi audiovisual untuk mendeteksi ada tidaknya suatu penyakit di dalam saluran cema atau napas melalui kamera video berukuran kecil yang ditempatkan pada ujung alat endoskopi yang lentur. Bentuk pelayanan yang terdapat di Instalasi Endoskopi meliputi: saluran cema dan saluran napas. Untuk mendukung diagnosis diui, pada tahun 2002 Rumah Sakit Kanker "Dharmais" mengembangkan layanan endoskopi (bronkoskopi, gastrokopi, kolonoskopi) dengan peralatan endoskopi yang mutakhir serta tenaga yang dilatih oleh Rumah Sakit Toranomon di Tokyo.

8. Instalasi Radiodiagnostik

Instalasi Radiodiagnostik merupakan salah satu layanan untuk mengecek dan mengetahui stadium kanker yang terdapat di dalam tubuh. Lengkapnya peralatan radiodiagnostik (X-Ray konvensional, Mammografi, Angiografi, CT Scan, MRI, USG dan Kedokteran Nuklir) yang dimiliki Rumah Sakit Kanker "Dharmais" membuat rumah sakit unggul dalam kecepatan, ketepatan diagnostik dan penentuan stadium kanker.

9. Instalasi Bedah Sentral

Instalasi Bedah Sentral adalah layanan untuk menjalani pembedahan di Rumah Sakit Kanker "Dharmais". Rumah Sakit Kanker "Dharmais" menyediakan sarana yang lengkap dengan sterilisasi tinggi. Setiap kamar bedah dilengkapi dengan system clean room yang mampu mengendalikan hitungan partikel sesuai dengan standar intemasional yang berlaku. Rumah Sakit Kanker "Dharmais" mempunyai 6 kamar operasi (4 kamar operasi besar dan 2 kamar operasi kecil). Kamar operasi ini dilengkapi denganperalatan medis yang modem.

I

I I' III!

1!II",,II I,,I il

'II,I!

II,,,,I,,II'II!

III!

III!IIII

10. Instalasi Rehabilitasi Medik

Tindakan yang dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Medik (IRM) tidak hanya untuk pasien kanker saja, namun pasien non kanker pun dapat memanfaatkan pelayanan atau tindakan yang dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang meliputi: konsultasi dokter, konsultasi psikologi, fisioterapi, okupasiterapi, terapi wicara, ortotik protestik, petugas sosial medik dan bimbingan rohani.

lnstalasi Rehabilitasi Medik memiliki dua unit yakni: Unit Paliatif dan Unit

Komplementer (Akupuntur).

1

1,,IIIIII!I'I'

-Unit Paliatif

Kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan di rumah bagi penderita kanker amat tinggi mengingat pasien yang dirawat sebagian besar dalam

keadaan stadium lanjut. Sejak tahun 1996 Rumah Sakit Kanker "Dharmais" telah mempunyai tim layanan yang berkembang menjadi Unit Layanan Paliatif yang menyediakan pelayanan kunjungan ke rumah pasien pada tahun 2003. Unit layanan ini berintikan tenaga medis dan non-medis Rumah Sakit Kanker "Dharmais" hila perlu bekerjasama dengan dokter keluarga atau dokter Puskesmas sesuai dengan domisili pasien. Bermacam kegiatan dapat diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan serta kualitas hidup pasien dan keluarga.

-Unit Komplementer (Aknpuntur)

Selain manfaat dalam bidang pengobatan medis pada saat ini, pengobatan akupuntur juga banyak berperan dalam bidang estetika seperti dalam hal pencapaian berat badan dan bentuk badan, juga untuk perawatan kulit serta rambut dan lain-lain. Titik akupuntur merupakan daerah di kulit yang telah diketahui mempunyai sifat tahanan listrik lebih rendah dari sekitarnya, serta kepadatan akhiran syaraf yang lebih tinggi daripada jaringan sekitarnya. Perangsangan pada titik akupuntur akan memberikan efek tertentu pada daerah perangsangan serta pada daerah lain yang jauh dari tempat perangsangan melalui mekanisme saraf dan humoral, sehingga akan menimbulkan sedikit rasa nyeri yang umumnya tidak berarti. Berbeda dengan cara pengobatan lainnya, akupuntur tidak mempunyai efek samping dan tidak berbahaya selama dilakukan secara profesional. Kemungkinan terjadi infeksi dan penularan penyakit pada

tindakan akupuntur dapat dihindari dengan penggunaan jarum sekali pakai.

11. Instalasi Radioterapi

Instalasi Radioterapi Rumah Sakit Kanker "Dharmais" memiliki fasilitas yang lengkap serta ditunjang oleh sistem perencanaan radiasi secara terkomputerisasi dan ditangani oleh tenaga ahli yang berpengalaman di dalam dan luar negeri. Semua peralatan yang ada di Instalasi Radioterapi menjalani kalibrasi secara periodik untuk menjaga kualitas peralatan yang optimal.

Ruang Isolasi Radioaktif (RIRA)

Bagi pasien yang diobati dengan zat radioaktif misalnya iodium khususnya penderita kanker thyroid, pasien dirawat di Ruang Rawat Isolasi Radioaktif. Ruangan ini mempunyai saluran limbah yang terpisah dengan saluran limbah umum sehingga penggunaan zat radioaktif tidak membahayakan lingkungan. Ruangan seperti ini di Indonesia hanya ada di Rumah Sakit Kanker "Dharmais"

12. Instalasi Patologi Klinik

Instalasi Patologi Klinik pada Rumah Sakit Kanker "Dharmais" merupakan sebuah unit laboratorium yang melayani pemeriksaan darah, hematologi, immunologi, urin, dan kimia. Instalasi Patologi Klinik melayani pasien Rawat Jalan, Rawat Inap, rujukan dari rumah sakit atau laboratorium luar.

-

89

Apabila harus melakukan suatu pemeriksaan dimana peralatan untuk melaksanakan pemeriksaan tersebut tidak tersedia pada Rumah Sakit Kanker "Dharmais", maka Instalasi Patologi Klinik juga dapat melakukan rujukan kepada laboratorium luar yang dapat melakukan pemeriksaan tersebut beserta dengan sampel dari pasien.

Pemeriksaan laboratorium di Instalasi Patologi Klinik Rumah Sakit Kanker "Dharmais" meliputi: pemeriksaan laboratorium pada umumnya dan Iaboratorium klinik Rumah Sakit Kanker "Dharmais" mempunyai unggulan dalam pemeriksaan pertanda tumor serta pemeriksaan jlowcytometri untuk CD4.

13. Instalasi Patologi Anatomi

Instalasi Patologi Anatomi pada Rumah Sakit Kanker "Dharmais" merupakan sebuah unit yang melayani pemeriksaan sitologi dan histopatologi dengan melakukan pemotongan atas daging, untuk mengetahui apakah daging yang telah dioperasi oleh dokter tersebut bersifat tumor ganas atau bukan. Hasil pemeriksaan tersebut akan digunakan oleh dokter yang bersangkutan untuk mengetahui tindakan selanjutnya atas pasien. Sampel sampel yang terdapat pada Instalasi Patologi Anatomi dapat juga digunakan oleh Bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) untuk melakukan penelitian dan juga observasi. Instalasi Patologi Anatomi juga melayani pemulasaraan jenazah dimulai dari penanganan pasien di ruang tempat pasienmeninggal, menjemput dan mengantarkan jenazah ke kamar jenazah untuk90dilakukan pemulasaraan bingga mengantar jenazah tersebut ke alamat tujuan

(tempat kremasi/penguburan jenazah) dengan menggunakan ambulans rumah sakit.

Laboratorium ini memiliki mesin pengolah jaringan otomatis Citadel 2000

Tissue Processor dan pembuatan blok paraffin mutakhir (tissue embedding center). Peralatan mutahir lain yang dimiliki adalah Cryostart MHR yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan potongan beku sebingga dalam 5 menit diagnosis dapat didiagnosa dengan akurat.

14. Instalasi Bank Darah

Instalasi Bank Darah merupakan sebuah unit pada Rumah Sakit Kanker

yan"Dharmais" ' g melayani permintaan darah yang dibutuhkan oleh pasien.

Jika pada Palang Merah Indonesia (PMI) tidak tersedia darah yang diminta dan pasien membutuhkan darah dengan segera, pemenuhan permintaan darah dapat juga dilakukan dengan meminta keluarga pasien mencarikan donor kemudian darah dari donor tersebut akan diolah lebih lanjut oleh Instalasi Bank Darah untuk memenuhi jenis komponen darah yang dibutuhkan oleh pasien.

Fungsi dan Kemampuan:

1. Menyediakan darah/komponen darah yang aman untuk resipien/pasien kanker dan non kanker, berupa:91Whole blood, packed red cell, trombosit, plasma, kriopresipitat/faktoranti hemofilik, dan lain-lain yang diproses dari donor di Unit

Transfusi Darah Daerah (UTDD) PMI.

-Trombosit dan plasma donor tunggal dengan mesin aferesis milik

Rumah Sakit Kanker "Dharmais".

2. Menyediakan sel asallinduk darah tepi (peripheral blood stem cell) untuk transplantasi sumsum tulang dan darah tepi.3. Melaksanakan aferesis terapeutik (pengobatan) untuk pasien kanker darah, kelainan immunologi, kelainan neurologis, kelainan metabolik, keracunan dan lain-lain.

Sarana dan Kegiatan:

1. ABO, Rhesus typing dan cross-matching tiga tahap.

2. Penyimpanan darah dan komponen darah dalam refrigerator dan freezer.

3. Mesin aferesis COBE-SPECTRA.

4. Pengolahan sel asallinduk darah (stem/progenitor stem cell processing).

5. Penyimpanan sel asal/induk darah dalam tangki nitrogen cair-196C serta pengenceran (thawing).

17. Instalasi Deteksi Dini dan Onkologi Sosial

Instalasi Deteksi Dini Kanker dan Onkologi Sosial Rumah Sakit Kanker "Dharmais" melakukan pemeriksaan rutin (general check up) dan lebih khusus pada pemeriksaan deteksi dini kanker dengan metode mutakhir danlengkap. Saat ini kebanyakan pasien kanker yang datang ke rumah sakit92sudah dalam kondisi stadium lanjut, hal ini menyebabkan biaya pengobatanlebih mahal dan hasil pengobatannya pun tidak memuaskan. Ada upaya yang

dapat ditempuh agar penyakit kanker dapat ditemukan sedini mungkin yaitu dengan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker. Pelayanan Deteksi Dini Kanker dapat mendeteksi penyakit kanker yang diderita oleh pasien seperti: kanker leher rahim, kanker payudara, kanker prostat, kanker kolorektal (usus besar), kanker hati, dan lain-lain. Sedangkan untuk uji kesehatan umum (general check up), terdiri dari paket dasar/standar, paket lengkap wanita dan paket lengkap pria.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan sosial mengenai masalah kesehatan ke Puskesmas terpadu atau apabila ada permintaan dari pihak lain untuk mengadakan penyuluhan sosial.

18. Bidang Medik

Bidang Medik pada Rumah Sakit Kanker "Dharmais" berperan untuk mengendalikan dokumen-dokumen yang beredar di Rumah Sakit Kanker "Dharmais", catatan mutu dan juga pencapaian sasaran mutu. Selain itu, Bidang Medik juga mengendalikan produk/jasa yang tidak sesuai, serta melakukan tindakan koreksi dan pencegahan atas ketidaksesuaian (masalah) yang terjadi. Dalam periode tertentu, Bidang Medik akan mengadakan rapat tinjauan manajemen untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan sistem man emen mutu.

19. Bagian Program Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Bagian Program SIMRS adalah sebuah bagian eli dalam Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang terdiri dari tiga sub bagian, yaitu Sub Bagian Data dan Laporan, Sub Bagian Penyusunan Pengembangan Program, dan Sub Bagian Pengembangan SIMRS. Kegiatan yang terdapat di dalam Bagian Program SIMRS meliputi: perawatan hardware, perawatan software, akses user identity (ID), perubahan software, perbaikan hardware, perbaikan software, penyusunan program kerja, penyusunan program pengembangan sarana dan prasarana, dan laporan.

20. Bagian Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)

Bagian Penelidikan dan Pelatihan adalah sebuah bagian eli dalam Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang terdiri dari tiga sub bagian, yaitu Sub Perpustakaan dan Dokumentasi, Sub Pengelolaan Dildat, Sub Pengelolaan Sarana. Kegiatan yang terdapat di dalam Sub Perpustakaan meliputi: pengolahan perpustakaan dan pelayanan perpustakaan. Kemuelian kegiatan yang terdapat eli dalam Sub Pengelolaan Diklat meliputi: pelatihan swadana tidak teljadwal, suratketerangan mahasiswa,pencairandana magang/PKL/penelitian dan residensi, pelayanan kepaniteraan mahasiswa tingkatVFakultasKedokteran-UI,pelayanankunjungan!fieldtrip mahasiswa, pelayanan magang/PKL/studi banding/penelitian dan residensi. Sedangkan kegiatan yang terdapat dalam Sub Pengelolaan Sarana adalah peminjaman ruang kelas Pendidikan dan Pelatihan (Dildat).

21. Instalasi Pemeliharaan Sarana

Instalasi Pemeliharaan Sarana adalah sebuah instalasi di dalam Rumah Salcit Kanker "Dharmais" yang menangani kegiatan maintenance, perbaikan menggunalcan suku cadang, dan kalibrasi/verifikasi.

22. Instalasi Kesehatan Lingkungan

Instalasi Kesehatan Lingkungan adalah sebuah instalasi di dalam Rumah Salcit Kanker "Dharmais" yang menangani kegiatan pemantauan lingkungan, dekontaminasi ruangan, pemeriksaan sampel malcanan dan minuman, pemantauan kualitas air bersih, pemantauan kualitas air limbah, pengiriman sampah, pest control, tanaman, komplain kebersihan, swapantau air limbah, penggunaan kertas solar, Iistrik, serta permintaan solar, dan pemeriksaan abu dan pengujian emisi incenerator.

23. Bagian Penelitian dan Pengembangan

Bagian Penelitian dan Pengembangan adalah sebuah bagian di dalam Rumah Salcit Kanker "Dharmais" yang menangani kegiatan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), logistik Litbang, pemeriksaan pasien Rawat Inap Litbang, dan pemeriksaan pasien Rawat Jalan Litbang.

24. Bagian Umum

Bagian Umum adalah sebuah bagian di dalam Rumah Salcit Kanker"Dharmais" yang terdiri dari tiga sub bagian, yaitu Sub Bagian Perlengkapan, Sub Bagian Rumah Tangga dan Hubungan Masyaralcat (Humas), Sub Bagian

Tata Usaha. Kegiatan yang terdapat di dalam Sub Bagian Rumah Tangga dan Humas meliputi: peliputan media cetak dan elektronik dan rumah tangga. Kegiatan yang terdapat dalam Sub Bagian Tata Usaha meliputi: pencatatan surat internal maupun eksternal ke dalam buku agenda internal dan eksternal, pembuatan Surat Keputusan, dan photocopy. Untuk Sub Bagian Perlengkapan dan Inventarisasi terdapat kegiatan pemakaian ambulance, pemakaian kendaraan dinas, dan inventaris.

25. Bagian Sumber Daya Manusia (SDM)

Bagian SDM adalah sebuah bagian di dalam Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang menangani kegiatan rekrutmen tenaga medis non Pegawai Negeri Sipil (non PNS), rekrutmen tenaga paramedis keperawatan non Pegawai Negeri Sipil (non PNS), rekrutmen tenaga non medis non Pegawai Negeri Sipil (non PNS), rekrutmen tenaga paramedis non keperawatan non Pegawai Negeri Sipil (non PNS), pengembangan Pendidikan & Pelatihan (Diklat) Sumber Daya Manusia (SDM) yang terprogram, pengembangan Pendidikan & Pelatihan (Diklat) Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak terprogram, evaluasi keefektifan training, kenaikan pangkat reguler, kenaikan pangkat dengan angka kredit, gaji Pegawai Negeri Sipil, gaji pegawai honor/kontrak, pelaksanaan cuti di luar tanggungan negara, pelaksanaan cuti tahunan, pelaksanaan cuti besar, pelaksanaan cuti alasan penting, pelaksanaan cuti bersalin, mutasi/pindah, peningkatan status, pembuatan surat umum, pembuatan Surat Keputusan Pemberhentian Tenaga

Non Pegawai Negeri Sipil, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), perpanjangan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, dan insentif.

26. Bagian Pelayanan Pelanggan

Bagian Pelayanan Pelanggan Rumah Sakit Kanker "Dharmais" adalah sebuah bagian di dalam Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan jaminan yang meliputi jaminan perusahaan, PT. Askes ataupun Jamkesmas. Selain itu juga bertugas dalam memberikan informasi tentang Rumah Sakit Kanker "Dharmais" kepada pengunjung/pelanggan, menangani komplain baik dari internal maupun ekstemal, serta mengolah dan menganalisa kuesioner mengenai tingkat kepuasan pelanggan terhadap Rumah Sakit Kanker "Dharmais" baik internal maupun eksternal.

27.Instalasi Gizi dan Tata Boga

Kegiatan yang terdapat di Instalasi Gizi dan Tata Boga meliputi pengadaan dan distribusi makanan bagi pasien kanker. Selain itu instalasi pun menangani konsultasi gizi bagi yang memerlukannya. Dalam rangka meningkatkan pelayanan pasien, lnstalasi Gizi dan Tata Boga menyediakan berbagai menu pilihan yang variatif untuk pasien, menu yang disediakan pun tidak hanya mengutamakan dari segi kebutuhan kesehatan pasien tetapi juga mengutamakan selera.

28. Bagian Penyusunan dan Evaluasi Anggaran

Bagian Penyusunan dan Evaluasi Anggaran Rumah Sakit Kanker "Dharmais" adalah sebuah bagian di dalam Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang bertugas untuk menyusun dan mengevaluasi Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) yang diajukan oleh instalasilbagian di Rumah Sakit Kanker "Dharmais" dan mengelola dana untuk anggaran Rumah Sakit Kanker "Dharmais".

29. Bagian Perbendaharaan dan Mobilisasi Dana

Bagian Perbendaharaan dan Mobilisasi Dana adalah sebuah bagian di dalam Rumah Sakit Kanker "Dharmais" yang menangani kegiatan pembayaran jasa dokter, penagihan piutang pasien dalam perawatan, penerimaan pembayaran nang muka pasien Rawat Inap pribadi dan Askes - Sosial, penerimaan pembayaran pasien Rawat Jalan Askes - Sosial, penerimaan pembayaran pasien Rawat Jalan pribadi, penyelesaian administrasi keuangan pasien pulang Rawat Inap Jamkesmas, penyelesaian administrasi keuangan pasien pulang Rawat Inap Askes - Sosial, penyelesaian administrasi keuangan pasien pulang Rawat Inap jarninan perusahaan, penyelesaian administrasi keuangan pasien pulang Rawat Inap pribadi, dan penyelesaian administrasi keuangan pasien pulang Rawat Inap Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)/Keluarga Miskin (GAKIN).

----------------

98

30. Bagian Veriiikasi dan Akuntansi

Bagian Verifikasi dan Akuntansi adalah sebuah bagian di dalam Rumah Sakit Kanker "Dhannais" yang bertugas untuk memverifikasi setiap penerimaan dan pengeluaran uang di Rumah Sakit Kanker "Dhannais" serta melakukan pencatatan transaksi-transaksi yang terjadi untuk dihasilkan Laporan Keuangan.

31. Instalasi Sterilisasi Sentral dan Binatu

Instalasi Sterilisasi Sentral dan Binatu adalah sebuah instalasi di dalam Rumah Sakit Kanker "Dhannais" yang menangani kegiatan pelayanan binatu, pemantauan barang steril, penerimaan pencucian linen dari luar rumah sakit, penerimaan sterilisasi dari luar rumah sakit, pengiriman pencucian linen ke luar rumah sakit, pengiriman sterilisasi linen/instrumen ke luar rumah sakit, produksi dan sterilisasi produk habis pakai, pelayanan sterilisasi instrumen, pelayanan sterilisasi linen, serta pelayanan sterilisasi sarung tangan ("Re-Use").

32. Instalasi Farmasi

Sebagai salah satu fasilitas vital rumah sakit, Instalasi Fannasi Rumah Sakit

Kanker "Dhannais" memberikan layanan:

1. Penyediaan obat kanker lengkap disertai jaminan penyimpanan yang aman.2. Penanganan obat kanker dengan aman dan terpusat yang bertujuan:

o Menjarnin kesalahan staf dari keterpaparan obat kanker.

o Memberikan jaminan mutu terhadap produk akhir obat kanker setelah dicampur.3. Pelayanan informasi obat dan konseling.

33. Instalasi Logistik

Instalasi Logistik adalah sebuah instalasi di dalam Rumah Sakit Kanker "Dharmais" ya.1g mcnangani kegiatan pengadaan barang dengan metode pengadaan barang yang meliputi pemilihan langsung, pembelian langsung, penunjukkan langsung dan swalcelola. Selain pengadaan, Instalasi Logistik juga menangani penyimpanan barang yang diterima dari supplier dan pendistribusian barang ke instalasilbagian yang meminta barang tersebut.

Strategic Intent

Sebagai landasan kebijakan strategis Rwual1 Sakit Kanker "Dharmais" adalah terbangunnya:A. Terbangunnya Sistem Manajemen

1. Memiliki Hospital Bylaws yang mantap, disosialisasikan, dilaksanakan oleh seluruhjajaran manajemen.2. Memiliki Medical Staf Bylaws yang mantap, disosialisasikan, diliayati dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran staf medik fungsional.

B. Terbangunnya Sistem Pelayanan

1. Membangun sistem pelayanan yang holistic, yaitu pe1ayanan menyeluruh dari promosi, prevensi, dan rehabilitasi dalam tim kelja utama dan tim kelja pendukung.2. Membangun sistem pelayanan yang berkesinambungan, yaitu: Iandasannya Continuum of Care, SOP yang ada dibangun secara sinambung dari akses, entry, diaguostik, terapi evaluasi, separaso, kembali ke komunitas yang didukung manajemen Sumber Daya Manusia (SDlVJ."), keuangan untuk meningkatkan kinelja yang terukur output-nya.3. Mernbangun sistem pdayanan yang bemtulu, yaitu menjaga dan mendapatpengakuan standar lmalitas pelayaTr_SP DlrtctoryNPWPTUKSCompenyP/01111Tr_EvlllunlPK.,...Tr_.l)ttaL9IdclngPK ll!I.Jll T t..Muk PKFKI SUpplleriD....eo PK,FK1 .....,. FKI S,..u.p.p.ll.tr.iD FKI SupplllriDr. gg lT Eva

FK2 SupplltftD,......,.,QuanlllyPtoductNamecommunl(;lllon'"'""T Quality

"M1_Product:1Tr_BidclngFK2,FK4 ProductiDFK2 - Tr_Ntn_IOIY

-PK

FKI ............""""""-SUPB ll!I.Jll FKI SupplllriD

NamaProdtlelHargaSuppllfPK,FK1OllociMnuedMlnStock Tgi_KeluarJmi_KeluarJa6NII_PengumumenHaraJ!l'o(..MPuk

PK-"..'.

FK""""".........

Ja6Nai_KRS.SPPH JadNIILPamberltahuan Jt6NII_SPH+Illgo_IIWill JadMILPamanangJadHILSPK Content JadHILSPH+Illgo_akhlr DsftarMin I ProducllD.

(lbDlllllrHadiPanjel-nTr_Deld...IJILHIIMJIIIllllU

,_........-- Tr_Detlii_FBI JMnPK IEIIS.FK2ProcluaiiD Jmi_Ka!uar

..PK IUriDIIbl

,.,.FK2 ".Pr".o"du"ct"iDFKI ,......PKTr_DIIli!I_Sf'H.ll!ll FKI .".'.". FK2 ProductiDPK,FK1ProductNama

-Dlred-o!YI'IIe Trjnl'o.J(tbuluhln

Tgi'_BuatPKPKfPK ..."Ju"m""lth' Tr.J..flt.Hipo.lt_BalallgMt_CIIegor!ei_Budgel"""'I-t PK """"Craator -Tr.JBKJMnFKI ""-" Icati(IOI)'NIIIMIFKI lnst.luUDTgi_BuatTgi_BuatFKI ""-"FKI InfolD

C!'MtorFKI TgiJiudg.t crettor

- --;.,...

Tr_Detsii...FBM_NonRutln

PK""'Jmi_MaaukProductNama

...Tr.J'BM._NonRut!n

..Tr_SPH111!11 ... PK ...

..FK1 SupplltfiD 1 PK..FKI ,....,. PK

FKI IIUPB.....,_TangglllSUpPie OPK liJ1aiiiUIIIl

Tr_Dei:IILSP9_Rut!nPK,FKt

FK2,,.......ProductiD

Tr._.B.ud.g.l.t . """ Craator""""INamtl!lllalnl PK

PKTr_SP.a_.N.anRutln Tr_SUPB...NonRutln

L,...,._T.a.ng.o.al. FK2 TotlllBIIdgat-TgiJiud gll =- nTr_FBM_Rut!nPK llUrlllUI!IIPK_j

FKI Tlfllllllll OilpoConlenlTJ_I>IIIILf.B.Itol

--w...-........"_j. T PK NpPermpbstMnpNe111..,mber""--""""

-Nlli'MModlloE!k>ldrc>nlk + ..PK,FK1 JrtffolaBukustatua Uluakd"mmMr

Ponoalllman I="" ,_.. lrla*l:'llllpoal"a"l ""'' Jnlll