unguis incarnatus-kelvin js

of 17/17
UNGUIS INCARNATUS Kelvin Jan Sutrisna 11-2012-287

Post on 02-May-2017

261 views

Category:

Documents

9 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

UNGUIS INCARNATUS

UNGUIS INCARNATUSKelvin Jan Sutrisna11-2012-287

DefinisiUnguis incarnatus atau onychocryptosis adalah keadaan dimana kuku tumbuh secara berbelok dan masuk ke dalam kulit. Unguis incarnatus biasanya terjadi pada tepi kuku. Pertumbuhan yang tidak baik ini mengiritasi kulit sehingga menyebabkan reaksi inflamasi (ACFAS, 2005).

EPIDEMIOLOGIJari yang paling sering mengalami unguis incarnatus adalah ibu jari kaki, dengan prevalensi terbanyak pada daerah lateral daripada daerah medial (Benzoni, 2010). Unguis incarnatus jarang ditemui pada anak-anak namun banyak terjadi pada remaja, dan kejadiannya meningkat seiring bertambahnya usia (Benzoni, 2010). Prevalensi unguis incarnatus lebih tinggi pada pria dibanding wanita (Nazari, 2006).

ETIOLOGIPemotongan kuku yang tidak tepatTekanan eksternalTraumaKondisi kuku

PATOFISIOLOGIKuku kaki yang tumbuh ke dalam sering terjadi pada bagian hallux, timbul karena tekanan lokal, kebersihan lipatan kuku dan kulit yang buruk, serta iritasi akibat etiologi yang mendasarinya

Unguis incarnatus menyebabkan nekrosis jaringan lunak pada bagian yang tertekan, disertai ulserasi, inflamasi, bahkan infeksi. Posisi kulit bagian tepi kuku terdorong ke dalam, dan membentuk lipatan antara kulit dan kuku. Ketika kuku tumbuh, kuku mendesak dan tumbuh ke dalam lipatan tersebut. Adanya jaringan granulasi akibat proses inflamasi dan kuku yang tumbuh ke dalam kulit menyebabkan kulit terdorong ke atas dan terlihat lebih menonjol (Gerritsma-Bleeker et al., 2002).

Unguis incarnatus juga bisa terjadi pada bagian anterior kuku disebabkan karena pemotongan kuku yang terlalu pendek, sehingga pertumbuhan kuku ke depan mendorong kulit dan menembus permukaan kulit (Bossers, et al., 1992)

MANIFESTASI KLINISUnguis incarnatus menyebabkan nyeri dan rasa tidak enak pada kaki, mengganggu aktivitas harian, hobi dan olahraga, bahkan menyebabkan pasien tidak bisa bekerja (Gerritsma-Bleeker et al., 2002). Pasien sering mengeluh adanya nyeri pada lipatan kulit sisi lateral atau medial, disertai reaksi peradangan lokal berupa edema, kemerahan, dan teraba hangat, serta adanya gangguan saat berjalan (Nazari, 2006).

DIAGNOSISDiagnosis unguis incarnatus ditegakkan bila terdapat kuku jari yang tumbuh masuk ke dalam kulit di sekitar kuku disertai adanya reaksi inflamasi (Benzoni, 2010).

TERAPI SIMPTOMATISTerapi unguis incarnatus yang diberikan adalah untuk menghilangkan rasa sakit (terapi simptomatis), berupa pemberian analgesik parasetamol dan untuk mencegah terjadinya infeksi, yaitu dengan pemberian antibiotik oral.

Terapi MekanikTeknik pemasangan lempeng perak berbentuk kail ikan

TERAPI KAUSATIF

Teknik pembidaian dengan plastik silinder

TERAPI BEDAHTeknik ekstraksi kuku sebagian dengan eksisi matriks parsial

Teknik ekstraksi kuku sebagian dengan fenolisasi matriks

PROGNOSISPrognosis pasien unguis incarnatus adalah baik, dengan kejadian rekurensi (terjadi unguis incarnatus ulangan) sekitar 10-30% kasus (Benzoni, 2010).

Unguis incarnatus dapat dihindari dengan cara mengurangi tekanan eksternal berlebihan yang mengganggu kuku seperti menggunakan sepatu dengan ujung yang lebih longgar, memotong kuku tidak terlalu pendek, dan membersihkan tepi kuku secara rutin (ACFAS, 2005).PENCEGAHAN

TERIMA KASIH