ulasan singkat amanat 5 oktober 2015

2
ULASAN SINGKAT AMANAT PEMBINA UPACARA HARI SENIN 5 Oktober 2015 Oleh : Ipid Abdul Hapid, S.Pd. Assalamualaikum Wr. Wb. Makna Upacara Bendera hari Senin merupakan bentuk perwujudan kita selaku warga dilingkungan pendidikan untuk tetap memelihara sikap nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa ini. Sehingga terbentuk kebiasaan yang berubah menjadi prilaku disiplin dan selalu bekerja keras. Sejalan dengan perjalanan waktu di bulan Oktober ternyata banyak peristiwa besar bagi bangsa Indonesia salah satu kita tahu dimulai dari sebuah gerakan yang menggemparkan bangsa indonesia pada masa itu adalah G 30 S PKI di bulan sebelumnya. Sehingga pada tanggal 1 Oktober ditentukan sebagai hari kesaktian pancasila, tidak berhenti disana tanggal 5 oktober merupakan hari TNI , tanggal 28 oktober merukapan hari sumpah pemuda. Siswa di tingkkat Madrasah Aliyah merupakan masa dimana usianya mulai mendekati masa yang disebut pemuda, sejatinya kita sudah bisa memaknai dan mengambil pelajaran dari peristiwa besar tersebut. Ada banyak harapan yang tertuang dalam amanat kali ini, saya selaku pembina senantiasa berharap : 1. Tumbuhnya pola hidup disiplin 2. Tumbuhnya sikap amanah sebagai pemimpin 3. Tumbuhnya sikap patuh sebagai orang yang dipimpin 4. Sehingga muncul rasa menghargai jasa para pahlawan sebagai bentuk nasionalisme dan patriotisme. Di Madrasah harapan tersebut tentunya kita bisa aplikasikan dalam bentuk mematuhi peraturan yang berlaku baik di lingkungan keluarga, sekolah/madrasah, masyarakat negara dan agama, bisa menjaga nama baik diri sendiri, dan memperkaya ilmu pengetahuan dengan arif dan bijaksana.

Upload: ipid-abdul-hapid

Post on 03-Dec-2015

232 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

upacara hari senin

TRANSCRIPT

Page 1: Ulasan Singkat Amanat 5 Oktober 2015

ULASAN SINGKAT AMANAT PEMBINA UPACARA HARI SENIN

5 Oktober 2015

Oleh : Ipid Abdul Hapid, S.Pd.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Makna Upacara Bendera hari Senin merupakan bentuk perwujudan kita selaku warga dilingkungan pendidikan untuk tetap memelihara sikap nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa ini. Sehingga terbentuk kebiasaan yang berubah menjadi prilaku disiplin dan selalu bekerja keras.

Sejalan dengan perjalanan waktu di bulan Oktober ternyata banyak peristiwa besar bagi bangsa Indonesia salah satu kita tahu dimulai dari sebuah gerakan yang menggemparkan bangsa indonesia pada masa itu adalah G 30 S PKI di bulan sebelumnya. Sehingga pada tanggal 1 Oktober ditentukan sebagai hari kesaktian pancasila, tidak berhenti disana tanggal 5 oktober merupakan hari TNI , tanggal 28 oktober merukapan hari sumpah pemuda.

Siswa di tingkkat Madrasah Aliyah merupakan masa dimana usianya mulai mendekati masa yang disebut pemuda, sejatinya kita sudah bisa memaknai dan mengambil pelajaran dari peristiwa besar tersebut.

Ada banyak harapan yang tertuang dalam amanat kali ini, saya selaku pembina senantiasa berharap :

1. Tumbuhnya pola hidup disiplin2. Tumbuhnya sikap amanah sebagai pemimpin3. Tumbuhnya sikap patuh sebagai orang yang dipimpin4. Sehingga muncul rasa menghargai jasa para pahlawan sebagai bentuk nasionalisme

dan patriotisme.

Di Madrasah harapan tersebut tentunya kita bisa aplikasikan dalam bentuk mematuhi peraturan yang berlaku baik di lingkungan keluarga, sekolah/madrasah, masyarakat negara dan agama, bisa menjaga nama baik diri sendiri, dan memperkaya ilmu pengetahuan dengan arif dan bijaksana.

Demikian ulasan singkat amanat yang akan saya sampaikan pada kesepatan amanat pembina upacara bendera hari senin tanggal 5 Oktober 2015.

Terimakasih atas kesempatan semoga tekad baik kita senantiasa ada dalam bimbingan Allah SWT.

Wassalamualaikum Wr. Wb.