silabus pajak 2 genap 2011 2012

8

Click here to load reader

Upload: anastasia

Post on 21-Oct-2015

38 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

TRANSCRIPT

Page 1: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 1 dari 8 hal

SILABUSPERPAJAKAN 2

ACCT 13103SEMESTER GENAP 2011-2012

1. Tim Pengajar

No Nama Dosen Alamat Email1 Debby Fitriasari /

Christine - [email protected] /[email protected]

2 Dina Nagib /Novita Budi - B

[email protected] /[email protected]

3 Tubagus Chairul Amachi - C [email protected]

2. Deskripsi Mata AjaranMata ajar ini akan membahas tentang pajak Daerah, meliputi Pajak bumi danBangunan, Bea Meterai, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan. Selain itu,mata ajaran ini juga akan membahas proses administrasi perpajakan, yang meliputiproses pendaftaran, pelaporan, penetapan dan ketetapan, keberatan, banding, danpengadilan pajak. Mata ajaran ini juga akan membahas mengenai kasus-kasus pajakdalam suatu perusahaan seperti kasus etika, PPN, Pajak untuk perusahaan iklan,properti dan kasus keberatan.

Jenis : WajibJumlah SKS : 3Mata ajar prasyarat : Perpajakan 1 (ACCT 13101)

3. Tujuan3.1. Tujuan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitifDiharapkan agar mahasiswa:1. memahami ketentuan pajak bumi dan bangunan serta bea perolehan hak atas

tanah dan atau bangunan.2. memahami ketentuan dan tatacara perpajakan dimulai dari tahap pendaftaran,

pelaporan, penetapan dan ketetapan, keberatan, banding dan pengadilan pajak.3. memiliki ketrampilan dalam memecahkan masalah pajak dalam perusahaan

3.2. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft-skill)adalah:

DeskripsiPengembangan ketrampilan teknis AdaPengembangan ketrampilan analitikal AdaPengembangan ketrampilan penetapan tujuan (goal setting) Ada

UNIVERSITAS INDONESIAFAKULTAS EKONOMI

Page 2: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 2 dari 8 hal

Pengembangan ketrampilan mengelola waktu AdaPengembangan ketrampilan menulis AdaPengembangan ketrampilan presentasi (public speaking) AdaPengembangan ketrampilan kerjasama kelompok AdaPengembangan kepercayaandiri AdaPengembangan ketrampilan memecahkan masalah AdaPengembangan ketrampilan Bahasa Inggris -

4. BahanBacaan4.1. Wajib:

1. UU KUP2. UU PPh3. UU PPN4. UU Peradilan Pajak No.14 thn.20025. UU Pajak Daerah6. UU Bea Meterai

4.2. Pelengkap:1. Waluyo, “Perpajakan Indonesia, buku 1 dan buku 2”, Penerbit Salemba 4.

(W)2. Rachmanto Surahmat , ”Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda,

Sebuah Pengantar”, (RS)3. www.pajak.go.id, www.kanwilpajakwpbesar.go.id, www.ortax.org4. Sumber lainnya

5. Metode Pengajaran

Metode pengajaran yang dipakai ada 3 yaitu:

1. Student Centered Learning (Cases, Colaborative Learning, Experiential Learning,Problem Based Learning/PBL)Berikut adalah detail dari metode yang digunakan:a. Cases based (Pertemuan 5, 7, 11, 12, 13, 14)

Mekanisme: Mahasiswa akan dibagi menjadi delapan kelompok dan masing-masing

kelompok akan ditentukan untuk membahas dan mempresentasikankasus tertentu.

Kasus perpajakan dengan topik tertentu, seperti tax treaty, manajemenpajak, keberatan, dan topik lainnya akan diberikan satu minggu sebelumjadwal kasus tersebut akan dibahas. Para mahasiswa harusmendiskusikan dan membahas topik tersebut di dalam masing-masingkelompok dan hasil diskusi tersebut harus dibuat dalam bentuk makalah.

Pada jadwal pertemuan yang sudah ditetapkan di silabus, salah satukelompok akan bertindak sebagai penyaji kasus yang telah dibuat sesuaidengan urutan kelompok, sementara kelompok lain akan menjadipenyanggah. Mahasiswa diwajibkan aktif untuk memberikan pertanyaandan menjawab pertanyaan dalam diskusi. Dosen akan menilai partisipasimahasiswa dalam diskusi tersebut.

Page 3: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 3 dari 8 hal

Dosen berperan sebagai fasilitator selama diskusi berlangsung. Padaakhir pertemuan, dosen akan memberikan komentar terhadap diskusitersebut dan meluruskan hal-hal yang dianggap kurang tepat dari hasildiskusi mahasiswa tersebut.

b. Colaborative learning (Pertemuanke 3 dan 4)

Mekanisme: Mahasiswa akan dibagi menjadi lima focus group. Masing-masing focus group akan membahas topik yang berbeda-beda.

Mereka akan mendiskusikan masing-masing topik sebelum kuliahberlangsung (kegiatan di luar kelas).

Kemudian, pada jadwal topik tersebut dibahas di kelas, masing-masinganggota focus group akan memisahkan diri untuk masuk ke dalam homegroup. Masing-masing home group akan terdiri dari lima orang darimasing-masing focus group.

Di dalam home group, masing-masing orang akan mendiskusikan kelimatopik yang berbeda tersebut. Jika ternyata masih terdapat beberapa halyang masih harus diperjelas, anggota dari focus group yang terkait akanberkumpul kembali ke dalam focus group-nya untuk membahas haltersebut.

Dosen berperan sebagai fasilitator selama diskusi berlangsung. Padaakhir pertemuan, dosen akan memberikan komentar terhadap diskusitersebut dan meluruskan hal-hal yang dianggap kurang tepat dari hasildiskusi mahasiswa tersebut.

c. Problem Based Learning (PBL) (Pertemuan ke 10)

Mekanisme: Mahasiswa akan diberikan trigger questions berkaitan dengan proses

manajemen pajak. Dosen berperan sebagai fasilitator selama diskusi berlangsung. Pada

akhir pertemuan, dosen akan memberikan komentar terhadap diskusitersebut dan meluruskan hal-hal yang dianggap kurang tepat dari hasildiskusi mahasiswa tersebut.

d. Experiential Learning (Pertemuan ke 9)

Mekanisme: Pada pertemuan ini, akan dibuat dua kali simulasi proses banding di

Pengadilan Pajak di dalam kelas. Masing-masing simulasi akan dilakukan oleh 4 kelompok mahasiswa

yang akan berperan sebagai hakim, pemohon banding, terbanding danpihak independen (yang akan memberikan komentar atas keputusanmajelis hakim).

Pada awal perkuliahan Perpajakan 2 akan diberitahukan kepada paramahasiswa bahwa akan diadakan pengajaran dengan metodeexperiential learning untuk sesi Banding di Pengadilan Pajak. Untukmengetahui bagaimana jalannya proses pengadilan pajak yangsebenarnya, para mahasiswa diharapkan untuk datang ke PengadilanPajak dan mengikuti salah satu sidang proses banding di sana.

Mahasiswa akan diberikan kasus banding yang akan disimulasikan yangdapat dikembangkan oleh mahasiswa selama proses simulasi.

Page 4: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 4 dari 8 hal

2. Kuliah (active lecturing) dalam pertemuan dengan dosen. Pembahasan problem,mini cases akan dilakukan dalam beberapa pertemuan dengan dosen terutamauntuk materi yang memerlukan ilustrasi perhitungan.Metode ini akan dilakukan dipertemuan ke 1 dan 2.

3. Presentasi Mahasiswa (Tugas Kelompok). Metode ini akan dilakukan dipertemuan ke- 6 dan 8.

Seminggu sebelum pertemuan yang menggunakan SCL,mahasiswa diminta untukmenjelaskan kasus sesuai yang tercantum dalam silabus. Kasus tersebut dibuatsecara kelompok, dan semua anggota kelompok menganalisis kasus tersebut. Selainmempelajari kasus tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk membekali diri denganpengetahuan baik yang berasal dari buku, tulisan/artikel dalam majalah ilmiah atausemi ilmiah, laporan keuangan, dan sumber pengetahuan lainnya untuk dapatmemahami masalah tersebut.

Ketika SCL digunakan, kegiatan di kelas dalam pertemuan dengan dosen akan diisidengan presentasi oleh salah satu kelompok dan dilanjutkan dengan diskusi darihasil pembahasan oleh kelompok tersebut. Mahasiswa harus berperan aktif dalamdiskusi karena frekuensi dan kualitas partisipasi merupakan salah satu unsurpenilaian. Peran dosen adalah sebagai fasilitator yang mengarahkan diskusi agarselalu berada pada arah yang tepat. Dosen akan memberikan kuliah ataumenerangkan di awal pertemuan atau membantu dalam diskusi sebagai kesimpulandari hasil pembahasan.

Metode active lecturing yang digunakan dalam kelas selalu dikombinasikan dengandiskusi, tanya jawab langsung dan pembahasan mini-case yang dibawakan olehdosen. Dalam lecturing dosen dapat mengangkat kasus-kasus dalam praktek untukmemberikan gambaran yang lebih jelas kepada mahasiswa mengenai praktekperpajakan di dalam sebuah perusahaan.

e. Tugas Kelompok

Kelas akan dibagi menjadi 8 kelompok, 6 kelompok akan mempresentasikan semuakasus yang ada dan 2 kelompok akan melakukan presentasi mengenai proseskeberatan dan banding (pertemuan ke-6 dan 8). Semua kelompok diwajibkanmembuat suatu laporan tertulis yang menganalisis kasus tersebut dan dikumpulkanpada saat kasus disajikan. Mahasiswa harus mencari sumber literatur lain danmembahasnya dengan detail dan dalam setiap kasus yang ada.

Hasil pembahasan kasus harus ditulis dengan ketentuan penulisan makalah,sehingga harus menyebutkan sumber referensi dan dasar pemikiran yang logis darisetiap pemecahan kasus yang diberikan. Sumber referensi harus dituliskan di akhirsetiap makalah. Statement of outhorship harus dilampirkan di bagian depan (setelahhalaman judul) di setiap makalah yang dibuat. Bagi kelompok penyanggah paperyang dikumpulkan dianggap sebagai PR.

Salah satu kelompok akan bertindak sebagai penyaji kasus yang telah dibuat sesuaidengan urutan kelompok, sementara kelompok lain akan menjadi penyanggah.Mahasiswa diwajibkan aktif untuk memberikan pertanyaan dan menjawabpertanyaan dalam diskusi. Dosen akan menilai partisipasi mahasiswa dalam diskusitersebut.

Page 5: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 5 dari 8 hal

Rincian metode pengajaran yang digunakan pada mata ajaran ini adalah:

DeskripsiMetodePengerjaankasus AdaKuliah AdaDiskusiKelas AdaIn-class experiental exercise – AssistensiatauDosen AdaLaboratorium manual ataukomputer -Laboratorium / Asistensi AdaPenggunaan Komputer AdaProyek penelitian independen -Pembelajaran kerjasama (cooperative learning) AdaSharing special experiences from expert -

6. Evaluasi Hasil Pembelajaran

Sistem evaluasi ditekankan pada proses pembelajaran sehingga setiap tahapanproses mahasiswa akan dinilai baik oleh dosen maupun oleh asisten denganprosentase sebagai berikut :

NO JENIS BOBOT1 Partisipasi/Diskusi/Kuis 20%2 Makalah&Presentasi 20%3 Ujian Tengah Semester 30%4 Ujian Akhir Semester 30%

TOTAL 100%

7. Kebijakan Umum

Kode etik mahasiswa yang mencakup kejujuran akademik adalah hal yang sangatpenting, tidak hanya bagi kredibilitas dan harga diri mahasiswa itu sendiri, namunjuga mencerminkan nilai dan standar yang dianut oleh FEUI secara keseluruhan.Mahasiswa didorong untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran, namunpengerjaan tugas-tugas tetap harus dilakukan secara jujur, mandiri, bukan menyalinpekerjaan orang lain dan kemudian diakui sebagai karyanya.

7.1. KehadiranSesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpaketerangan maksimum 20%. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadiran lebih dari20% tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir.

7.2. PersiapanMahasiswa diasumsikan TELAH MEMBACA bahan ajar sebelum perkuliahandimulai. Mahasiswa harus menunjukkan motivasi dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk belajar secara mandiri. Pusat pembelajaran adalah diri mahasiswasendiri, bukan dosen. Dosen berperan sebagai fasilitator dan nara sumber prosesbelajar.

Page 6: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 6 dari 8 hal

7.3. Fotokopi BukuSesuai dengan Kode Etik di lingkungan FEUI yang menghormati hak atas kekayaanintelektual (HAKI), mahasiswa diharuskan membawa buku teks asli ke kelas; bukanfotokopi. Buku teks tidak harus edisi terbaru sesuai silabus, selama bisa menunjangpembelajaran. Mahasiswa yang tidak memiliki buku asli, dapat meminjam darimahasiswa senior atau Perpustakaan FEUI.

7.4. Pedoman PenulisanMakalah penulisan menggunakan standar huruf Times New Roman, font 12, spasi1,5, kertas A4.

7.5. PlagiarismePlagiarisme adalah mengutip hasil karya orang lain (meliputi namun tidak terbataspada kata-kata/data/ide/tabel/diagram), baik sebagian atau seluruhnya, tanpamenyebutkan sumbernya, atau menyajikan ulang hasil karya orang lain seakan-akankarya si penyaji.

Plagiarisme termasuk juga menyalin sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswalain atau menyalin dari buku, jurnal, Web, majalah, koran, dan lain-lain.

Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ idesendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaianlainnya tanpa menyebutkan sumbernya.

Sanksi atas Plagiarisme Satu kali, makalah diberi nilai nol atau maksimum E Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai E Tiga kali, dikeluarkan dari Departemen Akuntansi FEUI Nama dan pas foto diumumkan di Papan Pengumuman setiap kali melakukan

plagiarisme

Panduan untuk Mencegah PlagiarismePanduan untuk mencegah plagiarisme dapat diakses di situs FEUI. Bagi mahasiswayang belum jelas, dapat menghubungi Departemen Akuntansi FEUI.

Statement of AuthorshipBagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper, harusmenyertakan Statament of Authorship (terlampir) di halaman depan makalah/papernya.

Page 7: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 7 dari 8 hal

Statement of Authorship

“Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugasterlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan oranglain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untukmakalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelasbahwa saya/kami menyatakan dengan jelas menggunakannya.Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapatdiperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanyaplagiarisme.”

Nama :NPM :Tandatangan :Mata Ajaran :Judul Makalah/Tugas :Tanggal :Dosen :(Dibuat oleh seluruh anggota kelompok)

8. Jadual Kuliah

Pertemuan Pokok/Sub PokokBahasan Referensi

1 &2Mini CaseActiveLecturing

1. Penjelasan silabus dan pembagian kelompok2. Pajak atas Bumi dan Bangunan, PPhPenjualan

Tanah &Bangunan, & BPHTB, Bea Meterai, PajakDaerah Penjelasan UU Pajak Daerah Contoh Perhitungan pengenaan PBB Ketentuan PPh Penjualan tanah dan Bangunan Ketentuan Bea Perolehan hak atas tanah dan

bangunan Ilustrasi perhitungan PPh penjualan tanah dan

bangunan dan BPHTB Bea Meterai: pengertian objek dan tariff

UU PajakDaerah

UU BeaMeterai

3ColaborativeLearning

KUP: Kewajiban pendaftaran dan Laporan Kewajiban NPWP/NPPKP Penjelasan KPP dan organisasi kantor pajak Pembayaran Pelaporan pajak Pembukuan & pencatatan

UU KUP

4ColaborativeLearning

KUP: Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Self Assesment versus pemeriksaan Penyidikan STP, SKP, dan prosedur dalam SKP, Penagihan dengan Surat Paksa

UU KUP

Page 8: Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Pajak 2 genap 2011 2012

hal 8 dari 8 hal

Sanksi-sanksi perpajakan

5TugasKelompok -Presentasi

Keberatan, Banding, Gugatan, PK Syarat Keberatan Kemungkinan – kemungkinan dalam keberatan Keberatan seluruhnya untuk 1 jenis pajak Keberatan sebagian untuk 1 jenis pajak Keberatan hasil pemeriksaan Peraturan Dasar dalam Peradilan Pembahasan Proses Banding/Gugatan di Peradilan

Pajak Peninjauan Kembali ke MA Pembahasan tugas kelompok mahasiswa tentang

kasus banding sengketa pajak.

UU KUP

6 PBL PBL: Keberatan, Banding, Gugatan, PK KasusPaperMahasiswa

7 Cases Kasus 1: Keberatan, Banding, Gugatan, PK KasusPaperMahasiswa

UJIAN TENGAH SEMESTER

Pertemuan Pokok/Sub PokokBahasan Referensi

8ExperientialLearning

Role Play: Banding KasusPaperMahasiswa

9 Kasus Perpajakan 2: PPh Komprehensif KasusPaperMahasiswa

10 Kasus Perpajakan 3: PPN Komprehensif KasusPaperMahasiswa

11&12Lecturing

Aspek akuntansi, audit dan manajemen di dalamperpajakan - Overview

13 Kasus Perpajakan 4: Akuntansi, Audit, dan Pajak KasusPaperMahasiswa

14Lecturing Perpajakan Industri Khusus Dosen Tamu

UJIAN AKHIR SEMESTER