penyakit akibat kerja._feb 2010

54
Sri lestari Sri lestari Rina Amelia Rina Amelia Dept IKM/IKP/IKK Dept IKM/IKP/IKK

Upload: wilson0804

Post on 19-Jan-2016

143 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

b\wry/xoycx

TRANSCRIPT

Page 1: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Sri lestariSri lestariRina AmeliaRina Amelia

Dept IKM/IKP/IKKDept IKM/IKP/IKK

Page 2: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Keracunan Plumbum ,Keracunan Plumbum ,diagnosis dan diagnosis dan penatalaksanaannyapenatalaksanaannya

1.Keracunan timah hitam dan 1.Keracunan timah hitam dan persenyawaannya anorganis bersifat kronis persenyawaannya anorganis bersifat kronis dgn gejala kolik usus,wrist dgn gejala kolik usus,wrist drop,anemi,bisanya pada pabrik drop,anemi,bisanya pada pabrik akku,percetakan,pengecat yg akku,percetakan,pengecat yg menggunakan bahan cat dari menggunakan bahan cat dari persenyawaan timah hitam,pembuatan persenyawaan timah hitam,pembuatan kawat listrik dll.kawat listrik dll.

2.Persenyawaan organis timah hitam(proses 2.Persenyawaan organis timah hitam(proses pengolahan),bersifat mendadak dengan pengolahan),bersifat mendadak dengan gejala insomnia,pikiran terganggu,delirium.gejala insomnia,pikiran terganggu,delirium.

Page 3: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Cara masuk timah Cara masuk timah hitam kedalam tubuhhitam kedalam tubuh

1.Absorpsi,berarti tubuh manusia 1.Absorpsi,berarti tubuh manusia telah kemasukan timah hitam telah kemasukan timah hitam dari tempat kerja(melebihi kadar dari tempat kerja(melebihi kadar normal),namun belum nampak normal),namun belum nampak gejala klinis.gejala klinis.

2.Keracunan, bila sudah ada gejala 2.Keracunan, bila sudah ada gejala klinis. klinis.

Page 4: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Paparan Plumbum(Pb) pada manusia dpt Paparan Plumbum(Pb) pada manusia dpt terjadi dari udara yang terhisap,air minum terjadi dari udara yang terhisap,air minum dan memakan makanan yg mengandung dan memakan makanan yg mengandung Pb.Pb.

Keadaan ini berlangsung ditempat kerja Keadaan ini berlangsung ditempat kerja maupun di lingkungan umum sehari-hari,maupun di lingkungan umum sehari-hari,

Paparan Pb dosis rendah secara terus Paparan Pb dosis rendah secara terus menerus ternyata dptmenerus ternyata dptgangguan gangguan neuropsiatrik,reproduksi dan gangguan neuropsiatrik,reproduksi dan gangguan ginjal.ginjal.

Page 5: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Kasus hipertensi ,gout,nefropati,gejala-Kasus hipertensi ,gout,nefropati,gejala-gejala neurotoksik,gangguan saluran gejala neurotoksik,gangguan saluran cerna yang dihubungkan dengan cerna yang dihubungkan dengan paparan Pb pernah dilaporkan.paparan Pb pernah dilaporkan.

Susunan syaraf pusat/SSP dan ginjal Susunan syaraf pusat/SSP dan ginjal merupakan organ yang paling sensitif merupakan organ yang paling sensitif thd Pb.thd Pb.

Pada binatang percobaan,Pb dalam Pada binatang percobaan,Pb dalam jumlah tinggi,merupakan zat jumlah tinggi,merupakan zat karsinogenik dan teratogenik. karsinogenik dan teratogenik.

Page 6: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Ada 3 gambaran klinikAda 3 gambaran klinik

Keracunan akut Keracunan akut tertelan Pb dalam jumlah tertelan Pb dalam jumlah besarbesarabdominal colic,nyeri tungkai,kram dan abdominal colic,nyeri tungkai,kram dan parestesiparestesishock,anemia hemolitik,disfungsi shock,anemia hemolitik,disfungsi ginjal,dan 1-2 hariginjal,dan 1-2 haridepresi,koma dan kematian.depresi,koma dan kematian.

Keracunan kronik(plumbism),adanya gangguan Keracunan kronik(plumbism),adanya gangguan pencernaan,kolik,anorexia,mual,muntah,metalic pencernaan,kolik,anorexia,mual,muntah,metalic taste,garis biru pada gusi,anemia,neuropati taste,garis biru pada gusi,anemia,neuropati perifer,kejang,ensefalopati.perifer,kejang,ensefalopati.

Keracunan tanpa gejala/asimptomatikKeracunan tanpa gejala/asimptomatik

Page 7: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Diagnosis/penatalaksanaan Diagnosis/penatalaksanaan

Pemeriksaaan Laboratorium yang Pemeriksaaan Laboratorium yang mendukung utk penegakkan diagnosa mendukung utk penegakkan diagnosa keracunan Pb.keracunan Pb.

Hindarkan paparan Pb,kumbah/bilas Hindarkan paparan Pb,kumbah/bilas lambung,pemberian atropin.lambung,pemberian atropin.

Hemodialisa bila gagal ginjal.Hemodialisa bila gagal ginjal.

Page 8: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Beberapa illustrasi kasusBeberapa illustrasi kasus

Terdapat gejala keracunan akut Pb pada Terdapat gejala keracunan akut Pb pada suami istri yg minum dari glas cocktail yg suami istri yg minum dari glas cocktail yg dihias dgn cat yg mengandung Pb.dihias dgn cat yg mengandung Pb.

38 dari 96 anak pekerja menunjukkan 38 dari 96 anak pekerja menunjukkan kadar Pb yang berasal dari pakaian orang kadar Pb yang berasal dari pakaian orang tua yang bekerja terpapar oleh Pb tua yang bekerja terpapar oleh Pb ditempat kerja.ditempat kerja.

Penurunan kejayaan bangsa Roma,akibat Penurunan kejayaan bangsa Roma,akibat distribusi air menggunakan pipa yg distribusi air menggunakan pipa yg berlapis Pb,pada waktu itu banyak berlapis Pb,pada waktu itu banyak ditemukan gangguan psikiatri pada ditemukan gangguan psikiatri pada golongan atas yg kebiasaan minum anggur golongan atas yg kebiasaan minum anggur ..

Page 9: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Kesimpulan Kesimpulan

Keracunan Pb bisa terjadi secara akut Keracunan Pb bisa terjadi secara akut maupun kronis ditempat kerja dan maupun kronis ditempat kerja dan dilinkungan sehari-hari.dilinkungan sehari-hari.

Gangguan keracunan dari ringanGangguan keracunan dari ringan berat berat Perlu dilakukan pemantauan pada pekerja Perlu dilakukan pemantauan pada pekerja

yang mempunyai paparan Pb.yang mempunyai paparan Pb. Penyuluhan/health promotion ditempat kerjaPenyuluhan/health promotion ditempat kerja Pemeriksaan kadar Pb pd setiap gejala yg Pemeriksaan kadar Pb pd setiap gejala yg

berhubungan dgn keracunan Pb tersebut dan berhubungan dgn keracunan Pb tersebut dan perlu perhatian yang cermat dari DOKTER perlu perhatian yang cermat dari DOKTER PERUSAHAAN utk penatalaksanaan PERUSAHAAN utk penatalaksanaan selanjutnya.selanjutnya.

Page 10: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Terjadi karena inhalasi silikon dioksida/silikaTerjadi karena inhalasi silikon dioksida/silika Silikon dioksida banyak tersebar di bumi.Silikon dioksida banyak tersebar di bumi. Penyakit bisa terjadi pada pekerja tambang Penyakit bisa terjadi pada pekerja tambang

dan batubara,penggali terowongan pd dan batubara,penggali terowongan pd pembuatan jalan,pemotong batu utk pembuatan jalan,pemotong batu utk nisan/patung,pembuat keramik dan nisan/patung,pembuat keramik dan batubara,penuangan besi dan baja,pabrik batubara,penuangan besi dan baja,pabrik semen,pembuat gigi enamel. semen,pembuat gigi enamel.

Page 11: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Pencegahan terjadinya Pencegahan terjadinya silikosissilikosis

Penggunaan air pd tempat Penggunaan air pd tempat kerjakerjamencegah debu beterbanganmencegah debu beterbangan

Ventilasi yg baik di tempat kerjaVentilasi yg baik di tempat kerjaudara udara bersih cukup masuk dan debu tidak bersih cukup masuk dan debu tidak menumpuk di tempat kerja.menumpuk di tempat kerja.

Berbagai tempat dan lapangan kerja Berbagai tempat dan lapangan kerja risiko terjadi silikosis,dan berifat risiko terjadi silikosis,dan berifat kronis.sehingga setelah ia bekerja kronis.sehingga setelah ia bekerja penyakit akibat paparan silicon dioksida penyakit akibat paparan silicon dioksida baru mempunyai gejala.baru mempunyai gejala.

Page 12: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Jalur masuk kedalam Jalur masuk kedalam tubuhtubuh

1.1. Saluran pernafasan(inhalasi)Saluran pernafasan(inhalasi)

2.2. Kulit(absorpsi)Kulit(absorpsi)

3.3. Saluran pencernaan(ingesi)Saluran pencernaan(ingesi)

4.4. Alat penglihatanAlat penglihatan

5.5. Alat pendengaranAlat pendengaran

Page 13: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Penyakit akibat kerjaPenyakit akibat kerja

Yang terbanyak ditemukan adalah Yang terbanyak ditemukan adalah disebabkan faktor KIMIA.disebabkan faktor KIMIA.

Di Indonesia penyakit akibat kerja dibagi 2 Di Indonesia penyakit akibat kerja dibagi 2 golongan:golongan:

1.Gol yang wajib dilaporkan sesuai dgn Peratur 1.Gol yang wajib dilaporkan sesuai dgn Peratur an Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi an Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor:PER-01/MEN/1981 tentang kewajiban Nomor:PER-01/MEN/1981 tentang kewajiban melaporkan Penyakit Akibat Kerjamelaporkan Penyakit Akibat Kerja

2.Golongan yg harus mendapat kompensasi. 2.Golongan yg harus mendapat kompensasi.

Page 14: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

31 jenis PAK wajib dilaporkan31 jenis PAK wajib dilaporkan (Kep.Pres 22/1993) (Kep.Pres 22/1993)

1.Pnemokoniosis(silikosis,asbestosis)1.Pnemokoniosis(silikosis,asbestosis)

2.Bronchopulmoner(debu logam keras)2.Bronchopulmoner(debu logam keras)

3. Bronchopulmoner(debu kapas)3. Bronchopulmoner(debu kapas)

4.Asma akibat kerja(sentisitasi dan zat-zat 4.Asma akibat kerja(sentisitasi dan zat-zat perangsang dalam proses pekerjaan)perangsang dalam proses pekerjaan)

5.Alveolitis allergis dgn penyebab faktor dari 5.Alveolitis allergis dgn penyebab faktor dari luar sbg akibat penghirupan debu-debu luar sbg akibat penghirupan debu-debu organik.organik.

Page 15: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

6.Penyakit –penyakit yg disebabkan oleh 6.Penyakit –penyakit yg disebabkan oleh berillium(persenyawaan yg beracun)berillium(persenyawaan yg beracun)

7.Penyakit –penyakit disebabkan oleh 7.Penyakit –penyakit disebabkan oleh kadmium(persenyawaan yg beracun)kadmium(persenyawaan yg beracun)

8.Penyakit-penyakit oleh fosfor8.Penyakit-penyakit oleh fosfor

9.Penyakit –penyakit oleh krom9.Penyakit –penyakit oleh krom

10.Penyakit-penyakit oleh Mangan10.Penyakit-penyakit oleh Mangan

11.Penyakit –penyakit oleh Arsen11.Penyakit –penyakit oleh Arsen

Page 16: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

12.Penyakit-penyakit oleh Air Raksa12.Penyakit-penyakit oleh Air Raksa

13.Penyakit-penyakit oleh Pb13.Penyakit-penyakit oleh Pb

14.Penyakit-penyakit oleh Fluor14.Penyakit-penyakit oleh Fluor

15.Penyakit-penyakit oleh Karbon 15.Penyakit-penyakit oleh Karbon disulfisidadisulfisida

16.Penyakit –penyakit derivat halogen16.Penyakit –penyakit derivat halogen

17.Penyakit-penyakit oleh Benzena17.Penyakit-penyakit oleh Benzena

18.penyakit-penyakit dari derivat nitro18.penyakit-penyakit dari derivat nitro

19.Penyakit –penyakit oleh nitrogliserin19.Penyakit –penyakit oleh nitrogliserin

Page 17: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

20.Penyakit –penyakit oleh alkohol20.Penyakit –penyakit oleh alkohol

21.Penyakit oleh gas(CO,H2S,HCN)21.Penyakit oleh gas(CO,H2S,HCN)

22.Kelainan pendengaran akibat kebisingan22.Kelainan pendengaran akibat kebisingan

23.Penyakit-penyakit oleh getaran 23.Penyakit-penyakit oleh getaran mekanikmekanikkelainan otot,persendian,pembuluh kelainan otot,persendian,pembuluh darah tepi,syaraf tepi.darah tepi,syaraf tepi.

24.Penyakit –penyakit oleh pekerjaan dlm udara 24.Penyakit –penyakit oleh pekerjaan dlm udara yg bertekanan tinggi.yg bertekanan tinggi.

Page 18: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

25.Penyakit oleh radiasi elektromagnetik25.Penyakit oleh radiasi elektromagnetik

26.Penyakit(dermatoses) oleh penyebab 26.Penyakit(dermatoses) oleh penyebab fisik,kimia,biologis.fisik,kimia,biologis.

27.Kanker kulit epitelioma primer yg 27.Kanker kulit epitelioma primer yg disebabkan oleh ter,minyak mineral;disebabkan oleh ter,minyak mineral;

28.Kanker paru-paru /mesotolioma 28.Kanker paru-paru /mesotolioma disebabkan asbes.disebabkan asbes.

29.Penyakit infeksi oleh virus,bakteri,parasit 29.Penyakit infeksi oleh virus,bakteri,parasit ..

Page 19: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

30.Penyakit-penyakit diakibatkan 30.Penyakit-penyakit diakibatkan suhu tinggi atau rendah,panas suhu tinggi atau rendah,panas radiasi,kelembaban udara tinggi.radiasi,kelembaban udara tinggi.

31.Penyakit yg disebanakan bahan 31.Penyakit yg disebanakan bahan kimia termasuk bahan obat.kimia termasuk bahan obat.

Page 20: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Proses industri yg menghasilkan berbagai Proses industri yg menghasilkan berbagai produk maka LINGKUNGAN KERJA sering produk maka LINGKUNGAN KERJA sering ditemukan bahan sisa ditemukan bahan sisa produksi,sampah.limbah,kebocoran produksi,sampah.limbah,kebocoran ataupun PENCEMARAN LIMBAH INDUSTRI.ataupun PENCEMARAN LIMBAH INDUSTRI.

Teknologi hiperkes dan keselamatan Teknologi hiperkes dan keselamatan kerja dapat sebagai dasar untuk UPAYA kerja dapat sebagai dasar untuk UPAYA PENCEGAHAN ataupun menuju ZERO PENCEGAHAN ataupun menuju ZERO ACCIDENTS,melalui:ACCIDENTS,melalui:

Page 21: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

1.Subtitusi 1.Subtitusi

2.Ventilasi2.Ventilasi

3.Isolasi3.Isolasi

4.Proses produksi(upaya perbaikan thd 4.Proses produksi(upaya perbaikan thd alat atau penggantian proses produksi alat atau penggantian proses produksi mengurangi kebocoran,pencemaran mengurangi kebocoran,pencemaran lingkungan kerja.lingkungan kerja.

5.Pemantauan pencemaran5.Pemantauan pencemaranNABNAB

6.Alat Pelindung Diri6.Alat Pelindung Diri

Page 22: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

7.Pelatihan dan 7.Pelatihan dan pendidikanpendidikanmeningkatkan meningkatkan keterampilan maupun keterampilan maupun pengetahuan(peraturan)pengetahuan(peraturan)

8.Pemeriksaan 8.Pemeriksaan kesehatan,awal,berkala,khusus,kesehatan,awal,berkala,khusus,mencmenciptakan derajat kesehatan pekerja iptakan derajat kesehatan pekerja terhadap kemungkinan adanya terhadap kemungkinan adanya PENGARUH LINGKUNGAN KERJA.PENGARUH LINGKUNGAN KERJA.

Page 23: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

BEBERAPA PENYAKIT AKIBAT BEBERAPA PENYAKIT AKIBAT KERJA KARENA PENGARUH KERJA KARENA PENGARUH BAHAN KIMIABAHAN KIMIA

Page 24: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Dikemukakan oleh Dikemukakan oleh Bernardine Ramazzini Bernardine Ramazzini (1633-1714) dalam bukunya “(1633-1714) dalam bukunya “

““mengkorelasikan penyakit dengan mengkorelasikan penyakit dengan pekerjaan pekerjaan ”apa pekerjaan anda?” ”apa pekerjaan anda?”

Berbagai Jenis PenyakitBerbagai Jenis Penyakit

1.1. Pneumokoniosis Pneumokoniosis penimbunan debu penimbunan debu mineral dalam paru2 yang silikosisnya mineral dalam paru2 yang silikosisnya merupakan faktor utama penyebab cacat merupakan faktor utama penyebab cacat atau kematianatau kematian

Page 25: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Jenis penyakitnya al;Jenis penyakitnya al;

- Silikosis - Silikosis penimbunan silika bebas (SiO2) pada penimbunan silika bebas (SiO2) pada pekerja batuan bangunan, perusahaan granit, pekerja batuan bangunan, perusahaan granit, tambang timah putih, batu bara, pabrik besi dan tambang timah putih, batu bara, pabrik besi dan baja, proses sandblasting, dsb.baja, proses sandblasting, dsb.

- antrasilikosisantrasilikosis disebabkan silika bebas dan debu disebabkan silika bebas dan debu arang batu.arang batu.

- asbestosis- asbestosis debu asbes dari bangunan, yakni debu asbes dari bangunan, yakni campuran berbagai silikat, terutama magnesium campuran berbagai silikat, terutama magnesium silikat. Penyakit ini dijumpai pada pengolahan silikat. Penyakit ini dijumpai pada pengolahan asbes dan penggunaan asbes untuk keperluan asbes dan penggunaan asbes untuk keperluan pembangunan.pembangunan.

Page 26: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

2. Peny. paru pada saluran pernafasan 2. Peny. paru pada saluran pernafasan (bronkopulmoner) yang disebabkan karena (bronkopulmoner) yang disebabkan karena debu dan logam keras, seperti kadmium, debu dan logam keras, seperti kadmium, merkuri, mangan, dsb mengakibatkan merkuri, mangan, dsb mengakibatkan kelainan saluran pernafasan.kelainan saluran pernafasan.Jenis penyakit al;Jenis penyakit al;

- pneumonitis, edema pari, emfisema; pneumonitis, edema pari, emfisema; disebabkan dari uap kadmium oksidadisebabkan dari uap kadmium oksida

- Bronkitis, erosif, pnemonia; disebabkan Bronkitis, erosif, pnemonia; disebabkan dari air raksadari air raksa

- Iritasi mukosa sal pernafasan (pencetus Iritasi mukosa sal pernafasan (pencetus pneumonia)pneumonia) disebabkan dari debu disebabkan dari debu mangan.mangan.

Page 27: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

3. Bissinosis Paru & sal. Pernafasan 3. Bissinosis Paru & sal. Pernafasan (bronkopulmoner) dari debu kapas pada (bronkopulmoner) dari debu kapas pada pekerja tekstil terutama dibagian karding pekerja tekstil terutama dibagian karding dan blowing. Masa inkubasi terpendek dan blowing. Masa inkubasi terpendek rata-rata 5 tahun, ditandai dengan gejala rata-rata 5 tahun, ditandai dengan gejala yang sesuai dengan tindakan penyakit :yang sesuai dengan tindakan penyakit :1. tingkat 01. tingkat 0 ; tidak ada gejala; tidak ada gejala2. tingkat ½2. tingkat ½ ; rasa berat di dada, sesak ; rasa berat di dada, sesak nafas nafas pada hari senin. pada hari senin.3. tingkat 13. tingkat 1 ; gejala diatas timbul setiap ; gejala diatas timbul setiap seninsenin4. tingkat 24. tingkat 2 ; rasa berat di dada dan ; rasa berat di dada dan sesak sesak nafas hari senin dan nafas hari senin dan hari-hari hari-hari lainnya lainnya5. tingkat 35. tingkat 3 ; bissinosis yg cacat paru.; bissinosis yg cacat paru.

Page 28: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

4. 4. Asma akibat kerja disebabkan oleh Asma akibat kerja disebabkan oleh penyebab sensitisasi dan zat perangsang penyebab sensitisasi dan zat perangsang dalam dalam proses pekerjaan.proses pekerjaan.

Sumber : debu padi-padian, debu kayu, Sumber : debu padi-padian, debu kayu, debu debu teh, debu tembakau dandebu teh, debu tembakau dandebu yg mengandung zat yg mengandung zat putih telur sebagai putih telur sebagai bahan alergen.bahan alergen.

5. 5. Alveolitis Alergis akibat menghirup debu Alveolitis Alergis akibat menghirup debu organik.organik.

Sumber : jamur atau spora yg berasal dari Sumber : jamur atau spora yg berasal dari jeram, ampas tebu yg berjamur jeram, ampas tebu yg berjamur selain selain gangguan pernafasan, terdapat juga gangguan pernafasan, terdapat juga

demam demam karena infeksi bila terhirup.karena infeksi bila terhirup.

Page 29: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

6.6. Peny. akibat berilium atau persenyawa yang Peny. akibat berilium atau persenyawa yang beracun.beracun.

Sumber : dijumpai pada pabrik Sumber : dijumpai pada pabrik peleburan/pencampuran logam, keramik peleburan/pencampuran logam, keramik

pembuatan tabung fluorescen, sumber pembuatan tabung fluorescen, sumber tenaga tenaga atom.atom.

Menghirup debu yang mengandung Menghirup debu yang mengandung berilium berilium berupa logam, oksida, sulfat, berupa logam, oksida, sulfat, klorida dan klorida dan fluorida fluorida menyebabkan menyebabkan bronkitis, bronkitis, nasofaringitis, dan nasofaringitis, dan thakeobronkithis.thakeobronkithis.

Keracunan menahun menyebabkan Keracunan menahun menyebabkan sarkoma sarkoma paru, fibrosis progresif, dan paru, fibrosis progresif, dan korpulmonale .korpulmonale .

Page 30: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

77. . Penyakit yg disebabkan Kadmium dan Penyakit yg disebabkan Kadmium dan persenyawaan beracun.persenyawaan beracun.

- Sumber kadmium; pabrik - Sumber kadmium; pabrik peleburan/pencampuran logam, peleburan/pencampuran logam,

reaktor atom, pabrik baterai, dan reaktor atom, pabrik baterai, dan pembuatan pembuatan zat pewarna.zat pewarna.

- Akibat : kelainan ginjal, kelainan tulang, - Akibat : kelainan ginjal, kelainan tulang, anemia, kehilangan penciuman.anemia, kehilangan penciuman.

8. Peny.akibat fosfor & persenyawaan 8. Peny.akibat fosfor & persenyawaan beracun.beracun.

-- Sumber fosfor; pembuatan racun tikus& Sumber fosfor; pembuatan racun tikus& serangga, petasan & kembang api, serangga, petasan & kembang api,

serta serta pembuatan pupuk.pembuatan pupuk.

Page 31: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

- Fosfor merah, mengakibatkan kerusakan Fosfor merah, mengakibatkan kerusakan jaringan dengan mengganggu metabolisme jaringan dengan mengganggu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein di dalam karbohidrat, lemak dan protein di dalam hati.hati.

- Keracunan mendadak ditandai dengan - Keracunan mendadak ditandai dengan ikterus, degenerasi lemak, nekrose hati dan ikterus, degenerasi lemak, nekrose hati dan ginjal dan pendarahan, erosi saluran cerna.ginjal dan pendarahan, erosi saluran cerna.

- Keracunan menahun menyebabkan Keracunan menahun menyebabkan nukrose & sekuestrasi tulang terutama nukrose & sekuestrasi tulang terutama pada tulang rahang bawah. pada tulang rahang bawah.

- Hiperemi & edema paru disebabkan oleh Hiperemi & edema paru disebabkan oleh senyawa fosfor dan air.senyawa fosfor dan air.

Page 32: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

9. Penyakit yang disebabkan oleh krom atau 9. Penyakit yang disebabkan oleh krom atau persenyawaan beracun.persenyawaan beracun.

- Krom banyak digunakan sebagai bahan - Krom banyak digunakan sebagai bahan pelapis logam.pelapis logam.

- Kelainan karena krom biasanya khas, - Kelainan karena krom biasanya khas, antara antara lain : berupa perforasi septum lain : berupa perforasi septum nasi, borok krom nasi, borok krom pada kulit yang pada kulit yang menjadi semakin bertambah menjadi semakin bertambah dalam.dalam.

Page 33: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

10. Penyakit yang disebabkan oleh 10. Penyakit yang disebabkan oleh mangan atau mangan atau persenyawaan persenyawaan beracun.beracun.

- Keracunan biasanya terjadi karena menghirup - Keracunan biasanya terjadi karena menghirup debu debu mangan di perusahaan baterai, korek api, mangan di perusahaan baterai, korek api, keramik, keramik, peleburan/pencampuran logam, peleburan/pencampuran logam, pertambangan.pertambangan.

- Gejala keracunan antara lain berupa : tidak dapat - Gejala keracunan antara lain berupa : tidak dapat tidur tidur siang, insomnia, nyeri otot, kejang, siang, insomnia, nyeri otot, kejang, sempoyongan pada sempoyongan pada waktu berjalan, gerakan di waktu berjalan, gerakan di luar kesadaran yang luar kesadaran yang bervariasi dari tremor bervariasi dari tremor parkinson yang halus hingga parkinson yang halus hingga gerakan kuat.gerakan kuat.

- Mungkin juga terdapat tanda propulsi, impulsif, - Mungkin juga terdapat tanda propulsi, impulsif, gangguan bicara sampai afoni. Pernah juga gangguan bicara sampai afoni. Pernah juga

dilaporkan dilaporkan impotensi sebagai akibat keracunan impotensi sebagai akibat keracunan bahan ini.bahan ini.

Page 34: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

11. Penyakit yang disebabkan oleh 11. Penyakit yang disebabkan oleh arsen atau arsen atau persenyawaan yang persenyawaan yang beracun.beracun.

- Dalam industri senyawa arsen digunakan pada Dalam industri senyawa arsen digunakan pada pencairan dan pembersihan bijih, sublimasi arsen pencairan dan pembersihan bijih, sublimasi arsen putih, pembuatan racun serangga dan racun putih, pembuatan racun serangga dan racun jamur, pengawet kulit, bulu dan kayu serta bahan jamur, pengawet kulit, bulu dan kayu serta bahan pembuatan racun tikus.pembuatan racun tikus.

- Keracunan arsen bisa terjadi dalam tiga bentuk Keracunan arsen bisa terjadi dalam tiga bentuk gejala :gejala :

- karena senyawa arsen anorganik, yang - karena senyawa arsen anorganik, yang merupakan merupakan perangsang kulit dan selaput perangsang kulit dan selaput lendir, diduga bersifat lendir, diduga bersifat karsinogenik.karsinogenik.

Page 35: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

- Karena senyawa arsen dan air yang berefek Karena senyawa arsen dan air yang berefek hemolitik, hemolitik,

- Karena senyawa arsen organik, dapat bekerja Karena senyawa arsen organik, dapat bekerja sebagai perangsang lokal maupun sistemik.sebagai perangsang lokal maupun sistemik.

12. Penyakit yang disebabkan oleh air raksa atau 12. Penyakit yang disebabkan oleh air raksa atau persenyawaan beracun.persenyawaan beracun.Air raksa metalik atau uapnya dipergunakan Air raksa metalik atau uapnya dipergunakan

di pabrik di pabrik pengolahan bijih menjadi logam pengolahan bijih menjadi logam murni. Proses pemisah murni. Proses pemisah emas dan perak emas dan perak menggunakan amalgam, pembuatan menggunakan amalgam, pembuatan barometer, termometer, dan pembuatan lampu barometer, termometer, dan pembuatan lampu listrik listrik berisi uap Hg.berisi uap Hg.

Keracunan bahan ini menimbulkan gejala Keracunan bahan ini menimbulkan gejala hipersalivasi, hipersalivasi, tremor, oretisme, stomatitis tremor, oretisme, stomatitis dan kadang-kadang dan kadang-kadang merkurialentis.merkurialentis.

Page 36: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

- Keracunan merkuri fulminan umumnya bersifat Keracunan merkuri fulminan umumnya bersifat lokal pada kulit yang terkena.lokal pada kulit yang terkena.

- Keracunan senyawa air raksa logam atau uap Keracunan senyawa air raksa logam atau uap umumnya menahun, dan ditandai dengan gejala umumnya menahun, dan ditandai dengan gejala gangguan syaraf pusat serta alat-alat dalam.gangguan syaraf pusat serta alat-alat dalam.

13. Penyakit yang disebabkan oleh timah 13. Penyakit yang disebabkan oleh timah hitam hitam atau persenyawaan yang atau persenyawaan yang beracun.beracun.

-- Keracunan timah hitam terjadi akibat Keracunan timah hitam terjadi akibat senyawa senyawa timah hitam anorganik seperti jenis timah hitam anorganik seperti jenis “putih “putih timah hitam” dan karena timah hitam” dan karena pengolahan senyawa pengolahan senyawa timah hitam organik timah hitam organik misal: bahan tetra etil lead misal: bahan tetra etil lead (TEL).(TEL).

Page 37: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

- Timah hitam anorganik dan senyawanya Timah hitam anorganik dan senyawanya dijumpai pada pabrik aki, percetakan, dijumpai pada pabrik aki, percetakan, vulkanisasi karet, pekerjaan mengglasur vulkanisasi karet, pekerjaan mengglasur gelas, menyolder, pembuatan kawat listrik, gelas, menyolder, pembuatan kawat listrik, mainan anak-anak yang mengakibatkan mainan anak-anak yang mengakibatkan keracunan menahun dengan gejala kolik keracunan menahun dengan gejala kolik usus “wrist drop”, stipling butir darah usus “wrist drop”, stipling butir darah merah, anemi.merah, anemi.

- TEL didapatkan di perusahaan yang TEL didapatkan di perusahaan yang mengolah TEL, pencampuran dengan mengolah TEL, pencampuran dengan bensin, tanki penyimpanan TEL terutama bensin, tanki penyimpanan TEL terutama waktu dibersihkan yang sering waktu dibersihkan yang sering menimbulkan keracunan mendadak dengan menimbulkan keracunan mendadak dengan gejala insomnia, kekacauan pikiran, gejala insomnia, kekacauan pikiran, delirium dan mania.delirium dan mania.

Page 38: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

14. Penyakit yang disebabkan oleh fluor 14. Penyakit yang disebabkan oleh fluor atau atau persenyawaan yang beracun.persenyawaan yang beracun.

- - gas fluor atau asam fluor sangat korosif gas fluor atau asam fluor sangat korosif pada pada paru-paru. Absorbsi fluor atau paru-paru. Absorbsi fluor atau

persenyawaannya yang berlebihan persenyawaannya yang berlebihan menyebabkan terjadinya fluorosis yang menyebabkan terjadinya fluorosis yang terlihat sebagai kelainan gigi dan tulang.terlihat sebagai kelainan gigi dan tulang.

15. Penyakit yang disebabkan oleh karbon 15. Penyakit yang disebabkan oleh karbon disulfida.disulfida.Digunakan sebagai zat pelarut pada industri Digunakan sebagai zat pelarut pada industri rayon dan pelarut lemak. Bahan ini merusak rayon dan pelarut lemak. Bahan ini merusak susunan syaraf pusat dan tepi serta sistem susunan syaraf pusat dan tepi serta sistem kardiovaskuler dan hemopoetik.kardiovaskuler dan hemopoetik.

Page 39: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

16. Penyakit yang disebabkan oleh 16. Penyakit yang disebabkan oleh derivat halogen dari derivat halogen dari persenyawaan persenyawaan hidrokarbon alifatik atau aromatik yang hidrokarbon alifatik atau aromatik yang beracun.beracun.

- Contoh senyawa ini : metil klorida, metil Contoh senyawa ini : metil klorida, metil bromida, karbontetraklorida, tetrakloretan, bromida, karbontetraklorida, tetrakloretan, trikloretan dan klornaftalen.trikloretan dan klornaftalen.

- Sifat racun berbeda satu dengan yang lainnya. Sifat racun berbeda satu dengan yang lainnya. Yang paling beracun adalah tetrakloretan, yang Yang paling beracun adalah tetrakloretan, yang memiliki daya racun 9 kali karbon tetraklorida.memiliki daya racun 9 kali karbon tetraklorida.

- Yang paling terkenal adalah karbontetraklorida Yang paling terkenal adalah karbontetraklorida banyak digunakan sebagai pelarut lemak dan banyak digunakan sebagai pelarut lemak dan karet, pembersihan oli pada mesin dan sebagai karet, pembersihan oli pada mesin dan sebagai bahan pemadam kebakaranbahan pemadam kebakaran..

Page 40: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Kerusakan organ karena karbontetraklorida ini Kerusakan organ karena karbontetraklorida ini sangat besar, yaitu berupa nefritis akut, nekrosis sangat besar, yaitu berupa nefritis akut, nekrosis hepar, edema paru atau neuritis retrobulbaris. hepar, edema paru atau neuritis retrobulbaris. Untuk bahan ini seharusnya dilakukan substitusi Untuk bahan ini seharusnya dilakukan substitusi dengan bahan lain misalnya trikloretilen, yang dengan bahan lain misalnya trikloretilen, yang relatif lebih tidak berbahaya akan tetapi dapat relatif lebih tidak berbahaya akan tetapi dapat dipakai untuk maksud yang sama.dipakai untuk maksud yang sama.

Diantara senyawa yang tergolong halogen Diantara senyawa yang tergolong halogen hidrokarbon, terdapat senyawa yang berkhasiat hidrokarbon, terdapat senyawa yang berkhasiat sebagai racun serangga, yaitu DDT, Lindane, sebagai racun serangga, yaitu DDT, Lindane, ldrin, Dieldrin, dsb.Yang paling beracun adalah ldrin, Dieldrin, dsb.Yang paling beracun adalah Aldrin, sedang DDT daya racunnya relatif lebih Aldrin, sedang DDT daya racunnya relatif lebih rendah.rendah.

Page 41: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

17. Penyakit yang disebabkan oleh Benzene 17. Penyakit yang disebabkan oleh Benzene atau atau Homolognya yang beracun.Homolognya yang beracun.

Keracunan benzen misalnya terjadi karena Keracunan benzen misalnya terjadi karena pecahnya aparat destilasi di pabrik ditandai pecahnya aparat destilasi di pabrik ditandai dengan gejala kejang, koma dan kematian dengan gejala kejang, koma dan kematian penderita. Pada keracunan menahun gejalanya penderita. Pada keracunan menahun gejalanya

berupa mual, anoreksia, kelemahan badan berupa mual, anoreksia, kelemahan badan dan dan gugup yang diikuti anemi progresif dan gugup yang diikuti anemi progresif dan tanda tanda perdarahan organ tubuh sebagai perdarahan organ tubuh sebagai manifestasi manifestasi kerusakan sum-sum tulang.kerusakan sum-sum tulang.

Page 42: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

18. Penyakit yang disebabkan oleh derivat nitro dan 18. Penyakit yang disebabkan oleh derivat nitro dan amino amino dari benzene atau homolognya yang dari benzene atau homolognya yang beracun.beracun.

Contoh senyawa ini misalnya nitrobenzene, Contoh senyawa ini misalnya nitrobenzene, trinitrobenzene, trinitrotoluene, dinitrofenol, trinitrobenzene, trinitrotoluene, dinitrofenol,

dinitro dinitro ortokresol dan anilin.ortokresol dan anilin.

Anilin digunakan sebagai tinta cetak, tinta Anilin digunakan sebagai tinta cetak, tinta untuk untuk menandai bahan pakaian, cat, menandai bahan pakaian, cat, pembersih cat dan pembersih cat dan sintesa zat warna. sintesa zat warna. Nitrobenzene merupakan bahan Nitrobenzene merupakan bahan untuk untuk pembuatan anilin, bahan parfum, pengganti bitter pembuatan anilin, bahan parfum, pengganti bitter

almonds. Keracunan anilin dan nitrobenzene almonds. Keracunan anilin dan nitrobenzene mengakibatkan kerusakan sumsum tulang, mengakibatkan kerusakan sumsum tulang,

butir darah butir darah merah dan mengoksidasi hemoglobin merah dan mengoksidasi hemoglobin menjadi menjadi methemoglobin.methemoglobin.

Page 43: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Trinitrotoluen merupakan bahan yang Trinitrotoluen merupakan bahan yang dipakai dalam industri amunisi merusak dipakai dalam industri amunisi merusak hampir setiap sel tubuh terutama sel hati, hampir setiap sel tubuh terutama sel hati, sum-sum tulang, ginjal dan sering sum-sum tulang, ginjal dan sering menimbulkan kematian.menimbulkan kematian.

19. 19. Penyakit yang disebabkan oleh Penyakit yang disebabkan oleh nitrogliserin nitrogliserin atau ester lain asam nitrat.atau ester lain asam nitrat.

Nitrogliserin atau asam nitrat dapat Nitrogliserin atau asam nitrat dapat mengakibatkan kematian mendadak mengakibatkan kematian mendadak akibat akibat kelainan jantung atau peredaran kelainan jantung atau peredaran darah.darah.

Page 44: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

20. Penyakit yang disebabkan oleh alkohol, glikol 20. Penyakit yang disebabkan oleh alkohol, glikol dan dan keton.keton.

Metil alkohol dipakai sebagai pelarut cat, Metil alkohol dipakai sebagai pelarut cat, vernis dan vernis dan sirlak, sintesa, bahan kimia dan zat sirlak, sintesa, bahan kimia dan zat anti beku. anti beku. Keracunan ringan ditandai oleh Keracunan ringan ditandai oleh perasaan lelah, sakit perasaan lelah, sakit kepala, mual dan kepala, mual dan kekaburan penglihatan. Pada tingkat kekaburan penglihatan. Pada tingkat keracunan sedang terdapat pula gejala depresi keracunan sedang terdapat pula gejala depresi susunan saraf pusat, penglihatan kemungkinan susunan saraf pusat, penglihatan kemungkinan buta buta baik bersifat sementara maupun menetap. baik bersifat sementara maupun menetap. Sedang Sedang keracunan berat mengakibatkan keracunan berat mengakibatkan pernafasan dangkal, pernafasan dangkal, sianosis, koma, sianosis, koma, penurunan tekanan darah, pelebaran penurunan tekanan darah, pelebaran pupil pupil dan kematian karena kegagalan pernafasan. dan kematian karena kegagalan pernafasan. Pada keracunan menahun terjadi gangguan Pada keracunan menahun terjadi gangguan penglihatan yang diikuti kebutaan.penglihatan yang diikuti kebutaan.

Page 45: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Tanol atau etil alkohol digunakan sebagai bahan Tanol atau etil alkohol digunakan sebagai bahan pelarut, sintesis bahan lain dan untuk pembuatan pelarut, sintesis bahan lain dan untuk pembuatan minuman keras. Gejala utama akibat keracunan minuman keras. Gejala utama akibat keracunan bahan ini adalah depresi susunan saraf pusat.bahan ini adalah depresi susunan saraf pusat.

Senyawa yang tergolong diol mengakibatkan Senyawa yang tergolong diol mengakibatkan depresi susunan saraf pusat, kerusakan ginjal, depresi susunan saraf pusat, kerusakan ginjal, hati dan organ lainnya.hati dan organ lainnya.

Pada keracunan keton terjadi iritasi selaput lendir Pada keracunan keton terjadi iritasi selaput lendir dan kulit, depresi susunan saraf pusat, kerusakan dan kulit, depresi susunan saraf pusat, kerusakan hati dan ginjal.hati dan ginjal.

Page 46: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

21. Penyakit yang disebabkan oleh gas atau uap 21. Penyakit yang disebabkan oleh gas atau uap penyebab penyebab asfiksia seperti karbonmonoksida, asfiksia seperti karbonmonoksida, hidrogen sianida hidrogen sianida atau derivat yang beracun atau derivat yang beracun hidrogen sulfida.hidrogen sulfida.

Asam sianida digunakan untuk fumigasi tikus Asam sianida digunakan untuk fumigasi tikus dan dan sintesis bahan kimia. Senyawa ini mula-mula sintesis bahan kimia. Senyawa ini mula-mula

merangsang pernafasan akan tetapi kemudian merangsang pernafasan akan tetapi kemudian akan akan terjadi kelumpuhan pusat pernafasan.terjadi kelumpuhan pusat pernafasan.

Keracunan asam disulfida mengakibatkan Keracunan asam disulfida mengakibatkan anoksida anoksida dan kerusakan sel susunan saraf pusat. dan kerusakan sel susunan saraf pusat. Asam disulfida Asam disulfida dijumpai pada proses dekomposisi dijumpai pada proses dekomposisi senyawa yang senyawa yang mengandung sulfur, pada mengandung sulfur, pada pengolahan minyak bumi pengolahan minyak bumi dan penyamakan kulit. dan penyamakan kulit. Pengaruhnya tergantung pada Pengaruhnya tergantung pada kadar di udara, kadar di udara, misalnya pada kadar 1 bds tidak misalnya pada kadar 1 bds tidak menyebabkan menyebabkan bau, 50 bds menimbulkan gejala pusing, bau, 50 bds menimbulkan gejala pusing, mual , mual , batuk, mabuk, edema paru, konjungtivitas.batuk, mabuk, edema paru, konjungtivitas.

Page 47: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Pada konsentrasi lebih dari 500 bds Pada konsentrasi lebih dari 500 bds mengakibatkan kesadaran hilang, pernafasan mengakibatkan kesadaran hilang, pernafasan dangkal dan lambat, serta kematian dalam waktu dangkal dan lambat, serta kematian dalam waktu 30-50 menit.30-50 menit.

Udara yang mengandung uap karbon disulfida Udara yang mengandung uap karbon disulfida dalam kadar 100-1000 bds menyebabkan gelisah, dalam kadar 100-1000 bds menyebabkan gelisah, rangsangan pada selaput lendir, mual, muntah rangsangan pada selaput lendir, mual, muntah dan kelumpuhan pernafasan.dan kelumpuhan pernafasan.

Marcaptans dengan kadar tinggi dapat Marcaptans dengan kadar tinggi dapat menimbulkan kejang dan demam, biasanya menimbulkan kejang dan demam, biasanya dijumpai pada proses pengolahan minyak bumi, dijumpai pada proses pengolahan minyak bumi, di pertambangan dan di pabrik rayon.di pertambangan dan di pabrik rayon.

Page 48: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Sedang karbon monoksida yang terjadi Sedang karbon monoksida yang terjadi akibat pembakaran tidak sempurna bahan akibat pembakaran tidak sempurna bahan karbon atau bahan yang mengandung karbon atau bahan yang mengandung karbon, umumnya mengakibatkan karbon, umumnya mengakibatkan keracunan akut. Kadar CO sebanyak 4000 keracunan akut. Kadar CO sebanyak 4000 bds dapat mematikan dalam waktu bds dapat mematikan dalam waktu singkat. Gas ini mengikat hemoglobin singkat. Gas ini mengikat hemoglobin menjadi karbosi hemoglobin yang menjadi karbosi hemoglobin yang mengakibatkan oksigen tidak dapat lagi mengakibatkan oksigen tidak dapat lagi disrap oleh darah. Gejala keracunan CO disrap oleh darah. Gejala keracunan CO berupa sesak nafas, warna merah terang berupa sesak nafas, warna merah terang pada selaput lendir, serta hilangnya pada selaput lendir, serta hilangnya kesadaran.kesadaran.

Page 49: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

22. Penyakit kulit yang disebabkan oleh penyebab 22. Penyakit kulit yang disebabkan oleh penyebab kimiawi kimiawi yang tidak termasuk golongan yang tidak termasuk golongan penyakit akibat kerja penyakit akibat kerja lainnya.lainnya.

Sebagai contoh adalah dermatoses akibat Sebagai contoh adalah dermatoses akibat kerja yang kerja yang disebabkan oleh bahan kimia seperti disebabkan oleh bahan kimia seperti asam anorganik, asam anorganik, senyawa hidrokarbon, oli, ter, senyawa hidrokarbon, oli, ter, bahan warna, dsb.bahan warna, dsb.

23. Kanker kulit epitelioma primer yang disebabkan 23. Kanker kulit epitelioma primer yang disebabkan oleh oleh ter, pic, bitumen, minyak mineral, antrasen ter, pic, bitumen, minyak mineral, antrasen dan dan persenyawaan, produk atau residu zat-zat persenyawaan, produk atau residu zat-zat tersebut.tersebut.

Page 50: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

24. Kanker paru atau mesotelioma yang disebabkan 24. Kanker paru atau mesotelioma yang disebabkan oleh oleh asbes.asbes.

Asbes merupakan campuran berbagai silikat, Asbes merupakan campuran berbagai silikat, diantaranya adalah magnesium silikat,. diantaranya adalah magnesium silikat,.

Dijumpai pada Dijumpai pada perusahaan yang mengolah perusahaan yang mengolah asbes, pemintalan asbes asbes, pemintalan asbes dan untuk dan untuk keperluan bangunan. Bahan ini dapat keperluan bangunan. Bahan ini dapat mengakibatkan kanker paru dan mesotelisma mengakibatkan kanker paru dan mesotelisma pada pada lapisan pleura.lapisan pleura.

Page 51: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

UPAYA PENCEGAHANUPAYA PENCEGAHAN

Terhadap penyakit akibat kerja, cara Terhadap penyakit akibat kerja, cara penanganan yang terbaik adalah penanganan yang terbaik adalah melakukan pencegahan. Secara umum melakukan pencegahan. Secara umum digunakan berbagai upaya pengendalian digunakan berbagai upaya pengendalian lingkungan kerja seperti :lingkungan kerja seperti :

a.a. Substitusi, yakni mengganti bahan berbahaya Substitusi, yakni mengganti bahan berbahaya dengan bahan yang kurang atau tidak dengan bahan yang kurang atau tidak berbahaya sama sekali.berbahaya sama sekali.

b.b. Ventilasi umum yang dilakukan dengan Ventilasi umum yang dilakukan dengan mengalirkan udara ke dalam ruang kerja agar mengalirkan udara ke dalam ruang kerja agar bahan yang berbahaya berkurang.bahan yang berbahaya berkurang.

Page 52: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

Umumnya cara ini bermanfaat untuk mengatasi Umumnya cara ini bermanfaat untuk mengatasi bahaya gas atau uap asal kadar tidak terlalu bahaya gas atau uap asal kadar tidak terlalu besar, tetapi tidak tepat untuk fume dan debu.besar, tetapi tidak tepat untuk fume dan debu.

c. Metode basah untuk mengurangi tersebarnya c. Metode basah untuk mengurangi tersebarnya debu dalam proses produksi.debu dalam proses produksi.

d. Isolasi, yakni memisahkan proses yang d. Isolasi, yakni memisahkan proses yang berbahaya dari pekerja atau unit lainnya.berbahaya dari pekerja atau unit lainnya.

e. Ventilasi keluar setempat (local exhaust), dengan e. Ventilasi keluar setempat (local exhaust), dengan menggunakan alat penghisap agar bahan yang menggunakan alat penghisap agar bahan yang berbahaya dapat dialirkan keluar.berbahaya dapat dialirkan keluar.

f. Perawatan rumah tangga yang baik (good f. Perawatan rumah tangga yang baik (good housekeeping), meliputi kebersihan, pembuangan housekeeping), meliputi kebersihan, pembuangan sampah, pencucian dan pengaturan tempat kerja sampah, pencucian dan pengaturan tempat kerja yang aman.yang aman.

Page 53: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010

g. Terhadap para pekerja perlu dilaksanakan :g. Terhadap para pekerja perlu dilaksanakan :

- pemeriksaan kesehatan sebelum kerja.- pemeriksaan kesehatan sebelum kerja.

- pemeriksaan kesehatan berkala dan khusus - pemeriksaan kesehatan berkala dan khusus untuk mengetahui apakah pekerjaan dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan dilakukan telah telah menimbulkan gangguan, kelainan pada menimbulkan gangguan, kelainan pada pekerja atau pekerja atau tidak.tidak.

- penggunaan alat pelindung diri.- penggunaan alat pelindung diri.

- penyuluhan sebelum kerja agar diketahui - penyuluhan sebelum kerja agar diketahui bahaya dan bahaya dan cara kerja yang benar dan cara kerja yang benar dan aman.aman.

- pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, dll.- pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, dll.

h. Pengawasan dan pemantauan lingkungan kerja h. Pengawasan dan pemantauan lingkungan kerja yang dilakukan secara teratur dan terus-menerus.yang dilakukan secara teratur dan terus-menerus.

Page 54: Penyakit Akibat Kerja._feb 2010