pengertian2 jurnalistik

Click here to load reader

Download Pengertian2 Jurnalistik

Post on 12-Feb-2016

134 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Pengertian2 Jurnalistik. MK Dasar-dasar Jurnalistik Oleh Usman Yatim. Pemahaman Jurnalistik. Jurnalistik = journalistic (Inggris) = mengenai kewartawanan. Jurnalistik = Journal/Du Jour, Acta Diurna (Latin) = catatan harian. - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

  • Pengertian2 JurnalistikMK Dasar-dasar Jurnalistik

    OlehUsman Yatim

  • Pemahaman Jurnalistik

    Jurnalistik = journalistic (Inggris) = mengenai kewartawanan. Jurnalistik = Journal/Du Jour, Acta Diurna (Latin) = catatan harian.Kegiatan jurnalistik awalnya bersifat harian, atau berita-berita yang dikemas dalam bentuk cetakan yang disampaikan setiap hari.

  • Perkembangan Jurnalistik

    Jurnalistik = catatan harian (Julius Caesar)1960-an muncul Jurnalistik Baru, pesan/berita menuruti gaya prosa.1970-an muncul Jurnalistik Presesi, pesan/berita diolah menggunakan metode riset ilmiah.Era Komputer/internet, muncul Cyber Jurnalistik, penyusunan dan penyebaran pesan/berita lewat jaringan internet.

  • Pengertian (1)Jurnalistik adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan dan sarana yang digunakan dalam mencari, memproses dan menyusun berita hingga mencapai publik atau kelompok tertentu yang menaruh perhatian khusus pada hal-hal tertentu.

  • Pengertian (2)Jurnalistik adalah pengetahuan tentang penulisan, penafsiran, proses dan penyebaran informasi umum dan hiburan umum secara sistematik dan dapat dipercaya untuk diterbitkan.

  • Pengertian (3)Jurnalistik adalah pekerjaan tetap untuk menyampaikan berita, tafsiran dan pendapat yang bertolak dari berita.

  • Pengertian (4)Jurnalistik adalah kegiatan yang berkaitan dengan pencarian, pengolahan dan penyusunan berita, ulasan berita dan pendapat serta sarana yang mendukung kegiatan berita atau ulasan berita/pendapat itu sampai ke masyarakat.

  • Jurnalistik, meliputi:Mencari dan mengumpulkan apa yang disebarluaskan buat masyarakat pada umumnya.Menyusun hasil pengolahan dalam bentuk tertulis seperti berita, non berita ata pendapat.Menyebarluaskan berita, tafsiran, pendapat, foto melalui suratkabar, majalah, radio, televisi atau media lain yang memungkinkan.

  • Produk JurnalistikBerita (berita lempang/straight news, berita bertafsir, berita berkedalaman, dll)Non berita (artikel, feature, tajuk rencana, pojok, karikatur, surat pembaca).Foto jurnalistik (foto berita dan foto human interest)