pelegalan ganja di beberapa negara

Click here to load reader

Post on 24-Jul-2015

84 views

Category:

Education

13 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Bahaya Ganja, Banyak Negara Melegalkannya

PengertianLegalisasi adalah proses membuat sesuatu menjadi legal

Ganja adalah tumbuhan yang menghasilkan serat, namun di dalamnya terdapat kandungan zat narkotika yang terletak pada bijinya, THC yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia.

THC adalah zat psikoaktif yang berefek halusinasi yang terdapat dalam keseluruhan bagian tanaman ganja.Karena kandungan THC inilah, maka setiap orang yang menyalahgunakan ganja akan terkena efek psikoaktif yang sangat membahayakanDi dunia :

Penjelajah Eropa pertama kali memperkenalkan ganja ke dunia pada tahun 1545. Tanaman ini dianggap sangat bermanfaat oleh pemerintah kolonial Jamestown awal tahun 1607 dan mulai dibudidayakan.

Dari abad 17 sampai ke pertengahan abad 20 ganja dianggap sebagai obat rumah tangga yang berguna untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, kram menstruasi, dan sakit gigi. Dari tahun 1913-1938 jenis ganja yang lebih kuat dibudidayakan oleh perusahaan-perusahaan obat Amerika untuk digunakan dalam produk obat mereka. Ganja juga digunakan sebagai bahan baku tali-temali, tali tambang, dan kain layar kala itu.

Setelah Revolusi Meksiko, perdagangan obat-obatan lebih terbuka. Bisnis ini diperluas hingga mencapai pelabuhan New Orleans, di mana waktu itu ganja dijual di pasar gelap untuk penduduk lokal. Tak lama kemudian tren penggunaan ganja sebagai obat menjadi populer.

Di Aceh :

Ganja dibawa ke Aceh dari India pada akhir abad ke 19 ketika Belanda membuka perkebunan kopi di Dataran Tinggi Gayo. Belanda memakai ganja sebagai obat alami untuk menghindari serangan hama pohon kopi atau ulat pada tanaman tembakau. Versi lain mengatakan bahwa bisa jadi tanaman ini dipungut dari daratan Asia lainya.

Di Aceh ganja digunakan untuk penyedap masakan dan pelunak daging.Karena itu kuliner Aceh menjadi identik dengan tanaman ganja.Ciri-ciri orang yang baru memakai ganja untuk pertama kali :

- Mata terlihat merah- Tubuh terasa lemas dan tampak kelelahan- Bola mata menjadi besar- Pikiran seperti berkunang-kunang- Ada perasaan gelisah namun dari luar terlihat senang

Alasan pelegalan ganja di berbagai negara :

1. Sebagai ganja rekreasi2. Gagalnya pemerintahan dalam memberantas peredaran ganja illegal

Efek setelah mengonsumsi ganja tergantung dari lama, jumlah dan cara pemakaian

UU di Indonesia yang melarang legalitas ganjaUndang-undang narkotika No. 22 tahun 1997 dan Pasal 112 UU Narkotika.

Dampak fisik :

Masalah Paru-ParuMenganggu Sistem ReproduksiKerusakan otakMenurunkan kekebalan tubuh Buruk untuk wanita hamil dan menyusui. Terlihat kurus

Dampak Psikis:

Kehilangan kendaliKecanduanDepresiDampak Sosial

Meningkatnya kriminalitasMasuk penjaraRawan kecelakaanMeningkatkan penggunaannarkotika di kalangan anak-anak

View more