paparan pokmas 2014

48
1 PESERTA SOSIALISASI PESERTA SOSIALISASI PERATURAN BUPATI TENTANG PERATURAN BUPATI TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN HIBAH PEDOMAN PELAKSANAAN HIBAH KHUSUS KEUANGAN KEPADA KHUSUS KEUANGAN KEPADA KELOMPOK MASYARAKAT DESA/ KELOMPOK MASYARAKAT DESA/ KELURAHAN ( KELURAHAN ( SPECIFIC BLOCK GRANT SPECIFIC BLOCK GRANT ) ) TAHUN ANGGARAN 2014 TAHUN ANGGARAN 2014 SELAMAT DATANG “ SELAMAT DATANG “ Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Siak

Upload: aditya-prima

Post on 29-Nov-2014

1.191 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Paparan pokmas 2014

1

PESERTA SOSIALISASI PESERTA SOSIALISASI PERATURAN BUPATI TENTANG PERATURAN BUPATI TENTANG

PEDOMAN PELAKSANAAN PEDOMAN PELAKSANAAN HIBAH KHUSUS KEUANGAN HIBAH KHUSUS KEUANGAN

KEPADA KELOMPOK KEPADA KELOMPOK MASYARAKAT DESA/ MASYARAKAT DESA/

KELURAHAN (KELURAHAN (SPECIFIC BLOCK SPECIFIC BLOCK

GRANTGRANT) TAHUN ANGGARAN 2014) TAHUN ANGGARAN 2014

“ “ SELAMAT DATANG “SELAMAT DATANG “

Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Siak

Page 2: Paparan pokmas 2014

2

BAB IBAB IKETENTUAN UMUMKETENTUAN UMUM

Pasal 1Pasal 1 Daerah adalah Daerah adalah Kabupaten SiakKabupaten Siak.. Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan

pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.Indonesia Tahun 1945.

Pemerintah Daerah adalah Bupati dan Perangkat Daerah Pemerintah Daerah adalah Bupati dan Perangkat Daerah sebagai Unsur Penyelenggara Daerah.sebagai Unsur Penyelenggara Daerah.

Kepala Daerah Kepala Daerah adalah Bupati Siak.adalah Bupati Siak. Kecamatan adalah Wilayah Kerja Camat sebagai Kecamatan adalah Wilayah Kerja Camat sebagai

Perangkat Daerah Kabupaten Siak.Perangkat Daerah Kabupaten Siak. Camat adalah Kepala Kecamatan.Camat adalah Kepala Kecamatan.

Page 3: Paparan pokmas 2014

3

Sambungan dari BAB I ............Sambungan dari BAB I ............ Desa atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya Desa atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya

disebut Desa, adalah Kesatuan masyarakat hukum yang disebut Desa, adalah Kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus masyarakat setempat, berdasarkan mengatur dan mengurus masyarakat setempat, berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Republik Indonesia.

Kelurahan adalah Wilayah Kerja Lurah, sebagai Perangkat Kelurahan adalah Wilayah Kerja Lurah, sebagai Perangkat Daerah Kabupaten di bawah Kecamatan. Daerah Kabupaten di bawah Kecamatan.

Anggaran adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Anggaran adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang selanjutnya disingkat APBD Kabupaten Siak.yang selanjutnya disingkat APBD Kabupaten Siak.

Pejabat Pengelola Keuangan Daerah yang selanjutnya Pejabat Pengelola Keuangan Daerah yang selanjutnya disingkat PPKD adalah kepala Satuan Kerja Pengelola disingkat PPKD adalah kepala Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah yang selanjutnya disebut dengan Kepala Keuangan Daerah yang selanjutnya disebut dengan Kepala SKPKD yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaaan SKPKD yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaaan APBD dan bertindak sebagai Bendahara Umum Daerah APBD dan bertindak sebagai Bendahara Umum Daerah (BUD).(BUD).

Page 4: Paparan pokmas 2014

Sambungan dari BAB I ............Sambungan dari BAB I ............

Kuasa PPKD adalah Pejabat di lingkungan DPPKAD Kuasa PPKD adalah Pejabat di lingkungan DPPKAD yang yang diberi wediberi wewenanwenangg untuk melaksanakan tugas untuk melaksanakan tugas Pengelolaan Pengelolaan Anggaran Anggaran Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan (Masyarakat Desa/Kelurahan (Specific Block GrantSpecific Block Grant) Tahun ) Tahun Anggaran 2014.Anggaran 2014.

Pengguna Anggaran adalah Pejabat pemegang Pengguna Anggaran adalah Pejabat pemegang kewenangan Penggunaan Anggaran untuk Melaksanakan kewenangan Penggunaan Anggaran untuk Melaksanakan tugas pokok dan fungsi SKPD yang dipimpinnya.tugas pokok dan fungsi SKPD yang dipimpinnya.

Dokumen Pelaksanaan Anggaran Pejabat Pengelola Dokumen Pelaksanaan Anggaran Pejabat Pengelola Keuangan Daerah selanjutnya disingkat DPA-PPKD Keuangan Daerah selanjutnya disingkat DPA-PPKD adalah Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas adalah Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah selaku Bendahara Umum Daerah.selaku Bendahara Umum Daerah.

4

Page 5: Paparan pokmas 2014

Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan (Masyarakat Desa/Kelurahan (Specific Block GrantSpecific Block Grant) Tahun ) Tahun Anggaran 2014 adalah wujud kepedulian pemerintah Anggaran 2014 adalah wujud kepedulian pemerintah Kabupaten Siak untuk meningkatkan partisipasi Kabupaten Siak untuk meningkatkan partisipasi masyarakat guna mempercepat, memeratakan, masyarakat guna mempercepat, memeratakan, menyebarluaskan dan menyelesaikan masalah menyebarluaskan dan menyelesaikan masalah kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana fisik kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana fisik berupa fasilitas umum dan fasilitas sosial di setiap berupa fasilitas umum dan fasilitas sosial di setiap Desa/Kelurahan yang dikoordinasikan oleh Camat.Desa/Kelurahan yang dikoordinasikan oleh Camat.

Tim Pembina Kabupaten Pelaksanaan Hibah Khusus Tim Pembina Kabupaten Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan ((Specific Block GrantSpecific Block Grant) Tahun Anggaran 2014 adalah Tim ) Tahun Anggaran 2014 adalah Tim yang bertugas menyiapkan dan mengkoordinir yang bertugas menyiapkan dan mengkoordinir pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan (Masyarakat Desa/Kelurahan (Specific Block GrantSpecific Block Grant) Tahun ) Tahun Anggaran 2014 di tingkat Kabupaten yang ditetapkan Anggaran 2014 di tingkat Kabupaten yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati.dengan Keputusan Bupati.

5

Sambungan dari BAB I ............Sambungan dari BAB I ............

Page 6: Paparan pokmas 2014

Tim Pengendali Kecamatan Pelaksanaan Hibah Khusus Tim Pengendali Kecamatan Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan ((Specific Block GrantSpecific Block Grant) Tahun Anggaran 2014 adalah Tim ) Tahun Anggaran 2014 adalah Tim di tingkat Kecamatan yang ditetapkan dengan Keputusan di tingkat Kecamatan yang ditetapkan dengan Keputusan Camat.Camat.

Tim Pengendali Desa/Kelurahan Pelaksanaan Hibah Tim Pengendali Desa/Kelurahan Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan (Desa/Kelurahan (Specific Block GrantSpecific Block Grant) Tahun Anggaran ) Tahun Anggaran 2014 adalah Tim di tingkat Desa/Kelurahan yang 2014 adalah Tim di tingkat Desa/Kelurahan yang ditetapkan dengan Keputusan Camat.ditetapkan dengan Keputusan Camat.

Kelompok Masyarakat Penerima Hibah yang Kelompok Masyarakat Penerima Hibah yang selanjutnya selanjutnya disebut POKMAS adalah Kelompok Penerima Hibah dan disebut POKMAS adalah Kelompok Penerima Hibah dan Pelaksana Hibah yang dibentuk melalui musyawarah Pelaksana Hibah yang dibentuk melalui musyawarah Masyarakat Desa/Kelurahan diusulkan oleh Kepala Masyarakat Desa/Kelurahan diusulkan oleh Kepala Desa/Lurah diketahui oleh Camat.Desa/Lurah diketahui oleh Camat.

6

Sambungan dari BAB I ............Sambungan dari BAB I ............

Page 7: Paparan pokmas 2014

Persyaratan anggota dan/atau pengurus POKMAS Persyaratan anggota dan/atau pengurus POKMAS meliputi :meliputi :

Warga Desa/Kelurahan setempat, terutama yang dikenal Warga Desa/Kelurahan setempat, terutama yang dikenal dan mengenal sebagian besar warga Desa/Kelurahan.dan mengenal sebagian besar warga Desa/Kelurahan.

Mempunyai cukup waktu untuk melaksanakan tugasnya.Mempunyai cukup waktu untuk melaksanakan tugasnya. Mempunyai pengetahuan dan kemampuan tentang arah Mempunyai pengetahuan dan kemampuan tentang arah

pembangunan Desa/Kelurahan, serta peduli terhadap pembangunan Desa/Kelurahan, serta peduli terhadap pembangunan di Desa/ Kelurahannya.pembangunan di Desa/ Kelurahannya.

Belum pernah menjadi pengurus POKMAS bantuan Belum pernah menjadi pengurus POKMAS bantuan Hibah sebelumnya.Hibah sebelumnya.

Tidak berstatus PNS/CPNS, Polri/TNI dan bukan Tidak berstatus PNS/CPNS, Polri/TNI dan bukan Perangkat/ Pegawai Desa/Kelurahan; Perangkat/ Pegawai Desa/Kelurahan;

Tidak sedang menjalani proses hukum Tidak sedang menjalani proses hukum (tersangka/terdakwa/ terpidana) di pengadilan; (tersangka/terdakwa/ terpidana) di pengadilan;

Bukan Ketua atau Anggota BPD;Bukan Ketua atau Anggota BPD; Bisa baca tulis.Bisa baca tulis.

7

Page 8: Paparan pokmas 2014

SIKLUS PERENCANAAN & PENGANGGARAN TAHUNAN

Pembahasan & Pembahasan & Kesepakaan Kesepakaan KUAKUA antara KDH dgn DPRD (Juni) antara KDH dgn DPRD (Juni)

Pembahasan dan Kesepakatan PPAS antara

KDH dgn DPRD (Juni)Penyusunan RKA-SKPD

& RAPBD (Juli-September)

Pembahasan dan persetujuan

Rancangan APBD dgn DPRD

(Oktober-November)

Penetapan Perda APBD

(Desember)

Penetapan RKPD(Mei)

Musrenbang Kab/Kota(Maret)

Forum SKPDPenyusunan Renja SKPD

Kab/Kota (Maret)

Musrenbang Kecamatan(Februari)

Musrenbang Desa

(Januari)Penyusunan DPA SKPD (Desember)

11

22

33

44

55

66

77

88

99

1111

1122

1100

1133

Pelaksanaan APBDJanuari thn berikutnya

Evaluasi Rancangan Perda APBD (Desember)

8

Page 9: Paparan pokmas 2014

DASAR HUKUMDASAR HUKUM HIBAH HIBAH

1. UU 17/2003 tentang Keuangan Negara2. UU 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara3. UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah4. UU 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional5. UU 11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial 6. PP 58/2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah7. PP 2/2012 tentang Hibah Daerah 8. PERPRES Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan

Barang/Jasa Pemerintah9. PERMENDAGRI 13/2006 tentang Pengelolaan Keuangan

Daerah10.PERMENDAGRI 21/2011 tentang Perubahan Kedua atas

PERMENDAGRI 13/200611.PERMENDAGRI 32/2011 tentang Pedoman Pemberian

Hibah dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari APBD12.PERMENDAGRI 39/2012 tentang Perubahan atas

PERMENDAGRI 32/2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari APBD.

9

Page 10: Paparan pokmas 2014

Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP)Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) KPP adalah organisasi warga masyarakat yang terdiri KPP adalah organisasi warga masyarakat yang terdiri

dari unsur Desa/Kelurahan (selain Kepala Desa/ dari unsur Desa/Kelurahan (selain Kepala Desa/ Lurah), perwakilan masyarakat setempat yang Lurah), perwakilan masyarakat setempat yang berkepentingan selaku pengguna/pemanfaat.berkepentingan selaku pengguna/pemanfaat.

KPP dibentuk berdasarkan musyawarah Desa/ KPP dibentuk berdasarkan musyawarah Desa/ Kelurahan yang pembentukkannya difasilitasi oleh Kelurahan yang pembentukkannya difasilitasi oleh PPK (Petugas Pendamping Kecamatan), disahkan oleh PPK (Petugas Pendamping Kecamatan), disahkan oleh Kepala Desa/Lurah dan diketahui oleh Camat.Kepala Desa/Lurah dan diketahui oleh Camat.

KPP bertugas mengawasi pelaksanaan fisik dan KPP bertugas mengawasi pelaksanaan fisik dan melaksanakan pengelolaan prasarana (pemanfaatan, melaksanakan pengelolaan prasarana (pemanfaatan, rehabilitasi, dan pengembangan) hasil kegiatan.rehabilitasi, dan pengembangan) hasil kegiatan.

10

Page 11: Paparan pokmas 2014

Petugas Pendamping Kecamatan yang selanjutnya Petugas Pendamping Kecamatan yang selanjutnya disebut PPK adalah petugas yang bertanggung jawab disebut PPK adalah petugas yang bertanggung jawab memberikan dukungan teknis dan pendampingan dalam memberikan dukungan teknis dan pendampingan dalam pelaksanaan di tingkat kecamatan yang dilaksanakan pelaksanaan di tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pekerjaan Umum dan atau Kepala Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum dan atau Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tata Ruang dan Cipta Karya. Susunan PPK Dinas (UPTD) Tata Ruang dan Cipta Karya. Susunan PPK ditetapkan oleh Camat.ditetapkan oleh Camat.

Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara selanjutnya Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara selanjutnya disebut KPP adalah Organisasi warga masyarakat yang disebut KPP adalah Organisasi warga masyarakat yang terdiri dari unsur Desa/Kelurahan (selain Kepala terdiri dari unsur Desa/Kelurahan (selain Kepala Desa/Lurah), wakil masyarakat setempat, yang Desa/Lurah), wakil masyarakat setempat, yang berkepentingan selaku pengguna/pemanfaat, dibentuk berkepentingan selaku pengguna/pemanfaat, dibentuk berdasarkan musyawarah Desa/Kelurahan.berdasarkan musyawarah Desa/Kelurahan.

11

Sambungan dari BAB I ............Sambungan dari BAB I ............

Page 12: Paparan pokmas 2014

BAB IIBAB II MAKSUD DAN TUJUAN MAKSUD DAN TUJUAN

Pasal 2Pasal 2

Maksud Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Maksud Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan adalah meningkatkan partisipasi Desa/Kelurahan adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan, rehabilitasi masyarakat dalam percepatan pembangunan, rehabilitasi dan perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang dan perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang dilaksanakan oleh POKMAS.dilaksanakan oleh POKMAS.

Tujuan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Tujuan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan adalah untuk mempercepat pemerataan, Desa/Kelurahan adalah untuk mempercepat pemerataan, menyebarluaskan dan menyelesaikan masalah kebutuhan menyebarluaskan dan menyelesaikan masalah kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana fisik berupa fasilitas pembangunan sarana dan prasarana fisik berupa fasilitas umum dan fasilitas sosial di setiap Desa/Kelurahan.umum dan fasilitas sosial di setiap Desa/Kelurahan.

12

Page 13: Paparan pokmas 2014

BAB IIIBAB IIIANGGARAN BIAYA HIBAH ANGGARAN BIAYA HIBAH

Bagian KesatuBagian Kesatu Jumlah dan Sifat HibahJumlah dan Sifat Hibah

  Pasal 3Pasal 3

Pemerintah Kabupaten Siak Mengalokasikan Dana Hibah Pemerintah Kabupaten Siak Mengalokasikan Dana Hibah Khusus Keuangan sebesar Rp.450.000.000,-(empatKhusus Keuangan sebesar Rp.450.000.000,-(empat ratus ratus lima puluh juta lima puluh juta rupiah) per Desa dan Rp.500.000.000,-rupiah) per Desa dan Rp.500.000.000,-(lima ratus ribu juta rupiah) per Kelurahan dalam (lima ratus ribu juta rupiah) per Kelurahan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) selaku PPKD;(DPPKAD) selaku PPKD;

Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan kepada POKMAS Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan kepada POKMAS Desa/Kelurahan oleh Pemerintah Kabupaten Siak bersifat Desa/Kelurahan oleh Pemerintah Kabupaten Siak bersifat hibah khusus hibah khusus (Specific Block Grant)(Specific Block Grant), yang kegiatannya , yang kegiatannya tidak dianggarkan dalam program/kegiatan lainnya.tidak dianggarkan dalam program/kegiatan lainnya.

13

Page 14: Paparan pokmas 2014

Bagian Kedua Bagian Kedua Biaya PengelolaanBiaya Pengelolaan

Pasal 4Pasal 4

Biaya pengelolaan adalah biaya yang dapat diberikan Biaya pengelolaan adalah biaya yang dapat diberikan kepada Tim Pengendali Kecamatan dan Tim Pengendali kepada Tim Pengendali Kecamatan dan Tim Pengendali Desa/Kelurahan.Desa/Kelurahan.

Biaya Pengelolaan dimaksud adalah untuk membiayai Biaya Pengelolaan dimaksud adalah untuk membiayai administrasi, operasional, monitoring dan pelaporan administrasi, operasional, monitoring dan pelaporan mulai tahap persiapan sampai dengan pelaksanaanmulai tahap persiapan sampai dengan pelaksanaan dan dan pertangungjawabanpertangungjawaban termasuk biaya Petugas termasuk biaya Petugas Pendamping Kecamatan (PPK). Pendamping Kecamatan (PPK).

Rincian dan alokasi Biaya pengelolaan dianggarkan Rincian dan alokasi Biaya pengelolaan dianggarkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kecamatan.Kecamatan.

14

Page 15: Paparan pokmas 2014

Bagian Ketiga Bagian Ketiga Ruang Lingkup Ruang Lingkup

Pasal 5Pasal 5 Ruang lingkup Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Ruang lingkup Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS

Desa/Kelurahan adalah hibah Keuangan yang diberikan Desa/Kelurahan adalah hibah Keuangan yang diberikan kepada masyarakat Desa/Kelurahan yang dilaksanakan kepada masyarakat Desa/Kelurahan yang dilaksanakan oleh POKMAS untuk pembangunan konstruksi sederhana, oleh POKMAS untuk pembangunan konstruksi sederhana, rehabilitasi sarana dan prasarana di Desa/Kelurahan rehabilitasi sarana dan prasarana di Desa/Kelurahan dalam Wilayah Kecamatan se-Kabupaten Siakdalam Wilayah Kecamatan se-Kabupaten Siak

Sasaran kegiatan/ruang lingkup Hibah Khusus Keuangan Sasaran kegiatan/ruang lingkup Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan adalah pembangunan/ Kepada POKMAS Desa/Kelurahan adalah pembangunan/ rehabilitasi sarana dan prasarana fasilitas umum dan rehabilitasi sarana dan prasarana fasilitas umum dan fasilitas sosial di lingkungan Desa/Kelurahan, fasilitas sosial di lingkungan Desa/Kelurahan, sepertiseperti:: MDA/TPA;MDA/TPA; PAUD;PAUD; Posyandu;Posyandu; Pembangunan Ruang Pos Cegah Dini Trantibmas;Pembangunan Ruang Pos Cegah Dini Trantibmas; Pembangunan Perpustakaan Desa;Pembangunan Perpustakaan Desa; dan lain-lain.dan lain-lain. 15

Page 16: Paparan pokmas 2014

BAB IVBAB IV FUNGSI PELAKSANAAN HIBAH FUNGSI PELAKSANAAN HIBAH

Pasal 6Pasal 6

Fungsi Kegiatan Hibah Khusus Keuangan Kepada Fungsi Kegiatan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMASPOKMAS Desa/Kelurahan adalah: Desa/Kelurahan adalah:

memberdayakan peran serta aktif masyarakat dalam memberdayakan peran serta aktif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan Desa/Kelurahan;pelaksanaan pembangunan Desa/Kelurahan;

memperbaiki, melengkapi dan atau membangun fasilitas memperbaiki, melengkapi dan atau membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial;umum dan fasilitas sosial;

menunjang pelaksanaan kegiatan ekonomi masyarakat menunjang pelaksanaan kegiatan ekonomi masyarakat dan menunjang program ekonomi kerakyatan; dan menunjang program ekonomi kerakyatan;

mengatasi masalah pengangguran dan kesempatan mengatasi masalah pengangguran dan kesempatan kerja masyarakat dan meningkatkan partisipasi aktif kerja masyarakat dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat; danmasyarakat; dan

membuka isolasi dan memperlancar transportasi di membuka isolasi dan memperlancar transportasi di Desa, serta antar Desa/Kelurahan.Desa, serta antar Desa/Kelurahan.

16

Page 17: Paparan pokmas 2014

BAB VBAB VORGANISASI PELAKSANA HIBAHORGANISASI PELAKSANA HIBAH

Bagian KesatuBagian KesatuPelaksana Hibah Pelaksana Hibah

Pasal 7Pasal 7

Organisasi pelaksana Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Organisasi pelaksana Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan adalah:Desa/Kelurahan adalah:

Tingkat Kabupaten dibentuk Tim Pembina Tingkat Kabupaten dibentuk Tim Pembina Kabupaten Kabupaten Hibah Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan, yang Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan, yang keanggotaannya ditetapkan dengan Keputusan Bupati;keanggotaannya ditetapkan dengan Keputusan Bupati;

Tingkat Kecamatan dibentuk Tim Pengendali Kecamatan, yang Tingkat Kecamatan dibentuk Tim Pengendali Kecamatan, yang keanggotaannya ditetapkan dengan Keputusan Camat;keanggotaannya ditetapkan dengan Keputusan Camat; dandan

Tingkat Desa/Kelurahan dibentuk :Tingkat Desa/Kelurahan dibentuk : Tim Pengendali Desa/Kelurahan yang keanggotaannya Tim Pengendali Desa/Kelurahan yang keanggotaannya

ditetapkan dengan Keputusan Camat; danditetapkan dengan Keputusan Camat; dan Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan sebagai penerima Hibah Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan sebagai penerima Hibah

dan pelaksana kegiatan dibentuk melalui musyawarah dan pelaksana kegiatan dibentuk melalui musyawarah Desa/Kelurahan, dan diusulkan oleh Kepala Desa/Lurah untuk Desa/Kelurahan, dan diusulkan oleh Kepala Desa/Lurah untuk ditetapkan dengan Keputusan Camat.ditetapkan dengan Keputusan Camat.

17

Page 18: Paparan pokmas 2014

Bagian KeduaBagian KeduaTugas dan Tanggung Jawab PPKD/Kuasa PPKD Tugas dan Tanggung Jawab PPKD/Kuasa PPKD

Pasal 8Pasal 8

Tugas Kepala Dinas PPKAD selaku PPKD dalam Tugas Kepala Dinas PPKAD selaku PPKD dalam pelaksanaan pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan Desa/Kelurahan adalah:adalah:

a.a. melakukan pengendalian terhadap proses melakukan pengendalian terhadap proses permintaaan pembayaran dan pencairan Hibah permintaaan pembayaran dan pencairan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/KelurahanKhusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;

b. b. menandatangani SPM; danmenandatangani SPM; dan

c.c. bertanggung jawab atas pelaksanaan tugasnya bertanggung jawab atas pelaksanaan tugasnya kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

PPKD dapat melimpahkan seluruh atau sebagian PPKD dapat melimpahkan seluruh atau sebagian kewenangannya kepada Kuasa PPKD.kewenangannya kepada Kuasa PPKD.

18

Page 19: Paparan pokmas 2014

BAB VIBAB VIPENCAIRAN DANAPENCAIRAN DANA

Bagian KesatuBagian KesatuPenetapan Penerima Hibah Penetapan Penerima Hibah

Pasal 9Pasal 9

Bupati menetapkan daftar penerima hibah beserta Bupati menetapkan daftar penerima hibah beserta besaran uang yang akan dihibahkan dengan Keputusan besaran uang yang akan dihibahkan dengan Keputusan Bupati.Bupati.

Daftar Penerima Hibah sebagaimana dimaksud ayat (1) Daftar Penerima Hibah sebagaimana dimaksud ayat (1) menjadi dasar pengeluaran/penyerahan hibah.menjadi dasar pengeluaran/penyerahan hibah.

19

Page 20: Paparan pokmas 2014

Bagian KeduaBagian KeduaPenandatanganan Naskah Perjanjian Hibah DaerahPenandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah

Pasal 10Pasal 10

Naskah Perjanjian Hibah Daerah Kepada Kelompok Naskah Perjanjian Hibah Daerah Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan ditandatangani oleh Masyarakat Desa/Kelurahan ditandatangani oleh Bupati dan Kelompok Masyarakat. Bupati dan Kelompok Masyarakat.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Kepada Kelompok Masyarakat oleh Bupati dapat Kepada Kelompok Masyarakat oleh Bupati dapat dilimpahkan kepada Sekretaris Daerah.dilimpahkan kepada Sekretaris Daerah.

Pengeluaran Hibah dari Pemerintah Daerah kepada Pengeluaran Hibah dari Pemerintah Daerah kepada Penerima Hibah dilakukan setelah penandatanganan Penerima Hibah dilakukan setelah penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah.Naskah Perjanjian Hibah.

20

Page 21: Paparan pokmas 2014

6)6) Pengajuan pencairan dana oleh POKMAS dilakukan dalam 3 (tiga) Pengajuan pencairan dana oleh POKMAS dilakukan dalam 3 (tiga) tahap, yaitu:tahap, yaitu: Tahap Pertama diberikan sebesar 40% (empat puluh perseratus) Tahap Pertama diberikan sebesar 40% (empat puluh perseratus)

dari keseluruhan dana apabila organisasi pelaksanaan penerima dari keseluruhan dana apabila organisasi pelaksanaan penerima hibah telah siap melaksanakan kegiatan dan telah mempunyai hibah telah siap melaksanakan kegiatan dan telah mempunyai rencana pelaksanaan pekerjaan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) rencana pelaksanaan pekerjaan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang akan dilaksanakan dengan diketahui oleh Kepala Desa/Lurah, yang akan dilaksanakan dengan diketahui oleh Kepala Desa/Lurah, Kepala UPT Dinas PU/ UPT Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya dan Kepala UPT Dinas PU/ UPT Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya dan disetujui oleh Camat setempat. disetujui oleh Camat setempat.

Tahap Kedua diberikan sebesar 30% (tiga puluh perseratus) dari Tahap Kedua diberikan sebesar 30% (tiga puluh perseratus) dari keseluruhan dana apabila pekerjaan telah mencapai 30% (tiga keseluruhan dana apabila pekerjaan telah mencapai 30% (tiga puluh perseratus) sesuai laporan oleh pelaksana swakelola atau puluh perseratus) sesuai laporan oleh pelaksana swakelola atau POKMAS kepada Camat, setelah memperhatikan laporan dari POKMAS kepada Camat, setelah memperhatikan laporan dari Petugas Pendamping Kecamatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Petugas Pendamping Kecamatan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PU dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tata Ruang dan (UPTD) PU dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tata Ruang dan Cipta Karya.Cipta Karya.

Tahap Ketiga diberikan sebesar 30% (tiga puluh perseratus) dari Tahap Ketiga diberikan sebesar 30% (tiga puluh perseratus) dari keseluruhan dana apabila pekerjaan telah mencapai 60% (enam keseluruhan dana apabila pekerjaan telah mencapai 60% (enam puluh perseratus) sesuai laporan oleh pelaksana swakelola atau puluh perseratus) sesuai laporan oleh pelaksana swakelola atau POKMAS kepada Camat, setelah memperhatikan laporan dari POKMAS kepada Camat, setelah memperhatikan laporan dari Petugas Pendamping Kecamatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Petugas Pendamping Kecamatan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PU dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tata Ruang dan (UPTD) PU dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tata Ruang dan Cipta Karya.Cipta Karya.

21

Sambungan .............Sambungan .............

Page 22: Paparan pokmas 2014

DATA POKMAS KAB. SIAKDATA POKMAS KAB. SIAK

TAHU

N

DESA/KEL POKMA

S

HIBAH SWADAYA JUMLAH

2006 113 236

13.000.000.000

1.795.765.375 14.795.765.375

2007 113 625

66.000.000.000

4.484.845.674 70.484.845.674

2008 113 601

71.000.000.000

6.074.810.077 77.074.810.077

2009 113 470

50.000.000.000

4.985.071.838 54.985.071.838

2010 128 513

50.000.000.000

0  50.000.000.000

2011 129 513

50.000.000.000

0  50.000.000.000

2012 129 490

58.050.000.000

0  58.050.000.000

2013 129 508

58.500.000.000

2.000.069.400 60.500.069.400

2014 131 58759.265.000.00

00 59.265.000.00

0

JUMLAH

475.815.000.000

19.340.562.364

495.155.562.364

Page 23: Paparan pokmas 2014

CATATAN ALOKASI DANA CATATAN ALOKASI DANA POKMASPOKMAS

1.1. Mulai dari Tahun 2006 alokasi dana pokmas Rp.1 M / Mulai dari Tahun 2006 alokasi dana pokmas Rp.1 M / Kecamatan Kecamatan

2.2. Tahun 2007 alokasi dana Pokmas Rp. 5 M / Kecamatan Tahun 2007 alokasi dana Pokmas Rp. 5 M / Kecamatan

3.3. Tahun 2008 alokasi dana Pokmas Rp. 5 M / Kecamatan + Tahun 2008 alokasi dana Pokmas Rp. 5 M / Kecamatan + Bonus bagi Kecamatan terbaik Bonus bagi Kecamatan terbaik

4.4. Tahun 2009 alokasi dana Pokmas Rp. 3,5 M / Kecamatan + Tahun 2009 alokasi dana Pokmas Rp. 3,5 M / Kecamatan + Bonus bagi Kecamatan terbaik Bonus bagi Kecamatan terbaik

5.5. Tahun 2010 alokasi dana Pokmas Rp. 3,5 M / Kecamatan + Tahun 2010 alokasi dana Pokmas Rp. 3,5 M / Kecamatan + Bonus bagi Kecamatan terbaik Bonus bagi Kecamatan terbaik

6.6. Tahun 2011 alokasi dana Pokmas Rp. 3,5 M / Kecamatan + Tahun 2011 alokasi dana Pokmas Rp. 3,5 M / Kecamatan + Bonus bagi Kecamatan terbaik Bonus bagi Kecamatan terbaik

7.7. Tahun 2012 alokasi dana Pokmas Perdesa/Kelurahan Tahun 2012 alokasi dana Pokmas Perdesa/Kelurahan Rp.450 Jt + Bonus bagi Kecamatan terbaik Rp.450 Jt + Bonus bagi Kecamatan terbaik

8.8. Tahun 201Tahun 20133 alokasi dana Pokmas Perdesa/Kelurahan alokasi dana Pokmas Perdesa/Kelurahan Rp.4Rp.45050 Jt Jt/Rp.500 Jt /Rp.500 Jt + Bonus bagi Kecamatan terbaik+ Bonus bagi Kecamatan terbaik

Page 24: Paparan pokmas 2014

RENCANA ALOKASI RENCANA ALOKASI 20132013

450.000.000,- PER DESA450.000.000,- PER DESA 500.000.000,- PER KELURAHAN500.000.000,- PER KELURAHAN JUMLAH KELURAHANJUMLAH KELURAHAN : 9 : 9

KELURAHANKELURAHAN JUMLAH DESA JUMLAH DESA : 122 DESA: 122 DESA

Page 25: Paparan pokmas 2014

BBAB VIIAB VIIPELAPORAN, PENGAWASAN DAN EVALUASIPELAPORAN, PENGAWASAN DAN EVALUASI

Bagian Kesatu Bagian Kesatu PelaporanPelaporanPasal 11Pasal 11

POKMAS selaku penerima hibah bertanggung jawab POKMAS selaku penerima hibah bertanggung jawab secara formal dan material atas penggunaan hibah yang secara formal dan material atas penggunaan hibah yang diterimanya.diterimanya.

POKMAS wajib menyampaikan laporan pelaksanaan yang POKMAS wajib menyampaikan laporan pelaksanaan yang meliputi realisasi fisik dan keuangan kepada Tim meliputi realisasi fisik dan keuangan kepada Tim Pengendali Kecamatan sekurang-kurangnya pada kondisi Pengendali Kecamatan sekurang-kurangnya pada kondisi fisik 30%, 60% dan 100%; fisik 30%, 60% dan 100%;

Tim Pengendali Desa/Kelurahan wajib menyampaikan Tim Pengendali Desa/Kelurahan wajib menyampaikan laporan realisasi fisik dan keuangan kepada Bupati Cq. laporan realisasi fisik dan keuangan kepada Bupati Cq. Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah paling lambat setiap tanggal 10 (sepuluh) bulan paling lambat setiap tanggal 10 (sepuluh) bulan berikutnya.berikutnya.

25

Page 26: Paparan pokmas 2014

Bagian Kedua Bagian Kedua Pengawasan dan EvaluasiPengawasan dan Evaluasi

Pasal 12Pasal 12

Pengawasan dilakukan oleh masyarakat, Tim Pengendali Pengawasan dilakukan oleh masyarakat, Tim Pengendali Desa/Kelurahan, Tim Pengendali Kecamatan dan Tim Desa/Kelurahan, Tim Pengendali Kecamatan dan Tim Pembina Kabupaten Hibah Khusus Keuangan Kepada Pembina Kabupaten Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan Kabupaten Siak.POKMAS Desa/Kelurahan Kabupaten Siak.

Hasil pengawasan digunakan sebagai bahan evaluasi Hasil pengawasan digunakan sebagai bahan evaluasi Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan.Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan.

Evaluasi dilakukan oleh Tim Pembina Kabupaten Hibah Evaluasi dilakukan oleh Tim Pembina Kabupaten Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan Kabupaten Siak.Kabupaten Siak.

Aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dan/atau Aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dan/atau Inspektorat Kabupaten Siak dapat melakukan pengawasan Inspektorat Kabupaten Siak dapat melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap pertanggungjawaban keuangan dan pemeriksaan terhadap pertanggungjawaban keuangan dan fisik kegiatan yang dilakukan POKMAS sesuai dengan dan fisik kegiatan yang dilakukan POKMAS sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.peraturan perundang-undangan yang berlaku.

26

Page 27: Paparan pokmas 2014

TUGAS TUGAS PEMERINTAH KABUPATENPEMERINTAH KABUPATEN

Membentuk Membentuk Tim Pembina Tim Pembina Kabupaten yang Kabupaten yang Keanggotaannya Keanggotaannya terdiri dari unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terdiri dari unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati;yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati;

Menetapkan Pedoman Hibah Khusus Keuangan Kepada Menetapkan Pedoman Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/KelurahanPOKMAS Desa/Kelurahan;;

Menetapkan POKMAS Penerima HMenetapkan POKMAS Penerima Hibah berdasarkan usulan ibah berdasarkan usulan Tim Pembina Kabupaten.Tim Pembina Kabupaten.

TUGAS TIM PEMBINA KABUPATENTUGAS TIM PEMBINA KABUPATEN

Tim Pembina Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Tim Pembina Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan dibentuk oleh Bupati dan dalam Desa/Kelurahan dibentuk oleh Bupati dan dalam pelaksanaan tugasnya berada dibawah koordinasi Sekretaris pelaksanaan tugasnya berada dibawah koordinasi Sekretaris Daerah yang sehari-harinya dilaksanakan oleh Asisten Daerah yang sehari-harinya dilaksanakan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak.Daerah Kabupaten Siak.

27

Page 28: Paparan pokmas 2014

Tim Pembina Kabupaten bertugas :Tim Pembina Kabupaten bertugas : Melaksanakan perencanaan, pemantauan, pengendalian dan Melaksanakan perencanaan, pemantauan, pengendalian dan

evaluasi program dan menyampaikan laporan pelaksanaan evaluasi program dan menyampaikan laporan pelaksanaan program kepada Bupati secara berkala.program kepada Bupati secara berkala.

Melakukan verifikasi akhir terhadap Calon POKMAS Desa/Kelurahan Melakukan verifikasi akhir terhadap Calon POKMAS Desa/Kelurahan penerima Hibah Khusus Keuangan yang diusulkan oleh penerima Hibah Khusus Keuangan yang diusulkan oleh Penanggungjawab Tim Pengendali Kecamatan (Camat) termasuk Penanggungjawab Tim Pengendali Kecamatan (Camat) termasuk namun tidak terbatas pada kunjungan lapangan (survey) calon namun tidak terbatas pada kunjungan lapangan (survey) calon kegiatan yang diusulkan.kegiatan yang diusulkan.

Menatausahakan kertas kerja hasil evaluasi akhir Calon POKMAS Menatausahakan kertas kerja hasil evaluasi akhir Calon POKMAS Desa/Kelurahan penerima Hibah Khusus Keuangan yang diusulkan Desa/Kelurahan penerima Hibah Khusus Keuangan yang diusulkan oleh oleh Penanggungjawa Tim Pengendali Kecamatan (Camat) oleh oleh Penanggungjawa Tim Pengendali Kecamatan (Camat) dan dokumen pemberian hibah lainnya secara tertib.dan dokumen pemberian hibah lainnya secara tertib.

Mengusulkan kepada Bupati Kabupaten Siak Calon POKMAS Mengusulkan kepada Bupati Kabupaten Siak Calon POKMAS Desa/Kelurahan penerima Hibah Khusus Keuangan untuk Desa/Kelurahan penerima Hibah Khusus Keuangan untuk ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan Bupati. ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan Bupati.

Menyelenggarakan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Menyelenggarakan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan termasuk melakukan koordinasi dengan satuan Desa/Kelurahan termasuk melakukan koordinasi dengan satuan kerja terkait.kerja terkait.

Mensosialisasikan Pedoman Hibah Khusus Keuangan Kepada Mensosialisasikan Pedoman Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan kepada Tim Pengendali Kecamatan, Tim POKMAS Desa/Kelurahan kepada Tim Pengendali Kecamatan, Tim Pengendali Desa/Kelurahan, BPD, LPMD, dan Tokoh masyarakat.Pengendali Desa/Kelurahan, BPD, LPMD, dan Tokoh masyarakat.

28

Sambungan ..........Sambungan ..........

Page 29: Paparan pokmas 2014

TIM PETIM PENGENDALINGENDALI KECAMATAN KECAMATAN Tim Pengendali Kecamatan ditetapkan oleh Camat, bertugas sebagai Tim Pengendali Kecamatan ditetapkan oleh Camat, bertugas sebagai

pengendali pelaksana Hibah di wilayah kerja Kecamatan, pengendali pelaksana Hibah di wilayah kerja Kecamatan, Tim PeTim Pengendalingendali Kecamatan Terdiri dari : Kecamatan Terdiri dari : Camat selaku Penanggung jawab, Camat selaku Penanggung jawab, Sekretaris Kecamatan selaku Ketua,Sekretaris Kecamatan selaku Ketua, Kasi PMD selaku Sekretaris,Kasi PMD selaku Sekretaris, UPT Dinas PU/UPT Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya sebagai UPT Dinas PU/UPT Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya sebagai

anggota. anggota. Peran dan Fungsi Tim PePeran dan Fungsi Tim Pengendalingendali Kecamatan adalah sebagai : Kecamatan adalah sebagai :

Pemberi pertimbangan (Pemberi pertimbangan (aadvisory agencydvisory agency) dalam penetapan usulan ) dalam penetapan usulan Desa/Kelurahan yang diterima atau ditolak.Desa/Kelurahan yang diterima atau ditolak.

Pengontrol (Pengontrol (ccontroling ontroling aagencygency) dalam rangka transparansi dan ) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pembangunan oleh Desa/Kelurahan.akuntabilitas pelaksanaan pembangunan oleh Desa/Kelurahan.

Mediator antara kecamatan dengan masyarakat penerima hibah.Mediator antara kecamatan dengan masyarakat penerima hibah.

29

Page 30: Paparan pokmas 2014

TUGAS TUGAS TIM PETIM PENGENDALINGENDALI KECAMATAN KECAMATAN Mensosialisasikan kepada masyarakat Desa/Kelurahan Mensosialisasikan kepada masyarakat Desa/Kelurahan

pedoman pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan kepada pedoman pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan kepada POKMAS Desa/Kelurahan.POKMAS Desa/Kelurahan.

Memfasilitasi penyelenggaraan pertemuan musyawarah Memfasilitasi penyelenggaraan pertemuan musyawarah Desa/Kelurahan.Desa/Kelurahan.

Membantu proses perencanaan kegiatan yang dibuat oleh Membantu proses perencanaan kegiatan yang dibuat oleh POKMASPOKMAS..

Memantau penerapan prinsip-prinsip Hibah Khusus Memantau penerapan prinsip-prinsip Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan dan Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan dan membantu penyelesaian masalah yang timbul.membantu penyelesaian masalah yang timbul.

Melakukan verifikasi terhadap dokumen usulan kegiatan Melakukan verifikasi terhadap dokumen usulan kegiatan yang disampaikan oleh POKMAS. yang disampaikan oleh POKMAS.

Menatausahakan semua dokumen penyelenggaraan Menatausahakan semua dokumen penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi pemberian hibah khusus keuangan secara tertib.pemberian hibah khusus keuangan secara tertib.

Mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Siak c.q. Tim Mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Siak c.q. Tim Pembina Kabupaten Siak Pembina Kabupaten Siak Calon POKMAS Desa/Kelurahan Calon POKMAS Desa/Kelurahan penerima Hibah Khusus Keuanganpenerima Hibah Khusus Keuangan 30

Page 31: Paparan pokmas 2014

KEPALA DESA/LURAHKEPALA DESA/LURAH

Membentuk Tim Pengendali Desa/Kelurahan dan Membentuk Tim Pengendali Desa/Kelurahan dan mengusulkan kepada Kecamatan untuk ditetapkan.mengusulkan kepada Kecamatan untuk ditetapkan.

Menyelenggarakan Musyawarah Desa/Kelurahan Menyelenggarakan Musyawarah Desa/Kelurahan (Sosialisasi dan Pembentukan POKMAS.(Sosialisasi dan Pembentukan POKMAS.

Menjamin terbentuknya POKMAS melalui forum Menjamin terbentuknya POKMAS melalui forum musyawarah Desa/ Kelurahan.musyawarah Desa/ Kelurahan.

Mengetahui hasil perencanaan dan hasil pelaksanaan Mengetahui hasil perencanaan dan hasil pelaksanaan kegiatan.kegiatan.

Menerima prasarana hasil kegiatan dari POKMAS dan Menerima prasarana hasil kegiatan dari POKMAS dan meneruskan pengelolaannya kepada masyarakat melalui meneruskan pengelolaannya kepada masyarakat melalui Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP).Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP).

31

Page 32: Paparan pokmas 2014

TIM PETIM PENGENDALI NGENDALI DESA/KELURAHANDESA/KELURAHAN

Tim Pengendali Desa/Kelurahan ditetapkan oleh Camat Tim Pengendali Desa/Kelurahan ditetapkan oleh Camat atas usulan Kepala Desa/Lurah, bertugas sebagai atas usulan Kepala Desa/Lurah, bertugas sebagai pengendali pelaksana Hibah di Desa/Kelurahan.pengendali pelaksana Hibah di Desa/Kelurahan.

Tim PeTim Pengendalingendali Desa/Kelurahan Terdiri dari : Desa/Kelurahan Terdiri dari : Kepala Kepala Desa/Desa/LLurah selaku Penanggung jawaburah selaku Penanggung jawab;; Sekretaris Desa/Kelurahan selaku KetuaSekretaris Desa/Kelurahan selaku Ketua;; KaurKaur PMD selaku Sekretaris PMD selaku Sekretaris;; KaKadus/Kaling lokasi Kegiatan dus/Kaling lokasi Kegiatan sebagai sebagai anggota.anggota.

32

Page 33: Paparan pokmas 2014

Peran dan Fungsi Tim PePeran dan Fungsi Tim Pengendalingendali Desa/Kelurahan Desa/Kelurahan adalah sebagai : adalah sebagai : Pengontrol (Pengontrol (controling agencycontroling agency) dalam rangka ) dalam rangka

transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pembangunan oleh Desa/Kelurahan.pembangunan oleh Desa/Kelurahan.

Mediator antara Desa/Kelurahan dengan Mediator antara Desa/Kelurahan dengan masyarakat yang menjadi lokasi pembangunan.masyarakat yang menjadi lokasi pembangunan.

Mengetahui hasil perencanaan dan kegiatan yang Mengetahui hasil perencanaan dan kegiatan yang diusulkan kepada Tim Pengendali Kecamatandiusulkan kepada Tim Pengendali Kecamatan;;

Membantu proses penyiapan usulan kegiatan Membantu proses penyiapan usulan kegiatan sebagai tindak lanjut dari hasil musyawarah sebagai tindak lanjut dari hasil musyawarah Desa/Kelurahan.Desa/Kelurahan.

33

Sambungan ..........Sambungan ..........

Page 34: Paparan pokmas 2014

POKMASPOKMAS

POKMAS ditetapkan/dibentuk melalui Musyawarah POKMAS ditetapkan/dibentuk melalui Musyawarah Desa/Kelurahan dan diusulkan oleh Kepala Desa/ Lurah Desa/Kelurahan dan diusulkan oleh Kepala Desa/ Lurah untuk ditetapkan dengan Keputusan Camat.untuk ditetapkan dengan Keputusan Camat.

Pengurus POKMAS sebagai Pelaksana Lapangan Hibah Pengurus POKMAS sebagai Pelaksana Lapangan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan, yang Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan, yang anggotanya terdiri dari :anggotanya terdiri dari : Ketua;Ketua; Sekretaris;Sekretaris; Bendahara;Bendahara; Tenaga Teknis (sesuai kebutuhan)Tenaga Teknis (sesuai kebutuhan)

34

Page 35: Paparan pokmas 2014

TUGAS TUGAS PENGURUS POKMASPENGURUS POKMAS

Mengidentifikasi permasalahan prasarana di Desa/ Mengidentifikasi permasalahan prasarana di Desa/ Kelurahan.Kelurahan.

Menyusun skala prioritas berdasarkan identifikasi masalah.Menyusun skala prioritas berdasarkan identifikasi masalah. Menyusun usulan kegiatan dan jenis prasarana yang akan Menyusun usulan kegiatan dan jenis prasarana yang akan

dibangun, didampingi oleh PPK (Petugas Pendamping dibangun, didampingi oleh PPK (Petugas Pendamping Kecamatan).Kecamatan).

Mempersiapkan rencana kerjaMempersiapkan rencana kerja, biaya, biaya dan rencana dan rencana pelaksanaan fisik.pelaksanaan fisik.

Menandatangani Menandatangani Naskah Naskah Perjanjian Pemberian Dana Perjanjian Pemberian Dana HibahHibah oleh Ketua POKMAS dengan Sekretaris Daerah.oleh Ketua POKMAS dengan Sekretaris Daerah.

Menyusun Laporan Pelaksanaan kepada Camat yang Menyusun Laporan Pelaksanaan kepada Camat yang meliputi Laporan penggunaan dana dan catatan harian, meliputi Laporan penggunaan dana dan catatan harian, sebagai lampiran dalam pengajuan pencairan anggaran.sebagai lampiran dalam pengajuan pencairan anggaran.

35

Page 36: Paparan pokmas 2014

Menyelenggarakan dan menyampaikan laporan Menyelenggarakan dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan, pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan, penggunaan dana, kemajuan pelaksanaan kegiatan penggunaan dana, kemajuan pelaksanaan kegiatan melalui forum musyawarah Desa/ Kelurahan dan melalui forum musyawarah Desa/ Kelurahan dan menempelkan di papan informasi di kantor menempelkan di papan informasi di kantor Desa/Kelurahan dan tempatDesa/Kelurahan dan tempat--tempat strategis lainnya, tempat strategis lainnya, kemudian menyampaikan kepada Tim Pengendali kemudian menyampaikan kepada Tim Pengendali Kecamatan.Kecamatan.

Menyimpan dan mengarsipkan dengan baik bukti-bukti Menyimpan dan mengarsipkan dengan baik bukti-bukti pengeluaran/belanja sehingga dapat pengeluaran/belanja sehingga dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana dengan mempertanggungjawabkan penggunaan dana dengan baik kepada pihak yang berwenang.baik kepada pihak yang berwenang.

Menyerahkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Kepala Menyerahkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Kepala Desa/Lurah.Desa/Lurah.

36

SAMBUNGAN ........ TUGAS SAMBUNGAN ........ TUGAS PENGURUS POKMASPENGURUS POKMAS

Page 37: Paparan pokmas 2014

PERSYARATAN ANGGOTA DAN/ATAU PENGURUS PERSYARATAN ANGGOTA DAN/ATAU PENGURUS POKMAS POKMAS

Warga Desa/Kelurahan setempat, terutama yang dikenal Warga Desa/Kelurahan setempat, terutama yang dikenal dan mengenal sebagian besar warga Desa/Kelurahan.dan mengenal sebagian besar warga Desa/Kelurahan.

Mempunyai cukup waktu untuk melaksanakan tugasnya.Mempunyai cukup waktu untuk melaksanakan tugasnya. Mempunyai pengetahuan dan kemampuan tentang arah Mempunyai pengetahuan dan kemampuan tentang arah

pembangunan Desa/Kelurahan, serta peduli terhadap pembangunan Desa/Kelurahan, serta peduli terhadap pembangunan di Desa/ Kelurahannya.pembangunan di Desa/ Kelurahannya.

Belum pernah menjadi pengurus POKMAS bantuan Hibah Belum pernah menjadi pengurus POKMAS bantuan Hibah sebelumnya.sebelumnya.

Tidak berstatus PNS/CPNS, Polri/TNI dan bukan Tidak berstatus PNS/CPNS, Polri/TNI dan bukan Perangkat/ Pegawai Desa/Kelurahan; Perangkat/ Pegawai Desa/Kelurahan;

Tidak sedang menjalani proses hukum Tidak sedang menjalani proses hukum (tersangka/terdakwa/terpidana) di pengadilan; (tersangka/terdakwa/terpidana) di pengadilan;

Bukan Ketua atau Anggota BPD;Bukan Ketua atau Anggota BPD; Bisa baca tulis.Bisa baca tulis.

37

Page 38: Paparan pokmas 2014

KELOMPOK PEMANFAAT DAN PEMELIHARA (KPP)KELOMPOK PEMANFAAT DAN PEMELIHARA (KPP)

KPP adalah organisasi warga masyarakat yang KPP adalah organisasi warga masyarakat yang terdiri dari unsur Desa/Kelurahan (selain Kepala terdiri dari unsur Desa/Kelurahan (selain Kepala Desa/ Lurah), perwakilan masyarakat setempat Desa/ Lurah), perwakilan masyarakat setempat yang berkepentingan selaku pengguna/pemanfaat.yang berkepentingan selaku pengguna/pemanfaat.

KPP dibentuk berdasarkan musyawarah Desa/ KPP dibentuk berdasarkan musyawarah Desa/ Kelurahan yang pembentukkannya difasilitasi oleh Kelurahan yang pembentukkannya difasilitasi oleh PPK (Petugas Pendamping Kecamatan), disahkan PPK (Petugas Pendamping Kecamatan), disahkan oleh Kepala Desa/Lurah dan diketahui oleh Camat.oleh Kepala Desa/Lurah dan diketahui oleh Camat.

KPP bertugas mengawasi pelaksanaan fisik dan KPP bertugas mengawasi pelaksanaan fisik dan melaksanakan pengelolaan prasarana melaksanakan pengelolaan prasarana (pemanfaatan, rehabilitasi, dan pengembangan) (pemanfaatan, rehabilitasi, dan pengembangan) hasil kegiatan.hasil kegiatan.

38

Page 39: Paparan pokmas 2014

PENDAMPINGANPENDAMPINGAN Penunjukan/Penetapan Petugas Pendamping Kecamatan (PPK)Penunjukan/Penetapan Petugas Pendamping Kecamatan (PPK)

Petugas Pendamping Kecamatan (PPK) ditetapkan dengan Keputusan Petugas Pendamping Kecamatan (PPK) ditetapkan dengan Keputusan Camat. PPK adalah Kepala UPT Dinas PU / UPT Dinas Tata Ruang dan Camat. PPK adalah Kepala UPT Dinas PU / UPT Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya. Cipta Karya.

Tugas dan Fungsi PPKTugas dan Fungsi PPK

PPK bertugas dan bertanggung jawab memberikan dukungan teknis dan PPK bertugas dan bertanggung jawab memberikan dukungan teknis dan pendampingan dalam pelaksanaan di tingkat kecamatan yang menjadi pendampingan dalam pelaksanaan di tingkat kecamatan yang menjadi wilayah kerjanya. PPK bertugas :wilayah kerjanya. PPK bertugas : Melakukan pendampingan pemberdayaan masyarakat dalam Melakukan pendampingan pemberdayaan masyarakat dalam

pelaksanaan fisik dan administrasi kegiatan di tingkat Desa/Kelurahan;pelaksanaan fisik dan administrasi kegiatan di tingkat Desa/Kelurahan; Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Tim Pengendali Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Tim Pengendali

Kecamatan;Kecamatan; Menyusun rencana kegiatan, laporan kemajuan fisik dan keuangan, Menyusun rencana kegiatan, laporan kemajuan fisik dan keuangan,

laporan bulanan dan laporan tingkat penyelesaian kegiatan kepada laporan bulanan dan laporan tingkat penyelesaian kegiatan kepada Tim Pengendali Kecamatan;Tim Pengendali Kecamatan;

Melakukan pengendalian/pengawasan pelaksanaan Hibah Khusus Melakukan pengendalian/pengawasan pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan melalui Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan melalui pemantauan, pelaporan dan evaluasi;pemantauan, pelaporan dan evaluasi;

Memberikan saran penanganan pengaduan dan alternatif tindak lanjut Memberikan saran penanganan pengaduan dan alternatif tindak lanjut penanganannya kepada Tim Pengendali Kecamatan.penanganannya kepada Tim Pengendali Kecamatan.

39

Page 40: Paparan pokmas 2014

MEKANISME PENYALURAN DAN PENCAIRAN DANAMEKANISME PENYALURAN DAN PENCAIRAN DANA Mekanisme Penyaluran dan Pencairan Dana Pelaksanaan Kegiatan Mekanisme Penyaluran dan Pencairan Dana Pelaksanaan Kegiatan

kepada POKMAS:kepada POKMAS:

1)1) Dana Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat di Dana Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat di Desa/Kelurahan untuk masing-masing Kecamatan dianggarkan Desa/Kelurahan untuk masing-masing Kecamatan dianggarkan melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) PPKD pada Dinas melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) PPKD pada Dinas PPKAD Kabupaten Siak.PPKAD Kabupaten Siak.

2)2) Penerima dana untuk pembangunan prasarana dan sarana adalah Penerima dana untuk pembangunan prasarana dan sarana adalah masyarakat melalui POKMAS dengan penanggung jawab ketua masyarakat melalui POKMAS dengan penanggung jawab ketua POKMAS yang bersangkutan yang disalurkan ke rekening masing-POKMAS yang bersangkutan yang disalurkan ke rekening masing-masing POKMAS.masing POKMAS.

3)3) Ketua dan bendahara POKMAS diwajibkan membuka rekening Ketua dan bendahara POKMAS diwajibkan membuka rekening atas nama POKMAS Desa/Kelurahan dan menyampaikan atas nama POKMAS Desa/Kelurahan dan menyampaikan foto copyfoto copy rekeningnya kepada PPKD.rekeningnya kepada PPKD.

4)4) Berdasarkan DPA tersebut diterbitkan Keputusan Bupati Berdasarkan DPA tersebut diterbitkan Keputusan Bupati yang yang menetapkan daftar penerima hibah beserta besaran uang yang menetapkan daftar penerima hibah beserta besaran uang yang akan dihibahkan.akan dihibahkan.

5)5) Naskah Perjanjian Hibah Daerah Kepada POKMAS Desa/Kelurahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Kepada POKMAS Desa/Kelurahan ditandatangani Oleh Bupati dan dapat di limpahkan ditandatangani Oleh Bupati dan dapat di limpahkan penandatanganannya kepada Sekretaris Daerah yang ditetapkan penandatanganannya kepada Sekretaris Daerah yang ditetapkan dengan surat Keputusan Bupati.dengan surat Keputusan Bupati.

40

Page 41: Paparan pokmas 2014

PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN

Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan adalah serangkaian kegiatan yang Desa/Kelurahan adalah serangkaian kegiatan yang mencakup persiapan, sosialisasi, perencanaan, mencakup persiapan, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengawasan sampai dengan pelaksanaan kegiatan, pengawasan sampai dengan serah terima hasil pelaksaanaan kegiatan. Dalam serah terima hasil pelaksaanaan kegiatan. Dalam tahapan pelaksanaan program tersebut terdapat tahapan pelaksanaan program tersebut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan; beberapa hal yang perlu diperhatikan; Masyarakat merupakan pemilik kegiatan, sedangkan Masyarakat merupakan pemilik kegiatan, sedangkan

PPK berperan sebagai fasilitator;PPK berperan sebagai fasilitator; Masyarakat miskin yang tidak mempunyai pekerjaan Masyarakat miskin yang tidak mempunyai pekerjaan

tetap untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetap untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, diprioritaskan dan diberikan kesempatan untuk diprioritaskan dan diberikan kesempatan untuk berperan secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan;berperan secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan;

Tetap mengutamakan, memperhatikan dan Tetap mengutamakan, memperhatikan dan mempertimbang kan partisipasi aktif masyarakat mempertimbang kan partisipasi aktif masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan.dalam pelaksanaan kegiatan.

41

Page 42: Paparan pokmas 2014

Rencana yang telah disusun, ditindaklanjuti dengan Rencana yang telah disusun, ditindaklanjuti dengan pelaksanaan fisik yang dilakukan sepenuhnya oleh pelaksanaan fisik yang dilakukan sepenuhnya oleh masyarakat, termasuk pengawasannya sehingga masyarakat, termasuk pengawasannya sehingga terwujud terwujud transparansitransparansi dan dan akuntabilitasakuntabilitas pelaksanaan. pelaksanaan.

PERSIAPANPERSIAPAN

Pembentukkan POKMAS di tingkat Desa/KelurahanPembentukkan POKMAS di tingkat Desa/Kelurahan;; Penyusunan program dan pedoman pelaksanaanPenyusunan program dan pedoman pelaksanaan;; Penetapan PPKPenetapan PPK;; Penetapan lokasi dan pagu Dana Hibah Khusus Penetapan lokasi dan pagu Dana Hibah Khusus

KeuanganKeuangan

42

Sambungan .............Sambungan .............

Page 43: Paparan pokmas 2014

Kegiatan sosialisasi di tingkat Kabupaten dipersiapkan Kegiatan sosialisasi di tingkat Kabupaten dipersiapkan dan dilaksanakan oleh Tim Pembina Kabupaten. dan dilaksanakan oleh Tim Pembina Kabupaten. Sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang satuan Sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang satuan kerja terkait, yaitu Tim Pengendali Kecamatan dan Tim kerja terkait, yaitu Tim Pengendali Kecamatan dan Tim Pengendali Desa/Kelurahan. Pengendali Desa/Kelurahan. Materi sosialisasi terdiri dari Materi sosialisasi terdiri dari Pedoman Pelaksanaan dan dokumen penting lainnyaPedoman Pelaksanaan dan dokumen penting lainnya;;

Diseminasi yang merupakan sosialisasi dengan target Diseminasi yang merupakan sosialisasi dengan target terbatas secara intensif dan berjenjang, dilaksanakan terbatas secara intensif dan berjenjang, dilaksanakan oleh Tim Pengendali Kecamatan kepada seluruh oleh Tim Pengendali Kecamatan kepada seluruh pelaksana Hibah dan kegiatan, sehingga diharapkan pelaksana Hibah dan kegiatan, sehingga diharapkan seluruh unsur penyelenggara Hibah dan kegiatan dapat seluruh unsur penyelenggara Hibah dan kegiatan dapat menerapkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam menerapkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan ini, serta dokumen lainnya agar PPK, POKMAS dapat ini, serta dokumen lainnya agar PPK, POKMAS dapat menjalankan tugasnya dalam perencanaan, pelaksanaan menjalankan tugasnya dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, serta pendampingan. dan pengawasan, serta pendampingan.

43

SOSIALISASISOSIALISASI

Page 44: Paparan pokmas 2014

Perencanaan kegiatan dilaksanakan sepenuhnya oleh Perencanaan kegiatan dilaksanakan sepenuhnya oleh masyarakat baik melalui koordinasi sesuai dengan dan masyarakat baik melalui koordinasi sesuai dengan dan mengacu kepada arahan pada saat Sosialisasi dan mengacu kepada arahan pada saat Sosialisasi dan Diseminasi Program oleh Tim Pembina Diseminasi Program oleh Tim Pembina kabupatenkabupaten/Tim /Tim Pengendali KecamatanPengendali Kecamatan. Pada tahapan ini pemerintah . Pada tahapan ini pemerintah berperan sebagai pendorong dari seluruh kegiatan yang berperan sebagai pendorong dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakatdilaksanakan oleh masyarakat::

Secara garis besar tahapan perencanaan kegiatan adalahSecara garis besar tahapan perencanaan kegiatan adalah;; Musyawarah Desa/Kelurahan I;Musyawarah Desa/Kelurahan I; Identifikasi Permasalahan;Identifikasi Permasalahan; Musyawarah Desa/Kelurahan II;Musyawarah Desa/Kelurahan II; Penyusunan Usulan Kegiatan;Penyusunan Usulan Kegiatan; Pembuatan Rencana Teknis dan RAB.Pembuatan Rencana Teknis dan RAB.

44

PERENCANAANPERENCANAAN

Page 45: Paparan pokmas 2014

Bagian lain dari supervisi adalah pencatatan dan Bagian lain dari supervisi adalah pencatatan dan pendokumentasian hasil dan proses di lapangan. Catatan dan pendokumentasian hasil dan proses di lapangan. Catatan dan dokumen ini disusun dalam bentuk laporan, yang harus dibuat dokumen ini disusun dalam bentuk laporan, yang harus dibuat secara sederhana dan seringkas mungkin dan dilakukan secara secara sederhana dan seringkas mungkin dan dilakukan secara berkala.berkala.

Hal-hal yang harus dimuat dalam laporan POKMASHal-hal yang harus dimuat dalam laporan POKMAS, , adalah:adalah: Laporan harian (progres, pemasukan dan penggunaan material Laporan harian (progres, pemasukan dan penggunaan material

serta cuaca)serta cuaca);; Kemajuan pelaksanaan kegiatan fisik dan keuanganKemajuan pelaksanaan kegiatan fisik dan keuangan;; Jumlah dan asal pekerja dan penggunaan materialJumlah dan asal pekerja dan penggunaan material;; Kesesuaian waktu pelaksanaan;Kesesuaian waktu pelaksanaan; Foto pelaksanaan (0%, 30%, 100%).Foto pelaksanaan (0%, 30%, 100%).

Laporan pertanggungjawaban POKMAS dibuat setelah kegiatan Laporan pertanggungjawaban POKMAS dibuat setelah kegiatan fisik mencapai 30%, 60% dan 100%. Laporan ini disampaikan fisik mencapai 30%, 60% dan 100%. Laporan ini disampaikan kepada Tim Pengendali Kecamatankepada Tim Pengendali Kecamatan..

Apabila pekerjaan telah selesai (100%), laporan Apabila pekerjaan telah selesai (100%), laporan pertanggungjawaban ini terdiri dari Laporan Penyelesaian pertanggungjawaban ini terdiri dari Laporan Penyelesaian Pelaksanaan Kegiatan (LP2K)Pelaksanaan Kegiatan (LP2K) beserta beserta Realisasi Kegiatan dan Biaya Realisasi Kegiatan dan Biaya (RKB)(RKB)..

45

PELAPORANPELAPORAN

Page 46: Paparan pokmas 2014

PENGAWASANPENGAWASAN

Sesuai dengan prinsip transparansi dalam program ini, pelaku Sesuai dengan prinsip transparansi dalam program ini, pelaku pengawasan terdiri dari:pengawasan terdiri dari: Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP) dan/atau Inspektorat Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP) dan/atau Inspektorat

Kabupaten Siak, PPK, serta masyarakat Desa/Kelurahan terhadap Kabupaten Siak, PPK, serta masyarakat Desa/Kelurahan terhadap Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/ Kelurahan;Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/ Kelurahan;

Pengawasan eksternal, dilakukan oleh pelaksana diluar sistem Pengawasan eksternal, dilakukan oleh pelaksana diluar sistem (BPK, LSM, perguruan tinggi, Ormas, Media massa, dll).(BPK, LSM, perguruan tinggi, Ormas, Media massa, dll).

Dalam pengendalian program, pengawasan dilakukan melalui Dalam pengendalian program, pengawasan dilakukan melalui pemantauan (monitoring) secara berjenjang kepada penerima Hibah pemantauan (monitoring) secara berjenjang kepada penerima Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/KelurahanKhusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan

Pemantauan pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Pemantauan pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada POKMAS Desa/Kelurahan adalah proses yang dilakukan terus menerus Desa/Kelurahan adalah proses yang dilakukan terus menerus sepanjang tahapan program mulai dari persiapan, perencanaan, sepanjang tahapan program mulai dari persiapan, perencanaan, sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, pemanfaatan dan rehabilitasi. sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, pemanfaatan dan rehabilitasi. Hasil dari kegiatan pemantauan digunakan untuk perbaikan kualitas Hasil dari kegiatan pemantauan digunakan untuk perbaikan kualitas pelaksanaan dan penyesuaian perencanaan, serta menjadi input pelaksanaan dan penyesuaian perencanaan, serta menjadi input evaluasi pelaksanaan program maupun dasar pembinaan evaluasi pelaksanaan program maupun dasar pembinaan Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Pelaksanaan Hibah Khusus Keuangan Kepada Kelompok Masyarakat Desa/Kelurahan (Desa/Kelurahan (specific block grantspecific block grant) Tahun Anggaran 2014.) Tahun Anggaran 2014.

46

Page 47: Paparan pokmas 2014

47

SEKIANSEKIAN

TERIMAKASITERIMAKASIHH

Page 48: Paparan pokmas 2014

Kontak PersonKontak Person

Drs. H. Syafrilenti, Drs. H. Syafrilenti, M.SiM.Si

0812754711508127547115

48