panduan kegiatan bisnis nitto grup

Download Panduan Kegiatan Bisnis Nitto Grup

If you can't read please download the document

Post on 12-Jan-2017

233 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Panduan Kegiatan Bisnis Nitto Grup

  • Pesan dari CEO

    0201

    Nitto Grup bertujuan untuk menjadi perusahaan berusia satu abad yang menopang pertumbuhan ke masa depan seraya mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

    Untuk mencapai hal ini, masing-masing dan setiap orang dari kita perlu berusaha untuk mencapai tingkat pertumbuhan pribadi yang lebih tinggi, sehingga kita dapat membawa kesuksesan bisnis. Pada saat yang sama, kita harus selalu berterima kasih kepada pelanggan, pemegang saham, investor, mitra bisnis, anggota masyarakat tempat tinggal, dan terutama keluarga kita untuk memperluas dukungan mereka kepada Nitto Grup. Sebagai anggota masyarakat global, kita harus menghormati keragaman dan bertindak dengan integritas.

    Saya sering berpikir bahwa bisnis kita adalah seperti balapan mobil. Untuk berakhir di tempat pertama, kita pasti membutuhkan tidak hanya mesin yang kuat, tetapi juga kinerja kemudi dan pengereman yang tepat. Dalam balapan kita di dunia bisnis, Pedoman Perilaku Bisnis dari Nitto Grup ini berfungsi sebagai sistem kemudi dan rem kita.

    Pedoman ini memberikan nilai-nilai inti dan membantu kita untuk membuat keputusan dalam kegiatan kita sehari-hari sebagai anggota Nitto Grup. Saya meminta Anda untuk selalu mengikuti Pedoman ini.

    Mari kita membuat Grup Perusahaan Kita menjadi yang memperoleh kepercayaan dari masyarakat dan selalu makmur untuk bertahun-tahun yang akan datang!

    Hideo TakasakiNitto Grup CEO

    Filosofi Manajemen

    Nitto berkontribusi untukpenciptaan nilai pelanggan

    dengan ide-ide inovatif

    Mengutamakan Keselamatan diatas segalanya Memberikan kejutan dan kepercayaan kepada

    pelanggan Antisipasi lebih awal terhadap perubahan Tantangan untuk penciptaan nilai baru Bergerak cepat dan tegas jika sudah memutuskan

    sesuatu hal dan melakukan tindakan penyelesaiannya Transformasi diri tanpa henti Memiliki sikap integritas serta memahami dan

    menghormati keragaman

  • Prakata Daftar Isi

    03 04

    Sebagai karyawan Nitto Grup, kita selalu menghadapi berbagai masalah etika dan hukum dalam melakukan kegiatan bisnis kita.

    Setiap karyawan diharapkan agar menggunakan Panduan Kegiatan Bisnis Nitto Grup ini (yang selanjutnya disebut sebagai Panduan) bilamana anda menghadapi kesulitan untuk membuat keputusan bisnis yang sah atau beretika.

    Berdasar pada hukum lokal, atau perusahaan, atau aturan lokal, setiap karyawan yang gagal mematuhi Panduan, dapat dikenakan tindakan disipliner.

    Apakah tindakan anda mematuhi Panduan, kebijakan dan prosedur dan peraturan Nitto Grup?

    Bagaimana pelanggan, pemegang saham, masyarakat atau keluarga saya memandangnya?

    Apakah saya mempraktekkan prinsip tingkah laku dasar, Bersikap terbuka, adil dan melakukan tugas saya dengan sebaik-baiknya?

    Jika anda masih lagi tidak pasti apakah tindakan yang diusulkan itu betul menurut hukum dan bersifat etis, anda haruslah menyimak Panduan ini atau menghubungi manajer atau Saluran Komunikasi sebagaimana yang ditunjukkan dalam Panduan ini.

    Jika anda merasa tidak pasti mengenai kewajaran atau etika setiap tindakan, kemukakan pertanyaan-

    pertanyaan berikut kepada diri anda sendiri:

    Lingkungan KerjaLembar 05-09

    Di luar Jam KantorLembar 36-39

    Melindungi AsetLembar 10-16

    Kepatuhan pada HukumLembar 29-35

    Melakukan BisnisLembar 17-28

    01. Pekerjaan ---------------------------------------------------------- 0502. Kesehatan dan Keselamatan Kerja ------------------------- 0603. Tempat Kerja Bebas Gangguan ------------------------------ 0704. Tempat Kerja Bebas Bahan Terlarang --------------------- 0805. Kebebasan Pribadi Karyawan -------------------------------- 09

    01. Penggunaan Waktu dan Aset --------------------------------- 1002. Informasi Pemilik ------------------------------------------------- 1103. Penyingkapan Kurang Hati-hati ------------------------------ 1204. Sistem Komunikasi ---------------------------------------------- 1305. Kontak dari Media, Analis, Pengacara dan Pihak-pihak lain --- 1406. Hak-hak Kekayaan Intelektual -------------------------------- 1507. Berhenti dari Nitto Grup ---------------------------------------- 16

    01. Melaporkan, Mencatat dan Menyimpan -------------------- 1702. Wewenang Membuat Komitmen Nitto Grup --------------- 1803. Berurusan dengan Pensuplai --------------------------------- 1904. Persaingan di Lapangan --------------------------------------- 2005. Hubungan dengan Pesaing ------------------------------------ 2106. Mendapatkan dan Menggunakan Informasi tentang pihak lain --- 2207. Penggunaan Merek Dagang dan Hak Cipta -------------- 2308. Menerima Hadiah ------------------------------------------------ 2409. Fasilitas Bisnis ---------------------------------------------------- 2510. Memberi Hadiah dan Hiburan --------------------------------- 2611. Hubungan dengan Pegawai Negeri ------------------------- 2712. Hubungan dengan Lingkungan dan Masyarakat Global --- 28

    01. Kepatuhan Hukum Secara Umum --------------------------- 2902. Laporan Akuntansi dan Keuangan -------------------------- 3003. Persaingan --------------------------------------------------------- 3104. Ekspor dan Impor ------------------------------------------------ 3205. Lingkungan Hidup ------------------------------------------------ 3306. Usaha Mendapatkan Perbekalan Sektor Umum --------- 3407. Melobi --------------------------------------------------------------- 35

    01. Membantu Pesaing ---------------------------------------------- 3602. Informasi dan Perdagangan Menggunakan orang dalam --- 3703. Keikutsertaan dalam Kegiatan Politik ----------------------- 3804. Seseorang yang dekat dengan anda bekerja dalam industri lain --- 39

    Saluran Komunikasi --------------------------------------------------- 40

  • Peraturan dan praktek apa yang harus kita patuhi untuk mewujudkan tempat kerja yang selamat dan sehat?

    05 06

    Lingkungan Kerja Lingkungan Kerja 0201

    Kesehatan dan Keselamatan KerjaPekerjaan

    Tempat kerja yang selamat adalah manfaat paling penting bagi kita dan keluarga kita. Nitto Grup berkomitment memastikan lingkungan kerja yang selamat bagi semua karyawannya. Kita berusaha untuk menghindarkan terjadinya kecideraan akibat kegiatan bisnis kita.

    Setiap karyawan memiliki peranan unik untuk menjadikan Nitto Grup sebagai tempat bekerja yang lebih menggembirakan dan menguntungkan. Sebagai sebuah Perusahaan, Nitto Grup berharap agar semua karyawannya bersikap saling hormat menghormati dan menghargai satu sama lainnya.

    Sebagai warga global, kita haruslah bertindak dengan rasa tanggung-jawab terhadap komunitas dimana kita tinggal dan bekerja di seluruh dunia.

    Semua fasilitas Nitto Grup berkomitment kepada kebijakan untuk memberikan kesempatan kerja yang sama dan layanan yang adil. Sepanjang waktu berada di kawasan perusahaan, kami

    melarang karyawan, kontraktor, pensuplai dan tamu Nitto Grup membawa peralatan yang berbahaya seperti senjata.

    Kami tidak mentolerir setiap ancaman yang mengakibatkan kecideraan atau tingkah laku yang menimbulkan gangguan, kekacauan atau campur tangan dalam tugas atau kinerja karyawan lainnya atau mengintimidasi dan mewujudkan suasana kerja yang bermusuhan.

    Kami berpegang teguh kepada prosedur dan peraturan keselamatan tentang penggunaan zat kimia, mematuhi praktek keselamatan dan menghindarkan jalan pintas.

    Kami mewajibkan semua organisasi dalam Nitto Grup memiliki program keselamatan aktif yang didukung kuat oleh tim manajemennya.

    Semua tindakan sumber daya manusia seperti pekerjaan, promosi, tingkat gaji atau bentuk-bentuk kompensasi lainnya, manfaat, latihan, disiplin dan pemutusan hubungan kerja berdasarkan kepada prinsip kesempatan kerja yang sama.

    Kita melarang penggunaan buruh anak dan buruh paksa di semua fasilitas kita dan para karyawan berhak menerima semua manfaat sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan, tanpa memandang dimana anda bekerja.

    Kita melarang karyawan melakukan aktifitas yang merusak martabat dan kehormatan individu, kendati hal itu diizinkan oleh undang-undang.

    Isu-isu apa yang termasuk dalam prinsip kesempatan kerja yang sama dan layanan yang adil kita?

  • 07 08

    Lingkungan Kerja Lingkungan Kerja 0403

    Tempat Kerja Bebas Bahan TerlarangTempat Kerja Bebas Gangguan

    Penyalahgunaan bahan terlarang, seperti meminum minuman keras atau penyalagunaan narkotika, menimbulkan ancaman serius terhadap keselamatan dan kesehatan karyawan kita. Nitto Grup memiliki kebijakan tempat kerja bebas narkotika/minuman keras yang diperluas ke berbagai lokasi di seluruh dunia dan bukan hanya terbatas pada karyawannya tetapi juga mencakup para tamu yang berada dalam fasilitas perusahaan kita.

    Semua fasilitas Nitto Grup di seluruh dunia memelihara lingkungan kerja yang bebas dari gangguan; Di semua fasilitas Nitto Grup semua karyawan haruslah bersikap saling hormat menghormati satu sama lainnya dan dengan pihak yang melakukan transaksi bisnis dengan kita.

    Sebagai langkah tambahan untuk melindungi karyawan, kebijakan tempat kerja bebas gangguan kita melarang karyawan mengganggu mitra bisnis kita, seperti pensuplai dari luar. Demikian juga halnya dengan semua mitra bisnis kita dilarang mengganggu di fasilitas Nitto Grup.

    Kebijakan ini juga mencakup kegiatan kerja yang dilakukan luar tempat kerja.

    Tindak tanduk apa yang dilarang di tempat kerja yang bebas gangguan?

    Tingkah laku apa yang dilarang keras dilakukan di tempat kerja bebas bahan terlarang kita?

    Apa yang dikecualikan dalam kebijakan tempat kerja bebas bahan terlarang?

    Mengkonsumsi atau memiliki minuman keras, obat-obat terlarang dan bahan-bahan terlarang lainnya di tempat kerja.

    Saat sedang bertugas, mengoperasi