newsletter edisi 29

Click here to load reader

Post on 31-Mar-2016

258 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Newsletter Pariwisata Indonesia Edisi Terbaru Mei 2012

TRANSCRIPT

  • Vol. 3 l No. 29 l Mei 2012

    PercepatanPariwisataNasional

    Vol. 3 l No. 29 l Mei 2012

    TDS

    ISI NOMOR INI

    48

    2934

    Pro-aktif dari Danau Toba

    Surabaya, Kota Jasa dan Perdagangan

    1120

    Dan Sungai Kapuas Itu

    Pro-AktifnyaSolo

    Tur Mengamati Burung

    Kabar baru dari DIY

    www.newsletter-pariwisataindonesia.com

    dan Dampak Gandanya

    Hari Senin 4 Juni 2012 di kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Kendati tengah hari pu-kul 2 tepat, namun hawa terasa sejuk, 250 orang pebalap 18 tim dari manca negara dan tujuh tim pebalap Indonesia, semua sudah siap di garis start. Empat menit kemudian semua me-luncur dan lomba ajang Tour de Singkarak itu resmi dimulai. Itulah skenarionya. Ribuan masyarakat mengelu-elukan, setelah sebelumnya lokasi start TDS 2012 ini bergemuruh dengan hiburan seni budaya, sorak sorai kegembiraan menyambut para pebalap. Ajang ini akan berlangsung 410 Juni 2012. Ya, nama TDS sejak pertama kali diadakan tahun 2009, kini telah semakin mendunia.

  • 2 Vol. 3 l No. 29 l Mei 2012

    STAGE 5P PANJANGSINGKARAK

    Friday 8th June 2012, Distance 149.0 Km

    Utama

    Penanggung jawab :Sapta NirwandarPenerbit/Pemimpin Redaksi :Arifin HutabaratDewan Redaksi :Sadar Pakarti BudiFaried Moertolo T. BurhanuddinWisnu B. SulaemanReporter : Benito LopulalanAlamat :Direktorat Jenderal Pemasaran PariwisataKementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifJl. Medan Merdeka Barat No.17Lantai 3 Jakarta 10110Telp : 021 383 8220Fax : 021 380 8612,Email : jurnal@indonesia.travel

    www.newsletter-pariwisataindonesia.com

    Jika Anda mempunyai informasi danpendapat untuk Newsletter ini, silakankirim ke alamat tersebut di atas.

    TDS kini serasa membawa dunia datang ke destinasi wisata Sumatera Barat, bukan saja lantaran semakin banyak peserta dari tahun ke tahun. Lebih dari itu, tahun ini diadakan kerja sama dengan ASO, organisasi penyelenggara Tour de France.

    Ini menjadi pengakuan akan kualitas TDS yang diharapkan. Lebih jauh lagi, recognition itu meningkatkan bobot nilai yang akan mendapat tempat pada publi-kasi berbagai media di dunia internasio nal. Dan memang itulah salah satu sasar an dari di cetuskannya even olahraga plus promosi pariwisata semacam TDS ini.

    Peta Rute TDS 2012 :Perhatikanlah peta rute setiap etape yang akan ditempuh oleh para peserta pebalap TDS 2012, maupun tentunya oleh para penulis dan fotografer serta para penggembira. Terbayanglah mereka akan mendapatkan suatu kombinasi yang komplit: pemandangan terbentangnya sawah, gunung dan bukitbukit, danau, sungaisungai, rumahrumah penduduk di desa, pantai dengan pemandangan laut, penduduk lokal sendiri tentu mengeluelukan. Wah, di manakah di dunia ini mereka bisa mendapatkan rangakaian suasana alam silihberganti sedemikian rupa dalam satu rute? Dan begitulah juga jika kita sebagai wisnus datang ikut menyaksikan antusiasme ini.

    Kombinasi komplit dari ciri dan karak ter alam yang indah ini merupakan salah satu keistimewaan TDS. Menciptakan even demi promosi pariwisata dan layak jual memang mesti sesuai dengan sumber daya alam serta sumber budaya itu sendiri.

    STAGE 1SAWAHLUNTOSAWAHLUNTO

    Monday 4th June 2012, Distance 77.6 Km

    To Lintau Buo

    TanjungAmpalo

    To TalawiSTARTFINISH

    Sawahlunto

    MuaraKalaban

    MuaraBodi

    MuaraSijunjung

    Simpang Tanah Badantuang

    STAGE 2MUARA SIJUNJUNGHARAU

    Tuesday 5th June 2012, Distance 124.5 KmFINISHHarau To Batuampar

    Payakumbuh

    NgalauToBukittinggi

    ToPadangPanjang

    BatusangkarTanahDatar

    LintauBuo

    Rambatan

    OmbilinTalawi

    START

    MuaraSijunjung

    To Pulau Punjung

    SimpangSitangkai

    STAGE 3PAYAKUMBUHISTANO BASA

    Wednesday 6th June 2012 Distance 102 Km

    START Payakumbuh

    To Harau

    NgalauBasoBukittinggi

    To Jambu Air

    PadangPanjang

    To Anai Batipuh

    Ombilin

    BatusangkarTanah Datar

    IstanoBasaFINISH

    To Solok

    Talawi

    To Sawahlunto

    SumpurKudus

    Lintau Buo

    ToMuaraSijunjung

    STAGE 4ANAI GOLFBUKITTINGGI

    Thursday 7th June 2012 Distance 157.7 Km

    Mukomuko

    To Malabar

    Lubuk Basung

    To P

    asam

    an

    Tiku

    To Jambu Air

    MaturBukittinggi

    FINISH

    Anai Golf

    To Solok

    PadangPanjang

    START

    Sicincin

    Pariaman

    STAGE 7PADANG CIRCUIT RACE

    Sunday 10th June 2012, Distance 99.3 Km

    PadangSTARTFINISH

    Tabing

    Lubuk MinturunBy Pass

    By Pass

    SimpangBalai Baru

    UNAND

    Polsek kawasan

    To PariamanAirport

    PacificOcean

    STAGE 6PARIAMANPAINAN

    Saturday 9th June 2012, Distance 143.9 Km

    PainanFINISH

    Padang

    PacificOcean

    PariamanSTART

    To Pasaman

    Solok

    PacificOcean

    Padang

    Airport

    PadangPanjang

    To BukittinggiSTART

    FINISHSingkarak

    SawahluntoTo Sijunjung

    Solok

    LubukSelasih

    BukitSieh

    AlahanPanjang

    To SolokSelatan

  • 3Vol. 3 l No. 29 l Mei 2012

    Utama

    Tujuh etape TDS 2012 berarti akan mengambil tempat start dan di kota-kota ini: Sawahlunto, Muaro Sijunjung, Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang, Pariaman, dan kota Padang.

    Wamenparekraf Sapta Nirwandar, pen-cetus TDS, telah meyakinkan dunia dan mencontohkan kemajuan tahun per tahun dari kerja gotong royong TDS ini pada se-tiap kesempatan dan menyemangati stakeholders pariwisata Indonesia di berbagai daerah,manakala berbicara mengenai upaya-upaya promosi yang kreatif dan pro-aktif.

    Contohnya Tour de Singkarak, kata Wamen. Tahun 2012 ini memasuki tahun yang ke-4. Tahun pertama empat kabupaten saja yang terlibat. Tahun ini 14 kabupaten. Hebatnya, semua ikut bidding bersaing un-tuk menjadi tempat start. Organisasi penye-lenggara Tour de France membantu menyu-sun itinerary.

    Cerita tentang balap itu sendiri, melintasi lika-liku alam yang permai, udara sejuk di dataran rata-rata sekian ratus meter di atas permukaan laut, dan juga pesisir pantai, tak diragukan akan menjadi bacaan masyarakat di manca negara.

    News story tentang balapan, dan, human interest story tentang keindahan alam, keunik-an, seni budaya masyarakat yang khas, di zaman revolusi informasi sekarang, tentulah tidak terbatas akan ditulis oleh para jurnalis dan penulis semata. Tulisan mereka semakin diramaikan oleh para pebalap peserta dan rekan-rekan penggembira mereka melalui blog, website, Facebook, Twitter dan seterusnya.

    Bukankah itu fenomena arus informasi sekarang yang juga berpengaruh memben-tuk persepsi dan opini publik? Media sosial di internet pun kini ikut merambah berfung-si third party endorsement ketika mereka me-nyebarkan pengalaman tentang even dan destinasinya.

    Dalam ungkapan contoh yang dikemuka-kan oleh Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Pariwisata, Kemenparekraf, Sadar Pakarti Budi :

    Sekarang ini zamannya pemasaran hori-sontal. Jika seorang newsmaker naik sepeda atau becak, lalu di upload di Twitter, itu akan memberikan dampak kemana-mana. Misal nya, sang tokoh newsmaker difoto pakai handphone, lalu di upload di Twitter dan di-tanggapi oleh tujuh ribu orang, itu akan me-nyebar ke tujuh ribu orang berikutnya, de-mikian seterusnya, berdampak besar sekali.

    Dengan kata lain, di samping TDS seakan membawa dunia datang berkunjung me-nyaksikan destinasi wisata Sumatera Barat, juga TDS menggemakan destinasi ini ke te-ngah masyarakat dunia.

    Unik sekali pengalaman peserta dan pe-ngunjung TDS 2012 ini. Sejumlah 250 pebalap kelas internasional berlaga di sepanjang 856

    TdF Sudah 98 TahunTDS, perhelatan bertema sport tourism telah

    menjadi agenda tahunan Union Cycliste Internationale (UCI). Kemenparekraf tahun ini kembali mengundang Amaury Sport Organization (ASO), penyelenggara Tour de France, untuk hadir dan memberikan masukan ter-hadap penyelenggaraan TDS 2012.

    Pada tahap persiapan, ASO bersama Kemenpa-rekraf, PB ISSI, dan Pemprov/Pemkot/Pemkab Sumbar terlibat akif dalam pembuatan rancangan rute etape TDS 2012, kata Sapta Nirwandar.

    TDS 2012 akan diikuti oleh 250 pebalap sepeda dari 17 negara meliputi: Jepang, Iran, Singapura, Aus-tralia, Uzbekistan, Ukraina, Kirgiztan, Rusia, Taipei, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Perancis, Vietnam, Malaysia dan Indonesia.

    Mereka akan masuk ke dalam delapan belas tim internasional antara lain: Aisan Racing Team, Azad University Cross Team, OCBC Singapore Continental Cy-cling Team, Genesis Wealth Advisers Pro Cycling Team, Uzbekistan Suren Team, Eddy Hollands Bicycle Services, Tabriz Pet-rochemical Team, Action Cycling Team, Aus-tralian National Team, Trengganu Pro, Japan Cycling

    Federation, Pre Black Racing Team, Budget Forklifts dan dua tim lain yang masih dalam konfirmasi. Indonesia sendiri akan menurunkan 7 tim nasional yang terdiri dari Polygon Sweet Nice, Araya, Putra Perjuangan, Wa-rung Sego Penyetan, Custom Cycling Club, Binong Baru Club Pessel, dan Sumatera Barat.

    Partisipasi dan dukungan Pemda Sumbar meli-puti hadiah lomba, liputan media daerah, perbaikan infrastruktur jalan, perbaikan sarana dan prasarana lokasi start dan finish serta perlengkapannya, penye-lenggaraan jamuan makan, pengamanan kegiatan dan pengaturan lain serta penyediaan cenderamata.

    Adapun Tour de France (TDF) 2011 merupakan even tahun ke-98, dilaksanakan 224 Juli 2011, tapi menempuh jarak total 3.430,5 KM dalam 21 etape, diikuti oleh 219 pebalap dari 21 negara:

    Salah satu penulisnya bernama Francois Thomazeau menceritakan: The Tour is also a great way to discover French regions. Every day, the Tourist Guide will point out the most spectacular sites, the highlights of architecture or cu