lpj 2011-2012

Download LPJ 2011-2012

Post on 08-Aug-2015

757 views

Category:

Documents

16 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

TATA TERTIB MUSYAWARAH ANGGOTA KOMPLIT ASOSIASI MAHASISWA INDONESIA AL-AHGAFF (AMI AL-AHGAFF) Periode: 1432-1433 H./2011-2012 M. BAB I NAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN Pasal 1 Kegiatan ini dinamakan Musyawarah Anggota Komplit yang disingkat MAK. Pasal 2 Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Indonesia AlAhgaff (AMI AL-AHGAFF ) pada tanggal 14 Juli 2012, bertempat di Auditorium Fakultas Syarea wa Qonun Univ. Al-Ahgaff Yaman. BAB II STATUS DAN WEWENANG Pasal 3 1. Musyawarah Anggota Komplit adalah forum tertinggi AMI AL-AHGAFF. 2. Musyawarah Anggota Komplit berwenang : a. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus. b. Merubah dan menetapkan Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga, garis-garis program kerja AMI AL-AHGAFF, pedoman-pedoman pokok dan kebijaksanaan organisasi. c. Memilih dan menetapkan Ketua Dewan Konsultan dan Ketua Umum. d. Mengamanatkan kepada Ketua Umum untuk melengkapi kepengurusan selambat-lambatnya 1 bulan setelah terpilih. BAB III PESERTA Pasal 4 Peserta Musyawarah Anggota Komplit adalah seluruh anggota AMI ALAHGAFF yang berdomisili di Tarim. BAB IV HAK DAN KEWAJIBAN PESERTA Pasal 5 1. Seluruh peserta Musyawarah Anggota Komplit memiliki hak suara dan hak bicara. 2. Kewajiban Peserta : a. Mentaati tata tertib dan ketentuan-ketentuan yang berlaku selama Musyawarah dan tidak diperkenankan meninggalkan persidangan

Laporan Pertanggungjawaban AMI Al-Ahgaff 1432-1433H./2011-2012M.

Page 1

tanpa seizin Pimpinan Sidang. b. Memelihara ketertiban demi kelancaran dan kesuksesan acara Musyawarah Anggota Komplit. BAB V PIMPINAN SIDANG Pasal 6 Pimpinan Sidang 1. Pimpinan sidang dipilih oleh Dewan Pengurus Harian. 2. Pimpinan sidang didampingi oleh notulen. Pasal 7 Wewenang dan Kewajiban Pimpinan Sidang 1. Pimpinan sidang berwenang: a. Memimpin, mengatur, dan mengarahkan jalannya persidangan. b. Mengesahkan hasil persidangan. 2. Pimpinan sidang berkewajiban menyusun hasil persidangan. BAB VII PERSIDANGAN Pasal 8 Persidangan terdiri dari: - Pleno I tentang Tata Tertib Musyawarah Anggota Komplit - Pleno II tentang perubahan dan penetapan AD & ART. - Pleno III tentang penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pengurus dan tanggapan. - Pleno IV tentang amanat program kerja Dewan Pengurus AMI AL-AHGAFF untuk periode 1433-1434 H./ 2012-2013 M. - Pleno V tentang pemilihan Ketua Dewan Konsultan dan Ketua Umum AMI AL-AHGAFF untuk periode 1433-1434 H./ 2012-2013 M. BAB VIII KUORUM DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pasal 9 Kuorum 1. Musyawarah dianggap sah apabila dihadiri oleh 50% plus satu dari peserta. 2. Jika poin 1 tidak terpenuhi, maka musyawarah ditunda selama 30 (tiga puluh) menit dan bisa dilaksanakan serta dianggap sah keputusannya apabila dihadiri 50% plus satu dari peserta. 3. Jika point 2 tidak terpenuhi kembali, maka diadakan voting terbuka untuk meneruskan musyawarah.

Laporan Pertanggungjawaban AMI Al-Ahgaff 1432-1433H./2011-2012M.

Page 2

1. 2. 3. 4.

Pasal 10 Pengambilan Keputusan Keputusan Musyawarah Anggota Komplit diambil atas dasar musyawarah mufakat. Apabila keputusan atas dasar musyawarah mufakat tidak dapat tercapai, maka keputusan diambil berdasarkan pengambilan suara terbanyak. Apabila hasil pemungutan suara berimbang, maka diadakan pengulangan pemungutan suara. Jika masih berimbang, maka diadakan musyawarah kekeluargaan.

Pasal 11 Dalam setiap pemungutan suara, peserta sidang hanya berhak memiliki satu suara. BAB IX PENUTUP Pasal 12 Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini, akan diatur lebih lanjut oleh pimpinan sidang dengan persetujuan peserta sidang.

Ditetapkan di Pada Tanggal Pimpinan sidang, Notulen,

: Tarim : :

()

()

Laporan Pertanggungjawaban AMI Al-Ahgaff 1432-1433H./2011-2012M.

Page 3

TATA CARA PEMILIHAN KETUA DEWAN KONSULTAN DAN KETUA UMUM AMI AL-AHGAFF BAB I KETUA DEWAN KONSULTAN Pasal 1 Kriteria Calon Mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Ahgaff. Mempunyai skill dan berpengalaman dalam berorganisasi. Mempunyai dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap organisasi. Pernah menjabat dalam kepengurusan AMI AL-AHGAFF minimal satu periode. Calon Ketua Dewan Konsultan diajukan oleh Dewan Pengurus Harian AMI AL-AHGAFF, utusan tingkat kuliah, dan warga yang telah ditetapkan dalam Musyawarah Panitia Khusus (MPK). Berpendidikan tingkat 4 dan 5.

1. 2. 3. 4. 5.

6.

Pasal 2 Pemilihan Ketua Dewan Konsultan AMI AL-AHGAFF dipilih secara langsung dalam forum Musyawarah Anggota Komplit. Pasal 3 Mekanisme Pemilihan Pemilihan dimaksudkan untuk memilih Ketua Dewan Konsultan. Pemilihan dilakukan dengan LUBER dan JURDIL. Calon adalah yang sudah di tetapkan dalam MPK. Pemilihan dilaksanakan dengan mencontreng salah satu gambar dari 3 calon Ketua Dewan Konsultan. Pemilihan dilaksanakan pada bilik pemungutan suara yang telah disediakan. Calon yang mendapatkan suara terbanyak, maka berhak menjadi Ketua Dewan Konsultan AMI AL-AHGAFF periode 1433-1434 H./2012-2013 M. Apabila terjadi persamaan suara, maka diadakan pemilihan ulang pada suara yang sama dengan menulis nama pada kertas yang telah disediakan oleh panitia, dan apabila terjadi persamaan suara kembali, maka diadakan lobiying. Surat suara yang sah adalah yang berstempel AMI AL-AHGAFF. BAB II PEMILIHAN KETUA UMUM AMI AL-AHGAFF Pasal 1

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

8.

Laporan Pertanggungjawaban AMI Al-Ahgaff 1432-1433H./2011-2012M.

Page 4

1. 2. 3. 4. 5. 6.

7.

Kriteria Calon Mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Ahgaff. Belum pernah menjabat sebagai Ketua Umum. Mempunyai skill dan berpengalaman dalam berorganisasi. Mempunyai dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap organisasi. Pernah menjabat dalam kepengurusan AMI AL-AHGAFF minimal satu periode. Calon ketua umum diajukan oleh Dewan Pengurus Harian AMI ALAHGAFF, utusan tingkat kuliah, dan warga yang telah ditetapkan dalam Musyawarah Panitia Khusus (MPK). Berpendidikan tingkat II dan III waktu pencalonan.

Pasal 2 Pemilihan Ketua Umum AMI AL-AHGAFF dipilih secara langsung dalam forum Musyawarah Anggota Komplit. Pasal 3 Mekanisme Pemilihan Pemilihan dimaksudkan untuk memilih Ketua Umum. Pemilihan dilakukan dengan LUBER dan JURDIL. Calon adalah yang sudah di tetapkan dalam MPK. Pemilihan dilaksanakan dengan mencontreng salah satu gambar dari 3 calon Ketua Umum. Pemilihan dilaksanakan pada bilik pemungutan suara yang telah disediakan. Calon yang mendapatkan suara terbanyak, maka berhak menjadi Ketua Umum AMI AL-AHGAFF periode 1433-1434 H./2012-2013 M. Apabila terjadi persamaan suara, maka diadakan pemilihan ulang pada suara yang sama dengan menulis nama pada kertas yang telah disediakan oleh panitia, dan apabila terjadi persamaan suara kembali, maka diadakan lobiying. Surat suara yang sah adalah yang berstempel AMI AL-AHGAFF.

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

8.

Laporan Pertanggungjawaban AMI Al-Ahgaff 1432-1433H./2011-2012M.

Page 5

Sambutan Ketua Dewan Konsultan Asosiasi Mahasiswa Indonesia Al-Ahgaff Periode: 1432-1433 H./2011-2012

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

: . Sidang MAK ke-XII, yang terhormat. Sebuah teori sosial yang sudah jamak diketahui, bahwa suatu komunitas akan menjadi kokoh jika dibangun dengan system organisasi yang baik dan benar, namun sebelum memulai itu, perlu sebuah titik tolak yang mendasari kebersamaan atau semangat untuk mewujudkan cita-cita komunitas melalui organisasi, sehingga roda pergerakannya akan berangkat dan berjalan menuju puncak cita-cita bersama tanpa harus kebingungan dan kehilangan arah atau bahkan macet disaat motor organisasi telah harus purna masa aktifnya. Semangat kebersamaan itulah yang saya rasakan selama berkecimpung dalam organisasi kita ini, mengalami pasang-surut (termasuk yang saya alami sendiri) di tengah-tengah arus kesibukan massa kita, baik kesibukan akademi ataupun kesibukan luar yang tidak mungkin bagi AMI Al-Ahgaff untuk bersikap kontradiktif terhadap keberadaan komunitas-komunitas lain selama tidak bertentangan dengan visi dan misi AMI Al-Ahgaff. Maka, sebuah tuntutan yang harus AMI Al-Ahgaff kumandangkan adalah adanya peran masing-masing komunitas (termasuk komunitas AMI Al-Ahgaff) untuk saling mendukung, serta mengusahakan kemaslahatan bersama, terutama dengan memandang komunitas besar kita adalah satu-satunya organisasi resmi yang berada di bawah jalur koordinasi langsung dengan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff Yaman. Inilah kiranya yang perlu saya sampaikan di sini, semangat komunitas kita Mahasiswa Indonesia Al-Ahgaff yang harus selalu kita kobarkan terusmenerus, karena tanpa hal itu kekompakan kita akan rapuh dan pecah, dan kita akan menjadi komunitas-komunitas kecil saja, dan sesampainya kita pulang di Indonesia pun kondisi kita akan tetap sama, bersikap apatis terhadap sesama mahasiswa Al-Ahgaff. Maka runtuhlah sisi penting jati diri dan almamater kita. Adapun berkaitan dengan MAK AMI Al-Ahgaff ke-XII ini, saya bersyukur kepada Allah ta'ala atas purna masa khidmah pengurus AMI periode 2011-

Laporan Pertanggungjawaban AMI Al-Ahgaff 1432-1433H./2011-2012M.

Page 6

2012. Kita semua patut berterimakasih kepada mereka yang sudi mengorbankan waktu dan tenaganya untuk melanjutkan nafas organisasi ini. Jazaakumullah khoirol jazaa'. Beberapa kekurangan memang perlu dievaluasi kritis namun hal itu bukan untuk obyek debat kusir atau cacian tak beretika. Sebagai Dewan Konsultan, kami juga merasa kurang dalam menjalankan tugas kami mengiringi Dewan Pengurus Harian AMI, dan oleh karena itu, kami mohon maaf atas. Kami berharap, kiranya kekurangankekurangan yang ada bisa menjadi pembelajaran untuk perbaikan oleh Dewan Konsultan periode depan. Terakhir, saya berharap sidang pada malam ini akan menjadi refreshing semangat kita bersama dalam berorganisasi, terutama untuk mendukung kinerja pengurus periode mendatang, dengan niat ikhlas ber-khi