lomba karya tulis mahasiswa fisip ut 2013

28
Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013 Dalam rangka memberi kesempatan kepada mahasiswa yang kreatif dan mampu menyusun karya tulis yang baik FISIP-UT akan menyelenggarakan kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM). Tujuan kegiatan tersebut agar mahasiswa FISIP- UT memiliki kompetensi kepribadian dan profesi yang andal serta dapat berinovasi dalam kehidupan bermasyarakat. Lomba ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa yang masih aktif dalam studi di Program S1 FISIP-UT. Ketentuan umum dan persyaratan lomba terlampir. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), mahasiswa dapat menghubungi Ketua Jurusan masing-masing yaitu: 1. Ketua Jurusan Ilmu Admnistrasi; Drs. Enceng, M.Si., email [email protected] 2. Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi; Dra. Ida Royandiah, M.Si., email [email protected] 3. Ketua Jurusan Sosiologi; H. I. Bambang Prasetyo, S.Sos, M.Si., email [email protected] 4. Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra; Dra. Siti Era Mardiani, M.Ed., email [email protected] Karya tulis yang diikutseratakan dalam lomba, silakan dikirim ke: Ketua Panitia LKTM FISIP-UT, cq. Pembantu Dekan III FISIP-UT, Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang Tangerang Selatan 15418. Pada bagian kanan amplop diberi keterangan “Lomba Karya Tulis Mahasiswa”.

Upload: mulyadi-moel-saja

Post on 01-Dec-2015

93 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Dalam rangka memberi kesempatan kepada mahasiswa yang kreatif dan mampu menyusun karya tulis yang baik FISIP-UT akan menyelenggarakan kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM). Tujuan kegiatan tersebut agar mahasiswa FISIP-UT memiliki kompetensi kepribadian dan profesi yang andal serta dapat berinovasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Lomba ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa yang masih aktif dalam studi di Program S1 FISIP-UT.

Ketentuan umum dan persyaratan lomba terlampir. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), mahasiswa dapat menghubungi Ketua Jurusan masing-masing yaitu:

1. Ketua Jurusan Ilmu Admnistrasi; Drs. Enceng, M.Si., email [email protected]. Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi; Dra. Ida Royandiah, M.Si., email [email protected]. Ketua Jurusan Sosiologi; H. I. Bambang Prasetyo, S.Sos, M.Si., email

[email protected]. Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra; Dra. Siti Era Mardiani, M.Ed., email [email protected]

Karya tulis yang diikutseratakan dalam lomba, silakan dikirim ke:

Ketua Panitia LKTM FISIP-UT, cq. Pembantu Dekan III FISIP-UT, Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang Tangerang Selatan 15418. Pada bagian kanan amplop diberi keterangan “Lomba Karya Tulis Mahasiswa”.

Karya tulis juga dapat dikirim melalui email pada: [email protected].

Karya tulis paling lambat kami terima pada tanggal 31 Mei 2013 cap pos

> informasi terkini tentang lomba ini, kunjungi http://fisip.ut.ac.id

> Pengumuman dalam PDF

Lampiran

A. DefinisiKarya Tulis Mahasiswa merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya atau hasil penelitian yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis.

B. Persyaratan Peserta1. Peserta adalah rnahasiswa aktif Program Studi S1 di FISIP-UT

Page 2: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

2. Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perseorangan.3. Anggota peserta kelompok berasal dari program studi yang sama.4. Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada kompetisi

lain.C. Proses Seleksi

Seleksi peserta dilaksanakan secara bertahap:1. Penilain karya tulis oleh Tim Seleksi (desk evaluation)2. Wawancara bagi yang lolos desk evaluation.

D. Tema dan Topik

o Implementasi Reformasi Birokrasio Menumbuhkembangkan Kewirausahaano Implementasi Good Governanceo Arsitektur Arsip Elektroniko Aktualisasi Norma Administrasi Perpajakano Perkembangan Teknologi Media Dalam Rangka Pembangunan Karaktero Konflik dan Resolusio Translation and Indonesia Cultural Identity (Article has to be written in

English)E. Sifat dan Isi Tulisan

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk mensolusikan suatu permasalahan.b. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya.c. Bersifat asli (bukan karya jiplakan), tidak mengandung plagiasi.d. Logis dan Sistematis

1. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.2. Pada dasarnya karya ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah,

pembahasan kajian pustaka, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.

A. Sistematika PenulisanSistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut.

1. Bagian Awala. Halaman Judul

1. Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.

2. Nama penulis dan nomor induk mahasiswa, ditulis dengan jelas3. Program studi4. UPBJJ5. Tahun penulisan

b. Lembar Identitas1. Lembar Identitas memuat judul, nama penulis, nomor induk

mahasiswa (NIM), nomor HP, alamat email, dan alamat lengkap (yang mudah dihubungi).

2. Pernyataan karya tulis merupakan hasil pemikiran sendiri tidak mengadung unsur plagiasi yang ditandatangani oleh penulis di atas materai Rp 6.000,00. Apabila dikirim melalui email pernyataan di scan dan disertakan menjadi satu dengan artikel.

c. Kata Pengantar dari penulis

Page 3: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

d. Daftar Isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

e. Abstrak maksimal 200 kata.2. Bagian Inti

Karya tulis ditulis berdasarkan hasil penelitian sehingga bagian inti karya tersebut meliputi hal-hal berikut.

a. Pendahuluan Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:1. Latar belakang yang mencakup perumusan masalah dan alasan

mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk dikaji;

2. Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.b. Pembahasan

1. Pembahasan permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi (berupa deskripsi data).

2. Sintesis untuk menghasilkan alternatif pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif (pembahasan).

c. Simpulan dan saran1. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan

menjawab tujuan.2. Saran merupakan rekomendasi untuk perbaikan di masa yang

akan datang3. Bagian Akhir

a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.

b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaanpenghargaan ilmiah yang pernah diraih.

c. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.

B. Persyaratan Penulisan1. Petunjuk teknis penulisan dan pengetikan karya tulis sebagai berikut.

a. Penulisan Huruf: Naskah diketik 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan kuran huruf "Times New Roman 12", kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi.

b. Tata Letak1. Batas pengetikan: margin atas dan kiri 4 cm; margin bawah dan

kanan 3 cm;2. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya

a. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 1,5 spasi.

b. Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi.

Page 4: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

c. Judul Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar(huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.

d. Judul anak Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 1 (satu) cm yang diberi garis

2. Naskah, mulai dari Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan Saran ditulis minimal 10 halaman dan maksimal 15 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.

3. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.

4. Khusus bagi mahasiswa yang menulis topik Translation and Indonesia Cultural Identity menggunakan bahasa Inggris.

Penilaian Karya Tulis Mahasiswa dilakukan oleh Tim Juri Jurusan yang berjumlah tiga orang.

Artikel yang kami terima melewati batas waktu yang telah ditentukan atau yang diindikasikan bukan karya sendiri/kelompok (plagiasi) tidak diikutkan dalam proses seleksi.

Pemenang akan dipilih untuk setiap tema atau topik dan akan memperoleh sertifikat serta hadiah uang masing masing adalah:

1. Juara Pertama sebesar Rp 5.000.000,002. Juara Kedua sebesar Rp 3.000.000,003. Juara Ketiga sebesar Rp 2.000.000,00

Penilaian Karya Tulis Mahasiswa

No. Kriteria Penilaian

1

Format Makalah:

Tata tulis: ukuran kertas, tipografi, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

2

Kreatifitas Gagasan:

Kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat Keaslian gagasan Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide

3

Topik yang dikemukakan:

Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis Aktualitas topik dan fokus bahasan yang dipilih

4 Data dan sumber informasi:

Kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan

Page 5: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Keakuratan data dan informasi

5

Analisis, Sintesis, dan Simpulan

Kemampuan menganalisis dan mensintesis Kemampuan menyimpulkan bahasan Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan umuk dapat diadopsi

Pedoman Wawancara:

1. Jelaskan secara ringkas isi karya tulis!2. Pertanyaan materi yang ada dalam karya tulis!

Pengumuman pemenang lomba akan ditentukan kemudian melalui website http://www.fisip.ut.ac.id.

Page 6: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi dengan UT dan IWITA

Hidup di era digital, perempuan Indonesia harus tanggap teknologi. Perempuan harus berjalan setara dengan kaum pria dalam menjalani kehidupannya. Perempuan harus belajar untuk terus maju mengikuti perkembangan jaman.

Dengan latar belakang kebutuhan tersebut, Universitas Terbuka (UT) dan Indonesian Women IT Awareness (IWITA) mengadakan talkshow dengan tema “The Open Mind to Distance Learning for Women in Digital World”. Bertempat di pusat kota, yaitu di kawasan Sudirman, tepatnya di The Cone Indonesia FX Plaza lantai 7.

Pada hari Jumat, tanggal 12 Oktober 2012 talkshow ini menghadirkan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dra Linda Amalia Sari Gumelar sebagai keynote speaker yang diwakili oleh Deputi bidang Perlindungan Perempuan. Selain itu, hadir pula beberapa jajaran pejabat di lingkungan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pejabat UT, Ketua Umum IWITA beserta para anggotanya juga beberapa anggota IWAPI.

Acara talkshow dibuka oleh Ketua Umum IWITA Ibu Martha Simanjuntak yang menekankan bahwa para perempuan Indonesia harus dapat secara bijak menjalani dua perannya, baik sebagai ibu rumah tangga juga sebagai wanita karier yang maju dan tanggap teknologi. IWITA merupakan Ikatan Perempuan yang tanggap teknologi yang mengajak para perempuan Indonesia untuk tidak ketinggalan zaman dengan kemajuan dunia teknologi.

Sambutan Rektor UT yang dalam hal ini disampaikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dra Dewi Artati Padmo, M.A., Ph.D menyampaikan bahwa kontribusi UT untuk memajukan perempuan di era digital ini sudah sangat besar karena UT memberi kesempatan kepada ibu rumah tangga untuk dapat tetap berkarya dan melanjutkan pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan tugasnya sebagai ibu rumah tangga, demikian juga sebagai wanita karir yang tidak sempat untuk melanjutkan kuliah. Ini terbukti dari 67% jumlah mahasiswa dari total 585.700 mahasiswa adalah perempuan. Ibu Dewi pun menambahkan bahwa dari seorang ibu yang berpendidikan dapat mendidik anak-anaknya sehingga menjadikan anak-anak bangsa yang baik dan berprestasi.

Page 7: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Sesi berikutnya adalah keynote speech Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang disampaikan oleh Deputi bidang Perlindungan Perempuan, Dr. Luli Altriswati M.Sc. Beliau menyampaikan IWITA dengan Universitas Terbuka (UT) bermaksud memberikan kesadaran sekaligus mendorong publik tentang pentingnya pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi melalui program e-learning.

Maka melalui kegiatan hari ini, selaku pemerintah, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, saya menyampaikan penghargaan kepada IWITA dan Universitas Terbuka yang menjadi pelopor dalam menjalankan program pengembangan teknologi informasi melalui e-learning. Selanjutnya ditekankan bahwa upaya e-learning yang diterapkan oleh Universitas Terbuka ini sangat membantu perempuan karena sistem belajar yang diterapkan Universitas Terbuka memungkinkan mahasiswa tidak harus bertemu dengan dosen dalam kelas. Perempuan sebagai mahasiswa dapat belajar di rumah, dengan e-learning waktu bagi perempuan lebih fleksibel karena pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, di samping itu materi yang dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia dengan cepat dapat diperbaharui oleh pengajar.Beliau juga mengharapkan kepada semua yang menaruh perhatian untuk membangun koneksi antara perempuan dengan peningkatan pendidikan melalui e-learning, bekerja bersama untuk mencari cara terbaik dalam meningkatkan pendidikan perempuan.

Dua sesi talkshow yang ditampilkan pada acara ini sarat dengan makna. Walaupun disampaikan dengan gaya santai, namun memuat perbincangan yang sangat seru. Narasumber sesi pertama adalah Teddy Sukardi selaku Penasehat IWITA, Dian Budiargo Dosen FISIP dan tim sosialiasi promosi UT, dengan moderator Didik Partomo. Sesi kedua dr. Lula Kamal, public figure dan Anna Soemarmo, Acct Manager Google Indonesia dengan moderator Ibu Martha Simanjuntak. Upaya dan semangat UT mempromosikan dirinya kepada khalayak luas sebagai lembaga pendidikan yang sarat dengan pembelajaran e-learning semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk semakin maju.

© Universitas Terbuka 2012

Page 8: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Tentang UT

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

A. TUJUAN PENDIRIAN UT

UT didirikan dengan tujuan:

1. memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, di mana pun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi;

2. memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka;

3. mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.

B. VISI DAN MISI

Sebagai perguruan tinggi negeri, UT memiliki visi dan misi. Visi UT adalah “pada tahun 2021 UT menjadi institusi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas dunia dalam menghasilkan produk perguruan tinggi maupun dalam menyelenggarakan, mengembangkan, dan menyebarkan informasi PTTJJ”.

Untuk mencapai visi tersebut, UT memiliki misi sebagai berikut.

1. Menyediakan akses pendidikan tinggi berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat, melalui penyelenggaran berbagai program PTTJJ.

2. Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ,3. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk

menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.

C. SISTEM PEMBELAJARAN

menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

D. CARA BELAJAR

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara

Page 9: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.

Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efektif, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

E. SISTEM KREDIT SEMESTER

seperti halnya perguruan tinggi yang lain, menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa. Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.

Dalam pendidikan tinggi tatap muka, mahasiswa yang mengambil beban studi satu sks harus mengikuti perkuliahan selama satu jam per minggu di kelas dan satu jam untuk praktek, praktikum, atau belajar di rumah, sehingga dalam satu semester mahasiswa harus mengalokasikan waktu belajar sekitar 32 jam. Untuk menempuh mata kuliah yang berbobot 3 sks dibutuhkan waktu belajar sekitar 96 jam per semester.

Dalam sistem pendidikan jarak jauh, mahasiswa juga harus mengalokasikan waktu yang sama dengan mahasiswa tatap muka (2 jam per minggu per sks). Hanya saja kegiatan belajarnya lebih banyak dilakukan secara mandiri (belajar sendiri, belajar berkelompok, atau tutorial).

Khusus untuk UT, satu sks disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri atas 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman, tergantung pada jenis mata kuliahnya. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca dan memahami rata-rata mahasiswa adalah 5-6 halaman per jam sehingga untuk membaca dan memahami bahan ajar dengan bobot 3 sks diperlukan waktu sekitar 75 jam (360-450 halaman dibagi 5-6 halaman). Apabila satu semester mempunyai waktu 16 minggu, maka waktu yang diperlukan untuk membaca dan memahami bahan ajar dengan bobot 3 sks adalah 75 jam dibagi 16 minggu, atau kurang lebih 5 jam per minggu. Misalnya, mahasiswa mengambil 15 sks/semester, maka yang bersangkutan harus mengalokasikan waktu belajar sebanyak 15 sks dibagi 3 sks kali 5 jam = 25 jam per minggu atau kira-kira 5 jam per hari (1 minggu dihitung 5 hari belajar).

Dengan sistem belajar seperti ini mahasiswa UT diharapkan mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan beban sks yang diambil, atau mengambil beban sks setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapat dialokasikan, serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing.

Page 10: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

F. PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI

Dalam penyelenggaraan pendidikan, UT bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri dan sejumlah perguruan tinggi swasta serta instansi yang relevan yang ada di Indonesia. Di setiap provinsi atau kabupaten/kota yang terdapat perguruan tinggi negeri, tersedia unit layanan UT yang disebut UPBJJ-UT. Perguruan tinggi negeri setempat berperan sebagai pembina UPBJJ-UT serta membantu dalam penulisan bahan ajar, bahan ujian, pelaksanaan tutorial, praktek/praktikum, dan ujian.

Untuk memberikan layanan pendidikan secara optimal kepada mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan di luar negeri, UT bekerja sama dengan instansi lain seperti Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, TV-Edukasi, Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Siaran Pemerintah Daerah, Radio Siaran Swasta Niaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia), Atase Pendidikan KBRI, Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Daerah, Arsip Nasional, Koperasi Karunika, dan PT Pos Indonesia.

UT juga bekerja sama dengan instansi-instansi yang ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, baik instansi pemerintah, BUMN maupun swasta. Mereka dapat mengikuti program yang ada di UT atau memesan program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan instansinya. UT selama ini telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru SD dan guru Anak Usia Dini melalui program yang dikenal sebagai program Pendidikan Guru Pendidikan Dasar (Pendas). Selain itu, UT juga telah mendapat kepercayaan untuk meningkatkan kualitas SDM antara lain dari ANRI, KPN, TNI, Bank BRI, Bank BNI, PT Garuda Indonesia, PT Merpati Nusantara, Departemen Pertanian, Sekretariat Wakil Presiden, Pemerintah Kota/Kabupaten, Pondok Pesantren, Kowani, POLRI, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan beberapa instansi lainnya.

UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yang diberi istilah Program Non-Pendas dan Program Pendas. Program Non-Pendas adalah program pen¬didikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum kecuali program Non-Pendas FKIP. Program Non-Pendas FKIP hanya dapat diikuti oleh mereka yang sudah bekerja sebagai guru. Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus bagi para guru SD dan guru PAUD. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

Page 11: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Mahasiswa & Alumni

Pelayanan Mahasiswa

Pelayanan mahasiswa diberikan dalam bentuk layanan informasi, bantuan belajar, bimbingan akademik, administrasi akademik, keluhan pelanggan, dan perpustakaan. Layanan ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa mengatasi masalah akademik dan administrasi akademik yang dihadapi selama belajar di UT.

A. LAYANAN INFORMASI

Layanan informasi dapat diperoleh melalui berbagai modus:

1. situs UT, dengan alamat http://www.ut.ac.id/;2. newsletter, dengan cara mendaftarkan alamat email mahasiswa melalui menu newsletter;3. interactive voice recorder (IVR) pada nomor telepon (021) 7490941;4. surat edaran kepada mahasiswa;5. papan pengumuman di UPBJJ-UT;6. leaflet atau brosur tentang UT; dan7. majalah Komunika.

B. LAYANAN BANTUAN BELAJAR

Layanan bantuan belajar meliputi penyediaan bahan ajar suplemen dan tutorial. Bahan ajar suplemen adalah bahan ajar tambahan yang bertujuan antara lain untuk memperjelas materi dari modul yang sulit dipahami, memperbaiki materi yang telah kadaluwarsa dari bahan ajar cetak yang belum direvisi dan memperkaya sumber bacaan. Bahan ajar suplemen dapat diakses melalui http://www.ut.ac.id/ menu UT open courseware. Pembahasan tentang tutorial dapat dilihat pada BAB IV Tutorial.

Page 12: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

C. LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIK

Layanan bimbingan akademik antara lain meliputi layanan konsultasi mengenai strategi belajar, cara belajar, pemilihan program studi, pemilihan mata kuliah, dan konsultasi tentang TAP. Mahasiswa yang membutuhkan bimbingan akademik dapat menghubungi fakultas terkait atau staf akademik di UPBJJ-UT melalui surat, telepon, e-mail, atau datang langsung. Selain itu mahasiswa dapat meminta bantuan pada Forum Komunitas UT Online yang dapat diakses melalui alamat http://www.ut.ac.id/ pada menu Tutorial Online.

D. LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK

1. Perubahan Data Pribadi Akurasi data pribadi mahasiswa sangat penting karena akan digunakan untuk data peserta ujian, penulisan ijazah/sertifikat, dan keperluan pengiriman informasi atau dokumen. Mahasiswa dapat mengajukan perubahan data pribadi karena adanya perubahan data (misalnya alamat, nama, tempat, dan tanggal lahir). Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa harus dilaporkan ke UPBJJ-UT dengan menggunakan Formulir Perubahan Data Pribadi. Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa menyangkut nama dan tanggal lahir harus disertai dengan fotokopi surat bukti yang bersifat legal seperti akta kelahiran, ijazah, kartu pegawai, keputusan pengadilan, dan lain-lain.

2. Penggantian Kartu Mahasiswa Bila kartu mahasiswa hilang atau rusak, mahasiswa harus melaporkan dan meminta penggantinya ke UPBJJ-UT atau ke Subbag Pelma – BAAPM UT Pusat dengan cara berikut.

a. Menghubungi UPBJJ untuk mendapatkan LIP pembayaran Cetak Duplikat Kartu Mahasiswa.

b. Membayar biaya penggantian Kartu Mahasiswa dengan menggunakan LIP pembayaran Cetak Duplikat Kartu Mahasiswa melalui Bank BRI/BTN/Mandiri.

c. Menyerahkan LIP pembayaran Cetak Duplikat Kartu Mahasiswa yang sudah divalidasi Bank (asli) ke UPBJJ-UT atau ke Subbag Pelma BAAPM UT Pusat.

d. Foto langsung di UPBJJ-UT atau Subbag Pelma BAAPM UT Pusat atau menyerahkan pas foto ukuran 3 × 4 atau softcopy pas foto (bukan hasil scan) dengan kriteria W=358pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch ke UPBJJ-UT atau ke Subbag Pelma BAAPM UT Pusat.

3. Penyelesaian Kasus Nilai Mahasiswa dapat menyampaikan keluhan atau pengaduan mengenai nilai ujian secara tertulis ditujukan kepada Kepala UPBJJ-UT dengan menggunakan Formulir Pengaduan Kasus Nilai Ujian. Mahasiswa juga dapat menyampaikan kasus nilai melalui telepon, melalui menu Layanan Informasi pada http://www.ut.ac.id/. Pengaduan kasus nilai harus dilampiri dengan LIP Registrasi Mata Kuliah yang sudah divalidasi Bank.

E. LAYANAN KELUHAN PELANGGAN

Keluhan pelanggan dapat disampaikan melalui:

1. situs UT dengan alamat http://www.ut.ac.id/, pada menu “mahasiswa dan alumni” lalu klik “Layanan Informasi”;

2. UPBJJ-UT setempat; atau3. surat yang ditujukan ke unit terkait dengan alamat Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe,

Pamulang, Tangerang Selatan 15418.

F. LAYANAN PERPUSTAKAAN

Untuk dapat memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa, Perpustakaan UT telah melakukan kerja sama dengan Forum Kegiatan Perpustakaan Perguruan Tinggi (FKP2T). Mahasiswa UT dapat memanfaatkan koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi anggota forum

Page 13: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

dengan cara memiliki Kartu Sakti yang dapat diperoleh dengan cara mendaftar di perguruan tinggi terdekat anggota forum dengan syarat:

1. menyerahkan fotokopi kartu mahasiswa;2. pasfoto ukuran 2 × 3 (1 lembar);3. biaya administrasi pendaftaran Rp7.500,00.

Keuntungan yang didapat dari pemegang Kartu Sakti ini adalah terbebas dari biaya kunjungan ke perpustakaan anggota jaringan dan dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada (baca di tempat dan fotokopi). Kartu ini berlaku selama 1 semester.

Adapun Perpustakaan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam FKP2T adalah:

1. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.2. Perpustakaan Universitas Jember.3. Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.4. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.5. Perpustakaan Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.6. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta.7. Perpustakaan Universitas Diponegoro, Semarang.8. Perpustakaan Universitas Negeri Semarang.9. Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.10. Perpustakaan Universitas Brawijaya, Malang.11. Perpustakaan Universitas Negeri Malang.12. Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya.13. Perpustakaan Universitas Airlangga, Surabaya.14. Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.15. Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta.16. Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka, Jakarta.17. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.18. Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember.19. Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malang.20. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.21. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,Yogyakarta.22. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.23. Perpustakaan Universitas Lampung.24. Perpustakaan Universitas Udayana.25. Perpustakaan Universitas Mataram.26. Perpustakaan Politeknik Negeri Singaraja.

Mahasiswa UT juga dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan daerah (Badan Perpustakaan Daerah) yang ada di setiap provinsi dengan menjadi anggota.

Di samping itu UT juga mengembangkan perpustakaan digital sehingga mahasiswa UT dapat mengakses perpustakaan UT dari manapun dan kapan pun. Koleksi yang tersedia dalam perpustakaan digital meliputi e-book, e-journal, disertasi, tesis, hasil penelitian, makalah, prosiding, dan Buku Materi Pokok atau modul. Semua tersedia dalam bentuk full text. Seperti umumnya fasilitas pada perpustakaan konvensional, dalam perpustakaan digital UT juga tersedia fasilitas ruang baca yang disajikan dalam bentuk virtual (ruang baca virtual). Melalui ruang baca virtual ini, mahasiswa UT dan tutor untuk tutorial elektronik, dapat mengakses Buku Materi Pokok atau modul secara online dalam bentuk full text.

Page 14: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Dengan demikian mahasiswa UT dapat mempelajari materi perkuliahan sesuai yang dipersyaratkan dalam teori pembelajaran. Buku Materi Pokok (modul) dalam bentuk full text dapat diakses oleh tutor tuton dan mahasiswa pada ruang baca virtual. Untuk dapat mengakses ruang baca virtual tutor tuton dan mahasiswa harus melakukan aktifasi (memiliki account) UT online terlebih dahulu. Sedangkan masyarakat umum dapat mengakses atau membaca Buku Materi Pokok dalam bentuk rangkuman. Koleksi full text Buku Materi Pokok yang tersedia dalam ruang baca virtual hanya dapat dibaca dan tidak dapat di-download. Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan bukunya secara tercetak, dapat memesan melalui toko buku online. Perpustakaan digital UT dapat diakses melalui http://www.ut.ac.id. Setelah itu, klik menu perpustakaan digital. Bagi pengunjung yang akan mengakses ruang baca virtual, klik menu ruang baca virtual.

Berikut e-journal dan e-book yang dilanggan dan dimiliki oleh Perpustakaan UT:

1. EBSCO2. Gale Cengage Learning3. Proquest4. Springer5. 16 Publishing6. Jhon Willey

Untuk masuk ke e-journal dan e-book tersebut mahasiswa dapat menghubungi [email protected] untuk dibukakan fasilitas loginnya.

Apabila mahasiswa memerlukan referensi ilmiah Indonesia, Perpustakaan Universitas Terbuka telah mendapat akses dalam portal “GARUDA” (Garda Rujukan Digital) yaitu portal yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti. Laman Garuda adalah http://garuda.kemdiknas.go.id.

Page 15: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

UPBJJ-UT

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) adalah unit pelaksana teknis di daerah. Adapun fungsi dan tugas UPBJJ-UT adalah sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik. Untuk kegiatan sehari-hari, UPBJJ-UT mempunyai tugas penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh.

Dalam menyelenggarakan tugas tersebut UPBJJ-UT mempunyai fungsi pokok yaitu:

1. Melaksanakan kegiatan administrasi dan humas serta promosi yang di koordinasi oleh Ka. Subbag. Tata Usaha. Melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi akademik yang meliputi kegiatan registrasi dan pengujian. Kegiatan ini tidak dilakukan secara bersamaan tetapi sangat berkaitan dan berkesinambungan. Oleh karena itu dapat dikoordinasi oleh satu orang koordinator. Jika beban kerja UPBJJ-UT meningkat karena perubahan jumlah mahasiswa, UPBJJ-UT dapat memecahnya menjadi dua yaitu koodinator registrasi dan koordinator pengujian.

2. Melaksanakan kegiatan pelayanan bantuan belajar dan layanan bahan ajar yang meliputi pelaksanaan tutorial dan ekstrakurikuler. Pelaksanaan tutorial di masa yang akan datang diharapkan volumenya akan meningkat yaitu dengan adanya kebijakan baru tentang tutorial dengan rancangan khusus, kegiatan ini cukup dikoordinasi oleh seorang koordinator.

3. Mengembangkan, membina, dan melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi. Fungsi ini adalah wewenang Kepala UPBJJ-UT yang akan menjadi tidak efektif jika didelegasikan kepada koordinator atau staf lainnya.

Lokasi UPBJJ Peta UPBJJ

Share this post

Another content:

© Universitas Terbuka 2012

Page 16: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Strategi Belajar Mandiri Di Universitas Terbuka

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial.

UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat di pelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat berinisiatif memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui Internet (tutorial online/tuton), radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi atau bantuan tutorial kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.

Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efisien. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

Bagaimana caranya agar mahasiswa bisa berhasil dalam program pendidikan jarak jauh?. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa yang mengikuti pendidikan jarak jauh terutama mahasiswa Universitas Terbuka.

A. PengertianUT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, computer/internet, siaran radio dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat). Dengan demikian, Pendidikan jarak jauh didasarkan pada dasar pemikiran bahwa murid adalah pusat proses pembelajaran, bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri, dan berusaha sendiri di tempat mereka sendiri (http://www.studygs.net/indon/disted.htm)

B. Kondisi-kondisi yang biasa terdapat pada  program pendidikan jarak jauh (Steve

Page 17: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Wheeleer, 1999)1. Informasi yang harus diketahui oleh mahasiswa, diantaranya adalah

a. Alamat website kelasb. Nama dosen/tutor, lokasi dan jam tutorial, nomor telepon, fax, alamat e-mail

pengelola/dosen/tutor,.c. Lokasi dan jam kerja pusat informasi (unit program belajar jarak jauh/UPBJJ), nomor

telepon, pimpinan pusat informasi (UPBJJ) dengan alamat e-mail, nama ketua program studi.

d. Jadwal (batas akhir) registrasi, tutorial, ujian akhir semestere. Persyaratan lainnya yang bersifat administratif.

2. Logistik atau perlengkapan yang diperlukan dan akan didapatkana.Bahan belajar

1. Kapan dan dimana bahan ajar (buku materi pokok) bisa didapatkan2. Apa saja perlengkapan belajar yang akan diterima (bahan ajar cetak, non cetak

ataupun kitpraktik, catalog, suplemen dan lain-lain)3. Formulir apa saja yang harus diterima dan dilengkapi (tanda bukti setoran, formulir

registrasi dan lain-lain)

b. Materi Pembelajaran (perkuliahan)

1. Materi pembelajaran yang Anda harapkan.2. Silabus perkuliahan dan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan selama mengikuti

mata kuliah tersebut3. Bagaimana Anda akan menerima materi tersebut4. Bagaimana mempelajari materi tersebut5. Darimana saja Anda bisa mendapatkan sumber belajar lainnya selain buku materi

pokok6. Bagaimana penilaian dalam mata kuliah tersebut, apakah hanya dari uji konsep, atau

praktik atau gabungan dari keduanya7. Bagaimana menjadwalkan diri Anda untuk mempelajari materi mata kuliah.

3. Umpan balik pada tutor

1. Dalam pertemuan tatap muka, seorang tutor bergantung pada umpan balik dari mahasiswanya, baik dengan pertanyaan maupun ekspresi wajah/fisik. Dalam program jarak jauh, hal ini merupakan hal yang sangat sulit, dan Anda bertanggung jawab untuk memberitahu tutor tentang bagaimana Anda menerima pelajaran baik melalui tutorial tatap muka, pembicaraan telepon ataupun e-mail.

2. Menunjukkan kemajuan dan ketaatan,Laporan perkembangan/kemajuan pembelajaran dapat Anda terima melalui umpan balik yang diberikan oleh tutor. Mintalah jadwal evaluasi, kondisi dan metode untuk kemajuan Anda melalui materi-materi yang ada. Metode-metode tersebut meliputi beberapa hal, diantaranya melalui tes-tes yang meliputi penguasaan pengetahuan atau hasil dari tugas-tugas yang diberikan,laporan-laporan,proyek-proyek, kasus studi, rangkuman pendidikan, dan masukan secara kualitatif dan kuantitatif dalam diskusi pelajaran dan proyek-proyek

C.Sistem Belajar (http://www.studygs.net/indon/murder.htm)Salah Satu Sistem Belajar yang dapat diterapkan mahasiswa pada sistem belajar jarak jauh adalah dengan sistem "Murder". Sistem ini apabila diterapkan dengan sungguh-sungguh akan

Page 18: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

menjadikan belajar Anda efektif dan efisien. Penjelasan dari system MURDER ini adalah sebagai berikut.MURDER (English) = Mood – Understand – Recall – Digest – Expand – Review yang apabila dijabarkan lebih lanjut seperti berikut. (Perincian sistem belajar "MURDER" ini, yang diadaptasi dari buku The Complete Problem Solver oleh Bob Nelson)

1. Mood - Suasana HatiCiptakan selalu mood yang positif untuk belajar karena seperti pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang, maka sebaiknya mahasiswa mencoba mengenali lebih dulu materi, dosen/tutor atau buku materi pokok. Setelah kita mengenal hal-hal tersebut maka akan timbul rasa suka terhadap mata kuliah ini. Selain itu, Anda juga harus selalu berusaha untuk membuat atau menciptakan perasaan senang dan bahagia setiap kali akan mempelajari materi. Caranya dapat dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadi masing-masing.

2. Understand - PemahamanBacalah buku materi pokok secara keseluruhan. Beri tanda kalimat/kata yang tidak dimengerti. Kemudian jika ada kesempatan cobalah untuk mencari tahu dengan bertanya atau mencari sumber-sumber lain untuk menemukan jawaban/ informasi terhadp kalimat/kata/hal yang tidak dimengerti tersebut. Tidak perlu malu untuk bertanya pada teman sejawat, tutor ataupun pihak lain yang Anda anggap lebih mengetahui hal tersebut.

3. Recall - Ulang:Ulangi materi yang telah dipelajari secara periodik dan berkesinambungan. Misalnya setiap seminggu sekali . Caranya adalah dengan membuat rangkuman (bukan ringkasan) dengan menggunakan kata-kata sendiri tentang materi yang sudah dipelajari. Lakukan pengulangan seperti Anda membuat spiral sehingga pengulangan yang Anda lakukan tetap akan menyentuh materi pertama yang Anda pelajari.

4.Digest - TelaahBaca kembali;I hasil rangkuman yang telah Anda buat, jika masih ada yang kurang jelas cobalah untuk mencari penjelasan lebih lanjut pada sumber belajar yang terkait atau diskusikan dengan teman sejawat, atau tutor/dosen Anda

5. Expand - KembangkanKembangkan materi yang telah Anda pelajari dan telah Anda rangkum tadi dengan cara mencoba menerapkan pada kehidupan Anda sehari-hari. Seandainya Anda seorang guru, cobalah menerapkan materi yang Anda pelajari tersebut pada kegiatan pembelajaran di kelas Anda. Catat apa saja kekurangan dan kelebihan dari materi tersebut saat diterapkan di lapangan. Buat catatan yang lengkap dan gunakan catatan tersebut untuk didiskusikan dengan teman sejawat atau tutor/dosen Anda. Selain dengan cara tersebut dapat pula dilakukan dengan mencoba membuat soal berdasarkan materi tersebut yang telah dipelajari dan yang akan Anda jawab sendiri. Apakah Anda bisa menjawab semua soal tersebut dengan baik?.

6. Review - Pelajari KembaliPelajari kembali setiap materi yang telah dipelajari dan jangan pernah bosan untuk mengulang-ulang materi yang sudah Anda baca karena hal tersebut akan membuat Anda semakin mudah mengingat dan memahaminya.

© Universitas Terbuka 2012

Page 19: Lomba Karya Tulis Mahasiswa FISIP UT 2013

Sistem Jaminan Kualitas

Sejak tahun 2002, Universitas Terbuka (UT) telah mengembangkan sistem jaminan kualitas (SIMINTAS) yang digunakan untuk menjamin kualitas dari seluruh produk maupun kegiatan yang ada di UT. Simintas UT pada awalnya diadopsi dari Asian Association of Open Universities Quality Assurance Frame Work (AAOU QA Frame Work), yang terdiri dari 9 komponen dan 107 poin kebijakan kualitas yang berupa pernyataan praktek baik.

Dalam perjalanan penjaminan kualitas di UT tidak hanya berpaku pada satu sistem, karena dari tahun 2006 UT menggunakan standar ISO 9001 (Quality Management System) untuk memastikan bidang –bidang Layanan Bahan Ajar, Pengembangan dan Layanan Bahan Ajar dan Ujian, Layanan Administrasi Akademik, dan Layanan Belajar Jarak Jauh untuk seluruh UPBJJ-UT atau seluruh proses yang dilaksanakan di UT berjalan sesuai dengan standar internasional ISO 9001.

Secara akademik, UT juga memastikan bahwa kualitas akademik UT sudah diakui secara nasional dengan mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kualitas UT sebagai penyelenggara pendidikan terbuka jarak jauh (PTTJJ) juga sudah diakui secara internasional dengan diperolehnya pengakuan dari Internasional Council for Distance Education (ICDE) setelah melakukan review kualitas pada tahun 2005, dan 2010.

Setelah sepuluh tahun pelaksanaan Simintas, pada tahun 2012 UT merevisi Simintas UT 2002. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan perkembangan jaman dan teknologi. Revisi dilaksanakan dengan mengintegrasikan seluruh persyaratan standar kualitas yang diharuskan oleh Undang-undang, Peraturan Negara, AAOU QA Statements of Best Practices dan juga dengan Renstra dan Renop UT untuk memenuhi standar kualitas baik nasional (BAN PT) maupun internasional (ISO 9001 dan ICDE).

Simintas UT 2012 hasil revisi ini berupa kebijakan kualitas terintegrasi yang berisi 10 komponen dan 110 poin kebijakan kualitas yang berupa pernyataan praktek baik sebagai berikut.

I. Kebijakan dan Perencanaan (7 kebijakan)II. Sumber Daya Manusia (8 kebijakan)

III. Manajemen Internal (15 kebjiakan)IV. Mahasiswa dan Profil Mahasiswa (8 kebjiakan)V. Rancangan dan Pengembangan Program Pendidikan (12 kebjiakan)

VI. Rancangan dan Pengembangan Mata Kuliah (11 kebjiakan)VII. Layanan Bantuan Belajar (10 kebjiakan)

VIII. Prasarana, Media, dan Sumber Belajar (4 kebjiakan)IX. Penilaian dan Evaluasi Mahasiswa (22 kebjiakan)X. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (13 kebjiakan)