kecil_ matahati maret-april 2014

44
1 Jendela Dunia Berbagi TAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014 JENDELA DUNIA BERBAGI TAHUN VI 21 MARET - 21 APRIL 2014 PESATREN SAINS U pa ya Lahirkan Saintis M uslim

Upload: nazhori-author

Post on 14-Oct-2015

206 views

Category:

Documents


3 download

TRANSCRIPT

  • 1Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    J E N D E L A D U N I A B E R B A G I

    Tahun VI 21 MaRET - 21 aPRIL 2014

    PesatreN saINsUpaya Lahirkan Saintis Muslim

  • 2 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

  • 1Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

  • 2 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    WALI AMANAH:Prof. Dr. H.M. Amin Rais, M.A

    Prof. Dr. H.A. Syafii Maarif, M.AProf. Dr. H.M. Din Syamsuddin, M.A

    Prof. Dr. Malik Fajar, M.Sc

    DEWAN SYARIAH:Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc, M.A

    Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.AProf. Dr. H. Fathurrahman Jamil, M.A

    BADAN PENgAWAS:Drs. H.A. Dahlan Rais, M.Hum

    Drs. H. Goodwil ZubirProf. Dr. H. Fasichulalisan, Apt.

    BADAN PENgURUS:KETUA & WAKIL:

    Drs. H. Hajriyanto Y. ThohariH. Syafruddin Anhar, S.E., M.E

    Drs. H. Irsyadul HalimSEKRETARIS

    Ahmad Imam Mujadid Rais, S.Ip

    PIMPINAN UMUM:M. Khoirul Muttaqin

    DEWAN REDAKSI:A.I. Mujadid Rais

    Nanang Q. el-Ghazal | Hari EkoUpik Rahmawati

    PIMPINAN REDAKSI:Agus Yuliawan

    REDAKTUR PELAKSANA:Fathurroji

    SEKRETARIS:Nazhori Author

    REDAKTUR:Ahmad M Adnan

    STAf REDAKSI:Heru Lianto | Khoirul Muttakin

    Reni Susanti | Aprilia

    LAY OUT:Langit Putra Cahaya

    fOTOgRAfER:Liyanto

    IKLAN & KEUANgAN:Upik Rahmawati

    SIRKULASI:M. Ali Imron | Wira Noer Riadho

    COVER fOTO : Ilustrasi Ali Ibnu Anwar

    ALAMAT REDAKSI:Jl. Menteng Raya 62 Jakarta Pusat 10340 Telp. 021-3150400 | fax. 021 - 3143230Email. [email protected] | Website. www.lazismu.org

    TIM MANAJEMEN

    TIM REDAKSI

    AlhAmdulillAh, majalah mata hati bisa berada di tangan para pembaca budiman. Semua ini karena nikmat yang Allah berikan kepada kita, sehingga kita bisa bekerja untuk ibadah dalm wujud penerbitan majalah ini. Semoga ini bisa memberikan pencerahan bagi kita semua amin.

    Pembaca yang budiman. Edisi kali ini, majalah mata hati mengangkat tema tentang pendidikan islam berbasis sains. Pasalnya saat ini sangat jarang pendidikan islam yang juga fokus pada kajian sains, hal itu bisa dimaklumi karena sumber daya manusia di negeri ini juga masih sedikit, terlebih yang juga memiliki concern terhadap pendidikan islam. Selama ini, kerap kali sains terpisah dengan ilmu agama, sehingga kesan adanya jarak antara kedua ilmu itu cukup terasa.

    hadirnya Pesantren Sains (Trensains) akan menjadi jawaban atas persoalan yang ada di kemudian hari. Konsep sekolah asrama yang mendalami ilmu keislaman dan sains ini lahir karena melihat generasi muslim sangat minim yang concern terhadap sains. Karenanya, Trensains ini nantinya akan menjadi pendidikan islam alternatif di antara pendidikan yang ada selama ini.

    untuk melihat gambaran tentang Trensains, majalah mata hati mewawancara salah satu tokoh saint di negeri ini, sekaligus pendiri Trensains Agus Purwanto. Semoga tema yang kami angkat ini mampu mengetuk umat islam untuk bisa turut berbagi dalam pendirian Trensains menjadi lembaga unggulan di negeri ini.

    Trensains ini merupakan upaya amal PP muhammadiyah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sekaligus sebagai sumbangsih ormas islam ini dalam mengabdi di dalam pendidikan.

    J E N D E L A D U N I A B E R B A G I

    Trensains, Jawaban Sekolah

    Sains Islam

    Redaksi

  • 3Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    | Direktur Utama LAZISMU |

    M. Khoirul Muttaqin

    Sekolah Trensains Islam

    Semakin merosotnya nilai-nilai kemanusiaan yang mengemuka dan menjadi fenomena sekarang ini, dunia pendidikanlah yang menjadi tersangka utama dalam mencetak kader-kader bangsa dengan kualitas sebagaimana yang ada. Sehingga di sana-sini kritik terhadap dunia pendidikan ditindaklanjuti dengan bongkar pasang kurikulum serta peningkatan mutu pendidik.

    Banyak lembaga ormas islam mencoba merealisaskan bangunan konsep pendidikan yang berbasis keislaman dengan berbagai keunggulannya, baik dalam bidang keagamaan, penguasaan al-Quran dan hadis ataupun penguatan sisi kebahasaan yang diharapkan mampu mengembangkan dan mengamalkan nilai-nilai keislaman. model baru yang sedang mengemuka di indonesia salah satunya adalah Trensains islam dimana dalam kerangka konsep pendidikannya dikembangkan pendidikan yang berorientasi pada lulusan yang Qurani, artinya memahami, menghayati dan mampu mengamalkan nilai-nilai al-Quran dalam kehidupannya kelak, dan penguasaan sains juga tak ketinggalan pula.

    Konsep tersebut memiliki keunggulan di bidang penguasaan Bahasa Arab maupun inggris, penguasaan bahasa merupakan pin-tu untuk membuka dan membedah pengetahuan yang kebanyakan literaturnya menggunakan kedua bahasa tersebut. meskipun tidak dinafikaan bahwa sepanjang sejarah perkembangan pengetahuan terdapat dikotomi antara islam dan Sains.

    dikotomi tersebut tidaklah meruncing apabila tumbuh sebuah kesadaran akan hakikat ajaran-ajaran islam itu sendiri. Fakta sejarah justru membuktikan bahwa islam jauh lebih bisa menerima perkembangan pengetahuan oleh berbagai filsuf baik muslim maupun non muslim. Kenyataan ini diperkuat dengan adanya fakta tragedy Galileo yang harus dihukum karena ajarannya yang mendukung teori Copernicus (heliosentris) dipandang bertentangan dengan keyakinan geraja yang kala itu berkeyakinan dengan teori geosentris ala Aristoteles.

    islam justru lebih menerimanya sebagai sebuah diskursus pengetahuan untuk selalu ditemukannya kebenaran berdasarkan petunjuk-petunjuk al-Quran maupun hadis. Kesadaran hakiki dalam ber-islam kaitannya dalam pendidikan adalah bahwa islam berisikan ajaran egalitarian (kesamaan) yang di dalamnya tak pernah membedakan apapun sumber pengetahuan namun akan selalu menjadi bahan penelitian yang bermanfaat untuk menjadi petunjuk-petunjuk dalam menkonfirmasi kebenaran-kebenaran ayat kauliyah.

    Al Adalah (keadilan) dimana obyektifitas dalam menelaah ilmu sangat dijunjung tinggi dalam islam sehingga berpotensi mengembangkan pengetahuan yang benar-benar bermanfaat bagi kehidupan. Kesadaran hakiki tersebut menjadi modal utama umat islam dalam pengembangan dunia pendidikan.

    Tidak dipungkiri pula kenyataan

    bahwa pendidikan dalam ranah tradisional tidak dilengkapi dengan sains dan teknologi sehingga generasi islam keluaran pesantren tradisional justru kurang berminat dalam pengembangan sains dan teknologi. Namun sekarang kesadaran akan penguasaan sains dan teknologi telah menguat sehingga pengatahuan tersebut sangat getol di pelajari di pendidikan berbasis pesantren. dukungan perkembangan teknologi informasi menambah cepat laju penguasaan pengetahuan itu sendiri, meskipun dampak negatifnya masih terasa di sana-sini.

    dengan dampak positif maupun negatif perkembangan teknologi tersebut, sisi keislaman sangat penting peranannya sebagai filter dengan penguatan moral ethic serta akhlak. Sehingga diharapkan peserta didik dapat mengambil sisi positif perkembangan saint dan teknologi dengan maksimal dan mengeliminir sisi negatifnya.

    Transformasi keagamaan tersebut bila menjadi pelengkap dalam model trensains keislaman, maka akan tampil intelektual yang relegius, elegan dan mampu menghadapi persoalan-persoalan kemasyarakatan secara arif dan bijaksana. lahirnya generasi intelektual islam inilah yang kelak akan menjadi penentu kemajuan dunia modern yang berbasiskan pengetahuan dan ketauhidan sehingga kelak lahir peradaban agung dan mensejahterakan. Semoga.

    mata hati

  • 4 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    J E N D E L A D U N I A B E R B A G I

    2 Editorial Trensains, Jawaban Sekolah

    Sains Islam

    3 Mata Hati Sekolah Trensains Islam

    31 Motivasi Mengubah Mindset Berfikir

    32 Konsultasi Zakat untuk Korban Bencana

    40 Renungan Harta Benda & Kebahagiaan

    6 Pesantren Sains, Upaya Lahirkan Saintis Muslim Minimnya saintis Muslim di dunia ini menggerakkan

    Muhammadiyah untuk ikut andil dalam mencetak generasi Muslim yang pandai sains. Salah satunya melalui Pesantren Sains (Trensains)

    9 Gerakan Amal Berbasis Usaha Trensains Sebagai program besar dalam pendidikan Islam, LAZISMU

    ikut andil dalam mewujudkan Trensains ini. Apa saja yang ditawarkan LAZISMU untuk gawe besar ini?

    14 M Khoirul Muttaqien LAZISMU Menghadirkan

    Layanan Berbasis Teknologi

    Perkembangan teknologi menuntut lembaga filantropi untuk menggunakan seperangkat teknologi untuk meluaskan jaringan donasinya.

    18 - LAZISMU Taiwan Galang Misi Kemanusiaan19 - Muhammadiyah Peduli Sinabung20 - SekolahMu Aman Hadir di Lereng Merapi21 - Bantuan Logistik Menghadapi Tantangan Pelancong

    Info LAZISMU

    Fokus

    Tatap Mata

  • 5Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    daftarisitahun V / 21 Maret - 21 april 2014

    17 Teknologi Perusak Rumah Tangga Apakah Anda pernah melihat sebuah keluarga kumpul di

    ruang keluarga tapi sibuk dengan gadget-nya masing-masing? Itu tak hanya terjadi di sinetron. Karena, menurut Psikolog dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Yusi Riksa Yustika, hal itu makin sering dijumpai di keluarga Indonesia.

    16 Dampingi Anak Kenalkan IT Gadget, web, internet, hanya bagian kecil dari teknologi

    informasi (TI). Dewasa ini, pertumbuhan TI begitu cepat dan tak mungkin dibendung karena sudah menjadi kebutuhan.

    35 www.klik-eat.com Pesan Makanan Melalui HP

    36 99 Cahaya di Langit Eropa Mengungkap Kejayaan Islam di Eropa

    Film ini tidak hanya berkisah tentang pencarian spiritual seorang mahasiswa di daratan Eropa, negeri yang penduduk Islamnya minoritas.

    Hati Keluarga

    Buah Hati

    Jelajah Web

    38 Meyda Sefira Berbagi Tips Sukses Meskipun sudah sukses di

    dunia acting, artis cantik berdarah Sunda yang pernah sukses memerankan Husna dalam film religi Ketika Cinta Bertasbih, Meyda Sefira tidak pelit berbagi tips sukses dalam karir dan prestasi.

    Kedip Mata

    Review

    24 - Daftar Donasi 33 - Ekonomi Syariah34 - CSR35 - Jejak39 - Oase

  • 6 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    fokus matahati

    PesatreN saINsUpaya Lahirkan Saintis Muslim

    6 Jendela Dunia BerbagiTahun V / 21 Maret - 21 april 2014

    Minimnya saintis Muslim di dunia ini menggerakkan Muhammadiyah untuk ikut andil dalam mencetak generasi Muslim yang pandai sains. Salah satunya melalui Pesantren Sains

    (Trensains)

  • 7Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    islam hadir memberikan rahmat bagi alam semesta raya. hadirnya islam di muka bumi ini membangun sebuah peradaban yang bermartabat.

    islam memberikan berragam konsep dan sistem kehidupan yang teratur dan bersikap toleran serta mengayomi peradaban lain. Namun lahirnya peradaban Barat yang mendominasi dunia sehingga peradaban yang dibangun islam kian pudar.

    Bukti adanya peradaban islam tempo dulu terlihat dari konsep-konsep ilmu pengetahuan dari berbagai bidang seperti Fisika, Geometri, Aljabar, Astronomi, Aritmatika, Optik, Kedokteran dan lain-lain. majunya peradaban islam dimulai dari kebangkitan para ulama dalam mengkaji berbagai bidang ilmu pengetahuan.

    membangkitkan tradisi keilmuan merupakan salah satu ciri terpenting peradaban islam. Pasalnya yang banyak disoroti atas merosotnya prestasi cendekiawan muslim karena minimnya pengembangan dalam bidang ilmu pengetahuan islam, utamanya dalam pengemabngan sains.

    melihat minimnya saintis muslim saat ini, salah seorang Saintis Fisika Teori yang pernah belajar di universitas hirosima Jepang dr Agus Purwanto, pada tahun 2008 lalu menulis buku berjudul Ayat-Ayat Semesta (AAS).

    Sejak lahirnya buku ini, anggota himpunan Fisika indonesia dan Physical Society of Japan ini aktif mensosialisasikan wacana interaksi antara islam dan sains dari kampus ke kampus, pesantren dan majelis-majelis talim. Setelah empat tahun sosialisasi muncul gagasan trensains, pesantren sains, sebagai bentuk institusionalisasi AAS atau pun sains islam.

    Pria kelahiran Jember tahun

    1964 ini melihat selama ini terjadi pemisahan antara ilmu agama dan umum. hal itu bisa dilihat dari tiga hal. Pertama dari sisi sejarah, sejak abad pertengahan sains yang dikembangkan di Eropa dilakukan secara terpisah dari ajaran atau doktrin agama dalam hal ini Kristen, dari gereja. Kedua, dari sisi lembaga ada sekolah dan perguruan tinggi agama yang dikelola kementerian atau depertemen agama, ada sekolah dan pendidikan tinggi umum yang dikelola kepenterian pendidikan nasional. Ketiga, dari raport sekolah ada pelajaran agama dan mata pelajaran umum.

    Jika menilik sejarah perkembangan sains, sejak tahun 1960-an seorang intelektual muslim yang tinggal di Amerika bernama hossen Nasr telah memperkenalkan wacana sains islam dan terus berkembang sampai saat ini. di Barat, wacana sains islam berkembang sejalan dengan wacana pergulatan antara agama dan sains. Beberapa ilmuwan seperti

    ian Barbour doktor di bidang teologi dan fisika melakukan analisa dan mendapatkan empat pola hubungan antara agama dan sains. Keempat hubungan tersebut adalah konflik, independensi, dialog dan integrasi antara agama dan sains, jelasnya.

    hossen Nasr juga ismail al-Faruqi, Naquib al-Attas, Ziaudin Sardar serta Osman Bakar memandang bahwa ketegangan antara agama khususnya islam dan sains modern merupakan keniscayaan. Sebabnya, sejak diambil alih Eropa dari pangkuan islam, sains dikembangkan secara reduksionis dan mengesampingkan transendensi metafisisnya. Karenanya, upaya mengembalikan sains dalam bingkai ilahiah merupakan tugas besar ilmuwan muslim saat ini dan mendatang, jelasnya.

    maka berdirilah International Institute of Islamic Thought (iiiT) di Virginia Amerika yang memiliki cabang di Kuala lumpur. Salah satu program iiiT adalah memberikan beasiswa

    Peresmian SMa TREnSaInS, Pesantren Sains Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen

  • 8 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    mahasiswa pascasarjana bidang sains islam di International Institute of Islamic Thought and Civilizations (iSTAC) di International Islamic University Malaysia (iium) Kuala lumpur. iSTAC sendiri awalnya adalah lembaga independen yang didirikan awal 1980an oleh Naquib al-Attas bagi upaya unifikasi islam dan sains, yang kemudian digabung menjadi program pascasarjana pemikiran islam iium.

    Gerakan ini juga muncul di indonesia dengan adanya penataan ulang iAiN menjadi uiN dan memasukkan fakultas sains dan teknologi di dalam uiN. dua uiN paling aktif dalam upaya integrasi islam dan sains adalah uiN malang dan Yogjakarta. Beberapa cendekiawan secara independen juga terlibat dalam diskursus ini termasuk dirinya.

    Sebagai pakar sains, Agus tidak tinggal diam menyongsong kelahiran generasi sains islam yang jujur dan menjunjung tinggi ajaran al-Quran. maka pada 1 muharram 1435 h/ 5 November 2013, dr Agus Purwanto didampingi dr Abdul muti, m Ed selaku pengurus PP muhammadiyah dan pengurus lainnya meresmikan berdirinya SmA Trensains dimSA (darul ihsan muhammadiyah Sragen). Trensains dimsa merupakan sintetis dari pesantren dan sekolah umum bidang sains setingkat SmA yang merupakan proyek baru di indonesia, bahkan mungkin di dunia islam, karena kegiatan utamanya adalah mengkaji dan meneliti ayat-ayat semesta yang terkandung di dalam al-Quranul Karim dan hadis Nabawi.

    menurut Agus, lembaga pendidikan islam seharusnya mempunyai tekad kuat dalam merealisasi misi utama Rasululullah SAW

    menyempurnakan akhlak, baru kemudian penguasaan ilmu. Setelah itu, mengembangkan ilmu yang ilahiah, bukan ilmu yang sekuler ateistik. Trensains level SmA ini memperkenalkan unifikasi agama dan sains, karena itu butuh materi filsafat atau sejarah pemikiran yang disampaikan sesuai bahasa anak SmA. Output dari Trensains ini mau dan mampu melahirkan generasi yang melanjutkan di bidang sains kealaman, teknologi, kedokteran, farmasi dan pertanian, paparnya.

    negeri sehingga ketika lulus telah mempunyai skor TOEFl. Pemenuhan profil jago iPA dan matematika selain diterapkan dalam proses selama pendidikan juga diterapkan sejak saringan calon santri.

    Sampai di sini trensains memang masih sama dengan pesantren modern yang telah ada. Faktor yang membedakan antara trensains dan pesantren adalah pemahaman wacana interaksi agama khususnya islam dan sains. di pesantren modern para santri biasa belajar materi

    fokus matahati

    Mencetak Generasi Pecinta al-Quran & Sains

    Kepala laboratorium Fisika Teori dan Filsafat Alam (laFTiFA) iTS ini menjelaskan, Trensains berorientasi melahirkan ilmuwan, insinyur dan dokter yang basis al-Quran dan filsafat yang kokoh. moto trensains, Generasi Pecinta al-Quran dan Sains mendorong peserta didik menguasai bahasa inggris dan Arab sebab orientasi alumninya adalah studi lanjut di dalam maupun luar

    al-islam, dan sains (biologi, fisika, kimia) tapi tidak dibahas hubungan dinamis keduanya. materi untuk pemahaman topik ini adalah al-Quran dan hadis, logika, filsafat, sains, agama dan sains.

    materi al-Quran diurai dalam seluk-beluk, pengantar tafsir, tafsir ilmiy, tafsir bil ilmiy dan eksplorasi pada ayat-ayat kauniyah. materi hadis juga demikian, pengantar studi hadis, jenis dan fungsi hadis, serta

    Kuliah Filsafat umum di SMa TREnSaInS

  • 9Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    eksplorasi hadis-hadis terkait alam dan fenomenanya. hafalan al-Quran dan hadis dipilihkan bagian kauniyah dan yang terkait, terangnya.

    Sementara, materi logika dijabarkan dalam pengantar, jenis dan asas pemikiran. Sedangkan materi filsafat dijabarkan dalam pengertian, sifat dan fungsi serta sejarah kelahiran filsafat, filsafat islam dan filsafat Barat modern. Kelahiran filsafat untuk memberi pemahaman mengenai proses penalaran sederhana dan terbentuknya teori-teori primitip. Filsafat Barat modern untuk memahami sifat dasar ilmu pengetahuan saat ini.

    materi sains dijabarkan dalam pengertian, sifat, topik tertentu dan sejarah sains sejak jaman mesir kuno sampai sekarang. Riwayat singkat tokoh filsafat ilmu dan ilmuwan diberikan. Bidang sains yang erat dengan wacana islamisasi sains hanya ada dua yaitu astronomi, biologi dan fisika. Topik di biologi yang harus diberikan adalah asal-usul kehidupan, teori evolusi dan genetika. Sedangkan topik di fisika dan astronomi adalah teori atom, jagat raya dan kelahirannya. Teori relativitas dan kuantum diberikan dalam bentuk semi populer. Jangka panjangnya menjadi ilmuwan dengan basis al-Quran dan filsafat yang kokoh, tegasnya.

    direktur Eksekutif Yayasan Pesantren Sains darul ihsan muhammadiyah Sragen (Tresains dimsa) muhammadd Taufan ST mengatakan, muhammadiyah patut bersyukur memulai langkah besar dalam dunia pendidikan dengan diwujudkan Pesantren Sains darul ihsan di desa Guwo Rejo, Kec. Karang malang, Kab. Sragen, Jawa Tengah. lokasi ini dinilai cukup strategis untuk mengembangkan Trensains yang memadai. Selain akses

    perluasannya lebih mudah juga memiliki lingkungan yang asri, jauh dari kebisingan kota dan didukung masyarakat dan pemerintah setempat.

    disamping itu pemilihan lokasi ini juga sesuai dengan tuntutan kurikulum yang diperlukan dalam pengembangan Trensans di indonesia. Ketersediaan sarana dan fasilitas ini diharapkan akan mendukung penguasaan para santri menguasai kurikulum dan melahirkan profil lulusan yang mahir bahasa Arab dan inggris, piawai dan paham literatur antara agama dan sains, serta mampu berinteraksi dan berdiskusi seluruh materi.

    Semua materi yang ada dalam kurikulum diambil tinggal kepakaran lulusannya apakah mampu menyerap ilmu yang cukup banyak. Kemudian akan difokuskan pada interaksi dengan al-Quran. Kalau kita pernah sekolah di madrasah ibtidaiyah, atau sekolah muhammadiyah, materi agamanya sendiri ada al-Quran hadis, fikih, akidah, akhlak, tauhid, sejarah, bahasa Arab dll. Konsep pendidikan trensain mencakup pendidikan al-Quran, filsafat kealaman dan sains atau al-Quran-hadis dan falsafah kealaman, ujarnya.

    Gagasan trensain ini sendiri muncul bukan karena merasa paling baik dari lembaga pendidikan nasional yang lebih banyak mengembangkan ilmu umum dan pesantren modern yang mencoba menggabungkan kurikulum pesantren agama dan pendidikan umum. Trensain dimsa mencoba untuk mengambil cirri khas. Tidak menggabungkan dari kedua model pendidikan pesantren tradisional dan modern tapi lebih masuk pada interaksi antara agama dan sains atau al-Quran dan sains.

    dengan konsep ini

    diantaranya juga untuk melahirkan generasi pendidik sains islam. di trensains ini setidaknya ada sekian persen kaum muslimin yang memiliki pengetahuan dan kemampuan mengembangkan sains. disamping ilmuan sains dalam arti penemu atau peneliti di bidang itu, tentu juga ilmu terapan yang berkaitan dengan itu tentu pengembangan hal yang berkaitan dengan itu. misalnya dunia kedokteran sangat kaya dengan riset dan ketergantungan teknilogi juga ada ketergantungannya, ujarnya.

    Sebagai konsep pendidikan, trensain ini diharapkan bisa menjadi gerakan sosial yang bisa dikembangkan lebih lanjut sehingga menjadi agen perubahan di masyarakat dimana masyarakat akan lebih rasional dan bisa memahami hal-hal yang bersifat rasional tanpa terlepas transcendental. Gagasan ini dikembangkan muhammadiyah dengan membentuk yayasan pesantren sains dan didukung lAZiSmu yang diharapkan menjadi semacam sintesis dari beberapa model pendidikan islam yang ada, terangnya.

    [AdNAN/FAThuR]

    9Jendela Dunia BerbagiTahun V / 21 Maret - 21 april 2014

  • 10 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    geraKaN aMaLBerbasis Usaha Trensains

    fokus matahati

    Sejak diresmikan Pesantren Sains darul ihsan muhammadiyah Sragen, Jawa Tengah, pada 1 muharram 1435

    h / 5 November 2013 lalu, pengurus lAZiSmu bertekat mendukung pengembangan projek besar lembaga pertama di indonesia yang mengkaji dan meneliti ayat-ayat semesta dari al-Quranul Karim dan hadis Nabawi ini. Berbagai langkah diupayakan lAZiSmu mulai dari penggalangan dana, sosialisasi, penyebaran proposal dan

    pendekatan ke berbagai pihak. menurut direktur utama

    lAZiSmu Khoirul muttaqin, model pendidikan islam baru yang sedang mengemuka di indonesia saat ini adalah Trensains islam dimana dalam kerangka konsep pendidikan tersebut dikembangkan pendidikan yang berorientasi pada lulusan yang Qurani, artinya memahami, menghayati dan mampu mengamalkan nilai-nilai al-Quran dalam kehidupannya kelak, dan penguasaan sains juga tak ketinggalan pula.

    Saat ini kesadaran akan penguasaan sains dan teknologi telah menguat sehingga pengatahuan tersebut sangat getol di pelajari di pendidikan berbasis pesantren. melalui pendidikan ini peserta didik dapat mengambil sisi positif perkembangan saint dan teknologi dengan maksimal. disnilah perlunya mengembangkan pemahaman dari tekstual menuju kontekstual, pemahaman teoritis ke pemahaman praktis, serta pemahaman sifat individual ke social.

    memang untuk mewujudkan sekolah dalam pondok pesantren yang ideal diperlukan penanganan yang serius dan sungguh-sungguh. Termasuk didalamnya sarana dan prasarana harus memadai seperti lokasi yang strategis, gedung, asrama siswa, masjid sebagai pusat ibadah, ruang belajar, laboratorium, ruang keterampilan perpustakaan, pengadaan buku paket kurikulum SmA, tenaga pendidik yang handal serta sarana lainnya. lAZiSmu tidak hanya menjembatai kepentingan besar bangsa ini untuk melahirkan generasi intelektual islam tapi juga mengajak partisipasi masyarakat untuk program kebermanfaatan bagi umat di masa yang akan datang, paparnya.

    menurut hari Eko direktur developmen Program lAZiSmu, trensains merupakan salah satu program unggulan lAZiSmu di tahun 2014 dimana dengan program ini lAZiSmu akan turut andil dalam melahirkan generasi unggul yang tidak hanya menguasai ilmu agama tapi juga sains. Bangsa indonesia membutuhkan generasi seperti ini supaya dapat membawa kemajuan bangsa dalam bidang ilmu alam yang berbasis agama, ujarnya.

    Sebagai program besar dalam pendidikan Islam, LAZISMU ikut andil dalam mewujudkan Trensains ini. Apa saja yang ditawarkan LAZISMU untuk gawe besar ini?

    10 Jendela Dunia BerbagiTahun VI / 21 Maret - 21 april 2014

  • 11Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Selama ini lAZiSmu hadir membawa gerakan perubahan dengan berbagai program memberi untuk Negeri. Termasuk program pengembangan Trensains dimsa di Sragen ini merupakan wujud cita-cita besar untuk membangun bangsa yang lebih maju dalam bidang agama dan teknologi. Pada dasarnya kita memiliki Sdm yang unggul dari sisi sains tapi belum tergali. maka ini perlu didukung agar menjadi gerakan nasional, terangnya.

    dipilihnya Pesantren darul ihsan Sragen, Jawa Tengah sebagai model pengembangan Trensains di indonesia bukan tanpa alasan. Selama ini Trensains dimsa telah membuktikan kepada masyarakat bahwa lembaga ini mampu bersaing dengan sekolah lain. ini terbukti dengan hasil ujian nasional yang selama ini menempati tingkat pertama sekolah swasta tingkat kabupaten dan termasuk lima besar untuk sekolah negeri dan swasta.

    menurut muhammad Fahruroni Kepala Sekolah SmA Trensains Sragen, di Kabupaten Sragen terdapat enam lembaga pendidikan Rintisan Sekolah Berstandar internasional (RSBi) yang bersaing meluluskan generasi bangsa dengan prestasi tinggi. Pada dua tahun terakhir dengan terpaksa sekolah menolak 300 persen pedaftar karena minimnya sarana dan prasarana di SmA darul ihsan terutama dalam hal ruang belajar, serta fasilitas lainnya. dengan prestasi ini semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Pesantren darul ihsan, ujarnya.

    Selain itu Trensains dimsa juga meraih beberapa prestasi lain seperti menjuarai

    perlombaan Tapak Suci tingkat daerah, untuk tingkat provinsi menyumbang atlit tilawatul Quran yang pada tahun kemarin mendapatkan juara 3. Kedepan akan kami persiapkan kader-kader yang siap bersaing pada OSN yang akan datang, ujarnya.

    Prestasi ini tentu akan meningkat dengan kurikulum yang mencakup penguasanaan bahasa Arab dan inggris, matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah islam, mushaf al-Quran, pengantar tafsir dan jenis-jenis tafsir, pengantar sains, sejarah dan biografi ilmuwan, filsafat pengertian sifat dan dungsi filsafat, sejarah filsafat, sains dan ketuhanan, materialism ilmiah, sains lama dan baru, agama dan sains, islam dan sains, saintifikasi islam serta matematika wolfram. disamping itu para santri juga diajarkan memahami ayat-ayat kauniyah dan menghafal berdasarkan keutamaan prinsip, paparnya.

    Langkah Maju Dunia Pendidikan

    menurut muhammad Tofan, di Sragen sendiri sebelum berdiri Trensain dimsa diperlukan waktu lebih dari dua tahun untuk menyiapkan guru dan lain sebagainya. melalui trensans ini kita harap akan melahirkan generasi ulama saintis atau ilmuwan yang memahami al-Quran dan hadis dan bisa menarik pandangan terkait dengan pandangan agama. mereka yang masuk nanti adalah siswa-siswi yang cerdas. Syarat tertentu untuk masuk harus mengikuti ujian tes masuk, dan memiliki dasar-dasar keilmuwan yang cukup. masuknya tidak mahal dan sejauh ini masih terjangkau, paparnya.

    memang untuk mewujudkan gagasan besar diperlukan

    perjuangan dan kesabaran. Berbagai langkah juga harus dilakukan termasuk bekerja sama dengan lAZiSmu untuk menyediakan beasiswa bagi siswa yang secara ekonomi memiliki kekurangan akan tetapi memiliki potensi yang menonjol baik itu akademik ataupun non akademik. Kami berharap kedepan lAZiSmu juga ikut berperan dalam peningkatan Sdm Asatidz dan pengembangan infrastruktur pendukung realisasi Visi, misi SmA TRENSAiNS darul ihsan muhmmadiyah Sragen, ujar Fahruroni.

    memang jika melihat perkembangan pendidikan di indonesia, bicara sains sebagai bidang ilmu, diantara sekian ratus perguruan tinggi muhammadiyah, belum ada fakultas miPA. Kalau pun ada mungkin hanya satu, dua. Jika ada ilmu sains murni mungkin hanya ada di fakultas pendidikan fisika dan matematika. Penyebabnya karena ketersediaan tenaga pengajarnya yang kurang atau peminatnya kurang. Sehingga ilmu-ilmu bidang lain peminatnya banyak tapi kalau fakultas miPA yang urusannya sains sedikit sekali peminatnya, ujarnya.

    maka melalui ilmu dasar islam yang dulu pernah melahirkan ilmuwan muslim yang ditangkap sejarah menjadi pengembangan pengetahuan di dunia. Saat ini yang harus diperhatikan mengapa peminat jurusan miPA selalu sunyi sepi. Jangankan untuk mencari siswa, untuk mencari dosennya saja sulit. Trensains setingkat SmA ini untuk memberikan ketersediaan bahwa orientasi keilmuan masih kurang. Kedepan tidak hanya di Sragen tapi juga dibeberapa tempat, ujar Tofan.

    [AdNAN/FAThuR]

    11Jendela Dunia BerbagiTahun VI / 21 Maret - 21 april 2014

  • 12 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Apa yang melatarbelakangi Bapak mendirikan Trensains di SMA Muhammadiyah Sragen?

    Ceritanya sangat panjang hampir sepanjang perjalanan hidup saya sendiri. Ketika SmA saya tahu tidak ada nama ilmuwan muslim di buku-buku pelajaran sejak Sd. maka sejak kelas 2 SmA saya putuskan nantinya kuliah di jurusan Fisika agar menjadi ahli fisika muslim yang namanya ditulis sebagai nama rumus fisika. Singkat cerita, orang islam harus menguasai sains. Tapi kemudian di pikiran juga muncul pertanyaan yang menarik, mengapa para ahli ilmu tidak paham agama dan sekuler sedangkan yang ahli agama kelihatan ndeso dan tidak (tampak) ilmiah, hanya paham masa lalu tapi tidak nyambung dengan masalah masa kini serta depan.

    Pertanyaan ini mendorong saya menjadi sosok yang sempurna tentu versi saya. Caranya, selain mempelajarai matematika dan fisika saya baca juga buku-buku (ushul) fikih, tarikh, tafsir, tasawwuf, filsafat, kalam, sastra yang semuanya dari buku bahasa indonesia atau paling banter bahasa inggris. Wong saya gak bisa bahasa Arab, tapi terus belajar bahasa Arab, nahwu-sharaf. Ketika mahasiswa juga mulai tahu, ternyata sains tidak netral dan bermasalah. Artinya, tidak bisa mengembangkan sains begitu saja

    Agus Purwanto, DSc.

    wawancara

    Muhammadiyah sebagai organisasi islam yang cukup besar memiliki potensi di bidang pendidikan, terutama

    pendidikan islam. Apa yang dilakukan muhammadiyah merupakan sebuah gerakan islam yang dikenal dengan trademark pendidikan. Bayangkan, ribuan sekolah sejak PAud sampai dengan Perguruan Tinggi muhammadiyah berdiri dari Sabang sampai merauke. muhammadiyah pun terus berupaya meningkatkan kualitas terlebih di tengah perubahan yang sangat cepat.

    Kali ini, muhammadiyah juga mulai merintis lembaga pendidikan islam berbasis sains tekhnologi, setingkat SmA bernama Trensains. Adapaun salah satu pendiri lembaga ini adalah Pengajar Pascasarjana Fisika iTS, Visiting Fellow iSTAC-iium. Penulis buku BestSeller Ayat-Ayat Semesta, Agus Purwanto. untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan petikan wawancara majalah mata hati dengan Agus Purwanto, dSc.

    Muhammadiyah sebagai organisasi besar yang concern dengan pendidikan, bagaimana Bapak melihat potensi Muhammadiyah di bidang pendidikan saat ini?

    Potensi pendidikan memang sangat besar bahkan mungkin

    terlalu besar sehingga melampaui kemampuan muhammdiyah sendiri untuk mengelolanya.

    Perkembangan sains kian maju, sementara pendidikan di negeri ini masih biasa saja? Bagaiamana bapak melihat fenomena ini?

    ini adalah fenomena negeri sambilan, negeri seluas indonesia ditangani secara sambilan termasuk bidang pendidikan. di bidang pendidikan dikenal ungkapan ganti menteri ganti kebijakan, dan kebijakannya seringkali bersifat uji coba sehingga murid/mahasiswa maupun guru/dosen sering menjadi kelinci percobaan. Contoh mutakhir adalah SiPKd (Sistem informasi Pengembangan Karir dosen) yang diterapkan bagi dosen di indonesia.

    Sejak Oktober 2013 para dosen diminta mengisi data secara online. Karena disertai ancaman penghentian tunjangan, para dosen dengan kalang kabut berusaha mengisi. Tetapi ternyata program tidak siap meski masa pengisian diundur dua bulan sekalipun. Program yang sempat membuat para dosen panik dan stres ini berhenti begitu saja tanpa pemberitahuan kelanjutan maupun permintaan maaf. Kalau di Jepang, pejabat terkait akan mundur dari jabatannya bahkan bisa jadi hara-kiri karena programnya gagal apalagi telah membuat orang lain menderita.

    MeNYeMaI geNerasI MUsLIM saINtIs

  • 13Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    seperti di sekolah Kristen yang paling maju sekalipun.

    Apa kendala lembaga pendidikan Islam dalam pengembangan sains selama ini?

    Alasan klasiknya, sember dana khususnya untuk penyediaan laboratorium. Alasan teologisnya, sains tidak ditanya di kuburan kelak setelah seseorang mati.

    Bagaimana bapak melihat sumber daya manusia di bidang sains?

    maksudnya Sdm indonesia ya. Tuhan maha adil, Sdm kita sama dengan negara lain, bisa dilihat kemampuan orang kita ketika di luar negeri yang fasilitasnya mendukung. Kemampuan orang kita tersalur dengan baik dan berprestasi.

    Apakah ada pemisahan antara ilmu agama dan ilmu umum?

    Ada, bisa dilihat dari 3 hal. Pertama dari sisi sejarah. Sejak abad pertengahan sains yang dikembangkan di Eropa dilakukan secara terpisah dari ajaran atau doktrin agama dalam hal ini Kristen, dari gereja. Kedua, dari sisi lembaga. Ada sekolah dan perguruan tinggi agama yang dikelola kementerian atau depertemen agama, ada sekolah dan pendidikan tinggi umum yang dikelola kepenterian pendidikan nasional. Ketiga, dari raport sekolah ada pelajaran agama dan mata pelajaran umum.

    Bagimana sekolah Trensains menempatkan kedua ilmu ini?

    Trensains yang level SmA mulai memperkenalkan unifikasi agama dan sains, karena itu butuh materi filsafat atau sejarah pemikiran, tentu disampaikan sesuai bahasa anak SmA.

    Apa yang menjadi kendala utama dalam pengembangan sains di negeri ini?

    Komitmen.

    Pengembangan ilmu sains yang bagaimana yang akan dikembangkan di sekolah Trensains?

    AGUS PURwAnTo dilahirkan di Jember, Agustus 1964. Hobinya mancing, menulis, dan baca puisi. Dari perkawinannya dengan Hanifah, Agus dikaruniai lima anak \: Fauzan atsari, Fathiyul Hahmi, Farisi Fahri, Fairuz Fuadi, dan Fikri Firdausi. Agus lulus pendidikan sarjana(S1) di jurusan Fisika Institut teknologi Bandung(ITB) tahun 1989, dan S2 tahun 1993. Ia kembali menempuh program S2 di jurusan Fisika Universitas Hiroshima Jepang, dan lulus 1999. Gelar doctor fisika juga ia raih di Hiroshima(2002). Staf pengajar Jurusan Fisika FMIPA ITS Surabaya itu, kini mengepalai Laboratorium Fisika Teori dan Filsafat Alam (LaFTiFA) ITS, dan menjadi anggota Himpunan Fisika Indonesia dan Physical Society of Japan.

    Sejak mahasiswa S1 di kalangan teman-teman Salman, penulis disapa Gus Pur. Sedangkan teman-teman penulis di jurusan fisika kerap memanggil dengan sebutan CakLaurin.

    Bidang minatnya adalah neutrino, teori medan temperatur hingga, dimensi ekstra dan kelahiran jagad raya asimetrik atau baryogenesis. Penelitiannya pernah dipublikasikan di Modern Physics Letter, Progress of Theoretical Physics, Physical Review, dan Nuclear Physics. Selama kuliah S1 aktif menjadi asisten Laboratorium Fisika Dasar, mata kuliah Fisika Dasar, Fisika Matematika, Gelombang dan Mekanika Kuantum. Pernah mendirikan dan menjadi ketua kelompok diskusi Fisika Astronomi Teoritik (FiAsTe) ITB, 1987-1989. Aktif menulis di media massa seperti Kuntum, Suara Muhammadiyah, Mekatronika, Kharisma, Simponi, Surya, Republika dan Kompas.

    Sejak tahun 1989 menjadi staf pengajar di jurusan fisika FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Saat ini mengepalai Laboratorium Fisika Teori dan Filsafat Alam (LaFTiFA) ITSdan juga menjadi anggota Himpunan Fisika Indonesia dan Physical Society of Japan.

    dalam bahasa sederhana, sains yang disucikan bukan sains yang najis atau haram. Karena itu, selain filsafat juga dituntut pemahaman ilmu tauhid.

    Bagaimana output dari sekolah Trensains ini nanti?

    mau dan mampu melanjutkan di bidang sains kealaman, teknologi, kedokteran, farmasi dan pertanian. Jangka panjangnya menjadi ilmuwan dengan basis al-Quran dan filsafat yang kokoh. lulusan Trensains mempunyai profil lulusan: i) lancar berkomunikasi dengan bahasa inggris dan ii) bahasa Arab, iii) jago iPA dan matematika serta iv) paham diskursus pergulatan islam dan sains. Transains berorientasi melahirkan ilmuwan, insinyur dan dokter yang basis al-Quran dan filsafat yang kokoh. moto trensains, Generasi Pecinta al-Quran dan Sains.

    Kemampuan bahasa inggris dan Arab merupakan ciri umum pesantren modern. Karena orientasi alumni adalah studi lanjut baik di dalam maupun luar negeri maka diupayakan ketika lulus telah mempunyai skor TOEFl. Pemenuhan profil jago iPA dan matematika selain diterapkan dalam proses selama pendidikan juga diterapkan sejak saringan calon santri. Singkat kata, para calon santri harus mempunyai nalar matematika dan iPA yang kuat. Sampai di sini, trensains masih sama dengan pesantren modern yang telah ada.

    Apa harapan bapak terhadap lembaga pendidikan Muhammadiyah khususnya dan lembaga pendidikan Islam umunya?

    lembaga pendidikan islam seharusnya mempunyai tekad kuat dalam merealisasi misi utama Rasululullah SAW menyempurnakan akhlak, baru kemudian penguasaan ilmu. Setelah itu, mengembangkan ilmu yang ilahiah, bukan ilmu yang sekuler ateistik.

    Profil Singkat Agus Purwanto

  • 14 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Perkembangan teknologi menuntut lembaga filantropi untuk menggunakan seperangkat teknologi untuk meluaskan

    jaringan donasinya. Sebab, penggunaan kecanggihan teknologi juga menjadi salah satu penentu keberhasilan lembaga filantropi untuk bisa lebih memberdayakan masyarakat.

    Salah satu lembaga filantropi yang saat ini getol menggunakan sistem informasi teknologi adalah lAZiSmu. Tahun ini, lAZiSmu mencoba langkah baru dengan penggunaan iT untuk meningkatkan kinerjanya. Berikut wawancara majalah mata hati dengan direktur utama lAZiSmu, m Khoirul muttaqien.

    Melihat perkembangan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, LAZISMU memanfaatkan peluang ini seperti apa?

    Perlu kita sadari bahwa begitu banyak pengguna internet di indonesia. Tidak hanya kalangan menengah tapi dari pelajar sampai ke tingkat atas menggunakan internet. Bagi lAZiSmu ini adalah peluang untuk membangun image dan peran internet melalui jejaring social seperti facebook, twitter, blog, web dll.

    Selain itu juga memiliki nilai efektif karena dengan modal internet saja bisa menjangkau masyarakat di mana saja. minimal dengan adanya kemajuan teknologi internet ini semua orang mengetahui lAZiSmu, bebas membicarakanya. Karena selama ini banyak kegiatan lAZiSmu dalam pemberdayaan masyarakat. isu utama yang diharapkan menjadi tranding topic di masyarakat adalah gerakan filantopi lAZiSmu sehingga masyarakat akan lebih berdaya dan mandiri.

    LaZIsMU MeNghadIrKaN LaYaNaN BerBasIs teKNoLogI

    M Khoirul Muttaqien

    tatap mata

  • 15Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Program kedepan apakah masih sama dengan tahun lalu?

    Secara umum masih sama yaitu fokus pada empat hal yaitu pendidikan, sosial, ekonomi dan dakwah karena ini menjadi ciri khas dari muhammadiyah. Tetapi ada beberapa kegiatan yang menjadi program unggulan di mana tahun 2014 ini lAZiSmu akan mengusung program Trensains (Pesantren Sains). dengan program ini kita akan mencoba melahirkan generasi unggul dengan menggandeng pakar sains Prof dr Agus Purwanto.

    Apa dampak penerapan IT bagi LAZISMU khususnya dalam penggalangan dana ?

    Tentu akan lebih cepat karena ketika ada informasi terjadi bencana di sebuah daerah, lAZiSmu bisa bergerak cepat menyampaikannya ke masyarakat/donator. Otomatis respon dari donator akan lebih cepat dengan kemudahan pengiriman donator yang bisa dilakukan secara online dan bisa melihat laporan kegiatannya.

    Kita juga akan membentuk

    sistem informasi te adu terkait kebencanaan sehingga ketika ada bencana di mana orang bisa mengakses dari mana saja. Secara otomatis gerakan penghimpunan dana dan penyalurannya akan semakin cepat dan mudah.

    Kapan mulai diterapkan sistem IT ini ?

    Target kita tahun 2014 ini bisa diterapkan. Pada 3-4 bulan pertama ini masih dalam tahap perumusan karena memang tidak mudah dan tidak murah. selama ini lAZiSmu terus membangun koordinasi dengan para pakar teknologi sehingga sistem ini segera bisa diterapkan.

    Secara tidak langsung kemajuan IT juga akan mempengaruhi perubahan pelayanan LAZISMU?

    ini menjadi ruang bagi lAZiSmu untuk mengembangkan diri dengan teknologi. Banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari pelayanan, program dan informasi menarik lainnya. Apalagi jika dilihat jumlah donator kita naik 53 persen. Betapa ruang akses internet itu sangat

    dibutuhkan untuk menjangkau keberadaan mereka.

    Selain di Indonesia, LAZISMU juga memiliki jaringan di luar negeri?

    Saat ini kita akan membuka jaringan di Thailand, Kuala lumpur, Singapura dan Australia. ini di bawah kepengurusan muhammadiyah. dengan sistem terintegrasi, online di seluruh indonesia dan di luar negeri kita akan terus berkiprah mengembangkan diri sebagai lembaga filantropi islam yang amanah dan profesional di level internasonal.

    Simpatisan muhammadiyah di luar negeri cukup banyak. Kita terbuka untuk siapa saja yang ingin be artisipasi. melalui sistem ini kita akan memberikan pelayanan lebih mudah baik pembayaran, laporan atau penyaluran. memang belum banyak yang menonjol di luar negeri karena belum ada standarisasi. Kalau melihat perkembangan potensi besar ini ada di Singapura, Cairo dan Australia. di Australia banyak warga kita yang sekolah dan disamping mereka melakukan donasi kepada lAZiSmu kita juga membangun kerjasama dengan persatuan pelajar lokal.

    Apa harapan Bapak terkait penerapan IT ini?

    harapan kita dengan penerapan teknologi ini akan memaksimalkan penggalangan dana dan memberi kemudahan dalam proses. Pemanfaatan iT ini adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindari karena perkembangan zaman. Selain untuk memperluas wanaha juga bisa meningkatkan pelayanan bagi calon donator. Ketika ada donator yang ingin menyalurkan dananya melalui bank mana, lAZiSmu bisa menyediakannya.n [ROJi]

  • 16 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Evana Budiyanti (31 tahun) marah. Prestasi anak sulungnya, Salwa (8) merosot tajam. dari sang bintang kelas menjadi siswi kelas 3 Sd yang harus

    puas dengan ranking 10 besar. dari pemenang Calistung se-Kota Bandung, Salwa harus puas menyalami temannya yang berhasil mengalahkannya dalam perlombaan yang sama di tahun berbeda.

    Pokoknya, selama prestasi kamu tak menunjukkan perbaikan, tidak boleh pegang gadget, ujar Evana, sang ibu kepada anaknya.

    Evana mengaku, prilaku anaknya berubah drastis begitu dia memberikan gadget yang super canggih. Waktu Salwa banyak dihabiskan dengan sosial media ataupun chat di smartphone super mahal itu. Padahal sebelumnya, Salwa paling disanjung di keluarga besarnya. Karena anak berambut panjang ini doyan belajar, membaca dan mengeksplor hal-hal unik.

    Tadinya, saya membelikan smartphone super canggih sebagai hadiah atas semua prestasinya. Tapi ternyata kebablasan. Salah saya juga tak mendampingi dia menggunakan gadget, atau mungkin saya sudah salah memberikannya smartphone itu, ucap Evana dengan nada menyesal.

    Gadget, web, internet, hanya bagian kecil dari teknologi informasi (Ti). dewasa ini, pertumbuhan Ti begitu cepat dan tak mungkin dibendung karena sudah menjadi kebutuhan. Apapun aktivitas kita sehari-hari membutuhkan iT. misalnya, pengajaran di sekolah, informasi beasiswa, berita, dan lainnya disampaikan secara online, sehingga membutuhkan iT.

    Karenanya, tak bisa dinafikan, setiap orang membutuhkan iT. dan alangkah baiknya jika iT diperkenalkan kepada anak sedini mungkin. Namun iT seperti apa yang harus diperkenalkan sedini mungkin?

    Yang harus dipersoalkan, kenalkan iT dengan tepat, sesuai usia dan peruntukannya, ujar Ketua Rumah Parenting, Zulaeha hidayati.

    misalnya, gadget untuk kelas 2

    Sd. Kalau yang dibutuhkan hanya untuk saling berhubungan, tidak perlu menggunakan smartphone yang super canggih dengan berbagai macam fitur. Kalau cuma main games gak apa-apa. Tapi kalau tersambung dengan internet dan terhubung dengan hal-hal yang tidak diinginkan bagaimana? ucapnya.

    untuk itu, orangtua tidak perlu melarang anaknya mengenal dunia iT. Bahkan melihat kebutuhan saat ini, ada baiknya orangtua mengenalkan iT tersebut sejak dini. untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan pendampingan. itulah yang te enting.

    untuk membimbing, yang dibutuhkan pertama kali adalah dekat dengan anak. Jika anak berani menatap mata kita, itu sebagai symbol mereka nyaman dengan kita, tuturnya.

    Setelah tercipta hubungan yang baik, baru pelan-pelan liat internet.

    Sebagai catatan, simpanlah internet di ruang tengah atau posisi yang mudah dilihat orang. Sehingga anak sungkan melihat yang aneh-aneh. Bangun pula persahabatan, bukan menjadikan anak terdakwa dan orangtua polisi.

    misalnya, saat orangtua mengenalkan anak pada dunia internet, hindari kata-kata awaskalo kamu awas, kalo nanti dst. Kata-kata tersebut akan memberi dampak negatif pada anak. Nantinya, anak akan melakukan sembunyi-sembunyi. di depan kita tak dikerjakan, tapi di belakang dilakukan. ini yang bahaya, ucapnya.

    Pada usia sekitar 7 tahun, orangtua bisa mendampingi dan menjadi teman maupun sahabat bagi anak-anak untuk mengenalkan iT. maka dampak buruk iT insya Allah tidak akan mendekati anak Anda, tutupnya. n [RENi]

    daMPINgI aNaK Kenalkan IT

    buah hati

  • 17Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    ini terkadang sulit dilakukan karena masyarakat memuja kebebasan negara barat. Padahal sebebas-bebasnya negara barat, perselingkuhan tetap perbuatan yang sangat dibenci.

    Apa contoh sistem nilai buat sebuat keluarga? misalnya, seorang istri harus sadar kalau dirinya telah memiliki suami dan anak. Sehingga tak sepantasnya memasang foto kurang pantas di Facebook. Begitupun dengan tutur kata. Walaupun seorang istri maupun suami memiliki banyak teman di sosial media, tetap harus membatasi isi pembicaraan. Jangan coba-coba memasuki urusan pribadi yang berakhir dengan perselingkuhan.

    apakah Anda pernah melihat sebuah keluarga kumpul di ruang keluarga tapi sibuk dengan gadget-nya masing-masing? itu tak hanya

    terjadi di sinetron. Karena, menurut Psikolog dari universitas Pendidikan indonesia (uPi) Bandung, Yusi Riksa Yustika, hal itu makin sering dijumpai di keluarga indonesia.

    menggunakan gadget itu menimbulkan kecanduan. Si ibu bisa asik BBm-an sama tetangga sebelah, ayah sibuk chat urusan kantor, begitupun dengan anak-anak. meskipun mereka berkumpul, tapi tidak ada komunikasi. iT di sini sudah bisa disebut merusak keutuhan rumah tangga, ujar Yusi.

    Bahkan, pada pasangan suami istri, membiarkan kondisi itu berlarut-larut bisa menimbulkan perselingkuhan dengan adanya Pil (pria idaman lain) atau Wil (wanita idaman lain). Seperti diketahui, perselingkuhan terjadi sebagai akibat. Karenanya, ada sebab yang membuat perselingkuhan terjadi.

    misalnya, ketika satu pasangan tidak sepaham dengan pasangannya atau ada yang kurang dengan pasangannya, komunikasi sangat diperlukan. Namun jika komunikasi sudah tidak berjalan, maka jalan perselingkuhan terbuka lebih lebar. Apalagi jika si suami ataupun si istri dengan mudah mendapatkan teman lewat sosial media dan lainnya. Padahal jika komunikasi lancar, persoalan rumah tangga akan selesai, terangnya.

    untuk mengurangi dampak buruk dari iT, ada rambu-rambu yang selama ini dikenal dengan sistem nilai, baik itu sistem nilai masyarakat, agama, negara (uu), dan lainnya. Namun hal

    di keluarga sendiri, sambung Yusi, iT harus digunakan dengan bijak. misalnya, ketika membeli gadget atau alat elektronik baru, baca buku manual bersama seluruh anggota keluarga. Setiap aturan pakai dalam buku manual memiliki tujuan tersendiri. Seperti, kabel PS yang panjang, itu disesuaikan dengan jarak pandang aman. Tapi sekarang, banyak anak yang menggulung kabel PS dan memainkannya dengan dekat, sehingga mereka sudah mengenakan kaca mata meskipun masih kecil.

    Tak hanya itu, ketika kumpul keluarga sebaiknya hindari gadget terkecuali urusan yang sangat mendesak. Gunakan quality time keluarga untuk berkumpul, sharing, dan lainnya. Bagi orangtua ini waktu yang tepat untuk mengajarkan anak, bahwa apa yang mereka lihat selalu ada konteksnya. Seperti, memukul. memukul dibolehkan ketika berada di ring tinju yang berarti olahraga.

    Kalau di sekolah, boleh atau tidak? Pemahaman itu yang harus ditanamkan. Begitupun juga dalam penggunaan gadget, ungkapnya.

    Yusi menjelaskan, dari sisi informasi, ajarkan anak untuk menyeleksi, memanfaatkan, dan mengajarkan informasi yang mereka dapatkan ke masyarakat demi sesuatu hal yang lebih baik. Sedangkan dari sisi teknologi, ajarkan anak tujuan dan fungsi teknologi, bagaimana mempergunakan, dan memeliharanya.

    Setelah semua anggota keluarga menguasai, bungkuslah pada sistem nilai. Buat anak itu penting untuk bekal hidupnya di masa depan dan mereka dengan sendirinya akan menyeleksi kebutuhan dia sendiri, tegas Yusi.

    misalnya ketika bersosial media, beri pengarahan tentang uu iTE, sehingga semua anggota keluarga belajar bertanggungjawab atas semua ucapan dan tindakannya. Yang sangat penting adalah menjadikan kualitas waktu keluarga dengan berkomunikasi yang baik, pungkasnya. n [RENi]

    teKNoLogI PerUsaK Rumah Tangga

    17Jendela Dunia BerbagiTahun V / 21 november - 21 Desember 2013

    hati keluarga

  • 18 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    LAZISMU Taiwan Galang Misi Kemanusiaan

    info lazismu

    TAiWAN - lAZiSmu. letusan Gunung Kelud menyebabkan abu vulkanik menyelimuti hampir sebagian besar wilayah di pulau Jawa. hal ini yang membuat lAZiSmu dan seluruh jejaringnya di indonesia melakukan upaya penggalangan dana bantuan untuk para korban erupsi Gunung Kelud, termasuk lAZiSmu di luar negeri, khususnya Taiwan sejak awal Februari lalu.

    Sri Retno Yulianti, seorang TKi yang juga aktif di pengajian muhammadiyah Cabang Taiwan mengatakan bahwa masyarakat indonesia yang ada di Taiwan baik para TKi, mahasiswa dan simpatisan muhammadiyah menggalang dana untuk korban eruspsi Gunung Kelud. dirinya dan beberapa teman menggalang aksi mengumpulkan dana guna membantu saudaranya di indonesia. Saat itu dana yang terkumpul 2000 NT$ (New Taiwan

    dolar) di kas saya, ujarnya saat dihubungi majalah matahati.

    Aksi ini muncul spontan yang disampaikan melalui forum muhammadiyah di Taiwan. Saat itu, Retno menanyakan apakah akan ada baksos langsung dari forum muhammadiyah dan lAZiSmu Taiwan. Forum ini tentu saja atas konsultasi dengan Adam Jerusalem sebagai Ketua Pimpinan Cabang istimewa (PCi) muhammadiyah Taiwan, yang memberi izin dan memberikan nomor Rekening untuk wadah donasi. lalu saya memberi masukan seandainya mengumpulkan donasi kemudian muhammadiyah Taiwan menyalurkan ke indonesia melalui lAZiSmu di Jakarta. ujarnya.

    menurut Retno, untuk mensosialisasikan kegiatan ini, pihaknya menggalang donasi dari para TKi, pelajar dan simpatisan

    muhammadiyah melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Tidak hanya para donatur dari TKi dan mahasiswa saja yang mengeluarkan donasi lewat rekening lAZiSmu tapi juga beberapa majikan yang ikut memberi donasi sebesar 2000 NT$. Alhamdulillah kawan-kawan langsung merespon, jadi dalam dua hari terkumpul dana donasi sebesar 5500 NT$, ujarnya.

    Seperti diketahui sebelumnya melalui laman resmi muhammadiyah Online, pada tahun 2013 lalu, beberapa WNi yang merupakan simpatisan dan kader muhammadiyah di Taiwan memunculkan ide pembentukan PCim Taiwan. mereka adalah para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di beberapa universitas di Taiwan. PCi muhammadiyah Taiwan diresmikan pada 1 Februari 2014, tuturya. n [AuTOR]

  • 19Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Muhammadiyah Peduli Sinabung

    mEdAN lAZiSmu. Pimpinan daerah muhammadiyah (Pdm) Kota medan kembali melakukan kunjungan ke Kabanjahe untuk merealisasikan program muhammadiyah Peduli Sinabung. Kunjungan pada Ahad (9/2) oleh sejumlah pengurus muhammadiyah ini yang kedua kali setelah sepekan yang lalu tim bersama Pimpinan daerah Aisyiyah (PdA) Kota medan melakukan berbagai aktivitas di dua

    titik pengungsian yang dikelola Pd muhammadiyah Karo.

    Kehadiran Pdm dan PdA Kota medan mampu memberikan semangat baru bagi pengungsi karena mereka merasa mendapat perhatian dari tokoh muhammadiyah dan Aisyiyah. Berbagai aktivitas yang menyegarkan seperti penyantunan, bermain-belajar bersama, pengajian yang dilakukan secara beragam.

    Ketua Tim muhammadiyah medan Peduli Sinabung, Syahrul Jalal mengatakan, selayaknya kita harus memberikan keceriaan dan semangat bagi masyarakat yang terkena musibah. Para pengungsi ini harus dibantu karena sudah lama mengungsi sejak Gunung Sinabung erupsi. Tentu saja karena warga pengungsi sudah sangat terganggu secara psikis sehingga membutuhkan pendampingaan, ungkapnya.

    Pdm juga memberi motivasi agar para pengungsi tidak terganggu kreatifitasnya. ditengah kondiri seperti ini setidaknya para pengungsi tetap berkarya membuat produk olahan makanan ringan yang merupakan buah karya ibu-ibu pengungsian Sinabung. Pengungsi di sana membuat kripik pisang, anyaman dan kembang loyang, paparnya.

    maka pada kunjungan pendampingan Pdm dan PdA Kota medan ke Kabanjahe kali ini menyalurkan bantuan yang diperoleh dari berbagai pihak yang diterima Posko muhammadiyah Peduli Sinabung di medan. Keterampilan warga Sinabung yang sedang di pengungsian perlu dikelola agar kreativitasnya tidak mati, tandasnya. n [AuTOR]

    Sampah BarokahSEmARANG lAZiSmu. lAZiSmu Kabupaten Semarang melaunching Gerakan Bersedekah dengan Sampah. Gerakan ini dikenal dengan Barokah (2/3). melalui gerakan tersebut, menurut direktur lAZiSmu Semarang, Zainal Abidin, diharapkan pihaknya bisa lebih banyak membantu masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, gerakan ini juga tersegmentasi, maksudnya tidak akan menganggu aktivitas

    pemulung yang beroperasi mencari sampah, ucapnya. dari program launching Barokah, diketahui jumlah calon donatur sedekah sampah yang sudah mendaftar mencapai 500 orang, jelasnya.

    Nilai filantropinya, ke depan dari pengelolaan sedekah sampah, hasilnya akan digunakan untuk pengembangan pendidikan, kesehatan dan sosial. Kita akan melawan kesan bahwa berobat

    itu mahal dengan melibatkan teman-teman dari difabel Center Kabupaten Semarang, ujarnya

    lAZiSmu Semarang sampai saat ini masih terus berbagi informasi kepada masyarakat untuk menjadi donatur sedekah sampah. Para calon donatur dapat menghubungi Call Center 24 jam di nomor telepon (024) 70321100. n [AuTOR]

  • 20 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    info lazismu

    Pelatihan Berbagi Cara Gemukan Kambing

    BANYumAS lAZiSmu. majelis Pemberdayaan masyarakat muhammadiyah Banyumas dan lAZiSmu Banyumas, Ahad (09/03) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Budidaya Kambing dengan tajuk: Cara Cepat menggemukkan Kambing.

    Kegiatan diadakan di mi muhammadiyah Sidabowa Cabang Patikraja ini di ikuti oleh 90 orang yang berasal dari utusan Pimpinan Cabang Se-Banyumas dan Ranting muhammadiyah Se Kecamatan Patikraja.

    hadir sebagai pembicara ialah ir. dR. Caribu hP dan ir. Edi Pratikno yang memberikan penjelasan tentang bagaimana cara cepat menggemukan kambing yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 4 bulan saja.

    ir. Rohmat selaku Ketua majelis Pemberdayaan masyarakat Pdm Banyumas dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini mPm Banyumas lebih berkonsentrasi pada gerakan-gerakan pemberdayan terhadap

    pertanian dan peternakan, sejauh ia mengaku terus mendorong warga muhammadiyah untuk terus mengembangkan pola-pola pertanian dan peternakan yang menggunakan tekhnologi modern namun tetap ramah lingkungan.

    Sehingga dari program-program yang ada ia sangat mendukung model pengambangan pertanian organik. ia juga mengatakan saat ini melakukan pemberdayaan ditengah-tengah masyarakat itu tidaklah mudah. dibutuhkan ketelatenan dan keuletan, tidak semudah membalikan telapak tangan, namun butuh waktu untuk memberikan penjelasan dan pengertian yang sangat hati-hati kepada masyarakat, sehingga mereka mau menerima dan menjalankan konsep

    yang ditawarkan ungkapnya. meskipun saat ini pemerintah

    telah menggelontorkan dana yang tidak sedikit jumlahnya, namun jika proses yang dijalankan dilakukan secara sembarangan dan tidak sesuai dengan prosedur, hasilnya dana tersebut akan hilang dan tidak bermanfaat tukasnya.

    Sementara itu Ketua harian lAZiSmu Banyumas Tungguh Kasiyanto menyampaikan bahwa lAZiSmu Banyumas siap dan akan terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan mPm dalam rangka melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat, hal ini sejalan dengan misi pendayagunan lAZiSmu Banyumas yakni mengentaskan kemiskinan ditengah-tengah masyarakat melalui upaya-upaya pemberdayaan masyarakat terutama bagi mereka yang berada di bawah garis kemiskinan.

    dengan demikian masyarakat miskin akan bisa bangkit dan berdaya tidak terus-menerus terjebak dalam kesusahan hidup, katanya. Kedepan lAZiSmu akan terus berkoordinasi secara sinergis dengan majelis dan lembaga di Persyarikatan muhammadiyah Banyumas terutama dalam program-program pemberdayaan masyarakat dan gerakan sosial lainnya, terang Tungguh. n [SOBiR]

  • 21Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Bantuan Logistik Menghadapi Tantangan Pelancong KOTABATu -lAZiSmu. Saat itu waktu menunjukkan pukul 23.00 wib, Gunung Kelud meletus dan memuntahkan material vulakanik dengan ketinggian mencapai 17 km. semburan kali ini lebih tinggi dibandingkan lontaran vulkanik tahun 1990 yang hanya 8 km (13/02/2014).

    dampak erupsi itu mengharuskan warga terdampak meninggalkan kampung halamannya, tidak hanya kehilangan harta benda, sandang, papan pun nyaris sirna. Belum lagi terpisah dari sanak saudara.

    Sejak status Gunung Kelud mengancam korban, mdmC Pdm Kota Batu melakukan pendampingan kepada pengungsi di sekitarnya. Terdapat sekitar 22 Posko penampungan pengungsi untuk menyalurkan bantuan yang terus mengalir dari posko pengungsian mdmC Pdm Kota Batu mulai dari bahan makanan mentah dan logistik lainnya.

    Banyaknya sumbangan ataupun bantuan yang mengalir ke posko adalah berkah tersendiri bagi para pengungsi. Namun tidak sedikit pula yang menyalurkan bantuan berupa pakaian bekas namun kondisinya cukup memprihatinkan. Beberapa

    kali panitia Posko mdmC Pdm Kota Batu yang berada di jalan utama Kota Batu menerima bantuan pakaian yang tidak layak pakai bahkan menerima bahan makanan yang sudah kadaluwarsa, sangat memprihatin.

    hal ini membuat panitia semakin ketan menyeleksi bantuan yang disalurkan dermawan agar tidak terjadi kerugian yang tidak diinginkan pada korban bencana alam. Niatan yang baik untuk membantu jangan sampai ternoda dengan pikiran aji mumpung. mumpung ada yang menyalurkan, mumpung ada yang menampung dan mumpung ada tempat pembuangan barang.

    menurut mT cahyo, banyak sekali barang ataupun makanan yang sudah tidak layak terpakai ditemui di Posko. memang tidak mungkin posko menolak bantuan para warga yang ingin membantu, namun hendaknya bantuan juga harus memikirkan kebutuhan dan kelayakan untuk para korban. di samping membahayakan penerima bantuan yang bisa mengakibatkan keracunan tentu hal ini juga merepotkan para relawan yang menerima bantuan tersebut, ujarnya.

    Akhirnya tim bekerja ekstra untuk memilih dan memilah mana yang layak dan tidak layak pakai, mana yang bisa di makan maupun yang tidak bisa dimakan. Tentu hal ini akan sedikit menambah waktu dan tenaga yang seharusnya bisa dipakai untuk hal lain yang lebih penting, paparnya.

    Adanya barang-barang yang kurang layak pakai juga diposko=posko lain. hal ini sempat mengundang perhatian media masa baik radio, televisi maupun media online untuk memberitakan peristiwa ini. Padahal dengan situasi seperti ini, tentunya mengundang banyak orang berempati, menyisihkan harta bendanya untuk sekedar meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah.

    demikian pula ketika tim mdmC akan membagikan 2000 bungkus nasi di Pandansari, ada pandangan yang tidak semestinya terjadi ditengah bencana. Saat kendaraan mencoba berjalan menuju para korban pengungsian justru kendaraan tidak bisa melewati jalan yang dipenuhi para pengungjung hanya mereka sekedar ingin menyaksikan bencana alam dari dekat.

    mobil pengangkut bantuan logistik akhirnya tersendat bahkan terhambat hanya karena banyaknya kendaraan yang tidak jelas maksudnya. Para pelancong ini berparas layaknya artis yang akan show, dengan kendaraan mewah dan hanya sekedar bertampil semata. Justru yang terjadi adalah kemacetan yang cukup parah, tuturnya.

    Sepertinya, bagi mereka, para relawan dan warga yang sedang bekerja bakti membereskan rumah yang porak poranda itu dianggap sebagai obyek wisata yang menarik. Bagi para korban letusan gunung kelud adalah musibah besar tapi bagi para pelancong itu dijadikan tontonan. Sementara bagi tim mdm inilah tantangan yang semestinya tidak terjadi tapi tetap harus disikapi dengan sabar dan bijaksana. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan, tandasnya. n [CAhYO]

  • 22 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    kisah sukses

    Jika disebut sebagai key person Petakumpet, Arief Budiman pasti mengelak. Sebab, bagi laki-laki jebolan

    institut Seni indonesia (iSi) Jogja itu, kesuksesan yang diraih Petakumpet adalah hasil kerja keras orang-orang yang memiliki visi sama dalam membangun biro iklan tersebut. Sekilas, executive creative director PT Petakumpet Creative Network itu tampak seperti pendiam. Tapi, siapa sangka ribuan ide sudah berhasil dia telurkan.

    Arief yang lahir di Rembang, 21 maret 1975 berangkat dari keluarga sederhana. Pendidikan formal mulai TK hingga SmA dia tamatkan di kota kecil, di pesisir utara Jawa. ia tumbuh sebagai anak yang biasa-biasa saja meski sejak Sd selalu menduduki peringkat tiga besar. Arief

    mengaku introvert serta tumbuh sebagai pribadi yang bandel, tak rajin, dan gagap. Saya gagap sampai kelas 3 SmP, ujarnya.

    itulah siksaan buruk dalam hidup Arief sejak duduk di bangku sekolah. Setiap kali guru menyuruhnya maju ke depan kelas untuk membaca, menyanyi, atau tampil, mukanya pasti langsung pucat. meski demikian, kegagapan tersebut mulai sirna saat dia masuk kuliah. Bermodal feeling, pada 1993 dia hijrah ke Jogja untuk melanjutkan studi. dia mengambil program studi desain komunikasi visual (diskomvis) FSR iSi Jogja setelah kuliah satu tahun di Fakultas Pertanian uGm.

    di iSi, dia merasa bisa belajar lebih banyak keterampilan yang disebut craftsmanship. Yakni, bagaimana mendesain yang benar, mengombinasikan

    warna dalam sebuah desain, serta memindahkan benda hidup ke dalam ilustrasi gambar tangan dan hal-hal yang berhubungan dengan itu. Jiwa seni yang dimiliki tak lepas dari hobinya sejak kecil, yakni suka menggambar, menulis, dan membaca buku.

    Semasa kuliah, dia memang tidak tergolong mahasiswa rajin. dari mata kuliah tiap semester, dia rata-rata hanya mengikuti 75% kehadiran. Sisanya digunakan untuk membolos. untung membolosnya bukan sekadar bermalas-malasan. hari-hari membolos diisi dengan bekerja sampingan. Yakni, membuat desain grafis di kos dan mencetaknya di percetakan. meski demikian, dia berhasil lulus sebagai wisudawan terbaik dan menjadi mahasiswa teladan. hebat kan!

    M. Arief Budiman

    geBraKaN serIBU Ide MeNgUKIr PrestasI

    CEo PT Petakumpet Creative network

    Sejak kecil Arief dianggap tidak banyak

    berprestasi bahkan ketika mengerjakan soal di sekolah pun sering gugup. Tapi

    dengan semangat dan ide kreatifnya kini ia

    menjadi pebisnis yang diperhitungkan.

  • 23Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    Pada September 1999, Arief bersama itok, Eri, Yudi, dan Bagoes, yang semuanya adalah teman kuliah mendirikan perusahaan bernama Petakumpet Aim (advertising, illustration, multimedia). mereka membuat prosedur kerja, job description, sekaligus upah yang jelas. dengan hanya bermodal dua komputer 386 dX, satu scanner, satu printer, dan sebuah kompresor, Petakumpet siap berkembang dari daerah Sorowajan. Pada 7 maret 2003 Petakumpet resmi menjadi badan usaha berbentuk perseroan bernama PT Petakumpet.

    Apa yang dijual Petakumpet sama halnya dengan apa yang dijual seniman-seniman besar. mereka bisa menghasilkan sesuatu yang mahal seharga miliaran rupiah dengan ide yang dibeli senilai nol rupiah. Ya, sebuah ide adalah kunci keberhasilan mereka. lantas, bagaimana para awak Petakumpet merumuskan ide-ide kreatifnya? menurut Arief, ide bisa digali di mana saja, kapan saja, dengan media apa saja. Begitu juga, apa yang dilakukan kru kreatif Petakumpet untuk mendapatkan ide yang bisa memuaskan kliennya, serta dapat dinikmati publik. Tak dimungkiri, tak semua orang memiliki tingkat kreativitas yang sama. Sebab, ide tak hanya dilihat sebagai satu wujud realita yang tampak oleh indra penglihatan.

    untuk menjelaskan hal ini, Arief mengambil contoh sebuah lahan kosong satu hektare yang ada di hadapan mata. Secara realita, jika lahan tersebut berada di depan mata kepala yang melihatnya, wujudnya pun akan sama. Yakni, lahan kosong seluas satu hektare. Namun, lain halnya jika seseorang melihat lahan tersebut dengan mata pikiran. lahan itu bisa menjadi

    bermacam-macam bentuk dalam pikiran masing-masing yang melihatnya. Entah disana terhampar sawah hijau nan sejuk, ataukah justru sebuah kawasan realestat yang bernilai triliunan rupiah.

    Karunia Tuhan yang luar biasa bernama otak itulah yang menjadi modal dasar kesuksesan manusia. Kemampuan tak terhingga untuk berimajinasi dan melambungkan impian luar biasa atas masa depan kita, ungkap Arief.

    Agency di Pinasthika Ad.Festival 2003, 2005 dan 2006. Petakumpet juga terpilih sebagai 9 Terbaik uKm terbaik se-indonesia dalam dji Sam Soe Award 2006.

    di 2007, Petakumpet memperoleh Cakram Award untuk kategori The Best Print Ad. di 2008, Petakumpet menjadi The Most Creative Agency Baskara & The Most Creative Graphic Design Agency di Pinasthika. di tahun yang sama, Petakumpet mendapat Bronze di Citra Pariwara 2008 untuk Sinematografi iklan PSA Kemerdekaan Sejati, PT. Gudang Garam, Tbk.

    memang dalam perkembangannya, perusahaan itu pernah melewati berbagai rintangan yang tak bisa dihindari. di antaranya, ketiadaan modal yang cukup serta Sumber daya manusia (Sdm) dan link bisnis yang terbatas. Berkat semangat untuk maju, berbagai tantangan berhasil dilalui. dengan staf yang sudah mencapai 45 orang, perusahaan itu memiliki armada yang lengkap untuk memberikan servis kreatif di bidang advertising, illustration, multimedia (Aim).

    Arief dan kru Petakumpet yang lain sepakat menganggap bisnis ide adalah bisnis yang paling murah karena tak harus mengeluarkan modal rupiah. Tak disangka, pertumbuhan Petakumpet begitu cepat. Jumlah kliennya terus bertambah. dari awalnya 12 institusi dan personal, kini lebih dari 350 klien. Petakumpet juga sudah memiliki dua kantor besar di Sleman, Jogja, dan di Bellagio Boutique mall, mega Kuningan, Jakarta.

    menyikapi banyaknya iklan politik di tahun politik ini, Semestinya iklan politik tidak membodohi publik sampai politisinya dianggap bodoh karena mereka terlibat korupsi uang rakyat, tuturnya. n [muhAJiR]

    Kekuatan Ide Sebelum bekerja sama,

    biasanya PT Petakumpet akan berdiskusi dengan calon klien tentang iklan yang akan dibuat. lantas, Petakumpet berusaha menampung dan menangkap secara detail pemikiran-pemikiran dan keinginan si klien. Tim kreatif pun bergerak. dengan imajinasi yang seolah sudah terasah di otak mereka, hal-hal yang tak tampak di dunia nyata bermunculan.

    hasilnya, karya tim Petakumpet banyak terpampang di berbagai sudut Jogjakarta. Belum lagi, sederet penghargaan yang berhasil disabet dalam berbagai kompetisi di dunia periklanan. misalnya Petakumpet terpilih sebagai The Most Creative

  • 24 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    NaMa JML ( )

    FITRah 4 ORG. KhaIRIL anaM IR 120,000

    anaS anJaR PaMBuDI 180,000

    MEGa TauFanI 5,000,000

    RahaDIan OKTaRIOnO 30,000

    RaChMaT IChWan Mau 30,000

    MuhaMMaD MuSTaFID 210,000

    YuFan aRIEFIanTO 36.70.70.21 90,000

    FITRah DOnY, ELOK,auLa,hana MOhaMMaD DOnY SYaF 120,000

    aRIEF BuDIYanTO 100,000

    RahMah FEBRIana Pu 300,000

    FITRah FaM aLDI anWaR 120,000

    FITRah 3 org BRhaM BRahMana 90,000

    FITRah WuRI SunuaJI 90,000

    Fitrah 4 orang aRIEF WICaKSOnO 120,000

    anTOn hERMaWan 60,000

    aZIZah CLaRISSa Ra 100,000

    DaDan M SYuhaDa 500,000

    FITRah MOna OKTaVIanTI 300,000

    kel.TOnY SuMaRTOnO 150,000

    anDRIanSYah 115,500

    FITRah FIDYah aDI METa FIKRI aDITYaWaRMan SYah 500,000

    KaP MEIDIna RaTna nuRKhaMIDI 100,000

    VERY anDI 30,000

    Fitrah Miftahul Munir MIFTahuL MunIR 30,000

    ahMaD hERYanT unSRI InDRa 50,000

    IRMa TaZKIYY JaKaRTa MED 50,000

    anDRa FaMILY anDRaRInI 180,000

    TauFIQuRRahMan 400,000

    Fitrah untuk 4 Orang aRDIaTMa S huT 120,000

    u BEnCana MOChaMaT YuLIanTO 30,000

    MOhTaR TRI aTMaJI 60,000

    ftrh M Irfan Y Dini I, Kelana Qa MuhaMMaD IRFan YuS 90,000

    aFIF KhOFIDLOTuR R 30,000

    aDITa MuBaRIKa 36.73.108.1 90,000

    MOChaMaD haSBI BaI 38,000

    a ManaF DJuBaEDI S 60,000

    WIKa OKTaRI InDRIa 30,000

    MaChhEnDRa SETYO a 30,000

    FITRah aChMaD SuTRISnO 40,000

    JaKaRTa InD 150,000

    aRQaM aZIKIn 100,000

    TauFIQuRROhMan 1,000,000

    DIan PRaMaDOna SE 30,000

    DanaMOn BDI BRaWIJa 90,000

    fitrah korban bencana RIa PRIhaTInI 30,009

    ahMaD SuRuRI 30,000

    FITRah ESTI WIKanDaRI 30,000

    BaQRaS TEGaR EnRIC PERTOKOan 60,000

    BCa Kr-ds : 8780177676

    DAFTAR DONASI ZIS LAZISMU BULAN SEPTEMBER 2013

    1. ZAKAT FITRAH

    NaMa JML ( )

    Z, FITRah 30,000

    Z, FITRah 120,000

    JUMLah 150,000

    NaMa JML ( )

    Zakky m 90,000

    ZaKaT FITRah - M KhOIRuL 100,000

    ZaKaT FITRah - aDI 100,000

    ZaKaT FITRah - naZhORI auThOR 100,000

    ZaKaT FITRah - WIRa 60,000

    Putri 30,000

    Satia Chandra W 100,000

    hari Eko P 100,000

    Erick Sundoro 60,000

    hJ Junaidah dan kel 180,000

    M. afzal 150,000

    anton Prihartono 60,000

    nilia a, Warsini & Iis 90,000

    Lia a, Rana a & Sandy S 90,000

    najwa hanin aulia 40,000

    ny. nurhidayati R 40,000

    Burhan 40,000

    Wiwik Setiani 40,000

    Bambang Suprihadi 40,000

    Winarsih azhari noor 30,000

    nur Ichsan 30,000

    M. handoko & hanita 60,000

    hana hanifa n 30,000

    Edi & Kel 120,000

    ariko andikabina fitrah 120,000

    JUMLah 12,503,509

    NaMa JML ( )

    a. Fadli 25,000

    ahmadi 25,000

    aktar Rorik Ridho 25,000

    amrizal 30,000

    NaMa JML ( )

    haMBa aLLah 250,000

    haMBa aLLah 160,000

    daNaMoN sYarIah ZaKat

    PeNerIMaaN Kas - Mtg

    KP. BeKasI - Kas

    MaNdIrI : 103.000.666.222.

    daftar donasi

    FITRah RISa. SRI W aRDhanY RISa PROMInDa M aR 240,000

    FITRah YuLIanTI VERa PITa 150,000

    aDE KuRnaDI 120,000

    anDRI SETIYO uTOMO 120,000

    fitrah 2 orang FaJaR DEWanTO 60,000

    FITRah aChMaD nIZaR 30,000

    FITRah IKhWanuL MuSLIM 30,000

    fitrah 1434h WIDYanTI PRaTIWI 120,000

    FahRI WISuDa 50,000

    aRDhIan YOEDISTIRa 180,000

    FITRah MuhaMMaD aDE SYaMP 90,000

    anTOn KuRnIaWan 10,000

    JUMLah 12,503,509

    SETOR TunaI 210,000

    haMBa aLLah 180,000

    KELuaRGa SuhaRTO aBDuLManan 175,000

    an naFI CS 510,000

    an IVET 30,000

    an JunaIn Dan RuKIYah 60,000

    MIFTahuL uLuM 200,000

    5 ORanG 150,000

    haMBa aLLah 30,000

    IS DaRYanI 50,000

    an TRI CahYOnO 500,000

    ahMaD SaRIFuDIn 90,000

    haMBa aLLah 90,000

    haMBa aLLah 150,000

    haMBa aLLah 60,000

    haMBa aLLah 60,000

    aGunG WIJOnO 300,000

    SYaIFuLLah aRSYaD 150,000

    haMBa aLLah 300,000

    B TRF CREDT 30,000

    haMBa aLLah 30,000

    haMBa aLLah 150,000

    haMBa aLLah 30,000

    haMBa aLLah 30,000

    KaSMan DaManG 150,000

    PCIM uK 1,650,000

    haMBa aLLah 30,000

    B TRF CREDT 180,000

    IDR 60,000

    unTuK KORBan BEnCana 90,000

    haMBa aLLah 350,000

    haMBa aLLah 68,000

    aRI TRIYanTO 120,000

    3 JIWa 90,000

    haMBa aLLah 3,000,000

    B TRF CREDT 30,000

    haMBa aLLah 120,000

    B TRF CREDT 120,000

    PRaBOWO BuDI IRIanTO 90,000

    MEDIaTaMa MITRa MaDanI 1,000,000

    SuGEnG 50,000

    haMBa aLLah 210,000

    haMBa aLLah 90,000

    B TRF CREDT 60,000

    aZIS aBDuL aZIS anShaRI 120,000

    unTuK KORBan BEnCana 30,000

    haMBa aLLah 100,000

    SuGEnG 96,000

    JUMLah 11,879,000

  • 25Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    2. DONASI ZAKAT

    NaMa JML ( )

    SITTI naJMIah aMaL 1,000,000

    SuDaRMan 850,000

    BOnIRan 15,817,500

    ROSSI YuLIanI 5,000,000

    PT SaDYa BaLaWan (JunI) 6,400,000

    NaMa JML ( )

    Septian Emma DJ 30,000

    Cahyo Prabowo 30,000

    nur Wahidatul M (2) 60,000

    M. nur Yamin 30,000

    M. Irvan 30,000

    Firtah kel Sigit nugroho 90,000

    kel. David anthony 90,000

    agung nugroho 30,000

    Sumaryati, andika Putra, Verawati 90,000

    Inamul haqqi 30,000

    fidyah 600,000

    JUMLah 1,110,000

    MaNdIrI ZaKat : 123.000.5117.405

    KP. JogJa - Kas

    andi 25,000

    asep 25,000

    Dedi Kurniawan 25,000

    Dewi 25,000

    drs m. Sobur M.Pd 25,000

    Jaja Tarsija SW 25,000

    Junengsih 25,000

    Kayisa 25,000

    Kel. Muridan 100,000

    nasar 25,000

    nur ali 25,000

    nur amanah 25,000

    nur hairil asma 25,000

    nur umairoh 25,000

    Samsul 25,000

    hamba allah (2 Jiwa) 55,000

    Ke. Bp Mukarrom 90,000

    Kel. Bp. Bambang M. 60,000

    Kel. Bp. M. Farid ali (3 Jiwa) 90,000

    Kel. Bp. M. Furqon (3 Jiwa) 90,000

    Kel. Bp. Zaenal ariefien & Ibu Sutatik 60,000

    Kel. Bp. Zainal Muttaqien 95,000

    Kel. Doli nauli Pasaribu (5 jiwa) 150,000

    Kel. Imran nasution (3 Jiwa) 90,000

    Kel. Isnaeni Rahmat (4 Jiwa) 120,000

    Kel. Joko Kusdiyanto (6 orang) 180,000

    Kel. M. Sudarno (4 orang) 120,000

    Kel. Rohman azzam (4 orang) 120,000

    Kel. Tito Mustofa 90,000

    Kel. Zainal abidin (4 orang) 120,000

    JUMLah 2,085,000

    SuKaRMan 1,000,000

    RaFIuDDIn 500,000

    RZ aBD aZIZ 5,000,000

    IMaM BaSuKI 1,000,000

    SETIYOnO MISMan 500,000

    MISKa PRESMa 500,000

    SuRIanI aMRIn 100,000

    aGuSnIaR 500,000

    DR 5264222431916162 900,000

    ERMa SOEKaRMO 5,000,000

    BaGuS DaRMaWan 200,000

    aJI CahYO BaSKORO 50,000

    MuhaMMaD FaJRI 1,000,000

    WahYu aRIF WICaKSOnO 500,000

    RETnO MOEDJIhanDaJanI 3,500,000

    WIKan DanaRDOnO 500,000

    RZ aBD aZIZ 5,000,000

    MunTORO 60,000

    BInTaRI 08164819692 3,000,000

    TRISna WILLY 500,000

    FaJaR TRIaDI 800,000

    DEDE FEBRIan 800,000

    aJEnG SYaMSIah haJJaR 100,000

    aGuS nuRhaDI 150,000

    PCIM uK aRIEF SETYanTO 1,944,177

    RaMaDhIan MuLIa 250,000

    aSTaRI YanuaRTI 1,000,000

    YOSELIZa aRIS 675,000

    MaRTIna RahMaWaTI MaSITOh 20,000

    ZaKaT aGuSTuS 2013 25,000

    SIGIT JaTMIKO 300,000

    haDIMuLYO 10,000,000

    JOKO PuRnOMO 1,000,000

    DEVI EKa nuSanTI 50,000

    nOORuDDIn 200,000

    DEVI EKa nuSanTI 50,000

    DR 5576921584408444 150,000

    YuKI hEnDaRTI 2,500,000

    DEVI EKa nuSanTI 44,000

    LELa FauZa SuhaRDJO 250,000

    aTMB trf Credt S1aD1B1M 239,200

    ZaKaT BuLan JuLI (Setor Tunai) 3,600,000

    InFaQ SEDEKah ahMaD SuLun (ST) 100,000

    DEVI EKa nuSanTI 50,000

    aTMB trf Credt 45157002 300,000

    SELMY PaTRICa WIBaWa 350,000

    MEITY WIDYaSTuTI 100,000

    TITI 500,000

    BuDI YuWOnO 125,000

    aRIF RahMan haKIM 200,000

    aRDIYanI hERI RISTanTI 100,000

    DEVI EKa nuSanTI" 50,000

    SITI FaTWa DEWI 300,000

    haRYanTI FauZIa W 1,000,000

    RIZaL SuCaTuRI 400,000

    PanDJI aRYO DaMaR 580,000

    SRI SuROnO 100,000

    KhaIRuL PRaWIRa 2,000,000

    ChanDRa SaKTI PuLunGan 2,500,000

    SuhaRTO MZ 15,000,000

    aDE ROhanI SuMaRSOnO 1,000,000

    aBDuL ChaYYI RaChMan 250,000

    KEMaS aBDuL haMID 500,000

    ZaKaT MaaL SEBahaGIan 150,000

    ZaKaT MaL 3,000,000

    STaFF PT WKP/anDRI 10,000,000

    MuhaMMaD FIKROn WaShLY aRIFuDDIn 250,000

    aTMB trf Credt 00006169 1,000,000

    TRI SaTITI 2,500,000

    TOnI BS 2,000,000

    aLEXanDER aGunG 100,000

    RIRIn TRI nuRhaYaTI 3,000,000

    PaRDOMuan haRahaP 1,000,000

    MIFTahuL uLuM 600,000

    aBDuL haRIS 1,000,000

    ERna uTaMInInGTYaS 1,500,000

    DEVI EKa nuSanTI 50,000

    aRIO WICaKSOnO 2,000,000

    aZMIL RahMan 10,000,000

    TRI PuRnOMO PaMunGKaS 177,000

    MuRSYID 1,000,000

    SuhaRDI IBRa 500,000

    aRIO WICaKSOnO 2,000,000

    haRBEn 6,000,000

    SYaFRuDDIn LuBIS 5,000,000

    MuhaMMaD RYan SanJaYa 2,500,000

    DR 4097662456961526 500,000

    RaMaDhan FIRDauS 1,000,000

    EnDah SuLISTIYanI 500,000

    hEnDRY RISJaWan h. 120,000

    uMI KhaSanah ST MM 75,000,000

    SaIFuDDIn WIJaYa 2,000,000

    SOETOMO haROEMInTO 3,000,000

    DIDIK SuWanDI 3,500,000

    BaChTIaR h haSan 1,000,000

    CuCu hERTRuIDa 1,000,000

    aTMB trf Credt S1aS13IB 100,000

    FRInDa CahaYa PuTRa 100,000

    aGunG WIJOnO 1,000,000

    aRDIna WIDYa haPSaRI 100,000

    YunEnDaR aRYO hanDOKO 3,000,000

    SuDaRMOnO 1,000,000

  • 26 Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    NaMa JML ( )

    FT13213PYLXC\BnK 4,000,000

    zakat zudi 212,500

    FT13213Jhh7n\BnK 5,000,000

    ZaKaT an SuPaRJan' 6,000,000

    WaIVE 3,000,000

    ZaKaT an IBu hELMIDES 1,000,000

    Zakat 400,000

    FT13213958D4\BnK 100,000

    FT13213n4QR5\F82 3,000,000

    FT13214S9FPT\BnK 1,000,000

    FT13214h63L5\BnK 1,000,000

    FT132141hXFJ\BnK 3,760,475

    FT13214D8STT\BnK 1,200,000

    FT13214WQ584\BnK 270,000

    DaRSOnO 12,500,000

    FT1321486BMM\B28 1,000,000

    FT13214XQ5RZ\a18 2,000,000

    FT132142J91C\F70 1,000,000

    FT13214LTMTX\BnK 60,000

    FT1321487ZG0\B64 3,000,000

    FT132170JLnS\BnK 2,505,000

    FT13217T13V4\BnK 500,000

    FT1321764271\BnK 1,000,000

    Zakat an achmad Zumri 400,000

    FT13217LQKSP\a05 1,000,000

    FT132177TD4L\BnK 5,000,000

    FT132183MBVM\F90 250,000

    FT13218PZK0T\G25 1,000,000

    FT13218ZZDLP\B72 900,000

    FT13218BRQGh\BnK 500,000

    FT13218VQ8W0\D79 1,100,000

    ZaKaT/RahMaT SuhaPPY 10,000,000

    Zakat Mal a n Endro hartanto 10,000,000

    FT13218RT1YP\BnK 2,100,000

    FT132242VSS9\BnK 5,000,000

    FT13224T4SVD\BnK 300,000

    FT13224VBZ4K\BnK 1,000,000

    FT132244KR57\BnK 50,000

    FT132245XS28\BnK 225,000

    FT132246V89C\BnK 50,000

    TT132315FPDB\a13 2,560,000

    FT132350P93h\a95 250,000

    FT13238Q0D56\a29 1,000,035

    FT132392n8K2\BnK 500,000

    STR ZaKaT DR TauFIK 50,000

    FT13240TVn25\BnK 150,000

    FT13240644D5\a57 185,000

    FT132416TMVn\BnK 205,208

    FT132428TDV6\BnK 700,000

    FT13242TSW5V\BnK 500,000

    ZaKaT annISa P 250,000

    BaNK sYarIah MaNdIrI ZaKat : 009.0033333

    daftar donasi

    DaRI 1180006169758 250,000

    MuhaMMaD GanJaR BaIQunI 1,900,000

    aBDuL WahIB 800,000

    DEVI EKa nuSanTI 50,000

    SuRYOnO 500,000

    SISWO SEDIYOWIaDI 700,000

    KEMaL SuLTOnI 250,000

    RInI aZ-ZahRa 800,000

    DEVI EKa nuSanTI 50,000

    aGuS WInaRDI 390,000

    EEn WahYu RISCaWaTI 565,000

    FaTah ManOhaRa 14,350

    DRIaSKORO BuDI SIDhaRTa 100,000

    JaWaDI 175,000

    TRI PuRnOMO PaMunGKaS 73,000

    JUMLah 262,894,227

    NaMa JML ( )

    DaRI 105151995 1,000,000

    DaRI 158918384 5,000,000

    Bpk BaSuKI S 1,000,000

    DaRI 186744639 300,000

    DaRI 1221008966 1,500,000

    DaRI 175271903 5,000,000

    ROBBY aRIE KOESWInaRnO 400,000

    DaRI 3002020000039571 100,000

    DaRI 38308079 265,000

    EnDah TRI nu 250,000

    nOn PRIhaTI 500,000

    Bpk YuSRI DJ 200,000

    a. M ZD 100,000

    MuChaMMa 3,500,000

    Yuniar 2,400,000

    DaRI 212652843 200,000

    SuJOnO D 1,550,000

    Djoni 1,000,012

    DaRI 1221008966 1,000,000

    DaRI 1221008966 1,000,000

    DaRI 261921285 zakat fitrah 30,000

    nOn PRIhaTI 750,000

    Bpk MuhaMaD 3,000,000

    Bpk MuhaMaD 2,000,000

    Sdri REGGI 76,500

    Sdr DWI KuR 50,000

    DaRI 139010738 zakat 1,250,000

    Zakat Staff Prog EMaS Periode Juli 2013 11,924,583

    Bpk EKO hI 250,000

    h. aLI aKBaR Dan KELuaRGa 2,000,000

    Bpk nuR Bu 700,000

    BNI s ZaKat : 009.153.9400

    7001318408.70.20130831 10,000

    7001318408.MaT.FEE.CaW.20130831 6,000

    JUMLah 98,749,218

    NaMa JML ( )

    PRIhaRTO 5,000,000

    KhaIRu MaRZuQ RuDIaRTO 200,000

    aTMB trf Credt 00001001 1,500,000

    aDITIYaRInI KuRnIaWaTI 200,000

    DR 5264220041430194 35,000

    SRI PuRWaTInInGSIh 1,000,000

    aTMB trf Credt 45157002 2,000,000

    DR 5221841079440516 50,000

    DR 5264222281033704 5,000,000

    aTMB trf Credt 00002895 195,000

    ChInDI InDIRaSaRI 300,000

    FEBRIana hESTIKa MIRanDI 380,000

    KuThuT SROnO 400,000

    DR 5264220041430194 35,000

    nur amanah 25,000

    nur hairil asma 25,000

    nur umairoh 25,000

    Samsul 25,000

    hamba allah (2 Jiwa) 55,000

    Ke. Bp Mukarrom 90,000

    Kel. Bp. Bambang M. 60,000

    JUMLah 16,295,000

    MaNdIrI ZaKat JogJa : 123.002200.2200

    NaMa JML ( )

    LISTIYanI 150,000

    aTMB trf Credt 00000006 106,000

    DR 4215708900149858 10,000,000

    DR 6019004511266460 3,000,000

    BaChRuL uLuM 100,000

    RuSMInI 50,000

    Dedi Kurniawan 25,000

    hamba allah (2 Jiwa) 55,000

    Ke. Bp Mukarrom 90,000

    Kel. Bp. Bambang M. 60,000

    JUMLah 13,406,000

    NaMa JML ( )

    RISWanTO JKT.KK.CIBO 135,000

    RuDhY M MOKOBOMBan 3,000,000

    SRI ShInTa nInGRuM 500,000

    RR SRI haDIYaTI 400,000

    naZIRuDDIn LuBIS 500,000

    aRIS SanTOSO 50,000

    SITI nuRChanI DRa 500,000

    naSRuLLah aBDuLLah 1,000,000

    EDDY BaChRI IR 1,000,000

    nIa RahMaWaTI 2,050,000

    IIEn SuInah hanIEK 300,000

    MaNdIrI ZaKat BeKasI: 123.00.7070.7007

    BCa ZaKat : 8780040077

    FITRIYa 20,000

    DaRI 242984168 250,000

    EKO hI 250,000

    BaYu R 100,000

    Ma'aRuF 150,000

    JUMLah 49,066,095

  • 27Jendela Dunia BerbagiTAHUN VI / 21 Maret - 21 April 2014

    nuRhaSanah hS DRa 1,000,000

    h aDIL haSan DRS 5,000,000

    R YuGO aMIaRSO 30,000,000

    nuRuL KuRnIaTI 300,000

    aDIThYa PRaTaMa Pu 300,000

    IWan hERMaWan 1,000,000

    SRI nuRBaInI 1,000,000

    TITIK KaRLIna 1,000,000

    FIRMan 15,000,000

    DODDI MaDYa JuDanT 400,000

    DR hERMan PIPIh n 2,000,000

    ISTIOnO SE 100,000

    u Mesjid Muhammadi RIDhIanI nOOR 5,000,000

    ZaFRuL naRWIS 100,000

    TITa KuMaLa 500,000

    uSMan uSMaRI uSMan 5,000,000

    aRnOLD JOnaThan 1,250,000

    KaPRI YanI 100,000

    SOETOPO DaRuSMan I 2,000,000

    nuRuL hILaLuSSODIK 200,000

    PRILIan MauLIDa Mu 1,000,000

    aRIS WIDaYaT 50,000

    MOhaMaD naSIR 1,250,000

    aTIK FaRIhah 50,000

    RaMLah 100,000

    IRWan SuKaRDI 10,000

    nIZaM R haSIBuan I 4,000,000

    hunJI TWIBaWana 2,000,000

    MuSa aRaFah 500,000

    BEnnOVRY QQ DR 1,000,000

    M uSMan S MaRKu 0375-RSIa T 2,000,000

    IWan BuDIanTO DR 9820 - TI 1,000,000

    anTOn hERMaWan 50,000

    aZIS SuPRIanTO 250,000

    FITRI DaRMan PLZ aRIOn2 1,000,000

    MIRanDa haRahaP 1,250,000

    YuDI PRIYanTO 120,000

    ZuRaIDa anTOn BESTaRI 10,000,000

    Yanu SaKTIaJI 50,000

    Ricky nazir adyaksa 9W7 LB RICKY SETIaWan naZ 2,000,000

    MIFTa FaRID haDI 250,000

    ETI SETIaWaTI DRa 1,000,000

    MIChaEL aRIhTa TaR 300,000

    haRMI DaManIK 2,262,000

    DaDan M SYuhaDa 3,000,000

    TOnY SuMaRTOnO TOnY SuMaRTOnO 1,000,000

    SYaRIFah KaSIna 1,000,000

    nESRI haSan BaSRI 75,000,000

    RISWanTO KEL KEDu KE 60,000

    WILLY TRISna WILLY 1,000,000

    SuFIanna aPRILLa S 3,000,000

    IM PaRaDISE 200,000

    YuLBIS aRIDan 500,000

    IRhaMSYah 10,000,000

    BuD IanTO BuDIanTO 70,000

    RaDEn nOVI SETIana 100,000

    SuBaDYOMO IR 1,750,000

    aRIE DInaRTO 500,000

    KuSuMa SanI SanTOS 77,777

    YOGa PRaKaSa 250,000

    SaTRIa anDRaRInI 1,500,000

    aRIS SanTOSO 42,300

    BPK MZW. uMaR JaYa KLn ThE SuL 120,000

    MOCh MunIR 200,000

    LIna FaRIDa 105,000

    haRI MuRTI WIJaYa 200,000

    YOhan anDRIan ThEI 175,000

    nuZuLIYaTI nuRhIDa 1,000,000

    YuLIanTI VERa PITa 400,000

    aRIF YunaRa 2,500,000

    ERCY LIZIa PB 34-12209 100,000

    DIan KuRnIaWaTI 150,000

    WIKa OKTaRI InDRIa 299,000

    FITRah hERISETIOnO hERI SETIOnO IR 210,000

    haRMI DaManIK 1,250,000

    FIT GuSTaMI FaDL'L 50,000

    nY YuLFIa 400,000

    EnDanG ISRahaYu 550,000

    InESSa anJanI RaSY 800,000

    SYaWaL 5,000,000

    M IQBaL 272,076

    GaTOT SuLISTIO DRS 500,000

    nuR haSanah 250,000

    EVIRa haRDhIYanTI 100,000

    CahYa MauLana 15,000

    FITRah aTn B EhROuZ RahManI SITI MuLYanTI 35,000

    a SYaKuR 300,000

    ILYaS ST 200,000

    SETORan TunaI 200,000

    TaS LIM MaKaMInan TaSLIM MaKaMInan 100,000

    M aDI PRaTaMa PuTR 1,000,000

    KhanIF EKO PRaSETY 1,300,000

    nuR ISTIQMaL anDRE 1,000,000

    BaGuSROSaDI PRaMuD 100,000

    TaRI ISDIYah 500,000

    aDITYanTaRI LuKISa 1,100,000

    aDITYanTaRI LuKISa 200,000

    aDITYanTaRI LuKISa 100,000

    BuRanG RIYaDI 100,000

    YEnITa SSI a PT 200,000

    anaS anJaR PaMBuDI 40,500

    annaS ZaRKOnI 14,000,000

    IR DEWI TRISTanTIn 1,500,000

    SOnnY TRISunu PanG 350,027

    nIKEn InDRIaRSIh 7,500,000

    haDIan SETIa haDIan SETIa 1,500,000

    DananG YuDIanTORO 1,000,000

    MaRnI haSIana 2,500,000

    hERRY BuDIanTO IR 200,000

    OMaR LuThFI anWaR 10,000,000

    YOGa SuGIaRTO 100,000

    SunaRTO 50,000

    aGuS SaLIM 2,000,000

    DWI nuRuL KuMaYaWa 65,000

    DODDI MaDYa JuDanT 340,000

    aRIF RaChMan hIMaW 250,000

    MOhaMMaD PEBRIanSY 137,500

    ZaRDa aFRIETa 150,000

    SOLIChIn IR 3,000,000

    haFnI 132,000

    SYaFRuDDIn 2,000,000

    aRn anGGIT RInaWan 20,000,000

    SYahRIaL aChMaD DR 1,500,000

    DWI IRIanTO 300,000

    InDRa BaKTI 1,000,000

    DIan KuRnIaWaTI 875,000

    DRa PaRLIEn anDRIY 500,000

    JOKO SuPRIYanTO 250,000

    DR RIDWan SYah DEWI IRIanY SOEhaR 1,000,000

    D ZaKaRIa SE 1,000,000

    JOKO PuRnOMO 3,000,000

    DEMIna SuKSES InVE 500,00