download majalah matahati, september 2016

27
revkevjr .fi les.wordpress.com

Upload: trinhtu

Post on 13-Jan-2017

314 views

Category:

Documents


47 download

TRANSCRIPT

Page 1: Download Majalah Matahati, September 2016

revk

evjr.fi

les.

wor

dpre

ss.c

om

Page 2: Download Majalah Matahati, September 2016

Parenting

matahati#01 - September 2016

02

matahati#01 - September 2016

03

Sambutan

Andar Nubowo

Alhamdulillah, Majalah Matahati terbit kembali seiring dengan perubahan tata kelola zakat di Indonesia. Majalah Matahati adalah media komunikasi Lazismu dan para muzaki. Tujuannya menyampaikan kabar aktivitas Lazismu kepada muzaki.

Segenap program Lazismu memprioritaskan pemberdayaan delapan asnaf. Sebuah pemberdayaan produktif dari 13 rekomendasi hasil muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar yang dilengkapi 17 rekomendasi Sustainable Depelopment Goals (SDGs). Isu kemiskinan, disabilitas, narkoba, kekerasan, kebencanaan, kesejahteraan, ekologi, advokasi, pendidikan dan lainnya sebagai bagian tak terpisahkan yang harus disentuh dengan pendekatan filantropi.

Selamat membaca.

Sambutan

Direktur Utama Lazismu

Page 3: Download Majalah Matahati, September 2016

Kini, dunia berada dalam genggaman. Era baru dimana dunia hadir dalam media digital. Sebuah konsekuensi logis, perkembangan sains sebagai

subjek sekaligus objek perubahan. Bagaimana meresponnya, disanalah nilainya.

Karena itu, pada edisi kali ini, Majalah Matahati memilih tema “Era Baru Filantropi”, sebagai upaya mengonseptualisasi praktik kedermawanan dan berbagi yang bersinggungan secara digital.

Berbagi dalam makna tradisionalnya adalah zakat, infak, dan sedekah. Namun, perubahan telah memperlihatkan makna lain yaitu pesan komunikasi yang melebihi batas ruang dan waktu.

Menghadirkan fitur-fitur online tentu tidak cukup. Selaras dengan itu, perlu tata kelola yang siap beradaptasi dengan tuntutan zaman.

Terbit bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, maka redaksi menghadirkan juga kabar spesial kurban bersama untuk sesama, kolaborasi ormas Islam terbesar Indonesia: Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Sinergi Lazismu dan NU Care-Lazisnu ini didukung Extra Joss.

Kami berharap, suguhan dalam Majalah ini menjadi inspirasi pemantik bagi pembaca budiman. Sehingga tujuan pemberdayaan zakat produktif terus berkembang positif.

Amin!

Editorial

KedermawananEra Baru

img0.mxstatic.com

Page 4: Download Majalah Matahati, September 2016

Daftar Isi

matahati#01 - September 2016

04

COVER STORYMenyambut Era Baru Filantropi IslamEra baru it bernama “Era Digital”

09

14

18

22

24

26

28

38

46

COVER STORYMerengkuh Peluang di Era BaruMerespon tantangan regulasi zakat dan gelombang

teknologi digital

BERITA LAZISMUPemberdayaan Berbasis Keluarga bagi Anak-Anak TerlantarLazismu dan MPS (Majelis Pelayanan Sosial) bersepakat

dalam program mewujudkan pengasuhan berbasis keluarga

BERITA LAZISMUSuku Kokoda Melek AksaraHampir 80 persen warga disini tidak bisa membaca

KOLOMHilman Latief, M.A., Ph.DMenyemai Logika Filantropi Para Donatur

PERSONAProf. Dr. Muhadjir Effendy, MAPDari Muhammadiyah Untuk Bangsa

RESPONSIBILTYExtra Joss Gandeng Lazismu & Lazisnu Kurban BersamaPertama kali dalam sejarah Lazisnu-NU Care & Lazisnu

bekerjasama untuk melakukan kurban bersama

LAPORAN KEUANGAN LAZISMUPeriode September 2016

JALAN-JALANGeliat Lombok di Tengah Tren Wisata HalalLama dikenal sebagai Negeri Seribu Masjid, kini Lombok jadi

destinasi penting dalam persaingan turisme halal global

http://www.lazismu.org

Alamat Redaksi

Jl. Menteng Raya No. 62

Jakarta Pusat 10340

Telp. 021 - 3150400 / Fax. 021 - 3143230

Website. www.lazismu.org

Email. [email protected]

matahati#01 - September 2016

05

Daftar Isi

Tim RedaksiDEWAN PENASEHATDr. H. Haedar Nashir, M.SiDr. Muh. Akhyar AdnanHilman Latief, M.A., Ph.DDr. Zakiyuddin BaidhowyJoko Intarto, S.IPMuarawati Nur Malinda, MPAEny Muslichah Wijayanti, SE., M.Si

PIMPINAN UMUMAndar Nubowo

PIMPINAN REDAKSIDavid Krisna Alka

SEKRETARIS REDAKSISahrul Amsari

REDAKTUR PELAKSANANazhori Author

REDAKTUR AHLIIbrahim Ali Fauzi

REDAKTURHusein JafarAndriansyah

LAYOUTEko Arfianto

IT & MedsosNurwanto Swasono & Tim

PEMASARANTim Markom

REPORTERKoresponden Daerah

Reposisi Lazismu sebagai Amil Zakat Nasional

Berkemajuan.

Press Conference ExtraJoss-Lazinu NU Care-Lazismu.

Aula Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah,

Jakarta, Rabu (24/8/2016)

“Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa”

Page 5: Download Majalah Matahati, September 2016

Cover Story

matahati#01 - September 2016

06

i .ytimg.com - wal lpaper.zone

Era baru bernama “Era Digital” (Digital Age) telah tiba, di mana segala sesuatunya bermigrasi ke sana: digitalisasi, dengan segala kelebihannya: efektifitas, efisiensi,

kemudahan, kecepatan, dll.

Digitalisasi meliputi nyaris seluruh elemen kehidupan kita: dari pendidikan, enterpreneurship, politik (demokrasi), media hingga pola asuh (parenting). (Don Tapscott, 2013). Era Digital merupakan salah satu kemajuan terbesar dalam milenium ini. Di mana dunia benar-benar hanya berada di ujung jari. Sehingga bahkan untuk sekadar ngojek pun, kini tinggal menggerakkan jari melalui aplikasi ojek online.

Kemajuan semacam itu adalah keniscayaan dunia, dan meraih kemajuan adalah naluri dasar manusia. Oleh karena itu, Buya Hamka menegaskan bahwa Islam bukan musuh kemajuan, alih-alih justru penuntun kemajuan. Sehingga kemajuan dunia yang niscaya itu tak menyeret umat Islam justru pada kemunduran peradaban, melainkan kemajuan peradaban. Dengan begitu, Islam tak hanya menjadikan umatnya sebagai pribadi yang cakap akhirat, namun juga cakap dunia, sebagaimana doa yang diajarkan Al-Qur’an atas kita:

“Ya Allah, berilah kami keselamatan di dunia dan beri pula kami keselamatan di akhirat. Jauhkan kami dari adzab neraka.”(QS. Al-Baqarah: 201)

Indonesia meliputi dua potensi itu. Ini adalah negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia dan sekaligus salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Data yang ada dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada 2014 saja ada 88,1 juta pengguna internet di Indonesia, dan menempatkan Indonesia sebagai negara keenam dengan pengguna internet terbesar di dunia.

Dua fakta itu tentu potensi luar biasa yang patut disambut oleh kita. Aktivitas dakwah Islam melalui ranah digital terlihat sudah mulai marak dilakukan oleh individu maupun lembaga Islam di Indonesia. Dan kini saatnya

Docs

Menyambut Era Baru Filantropi Islam

Cover Story

matahati#01 - September 2016

09

Page 6: Download Majalah Matahati, September 2016

filantropi Islam juga memanfaatkan potensi tersebut dengan membentangkan akses bagi penghimpunan dan penyaluran dana filantropis dan zakat secara online.

Setidaknya ada beberapa potensi yang bisa dimanfaatkan melalui ranah digital oleh gerakan filantropi Islam. Pertama, sosialisasi, baik informasi, program, dll. Lembaga filantropi Islam bisa memanfaatkan jaringan digital dalam beragam rupanya: website, media sosial, aplikasi, dll untuk mensosialisasikan segala sesuatu berkaitan dengan filantropi.

Kedua, kemudahan dan kecepatan. Melalui jaringan digital, lembaga filantropi Islam bisa memberikan akses yang begitu mudah dan cepat bagi muzakki dalam menyalurkan dana filantropi atau zakatnya. Sehingga, di mana saja dan kapan saja, berzakat hanya dalam sentuhan jari saja. Begitu mudah, begitu cepat.

Ketiga, kepercayaan. Dengan perangkat digital semacam website atau aplikasi, maka muzakki bisa melihat dan mengamati perkembangannya laporan dalam bentuk teks,

gambar, atau bahkan video secara langsung yang di-upload oleh mustahik berdasarkan apa yang telah mereka lakukan dari dana yang mereka terima. Termasuk pula muzakki bisa menghubungi langsung mustahik melalui media komunikasi yang bisa disediakan di perangkat digital tersebut. Sehingga muzakki benar-benar menaruh kepercayaan penuh pada lembaga filantropi Islam tersebut.

Keempat, kampanye (campaign). Berdasarkan data terbaru dari We Are Social per Januari 2016, didapatkan fakta bahwa popularitas televisi kalah ketimbang internet, di mana orang Indonesia lebih sering mengakses internet ketimbang menonton televisi. Ditambah lagi, 79 juta masyarakat Indonesia aktif di media sosial. Tentu, ini adalah “panggung” yang luar biasa bagi lembaga filantropi Islam di Indonesia untuk mengkampanyekan semangat filantropi bagi kalangan Muslim di Indonesia, sehingga akan berdampak langsung bagi pertumbuhan muzakki dan dana filantropi yang masuk, yang itu artinya akan memperluas jaringan masyarakat berkebutuhan yang bisa kita bantu.

Cover Story

matahati#01 - September 2016

10

Docs

Kelima, edukasi. Data dari Kemkominfo menunjukkan bahwa 80 persen pengguna internet di Indonesia adalah anak muda. Maka, ini menjadi potensi lain bagi lembaga filantropi Islam, yakni memainkan peran edukatif dengan menumbuhkan kesadaran berbagi sejak dini bagi anak muda Muslim di Indonesia dengan berbasis pada pendekatan kreatif melalui jaringan digital: website, aplikasi, bahkan game. Sehingga kuantitas filantropis muda Muslim di Indonesia akan meningkat, sekaligus menjamin agar di dekade berikutnya kuantitas filantropis Muslim di Indonesia tumbuh tinggi seiring telah dewasanya kalangan muda yang telah terdidik berjiwa filantropis tersebut.

Dalam konteks Lazismu, “Islam Berkemajuan” yang diusung menjadi tema Muktamar ke-47 Muhammadiyah, kami pahami dan emban sebagai amanat yang sesuai dengan karakter dasar

Cover Story

matahati#01 - September 2016

11

Page 7: Download Majalah Matahati, September 2016

Cover Story

matahati#01 - September 2016

12

keberislaman Muhammadiyah. Ini adalah respon dan sumbangsih Muhammadiyah bagi progresivitas zaman dan peradabannya. Karena itu, Lazismu sebagai lembaga filantropi Muhammadiyah juga menyambut era baru filantropi dengan mengembangkan “Filantropi Islam Berkemajuan” sebagai langkah adaptatif yang cerdas. Dalam artian, kami beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk bisa berperan, berpengaruh, dan menuntun zaman sehingga bisa benar-benar bergerak ke arah kemajuan. Ini juga selaras dengan karakter dasar keberislaman Muhammadiyah yang berorientasi pada pembaharuan (tajdid), termasuk dalam ranah filantropi.

Salah satu langkah praktis kami dengan menyediakan fitur layanan “Donasi Online” di website Lazismu: lazismu.org, dengan fitur lengkap guna memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi muzakki dalam berbagai dan berzakat. Termasuk juga menjadikan laman tersebut sebagai media sosialisasi program dan pelaporan berbasis online. Kami juga membuat berbagai program-program kreatif dan strategis dalam berbagai ranah: pendidikan, ekonomi, sosial, dakwah, guna menstimulasi gairah filantropi kalangan dermawan dan para muzakki.

Filantropi Islam Berkemajuan ini bukan hanya berfokus pada perkara teknis-praktis dengan memanfaatkan jaringan digital, namun juga di tingkat paradigma-teoritis dengan mengembangkan pendayagunaan strategis, produktif, dan bervisi kemandirian. Kami juga membangun sinergi antar lembaga: internal maupun eksternal Muhammadiyah (termasuk pemerintah). Di samping itu, kami berparadigma visioner untuk melampaui orientasi sekadar pengentasan kemiskinan materiil (termasuk mengubah mustahik menjadi muzakki), melainkan pembangunan manusia dan terciptanya keadilan sosial. Sehingga, meminjam istilah Gidden (2000), Lazismu menjadi agent of transformation demi terwujudnya masyarakat Islam yang baik

(baldah thayyibah) di Indonesia. Dan akhirnya, peran Muhamadiyah sebagai civil society pendamping negara benar-benar terwujud secara nyata dan efektif. [HJ]

Cover Story

matahati#01 - September 2016

13

Filantropi telah melangkah menyambut era digital. Digitalisasi praktik filantropi salah satunya dipersembahkan Lazismu dengan meluncurkan sesama.id. Resmi

diluncurkan ramadhan kemarin untuk mempermudah masyarakat dalam berdonasi.

Sebuah platform donasi online yang bisa dilakukan secara personal maupun galang dana bersama (crowdfunding). Mengingat perkembangan e-commerce yang pesat, kehadirannya merupakan cara baru berdonasi yang efisien, sebagai gaya hidup terutama kelas menengah muslim.

Filantropi Digital:

sesama.id

Aktivitas kita tak lepas dari layanan internet berbasis ponsel cerdas. Pola dan perilaku berbagi pun menjelma dari konvensional ke digital. Setiap orang bisa berbelanja kebutuhan, seperti sembako dan seperangkat alat ibadah dengan meng-klik menu di dalamnya. Uniknya, berbelanja disini bukan untuk pribadi, tapi sebagian uangnya didonasikan untuk dhuafa.

Layanan donasi terintegrasi ini, mempermudah donasi zakat, infak, dan sedekah. Selain lebih efektif, Lazismu ingin memberikan pengalaman baru kepada donatur agar gemar dan menjadikan berbagi sebagai bagian gaya hidup. [HJ]

Page 8: Download Majalah Matahati, September 2016

Cover Story

matahati#01 - September 2016

14

AApril silam, pegiat gerakan zakat (filantropi islam) di bawah naungan Lazismu, bertatap muka di Sidoarjo. Mereka mengutarakan rencananya untuk merespon

tantangan regulasi zakat dan gelombang teknologi digital. Mereka mendiskusikan perihal potensi zakat yang besar dan bagaimana merespon perubahan sosial dengan tata kelola yang mumpuni.

Saat sosial media melantai ke Indonesia pertama kali dampaknya belum begitu terasa. Hanya butuh waktu singkat, penetrasi ponsel cerdas ke Indonesia mendongkrak para pengguna gadget beralih bahan bacaan dari media konvensional ke media daring.

Semua itu memasuki ranah entitas dan lembaga, seperti perusahaan komersil dan sektor keuangan. Namun, melihat kegigihan para startup yang berkolaborasi dengan perbankan dan toko online, lembaga amil zakat seakan merasakan getaran virtual. Lembaga amil zakat harus beradaptasi dengan kenyataan itu.

Dalam hal lain, bagaimana upayanya untuk melipatkagandakan daya pikat program zakat bagi para muzaki dan masyarakat

pada umumnya. Perkembangan pesat itu sangat masuk akal, zakat kian meningkat mendapat perhatian. Sebagaimana terungkap, potensi zakat nasional mencapai Rp 271 trilun. Sementara yang baru dapat dihimpun lembaga amil zakat baru sekitar 2 – 3 persen.

Menurut M. Akhyar Adnan, Guru Besar Perbankan Islam UIN Yogyakarta, itu pun dikumpulkan secara agregat, artinya masih ada 97% lagi yang harus digali secara cerdas dan cermat. “Ini memerlukan usaha dan waktu. Dan ini peluang,” katanya.

Hanya saja yang perlu diperhatikan, kata Akhyar, ketika donasi online menjadi bagian dalam praktik zakat, peran audit tetap sangat penting sebagai media untuk memastikan bahwa sebuah proses berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, peran audit tetap sangat penting di era digital karena dalam pandangan Akhyar, audit ikut membantu memastikan efektifitas dan efisiensi sebuah proses bahkan sistem. Hanya saja, sambung Akhyar, metode atau teknis audit tentu dapat mengalami perubahan seiring dengan perubahan dalam metode pembayaran dan pelaporan.

Filantropi Islam:

Merengkuh Peluang di Era Baru

Cover Story

matahati#01 - September 2016

09

media4.selector.com

Lahirnya undang –

undang Zakat, “Filantropi

Islam” di Indonesia

memasuki era baru, dimana

prinsip-prinsip akuntabilitas

memiliki patokan obyektif

yang diakui oleh negara

dan menjadi rujukan setiap warga negara

Page 9: Download Majalah Matahati, September 2016

Khusus untuk zakat, atau kalau mau disebut industri keuangan syariah yang bersifat sosial (bukan komersial) maka niat hanya untuk mencari ridho Allah bersifat mutlak adanya. “Artinya, kalau ada niat selain itu, tentu sama sekali tidak dapat dibenarkan,” ujarnya membuka dapur fikih zakat.

Saat itu juga naluri pemberdayaan zakat kepada 8 asnaf dibaca kritis. Misalnya, dari para pegiat kemanusiaan dan kebencanaan seperti LPB PP Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Sejauh mana dana zakat dapat dimanfaatkan untuk membantu mereka (dhuafa) yang dilanda bencana alam dan sosial. Situasinya beda tipis, antara bencana dan dunia virtual, jika tidak diimbangi dengan manajemen risiko, kedua berdampak besar.

Hasilnya menarik, setelah lahirnya undang – undang Zakat, “filantropi Islam” di Indonesia memasuki era baru, dimana prinsip – prinsip akuntabilitas memiliki patokan obyektif yang diakui oleh negara dan menjadi rujukan setiap warga negara.

Sekretaris MDMC, Arief Nur Kholis mengatakan, prinsip akuntabilitas ini kemudian dikembangkan tidak saja pada ruang lingkup keuangan, namun juga substansi program. “Patokan obyektif itu termasuk prinsip memperjuangkan pemenuhan hak – hak orang fakir dan miskin sehingga lepas dari kerentanan yang ada pada dirinya,” jelas Arif.

Ruang lingkup 8 asnaf sudah diperluas tafsirnya hingga menjangkau kelompok-kelompok seperti warga terdampak bencana. Perkembangan ini tentu sangat menggembirakan. Hal itu telah direspon LPB PP Muhammadiyah dan Majelis Tarjih-nya, seperti dituangkan dalam buku Fikih Kebencanaan yang terbit jelang Muktamar di Makassar tahun lalu.

Cover Story

matahati#01 - September 2016

16

Selain itu, Arif menambahkan, dalam konteks upaya memutus akar masalah yang menyebabkan jatuhnya korban dalam kejadian bencana, penyaluran ZIS juga harus menyasar kepada mereka yang rentan menjadi korban bencana. “Sehingga ZIS dimanfaatkan juga untuk memperkuat kapasitas mereka yang berada di kawasan rawan bencana agar terhindar menjadi korban bila bencana terjadi,” urai Arif.

Pembacaan berbeda dijabarkan pakar marketing online, Yuswohadi, bahwa era digital adalah era kelas menengah ke atas. Semakin sukses seseorang ia akan kembali dan rindu pada suasana spiritual. Kondisi inilah yang menurut Yuswohady, terjadi pada masyarakat kelas menengah di Indonesia.

Yuswohady, menegaskan, belakangan pasar middle-class moslem di Indonesia telah mengalami revolusi karena adanya pergeseran perilaku yang sangat mendasar. Tak heran jika kemudian pasarnya menggeliat dan marketer langsung pasang kuda-kuda untuk meraupnya. Begitu juga dengan peluang ini, direspon oleh para lemabaga amil zakat.

Beberapa di antara perubahan kasat mata fenomena menggeliatnya pasar middle-class moslem di Indonesia, kata Yuswohady adalah tumbuhnya komunitas, kegairahan kajian Islam, tumbuhnya wirausaha, trend busana muslim dan hadirnya produk atau jasa yang berlabel halal.

Bukan mustahil kelak filantropi Islam akan terus berkembang di Indonesia, untuk menopang pemberdayaan masyarakat khsusnya kaum dhuafa. [AS]

Cover Story

matahati#01 - September 2016

17

gateleyplc .com

Page 10: Download Majalah Matahati, September 2016

Berita Lazismu

matahati#01 - September 2016

18 Lazismu sangat antusias menindaklanjuti rencana program Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di bidang pendampingan keluarga.

Lazismu dan MPS bersepakat dalam program mewujudkan pengasuhan berbasis keluarga dengan menyiapkan keluarga pengganti yang diprogramkan untuk 50 anak terlantar.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Direktur Utama Lazismu, Andar Nubowo dan Ketua MPS PP Muhammadiyah, Sularno, disaksikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir yang sekaligus membuka secara resmi rapat kerja nasional di Grand Cempaka Hotel, Jakarta, Kamis, (18/8/ 2016).

Lazismu mendukung penuh program pemberdayaan berbasis keluarga yang

dicanangkan MPS. Andar Nubowo mengatakan sinergi strategis ini merupakan tindak lanjut dari program-program sebelumnya seperti penguatan ekonomi panti asuhan melalui, Child Center Indonesia.

“Lazismu mengakomodir kebutuhan program ini sehingga dana zakat dapat tersalurkan kepada pemberdayaan asnaf,” katanya.

Ketua MPS PP Muhammadiyah, Sularno, mengatakan, ada 3 pengembangan program layanan utama yang telah dijalankan kurang lebih 1 abad, yaitu Pendampingan Keluarga, Santunan Keluarga dan Lembaga Pelayanan Sosial.

“Meski dalam perjalanannya proses layanan ini telah jauh melampaui 3 program yang dijalankan, konsolidasi penting dilakukan untuk mengentaskan permasalahan sosial,” jelasnya.

Sejauh ini, aksi nyata yang telah dilakukan secara nasional bersama Aisyiyah adalah berdirinya 318 Unit Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, 82 Unit Rehabilitasi Penyandang Disabilitas, 54 Unit Rehabilitasi Lansia. Dalam pengembangannya MPS dan LAZISMU telah berjalan di 4 cakupan area yaitu Pemberdayaan Keluarga Miskin, Disabilitas, Lansia, dan Anak terlantar. [HJ]

Lazismu - MPS

Jakarta

Pemberdayaan Berbasis Keluargabagi Anak-Anak Terlantar

Pengawalan implementasi pengasuhan berbasis keluarga

dengan melakukan akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial

Anak di 318 Lembaga Pelayanan Sosial Muhammadiyah

Docs

Docs

Docs

Berita Lazismu

matahati#01 - September 2016

19

Pilot Project Foster Care dengan 3 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak di Propinsi Jawa Barat bekerjasama dengan lembaga aliansi

pengasuhan internasional ‘Family For Every Child’ dan didukung Kementerian Sosial RI

Pengembangan Shelter Lansia dengan study

bersama Senior Living Jababeka

Memperjuangkan

Hak hak Disabilitas

dengan MoU Bebas

Pasung bersama

Human Rights

Watch

MoU dengan

LAZISMU dalam

perwujudan

pengasuhan

berbasis keluarga

dengan penyiapan

keluarga pengganti

yang diprogramkan

untuk 50 anak

terlantar

Docs

Docs

Docs

Docs

Page 11: Download Majalah Matahati, September 2016

Berita Lazismu

matahati#01 - September 2016

24Docs

Penyerahan Paket Bantuan untuk Korban Kebakaran

Di Kabupaten Gowa, bersama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Allu serta Barembeng,

Lazismu mengunjungi sekaligus menyalurkan bantuan untuk keluarga yang mengalami musibah kebakaran beberapa hari yang lalu di Dusun Kaluarrang, Desa Manjapai, Kecamatan Bontonompo, Gowa (14/08/2016).

Bantuan yang disalurkan berupa enam paket pendidikan, yang berisi satu tas sekolah, dua set pakaian seragam sekolah (putih dan pramuka),dua paket buku dan pulpen. Selain itu, tiga paket sembako berupa beras, mie instan dan telur diberikan untuk melengkapi enam kardus pakaian layak pakai, sarung, jilbab, dan lain-lain.

Lazismu Salurkan Bantuan

Gowa

15 korban yang terdiri dari tiga kepala keluarga dan enam orang anak usia sekolah menumpang di rumah kerabat mereka karena kondisi rumah yang sudah rata dengan tanah.

Dengan kondisi tersebut, Lazismu Gowa masih menerima donasi dari para dermawan baik berupa uang tunai maupun bahan materi bangunan.

“Bahan material bangunan berupa seng, tripleks, dan lain-lain untuk membantu proses pembangunan kembali ketiga rumah yang terbakar,” tulis admin Lazismu Gowa pada laman facebook, seperti dilansir dilaman resmi Pimpinan daerah Muhammadiyah IPM Gowa, 14 Agustus 2016. [Sumber: pdipmgowa - NA]

Tiga Rumah Terbakar di Bontonompo

Docs

Berita Lazismu

matahati#01 - September 2016

21

Gempa yang melanda Kabupaten Dompu, NusaTenggara Bart, awal Agustus lalu masih menyisakan trauma bagi warga. Lokasi gempa tak jauh dari Gunung Api Tambora.

Gempa dengan kekuatan 5,7 SR, pada pukul 06.40 WIB, berpusat di darat dan di koordinat 8,23 LS dan 117,85 BT, pada jarak sekitar 63 km arah Barat Laut Dompu, dengan kedalaman 22 kilometer.

Bencana itu berdampak pada rusaknya bangunan yang ada di wilayah tersebut. Tercatat ada 624 rumah rusak yang tersebar di 7 desa di Kabupaten Dompu. Melalui respon MDMC Indonesia, sejak 10 Agustus 2016, dikabarkan, masyarakat membutuhkan bantuan darurat.

Menurut Tim Assistensi LPB PP Muhammadiyah, Indrayanto dan Sarniyah melalui pesan daring yang diterima Lazismu (5/8/2016), bantuan dalam bentuk material bangunan perlu diberikan juga selain perlengkapan kebersihan. Ada dua kriteria untuk penerima manfaat bantuan ini, yaitu bagi rumah yang rusak berat dan rusak ringan. Tercatat ada 172 KK dengan gambaran 87 rumah alami rusak berat dan 85 rusak ringan yang tersebar di 7 desa.

Sampai saat ini, Tim PDM Dompu melakukan kegiatan pelayanan kesehatan, pembagian hygient kit dan menerjunkan da’i spesial bencana di dua desa, Desa Celebai dan Karombo.

Hal ini ditegaskan, Sekretaris MDMC, Arif Nur Kholis (11/8/2016), bahwa koordinasi dengan para stakeholders, melibatkan dukungan dari RSPKU Bima 14 personel (2 dokter, 2 apoteker dan 8 perawat, 2 manajemen RS).

Kegiatan melibatkan Pemuda Muhammadiyah Dompu (7 personel) PDM Dompu (3 personel) dan PCM Pekat. “Repon bencana juga didukung obat-obatan dari Dinkes Dompu, Alkon dari BKKN, yang melibatkan Puskesmas Kecamatan pekat,“ katanya. Termasuk melibatkan aparatur Desa Calabai dan Desa Karombo. Lokasi kegiatan berlangsung di Balai Desa Karombo dan Balai Dusun Nangka, Desa Calabai, Kecamatan Pekat, kata Arif melengkapi.

Sejauh ini, kata Arif, kegiatan di bawah kendali MDMC wilayah (Muslim Madalena, Wakil Ketua MDMC NTB) dengan koordinator posko Muhammadiyah Dompu, Irvan Fahmi dan Koordinator Medis Imran dari PKU Bima serta Koordinator Da’i, Kasturi dari PDM Dompu.

Berdasarkan hasil kajian Tim Assistensi, LPB PP Muhammadiyah akan terus memantau perkembangannya hingga batas yang ditentukan. Dengan maksud dapat mengusulkan kegiatan respon sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Tim Assistensi. [NA]

MDMC dan Lazismu Bantu Korban Gempa Dompu

Dompu

172 KK Akan Terima Perbaikan Rumah

Page 12: Download Majalah Matahati, September 2016

Berita Lazismu

matahati#01 - September 2016

22

Akhir Juli 2016, pukul 20.00 WIT, rombongan mahasiswa KKN Mandiri tematik tiba di pelabuhan Sorong. Kedatangannya disambut LP3M STKIP Sorong dan segenap

jajaran pengurus KAUMY Sorong. Anggota tim diantar menuju desa sasaran menggunakan bus kampus milik STKIP Sorong.

Dua puluhan hari sudah 20 mahasiswa KKN dari Tim Mahardika Bakti Negeri (MBN) berada di Kampung Wormon, Distrik Mayamuk, Sorong, Papua Barat. Observasi terlaksana sejak awal Agustus dan bertemu Bupati dan Pemda setempat. Supaya lebih mengetahui detail kampung ini, Sukma Patriadjati, Ketua Tim KKN, mengatakan beraudiensi dengan warga yang didampingi Ketua Rukun Kampung dan Kepala Desa.

Sukma menuturkan, warga Kampung Warmon, khususnya Suku Kokoda masih ada yang buta aksara. “Hampir 80 persen warga disini tidak bisa membaca,” ungkapnya. Hal ini berdampak pada minimnya informasi yang mereka peroleh akan perkembangan aspek-aspek kehidupan melalui sumber-sumber informasi, terang Sukma.

Selama program berlangsung, warga antusias mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Melalui program generasi literasi, anak-anak usia sekolah mendapat pendampingan. “Pelajaran pengenalan huruf dan hitung pada anak-anak yang putus sekolah diberikan kepada 25 anak,” bebernya.

Kegiatan ini dilakukan secara rutin dari Senin hingga Jumat. Bahan ajar yang

Sorong

Suasana Belajar di Kelas

Suku Kokoda Melek Aksara

Berita Lazismu

matahati#01 - September 2016

23

berbeda tiap harinya diberikan, antara lain membaca, menghitung, dan mengenalkan potensi budaya yang mereka miliki sendiri agar dapat dilestarikan dengan cara membaca. Di waktu berbeda, malam hari, mereka juga diberikan bahan ajar membaca huruf al-Qur’an.

Hari Kemerdekaan RI ke -71 adalah momentum berharga. Meski ada sedikit gesekan sewaktu lomba panjat pinang antara warga Warmon dan Makbusun tapi dapat segera dinetralisir oleh panitia penyelenggara. Seluruh warga dari dua kampong bergembira mengikuti aneka lomba dan pentas seni.

Program yang akan dilakukan di kampong ini bersama SukunKokoda antara lain, Pendidikan agama / TPA, Kelas Melek Aksara, Generasi Literasi, Kelas Seni Nusantara, Kelas Inspirasi, Bioskop Rakyat, Kelas Sosial dan Kelas Hukum [Tim KKN - NA]

Suasana Belajar di Kelas

Docs

Page 13: Download Majalah Matahati, September 2016

Hilman Latief, M.A., Ph.DKetua Badan Pengurus Pimpinan Pusat Lazismu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Docs

Kolom

matahati#01 - September 2016

24Menyemai Logika Filantropi Para Donatur

Babak baru perkembangn gerakan filantropi di pelbagai belahan dunia, termasuk negara-negara yang berpenduduk Muslim, sudah mulai menunjukkan tajinya. Ada

kesadaran yang kuat dalam masyarakat Muslim, bahwa di balik gegap gempita berita tentang kekerasan dan terorisme yang dimuat pelbagai media, ternyata masih banyak hal lain berupa ide baru dan aksi inovatif yang lebih layak disampaikan kepada masyarakat luas, yakni aksi filantropi.

Filantropi adalah sebuah gagasan dan aksi yang mencerminkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya solidaritas sosial. Ada mimpi kecil di dalam masyarakat kita bahwa mereka bisa berpartisipasi dalam membantu sesamanya, terutama kalangan yang tidak mampu. Filantropi adalah satu sikap, prinsip dan cara pandang yang sebetulnya inherent atau menyatu (embedded) dalam diri manusia. Namun, ekspresi aktualnya kadang memerlukan stimulasi dan sarana yang sesuai dengan alam fikirnya. Karena itu, untuk memperkuat tradisi dan gerakan filantropi, dapat dilakukan dua langkah, yaitu membangun satu kesadaran besar dalam alam pikiran manusia dan menyediakan beragam sarana (aksi) yang dapat diterima oleh alam fikiran masyarakat yang berpotensi menjadi benefaktor.

Membangun alam pikiran tentang pentingnya filantropi dapat dilakukan melalui pelbagai cara dan menjastifikasinya dengan dengan berbagai logika. Pertama, bagi kaum Muslim, tentu ajaran agama adalah satu salah satu sumber yang menjadi rujukan dalam bertindak. Membantu orang adalah fitrah manusia dan terdapat pelbagai narasi dalam Islam yang menegaskan mengapa sikap tolong menolong itu perlu. Menyisihkan sebagian harta benda untuk diberikan kepada orang yang tidak mampu melalui lembaga pengelola zakat adalah tradisi yang sudah lama dibangun sejak masa kenabian. Tidak sedikit pula ayat al-Qur’an yang mendorong dan juga mewajibkan seorang Muslim untuk bersedekah (berzakat). Dengan demikian, filantropi merupakan kebajikan dan bagian dari semangat ajaran keagamaan.

Kedua, logika sosial manusia sebagai satu kesatuan. Dalam kelompok masyarakat, seseorang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Selalu saja ada banyak kebutuhan yang tidak bisa kita penuhi yang akhirnya membutuhkan orang lain. Apalagi keluarga miskin yang memiliki keterbatasan akses ekonomi, baik karena terbatasnya kapasitas yang mereka miliki saat ini seperti pendidikan yang rendah, wawasan yang sempit, jaringan yang tidak banyak, atau karena cara berfikirnya yang masih belum maju. Penyebab seseorang atau sebuah komunitas menjadi

Kolom

matahati#01 - September 2016

25

miskin pun bisa bermacam-macam. Boleh jadi mereka miskin karena karena budaya, dan yang lebih parah, mereka miskin karena dimiskinkan oleh struktur sosial dan politik masyarakatnya. Bila sudah demikian, filantropi dapat dimaknai sebagai solidaritas sosial.

Ketiga, argumen kemanusiaan. Tidak semua manusia hidup selalu dalam keberuntungan. Kehidupan itu berputar seperti roda. Kadang di atas, di tengah dan bahkan di bawah. Tidak jarang masyarakat yang tadinya sejahtera dan hidup nyaman, tiba-tiba jatuh menjadi miskin akibat bencana berupa konflik, perang atau bencana alam. Terlalu banyak contoh untuk itu. Hingga kini masih bisa menyaksikan mereka yang tiba-tiba sengsara karena ulah manusia sendiri atau dampak alam raya. Mengembalikan mereka yang secara tiba-tiba jatuh sengsara juga membutuhkan filantropi dari masyarakat lain. Mengembalikan kehidupan sosial yang normal buat korban bencana, memberikan kesempatan pendidikan bagi anak-anak di lokasi bencana, adalah hal yang sering dan bisa dilakukan. Para korban bencana itu, berhak mendapatkan kebanggaan mereka sebagai manusia. Dalam konteks ini, filantropi menjadi agenda kemanusiaan.

Tentu ada banyak logika dan argumen lain yang bisa dirumuskan. Namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana meyakinkan masyrakat bahwa logika-logika di atas dapat dipahami bersama dan menjadi sebuah gaya hidup. Perlu edukasi dan kampanye yang tidak mudah bagaimana kedermawanan dan kerelawanan dapat diajarkan sejak kecil kepada anak-anak dan kepada orang-orang yang memiliki banyak kesempatan dan kapasitas untuk melakukan perubahan. Dalam konteks inilah mengapa tawaran-tawaran lembaga filantropi harus lebih konkret aksi dan terukur dampaknya. Banyak para donatur atau benefaktor (dermawan) yang memiliki perhatian pada penguatan sumber daya manusia, ada yang lebih senang dengan pendidikan, aksi sosial, permainan, penguatan

literasi masyarakat, pemberdayaan ekonomi, kegiatan keagamaan dan lain sebagainya.

Karena itulah lembaga filantropi saat ini, termasuk Lazismu sebagai lembaga filantropi Islam, perlu lebih serius menyelami logika publik tentang filantropi dan dapat memberikan tawaran agenda melalui program dan kegiatan yang nyata untuk bisa mewujudkan makna filantropi itu sendiri sebagai salah satu bentuk untuk mendorong adanya perubahan. Kita juga tahu, yang menjadi benefaktor saat ini bukan saja individu, tetapi juga keluarga dan bahkan lembaga (bisnis). Bagaimana tawaran agenda kita dapat selaras dengan logika mereka.

Page 14: Download Majalah Matahati, September 2016

Regional Security and Defense Policy,1993

Victoria University,1991

Dosen Tetap di IKIP Malangsampai saat ini

1986

Pembantu Rektor IIIUniversitas Muhammadiyah Malang

sampai 1996

Ketua Bidang Cendekiawan DPD Golkar Malang

sampai 1989

1984

1984

Sarjana Pendidikan SosialIKIP MALANG

1982

Sarjana Mudadari Fakultas Tarbiyah IAIN MALANG

1978

Menamatkan SD Al-Islam,SMP & SMA PGAN

1974

Lahir di Madiun, Jawa Timurpada 29 Juli

1956

03

02

01

04

05

06

07

08

09

Prof. Dr. Muhadjir E�endy, MAPMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kami beruntung Kementerian

Pendidikan dipimpin Pak Muhadjir,

bukan sosok baru dalam dunia

pendidikan.

Anies BaswedanMantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia

Tugas mencerdaskan kehidupan bangsa

selama ini melekat dengan denyut nadi pergerakan

Muhammadiyah, tempat Pak Muhadjir menjadi

bagian di dalamnya. Dia adalah sosok profesional

dan pendidik yang gigih dan mengusung spirit

“Dari Muhammadiyah untuk Bangsa”.

Dr. KH. Haedar NashirKetua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Beliau memiliki pengalaman

dan rekam jejak panjang di bidang

pendidikan. Beliau telah membangun

pondasi penting untuk meningkatkan

pendidikan dan kebudayaan di lembaga-

lembaga yang pernah beliau pimpin.

Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.ScMenteri Sekretaris Negara Republik Indonesia

Kata Mereka:

Persona

matahati#01 - September 2016

26

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesiahingga periode 2019

2016

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyahhingga periode 2020

2015

Doktor Ilmu-Ilmu SosialPascasarjana Universitas AirlanggaSurabaya

2008

RektorUniversitas Muhammadiyah Malangsampai 2016

Wakil Ketua PimpinanWilayah Muhammadiyah Jawa Timur sampai 2010

2000

2000

Pembantu Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang sampai 2000

Magister Adminsitrasi Publik (MAP)Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

1996

199610

11

13

12

14

15

16

“Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa”

Persona

Semasa kuliah, Prof. Muhadjir aktif sebagai jurnalis kampus dan hingga kini aktif menulis artikel di berbagai media massa.

Dunia Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan(bersama Prof. H.A. Malik Fadjar, M.Sc, 1989)

Bunga Rampai Pendidikan (1992)

Masyarakat Ekuil ibrium: Meniti Perubahan dalam Bingkai Keseimbangan (2002)

Pedagogi Kemanusiaan: Sebuah Refleksi (2004)

Profesionalisme Militer: Profesionalisme TNI (2008), dll .

Karya Buku:

Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP

sedang menjadi agen “Dari

Muhammadiyah Untuk Bangsa”

dalam kursi pengabdian

tertinggi di dunia pendidikan

dan kebudayaan negeri ini.

Ia dipercaya Presiden Jokowi

untuk menjadi Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan

Indonesia, sesuatu yang

memang selama ini memang

menjadi bidang karya dan

dedikasinya, serta sesuatu

yang memang melekat dengan

denyut nadi pergerakan

Muhammadiyah. [HJ]

Sebuah Riwayat, Segenap Prestasi

matahati#01 - September 2016

27Beliau orang yang tidak hanya

kompeten, tapi juga memiliki etos

bekerja keras dan komitmen yang kuat.

Kalau berdiskusi dengan beliau, akan

banyak ide otentik yang tak terduga.

Beliau juga nyentrik dalam bekerja.

Drs. H. Fauzan M.PdRektor Universitas Muhammadiyah Malang

Page 15: Download Majalah Matahati, September 2016

Extra Joss Gandeng Lazismu & Lazisnu Kurban Bersama

Responsibility

matahati#01 - September 2016

28

KO

LA

BO

RA

SI

LA

ZIS

MU

& L

AZ

ISN

UQ

urba

n B

ersa

ma

untu

k Se

sam

a

Docs

Pertama kali dalam sejarah, dua lembaga amil zakat nasional Lazisnu-NU Care-Lazismu bekerjasama untuk melakukan kurban bersama pada momen Idul Adha tahun ini. Kedua lembaga tersebut, masing-masing adalah kepunyaan dua ormas keagamaan

terbesar di tanah air, Muhammadiyah-NU. Kegiatan tersebut rupanya didukung penuh oleh Extra Joss, merek dagang minuman suplemen yang sudah sangat terkenal.

“Extra Joss mendukung penuh upaya akan diadakannya kurban bersama ini. Ini merupakan langkah strategis untuk membangun kebersamaan umat, terutama untuk Indonesia lebih baik, tema yang diusung kali adalah ‘Ayo Kurban Bersama, Kurban itu Keren,’” jelas Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe, Simon Jonatan, di Aula Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Simon menuturkan kurban bersama NU Care-Lazisnu dan Lazismu merupakan momen yang bagus. Tema yang dipilih juga punya makna yang luas. Tema itu menggagas bahwa siapa saja bisa membantu, peduli, dan berkurban untuk orang lain. Lebih khusus lagi, Extra Joss mengajak

Responsibility

matahati#01 - September 2016

29

Docs Docs

Page 16: Download Majalah Matahati, September 2016

kaum muda untuk berkurban dengan caranya masing-masing selama menjunjung nilai-nilai kebersamaan.

“Kurban itu keren, karena kurban tidak saja untuk ibadah, namun juga sebagai gaya hidup yang dapat memberikan inspirasi bagi orang lain, khususnya kaum muda,” ujarnya.

Simon menambahkan, pada momen Idul Adha tahun ini, Extra Joss akan memberikan sapi seberat 1 ton untuk masing-masing lembaga amil zakat. Pihaknya juga akan mendukung peralatan kurban di 1900 masjid di seluruh Indonesia. Tak sampai di situ, Extra Joss juga memberikan dukungan operasional untuk NU Care-Lazisnu dan Lazismu senilai Rp 100 juta.

Pada saat yang sama, 100 Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan remaja masjid di lingkungan sekolah dan kampus juga akan dilibatkan untuk berpartisipasi di sosial media dalam mengampanyekan tagline “Ayo Kurban Bersama”. Untuk kegiatan ini, pihak Extra Joss menyiapkan dana apresiasi senilai Rp250 juta. Secara total, ada 2000 masjid yang didukung Extra Joss untuk kesuksesan pelaksanaan kurban tahun ini.

Direktur Utama Lazismu Andar Nubowo merespons baik upaya yang dilakukan Extra Joss dalam menggandeng Muhammadiyah dan NU. Menurutnya, hal itu merupakan langkah awal dalam membangun sinergi dan kolaborasi antara dua ormas Islam terbesar di tanah air.

“Momen kebersamaan ini sebagai entry point mengedukasi publik. Kalau umat bersatu untuk tujuan pemberdayaan dan kesejahteraan umat dan bangsa Indonesia, umat Islam akan semakin hebat,” ungkap Andar.

Direktur NU Care-Lazisnu Syamsul Huda turut mengapresiasi kurban bersama Muhammadiyah-NU. Ia menganggapnya

sebagai peristiwa besar, mengingat di masa-masa yang lalu kolaborasi kurban bersama antara Muhammadiyah dan NU jarang dilakukan.

Syamsul berharap kolaborasi bisa terjadi kepada semua entitas Muhammadiyah-NU, termasuk antara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir.

Responsibility

matahati#01 - September 2016

30

BE

RS

AM

A E

XTR

A J

OS

S“A

yo K

urba

n B

ersa

ma,

Kur

ban

itu

Ker

en”

Motivasi

matahati#01 - September 2016

25

Page 17: Download Majalah Matahati, September 2016

Konsultasi

matahati#01 - September 2016

32

Bagaimana hukumnya apabila kita memiliki simpanan emas yang sudah masuk kategori harus dikeluarkan zakat maal nya tetapi saya

sendiri belum memiliki rumah. Apakah kita wajib membayarkan zakat maalnya? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Adha Setiawan, Jakarta

Kewajiban Kewajiban membayar zakat sejauh ini tidak pernah dikaitkan dengan kepemilikan rumah. Artinya, manakala seseorang sudah terkena kewajiban zakat, maka yang bersangkutan harus mengeluarkannya, walau mungkin pada saat itu yang bersangkutan belum memiliki rumah.

Belum memiliki rumah, dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti belum ketemu lokasi yang sesuai dengan keinginan, sering berpindah kota karena tugas, dan lain sebagainya. Oleh karena

Jawaban :

itu, kewajiban membayar zakat, bila semua syarat zakat seperti nishab, haul, milik sendiri, dan lain-lain terpenuhi, tetap harus dipenuhi.

Perlu juga dipahami bahwa zakat itu bermakna membersihkan dan sekaligus menumbuhkan dan mengembangkan. Nah, siapa tahu dengan izin Allah SWT setelah zakat atas emas ditunaikan, maka selain sisa harta menjadi bersih, Allah juga menumbuhkan harta anda dan pada akhirnya dapat memiliki rumah idaman, insya Allah.

Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., AkDewan Pengawas LAZISMU

Mohon penjelasan mengenai zakat penghasilan/profesi seorang karyawan/pekerja. Apakah zakat profesi/penghasilan dikeluarkan

setelah seseorang itu setiap bulannya terlebih dahulu mengeluarkan biaya untuk keperluan hidup, setelah itu apabila telah terpenuhi

barulah dia mengeluarkan zakatnya? Kemudian, apakah saudara yang kurang mampu termasuk ke dalam golongan orang yang berhak

menerima zakat (saudara saya ini janda)?

Ibnu Kautsar, Kuningan, Jawa Barat

Ada dua pandangan tentang cara menghitung kewajiban zakat, yakni : Cara pertama dihitung berdasarkan pendapatan kotor atau total (Gross

Income). Cara kedua berdasarkan pendapatan bersih atau Net Income, atau Gross Income dikurangi dengan kebutuhan dasar. Keduanya mempunyai dasar, sehingga saudara pilih mana yang saudara yakini benar.

Namun, tidak sedikit yang memilih pendekatan pertama, yakni berdasarkkan Gross Income – bila mencapai nisab – dikalikan tarif, sehingga dengan mudah diketahui berapa kewajiban zakat seseorang.

Jawaban : Cara ini mempunyai kelebihan, antara lain:(a) Mudah menghitungnya;(b) Menghilangkan keraguan bila dibandingkan dengan kalau pendapatan harus dikurangi dengan pengeluaran pokok, yang dapat saja bersifat relatif antara satu orang dan pihak lain.

Lebih dari itu, bila kita memahami hakIkat zakat yang bermakna pembersihan dan pertumbuhan serta sebagai salah bentuk rasa syukur hamba atas limpahan ni’mat tak terhingga dari Yang Maha Pengasih, maka pilihan akan metode ini, akan terasa lebih menenteramkan.

Sebaliknya pilihan atas metode kedua, tidak jarang digoda oleh penyakit kikir, dan – na’udzu billah min dzalika – ingin menghindari kewajiban zakat.

Ihwal ZakatDocs

Motivasi

matahati#01 - September 2016

31

matahati#01 - September 2016

37

Oase

“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, Maka sholatlah untuk

Tuhanmu dan sembelihlah kurban.”

(Al-Qur’an Surah Al-Kautsar/108: 1-2)

feelgrafix.com

Page 18: Download Majalah Matahati, September 2016

Parenting

matahati#01 - September 2016

34

Setiap anak punya kecerdasan unik sejak lahir. Ilmu psikologi membagi 8 kategori kecerdasan yang dapat dilihat pada anak, yaitu kecerdasan bahasa, visual-spasial, kinestetik, musik, intrapersonal, interpersonal (sosial), logis matematis, dan naturalis. Tugas orangtua adalah mengenali kekuatan potensi anak dari kedelapan kategori kecerdasan tersebut. Seorang anak yang punya potensi kecerdasan logis matematis harus dikenalkan dengan kecerdasan jenis itu. Jika orangtua mengabaikannya, maka potensi kecerdasan tersebut pada anak dapat mati atau hilang.

Menemukan Potensi Bakat Anak

Jika potensi bakat anak masih juga belum dikenali, maka berilah rangsangan aktivitas yang sesuai dengan satu per satu dari kedelapan kecerdasan yang ada. Perhatikan manakah kecerdasan dominan pada anak. Lihat, apakah anak lebih asyik mengamati binatang yang mencari makan atau lebih senang bermain ayunan? Mana yang lebih mudah bagi anak saat belajar, apakah lewat lagu dan musik ataukah alat peraga?

Amati pula perilaku anak sebelum, selama, dan setelah diberikan rangsangan aktivitas. Lalu gali informasi apa saja darinya setelah melakukan aktivitas itu. Ada empat ciri utama di mana suatu aktivitas anak dapat dikatakan sesuai dengan potensi kecerdasannya, yaitu apabila anak cepat belajar (kreatif), merasa asyik, puas, dan ingin mengulang aktivitas tersebut.

Selain itu, aktivitas perlombaan atau tes, serta penyaluran hobi juga dapat menjadi cara untuk mendalami potensi bakat anak.

Memberikan Rangsangan Aktivitassecara Kontinu

Apa untungnya mengetahui bakat dan minat anak sejak dini?

Para psikolog mengungkap fakta bahwa seseorang yang menekuni profesi sesuai bakatnya akan lebih sukses dibandingkan

koleganya yang tidak berbakat. Alasannya, bakat akan membuat seseorang nyaman dan lebih termotivasi untuk menjadi ahli

dalam profesi yang ditekuninya.

Nah, apa saja yang perlu dilakukan orangtua agar dapat menemukan bakat dan anak, serta mengarahkannya dengan tepat?

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Mengembangkat bakat anak melalui seni tari

Mengenali Bakat dan Minat Anak

Docs

matahati#01 - September 2016

27

Melakukan Tes Bakat dan Minat

woodturt le.files .wordpress.com

Orangtua dapat anak untuk mengungkapkan cita-citanya. Lalu menanyakan anak apa yang diketahui olehnya mengenai cita-cita tersebut. Setelah itu, beri pemahaman kepada anak bagaimana cara meraih cita-cita tersebut.

Menggali Cita-Cita Anak

Jika orangtua kesulitan mengenali bakat dan minat anak dari ketiga langkah tersebut, maka sang anak dapat dikonsultasikan kepada ahli, sehingga dapat diketahui kemana bakat, minat, dan cita-citanya diarahkan.

Orangtua tidak perlu terburu-buru dalam menentukan potensi bakat anak karena usaha untuk mengenali dan menggali hal ini terentang selama usia emas anak (4-14 tahun). Jika terlalu cepat menentukan bakat anak, sedangkan aktivitas yang terkait dengan pelbagai kecerdasan anak belum dicoba semuanya, maka dikhawatirkan akan terjadi kesalahan dalam mengenali bakat dan minat anak.

Perlu juga diingat salah satu pesan dari Khalifah Umar bin Al-Khaththab r.a., beliau mengatakan, “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan tuntutan zamannya, karena mereka akan hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu.” Maksudnya, memaksa anak untuk menekuni sesuatu atas kemauan orangtua namun tidak sesuai dengan potensinya hanya akan membuang waktu, dan mungkin pula akan merugikan anak sendiri. [pelbagai sumber - AS]

Parenting

Page 19: Download Majalah Matahati, September 2016

Ngopi Asyik Bareng Blogger, itulah tagline segar yang diusung Komunitas Warung Blogger di laman onlinenya. Awalnya komunitas ini sebatas kumpulan

orang-orang yang suka menulis di group Facebook, sesama penulis hanya mengenal secara virtual.

Sejak didirikan oleh Lozz Akbar Mei 2011, anggotanya sampai sekarang terus bertambah banyak. Warga Warung Blogger mulai memikirkan penataan, agar mudah dikenal. Saat itu, mereka urun rembug memikirkan logo yang pantas. Dalam pencarian ide, datanglah Jumialely menawarkan logo WB dengan tagline asyik hingga saat ini.

Kesepakatan terjadi, 25 Mei 2011, maka

diputuskan hari jadi Warung Blogger. Sengaja dipilih nama ‘Warung’, bukan restauran atau cafe sebagai nama grup. Harapannya agar ada nuansa kebersamaan dan kesederhanaan.

Ya, sebuah warung yang siapa saja bisa menikmati segala isinya. “Bukanlah cafe atau restoran yang akan membuat kita melihat lebih dulu isi dompet kita saat hendak memasukinya,’’ tulis Akbar, dalam blognya saat itu.

Di linimasa, Warung Blogger begitu impresif menyebarkan tulisan anggotanya. Berbagai macam tema disajikan dari dan untuk pembaca setianya. Menurut Susi Susindra, Warung Blogger terbuka dengan siapapun. Selama bermanfaat, berkomitmen

Komunitas

matahati#01 - September 2016

36

www.warungblogger.org

Ngeblog Asyik...

Sambil Seruput “Kopi”

merangkul siapapun. “Bisa kopi darat atau kegiatan lainnya,” paparnya. Tengok saja laman online kami, di sana tidak ada syarat apapun untuk bergabung, tambahnya.

Sementara itu, Evi Sri Rejeki, menegaskan, selain mengisi formulir online, para anggota yang ingin bergabung bisa ikut berbagi melalui Facebook dan Twitter. “Di Twitter, yang ingin share tulisannya cukup cantumkan hastag #HappyBlogging seraya mention @Warung_Blogger.

Suasana gembira sambil menulis, mengirim tulisan dan menyebar tulisan adalah yang diharapkan. “Karena Warung Blogger tempat silaturahim blogger lintas platform” jelas Evi. [AS]

Komunitas

matahati#01 - September 2016

37

Suas

ana

gem

bira

sam

bil m

enul

is

www.warungblogger.org

Page 20: Download Majalah Matahati, September 2016

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

38 BCA 8780040077

NAMA DONASI

PRILIAN MAULIDA MU Rp 500.000

MAL BUDI SULISTYO Rp 12.500.000

AZIS SUPRIANTO Rp 300.000

MUHAMMAD ABDUH ALM

Rp 500.000

NAZIRUDDIN LUBIS Rp 250.000

SETORAN TUNAI Rp 300.000

RIA SETYOWATI Rp 110.000

GUSTOPO GALANG WIB Rp 70.000

AGUS PRATOMO SUMON Rp 1.000.000

MUHAMMAD RIDHA FAU Rp 1.300.000

MUHAMMAD DIJATMIKA Rp 150.000

Maal YANU SAKTIAJI Rp 900.000

APRI JOKO IRIANTO Rp 3.000.000

H. HERMAN ZUHDI Rp 500.000

FITRAH Kel. KHANIF EKO P

Rp 112.500

Profesi a.n FERDIAN ALI RAHMAN

Rp 821.000

RUFIKA SHARI INTERNET BA

Rp 100.000

Maal ANGGIT RINAWAN Rp 10.000.000

Maal ANGGIT RINAWAN Rp 10.000.000

ARWIN KURNIAWAN NA Rp 90.000

ARWIN KURNIAWAN NA Rp 360.000

IIEN SUINAH HANIEK Rp 150.000

PAK EKO Rp 500.000

ARIKO ANDIKABINA Rp 437.500

Maal 2016 INDRA ANDHIKA

Rp 1.000.000

BPK BPK AMIRULLA 62813375691

Rp 3.500.000

OCTYA DWI UNTARI Rp 250.000

DANIEL REZKI Rp 120.000

MOHAMAD NASIR Rp 1.000.000

ATIK FARIHAH Rp 100.000

Maal YUNIARTO KURNIAWAN

Rp 2.000.000

SHAFFIRA DIRAPRANA Rp 150.000

Maal 2016 H MUNIR SYAHDA PRA

Rp 5.675.000

MUARAWATI NUR Rp 2.000.000

Zakat DADAN, DEVI, ABI ATHAR, SASA, SISI

Rp 600.000

DADAN M SYUHADA Rp 4.000.000

Zakat Maal ALEMANTI Rp5,000,000

TRI PRAPTOMO Blora LazisMu Juni 2016

Rp 2.000.000

LIZYA ARIESTA Rp 10.000.000

BAMBANG SUBENO Rp 1,000.000

FITRAH DAVID ANTONY Rp 120.000

ERNA WIDIYATMI Rp 500.000

TURJUNITA SETYAWUR Rp 100.000

04/07 WSID:019E1 ARI HIDAYAT

Rp 37.500

FITRAH DEDY WIJANARKO

Rp 100.000

TASLIM MAKAMINAN Rp 50.000

BENY WIRAWAN Rp 110.000

WURI SUNUAJI Rp 2.600.000

NUNUNG NURROHMATUL

Rp 425.000

ILYAS ST Rp 200.000

04/07 WSID:186P1 INDRA DWI PRABOWO

Rp 37.500

04/07 WSID:Z05J1 SEPTA ANDUSA GRAHA

Rp 500.000

04/07 WSID:393D1 EDY TARMUDJI

Rp 200.000

MUHAMAD FAUZIN Rp 1.000.000

YUDHA ANTAWIRYAWAN Rp 1.500.000

TRANSFER DR 009 SDRI RIZKY RAMADH

Rp 30.000

HERU SUBIANTO ST Rp 2.000.000

04/07 WSID:456A1 MAKSUM ZULVIKAR SA

Rp 105.000

YOHAN ANDRIAN THEI Rp 175.000

DWI WAHYU BUDIYUWO Rp 240.000

MUHAMAD FAUZIN Rp 9.000.000

R MURDANING KARTIK Rp 50.000

HENI WIJAYANTI Rp 60.000

SIGIT JATMIKO Rp 200.000

HARLAN YUD Rp 35.000

AUNURROFIQ FITRIAD Rp 200.000

RIFKY FIRDAUS Rp 100.000

AMUDITO DENDY K PRAMUDITO

Rp 4.000.000

SDR ALIF JIHAD 62812135299

Rp 37.500

FERY FIRMAN NOVIAN Rp 10.000.000

GUNAWAN WIBISONO S Rp 200.001

ETTRIYANTI Rp 150.000

DWINA ANGGRESVARI Rp 100.000

ARGA SANDI PRASETY Rp 150.000

ODAGOMA RHEINHARD Rp 187.500

DWINA ANGGRESVARI Rp 400.000

Penerimaan Dana Zakat

Bulan September 2016

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

39

PRAMASITHA Rp 500.000

SYLVIA EMILIA HORO Rp 187.500

FAHMI ANWAR Rp 150.000

MACHHENDRA SETYO A Rp 112.500

SHANTI UTAMI RETNA Rp 3.000.000

ALVIN TAUFIQ ABIWA Rp 27.500

AGUS RUDIANTO BANK JATENG

Rp 150.000

MOH NAWAWI IR Rp 100.000

VIERA AGUSTYA 9850-GALE

Rp 250.000

MUHAMMAD FUAD RASY

Rp 5.000.000

INDAH MAYA SARI Rp 200.000

WISNHU PRABOWO Rp 40.000

DEWI LESTARI Rp 500.000

DEWI LESTARI Rp 500.000

SLAMET SURYADI Rp 37.500

Maal BAKTI SANTOSO LUDD

Rp 15.000.000

AHMAD NORMA PERMAT

Rp 225.000

ISTIONO SE Rp 100.000

AHMAD DARMAWAN SID Rp 1.000.000

NITA PERMATAHATI Rp 500.000

IRFA FAHD RIZAL Rp 250.000

TARI ISDIYAH Rp 800.000

Maal PUSPA NILANSARI Rp 1.250.000

DISTYA WIENABAYU Rp 53.316

H. ZADELFIA Rp 1.000.000

NESRI HASAN BASRI Rp 75.000.000

ILYAS ST Rp 100.000

ADIE M RAHMAN Rp 200.000

YUDHA PRATAMA JAYA Rp 150.000

YENITA SSI A PT Rp 625.000

dr. HERRY ZUDIANTO SE Rp 2.000.000

LOMO BUDIONO Rp 200.000

NITA PERMATAHATI Rp 150.000

ILYAS ST Rp 300.000

TRIANTO IRAWAN Rp 250.000

ACHYAR ARFAN Rp 500,555

IIEN SUINAH HANIEK Rp 150.000

M RIDHIANI NOOR Rp 15.007.401

Profesi MIRZAWAN SETIANTO

Rp 2.000.000

TRI PRAPTOMO Blora LazisMu Juli 2015

Rp 2.000.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

VIDYARTHA INDRA SU Rp 6.450.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

DHARMAWAN RAMAY Rp 50.000

RIYADINA Rp 75.000

Penghasilan ILYAS ST Rp 300.000

YANTI Rp 100.000

MUHAMAD KUSNADI Rp 4.000.000

SOFYAN SOLIKHIN Rp 1.050.000

TONY SULISTYAWAN Rp 150.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

RISMA ROYANI Rp 500.000

SUGENG Rp 129.500

ARIKO ANDIKABINA Rp 525.000

ARIEF BUDIMAN Rp 4.000.000

YENITA SSI A PT Rp 500.000

Maal FIT SEPTI ANSHARUL

Rp 400.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

ERWIN HERIYONO Rp 150.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

KHADIK WINARTO RID Rp 250.000

DYAH EDI HARTATI Rp 103.000

SHAFFIRA DIRAPRANA Rp 200.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

GATUT RADITYA Rp 150.000

HERRY BUDIANTO Rp 150.000

YANDI WIBOWO Rp 70.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

FIETRA IMAM HAKIM Rp 100.000

NILA RATNASARI AND Rp 55.000

M. FITRIAWAN ELTSA Rp 182.000

ZUDI DWI PURNOMO Rp 60.000

Maal TEGUH PRIBADI Rp 2.750.000

ARDIAN NURCAHYO Rp 225.555

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

MUHAMMAD DIJATMIKA Rp 650.000

SJAFRIEL NAZARUDDI Rp 2.000.000

BCA KR 8780177676

NAMA DONASI

DWI WAHYU PRASETYO Rp 400.000

Jumlah Rp 400.000

BCA JOGJA 8780118181

NAMA DONASI

GUNAWAN MARYANTO Rp 200.000

KEL. ALDI ANWAR Rp 150.000

Jumlah Rp 350.000

BCA BEKASIM 878002003

NAMA DONASI

MACHMUD SAFRUDIN Rp 100.000

MUHAMAD SODIK ARIP Rp 89.852

MACHMUD SAFRUDIN Rp 100.000

DANANG INDRA WINAR Rp 25.000

Jumlah Rp 314.852

LESTYANA WIDYAPUTR Rp 350.000

ARIF SUKMOWIBOWO Rp 575.000

FAHRUDIN ALI SAHBA Rp 250.000

HERLAMBANG SUKMA S Rp 100.000

MAKSUM ZULVIKAR SA Rp 80.000

AVON TESTRI WIBOWO Rp 11.111

PRIYONO Rp 104.507

Jumlah Rp 273.696.834

MANDIRI DPK 123.000088.7788

NAMA DONASI

DR 0801983961 Rp100.000

Jumlah Rp 100.000

Page 21: Download Majalah Matahati, September 2016

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

40

ANDOYO Rp 50.000

SRI NINGSIH Rp 2.000.000

M. ANDY RAHMAD WIJAYA

Rp 250.000

DR 300176012 Rp 250.000

DR 6013012368152408 Rp 75.000

EVAN ANTHONY Rp 500.000

IYANDRI TILUK WAHYONO

Rp 105.000

T JEFRI SUNGKAR Rp 5.000.000

SANDY LEKSANA SOESANTO

Rp 5.000.000

DR 5264222440588358 Rp 9.658.523

WIWIED WIDIASTUTI HARTININGRUM

Rp 1.000.000

SYLVIA RUMIKAWATI Rp 1.709.000

ARI ARMAY SYAH Rp 1.000.000

DR 0000237071 Rp 1.000.000

PURWANTO Rp 250.000

TAUFIK BUDI SANTOSO Rp 200.000

KUSNU WIJAYANTO Rp 75.000

DR 5264220041809702 Rp 289.320

ATIQ LAZUARDI Rp 2.000.000

SEPTIAN HARIS KURNIAWAN

Rp 3.600.000

FIRMAN SETIONO Rp 415.000

SUMEDIR NPWP Rp 2.000.000

FAQIEH IMAM ABDILLAH Rp 175.000

SANDY LEKSANA SOESANTO

Rp 4.000.000

M WILDAN AL FAROBI Rp 25.000

SLAMET HARIYADI Rp 50.000

PT NATAKA INTERNUSA Rp 33.860.438

SUGENG HARTADI Rp 50.000

DEWI OCTARINA DAN RARA

Rp 145.270

ABD. RACHMAN Rp 150.000

NUR HARJANTO Rp 300.000

KUKUH THORIQ ARIEFIAN

Rp 120.000

DR 5264220041809702 Rp 431.520

LAHARSA MADISON Rp 1.000.000

MUHAMMAD HANIFUDDIN

Rp 500.000

DR 5371761420004233 Rp 3.000.000

SIMBUR SIREGAR Rp 10.000.000

ARIEF WICAKSONO Rp 150.000

TERY PUTRI PENTA OCTORA

Rp 70.000

DR4215701500875061 Rp 65.000

YUSMAN Rp 250.000

AGUS SUSANTO Rp 1.000.000

HATTA MASHAR - IRNI YULIANITA

Rp 500.000

LINDARTO AKHIR ASMORO

Rp 300.000

YUDI WAHYUDI Rp 2.500.000

DR 6274521621024281 Rp 240.000

DR 0500008023 Rp 21.417

DR 5210838260233661 Rp 105.000

DNI PRIHASTUTI Rp 300.000

ACHMAD ABIMANYU Rp 3.000.000

INDIRIA PRABASARI Rp 1.500.000

DIAH PERWITASARI Rp 25.000

JEHAN ROCHMATIKA Rp 2.000.000

ADHANI PRIMA SYARAFINA

Rp 100.000

UMAR MUNADJI Rp 100.000

MISBAHUDDIN Rp 1.500.000

DR 5264221422718595 Rp 250.000

AGUNG WIJONO Rp 1.500.000

AGUNG WIJONO Rp 200.000

M. ARIS ARDIANSYAH Rp 75.000

DR/8442300002 Rp 500.000

RAHMA BAKHTIAR Rp 500.000

DR/0000640915 Rp 10.000.000

DR 5022820334891508 Rp 50.000

RITA PRANAWATI Rp 1.000.000

IN'AMUL HAQQI HASAN Rp 37.500

IKASARI INDRIANA Rp 37.500

DR 75177778 Rp 10.000.000

YAN KAPRIANDY NAWI Rp 2.000.000

DR 5264222270884703 Rp 75.000

NURUL KUSUMA HIDAYATI

Rp 1.250.000

WA ODE ASMAWATI Rp 50.000

D. ZAKARIA Rp 2.500.000

DR 5198932850021994 Rp 187.500

DR 5198930040001769 Rp 3.500.000

MANDIRI 123.000511.7405

NAMA DONASI

ARIEF PRASETIA Rp 50.000

Maal BINTARI PUSPASARI

Rp 5.000.000

YULIA EMAWATI Rp 35.000

AKHMAD NAWAWI Rp 155.000

ESY DWI PUTRIANTI Rp 200.000

LUGAS LUQMANUL HAKIM

Rp 250.000

ATMB/0232318934 Rp 5.000.002

OKA ADITYA Rp 100.000

DWIAS DARBOWO Rp 200.000

SERLI Rp 70.000

ROSIANA MURWIYATI Rp 1.000.000

SUKMO PRAKOSO Rp 1.000.000

KHAIRUN NISA Rp 300.000

HADIANTO PRASETIO Rp 4,500.000

MUHAMMAD AFNAAN SUBHI

Rp 142.000

ANA NUR FITRIYATI Rp 145.075

H. SYAMWIR DARWIS (ALM)

Rp 1.000.000

CHANDRA SENDY PRADESTIAN

Rp 100.000

KEL. BAPAK TOTO K. Rp 5.000.000

RUM HASTUTI Rp 500.000

HARI EKO PURWANTO Rp 250.000

AJI CAHYO BASKORO Rp 50.000

NURIY Rp 15.000.000

SUSI SUSANTY Rp 500.000

RUSYAIDAH Rp 5.000.000

MUNAWIR Rp 3.500.000

DIAN ESHA MEGASARI Rp 175.000

BENY HIDAYAT Rp 70.000

SAPTI SUPRIYANI Rp 500.000

WARTO Rp 150.000

RENNY MARTINA Rp 250.000

DR 0200091161 Rp 250.000

DWI HANDOYO Rp 200.000

SITTI FATIMAH Rp 262.500

NURUL HIDAYATI Rp 30.000

ZAKARIA ADI KUSUMA Rp 100.000

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

41

DR 5221842071646960 Rp 37.500

KHAIRIL Rp 150.000

YADI Rp 50.000

DR /1375372128 Rp 100.000

DR 6010042280068880 Rp 100.000

HARI SUPONO Rp 250.000

SUPRIYANTO Rp 160.000

RETNO MOEDJIHANDAJANI

Rp 3.500.000

ASHRIL HIDAYAT Rp 90.000

ANDRY APRIAWAN Rp 2.500.000

ERMA AMBARINI Rp 99.999

SATIA CHANDRA WIGUNA

Rp 112.500

SARAYA ADZANI Rp 39.000

FARID ARIF WIBOWO Rp 1.500.000

PRIMA HENDRASWATI Rp 1.700.000

TITI SUDARYANTI Rp 500.000

PROBIAN TAFTAYANI Rp 1.000.000

AGUNG FATWANTO Rp 2.000.000

HERY FADHLI RITONGA Rp 10.000

ASHRIL HIDAYAT Rp 60.175

EDWIN LUTFI Rp 18.750

YUNITA NURAZIZAH Rp 500.000

IDIAL SARI RUSTENIA Rp 1.200.000

BALZA ACHMAD Rp 1.000.000

HERY FADHLI RITONGA Rp 10.000

SETOR TUNAI Rp 4.876.667

INTAN PUJA KESUMA Rp 5.000.000

MUHAMMAD KURNIAWAN Rp 5.500.000

MOH. MAULANA PRADANA

Rp 700.000

ARIF SETIAWAN IRSAL Rp 1.700.000

ABDURRAHMAN Rp 329.500

ANISA PURBASARI Rp 200.000

M. ANDY RAHMAD WIJAYA Rp 875.000

ZAKAT SWR&REKAN Rp 1.766.585

DEVI EKA NUSANTI Rp 20.000

UMAR MUNADJI Rp 100.000

DR 1270004406409 Rp 200.000

AGUNG MOCHAMAD ACKMAN

Rp 100.000

SELMY PATRICA WIBAWA Rp 350.000

SHINTA NOORVIAN MARTIN

Rp 500.000

M. REZA KURNIAWAN Rp 200.000

ZAKAT SWR & RKEAN Rp 125.000

ZAKAT SWR & REKAN Rp 1.398.833

LINA ZUBAIDAH Rp 50.000

ASHRIL HIDAYAT Rp 52.063

ZAKAT SWR & REKAN Rp 1.078.000

ANANG PRIBADI Rp 200.000

ELYUSRA MUALLIMIN Rp 500.000

SOFIA TRIYANI Rp 50.000

JAZIM WIJAYANTO Rp 375.000

HERLI WIDANI Rp 50.000

HAJAR PAMUNGKAS Rp 263.000

DEVI EKA NUSANTI Rp 20.000

ARIEF ADHYPATRIA Rp 525.000

EKA FITRI WULAN Rp 750.000

DR 2800234712 Rp 750.000

KEMAL SULTONI Rp 300.000

TEZAR FEBRIAWAN Rp 100.000

TANGGUH SAKYA Rp 240.000

DEVI EKA NUSANTI Rp 25.000

RAIS KAUSAR Rp 200.000

WARTO Rp 100.000

M. ANDY RAHMAD WIJAYA Rp 225.000

RICO JUANTO Rp 1.600.000

RAFIKA DORA WIJAYA Rp 200.000

UMAR MUNADJI Rp 100.000

MUHAMMAD IQBAL Rp 50.000

AWADI Rp 400.000

Jumlah Rp 237.540.137

MUAMALAT 3010054715

NAMA DONASI

ERLANGGA DWISAPUTRO

Rp 250.000

DR 610726399 Rp 4.000.000

DARI 0102094860 Rp 25.000

DARI 4480001251 Rp 700.000

DARI 3200008872 Rp 35.150

000000734966 Rp 150.000

DR OI360426 003882 A Rp 200.000

DARI 3430001870 Rp 5.000.000

DARI 3200008872 Rp 286.000

DR 60170100 000000551807

Rp 147.000

DR 000000892431 Rp 125.000

DR 6019001638076228 Rp 340.000

Jumlah Rp 11.258.150

BRI SYARIAH 2020191200

NAMA DONASI

Transfer 1009449813 Rp 625.000

H. ALI AKBAR Rp 2.000.000

Jumlah Rp 2.625.000

BRI 1230.01.001403.30.9

NAMA DONASI

DEWI INAYATI R T Rp 1.133.000

SABAR Rp 550.000

ADI BAWANTO, S Rp 200.000

HJ MASNA SBA Rp 3.000.000

ASTO HADIYOSO Rp 530.000

RUWAIDAH AFIYA Rp 600.000

GALIH SUKAWATI Rp 100.000

MUHAMMAD ARIF Rp 4.000.000

DR 4616994161142429 Rp 1.800.000

ARIF BUDIMAN Rp 3.968.000

AGUS NURAMAL Rp 300.000

HERI SURYANTO Rp 1.000.000

WIJANARKO Rp 580.000

MANDIRI DPK 123.000000.8088

NAMA DONASI

DR 0000000623 Rp 1.000.000

MUHAMMAD AL FAATIH Rp 2.000.000

SRI SURONO Rp 100.000

DR 5221842059963675 Rp 200.000

Jumlah Rp 3.300.000

Page 22: Download Majalah Matahati, September 2016

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

42BSM 7001318408

NAMA DONASI

FT161830TK3W\BNK Rp 50.000

H DJAMRONI Rp 500.000

Maal DUDIT Rp 2.000.000

BSM ATM Transfer To 7001318408

Rp 3.000.000

Zakat Rp 200.000

Maal Rp 100.000

FT1618678K4S\A13 Rp 250.000

FT16186N034H\B83 Rp 4.500.000

FT16186C9BN0\D08 Rp 200.000

FT16186DKQMY\B34 Rp 1.000.000

FT16186DQS2V\BNK Rp 4.000.000

FT16186PRKT0\B83 Rp 2.000.000

FT16187BHF65\BNK Rp 50.000

FT16187CF89S\D08 Rp 200.000

FT161877YTGK\BNK Rp 5.000,.000

FT16187KTS97\BNK Rp 120.000

FT16187SP931\BNK Rp 100.000

FT16187HNYMB\BNK Rp 50.000

FT16187DNK27\BNK Rp 50.000

FT16187GZ3NS\BNK Rp 2.000.000

R. APRILIADO Rp 25.000

FT16193T79N6\BNK Rp 500.000

TT161946LRKM\E39 Rp 4.000.000

FT16204NLR3B\BNK Rp 790.000

FT16204JJC4W\A20 Rp 400.000

BNI SYARIAH 009.1539400

NAMA DONASI

DIANT Rp 120.000

PEMINDAHAN DARI 1221008966

Rp 2.000.000

TRANSFER DARI 141220196

Rp 2.000.000

DALLE TANG ISMAIL Rp 100.000

ENDAH TRI N Rp 300.000

ADI PRI Rp 1.500.000

OKTAVIATAN Rp 40.000

FAJAR Rp 1.211.607

RANY Rp 150.000

HILDA HILMIY | Rp 2.100.000

HILDA HILMIY Rp 500.000

DARI 5221842053359417 Rp 1.500.000

SRI PU Rp 2.500.000

ARI CAH Rp 900,000

ABDUR RAHMAN DAN RIFA’ATUL M

Rp 75.000

DARI 399467811 Rp 1.550.000

SUDIBYO MARK Rp 3.000.000

ENANG Rp 1.000.000

NURJA Rp 1.500.000

RANY Rp 35.000

DARI 326077236 Rp 210.000

SARNITA NISA Rp 500,000

K KHAIRUL FIKRIALAM Rp 1.000.000

RAHART Rp 200.000

DIANT Rp 115.000

DARI 326077236 Rp 150.000

DARI 214190941 Rp 400.000

PUSPA Rp 58.650

MAULANA MU Rp 204.100

Jumlah Rp 24.919.357

BUKOPIN SYARIAH 8800211108

NAMA DONASI

HAJRIYANTO Y THOHARI Rp 10.000.000

Jumlah Rp 10.000.000

DANAMON SYARIAH

NAMA DONASI

ANHAR FADLY Rp100.000

ZAKAT FITRAH ANHAR FADLY

Rp 100.000

ZAKAT FITRAH JULNADIA MISLA

Rp 100.000

ZAKAT FITRAH KHALIFA ALI FADLY

Rp 100.000

ANHAR FADLY Rp 100.000

DONI SETY Rp 160.000

DR 3455616522521660 Rp 1.500.000

Jumlah Rp 2.160.000

FT16208P7K8P\A23 Rp 750.000

FT162112ZSLM\A57 Rp 207.000

FT16213K8KSD\BNK Rp 650.000

Jumlah Rp 32.692.000

IR SOLICHIN Rp 5.000.000

FARID HAJIRI Rp 476.845

SUBHANZUHRI DA Rp 460.000

PUTRA DENY AN Rp 250.000

RANDWICE BAYEN Rp 77.500

BAYU ARGA IMRO Rp 270.000

ARINTO DANANJA Rp 400.000

WAHYUDI SETIYA Rp 90.000

ANITA ROSA T Rp 84.000

EMIL RUDIANTO Rp 200.000

Jumlah Rp 250.069.345

PANIN BANK SYARIAH

NAMA DONASI

DANA ZAKAT ORPORASI PS PERIODE 2016-2017

Rp 800.000.000

Jumlah Rp 800.000.000

PERMATA SYARIAH 701461010

NAMA DONASI

AGUS S Rp 75.000

Jumlah Rp 75.000

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

43

BCA 8780040051

NAMA DONASI

KAMIN FANDY Rp 150.000

Zakat FARIKH HERDIAN Rp 100.000

07/01 95031 EDWIN FERDIAN SYAH

Rp 50.000

01/07 WSID:186Q1 GUSTOPO GALANG WIB

Rp 200.000

01/07 WSID:322H1 INAYAH WARDANY

Rp 100.000

07/02 95031 AINUN RAHMAWATI

Rp 20.000

SDRI ARLIA INTAN N KLN KETINTA

Rp 100.000

Zakat R JOHNNY HADI RAHA

Rp 250.000

SLAMET CRIYANTO Rp 500.000

07/04 74791 MUHAMMAD NAJIB

Rp 20.000.000

07/04 708W1 MITA NURRIZQI ARDI

Rp 200.000

04/07 WSID:194L1 RIDWAN SANTOSO TAN

Rp 300.000

DWI BAYU AJI Rp 175.000

FITRAH WISNHU PRABOWO

Rp 40.000

WISNHU PRABOWO Rp 100.000

OKKI MAKMURI Rp 50.000

KEL. ALDI ANWAR Rp 100.000

EDWIN FERDIAN SYAH Rp 50.000

MUHAMMAD HUDZAIFAH Rp 10.000

ILYAS ST Rp 200.000

ILYAS ST Rp 200.000

AINUN RAHMAWATI Rp 50.000

AINUN RAHMAWATI Rp 20.000

CHOIRUL MUHTADIN Rp 800.000

DILA AISYAH RIMA W Rp 400.000

GUSTOPO GALANG WIB Rp 200.000

EDWIN FERDIAN SYAH Rp 50.000

MUHAMMAD IRFAN YUS Rp 100.000

YEANIE RACHMAWATI Rp 38.170

MOHAMMAD RIZKI PRA Rp 100.000

INFAK SRI WINARNI Rp 500.000

EDWIN FERDIAN SYAH Rp 50.000

SOFYAN SOLIKHIN Rp 1.050.000

PUSKA PRIMI ARD Rp 500.000

SYAWALUDIN Rp 20.000

RINALDI FAHMI Rp 100.000

NILA RATNASARI AND Rp 25.000

TEDDY YOSZA HIDAYA Rp 500.000

ADI SISWANDANA Rp 175.000

HERLAMBANG SUKMA S Rp 100.000

NURUL ITQI Rp 61.200

EDWIN FERDIAN SYAH Rp 50.000

CHUZAIMAH AGUSLIAN Rp 600.000

Jumlah Rp 28.384.370

MANDIRI DPK 123.000.000.6066

NAMA DONASI

FROM 1301934911 Rp 100.000

Jumlah Rp 100.000

MANDIRI 123.000.5117371

NAMA DONASI

DR 1670000685080 Rp 50.000

RATMI R Rp 3.000.000

MUH NASHRULLAH ILHAM Rp 960.000

BASUKI RAHMAD Rp 150.000

Penerimaan Dana Infaq

MANDIRI BKS 123.000.00887788

NAMA DONASI

FROM 0000001996 Rp 40,000

Jumlah Rp 40.000

ADILAH SALMA Rp 50.000

WINDRIYATI Rp 1.000.000

DIDIK RUSTANTO Rp 200.000

UBET RENGGA ASMORO Rp 50.000

SYAIFULLAH ARSYAD Rp 200.000

PURWANTO Rp 250.000

ZAIDAN HADI Rp 10.000

ENEN SETIAWATI Rp 10.000.000

DR 910466 Rp 3.000.000

NURBAQIN Rp 900.000

IZFAR ANAZ Rp 50.000

AKHRIJUL SUSWITA Rp 500.000

SANDY LEKSANA SOESANTO

Rp 300.000

Transfer YADI Rp 50.000

AJENG SYAMSIAH HAJJAR Rp 200.000

DR 00011234 Rp 1.000.000

BASUKI RAHMAD Rp 75.000

ALEX MONDRI Rp 50.000

DR 0700244254 Rp 800.000

HANFLORA ZAHAR Rp 400.000

NAAJIHAH MAFRUUDLOH Rp 200.000

ZAIDAN HADI Rp 10.000

IDA DWI YULIANTI Rp 100.000

MAISON DES ARNOLDI Rp 100.000

AGUS PRIHANTORO Rp 150.000

DR 5198930370040730 Rp 150.000

HENDY PRATAMA Rp 500.000

LINA ZUBAIDAH Rp 55.000

DR1400233553 Rp 800.000

DR 1330004954319 Rp 20.000

BASUKI RAHMAD Rp 75.000

MUHAMMAD NAJIB Rp 200.000

NOOR IRSALINA Rp 200.000

ZAIDAN HADI Rp 10.000

WAHIDA INAYATI Rp 400.000

LULU ANGGIAMURNI Rp 1.000.000

Page 23: Download Majalah Matahati, September 2016

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

44

Credt 45157002 Rp 800.000

NIA MARYAM PRIMAPUTRI Rp 150.000

DR 5210838010272944 Rp 1.500.000

RANGGA PRAMADA CIPTA Rp 500.000

DONASI YATIM PIATU AN NADHIRA AZ

Rp 1.000.000

EMIR SURYO GURITNO Rp 125.000

DR 1190004044135 Rp 2.000.000

RACHMAN AGUNG SISWANTO

Rp 100.000

DR 5264220041933965 Rp 140.000

BASUKI RAHMAD Rp 150.000

ZAIDAN HADI Rp 10.000

BASUKI RAHMAD Rp 75.000

MULYADI Rp 100.000

DR 2800127300 Rp 1.000.000

DR 2800234675 Rp 800.000

DR 5264222340377175 Rp 300.000

DWINANDA SEPTIADHI Rp 100.000

SIWANTORO Rp 250.000

WARTO Rp 50.000

NUR 'AINI SETYANINGRUM Rp 200.000

Jumlah Rp 36.565.000

MANDIRI 10.00.0666622.2

NAMA DONASI

TRANSFER SMS Rp 200.000

HAMBA ALLAH Rp 100.000

Jumlah Rp 300.000

BRI SYARIAH 2020191211

NAMA DONASI

IKA YULIA PUSPITA SA Rp 500.000

Transfer 3200008872 Rp 100.000

Jumlah Rp 600.000

BRI 0230.01.001404.30.5

NAMA DONASI

MOH. HANAFIAH Rp 100.000

SILVIAN NIZAR Rp 4.339

AMIN ISKANDAR Rp 300.000

AHMAD MUSAWIR Rp 100.000

NUR HANDAYANI Rp 50.000

MUHAMAD AWAN Rp 500.000

AABIDULLAH SHO Rp 100.000

RUFIKA SHARI Rp 60.000

Jumlah Rp 1.214.339

BSM 7001329655

NAMA DONASI

FT16183CFGFW\B83 Rp 200.000

FT16186FNSF3\BNK Rp 200.000

FT16186VWCHB\B83 Rp 200.000

FT1618699SQQ\BNK Rp 200.000

TT16186RRSJX\C04 Rp 50.000

FT16186VW5VJ\BNK Rp 500.000

FT16186Z9M1L\BNK Rp 2.000.000

FT16187CC3FJ\B83 Rp 234.567

FT16193S7P48\D08 Rp 100.000

FT16203SKR6P\BNK Rp 200.000

FT16204QSVDK\A20 Rp 100.000

FT16211B96P9\A20 Rp 137.500

FT16213ZLBZZ\E13 Rp 100.000

Jumlah Rp 4.222.067

BNI SYARIAH 009.1539411

NAMA DONASI

DARI 129669964 Rp 500.000

ROBBI Rp 50.000

DIANT Rp 250.000

ILHAM Rp 100.000

DALLE TANG ISMAIL Rp 100.000

DARI 129669964 Rp 500.000

Ibu IDA SIT Rp 250.000

DANAMON SYARIAH

NAMA DONASI

TRF 025942 99152800 Rp 30.000

BERS TRF 7032462191 Rp 200.000

BRI 019257 00011251 Rp 500.000

INDRA KELANA Rp 400.000

Jumlah Rp 1.130.000

DARI 129669964 Rp 500.000

DARI 325694080 Rp 300.000

DARI 129669964 Rp 500.000

DARI 81511534 Rp 100.000

DARI 129669964 Rp 500.000

DARI 204769032 Rp 100.000

DARI 14240721 Rp 50.000

Sdr ILHAM Rp 50.000

DARI I 283802794 Rp 100.000

MAULANA MU Rp 100.000

DARI 192904936 Rp 55.745

Jumlah Rp 4.105.745

Laporan Keuangan

matahati#01 - September 2016

45

BCA 8780171171

NAMA DONASI

VITTA IKENUR BA Rp 500.000

MITA NURRIZQI ARDI Rp 150.000

DIAH NURUL WIDIAST Rp 400.000

DEWI LESTARI Rp 500.000

CHUZAIMAH AGUSLIAN Rp 600.000

Jumlah Rp 2.150.000

BNI SYARIAH 0091539444

NAMA DONASI

DARI 219450306 Rp 500.001

DARI 81511534 Rp 100.000

YOSI SA Rp 200.000

Bpk M ANDY Rp 250.000

HAJIRAH NAEIM Rp 350.000

Jumlah Rp 1.400.001

BRI SYARIAH 2020191222

NAMA DONASI

1002633497ATM BRIS Rp 100.000

1017324191-TRF ATM BRIS Rp 50.000

Jumlah Rp 150.000

MANDIRI 123.00.9900.8999

NAMA DONASI

MOH SYAFEI ATMODIWIRYO

Rp 200.000

CAHYA DHERMA BEKTI Rp 68.049

YULIUS FIKA DIERVIN Rp 100.000

GALUH PARAMITA Rp 160.000

TRISNO KISTOMO Rp 1.000.000

CAHYA DHERMA BEKTI Rp 55.823

CAHYA DHERMA BEKTI Rp 69.295

MUHAMMAD IQBAL Rp 50.000

Jumlah Rp 1.703.167

Penerimaan Dana Kemanusiaan

PENERIMAAN JUMLAH

Dana Zakat Rp 1.649.500.675

Dana Infaq Rp 76.661.521

Dana Kemanusiaan Rp 5.403.168

Dana Waqaf Rp 955.555

Jumlah Total Penerimaan Rp 1.732.520.919

Total Penerimaan Dana LazismuPeriode September 2016

Penerimaan Dana Waqaf

BCA JOGJA 8780118181

NAMA DONASI

DARI 7039488207 Rp 300.000

DR MUSL Rp 333.333

DARI 81511534 Rp 100.000

DARI 7039488207 Rp 222.222

Jumlah Rp 955.555

Page 24: Download Majalah Matahati, September 2016

Jalan-Jalan

matahati#01 - September 2016

46

Eksotisme Lombok sudah dikenal lama, namun pulau yang berada di sebelah timur ini seolah hanya menjadi halaman belakang Bali yang begitu mentereng di panggung dunia sebagai destinasi pariwisata. Padahal mengenai objek wisata Lombok punya segalanya, tak kalah dari Bali. Panorama keindahan alamnya tersaji mulai dari objek yang berada di bawah permukaan laut hingga yang ada lebih dari 3.000 meter di atas

permukaan laut. Bahkan Lombok punya Gunung Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Lombok memang berada lebih ke timur dibandingkan Bali, tetapi dalam waktu yang tak akan lama lagi tampaknya Lombok akan dapat melepaskan predikatnya sebagai halaman belakang Bali. Data yang ada menunjukkan, sektor pariwisata Lombok tengah menggeliat dalam beberapa tahun belakangan ini. Wisatawan dari dalam negeri maupun wisman mulai kerap berdatangan ke Lombok.

upload.wik imedia.org

Danau Segara Anak, Lombok

Lama dikenal sebagai Negeri Seribu Masjid, kini Lombok jadi destinasi penting dalam persaingan turisme halal global.

Lombok menjadi bukti kalau pariwisata bisa maju tanpa harus menawarkan hal-hal yang dianggap tabu.

Geliat Lombokdi Tengah Tren Wisata Halal

Jalan-Jalan

matahati#01 - September 2016

47

Kementerian Pariwisata mencatat kunjungan wisatawan lokal ke Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Lombok, cenderung naik dari tahun ke tahun. Di tahun 2012, terdapat sebanyak 2,25 juta wisatawan lokal yang berkunjung ke NTB. Jumlah itu terus meningkat menjadi 2,49 juta wisatawan di tahun 2013, 2,51 juta di tahun 2014, dan naik lagi menjadi 3,01 juta orang di tahun 2015.

Selain wisatawan lokal, BPS juga mencatat kedatangan wisman di Bandar Udara Internasional Lombok yang naik saban tahun. Pada 2012, tercatat sebanyak 17.032 wisman datang ke Lombok. Berikutnya, tercatat sebanyak 40.380 orang di tahun 2013, 69.881 orang di tahun 2014, dan 70.217 orang di tahun 2015.

Jumlah kedatangan wisman ke Lombok memang belum seberapa jika dibandingkan dengan Bali yang dikunjungi sekitar 4-4,5 juta wisman saban tahunnya. Namun demikian, tren kenaikan wisman ke Lombok per tahun adalah sinyal positif.

Pada akhir tahun lalu, tepatnya pada medio Oktober 2015, Lombok mendapatkan momentum sebagai daftar teratas destinasi halal yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan dunia. Ketika dihelat untuk yang pertama kalinya forum The World Halal Travel Summit and Exhibition di Abu Dhabi, UEA, Lombok memenangkan 2 penghargaan sekaligus dalam kontes The World Halal Travel Awards 2015.

Lombok memenangi kategori Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia (The World’s Best Halal Tourism Destination) unggul atas Abu Dhabi (UEA), Amman (Yordania), Antalya dan Istanbul (Turki),

The World Halal Travel Awards 2015

Mas

jid J

ami A

l Akb

ar, L

ombo

k Ti

mur

Page 25: Download Majalah Matahati, September 2016

Jalan-Jalan

matahati#01 - September 2016

48

Kairo (Mesir), Doha (Qatar), Kuala Lumpur (Malaysia), Marrakes (Maroko), dan Teheran (Iran). Selain itu, Lombok juga memenangi penghargaan untuk kategori Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik Dunia (The World’s Best Halal Honeymoon Destination) dengan menyisihkan kota-kota wisata romantis yang sudah lama terkenal, seperti Abu Dhabi (UEA), Antalya (Turki), Krabi (Thailand), dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Secara instan, diraihnya 2 penghargaan tersebut ikut menggenjot kedatangan wisman di Lombok. Selama Januari-Juni 2016, tercatat sebanyak 36.195 kedatangan wisman di Bandar Udara Internasional Lombok. Jumlah itu naik jika dibandingkan dengan jumlah kedatangan dalam periode yang sama di tahun 2015, yang tercatat sebanyak 28.993 kedatangan.

Dua penghargaan yang diraih Lombok tentu juga amat prestisius dan strategis. Dianggap prestius karena forum The World Halal Travel Summit and Exhibition adalah ajang terbesar yang mempertemukan semua pelaku bisnis wisata turisme halal di dunia. Sekalipun

murni ajang B2B (Business to Business), tentu saja pemerintahan negara asal para delegasi yang hadir di ajang tersebut juga ikut terlibat. Seperti diketahui perhelatan The World Halal Travel Summit and Exhibition sendiri ikut melibatkan kementerian pariwisata UEA sebagai tuan rumah, dan kementerian parisiwisata negara-negara yang ikut berpartisipasi.

Penghargaan tersebut juga amat strategis mengingat potensi turisme halal dunia saat ini semakin berkembang. Perkembangannya tidak hanya terjadi di negara-negara Asia yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI), tetapi juga di Eropa dan Pasifik. CrescentRating melaporkan nilai belanja sektor turisme halal dunia di tahun 2013 sebanyak 140 miliar dollar AS atau 13% dari pendapatan total turisme dunia. Dengan populasi Muslim yang semakin merangkak naik, maka nilai belanja tersebut diprediksi akan naik antara 192-200 miliar dollar AS di tahun 2020. Artinya kenaikan sebesar 5% terjadi setiap tahunnya. Tidak mengherankan jika World Tourism Organization mengklaim bahwa sektor turisme halal berkembang lebih cepat dibandingkan rata-rata perkembangan turisme konvensional.

Masjid Raya Praya, Lombok Tengah

Jalan-Jalan

matahati#01 - September 2016

49

Selain itu, sektor turisme halal juga dinilai jauh lebih menguntungkan. Masih menurut CrescentRating, umumnya para wisatawan yang mengonsumsi pasar halal menghabiskan uang sekitar 1.700 dollar AS. Jika dirupiahkan dalam kurs Rp13000, maka rata-rata wisatawan pasar halal menghabiskan uang rata-rata Rp22 juta dalam satu kunjungan. Nilai itu melebihi belanja wisata orang-orang Eropa yang ada di kisaran 1.200 dollar AS per satu kali kunjungan. Perlu juga dicatat, nilai belanja wisatawan muslim itu belum termasuk belanja wisata religi dalam perjalan haji dan umrah, yang menjadi satu bagian saja dari yang disebut dengan turisme halal.

Bagi Lombok, tren pasang naik pasar halal dunia dipastikan akan semakin menggairahkan sektor pariwisata daerah ini di masa-masa mendatang. Bukan mustahil jika nantinya Lombok akan menjadi primadona utama bagi wisatawan muslim dunia yang berasal dari negara-negara kaya minyak di Timur Tengah yang umumnya lebih memilih layanan turisme halal ketimbang turisme konvensional. Umumnya para wisatawan yang berasal dari negara petrodollar kurang bersahabat dengan turisme konvensional karena secara nilai dan budaya mereka tidak nyaman melihat alkohol dipajang di tempat terbuka seperti di hotel atau objek wisata. Kebanyakan mereka juga kurang sreg dengan pengunjung yang berpakaian setengah terbuka yang menjadi pemandangan umum seperti di pantai-pantai

yang terdapat di Bali.

Hal-hal yang tabu bagi wisatawan muslim gayuh dengan nilai-nilai yang dipegang mayoritas masyarakat Lombok yang juga muslim. Sehingga yang terjadi di Lombok, ketiadaan alkohol di hotel-hotel, kolam renang yang lebih tertutup bagi kaum Hawa, dan ketersediaan sarana ibadah untuk shalat bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sulaiman (58), seorang wisatawan asal Arab Saudi, ditemani istrinya yang memakai burqa, memberi pengakuan yang amat berkesan mengenai Lombok. Seperti dikutip kantor berita AFP, ia mengatakan, “Saya senang berada di sini karena dapat mendengar azan

(setiap waktu), dan orang-orang berduyun ke masjid untuk menunaikan shalat.

Di luar itu, Lombok jelas memiliki semua variabel pariwisata yang kerap diunggulkan, mulai keindahan alam, kekayaan budaya, dan hasil kerajinan tangan. Artinya, ke depan, Lombok tidak serta merta hanya mengandalkan kunjungan wisatawan muslim. Ibarat mutiara, Lombok kini sudah terangkat dari dasar laut terdalam. Selebihnya, tinggal dibangun dan dibenahi segala infrastuktur penunjang. Begitupun objek-objek wista yang ada dipelihara dan dipoles lebih apik agar kilaunya semakin mengilap.[pelbagai sumber - AS]

Apa itu Wisata Halal?

Wisata Halal (Halal Tourism) adalah produk baru dalam industri pariwisata yang kini tengah mengglobal. Wisata Halal diadakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen muslim yang ingin memanfaat produk dan jasa yang tidak menabrak nilai-nilai sya-riah. Dalam praktiknya, Wisata Halal adalah pelayanan produk dan jasa pariwisata yang lebih ramah keluarga, lingkungan yang bebas alkohol, sajian menu halal, dan kemudahan akses untuk ibadah. Aplikasinya di hotel-hotel adalah bebasnya hotel dari minuman beralkohol, layanan pijat, adanya penunjuk arah kiblat hingga kuman-dang azan di setiap kamar, dan fasilitas khusus bagi perempuan.

Page 26: Download Majalah Matahati, September 2016

Renungan

matahati#01 - September 2016

50 Orang yang merdeka itu yang berhati teguh dan kuat. Tidak bergeser lantaran satu halangan. Tidak berubah lantaran satu rintangan, baik rintangan musuh atau rintangan ketakutan. Dikerjakannya suatu kewajiban yang dirasai oleh hatinya, bukan lantaran meminta upah, tetapi lantaran demikianlah yang diperintahkan hatinya. Bintang kehormatan tidak menipunya, pangkat dan gaji tidak

memperdayakannya.

Orang yang merdeka itu yang tidak takut menderita lantaran melaksanakan kewajiban. Tidak mau menyembunyikan kebenaran yang telah dipilih oleh hati sanubarinya, walaupun banyak orang akan benci.

Orang yang merdeka itu yang tidak ditipu oleh nama kemasyhuran dan pujian. Yang dicarinya adalah hakikat dan perhatian dari orang berakal budi.

Orang yang merdeka itu yang tidak membebek dan mengangguk, menurut kata orang lain. Menulis apa yang didiktekan orang.

Orang yang merdeka itu yang berkata lantaran hatinya menyuruh berkata. Dan diam lantaran hatinya menyuruh diam. Perkataannya tidak berubah menurut perubahan zaman. Jika sekiranya zaman akan mengingkari kebenaran, dan berhenti sebelum keadilan menang.

Orang yang merdeka itu yang hormat pada dirinya dan sanggup memikul resiko. Sanggup bertanggung jawab. Dirinya berdiri sendiri dan tegak sendiri, bukan di bawah pengaruh orang lain. Gagah perkasa tetapi tidak takabur. Kuat kemauannya lantaran kuat keyakinannya.

Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.“ “

Merdeka, itu...Oleh:Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA)

Iklan

matahati#01 - September 2016

43

Page 27: Download Majalah Matahati, September 2016