jambi independent 02 november 2009

Click here to load reader

Post on 06-Mar-2016

309 views

Category:

Documents

23 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • Di kawasan yang mayoritas pen-duduknya non-Muslim seperti

    Perth, Australia Barat, keberadaan lembaga yang memberikan serti-

    fikasi halal sangat penting bagi Muslim di sana. Dan, ternyata,

    salah seorang yang mengurusi sertifikasi halal di sana adalah

    orang Indonesia.

    AKHMAD ZAINI, Perth

    seNIN, 02 NoveMBer 2009 ecerAN rp. 3.500,-

    tua yang ternyata sebuah masjid.Di depan bangunan yang mirip rumah tersebut

    tidak ada tulisan masjid. Di tembok bagian atas hanya ada tulisan Islamic Council. Be-gitu juga dengan kubah, tidak ada. Karena itu, kalau hanya lewat sekilas, orang pasti tidak

    mengenali kalau itu sebuah masjid.Kendati kondisinya tidak terlalu layak,

    masjid tersebut tidak sulit dicari. Itu karena kondisinya yang masih di tengah-tengah kota Perth. Bangunan ini bekas rumah. Memang tidak mengalami perubahan yang berarti. Hanya sekat-sekat di dalamnya sudah tidak ada lagi, jelas laki-laki yang keluar dari mobil tadi. Setelah berkenalan, laki-laki tersebut bernama Imam Abdul Jalil Ahmad. Dia adalah imam di masjid tersebut.

    Hari itu (Kamis, 29/10), saya memang mem-buat janji bertemu dia, di sela-sela mengikuti Dialog Antariman di Perth. Menurut informasi dari para mahasiswa Indonesia di Perth, Imam termasuk salah satu tokoh Islam di Perth yang cu-kup dikenal. Dia memimpin salah satu lembaga (semua ada lima) yang dipercaya memberikan sertifikasi halal bagi rumah makan (restoran), supermarket/minimarket, penjual daging atau roti, dan seafood, yang ada di Perth.

    Imam Abdul Jalil, Orang Indonesia yang Mengurusi Sertifikat Halal di Australia

    Islamkan Orang hingga Teliti Penyembelih Ayam dan Sapi

    SEDAN Mercedes-Benz bercat putih ber-henti di depan bangunan tua di 7 Malvern Road, Rivervale, Perth, Australia. Setelah pintu kanan depan mobil tersebut terbuka, seorang laki-laki beserban keluar dari mobil keluaran 1999-an itu. Dia langsung bergegas menuju bangunan

    Selera Seksi Busana Mini

    MeNyANDANg status janda untuk kali kedua tak membuat Dewi Sandra lupa dengan hobi lamanya. Kini ia makin berani tampil seksi dengan busana mini. Seperti yang ter-lihat saat menghadiri acara halloween party yang digelar di daerah Mangga Dua, Jakarta Utara, belum lama ini.

    Pesta halloween me-mang kental dengan suasana seram, mena-kutkan, dan ghotik. Biasanya pada acara tersebut para pengun-jung acara berdandan seram bagai seorang tokoh hantu yang me-nyeramkan. Namun lain halnya dengan Dewi Sandra yang tampil dalam balutan seksi dan ditemani para penari striptis.

    baca Islamkan hal 2

    selebriti

    IMAM DI PerTH: Imam Abdul Jalil Ahmad yang ber-asal dari Aceh dan sertifikat halal un-tuk restoran yang diterbitkannya.

    AKHM

    AD Z

    AINI

    /JPNN

    Dewi sandra

    Jamaah Jambi Menuju Makkah

    MADINAH - Sebanyak 450 jamaah haji kloter 1 asal Jambi meninggalkan Madinah menuju Makkah kemarin (1/11). Menurut laporan kontributor Jambi Independent, AbDul KADIr HuSeIN, para jamaah itu menuju Makkah setelah melaksanakan salat

    Subuh. Mereka diberang-katkan menggunakan bus dengan perjalanan sekitar empat jam.

    Ada sekitar 10 bus yang disediakan pemerintah Indo-nesia untuk kloter 1. Masing-masing bus diisi 45 jamaah. Setiba di Makkah, jamaah langsung bersiap menggu-

    nakan pakaian ihram menuju Masjidil Haram. Mereka juga akan melaksanakan Tawaf dan Sai. Sejauh ini keadaan jamaah sehat dan tidak mengalami permasalahan apapun.

    Sementara itu, hingga kemarin transportasi jamaah haji Indonesia di Makkah rawan menimbulkan keka-cauan. busnya memang sudah disediakan 315-325 unit. Tetapi belum dtentukan rute-rutenya. Panitia hanya menentukan titik pemberhentiannya, baik di Masjidil Haram maupun dekat pondokan.

    Depdiknas Butuh 737 Ribu Guru

    JAKArTA - Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas mengajukan kebutuhan 737 ribu guru ke Menteri Pendayaan Aparatur Negara (Menpan). Depdiknas mengestimasi, dalam lima tahun ke depan ribuan guru bakal pensiun. Selain itu, pemekaran sekolah berimbas terhadap makin tingginya kebutuhan tenaga pendidik.

    Sekretaris Ditjen PMPTK Giri Suryatmana menjelaskan, berdasar proyeksi kebutuhan guru yang disusun PMPTK pada 2010-2014, kebutuhan Indonesia mencapai 737 ribu. Saat ini kami sudah mengajukan ke Menpan kebutuhan dari tahun ke tahun hingga 2014, jelasnya kemarin.

    Meski demikian, kata Giri, kewenangan pengang-katan CPNS ada di tangan Menpan. Kami hanya mengajukan. Mudah-mudahan disetujui, sebab semua bergantung kemampuan negara, ujarnya. Giri menyebut, saat ini persoalan tenaga pendidik cukup pelik. Jika kebutuhan tenaga pendidik tidak segera terpenuhi, dikhawatirkan defisit guru se-makin tinggi. Karena itu, kami perlu mengadakan rembuk nasional untuk membahas persoalan ini, ujarnya.

    pendidikan

    haji

    Zoerman Klaim 9 DPD, HazrinMadjid Koalisikadir husein

    L a p o r a n

    Pada Seleksi Bahan CPNS 2009

    JAMBI - Hari ini (2/11), panitia seleksi CPNS di Pemprov Jambi dan pemerintah ka-bupaten/kota mulai menerima berkas lamaran peserta. Pada tahap ini, diperkirakan banyak pelamar mengadu peruntungan dengan me-

    masukkan lamaran lebih dari satu di daerah berbeda. Praktik seperti itu juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

    Kepala Biro Kepegawaian Setda Provinsi Jambi Husnaini tidak mempersoalkan apa yang dilakukan pelamar tersebut. Itu hak mereka, ujarnya. Menurut dia, panitia seleksi baik di Pemprov maupun di pemerintah kabupaten/kota, tidak mungkin tahu seorang

    pelamar memasukkan lebih dari satu lamaran. Apalagi di daerah berbeda.

    Dia juga mengaku, antarpanitia Pemprov dan kabupaten/kota tidak berkoordinasi untuk mencocokkan berkas pelamar yang masuk. Kita provinsi tidak akan tahu jika seorang pelamar memasukkan bahan mereka ke ka-bupeten lain. Itu terserah mereka. Kita masih kasih kesempatan. Memang kemungkinan

    tersebut sangat besar, ujarnya.Husnaini mencontohkan, seperti tahun sebe-

    lumnya, banyak pelamar yang memasukkan lamaran tidak hanya ke satu kabupaten/kota. Jika formasi mereka ada di Kerinci, Tanjab Timur, dan Kota, mereka memasukkan semua untuk melihat kesempatan yang lebih besar bisa lolos, ujarnya.

    Berkas Lebih dari Satu Diperbolehkan

    Musda Golkar Memperebutkan 13 Suara

    lobi. Saling klaim dukungan pun terjadi. Zoerman Manap, misalnya. Calon incumbent itu

    mengklaim sudah didukung sembilan dewan pengurus daerah (DPD) II Golkar pada Musda nanti. Sementara kandidat lain yang disebut-sebut bakal jadi saingan berat Zoerman, Hazrin Nurdin, dikabarkan tengah menyusun strategi berkoalisi dengan Madjid Muaz.

    JAMBI - Peta politik di tubuh Partai Golkar makin memanas jelang pelaksaan Musyawarah Daerah (Musda) VIII di Sarolangun, 68 November mendatang. Masing-masing tim sukses kandidat makin gencar melakukan

    Ribuan Aktivis Siap Duduki Kantor Polisi

    baca selera hal 2

    baca Jamaah hal 9

    baca Depdiknas hal 2

    JAKARTA - Penahanan Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah membuat aktivis mahasiswa geregetan. Mereka tak terima atas perlakuan Polri yang terkesan sewenang-wenang terhadap dua mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu. Karena itu, aksi massa besar-besaran bakal dihelat hari ini.

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), misalnya. Ketua Umum PB HMI Arif Mustofa menginstruk-sikan semua perwakilan HMI di seluruh wilayah Nusantara turun ke jalan hari ini (2/11).

    SBY Panggil Tokoh ke Istana Bahas Penahanan Bibit-Chandra

    JAKARTA - Dukungan terhadap Bibit Samad Rianto dan Chandra Marta Hamzah yang semakin meluas, disikapi secara serius oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Malam tadi, SBY secara mendadak memanggil sejumlah tokoh nasional ke Istana, guna membahas masalah penahanan Bibit dan Chandra.

    Pertemuan berlangsung sekitar pukul 21.15 di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepreside-nan, Jakarta. Mereka yang diundang Presiden di antaranya praktisi hukum Todung Mulya Lubis, Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatul-lah Komarudin Hidayat, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, dan Sekretaris Jenderal

    Tranparansi Internasional Indonesia Teten Masduki.Kami diundang oleh Pak SBY. Kita sendiri belum tahu

    mengenai apa, tapi yang jelas soal isu terakhir KPK, kata Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan.

    Sumber-sumber resmi di lingkungan Ista-na Presiden mengelak memberitahu lebih lanjut tentang pertemuan tersebut. Namun dari sumber-sumber tersebut juga didapat kepastian bahwa pertemuan berlangsung secara tertutup.

    Menurut informasi, pemanggilan tokoh-tokoh nasional itu diduga untuk membahas usulan adanya tim independen untuk melaku-kan investigasi terhadap kasus yang menimpa Bibit dan Chandra. Beberapa tokoh yang dipanggil itu disebut-sebut akan menjadi

    anggota tim tersebut.Mabes Polri menahan Bibit dan Chandra saat mereka

    menjalani wajib lapor, Kamis (29/10) lalu. baca sBy hal 2 baca ribuan hal 2

    baca Berkas hal 9

    baca Zoerman hal 2

    DJATMIKo/JAMBI INDePeNDeNT

    sBy

  • Jambi Independent SENIN, 02 NOVEMBER 2009

    Tidak Hanya HematTapi Juga Fleksibel

    JAMBIMentari tour & travel kembali hadir dengan menye-diakan paket liburan hemat ke Singapura mulai dari harga Rp 1.990.000 untuk berdua. Paket ini berlaku untuk keberangkatan mulai dari tanggal 20 Oktober-15 Desember 2009.

    Direktur PT Mentari Tour & Travel Jambi, Edi Nata Prawira mengatakan Mentari Tour & Travel yang didukung oleh 2 maskapai penerbangan, Sriwi-jaya Air dan kartika Airlines serta Hotel Value Thomson Singapura, menyediakan paket liburan he-mat berdua ke Singapura.

    Paket ini terdiri dari tiket pesawat PP dengan rute Jambi-Batam untuk dua orang dan dua malam di Hotel Value Thomson, Singap