jambi independent 13 november 2009

Click here to load reader

Post on 23-Mar-2016

364 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • JAMBI - Karier dan keluarga. Dua hal yang sama-sama penting bagi seorang wanita yang menempati posisi setingkat eselon II di pemerintahan.

    Di Provinsi Jambi, tak banyak wanita yang menempati posisi tersebut. Jumlahnya bisa dihitung dengan jari, yakni Hernayawati yang menjabat kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Lalu ada Sekretaris DPRD Provinsi Jambi Emi Novisa dan Kepala Badan Pem-berdayaan Masyarakat, Perempuan, dan KB Provinsi Jambi Rosmeli. Satu lagi, Ke-

    pala Badan Pengawas Obat dan Makanan

    (BPOM) Provinsi J a m b i W i r d a Zein.

    Sebagai peja-bat, kesibukan menjalani tu-gas sebagai abdi

    negara selalu menyertai hari-hari mereka.

    jumat, 13 november 2009 eceran rp. 3.500,-

    Sejak orde baru, baru kali ini di jajaran kabinet ada wakil men-

    teri hingga lima orang. Dan rabu (11/11) lima pejabat baru itu dilan-tik Presiden Susilo bambang Yud-hoyono (SbY). Siapa saja mereka dan bagaimana pula rekam jejak

    karier mereka?

    ZuLHam mubaraK-a baIDHoWI, jakarta

    ini kali pertama saya dilantik Presiden di Istana, ujar pria 43 tahun itu bersemangat. Bayu masih mengenakan setelan jas hitam ketika ditemui di kantor lamanya di gedung

    Menko Perekonomian, kompleks Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu.

    Selain Bayu, ada empat wakil menteri yang dilantik Presiden SBY. Mereka adalah Deputi

    Kisah Para Wakil Menteri yang Dilantik Presiden SBY

    Bayu Tolak Gaji Dobel, Bambang Enjoy Mobil Lama

    RABU adalah hari yang istimewa bagi Bayu Krisnamurti. Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan itu diangkat menjadi wakil menteri pertanian. Dan yang membuatnya bangga, dia dilantik oleh Presiden SBY. Sebuah kehormatan karena

    Jamaah Asal Merangin Meninggal Dunia

    meKKaH Satu dari jamaah haji Kloter 13 asal Merangin, Jambi, yang berangkat melalui embar-kasi Padang, Sumbar, meninggal dunia. Jamaah itu bernama Nursimah binti Muhadiyah Sapangu, mengembuskan napas terakhir Rabu (11/11) pukul 19.30.

    Berdasarkan laporan kontributor Jambi Indepen-dent ABDul KADIR HuSeIN, Nursimah tersebut meninggal dunia saat berada di pesawat. Dua jam menjelang menda-rat di Bandara Jeddah, dia dinyatakan meninggal dunia. Hingga kini belum diketahui pasti penyebab meninggal-nya Nursimah.

    Kadir Husein juga melapor-kan, jamaah haji asal Provinsi

    Jambi yang melalui embarkasi Padang seluruhnya sudah berada di Makkah. Mereka melakukan iba-dah wukuf di Padang Arafah. Sedangkan jamaah haji melalui embarkasi Batam melakukan umrah sunat.(viz)

    kadir husein

    l a p o r a n

    haji

    Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bambang Sus-antono sebagai wakil menteri perhubungan, Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak sebagai wakil menteri PU, Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerja Sama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional Mahendra Siregar sebagai wakil menteri perdagangan, dan Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan Alex Retraubun sebagai wakil menteri perindustrian.

    Rabu itu Bayu mengatakan bangun lebih pagi daripada biasanya. Meski agenda pel-antikan di Istana Negara dilaksanakan pukul 09.00 WIB, pagi pukul 06.00 dia sudah meninggalkan rumahnya di Bogor. Nervous sih tidak, cuma saya bangun sejam lebih awal daripada biasanya. Jadi jam 06.00 sudah siap berangkat, terangnya, lantas tersenyum.

    baca bayu hal 2

    Srikandi-srikandi di Pemprov Jambi

    ItU tantangan buat saya, karena saya harus berusaha keras memajukan rumah sakit yang baru berdiri, ujar Ida Yulianti kemarin (12/11). Dia pun menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan demi memajukan rumah sakit yang dia pimpin. Saya ingin buktikan bahwa rumah sakit ini juga tidak kalah kualitasnya dari rumah sakit swasta, ujarnya.

    Sebelum menjadi direk-tur RSUD Abdul Manap, Ida mengepalai berbagai puskemas.

    Selalu Berlibur Bersama Keluarga28 oktober 2008 lalu, Ida Yulianti dilantik

    sebagai direktur rSuD abdul manap Kota jambi. amanat yang tentu tidak ringan,

    mengingat rumah sakit itu juga baru berdiri. tak sedikit waktu yang

    harus diluangkan untuk me-mimpin rumah sakit tersebut.

    roLIS, jambi

    Ada Ujian Ulang

    Berkas Lamaran Tidak Sesuai Persyaratan

    SurYa eLvIZa, Jambi

    BAdAn Kepagawaian Daerah (BKD) Pempov Jambi dan kabupaten/kota kini ten-gah fokus menyeleksi bekas lamaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dari hasil seleksi sementara di Pemprov dan kabu-paten/kota, diperki-rakan ribuan pelamar tidak lolos seleksi administrasi.

    Pemprov Jambi hingga ke-marin (12/11) sudah menerima 7.615 berkas lamaran. Sehari

    sebelumnya, 6.499 atau kemarin bertambah 1.116. Kepala Biro Kepegawaian Setda Provinsi Jambi Husnaini mengatakan, pihaknya masih menunggu ber-kas lamaran masuk hingga 16 November 2009.

    Soal berkas lamaran yang rusak atau tidak sesuai persyaratan (di-pastikan tidak lolos), Husnaini be-

    lum bisa memberikan angka pasti. Namun menurut sumber di BKD Provinsi,

    jumlah berkas lamaran yang tidak sesuai per-syaratan mencapai

    ratusan, didominasi tenaga guru dan tamatan

    SLTA. Menurut sumber tersebut, for-

    masi guru banyak dinyatakan gugur karena tidak menyertakan TOEFL sebagai salah satu syarat wajib.

    Ribuan Pelamar dipastikan Gugur

    BSNP Keluarkan Kebijakan Baru UN

    JAKARtA - Peluang siswa untuk lulus dalam ujian nasi-onal (UN) 2010 semakin ter-buka lebar. Itu setelah Badan Standardisasi Nasional Pen-didikan (BSNP) bakal mem-berlakukan ujian ulangan bagi peserta yang gagal dalam ujian tersebut. Selain itu, beberapa kebijakan baru terkait UN berubah. Perubahan sudah di-tuangkan dalam Permendiknas

    Nomor 75/2009 tentag Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB. Peraturan itu sudah dikirim ke seluruh provinsi.

    Anggota BSNP Prof Mungin Eddy Wibowo mengatakan, ada beberapa kebijakan baru dalam pelaksanaan UN nanti. Pertama, ada ujian ulang. Dia mengatakan, memang tahun lalu kebijakan ujian ulang diadakan. Namun kebijakan itu diambil lantaran banyak sekolah melakukan ke-curangan.

    Foto-Foto: abroro/jPnnranGKaP: SbY dan bayu Krisnamurthi (kiri) serta bambang Susantono di pelantikan.

    pernyataan bohong. Pasalnya, ketika dikonfrontir di pengadilan, keduanya memberikan pernyataan berbeda. Keduanya sama-sama bersikukuh dengan pernyataan masing-masing.

    Rani Juliani dan Suparmin dikonfrontir dalam si-dang lanjutan kasus pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) Nasrudin Zulkarnaen atas terdakwa Antasari Azhar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kemarin (12/11). Rani dalam kesaksiannya mengatakan, dirinya bersama suaminya, Nasrudin, berangkat dari Tangerang menuju kamar 803 Hotel Grand Mahakam.

    Rani menceritakan, sekitar pukul 13.00 WIB saat perjalanan menuju ke kamar hotel, dia bersama sua-minya singgah di RS Harapan Kita. Pukul 15.00 WIB tiba di kamar hotel.

    Sementara itu, pada hari yang sama, dalam pertemuan kedua antara Rani dan Antasari, Suparmin mengaku mengantar bosnya ke hotel sekitar 16.30 WIB dari kantor PRB di Kuningan menuju kamar hotel.

    Ada tenggat waktu dari keterangan keduanya. Tapi tidak diperdalam lebih jauh dalam persidangan. Jelas ada yang bohong nih, pasti ada saksi, kata kuasa hukum terdakwa Hotma Sitompoel.

    Hakim ketua majelis Herri Swantoro menengahi. Cukup. Kembalikan ke KUHAP, kalau ada yang bohong hakim yang memutuskan, kata Herri di sidang yang hanya berlangsung beberapa menit itu.

    Sementara itu, kuasa hukum terdakwa lainnya, Juniver Girsang, mengatakan akan membuat laporan resmi ter-kait perbedaan keterangan dari Rani dan Suparmin.

    Rani Juliani Dituding BerbohongJAKARtA - Kuasa hukum Antasari Azhar,

    Hotma Sitompoel, menyatakan bahwa dua saksi, Rani Juliani dan Suparmin, telah memberikan

    ayah rani bersaksianDrI nurDrIanSYaH/jPnn

    ayah kandung rani juliani, endang muhammad, memberi kesaksian dalam sidang lanjutan pembunuhan nasrudin dengan terdakwa antasari azhar, kemarin (12/11). Foto kanan, rani juliani.

    DjatmIKo/jambI InDePenDent

    baca Selalu hal 2

    baca ada hal 2

    baca ribuan hal 2

    Hernayawatiemi novisa

    Ida Yulianti

    baca Srikandi

    hal 2

    baca rani hal 2

  • jumat, 13 november 2009 Jambi Independent

    Padahal TOEFL minimal ber-nilai 400 merupakan salah satu persyaratan yang harus ada un-tuk mengisi posisi sebagai guru sekolah berstandar internasional (SBI).

    Kemudian formasi untuk tena-ga SLTA sederajat juga banyak yang dinyatakan gugur, karena pelamar yang masuk bukan atlet. Padahal, persyaratan tamatan SLTA sederajat adalah atlet. Mereka diwajibkan menyertakan beberapa surat dan bukti sebagai seorang atlet untuk menduduki formasi atlet dan pelatih.

    Sementara itu, Kepala BKD Bungo Harmain mengatakan, pihaknya sudah menerima 6.281 berkas lamaran. Dari jumlah itu, pelamar terbanyak lulusan S-1. Formasi yang paling banyak diminati pelamar adalah guru dan tenaga medis.

    Menuru t d ia , da r i has i l pengecekan berkas lamaran yang masuk tersebut, tercatat sekitar 3.000 berkas tidak memenuhi syarat (TMS). Berkas yang telah diverifikasi atau telah dimasuk-kan ke dalam entry data komputer sebanyak 2.500 berkas.

    Di Sarolangun, berkas yang masuk ke BKD kemarin sudah 7.110 lamaran. 4000-an lebih ber-kas di antaranya telah diseleksi. Hasilnya, hingga kemarin pukul 07.50 WIB, 700-an berkas din-yatakan tidak memenuhi syarat alias tidak lulus bahan.

    Dari 4.000-an lebih berkas yang telah kita cek, 700-an berkas dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat), kata Kepala BKD Sarolangun Jaelani ketika dihubungi kemarin sore.

    Penyebab ketidaklulusan bahan tersebut bervariasi, di antaranya

    jurusan pelamar tidak sesuai formasi yang dilamar, tidak ada legalisasi dari pihak berwenang, dan usia pelamar telah melebihi batas. Ta