jambi independent | 08 november 2010

Click here to load reader

Post on 29-Mar-2016

354 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • Meski anggaran pendidikan cukup besar, berbagai pungutan di sekolah negeri di Jambi

    tak pernah hilang. Program pendidikan gratis, Bantuan Operasioal Sekolah (BOS) dan sejum-

    lah aliran dana dari pusat ternyata tak juga meringankan biaya sekolah. Akibatnya, banyak

    orangtua murid mengeluh.

    Masyarakat menyambut gembira keputusan pemer-intah mengalokasi anggaran pendidikan 20 persen dari total APBN. Harapannya, segala bentuk pungutan dalam proses

    pendidikan pada semua sekolah negeri harus dis-top. Tak ada lagi alasan pihak sekolah atau komite memungut biaya kepada murid. n

    ECERAN RP. 3.500,-sENiN, 08 NovEmbER 2010

    Ikut Belajar dan Bertanding Bersama DBL Indonesia All-Star di Seattle (5-Habis)

    Kehilangan Handphone, Novi Dapat Sepatu Legenda WNBA

    sumbangan per 07 November 2010

    Harian Pagi Jambi Independent membuka dompet amal bagi yang ingin membantu meringankan beban korban Tsunami di Mentawai, Sumbar dan letusan Gunung Merapi di DI Yogyakarta, Jawa Tengah. Bantuan bisa langsung diserahkan ke Kan-tor Harian Pagi Jambi Independent Jalan Jenderal Sudirman, No 100, Thehok, Cq Sekretaris Redaksi Eniwati. Selain itu bisa juga lewat rekening Bank BNI Cabang Su-tomo Jambui dengan nomor 0069878736.

    Tim DBL Indonesia All-Star 2010 dapat acara impian: mengunjungi

    markas klub juara WNBA, Seattle Storm, dan dikado merchandise

    seru. Termasuk jersey dan sepatu bekas pemain! Berikut catatan

    aZrUL aNaNDa.

    saldo Rp 3.041.450SMA DBL All-Star yang datang dari ber-bagai provinsi di Indonesia.

    Pagi sebelum bertanding, tim DBL All-Star dapat suntikan motivasi impian:

    JUMat (5/11, Sabtu WIB) sebenarnya hari superpenting bagi tim putra dan putri Development Basketball League (DBL) Indonesia All-Star 2010. Malam-nya, mereka menjalani pertandingan utama di Rainier Vista Boys & Girls Club.

    Tim putra melawan Rainier Select Bull-dogs, sedangkan tim putri melawan Lady Home Team yang disponsori bintang NBA Brandon Roy. Dua tim itu merupa-kan tim anak muda U-18.

    Setara dengan usia pemain-pemain

    Pungutan Liar di Sekolah Negeri Kian Marak di Jambi

    JCH Dapat Ganti rugi

    keMariN (7/11), jamaah calon haji (JCH) asal Jambi masih ada yang melakukan pembayaran denda (dam) di Mekkah. Pem-bayaran denda dilakukan dalam bentuk pe-nyembelihan hewan sebagai kafarat (tebu-san) terhadap pelanggaran yang dilakukan ketika menunaikan haji atau umrah.

    Selain itu, adapula JCH yang melakukan kegiatan umrah sunat, serta melakukan ziarah (perjalanan) di beberapa tempat penting di Kota Mekkah, termasuk ziarah ke Jabal Rahmah.

    Kontributor Jambi In-dependent effi Her-MaN melaporkan, JCH Kota Jambi yang bera-da di Maktab 342 Ring 2 di Aziziah Syamali-yah, kemarin menda-patkan pengembalian uang pemondokan. Masing-masing JCH mendapatkan 650 ras (satuan mata uang

    lebih kecil dari Riyal Arab Saudi). Sebelumnya, masalah pemondokan terse-

    but sempat dikeluhkan JCH. Karena sebe-lumnyam JCH Jambi, khususnya yang termasuk rombongan dari Kloter (kelompok terbang) 14 asal Kota Jambi mempertanya-kan mengenai letak maktab. Mereka ditem-patkan di Maktab 342 Ring 2, yang berjarak delapan kilometer dari Masjidil Haram. Pa-dahal, sebelumnya menurut JCH tersebut, jarak Ring 2 itu seharusnya hanya berjarak empat kilometer dari Masjidil Haram. n

    sUGENG DEAs/JAWA Pos

    bELAJAR TENTANG LiGA: Tim DbL indonesia All-star berfoto bersama Head Coach seattle storm brian Agler dan CEo & President seattle storm Karen bryant (pegang bola) saat tim berkunjung ke kantor seattle storm Jumat pagi (5/11).

    mengunjungi markas tim juara WNBA 2010, Seattle Storm. Di sana, mereka bertemu dengan head coach tim itu, Brian Agler, dan CEO/ Presiden Tim Karen Bryant.

    Saat anak-anak Indonesia dijamu, di-pajang pula dua trofi juara WNBA yang pernah diraih Storm.

    Selain dari musim 2010, ada trofi musim 2004, saat mereka ka li pertama meraih jawara. Tim DBL All-Star lantas mendapatkan penjelasan komplet ten-tang dapur klub serta dijamu makan siang. Yang membuat kunjungan terse-but tidak terlupakan, semua menda-patkan merchandise asli. Berupa topi champion 2010, poster, dan lain-lain.

    Ketika sesi penjelasan yang bersifat interaktif, mereka juga berebut hadiah-hadiah heboh. Mulai kaus-kaus, jersey latihan asli bekas pemain, sampai sepatu bekas para bintang!

    *** n

    haji

    Effi suherman

    Baca Kehilangan hal 5

    Baca banyak hal 2Baca JCH hal 2

    Banyak Celah, Kepala Sekolah Manfaatkan Komite

    bAy ismoyo/AFP PHoTo

    Tim penyelamat saat melakukan evakuasi terhadap korban letusan Gunung merangi, kemarin (7/11). Ancaman bahaya letusan Gunung merapi terus mengkhawatirkan. Hujan dengan intensitas tinggi di atas gunung memicu luncuran banjir lahar dingin yang cukup besar. (foto kiri) Proses pemakaman korban Gunung merapi. aKTiFiTaS MENiNGKaT

    EDDy JUNAEDy/JAmbi iNDEPENDENT

    KEPsEK DiCoPoT: Para siswa smAN 6 Kota Jambi saat demo di Dinas Pendidikan Kota Jambi, Kamis (4/11).

    Kesenjangan Ekonomi Jadi Salah Satu Alasan Pelaku

    J a M B i - T a h u n 2 0 1 0 , Provinsi Jambi relatif tidak aman. Berdasarkan data dari Polda Jambi, tingkat tindak kriminalitas tahun ini men-ingkat dari tahun 2009 lalu. Pada tahun lalu, jumlah tin-

    dak kejahatan konvensioalseperti pencurian dengan pemberatan (curat) dan per-ampokanyang terjadi di Jambi sebanyak 2.159 kasus. Sementara itu, hingga Okto-ber 2010 seudah mencapai 2.06 kasus.

    Kasus yang paling menonjol terjadi di Jambi pada 2010 adalah kasus pencurian den-gan kekerasan atau perampo-kan (curas). n

    tingkat kriminalitas Meningkat

    Lahar Dingin Mengancam3 Ribu Warga Mengungsi

    ke Kabupaten TetanggaMaGeLaNG - Ancaman bahaya letusan Gu-

    nung Merapi terus mengkhawatirkan. Hujan dengan intensitas tinggi di atas gunung memicu luncuran banjir lahar dingin yang cukup besar. Banjir lahar dingin itu, kini mengancam ribuan warga yang tinggal di bantaran sungai.

    Kemarin pagi (7/11) banjir lahar dingin den-gan skala besar terjadi di Kabupaten Mage-lang, tepatnya di Kali Putih dan Kali Pabelan yang bersumber dari Kali Senowo. Akibatnya, sebuah rumah milik warga Pabelan Kecamatan Mungkid nyaris ambrol setelah pondasinya tergerus banjir.

    Pemilik rumah Sigit Wibowo, 45, memilih mengungsi ke Semarang pascaluapan banjir lahar dingin kali pertama. Pondasi rumah sudah roboh. Bahkan satu ruangan sudah tidak berbatasan lagi dengan sungai, kata Sigit, 40, warga setempat. n

    Baca Lahar hal 8

    Berita Terkait Halaman 8

    Baca Tingkat hal 2

    Berita dan Foto terkait di Halaman 10

  • Jambi IndependentSenin, 08 November 2010

    Memasuki usia pensiun, H.Ilyas Somad (79 th), warga jalan Tarmizi Kadir - Jambi, merasakan staminanya melemah. Hal demikian alamiah, sebab begitu memasuki pensiun biasanya tubuh terkejut karena volume kegiatan yang menurun drastis, akibatnya pelbagai penyakit mudah datang ...saya sudah mengantisipasi masa pensiun dengan aktif dalam kegiatan olah-raga ringan dan sosial, ...namun ternyata tetap sulit menolak datangnya penyakit.. papar pensiunan kantor pajak ni mengawali perbincangan.

    tak hanya stamina turun, saya juga terkena diabetes yang membuat tubuh lemas tak berdaya...pernah kadar gula mencapai 350 mg/dl.. ujar Ilyas. selain itu nyeri dan bengkak dipersendian sangat mengganggu waktu tidur saya sambung Haji yang berwajah teduh ini menjelaskan penyakitnya.

    Sekitar dua bulan yang lalu, dirinya mem-baca koran yang memuat testimoni tentang Gentong Mas. Rasa ingin sembuh yang kuat dan percaya bahwa herbal aman dan tak memiliki efek samping, membuat Ilyas segera membelinya. ....Alhamdulillah setelah sebu-lan rutin minum Gentong Mas, manfaatnya mulai terasa ......kadar gula kembali normal ke 169 mg/dl..... selain itu bengkak dan nyeri pada sendi berangsur-angsur reda sehingga tidur kembali nyenyak... ucap Ilyas bersyukur.

    Ilyas juga merasakan manfaat lainya berupa stamina yang semakin fit. .... rasa yang lezat dan manfaat Gentong Mas yang nyata membuat saya rutin minum tiap pagi dan sore.... tutur H Ilyas menutup perbin-cangan. Gentong Mas adalah suplemen kesehatan yang sangat aman dan sangat bermanfaat karena terbuat dari herbal alami pilihan. Bahan utama Gentong Mas adalah Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) yang terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes asam urat dan lain-lain.

    Gentong Mas mengandung fiber, yang menor-malisir gula darah, dan chromium yang mengatur metabolisme gula darah dan menambah kepekaan sel terhadap insulin. Selain itu glisemik indeks gula aren pada gentong mas yang sangat rendah, yaitu hanya 35 membuat Gentong Mas baik dikonsumsi

    oleh penderita diabetes. Gentong Mas juga mengand-ung Niacin yang berfungsi mengkikis timbunan purin penyebab asam urat yang menumpuk di persendian kaki dan tangan. Gentong Mas juga mengandung Linoleic Acid, Ascorbic Acid yang mencegah radang (inflamasi) pada sendi dan tulang. Menurut Hidelbert Wagner, imunolog dari Jerman, mengatakan bahwa Nigella Sativa, yang menjadi bahan Gentong Mas, mengandung Omega memperkuat imunitas dan mampu memperbaiki sel pankreas yang rusak.

    Untuk hasil cepat dan maksimal, dianjurkan untuk rutin berolah raga, mengurangi rokok dan makanan yang banyak mengandung purin seperti jeroan.Gentong

    Mas dibuat dari Gula Aren dan Nigela Sativa pilihan yang diproses tanpa menggunakan bahan kimia dan pengawet, sehingga aman dikonsumsi. Manfaat bagi kesehatan dan kelezatan rasanya membuat semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi Gentong Mas.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 07417102944. Tersedia Di Apotek/Toko Obat Terdekat Di Kota Anda: Jambi 081366971641, Kab Batanghari, Telp 08127469614, Apotek Barokah, Jl Prof. Dr. Sri Sudewi, Ma Bulian, Apotek

    Karya Paten, Jl Jend Sudirman, Toko Obat Kary