jambi independent 05 november 2009

Click here to load reader

Post on 09-Mar-2016

435 views

Category:

Documents

40 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • Sabtu, Partai Demokrat Deklarasikan Cawagub

    JAMBI - Nino Guritno dipastikan akan mendampingi Hasan Basri Agus (HBA) pada Pemilihan Gubernur (Pil-gub) Jambi, April 2010 mendatang. Rencananya, pasangan cagub dan cawagub yang diusung Partai Demokrat itu akan dideklarasikan pada Sabtu (7/11) lusa.

    Rencana deklarasi HBANino itu diungkapkan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi Azwan Zahari ke-marin. Meski demikian, menurut dia, pendamping HBA itu bisa saja berubah.

    Memang Sabtu kita akan deklarasikan cawagub pendamp-ing HBA di RCC (Ratu conven-tion Centre). Namun secara resmi kita kan belum mengumumkan Nino secagai cawagub. Jadi bisa saja berubah, katanya.

    Sumber di Partai Demokrat me-nyebutkan, Nino sudah mendapat restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Dewan Pembina Partai Demokrat Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga sudah acc (setuju), kata sumber itu.

    Korwil Partai Demokrat Provinsi Jambi Indrawati Suka-dis ketika dihubungi tidak menampik soal informasi itu. Namun dia juga tidak membenarkan. Yang jelas, kata dia, cawagub yang akan dideklarasikan Partai Demokrat sebagai pendamping HBA pada Sabtu bukan orang partai.

    Ketika disebut nama Nino, Indrawati tidak memban-tah. Ya, pokoknya lihat Sabtu nanti. Nanti akan kita umumkan, katanya.

    Di bagian lain, dipilihnya Nino Guritno sebagai cawagub mendampingi HBA, mendapat tanggapan dari sejumlah parpol pengusung dan pendukung. Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi Zoerman Manap mengatakan, karena HBA diusung beberapa partai, Golkar tidak mempermasalahkan soal wakil yang dipilih HBA.

    Ini kan koalisi. HBA dari Golkar, dan tidak mungkin wakilnya juga dari Golkar. Kalau menurutnya itu baik, tidak ma-salah, katanya kemarin (4/11).

    Namun Zoerman mengakui bahwa sampai saat ini belum ada pembicaraan dengan HBA soal cawagub. Tapi tentu nanti akan dibicarakan, tambahnya.

    Sekretaris DPD Gerindra AR Syahbandar mengaku sudah se-jak awal menyerahkan masalah cawagub kepada HBA. Kalau Nino yang dipilih HBA, kami tidak akan mempermasalahkan,

    asal memang tidak ada intervensi dari partai atau pihak lain, katanya.

    Soal pengaruh figur Nino bagi perolehan suara HBA di pilgub, Syahbandar menyebut fifty-fifty. Dia (Nino) punya kelebihan dan kelemahan, sehingga belum dapat diprediksi bagaimana pengaruhnya terhadap persoalan suara HBA di pilgub, katanya.

    Meskipun turun pangkat di parlemen, Hidayat Nur Wahid sama

    sekali tak terpengaruh. Mantan ketua MPR yang kini hanya me-

    mimpin alat kelengkapan DPR itu tetap aktif dengan penuh totalitas

    sebagai wakil rakyat.

    PRiyo HaNDoko, Jakarta

    kaMis, 05 NoveMbeR 2009 eceRaN Rp. 3.500,-

    J Rachbini, yang juga ketua Yayasan Para-madina. Sementara di sebelah kanannya ada Presiden Daedong Philosophical Association

    of Korea Choi Woo-won dan Wakil Rektor Fatih University, Istanbul, Turki, Alparslan. Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Sy-

    amsuddin datang belakangan.Mereka menyosialisasikan kepada wartawan

    mengenai penyelenggaraan Konferensi Inter-nasional Ke-4 Asosiasi Filsafat Asia (ICAPA) 2009. Agenda berskala internasional yang berlangsung di Universitas Indonesia selama tiga hari, 4-6 November, itu diikuti ratusan peserta dan profesor dari berbagai negara. Pria yang namanya sempat masuk bursa kabinet itu menjelaskan, konferensi tersebut diharapkan bisa menjadikan komunitas Asia semakin solid. Terutama untuk memberikan konstribusi bagi peradaban dunia yang lebih maju, bijak, adil, dan mengedepankan umat manusia. Ternyata dasar filosofis dari itu semua ada di beragam filosofi besar di Asia, baik yang basisnya agama maupun tradisi, katanya.

    Nur Wahid bersedia menjadi motor acara itu karena waktunya relatif longgar. Dia sudah tak sesibuk saat menjabat ketua MPR.

    Hidayat Nur Wahid setelah Turun Pangkat di Parlemen

    Jadi Motor Konferensi Internasional dan Aktif di Kampus

    SelASA lalu, Hidayat Nur Wahid tampak berkumpul dengan sejumlah koleganya di Cafe Gran Via yang berada di lantai dua Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Pusat. Mereka ngobrol dengan gayeng. Sesekali mantan ketua MPR periode 2004-2009 itu tertawa lepas. Di sebelah kiri Nur Wahid, duduk mantan anggota DPR dari PAN, Didik

    Peran Suami-Istri di Panggung

    seJuMlaH pasangan selebriti merasa nyaman saat terlibat atau tampil bersama dalam sebuah pekerjaan. Namun penyanyi Cynthia Lamusu jus-tru khawatir bila tampil bersama s a n g s u a m i , aktor Surya Sa-putra. Menurut aku, (tampil ber-sama suami) jus-tru lebih susah. Kalau di luar kan pakai perasaan. Sementara pas di panggung (per-asaan) enggak boleh kebawa. Kalau aku lagi kesel sama dia, enggak boleh di-tunjukin, ujarnya saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, kemarin (4/11).

    Kendati begitu, wanita kelahiran Jakarta, 12 April 1978, itu bersama sang suami akan terlibat dan tampil bersama dalam drama musikal Gita Cinta The Musical. Di panggung, mereka bakal berperan sebagai suami-istri.

    baca Jadi hal 2

    Cuaca BersahabatMakkaH Kondisi cuaca di kota Makkah cukup

    bersahabat. Dilaporkan, jamaah haji asal Jambi dalam keadaan sehat.

    AbDuL KADir HuSeiN, kontributor Jambi inde-pendent, mengatakan bahwa satu jamaah haji dari Kloter 3 yang sempat menginap di rumah sakit, sudah sehat dan bisa melakukan umrah.

    Sebagian besar jamaah haji yang telah tiba di Makkah melakukan umrah wajib. Mereka juga mengisi keg-iatan dengan mengadakan pengajian bersama.

    Sementara itu, kian hari kian banyak jamaah haji indonesia di Tanah Suci yang mengalami gangguan kejiwaan, mulai stres ringan hingga seperti orang gila. Yang ringan cukup diatasi di balai pengobatan. Yang berat dirujuk ke rumah sakit.

    kadir husein

    L a p o r a n

    baca cuaca hal 2

    Dok/JaMbi iNDePeNDeNttuRuN PaNGkat: Hidayat Nur Wahid dalam satu kesempatan.

    haji

    selebriti

    cynthia lamusu

    Anggota DPRD Mengamuk, Ruang Fraksi Jebol

    baNGko - baru saja terpilih, anggota DPrD Merangin sudah membuat ulah memalukan. rapat paripurna pembentukan komisi yang berlangsung kemarin (4/11) ricuh. Tidak hanya cekcok mulut, beberapa oknum wakil rakyat itu juga mengamuk dan merusak ruang Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS).

    Keributan yang berlangsung pukul 10.30 Wib itu menyebabkan ruang FPKS berukuran 5x5 meter di lantas dasar Gedung DPrD Merangin jebol, akibat ditinju seorang anggota DPrD. Oknum dewan itu kesal dengan ulah FPKS yang dituding mengondisikan salah satu anggota fraksinya agar tidak masuk dalam Komisi iii.

    jambi

    baca anggota hal 2

    Polisi lindungi Anggodo

    Nino Dampingi HBA

    Tak Gubris Rekomendasi TPF

    JAKARTA - Keadilan di Indonesia benar-benar tumpang-tindih dan terbalik tidak menentu. Tadi malam Anggodo Widjojo, adik buronan Anggoro Widjojo, dibebaskan polisi. Dia keluar dari Bareskrim pukul 21.20. Proses keluarnya Anggodo tidak diketahui puluhan wartawan yang sudah nyanggong di depan Bareskim.

    Anggodo keluar melalui pintu belakang Bareskrim yang selama ini sudah tidak pernah digunakan. Dia meninggalkan Mabes Polri dengan dilindungi dua orang polisi sebelum masuk ke mobil Avanza warna hitam. Mobil pun tidak melalui gerbang keluar seperti biasa, namun melalui gerbang masuk bagian belakang Mabes Polri.

    Wartawan lantas mencegat mobil pengacara Anggoro, Bonaran Situmeang. Mereka tidak memperbolehkan Bonaran pulang sebelum memastikan bahwa Anggodo telah pulang.

    KPK Bantah Rekaman Bocor

    JAKARTA - Komisi III DPR periode 2009-2014 kemarin untuk pertama kalinya menggelar rapat kerja bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Raker kemarin (4/11) sejatinya membahas sejumlah program kerja KPK pada 2010. Namun sejumlah anggota Komisi III DPR gencar mempertanyakan lambannya KPK dalam mengungkap kasus Anggoro Widjojo terkait suap Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) Departemen Kehutanan.

    Komisi III mengkritik lambannya kinerja KPK

    dalam mengusut kasus yang diketahui pascavonis mantan anggota DPR, Yusuf Erwin Faishal, itu. Kenapa KPK tidak sejak dulu menangkap Ang-godo, padahal KPK selama ini ternyata tak pernah luput menyadap teleponnya. Sekarang KPK malah keduluan Polri yang kemarin menangkap Anggodo. Coba dari dulu ditangkap, pasti ceritanya lain, tanya Edi Sitanggang, anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat.

    Saya meminta kepada KPK untuk terbuka, kenapa sampai sekarang tidak bisa membawa Anggoro pulang ke Indonesia, tanya Nasir Djamil, anggota Komisi III dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

    DPR Pertanyakan Rekaman Suap Rp 10 MNova DiaNsyaH/JaMbi iNDePeNDeNt

    MeNGaMuk: anggota satpol PP menunjukkan pintu yang rusak.

    Kasus DugaanPemotongan SPPD

    MUARABUlIAN Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Batanghari Bambang Purnomo terancam masuk bui. Dia ditetapkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara-bulian sebagai tersangka kasus kasus dugaan pemotongan surat perintah perjalanan dinas (SPPD) di dinas yang dia pimpin.

    Penetapan Bambang sebagai tersangka diungkapkan Kasi Pidsus Kejari Muarabulian Ham-sudin SH dalam ekspose di ruang kerjanya kemarin. Ekspose terse-

    but dihadiri Asintel Eben Neser Silalahi dan Kasidatun Kejari Muarabulian Khusaini Masiga. Hamsudin mengatakan, pening-katan status kasus tersebut dari penyelidikikan ke penyidikan pada 3 November.

    Benar, 3 November lalu, saya sudah menerima pelimpahan berkas dari Asintel. Itu artinya kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan. Berdasarkan BAP (bukti acara pemeriksaan) yang saya terima, satu orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Bambang Purnomo, jelasnya.

    Kadisbun Batang-hari Tersangka

    Anggodo orang yang diduga WisnuHaloYa PakPak, saya mohon di-SMS nomornya Mehen

    Pak, tadi saya telpon ke nomornya yang 1000 dia nggak ngangkat

    Ya, yang ituSMS lagi yaTerus bagaimana Pak, mengenai Edy ini

    gimana Pak?Edy ini s