jambi independent 18 november 2009

Click here to load reader

Post on 13-Mar-2016

311 views

Category:

Documents

20 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • Besok, Hasil Seleksi Administrasi Diumumkan

    novadiansyah, Jambi

    Hasil seleksi administrasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) 2009 di Pemerintah Provinsi Jambi dan Ka-bupaten/Kota akan diumumkan secara seren-

    tak, besok (19/11). Nama-nama peserta yang dinyatakan lu-lus bisa dilihat di Harian Pagi Jambi Independent. Pen-gumuman kelulu-san juga ditempel di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing daerah.

    Data sementara yang dirangkum Jambi

    Independent dari enam daerah, yakni Kota Jambi, Merangin, Bun-go, Sarolangun, Tanjab Timur, dan Tebo, ter-catat 11.489 pelamar dinyatakan tidak lulus administrasi. Semen-

    tara, data dari Pemprov Jambi, Muarojambi, Tanjab Barat, Batanghari, Kerinci, dan Kota Sungaipenuh belum diketahui.

    Hingga sore kemarin, pihak BKD masing-masing daerah ini belum bersedia memberi data hasil seleksi dengan alasan masih dalam proses verifikasi. Namun, jika dirata-rata masing-mas-ing daerah itu tidak lulus 500 orang saja, total keluruhan pelamar yang gugur bisa lebih dari 15.000 pelamar. Artinya yang gugur seleksi bahan lebih dari separo lamaran yang masuk. Data dari Kantor Pos Pusat, jumlah pelamar yang mengirim bahan mencapai 27.000 pelamar.

    rabu, 18 november 2009 eceran rp. 3.500,-

    Pada hari ke-40 pascagempa, wartawan Jawa Pos (induk Jambi

    independent) nany Wijaya kem-bali ke Gunung Tigo, Kabupaten

    Padang Pariaman, sumbar. sebel-umnya, sepekan pascagempa pun

    dia sudah ke sana. catatan tentang kehancuran akibat guncangan 7,9

    skala richter yang mencabik-cabik dan rencana-rencana ke depan

    akan diturunkan secara bersam-bung.

    bukitan Gunung Tigo (baca: Gunuang Tigo) di Kabupaten Padang Pariaman beberapa hari lalu.

    Dari sisa bantuan pembaca yang belum

    tersalurkan, kami merencanakan untuk membangun dua sekolah, masing-masing di Padang dan Padang Pariaman, dengan konsep seperti sekolah-sekolah di Jepang. Tak hanya

    tahan gempa, tapi juga sebagai rescue center ketika terjadi bencana.

    Menyusuri Padang pada Hari Ke-40 Pascagempa (1)

    Bangun Sekolah Tahan Gempa Sekaligus Rescue Center

    Di sela-sela mengurus dan mempersiapkan lokasi sekolah yang akan dibangun dengan dana bantuan para pembaca Jawa Pos, saya menyempatkan berkunjung ke daerah per-

    Bus sering Terlambat MEKKaH - Jamaah haji Provinsi Jambi melalui

    embarkasi Padang, Sumbar yang tinggal di ring 2 berjarak di atas 2 kilometer dari Masjidil Haram mulai menemui kendala. Salah satunya, bus yang sering terlambat datang. Khusus jamaah yang

    berada di ring 2 ini memang diberikan fasilitas bus seb-agai alat transportasi.

    Kontributor Jambi Inde-pendent, ABDul KADir HuSeiN melaporkan, ter-lambatnya bus ini karena jumlah jamaah haji yang banyak. Namun, secara umum, keterlambatan bus ini tidak mengganggu pelak-

    sanaan ibadah haji. Sementara itu, kemarin (17/11), jamaah haji

    kloter 1 melakukan ziarah ke museum. Museum ini banyak menyimpan barang-barang bersejarah tentang kota Mekkah, seperti kain kabah yang pertama dan terlama, guci-guci kuno, dan beberapa barang bersejarah lainnya.

    kadir husein

    L a p o r a n

    haji

    nany WiJaya/JPnnKaWasan LonGsor: batang kelapa menghalangi jalan (foto kanan) dan warga mengevakuasi orang sakit di Gunung Tigo, Padang Pariaman.

    OLEH:Dahlan Iskan

    selebriti

    baca bus hal 9

    Tampil seksi demi Eksistensi

    aKTris seksi Five-V kembali berakting di layar lebar. Kali ini dia mela-koni peran yang lebih menantang dalam film Hantu Binal Jembatan Semanggi. Dia bera-degan syur, bahkan topless. Meski ragu, Five-V akhirnya me-nerima peran tersebut. Awalnya memang berat, tapi demi eksis-tensi aku sebagai ak-tris, ujarnya ketika ditemui dalam syu-kuran film tersebut di Jembatan Semanggi, tepatnya di Brick Cafe, Plaza Semanggi, kemarin (17/11).

    15.000 Pelamar CPNs Gugur

    hukum

    Dampak Pembangkit Listrik yang Salah Makan (2-Habis)

    Dua Pilihan Akal Sehat Plus Satu Gila

    Sikapi rekomendasi Tim Delapan

    JaKarTa - Presiden Susilo Bambang Yud-hoyono (SBY) membutuhkan waktu hampir sepekan lagi untuk mengambil sikap terhadap rekomendasi Tim Independen Verifikasi Fakta dan Proses Hukum atas Kasus Chandra Marta Hamzah dan Bibit Samad riyanto (Tim Dela-pan). Sikap presiden baru diumumkan Senin pekan depan, setelah memberi kesempatan Kapolri Bambang Hendarso Danuri (BHD) dan Jaksa Agung Hendarman Supanji untuk turut mempelajari rekomendasi Tim.

    Pagi ini, presiden akan melakukan rapat khu-sus dengan sejumlah menteri untuk membahas

    hasil laporan dan rekomendasi Tim. Nanti malam, presiden juga akan memanggil

    Kapolri dan Jaksa Agung. Mereka berdua diberi waktu dua hingga

    tiga hari untuk mempelajari hasil verifikasi Tim Delapan, termasuk kesimpulan dan rekomendasinya.

    Sudah barang tentu akan ada direktif dari hasil rapat besok (hari ini), kata

    Menkopolhukam Djoko Suyanto di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.Seluruh anggota Tim Delapan kemarin

    menyerahkan laporan dan rekomendasi kepada Presiden. Djoko mengatakan, pal-ing lambat Senin pekan depan, presiden akan menyampaikan langkah yang akan diambil.

    Presiden Masih Ulur Waktu

    1.953 Kasus Kejahatan di JambiJaMBi - Pada 2009 ini angka tindak kejahatan di

    Provinsi Jambi cukup tinggi. Data di Polda Jambi, hingga Oktober, terjadi 1.953 kasus kejahatan.

    Dari jumlah itu, pencu-rian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas/perampokan) menduduki peringkat teratas.

    Jajaran Polda Jambi juga telah menangani 632 ka-sus curat. 350 kasus telah diselesaikan atau sekitar 55,3 persen. Sementara, kasus curas atau perampo-kan sebanyak 153 kasus.

    103 kasus atau 67,3 persen telah diselesaikan. Memang secara keseluruhan, angka ini diband-

    ingkan pada 2008 mengalami penurunan. Pada 2008, terdapat 2.192 kasus, dengan curat 645 kasus dan curas 164 kasus.

    Selain itu, kasus yang juga cukup tinggi di Provinsi Jambi adalah pencurian kendaraan ber-motor (curanmor), yakni 407 kasus.

    dudi anunG/rumGaPres/JPnn Tim 8 berTemu sby: sby (kanan) menerima Tim 8, di kantor presiden, kemarin (17/11).

    serang Wiliardi, Jawaban Polisi seragam

    JaKarTa - Tidak ada kejutan dalam kon-frontasi antara pejabat kepolisian dengan Wil-iardi Wizar dalam sidang kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, kemarin (17/11). Tiga penyidik plus mantan wakabareskrim Mabes Polri dan mantan direskrimum Polda Metro Jaya kompak membantah kesaksian Wiliardi dalam sidang dengan terdakwa Antasari Azhar di Pengadilan Negeri Jaksel itu.

    Mereka adalah mantan Wakabareskrim irjen Pol Hadiatmoko, mantan Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol M. iriawan, dan tiga penyidik: AKBP Daniel Tifaona, AKBP Nico Alfinta, serta AKBP Tornagogo Sihombing. Kelimanya dihadirkan setelah Wiliardi menyatakan mendapat arahan dan tekanan dalam proses pemeriksaan.

    Wiliardi mengaku didatangi Hadiatmoko sebelum meneken Berita Acara Pemerik-saan (BAP) pada 30 April 2009. Mantan Kapolres Jaksel itu diminta mengikuti arahan terkait keterlibatan Antasari. Kamu dijamin tidak dihukum. Kamu hanya kena sanksi disiplin, kata Wiliardi menirukan Hadiatmoko.

    almansyah

    PErTaNyaaN: indonesia begitu kaya gas. Mengapa PlN sampai tidak bisa mendapat-kan gas? Sehingga sebagian pembang-kitnya, sekitar 5000 MW, harus diberi minum solar yang dalam setahun meng-habiskan uang PlN rp 80 triliun?

    urusan ini rumit-nya bukan main. Memang yang ber-hak mengatur perda-gangan gas adalah pemerintah. Mesti-nya pemerintah bisa mengaturnya lebih baik. Tapi, saya ma-sih belum tahu siapa yang disebut pemerintah itu. Yang jelas, pe-milik-pemilik ladang gas adalah perusahaan swasta. Asing mau-pun domestik.

    Para pemilik ladang gas tentu ingin menjual gasnya dengan harga terbaik. Sebab, investasi un-

    tuk menemukan ladang gas tidak sedikit. Maka, PlN harus bersaing dengan pembeli-pembeli lain:

    pedagang luar negeri maupun pedagang dalam negeri sep-erti Perusahaan Gas Negara (PGN).

    Keinginan la in para pemilik ladang gas adalah ini: pem-beli harus mengam-bil semua gas yang dihasi lkan suatu sumur, berapa pun jumlahnya. Di sini PlN ditakdirkan kurang bisa fleksi-bel. Sebuah pem-bangkit listrik tentu

    sudah didesain memerlukan gas sekian MMBTu (Million Metric British Thermal unit). Sedangkan produksi sebuah sumur gas kadang kurang dari kebutuhan itu dan kadang sedikit kelebihan.

    kasus antasariraKa denny/JPnn

    muhammad iriawan bersaksi di sidang kasus pembunuhan nasrudin Zulkarnaen dengan terdakwa antasari azhar di Pn Jakarta selatan, kemarin (17/11).

    dJaTmiKo/Jambi indePendenT

    dJaTmiKo/Jambi indePendenTbaca 15.000 hal 9

    baca 1.953 Kasus hal 6

    baca dua hal 6

    baca serang hal 2

    baca Presiden hal 2baca Tampil hal 9

    baca bangun hal 2

    Five-v

  • rabu, 18 november 2009 Jambi Independent

    Menanggapi hal itu, Hadi-atmoko dengan tegas bahwa keterangan Wiliardi tidak benar. Dia lantas menguraikan kro-nologi dirinya bertemu dengan Wiliardi. Ketika itu, 28 April, sekitar pukul 18.00 mendapat telepon dari direskrimum Polda Metro. Isinya, tentang adanya keterlibatan seorang perwira menengah, yakni Kombes Pol Wiliardi Wizar.

    Hadiatmoko lantas menghubun-gi Kapuspaminal (kepala pusat pengamanan internal) Brigjen Pol Irawan Dahlan. Keduanya lantas tiba di Bareskrim pukul 21.30. Setelah itu kita ngobrol-ngo-brol, kata staf ahli kapolri itu.

    Jenderal bintang dua itu ke-mudian menanyakan kepada Wiliardi tentang beberapa hal. Di antaranya apakah kenal dengan Jerry Hermawan Lo dan Eduardus Ndopo Mbete (Edo), apakah per-nah menyerahkan sesuatu kepada seseorang di lokasi bowling An-col. Pertanyaan-pertanyaan itu di-jawab Wiliardi dengan tidak tahu dan tidak kenal. Berarti dugaan keterlibatan itu tidak b