edisi : november 2009 · title: edisi : november 2009 author: teten created date: 9/29/2010...

2
Alamat: Jl. Telex Raya No 23 Karang Sukun Mataram - NTB. Tlp :0370-637285 E-mail : [email protected] Home : www.transform-.co.nr Edisi : Agustus 2010 Media Cerdas Untuk Membangun Masyarakat Madani Diterbitkan Atas Kerjasama : REDAKSI TRANSFORM MEDIA: PENANGGUNG JAWAB : Markum PIMPINAN REDAKSI : Budhy Setiawan REDAKSI : Syahbudin, Andi C Ichsan, Mukhtar, KONTRIBUTOR : Witardi, Lalu Kertawan, Faturahman, Anik, DESAIN & LAYOUT : Widi S, DISTRIBUSI : Hidayat, KEUANGAN : Marwiyah Dusun Jeringo. Selain masyarakat, hadir pula Camat Suela dan unsur pemerintah di tingkat kecamatan seperti UPTD Peternakan Kecamatan Suela, Babinsa Desa Perigi, Polamas, BPD Desa Perigi, Staf Transform, dan UPTD Pendidikan Kecamatan Sikur. Dalam sambutannnya pada saat diskusi, camat menyambut positif kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh lembaga transform dan menurut beliau, apa yang sudah dilakukan lembaga transform dapat di sinkronisasikan dengan kegiatan- kegiatan ditingkat kecamatan, seperti PNPM Mandiri dll. Kegiatan peresmian kandang kolektif ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Agustus 2010, bertempat di Kampung Sengalang-alang Dusun Jeringo. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 60 orang yang terdiri dari Masyarakat Kampung Sengalang-alang, tokoh-tokoh masyarakat dari semua RT yang ada di- Pembaca yang budiman, Dengan segala keterbatasan yang ada, kami hadir untuk menyajikan informasi bulanan di seputar program yang dilakukan Lembaga Transform di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk. dengan misi mewujudkan perubahan bersama masyarakat. Info Bulanan ini ingin sedikit berbagi kepada masyarakat tentang apa yang sudah dilakukan oleh Transform bersama masyarakat untuk mewujudkan misi tersebut. Pada edisi bulan Agustus ini ada tiga tulisan inti yang kami sampaikan kepada pembaca, yaitu : 1) Peresmian kandang Sapi Kolektif 2). Assesment Bedah Rumah 3). Persiapan sekolah untuk sarana cuci tangan. Proses Diskusi Pada Saat Peresmian Untuk mewujudkan komitemen lembaga transform dalam meningkatkan kualitas program pemberdayaan masyarakat di dusun Jeringo, maka pada bulan agustus ini lembaga transform bekerjasama dengan masyarakat sekitar melakukan Assesment Bedah Rumah yang bertempat di kampung sengalang- alang dusun Jeringo. Hasil dari Assement tersebut diperoleh gambaran bahwa 13 Dari 35 rumah yang ada di Kampung Sengalang-alang sangat perlu untuk diperbaiki. Hal ini dapat dilihat dari keadaan rumah yang sudah sangat parah, dan rata-rata rumah tersebut tidak memiliki jendela. Sehingga sangat tidak layak untuk di huni. Perbaikan rumah tersebut difokuskan pada prioritas kebutuhan masyarakat seperti pembuatan jendela, pagar dan renovasi lantai rumah. Dengan adanya bedah rumah ini, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat menjadi lebih meningkat.

Upload: others

Post on 16-Oct-2020

4 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Edisi : November 2009 · Title: Edisi : November 2009 Author: teten Created Date: 9/29/2010 12:33:47 PM

Alamat: Jl. Telex Raya No 23 Karang Sukun

Mataram - NTB. Tlp :0370-637285

E-mail : [email protected]

Home : www.transform-.co.nr

Edisi : Agustus 2010

Media Cerdas Untuk Membangun Masyarakat Madani

Diterbitkan Atas Kerjasama :REDAKSI TRANSFORM MEDIA: PENANGGUNG JAWAB : Markum PIMPINAN REDAKSI : Budhy Setiawan REDAKSI : Syahbudin, Andi C Ichsan, Mukhtar, KONTRIBUTOR : Witardi, Lalu Kertawan, Faturahman, Anik, DESAIN & LAYOUT : Widi S, DISTRIBUSI : Hidayat, KEUANGAN : Marwiyah

Dusun Jeringo. Selain masyarakat,hadir pula Camat Suela dan unsurpemerintah di tingkat kecamatanseperti UPTD PeternakanKecamatan Suela, Babinsa DesaPerigi, Polamas, BPD Desa Perigi, StafTransform, dan UPTD PendidikanKecamatan Sikur.

Dalam sambutannnya pada saatdiskusi, camat menyambut positifkegiatan-kegiatan yang telahdilakukan oleh lembaga transformdan menurut beliau, apa yang sudahdilakukan lembaga transform dapatdi sinkronisasikan dengan kegiatan-kegiatan ditingkat kecamatan,seperti PNPM Mandiri dll.

Kegiatan peresmian kandang kolektif ini

dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9Agustus 2010, bertempat di KampungSengalang-alang Dusun Jeringo.Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 60orang yang terdiri dari MasyarakatKampung Sengalang-alang, tokoh-tokohmasyarakat dari semua RT yang ada di-

Pembaca yang budiman, Dengan

segala keterbatasan yang ada, kamihadir untuk menyajikan informasibulanan di seputar program yangdilakukan Lembaga Transform diKabupaten Lombok Timur. Kegiatanini didukung oleh PT HM SampoernaTbk. dengan misi mewujudkanperubahan bersama masyarakat. InfoBulanan ini ingin sedikit berbagikepada masyarakat tentang apa yangsudah dilakukan oleh Transformbersama masyarakat untukmewujudkan misi tersebut. Pada edisibulan Agustus ini ada tiga tulisan intiyang kami sampaikan kepadapembaca, yaitu : 1) Peresmiankandang Sapi Kolektif 2). AssesmentBedah Rumah 3). Persiapan sekolahuntuk sarana cuci tangan.

Proses Diskusi Pada Saat Peresmian

Untuk mewujudkan komitemen

lembaga transform dalammeningkatkan kualitas programpemberdayaan masyarakat di dusunJeringo, maka pada bulan agustus inilembaga transform bekerjasamadengan masyarakat sekitar melakukanAssesment Bedah Rumah yangbertempat di kampung sengalang-alang dusun Jeringo. Hasil dariAssement tersebut diperolehgambaran bahwa 13 Dari 35 rumahyang ada di Kampung Sengalang-alangsangat perlu untuk diperbaiki. Hal inidapat dilihat dari keadaan rumah yangsudah sangat parah, dan rata-ratarumah tersebut tidak memiliki jendela.Sehingga sangat tidak layak untuk dihuni. Perbaikan rumah tersebutdifokuskan pada prioritas kebutuhanmasyarakat seperti pembuatanjendela, pagar dan renovasi lantairumah.

Dengan adanya bedah rumah ini,diharapkan tingkat kesadaranmasyarakat tentang pola hidup sehatmenjadi lebih meningkat.

Page 2: Edisi : November 2009 · Title: Edisi : November 2009 Author: teten Created Date: 9/29/2010 12:33:47 PM

Rencana Kegiatan Bulan September 2010

No Kegiatan

1 Bedah Rumah

2 Assesment Kandang SapiKolektif Sesager

3 Pelatihan Kader Kesehatan

4 Pelatihan Pengolahan hasilpertanian

5 Pembibitan

Diterbitkan Atas Kerjasama :REDAKSI TRANSFORM MEDIA: PENANGGUNG JAWAB : Markum PIMPINAN REDAKSI : Budhy Setiawan REDAKSI : Syahbudin, Andi C Ichsan, Mukhtar, KONTRIBUTOR : Witardi, Lalu Kertawan, Faturahman, Anik, DESAIN & LAYOUT : Widi S, DISTRIBUSI : Hidayat, KEUANGAN : Marwiyah

Menindak lanjuti program

pengembangan green schoolyang dilaksanakan oleh lembagaTransform bekerja sama denganUPTD pendidikan, kecamatanSikur Kabupaten Lombok Timur.Saat ini sedang di inisiasipengadaan sarana cuci tangandan tong sampah bagi sekolah-sekolah yang menjadi pilotproject. Dengan harapan bahwakeberadaan sarana cuci tangandan tong sampah tersebut,dapat meningkatkan kesadarandan kepedulian guru dan siswaterhadap kondisi lingkunganyang ada disekitar mereka.

Alamat: Jl. Telex Raya No 23 Karang Sukun

Mataram - NTB. Tlp :0370-637285

E-mail : [email protected]

Home : www.transform-.co.nr

Beberapa sekolah yang Menjadi Pilot Project Transform yaitu :

Khasiat SerikayaBuah srikaya berbentuk bulat dengan kulit berbintilbintil seperti sisik , kulit buah berwarna hijau keputih-putihan. Bila telah matang, kulit buah mengkilap dansisiknya merenggang. Pada setiap sisik mengandungdaging buah dan sebuah biji. Daging buah berwarnaputih dan mempunyai rasa yang manis. Kandungan zatgizi dan fitonutrien : Gula, Provitamin A (karotenoid),vitamin B1, Vitamin B2 dan Vitamin C, Mineral besi,potasium/kalium, kalsium dan fosfor, serat.Manfaatnya : Memperlancar saluran percernaan danmencegah konstipasi, menambah energi, sebagaiantioksidan. (sumber : Jus buah & sayuran, Dra EmmaS Wirakusumah, M.Sc )

Please visit : www.transform.co.nr

No ` SEKOLAH 1 Sikur SDN 1 Sikur2 Gugus Semaya SDN 1 Semaya3 Gugus Montong Ba’an SDN 1 Montong Ba’an4 Gugus Loyok SDN 4 Loyok5 Gugus Kotaraja SDN 2 Kotaraja6 Gugus Tete Batu SDN 2 Tetebatu

Kolom Pengetahuan !