dakwah_pai 2010

53

Upload: apandin

Post on 18-Dec-2014

1.347 views

Category:

Education


0 download

DESCRIPTION

slide asisten mata kuliah agama islam itb 2010 kelas 5.

TRANSCRIPT

Page 1: Dakwah_PAI 2010
Page 2: Dakwah_PAI 2010

Agung Pandi Nugroho

Teknik Geodesi dan GeomatikaITB 2006

Ketua Majelis Syura GAMAIS ITB 2010

KontakPonsel : 08195608980E-mail/FB/Twitter:[email protected]:http://apandin.wordpress.com

Page 3: Dakwah_PAI 2010
Page 4: Dakwah_PAI 2010
Page 5: Dakwah_PAI 2010

Jadi apa itu dakwah…?

Eits, Nanti dulu… Sabar y.

Page 6: Dakwah_PAI 2010

Keutamaan Dakwah

Page 7: Dakwah_PAI 2010

Nikmat Allah yang paling besar

Page 8: Dakwah_PAI 2010

“Sesungghunya Jika Allah ta‟ala menghendakikebaikan bagi seorang hamba, maka diadipekerjakannya.”

Para sahabat lalu bertanya, “Bagaimanadipekerjakannya itu, ya Rasulullah?

Nabi Saw menjawab, “Diberikannya taufiq untukberamal salih sebelum wafatnya.”

Page 9: Dakwah_PAI 2010

Dan hendaklah ada di antara kamu segolonganumat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegahdari yang munkar; merekalah orang-orangyang beruntung. (QS 3:104)

Page 10: Dakwah_PAI 2010

Tugas pokok para Rasul

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepadaumat manusia seluruhnya sebagai pembawa beritagembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapikebanyakan manusia tiada mengetahui. (QS 34:8)

Katakanlah (Hai Muhammad): “Inilah jalanku: akudan orang-orang yang mengikutiku berdakwah(mengajak kamu) kepada Allah dengan hujahyang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiadatermasuk orang-orang yang musyrik”. (Yusuf (12): 108)

Page 11: Dakwah_PAI 2010

Amal yang Terbaik

Siapakah yang lebih baik perkataannyadaripada orang yang berdakwah (menyeru) kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasukorang-orang yang menyerah diri?” (Fushilat(41): 33)

Page 12: Dakwah_PAI 2010

Big & Continuous Rewards

“Demi Allah, sesungguhnya Allah swt menunjukiseseorang dengan (dakwah)mu maka itu lebihbagimu dari unta merah.” (Bukhari, Muslim & Ahmad).

“Sesungguhnya Allah swt memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikanselalu mendoakan orang-orang yang mengajarkankebaikan kepada orang lain.” (HR. Tirmidzi dariAbu Umamah Al-Bahili).

Page 13: Dakwah_PAI 2010

Big & Continuous Rewards (2)

Hai orang-orang yang beriman, jika kamumenolong (agama) Allah, niscaya Dia akanmenolongmu dan meneguhkankedudukanmu.

Page 14: Dakwah_PAI 2010

Big & Continuous Rewards (3)

“Siapa yang mencontohkan perbuatan baik dalamIslam, lalu perbuatan itu setelahnya dicontoh (oranglain), maka akan dicatat untuknya pahala sepertipahala orang yang mencontohnya tanpa dikurangisedikit pun pahala mereka yang mencontoh nya. Dan barangsiapa mencontohkan perbuatan buruk, laluperbuatan itu dilakukan oleh orang lain, maka akanditulis baginya dosa seperti dosa orang yang menirunya tanpa mengurangi mereka yang menirunya. (HR. Muslim dari Jarir bin Abdillah ra).

Page 15: Dakwah_PAI 2010

kebaikan

individu

Page 16: Dakwah_PAI 2010

Dakwah dapat menyelamatkan kitadari azab Allah swt

“Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentangnegeri yang terletak di dekat laut ketika merekamelanggar aturan pada hari Sabtu , di waktudatang kepada mereka ikan-ikan (yang berada disekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itutidak datang kepada mereka. Demikianlah Kamimencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik(Al-A‟raf (7): 163).

Page 17: Dakwah_PAI 2010

“Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antaramereka berkata: “Mengapa kamu menasehatikaum yang Allah akan membinasakan merekaatau mengazab mereka dengan azab yang amatkeras?” Mereka menjawab: “Agar kamimempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu , dan supaya merekabertakwa… (Al-A‟raf (7): 164).

Page 18: Dakwah_PAI 2010

Make tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, Kamiselamatkan orang-orang yang melarang dariperbuatan jahat dan Kami timpakan kepadaorang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik. (Al-A‟raf (7): 165).

Page 19: Dakwah_PAI 2010

Perumpamaan orang yang tegak di atas hukum-hukum Allah dengan orang yang melanggarnyaseperti kaum yang menempati posisinya di atasbahtera, ada sebagian yang mendapatkan tempatdi atas, dan ada sebagian yang mendapat tempatdi bawah. Mereka yang berada di bawah jika akanmengambil air harus melewati orang yang beradadi atas, lalu mereka berkata: “Jika kita melubangibagian bawah milik kita dan tidak mengganggumereka..” Kalau mereka membiarkan keinginanorang yang akan melubangi, mereka semua celaka, dan jika mereka menahan tangan mereka makaselamatlah semuanya. (HR. Bukhari).

Page 20: Dakwah_PAI 2010

Jalan Menuju Khairu Ummah

Page 21: Dakwah_PAI 2010

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepadayang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itulebih baik bagi mereka; di antara mereka adayang beriman, dan kebanyakan merekaadalah orang-orang yang fasik. (QS 3:110)

Page 22: Dakwah_PAI 2010

Al-Hayatu Ar-Rabbaniyyah Dengan semua keutamaan dakwah di atas, berarti

seorang da‟i dengan dakwahnya sedang menjalanihidupnya dengan kehidupan rabbaniyyah yaknikehidupan yang selalu berorientasi kepada Allah swt dan kehidupan yang selalu diisi denganbelajar Al-Quran yang menjadi sumber kebaikan serta mengajarkannya kepada orang lain.

“Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dandisebabkan kamu tetap mempelajarinya. (Ali Imran (3): 79).

Page 23: Dakwah_PAI 2010

Al-Hayah Al-Mubarakah (Kehidupan yang Diberkahi)

Dengan selalu berdakwah di jalan Allah swtserang da‟i telah menjadikan hidupnya penuhkeberkahan. Yang dimaksud dengan keberkahanadalah kebaikan yang banyak dan melimpah disisi Allah swt. Para Nabi alaihimussalam adalahorang yang paling diberkahi dan kehidupannyaadalah kehidupan penuh keberkahan, perhatikanucapan Nabi Isa as tentang dirinya:

Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati dimana saja aku berada, dan Dia memerintahkankepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup. (Maryam (19): 31).

Page 24: Dakwah_PAI 2010

Al-Hayah Al-Mubarakah (Kehidupan yang Diberkahi)

Penyebab utama kehidupan Nabi Isa dan paraNabi lainnya diberkahi oleh Allah swt adalahpekerjaan mereka sebagai orang-orang yang dipilih oleh Allah untuk mendakwahkanajaran-Nya kepada manusia. Inilah yang dipahami oleh Ibnul Qayyim – salah seorangulama besar – ketika menjelaskan suratMaryam ayat 31 di atas.

Page 25: Dakwah_PAI 2010

Keberkahan seseorang itu ada pada:

• pengajarannya terhadap segala macamkebajikan di mana pun ia berada, dan

• Nasehat yang ia berikan kepada semua orangyang ijtima‟ (berkumpul) dengannya.

(Ibnul Qayyim)

Page 26: Dakwah_PAI 2010

Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalamkeadaan beriman, maka sesungguhnya akanKami berikan kepadanya kehidupan yang baikdan sesungguhnya akan Kami beri balasankepada mereka dengan pahala yang lebih baikdari apa yang telah mereka kerjakan. (QS 16:97)

Page 27: Dakwah_PAI 2010

Saat menceritakan tentang nabi Isa – „alaihissalam – Allah swtberfirman:

“Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja akuberada”. (Q.S. Maryam: 31)

Nabi „Isa – „alaihissalam – menjadi manusia yang membawa berkahadalah karena ia:

Menjadi guru kebajikan Juru dakwah yang menyeru manusia kepada Allah – subhanahu

wa ta‟ala - Mengingatkan manusia tentang Allah – subhanahu wa ta‟ala - Mendorong dan memotivasi manusia untuk taat kepada Allah –

subhanahu wa ta‟ala.Demikian Ibnul Qayyim melihat keberkahan dalam hidup seseorang,

di mana kehidupan yang berkah itu – menurut beliau & sesuaiarahan Al-Quran – ditentukan oleh aktivitas memberi manfaatkepada orang lain melalui dakwah dan kebaikan yang disebarkandemi meninggikan kalimat Allah swt.

Page 28: Dakwah_PAI 2010

Cinta Allah

Rasulullah saw. Bersabda, “Sesungguhnya Allah jika mencintai seorang hamba, Dia memanggil Jibril seraya mengatakan, „Sesungguhnya Aku mencintai si fulan maka cintailah dia.‟ Maka Jibril mencintainya. Kemudian ia (Jibril) menyerukan di langit dengan mengatakan, „Sesungguhnya Allah mencintai si fulan maka cintailah dia oleh kalian.‟ Maka penduduk langit mencintainya. Kemudian jadilah orang itu mendapatkan penerimaan di bumi. ” (Shahih Al-Bukhari dan Muslim)

Page 29: Dakwah_PAI 2010

Jadi Dakwah adalah…

Page 30: Dakwah_PAI 2010

Secara bahasa : berarti “menyeru”

Page 31: Dakwah_PAI 2010

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmudengan hikmah dan pelajaran yang baik danbantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebihmengetahui tentang siapa yang tersesat darijalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahuiorang-orang yang mendapat petunjuk. (QS:125)

Page 32: Dakwah_PAI 2010

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itubarang siapa yang ingkar kepada Thaghut danberiman kepada Allah, maka sesungguhnya iatelah berpegang kepada buhul tali yang amatkuat yang tidak akan putus. Dan Allah MahaMendengar lagi Maha Mengetahui. (QS 2:256)

Page 33: Dakwah_PAI 2010

Dakwah, adalah….

Mengajak manusia kepada Allah denganhikmah dan nasihat yang baik ,sehingga

mereka meninggalkan thagut dan berimankepada Allah agar mereka keluar dari

kegelapan jahiliyah menuju cahaya islam.

Page 34: Dakwah_PAI 2010

Kepada siapa?

Manusia

Page 35: Dakwah_PAI 2010

“Tugas da‟i ibarat seorang dokter. Menghayatihati dan cara fikir pasien dan menghapuspenderitaan pasien dengan kata-kata dan obatyang sesuai.” ( abbas asy siisiy )

Page 36: Dakwah_PAI 2010

Menyeru/ mengajak kemana?

Kepada Allah

Page 37: Dakwah_PAI 2010

Cara?

Dengan hikmah dan nasehat yang baik

Page 38: Dakwah_PAI 2010

Tujuan?

Ingkar kepada thagut dan iman kepada Allah

Page 39: Dakwah_PAI 2010

Unsur Dakwah

Page 40: Dakwah_PAI 2010

Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku danorang-orang yang mengikutiku mengajak(kamu) kepada Allah dengan hujjah yang

nyata, Maha Suci Allah, Dan aku tiadatermasuk orang-orang yang musyrik

(QS 12:108)

Page 41: Dakwah_PAI 2010

Syariat dakwah (Katakanlah)

Misi dakwah (ini adalah jalanku)

Pergerakan yang berkelanjutan (aku menyeru)

Tujuan akhir yang benar (Kepada Allah)

Pedoman yang jelas

Pemimpin yang ikhlas ( Aku)

Pasukan yang patuh(Dan orang yang mengikutku)

Penyerahan diri kepadaAllah (Maha suci Allah)

Dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik (mengesakan Allah)

Page 42: Dakwah_PAI 2010

Kita sebagai umat muslim

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalshaleh dan nasihat menasihati supaya menaatikebenaran dan nasihat menasihati supayamenetapi kesabaran. (QS 103 : 1-3)

Page 43: Dakwah_PAI 2010

Nahnu Du‟aatun Qabla Kulli Syai‟in.

“Kami adalah dai sebelum jadi apapun”.

Page 44: Dakwah_PAI 2010

1. Qudwah (teladan) sebelum dakwah2. Menjalin keakraban sebelum pengajaran3. Mengenalkan Islam sebelum memberi tugas4. Bertahap dalam pembebanan tugas5. Mempermudah, bukan mempersulit6. Menyampaikan yang ushul (dasar) sebelumyang furu‟ (cabang)7. Memberi kabar gembira sebelum ancaman8. Memahaman, bukan mendikte9. Mendidik bukan merendahkan10. Menjadi murid seorang imam, bukan muridnyabuku.

Page 45: Dakwah_PAI 2010

Merenung bentar yu…

Page 46: Dakwah_PAI 2010

Can you remember someone who made positive impact in your life?

Page 47: Dakwah_PAI 2010

Have you made a possitive impact in other life?

Page 48: Dakwah_PAI 2010

Hai orang-orang yang beriman, peliharalahdirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepadamereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS 66:6)

Page 49: Dakwah_PAI 2010

Sebagai bekal

Sumber aqidah yang benar

Ibadah yang benar

Akhlak yang kuat

Wawasan yang luas

Kesehatan jasmani

Page 50: Dakwah_PAI 2010

Sesungguhnya telah datang kepadamu seorangrasul dari kaummu sendiri, berat terasaolehnya penderitaanmu, sangatmenginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayangterhadap orang-orang mukmin. (QS 9:128)

Page 51: Dakwah_PAI 2010

question:?

Ponsel : 08195608980

E-mail/FB/Twitter: [email protected] : http://apandin.wordpress.com

Page 52: Dakwah_PAI 2010

question:?

Ponsel : 08195608980

E-mail/FB/Twitter: [email protected] : http://apandin.wordpress.com

Page 53: Dakwah_PAI 2010

www.dakwatuna.com

Fiqh dakwah jilid 1 – syaikh musthafa masyhur

Fiqh dakwah jilid 2 – syaikh musthafa masyhur