client brief - public speaking for teens

Download Client Brief - Public Speaking for Teens

Post on 18-Feb-2017

27 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Client Brief Public Speaking for Teens

Client Brief - Public Speaking for Teens

Detil AcaraNama Acara: Public Speaking for TeensPenyelenggara: Akademi TrainerWaktu pelaksanaan: Tanggal 21-23 Desember 2015Tempat Acara: Bukit Gumati, Sentul, BogorSasaran: Remaja

Contact Information

Akademi Trainer@akademi_trainer0812.1632.0707

akademitrainer@gmail.com

www.akademitrainer.com

ObjectiveMengedukasi para remaja Indonesia sebagai bekal atas pengembangan dari potensi-potensi mereka.

SegmentasiJenis kelaminPria dan WanitaGeografisJabodetabekUsia13-17 tahun PendidikanSMP - SMA

SESB-APsikografis TA adalah remaja yang memiliki minat terhadap public speaking dan ingin mengembangkan potensinya melalui program pengembangan diri.TA sangat aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan pendidikanTA merupakan anak muda melek teknologi yang terbiasa bersentuhan dengan online media

KompetitorEnglish Public Speaking Workshop: Ini merupakan acara workshop yang secara khusus berkonsentrasi pada English public speaking. Games dan stand up comedy yang ada di acara menjadi nilai jual event ini.Public Speaking Training: Public Speaking Training adalah acara pelatihan mengenai public speaking yang berafiliasi dengan UGM. Nama UGM dan harga tiket yang ekonomis merupakan keunggulan acara dalam menjaring para peserta.

Workshop Public Speaking for Teenagers: Ini adalah acara public speaking yang bernuansa Islami. Special offers yang terdapat pada acara merupakan daya tarik tersendiri bagi TA. Kekurangannya adalah copywriting dan desain brosur yang kurang tertata dengan baik.Amazing Public Speaking: Merupakan acara workshop sehari yang berisikan materi public speaking. Edisi acara yang berkesinambungan dan pemberian modul materi merupakan nilai plus acara ini. Kekurangannya terletak pada copywriting dan desain layout brosur yang kurang estetis.

DiferensiasiNama Jamil Azzaini sebagai trainer ternama dan Akademi Trainer sebagai organisasi profesional yang membawahi acara ini memberikan pengaruh dorongan awareness di masyarakat.Materi yang diberikan tidak hanya menyempit pada area public speaking, tapi juga tentang bagaimana membuat presentasi, memecahkan suatu masalah, dan hal-hal lainnya yang berguna bagi pembentukan pribadi yang positif serta pengembangan potensi peserta.Berbeda dengan event sejenis kebanyakan, penyelenggaraan Public Speaking for Teens dilakukan selama 3 hari secara berturut-turut sehingga acaranya juga lebih intens.Acara memiliki fasilitas tes STIFIn untuk memetakan kepribadian dan kecerdasan para peserta.

USPNama tenar Jamil Azzaini sebagai trainer mampu mengangkat value dari acara ini. Acara ini memberikan pelatihan dan edukasi public speaking secara terpadu selama 3 hari oleh orang-orang yang berkualitas yang berpengalaman di bidangnya.Acara menawarkan ilmu, wawasan, serta pengalaman yang sangat bermanfaat bagi pengembangan potensi, penggalian bakat, dan pengenalan jati diri para peserta.

Penyelenggaraan acara yang berlangsung selama 3 hari memberikan dampak positif dalam mempererat keakraban dan ikatan emosional di antara para peserta. Keikusertaan para peserta dalam acara ini dapat menambah teman dan memperluas jaringan relasi mereka.Kecanggihan fasilitas STIFIn yang diberikan dapat memudahkan para peserta dalam mengenali kepribadian dan kecerdasan mereka. Ini dapat memberikan manfaat kognitif bagi perkembangan diri remaja.Selain sertifikat, acara ini juga memberikan fasilitas akomodasi secara penuh sesuai dengan kebutuhan para peserta selama penyelenggaraan acara.

Kampanye yang Pernah DilakukanOffline Campaign (penyebaran brosur)

Problem Klien/Program AcaraBelum adanya logo dan tagline event yang menjadi identitas program, sehingga acara tidak ter-branding. Selain itu, pada edisi-edisi sebelumnya, acara juga tidak memiliki tema. Hal ini membuat kesan yang tersampaikan kepada khalayak tidak tertancap secara kuat.Pemanfaatan media kurang optimal. Masih ada sisi-sisi media yang belum dimanfaatkan.Sounding acara kurang berdampak luas. Info mengenai program acara pada edisi-edisi sebelumnya kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan informasi calon peserta.

RequestKonsep kampanye untuk memasarkan acara ini.Deskomvis untuk kebutuhan kampanye.

What to DoPenyusunan konsep campaign secara terintegrasi (online & offline) Online: Social media buzzing; offline: Pengiriman proposal, presentasi langsung, dan penyebaran brosur pada mading sekolah-sekolah.Support untuk social media vendoring (admin, copywriting, dan post boosting).Pembuatan visual post pendukung kampanye.Pembuatan motion graphic sebagai teaser acara.Pembuatan template layout untuk kebutuhan presentasi.

Rekomendasi Strategi KampanyeSosialisasi STIFIn di sekolah-sekolah target sebagai salah satu keunggulan PSFT yang bisa di-highlight untuk bisa menarik awareness TA. Sosialisasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan alumni sekolah target yang dituju dari Akademi Trainer. Tujuannya adalah sebagai anak panah yang disasarkan ke sekolah target agar bisa lebih mudah untuk masuk ke sana.Membangun komunitas di sekolah-sekolah. Melalui pemanfaatan alumni, AT bisa membuat suatu komunitas yang tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi anak sekolah melalui pemilihan salah satu murid sebagai brand ambassador. Brand ambassador ini nantinya difungsikan untuk membantu kampanye dan sosialisasi acara. Reward untuk brand ambassador bisa berupa diskon atau privilege yang berhubungan dengan acara.

Blast ke grup-grup Facebook angkatan di sekolah-sekolah melalui brand ambassador yang telah dipilih.Penggunaan fitur event invitation di Facebook TA. Sasaran akun bisa dipilih dari database peserta PSFT pada edisi sebelumnya dan siswa-siswa sekolah yang dituju saat kegiatan presentasi.Pemanfaatan public figure sebagai brand ambassador yang menjadi representasi kaum anak muda. Tujuannya adalah agar public figure yang mewakili serta mengenali mindset anak muda bisa menjadi jembatan antara TA dan acara melalui pengomunikasian efektif dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh mereka. Contoh public figure yang representatif: Raditya Dika Public figure yang banyak dikenali oleh anak muda sebagai pribadi yang multi-talented, intelek, fun, berelavan dengan tema public speaking (sebagai stand up comedian), dan memiliki basis fan di kalangan remaja.

Pemanfaatan peserta PSFT pada edisi sebelumnya sebagai brand ambassador untuk membantu kampanye acara.Memperjelas output acara untuk TA (tidak hanya sekedar ilmu, nilai pengalaman, hasil STIFIn, atau sertifikat). Output ini harus di persempit impact-nya menjadi benefit yang langsung terasa bagi mereka. Pengusulan konsep Fun & Education pada acara. Fitur hiburan (musik, games, atau stand up comedy) yang mengiringi konten edukasi dapat menjadi nilai tambah untuk menarik awareness TA. Selingan ini dimaksudkan agar para peserta tidak bosan selama mengikuti acara. Penggunaan brand ambassador public figure bisa menjadi jawaban atas masalah ini.