bab struktur bidang

Download BAB struktur bidang

If you can't read please download the document

Post on 09-Apr-2016

219 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

tentang geoglogi struktur

TRANSCRIPT

Praktikum Geologi Struktur

Sesar

BAB VII

SESAR

7.1. TujuanAdapun tujuan dari diadakannya praktikum geologi struktur pada bab sesar di bab ini antara lain:1. Mengetahui bagian-bagian sesar2. Mengetahui klasifikasi sesar

3. Merekonstruksi sesar

7.2. Dasar Teori

Sesar (fault) merupakan bidang rekahan atau zona rekahan pada batuan yang sudah mengalami pergeseran. Sesar terjadi sepanjang retakan pada kerak bumi yang terdapat slip di antara dua sisi yang terdapat sesar tersebut. Sifat pergeserannya dapat bermacam-macam, mendatar, miring (oblique), naik dan turun. Di dalam mempelajari struktur sesar, di samping geometrinya yaitu, bentuk, ukuran, arah dan polanya yang penting juga untuk diketahui adalah mekanisme pergerakannya (Sukartono, 2013).

Beberapa definisi yang lengkap dari sebagian ahli geologi struktur, antara lain :

1. Billing (1959)

Sesar didefinisikan sebagai bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif (displacement) satu blok terhadap blok batuan lainnya. Jarak pergeseran tersebut dapat hanya beberapa milimeter hingga puluhan kilometer, sedangkan bidang sesarnya mulai dari yang berukuran beberapa centimeter hingga puluhan kilometer. 2. Ragan (1973)Sesar merupakan suatu bidang rekahan yang telah mengalami pergeseran.3. Park (1983)

Sesar adalah suatu bidang pecah (fracture) yang memotong suatu tubuh batuan dengan disertai oleh adanya pergeseran yang sejajar dengan bidang pecahnya.(Bell, 2007)Sifat pergeseran sesar separation (pergeseran semu) dan slip (pergeseran relatif). Separation adalah jarak tegak lurus antara dua bidang yang tergeser dan diukur pada bidang sesar. Slip adalah pergeseran yang relatif pada sesar diukur dari blok satu ke blok lainnya merupakan pergeseran pada titik-titik yang sebelumnya berimpit. Total pergeseran relatifnya disebut dengan not-slip.

Beberapa istilah yang akan dipakai di dalam analisis bab sesar ini antara lain :

1. Jurus sesar (strike of fault) adalah arah garis perpotongan bidang sesar dengan bidang horizontal dan biasanya diukur dari arah utara.

2. Kemiringan Sesar (dip of fault) adalah sudut yang dibentuk antara bidang sesar dengan bidang horizontal, diukur tegak lurus strike.3. Net slip adalah pergeseran relatif suatu titik yang semula berimpit pada bidang sesar akibat adanya sesar.4. Rake adalah sudut yang dibentuk oleh net slip dengan strike slip (pergeseran horizontal searah jurus) pada bidang sesar.5. Hade, yaitu sudut antara garis vertikal dengan bidang sesar dan merupakan penyiku dari dip sesar.6. Throw, yaitu komponen vertikal dari slip atau separation diukur pada bidang vertikal yang tegak lurus jurus seasar.

7. Heave, yaitu komponen horizontal dari suatu slip atau separation, diukur pada bidang vertikal yang tegak lurus jurus sesar.

8. Hanging wall dan foot wall, yaitu blok yang terletak di atas bidang sesar dan di bawah bidang sesar.

Gambar 7.1Bagian-bagian SesarKeterangan : = dip = rake of net slip= hade = 90o dipab= net slipac= strike slipcb/ad= dip slipae= vertical slip (throw)de= horizontal slip (heave) dab= rakeHw= hanging wallFw= foot wallBerdasarkan tipe gerakannya (E.W. Spencer, 1977) secara umum, dibedakan atas :

1. Sesar translasi, yaitu jenis sesar yang pergeserannya sepanjang garis lurus.*Sumber : (http://toba-geoscience.blogspot.com, 2014)Gambar 7.2

Sesar Translasi2. Sesar rotasi, yaitu jenis sesar yang pergeserannya mengalami perputaran atau terputar.*Sumber : (http://sipanjaitan.blogspot.com, 2014)Gambar 7.3

Sesar Rotasi

Dalam penjelasan sesar, digunakan istilah hanging wall yaitu tubuh batuan yang relatif berada di atas bidang sesar dan foot wall bagian batuan yang relatif berada di bawah bidang sesar. *Sumber : (http://faristyawan.wordpress.com, 2014)Gambar 7.4Hanging Wall dan Foot WallSecara garis besar, sesar dibagi menjadi dua, yaitu sesar tampak dan sesar buta (blind fault). Sesar yang tampak adalah sesar yang mencapai permukaan bumi sedangkan sesar buta adalah sesar yang terjadi di bawah permukaan bumi.Beberapa kenampakan yang dapat digunakan sebagai penunjuk adanya sesar antara lain :

1. Adanya struktur yang tidak menerus.2. Adanya perulangan lapisan atau hilangnya lapisan batuan.3. Kenampakan khas seperti cermin sesar, gores garis.4. Kenampakan khas pada zona sesar, seperti seretan (drag), breksi sesar, horses atau slices dan milonit. 5. Silisifikasi dan mineralisasi sepanjang zona sesar.6. Perbedaan fasies sedimen.7. Petunjuk fisiografi, seperti gawir (scarp), scarplets (piedmont scarp), triangular facet dan terpotongnya bagian depan rangkaian pegunungan struktural.8. Adanyaboundinsyaitu lapisan batuan yang terpotong-potong akibat sesar.Kenampakan-kenampakan tersebut tidak harus semua tampak di lapangan sebagai syarat adanya sesar. Dalam geologi struktur dikenal beberapa terminologi untuk menunjukan daerah sesar.Klasifikasi sesar dapat dibedakan berdasarkan geometrinya dan genesanya, yaitu :1. Klasifikasi Geometris

a. Berdasarkan rake dari net slip1) Strike slip fault (rake = 0o)*Sumber : (http://www.ncwcom.com, 2014)Gambar 7.5Strike Slip Fault2) Diagonal slip fault (0o< rake

Recommended

View more >